Kode Keras Jokowi untuk Prabowo

HEADLINE: Kode Keras Jokowi Dukung Prabowo Jadi Presiden, Janji atau Gimmick Politik Pilpres 2024?

Liputan6.com 2022-11-09 00:03:33
Presiden Joko Widodo saat menerima Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Dalam pertemuan tersebut mereka membahas permasalahan bangsa dan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali memberi sinyal ke Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Sinyal kali ini lebih keras daripada sebelumnya, karena langsung dikaitkan ke Pemilu 2024.

"Mohon maaf Pak Prabowo (senyum). Kelihatannya setelah ini jatahnya Pak Prabowo," kata Jokowi saat HUT Perindo di Jakarta, Senin 7 November 2022.

Prabowo pun langsung memberikan sikap hormatnya kepada Jokowi saat disinggung soal pencapresan. Tidak hanya sekali, bahkan Prabowo memberi hormat hingga dua kali.

Kemesraan keduanya bukanlah pertama kali diperlihatkan. Misalnya, saat Lebaran di Bulan Mei 2022, Prabowo langsung menyambangi Jokowi di Yogyakarta. Prabowo sempat disuguhi oleh Jokowi makanan khas lebaran seperti opor ayam dan tempe bacem.

Pertemuan Jokowi dan Prabowo ini juga dipenuhi tawa. Keduanya bahkan bersenda gurau membahas sama-sama cocok tinggal di Bogor.

Bahkan, di bulan September dalam kunjungan kerja ke Provinsi Maluku, Jokowi mengajak Prabowo. Bahkan, keduanya terlihat mesra saat menyerahkan bantuan sosial berupa bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM), sembako, dan BLT bagi peserta program keluarga harapan (PKH).

Terkait itu, Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Sirojudin Abbas melihat itu hanya seloroh biasa, tak ada istimewa.

"Sekedar menghargai perasaan pak Prabowo dan harapannya untuk maju kembali. Tentu saja seloroh seperti itu biasanya menciptakan suasana psikologis positif, menyenangkan, pada siapa pun itu diarahkan. Apa lagi itu dari seorang Presiden," kata dia kepada Liputan6.com, Selasa (8/11/2022).

Namun, jika dikaitkan soal dampak elektoralnya, menurut Sirojudin itu tak membawa efek yang banyak. Menurutnya, paling positif kemungkinan di kalangan pendukung Prabowo sendiri.

"Ini bisa meningkatkan keyakinan dan harapan pengurus Gerindra," jelas dia.

Sirojudin menegaskan, sebenarnya Presiden Jokowi harus tetap netral terkait Pilpres 2024 ini, apalagi sebagai petahana, tak boleh memberikan dukungan terbuka pada calon presiden manapun. "Saya yakin Presiden Jokowi paham betul," ungkap dia.

Sirojudin juga memandang, dukungan Jokowi ke salah satu kandidat dinilainya tak akan terbuka. Hanya sekedar bahasa isyarat seperti kalimat 'tidak lama-lama' seperti saat di Golkar, atau 'ojo kesusu alias tidak terburu-buru'.

"Oleh sebab itu, hemat saya, pernyataan kemarin di ulang tahun Perindo bukan bentuk dukungan serius. Itu hanya seloroh saja, bercanda untuk menenggang perasaan Pak Prabowo dan para pendukungnya. Kebetulan Prabowo saat ini adalah pembantu Presiden Jokowi di kabinet. Jadi seloroh seperti itu wajar saja," ungkap Sirojudin.

Dia menegaskan, sejauh ini Presiden Jokowi berupaya terbuka dan positif pada semua partai. Terlebih sebagai petahana, kepentingan utamanya adalah memastikan transisi kepeminpinan nasional berjalan aman, lancar dan demokratis.

"Tentu saja jika pemimpin terpilih selanjutnya bisa memastikan keberlanjutan kebijakan-kebijakan strategis yang ada saat ini tanpa harus membatasi ruang inovasi bagi kebijakan-kebijakan baru," kata Sirojudin.

Setali tiga uang, peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRP-BRIN) Aisah Putri Budiatri juga memandang, sikap Presiden Jokowi hanya terbuka kepada para calon presiden dan belum mengarah kepada salah satu diantaranya, mengingat kode yang hampir serupa pernah mengarah kepada sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Saya duga Jokowi tidak akan tergesa-gesa memberikan kejelasan dukungan terhadap capres," kata dia kepada Liputan6.com, Selasa (8/11/2022).

Menurut wanita yang akrab disapa Puput ini, menyebut ada dua alasan kepada Presiden Jokowi tidak terburu-buru. Pertama, ialah masa jabatannya yang hingga 2024, tentu membutuhkan dukungan partai politik yang solid hingga masa jabatannya berakhir.

"Memberikan dukungan hanya kepada satu nama di saat pendaftaran calon oleh partai masih sangat lama dan lobi antar partai masih berlangsung, hanya akan merugikan Jokowi sendiri karena akan mengurangi soliditas koalisi pemerintah. Dan bisa berdampak pada kinerja para menterinya yang berlatar partai," ungkap Puput.

Yang kedua, jelasnya, bagaimanapun Presiden Jokowi masih kader PDIP, yang jelas bahwa partai berlambang banteng bermoncong putih itu masih tak memperbolehkan kadernya bicara lebih jauh tentang pencapresan sampai ada keputusan resmi pencalonan oleh partai.

Hal ini tentu tidak terkecuali berlaku untuk Jokowi, sebagai yang sering disebut sebagai petugas partai.

"Jokowi tentu akan berpikir ulang dan strategis untuk setidaknya menghormati keputusan partai dan menghormati Megawati sebagai ketua partai. Jika Jokowi menunjukan dukungan calon mendahului pengumuman resmi oleh PDIP, maka hal ini bisa berisiko pada banyak hal, termasuk merenggangkan dukungan PDIP pada Jokowi dan pemerintahannya, serta bisa berdampak pada perpecahan di internal PDIP sendiri," jelas Puput.

Sulit Ditebak

Direktur Eksekutif Voxpoll Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menyebut, langkah politik Presiden Jokowi sulit ditebak. Menurutnya, bukan mendukung Ganjar atau Prabowo, tapi yang memang punya kans potensi menang.

Selain itu, dia menegaskan, belum tentu ada jaminan dengan pernyataan Presiden Jokowi tersebut, membuat para pendukung bahkan relawannya langsung mendukung Prabowo.

"Belum tentu juga dukungan Jokowi atau endorse Jokowi terhadap calon presiden tertentu sangat berpengaruh terhadap peluang terpilih presiden yang di endorsenya," kata pria yang akrab dipanggil Ipang kepada Liputan6.com, Selasa (8/11/2022).

Menurutnya, terkadang omongan Prsiden Jokowi bisa saja kebalikannya. "Jokowi ini kan selalu panggung depannya beda dengan panggung belakangnya. Itu lah Jokowi. Kode Jokowi sulit juga diprediksi," tegas Ipang.

Dia meyakini, Presiden Jokowi sudah punya nama capres yang didukungnya. Namun, yang bersangkutan selalu mengkalkulasi matematika politiknya dan belajar dari pengalaman yang ada.

"Saya melihat rasa rasanya endorse Jokowi hanya gimmick politik saja, Jokowi selalu sulit ditebak kalkulasi politiknya," tegas Ipang.

Dia memandang, majunya Prabowo tentu bisa menyulitkan langkah bakal capres dari NasDem Anies Baswedan lantaran segmen dan irisan pemilihnya sama. Sehingga, ini bisa menggerus suara dari Anies.

"Jadi untuk memenangkan Ganjar, Jokowi punya kepentingan yang sama, bagaimana Prabowo agar bisa tanding maju untuk membelah suara Anies. Yang jelas, tokoh capres yang bisa melanjutkan legacy pembangunan Jokowi hanya Prabowo dan Ganjar, namun Anies juga tetap di maintenance sama Jokowi sejauh mana progres dan potensi kemenangannya selalu menjadi in zoom pantauan Jokowi," tegas Ipang.

Karena itu, dia menyarankan Presiden Jokowi tak perlu terburu-buru, terlebih jika capres yang diusungnya adalah seorang menteri. Jelas ini dapat menganggu dan terkesan inkonsisten.

Selain itu, lanjut Ipang, ada kesan ingin mencoba mentertibkan partai koalisi pendukung pemerintah, agar tidak seperti NasDem, maju di luar komando Presiden Jokowi.

"Menunggu arahan Jokowi menjadi langkah awal partai untuk memutuskan capres yang bakal diusung Jokowi, yang nanti diusung koalisi pendukung program Jokowi, tunggu Komando Jokowi, untuk arah dukungan partai koalisi dan menunggu sinyal Jokowi," pungkasnya.


Bentuk Apresiasi

Juru Bicara Pemenangan Pemilu Partai Gerindra Budisatrio Djiwandono menyebut, apa yang disampaikan Presiden Jokowi menjadi modal kuat partainya untuk lebih keras memenangkan Prabowo.

"Kami menyambut positif dukungan Presiden Joko Widodo. Ini akan menjadi modal kuat sekaligus menambah semangat bagi Partai Gerindra untuk bekerja lebih keras lagi. Semoga pernyataan Pak Jokowi menjadi kenyataan di 2024," kata dia dalam keterangannya, Selasa (8/11/2022).

Budisatrio menyebut, Prabowo paling tepat untuk melanjutkan estafet kepemimpinan ke depan, sekaligus meneruskan program pembangunan yang telah dijalankan oleh Presiden Jokowi.

Menurutnya, kerja dan prestasi Prabowo sebagai Menteri Pertahanan telah terealisasi, bahkan banyak diakui dan diapresiasi oleh negara-negara tetangga.

"Di bidang Ekonomi, Pak Prabowo memiliki pemahaman yang sangat mumpuni. Sekian lama beliau berbicara dan berjuang untuk membangun ekonomi yang didasari nilai nilai kerakyatan, nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945," ucap Budisatrio.

Dia memandang, Prabowo sudah lama menekankan pentingnya menciptakan lapangan kerja yang luas. Di saat yang sama, ia juga mewujudkan kedaulatan pangan serta energi.

"Kami percaya dukungan yang telah disuarakan Presiden Joko Widodo adalah bentuk apresiasi serta pengakuan beliau terhadap kemampuan Pak Prabowo untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan di indonesia," kata Budi.

Bahkan, ini dirasakan di salah satu daerah. Ketua DPD Gerindra Jatim, Anwar Sadad menyebut itu bentuk dukungan.

"Pernyataan Pak Jokowi itu bentuk endorsement yang sangat luar biasa ke publik, bahwa Pak Prabowo Subianto the next Presiden Indonesia," kata dia, Selasa (8/11/2022).

Menurutnya, apa yang disampaikan Presiden Jokowi adalah ajakan untuk mengerahkan energi besar bangsa ini untuk membangun bersama, mengesampingkan ego.

"Bukan justru menghabiskan energi dan potensi bangsa ini untuk suatu kontestasi politik yang terlalu liberal dan hi-cost yang justru tak sesuai dengan kepribadian bangsa," ucap Sadad.

Dia menegaskan, sosok Jokowi dan Prabowo adalah dua negarawan yang memiliki jiwa besar dan mengesampingkan ego politik.

"Begitulah jika politik bangsa ini berada di tangan negarawan. Terlihat adem. Dua tokoh tersebut adalah figur negarawan, telah memberikan tauladan baik, bahwa kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi," katanya.


Ada yang Santai, Ada yang Meradang

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menanggapi santai soal pernyataan Presiden Jokowi tersebut. Dia mengatakan, jika sosok capres sudah terdaftar di KPU dan sesuai dgn syarat untuk maju sebagai capres, pasti akan mendapatkan dukungan.

"Iya santai. Ya namanya kontestasi kan kontestan jadi artinya sesuai dengan apa (syarat) KPU saja untuk mendaftar siapa yang punya dukungan suara. Jadi kontestasi kan seperti itu," kata Airlangga di DPP Golkar, Jakarta, Senin 7 November 2022.

Dia pun beranggapan, bahwa dukungan Presiden Jokowi pun dilayangkan kepada dirinya. Hal itu, dibuktikan pada saat HUT Partai Golkar yang ke-58. Yang mana, Presiden Jokowi hadir langsung dalam acara tersebut.

"Ya tentunya kan presiden selalu bilang salah satu calon nah waktu Ultah Golkar kan jelas. Nanti lah itu," ucap Airlangga.

Kesempatan berbeda, Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya menilai, Presiden Jokowi juga memberikan dukungan ke Anies Baswedan untuk maju di Pilpres 2024.

Hal itu ditunjukan saat Anies menemui Jokowi di Istana Negara setelah ia tak lagi menjabat Gubernur DKI.

"Itu jadi ekspresi seorang orang tua kepada anak itu puspa ragam, jadi ya tentu ada eksplisit kepada pak Prabowo, ada juga yang kemudian kayak Mas Anies kan kemarin sudah diterima Pak Jokowi juga," kata Willy di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/11/2022).

"Kan realitas media dengan realitas real politiknya kan ada yang terbuka, ada yang kita nggak tahu, air beriak tanda tak dalam, itu kan bisa kita lihat saja," sambungnya.

Sementara, Demokrat meradang dengan sikap Presiden Jokowi. Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengaku, baru kali ini dirinya merasakan seorang presiden aktif dalam menggagas untuk persiapan diri menuju 2024 mendatang.

"Menarik memang membaca percaturan pencapresan kita menuju 2024, karena baru kali ini saya merasakan Presidennya aktif betul. Presiden aktifnya selain aktif dia jadi presiden, tapi aktif betul merespons, menggagas, mendorong untuk mempersiapkan diri menuju 2024 dari sisi itu," kata Hinca kepada wartawan di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (8/11/2022).

Kendati demikian, ia pun menyebut, jika seorang menteri akan maju pada Pilpres 2024 akan menimbulkan suatu dampak. Terutama akan berdampak pada kinerja di dalam kementerian yang dipimpinnya.

"Tapi yang menjadi juga berkaitan dengan putusan MK yang menteri kalau nyapres enggak mesti berhenti atau mengundurkan diri, sehingga berdampak. Nah, saya konsennya begini, para menteri-menteri kita itu ini adalah pembantu presiden, nah dulu di awal presiden itu mengumumkan kalau mau jadi menteri aku berhenti dari Ketum Parpol, nah belakangan itu dianulirnya, boleh gitu," sebutnya.

"Bisa berakibat pada kinerjanya yang memimpin kementerian itu pastilah tidak sepenuh hati lagi, minimal di waktu. Yang harusnya 7 hari seminggu, mungkin dia tidak sepenuh itu lagi," sambungnya.

Masih Pakai Baju Dinas Saat Habisi Brigadir J

Saksi Ungkap Ferdy Sambo Masih Pakai Seragam Dinas pada Saat Penembakan Brigadir J

Liputan6.com 2022-11-08 15:56:08
Terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ferdy Sambo menjalani sidang pembacaan putusan sela majelis hakim di Pengadilan Negeri Jakar

Bunyi letusan senjata api terdengar dari Komplek perumahan Polri Duren Tiga Nomor 46 RT.05 RW. 01 Kelurahan Duren Tiga, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan pada Jumat 8 Juli 2022.

Salah satu sopir Ferdy Sambo bernama Prayogi Iktara Wikaton turut mendengar.

Dia pun dijadikan saksi dalam sidang sidang lanjutan dugaan pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi menjalani sidang di PN Jaksel hari ini (8/11/2022).

Prayogi menceritakan, bahwa dirinya mendengar suara letusan senjata api. Ia sempat bertanya ke orang sekitar. Namun, tak ada satupun yang memberikan penjelasan.

"Bertanya tanya tapi tidak dijawab," kata Prayogi.

Prayogi mengetahui adanya insden penembakan terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J ketika Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E keluar dari rumah.

"Ada insiden Richard dengan Yosua," ujar Prayogi.

Prayogi menerangkan, ia bersama Richard, Adzan Romer, Kuat Maruf dan Daryanto alias Kodir dikumpulkan Ferdy Sambo.

"(Ferdy Sambo) sampaikan gimana kalau terjadi ke anak istri keluarga kalian," ujar Prayogi.

Prayogi dan yang lainnya hanya menjawab "Siap bapak," lalu Irjen Ferdy Sambo merangkul Richard.

Hakim lantas bertanya pakaian yang digunakan oleh Ferdy Sambo saat insiden terjadi.

"Masih pakai seragam dinas," tanya Hakim.

"Masih," jawab Prayogi.

Hakim kembali mempertegaskan pakaian Ferdy Sambo kepada Prayogi.

"Jadi pada waktu terdakwa masuk pakai seragam dinas pas ngumpulin masih pake seragam dinas," tanya Hakim.

"Siap masih," jawab Prayogi sambil menambahkan Ferdy Sambo juga mengenakan sepatu.


Ferdy Sambo Tinggalkan Lokasi

Prayogi menerangkan, Ferdy Sambo meninggalkan lokasi pada 21.30 WIB menuju ke Saguling III No.29, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Prayogi diminta hakim menyebutkan sejumlah nama yang berada di Tempat Kejadian Perkara (TKP) pada malam itu. Mantan Kasat Reskrim Polres Metro Jaksel, AKBP Ridwan Solpanit, Benny Ali dan Kombes Susanto dan Hendra Kurniawan

"Para pejabat yang kami ketahui hanya itu," ujar dia.

Sementara itu, Prayogi menyebut Ferdy Sambo langsung menuju ke Mabes Polri.

"Habis dari Saguling diantarkan ke Mabes Polri," tanya hakim.

"Benar," Prayogi menjawab

Daftar 69 Obat Sirop yang Dicabut Izinnya

Daftar 69 Obat Sirop yang Izin Edarnya Dicabut BPOM

Liputan6.com 2022-11-08 09:40:12
Kepala BPOM, Menunjukkan Obat Sirop Tercemar Kimia Penyebab Gagal Ginjal Akut. (Senin, 31/10/2022). (Yandhi Deslatama/Liputan6.com).

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mencabut izin edar 69 obat sirop milik tiga perusahaan farmasi. Ketiga perusahaan tersebut adalah PT Yarindo Farmatama, PT Universal Pharmaceutical Industries, dan PT Afi Farma.

Adapun pencabutan izin edar ini karena BPOM menemukan ketiga perusahaan tersebut menggunakan bahan baku pelarut Propilen Glikol yang membuat produk jadi mengandung cemaran etilen glikol (EG) yang melebihi ambang batas aman.

"Hasil investigasi dan intensifikasi pengawasan BPOM melalui inspeksi, perluasan sampling, pengujian sampel produk sirop obat dan bahan tambahan yang digunakan, serta pemeriksaan lebih lanjut terhadap sarana produksi, disimpulkan bahwa ketiga industri farmasi tersebut telah melakukan pelanggaran di bidang produksi sirop obat," tulis BPOM dalam rilis resminya, dikutip Selasa (8/10/2022).

Berikut daftar obat-obat yang surat edarnya ditarik:

PT Yarindo Farmatama

1. Cetirizine HCI sirop 60 ml

2. Dopepsa suspensi 100 ml

3. Flurin SMP sirop 60 ml

4. Sucralfate suspensi 100 ml

5. Tomaag Forte suspensi 100 ml

6. Yarizine sirop 60 ml

PT Universal Pharmaceutical Industries

7. Antasida Doen suspensi 60 ml

8. Fritillary & Almond Cough Mixture sirop 100 ml

9. Glynasin sirop 60 ml

10. New Mentasin sirop 110 ml

11. New Mentasin sirop 60 ml

12. Unibebi Cough Syrup sirop 60 ml

13. Unibebi Cough Syrup Rasa Jeruk sirop 60 ml

14. Unibebi Demam drops 15 ml

15. Unibebi Demam sirop 60 ml

16. Unidryl sirop 60 ml

17. Uniphenicol suspensi 60 ml

18. Univxon sirop 15 ml

19. Uni OBH sirop 100 ml

20. Uni OBH sirop 300 ml


Daftar Obat Sirop yang Dicabut

PT Afi Farma

21. Afibramol drops 15 ml

22. Afibramol sirop 60 ml

23. Afibramol Rasa Anggur sirop 60 ml

24. Afibramol Rasa Apel sirop 60 ml

25. Afibramol Rasa Jeruk sirop 60 ml

26. Afibramol 250 sirop 60 ml

27. Afibramol 160 sirop 60 ml

28. Aficitrin sirop 10 ml

29. Ambroxol HCI sirop 60 ml

30. Antasida Doen suspensi botol 60 ml

31. Antasida Doen suspensi dus 60 ml

32. Broncoxin sirop 60 ml

33. Cetirizine Hydrochloride sirop botol 60 ml

34. Cetirizine Hydrochloride sirop dus 60 ml

35. Chloramphenicol Palmitate suspensi 60 ml

36. Coldys Jr suspensi 60 ml

37. Coldys Jr Forte suspensi 60 ml

38. Domino drops 10 ml

39. Domino suspensi 60 ml

40. Domperidone drops 10 ml

41. Domperidone suspensi 60 ml

42. Ecomycetin suspensi 60 ml

43. Fumadryl sirop 60 ml

44. Fumadryl sirop 100 ml

45. Gastricid suspensi 60 ml

46. Ibuprofen suspensi botol 60 ml

47. Ibuprofen suspensi dus 60 ml

48. Obat Batuk Hitam sirop 100 ml

49. OBH Afi sirop 125 ml

50. OBH Afi Rasa Lemon sirop 100 ml

51. OBH Afi Rasa Mint sirop 100 ml

52. Paracetamol drops 15 ml

53. Paracetamol Rasa Anggur sirop botol 60 ml

54. Paracetamol Rasa Anggur sirop dus 60 ml

55. Paracetamol Rasa Apel sirop botol 60 ml

56. Paracetamol Rasa Apel sirop dus 60 ml

57. Paracetamol Rasa Jeruk sirop botol 60 ml

58. Paracetamol Rasa Jeruk sirop dus 60 ml

59. Paracetamol Rasa Mint sirop botol 60 ml

60. Paracetamol Rasa Mint sirop dus 60 ml

61. Paracetamol Rasa Strawberry sirop botol 60 ml

62. Paracetamol Rasa Strawberry sirop dus 60 ml

63. Resproxol drops 15 ml

64. Resproxol sirop 60 ml

65. Vipcol sirop 60 ml

66. Zinc Go sirop 100 ml

67. Zinc Go Forte sirop 60 ml

68. Zinc Sulfate Monohydrate sirop 60 ml

69. Zyleron sirop 60 ml

BPOM juga menegaskan agar pelaku usaha konsisten dalam menerapkan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB).

Pelaku usaha juga harus memastikan bahan baku yang digunakan sesuai standar dan persyaratan serta obat yang diproduksi aman sesuai standar dan mutu serta mematuhi ketentuan peraturan perundangan-undangan yang telah ditetapkan oleh regulator baik secara nasional maupun internasional.


Infografis 69 Obat Sirop Dicabut Izin Edarnya

 


Infografis Keracunan Obat Biang Kerok Kasus Gagal Ginjal Akut Anak

 

Momen Prabowo Hormat 2 Kali ke Jokowi

Momen Prabowo Beri 2 Kali Hormat ke Jokowi Saat Singgung soal Capres

Liputan6.com 2022-11-08 08:28:18
Presiden Jokowi bersilaturahmi dengan Menteri Pertahan Prabowo Subianto. (Sumber foto:Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-8 Partai Perindo. Sejumlah elite partai politik seperti Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, hingga Sekjen Golkar Lodewijk Paulus turut hadir di acara tersebut.

Ada momen unik yang terjadi pada momen perayaan HUT partai besutan Hary Tanoesoedibjo ini, yakni gestur Prabowo yang memberikan sikap hormatnya kepada Jokowi saat disinggung soal pencalonan presiden (Capres) 2024. Tidak hanya sekali, bahkan Prabowo memberi hormat hingga dua kali.

"Saya ini dua kali Wali Kota di Solo menang, kemudian ditarik ke Jakarta gubernur sekali, menang. Kemudian dua kali di Pemilu Presiden juga menang. Mohon maaf Pak Prabowo (senyum)," kata Jokowi yang disambut sikap hormat Prabowo untuk kali pertama, seperti dilihat dari tayangan daring, Senin, 7 November 2022.

Usai mengatakan hal tersebut, Jokowi langsung melirik Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Sambil tersenyum kepada sang mantan rival, Jokowi mengatakan Pilpres selanjutnya bakal jadi panggung Prabowo.

"Kelihatannya setelah ini jatahnya Pak Prabowo," tutur Jokowi disambut sikap hormat sempurna oleh Prabowo untuk yang kedua kalinya.

Sejurus kemudian, tepukan tangan tamu dan hadirin yang hadir langsung bergemuruh di dalam lokasi acara yang bertempat di Gedung MNC, Jakarta Pusat.

Usai berpidato, Jokowi bergegas meninggalkan lokasi acara. Namun awak media sempat menegaskan maksud pernyataan kepala negara apakah menjadi bentuk dukungan terhadap sang Menteri Pertahanan pada Pilpres 2024 mendatang.

"Ya diartikan sinyal ya boleh," kata Jokowi singkat.

Senjata Ini Selalu Disimpan di Mobil Sambo

Ajudan Ungkap Senjata yang Selalu Melekat di Mobil Ferdy Sambo

Liputan6.com 2022-11-08 14:11:45
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ferdy Sambo membawa buku hitam saat menjalani sidang lanjutan dengan agenda mendengarkan keterangan saksi dari

Salah mantan satu ajudan Daden Miftahul Haq mengungkap, ada sejumlah senjata yang selalu melekat di mobil yang ditumpangi mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo.

Keterangan itu disampaikan Daden ketika bersaksi dalam sidang perkara pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J dengan terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

Pengakuan adanya sejumlah senjata yang selalu melekat di mobil Ferdy Sambo itu, berawal dari pertanyaan hakim ketua Wahyu Iman Santosa yang bertanya apakah ada senjata yang selalu dibawa terdakwa.

"Dalam perjalanan sehari-hari mulai dari Semarang atau sebelumnya, kalau saudara mengantar terdakwa, apakah selalu di mobil selalu ada senjata?" tanya hakim saat sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (8/11/2022).

"Siap, ada Yang Mulia," kata Daden.

"Senjata milik siapa?" tanya hakim.

"Senjata milik bapak (Ferdy Sambo) Yang Mulia," jawab Daden.

Daden lantas menyebutkan senjata yang selalu dibawa dalam mobil selama perjalanan Sambo, yakni senjata api berjenis pistol merek Wilson Combat dan Cabot yang selalu tersimpan dalam kopel (ikat pinggang).

"Dua senjata itu selalu ada di mobil?" tanya hakim Wahyu.

"Siap Yang Mulia," kata Daden

Kemudian, Daden menjelaskan bahwa senjata Wilson Combat dan Cabot itu memiliki kapasitas peluru 4,5 mm sementara untuk senjata laras panjang berjenis MPX selalu dipegang ajudan yang berada di sisi kanan kursi penumpang.

Selain senjata-senjata tersebut, selama perjalanan Ferdy Sambo juga membekali dirinya dengan senjata Kimber Micro berjenis pistol tangan yang selalu dibawa mantan Kadiv Propam tersebut.

"Terus apakah selalu, selain dua senjata itu, apalagi senjata yang ada?" tanya hakim

"Kimber Yang Mulia," jelas Daden.

"Itu laras panjang?" tanya hakim.

"Itu yang kecil Yang Mulia," jawab Daden.

"Itu siapa yang bawa?" hakim kembali bertanya.

"Itu senjata ada di tas kecil," kata Daden

"Kemudian apa lagi?" cecar hakim.

"Sudah," jawab Daden.


10 Saksi

Dalam sidang hari ini, JPU dijadwalkan menghadirkan 10 saksi, yakni asisten rumah tangga (ART) Susi, Abdul Somad, dan Daryanto alias Kodir. Kemudian, petugas keamanan Damianus Laba Kobam atau Damson, Alfonsius Dua Lurang, dan Marjuki.

Lalu, ajudan Adzan Romer dan Daden Miftahul Haq, sopir Prayogi Iktara Wikaton, dan anggota polri Farhan Sabililah.

Dalam perkara ini Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah mendakwa total lima tersangka yakni, Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Richard Eliezer alias Bharada E, Ricky Rizal alias Bripka RR, dan Kuat Maruf.

Mereka didakwa turut secara bersama-sama terlibat dengan perkara pembunuhan berencana bersama-sama untuk merencanakan penembakan pada 8 Juli 2022 di rumah dinas Komplek Polri Duren Tiga No. 46, Jakarta Selatan.

"Mereka yang melakukan, yang menyuruh melakukan, dan turut serta melakukan perbuatan, dengan sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain," ujar jaksa saat dalam surat dakwaan.

Atas perbuatannya, kelima terdakwa didakwa sebagaimana terancam Pasal 340 subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 KUHP yang menjerat dengan hukuman maksimal mencapai hukuman mati.

Sedangkan hanya terdakwa Ferdy Sambo yang turut didakwa secara kumulatif atas perkara dugaan obstruction of justice (OOJ) untuk menghilangkan jejak pembunuhan berencana.

Atas hal tersebut, mereka didakwa melanggar Pasal 49 juncto Pasal 33 dan/atau Pasal 48 ayat (1) juncto Pasal 32 ayat (1) UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 dan/atau Pasal 221 ayat (1) ke 2 dan 233 KUHP juncto Pasal 55 KUHP dan/atau Pasal 56 KUHP.

"Timbul niat untuk menutupi fakta kejadian sebenarnya dan berupaya untuk mengaburkan tindak pidana yang telah terjadi," sebut Jaksa.

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

Rendang dan Ayam Betutu Terenak di Dunia

Rendang dan Ayam Betutu Indonesia Masuk Daftar Makanan Pedas Paling Enak di Dunia

Liputan6.com 2022-11-08 15:49:59
Rendang Daging Sapi Tanpa Santan. (Dok. manisdansedap.com/cheriehealthy)

Banyak orang di dunia sangat menyukai makanan pedas, bahkan menyebut bahwa makanan terasa tidak enak tanpa rasa pedas.

Berbagai cabai atau sumber pedas bisa menjadi bahan utama dalam berbagai hidangan pedas.

"Makanan pedas, atau setidaknya makanan berbumbu, jelas mendahului gagasan negara dan masakan mereka dalam waktu yang sangat, sangat lama," kata penulis India Saurav Dutt, yang menulis buku tentang makanan terpedas di anak benua India.

"Setiap bahan pedas memiliki nenek moyangnya masing-masing," katanya.

Salah satu makanan pedas terenak yang masuk daftar CNNWorld's best spicy foodsadalah rendang yang disebutkan khas Indonesia serta Malaysia, lalu hidangan ayam betutu dari Bali dan Lombok Indonesia.

Dilansir CNN Indonesia, Selasa (8/11/2022), berikut adalah sejumlah makanan yang masuk dalam daftar makanan pedas di dunia, World's best spicy foods: 20 dishes to try:

"Kegembiraan hidangan ini bukan hanya bahan hangat yang menyenangkan dari kayu manis, cengkeh, adas bintang dan, tentu saja, merica Sichuan, tetapi fakta bahwa Anda bisa memasak apa yang Anda suka dalam kaldu pedas yang menggelegak," kata koki kelahiran China Kwoklyn Wan, penulis "The Complete Chinese Takeout Cookbook.

Juga dikenal sebagai hot pot Chongqing, hidangan ini konon berasal dari makanan populer di kalangan tukang perahu Sungai Yangtze. Ini dinikmati oleh mereka yang dapat menahan pedasnya di seluruh China, belum lagi di tempat lain di seluruh dunia.


2. Rendang

Hidangan yang berasal dari Sumatera Barat, versi rendang daging sapi juga dinikmati di negara-negara tetangga Indonesia, termasuk Malaysia dan Brunei, serta Filipina.

Hidangan kari kering beraroma ini menggunakan daun jeruk purut, santan dan cabai merah, di antara rempah-rempah lainnya, untuk menghadirkan cita rasa yang kompleks. Hidangan ini sering disajikan kepada tamu dan disajikan dalam acara-acara besar.

Populer di pulau Bali dan Lombok di Indonesia, khususnya, hidangan ayam utuh ini diisi dengan pasta rempah yang sangat aromatik ( betutu ) yang biasanya mencakup campuran cabai segar, lengkuas, kemiri, bawang merah, bawang putih, kunyit dan terasi, di antara bahan-bahan lainnya.

Ayam tersebut kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus, sehingga aromanya lebih harum dan membumbui ayam secara maksimal. Paling enak, ayam betutu sering disajikan pada upacara keagamaan di Bali, tetapi Anda juga akan menemukannya di restoran-restoran di sana.


4. Dakdoritang, Korea Selatan

Kimchi, hidangan dari kubis yang difermentasi mungkin merupakan hidangan pedas Korea yang pertama kali terlintas di benak Anda, tetapi jika Anda ingin tambahan rasa, dakdoritang adalah jawabannya.

Kenikmatan makanan secara maksimal, sup ayam ini pedas dengan bumbu gochugaru (bubuk cabai Korea) dan gochujang (pasta cabai Korea) yang dicampur dengan anggur beras, kecap, bawang putih, jahe, dan minyak wijen dalam saus yang direbus. Hidangan ini sering disajikan dengan wortel, bawang, dan kentang.


5. Ayam Chettinad, India

Potongan ayam direbus dalam campuran bumbu panggang dan kelapa, dan secara tradisional disajikan dengan nasi kukus atau panekuk tipis India Selatan yang disebut dosa, chapati goreng atau naan.

"Arrabbiata" berarti "marah" dalam bahasa Italia. Dan penne all'arrabbiata memasangkan pasta penne yang relatif polos dengan rasa pedas dari sausnya (sugo all'arrabbiata) yang dicampurkan.

Daftar selengkapnya World's best spicy foods: 20 dishes to try:

Berkah Abadi Vanessa-Bibi untuk Keluarga Faisal

Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah Dianggap Membawa Berkah Bagi Keluarga Haji Faisal

Liputan6.com 2022-11-08 14:00:19
Vanessa Angel dalam kenangan. Ia meninggal dunia di Jawa Timur, 4 November 2021. (Foto: Instagram @vanessaangelofficial)

Setahun sudah Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah meninggal dunia akibat kecelakaan yang menimpa keduanya. Mereka diketahui meninggal dunia usai mengalami kecelakaan maut di Tol Jombang, Jawa Timur pada November 2021 lalu.

Untuk mengenang kedua mendiang keluarga Haji Faisal pun menggelar doa dan tahlilan dekat kediaman mereka kawasan Jakarta Barat, beberapa waktu yang lalu.

Adik Bibi Ardiansyah, Fadly menyebut meski telah tiada, mendiang Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah tetap berikan keberkahan pada keluarganya.


Berkah

"Berkahnya dari mereka dari awal pun pas gue di bawah banget sampai bisa begini itu berkah dari mereka," ungkap Fadly.


Bersyukur

Oleh karena itu Fadly pun merasa sangat bersyukur. Namun dirinya dan keluarga akan lebih bersyukur apabila Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah masih hidup.

"Kalau bersyukur ya pasti, tapi gue bakal lebih bersyukur misal mereka masih ada (hidup)," ujarnya.


Doa Terbaik

Fadly pun menambahkan bahwa doa terbaik pasti selalu mengalir untuk mendiang Vanessa Angel dan Bibi karena menurut Fadly, kedua mendiang adalah orang baik.

"Harus dong ngalir, itu pasti dan mereka juga orang baik kan," pungkasnya.

Mengaku Simpanan Orang Kaya Banget

Pengakuan Pinkan Mambo Jadi Simpanan Artis Inisial G: Dia Orang Kaya Banget

Liputan6.com 2022-11-08 10:21:36
Pinkan Mambo. (Foto: Dok. Instagram @pinkan_mambo)

Pinkan Mambo datang dengan pengakuan mengejutkan. Mantan vokalis Ratu mengaku jadi simpanan artis terkenal. Terang-terangan Pinkan Mambo mengaku yang menyimpannnya artis inisial G.

Ini diungkap pelantun "Aku Baik-baik Saja" dalam video pengakuan yang diunggah di kanal YouTube Pinkan Mambo pada 4 November 2022. Ia membenarkan bahwa G adalah artis terkenal.

"Itu ada benarnya juga kalau aku ada simpanan sebenarnya, yang aku sebenarnya enggak mau cerita. Simpanan aku itu sebenarnya dia artis, seorang yang sangat terkenal," kata Pinkan Mambo.

Jadi simpanan, artis inisial G meminta Pinkan Mambo membuat rincian biaya hidup anak-anaknya dalam sebulan. Setelahnya, G mentransfer sejumlah uang untuk memenuhi kebutuhan anak-anak Pinkan.


Sudah Transfer

"Katanya dia tuh sudah... dia sudah transferin kebutuhan hidup aku. Dia tanya anak-anak itu butuh berapa biayanya tolong dijumlah terus dia transfer bulan lalu kebutuhan hidup kita," akunya.

"Dia transfer terus bulan ini kayaknya transfer juga. Ya intinya, aku sebenarnya adalah... Dia itu inisialnya itu G sebenarnya," beri tahu pemilik album Aku Tahu Rasanya.


Mohon Maaf Buat Semua

Setelahnya, Pinkan Mambo minta maaf kepada sejumlah pihak yang merasa tidak nyaman dengan pengakuan ini. Ia mengaku tak berniat cari sensasi atau bikin gaduh khalayak.

"Tapi, ya ini mohon maaf buat semua pihak yang aku sebutin ini, aku ya sudahlah... Biar tahu kebenarannya kayak bagaimana. Jadi sudah berapa bulan kayaknya aku menyimpan dia untuk kehidupan anakku. Tapi, ya sudah," Pinkan Mambo menyambung.


Dia Orang Kaya Banget

Pinkan Mambo membantah jadi simpanan karena kondisi ekonominya lagi ambyar. Dalam video yang sama, ia mengklaim status ekonominya saat ini orang kaya banget.

"Dia orang kaya banget, aku juga orang kaya banget. Tapi kan karena dia berniat baik, ya sudah (saya terima)," penyanyi kelahiran Jakarta, 11 November 1980 mengakhiri.

Jadi Permaisuri Tanda Tangan Camilla Berubah

Tanda Tangan Baru Permaisuri Camilla Terungkap, Ada Huruf R di Belakang Nama

Liputan6.com 2022-11-08 16:03:56
Raja Charles III (kanan) dan Permaisuri Camilla saat upacara proklamasi bersama Dewan Aksesi di Istana St. James, London, Inggris, Sabtu (10/9/2022). Pada acara itu, Raja Charles III menya

Sejak sang suami dinobatkan sebagai Raja Charles III, bukan hanya status Camilla yang berubah menjadi permaisuri tapi juga tanda tangannya. Hal itu diketahui dari sebuah kartu ucapan yang ditandatangani Camilla.

Ia menambahkan huruf R dalam tanda tangannya yang merupakan singkatan dari Regina yang berarti ratu atau raja dalam bahasa Latin. Melansir laman Mail Online, Senin, 7 November 2022, kartu ucapan itu dibagikan di akun Instagram seorang pengamat kerajaan @ royalbritishfamilybyfrenchy.

Kartu itu memuat foto Camilla dengan mendiang Ratu Elizabeth II sedang menaiki kereta kerajaan pada 2013 di acara Royal Ascot. Camilla terlihat menuliskan ucapan terima kasih dan keberkahan pada mereka yang mengirimkan ucapan belasungkawa pada dirinya atas meninggalnya sang ratu.

"Terima kasih telah menuliskan begitu banyak pesan padaku setelah kepergian ibu mertuaku tersayang," tulisnya dalam kartu ucapan tersebut.

"Kami berada dalam akhir sebuah era yang ditandai dengan rasa duka kami atas meninggalnya sang ratu, yang seluruh hidupnya didedikasikan untuk melayani negeri dan persemakmuran. Saya dan suami saya merasa tersentuh dengan kata-kata kalian yang menenangkan," lanjutnya.

Dia mengakhiri tulisannya dengan menorehkan tanda tangan barunya, yaitu 'Camilla R'. Camilla pertama kali menggunakan tanda tangan barunya dalam acara Accession Council di Istana St James pada 10 September 2022 yang menandai pengumuman Charles sebagai penguasa baru kerajaan.


Bukan yang Pertama

Dalam acara tersebut, sang raja juga membubuhkan dan mempublikasikan tanda tangan barunya yaitu Charles R. Penggunaan huruf R dalam tanda tangan anggota kerajaan sebelumnya pernah diterapkan beratus tahun lalu menurut ahli sejarah kerajaan, Marlene Koenug.

"Tanda tangan dengan huruf R ini menunjukkan kalau mereka adalah petinggi kerajaan. Anda bisa melihatnya dalan berbagai dokumen termasuk surat-surat resmi kerajaan yang ditanda tangani Raja Henry di awal abad ke-12," terang Koenug pada Harpers Bazaar.

Camilla bukan satu-satunya anggota kerajaan yang berstatus permaisuri yang menambahkan gelar ratu di tanda tangannya. Hal serupa juga pernah dilakukan Ratu Mary dan Ibu Suri (ibu dari Ratu Elizabeth II). Namun, langkah itu tidak diikuti Pangeran Philip. Suami Ratu Elizabeth II ini lebih memilih membubuhkan namanya di tanda tangannya.

Sementara itu, Kerajaan Inggris dikabarkan sedang mempertimbangkan kembali rencana penggunaan mahkota berlapis berlian Kohinoor untuk Permaisuri Camilla di penobatan Raja Charles III tahun depan. Hal ini dilakukan setelah partai berkuasa India, Partai Bharatiya Janata (BJP), memperingatkan bahwa langkah itu akan membangkitkan "kenangan menyakitkan dari masa lalu kolonial."


Ikut Perkembangan Zaman

Melansir People, Jumat, 14 Oktober 2022, Raja Charles III akan menjalani penobatan resmi di Westminster Abbey pada 6 Mei 2023 dan dipimpin Uskup Agung Canterbury, Justin Welby. Charles akan berusia 74 tahun saat penobatan, menjadikannya raja tertua yang baru dimahkotai.

Upacara tersebut rencananya akan berlangsung lebih sederhana, lebih pendek, dan lebih beragam yang mencerminkan Inggris modern. Tanggal tersebut juga bertepatan dengan ulang tahun keempat cucunya, Archie, putra Pangeran Harry dan Meghan. Raja Charles III juga dijadwalkan menandatangani proklamasi tanggal upacara pemahkotaan tersebut pada akhir tahun.

Sebuah sumber mengatakan bahwa pemakaian mahkota di acara itu "tidak dipermasalahkan," setidaknya sampai muncul kecaman dari India. Para pejabat Istana sepertinya ingin mengikuti perkembangan zaman.

Sumber lain mengatakan, Raja Charles "sangat sensitif" terhadap masalah ini dan bahwa para penasihat mengalami "kegugupan yang signifikan" seputar masalah ini. Terakhir dipakai pada 1937 oleh Ibu Suri, permaisuri Raja George VI atau ibunda Ratu Elizabeth II, mahkota ini memiliki 2.800 berlian, dengan Kohinoor sebesar 105 karat, salah satu berlian terbesar di dunia.


Protes Rakyat India

BJP termasuk vokal menentang penggunaan berlian berharga yang diklaim sebagai milik India. "Penobatan Camilla dan penggunaan permata mahkota Kohinoor membawa kembali kenangan menyakitkan dari masa lalu kolonial," kata juru bicara BJP pada The Telegraph.

Kebanyakan orang India memiliki ingatan yang sangat sedikit tentang masa lalu tersebut. Lima hingga enam generasi orang India menderita di bawah berbagai aturan asing selama lebih dari lima abad.

"Kejadian baru-baru ini, seperti kematian Ratu Elizabeth II, penobatan Ratu Camilla yang baru, dan penggunaan Koh-i-Noor membawa beberapa orang India kembali ke masa Kerajaan Inggris di India," lanjut juru bicara BJP.

Setelah kematian Ratu Elizabeth II pada 8 September 2022, rakyat India sempat ramai melontarkan protes di media sosial untuk menuntut pengembalian berlian Kohinoor 105 karat senilai 591 juta dolar AS atau sekitar Rp8,5 triliun.

"Berlian itu diakuisisi Inggris pada akhir 1840-an," penulis dan peneliti Dr. John Zubryzcki mengatakan pada SBS News, pada September lalu. Permata itu akhirnya sampai ke tangan Ratu Victoria pada sekitar 1850. Berlian itu diturunkan dari Ratu Victoria ke Ibu Suri Elizabeth II.