Eks Pegawai: Ferdy Sambo Pemarah

Mantan Pegawai Sebut Ferdy Sambo Pemarah

Liputan6.com 2022-11-10 16:07:54
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ferdy Sambo membawa buku hitam saat menjalani sidang lanjutan dengan agenda mendengarkan keterangan saksi dari

Saksi atas nama Ariyanto selaku Pegawai Harian Lepas (PHL) Propam Polri menyebut jika mantan majikannya Ferdy Sambo memiliki sikap temperamen atau pemarah.

Pengakuan itu disebutkan Ariyanto ketika dirinya ditanyakan oleh Tim Penasihat Hukum Terdakwa Irfan Widiyanto, perihal latar belakang pekerjaan yang menjabat sebagai PHL untuk membantu Ferdy Sambo.

"Bekerja sebagai PHL Propam kurang lebih 2 tahun?," kata salah satu tim penasihat hukum saat sidang di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Kamis (10/11).

"Iya sudah 2 tahun," kata Ariyanto.

Namun nyatanya, Ariyanto mengaku telah ikut bekerja melayani Ferdy Sambo kurang lebih enam tahun sedari pangkat Komisaris Besar (Kombes).

"Saya menjadi PHL beliau itu saat beliau masih pangkat Kombes, kurang lebih mengenal 5 sampai 6 tahun," kata Ariyanto.

Kemudian, Ariyanto mengatakan gambaran sikap Ferdy Sambo yang memiliki sisi temperamen ketika ada anak buah yang salah dalam melakukan pekerjaan.

"Selama bekerja 5 tahun tidak pernah ditegur, tidak pernah ada kesalahan. Sempurna pekerjaan saksi?" kata penasihat hukum.

"Kalau masalah pekerjaan yang tidak sesuai pasti dimarahin," kata Ariyanto.

"Temperamen berarti?" ujar Penasihat Hukum.

"Iya," singkat Ariyanto membenarkan.


Keterangan Ariyanto

Dalam persidangan Ariyanto sempat menceritakan rangkaian cerita ketika disuruh mengambil DVR CCTV di pos security rumah dinas Ferdy Sambo di Komplek Perumahan Polri, Duren Tiga Jakarta Selatan.

Berawal dari Ariyanto yang sedang di rumah pribadi Ferdy Sambo di kawasan Jalan Saguling. Lalu bertemu dengan anak buah Ferdy Sambo, Chuck Putranto yang meminta diambilkan DVR CCTV di kawasan rumah dinas Ferdy Sambo.

"Beliau (Chuck) hanya sampaikan nanti ada titipan CCTV dari Pak Irfan untuk diambil," kata Ariyanto saat sidang perkara obstruction of justice atas terdakwa Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria Adi Purnama, di PN Jakarta Selatan, Kamis (10/11).

Arahan dari Ariyanto untuk bertemu dengan Irfan yang dimaksud adalah Terdakwa Irfan Widyanto seorang anggota Bareskrim Polri yang merupakan anak buah AKBP Ari Cahya Nugraha alias Acay.

Setelah mendapat arahan tersebut, Ariyanto langsung menelepon Irfan terkait permintaan mengambil CCTV. Dimana mereka ternyata sudah saling mengenal satu sama lain.

"Mohon izin pak, saya diperintah Pak Chuck untuk menerima CCTV," ujar Ariyanto.

"Irfan bilang apa?," tanya jaksa penuntut umum (JPU).

"Ke sini ambil aja di pos. Pos kompleks Polri Duren Tiga," ujar Ariyanto.

Ariyanto langsung menuju pos yang dekat dengan rumah dinas Ferdy Sambo. Namun begitu, dia mengaku kala itu belum mengetahui peristiwa penembakan terhadap Brigadir J.

Ketika sampai dan bertemu dengan Irfan, Ariyanto langsung ditunjukan DVR CCTV yang telah terbungkus kantong plastik hitam dengan lakban. Barang tersebut lalu diserahkan Chuck yang telah menunggu di rumah pribadi Ferdy Sambo di Saguling.

"Satu kantong plastik segini (diperagakan) lalu dilakban, jadi saya enggak tahu isinya apa. Cuma karena perintahnya suruh bawa ya saya bawa," kata Ariyanto

"Langsung ketemu Pak Chuck. Saya bilang 'Pak ini titipan dari Pak Irfan'. Kata Pak Chuck 'ya sudah taruh saja di bagasi mobil', seperti itu," tambah Ariyanto.

Ariyanto mengatakan mobil tersebut adalah Kijang Innova itu berwarna hijau army. Setelah itu, dia tak bertemu lagi dengan Chuck usai DVR CCTV diserahkan.


Dakwaan Pembunuhan Berencana

Dalam perkara ini Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah mendakwa total lima tersangka yakni, Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Richard Eliezer alias Bharada E, Ricky Rizal alias Bripka RR, dan Kuat Maruf.

Mereka didakwa turut secara bersama-sama terlibat dengan perkara pembunuhan berencana bersama-sama untuk merencanakan penembakan pada 8 Juli 2022 di rumah dinas Komplek Polri Duren Tiga No. 46, Jakarta Selatan.

"Mereka yang melakukan, yang menyuruh melakukan, dan turut serta melakukan perbuatan, dengan sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain," ujar jaksa saat dalam surat dakwaan.

Atas perbuatannya, kelima terdakwa didakwa sebagaimana terancam Pasal 340 subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 KUHP yang menjerat dengan hukuman maksimal mencapai hukuman mati.

Sedangkan hanya terdakwa Ferdy Sambo yang turut didakwa secara kumulatif atas perkara dugaan obstruction of justice (OOJ) untuk menghilangkan jejak pembunuhan berencana.

Atas hal tersebut, mereka didakwa melanggar Pasal 49 juncto Pasal 33 dan/atau Pasal 48 ayat (1) juncto Pasal 32 ayat (1) UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 dan/atau Pasal 221 ayat (1) ke 2 dan 233 KUHP juncto Pasal 55 KUHP dan/atau Pasal 56 KUHP.

"Timbul niat untuk menutupi fakta kejadian sebenarnya dan berupaya untuk mengaburkan tindak pidana yang telah terjadi," sebut Jaksa.

Sumber: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

Penahanan Nikita Mirzani Diperpanjang

Hakim Perpanjang Penahanan Nikita Mirzani

Liputan6.com 2022-11-09 20:27:10
Aktris sensasional Nikita Mirzani akhirnya bebas dari Rumah Tahanan Wanita Pondok Bambu, Jakarta, Senin (30/3/2015). (Liputan6.com/Panji Diksana)

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Serang memperpanjang penahanan Nikita Mirzani selama 30 hari. Perpanjangan dilakukan sejak Senin, 7 November dan berakhir pada Selasa, 6 Desember 2022.

Perpanjangan penahanan selebritas itu dilakukan majelis hakim, jelang sidang perdana dilakukan pada Senin, 14 November 2022. Sedangkan, masa penahanan yang sebelumnya dilakukan Kejari Serang, akan berakhir pada Minggu, 13 November 2022.

"Jadi hakim sudah mengeluarkan (perpanjangan) penahanan kembali di rutan, sejak tanggal 7 November sampai 6 Desember, 30 hari, sesuai kewenangan," ujar Humas PN Serang, Uli Purnama, Rabu (09/11/2022).


Sidang Digelar Online

Untuk sidang perdana, dijadwalkan berlangsung Senin, 14 November 2022, sekitar pukul 09.00 WIB dan berlangsung secara online.

Dari sidang pertama itu akan diputuskan apakah sidang lanjutan berlangsung secara online ataukah offline. Keputusan diambil setelah hakim mendengarkan masukan dari terdakwa Nikita Mirzani, penguasa hukum hingga Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejari Serang.

"Sementara ini sidang selalu online dulu, nanti lihat perkembangan sidang pertama, apakah ada permintaan dari terdakwa, penasehat hukumnya, apakah ada permintaan jaksa penuntut umumnya. Nanti situasinya kita lihat," jelasnya.


Kronologis Penahanan

Diketahui, Nikita Mirzani mendekam di Rutan Klas IIB Serang sejak Selasa, 25 Oktober dan akan berakhir Minggu, 13 November 2022. Fuad Bachmid, selaku pengacara Nyai pernah meminta penangguhan penahanan, tetapi ditolak oleh Kejari Serang dengan berbagai pertimbangan.

Niki pernah mengalami sakit di bagian punggung hingga dibawa ke RS Bhayangkara Banten, untuk mendapatkan perawatan. Nyai juga pernah mentraktir pizza untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan Klas IIB Serang.

Minta Maaf Karena PHK 11.000 Orang

Mark Zuckerberg Minta Maaf dan Ungkap Alasan PHK 11.000 Karyawan Meta

Liputan6.com 2022-11-10 08:56:06
CEO Facebook Mark Zuckerberg (AP Photo/Jacquelyn Martin)

Perusahaan induk Facebook, Meta telah memutuskan untuk memberhentikan (PHK) 13 persen karyawan, berjumlah 11.000 orang.

Meta ingin menjadi perusahaan yang lebih ramping dan lebih efisien dengan memotong pengeluaran diskresioner dan memperpanjang pembekuan perekrutan hingga Q1 2021.

PHK terpaksa dilakukan karena perusahaan terus menghadapi berbagai tantangan terhadap bisnis intinya dan membuat taruhan yang tidak pasti dan mahal untuk beralih ke metaverse.

Hal ini juga terjadi di tengah serentetan PHK di perusahaan teknologi lain dalam beberapa bulan terakhir karena sektor yang berkembang pesat bereaksi terhadap inflasi yang tinggi, kenaikan suku bunga, dan kekhawatiran akan resesi yang membayangi.

Dalam keputusan ini CEO Meta Mark Zuckerberg meminta maaf kepada mereka yang terkena dampak dalam sebuah note yang dikirim ke 47.000 karyawannya untuk memberikan alasan dan langkah ke depan.

"Saya bertanggung jawab atas keputusan ini dan bagaimana kami sampai di sini. Saya tahu ini sulit untuk semua orang, dan saya meminta maaf untuk mereka (karyawan) yang terkena dampak," tulis Zuckerberg dalam postingannya.

Mark Zuckerberg menambahkan, perusahaan memiliki dua alasan kuat dalam membuat putusan yang berat ini.

"Kami membuat semua perubahan ini karena dua alasan: prospek pendapatan kami lebih rendah dari yang kami harapkan pada awal tahun ini, dan kami ingin memastikan kami beroperasi secara efisien di Family of Apps dan Reality Labs," ungkap Zuck, sebagaimana dikutip dari Livemint, Kamis (10/11/2022).


Ungkapan Emosional

"Ini adalah saat yang menyedihkan, dan tidak ada jalan lain untuk itu. Kepada mereka yang pergi, saya ingin mengucapkan terima kasih sekali lagi atas semua kontribusi Anda selama ini," ucapnya dengan emosional.

"Untuk mereka yang masih di sini, saya tahu ini adalah waktu yang sulit bagi Anda juga. Kami tidak hanya mengucapkan selamat tinggal kepada orang-orang yang telah bekerja sama dengan kami, tetapi banyak dari Anda juga merasakan ketidakpastian tentang masa depan," lanjutnya.

"Saya ingin Anda tahu bahwa kami membuat keputusan ini untuk memastikan masa depan kami kuat. Saya meyakini kita sangat diremehkan sebagai perusahaan saat ini. Miliaran orang menggunakan layanan kami untuk terhubung, dan komunitas kami terus berkembang," sambung Zuck.

Di samping itu, Zuck menuturkan bahwa bisnis inti perusahaan adalah salah satu yang paling menguntungkan yang pernah dibangun dengan potensi besar di masa depan.

Ia mengklaim perusahaan menjadi yang paling terdepan dalam mengembangkan teknologi untuk menentukan masa depan koneksi sosial dan platform komputasi berikutnya.

"Kami melakukan pekerjaan yang penting secara historis. Saya yakin bahwa jika kita bekerja secara efisien, kita akan keluar dari penurunan ini dengan lebih kuat dan lebih tangguh dari sebelumnya," Zuck memungkaskan.


Kompensasi Bagi Karyawan yang Kena PHK

Dia juga mengatakan bahwa perusahaan akan membayar 16 minggu gaji pokok ditambah dua minggu tambahan untuk setiap tahun layanan tanpa batasan untuk semua karyawan yang terkena dampak.

Perusahaan juga akan menyediakan "spesialis imigrasi khusus" bagi mereka yang bekerja untuk Meta dengan visa dan kemungkinan akan terkena dampak kehilangan pekerjaan.

Meta bahkan akan menanggung biaya kesehatan untuk karyawan beserta keluarga selama enam bulan. Karyawan yang terkena dampak juga akan menerima saham mereka yang ditetapkan pada 15 November.

Perusahaan juga berencana untuk memberikan dukungan karir selama tiga bulan dengan vendor eksternal, termasuk akses awal ke prospek pekerjaan yang tidak dipublikasikan.

Selain PHK, Meta akan mengurangi ruang kantor, menurunkan pengeluaran diskresioner, dan memperpanjang pembekuan perekrutan hingga Q1 2023 untuk menekan pengeluaran.


Meta Facebook PHK 11.000 Karyawan

Perusahaan induk Facebook, Meta, telah memberhentikan atau melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada 11.000 karyawan. Ini merupakan PHK paling signifikan dalam sejarah raksasa teknologi itu.

"Hari ini saya membagikan beberapa perubahan tersulit yang telah kami buat dalam sejarah Meta," tulis CEO Meta Mark Zuckerberg dalam posting blog kepada karyawan, sebagaimana dikutip dari CNN Global, Kamis (10/11/2022).

"Saya telah memutuskan untuk mengurangi ukuran tim kami sekitar 13 persen dan melepaskan lebih dari 11.000 karyawan berbakat kami," Mark Zuckerberg menambahkan.

PHK akan berdampak pada banyak sektor perusahaan, dan tim HR Meta akan sangat terpukul karena perusahaan akan menyetop perekrutan karyawan baru.

"kami berencana untuk mempekerjakan lebih sedikit orang tahun depan," kata Zuckerberg dalam posting tersebut.

Dia menambahkan bahwa pembekuan perekrutan akan diperpanjang hingga kuartal pertama, dengan beberapa pengecualian.

Pada September 2022, Meta tercatat memiliki jumlah karyawan lebih dari 87.000 orang.

Bisnis penjualan iklan inti Meta terpukul oleh perubahan privasi yang diterapkan Apple, pengiklan memperketat anggaran, dan bersaing dengan kompetitor baru seperti TikTok.

Sementara itu, Meta telah menghabiskan miliaran dolar untuk membangun versi internet masa depan ( metaverse), yang kemungkinan masih bertahun-tahun lagi untuk diterima di pasar secara luas.

Bulan lalu, perusahaan membukukan penurunan pendapatan kuartalan kedua dan mengatakan bahwa labanya dipotong setengah dari tahun sebelumnya. Setelah bernilai lebih dari US$ 1 triliun tahun lalu, nilai pasar Meta sejak saat itu turun menjadi sekitar US$ 250 miliar.

"Saya bertanggung jawab atas keputusan ini dan bagaimana kami sampai di sini. Saya tahu ini sulit untuk semua orang, dan saya meminta maaf untuk mereka (karyawan) yang terkena dampak," tulis Zuckerberg dalam postingannya.


Infografis Google dan Facebook (Liputan6.com/Abdillah)

 

Sedih Jadi Korban Body Shaming

BCL Tepis Gosip Hamil, Akui Sedih Kena Body Shaming

Liputan6.com 2022-11-10 15:30:00
Bunga Citra Lestari atau BCL menyanyikan lagu tema novel Rapijali, "Kinari." (Foto: Instagram @bclsinclair)

Bunga Citra Lestari alias BCL baru-baru ini kena gosip miring. Istri almarhum Ashraf Sinclair itu disebut-sebut sedang berbadan dua.

Isu ini berawal dari video yang viral di TikTok. Dalam platform tersebut, ada video yang memperlihatkan ibu satu anak ini sedang menyanyi di atas panggung.

Dengan mengenakan crop top berwarna putih, perut ibu satu anak ini tampak lebih buncit. Hal ini berbeda dengan penampilannya yang biasa, apalagi dia dikenal gemar berolahraga.

Asumsi bergerak liar. Dia disebut-sebut sedang mengandung tiga bulan. Dalam sebuah kesempatan wawancara bersama media Malaysia, BCL pun menepis isu ini.


Body Shaming

Penyanyi berusia 39 tahun tersebut merasa menjadi korban celaan fisik alias body shaming. Tentu saja hal ini membuatnya sedih.

"Aku lebih sedih karena di-body shaming. Kayak, hey, aku juga makan. Oke, kalian mau lihat?" tuturnya dilansir dari YouTube Budiey Channel, Jumat (10/11/2022). Dia lantas berdiri dan memperlihatkan perutnya yang lebih ramping daripada video yang beredar di medsos.


Langsing

Menurutnya, postur tubuhnya sama seperti kebanyakan wanita seusianya. Apalagi, dia sangat senang makan di waktu-waktu yang tidak dianjurkan.

"It's not flat, it's ibu-ibu ya, normal human being yang suka makan tengah malam, iya kan?" ujarnya.


Faktor

Menurut BCL, banyak faktor yang bisa memengaruhi perutnya tampak lebih buncit dalam video yang viral tersebut.

"Enggak semua orang mengerti angle, enggak semua orang mengerti bloathing, atau sedang datang bulan. It's okay tapi sedih aja," tutupnya.

Belanja Kain Spesial untuk Iriana Jokowi

Erina Gudono Belanja Kain di Mal Mewah untuk Dipakai Ibunya dan Iriana Jokowi di Pernikahannya

Liputan6.com 2022-11-10 07:02:57
Jelang pernikahan, intip gaya pemotretan prewedding Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dengan ragam konsep. (Foto: Instagram/kaesangp).

Erina Gudono akan segera melangsungkan pernikahan dengan Kaesang Pangarep. Finalis Puteri Indonesia 2022 ini sedang disibukkan oleh persiapan pernikahannya yang semakin dekat dengan putra bungsu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu.

Erina beberapa kali mengunggah hasil pemotretan prewedding dengan Kaesang di sejumlah tempat melalui akun Instagramnya. Yang terbaru, Erina terlihat tengah memilih kain yang akan dikenakan oleh sang ibu, dan calon ibu mertuanya, Iriana Jokowi.

Momen ini diunggah Erina Gudono dalam Instagram Story miliknya. "Cari kain untuk mama dan ibu @bindusamtani," tulis Erina Gudono sambil menyertakan emoji hati merah di unggahannya pada Rabu, 9 November 2022.

Dalam unggahan itu, perempuan Yogya itu memperlihatkan deretan kain brokat berbagai warna yang berjejer rapi di lemari toko. Namun, ia tak menunjukkan kain brokat yang dipilihnya untuk ibunya dan ibu Kaesang Pangarep.

Ia diketahui menyambangi toko kain Bindu Samtani yang berada di kawasan Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan. Toko tersebut sepertinya dipilih Erina dan Kaesang untuk membeli bahan untuk keperluan seragam pernikahan mereka. Sebelumnya, ia sudah memesan puluhan bingkisan untuk pengiring pengantin dari tetangga yang memiliki usaha suvenir. Lokasinya hanya sekitar lima meter dari rumah Erina.

Sejumlah sahabat memamerkan hampers dari Erina Gudono. Bingkisan itu berisi kain jarit, reed diffuser, wewangian, dan gelas ekslusif yang dikemas UMKM Priscanara Atelier dengan cantiknya dalam boks hijau bergambar hutan dengan tulisan: The Wedding of Erina & Kaesang.

Pendiri UMKM Priscanara Atelier, Novikasari, membenarkan bahwa perempuan kelahiran Pennsylvania itu memesan bingkisan untuk pengiring pengantin kepadanya. Ia bangga dipercaya calon menantu Jokowi.


53 Bridesmaid Hampers

"Bridesmade namanya. Ini reed diffuser-nya sama ini stiknya, kemudian ini gelasnya. Ini ada guide bagaimana bikin seragam dan jilbabnya," katanya kami lansir dari video wawancara di kanal YouTube Berita Surakarta, Minggu, 6 September 2022. "Kalau untuk (bingkisan) yang Mbak Erina itu, ada diffuser, parfum, gelas dan teh," lanjut Novikasari.

Novikasari kemudian menjelaskan, Erina memesan 53 bridesmaid hampers beberapa pekan lalu ditujukan untuk rekan-rekan di Puteri Indonesia dan sejumlah sahabat dekat. "Untuk teman-teman Puteri Indonesia itu ada sekitar 30 dan sisanya untuk teman-temannya," ungkap Novikasari yang tak mampu menutupi rasa bangganya.

Novikasari tak menyangka, keluarga Erina Gudono memercayakan UMKM untuk ikut berkontribusi dalam pernikahan yang digelar Desember 2022. Harga per hampers sekitar Rp300 ribu.

"Perasaannya tentu saja senang, bangga dikasih kesempatan, dikasih kepercayaan sebagai UMKM ikut serta di acara bahagia Mbak Erina dan Mas Kaesang," ucapnya.

Jelang pernikahan yang akan berlangsung pada Desember 2022 nanti, hubungan antara Erina dan Kaesang kian lengket. Belum lama ini, Erina membagikan momen saat ia menghabiskan waktu bersama Kaesang dan Iriana Jokowi.

Dalam potret, tampak Iriana berada di tengah-tengah Kaesang dan Erina, memakai kemeja putih berkerah dan hijab merah. Erina berada di sebelah kirinya tersenyum ke arah kamera, begitu juga Kaesang yang tampak semringah.


Mirip Iriana

"Foto lama sebelum ada lomba puteri-puterian, lagi selfie Ibu mau ikut.. ini pas waktu libur di Bali. Ibu orang yang rendah hati dan bersahaja, tapi juga lucu dan suka bercanda. Ini fun fact juga, semua orang yg pernah tahu kami langsung bilang aku lebih mirip sama Ibu daripada sama mama aku, koleksi stiker recehnya sih mirip," tulis Erina di keterangan foto.

Unggahan yang mendapat hampir 19 ribu tanda suka itu menuai banyak komentar dari para pengikutnya. Sebagian sependapat dan yang lain justru memberi doa agar persiapan pernikahan antara Kaesang dan Erina dilancarkan.

"Iyaa bener ... Namanya juga hampir sama mba ..yg 1 ibu Iriana...yg 1 mba Erina," tulis seorang warganet. "Katanya memang betul kalo ada mertua dan menantu ada kemiripan ..bs jdi jodoh bnran," komentar yang lain.

Sebelumnya, Kaesang dan Erina telah menjalani pemotretan prewedding dengan konsep menarik. Sebagai salah satu pemilik Persis Solo, Kaesang mengusung tema sepak bola di pemotretan. Kaesang mengenakan jersey bernomor punggung 12 dan bertuliskan "Erina. Sebaliknya, Erina memakai nomor punggung 12 dan bertuliskan 'Kaesang'.


Istana Bogor

Mereka memakai kaus kaki merah selutut dengan sepatu bola warna hitam. "Satu tujuan," tulis Erina di kolom keterangan potret yang diunggahnya pada Sabtu, 29 Oktober 2022. Kaesang kemudian membalas di kolom komentar unggahan dari kekasihnya. "Untung nomernya 10.12, kalo 12.12 dikira Harbolnas," canda Kaesang.

Di potret prewedding lain, pasangan ini menjalani sesi pemotretan dalam balutan busana dari desainer ternama Indonesia, yaitu Biyan. Adapun pemotretan tersebut berlangsung di Istana Kepresidenan Bogor. Erina dan Kaesang sama-sama berpose seorang diri terlebih dulu.

Di sesi itu, Kaesang mengenakan kemeja lengan panjang dengan motif khas desainer Biyan yang dipadu celana panjang warna cokelat dan sandal bertali bernuansa senada. Sementara Erina tampak berbalut atasan panjang tanpa lengan dipadu celana panjang dan ditambah aksen selendang yang disampirkan di lengannya. Rambut Erina ditata updo bun dengan pemakaian aksesori, seperti anting-anting dan gelang.

Pada salah satu potret, Erina terlihat duduk di kursi dan Kaesang berdiri di sebelahnya. Berpose di samping dekorasi bunga yang indah, mereka tampak saling melihat satu sama lain dan tersenyum. "Rarasing Gati Wilasitaning Rat - Keselarasan yang diupayakan sepenuh hati, membuahkan kebahagiaan semesta," tulis keterangan dalam potret yang diunggah Erina Gudono.

Raja Charles Dilempari Telur

Mahasiswa Lempar Telur ke Raja Charles, Warga: God Save the King

Liputan6.com 2022-11-10 06:30:17
Raja Charles III dilempari telur oleh demonstran saat mengunjungi York, Rabu, 9 November 2022. (dok. James Glossop / POOL / AFP)

Seorang mahasiswa dari Universitas York berulah dengan melempar telur ke arah Raja Charles III dan Ratu Camilla saat keduanya sedang melakukan kunjungan. Aksi pemuda 23 tahun itu menuai sorakan dari warga yang hadir.

Telur-telur itu tidak mengenai Raja Charles atau Ratu Camilla.

Berdasarkan video yang diposting BBC, Kamis (10/11/2022), Raja Charles sedang berbicara dengan petugas wanita ketika telur-telur melayang ke arahnya. Petugas wanita lain berusaha menghalangi lemparan telur.

Raja Charles III tampak tetap tenang dan terus berjalan. Ekspresi Ratu Camilla tersenyum canggung karena insiden itu, dan ia sempat melihat ke arah pelempar.

Terdengar sorakan dan teriakan histeris karena insiden tersebut. Ada warga yang berteriak "God Save the King".

Memang tidak semua yang hadir pro-Raja Charles III, sebab terlihat seseorang membawa tulisan "not my king".

Pihak Universitas York mengaku geram dengan insiden pelemparan tersebut. Mereka lantas akan meninjau apakah tindakan mahasiswa tersebut melanggar aturan atau tidak.

Mahasiswa itu telah ditangkap petugas. Ia melempar telur karena menganggap Inggris dibangun oleh para budak.

Seorang saksi mata bernama Kim Oldfield yang ikut menonton kedatangan Raja Charles III menyayangkan insiden tersebut.

"Camilla agak kaget sedikit ketika sorakan terdengar, tetapi mereka (polisi) menuntaskannya dengan cepat. Memalukan sekali mereka merusak momen yang indah," ujar Kim yang menyebut ada sekitar lima telur yang dilempar.


Aktivis Lempar Kue ke Wajah Patung Raja Charles III

Beberapa waktu lalu, sekelompok aktivis lingkungan Just Stop Oil ditangkap akibat melempar kue ke wajah patung lilin Raja Charles III di museum Madame Tussauds. Serangan ke karya seni ini sedang marak dalam beberapa waktu terakhir untuk menarik perhatian masyarakat terkait isu lingkungan.

Pada sebuah video yang viral, sepasang pemuda dan pemudi berdiri di antara patung keluarga kerajaan Inggris di Museum Madame Tussauds. Keduanya membuka pakaian luar mereka dan menampilkan t-shirt bertuliskan Just Stop Oil, sebelum si wanita muda mengambil kue dari dalam tasnya dan melemparkan ke patung Raja Charles III.

Insiden terjadi pada Senin (24/10) waktu setempat di museum yang berlokasi di London.

Berdasarkan laporan BBC, Selasa (25/10/2022), Metropolitan Police menangkap empat orang pelaku yang terlibat insiden tersebut. Pihak Madame Tussauds menyebut insiden itu terjadi menjelang siang hari.

"Menjelang 10.50 hari ini (24 Oktober), pengunjuk rasa memasuki Zona 'Panggung Dunia' di Madame Tussauds London dan terlihat melempar apa yang dipercaya sebagai kue pada figur-figur Royal Family kami," tulis pihak museum.


Pihak Museum Langsung Bertindak

Untungnya, aksi para aktivis itu tidak mengganggu operasional museum, sehingga pengunjung lain bisa tetap menikmati suasana.

"Tim keamanan kami menangani insidennya dengan cepat dan kami bekerja erat dengan Metropolitan Police untuk masalah ini. Atraksinya tetap dibuka, dengan set Royal Family ditutup sementara," lanjut pihak museum.

PA Media melaporkan bahwa para pengunjuk rasa itu meminta pemerintah menahan semua lisensi dan izin baru untuk migas.

Salah satu pelaku bernama Ellie McFadden menyebut pihaknya memperjuangkan hak untuk melindungi tanah yang hijau yang merupakan warisan bersama. Ia berkata tindakan yang ia ambil hanyalah penyetopan izin migas seharusnya "piece of cake" (mudah) karena dampaknya sudah jelas dari segi ilmiah.

"Sainsnya sudah jelas. Permintaannya sederhana: hentikan saja minyak dan gas baru," ujarnya.

Sebelumnya, aktivis lingkungan Just Stop Oil juga membuat geger karena melempar lukisan "Bunga Matahari" karya Van Gogh dengan sup tomat di National Gallery. Untungnya pihak museum melapisi karya itu dengan kaca sehingga lukisan tak rusak.


Penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla Digelar 6 Mei 2023

Upacara koronasi atau penobatan bagi Raja Charles III akan digelar pada 6 Mei 2023. Terakhir kali Inggris melaksanakan upacara ini adalah pada Juni 1953 untuk Ratu Elizabeth II.

Saat ini, Charles memang sudah menjadi raja. Ketika raja atau ratu meninggal, otomatis anak tertua mereka menjadi pemimpin selanjutnya, namun upacara koronasi memang butuh waktu untuk dilaksanakan.

Contohnya, upacara koronasi Ratu Elizabeth II dilaksanakan lebih dari setahun usai meninggalnya Raja George VI pada Februari 1952. Waktu itu, Charles turut menyaksikan upacara tersebut ketika dirinya berusia empat tahun.

Berdasarkan laporan BBC, Rabu (12/10), acara koronasi Raja Charles III akan dilaksanakan di Westminster Abbey. Koronasi ini akan menjadi simbol masa kekuasaannya yang baru.

Ratu Camilla (Queen Consort) juga akan dinobatkan bersama sang suami. Mereka berdua akan dipakaikan mahkota, meski prosesi untuk Camilla akan lebih sederhana.

Ketika Ratu Elizabeth II dikoronasi, upacara berlangsung selama tiga jam. Sumber kerajaan menyebut upacara untuk Charles akan digelar dengan lebih singkat, tamu-tamunya pun akan lebih sedikit, namun undangan akan disebar ke berbagai kalangan berbeda.

Kapasitas Westminster Abbey adalah sekitar 2.200 orang, sehingga kemungkinan angka tersebut menjadi jumlah tamu yang diundang. Pada koronasi Elizabeth II, ada 8.000 orang yang diundang karena pihak kerajaan memasang panggung (stand) sementara.

Usia Raja Charles III akan menginjak 74 tahun saat upacara koronasi. Ia akan menjadi orang tertua di sejarah Inggris yang dinobatkan menjadi raja. Uskup Agung Canterbury akan mengurus pentasbihan Charles III.

Selama puluhan tahun, Charles menjabat sebagai Pangeran Wales mengingat Ratu Elizabeth II berkuasa hingga 70 tahun.

Tak Terima Anak Dibilang Bangkrut

Ayah Rizky Billar Pamer BPKB, Tak Terima Anaknya Dibilang Bangkrut dan Pinjam Mobil Biar Kelihatan Kaya

Liputan6.com 2022-11-10 08:30:00
Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)

Rizky Billar dikabarkan bangkrut. Kabar miring ini menerpa tak lama setelah sang istri membuka pintu maaf untuknya yang jadi tersangka KDRT, di Polres Metro Jakarta Selatan, Oktober 2022.

Selain bangkrut, muncul kabar mobil-mobil mewah yang dikoleksi suami Lesti Kejora sebenarnya hanya pinjaman. Sang aktor tak sekaya yang tampak dalam video konten di kanal YouTube selama ini.

Tak terima dengan gosip miring dan gunjingan netizen, ayah Rizky Billar, Daniel Eddy, mengklarifikasi dengan memamerkan sejumlah BPKB mobil mewah milik anaknya dalam video yang diunggah di YouTube.

"Siapa tuh bilang pinjam pinjam pinjam, hah?" cetus Daniel Eddy sewot, seraya memegangi sejumlah BPKB. Kakak Rizky Billar, Bobby Rahman, lantas menimpali, "BPKB-nya nih, asli lo, enggak tipu-tipu."


BPKB Masih Ada

Setelahnya, Bobby Rahman digeruduk jurnalis yang meminta konfirmasi benarkah mobil-mobil mewah milik bintang sinetron Cinta Karena Cinta hanya meminjam showroom untuk keperluan konten. Kalau pun benar punya, kabarnya telah dijual karena masalah finansial.

"Siapa yang bilang? Wah enggak. Siapa yang bilang? Masih ada. Masih ada, BPKB masih ada semua," katanya. "(Mobil-mobil) itu ya punya Billar. Ya mobilnya kan banyak tuh, ada Ferrari, Lamborgini, BMW. Punya dia semua," Bobby Rahman menambahkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Ada Netizen Julid

Melansir dari video interviu di kanal YouTube Intens Investigasi, Rabu (9/11/2022), Bobby Rahman memaparkan alasannya bersama sang ayah nekat pamer BPKB di jagat maya, yakni tak terima dituding bangkrut.

"Jadi begini, kemarin kan ada netizen-netizen yang julid tuh terhadap mobil-mobil kendaraan Billar. Katanya pinjam. Nah, papa pada saat itu memang ini kan, kita sekeluarga memang enggak terima," ia memaparkan.


Bukan Berarti Menyombongkan Diri

Diakunya, aksi pamer BPKB bukan tanpa risiko. Pasalnya, tak sedikit warganet yang menyebutnya norak dan sombong. Tudingan sombong lantas ditepis keluarga Rizky Billar.

"Tapi bukan berarti kita menyombongkan diri. Cuma untuk meluruskan, mengklarifikasi bahwa kendaraan yang dimiliki Billar itu ya punya pribadinya dia sih," tutup Bobby Rahman.

Surat Zayn Malik ke PM Inggris

Zayn Malik Beberkan Masih Banyak Orang Miskin di Inggris Melalui Surat Terbuka untuk PM Rishi Sunak

Liputan6.com 2022-11-10 08:00:00
Zayn Malik (Foto: Instagram/zayn)

Zayn Malik secara berani menuliskan surat terbuka kepada Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak. Melalui surat yang diunggahnya di akun Instagram @zayn itu, mantan personel One Direction membeberkan betapa isu kemiskinan dan kurangnya gizi anak-anak masih menghantui Inggris.

"Tidak ada anak yang harus menderita trauma dan stigma kelaparan & kemiskinan. Kami ingin setiap anak tumbuh sehat untuk menjalani kehidupan yang produktif. Saya menyerukan @10DowningStreet untuk memperluas #FreeSchoolMeals kepada setiap anak miskin di Inggris," tulis Zayn Malik dalam keterangan unggahan suratnya, Selasa (8/11/2022).

Awalnya, Zayn Malik mengungkapkan keprihatinannya terhadap gizi anak-anak di Inggris yang menurutnya masih jauh di bawah standar. Zayn lalu menyinggung tingkat ekonomi di negaranya yang menurutnya masih cukup jauh dari kata makmur.

"Saya menulis untuk mengungkapkan keprihatinan saya terkait kesulitan yang dialami anak-anak karena krisis biaya hidup sekaligus memohon bantuan untuk memastikan tidak ada anak miskin yang tidak mendapatkan makanan hangat dan bergizi di sekolah karena bisa jadi itulah satu-satunya makanan hangat yang mereka dapatkan," tulis Zayn Malik dalam surat yang dijadikannya sebagai unggahan foto.


Kesulitan Makanan Gratis

Zayn Malik lalu mengungkapkan bahwa di Inggris masih banyak anak sekolah yang kesulitan bahkan tak lagi mendapatkan makanan gratis dari sekolahnya. Masalah tersebut menyebabkan anak-anak di sana tidak mendapat nutrisi dari makanan hingga kesulitan dalam berkonsentrasi.

"Selain itu, 800 ribu anak di Inggris tidak mendapatkan makanan gratis dari sekolah, padahal mereka hidup di bawah kemiskinan. Bahkan, ada yang terpaksa mencuri makanan di kantin sekolah karena lapar tapi tidak mampu membelinya. Mereka juga merasa malu yang berdampak pada kesehatan fisik dan mentalnya," tulis Zayn Malik.


Bantuan Besar

Zayn Malik juga mengungkapkan bahwa setiap orangtua tentunya akan merasa tenteram begitu tahu anak-anak mereka mendapatkan makan siang dari sekolah secara gratis. Ia pun menyebut hal itu sebagai faktor berkembangnya anak-anak di sana.

"Makanan sekolah gratis merupakan bantuan besar bagi anak-anak miskin di masyarakat dan menjamin makan siang yang bergizi di sekolah setiap harinya. Sehingga anak-anak bisa berkembang tanpa khawatir dari mana asal makanan mereka berikutnya," tulis Zayn Malik.


Kesenjangan dan Harapan

Biarpun terlihat sempurna sebagai negara, Inggris kini sedang rawan krisis biaya hidup. Alhasil, terciptalah kesenjangan yang sangat besar antara batas orang kaya dan orang miskin. Zayn turut membeberkan hal itu.

Terakhir, Zayn mengungkapkan harapannya kepada pemerintah Inggris yang memiliki kekuatan terbesar di negerinya agar segera bertindak untuk menangani hal-hal yang telah disampaikannya.

"Harap lakukan dengan hati nurani yang baik dan komitmen dalam anggaran pada 17 November untuk membagikan makanan sekolah gratis kepada semua anak-anak yang hidup di bawah kemiskinan," tulis Zayn Malik menutup.

Anne Hathaway Jadi Pembicara di B20 Summit

Mengenal B20 Summit Indonesia, Forum yang Menghadirkan Anne Hathaway Sebagai Pembicara

Liputan6.com 2022-11-10 10:29:35
Anne Hathaway (Foto: Twitter/@b20)

Gelaran acara B20 Summit Indonesia akan digelar pada 23 Oktober sampai 14 November 2022 di Bali. Adapun salah satu pembicara yang akan hadir adalah artis Hollywood terkenal Anne Hathaway.

Hathaway akan hadir secara virtual sebagai perwakilan duta dari Badan PBB untuk perempuan, UN Women.

Kabar tersebut dibagikan di media sosial Instagram @theb20summit yang mengunggah foto-foto para pembicara yang akan hadir sebagai tokoh yang menginspirasi.

"Selanjutnya, kami sangat bersemangat dalam menyambut bisnis yang menginspirasi dan pemimpin yang berpengaruh sebagai pembicara pada sesi berikut ini," tulis akun tersebut.

Meskipun sang aktris tidak akan tampil langsung dalam acara tersebut, namun dipastikan ia akan hadir secara virtual.

Tidak hanya Anne Hathaway saja yang menjadi salah satu tokoh dalam acara tersebut namun juga ada sejumlah pebisnis seperti CEO Grab, Telefonica Brazil, dan masih banyak lagi.

Apa itu B20 Summit? Berikut penjelasannya.


Rangkaian Kegiatan G20

B20 Summit Indonesia merupakan salah satu rangkaian acara dalam G20 yaitu salah satu engagement group terkemuka di dalam G20 yang berada di bawah Sherpa Track atau Jalur Sherpa.

Adapun acara ini merupakan sebuah forum dialog di antara komunitas bisnis global.

B20 sendiri dibentuk pada 2010 serta melibatkan dari banyaknya perusahaan-perusahaan dan organisasi bisnis yang ada di dalamnya. Ada sekitar 1.000 lebih delegasi dari negara-negara G20 dalam B20 ini.

Mereka yang ada di dalam B20 tersebut umumnya merupakan pemimpin dari perusahaan multinasional.

Secara umum forum ini dihadiri sekitar 3.000 partisipan yang berasal dari komunitas bisnis global yang mencapai 6,5 juta pebisnis.

Secara tidak langsung, B20 bagaikan wadah untuk memberikan landasan yang kuat bagi para komunitas bisnis internasional untuk turut serta dalam tata kelola perekonomian global serta ekonomi internasional dan regulasi perdagangan.


KTT B20

Dalam pertemuan Satgas B20 (B20 Taskforce) serta Pertemuan Tingkat Tinggi B20 (B20 Summit) ini, dapat dilakukan pembahasan kebijakan serta rekomendasi yang bisa mendukung tugas G20 dalam menggapai ekonomi global yang kuat, berkelanjutan serta seimbang.

Tujuan prioritas dari B20 adalah secara konsisten menyesuaikan prioritasnya terutama berfokus pada pembangunan ekonomi global. Mulai dari rekomendasi kebijakan pada reformasi sistem keuangan, investasi, ketenagakerjaan, perdagangan, infrastruktur, dan anti-korupsi.


Infografis

 

Gagal Ginjal Akut Anak, Siapa Tanggung Jawab?

HEADLINE: TPF Kasus Gagal Ginjal Akut Anak Dibentuk, Bongkar Dugaan Kejahatan Sistematis?

Liputan6.com 2022-11-11 00:01:26
Ilustrasi Gagal Ginjal (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Sejak kasus gagal ginjal akut ditemukan pertengahan 2022, korban bocah meninggal akibat penyakit itu terus melonjak. Jumlah anak meninggal yang awalnya satu-dua, meningkat drastis menjadi 36 kasus pada Agustus 2022. Bahkan terbaru, angka itu tercatat mencapai 324 kasus per 6 November 2022 yang tersebar di 28 provinsi.

Dari jumlah itu, 195 meninggal, 27 dalam perawatan, dan 102 pasien yang sembuh.

Kondisi ini membuat masyarakat menjadi was-was juga bercampur geram. Jumlah kematian anak akibat diduga karena sirup membuat para orangtua khawatir bila hal itu menimpa buah hatinya. Di sisi lain, lembaga terkait terkesan lari dari masalah dengan saling lempar tanggung jawab.

Untuk menemukan penyebab pasti kasus ini, Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) membentuk Tim Pencari Fakta (TPF) Kasus Gagal Ginjal Akut. Tim akan mencari pangkal terjadinya gagal ginjal akut atipikal pada anak serta memberikan edukasi dan perlindungan kepada masyarakat.

Menurut Ketua TPF Muhammad Mufti Mubarok, dalam temuan awal didapatkan bahwa peristiwa gagal ginjal akut yang menyerang anak di Indonesia merupakan dugaan kejahatan sistematis. Dalam praktiknya, kejahatan itu tidak hanya melibatkan pelaku usaha tetapi juga kelalaian sistem pengawasan pada peredaran obat-obatan.

"Ini kan kejadian yang luar biasa, dalam waktu yang cepat (makan korban). Penyebabnya juga diketahui akibat minum sirup. Nah sementara terkait sirup ini, pengawasan kan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Sementara sampai hari ini tidak ada minta maaf, belum ada klarifikasi. Hanya melarang, melarang, dan melarang. Tapi ini kan persoalannya sudah meninggal, kecuali sebelum meninggal. Ini masalahnya," kata dia kepada Liputan6.com, Kamis (10/11/2022).

Dia menyanyangkan, di tengah korban yang terus berjatuhan, pemerintah terkesan tidak terlalu responsif mengatasinya. Yang ada hanya berupa imbauan agar tidak mengonsumsi obat tertentu yang menjadi penyebab terjadinya gagal ginjal akut pada anak.

"Nah kemudian bagaimana upaya-upaya pemerintah ini kan kelihatannya nggak terlalu masif. Hanya menarik, mengimbau. Sementara barang-barang ini sudah beredar di masyarakat, disimpan di mana-mana," kata dia.

Bahkan lebih mirisnya lagi, tak ada yang mengacungkan tangan sebagai wujud pertanggungjawaban atas meninggalnya ratusan anak Indonesia. Ia pun menduga ada sesuatu di balik kejadian ini.

"Pertanggungjawabannya kan sampai hari ini belum ada. Sementara korban terus naik. Pelaku usaha juga sampai hari ini belum ada yang mengklarifikasi 'saya bertanggung jawab'. Kemudian BPOM (menyatakan) 'bertanggung jawab'. Artinya mereka ini ada sesuatu. Ini yang kita sebut dengan konspirasi kejahatan," tegas Mufti.

Dalam menggali keterangan yang dibutuhkan, dia menjelaskan, TPF tidak memanggil BPOM namun akan menyambanginya. Lembaga itu dinilainya bersikap tidak terbuka dan juga tak kooperatif.

"Kami akan mendatangi BPOM, karena mereka kan defensif, tidak kooperatif. Mestinya mereka harus kooperatif. Ayo bagaimana masalahnya ini, kan memang sudah terjadi korban. Bagaimana tanggung jawab dari pemerintah dan pelaku usaha kan harus jelas. Sampai hari ini belum ada tanggung jawab siapa. Kan mereka korban sudah berjatuhan segitu banyaknya. Kalau Kanjuruhan cepat, sudah ada yang bertanggung jawab," ujar dia.

Dia mengungkapkan akan ada dua pihak yang bakal menjadi penanggung jawab atas kejadian gagal ginjal akut pada anak. Dan sampai saat ini, tim masih mengumpulkan bukti-bukti pendukung.

"Yang bertanggung jawab pasti dua. Yaitu pelaku usaha dan pemerintah, yang dalam hal ini bisa Kemenkes, bisa BPOM, terakhir Presiden. Karena ini kan pemerintah pusat," ujar dia.

Namun dia belum dapat mengungkapkan secara spesifik pihak-pihak tersebut. Hal ini lantaran dalam proses pencarian data, TPF kesulitan mengaksesnya dari instansi terkait.

"Ini kan mestinya ada inisiasi dari pemerintah atau pelaku usaha bahwa memang kami melakukan kesalahan ini, siap bertanggung jawab. Dan itu yang kami tunggu sampai hari ini. Sama kayak pemerintah, kami lalai, abai, dan siap bertanggung jawab. Itu yang kita tunggu. Biar mereka para korban juga tidak takut. Kami pun gampang dapat cari data, sampai hari ini kami minta data resmi pun tidak dikasih. Berarti kan ada sesuatu, dugaan kita," jelas dia.

Meski sulit mendapatkan data, TPF tidak patah arang. Tim terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk melaporkan kasus yang ada. Saat ini BPKN sudah menerima enam laporan pengaduan terkait kasus gagal ginjal di antaranya empat dari Jakarta, satu Bekasi dan satu dari Jawa Timur.

"Sudah terus berkembang setiap ada (laporan kasus) yang masuk. Ini kan untuk sampling kita, kasus yang memang karena obat, hampir semua laporan yang masuk kan karena obat, bukan karena yang lain," dia menegaskan.

Nantinya, hasil penyelidikan TPF tersebut akan diserahkan kepada sejumlah pihak. Mulai dari Presiden hingga DPR. "Hasil diserahkan TPF, rekomendasi ke Presiden, Kemenkes, BPOM, dan DPR sebagai lembaga yang bisa mengawasi pemerintah," ujar dia.

Sementara Ketua Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) David Tobing menilai, pembentukan TPF gagal ginjal akut pada anak sebagai langkah yang tepat. Meski terlambat, TPF bentukan BPKN ini dianggap menjadi wasilah untuk meneliti kasus yang tengah terjadi.

"Tugas BPKN memberikan saran kepada Presiden dan pemerintah, maka untuk memberikan pertimbangan itu mereka bisa melakukan berbagai upaya, yaitu menerima pengaduan, melakukan investigasi, melakukan penelitian. Maksudnya penelitian lah, melakukan FGD. Jadi pembentukan TPF dalam rangka itu," ujar dia kepada Liputan6.com, Kamis (10/11/2022).

"Tentunya kita tetap mengapresiasi, karena dalam hal ini, seharusnya pemerintah harus lebih cepat juga dalam merespons kasus ini," dia mengimbuhkan.

David menjelaskan, sejak awal muncul kasus gagal ginjal anak, pihaknya tidak sepakat dengan penanganan yang dilakukan oleh BPOM. Terlebih ketika lembaga itu mengumumkan ada 133 obat yang disebut aman. Padahal delapan di antara obat itu, pihaknya menyatakan bahaya untuk dikonsumsi.

"Waktu (BPOM bilang) 133 obat yang dibilang aman, itu kan kami membantah. Kami bilang itu kebohongan publik. Ternyata itu kan sekarang jadi dicabut gara-gara 69 obat sudah ditarik dari peredaran. Nah dari 69 itu, ada 8 yang didaftar 133. Jadi apa yang saya katakan kebohongan publik itu, benar. Jadi itu juga saya sudah sampaikan ke BPKN menjadi bahan bahwa telah terjadi kebohongan publik," jelas dia.

David menegaskan, bahwa BPOM menjadi pihak yang bertanggung jawab terkait masalah ini. Lembaga itu dianggapnya lalai dalam menunaikan tugas dan kewajibannya.

"Tanpa mengurangi rasa hormat kepada TPF, sekarang pun sudah jelas kok siapa yang harus bertanggung jawab, BPOM. Bukan hanya kepalanya, instansi aparaturnya yang memang tidak melakukan pengawasan tidak baik. Kalau bisa dilihat, lihat saja bagan struktur BPOM, itu adalah struktur terlengkap dalam pengawasan, tetapi struktur yang tidak bekerja juga. Jadi miris kita, struktur lengkap, tapi adanya kasus ini terbukti tidak ada kerjaannya," terang dia.

Karenanya, dia menilai BPOM kecolongan atas kajadian yang merenggut nyawa ratusan generasi bangsa ini. Dari puluhan obat yang ditarik dari peredaran, telah mengantongi surat izin dari BPOM.

"69 (obat) dari tiga perusahaan ditarik dari peredaran, yang ditarik peredaran itu semuanya punya surat izin edar. Bahkan bertahun tahun. Artinya ketika itu ditarik dari peredaran, kan menjadi pertanyaan, kalau selama ini tidak diawasi. Ini semua teregistrasi kok, di sinilah saya pikir BPOM ini kecolongan karena proses pendaftaran itu tidak melibatkan BPOM secara aktif," dia menjelaskan.

David menambahkan, seharusnya BPOM tidak bersikap terlalu percaya dengan produsen obat-obatan. Sebab sebagai pengawas, tugasnya itu harus ditunaikan secara maksimal sebelum ataupun setelah obat itu beredar.

"Sebelum beredar artinya bukan hanya mencatat atau meregister, tapi juga meneliti bener enggak ini ada kandungannya, prosesnya. Sekarang mereka dengan bangganya (mengatakan) 73 obat (izin edarnya ditarik). Harusnya engggak bangga, harusnya malu. Karena itu semua sudah mereka keluarkan izin edarnya," ujar dia.

Kecolongan Banyak Institusi

Epidemiolog Centre for Environmental and Population Health Griffith University Australia Dicky Budiman mengungkapkan bahwa adanya kadar etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) yang tinggi pada obat sirup merupakan sebuah kecolongan dari banyak institusi.

"Yang kecolongan Badan POM (BPOM), Kemenkes (Kementerian Kesehatan) juga kecolongan. Wong dia yang supervisi. Kemudian kita harus lihat di hulu, yang impor ekspor ini urusan siapa apakah (Kementerian) Perdagangan, Perindustrian, atau Bea Cukai," kata Dicky melalui keterangan pada Health Liputan6.com, Kamis (10/11/2022).

Dalam mengusut kasus ini, perlu segera ada penguraian untuk mengetahui pihak pemerintah dan institusi mana saja yang bertanggung jawab.

"Di situlah yang harus diurai. Tidak bisa menunggu hanya satu dua pihak, karena ini pemerintah kerja kolektif dan perlu ada koordinasi di situ. Walaupun ada yang bebannya paling besar, dalam hal ini Badan POM dan Kemenkes," ujar Peneliti Keamanan dan Ketahanan Kesehatan Global ini.

Namun tak menutup kemungkinan institusi lain terlibat dalam terjadinya cemaran EG dan DEG yang tinggi dalam obat sirup di Indonesia.

"Tapi ada institusi-institusi lain yang kemungkinan belum terungkap atau bahkan belum terlibat. Padahal dalam fakta di lapangan, dia bisa terlibat. Kan itu bisa terjadi. Makanya investigasinya dalam kaitan gagal ginjal akut misterius ini yang jelas, harus tuntas," tambahnya.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban atas adanya cemaran EG dan DEG di atas ambang batas aman sebuah obat sirup, Dicky meminta ada investigasi menyeluruh. Bukan cuma melibatkan BPOM atau Kemenkes, juga pihak lain.

"Bukan hanya melibatkan Badan POM, enggak. Ini ada Kemenkes, mungkin ada institusi-institusi lain yang terlibat. Ini harus direspons serius, karena masalahnya ada korban jiwa," tegasnya.


Hikmah di Balik Kasus Gagal Ginjal

Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Rizal E Halim melihat kasus gagal ginjal akut yang terjadi pada anak di Indonesia ini perlu dilihat dalam kacamata hukum. Anak yang menjadi korban perlu dilindungi, dan BPKN siap mendampingi keluarga korban sesuai amanat yang diberikan undang-undang.

"BPKN bersama dengan stakeholder terkait akan menginisiasi proses pidana kepada perusahaan-perusahaan yang disinyalir bersalah terhadap kasus tersebut," jelas dia dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (10/11/2022).

Rizal E Halim menjelaskan, proses pidana ini sejalan dengan Pasal 188 ayat (3) jo Pasal 196 UU Kesehatan menyatakan, setiap orang dengan sengaja memproduksi dan mengedarkan farmasi dan/atau alat kesehatan yang tidak penuhi persyaratan keamanan di pidana paling lama 10 tahun dan denda Rp 1 miliar.

Rizal menegaskan berdasarkan Pasal 8 jo. Pasal 62 UU No.8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, perihal pertanggungjawaban perusahaan farmasi atas kerugian materiil dan immateril atas kerugian yang terjadi dengan pidana maksimal 5 tahun dan denda paling banyak Rp 2 miliar.

Lebih lanjut, BPKN memberikan empat rekomendasi kepada pemerintah atas kejadian ini. Pertama, pemerintah harus mengevaluasi secara menyeluruh atas proses penerbitan izin edar obat dari mulai praregister hingga didistribusikan ke pasaran.

Kedua, BPKN RI merekomendasikan supaya pemerintah melakukan audit secara komprehensif dari hulu ke hilir dalam proses sediaan farmasi di Indonesia, termasuk dari industri bahan baku farmasi.

Ketiga BPKN RI akan membentuk tim pencari fakta (TPF) guna mengusut kasus gagal ginjal akut. Dan yang terakhir ke empat BPKN RI medesak pemerintah menaikan status penangangan penyakit ini menjadi kejadian luar biasa (KLB) kesehatan," tutup Rizal.

Sementara itu Peneliti Keamanan dan Ketahanan Kesehatan Global, Dicky Budiman mengungkapkan, ada hikmah dibalik kasus gagal ginjal akut yang terjadi belakangan. Menurutnya, hal ini erat kaitannya dengan tata laksana pemerintahan atau pentingnya good governance, yang mana menjadi tugas besar dalam dunia kesehatan Indonesia.

"Good governance ini bicara akuntabilitas kinerja, transparansi, manajemen data. Banyak sekali di situ yang masih menjadi PR kita, dan PR yang lama menumpuk belum terurai dan terselesaikan. Bahkan di masa pandemi yang mendekati akhir masa krisisnya," ujar Dicky melalui keterangan pada Health Liputan6.com, Kamis (10/11/2022).

"Artinya kita ini tidak mengambil pelajaran yang signifikan dari situasi. Juga, faktor leadership, jadi sangat khas secara riset, saya yang meriset salah satunya bahwa situasi krisis ini menimbulkan tiga PR besar."

Ketiganya adalah leadership, risk management, dan komunikasi risiko yang seharusnya menurut Dicky, mewarnai good governance itu sendiri.

Lebih lanjut Dicky mengungkapkan bahwa salah satu contohnya adalah masalah gagal ginjal akut yang tidak ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Padahal standarnya sudah terpenuhi pada banyak aspek.

"Tanpa penguatan itu (leadership, risk management, dan komunikasi risiko), sebagus apapun aturan regulasi, tidak diterapkan. Contohnya KLB," kata Dicky.

"Kalau leadership-nya lemah, komitmennya lemah, tidak menjadi fokus. Tidak menjadi perhatian utama adanya suatu KLB, meskipun indikasinya sudah memenuhi."

Terlebih, menurut Dicky, hal lain yang lebih memprihatinkan dalam konteks gagal ginjal akut adalah mayoritas obat yang tercemar merupakan obat murah.

Obat tersebut kemudian banyak dikonsumsi oleh kalangan menengah ke bawah dan punya keterbatasan akses pada layanan kesehatan dari sisi finansial dan demografis.

"Ini yang membuat potensi mereka terdeteksi kasusnya juga menjadi minim, karena sistem deteksinya lemah. Komitmennya juga lemah, penjangkauan yang lemah. Akhirnya korban yang ada tidak (semuanya) terdeteksi," ujar Dicky.

"Yang terkuak adalah kasus-kasus yang sifatnya di permukaan atau hanya di sentra-sentra yang dekat dengan pusat kekuasaan atau pusat pemerintahan.

Sedangkan Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra menilai, pembentukan TPF terbilang relevan karena isu gangguan ginjal akut bisa menjadi bahan yang berulang. Selain itu, sejauh ini belum ada pihak yang benar-benar bertanggung jawab karena penyebab dari gangguan ginjal akut belum ditetapkan secara final.

"Ya saya kira wajar-wajar saja (pembentukan tim ini) dan tidak ada kata terlambat untuk menelusuri lebih jauh (AKI)," kata Hermawan kepada Health Liputan6.com melalui sambungan telepon, Kamis (10/11/2022).

Terkait pencarian penyebab, Hermawan memberi masukkan agar tim tersebut bisa melakukannya dengan efektif dan mencapai hasil yang baik.

"Ya sebenarnya bisa start (mulai) dari pernyataan Ombudsman ya. Sebenarnya lembaga Ombudsman RI sudah mengatakan bahwa ada temuan maladministrasi dalam kasus ini. Baik dalam pengelolaan oleh otoritas yang berwenang maupun juga tindak lanjut atau dampak ikutan dari kejadian gangguan ginjal akut ini," jelas dia.

Proses administrasi sendiri terdiri dari produksi, distribusi, dan konsumsi. Di mana distribusi memiliki peran penting. Dalam hal ini, Hermawan menyarankan tim pencari fakta untuk melakukan penelusuran melalui jalur distribusi dan penjualan dari farmasi yang ditengarai sudah tercemar etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG).

Jika jalur distribusi produk farmasi ditelusuri, maka akan ditemukan titik-titik penjualan bebasnya dan berapa volumenya.

"Sehingga konsumsi atau risiko masyarakat itu bisa diestimasi dan dimitigasi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui betul model penyelidikan yang mengikuti rantai distribusi dan penjualan dari farmasi yang ditengarai sudah tercemar etilen dan dietilen glikol," kata Hermawan.


Nomor Aduan Korban

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) telah membentuk Tim Pencari Fakta Kasus Gagal Ginjal Akut. Tim ini beranggotakan sembilan orang dan diketuai oleh Wakil Ketua BPKN RI M Mufti Mubarok.

Selain Muhammad Mufti Mubarok (BPKN RI), juga ada Maneger Nasution (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban), Charles Sagala (BPKN RI), M. Said Sutomo (BPKN RI), Tulus (YLKI), Pandu Riono (Akademisi), Stefanus Teguh Edi Pramono (Jurnalis), Yogi Prawira (Ikatan Dokter Anak Indonesia), dan AKBP Brury Santoso (Baintelkam Polri).

Mufti menjelaskan, saat ini BPKN sudah menerima 6 laporan Pengaduan terkait kasus gagal ginjal diantaranya 4 dari Jakarta, 1 Bekasi dan 1 laporan dari Jawa Timur. Atas kasus ini, BPKN mendorong pihak terkait agar bertanggung jawab atas korban pada anak-anak.

Menurut Mufti hal ini perlu diperjuangkan untuk mengusut tuntas kasus tersebut.

"Kami mendapatkan temuan awal bahwa peristiwa gagal ginjal akut yang terjadi di Indonesia merupakan dugaan kejahatan yang terjadi secara sistematis yang tidak hanya melibatkan pelaku usaha akan tetapi kelalaian sistem pengawasan pada peredaran obat-obatan," kata dia dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (10/11/2022).

Kondisi saat ini, sebagian keluarga korban masih dalam keadaan berduka. Meski demikian, mereka tetap terus menuntut kebenaran dan keadilan dengan menyerukan pengusutan secara tuntas kasus ini. Saat proses klarifikasi, kami bertemu dengan korban dan keluarga korban dengan kondisi yang cukup memperhatinkan.

BPKN siap mendampingi keluarga korban sesuai amanat yang diberikan undang-undang No 8 Perlindungan Konsumen. BPKN bersama dengan stakeholder terkait akan menginisiasi proses pidana kepada perusahaan-perusahaan yang disinyalir bersalah terhadap kasus tersebut.

Mufti pun mengimbau korban dan keluarga korban agar segera melaporkan kasus GGAPA melalui posko pengaduan BPKN atau melalui aplikasi pengaduan BPKN 153 dan sosial media BPKN atau nomor WhatsApp 08153153153.

Kementerian Kesehatan mencatat penambahan kasus gagal ginjal anak menjadi 324 kasus per 6 November 2022 yang tersebar di 28 provinsi. Dari jumlah itu, 195 meninggal, 27 dalam perawatan, dan 102 pasien sembuh.

"Tanggal 6 kemarin itu tidak ada kasus yang terlaporkan, baik yang kasus baru maupun kasus yang lama. Termasuk kasus kematiannya ya," kata Juru Bicara Komunikasi Kemenkes M. Syahril dalam konferensi pers, Senin (7/11/2022).

Adapun DKI Jakarta menjadi provinsi dengan kasus gangguan ginjal akut terbanyak di Indonesia, yaitu dengan 83 kasus. Kemudian, Jawa Barat sebanyak 41 kasus, dan Aceh dengan 32 kasus.

Kemudian, Syahril juga mengungkapkan bahwa tidak ada kasus baru gangguan ginjal akut sejak 2 November. Kasus baru yang terakhir muncul, diakibatkan karena pasien masih mengkonsumsi obat sirop dari apotek.

"Kasus baru gagal ginjal akut mengalami penurunan sejak saat dikeluarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan pada 18 Oktober 2022 yang melarang tenaga kesehatan dan apotek untuk menggunakan obat sirop kepada anak," kata Syahril.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, penyakit gagal ginjal anak awalnya masuk dari obat sirop yang dikonsumsi. Menurut dia, dalam setiap obat sirop digunakan pelarut tambahan.

"Ini adalah pelarut tambahan yang memang sangat jarang ditulis di senyawa aktif obat dan pelarut tambahan sebenarnya tidak berbahaya. Tapi kalau kualitas produksi pelarut tambahan buruk, dia menghasilkan cemaran cemaran," jelas Budi saat konferensi pers di Kemenkes, Jakarta, Jumat (21/10/2022).

Budi mengatakan, tiga senyawa tersebut masuk ke tubuh dan terjadi proses metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang alamiah itu mengubah senyawa tersebut menjadi asam oksalat, zat kimia berbahaya.

"Metabolisme mengubah jadi asam oksalat, nah ini berbahaya asam oksalat itu kalau masuk ke ginjal bisa jadi kalsium oksalat. Jadi kaya kristal kecil tajam. Sehingga kalau ada kristal kecil tajam di Balita kita ya rusak ginjalnya," kata Menkes.

Budi juga mengatakan, penurunan angka kematian terjadi sejak digunakannya antidotum Fomepizole sebagai terapi pengobatan gagal ginjal akut. Sejak 25 Oktober 2022, distribusi Fomepizole diperluas. Dari sebelumnya hanya didistribusikan ke RSCM, kini dikirimkan ke 17 rumah sakit di 11 provinsi Indonesia.