Putin Batal ke Bali Karena Takut Dibunuh?

Pengamat: Vladimir Putin Takut Dibunuh, Batal ke G20 Bali

Liputan6.com 2022-11-11 08:00:51
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Presiden Rusia Vladimir Putin usai menyampaikan pernyataan bersama di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022). Dalam pertemuan itu Jokowi mengatak

Presiden Rusia Vladimir Putin dipastikan tidak akan datang ke G20 Summit di Bali. Vladimir Putin akan diwakilkan Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov.

Sebelumnya, Kedutaan Besar Rusia di Jakarta menyebut Presiden Putin sudah punya niat untuk datang.

Pengamat politik Sergey Markov mengungkap alasan Presiden Vladimir Putin batal datang, yakni karena faktor malu dan takut dibunuh. Ada kemungkinan pemimpin Rusia itu ditarget oleh negara-negara Barat.

"Ada kemungkinan besar upaya pembunuhan kepada Putin dari petugas khusus dari AS, Inggris, dan Ukraina," ujar Sergey Markov seperti dilaporkan The Independent, dikutip Jumat (11/11/2022).

Isu lainnya adalah potensi Presiden Putin dipermalukan oleh aktivis. Markov yakin ada orang-orang Barat yang merencanakan hal demikian.

"Contoh lain, ada aktivis sosial disabilitas yang menabrak Putin hingga jatuh, seakan-akan kecelakaan. Dan semua media dunia akan menerbitkan foto dengan caption 'Presiden Rusia bertekuk lutut,'" ujar Markov.

Ada pula masalah kekalahan Rusia di Kherson. Pasukan Rusia baru-baru ini dipukul mundur dari Kherson. Wilayah tersebut dianeksasi Rusia melalui referendum yang tidak diakui oleh PBB.

Vladimir Putin pun disebut merasa takut, dan Rusia bisa ditekan agar menyerah secara halus.

"Setelah kekalahan di Kherson, status Rusia sebagai negara besar bisa dipertanyakan," jelas Markov. "Mereka akan memberikan tekanan, dan menuntut kapitulasi halus."

Meski Presiden Putin tidak datang ke G20 Bali, pemimpin dunia seperti Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping akan hadir.


Wakil Gubernur Pengkhianat Ukraina Tewas di Kherson

Sebelumnya dilaporkan, politisi pengkhianat Ukraina yang diberi jabatan oleh Rusia dilaporkan tewas karena kecelakaan mobil. Sosok itu adalah Kirill Stremousov yang dulunya politisi Ukraina.

Stremousov mendapat jabatan wakil gubernur Kherson, wilayah Ukraina yang dianeksasi oleh Rusia secara ilegal. Pria 45 tahun itu merupakan buronan Ukraina karena mengkhianati negara.

Kabar kematian Stremousov dikonfirmasi oleh media pemerintah Rusia, TASS, Kamis (10/11). Pria itu disebut mengalami kecelakaan di jalanan.

Namun, belum diungkap secara spesifik kronologi dari kecelakaan tersebut.

Stremousov mendapatkan paspor Rusia pada 28 September 2022, beberapa hari setelah referendum Rusia di wilayah-wilayah Ukraina. Referendum itu tidak dianggap oleh PBB.

Menurut laporan CNN, Stremousov kecelakaan di Kherson. Hal itu berdasarkan pesan Telegram dari pemimpin Kherson yang diangkat Rusia.

Stremousov disebut berkhianat ke Rusia tidak lama setelah invasi dimulai. Ia aktif bersuara untuk membela kepentingan Rusia, termasuk dalam mendukung referendum yang merebut wilayah Ukraina.

Stremousov sering angkat bicara di Telegram untuk menyerang mantan negaranya. Ia berkata Ukraina adalah "Nazi" dan "fasis". Meski demikian, ia juga mengkritik komandan Rusia ketika operasi militernya dianggap tidak efektif di lapangan.

Sementara, pihak Ukraina tidak langsung percaya bahwa sang pengkhianat tewas karena kecelakaan.

"Sejauh ini kami tidak bisa mengkonfirmasi atau membantah informasi tersebut. Itu mungkin benar atau diatur," ujar Yuriy Sobolevskyi yang menjabat sebagai deputi majelis Ukraina di Kherson.


Kherson

Sosok Stremousov sebetulnya sedang disorot karena ia memperingatkan bahwa pasukan Ukraina sedang menuju Kherson. Ia menyebut semakin banyak kendaraan lapis baja yang datang.

"Banyak unit-unit perlengkapan yang dikonsentrasikan, semakin banyak lagi kendaraan lapis baja, tank, yang dibawa," ujar Kirill Stremousov.

Stremousov berkata bahwa rakyat masih bisa melakukan evakuasi.

Stremousov adalah pengkhianat dari Ukraina yang kini menjabat sebagai kepada deputi Kherson untuk Rusia. Ia diburu oleh polisi karena mengkhianati negara.

Kherson merupakan salah satu daerah yang menjadi sasaran invasi Rusia. Daerah itu lantas sempat disebut Administrasi Militer-Sipil Kherson.

Kemudian, Kherson secara resmi dianeksasi oleh Rusia melalui referendum yang tak diakui internasional. Daerah itu lantas dianggil Kherson Oblast. Oblast merupakan sebutan bagi daerah Rusia.


Lavrov Hadir di G20

Kedutaan besar Moskow di Indonesia telah mengonfirmasi bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin tidak hadir dalam acara Konferensi Tingkat Tinggi G20 atau KTT G20 yang akan berlangsung di Bali pada pekan depan. Tepatnya 15-16 November 2022.

"Saya dapat memastikan bahwa (Menlu) Sergei Lavrov akan memimpin delegasi Rusia ke G20. Program Presiden Putin masih dalam proses, ia dapat berpartisipasi secara virtual," kata Yulia Tomskaya, kepala protokol kedutaan kepada AFP Kamis 9 November 2022.

Ketidakhadiran Vladimir Putin juga ditegaskan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan.

"Putin tidak hadir, karena tadi sudah menyampaikan, dia mengirim Menteri Luar Negeri untuk datang, saya kira itu paling tinggi dan kita menghormati itu," kata Luhut Binsar Pandjaitan kepada awak media di Bali, Kamis (10/11).

Dengan kata lain, dapat dipastikan bahwa Menteri Luar Negeri (Menlu) Sergei Lavrov yang bakal hadir di KTT G20 memimpin delegasi Rusia.

Luhut mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah melakukan komunikasi yang baik. Diharapkan, komunikasi tersebut bisa menurunkan tensi Ukraina dan Rusia.

"Tapi, Presiden sudah menyampaikan beliau sudah berkomunikasi dan kita berharap komunikasi bagus itu bisa menurunkan tensi Ukraina dan Rusia," kata Luhut Binsar Pandjaitan.

KTT G20 Tanpa Putin dan Zelensky

HEADLINE: KTT G20 Bali Tanpa Putin-Zelensky, Apa Isu Besar dan Manfaat Bagi Indonesia?

Liputan6.com 2022-11-12 00:02:03
Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa Indonesia siap menerima para tamu dan menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT G20) yang akan digelar di Bali pada 15-16 November 2022

Tanpa bintang utama, Vladimir Putin dan Volodymyr Zelensky, KTT G20 Bali akan digelar pada 15-16 November 2022. Absennya Presiden Rusia dan Presiden Ukraina yang tengah berperang itu, diyakini tidak akan mempengaruhi kesuksesan KTT G20 Bali.

Pemerintah Indonesia, hingga saat ini, telah menerima konfirmasi kehadiran langsung 17 pemimpin G20 pada saat KTT. Total kehadiran para pemimpin, termasuk Presiden RI Joko Widodo, adalah 36 orang dari total 41 peserta, menurut keterangan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI.

Dari pihak negara G20, Brasil dan Meksiko telah menginformasikan Presiden mereka tidak dapat hadir. Meksiko akan diwakili Menlunya, sementara Brasil masih dilakukan komunikasi mengenai bentuk partisipasi Presiden Jair Bolsonaro yang direncanakan secara virtual.

Pada 8 November 2022, Kemlu RI telah menerima nota diplomatik dari Kedubes Rusia di Jakarta yang menyampaikan bahwa Vladimir Putin tidak dapat hadir di Bali (in person). Sedangkan dari pihak undangan, Pemerintah Fiji yang sedang menjalani pemilihan umum akan mengirimkan utusan khusus (special envoy), dan Volodymyr Zelensky juga berpartisipasi hanya secara virtual.

Menurut Kemlu RI, Kehadiran 18 pemimpin G20 --termasuk Indonesia-- ditambah 8 dari 10 negara undangan dan pemimpin 10 Organisasi Internasional, merupakan tingkat kehadiran yang sangat tinggi dan mencerminkan komitmen bersama untuk pastikan G20 tetap efektif di tengah situasi yang sangat sulit saat ini.

"Saya kira dalam posisi normal tuh biasanya 17-18 (orang). Ini posisi yang tidak normal, dunia sangat sulit, semua negara sangat sulit. Kalau kehadirannya sampai sejumlah itu saya kira sudah sangat bagus," kata Jokowi, dikutip Jumat (11/10/2022).

Senada dengan Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, Indonesia akan menjadi perhatian dunia dalam penyelenggaraan KTT G20 di Bali. Itu tidak terlepas dari performa pertumbuhan ekonomi Indonesia yang konsisten naik.

"Dari segi recognition, Indonesia akan menjadi perhatian dunia. Kita juga akan memegang keketuaan ASEAN. Jadi ini tentu akan membuat Indonesia semakin diperhitungkan," ujar Menko Airlangga melalui keterangan tertulisnya.

Optimisme juga sempat dilontarkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, yang menyebut mandat Presidensi G20 bakal mengukuhkan pengaruh Indonesia di tingkat global.

"Menurut pandangan saya, penyerahan tuan rumah G20 kepada Indonesia menyiratkan bahwa kita tengah meningkatkan pengakuan, pengaruh, dan power secara global. Mereka (negara anggota G20 lain) juga menanti peningkatan peran kita di tingkat regional maupun global," ucapnya.

Luhut bersaksi, para pemimpin dunia telah semakin mengakui posisi Indonesia, khususnya pasca berhasil mengontrol penyebaran pandemi Covid-19 yang marak terjadi di berbagai negara.

"Itu bakal mendongkrak kepercayaan diri bangsa kita bahwa kita dapat menangani masalah yang begitu kompleks melalui disiplin dan kolaborasi. Tidak ada yang tidak bisa kita selesaikan bersama," serunya.

Pakar hubungan internasional dan pendiri Synergy Policies, Dinna Prapto Raharja menilai ketidakhadiran Putin dan Zelensky ke KTT G20 menunjukkan keduanya belum siap untuk hadir di meja perundingan damai.

Padahal bila Putin dan Zelensky hadir bisa membantu mencari solusi bagi ekonomi global yang bergejolak akibat pendekatan militer dan sanksi. Presiden AS Joe Biden, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, dan Presiden China Xi Jinping pun akan hadir.

"Kalau Putin dan Zelensky datang, kita mestinya bisa mengangkat isu itu, apalagi Biden dan negara-negara Uni Eropa akan hadir. Tapi karena mereka tidak hadir, kemungkinan besar karena Putin ataupun Zelensky sama-sama belum siap masuk meja perundingan," ujar Dinna Prapto Raharja kepada Liputan6.com, Jumat (11/11/2022).

Fakta bahwa presiden Rusia dan Ukraina tak hadir menandakan pendekatan militer masih menjadi pilihan di antara kedua negara. Alhasil, perang di Eropa akan menjadi pekerjaan rumah bagi tuan rumah G20 selanjutnya.

"Masih merasa ada solusi militer buat masalah antar mereka, maka yang bisa dibahas di G20 summit lebih ke apa saja agenda-agenda yang masih perlu dibawa lagi ke forum G20 2023 saat India memegang Presidensi," jelas Dinna.

Pakar hubungan internasional Universitas Gadjah Mada (UGM) Nur Rachmat Yuliantoro mengakui bahwa kehadiran Vladimir Putin membuat KTT G20 Bali kurang optimal. Namun, ia menilai bahwa keputusan Putin bisa dilihat dari segi positifnya juga.

"Ketidakhadiran Putin membuat G20 Summit akan terkesan kurang optimal. Tetapi, mungkin hal ini yang terbaik agar event itu berjalan lancar, mengingat banyak pemimpin negara lain mengancam bahwa mereka tidak akan hadir jika Putin datang," ujar Nur Rachmat kepada Liputan6.com.

Menurut Pengamat Ekonomi dari Indonesia Strategic and Economics Action Institution Ronny P Sasmita, ketidakhadiran Putin Rusia sebetulnya tidak terlalu berpengaruh besar, asalkan kesepakatan yang dibahas tidak menyangkut hal yang krusial.

"Kalau terjadi kesepakatan di bidang-bidang krusial, tentu akan ada manfaatnya bagi Indonesia. Misalnya ada kesepakatan pengamanan supply chain pangan, meskipun ada perang, tentu akan sangat baik untuk Indonesia," kata Ronny kepada Liputan6.com.

Kemudian, sambungnya, jika ada kesepakatan soal akselerasi energi terbarukan, tentu akan baik untuk komoditas nikel Indonesia. Karena nikel menjadi salah satu bagian penting untuk pembuatan baterai mobil listrik, dan banyak lagi.

Bahkan sebelum ada kesepakatan saja, Indonesia telah menikmati manfaat dari KTT G20 ini. Kepercayaan global semakin membaik, reputasi pemerintah semakin baik, dan adanya manfaat langsung yang dirasakan di Bali dan di sektor pariwisata nasional tentunya.


Bocoran Kesepakatan Besar di KTT G20

Menjelang KTT G20, sejumlah negara maju, salah satunya Amerika Serikat dan Jepang dilaporkan akan menawarkan bantuan dana setidaknya US$ 15 miliar atau sekitar Rp 232,1 triliun untuk membantu Indonesia mentransformasi jaringan listrik yang didominasi batu bara.

Dilansir Bloomberg, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Marves Luhut Binsar Panjaitan mengonfirmasi rincian kesepakatan program pendanaan Kemitraan Transisi Energi Internasional yang Adil (Just Energy Transition Partnership atau JETP), bakal diumumkan segera pada Selasa 15 November saat KTT G20 Bali.

Kesepakatan Just Energy Transition Partnership, yang berjalan hingga setahun negosiasi, akan diumumkan setelah pembicaraan antara Presiden AS Joe Biden dan Presiden Jokowi.

Kesepakatan tersebut akan memungkinkan Indonesia untuk mempercepat upaya mengurangi pembangkit listrik batu bara, juga membatasi pipa proyek pembangkit listrik batu bara, faktor-faktor yang saat ini menghambat pengembangan energi terbarukan.

Tak hanya Menko Luhut, Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati juga mengisyaratkan kesepakatan pembiayaan JETP akan diumumkan pekan depan. "Saya berharap jumlahnya akan cukup besar untuk menciptakan kepercayaan dalam hal memberikan transisi energi," katanya, di sela-sela Forum CEO Bloomberg di Bali.

Sementara itu, juru bicara Departemen Keuangan AS masih enggan mengomentari kabar rampungnya kesepakatan JETP, juga Kementerian luar negeri Jepang dan perwakilan dari Kementerian Keuangan yang belum menanggapi permintaan komentar.

Dalam sebuah wawancara pada September 2022, Menteri BUMN Erick Thohir megungkapkan bahwa Indonesia, yang merupakan negara ekonomi terbesar di Asia Tenggara akan membutuhkan biaya sekitar US$ 600 miliar untuk menghentikan pembangkitan batu bara.

Sejauh ini, belum diketahui jelas berapa banyak pembangkit batu bara yang ada yang akan ditutup PLN lebih awal menyusul kesepakatan JETP, meskipun eksekutif perusahaan sebelumnya telah mengidentifikasi 6,7 gigawatt untuk kemungkinan pemangkasan.


Prioritas Utama KTT G20 Bali

Dalam Presidensi G20, Indonesia mengusung semangat pulih bersama dengan tema "Recover Together, Recover Stronger".

Tema ini diangkat Indonesia dengan menimbang dunia yang masih dalam tekanan akibat pandemi COVID-19, memerlukan suatu upaya bersama dan inklusif dalam mencari jalan keluar atau solusi pemulihan dunia.

Untuk itu, ada tiga prioritas utama KTT G20 yang digelar di Bali pada 15-16 November 2022, seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia:

1.Penguatan Arsitektur Kesehatan Global

Berkaca dari pandemi yang saat ini masih berlangsung, arsitektur kesehatan global akan diperkuat. Tidak hanya untuk menanggulangi pandemi saat ini, namun juga untuk mempersiapkan dunia agar dapat memiliki daya tanggap dan kapasitas yang lebih baik dalam menghadapi krisis kesehatan lain ke depannya.

2. Transformasi Digital

Transformasi digital merupakan salah satu solusi utama dalam menggerakkan perekonomian di kala pandemi, dan telah menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi yang baru. Untuk itu, Presidensi Indonesia akan berfokus kepada peningkatan kemampuan digital (digital skills) dan literasi digital (digital literacy) guna memastikan transformasi digital yang inklusif dan dinikmati seluruh negara.

3. Transisi Energi

Guna memastikan masa depan yang berkelanjutan dan hijau dan menangani perubahan iklim secara nyata, Presidensi Indonesia mendorong transisi energi menuju energi baru dan terbarukan dengan mengedepankan keamanan energi, aksesibilitas dan keterjangkauan.

Di dalam G20 juga terdapat dua pilar pembahasan, yaitu pilar keuangan yang disebut Finance Track; yang kedua adalah pilar Sherpa Track yang membahas isu-isu ekonomi dan pembangunan nonkeuangan. Setiap pilar dimaksud memiliki kelompok kerja yang disebut Working Groups.

Selain kedua track di atas, juga terdapat Engagement Groups, yaitu 10 kelompok komunitas berbagai kalangan profesional, yang mengangkat berbagai topik pembahasan.

Setiap kelompok Engagement Groupmemiliki peran penting bagi pemulihan global, terutama melalui gagasan konkret dan rekomendasi kebijakan yang tepat sasaran untuk para pemimpin G20.

Presidensi G20 Indonesia menjadwalkan lebih dari 180 rangkaian kegiatan utama, termasuk Pertemuan Engagement Groups, Pertemuan Working Groups, Pertemuan Tingkat Deputies/Sherpa, Pertemuan Tingkat Menteri, hingga Pertemuan Tingkat Kepala Negara (KTT) di Bali.

Rangkaian kegiatan Presidensi Indonesia akan tersebar di lebih dari 20 kota di Indonesia. Adapun 1st Sherpa Meeting di Jakarta pada tanggal 7-8 Desember 2021 menjadi pertemuan perdana pada Presidensi G20 Indonesia.


Manfaat dan Keuntungan KTT G20 untuk Indonesia

Dengan berbagai kegiatan G20 sepanjang tahun, terdapat banyak manfaat strategis dari Presidensi G20. Potensi ini dapat diukur dari aspek ekonomi, politik luar negeri, maupun pembangunan sosial, seperti dilansir laman Kemlu Indonesia.

Pertama, diharapkan Presidensi G20 berdampak langsung bagi perekonomian, melalui peningkatan penerimaan devisa negara. Lebih dari 20 ribu delegasi internasional diperkirakan akan hadir kepada pertemuan yang akan diselenggarakan di berbagai daerah di Indonesia.

Pengalaman sebelumnya pada Presidensi Turki, Argentina, Tiongkok, dan Jepang menunjukkan adanya dampak positif ke dalam negeri. Tercatat jumlah kunjungan delegasi internasional mencapai lebih dari 13 ribu. Diperkirakan juga bahwa setiap KTT G20 menghasilkan pemasukan lebih dari $100 juta atau Rp 1,4 Triliun kepada host country.

Kedua, di bidang politik, sebagai Ketua G20, Indonesia dapat mendorong kerja sama dan menginisiasi hasil konkret pada ketiga sektor prioritas, yang strategis bagi pemulihan.

Ini adalah momentum bagi Indonesia untuk memperoleh kredibilitas atau kepercayaan dunia, dalam memimpin pemulihan global. Dalam diplomasi dan politik luar negeri, kredibilitas adalah modal yang sangat berharga.

Ketiga, di bidang pembangunan ekonomi dan sosial berkelanjutan. Presidensi G20 menjadi momentum untuk tunjukkan bahwa 'Indonesia is open for business'. Akan terdapat berbagai showcase atau event yang menampilkan kemajuan pembangunan Indonesia, dan potensi investasi di Indonesia.

Diharapkan hal ini berpeluang menciptakan multiplier effect bagi perekonomian daerah karena berkontribusi bagi sektor pariwisata, akodomasi (perhotelan), transportasi, dan ekonomi kreatif, serta UMKM lokal.

Peneliti Center of Food, Energi, and Sustainable Development Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Dhenny Yuartha mengatakan, momentum Presidensi G20 Indonesia bisa mejadi jembatan perdamaian dan meredam konflik antara Rusia dan Ukraina sehingga dapat memperlancar rantai pasok global. Alhasil, kenaikan harga komoditas global seperti minyak mentah bisa ditekan.

"Kalau pertemuan G20 diarahkan untuk memberikan jembatan perdamaian itu, maka sepertinya kenaikan harga minyak dunia juga bisa ditekan," ujar Dhenny dalam keterangannya.

Denny menambahkan, Presidensi G20 juga bisa diarahkan untuk membujuk negara-negara produsen minyak global yang tergabung dalam Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) supaya dapat meningkatkan produksinya.

Manfaat lainnya dengan menjadi Presidensi G-20 bagi Indonesia menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani adalah dapat membangkitkan pengembangan infrastruktur berkelanjutan pasca-pandemi.

Hal ini Ia sampaikan saat menjadi pembicara utama dalam sesi Keynote Dialogue rangkaian kegiatan Special Event Toward G20 Summit dengan tema "Infrastructure Development Through Innovation and Collaborative Financing: Toward Greater Inclusivity and Productivity" yang diadakan di The Convene, Washington DC, Amerika Serikat, pada hari Senin dan Selasa, 10-11 Oktober 2022.

Pakai Dukun demi Tampil di Piala Dunia

Senegal Pakai Dukun Agar Sadio Mane Bisa Tampil di Piala Dunia 2022

Liputan6.com 2022-11-11 14:00:09
Sadio Mane berhasil membantu Timnas Senegal menjuarai Piala Afrika 2021, setelah mengalahkan Mesir pada laga final. (AFP/CHARLY TRIBALLEAU)

Senegal tak henti berupaya agar penyerang andalannya, Sadio Mane pulih dan dapat tampil di Piala Dunia 2022 yang tinggal menghitung hari. Dalam keadaan putus asa, mereka memutuskan akan menggunakan dukun bagi kesembuhannya.

Mane mengalami cedera saat memperkuat Bayern Munchen menghadapi Werder Bremen pada pekan ke-14 Liga Jerman di Allianz Arena, 9 November 2022.

Dalam pertandingan itu Mane harus ditarik keluar dan digantikan Leroy Sane pada menit ke-20. Dikutip dari media Prancis L'Equipe, cedera Mane tidak saja jadi pukulan bagi Bayern, tetapi juga timnas Senegal.

Cedera tendon mantan pemain Liverpool itu akan membuatnya absen dalam beberapa pekan. Hal itu membuat pemain 30 tahun tersebut bisa tidak memperkuat skuad Lions of Teranga di Piala Dunia 2022.

Pada Piala 2018 Mane tampil dalam tiga pertandingan bersama Senegal dengan mencetak satu gol saat membobol gawang Jepang.

Presiden Senegal Macky Sall pada mencuit melalui Twitter, "Sadio saya berharap Anda cepat pulih." Agustin Senghor, presiden federasi sepak bola Senegal, juga sempat mengatakan khawatir dengan kondisi cedera Mane. "Kami sungguh khawatir sejak kami menerima kabar itu," katanya.

Penggunaan dukun itu disampaikan oleh Sekjen FIFA, Fatma Samoura yang berasal dari Senegal. Keputusasaan atas kemungkinan tidak adanya Mane sedemikian rupa sehingga mereka akan menggunakan metode yang tidak konvensional.

"Kami akan menggunakan dukun. Saya tidak tahu [apakah itu efektif), tetapi kami akan tetap menggunakannya," kata Samoura kepada radio Europe 1.

"Mudah-mudahan akan ada keajaiban. Dia harus ada di sana."

Diperkirakan pelatih Senengal, Aliou Cisse tetap akan memasukkan Mane skuad Senegal untuk Piala Dunia.

Dilansir Daily Mail, sebuah sumber dalam federasi sepakbola negara itu mengatakan dengan kekhawatiran dia awalnya akan melewatkan turnamen.


Sangat Penting

"Satu hal yang pasti, Sadio Mane akan masuk daftar besok," kata sumber tersebut.

Mane merupakan pemain yang sangat penting bagi Senegal dan Bayern Munchen. Ia menempati posisi kedua dalam pemungutan suara Ballon d'Or tahun 2022 ini di belakang Benzema.

Mane didiagnosis mengalami cedera pada fibula kanannya. Bayern mengatakan dia akan menjalani tes lebih lanjut dalam beberapa hari mendatang.

Menurut sumber itu, Mane 'tetap tenang, dia profesional, dia tahu bahwa cedera adalah bagian dari pekerjaan.'

Dokter tim Senegal, Manuel Afonso, telah terbang ke Munich untuk menilai sejauh mana cedera Mane.

Tapi Senegal berharap jimat mereka akan fit pada waktunya untuk pertandingan pembukaan turnamen pada 21 November melawan Belanda. Skuad resmi mereka akan diumumkan pada Jumat pagi.

The Lions of Teranga juga akan menghadapi tuan rumah Qatar dan Ekuador di Grup A.

Jika penyerang Bayern Munich dibawa ke Piala Dunia, dia akan tiba dengan sedikit latihan dan mungkin dalam kondisi fisik yang buruk.

Ini adalah situasi yang sulit bagi Sadio Mane, yang harus memutuskan apakah akan bergegas kembali untuk penampilan turnamen bersejarah dengan imbalan mengorbankan kesehatan fisiknya di akhir karirnya.


Socrates Award

Meski gagal meraih penghargaan Ballon d'Or, Mane, berhasil mendapatkan Socrates Award. Pemain terbaik Afrika selama dua kali itu dinilai layak menerima penghargaan itu karena aktivitas sosial dan kemanusiaannya.

Penyelenggaran Ballon d'Or memunculkan Socrates Award untuk mengakui pencapaian pemain sepak bola di luar lapangan.

Socrates Award baru diadakan tahun 2022 ini, dan Mane menjadi orang pertama yang menerimanya.

Nama Socrates Award diambil dari pemain legendaris asal Brasil, Socrates Brasileiro Sampaio de Souza. Dia terkenal karena kerja kemanusiaan selama hidupnya.

Socrates juga dikenal sebagai sosok yang ikut mendirikan gerakan Demokrasi Korintus untuk menentang pemerintah militer di Brasil pada 1980-an.

Sadio Mane dianggap layak menjadi orang pertama yang menerima Socrates Award karena selama ini ia banyak berkontribusi untuk kegiatan amal di Senegal.


Lebih Baik

Mane dibesarkan di sebuah desa kecil bernama Bambali. Setelah sukses menjadi pesepak bola, dia berupaya membantu warga di sana dalam beberapa tahun terakhir.

Dilansir dari Daily Mail, Mane menyumbangkan 445.000 poundsterling untuk membangun rumah sakit di desa Bambali.

Pemain itu juga menyumbangkan uang untuk sekolah menengah, ditambah memberikan laptop gratis dan uang kepada siswa berprestasi di SMA Bambali.

Pemain berusia 30 tahun itu telah menyisihkan uang untuk membangun pompa bensin dan kantor pos.

Dia juga menyumbangkan 41.000 poundsterling kepada Komite Nasional Senegal ketika pandemi Covid-19 melanda pada 2020.

Tidak sampai di situ saja, ketika masih memperkuat Liverpool, Mane juga membagikan 300 jersei Liverpool gratis kepada orang-orang di desanya untuk dipakai menjelang final Liga Champions 2018 melawan Real Madrid.

"Saya sangat senang menjadi tamu malam ini. Terkadang saya agak malu, tapi saya sangat senang melakukan apa yang bisa saya lakukan untuk orang-orang dan membuat segalanya lebih baik," kata Mane, setelah menerima penghargaan Socrates Award Selasa (18/10/2022).

Mane dipanggil ke atas panggung oleh Didier Drogba, yang merupakan salah satu presenter penghargaan pada malam itu.

Mantan striker Chelsea itu juga telah dipuji selama bertahun-tahun atas pekerjaannya membantu anak-anak yang kurang beruntung di Pantai Gading.

Kendati gagal menjadi pemain terbaik dunia 2022, namun Mane telah menunjukkan kepada dunia pentingnya kerja kemanusiaan.

Mane dikenal dunia tidak hanya sekadar sebagai pemain bintang namun pemain yang mempunyai jiwa lapang.

Musim lalu, Mane tampil cukup menawan baik di level klub maupun tim nasional. Saat masih memperkuat Liverpool ia memenangkan Piala Carabao dan Piala FA.

Sementara di tim nasional, Mane berhasil mengantarkan Senegal menjadi juara Piala Afrika. ***

Polisi Tercantik Tak Mau Jadi Influencer

Sosok Perempuan Berjuluk Polisi Tercantik, Tak Minat Ganti Profesi Jadi Influencer

Liputan6.com 2022-11-11 10:00:00
Diana Ramirez, polisi Kolombia yang dikenal karena kecantikannya. (Dok. Instagram @dianelly_17/ https://www.instagram.com/p/CkluJnvuOam/?hl=en/ Gabriella Ajeng Larasati)

Sosok Diana Ramirez menjadi buah bibir di media sosial. Perempuan asal Kolombia ini dipuji sebagai polisi tercantik di dunia oleh para penggemarnya di media sosial yang datang tak hanya dari dalam negeri, tetapi juga mancanegara.

Dikutip dari NY Post, Kamis, 10 November 2022, ia menganggap karirnya sebagai polisi sebagai sebuah kehormatan. Itu karena ia dapat melayani dan melindungi rakyat. Ramirez mengatakan bahwa ia tidak akan keluar dari pekerjaannya untuk menjadi model atau influencer.

Dia bertugas untuk berpatroli di jalan-jalan Kota Medellin. Kota tersebut pernah dianggap sebagai kota paling berbahaya di dunia.

"Jika saya memiliki kesempatan untuk memilih karir lagi, saya tidak akan ragu untuk menjadi polisi lagi, karena berkat institusi ini, saya menjadi saya yang sekarang," ujar Ramirez.

"Saya berutang segalanya kepada Kepolisian Kolombia karena telah menjadikan saya menjadi polisi profesional dan wanita seperti sekarang ini," tambah wanita berambut coklat ini.

Keputusan Ramirez untuk tidak berhenti menangkap penjahat dan tidak mengubah dirinya menjadi seorang influencer sepenuhnya mengundang banyak pengikut di Instagram. Mayoritas terpikat pada kecantikannya, baik dalam balutan seragam polisi maupun dalam busana santai sehari-hari.

Sejauh ini pengikutnya di Instagram mencapai 392 ribu akun. Ia pun dinominasikan sebagai Polisi atau Militer Influencer Terbaik Tahun Ini di Instafest Awards, yang bertujuan untuk mengenali para profesional yang membuat konten digital yang menjangkau khalayak luas.

"Bagi saya, merupakan suatu kehormatan untuk mewakili kepolisian dengan nominasi ini," ucap Ramirez. "Saya merasa sangat senang karena media sosial menunjukkan kerja dan dedikasi semua orang yang bekerja setiap hari dan berkontribusi untuk membangun negara yang lebih baik."


Kunci Kecantikan

Masing-masing foto yang diunggah oleh wanita itu dibanjiri komentar yang didominasi oleh para pria. Mereka mengungkapkan kekaguman kepada Ramirez yang sedang berpose menodongkan senjata.

"Polisi paling cantik di dunia ini," tulis salah seorang warganet.

"Wow luar biasa cantik, aku mencintainya!" tulis warganet lainnya.

"Riasan dan gaya rambut yang sangat sempurna, senyuman yang indah, luar biasa dan pakaian yang sangat imut!" puji salah seorang warganet.

Tidak hanya parasnya yang cantik yang membuatnya dikagumi orang lain. Fakta bahwa ia bersedia untuk mempertaruhkan nyawa demi melindungi sesama rakyat juga menjadi poin penting. Salah seorang penggemarnya mendeskripsikan daya tarik Ramirez dalam tiga hal, yaitu berdedikasi, efektif, penuh semangat, dan cantik.

Ramirez juga tak segan mengajak pengikutnya memperhatikan kesehatan dirinya. Pada salah satu unggahannya, ia menuliskan keterangan 'Make your well-being a priority (Jadikan kesehatan sebagai prioritas)'. Ia pun membuktikannya dengan menjaga kesehatannya dengan baik.


Ratu Kecantikan Ukraina

Di tempat terpisah, tidak hanya Ramirez yang terjun ke bidang yang didominasi laki-laki. Anastasiia Lenna juga ambil bagian dalam upaya Ukraina melawan invasi Rusia dengan mempersenjatai dirinya

Dikutip dari Independent, Senin, 28 Februari 2022, Lenna adalah wakil Ukraina pada 2015 dalam kontes kecantikan Miss Grand International. Melalui akun Instagram pribadi pada Minggu, 27 Februari 2022, menguggah video tengah menembakkan senapan ke sasaran dalam jarak tembak. Model sekaligus pembawa acara televisi yang berbasis di Kiev ini juga membagikan video lain di Instagram Story.

"Latihan. Penjajah akan mati di tanah kita! Semua dunia melihat ini! Tunggu dan lihat apa yang akan terjadi," tulisnya dalam unggahan.

"Siapa pun yang ingin bergabung dengan pertahanan keamanan di Eropa, dunia dapat datang dan berdiri berdampingan dengan Ukraina melawan penjajah abad ke-2. Tanyakan pada kedutaan Anda," tambahnya.

Sebelumnya, ratu kecantikan ini juga membagikan potret dirinya tengah berbalut perlengkapan tempur. Lenna juga tampak memegang senjata api besar.


Polisi Dilarang Pamer Kemewahan

Dari dalam negeri, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Listyo Sigit Prabowo, beberapa waktu lalu mengatakan agar para anggota polisi untuk menahan diri dalam gaya hidup yang hedonis. Seruan itu diarahkan pada para anggotanya yang kerap kali mempertontonkan gaya hidup mewah, termasuk dengan memamerkan koleksi kendaraan mewah mereka di media sosial.

Adapun beberapa kendaraan mewah yang sering digunakan adalah mobil-mobil yang masuk dalam kategori luxury cars. Sebut saja SUV mewah asal Jepang, Lexus LX-507, Toyota Alphard, motor Harley-Davidson, sampai mobil-mobil supercar seperti Ferrari dan Lamborghini juga ikut menjadi koleksi dari para anggota kepolisian.

"Pak Presiden juga sudah betul-betul memberikan penjelasan secara gamblang. Saya kira masalah kebiasaan-kebiasaan menggunakan mobil-mobil bagus, motor gede, situasinya lagi tidak baik," ujar Listyo Sigit, dalam akun Instagram resmi miliknya, Oktober 2022.

Jenderal bintang empat itu juga menambahkan bahwa penggunaan kendaraan mewah harus lebih diperhatikan lagi. Ia berharap ada kesetaraan dan tidak ada kemewahan yang dipertontonkan ke hadapan masyarakat di tengah berbagai masalah yang membelit Polri saat ini.

Ia juga menyebut bahwa bila diperlukan, anggota polisi juga menggunakan mobil yang tidak begitu mewah dalam pelaksanaan tugas. Salah satunya adalah menggunakan MPV keluarga yang dirasa masih bisa mengakomodasi kebutuhan saat bekerja.

Karyawan Twitter Dilarang WFH

Elon Musk Larang Karyawan Twitter WFH, Ini Alasannya

Liputan6.com 2022-11-11 16:30:31
Elon Musk. (AP Photo/Susan Walsh, File)

Elon Musk melarang karyawan Twitter melakukan work from home (WFH) atau bekerja dari jarak jauh. Ia menegaskan karyawan harus menghabiskan 40 jam seminggu di kantor, kecuali jika ada izin dari manajemen.

Menurut laporan Bloomberg, dikutip dari Engadget, Kamis (11/11/2022), Elon Musk mengatakan kepada para karyawan bahwa mereka perlu mempersiapkan "masa-masa sulit di masa depan" untuk bisnis yang bergantung pada iklan seperti Twitter.

Elon Musk ingin strategi biaya berlangganan menyumbang setengah dari pendapatan perusahaan. Demikian komunikasi resmi Musk, sejak dirinya membeli Twitter.

Sebelumnya, Twitter mengharuskan karyawan kerja jarak jauh selama pandemi, memungkinkan banyak karyawan bekerja dari rumah.

Saat ini perusahaan memberlakukan hari istirahat tambahan reguler untuk karyawan dan inisiatif lain yang telah dipotong Musk, di mana perubahan haluan Twitter akan membutuhkan 'kerja yang intens'.

Perusahaan di bawah Elon Musk lainnya, SpaceX dan Tesla, juga mewajibkan karyawan bekerja di kantor, kecuali manajemen secara khusus menyetujuinya.

Ketika Musk menulis surat kepada kedua kelompok pekerja, dia mengatakan bahwa visibilitas adalah kunci untuk kepemimpinan senior, yang harus terlihat bekerja bersama bawahan mereka.

"Perjalanan ke depan akan sulit dan membutuhkan kerja keras untuk bisa sukses. Beberapa hari ke depan, prioritas utamanya adalah menemukan dan memblokir bot/troll/spam yang terverifikasi," tulisnya.


Bikin Kaget, Simak Isi Email Pertama Elon Musk ke Karyawan Twitter

sebuah email pertama dari pemilik baru Twitter, Elon Musk menjadi sorotan berbagai media lokal maupun internasional.

Seperti diketahui, bos Tesla yakni Elon Musk beberapa pekan lalu telah menyelesaikan pembelian raksasa media sosial Twitter senilai USD 44 juta. Pembelian itu disusun dengan serangkaian perubahan pada jajaran eksekutif hingga pemangkasan karyawan.

Dilansir dari CNBC Internasional, Jumat (11/11/2022) dalam email pertamanya kepada seluruh jajaran karyawan Twitter, Elon Musk mengatakan dia mengakhiri kebijakan bekerja dari rumah untuk selamanya.

Menurut sebuah pesan email yang diperoleh CNBC, Musk ingin karyawan berada di kantor Twitter setidaknya 40 jam seminggu, dan berencana untuk secara pribadi menyetujui pengaturan alternatif apa pun.

Dia juga mengungkapkan kepada karyawan bahwa perusahaan mungkin tidak dapat bertahan dari penurunan ekonomi tanpa pendapatan langganan yang signifikan.

Elon Musk ingin mengalihkan bisnis Twitter sehingga menghasilkan setidaknya setengah dari pendapatannya dari langganan, dan dapat menjadi kurang bergantung pada iklan.

Namun sang miliarder juga mengatakan, bahwa dia masih mengantisipasi Twitter akan menghasilkan pendapatan yang signifikan dari pengiklan.

Kebijakan kembali ke kantor Musk untuk Twitter mencerminkan kebijakan yang ia terapkan di pembuat kendaraan listriknya, Tesla, awal tahun ini. Pada 31 Mei, dia memberi tahu Tesla karyawan bahwa mereka harus kembali ke kantor setidaknya 40 jam seminggu atau mengundurkan diri.

Berikut adalah isi email pertama dari Elon Musk kepada karyawan Twitter:


Email Pertama Elon Musk pada Karyawan Twitter

Dari: Elon Musk (email dihapus)

Tanggal: 9 Nov 2022 (cap waktu dihapus)

Kepada: Tim

Maaf ini adalah email pertama saya ke seluruh perusahaan tetapi tidak ada cara untuk menutupi pesan tersebut.

Terus terang, gambaran ekonomi ke depan sangat buruk terutama untuk perusahaan seperti kita yang sangat bergantung pada periklanan dalam iklim ekonomi yang menantang. Selain itu, 70 persen dari iklan kami adalah merek, bukan kinerja spesifik, yang membuat kami sangat rentan!

Itulah mengapa prioritas selama sepuluh hari terakhir adalah mengembangkan dan meluncurkan langganan Terverifikasi Twitter Blue (alat peraga besar untuk tim!).

Tanpa pendapatan berlangganan yang signifikan, ada kemungkinan besar Twitter tidak akan bertahan dari penurunan ekonomi yang akan datang. Kami membutuhkan sekitar setengah dari pendapatan kami untuk berlangganan.

Tentu saja, kami masih akan sangat bergantung pada iklan, jadi saya menghabiskan waktu dengan tim penjualan dan kemitraan kami untuk memastikan bahwa Twitter terus menarik bagi pengiklan.

Ini adalah diskusi Spaces yang saya selenggarakan oleh Robin, Yoel, dan saya hari ini: (Tautan ke T&J Elon: Iklan & Masa Depan dihapus)

Jalan ke depannya akan sulit dan akan membutuhkan kerja keras. Kami juga mengubah kebijakan Twitter sehingga pekerjaan jarak jauh tidak lagi diizinkan kecuali Anda memiliki pengecualian khusus. Manajer akan mengirimkan daftar pengecualian kepada saya untuk ditinjau dan disetujui.

Mulai besok (Kamis), setiap orang wajib berada di kantor minimal 40 jam per minggu. Jelas, jika Anda secara fisik tidak dapat melakukan perjalanan ke kantor atau memiliki kewajiban pribadi yang penting, maka ketidakhadiran Anda dapat dimengerti.

Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk membawa Twitter ke tingkat yang sama sekali baru. Potensinya benar-benar luar biasa!

Terima kasih,

Elon


Infografis Waspada Penipuan Online Shop via Medsos. (Liputan6.com/Abdillah)

 

2 Maskapai RI di Daftar Terburuk Dunia

Daftar 10 Maskapai Terburuk di Dunia, Nomor 1 dan 2 dari Indonesia

Liputan6.com 2022-11-11 10:45:39
Ilustrasi Pesawat Lion Air (ROSLAN RAHMAN / AFP)

platform layanan travel Bounce mengeluarkan laporan berdasarkan survei mengenai maskapai dengan layanan terbutuk di dunia. Lion Air memasuki daftar maskapai internasional terburuk di dunia untuk pengalaman penerbangan.

Daftar itu dibuat berdasarkan survei yang dilakukan oleh platform layanan travel Bounce, yang menganalisis maskapai penerbangan dari berbagai negara di dunia.

Peringkat tersebut dipertimbangkan dari faktor-faktor seperti kedatangan tepat waktu, catatan pembatalan, peringkat pelanggan, dan penawaran bagasi gratis.

Dilansir dari laman resmi Bounce, Jumat (11/11/2022) Lion Air berada di peringkat maskapai internasional terburuk dengan skor 0,72. Maskapai yang merupakan anggota dari Lion Air Group itu tercatat memiliki tingkat pembatalan 34,43 persen.

Selain itu, tingkat kedatangan tepat waktu hanya 42,27 persen. Artinya, maskapai dengan logo singa merah ini sering terlambat. Hal ini menunjukkan bahwa selama setahun terakhir, sepertiga penerbangan Lion Air dibatalkan.

Adapun penilaian layanan makanan dan hiburan dalam penerbangan Lion Air hanya 1/5, sedangkan kenyamanan kursi dan layanan pelanggan 2/5.

Wings Air juga masuk dalam daftar dengan peringkat terburuk di dunia. Maskapai yang juga dijalankan Lion Air Group itu berada di urutan kedua, setelah Lion Air dengan skor 1,11.

Maskapai ini menempati urutan kedua berdasarkan statistik kedatangan dan pembatalan serta ketepatan waktu, masing-masing 49,78 perse dan 20,63 persen.

Selain itu, Wings Air hanya mendapatkan penilaian 2/5 untuk layanan personel dan kenyamanan kursi dan nilai 1/5 untuk makanan dan hiburan.

Selanjutnya ada Flydubai yang menempati peringkat ketiga untuk maskapai dengan penerbangan terburuk, tercatat memiliki skor 1,18.

Flydubai mendapat nilai 2/5 untuk makanan, hiburan dalam pesawat, kenyamanan kursi, dan layanan pada penumpang.


Daftar Maskapai Terburuk di Dunia Lainnya

AirAsia India berada di urutan keempat dalam daftar maskapai internasional terburuk.

Dengan skor maskapai 1.34, Bounce menilai AirAsia India memiliki ketepatan waktu hanya 74.47 persen dan 13,50 persen pembatalan penerbangan. Selanjutnya ada Shenzhen Airlines yang berada di urutan kelima dengan ketepatan waktu yang hanya 67.10 persen, dan 14,72 persen pembatalan.

Urutan itu diikuti oleh VivaAerobus di urutan keenam, dan Wizz Air di urutan ketujuh yang memiliki ketepatan waktu masing-masing 76,44 persen dan 84.47 persen.

AirAsia berada di urutan kedelapan dalam daftar maskapai internasional terburuk, kemudian diikuti Ryanair di urutan kesembilan.

Kedua maskapai tersebut masing-masing mendapat skor hanya 2,06, dan tercatat memiliki 1,95 persen dan 0,42 persen pembatalan.

Volaris berada di urutan kesepuluh maskapai internasional internasional terburuk, skor 2,15.


Deretan Artis yang Pernah Dikecewakan Layanan Lion Air Group, Ari Lasso hingga Yura Yunita

Beberapa artis atau pesohor di Indonesia sempat dikecewakan dengan pelayanan yang diberikan oleh Lion Air Group baik itu maskapai Lion Air maupun Batik Air. Mereka adalah Ari Lasso, Aviwkila hingga Yura Yunita.

Belum lama ini penyanyi senior Ari Lasso membagikan pengalaman yang kurang menyenangkan. Yakni, ditinggal pesawat Batik Air yang merupakan anggota Lion Air Gorup. Mantan penyanyi band Dewa 19 ini ditinggal untuk penerbangan dari Singapura ke Indonesia.

Pengalaman itu dibagikan Ari Lasso melalui akun Instagram pribadinya. Setidaknya, ada 7 unggahan yang membahas soal keluhannya terhadap Batik Air. Kebanyakan unggahan itu berupa video singkat.

Awalnya, dia menceritakan ketika dia ditinggal oleh pesawat di bandara Singapura. Ari Lasso memperlihatkan sebuah tiket pesawat sambil dia menceritakan kronologinya.

Ari Lasso dan timnya, dengan total 3 orang dijadwalkan berangkat pukul 17.35 waktu setempat. Di hari yang sama, pagi hari, dia mendapat pesan singkat kalau penerbangan dialihkan ke pukul 19.35 waktu setempat.

"Halo teman-teman di Batik Air, di Lion Group,, saya ditinggal pesawat anda di Singapura. Saya beli bisnis, ini 17.35 ya, (nomor penerbangan) ID 7150. Tapi kemudian mendapat WA di pagi hari, bahwa pesawat saya dirubah menjadi 19.35," kata dia, seperti ditulis pada Minggu (30/10/2022).

"Ketika saya di depan gate saya masuk gate dirumah gate-nya, Dibilang, "this is not your flight", saya pindah ke gate satunya, "ur flight is already fly"," bebernya mengisahkan.

Ari Lasso menyayangkan hal tersebut. Ia mengaku memiliki hubungan baik, karena pernah tampil di acara maskapai tersebut. Dia pun meminta adanya pertanggungjawaban dari Batik Air.


Permohonan Maaf Manajemen

Maskapai Batik Air buka suara. Maskapai anggota Lion Air Group memberikan klarifikasi atau penjelasan penanganan operasional dan layanan tamu (penumpang) berjadwal internasional bernomor ID-7150 rute Bandar Udara Internasional Changi, Singapura (SIN) tujuan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten (CGK) pada Rabu, 19 Oktober 2022.

"Menanggapi keluhan dari salah satu penumpang atas nama Lasso, Ari Bernadus dan perkembangan berita bahwa penerbangan ID-7150 mengalami penyesuaian jadwal keberangkatan menjadi pukul 19.35 (GMT+ 08) dari Singapura dikarenakan alasan operasional yaitu dampak dari cuaca kurang baik (bad weather) pada rotasi (pergerakan pesawat) rute sebelumnya," jelas Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangannya.

Dia menjelaskan akibat dari kondisi yang ada maka pada 18.55, Batik Air penerbangan ID-7150 akhirnya diberangkatkan menuju Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta dari Singapura.

Danang menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul oleh Batik Air. Sebagai salah satu upaya bentuk pelayanan Batik Air, rencana perjalanan (tiket pesawat) berupa pemindahan penerbangan berikutnya menggunakan nomor penerbangan ID-7152 Singapura -- Jakarta pada Kamis, 20 Oktober 2022.

"Batik Air saat ini masih melakukan proses investigasi di internal mengenai kejadian dimaksud. Hasil penyelidikan berupa rekomendasi atau referensi yang diperoleh akan dipergunakan (implementasikan)dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada tamu," jelas dia.


Aviwkila Diminta Turun Pesawat

Selanjutnya, keluhan kepada Lion Air datang dari pasangan penyanyi Aviwkila. Melalui akun Instagram pribadinya, Aviwkila menyampaikan keluhannya saat menggunakan Lion Air untuk rute Surabaya-Palu dengan transit di Makassar.

Bukan ditinggal pesawat seperti Ari Lasso beberapa waktu lalu, Aviwkila malah diminta turun dari pesawat setelah 10 menit berada di dalamnya.

Aviwkila yang merupakan pasangan suami istri Thana Ajeng dan Uki Diqie ini pun mengisahkan kronologinya. Thana Ajeng dan Uki Diqie bersama dua anaknya memilih penerbangan paling pagi dari Surabaya.

Pesawat Lion Air dijadwalkan terbang pukul 05.00 WIB pagi. Sementara, disebut kalau penumpang sudah dipersilakan masuk ke pesawat sejak 4.30 WIB pagi. Termasuk keluarga Aviwkila yang kemudian duduk di bangkunya masing-masing di dalam pesawat.

Sayangnya, ada pemberitahuan kalau pesawat tersebut urung berangkat sesuai jadwal. Bahkan, penerbangan diatur ulang ke pukul 06.00 WIB, satu jam lebih lambat dari jadwal semula.

"Jam terbang harusnya jam 5 terus tadi setengah 5 kita sudah dipersilakan masuk dalam pesawat, naik semua lengkap sama nada sama nura sudah duduk semua," tuturnya seperti dikutip Sabtu (29/10/2022).

"10 menitan tiba-tiba ada annoucement kalau penerbangannya di delay ke jam 6, tapi dalam posisi kita di dalam pesawat dan dipersilakan turun lagi," tambahnya.

Dia tak menerangkan lebih jauh soal detail penerbangan yang diambilnya. Dia memilih menerima hal tersebut, meski disampaikan dengan nada yang seakan kecewa.

Menurut pantauan, keluarga Aviwkila akhirnya bisa sampai di Palu beberapa jam lalu. Kabar itu disampaikan melalui unggahan Instastory di akun yang sama.


Penerbangan Yura Yunita Dibatalkan

Penyanyi berbakat Yura Yunita pun juga mengalami kejadian serupa Ari Lasso. Kejadian tidak menyenangkan itu kemudian diceritakan Yura Yunita melalui unggahan di Instagram Story-nya yang juga diunggah ke Twitter pada Jumat (21/20/2022).

Yura Yunita semula dijadwalkan terbang dengan Batik Air pukul 8.30 WIB. Tiba-tiba, jadwal penerbangannya itu beberapa kali mengalami perubahan.

Hingga akhirnya Yura Yunita mendapati bahwa penerbangannya dibatalkan karena suatu alasan.

Dari situ, Yura Yunita melalui manajernya melakukan protes.

"Cerita bersama @batikair hari ini Book Flight 8.30 Tiba tiba Dipindah Jam 7.00 Tiba tiba Dipindah lagi 12.3011.00 Mau chek in dibilang "ini cancel ya gak bisa terbang" karena harusnya seat yang bisnis ikut flight jam 8.30 (ya kaget dong, gak di info, Pak Tintus managerku protes dong)," tulis Yura Yunita.

Meski tiba di Bali dalam waktu yang sangat dekat dengan jadwal manggungnya, nyatanya Yura Yunita tetap profesional dan bisa menghibur para penggemarnya.

Momen Toleransi UAS-VJ Daniel Mananta

Akrabnya UAS dan VJ Daniel Mananta Makan Durian Bareng, Warganet: Indahnya Toleransi

Liputan6.com 2022-11-11 15:29:48
Daniel Mananta menyambangi kediaman Ustaz Abdul Somad (Instagram/vjdaniel)

Baru-baru ini warganet tengah membicarakan Daniel Mananta yang menjadi sorotan publik usai membagikan foto-fotonya bersama Ustaz Abdul Somad (UAS). Salah satu foto yang membuat warganet terpukau adalah foto ketika ia dan Abul Somad mengajaknya ke jembatan Leighton.

"Bang Daniel dan Mba' Viola dibawa menyebrang sungai Siak di atas jembatan Leighton," tulis Ustaz Abdul Somad di Instagram-nya @ustadzabdulsomad_official.

Dalam foto-foto yang diunggah tersebut, terlihat Ustaz Abdul Somad juga mengajak Daniel dan istrinya yaitu Viola singgah ke Masjid Raya Alam dan Makam Sultan serta ke tempat-tempat lainnya.

"Singgah ke masjid Raya 'Alam dan makam Sultan, sempat pula melawat pasar Senapelan dan kawasan Pecinan. Masuk ke rumah Tuan Kadi. Terus ke simpang Bingung. Singgah ke Nurul-Azhar melihat orang Melayu memuliakan santri," terang Ustaz Abdul Somad.

Keduanya juga dikabarkan makan malam bersama dan menikmati durian yang fotonya turut diunggah oleh Daniel di Instagram pribadinya.

"Makan malam gulai asam pedas Baung, goreng sambal Selais. Kolesterol Udang Galah dinetralkan dengan juice bawang putih. Direndam dengan Laksamana Mengamuk. Dihilangkan pedas tepi bibir dengan Durian Runtuh," tulis Ustaz Abdul Somad.

Para warganet yang melihat momen tersebut pun sangat menyukai dan bahkan salut dengan toleransi yang terjalin di antara keduanya.

"MasyaAllah toleransi yg nyata gk perlu teriak" mengatakannya," ujar akun Instagram @sofii_zaa.

"Masya,Allah ini yg di sebut Toleransi yg hakiki," kata @rainaina009.

"MaashaaAllah.. Adem liatnya..," tulis @99.dinar.


Balasa Daniel

Adapun Daniel Mananta juga mengunggah foto tersebut di Instagram pribadinya yaitu @vjdaniel. Dalam unggahannya, terlihat kebersamaan makan durian dengan UAS.

"Pekanbaru... Sahabat baru! Banyak unforgettable sweet moments bareng @ustadzabdulsomad_official. Thank you for hosting us... Slide terakhir: Durian ronde 2... perfect Ending!," tulis Daniel Mananta.

Unggahan tersebut juga disambut baik oleh para warganet dan artis-artis ternama mulai dari Arie untung, Iman J Rocks, hingga aktor Dude Herlino.

"Keren bro respect for you both @vjdaniel @lolagin," tulis Arie Untung.

"Sukses terus bro..," tulis Dude Harlino.

Kesandung Masalah Lagi, Mario Teguh Stres

Mario Teguh Stres dan Kelelahan Akibat Namanya Muncul dalam Pusaran Kasus Robot Trading Net89

Liputan6.com 2022-11-11 17:00:14
Motivator Mario Teguh menyampaikan keterangan terkait perseteruan dengan Ario Kiswinar Teguh di Jakarta, Senin (10/10). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Mario Teguh menjalani pemeriksaan terkait dugaan investasi bodong berkedok robot trading Net89 di Bareskrim Polri Jakarta, Kamis (10/11/2022) didampingi kuasa hukum, Elza Syarief.

Dicecar 28 pertanyaan oleh tim penyidik selama berjam-jam, pengacara memastikan Mario Teguh dalam kondisi sehat dan bahagia. Usai diperiksa, Elza Syarief menyebut kliennya kelelahan.

"Kita sangat kooperatif karena kita bicara yang sebenarnya. Dan sangat happy. Cuma agak kelelahan ya, karena dari tadi pagi dan sebelumnya ada berita-berita ini buat agak stres ya Pak Mario," katanya.

Melansir dari video klarifikasi di kanal YouTube Cumicumi, pada hari yang sama, Elza Syarief menyebut kliennya bersikap kooperatif selama proses hukum berlangsung.


Agak Kelelahan

"Tapi didampingi saya sudah oke, walaupun memang agak kelelahan," ungkap Elza Syarief yang keberatan jika publik dan wartawan menyebut Mario Teguh terseret kasus Net89.

Menurutnya, Mario Teguh hanya "terbawa" dugaan investasi bodong berkedok robot trading Net89 yang dikembangkan polisi. Ada lima nama figur publik yang muncul saat kasus Net89 diusut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Kasus Cukup Besar

Selain Mario Teguh, ada Kevin Aprilio, Atta Halilintar, Taqy Malik, dan Adri Prakarsa. Kali pertama diberitakan bersama kasus Net89, Mario Teguh syok mengingat ini kasus besar.

"Ya itu, agak kaget-kaget juga karena ini adalah kasus cukup besar. Apalagi kita lihat tertangkap uang sampai 1 triliun rupiah. Kita juga kaget," papar Elza Syarief panjang.


Prihatin dan Kecewa

"Pak Mario Teguh sangat prihatin dan sangat kecewa, kenapa kalau memang ini tidak benar, ada suatu penipuan dan segala rupanya, sampai menghimpun dana masyarakat yang begitu besar, kok tidak ada tindakan cepat. Kenapa sampai 4 tahun," pungkasnya.

Mario Teguh lalu melayangkan empati dan prihatin kepada para korban yang tergiur untung namun berakhir buntung. Ia menegaskan akan kooperatif hingga kasus ini mencapai titik cerah.

Kiky Saputri Sebut Prabowo Kekasih Tak Sampai

Kiky Saputri Minta Prabowo Jadi Saksi di Pernikahannya, Sebut Pak Menhan sebagai Kekasih Tak Sampai

Liputan6.com 2022-11-11 16:00:24
Inilah salah satu potret terbaru Kiky Saputri yang kini terlihat makin cantik dan banjir sanjungan netizen. (instagram.com/kikysaputrii)

Kiky Saputri tidak lama lagi akan segera melangsungkan pernikahan. Ia melepas status lajangnya kepada pria pujaan hatinya, M. Khairi.

Kiky Saputri berencana akan melangsungkan pernikahannya pada awal 2023 mendatang. Saat ini, Kiky Saputri mulai mempersiapkan segala keperluan untuk pernikahannya itu.

Kiky Saputri mulai mencari sosok untuk menjadi saksi di pernikahannya. Melalui cuitan di Twitternya, Kiky Saputri terang-terangan meminta Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto untuk hadir di pernikahannya sebagai saksi.

Malahan, Kiky Saputri menyebut Prabowo Subianto sebagai kekasih tak sampainya.

"Dear, Kekasih Tak Sampaiku pak @prabowo Sudikah kiranya Engkau menjadi saksi di pernikahanku kelak?" tulis Kiky Saputri pada Kamis (10/11/2022).


Titip Salam

Selama ini diketahui bahwa admin partai Gerindra memang cukup aktif di Twitter. Oleh karenanya, ia meminta admin Twitter akun Gerindra untuk menyampaikan ke pak Prabowo Subianto.

"Tolong sampaikan salamku padanya wahai Mimin @Gerindra," sambungnya.


Disampaikan

Unggahan Kiky Saputri itu rupanya mendapat respons dari Gerindra. Admin Gerindra itu mengatakan bahwa pesannya akan disampaikan kepada Prabowo.

"Coba disampaikan dulu, ya, Kak. Semoga lancar-lancar semua prosesnya sampai hari H, ya!" balas admin Gerindra.


Takut Diminta Rekening

Mengetahui permintaannya akan disampaikan, Kiky Saputri kemudian menyampaikan terima kasih dan memuji admin Gerindra.

"Sungguh dikau Mimin yang sangat berbudi pekerti baik dan ramah tamah pada sesama ," balas Kiky Saputri.

"Kalau gak ramah takut diminta nomor rekening, Kak.," jawab admin Gerindra.


Respons Warganet

Interaksi antara Kiky Saputri dengan admin Twitter Gerindra itu turut menarik perhatian warganet. Mereka kemudian memberikan respons beragam untuk Kiky Saputri.

"Ini gak dalam rangka Roasting kan yaa...xixixixi...," ledek @danangws2021.

"Semoga dilancarkan sampai hari H nya @kikysaputrii laksanakan mimin @Gerindra fans nya pak @prabowo tu," timpal @HusinSi.