Terpeleset di Tangga Pesawat

Iriana Jokowi Terpeleset di Tangga Pesawat Saat Tiba di Bali

Liputan6.com 2022-11-14 10:38:42
Iriana Jokowi. (dok. Instagram @jokowi/https://www.instagram.com/p/CkvohrVBSa1/?hl=en/Dinny Mutiah)

Ibu negara, Iriana Jokowi terpeleset di tangga saat ia hendak turun dari pesawat setibanya di Bali. Diketahui, Jokowi dan istri baru saja tiba di Bali setelah menempuh perjalanan sebelumnya dari Solo.

Ibu Iriana yang tampak mengenakan kain dalam momen tersebut, terjatuh saat mendampingi Jokowi. Ia pun langsung dibantu oleh sejumlah staf kepresidenan yang berada di sana.

Jokowi kembali tiba di Bali untuk bersiap menghadiri KTT G20 yang berlangsung pada 15-16 November 2022.

Sebelumnya, ia telah hadir di Bali untuk memantau persiapan penyelenggaraan KTT G20. Namun, lantaran ada sejumlah agenda penting lainnya seperti KTT ASEAN di Kamboja dan harus bertolak ke Solo, Jokowi sempat meninggalkan Bali untuk beberapa hari.

Hari ini, ia telah kembali tiba di Bali untuk mempersiapkan KTT G20 dan menyambut kepala negara yang sudah tiba di Pulau Dewata.

10 Tahun Bui untuk Indra Kenz

Indra Kenz Divonis 10 Tahun Bui dan Denda Rp 5 Miliar

Liputan6.com 2022-11-14 16:55:40
Tersangka Indra Kesuma alias Indra Kenz memberikan keterangan saat jumpa pers kasus trading binary option Binomo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (25/3/2022). Dalam jumpa pers ini Indra

Terdakwa kasus penipuan investasi online Binomo atas nama Indra Kesuma alias Indra Kenz, divonis 10 tahun kurungan penjara dan denda Rp 5 miliar, Senin (14/11/2022). Hukunan Indra Kenz lebih rendah dibanding tuntutan Jaksa Penuntut Umum selama 15 tahun kurungan penjara.

"Menyatakan terdakwa Indra Kesuma alias Indra Kenz telah terbukti secara sah atas berita bohong, menyesatkan dan merugikan. Menjatuhi hukuman pidana 10 tahun kurungan dan denda Rp 5 miliar," kata Ketua Majelis Hakim, Rahman Rajaguguk.

Bilamana Indra Kenz tak mampu membayar denda, maka hukuman subsider menjadi 10 bulan kurungan penjara. Dengan pengurangan masa tahanan selama Indra Kenz ditahan pada masa penyidikan dan masa sidang berlangsung.

Seperti diketahui sebelumnya, hari ini sidang putusan atas kasus dugaan penipuan investasi bodong Binomo dengan terdakwa Indra Kesuma alias Indra Kenz, bakal digelar di Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, Senin (14/11/2022). Indra Kenz hanya dihadirkan dengan cara virtual.


Pasal Berlapis

Indra Kenz didakwa pasal berlapis, Pasal 45 ayat (2) jo Pasal 27 ayat (2) dan/atau Pasal 45A ayat (1) jo Pasal 28 ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Pasal 378 KUHP dan/atau Pasal 3 dan/atau Pasal 4 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Soroti Isu Bumi Datar di B20 Summit

Elon Musk Pakai Batik di B20 Summit, Isu Bumi Datar-Generasi Muda Jadi Sorotan

Liputan6.com 2022-11-14 12:51:57
CEO Tesla Elon Musk menjadi pembicara dalam B20 Summit 2022 dengan tema Navigating Future Disruption of Global Technological Innovation.

Miliarder Elon Musk hadir di acara B20 Summit secara virtual jelang perhelatan puncak KTT G20 di Bali. Elon berbincang dengan pebisnis Anindya Bakrie mengenai isu Twitter, pendidikan, generasi muda, hingga Mars.

Elon Musk hadir dengan baju spesial, yakni batik berwarna hijau dari Sulawesi Tengah.

Batik itu ternyata dikirim secara khusus oleh pihak Anindya Bakrie ke Amerika Serikat untuk dipakai Elon Musk. Daerah Sulawesi Tengah tersebut merupakan penghasil nikel yang penting untuk mobil listrik seperti Tesla.

Sebelumnya, Elon Musk dijadwalkan hadir sebagai tamu VVIP, namun mendadak batal.

Dalam percakapannya bersama Anindya Bakrie, Elon Musk menyorot Indonesia dengan jumlah generasi muda yang besar, sehingga potensi di masa depan akan menarik untuk diantisipasi.

"Masa depan sangatlah exciting untuk Indonesia," ujar Elon Musk dalam acara B20 Summit, Senin (14/11/2022).

Anindya Bakrie juga sempat bercanda dengan Elon Musk, ia bertanya kenapa Elon mau repot-repot eksplorasi ke Mars, padahal masih ada yang percaya Bumi datar.

Elon Musk pun menjelaskan bahwa memang ada masih banyak masalah di Bumi. Ketika ia ingin ke Mars, itu bukan berarti ia melupakan masalah di planet Bumi.

"99 persen usaha kita adalah untuk menuntaskan masalah kita di Bumi," ucap Elon Musk.

Untuk satu persen sisanya, Elon Musk mendukung agar manusia bereksplorasi, seperti cita-citanya ke Mars.

Selain itu, Elon Musk juga yakin transportasi naik roket akan menjadi lazim di masa depan. Daya tempuh lokasi yang sangat jauh pun bisa menjadi hitungan menit saja.

Saat ini, Elon Musk adalah pemilik dari perusahaan mobil listrik Tesla, perusahaan roket SpaceX, serta yang terbaru sebagai pemilik micro-blogging Twitter.


Batal ke Bali

Anindya Bakrie, mengungkapkan kesedihannya karena Elon Musk tidak bisa hadir fisik ke Bali. Dia pun bertanya langsung kepada Elon Musk, kenapa tidak bisa hadir.

Elon Musk pun mengungkapkan alasannya tidak hadir dalam B20 karena banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Sehingga dia tidak bisa hadir langsung ke Bali.

"Itu luar biasa. Tapi, Anda tahu beban kerja saya baru-baru ini meningkat cukup banyak. Maksudnya, saya memiliki terlalu banyak pekerjaan di sini," ungkap Elon Musk saat ditanya oleh Moderator Anindya Novyan Bakrie.

Lebih lanjut, Elon Musk membahas terkait Indonesia yang memiliki populasi sumber daya manusia yang banyak, serta penggunaan media sosial tertinggi terutama Twitter.

Menurut Elon Musk, Indonesia memiliki masa depan yang luar biasa. Karena Indonesia memiliki sumber daya manusia yang besar dan mayoritas penduduknya adalah generasi muda, serta sumber energi yang melimpah.

"Saya pikir Indonesia memiliki masa depan yang menarik karena Indonesia merupakan salah satu yang memiliki populasi tertinggi di dunia. Kombinasi antara sumber daya energi dan populasi besar besar ini menjadi masa depan yang sangat menarik bagi Indonesia," pungkas Musk.

Kulkas Isi Darah di Mobil Joe Biden

5 Fakta The Beast Mobil Dinas Joe Biden di KTT G20 Bali, Ada Kulkas Isi Darah

Liputan6.com 2022-11-14 19:10:58
Potret The Beast yang digunakan Trump di New York pada tahun 2018. (Evan Vucci/AP Photo)

Kedatangan Joe Biden di Bandara Ngurah Rai, Bali, pada Minggu 13 November ramai diperbincangkan. Bukan hanya tentang kehadirannya di KTT G20, kendaraan yang ia gunakan juga cukup menjadi sorotan publik.

Joe Biden datang dengan kendaraan kepresidenan AS, pesawat Air Force One. Terlebih, Biden tak menggunakan mobil listrik G20, ia telah membawa mobil dinasnya sendiri, The Beast.

Mobil dengan keamanan super ini disebut-sebut sebagai salah satu kendaraan paling menakutkan di dunia, dikutip dari laman Skycape, Senin (14/11/2022).

Berikut 5 fakta di balik The Beast, mobil kepresidenan AS yang digunakan Joe Biden di Bali:

1. Senjata dan Pertahanan

The Beast dilengkapi dengan gadget Bond-style yang diyakini memiliki tabir asap dan gagang pintu yang dapat mengirimkan sengatan listrik 120 volt untuk menangkal penyerang. Perangkat ini juga dilaporkan dapat meletakkan lapisan minyak untuk membuat kendaraan musuh berputar di luar kendali.

Senapan pompa, granat bertenaga roket, night vision equipment, granat gas air mata, dan berbagai jenis persenjataan dikatakan ada di The Beast.

Dengan berat antara 8 hingga 10 ton, bodinya terbuat dari pelat baja 8 inci (20 cm) untuk melindungi dari potensi ledakan bom. Jendelanya setebal 5 inci (12 cm), dapat menghentikan peluru 0,44 magnum.

Interiornya dapat disegel jika terjadi serangan kimia dan ban The Beast dapat bertahan bermil-mil -- bahkan jika bannya kempes -- tetapi itu tidak akan menjadi jalan keluar yang cepat.

Cadillac One, demikian The Beast juga dikenal, hanya membutuhkan waktu 15 detik untuk mencapai 60 mil per jam (96 km per jam).


2. Kulkas Berisi Stok Darah

The Beast tak hanya memiliki pengamanan dalam hal persenjataan, tapi juga kesehatan.

Tank ini membawa suplai darah yang cocok dengan golongan darah presiden jika terjadi keadaan darurat. Ia juga bergerak dengan suplai oksigennya sendiri yang dapat disalurkan langsung ke kabin yang tertutup rapat jika terjadi serangan.

Limo dapat menampung hingga tujuh orang, jadi presiden tidak pernah jauh dari bantuan. Staf penting, termasuk dokter militer presiden, umumnya mengikuti di belakangnya, satu dari tiga SUV terpisah yang dikenal sebagai 'Mobil Kontrol'.

3. Antena Komunikasi

Hampir tidak ada suara yang bisa masuk ke kabin karena lapisan baja. Suara dari luar dapat didengar dengan mikrofon di luar dan speaker di dalam. Peralatan komunikasi lebih lanjut memungkinkan The Beast untuk berkomunikasi dengan kendaraan khusus dari iring-iringannya.

Komunikasi top-of-the-range juga memastikan presiden AS memiliki kemampuan untuk mengirimkan kode yang diperlukan untuk menembakkan senjata nuklir dari dalam The Beast dalam keadaan darurat.


4. Ada Lebih dari SatuThe Beast

Setidaknya ada dua Beast identik dengan plat nomor yang cocok di setiap iring-iringan sehingga penyerang tidak dapat 100% yakin kendaraan mana yang berisi presiden dan mana yang merupakan umpan. Bahkan saat pelantikan Presiden Joe Biden, ada tujuh Beast yang ditempatkan di iring-iringannya.

Cadillac One umumnya diperbarui setiap beberapa tahun dengan gizmos dan gadget baru sehingga diperkirakan 16-20 model lama masih ada.

Menurut laporan Spycape, kendaraan kepresidenan Beast seharga USD 1.5 juta (Rp23 miliar). Bahkan, di era Trump pada 2018, penggunaan The Beast menghabiskan USD 15 juta (Rp232 miliar) untuk penelitian dan pengembangan mobil itu. Mobil ini juga membutuhkan bensin ekstra karena The Beast hanya dapat melaju sekitar empat mil per galon (1,7 km per liter).


5. Puluhan Pengiring

Umumnya, ada sekitar 50 kendaraan dalam iring-iringan dan 100 staf, bisa lebih atau kurang, tergantung misinya.

Iring-iringannya adalah operasi yang sangat koreografi.

'Route Car' berjalan beberapa menit sebelum iring-iringan. Ini adalah mobil arloji yang menawarkan kecerdasan dan panduan untuk iring-iringan mobil. 'Mobil Pilot' melakukan hal yang sama, berjalan satu menit (atau bahkan detik) di depan iring-iringan mobil.

'Sweeper' - polisi dengan sepeda motor dan mobil patroli - dikerahkan di depan iring-iringan mobil, membersihkan jalan dan memblokir persimpangan dan jalan layang.

'Mobil Utama' (terkadang Secret Service Suburban atau mobil polisi) berfungsi sebagai pemandu dan penyangga.

Limo Presiden itu umumnya berada di tengah iring-iringan mobil - dikenal sebagai 'paket aman' - tetapi itu tidak berarti presiden selalu berada di dalam The Beast. Ada juga limo 'cadangan' yang digunakan sebagai umpan.

Di balik paket tersebut, terdapat berbagai kendaraan yang kemungkinan akan berpindah lokasi.

'ID Car' berhubungan dengan instansi lain; ponsel 'Roadrunner' adalah pusat komunikasi, dan 'Hazardous Materials Mitigation Unit' siap merespons serangan kimia, biologi, atau nuklir.

'US Secret Service Countermeasures Suburban' dilaporkan dapat melontarkan semua bahan peledak jarak jauh melalui dua antena yang mengirimkan sejumlah besar frekuensi radio yang mengunci sinyal aktivasi bom. Ini juga memiliki sensor peperangan elektronik yang dapat mendeteksi jika RPG atau tank anti-rudal diluncurkan.

Tiga SUV terpisah mengikuti. Di tengah adalah 'Mobil Kendali', dengan dokter presiden. Di kedua sisi ada dua SUV lain dengan kaca spion terbuka untuk berjaga-jaga jika presiden perlu melepaskan tembakan dengan cepat. SUV 'The Halfback' disiapkan untuk membela The Beast sementara SUV 'The CAT car' siap untuk melawan pemberontak.

Ambulans juga merupakan bagian dari iring-iringan mobil dan kendaraan lainnya, serta dapat membawa agen dinas rahasia tambahan, militer, dan pers.

Penulis: Safinatun Nikmah

Elon Musk: Maaf, Sedang Mati Lampu

Elon Musk Gelap-gelapan Hadir Virtual B20 Summit 2022: Maaf Sedang Mati Lampu

Liputan6.com 2022-11-14 12:00:24
CEO Tesla Elon Musk menjadi pembicara dalam B20 Summit 2022 dengan tema Navigating Future Disruption of Global Technological Innovation.

CEO Tesla Elon Musk hadir secara virtual dalam gelaran B20 Summit 2022 yang merupakan bagian dari KTT G20 Bali. Elon Musk menghadiri konferensi saat sedang mati lampu di rumahnya. Hal itu pun mengundang tawa para peserta B20 summit 2022.

"Maaf sedang mati lampu. Makanya saya terlihat seperti zombie di sebuah ruangan yang gelap," kata Elon Musk dalam B20 Summit 2022, secara virtual, Senin (14/11/2022).

Sebagai informasi, Elon Musk mengisi sesi summit 1-on-1 dengan tema Navigating Future Disruption of Global Technological Innovation. Sesi tersebut dimoderatori oleh CEO dan President Bakrie & Brothers, Anindya Bakrie.

Tak hanya mengundang tawa para peserta B20, penampilan Elon Musk juga mencuri perhatian peserta yang hadir, terutama Anindya Bakrie. Lantaran, Elon Musk menggunakan batik.

"Terimakasih karena telah memakainya. Batik itu kami kirimkan dari 15.000 kilometer (km) jauhnya," kata Anindya Bakrie saat menjadi moderator dalam diskusi bersama Elon Musk, di Bali, Senin (14/11/2022).

Anindya Bakrie menjelaskan kepada Elon Musk, bahwa Batik yang digunakan oleh Musk berasal dari sebuah desa kecil di Sulawesi Tengah. Dimana daerah tersebut merupakan penghasil nikel.

"Batik Bomba, batik yang anda gunakan berasal dari sebuah desa kecil di Sulawesi Tengah. Ini tempat di mana anda akan menemukan banyak nikel, jadi mungkin anda ingin mengunjunginya," ujar Anindya.

"Ini benar-benar bagus dan hebat, terima kasih. Sungguh ini benar-benar bagus," ujar Elon Musk.

Lebih lanjut, Anindya Bakrie mengungkapkan kesedihannya karena Elon Musk tidak bisa hadir fisik ke Bali. Dia pun bertanya langsung kepada Elon Musk, kenapa tidak bisa hadir.

"Jika saya jadi Anda, saya akan terbang ke Balu dan sedikit liburan. Kenapa anda tidak melakukan itu?," tanya Anindya kepada Elon Musk.

Elon Musk mengungkapkan alasannya tidak hadir dalam B20 karena banyak pekerjaan yang harus di selesaikan. Sehingga dia tidak bisa hadir langsung ke Bali.

"Itu luar biasa. Tapi, Anda tahu beban kerja saya baru-baru ini meningkat cukup banyak. Maksudnya, saya memiliki terlalu banyak pekerjaan di sini," pungkas Elon Musk.


Kesepakatan Bisnis B20 Bakal Disetor ke Kepala Negara saat KTT G20

Pertemuan bisnis dalam G20 atau disebut B20 telah mencapai puncak pembahasan. Nantinya, berbagai hasil yang didapat akan disetor ke tingkat kepala negara di Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Bali, 15-16 November 2022.

Chair B20 Indonesia Shinta Wijaya Kamdani menyampaikan kalau dalam puncak B20 sudah dibahas mengenai kerja sama antara pemerintah dan perusahaan swasta. Hal ini, menjadi titik baru yang dibahas di Presiden G20 Indonesia.

"Kali ini kita akan fokus pada rekomendasi kebijakan dan program-program turunan. Kita punya banyak diskusi yang akan diarahkan oleh pemimpin bisnis dan pemimpin organisasi global untuk mendorong proses pengermangan di B20-G20," kata dia dalam B20 Summit Indonesia, Senin (14/11/2022).

Selanjutnya, Shinta mengatakan, setelah beragam bahasan, kesimpulan nantinya akan disampaikan ke tingkat kepala negara. Dengan begitu, akan disampaikan juga dalam forum di tingkat kepala negara atau KTT G20.

"Kita akan menyampaikan komunike untuk nantinya mendorong aksi dari para pemimpin G20," ujarnya.

Dia menambahkan, kalau dokumen komunike atau kesepakatan bersama ini akan dilanjutkan ke perhelatan G20 kedepan, yakni kepada India. Dengan begitu, bahasan sektor bisnis negara G20 akan terus berlanjut.

"Kami harap hubungan erat yang dibangun dalam beberapa bulan terakhir ini bisa dilanjutkan kedepannya," kata Shinta.


Tak Sekadar Dokumen

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasyid mengungkap kalau komunike dari gelaran B20 bukan sekadar dokumen kesepakatan. Tapi, ini disebut sebagai salah satu inisiatif penting di sektor bisnis kedepannya.

"Komunike ini bukan sebatas dokumen, tapi ini jadi langkah lanjutan sebagai inisiatif dan mengedepankan kolaborasi antara pemerintah dan pelaku usaha swasta," terangnya.

Guna mendukung kesepakatan ini, Arsjad berharap tiap pemangku kepentingan bisa bergandeng tangan. Tujuannya agar kolaborasi antara dua pihak ini tak sekadar kerja sama satu waktu.

"Dan kita bisa mencapai itu dengan bersama-sama, bergotong royong. Terima kasih semuanya telah menyukseskan B20 Summit, mari kita dorong inovasi, inklusi, dan kolaborasi bersama," tutup Arsjad.

Joe Biden Terpukau Tari Pendet

Joe Biden Terpukau Tari Pendet Saat Tiba di Bali untuk Hadiri KTT G20

Liputan6.com 2022-11-14 11:01:40
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden disambut oleh tarian khas Bali saat turun dari pesawat kepresidenan AS, Air Force One setibanya di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu (13/11/2022)

Joe Biden tiba di Bali pada Minggu malam, 13 November 2022, sekitar pukul 21.45 di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Presiden Amerika Serikat itu akan menghadiri acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT G20).

Kedatangan Biden disambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. "Saya mendapat kehormatan dan tugas dari negara untuk menyambut Bapak Presiden Joe Biden yang mendarat di Bali malam ini sekitar pukul 21.45 WITA menggunakan pesawat Air Force One," ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin (14/11/2022).

Sesaat mendarat, Biden langsung disambut tari pendet. Sembari berjalan kaki, orang nomor 1 AS itu mengaku kagum dengan tarian penyambutan tersebut.

"Dia sangat kagum dan dia ucapkan amazing, splendid, wonderful. Sebagai rasa terima kasih, dia mengucapkan thank you kepada para penari," kata Sandi.

Dikutip dari laman Indonesia Kaya, tari pendet merupakan salah satu tarian selamat datang paling tua di Bali. Ahmad Yunus dalam Ensiklopedi Tari Indonesia Seri P-J menjelaskan bahwa pendet merupakan tarian sajian untuk para leluhur yang disebut Bhatara dan Bhatari. Biasanya dipentaskan di halaman pura dan menghadap ke arah suci tempat Bhatara dan Bhatari bersemayam.

Tari pendet dibawakan para perempuan dengan memakai pakaian adat. Para penari membawa sebuah bokor yang penuh berisi bunga/canang sari, kawangen, dan lain-lain. Sebagian lagi membawa alat-alat upacara, seperti sangku, mangkuk perak, kendi, dan lain-lain. Tari Bali ini dibawakan secara massal, diiringi gamelan gong, dan dipimpin seorang Pemangku (pemimpin upacara) dengan membawa sebuah pasepan (pedupaan) yang penuh kemenyan terbakar.

"Pada bagian akhir tarian, para penari meletakkan alat-alat tadi pada pelinggih. Ada juga yang menaburkan bunga pada pratima (simbol dari Bhatara dan Bhatari) sebagai penghormatan," ungkap Ahmad Yunus.


Selipkan Harapan

Siluh Made Astini dan Usrek Tani Utina dalam Tari Pendet Sebagai Tari Balih-Balihandi jurnal Harmonia, Vol. 8 No. 2, 2007 menyebut tari pendet melambangkan penyambutan manusia terhadap kedatangan para dewata dari kahyangan. Seiring perkembangan zaman, pendet jadi tarian untuk menyambut kedatangan sesama manusia, terutama dipentaskan sebagai bagian promosi wisata Bali.

"Sebagai tari penyambutan, pendet difungsikan untuk menyambut kedatangan tamu atau sering disebut dengan istilah tarian selamat datang. Ungkapan kegembiraan, kebahagiaan, dan rasa syukur diwujudkan melalui gerak-gerak yang lembut dan indah," demikian catatan dalam jurnal tersebut.

Sembari menikmati tarian, Sandiaga memanfaatkan momen dengan menyelipkan harapan Indonesia atas kunjungan Biden ke Bali. Salah satunya keinginan agar lebih banyak warga AS yang mengunjungi Indonesia, serta kerja sama sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sandi menyebut, kunjungan wisatawan dari AS yang sempat menurun karena pandemi kini kembali meniingkat. Ia juga mempromosikan sejumlah produk-produk ekonomi kreatif Indonesia, terutama fesyen, kuliner, dan produk kerajinan tangan.


Tamu Negara Mulai Berdatangan

Selain Biden, sejumlah tamu negara lain juga mulai tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sejak kemain, Minggu, 13 November 2022, pukul 18.25 WITA. Berdasarkan pantauan Tim Komunikasi dan Media G20, beberapa tamu negara dan kepala lembaga dunia yang hadir di antaranya Chairman World Economic Forum Prof Klaus Martin Schwab, Presiden Islamic Development Bank (IsDB) Dr. Muhammad Sulaiman Al Jasser, Director General International Labour Organization Gilbert F. Houngbo, Menteri Luar Negeri Mexico Marcelo Ebrard Casaubon, serta Menteri Urusan Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida juga tiba di Bali pada Minggu malam, 13 November 2022. Sehari sebelumnya, Presiden The Asian Development Bank (ADB) Masatsugu Asakawa, tiba pada Sabtu, 12 November 2022, pukul 23.45 WITA.

Direktur Jenderal Informasi & Komunikasi Publik Usman Kansong mengatakan, gelombang kedatangan delegasi akan terus berlangsung hingga Senin, 14 November 2022. "Kami sudah siap untuk menyambut. Demikian juga pengamanan dan pengawalan. Indonesia berupaya menjadi tuan rumah yang baik bagi semua tamu negara yang hadir dalam KTT G20," kata Usman.


Daftar Kehadiran

Dari pantauan pada beberapa lokasi diselenggarakannya rangkaian KTT G20, pihak keamanan yang tergabung dari unsur TNI dan Polri terus mengamankan secara ketat untuk menyambut tamu negara. Berdasarkan data hingga Jumat, 11 November 2022, Pemerintah RI telah menerima konfirmasi kehadiran langsung 17 pemimpin G20 saat KTT.

Kehadiran para pemimpin, termasuk Presiden RI Joko Widodo, adalah sebanyak 37 orang dari total 41 undangan. Sementara, pemerintah Fiji, karena tengah menjalani pemilihan umum, akan mengirimkan utusan khusus.

Brasil dan Meksiko juga telah menginformasikan bahwa presiden mereka tidak dapat hadir. Meksiko akan diwakili Menlu Meksiko, sementara untuk Brasil masih dilakukan komunikasi mengenai bentuk partisipasinya.

Pada 8 November 2022, Kementerian Luar Negeri telah menerima nota diplomatik dari Kedubes Rusia di Jakarta yang menyampaikan bahwa Presiden Putin tidak dapat hadir di Bali. Sebagai gantinya, Menlu S Lavrov yang akan hadir. Kehadiran 17 pemimpin G20, termasuk Indonesia, ditambah sembilan dari 10 negara undangan dan pemimpin 10 Organisasi Internasional merupakan tingkat kehadiran yang sangat tinggi di tengah situasi yang sangat sulit saat ini.

Curhat Tak Pernah Libur

Elon Musk Curhat di B20 Summit: Tak Punya Libur, Full Kerja 7 Hari Siang dan Malam

Liputan6.com 2022-11-14 13:00:56
Elon Muks saat berbicara dalam salah satu sesi di B20 yang digelar di Bali. (YouTube: B20 Indonesia 2022)

CEO Tesla Elon Musk dikenal sebagai orang terkaya di dunia yang berasal dari berbagai sektor bisnis terutama di teknologi. Belum lama ini, Elon Musk telah menyelesaikan pengambilalihan Twitter senilai USD 44 miliar atau sekitar Rp 682,6 triliun.

Elon Musk berminat untuk memiliki Twitter bukan karena alasan menghasilkan uang. Elon Musk mengatakan, dia membeli platform media sosial untuk membantu umat manusia dan ingin peradaban memiliki kota digital yang sama.

Dalam gelaran B20 Summit 2022 yang merupakan bagian dari KTT G20 Bali, Elon Musk hadir secara virtual menggunakan batik asli Indonesia yang berasal dari Sulawesi Tengah.

Elon Musk mengungkapkan, untuk bisa menjadi pengusaha yang sukses, butuh kerja keras dan konsisten dalam bekerja. Tidak ada hari libur dalam kalendernya, dia kerja tujuh hari dalam seminggu, pagi hingga malam.

"Saya telah menabung dengan susah payah karena saya benar-benar bekerja dengan jumlah maksimum yang dapat saya kerjakan dari pagi hingga malam, tujuh hari seminggu. Jadi, ini bukan sesuatu yang saya sarankan," ungkap Elon Musk.

Beban kerja Elon Musk memang terbilang berat, karena dia harus mengelola beberapa perusahaan sekaligus. Diantaranya, Elon Musk menjadi CEO Tesla yang merupakan perusahaan mobil listrik terkemuka di dunia.

Kemudian, salah satu perusahaan Musk yang paling berharga adalah produsen pesawat ruang angkasa yang berbasis di California, SpaceX yang ia dirikan pada 2002.

Lalu ada perusahaan Starlink yang dioperasikan oleh SpaceX, Musk meluncurkan Starlink pada 2019 untuk "menyediakan internet broadband berkecepatan tinggi dan latensi rendah di seluruh dunia".

Pada dasarnya, perusahaan menawarkan akses internet berkecepatan tinggi, terutama bagi yang tinggal di daerah terpencil dan pedesaan di dunia yang dapat mencapai kecepatan data 50 hingga 150 megabit per detik. Dan masih banyak usaha lain yang dimiliki Elon Musk.


Elon Musk hingga Aktris Anne Hathaway Jadi Pembicara B20 Summit Hari Ini

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN Indonesia) menyelenggarakan B20, yang berlangsung pada 13-14 November 2022 di Bali. KTT B20 tahun ini mengangkat tema memajukan pertumbuhan yang inovatif, inklusif, dan kolaboratif untuk mendukung tema G20 Recover Together, Recover Stronger.

B20 dilaksanakan untuk mewakili komunitas bisnis global, dengan mandat guna memberikan rekomendasi kebijakan yang dapat ditindaklanjuti mengenai prioritas yang ditetapkan oleh setiap kepresidenan untuk memacu pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.

Namun ada yang menarik di gelaran hari kedua hari ini 14 November 2022, sebab CEO Tesla Elon Musk dilaporkan batal datang ke Bali untuk hadir sebagai salah satu pembicara dalam gelaran KTT B20. Musk sendiri dijadwalkan akan menjadi pembicara pada hari kedua, 14 November 2022.

Absennya Elon secara langsung di Bali diketahui dari Chairwoman B20, Shinta Kamdani. Meski batal hadir, pemilik Twitter tersebut disebut akan hadir secara virtual.

Selain itu, juga ada Presiden Direktur Elang Mahkota Teknologi (EMTEK) Alvin Sariaatmadja yang menjadi salah satu pembicara dalam acara B20.

Acara dibuka oleh sambutan dari Shinta Widjaja Kamdani sebagai Ketua B20 Indonesia, dan dilanjutkan oleh Arsjad Rasjid yang merupakan Ketua Umum KADIN Indonesia. Sementara, pidato utama KTT tentang kemitraan publik dan swasta untuk SPUR pertumbuhan ekonomi oleh Menteri Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Berikut daftar Menteri dan CEO yang hadir dalam acara B20 hari kedua, dilansir dari laman KADIN, Senin (14/11/2022).

Dialog KTT tentang memanfaatkan kekuatan inovasi untuk masa depan pertumbuhan ekonomi, disampaikan oleh:

- Klaus Schwab, Pendiri dan Ketua Eksekutif, Forum Ekonomi Dunia

- Young Liu, Ketua Hon Hai Group Teknologi (Foxconn)


Diskusi Panel Lain

Diskusi panel KTT tentang memanfaatkan kekuatan inovasi untuk pertumbuhan ekonomi masa depan oleh:

- Alvin Sariaatmadja, Presiden Direktur Elang Mahkota Teknologi (EMTEK)

- Anthony Tan, CEO dan Co-Founder, Grab

- Candace Johnson, Co-Founder, SES dan Loral-Teleport Europe

- Christian Gebara, CEO Telefonica Brasil

- Deep Kapuria, Ketua Grup Teknologi Tinggi

Kemudian dilanjutkan diskusi tentang investasi dalam bakat masa depan, teknologi dan sumber daya keuangan bersama Changpeng Zhao yang merupakan CEO Binance.

Pidato utama KTT tentang keseimbangan pertumbuhan ekonomi global dan perlindungan lingkungan oleh Jeff Bezos yang merupakan Ketua Eksekutif Amazon.

Sementara, Elon Musk CEO Tesla yang harusnya dijadwalkan hadir fisik, menjadi hadir online. Musk akan menyampaikan materi tentang menavigasi gangguan masa depan inovasi teknologi global.


Dialog KTT

Dialog KTT tentang mengemudi kemitraan publik-swasta untuk berubah pertumbuhan ekonomi global disampaikan oleh:

- Bambang Susantono, Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara (IKN)

- Alvaro Pereira, Deputi Keuangan G20 dan Penjabat Kepala Ekonom OECD

- Bruce Armstrong, Group Chief Executive Officer Aspen Medical

- Natalie Black, Komisaris Perdagangan United Kingdom

- Paul Polman, Penulis Bersama "Net-Positive"

- R Dinesh, Wakil Ketua Eksekutif, Solusi Rantai Pasokan TVS Ltd

Dialog KTT tentang navigasi gangguan melalui inovatif dan pemulihan transformative oleh:

- Presiden Yoon Suk-yeol dari Republik Korea

- Thani bin Ahmed Al Zeyoudi, Menteri Negara Perdagangan Luar Negeri, Uni Emirat Arab

- Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan Indonesia

Dialog KTT tentang investasi dalam pertumbuhan inklusif untuk masa depan Tangguh oleh:

- Anne Hathaway, Duta Besar Niat Baik Wanita PBB

- Alan Jope, CEO Unilever

- Kathleen L. Quirk, Presiden Freeport-McMoRan Inc

- Mari Elka Pangestu, Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan, Bank Dunia

- Roy Gori, CEO, Manulife


Jokowi Sampaikan Pidato Penutup

Dilanjutkan oleh keterangan tentang investasi dalam pertumbuhan inklusif untuk masa depan tangguh oleh Tony Blair, Ketua Eksekutif Tony Blair Institute for Global Change. Lalu, keynote address tentang peran ekonomi dan industri digital 4.0 dalam mempercepat transisi energi yang disampaikan oleh Perdana Menteri Justin Trudeau dari Kanada

Penutup B20

- Sambutan Tantowi Yahya, Pimpinan Eksekutif Forum Tri Hita Karana

- Presiden B20 2022: kepemimpinan indonesia dalam meningkatkan global prioritas oleh M. Arsjad Rasjid sebagai Ketua Umum Indonesia Kamar Dagang & Industri (KADIN Indonesia) sekaligus Tuan Rumah B20 Indonesia.

- Presentasi Komunikasi B20 oleh Shinta Widjaja Kamdani, Ketua B20 Indonesia

- Pidato utama KTT tentang membangun yang kuat dan tangguh strategi pemulihan ekonomi untuk semua oleh Perdana Menteri Anthony orang Albania dari Australia

- Pidato penutup KTT oleh Presiden Indonesia Joko Widodo.

Koper Kaesang Nyasar ke Kualanamu

Batik Air Minta Maaf karena Koper Kaesang Pangarep Nyasar ke Kualanamu

Liputan6.com 2022-11-14 09:31:36
Cuitan Kaesang Pangarep soal kopernya nyasar ke Kualanamu, Medan. (Foto: Dok. Twitter @kaesangp)

Maskapai Batik Air kembali membuat masalah. Kali ini imbasnya menimpa anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep. Calon suami Erina Gudono itu terpaksa gigit jari karena kopernya nyasar ke Bandara Kualanamu, Sumatra Utara.

Kekesalannya lalu ditumpahkan melalui sederet cuitan. "Horeeee naikBatik Airke Surabaya tapi koperku selamat sampai bandara Kualanamu. Terima kasih Batik Air," cuit Kaesang, Minggu, 13 November 2022.

Dikutip dari Showbiz Liputan6.com, Senin pagi (14/11/2022), Kaesang masih aktif mencuit perkara koper yang nyasar ke Medan pada pukul 1.52 WIB. Ia bahkan mencuit ulang sejumlah kicauan kreatif warganet yang berisi sindiran pada pihak maskapai yang tempo hari meninggalkan Ari Lasso di Singapura.

"Pasal 7 dari Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia menyatakan bahwa: Semua orang sama di hadapan hukum (X). Semua orang sama di hadapan Batik Air (V)," tulis salah satunya.

"Kemarin Ari Lasso, sekarang Kaesang. Bukti bahwa Batik Air adalah perusahaan yang objektif dalam membuat kesalahan alias gak pilih2. Kabeh di trabas loss~," imbuh warganet lain.

Dini hari tadi, Kaesang bahkan mengunggah video singkat yang menampilkan seorang pria melempar koper di rerumputan. Bersama video ini, ia menulis, "BUANG KOPERNYA!"

Sejurus kemudian seorang warganet kembali menanyakan kabar koper Kaesang yang tersasar ke Medan. "Belom terima sampe sekarang. Positifnya ya gak perlu mandi malem. Positifnya lagi, koper saya bisa jalan-jalan gratis. Terima kasih Batik Air," jawab Kaesang lagi.


Diterima Senin

Jelang pukul 7 pagi tadi, Kaesang Pangarep menyalakan pertanda baik bahwa kopernya telah kembali. "Koper selamat, terima kasih Batik Air," tulisnya, Senin (14/11/2022).

Dalam penjelasan tertulis, Batik Air menjelaskan kejadian koper nyasar Kaesang itu terjadi dalam penerbangan ID-7130 dengan rute Bandara Internasional Changi, Singapura, menuju Bandara Internasional Juanda Surabaya, Sidoarjo, Jawa Timur, pada Minggu, 13 November 2022.

"Menanggapi keluhan tentang bagasi yang tidak diterima di bandar udara tujuan dari salah satu tamu atas nama Kaesang Pangarep dan perkembangan berita, Batik Air menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul," kata Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro.

Batik Air, sambung dia, telah mengirimkan langsung bagasi dimaksud sesuai alamat tamu dan sudah diterima pada Senin, 14 November 2022, pukul 02.30 WIB. Batik Air saat ini masih menginvestigasi secara internal mengenai ketidaksesuaian memasukkan bagasi pada pesawat udara yang dioperasikan sesuai nomor penerbangan dan kota tujuan.

"Hasil penyelidikan berupa rekomendasi atau referensi yang diperoleh akan dipergunakan (implementasikan) dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pada tamu," kata Danang.


Maskapai Terburuk

Sebelumnya, platform layanan travel Bounce mengeluarkan laporan berdasarkan survei mengenai maskapai dengan layanan terburuk di dunia. Peringkat tersebut dipertimbangkan dari faktor-faktor, seperti kedatangan tepat waktu, catatan pembatalan, peringkat pelanggan, dan penawaran bagasi gratis.

Lion Air masuk daftar maskapai internasional terburuk di dunia untuk pengalaman penerbangan dengan skor 0,72. Maskapai yang merupakan anggota dari Lion Air Group itu tercatat memiliki tingkat pembatalan 34,43 persen.

Dikutip dari kanal Bisnis Liputan6.com, tingkat kedatangan tepat waktu maskapai hanya 42,27 persen. Artinya, maskapai dengan logo singa merah ini sering terlambat. Hal ini menunjukkan bahwa selama setahun terakhir, sepertiga penerbangan Lion Air dibatalkan. Adapun penilaian layanan makanan dan hiburan dalam penerbangan Lion Air hanya 1/5, sedangkan kenyamanan kursi dan layanan pelanggan 2/5.

Wings Air juga masuk dalam daftar maskapai dengan layanan terburuk di dunia. Maskapai yang juga dijalankan Lion Air Group itu berada di urutan kedua, setelah Lion Air dengan skor 1,11. Maskapai ini menempati urutan kedua berdasarkan statistik kedatangan dan pembatalan, serta ketepatan waktu, masing-masing 49,78 persen dan 20,63 persen. Wings Air juga hanya mendapatkan penilaian 2/5 untuk layanan personel dan kenyamanan kursi dan nilai 1/5 untuk makanan dan hiburan.


Tanggapan Lion Air

Lion Air (kode penerbangan JT) dan Wings Air (kode penerbangan IW) member Lion Air Group buka suara terkait survei Bounce mengenai maskapai terburuk di dunia. Danang mengklaim seluruh operasional Lion Air Group tetap mengutamakan aspek keselamatan, keamanan, kenyamanan, serta sesuai standar protokol kesehatan.

"Lion Air dan Wings Air mengucapkan terima kasih atas saran, kritik/ masukan, berupa data, catatan serta bentuk lainnya dari berbagai pihak sebagai salah satu rekomendasi dalam mendukung perbaikan layanan dan operasional penerbangan," kata dia dalam keterangan tertulis.

Lion Air dan Wings Air juga mengklaim terus berusaha memperbaiki, mempertahankan tingkat ketepatan waktu (on time performance/ OTP), serta mempersiapkan ke level ketepatan waktu operasional terbaik. Sebagai catatan, untuk Lion Air, OTP pada 2019 sebesar 77,90 persen, 2020 sebesar 74,73 persen, 2021 sebesar 75,48 persen dan 2022 sebesar 76,10 persen. Untuk Wings Air, OTP pada 2019 sebesar 71,88 persen, 2020 sebesar 71,29 persen, 2021 sebesar 73,73 persen dan 2022 sebesar 77,19 persen.

"Data OTP diperhitungkan dan dikelola secara bersamaan dan tepat waktu (real time) untuk dianalisis internal serta dilaporkan kepada pihak berwenang (dalam hal ini salah satunya adalah regulator yaitu Kementerian Perhubungan Republik Indonesia)," kata dia.

Rumah Semewah Mal, Diklaim Seharga Rp50 M

Isi Rumah Dewi Perssik yang Semewah Mal, Diklaim Seharga Rp50 Miliar

Liputan6.com 2022-11-15 03:03:34
Menengok Rumah Dewi Perssik yang Semewah Mal dan Diklaim Seharga Rp50 Miliar. foto: Youtube DEWI PERSSIK

Dewi Perssik dikenal sebagai penyanyi dangdut papan atas Tanah Air. Kerja keras pun membawanya ke titik kesuksesan seperti sekarang. Selain jadi penyanyi dangdut, wanita kelahiran Jember, Jawa Timur ini juga sudah banyak membintangi film dan sinetron.

Kini, tentu sudah banyak orang yang mengenal namanya. Tak heran Dewi kini punya hunian mewah dengan konsep elegan. Bahkan rumahnya yang berada di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan ini disebut-sebut ditaksir seharga Rp50 miliar.

Lewat video di kanal YouTube Indah Sari Official dan Maia Estianty beberapa waktu lalu, publik bisa melihat betapa mewahnya isi rumah yang dibangun Dewi. Tampak ia memperlihatkan beberapa bagian rumahnya.

Rumah Dewi terdiri dari tiga lantai dengan mengusung gaya minimalis bernuansa putih. Di lantai dasar, terdapat garasi berukuran luas yang bisa memuat hingga tiga mobil sekaligus.

Wanita yang akrab disapa Depe ini punya dapur kotor dan bersih yang letaknya berdekatan. Dapur kotor didominasi warna hitam dan putih, sedangkan dapur bersih bernuansa cokelat.

Pemandangan dapur bersih langsung menghadap ke kolam renang. Di tempat inilah wanita berusia 36 tahun ini biasanya bersantai maupun melakukan yoga.

Kemudian, ada pula kulkas dua pintu dengan ukuran besar diletakkan di sudut area dapur bersih. Dapur bersih milik Dewi Perssik ini berada di sebelah ruang televisi.


Alasan Bikin Lift

Sementara dapur kotor memiliki empat kompor tungku dan bersebelahan dengan garasi. Di dalam dapur kotor juga terdapat rak lemari yang berisi berbagai peralatan masak. Tak hanya di dapur bersih, di dalam dapur kotor juga terdapat kulkas dengan ukuran besar. Lalu, di area kolam renang yang cukup luas terdapat ruang musala.

Depe juga menyediakan kamar tamu yang menghadap langsung ke kolam renang. Di dalamnya ada kamar mandi tamu yang didesain mewah. Ada wastafel dengan kaca yang cukup besar, serta didominasi warna putih dan cokelat.

Rumah Depe juga dilengkapi lift. "Ini rumahnya kayak semi mal, soalnya luas banget. Ada lift dan banyak kaca-kaca besar," ujar Indah Sari saat menyambangi rumah Depe. Menurut Dewi, ia punya alasan khusus membuat lift di rumahnya.

"Selain bisa lebih cepat buat turun naik ke lantai atas ke lantai bawah, tadinya aku memang sengaja bikin lift karena waktu itu almarhum papi aku mau tinggal di sini," terang Dewi.

"Kalau ada lift, papi aku jadi lebih gampang turun naik karena pakai kursi roda. Tapi aku pindah ke sini, papi aku sudah keburu pergi, ya memang sudah kehendak Tuhan," sambungnya.


Dinding Kaca

Yang unik, Depe punya ruang pole dance pribadi yang terletak di lantai dua rumahnya. Menurut Dewi, ia suka melakuka pole dance karena bisa membantu tubuhnya tetap fit dan menurunkan berat badan.

Sementara itu, ruang tamunya juga terletak di lantai dua. Di ruang tersebut nantinya masih akan ditambah dekorasi interior. Ada pula beberapa furnitur yang masih ditutup kain.

Di ruang tamu tersebut juga ada dinding full kaca yang bisa dibuka lebar dan menghadap langsung ke pohon rambutan di halaman depan. Suasananya terkesan begitu sejuk dan nyaman.

Dewi juga menunjukkan kamar tidur utama. Di ruangan itu terdapat lemari berukuran besar yang ia gunakan untuk menyimpan koleksi busana Muslim yang jadi bisnisnya. Uniknya, bagian kamar mandi Dewi ini memiliki dinding kaca yang bisa tembus langsung ke kamar tidur.

Depe juga sempat mengungkap harga rumah mewahnya itu. "Alhamdulillah, ini rumah hasil kerja keras aku selama belasan tahun, harganya ini Rp50 miliar aja. Tapi, kalau ada yang mau enggak apa-apa deh aku jual soalnya rumahnya kan di pinggir jalan, jadi suasananya agak ramai. Aku maunya yang agak di dalam gitu biar enggak terlalu bising," tuturnya.


Rumah Masa Kecil

Meski begitu, Dewi mengaku tetap kerasan dan betah di rumahnya yang luas dan nyaman. Selain di Jakarta, pemilik nama asli Dewi Murya Agung ini juga punya rumah di kampung halamannya di Jember yang dihuni ibu dan kakak-kakaknya.

Dalam sejumlah unggahan di akun Instagram-nya, Depe memperlihatkan beberapa bagian rumahnya. Meski terlihat sederhana, rumah tempat Dewi menghabiskan masa kecilnya tampak begitu luas.

Ada kolam ikan, taman, dan pohon mangga yang membuat suasana semakin asri. Terdapat pula ayunan yang diletakkan di jalan masuk bangunan utama rumah Dewi. Ayunan itu biasa digunakan untuk bersantai.

"Aku dulu suka duduk-duduk di ayunan ini. Biasanya sambil ngobrol sama kakak-kakak aku atau sama temen-temen sekolah aku," kenangnya.

Ia pun memperlihatkan ruangan keluarga yang dilengkapi televisi dan jadi tempat favorit mendiang ayahnya. Menariknya lagi, rumah pedangdut ini juga dilengkapi musala yang cukup luas.

Area ruang keluarga didominasi warna putih dengan perabotan lawas dari kayu. Ruangan ini juga memiliki sofa nyaman berwarna hitam. Di halaman belakang rumah terdapat kolam renang tempat Dewi bermain saat masih kecil. Bentuknya mirip seperti area wisata anak-anak.

Hasil Kesepakatan B20 Summit 2022

HEADLINE: B20 Summit Menuju KTT G20, Apa Kesepakatan Dicapai Guna Percepat Ekonomi Dunia Pulih?

Liputan6.com 2022-11-15 00:00:00
Banner Infografis B20 Menuju KTT G20 Diwarnai Aktris Hollywood dan Tokoh Dunia, Tantangan Bak Spiderman dalam Kemelut Multiverse (Liputan6.com/Abdillah)

Semua mata tertuju ke Bali. Pulau Dewata ini menjadi saksi pertemuan para pebisnis nasional hingga dunia. Mereka berkumpul menghadiri B20 Summit 2022.

B20 Summit 2022 digelar selama dua hari tepatnya 13 dan 14 November 2022 di Nusa Dua Bali. Pertemuan ini merupakan side events dari KTT G20 Bali yang digelar pada 15-16 November 2022.

B20 Summit 2022 bisa dikatakan sukses digelar. Forum dialog resmi Negara G20 dengan komunitas bisnis global ini telah ditutup Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 14 September 2022.

Kesuksesan acara ini terlihat dari pembicara dan tamu yang hadir. Ketua B20 Indonesia Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, B20 Summit 2022 dihadiri oleh 2.000 peserta dari lebih 69 negara.

Nama-nama pembicara pun tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebut saja CEO Tesla Elon Musk. Orang terkaya di bumi ini semula ingin hadir fisik ke Bali tetapi akhirnya batal.

"Anda tahu beban kerja saya baru-baru ini meningkat cukup banyak. Maksudnya, saya memiliki terlalu banyak pekerjaan di sini," ungkap Elon menjawab pertanyaan pembatalan kehadirannya ke Bali, Senin (14/11/2022).

Selain Elon Musk, Pemilik e-commerce Amazon Jeff Bezos juga menjadi salah satu pembicara. Di B20 Summit 2022 ini Jeff Bezos berbicara mengenai keseimbangan pertumbuhan ekonomi global dan perlindungan lingkungan.

Tak Ketinggalan Anne Hathaway yang merupakan artis sekaligus Goodwill Ambassador for UN Women. Dalam gelaran ini Anne Hathaway membicarakan soal kesetaraan gender.

Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, untuk menghadapi ketidakpastian dan tantangan secara global, diperlukan kerjasama multi-stakeholder. Layaknya Spiderman yang mampu bekerja sama dalam menghadapi masalah yang ditimbulkan oleh musuh. Maka, dunia pun bisa menghadapi berbagai masalah dengan cara kolaborasi.

"Sekarang, seperti Spiderman yang menghadapi berbagai masalah dari seluruh Multiverse. Begitupun dunia saat ini menghadapi banyak masalah dan tantangan beragam mulai dari efek menakutkan Covid, hingga meningkatnya inflasi, masalah pangan dan energi, kelangkaan, dan perkiraan pertumbuhan ekonomi yang melambat," kata Shinta dalam sambutannya di acara B20, Minggu 13 November 2022.

Tidak ada satu negara, maupun satu perusahaan, bahkan satu institusi mampu menyelesaikan masalah ini sendirian. Oleh karena itulah, adanya B20 dan G20 berguna untuk membangun dan membina kolaborasi multi pemangku kepentingan untuk menjawab tantangan yang dihadapi dunia saat ini.

"Jadi tahun ini B20, Indonesia telah merumuskan program-program yang dipelopori oleh gugus tugas dan dewan aksi, dan B20 mendukung mereka Gugus tugas kami untuk menghasilkan solusi," ujarnya.

Komunike Diserahkan ke KTT G20

Shinta melanjutkan, di gelaran ini B20 dibahas mengenai kerja sama antara pemerintah dan swasta. Hal ini, menjadi titik baru yang dibahas di Presiden G20 Indonesia.

"Kali ini kita akan fokus pada rekomendasi kebijakan dan program-program turunan. Kita punya banyak diskusi yang akan diarahkan oleh pemimpin bisnis dan pemimpin organisasi global untuk mendorong proses pengembangan di B20-G20," kata dia.

Selanjutnya, setelah beragam bahasan, kesimpulan nantinya akan disampaikan ke tingkat kepala negara. Dengan begitu, akan disampaikan juga dalam forum di tingkat kepala negara atau KTT G20. "Kita akan menyampaikan komunike untuk nantinya mendorong aksi dari para pemimpin G20," ujarnya.

Kemudian dokumen komunike atau kesepakatan bersama ini akan dilanjutkan ke perhelatan G20 ke depan, yakni kepada India. Dengan begitu, bahasan sektor bisnis negara G20 akan terus berlanjut.

"Kami harap hubungan erat yang dibangun dalam beberapa bulan terakhir ini bisa dilanjutkan kedepannya," kata Shinta.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasyid mengungkap kalau komunike dari gelaran B20 bukan sekadar dokumen kesepakatan. Tapi, ini disebut sebagai salah satu inisiatif penting di sektor bisnis kedepannya.

"Komunike ini bukan sebatas dokumen, tapi ini jadi langkah lanjutan sebagai inisiatif dan mengedepankan kolaborasi antara pemerintah dan pelaku usaha swasta," terangnya.

Guna mendukung kesepakatan ini, Arsjad berharap tiap pemangku kepentingan bisa bergandeng tangan. Tujuannya agar kolaborasi antara dua pihak ini tak sekadar kerja sama satu waktu.

"Dan kita bisa mencapai itu dengan bersama-sama, bergotong royong. Terima kasih semuanya telah menyukseskan B20 Summit, mari kita dorong inovasi, inklusi, dan kolaborasi bersama," tutup Arsjad.


3 Capaian Penting B20 Summit 2022

Arsjad Rasyid melanjutkan, sejumlah hal yang jadi perhatian sepanjang forum pebisnis G20. Mulai dari transisi energi, dukungan UMKM dan perempuan, hingga penguatan kesehatan global.

Menarik, isu keterlibatan UMKM jadi kesempatan pertama kali dibawa ke forum tertinggi pebisnis sepanjang sejarah G20. Ini pula yang disebut-sebut jadi motor pertumbuhan ekonomi di berbagai negara.

"Ketiga elemen ini adalah kunci untuk memastikan pertumbuhan bersama yang berkelanjutan dan inklusif bagi semua negara," kata dia dalam B20 Summit Indonesia, Senin (14/11/2022).

Secara khusus peran UMKM yang bisa jadi pemeran utama pertumbuhan ekonomi dunia. Bahkan, lebih dari 65 persen PDB Indonesia ditopang oleh UMKM.

Pada konteks ini, Arsjad mengungkap kalau prioritasnya adalam mendorong pertumbuhan inklusif dari UMKM di tangan perempuan.

"Untuk tujuan ini, kami telah membentuk Inisiatif pemberdayaan perempuan global, yang bertujuan untuk memfasilitasi inklusi perempuan dalam ekonomi global melalui bimbingan dukungan pelatihan, pendanaan, dan lainnya. Prakarsa ini akan diselenggarakan oleh Organisasi Pengusaha Internasional," ungkapnya.

Dia juga menyebut telah mulai menggerakkan UMKM untuk masih ke rantai pasok global yang dinilai kompleks. Tentunya, membawa potensi UMKM yang menyumbang lebih dari 60 persen PDB Indonesia.

"Hal ini diharapkan dapat membuka pertumbuhan yang substansial dan kami berharap program ini dapat direplikasi di tempat lain," paparnya.

Pesan Jokowi ke India

Presiden Jokowi mengatakan hal yang sama. Berpesan kepada India untuk meneruskan cita-cita pengembangan UMKM saat melanjutkan Presidensi B20 dan G20 pada 2023.

"Berkaitan dengan digitalisasi, saya titip yang besar agar membawa (pelaku usaha) yang kecil, (pengusaha) yang besar mau membesarkan usaha-usaha kecil, usaha mikro agar mereka tidak tertinggal," pinta Jokowi.

Jokowi pun menceritakan upaya Pemerintah Indonesia pada 3 tahun terakhir dalam memasukan pelaku UMKM ke platform digital. Dari total sekitar 64 juta UMKM di Nusantara, sekitar 19 juta diantaranya sudah masuk ke ranah digital.

"Target kita di 2024 kita harapkan sudah mencapai di atas 30 juta (UMKM). Artinya, yang kecil-kecil ini jangan dijegal," imbuh Jokowi.

Tak lupa, ia pun memandatkan India agar mau meneruskan misinya dalam mengembangkan sektor UMKM, saat mengemban tugas selaku pemegang Presidensi B20 dan G20 2023.

"Saya titip kepada India, agar nantinya juga yang usaha-usaha kecil, mikro ini juga masih dibawa lagi diteruskan. Terakhir saya mengucapkan selamat bekerja bagi Presidensi B20 India di tahun depan, saya optimis B20 akan semakin solid dan terus berkembang," pungkas Jokowi.

Tak hanya untuk UMKM, digitalisasi juga mampu mengubah industri. Presiden Direktur Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Group, Alvin Sariaatmadja menjadi salah satu pembicara di ajang B20 Summit ini menguraikan bagaimana teknologi mengubah lanskap industri, termasuk di Grup Emtek.

Ikut mengapresiasi kebijakan Presiden Joko Widodo yang dinilai berorientasi ke depan, sehingga memberikan dampak positif dalam skala yang lebih luas.

Alvin memaparkan bagaimana inovasi teknologi membuka peluang bagi munculnya bisnis-bisnis baru yang bisa tumbuh cepat dan besar jika menyediakan layanan yang relevan dan memiliki nilai tambah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

"Jadi, ada perombakan besar-besaran di berbagai industri di mana pemain baru muncul berkat inovasi teknologi," kata Alvin.


Transisi Energi

Arsjad mengungkap prioritas lainnya yang mencatatkan hasil. Misalnya, penguatan dalam upaya transisi energi hijau di berbagai aspek.

"Kami secara aktif mendorong transisi hijau melalui berbagai jalur, termasuk dekolonisasi industri, dan memfasilitasi investasi hijau. Carbon Center of Excellence telah didirikan dengan harapan menginisiasi kolaborasi global atau inisiatif net zero," tuturnya.

"Kami juga memiliki layanan hub Net Zero Emission pertama di Indonesia untuk mendorong dan memfasilitasi komitmen sektor swasta untuk Net Zero Emission," tambahnya.

Mengenai energi bersih ini juga menjadi perhatian dari Jeff Bezos. Ia mengungkapkan pengalaman saat pergi ke luar angkasa dengan Blue Origin beberapa waktu lalu. Bagaimana secara langsung dampak dari perubahan iklim yang mengikis atmosfer bumi.

"Permukaan planet kita terbuat dari lapisan yang sangat tipis dan rapuh. Saya teringat tahun lalu ketika saya pergi ke luar angkasa dengan Blue Origin. Saya diberitahu bahwa melihat Bumi dari luar angkasa mengubah lensa di mana Anda melihat dunia, tetapi saya tidak siap untuk seberapa banyak itu akan benar," kata dia.

Dari pandangannya, atmosfer Bumi terlihat tipis.Pemandangan itu membuat Bumi terlihat sangat indah, termasuk vegetasi, tanah, hingga kondisi laut yang mengesankan Bumi sangat layak dihuni.

"Tapi mereka sedang terdegradasi dan pada tingkat yang mengkhawatirkan. Dunia sedang memanaskan lautan, meningkatnya badai, mengintensifkan lautan kita menjadi asam dan stok ikan kita menurun. Tanah terkikis dan gurun merambah," bebernya.

Guna mengatasi hal ini, dia mengerahkan Bezos Earth Fund yang telah memantau 50 transisi utama bersama berbagai pihak terkait. Tujuannya untuk mengatasi krisis iklim, alam, dan pembangunan ekonomi dunia.

Penguatan Kesehatan

Kemudian, Arsjad melanjutkan, adanya penguatan di sistem kesehatan global untuk bisa menghadirkan pelayanan yang adil. Ini menyatukan unsur pemerintah, industri dan organisasi kesehatan global untuk membuat program vaksinasi yang berkelanjutan di seluruh dunia.

"Ini akan membantu mengurangi ketidaksetaraan vaksin antara global selatan dan utara global dan membantu menutup kesenjangan dalam infrastruktur kesehatan di seluruh populasi dan wilayah di seluruh dunia. Sebagai bagian dari peningkatan perawatan kesehatan dan ketahanan di Indonesia, kami juga telah membantu memfasilitasi kemampuan manufaktur lokal untuk memperkuat kemampuan kesiapsiagaan dan tanggap pandemi Indonesia," tutup Arsjad.

Terkait hal ini, Menteri Keuangan dan Menteri Kesehatan anggota G20 pun telah sepakat membentuk Financial Intermediary Fund (FIF) atau Pandemic Fund.

Adanya Dana Pandemi ini guna mencapai arsitektur kesehatan global yang baik sehingga dunia jadi bisa siap untuk menghadapi pandemi yang bisa datang kapan saja dan menimbulkan ancaman terhadap stabilitas ekonomi dunia.

Berkaca dari pengalaman COVID-19, kegagalan dalam penanganan pandemi dapat mengarah pada terjadinya gangguan stabilitas sosial dan politik, sebagaimana terjadi di sejumlah negara di dunia.


Isu Gender pun Dibahas

Isu gender pun dibahas dalam gelaran ini. Goodwill Ambassador for UN Women, Anne Hathaway mengungkap kenyataan cukup ironis di depan delegasi G20 di Bali. Dia mengungkap kondisi kerja bagi kalangan perempuan di dunia saat ini.

Anne Hathaway mengingatkan soal kesetaraan gender dalam dunia kerja yang masih jadi perjuangan hingga saat ini. Menurut dia, ada waktu yang sangat lama untuk bisa mewujudkan hal tersebut.

"Partisipasi perempuan dalam kekuatan yang setara merupakan hal mendasar untuk kemajuan bagi semua orang. Saya yakin Anda mengetahui bukti yang menunjukkan secara meyakinkan bahwa kesetaraan antara perempuan dan laki-laki membuat kita semua lebih aman, lebih bahagia, lebih sejahtera, dan lebih sukses," kata dia dalam B20 Summit Indonesia.

"Namun, kenyataan yang kita hadapi adalah bahwa dengan tingkat kemajuan saat ini, mungkin diperlukan waktu 300 tahun lagi untuk mencapai kesetaraan gender. Saya harap kita semua setuju bahwa ini terlalu lama tiga abad," tambah aktris Hollywood ini.

Dia menilai dibutuhkan lebih dari harapan untuk mengejar hal tersebut, meski saat ini dunia sedang di posisi yang lebih baik dari sebelumnya.

Ia memandang kemajuan bagi perempuan dan anak perempuan banyak dirampas di berbagai negara.

Pandemi Melemahkan Perempuan

Managing Director of Development Policy and Partnership Bank Dunia, Mari Elka Pangestu, menilai pandemi Covid-19 telah melemahkan posisi kaum perempuan di dunia kerja.

Mantan Menteri Perdagangan tersebut mengatakan, di samping kehilangan pekerjaan, pandemi Covid-19 memang lebih berdampak terhadap perempuan dibanding laki-laki untuk sejumlah alasan.

"Pertama, kebanyakan pekerja di bidang kesehatan adalah perempuan. Jadi mereka yang paling terkena dampak," kata Mari Elka Pangestu.

Alasan lainnya, banyak perempuan pekerja di bidang kesehatan dari negara berkembang tidak turut dilindungi layanan kesehatan. Di sisi lain, kekerasan berbasis gender terhadap perempuan disebutnya meningkat.

"Keempat, perempuan lebih mungkin kehilangan pekerjaan karena mereka harus berdiam di rumah, mengasuh anaknya yang tidak pergi ke sekolah atau orang tuanya yang lanjut usia," papar Mari.


Sesuai dengan Arah Dunia

Ekonom dari Institute for Development of Economic and Finance (Indef) Eko Listiyanto mengungkap kalau bahasan di forum bisnis G20 atau B20 telah sesuai dengan arah dunia ke depan. Harapannya, ini bisa memberikan hal positif mengenai investasi ke dalam negeri.

Eko memandang topik-topik itu jadi hal penting kedepannya. Apalagi, dibarengi dengan kebijakan yang sesuai dalam mendukung dunia usaha.

"Kalau menurut saya isu yang diangkat B20 sudah tepat, sejalan dengan tren bisnis ke depan yang lebih mengarah ke keberlanjutan lingkungan, kesehatan dan energi terbarukan," kata dia kepada Liputan6.com.

Hal ini akan semakin berdampak positif jika bisa didukung oleh sektor keuangan. Sehingga pertumbuhan sektor bisnis akan semakin pesat.

"Maka mau tidak mau sektor bisnis akan mengikuti karena sumber dananya dari sektor keuangan. Jadi, harusnya positif bagi investasi," ungkapnya.

Sementara itu, Eko menekankan hal yang kurang menjadi perhatian dalam B20. Yakni aspek keterlibatan UMKM dan kerja sama antar perusahaan besar dan UMKM.

Topik ini perlu jadi perhatian penting. Sebab, Indonesia dan negara berkembang lainnya banyak ditopang oleh tumbuhnya UMKM.

"Kalau untuk Indonesia dan negara berkembang, sebenarnya isu kemitraan antara usaha UMKM dan usaha besar perlu juga dibahas di forum bisnis G20, sehingga ekonomi kedepan tidak makin timpang," ujarnya.

Pengamat dari Indonesia Strategic and Economic Action Institution Ronny P Sasmita melihat, isu kerja sama antara pemerintah dan perusahaan swasta menjadi salah satu bahasan dalam forum pebisnis G20 atau B20.

Alasannya, isu ini jadi salah satu yang bisa mendorong investasi. Syaratnya, pebisnis kelas dunia perlu menaruh perhatian agar lebih mendetail.

"Investasi berupa public private partnership investment sangat krusial, terutama jika dikaitkan dengan isu utama yang dibawa pada G20 kali ini," kata dia kepada Liputan6.com.

Isu kesehatan, penekanan emisi karbon, energi terbarukan, hingga transformasi digital memerlukan kolaborasi kedua belah pihak. Sehingga pada akhirnya bisa mencapai tujuan isu-isu prioritas di Presidensi G20 Indonesia kali ini.

"Semuanya memerlukan kolaborasi pemerintah dan swasta, karena membutuhkan nominal investasi yang tidak sedikit. Karena itu, pola-pola public private partnership investment ini perlu dibuat sampai mendetail, terutama untuk Indonesia, agar investor-investor global bisa segera terlibat di Indonesia," bebernya.

Ronny memiliki pandangan kalau tiga isu utama di G20 kali ini cukup tepat dan kontekstual sebagaimana yang dihadapi dunia kali ini. Namun, di sisi lain, imbas dari hal ini bakal terasa di sektor-sektor tertentu saja.

"Isu kesehatan terkait erat dengan sektor kesehatan secara komersial di satu sisi dan kesehatan sebagai barang publik di sisi lain. Di mana berbagai aturan main yang terkait dengan kesehatan publik akan berpengaruh pada aktivitas ekonomi. Isu ini muncul tentu karena pandemi yang melanda dunia selama dua tahun belakangan," papar dia.

Sementara itu, di sisi energi terbarukan, ada peluang investasi yang produktif di Indonesia. Ini bukan hanya soal komoditas nikel yang jadi tumpuan.

"Tapi juga dari sisi urgensi transisi ke energi terbarukan secara bertahap bagi Indonesia agar ketergantungan pada BBM Impor bisa dikurangi dan ketergantungan pada penggunaan energi kotor juga bisa dikurangi," terangnya.