Joe Biden Hormat ke Jokowi

Kala Joe Biden Hormat ke Jokowi di KTT G20

Liputan6.com 2022-11-15 16:57:00
Presiden AS Joe Biden memberikan gesture hormat saat bertemu Jokowi di lokasi KTT G20 Bali, The Apurva Kempinski. (Youtube/Sekretariat Presiden)

Selasa 15 November 2022 pagi para pemimpin dunia dan delegaso negara G20 menuju The Apurva Kempinski Bali, lokasi KTT G20 digelar. Satu per satu disambut oleh Jokowi sebelum melakukan sesi foto bersama.

Di antara pemimpin negara dan delegasi G20 yang hadir, Presiden AS Joe Biden menjadi satu-satunya yang memberikan gesturehormat kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Pantauan Liputan6.com dari akun YoutubeSekretariat Presiden, Selasa (15/11/2022), Joe Biden memberi 'hormat' kepada Jokowi sesaat sebelum naik panggung tempat sesi foto dilakukan. Ia kemudian terlihat menyalaminya lalu berfoto dan turun menuju venue acara.

KTT G20 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali segera mempertemukan para pemimpin dunia untuk duduk bersama dan melakukan dialog guna menemukan solusi untuk permasalahan global.

Sementara menurut pantauan Liputan6.com dari Media Center di Nusa Dua, Bali, sebelumnya pemimpin dunia lainnya juga telah hadir. Mereka adalah Sekjen WHO, Delegasi ILO, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, PM Belanda Mark Rutte, PM Kanada Justin Trudeau, Presiden Argentina Alberto Fernandez, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan hingga PM Inggris Rishi Sunak dan sejumlah pemimpin lainnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi bertemu sudah bertemu Presiden Amerika Serikat di Bali, sebelum penyelenggaraan KTT G20 yakni pada Senin 14 November.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi tampak mengenakan setelan jas hitam, sementara Joe Biden dengan setelah jas biru.

Dalam siaran diunggah oleh akun Sekretariat Presiden, Jokowi mengucapkan selamat datang pada Joe Biden.

"Presiden Joe Biden selamat datang di Bali, selamat datang di Indonesia.Saya sangat menghargai kedatangan Presiden Joe Biden KTT G20 Bali," kata Jokowi pada Senin (14/11/2022).

"Oleh karena itu saya sampaikan apresiasi kedatangan di KTT G20."

"Saya berharap KTT G20 bisa menghasilkan kerja sama yang konkret yang dapat membantu dunia dalam pemulihan ekonomi global."

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba di Bali pada Minggu (13/11/2022) malam sekitar pukul 21.45 WITA di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Kedatangan Presiden AS Joe Biden disambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.


Ada Gala Dinner G20, Jalanan di Kawasan Garuda Wisnu Kencana Bali Ditutup Mulai Sore Ini

Sementara itu, Polri akan menutup sejumlah jalan dan mengalihkan arus lalu lintas di sekitar kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK), Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali. Penutupan ini dilakukan, lantaran ada gala dinner para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Direktur Penegakkan Hukum (Dir Gakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan, penutupan dan pengalihatan arus itu akan dilakukan dalam dua waktu yakni pukul 17.30-19.30 Wita dan 20.30-22.00 Wita.

"Nanti 17.30 Wita, pada saat menjelang gala dinner di GWK kita tutup kembali arus lalu lintas menuju GWK. Karena tamu negara banyak di Nusa Dua Utara, maka jalan Nusa Dua Utara menuju GWK kita tutup dari 17.30 sampai 19.30 Wita," kata Aan, Selasa (15/11/2022).

"Dan pukul 20.30 hingga pukul 22.00 Wita, ditutup kembali untuk para delegasi kembali ke tempat akomodasi," lanjut dia.

Dia pun meminta maaf kepada masyarakat dan wisatawan di Bali jika nantinya ada sejumlah penutupan, dan pengalihan arus lalu lintas selama gelaran acara tersebut.

Jajarannya pun telah menyiapkan sejumlah rute alternatif untuk masyarakat dan wisatawan jika nantinya ada penutupan jalan.

"Masyarakat Bali dan wisatawan mudah-mudahan bisa memahami jika adanya kepadatan dan pengalihan. Kita sudah menyiapkan backup ada penebalan untuk mengurai kepadatan," tutur Aan.

Untuk mengurangi aktivitas masyarakat, Pemerintah Daerah (Pemda) Bali juga sudah mengeluarkan surat edaran agar aktivitas belajar dan perkantoran dapat dilakukan di rumah. Apalagi, dua hari ini adalah puncak dari rangkaian KTT G20.


Spouse Program G20, Ibu Negara Korea Selatan Makan Rujak Bareng Iriana

Yang tak kalah jadi sorotan adalah Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon Hee menikmati rujak dan emping dalam kunjungannya ke KTT G20 di Bali. Ia menikmati makanan khas Indonesia itu dalam acara yang dipandu Ibu Negara RI Iriana Jokowi.

Para pasangan pemimpin G20 memang diajak untuk jalan-jalan dalam acara Spouse Program. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif turut menyediakan kuliner dan pameran seni lokal.

Rujak dan emping menjadi bagian dari menu lokal yang disajikan kepada para peserta Spouse Program.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf, Rizki Handayani Mustafa, menyebut bahwa Ibu Negara Korea Selatan juga turut menikmati sajian tersebut.

Rizki menjelaskan rujak yang disantap memiliki jambu, salang yang dipotong tipis, hingga bengkoang.

Ada perwakilan enam negara yang hadir di acara Spouse Program. Selain Korea Selatan, ada China, Spanyol, Jepang, Turki, dan dari Uni Eropa. Perwakilan dari Uni Eropa adalah suami Presiden Komisi Eropa, yakni Heiko von der Leyen.

"Mereka terhadap apa yang kita pamerkan sangat tertarik," ujar Rizki Handayani di Media Center G20 di Bali, Selasa (15/11/2022).

Rizki juga menjelaskan bahwa para perwakilan negara bergaul dengan akrab dengan Ibu Negara RI Iriana.

Wakil Menparekraf Angela Tanoesoedibjo berkata bahwa acara Spouse Program berhasil digelar dengan sukses.

"Berdasarkan obvervasi kami, para pasangan menikmati acara pagi ini dan mengapresiasi tampilan persatuan dan keanekaragaman Indonesia dari Aceh ke Papua. Kami berharap Spouse Program dapat menjadi pandangan sekilas dari keramahtamahan Indonesia yang terkenal, pariwisata, dan ekonomi hijau," ujar Angela Tanoesoedibjo.


Joe Biden Kagum Tari Bali: Amazing, Wonderful!

Sebelumnya, pada Minggu (13/11/2022) malam sekitar pukul 21.45 WITA, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba di Bali di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali untuk menghadiri KTT G20.

Kedatangan Presiden AS Joe Biden disambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, dan sejumlah penari yang menunjukkan tarian Bali.

Sandiaga bercerita, sembari berjalan kaki dan disambut tarian Bali, Joe Biden menyampakan sangat kagum terhadap tarian tersebut. "Dia sangat kagum dan dia ucapkan 'amazing, splendid, wonderful'. Sebagai rasa terima kasih dia mengucapkan 'thank you' kepada para penari.

Pada kesempatan tersebut, Sandiaga mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Presiden AS Joe Biden atas kesediaanya menghadiri KTT G20. "Atas nama pemerintah, bangsa dan rakyat Indonesia kami menyampaikan keinginan untuk lebih banyak kunjungan dan kerja sama sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," katanya.

"Saya mendapat kehormatan dan tugas dari negara untuk menyambut Bapak Presiden Joe Biden yang mendarat di Bali malam ini sekitar pukul 21.45 WITA menggunakan pesawat Air Force One," ujar Sandiaga, Minggu malam di Denpasar Bali.

Sandiaga juga mengatakan kunjungan wisatawan dari AS beberapa waktu belakangan mengalami peningkatan. Ia pun mengungkapkan harapannya di hadapan Biden agar produk-produk ekonomi kreatif Indonesia semakin diminati, terutama produk fashion, kuliner dan produk kerajinan tangan.

Solusi Macet Bukan Mobil Terbang

Solusi Kemacetan ala Elon Musk: Bukan Mobil Terbang, tapi Terowongan

Liputan6.com 2022-11-15 15:00:27
Elon Musk. (AP Photo/Susan Walsh, File)

PT VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR), anak usaha PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), mengajak CEO Tesla Inc Elon Musk membangun terowongan anti macet di negara berkembang pada saat pimpinan dua perusahaan itu dialog di B20 Bali.

Wacana membangun terowongan anti macet ala Elon Musk di luar Amerika sempat mengemuka pada B20 Summit yang bertajuk "Navigating Future Disruption of Global Technological Innovation."

"Apakah anda tertarik membangun proyek terowongan Boring Company di negara berkembang. Khususnya mungkin memakai bus listrik?," kata Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia sekaligus Presiden Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) Anindya N Bakrie dikutip dari Antara, Selasa (15/11/2022).

Elon menyambut baik gagasan itu, karena terowongan anti macet dengan kendaraan listrik adalah solusi macet dan polusi di perkotaan bukan mobil terbang yang dibayangkan ada di masa depan. Elon telah membangun terowongan anti macet di Las Vegas. Terowongan ini dibangun oleh perusahaannya, Boring Company.

Terkait wacana tersebut, VKTR yang bergerak di bidang elektrifikasi kendaraan, menyambut baik dan siap berkolaborasi dengan Elon Musk jika benar akan membuat proyek tersebut. Apalagi VKTR selama ini berpengalaman membantu banyak pihak dalam elektrifikasi kendaraan umum.

"Kami mendukung gagasan tersebut dan kami siap berkolaborasi dengan Tesla atau Boring Company," kata CEO VKTR Gilarsi W Setijono.


Terowngan Anti Macet

Ia mengatakan terowongan anti macet dengan kendaraan listrik ini menarik, karena bakal menjadi solusi dua masalah utama perkotaan yaitu kemacetan dan polusi udara.

"Bus listrik saja sudah menghadirkan banyak solusi untuk masalah polusi dan kemacetan. Jika ditambah dengan terowongan anti macet, maka solusi macetnya akan berlipat ganda," katanya.

VKTR, lanjutnya, selama ini telah banyak bekerja sama dengan berbagai pihak terkait elektrifikasi kendaraan, dari pemerintah daerah, BUMN, serta swasta dalam dan luar negeri, sampai universitas.

"Ini bentuk komitmen kami mendukung pemerintah mencapai target Net Zero Emission pada tahun 2060," jelasnya.


Hadir Virtual di B20, Elon Musk Pakai Batik Bomba dari Daerah Penghasil Nikel di Sulteng

CEO Tesla Elon Musk hadir secara virtual sebagai salah satu pembicara dalam gelaran KTT B20 yang merupakan bagian dari KTT G20.

Elon Musk mengisi sesi summit 1-on-1 dengan tema "Navigating Future Disruption of Global Technological Innovation". Sesi tersebut dimoderatori oleh CEO dan President Bakrie & Brothers, Anindya Bakrie.

Kehadiran Elon Musk mencuri perhatian peserta yang hadir, terutama Anindya Bakrie. Lantaran, Elon Musk menggunakan batik warna hijau dan hadir secara virtual dengan background hitam.

"Terima kasih karena telah memakainya. Batik itu kami kirimkan dari 15.000 kilometer (km) jauhnya," kata Anindya Bakrie saat menjadi moderator dalam diskusi bersama Elon Musk, di Bali, Senin (14/11/2022).

Anindya Bakrie menjelaskan kepada Elon Musk bahwa batik yang digunakan oleh Musk berasal dari sebuah desa kecil di Sulawesi Tengah di mana daerah tersebut merupakan penghasil nikel.

"Batik Bomba, batik yang anda gunakan berasal dari sebuah desa kecil di Sulawesi Tengah. Ini tempat di mana Anda akan menemukan banyak nikel, jadi mungkin Anda ingin mengunjunginya," ujar Anindya.


Tidak Bisa Hadir Fisik

Lebih lanjut, Anindya Bakrie mengungkapkan kesedihannya karena Elon Musk tidak bisa hadir fisik ke Bali. Dia pun bertanya langsung kepada Elon Musk, kenapa tidak bisa hadir."Jika saya jadi Anda, saya akan terbang ke Balu dan sedikit liburan. Kenapa anda tidak melakukan itu?" tanya Anindya kepada Elon Musk.

Elon Musk pun mengungkapkan alasannya tidak hadir dalam B20 karena banyak pekerjaan yang harus di selesaikan. Sehingga dia tidak bisa hadir langsung ke Bali.

"Itu luar biasa. Tapi, Anda tahu beban kerja saya baru-baru ini meningkat cukup banyak. Maksudnya, saya memiliki terlalu banyak pekerjaan di sini," ungkap Elon.

Tampil Cantik, Ibu Negara Korsel Dicibir

Potret Istri Presiden Korea Selatan Dicibir Oposisi, Dituding Cosplay Gaya Audrey Hepburn

Liputan6.com 2022-11-15 17:02:57
Potret Kim Koen Hee Mengunjungi Anak yang Sakit Jantung Bawaan di Pnom Penh, Kamboja pada Sabtu (11/12/2022). (Yonhap News/https://www.instagram.com/p/Ck4UeuoBBjP/?hl=en/Geiska Vatikan)

Sosok istri Presiden Korea Selatan, Kim KeonHee, kembali jadi pembicaraan. Bukan soal tampilannya yang bak sosialita saat mengunjungi Bali untuk mendampingi Presiden Yoon Suk Yeol, tapi gayanya saat mengunjungi rumah anak laki-laki yang mengidap sakit jantung bawaan di Phnom Penh, pada 12 November 2022.

"Kamu bisa mengalahkannya, kan? Lekas sembuh dan mari kita bertemu di Korea Selatan," ucap Kim dikutip dari laman Korea Times pada Selasa (15/11/2022).

Pemerintah Kamboja sebelumnya telah menyiapkan acara budaya untuk pasangan terkemuka negara yang hadir di Angkor Wat. Alih-alih datang ke acara tersebut, Kim memilih untuk mengunjungi rumah anak laki-laki itu.

Kim seharusnya menemui anak laki-laki itu saat ia mengunjungi Pusat Medis Hebron di Phnom Penh, Kamboja, sebuah fasilitas kesehatan yang didirikan oleh seorang dokter anak Korea Selatan pada 2007. Namun, anak laki-laki itu tidak bisa datang ke tempat tersebut karena kondisi kesehatannya.

Kunjungan Kim ke rumah anak laki-laki itu terlihat pada unggahan di Facebook, yang terekam sedang menggendong anak laki-laki di pangkuannya sambil menatap kejauhan. Ibu negara Korea Selatan saat itu mengenakan kemeja polo lengan pendek berwarna hitam yang dipadu dengan celana putih.

Warganet Korea Selatan kemudian membandingkan foto tersebut dengan foto bintang Hollywood, Audrey Hepburn. Dalam foto lawas, bintang Breakfast at Tiffany's itu mengenakan kemeja polo dengan celana chino saat berkunjung ke pusat bantuan pangan yang didukung UNICEF di Baidoa, Somalia pada 1992 lalu. Ia menggendong seorang anak sambil menatap ke kejauhan.


Cibiran Oposisi

Unggahan ini menuai kecaman dari blok oposisi politisi Korea Selatan. Belakangan, unggahan tersebut tidak bisa lagi ditemukan di akun media sosial itu.

Perwakilan Partai Demokrat Korea (DPK) Kim Yong Min menilai bahwa istri dari Presiden Korea Selatan itu tengah meniru aktris Inggris itu. "Jika Anda ingin meniru seseorang, cobalah meniru semangat dan pengorbanannya, bukan pose atau pakaiannya," tulis Kim di Facebook.

Tidak hanya itu, mantan anggota parlemen DPK Kim Jin Ae juga menulis di Facebook, "Apakah dibenarkan di arena diplomatik untuk menolak jadwal acara resmi pasangan?" dan menambahkan, "Mengapa ada begitu banyak foto Kim? Ibu negara adalah figur publik bukan selebriti."

Mantan Kepala Badan Intelijen Nasional, Park Jie Wwon, juga gatal menanggapi. Ia sempat berkomentar, "Dia melewatkan program pasangan resmi dan cosplay Audrey Hepburn di rumah bocah yang sakit itu."

Kunjungan Kim Kun Hee ke Kamboja adalah untuk mendampingin Presiden Yoon Suk Yeol menghadiri pertemuan puncak Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN. Selama kunjungan, presiden dijadwalkan menghadiri KTT Korea Selatan-Asean, KTT Asia Timur, dan KTT ASEAN plus 3. Pertemuan tersebut membahas program nuklir Korea Utara, ekonomi, keamanan nasional, dan kerja sama dalam urusan regional dan global.


Tidak Hanya Sekali Tuai Kritik

Tidak hanya sekali istri presiden Korea Selatan itu menuai kritik dari warganet dan pendukung partai oposisi. September lalu, terdapat sebuah unggahan viral karena membandingkan foto Kim yang diambil selama perjalanan luar negeri Presiden Yoon dengan foto Jacqueline Kennedy, ibu negara mantan Presiden AS John F. Kennedy.

Mantan ibu negara itu memicu kontroversi ketika dia mengunjungi India selama empat hari sejak 4 November 2018, tanpa mantan Presiden Moon. Selama perjalanannya, dia menggunakan jet kepresidenan yang memasang lambang presiden dan mengunjungi Taj Mahal, memicu kritik bahwa dia telah pergi ke pesta makan.

Mantan kepala Badan Intelijen Nasional turut berkomentar mengenai hal ini. "Selama pertemuan dengan warga negara Korea di Kamboja, dia mengenakan gaun tanpa lengan, yang mirip dengan yang dikenakan Jackie Kennedy di masa lalu," ucapnya.

Partai Kekuatan Rakyat (PPP) membandingkannya dengan perjalanan kenegaraan mantan istri Presiden Moon Jae In, Kim Jun Sook, ke India 2018 lalu. "Bahwa semua yang dilakukan Kim Jung Sook adalah kebajikan, dan semua yang dilakukan Kim Keon-hee adalah bencana," tulis Perwakilan PPP Kim Gi-hyeon.

"Saya lebih suka ibu negara yang melakukan pekerjaan sukarela dengan tetangga kita yang mengalami kesulitan seperti Audrey Hepburn setidaknya seribu kali lebih banyak daripada ibu negara yang bertindak seperti turis."


Bertemu dengan Iriana

Walau banyak kritik dari publik, sebagai istri seorang Presiden Korea Selatan, Kim selalu menemani suaminya untuk melakukan perjalanan dinas. Salah satunya menemani Presiden Yoon untuk menghadiri KTT G20 di Bali, Indonesia.

Penampilan Kim kerap menarik perhatian saat menghadiri beberapa acara bersama suaminya. Gaya busananya tak kalah dari sosialita. Sesaat tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada Minggu, 13 November 2022, Kim terlihat mengenakan atasan putih berlengan pendek dan dikombinasikan dengan rok beige. Rambutnya dikuncir sehingga terkesan fresh, di samping suaminya yang mengenakan setelan jas berwarna hitam dan dasi bergaris biru.

Saat bertemu dengan Iriana Jokowi di Hotel The Apurva Kempinski, Bali, pada Senin, 14 November 2022, Kim kembali menunjukkan kemampuannya memadupadankan busana. Dia mengenakan atasan putih berlengan pendek dengan hiasan emblem bendera Korea Selatan dan memakai rok berwarna biru dan coklat selutut.

Rambut yang dikuncir setengah dengan membiarkan poni curtain bangs ala gaya rambut korea serta make up yang natural membuat kesan manis. Banyak warganet menilai pesona Kim tak kalah dengan idol Korea. Kunjungan Presiden Yoon dan Kim di Indonesia untuk menghadiri KTT G20 hingga Rabu, 16 November 2022.

Punya Cicilan Rp 38 M untuk Beli Yacht

Rizky Billar Sebut Tak Pernah Terlibat Utang, tapi Sempat Terang-Terangan Ngaku Punya Cicilan Rp 38 M untuk Yacht

Liputan6.com 2022-11-15 16:00:16
Bak Hotel, Ini 7 Potret Mewah Kapal Rizky Billar Jadi Kado Lesti Kejora (Sumber: Instagram/Leslar Entertaiment)

Rizky Billar baru-baru ini kembali dihantam isu miring. Kali ini, suami Lesti Kejora itu disebut-sebut tengah mengalami masalah keuangan sampai terlilit utang.

Namun secara tidak langsung Rizky Billar menyebut bahwa isu terlilit utang tersebut tidak benar. Rizky Billar menegaskan bahwa selama ini ia tidak pernah terlibat dengan utang.

"InsyaAllah dari dulu saya tidak pernah terlibat utang di manapun," kata pesinetron Jodoh Wasiat Bapak dilansir dari tayangan YouTube Sambel Lalap pada Selasa (15/11/2022).

Namun pernyataan Rizky Billar itu justru mengingatkan masyarakat ke hal lain. Ucapannya soal tak pernah terlibat utang itu kontradiktif dengan apa yang pernah ia sampaikan saat ulang tahun Lesti Kejora beberapa waktu lalu.


Nyicil Rp 38 Miliar

Saat sang istri berulang tahun, Rizky Billar memberikan kado berupa sebuah kapal Yacht seharga Rp 38 miliar. Dalam sebuah vlog, Rizky Billar terang-terangan mengatakan bahwa membeli kapal tersebut dengan cara kredit atau dicicil.

"Ini rencananya tinggal sign kontrak, serah-terima, ya tapi nyicil sih. Karena ya nggak kuat juga sebenarnya, agak mehong juga bro," kata Rizky Billar di kanal YouTube Leslar Entertainment pada 6 Agustus lalu.


Aset

Lesti Kejora sendiri sudah menunjukkan gestur tidak setuju dengan keputusan Rizky Billar yang membeli kapal dengan harga selangit itu. Namun Rizky Billar berkilah bahwa kapal itu bisa menjadi aset baginya di kemudian hari.

"Tapi kan gue pengin one day gue sama istri gue (bisa jadi) aset. Bisa disewain juga, bisa buat mancing, gue kan hobi mancing sekarang," kata Rizky Billar lagi.


Pernyataan Lesti Kejora

Tak hanya itu saja, terkait cicilan itu juga semakin diperkuat dengan perkataan Lesti Kejora yang mengisyaratkan bahwa sang suami memang memiliki cicilan yang kerap membuatnya pusing sendiri.

"Masalahnya, banyak cicilannya Rizky Billar. Punya Rizky Billar, tapi kan tetap entar kalau pusing, uring-uringannya yang ada di rumah siapa?" kata Lesti Kejora kala itu.

Tentara AS Doyan Durian dan Pempek

Ternyata Tentara Amerika Serikat Doyan Durian dan Pempek, Makannya Lahap Banget

Liputan6.com 2022-11-15 15:40:00
sumber:youtubeofficialTNI-AD

Tidak semua orang suka sama durian. Tidak lain karena bau buah ini yang amat tajam.

Namun, apa jadinya jika prajurit tentara Amerika Serikat yang belum pernah sekali pun melihat bentuk asli buah durian, tapi sekali mencicipinya bisa langsung doyan?

Pada awalnya hal itu terjadi ketika seorang Mayor Arm Hanafi bertemu kembali dengan teman lamanya seorang tentara militer Amerika dalam latihan gabungan Staff exercise (staffex).

Latihan gabungan Staff exercise (staffex) bersama dengan Batalion 225 selama Garuda Shield di Baturaja, Sumatera Selatan, memberikan cerita unik tersendiri.

Cerita unik itu bermula dari pertemuan teman lama Kasie Liput Dispenad Mayor Arm Hanafi bersama rekannya seorang tentara militer Amerika, Kapten TJ Jednak.

Mayor Arm Hanafi berteman dengan Kapten Jednak ketika mereka bertemu saat menempuh pendidikan bersama di FA CCC (Field Artillery Captain Career Course) di Fort Sill. Pertemanan ini terus berlanjut hingga keduanya bertemu lagi saat latihan militer bersama di Indonesia.

"Jadi, latihan ini surprise buat saya karena ternyata saya ketemu sama teman. 4 tahun sudah enggak ketemu, teman saya sekolah di Amerika di sini di latihan ini," kata Kasi Liput Dispenad Mayor Arm Hanafi dilansir kanal YouTube resmi Buletin TNI AD.

Hanafi menuntut ilmu di sekolah perwira di Amerika Serikat pada 2016 dan bertemu dengan Jednak. Sejak di Amerika, mereka tidak hanya bertemu saat pelatihan tapi juga di luar pelatihan.

Bahkan, Jednak juga mengajak Hanafi ke rumah untuk bertemu keluarganya.

"Sejak sekolah juga ngajak nonton bareng, nonton bola," kata Hanafi.


Mengajak makan durian sejak di sekolah

Usai berbincang mengenai kenanangan masa lalu, Jednak mengingatkan Hanafi mengenai durian. Hanafi disebut pernah berjanji untuk makan durian saat sekolah dulu.

Awal perbincangan memakan durian bermula ketika Kapten Jednak menanyakan kesatuan lama kepada Kasi Liput Dispenad Mayor Arm Hanafi.

Kapten Jednak mengatakan bahwa Mayor Hanafi selalu bercerita tentang buah durian ketika berada di Fort Sill.

"Di Fort Sill, kamu dulu selalu memberi tahu saya tentang Durian," kata Kapten Jednak.

Mayor Arm Hanafi menjawab, "Oo...Durian. Kamu mau coba? Kamu yakin?," tanyanya.

Kapten Jednak menjawab, "Aku sangat ingin mencobanya. Tentu saja.".

Durian adalah buah khas yang terkenal di Asia Tenggara. Buah ini juga tersebar luas di Indonesia.

Namun, tidak semua orang dapat menyukai durian. Walaupun rasanya enak, tetapi baunya menyengat.

Baunya ini memang menjadi ciri khas dari buah durian. Selain itu, rupa dari kulit itu sendiri juga sangat khas karena tajam seperti duri.


Mencoba Durian

Mereka kemudian mendatangi sebuah tempat jualan durian bersama prajurit TNI dan AS yang lain untuk mencoba buah itu.

"Ambil satu, kupas, buka lalu makan," kata sang Mayor di hadapan para tentara Amerika.

Namun, ketika Kapten Jednak hendak mengambil satu buah durian dengan kedua telapak tangannya, Jednak terkejut karena kedua telapak tangannya tertancap kulit durian yang tajam.

"Aduh. Tajam ya, seperti kaktus," kata Kapten Jednak dengan wajah terkejut.

Mayor Arm Hanafi menjelaskan,"Itulah kenapa saya bilang 'runcing' kan?," katanya.

Kemudian seorang pria berkaos hitam mengangkat satu buah durian untuk Kapten Jednak itu. Sang Kapten pun mulai bisa beradaptasi dengan kulit durian yang dipegang kedua tangannya.

Sementara menurut tentara Amerika lainnya, wangi durian disebut seperti melon.

"Wanginya seperti melon," kata tentara Amerika lainnya kepada Mayor Arm Hanafi, dengan wajah sedikit penasaran.

Selanjutnya pedagang durian itu membuka kulit durian dan diberikan ke para tentara Amerika itu.

"Ini seperti pisang," ujarnya lagi.

Dengan cepat tentara Amerika itu mencicipi durian yang diberikan Mayor Arm Hanafi. Ketika memakan buah durian, tentara itu menyebut bahwa (durian) seperti pisang.

Sementara Kapten Jednak terlihat sangat menikmati rasa khas buah durian.

"Ini lezat," kata Kapten Jednak.

Selain itu, terlihat wajah tentara Amerika lainnya juga menikmati kelezatan buah durian khas Indonesia. Perlahan mereka memakan isi buah durian dengan raut wajah yang terlihat sangat menikmati rasa dan aroma durian itu.

"Hampir satu grup (tentara Amerika) itu doyan semua. Hanya satu orang yang engga kuat dengan baunya," kata Mayor Arm Hanafi.


Mencoba Pempek

Tentara Amerika lainnya mengatakan, "Eehmm ini lezaatt. aku baik-baik saja," katanya.

Meski begitu, ada pula reaksi tentara Amerika yang terlihat raut wajahnya terpaksa mencicipi durian.

"Ini bukan favoritku," kata tentara yang tidak doyan buah durian.

Sementara Kapten Jednak yang telah menunggu sekian lama soal buah durian, terlihat sangat menikmati buah durian yang diberikan Mayor Arm Hanafi.

Selain makan durian, Mayor Arm Hanafi mengajak Kapten Jednak dan rekan lainnya untuk mencicipi makanan khas pempek.

Terlihat wajah para tentara Amerika bergembira ketika mulai duduk di kursi sebuah restoran dan mencicipi pempek. Para tentara terlihat lahap ketika menyantap makanan khas pempek yang disuguhkan Mayor Arm Hanafi.

"Kami sangat menantikan, tidak hanya berlatih dengan tentara Indonesia. Namun, kemitraan dan persahabatan yang terjalin. Itu hal terbaik dari ini semua," kata Kapten Jednak menutup kesannya selama berlatih bersaman Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Indonesia.

Kasino di Arab Lebih Megah dari Las Vegas

Uni Emirat Arab Bakal Bangun Kasino Terbesar di Dunia, Lebih Megah dari Las Vegas

Liputan6.com 2022-11-15 18:00:20
Sebuah taksi melintasi jalan raya yang sepi dekat Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (6/4/2020). Pemerintah Dubai memberlakukan lockdown selama dua pekan untuk mengantisipasi pe

Uni Emirat Arab (UEA) akan membangun rumah kasino terbesar di dunia di kawasan Ras Al Khaimah yang diberi nama, Wynn Marjan. Pemerintah setempat saat ini sedang merancang Undang-Undang permainan untuk kasino.

Hal ini diungkapkan oleh CEO Wynn Resort Craig Scott Billings. Kasino ini bakal jadi yang pertama di kawasan Teluk Arab, di mana perjudian dilarang sejak lama. Pembukaan kasino ini akan menandai momen penting bagi negara Teluk, wilayah yang secara tradisional memberlakukan aturan yang lebih ketat dibanding bagian lainnya di Timur Tengah.

Kasino tersebut direncanakan selesai pada 2026 di sebuah pulau buatan di lepas pantai Ras Al Khaimah. Dengan luas 18.500 meter persegi akan menjadikannya kasino pertama di UEA ini bakal menjadi salah satu dari 10 kasino terbesar di dunia.

"Komponen kasino, di mana setidaknya untuk beberapa waktu, kami akan beroperasi sendiri, yang membuatnya cukup menarik, akan menjadi lebih besar dan mewah dari Wynn Las Vegas," terang Billings dikutip dari Al Arabiya, Selasa (15/11/2022). Dia mengatakan, pembangunan kasino nantinya tidak hanya akan mendorong pertumbuhan sektor pariwisata dan perhotelan, tetapi juga akan membantu menciptakan lapangan kerja.

Ras Al Khaimah adalah salah satu dari tujuh emirat di UEA. Sebagai kasino pertama di UEA, Ras Al Khaimah saat ini sedang menulis undang-undang permainan untuk kasino, menggunakan peraturan Singapura dan AS sebagai landasannya, menurut Hotelier. "Mengingat bahwa itu adalah pulau buatan manusia tanpa pengembangan yang ada, itu adalah lokasi yang sangat fleksibel untuk direncanakan," kata Billings.


Mendorong Pertumbuhan Pariwisata

Dalam sebuah wawancara dengan Skift awal tahun ini, Raki Phillips, CEO Otoritas Pengembangan Pariwisata Ras Al Khaimah telah mengakui bahwa pengumuman Wynn Resorts sangat penting bagi emirat. Dia mengatakan itu tidak hanya akan mendorong pertumbuhan sektor pariwisata dan perhotelan, tetapi juga akan membantu menciptakan lapangan kerja dengan dibangunnya kasino pertama di UEA.

Otoritas pengembangan pariwisata emirat telah membuat divisi khusus untuk mengatur resor terpadu. Melalui Peraturan Departemen Hiburan dan Permainan baru juga dibentuk untuk mempertimbangkan lanskap sosial, budaya, dan lingkungan emirat dan mencakup perizinan, perpajakan, prosedur operasional, dan perlindungan konsumen.

Sementara itu, Makau justru menutup semua kasinonya untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua tahun pada Senin (11/7/2022). Langkah ini dilakukan setelah wabah Covid-19 merebak di pusat perjudian terbesar di dunia tersebut.

Dikutip dari BBC, Senin (11/7/2022), pihak berwenang Makau telah memerintahkan bisnis yang tidak penting, yang mencakup lebih dari 30 kasino, untuk ditutup selama seminggu. Kota ini telah mencatat 1.526 kasus Covid sejak pertengahan Juni menurut angka resmi.


Jadi Fasilitas Medis

Saham game tergelincir pada Senin karena kekhawatiran aturan yang lebih ketat di wilayah administrasi khusus China. Sekitar 19 ribu orang telah dimasukkan ke dalam karantina wajib karena kota itu menangani wabah Covid-19 yang lebih buruk sejak awal 2020.

Sekolah dan tempat hiburan, termasuk bar dan bioskop, telah ditutup di bawah pedoman sebelumnya. Selama akhir pekan, Biro Informasi Pemerintah Makau mengatakan semua bisnis akan diminta untuk menangguhkan operasi mereka kecuali mereka "dianggap penting bagi masyarakat dan kehidupan sehari-hari anggota masyarakat".

Kebijakan itu juga menginstruksikan orang untuk tinggal di rumah, dan menghentikan layanan makan di restoran. Para pejabat telah mendirikan rumah sakit darurat dan mengubah beberapa resor kasino menjadi fasilitas medis, karena Makau hanya memiliki satu rumah sakit umum yang melayani

Beda lagi dengan di Indonesia. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, (Menparekraf) Sandiaga Uno memastikan tak akan memberikan peluang bagi pariwisata berbasis permainan perjudian (gambling) berupa kasino. Hal ini tidak terlepas dari ajaran agama yang melarang berbagai kegiatan perjudian.


Dilarang Agama

"Saya tidak setuju dengan pariwisata gaming karena oleh agama ini juga dilarang," kata Sandiaga dalam acara The Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Rabu, 28 September 2022. Menurut Sandiaga, masih banyak peluang sektor pariwisata yang bisa dikembangkan di Indonesia, mulai dari pariwisata berbasis bahari, alam, budaya, permainan tradisional, musik, heritage dan sebagainya. "

"Selain dilarang agama, masih banyak potensi pariwisata yang bisa kita kembangkan," kata pria yang akrab disapa Sandi ini. Di sisi lain, Sandi mengungkapkan, pemerintah pernah mempertimbangkan dibukanya pariwisata berbasis perjudian tersebut belasan tahun lalu.

Namun pembahasan tersebut akhirnya diputuskan tidak dilanjutkan, mengingat masih banyak potensi pariwisata yang bisa dikembangkan. Jadi lebih baik tidak diberikan ruang, walaupun beberapa negara memiliki arena kasino yang sukses mendatangkan wisatawan ke negaranya. "Sektor pariwisata ini bisa berdampak ke masyarakat lain, UMKM dan sebagainya. Jadi intinya secara pribadi saya tidak setuju," ungkap Sandiaga.

Jeff Bezos Sumbang Rp 1.928 T untuk Amal

Jeff Bezos Akan Sumbang Sebagian Besar Kekayaannya Rp 1.928 Triliun untuk Amal

Liputan6.com 2022-11-15 14:00:19
Jeff Bezos (AP PHOTO)

Pendiri Amazon, Jeff Bezos, mengatakan dirinya bakal memberikan sebagian besar kekayaan bersihnya (saat ini US$ 124 miliar atau sekitar Rp 1.928 triliun) untuk amal.

Saat wawancara dengan CNN Internasional, dikutip dari Engadget, Selasa (15/11/2022), sebagian besar kekayaannya akan digunakan untuk melawan perubahan iklim atau mendukung mereka yang menciptakan 'persatuan' bagi umat manusia.

Dia dan kekasihnya Lauren Snchez mengatakan telah 'membangun kapasitas' untuk memberikan kekayaan ini kepada orang lain dan berharap untuk memanfaatkan investasi sebaik mungkin.

Sebelumnya, Bezos mengumumkan sumbangan sebesar US$ 100 juta untuk penyanyi dan advokat literasi Dolly Parton.

Ia sebelumnya menjanjikan US$ 10 miliar selama satu dekade untuk badan amal Bezos Earth Fund, yang bertujuan mendorong solusi politik dan teknologi untuk perubahan iklim buatan manusia.

Mantan istri Bezos, MacKenzie Scott, telah memberikan sekitar US$ 4 miliar kepada organisasi dalam beberapa bulan terakhir.

Langkah yang dilakukan Bezos dinilai sebagai hal biasa. Salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates, juga dikenal sering menyumbang untuk amal dan penelitian ilmiah melalui Bill & Melinda Gates Foundation.

Juga bersama Warren Buffett mendirikan The Giving Pledge untuk mendorong miliarder menyumbangkan setidaknya setengah dari uang mereka untuk tujuan yang baik.


Mengapa Baru Sekarang?

Pada 2015, salah satu pendiri Meta, Mark Zuckerberg, berjanji untuk menyumbangkan 99 persen saham perusahaannya, yang saat itu bernilai US$ 45 miliar kepada Chan Zuckerberg Initiative.

Ia juga menandatangani The Giving Pledge pada 2010. Bezos sendiri belum menandatangani ikrar tersebut, meskipun langkah ini sudah memenuhi syarat.

Namun, seperti CEO teknologi lainnya yang memberikan sumbangan besar, Bezos menghadapi kritik atas warisannya.

Amazon telah berulang kali menentang undang-undang iklim, dan emisinya melonjak pada tahun 2021 meskipun ada komitmen untuk mengurangi dampak lingkungan.

Ia pun berkelit bahwa Amazon perlu memperlakukan karyawannya dengan lebih baik--kondisi kerja gudang yang masih di bawah standar menjadi inti masalah di bawah pengawasannya.

Ada juga pertanyaan mengapa Jeff Bezos menunggu sampai sekarang untuk memberikan sebagian besar uangnya untuk amal.

Meskipun dia sering membuat janji amal, dia juga menuangkan dana ke proyek sampingan yang tidak berbuat banyak untuk memajukan umat manusia, setidaknya tidak dalam jangka pendek. Misalnya seperti mengirim orang kaya ke luar angkasa dengan Blue Origin.

Seperti halnya Gates dan Zuckerberg, ada kekhawatiran Bezos mencoba memperbaiki reputasinya dengan memberikan sebagian besar kekayaannya.


Di KTT G20 Bali, Jeff Bezos Ajak Pemerintah dan Swasta G20 Atasi Krisis Iklim

Executive Chairman Amazon Jeff Bezos mengajak kerja sama antara pemerintah dan pengusaha swasta tak sebatas mengatasi inflasi. Ini disampaikannya dalam forum B20 sebagai rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20.

Orang terkaya setelah Elon Musk itu melihat peluang kerja sama antara pihak pemerintah dan perusahaan swasta di sektor lain. Kini, yang telah berjalan adalah mengenai upaya mengatasi inflasi dan kenaikan harga lainnya.

"Keberhasilan mengharuskan kita untuk memenuhi kebutuhan mendesak sekaligus meletakkan dasar untuk masa depan jangka panjang yang lebih baik. Ketika pemerintah dan pebisnis swasta mengatasi masalah inflasi, utang, dan peningkatan risiko yang mendesak, tetaplah penting untuk tetap memperhatikan tantangan abadi dalam mengatasi krisis iklim dan alam," ungkapnya dalam B20 Summit, Senin (14/11/2022).

Informasi, pandemi Covid-19 telah membawa dampak pada menyempitnya rantai pasok global yang menyebabkan inflasi dan berbagai maslaah ekonomi lainnya. Kondisi ini diperparah dengan adanya perang antara Rusia dan Ukraina.

Sementara itu, tantangan krisis iklim semakin hari semakin nyata terlihat. Berbagai upaya dekarbonisasi pun jadi wacana yang dilontarkan banyak negara dan perusahaan swasta. Namun, langkah konkretnya baru masuk pada tahap awal.

"Kami tahu bagaimana membalikkan tren ini. Solusi membutuhkan kepemimpinan publik (pemerintah), swasta dan warga negara," tegasnya.

Upaya ini jadi salah satu dari 3 prinsip utama yang disarankannya pada pebisnis G20. Menurutnya, langkah-langkah ini perlu dijalankan secara bersama-sama.


Kemiskinan Turun

Pada kesempatan itu, Jeff Bezos menggambarkan sejumlah peluang dari berkembangnya ekonomi dunia. Dia mencatat, ada penurunan persentase kemiskinan dan peningkatan persentase teknologi.

"Mari kita belajar dari pencapaian masa lalu. Ketika saya lahir, rata-rata orang di dunia hidup hingga usia 53 tahun. Hari ini, rata-rata orang hidup 73 tahun tingkat kemiskinan dunia pada waktu itu telah turun 75 persen dan melek huruf orang dewasa telah berlipat ganda," ujarnya.

"Dan meskipun populasi dunia telah berkembang pesat sejak waktu itu, produksi pangan telah meningkat lebih pesat lagi. Teknologi maju telah memainkan peran utama," imbuhnya.

Dari sisi teknologi, misalnya tenaga surya yang sudah turun sebesar 99 persen sejak 1979. Dia mencontohkan saat Presiden Amerika Serikat Jimmy Carter memasang panel surya di Gedung Putih pada waktu itu.

"Inovasi, pendidikan, kewirausahaan dan kebijakan publik yang lebih baik, bertanggung jawab atas keuntungan ini. Kami telah menghadapi tantangan sejak kami menulis sejarah, dan kami manusia selalu menemukan cara untuk mengatasinya," bebernya.


Jangan Terjebak

Lebih lanjut, pendiri Bezos Earth Fund ini juga mengajak para pebisnis untuk bergabung memberikan pembiayaan untuk mengatasi krisis iklim. Menurutnya, ini tidak serta merta menjadi lahan yang tidak menguntungkan secara bisnis.

Sebaliknya, dari kacamata Jeff Bezos, pembenahan dari dampak krisis iklim bisa membawa pengembangan teknologi ke arah yang lebih baru. Lebih lagi, itu juga akan membawa kepada efisiensi produksi.

"Mari kita tidak terjebak. Dalam pola pikir bahwa banyak pemimpin bisnis dan pemerintah ingin berani mengurangi kerusakan lingkungan, tetapi mereka khawatir hal itu akan meningkatkan biaya dan mengganggu pertumbuhan. Kita sekarang tahu tindakan cerdas melawan perubahan iklim tidak hanya menghentikan hal-hal buruk yang terjadi," kata dia.

"Hal ini juga dapat meningkatkan efisiensi sumber daya dan mendorong teknologi baru, mengurangi ketidakpastian dan mengarah pada peluang baru," abah dia.

Ini yang jadi landasan Bezos Earth Fund untuk mengalokasikan sekitar USD 10 juta untuk mengatasi perubahan iklim. Sekaligus mengejar target nol emisi karbon lebih cepat.

"Pemahaman baru inilah yang mendorong kami untuk membuat janji iklim dan menetapkan tujuan untuk mencapai nol karbon bersih pada tahun 2040 10 tahun lebih awal dari tujuan Perjanjian Paris sebagai bagian dari janji ini. Amazon bertujuan untuk memberi daya pada semua operasinya dengan energi terbarukan 100 persen pada tahun 2025," tutupnya.


Infografis Orang Terkaya di Indonesia

 

Optimisme Hadapi Bayang-Bayang Krisis

HEADLINE: Optimisme Ekonomi Global di KTT G20, Kolaborasi Jalan Terbaik Selamatkan Dunia dari Krisis?

Liputan6.com 2022-11-16 00:00:06
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam pembukaan KTT G20 di Bali, Selasa (15/11/2022).

Semua mata dunia dalam dua hari ini tertuju ke Bali. Seiring pelaksanaan KTT G20 yang resmi dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Selasa, 15 November 2022.

Seluruh pimpinan negara G20, termasuk Presiden AS Joe Biden hingga Presiden China Xi Jinping, tengah duduk bersama memikirkan langkah konkret guna mengantisipasi berbagai isu global.

Pada pidatonya, Jokowi seakan tak mau basa basi. Membuka KTT G20 dengan berbagai pesan penting kepada seluruh kepala negara yang hadir. Mengingatkan ancaman serius krisis global yang bakal terjadi di 2023. Mulai dari krisis energi hingga krisis pangan global yang menghantui dunia.

"Para pemimpin yang saya hormati, dunia sedang mengalami tantangan yang luar biasa. Krisis demi krisis terjadi, adanya covid-19 belum usai, rivalitas terus beragam, perang terjadi, dan dampak dari krisis tersebut terhadap ketahanan pangan, energi, kekurangan yang dirasakan dunia terutama negara berkembang," kata Jokowi di KTT G20 Bali, Selasa (15/11/2022).

Menurut dia, tingginya harga pangan saat ini dapat semakin buruk menjadi krisis tidak adanya pasokan pangan.

Para pemimpin negara juga diminta tidak menyepelekan masalah pupuk. Tahun 2023 akan lebih suram apabila terjadi ancaman krisis pupuk. "Jika kita tidak segera mengambil langkah agar ketersediaan pupuk mencukupi dengan harga terjangkau, maka 2023 akan menjadi tahun yang lebih suram," jelasnya.

Kelangkaan pupuk dapat mengakibatkan gagal panen di berbagai belahan dunia dan bisa menciptakan masalah sangat serius. "48 negara berkembang dengan tingkat kerawanan pangan tertinggi akan hadapi kondisi yang sangat serius," ujar Jokowi.

Selain ancaman krisis pangan, Jokowi melihat tatanan dunia dan hukum internasional sedang diuji. Ini jadi rembetan dari dampak pandemi Covid-19 hingga masalah akibat perang.

"Hari ini mata dunia tertuju pada pertemuan kita. Apakah kita akan mencetak keberhasilan? Atau akan menambah satu lagi angka kegagalan? Buat saya, G20 harus berhasil dan tidak boleh gagal," kata dia.

Sebagai Presidensi G20, Indonesia telah berupaya semaksimal mungkin untuk menjembatani berbagai perbedaan yang terlihat. Bahkan, perbedaan itu dinilai dalam posisi yang cukup lebar.

"Namun, keberhasilan hanya akan dapat tercapai jika kita semua, tanpa terkecuali, berkomitmen, bekerja keras, menyisihkan perbedaan-perbedaan untuk menghasilkan sesuatu yang konkret, sesuatu yang bermanfaat bagi dunia," beber Jokowi.

Gaungkan Akhiri Perang

Jokowi menegaskan posisinya sebagai juru damai diantara negara anggota dalam forum KTT G20. Salah satu pesan, meminta segera mengakhiri perang yang terjadi saat ini demi mencegah meluasnya krisis global.

Semua yang terlibat dalam KTT G20 tidak punya pilihan lain. Yakni, perlu memiliki semangat kolaborasi sebagai upaya untuk memperbaiki kondisi dunia.

"Kita memiliki tanggung jawab, bukan hanya bagi rakyat kita sendiri, tapi seluruh masyarakat penduduk dunia," tegas Jokowi.

Dengan adanya tanggung jawab tadi, semua negara perlu tunduk pada hukum internasional. Artinya, perlu ada solusi yang baik untuk semua atau win-win solution.

"Memiliki tanggung jawab di sini juga berarti kalau kita harus menyetop perang. Kalau perang tak selesai, itu akan menghambat dunia untuk bergerak ke depan,"ujarnya.

"Jika kita tak menyelesaikan perang, itu akan menghambat kita untuk mengambil tanggung jawab di masa depan, untuk generasi saat ini dan generasi penerus. Kita tak boleh membiarkan dunia pecah belah, kita harus menghentikan dunia kembali masih ke perang dingin lainnya," tambah Jokowi.

Jokowi mengatakan, kita seharusnya tidak membagi dunia menjadi beberapa bagian. Dan, tidak boleh membiarkan dunia jatuh ke dalam perang dingin lainnya.

Joko Widodo menyatakan kolaborasi antara negara-negara G20, sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan dunia yang tengah menghadapi tantangan krisis yang luar biasa.

Sedikit mundur kebelakang, Jokowi pernah mengupayakan adanya perdamaian antara Rusia dan Ukraina. Langkahnya, dengan menghampiri Presiden Rusia Vladimir Putin, serta menghampiri Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky yang sedang bertikai.

Atas tindakannya ini, Jokowi disebut-sebut sebagai juru damai beberapa pihak. Presidensi G20 sendiri, membawa pesan yang sama seperti Jokowi. Pesan perdamaian yang dilandaskan pada demokrasi yang jadi corak Indonesia.


Perang Rusak Ekonomi Dunia

Senada dengan Jokowi, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen menegaskan jika perang Rusia-Ukraina merusak ekonomi dunia.

Perang Rusia-Ukraina berdampak pada pasokan pangan dan energi. IMF menyebut bahwa masalah pangan dan energi memperparah inflasi global.

Ukraina merupakan negara pemasok gandum dan invasi yang terjadi mempersulit pengiriman gandum ke negara yang membutuhkan.

"Perang Rusia tak hanya tanpa justifikasi, tanpa provokasi, dan ilegal, ia juga menyebabkan penderitaan besar di Ukraina dan kerusakan ekonomi global," ujar Presiden Ursula von der Leyen dalam sesi tertutup KTT G20 Bali, Selasa (15/11/2022).

Presiden Ursula von der Leyen mendukung kebijakan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan PBB yang memprakarsai Black Sea Grain Initiative yang mendukung pengiriman gandum.

Uni Eropa juga menggunakan Solidarity Lanes untuk mendukung ekspor Ukraina menggunakan jalur-jalur darat.

Selain itu, Uni Eropa juga memberikan bantuan finansial untuk bantuan pangan dunia. "Kami memobilisasi hingga 8 miliar euro dalam tiga tahun ke depan untuk bantuan pangan dan menambah produksi pangan lokal," ujar Ursula von der Leyen.

Terkait masalah minyak, Presiden Komisi Eropa mendukung price cap untuk minyak Rusia, serta mendukung energi hijau. Uni Eropa pun berkomitmen dalam membantu pembiayaan.

"Dalam lima tahun ke depan, Eropa akan berinvestasi setidaknya 4 miliar euro di energi terbarukan, seperti hidrogen, melalui strategi investasi Global Gateway," ujar Presiden Ursula von der Leyen.

Mengenai ancaman krisis global di 2023, juga menjadi poin penting yang disampaikan Presiden Dewan Eropa, Charles Michel. Dia meminta negara anggota G20 menekan Rusia agar segera menghentikan perang di Ukraina.

Mengingat Rusia memiliki kekuatan posisi yang kuat di karena menjadi anggota Dewan Tetap Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan menjadi salah satu anggota negara G20. "Rusia (merupakan) anggota tetap Dewan Keamanan PBB dan anggota G20 (tetapi) menyerang negara Ukraina yang bebas dan berdaulat," kata Charles.

Dengan posisi politik yang dimilikinya, Rusia dengan mudahnya mempengaruhi semua negara. Baik itu negara-negara di Eropa, Afrika hingga ke Timur Tengah. "Rusia sangat memengaruhi kita semua, dimanapun kita tinggal dari Eropa hingga Afrika atau Timur Tengah," ungkapnya.

Menurut Charles, satu-satunya cara mengatasi masalah ini, hanya dengan menghentikan perang di Ukraina. Kemudian menghentikan pembatasan ekspor pupuk hingga energi dari Rusia.

"Satu-satunya cara terbaik untuk mengakhiri krisis akut pangan dan energi adalah Rusia mengakhiri perang yang tidak masuk akal dan mengharapkan Piagam PBB juga akan mendidik mereka untuk mengatasi tantangan utama ketahanan pangan," tutur dia.

Krisis pangan yang terjadi sekarang ini telah membuat banyak orang menghadapi kelaparan parah dan kekurangan gizi meningkat. Kremlin telah memutuskan untuk memberikan bantuan pangan demi mencegah terjadinya kelaparan, kemiskinan, dan ketidakstabilan.

"Ini juga memiliki konsekuensi global yang dramatis pada pengembangan obat-obatan, termasuk di Asia," pungkasnya.


Pidato Menyentil Para Kepala Negara

Pidato yang disampaikan Jokowi dinilai cukup tegas. Berisi penekanan jika perang harus segera dihentikan. Di mana dunia akan sulit untuk maju apabila perang tidak kunjung usai.

Menurut pengamat Hubungan Internasional dari Universitas Indonesia (UI) Suzie Sudarman, pidato Jokowi pada pembukaan KTT G20 cukup menggigit dan menyentil negara yang mendorong terjadinya perang.

"Kesan saya pidato Pak Jokowi cukup menggigit dan menggugah sekaligus mempermalukan para pemimpin dunia yang telah mendorong terjadinya krisis dunia," ujarnya ketika dihubungi Liputan6.com.

Dari pidato tersebut dapat terlihat uniknya ajakan pemerintahan Jokowi yang sekaligus mendorong motivasi dunia dan menyentil negara-negara yang ingin melanggar hukum internasional.

"Covid belum reda, persaingan antar negara semakin meningkat, perang terus berlangsung yang semuanya mengakibatkan terganggunya keamanan pangan, energi, keuangan yang menjadi kendala proses pembangunan," imbuhnya.

Masalah-masalah tersebut, terlebih perang di Ukraina, menyebabkan dampak yang dapat dirasakan langsung oleh warga dunia terutama negara berkembang.

"Pak Jokowi menggarisbawahi pentingnya ketersediaan pupuk yang apabila tidak segera teratasi dengan pengadaan cukup, pupuk dalam harga terjangkau maka tahun 2023 akan menjadi tahun yang teramat sulit. Ditekankan bahwa krisis yang berlangsung masa kini akan berubah menjadi krisis pangan," kata Suzie.

Optimisme Pengusaha

Penyelenggaraan KTT G20 dengan berbagai pembahasannya ini tenyata membuat pengusaha optimis mengenai kondisi ekonomi global. Mereka percaya, KTT G20 melalui rekomendasi B20 Summit bisa membawa dunia bisa mengatasi ancaman krisis.

B20 Summit Indonesia 2022 yang menjadi rangkaian acara KTT G20, sukses menghasilkan komunike yang menekankan pada inovasi, inklusi dan kolaborasi guna menyelamatkan dunia dari berbagai ancaman krisis.

Dokumen ini berisi 25 rekomendasi kebijakan dan 68 policy actions, yang akan disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke para pemimpin negara G20 dalam konferensi tingkat tinggi, atau KTT G20 2022.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perdagangan Benny Soetrisno optimistis komunike B20 bisa jadi solusi selamatkan dunia dari krisis, asalkan seluruh negara anggota G20 fokus pada aksi konkret bersama.

"Selama hasil komunike dikerjakan oleh seluruh anggota G20, saya yakin bisa mengurangi krisis yang akan terjadi di tahun 2023," ujar Benny kepada Liputan6.com.

Ketua Bidang Perdagangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) ini pun memahami, kekuatan negara anggota G20 sendiri masih belum seimbang, lantaran ada yang pendapatan per kapitanya sudah tinggi dan ada yang masih rendah.

Namun, ia tetap yakin hasil komunike B20 bisa ditindaklanjuti di KTT G20 Bali, sehingga jadi obat untuk meredakan krisis yang terjadi.

"Walaupun ukurannya masih berbeda antara yang kaya dan miskin, selama ada kesepahaman dan akhir sepakat, maka hal tersebut bisa menghasilkan yang terbaik," kata Benny.

Dirinya dan para pengusaha lain berharap Jokowi bisa menyuarakan akar masalah dari krisis ekonomi yang terjadi di dunia saat ini, konflik geopolitik Rusia-Ukraina, yang memicu terjadinya krisis pangan dan krisis energi.

"Perang harus berhenti, supply pangan dan bahan bakar harus lancar," pinta dia.

Semua negara anggota G20 harus saling berkolaborasi, tanpa perlu terlalu lama berpikir terkait proses eksekusinya. "Harus saling bantu pokoknya, kan semangatnya inclusive dan kolaborasi," tandas Benny.


Hal Harus Dirumuskan di KTT G20

KTT G20 Indonesia seiring Presidensi Indonesia mengangkat tema Recover Together, Recover Stronger. Terdapat tiga isu prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia pada 2022, yakni arsitektur kesehatan global, transisi energi berkelanjutan, dan transformasi digital dan ekonomi.

Pakar ekonomi dari Universitas Indonesia (UI) Fithra Faisal, menyarankan selain tiga isu prioritas yang dibahas dalam KTT G20, yang paling penting adalah memperkuat kerangka jangka pendek bagaimana mengantisipasi kelangkaan supply global terutama dari bahan pangan.

Menurut dia, dalam setahun terakhir ini banyak negara yang kesulitan dari sisi input produksi dan komoditas, yang kemudian memicu inflasi domestik di negara-negara bersangkutan dan membuat mereka tertekan secara ekonomi.

"Penting juga kita mengantisipasi komoditas dengan memperkuat kerjasama regional juga global," kata Fithra Faisal kepada Liputan6.com.

Untuk mengantisipasi kelangkaan bahan pangan maupun energi bisa dilakukan pemetaan antar negara. Misalnya dibuat pemetaan regional, di daerah Asia unggul dari sisi input bahan pangan, kemudian di Timur Tengah unggul dari sisi energi terutama energi-energi fosil, dan negara-negara maju unggul dalam teknologi.

"Ini harus dipetakan, terutama dalam konteks ketahanan pangan dan energi yang paling utama. Sehingga penting untuk membuat langkah-langkah antisipatif, jika terjadi kelangkaan global kita bisa punya lumbung bahan pangan maupun energinya," jelasnya.

Sebenarnya yang paling besar dampaknya pada dua sektor ini adalah negara-negara yang miskin, bagaimana mereka tanpa gejolak saja sudah berada dalam tekanan, apalagi ketika ada semacam gejolak yang kita tidak tahu kapan berakhir.

"Berarti harus ada antisipasi juga jangka pendek," imbuhnya.

Kemudian, dia juga menyebut ada juga isu yang seharusnya penting dibicarakan, yakni terkait perang Rusia-Ukraina. Sebab, perang kedua negara itu berdampak terhadap keberlangsungan ekonomi dunia.

"Juga menjadi topik seharusnya dibicarakan meskipun tidak secara eksplisit karena topiknya sensitif, yaitu perang antara Rusia dan Ukraina. Bagaimana pun kalau kita bicara bisnis, inikan suatu hal yang sifatnya universal ada kepentingan ekonomi disitu," ujarnya.

Dia berharap, ketika melihat kondisi geopolitik Rusia-Ukraina, seharusnya negara-negara G20 atau pelaku bisnis yang ada di G20 turut berkontribusi untuk mendamaikan kedua negara tersebut jika memang pendekatan lewat negara atau institusi itu sulit.

"Bagaimana kalau orang-orang bisnis terlihat disitu. Mungkin pendekatan business to business di G20 ini bisa membuat tensinya mereda," pungkasnya.

Tuntut Realisasi

Ekonom sekaligus Direktur Eksekutif Segara Institute, Piter Abdullah juga mengapresiasi penyelenggaraan KTT G20 di Indoensia.

Namun, yang terpenting realisasi nyata dari kesepakatan yang telah dicapai pada B20 Summit Indonesia 2022 tersebut yang kemudian diputuskan di KTT G20.

"Agenda B20 dan G20 sudah mencakup sangat banyak hal, termasuk penanggulangan pandemi, digitalisasi ekonomi, ekonomi hijau. Saya kira yang penting bukan banyaknya agenda, tetapi kesepakatan yang diambil dan tindak lanjutnya," tegas Piter kepada Liputan6.com.

Piter tak memungkiri, tidak semua isu ekonomi yang tengah terjadi saat ini bisa dibahas dalam forum B20 dan G20. Sementara Indonesia sejak awal pun sudah mengajukan beberapa isu untuk dibahas, baik yang berasal dari sektor keuangan maupun non-keuangan.

"Pada masing-masing isu saya kira semuanya sudah dibahas secara lengkap walaupun mungkin tidak semuanya bisa disepakati dalam forum B20 dan G20," imbuhnya.

Ia pun memahami proses berjenjang dalam pertemuan B20 dan G20 ini, dimulai dari working group, pertemuan level menteri, hingga konferensi tingkat tinggi (KTT).

Bilamana ada yang belum tercapai pada tahun ini, Piter berharap itu bisa dilanjutkan oleh India selaku pemegang Presidensi B20 dan G20 di 2023 mendatang.

"Apa yang belum bisa disepakati dalam forum B20 dan KTT G20 tahun ini bisa dilanjutkan menjadi bahan agenda B20 dan KTT G20 tahun depan," pungkas dia.


Pandemic Fund

Salah satu upaya konkret pencapaian Presidensi G20 Indonesia dalam mengantisipasi dampak krisis adalah dengan membentuk Pandemic Fund.

"Yang Mulia, Indonesia berharap G20 dapat terus menjadi katalis pemulihan ekonomi yang inklusif. Di tengah situasi yang sangat sulit, G20 terus bekerja agar menghasilkan capaian konkret, mempersiapkan dana untuk menghadapi pandemi mendatang melalui pandemic fund," ucap Jokowi.

Pandemic fund atau dana pandemi adalah dana pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons untuk pandemi berikutnya.

Kehadiran Pandemic Fund dilatarbelakangi pembelajaran dari terpaan pandemi COVID-19, bahwa banyak negara, terutama negara-negara berpenghasilan rendah - menengah ke bawah tidak mampu mengakses vaksin, alat kesehatan, dan diagnostik. Ini karena keterbatasan pembiayaan.

Selain pandemic fund, G20 juga bertujuan membantu ruang fiskal negara berpendapatan rendah melalui resilience and sustainability trust, mendorong percepatan pencapaian SDGs, menghasilkan ratusan kerja sama konkret. Serta mendukung pemulihan ekonomi dunia yang lebih hijau dan berkelanjutan melalui Bali Compact mengenai transisi energi.

"Kita tidak hanya bicara, tapi melakukan langkah-langkah nyata," ucapnya.

Komitmen dana pandemi atau Pandemic Fund kini sudah terkumpul USD 1,4 miliar. Dana tersebut disumbangkan oleh 20 negara anggota G20 plus tiga lembaga filantropi, termasuk Indonesia.

Dalam hal ini, Indonesia telah menyetor dana sekitar USD 50 juta, atau setara Rp 774,5 miliar (kurs Rp 15.490 per dolar AS).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, angka tersebut jauh lebih besar dibanding sumbangsih banyak negara lain terhadap Pandemic Fund.

"Komitmen Indonesia USD 50 juta itu jauh lebih tinggi dibanding rata-rata negara lain. Jadi ini dilihat sebagai komitmen yang sangat dihormati dari Indonesia, karena pada saat yang sama kita juga memegang Presidensi G20," kata Sri Mulyani

Elon Musk Pecat Insinyur yang Mengkritik Dia

Elon Musk Pecat Insinyur yang Kritik Lewat Twitter

Liputan6.com 2022-11-15 15:00:12
Kantor Pusat Twitter di San Francisco, California pada 4 November 2022. Setengah dari 7.500 karyawan Twitter diberhentikan pada 4 November, sebuah dokumen internal menunjukkan, ketika pemilik

Sejak kehadiran Elon Musk, Twitter melakukan sejumlah pemangkasan karyawan. Dimulai dari sejumlah karyawan tetap, beberapa karyawan kontrak pun dilaporkan telah diputus hubungan kerjannya.

Terbaru, giliran seorang insinyur Twitter bernama Eric Frohnhoefer yang diketahui telah dipecat. Ia dipecat setelah sebelumnya sempat mengoreksi kicauan Elon di Twitter.

Dikutip dari The Verge, Selasa (15/11/2022), akhir pekan lalu Elon Musk sempat mencuitkan permintaan maaf pada para pengguna karena aplikasi Twitter menjadi lemot di sejumlah negara. Hal ini terjadi karena sistem Remote Procedure Call yang berjalan buruk.

Cuitan itu lantas disambar oleh Eric yang menyebut pernyataan tersebut tidak benar.

"Saya bekerja selama 6 tahun di Twitter untuk Android dan bisa mengatakan kalau ini (cuitan Elon) salah," tulisnya.

Dari situ, kedua orang tersebut lantas melanjutkan perbincangan dengan berbalas tweet. Bahkan, Eric pun sempat memberikan informasi teknis mengenai sistem yang digunakan Twitter di Android.

Debat Elon Musk dan Eric pun diketahui berlangsung hingga beberapa jam. Mengingat perdebatan itu terjadi di publik, beberapa warganet menyarankan agar keduanya melanjutkan diskusi melalui kanal komunikasi internal.

Namun setelah perdebatan berlangsung, Elon menutupnya dengan mencuitkan bahwa Eric telah dipecat.

"Dia dipecat," tulis Elon melalui akun Twitternya.

Kicauan tersebut ternyata tidak main-main, karena karyawan Twitter itu dilaporkan benar-benar dipecat. Menurut laporan Forbes, Eric menceritakan hanya butuh waktu sekitar lima jam bagi Twitter untuk mencabut akses dirinya dari komputer perusahaan.

Sementara ia mengaku tidak mendapatkan informasi resmi apa pun dari perusahaan terkait pemecatan ini. Terkait adanya laporan ini, Twitter sendiri belum memberikan pernyataan apa pun.


Lagi, Elon Musk Pecat 4.400 Karyawan Twitter

Sebelumnya, Elon Musk dilaporkan kembali melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) pada karyawan Twitter. Namun kali ini, PHK dilakukan pada sejumlah karyawan kontrak.

Informasi ini diketahui pertama kali dari laporan Platformerdan Axios. Mengutip Engadget, Senin (14/11/2022), laporan itu memperkirakan ada sekitar 4.400 karyawan kontrak yang terdampak keputusan ini.

Diketahui pula, aksi PHK ini tidak disertai dengan peringatan terlebih dulu, serta diterapkan untuk karyawan yang berada di Amerika Serikat maupun luar negeri. Sejumlah karyawan mengaku mereka tiba-tiba tidak bisa mengakses sistem internal Twitter.

Sementara beberapa di antaranya, ada yang baru mengetahui PHK ini dari laporan di media. Sejumlah karyawan kontrak pun dikabarkan khawatir mereka tidak dibayar untuk durasi kerja mereka selama dua minggu terakhir.

Alasannya, sejak pemutusan kerja pada 4 November 2022, beberapa tim dilaporkan tidak memiliki karyawan tetap, sehingga tidak ada yang menandatangani lembar kerja para pegawai kontrak.

Menurut laporan, beberapa departemen yang terdampak keputusan ini adalah moderasi konten hingga pemasaran. Twitter sendiri belum menanggapi kabar soal laporan ini, tapi menurut laporan, seluruh departemen komunikasi perusahaan dipangkas selama perombakan yang dilakukan.

Sebelumnya, perusahaan ini diketahui telah melakukan PHK massal terhadap para karyawannya sekitar dua pekan lalu. Ketika itu, ada sekitar 3.700 hingga 3.800 yang dipangkas atau sekitar setengah dari keseluruhan karyawan Twitter.

Kendati demikian, tidak lama setelahnya, Bloombergmelaporkan, perusahaan ternyata meminta sejumlah karyawan untuk kembali ke Twitter. Keputusan ini diambil karena perusahaan menyadari ada beberapa pemecatan dilakukan secara tidak sengaja.


Sejumlah Petinggi Twitter Undur Diri dari Perusaha

Badai masalah di Twitter usai diambil alih Elon Musk belum usai. Kali ini, perusahaan kembali ditinggal oleh sejumlah petingginya.

Dikabarkan pertama kali mengundurkan diri dari Twitter adalah Lea Kissner, yang sebelumnya menjabat sebagai eksekutif keamanan siber terkemuka mereka.

Yoel Roth, Head of Trust and Safety yang selama ini diketahui kerap membela Musk selama dua pekan kepemimpinannya, mundur dari perusahaan pada hari Kamis pekan ini.

Dikutip dari Tech Crunch, Sabtu (12/11/2022), Robin Wheeler, pimpinan dari tim marketing dan sales, juga dilaporkan cabut dari perusahaan. Namun kemudian, ia mengklarifikasi dirinya masih tetap bertahan di Twitter.

Roth sendiri menjadi corong bagi Twitter sering menegaskan soal usaha moderasi perusahaan. Salah satunya saat dirinya mencuit, belum ada kebijakan baru soal moderasi usai media sosial itu diambil alih Elon Musk.

Selain itu, Twitter juga ditinggal Chief Privacy Officer Damien Kieran dan Chief Compliance Officer Marianne Fogarty.

Adapun, Kieran dan Kissner sudah mengonfirmasi kabar mundurnya mereka dari Twitter, melalui akun media sosialnya.

Mengutip New York Post, Kieran sudah mengganti bio Twitter-nya sebagai "Ex-Chief Privacy Officer." Dia juga mengunggah foto laptop dan tanda pengenal kantor di akun dengan handle @Damokieran tersebut.

Kissner juga mengganti bio-nya jadi "(now former)" Chief Information Security Officer dan menuliskan: "Saya membuat keputusan yang berat meninggalkan Twitter."


Elon Musk Pecat Parag Agrawal

Terkait laporan ini, Twitter memang belum komentar apa pun. Kendati demikian, ada laporan menyebut, perusahaan membutuhkan kembali para karyawan yang bertugas sebagai pengembang Android dan iOS.

Di sisi lain, para karyawan terdampak pemecatan ini dilaporkan telah melayangkan gugatan hukum class action terhadap Twitter di pengadilan federal San Fransisco.

Dalam gugatannya, mereka menyebut tindak PHK yang dilakukan perusahaan dengan ikon bentuk burung berwarna biru itu bertentangan dengan hukum.

Sebelumnya, Elon Musk juga memecat Parag Agrawal dari jabatannya sebagai CEO, satu hari setelah ia mengambil alih perusahaan. Beberapa eksekutif lain pun juga ditendang keluar.

Mereka adalah CFO Ned Segal dan Kepala Kebijakan Vijaya Gadde, penasehat Umum Twitter Sean Edgett, hingga Chief Customer Officer Sarah Personette, juga menjadi salah satu eksekutif yang dicopot dari jabatannya.

(Dam/Isk)


Infografis PHK Hantui Kenaikan Tarif Cukai Rokok (Liputan6.com/Triyasni)