Biden Tersandung, Jokowi Langsung Menolong

Joe Biden Tersandung Anak Tangga, Sontak Ditolong Jokowi

Liputan6.com 2022-11-16 09:46:35
Presiden Amerika Serikat Joe Biden tersandung anak tangga saat hendak memasuki area Taman Hutan Raya, Bali, Rabu (16/11) (Sekretariat Presiden).

Presiden Amerika Serikat Joe Biden tersandung anak tangga saat hendak memasuki area Taman Hutan Raya, Bali, Rabu (16/11).

Momen Joe Biden tersandung ini tertangkap kamera saat siaran langsung dari akun YouTube Sekretariat Presiden dengan judul; LIVE: Kunjungan Pemimpin G20 ke Taman Hutan Raya, Bali.

Kala itu, Joe Biden turun dari mobilnya dan dating menemui Jokowi yang saat itu siap menyambut.

Saat keduanya berjalan bersama naik anak tangga, tiba-tiba Joe Biden tersandung.

Refleks tangan kiri Jokowi menopang tubuh dan tangan Joe Biden, demikian pantauan Liputan6.com dari Media Center KTT G20, Rabu (16/11/2022).

Taman Hutan Raya yang ada di Provinsi Bali adalah Tahura Ngurah Rai yang merupakan suatu kawasan bertipe hutan payau yang selalu tergenang air payau dan dipengaruhi oleh pasang surut, dikutip dari laman bpkh8.menlhk.go.id.

Dilihat dari vegetasinya, Tahura Ngurah Rai memiliki fungsi dalam mencegah abrasi yang mengancam Bali.

Dilihat dari letak kawasan Tahura Ngurah Rai yang sangat strategis yang berada di pusat pertumbuhan bisnis dan pariwisata di Bali,yakni berada di tengah 3 kawasan wisata utama: Nusa Dua, Sanur, dan Kuta.

Wilayah Taman Hutan Raya Ngurah Rai secara administrasi pemerintahan, terletak di Teluk/Tanjung Benoa dan sekitarnya pada wilayah Kecamatan Kuta dan Kuta Selatan Kabupaten Badung seluas 627 Ha, dan Pulau Serangan Kecamatan Denpasar Selatan Kota Denpasar seluas 746,50 Ha.


Kala Joe Biden Hormat ke Jokowi di KTT G20

Selasa 15 November 2022 pagi para pemimpin dunia dan delegaso negara G20 menuju The Apurva Kempinski Bali, lokasi KTT G20 digelar. Satu per satu disambut oleh Jokowi sebelum melakukan sesi foto bersama.

Di antara pemimpin negara dan delegasi G20 yang hadir, Presiden AS Joe Biden menjadi satu-satunya yang memberikan gesture hormat kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Pantauan Liputan6.com dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (15/11/2022), Joe Biden memberi 'hormat' kepada Jokowi sesaat sebelum naik panggung tempat sesi foto dilakukan. Ia kemudian terlihat menyalaminya lalu berfoto dan turun menuju venue acara.

KTT G20 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali segera mempertemukan para pemimpin dunia untuk duduk bersama dan melakukan dialog guna menemukan solusi untuk permasalahan global.

Sementara menurut pantauan Liputan6.com dari Media Center di Nusa Dua, Bali, sebelumnya pemimpin dunia lainnya juga telah hadir. Mereka adalah Sekjen WHO, Delegasi ILO, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, PM Belanda Mark Rutte, PM Kanada Justin Trudeau, Presiden Argentina Alberto Fernandez, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan hingga PM Inggris Rishi Sunak dan sejumlah pemimpin lainnya.


Pertemuan Sebelumnya

Sebelumnya, Presiden Jokowi bertemu sudah bertemu Presiden Amerika Serikat di Bali, sebelum penyelenggaraan KTT G20 yakni pada Senin 14 November.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi tampak mengenakan setelan jas hitam, sementara Joe Biden dengan setelah jas biru.

Dalam siaran diunggah oleh akun Sekretariat Presiden, Jokowi mengucapkan selamat datang pada Joe Biden.

"Presiden Joe Biden selamat datang di Bali, selamat datang di Indonesia.Saya sangat menghargai kedatangan Presiden Joe Biden KTT G20 Bali," kata Jokowi pada Senin (14/11/2022).

"Oleh karena itu saya sampaikan apresiasi kedatangan di KTT G20."

"Saya berharap KTT G20 bisa menghasilkan kerja sama yang konkret yang dapat membantu dunia dalam pemulihan ekonomi global."

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba di Bali pada Minggu (13/11/2022) malam sekitar pukul 21.45 WITA di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Kedatangan Presiden AS Joe Biden disambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.


Spouse Program G20, Ibu Negara Korea Selatan Makan Rujak Bareng Iriana

Yang tak kalah jadi sorotan adalah Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon Hee menikmati rujak dan emping dalam kunjungannya ke KTT G20 di Bali. Ia menikmati makanan khas Indonesia itu dalam acara yang dipandu Ibu Negara RI Iriana Jokowi.

Para pasangan pemimpin G20 memang diajak untuk jalan-jalan dalam acara Spouse Program. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif turut menyediakan kuliner dan pameran seni lokal.

Rujak dan emping menjadi bagian dari menu lokal yang disajikan kepada para peserta Spouse Program.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf, Rizki Handayani Mustafa, menyebut bahwa Ibu Negara Korea Selatan juga turut menikmati sajian tersebut.

Rizki menjelaskan rujak yang disantap memiliki jambu, salang yang dipotong tipis, hingga bengkoang.

Ada perwakilan enam negara yang hadir di acara Spouse Program. Selain Korea Selatan, ada China, Spanyol, Jepang, Turki, dan dari Uni Eropa. Perwakilan dari Uni Eropa adalah suami Presiden Komisi Eropa, yakni Heiko von der Leyen.

"Mereka terhadap apa yang kita pamerkan sangat tertarik," ujar Rizki Handayani di Media Center G20 di Bali, Selasa (15/11/2022).

Rizki juga menjelaskan bahwa para perwakilan negara bergaul dengan akrab dengan Ibu Negara RI Iriana.

Wakil Menparekraf Angela Tanoesoedibjo berkata bahwa acara Spouse Program berhasil digelar dengan sukses.

"Berdasarkan obvervasi kami, para pasangan menikmati acara pagi ini dan mengapresiasi tampilan persatuan dan keanekaragaman Indonesia dari Aceh ke Papua. Kami berharap Spouse Program dapat menjadi pandangan sekilas dari keramahtamahan Indonesia yang terkenal, pariwisata, dan ekonomi hijau," ujar Angela Tanoesoedibjo.

Jalan-Jalan di Bali, Gendong Anak Orang

Presiden Prancis Emmanuel Macron Jalan Kaki di Bali, Sapa Warga hingga Gendong Bayi

Liputan6.com 2022-11-16 10:22:21
Presiden Prancis Emmanuel Macron nampak berjalan kaki usai menghadiri Gala Dinner bersama delegasi G20 di Garuda Wisnu Kencana (GWK). (Liputan6.com/Benedikta Miranti)

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, menggemparkan warga Bali dan warganet saat tiba-tiba turun dari mobilnya dan berjalan kaki sejauh dua kilometer seusai makan malam kehormatan di Garuda Wisnu Kencana (GWK), pada Selasa (15/11/2022) malam.

Orang nomor satu di Prancis ini turun dari mobilnya, lalu berjalan kaki dari Simpang Uluwatu sampai dengan Politeknik Bali, Jimbaran, sekitar pukul 22.20 WITA.

Pada video yang viral di TikTok, Marcon berjalan didampingi staf kepresidenan. Kemudian ia menyapa warga sekitar yang hendak mengabadikan momen melalui seluler. Dalam video tersebut, terucap kata sapaan kepada sang presiden dan Macron meresponnya dengan sangat ramah.

Bahkan, Presiden Prancis itu sempat menggendong seorang bayi dari kerumunan warga yang antusias menyambut kedatangannya. Sesekali Macron mencium pipi bayi perempuan itu. Tak hanya itu, Macron kemudian menanyakan kalimat yang diterjemahkan oleh staf kepresidenan menggunakan bahasa Inggris.

"How old?" ujar staf kepresidenan Prancis.

"Six month," jelas orang tua bayi perempuan itu.

Macron kemudian melanjutkan perjalanannya dengan menyapa sebagian warga sekitar.

Video Macron yang viral itu pun mendapat banyak komentar positif dari warganet. Berikut sejumlah komentarnya.

"Beliau penasaran dgn kenyamanan & keindahan bali tanpa polesan, maksih pa presiden," komen akun @bintang03.

"Presiden Perancis emang kelihatan sangat kagum sama Indonesia dan akrab banget sama pak Jokowi, beruntungnya bayi itu," tutur akun @celiabrielle27.

"Ganteng, ramah, presiden prancis kelihatan sangat senang menikmati suasana dan keindahan indonesia yg terkenal ramah tamah, sehat selalu," ucap akun @rikkasayang.

"Kita tunggu kemunculan anak ini di TV dan podcast, dan Tik tok," cetus akun @hansdiraja.

"Kelihatan para tamu negara sangat menikmati suasana perhelatan G20 ini, rasa nyaman ramah dan aneka budaya menjadi satu, loved Indonesia ku," ungkap akun @siharma71.

Pengamanan Polisi Buahkan Hasil

Menurut Asisten Operasi Kapolri, Irjen Agung Effendi, upaya polisi mengamankan KTT G20 di Bali membuahkan hasil.

"Alhamdulillah beliau (presiden Prancis) mulai jalan kaki dari pintu keluar GWK sampai depan Politeknik sejauh dua kilometer," kata Effendi seperti dikutip dari Antara.

Effendi menekankan, polisi siap dengan berbagai perubahan pengamanan seperti yang terjadi ketika Macron mendadak turun dari mobilnya untuk menikmati suasana malam Bali.

Menurut informasi, tindakan spontanitas ini dilakukan, karena Macron memiliki kedekatan emosional dengan Bali. Pasalnya saat masih kecil, ia sering diajak orang tuanya jalan-jalan di Pulau Dewata.

"Prinsipnya Polri akan menyesuaikan dengan kegiatan objek pengamanan, didukung perangkat CCTV dan yang lain untuk memastikan situasi dapat dikendalikan," ucap Effendi.

Ia menambahkan, polisi telah mempersiapkan pengamanan untuk KTT G20 Bali selama satu tahun belakangan ini.

"Kami bersyukur bahwa para pimpinan dunia yang menjadi anggota KTT G20 merasa aman dan terkesan dengan keramahan masyarakat Bali," tambahnya.


Jokowi Makan Malam Bersama Pemimpin Negara G20

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo tiba di Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Bali, untuk melangsungkan makan bersama kepala negara anggota G20 dan tamu undangan lainnya.

Dari pantauan Liputan6.com di Media Center KTT G20, terlihat presiden Jokowi datang bersama ibu Iriana. Keduanya serasi mengenakan pakaian adat Bali. Dilengkapi dengan sejumlah aksesoris menonjol lainnya seperti ikat kepala dan keris yang terpasang di punggungnya.

Kedatangan Jokowi ini kemudian akan disusul oleh kepala negara G20 dan tamu undangan lainnya.

Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana sudah ditutup bagi umum dan arus lalu lintas di sekitar wilayah tersebut, juga diperketat keamanannya.

Sebelumnya, pada sesi kedua pertemuan pemimpin G20, Presiden RI Joko Widodo menyebut dunia semakin pulih dari Pandemi COVID-19.

"Dunia kita semakin pulih dari pandemi COVID-19. Namun, kita tidak boleh lengah, darurat kesehatan berikutnya dapat muncul kapan saja. Kali ini dunia harus lebih siap. Kesiapsiagaan akan menyelamatkan nyawa dan perekonomian kita," kata Jokowi dalam KTT G20 sesi kedua di hari pertama, Selasa (15/11/2022).

"G20 harus mengambil langkah nyata dan segera. Pertama, arsitektur kesehatan global harus diperkuat. Kita perlu WHO yang lebih kuat dan bertaring. Solidaritas dan keadilan harus jadi roh arsitektur kesehatan global."

Selengkapnya di sini...


Ada Gala Dinner G20, Jalanan di Kawasan Garuda Wisnu Kencana Bali Ditutup

Sebelumya, Polri sudah menutup sejumlah jalan dan mengalihkan arus lalu lintas di sekitar kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK), Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali. Penutupan ini dilakukan, lantaran ada gala dinner para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Direktur Penegakkan Hukum (Dir Gakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan, penutupan dan pengalihatan arus itu akan dilakukan dalam dua waktu yakni pukul 17.30-19.30 Wita dan 20.30-22.00 Wita.

"Nanti 17.30 Wita, pada saat menjelang gala dinner di GWK kita tutup kembali arus lalu lintas menuju GWK. Karena tamu negara banyak di Nusa Dua Utara, maka jalan Nusa Dua Utara menuju GWK kita tutup dari 17.30 sampai 19.30 Wita," kata Aan, Selasa (15/11/2022).

"Dan pukul 20.30 hingga pukul 22.00 Wita, ditutup kembali untuk para delegasi kembali ke tempat akomodasi," lanjut dia.

Dia pun meminta maaf kepada masyarakat dan wisatawan di Bali jika nantinya ada sejumlah penutupan, dan pengalihan arus lalu lintas selama gelaran acara tersebut.

Jajarannya pun telah menyiapkan sejumlah rute alternatif untuk masyarakat dan wisatawan jika nantinya ada penutupan jalan.

"Masyarakat Bali dan wisatawan mudah-mudahan bisa memahami jika adanya kepadatan dan pengalihan. Kita sudah menyiapkan backup ada penebalan untuk mengurai kepadatan," tutur Aan.

Untuk mengurangi aktivitas masyarakat, Pemerintah Daerah (Pemda) Bali juga sudah mengeluarkan surat edaran agar aktivitas belajar dan perkantoran dapat dilakukan di rumah. Apalagi, dua hari ini adalah puncak dari rangkaian KTT G20.

Selengkapnya di sini...


Macet Total, Akses Keluar Masuk Nusa Dua Ditutup Saat Pemimpin G20 Makan Malam di GWK

Riuhnya KTT G20 Bali membuat kemacetan. Salah satu agenda dari para pemimpin KTT G20 adalah makan malam di Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK).

Para pemimpin negara, delegasi hingga pemimpin organisasi internasional telah berpindah dari tempat acara sebelumnya, The Apurva Kempinski menuju GWK.

Sehubungan dengan kegiatan tersebut, menurut pantauan Liputan6.com terjadi kemacetan total karena dilakukan buka tutup jalan dan akses dari serta menuju Nusa Dua pun ditutup.

Selain di area Nusa Dua, jalanan menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pun mengalami kemacetan dan berhenti total.

Hingga kini, acara makan malam di GWK masih berlangsung dan kemungkinan lalu lintas yang terjadi masih sama hingga acara selesai.

Dalam kesempatan itu, Presiden Kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri dan Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono datang ke resepsi makan malam KTT G20 di Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Bali.

Dari pantauan Liputan6.com di Media Center KTT G20, terlihat kehadiran kedua mantan presiden Indonesia tersebut. Sorotan kamera menangkap dua mantan presiden RI itu bercengkrama dengan tamu undangan yang sudah tiba.

Selengkapnya di sini...

Jokowi Ajak Pemimpin Dunia Nyangkul

Kepala Negara Anggota G20 Diajak Nyangkul Oleh Jokowi di Tahura Bali

Liputan6.com 2022-11-16 10:14:56
Pada kunjungan pemimpin G20 ke Taman Hutan Raya, Bali para kepala negara diberi kesempatan untuk menanam mangrove (Sekretariat Presiden)

Ada penampakan menarik dari agenda pertama di hari kedua penyelenggaraan KTT G20 di Bali, Rabu 16 November 2022. Pada kunjungan pemimpin G20 ke Taman Hutan Raya, Bali para kepala negara diberi kesempatan untuk menanam mangrove.

Namun, yang tak biasa selain hal itu adalah momen para kepala negara memegang cangkul dan mengisi tanah ke lubang tanaman mangrove tersebut.

Momen ini sontak mendapat tepuk tangan dan teriakkan dari jurnalis di Media Center KTT G20, demikian pantauan Liputan6.com, Rabu (16/11/2022).

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Joe Biden tersandung anak tangga saat hendak memasuki area Taman Hutan Raya, Bali.

Momen Joe Biden tersandung ini tertangkap kamera saat siaran langsung dari akun YouTube Sekretariat Presiden dengan judul LIVE: Kunjungan Pemimpin G20 ke Taman Hutan Raya, Bali.

Kala itu, Joe Biden turun dari mobilnya dan datang menemui Jokowi yang saat itu siap menyambut.

Saat keduanya berjalan bersama naik anak tangga, tiba-tiba Joe Biden tersandung.

Refleks tangan kiri Jokowi menopang tubuh dan tangan Joe Biden.

Taman Hutan Raya yang ada di Provinsi Bali adalah Tahura Ngurah Rai yang merupakan suatu kawasan bertipe hutan payau yang selalu tergenang air payau dan dipengaruhi oleh pasang surut, dikutip dari laman bpkh8.menlhk.go.id.

Dilihat dari vegetasinya, Tahura Ngurah Rai memiliki fungsi dalam mencegah abrasi yang mengancam Bali.

Dilihat dari letak kawasan Tahura Ngurah Rai yang sangat strategis yang berada di pusat pertumbuhan bisnis dan pariwisata di Bali,yakni berada di tengah 3 kawasan wisata utama :Nusa Dua, Sanur, dan Kuta.

Wilayah Taman Hutan Raya Ngurah Rai secara administrasi pemerintahan, terletak di Teluk/Tanjung Benoa dan sekitarnya pada wilayah Kecamatan Kuta dan Kuta Selatan Kabupaten Badung seluas 627 Ha, dan Pulau Serangan Kecamatan Denpasar Selatan Kota Denpasar seluas 746,50 Ha.


Kala Joe Biden Hormat ke Jokowi di KTT G20

Selasa 15 November 2022 pagi para pemimpin dunia dan delegaso negara G20 menuju The Apurva Kempinski Bali, lokasi KTT G20 digelar. Satu per satu disambut oleh Jokowi sebelum melakukan sesi foto bersama.

Di antara pemimpin negara dan delegasi G20 yang hadir, Presiden AS Joe Biden menjadi satu-satunya yang memberikan gesture hormat kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Pantauan Liputan6.com dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (15/11/2022), Joe Biden memberi 'hormat' kepada Jokowi sesaat sebelum naik panggung tempat sesi foto dilakukan. Ia kemudian terlihat menyalaminya lalu berfoto dan turun menuju venue acara.

KTT G20 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali segera mempertemukan para pemimpin dunia untuk duduk bersama dan melakukan dialog guna menemukan solusi untuk permasalahan global.

Sementara menurut pantauan Liputan6.com dari Media Center di Nusa Dua, Bali, sebelumnya pemimpin dunia lainnya juga telah hadir. Mereka adalah Sekjen WHO, Delegasi ILO, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, PM Belanda Mark Rutte, PM Kanada Justin Trudeau, Presiden Argentina Alberto Fernandez, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan hingga PM Inggris Rishi Sunak dan sejumlah pemimpin lainnya.


Pertemuan Sebelumnya

Sebelumnya, Presiden Jokowi bertemu sudah bertemu Presiden Amerika Serikat di Bali, sebelum penyelenggaraan KTT G20 yakni pada Senin 14 November.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi tampak mengenakan setelan jas hitam, sementara Joe Biden dengan setelah jas biru.

Dalam siaran diunggah oleh akun Sekretariat Presiden, Jokowi mengucapkan selamat datang pada Joe Biden.

"Presiden Joe Biden selamat datang di Bali, selamat datang di Indonesia.Saya sangat menghargai kedatangan Presiden Joe Biden KTT G20 Bali," kata Jokowi pada Senin (14/11/2022).

"Oleh karena itu saya sampaikan apresiasi kedatangan di KTT G20."

"Saya berharap KTT G20 bisa menghasilkan kerja sama yang konkret yang dapat membantu dunia dalam pemulihan ekonomi global."

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba di Bali pada Minggu (13/11/2022) malam sekitar pukul 21.45 WITA di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Kedatangan Presiden AS Joe Biden disambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.


Spouse Program G20, Ibu Negara Korea Selatan Makan Rujak Bareng Iriana

Yang tak kalah jadi sorotan adalah Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon Hee menikmati rujak dan emping dalam kunjungannya ke KTT G20 di Bali. Ia menikmati makanan khas Indonesia itu dalam acara yang dipandu Ibu Negara RI Iriana Jokowi.

Para pasangan pemimpin G20 memang diajak untuk jalan-jalan dalam acara Spouse Program. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif turut menyediakan kuliner dan pameran seni lokal.

Rujak dan emping menjadi bagian dari menu lokal yang disajikan kepada para peserta Spouse Program.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf, Rizki Handayani Mustafa, menyebut bahwa Ibu Negara Korea Selatan juga turut menikmati sajian tersebut.

Rizki menjelaskan rujak yang disantap memiliki jambu, salang yang dipotong tipis, hingga bengkoang.

Ada perwakilan enam negara yang hadir di acara Spouse Program. Selain Korea Selatan, ada China, Spanyol, Jepang, Turki, dan dari Uni Eropa. Perwakilan dari Uni Eropa adalah suami Presiden Komisi Eropa, yakni Heiko von der Leyen.

"Mereka terhadap apa yang kita pamerkan sangat tertarik," ujar Rizki Handayani di Media Center G20 di Bali, Selasa (15/11/2022).

Rizki juga menjelaskan bahwa para perwakilan negara bergaul dengan akrab dengan Ibu Negara RI Iriana.

Wakil Menparekraf Angela Tanoesoedibjo berkata bahwa acara Spouse Program berhasil digelar dengan sukses.

"Berdasarkan obvervasi kami, para pasangan menikmati acara pagi ini dan mengapresiasi tampilan persatuan dan keanekaragaman Indonesia dari Aceh ke Papua. Kami berharap Spouse Program dapat menjadi pandangan sekilas dari keramahtamahan Indonesia yang terkenal, pariwisata, dan ekonomi hijau," ujar Angela Tanoesoedibjo.

Betah di Bali, Enggak Mau Pulang

Joe Biden Betah di Bali, Enggak Mau Pulang ke AS

Liputan6.com 2022-11-16 15:00:17
Presiden AS Joe Biden (tengah) bersama Perdana Menteri Australia Anthony Albanese (kiri) dan Perdana Menteri India Narendra Modi (kanan) mengangkat cangkul saat acara penanaman pohon mangrove

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengaku betah berada di Pantai Bali untuk menghadiri rangkaian KTT G20. Dia pun enggan untuk balik kampung halaman ke Negeri Paman Sam.

Hal tersebut disampaikan Biden secara langsung kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi usai melakukan pertemuan bilateral pada 14 November lalu.

"I don't think I'm going home. You had me staying on the beach (Saya kira, saya enggak akan pulang. Anda (Presiden Jokowi), membuatku betah di pantai Bali)," kata Biden dikutip melalui Instagram Menparekraf Sandiaga Uno @sandiuno, Jakarta, Rabu (16/11).

Menimpali keinginan PresidenAS tersebut, Sandiaga mengaku senang dan siap untuk melayani lebih lama. Menurutnya, Bali memiliki banyak brand-brand lokal baju yang keren.

"Kalau mau extend, kami sangat senang lho Mr. President! Kalau gak bawa baju lebih, di Bali banyak brand-brand lokal yang super keren!" kata Sandiaga.

Sandiaga pun mengajak pengikutnya untuk memberikan referensi brand fesyen lokal yang cocok dikenakan Presiden Biden. "Kasih rekomendasi brand fesyen lokal buat Presiden Joe Biden dong, Sob," ujar Sandiaga Uno.


Rudal Rusia Hantam Polandia, Joe Biden Gelar Rapat Darurat dengan Pemimpin G7-NATO

Presiden AS Joe Biden memberikan keterangan pers dari pertemuan darurat dengan sekutu utama selama hari terakhirnya di KTT G20 Bali, Indonesia, berjanji untuk "mencari tahu dengan tepat apa yang terjadi" setelah rudal buatan Rusia jatuh di dalam perbatasan sekutu NATO, Polandia.

"Kami setuju untuk mendukung penyelidikan Polandia atas ledakan di pedesaan Polandia dekat perbatasan Ukraina, dan kami akan memastikan bahwa kami mengetahui dengan tepat apa yang terjadi," kata Biden kepada wartawan setelah rapat daruratnya dengan para pemimpin di KTT G20 seperti dikutip dari CNN, Rabu (16/11/2022).

Biden menambahkan, "Kemudian kita akan bersama-sama menentukan langkah selanjutnya saat kita menyelidikinya."

Presiden AS baru saja keluar dari rapat di Bali pada Rabu pagi waktu setempat. Pembicaraan darurat itu terjadi setelah kementerian luar negeri Polandia mengatakan Selasa, 15 November 2022 malam bahwa "rudal buatan Rusia" jatuh di Desa Przewodw.

Pernyataan Kementerian Luar Negeri Polandia tidak merinci jenis rudal, siapa yang menembakkannya atau dari mana ditembakkan. Biden sebelumnya telah menghubungi Presiden Polandia dan Sekretaris Jenderal NATO.


Menunggu Penyelidikan

Berbicara kepada pers setelah pertemuan darurat, Biden ditanya apakah rudal itu ditembakkan dari Rusia. "Ada informasi awal yang membantah itu," jawabnya.

Dia menambahkan, "Saya tidak ingin mengatakan itu sampai kami benar-benar menyelidikinya. Tidak mungkin di benak lintasan bahwa itu ditembakkan dari Rusia. Tapi kita lihat saja."

Biden dan para pemimpin dari G7 dan NATO rapat darurat roundtable. Pertemuan itu termasuk para pemimpin dari Kanada, Uni Eropa, Spanyol, Italia, Prancis, Jerman, Belanda, dan Jepang, kata para pejabat.

Presiden AS mengatakan bahwa ada "kebulatan suara total di antara orang-orang di meja" tentang bagaimana menanggapi insiden tersebut. Dia tidak memberikan informasi lain tentang sumber rudal tersebut.

Sama-Sama Ganteng, Siapa Paling Gaya?

Adu Gaya Rishi Sunak dan Justin Trudeau di Gala Dinner KTT G20, Warganet: GWK Fashion Week

Liputan6.com 2022-11-16 12:45:00
Presiden Indonesia Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Widodo berpose bersama Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau (kanan) pada 'Welcoming Dinner and Cultural Performance G20 Indonesia'

Rangkaian acara G20 hari pertama ditutup dengan 'Welcoming Dinner and Cultural Performance G20 Indonesia' yang berlangsung di Garuda Wisnu Kencana, salah satu landmark ikonis Pulau Dewata.

Presiden Joko Widodo sebagai tuan rumah memakai baju tradisional Bali, begitu pula Ibu Negara Iriana yang mendampinginya. Mereka menyambut para kepala negara dan pemerintahan di ujung karpet merah yang membentang panjang.

Para pemimpin dunia lainnya juga kompak memakai kemeja batik khas Indonesia.

Melalui Instagram, Kementerian Sekretariat Negara menginformasikan bahwa para tamu VVIP memakai kemeja yang terbuat dari kain tenun catri buah inovasi Putu Agus Aksara.

Kain karya perajin Desa Gelgel tersebut merupakan pembaharuan dari endek klungkung tanpa meninggalkan keasliannya.

Satu hal yang menjadi sorotan di jamuan makan malam tersebut adalah penampilan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak.

Setelah keduanya terlihat asyik nongkrong di salah satu cafe di bali pada Senin (14/11). Kini, keduanya disorot karena gayanya yang manly dan masukin. Di samping itu, Trudeau dan Sunak juga memang dikenal memiliki paras yang tampan.

Malam itu, Rishi Sunak tampak mengenakan pakaian batik dengan warna merah dominan. Sedangkan Justin Trudeau mengenakan batik berwarna fuschia.

Hingga kini, penampilan Trudeau dan Sunak di jamuan makan malam tersebut masih menjadi sorotan. Warganet banyak yang membicarakannya bahkan membuat video-video editan yang menampilkan betapa menawannya Sunak dan Trudeau di red carpet Gala Dinner KTT G20 malam itu.


Gaya Semi-Formal Trudeau

Kehebohan warganet nampak saat Trudeau berjalan melewati karpet merah.

Selain itu, mengutip Liputan6.com, Media Center KTT G20 juga menunjukkan reaksi tak biasa saat Trudeau berjalan di karpet merah.

Awak media terutama kaum hawa berteriak histeris dan memberikan tepuk tangan saat Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau masuk ke area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana.

Senyum lebar Justin Trudeau saat masuk area GWK lantas diteriaki oleh awak media.

"Menawan ya, satu kancing atas batiknya di lepas," kata Khadijah, salah satu jurnalis asal Indonesia kepada Liputan6.com, di Media Center G20 Bali, Kamis (15/11/2022).

"Trudeau paling menawan malam ini. Posisi kedua Rishi Sunak," tambahnya.

Pasalnya, kalau dibandingkan dengan tamu lainnya yang hadir, penampilan pria 50 tahun ini paling stand out.

Perpaduan kemeja batik lengan panjang berwarna pink fuschia yang memiliki cuttingan slim fit dan warna yang kontras dengan kulitnya nampak cocok pada Trudeau. Kemeja tersebut juga tampak dipadukan dengan black formal long pants.

Kancing pertama kemeja tersebut sengaja tidak ia rekatkan pada lubangnya dan dibiarkan menunjukkan bagian lehernya.

PM Kanada ini seolah ingin menampilkan kesan tampilan semi formal.

Outfitnya tersebut kemudian disempurnakan dengan penggunaan sepatu pantofel hitam.


Pemimpin Milenial Dengan Gaya Necis

Berbeda dengan Trudeau, Sunak mengenakan batik dengan warna dominan merah keunguan dengan lengan panjang yang digulung. Ia juga memakai bawahan celana panjang putih dan dilengkapi loafers biru.

Sunak juga memperlihatkan kesan semi-formal pada busana yang ia pakai di Gala Dinner.

Menariknya Rishi Sunak bukan hanya dari tampilan usianya yang masih terbilang muda saja. Tetapi juga pilihan gayanya.

Media Inggris juga beberapa kali menyoroti gayanya yang modis. Sebagai perdana menteri milenial pertama Inggris, Sunak konsisten memakai merek-merek branded.

Namun, sebagai mantan manajer hedge fund, dia memiliki penghasilan yang cukup untuk mendukung hal itu, terlepas dari kekayaan istrinya yang sangat besar.

Sunak sempat tertangkap kamera memakai sepatu Prada seharga 8,3 juta rupiah saat kampanye pada Juni lalu.

Media Inggris juga menyoroti sejak lama bahwa beberapa busana Sunak dibeli dari Henry Herbert dari Bloomsbury yang harganya mencapai puluhan juta.

Saat belum bertugas di Downing Street, dia juga tertangkap kamera memakai sepatu olahraga dari merek kultus Common Projects, seorang desainer New York yang disukai oleh Jay-Z, Drake dan Kanye West.


Warganet Heboh

Penampilan keduanya sontak membuat warganet heboh dan terkesima.

Video Sunak dan Trudeau yang viral di TikTok menunjukkan momen keduanya berjalan di karpet merah Gala Dinner dengan senyum simpul keduanya yang menawan.

Tak sedikit warganet yang mulai kepincut orang nomor satu di Kanada dan Inggris itu.

"Udah kayak Men Fashion Week," ucap salah satu warganet.

"GWK Fashion Street. No kaleng-kaleng," saut warganet lainnya.

"Rishi manly, Justin ganteng," kata warganet lainnya.

Adapun video-video lain di TikTok yang menampilkan salah satu warga yang datang ke Gala Dinner G20 kerap berfoto dengan keduanya. Menunjukkan, betapa ramahnya Sunak dan Trudeau.

KTT G20 Dibilang Mirip Anime One Piece

Warganet Sebut KTT G20 Bali Mirip Pertemuan Reverie di Anime One Piece

Liputan6.com 2022-11-16 13:30:45
Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi (tengah)berbicara selama pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 hari pertama di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022). Kepala negara diketah

Pada tanggal 15 dan 16 November di Bali sedang diadakan pertemuan internasional yaitu KTT G20. Acara ini dihadiri oleh banyak kepala negara hingga delegasi organisasi internasional. Beberapa yang hadir antara lain ada Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dan masih banyak lagi.

Pertemuan KTT G20 Bali ini menarik perhatian banyak masyarakat mulai dari masyarakat umum, artis terkenal, dan tentu saja tokoh-tokoh public figure lainnya.

Banyak hal dari KTT G20 Bali yang menjadi perbincangan masyarakat. Seperti Presiden Prancis Emmanuel Macron yang berjalan kaki di Bali untuk menyapa warga, Elon Musk yang tampil gelap-gelapan dan memakai baju batik, makanan dan oleh-oleh yang dipersiapkan kepada tamu undangan, serta banyak lagi.

Terbaru adalah tanggapan warganet yang menyebut bahwa KTT G20 Bali ini terlihat seperti pertemuan Reverie (dibaca Levely di Jepang) di manga/anime fiksi terkenal Jepang, One Piece.

Perlu diketahui bahwa dalam dunia fiksi One Piece, pertemuan Reverie, atau yang juga disebut KTT Dunia atau Pertemuan Dunia, merupakan pertemuan tingkat Internasional yang diadakan di Marijoa.

Pertemuan ini diadakan setiap empat tahun, di mana raja atau ratu dunia berkumpul untuk konferensi tujuh hari membahas hal-hal yang dapat memengaruhi dunia. Reverie sendiri memiliki arti "Dewan Dunia", merujuk pada dewan yang dibentuk oleh Pemerintah Dunia di dunia fiksi One Piece.


Respons Warganet

Persamaan KTT G20 Bali dan pertemuan Reverie ini diunggah oleh akun Twitter @AryaNovrianus. Sampai saat ini, tweet yang diposting pada 15 November 2022 tersebut sudah di-like oleh lebih dari 7.500 orang dan di-retweet oleh lebih dari 2.500 orang.

Levely di dunia nyata. #ONEPIECE pic.twitter.com/ZPMZO6crXT

Tweet itu memperlihatkan dua foto, satu dari foto kegiatan KTT G20 Bali dan satunya lagi dari anime One Piece adegan pertemuan Reverie. Bagi yang tidak membaca atau menonton One Piece, pasti juga melihat kesamaan yang dimaksud. Mulai dari meja bundarnya, tamu-tamu penting yang datang, dan tentunya tujuan pertemuan itu sendiri, yakni membahas masalah dunia.

"NAH mirip banget ihhh," tulis seorang warganet.

"G20 = 20 Kerajaan yg mendirikan World Government ," kata warganet lainnya.

"Tenryubitonya adalah para pemilik Modal kelas atas, Goroseinya adalah G-7. ," ungkap seorang warganet.

"Apakah Bali adalah Mariejoa di dunia nyata??" tanya salah satu akun.

"Pulau Dewata (julukanBali) for a reason," komentar yang lain.


One Piece dan Politik

One Piece adalah sebuah seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Eiichiro Oda. Manga ini telah dimuat di majalah Weekly Shnen Jump milik Shueisha, sejak tanggal 22 Juli tahun 1997.

Bercerita mengenai Monkey D. Luffy, seorang anak laki-laki yang memiliki kemampuan tubuh elastis, untuk menjadi Raja Bajak Laut. Dengan kru bajak lautnya, yang dinamakan Bajak Laut Topi Jerami, Luffy menjelajahi dunia untuk menemuan harta One Piece.

One Piece kental akan unsur petualangan, aksi, drama, misteri, dan komedi. Selain itu One Piece juga kental akan unsur politik. Bahkan sering kali di berita kita dengar penelitian skripsi yang didasarkan atas data dari manga/anime One Piece.

Contohnya ada skripsi ddengan judul "Representasi Rasial dalam Serial Anime One Piece Analisis Hermeutika Gadamer" oleh mahasiswa IAIN Purwokerto dan "Analisis Semiotika Representasi Kepemimpinan Jepang Dalam Film One Piece Series Arc Wano" oleh mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah.


Apa Itu G20?

Indonesia saat ini menjadi tuan rumah bagi Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 yang diselenggarakan pada 15-16 November 2022, di Bali. Kepanjangan dari G20 itu sendiri adalah Group Of Twenty yang beranggotakan 19 Negara dan 1 lembaga Uni Eropa.

Dikutip dari laman resmi G20, Rabu (16/11/2022), G20 adalah sebuah platform multilateral strategis yang menghubungkan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia. G20 memiliki posisi yang strategis di dalam menentukan masa depan pertumbuhan ekonomi dunia.

Hal ini dikarenakan secara kolektif, anggota G20 merepresentasikan lebih dari 80 persen perekonomian dunia, 75 persen perdagangan internasional, dan 60 persen populasi dunia. G20 pada tahun 1999 dibentuk akibat kekecewaan komunitas internasional terhadap kegagalan G7 dalam mencari solusi terhadap permasalahan perekonomian global yang dihadapi saat itu.

Pak Menteri Cosplay Jadi Fotografer Jokowi

Berani Beda, Menteri Basuki Cosplay Jadi Fotografer Jokowi di Acara KTT G20 Bali

Liputan6.com 2022-11-16 14:28:24
Hasil Tangkap Layar Hasil Siaran G20

Agenda KTT G20 berlanjut pada momen Presiden Joko Widodo/ Jokowi mengajak delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ke Taman Hutan Raya (Tahura) Mangrove Ngurah Rai, Bali, Rabu (16/11/2022).

Ternyata terdapat momen menarik dari salah satu Menteri Kabinet jilid 2 saat menemani Presiden Jokowi meninjau Tahura Mangrove Bali.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, tampak menjadi fotografer dalam kegiatan saat Jokowi ajak delegasi G20 mengunjungi Tahura Mangrove.

Sosok Basuki yang karib disapa Pak Bas ini beberapa kali terlihat berada di kerumunan wartawan yang meliput kegiatan para delegasi di Tahura, salah satu tempat penyelenggaraan KTT G20 Bali.

Melalui penelusuran Citizen Liputan6.com, penampilan Basuki yang memakai topi terbalik dilengkapi dengan lanyard dan kamera professional menyatu dengan para wartawan mancanegara yang sedang berburu gambar para rombongan Jokowi.

Sontak, para warganet turut memberikan reaksi atas totalitas Pak Basuki sebagai "kang jepret" yang tertangkap di rekaman live streaming G20.

"Menteri Basuki be like: kerjaan gw buat G20 udah kelar, sekarang penyaluran hobi dulu," cuit akun @q**noz.

"Taunya pas kelar acara, fotonya dicetak terus ditawarin di depan hotel," canda akun @har**ns.

"Itu sapa dah ngehalangin Pak Basuki? Berani-beraninya sama Menteri Kesayangan Indonesia. Lagi ga pegang drum, Pak Bas pegang kamera dong," cuit akun @i**a_sur**kti ketika tampak pak Basuki sedang sibuk meliput jadi fotografer pribadi Presiden Jokowi.


Potret Nyentrik Pak Basuki

Menteri Basuki tampak mengenakan pakaian kasual dengan baju putih sembari menenteng kamera hitam profesional.

Penampilannya sebagai juru foto kali ini pun dilengkapi dengan topi yang dipakai secara terbalik. Menteri Basuki juga turut memakai kartu pers wartawan sebagai penunjang penampilannya.

Tidak hanya memotret para delegasi rombongan Jokowi, aksi Menteri Basuki pun kerap menyita perhatian para wartawan yang mengabadikan momen Pak Basuki berjalan-jalan membawa kamera.

Terlihat dalam live streaming yang dibagikan saat acara G20, Pak Basuki beberapa kali tampak dalam kumpulan fotografer asing di kawasan Tahura Mangrove.

Adapun kunjungan ke Tahura mangrove ini merupakan niat Jokowi untuk menunjukkan komitmen Indonesia terhadap perubahan iklim dunia.


Memotret Sebagai Hobi

Diketahui, Menteri Basuki memang memiliki hobi di bidang fotografi.

"Ada waktu luang sekaligus Beliau (Menteri PUPR) menyalurkan itu hobi fotografernya," ujar Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja, dikutip dari Laman Regional Liputan6.com.

Bahkan tak hanya di Tahura, Endra mengatakan bahwa Menteri Basuki sudah membawa kamera sejak acara jamuan di Selasa (15/11/2022) malam KTT G20 yang bertempat di Garuda Wisnu kencana, Bali.

Endra memaparkan bahwa aksi Basuki menjadi sang fotografer merupakan peristiwa yang tidak memerlukan izin terlebih dahulu kepada Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"Kan ada Paspampres, saya kira sih mungkin natural saja. Mungkin juga karena menteri ya," ucapnya.

Kendati demikian, tugas dan wewenang Pak Basuki pada perhelatan KTT G20 kali ini salah satunya adalah memaksimalkan penataan ulang Tahura Mangrove yang menjadi kawasan pengenalan isu iklim kepada para delegasi.

Kini, tugas PUPR sudah selesai terkait dengan G20 dan beliau tinggal mendampingi Presiden Jokowi dalam forum internasional yang dinantikan sukses.


Penataan Ulang

Atas upaya memaksimalkan sarana dan prasarana yang berkaitan dengan lingkungan hidup, Presiden Jokowi telah mengarahkan langsung kepada Kementerian PUPR untuk melakukan penataan ulang kepada hutan mangrove di Ngurah Rai, Bali.

Mengutip situs resmi Indonesia.go.id, Menteri Basuki dipercaya menata kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai yang akan digunakan sebagai showcase mangrove bagi para pimpinan negara delegasi yang hadir.

"Bali yang akan menjadi pusat lokasi penyelenggaraan KTT G20 akan dibuat lebih ramah lingkungan melalui kegiatan pembenahan infrastuktur kawasan yang didukung dengan penghijauan yang masif," tulis situs tersebut.

Dalam penataan kawasan mangrove tersebut, Kementerian PUPR juga tak lupa membangun fasilitas pembibitan dan persemaian mangrove.

Fasilitas yang dimaksud terdiri dari tiga fasilitas bangunan, yakni Production House Area untuk penanaman bibit, Germination House Area untuk pengembangan bibit hingga menjadi tunas/kecambah, dan area persemian (open growth area) untuk mangrove yang sudah setinggi 30-50 cm.

Tarif Hotel Mewah Lokasi KTT G20

Mengenal The Apurva Kempinski Bali Milik William Katuari, Hotel Mewah Venue Penyelenggaraan KTT G20

Liputan6.com 2022-11-16 15:17:13
The Apurva Kempinski Bali

Hotel The Apurva Kempinski Bali saat ini ramai menjadi perbincangan masyarakat Indonesia. Pasalnya, hotel mewah dan elegan ini menjadi lokasi untuk acara puncak KTT G20 Indonesia yang berlangsung pada 15-16 November 2022.

Kemegahannya bahkan menjadikan hotel ini sebagai venue utama untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Hotel ini juga mempunyai tampilan yang sangat indah karena mempunyai bentuk mirip dengan piramid Amerika Tengah.

Melansir dari situ resmi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), hotel bintang lima ini ternyata milik Presiden Direktur Wings Group yaitu William Katuari.

William sendiri dikenal sebagai taipan yang tercatat sebagai orang terkaya nomor 31 di Indonesia.

Hotel mewah ini ternyata baru dibuka pada 1 Februari 2019 dan baru beroperasi selama tiga tahun. Namun, mempunyai kapasitas tempat untuk menjadi lokasi acara besar internasional.

The Apurva Kempinski Bali mempunyai ruangan-ruangan yang menakjubkan seperti ruangan candi yang bisa menampung 1.000 orang.

Hotel ini berlokasi di Jalan Raya Nusa Dua Selatan, Sawangan, Nusa Dua, Bali.

Berdiri di atas tebing Nusa Dua dapat terlihat pemandangan pantai yang indah dan juga mewahnya membuat siapa pun terpukau melihatnya.


Jumlah Kamar

Hotel ini mempunyai sekitar 475 kamar, suite, serta vila yang sangat cantik dan 60% di antaranya bahkan mempunyai kolam berendam pribadi.

Kamar di hotel ini mempunyai beberapa jenis mulai dari Grand Deluxe Ocean Lagoon Room dengan ukuran 80m2, Grand Deluxe Ocean Court Room berukuran 65m2, dan Grand Deluxe Room berukuran 65m2.


Tipe Penginapan

Adapun penginapan suites yang mempunyai tipe-tipe lain seperti Cliff Private Pool Ocean Junior Suite berukuran 100m2, Ocean Front Private Pool Junior Suite berukuran 100m2, The Apurva Prestige Suite berukuran 200m2, The Apurva Prestige Ocean Suite berukuran 200m2, Ocean Front Prestige Suite berukuran 200m2, dan Cliff Private Pool Junior Suite berukuran 100m2.


Vila

Hotel in juga mempunyai penginapan vila dengan empat jenis berbeda yaitu Singhasari One Bedroom Villa berukuran 202m2, Sriwijaya Two Bedroom Vila berukuran 202m2, Majapahit Three Bedroom Villa berukuran 637m2, dan Nusantara Presidential Three Bedroom Vila berukuran 1379m2.

Oleh-Oleh Unik untuk Delegasi KTT G20

Ini 6 Oleh-Oleh Unik Jokowi untuk Delegasi KTT G20 Indonesia

Liputan6.com 2022-11-16 10:30:33
Kipas Cendana. Berbagai produk hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi souvenir spouse dalam Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 Indonesia, yang saat ini sedang berlangsung di

Berbagai produk hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi souvenir spouse dalam Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 Indonesia, yang saat ini sedang berlangsung di Bali pada 15-16 November 2022.

"Souvenir spouse ini tentunya memiliki keunikan tersendiri, lho #SobatSetneg. Tak hanya unik, souvenir ini juga merupakan produk UMKM Indonesia asli kerajinan tangan masyarakat Indonesia," tulis keterangan Instagram @kemensetneg.ri, dikutip Rabu (16/11/2022).

Berikut 6 deretan souvenir KTT G20 untuk para delegasi, mulai dari cemilan hingga topi dan tas:

1. Kipas Cendana

Kipas khusus ini terbuat dari Cendana yang terkenal dengan aromanya yang tak lekang oleh waktu.

Kipas ini dibuat secara khusus oleh pengrajin Bali yang terampil, dengan sentuhan kayu Ebony pada dudukan kayu dan logo G20 yang ditekankan serta berlapiskan emas dan sterling perak kipas ini adalah definisi dari kemewahan Indonesia.

2. Topi Rotan

Topi Rotan ini memiliki material yang sama yaitu dari daun pohon palem yang kerap disebut daun lontar yang dikeringkan. Proses pembuatannya melibatkan pengrajin lokal yang beresidensi di Karangasem, Bali.


Tas Rotan Kulit dan Jamu

3. Tas Rotan Kulit

Terbuat dari bahan baku rotan yang diproduksi di Cirebon dan kulit yang diproduksi di Magetan. Kedua material tersebut dikirim ke Bali lalu dijadikan tas oleh pengrajin lokal. Tas ini merupakan desain dari ini- itu Canggu yang dimiliki warga negara Indonesia dan mempekerjakan warga di Bali, sejauh ini sudah dikirim ke banyak negara.

4. SOJAMU

SOJAMU (Suwe Ora Jamu) adalah sebuah Brand (JENAMA LOKAL) Minuman Jamu yang buatan tangan secara alami dengan teknik kearifan lokal tradisional.

Dibuat dengan dasar cinta dari keanekaragaman bahan-bahan jamu alami Indonesia, dari 8 bagian tanaman yang berbeda, yaitu akar, rimpang, kulit kayu, daun, bunga, buah-buahan, biji-bijian dan kulitnya di Jamu Kitchen kami di Jakarta, Pulau Jawa, Indonesia. Bahan-bahan jamu ditanam di seluruh pulau eksotis Indonesia, dipilih sendiri-dikurasi dan diproduksi dengan hati-hati oleh talenta lokal untuk memastikan kualitas yang konsisten.


Flores Cashew dan Kopi

5. Flores Cashew

JAVARA dengan bangga mempersembahkan Flores Mete. Ia dikenal dengan aroma krim, bunga, dan manisnya, Pulau Flores menawarkan salah satu kacang mete kualitas terbaik di dunia, disumbangkan oleh mineralnya yang kaya tanah yang dipenuhi oleh angin laut. Kacang mete ini dikumpulkan dengan tangan dan diproses menggunakan metode dingin yaitu "hand-crack". Cara ini penting untuk mempertahankan rasa asli, tekstur, dan aroma.

6. Kopi Konservasi

Berbeda dengan biji kopi komersial, biji kopi Konservasi masuk kedalam kategori unik. Kopi Konservasi memiliki prinsip dasar adalah menerapkan sosial dan lingkungan sistem pengelolaan sosial dan lingkungan melalui beberapa praktik yaitu konservasi ekosistem, perlindungan satwa liar termasuk hewan kecil dan mikroorganisme, pertanian berkelanjutan, tenaga kerja yang adil, dan penjangkauan sosial.

Sukses Gelar KTT G20, Apa Untungnya Bagi Indonesia?

HEADLINE: Banjir Pujian Penyelenggaraan KTT G20 dan Presidensi G20 Jokowi, Keuntungan buat Indonesia?

Liputan6.com 2022-11-17 00:03:33
Perdana Menteri India Narendra Modi menyapa Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi yang menyambutnya pada hari pertama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11

Hingar bingar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang telah disiapkan pemerintah Indonesia sudah mencapai puncaknya. Hampir seluruh pemimpin negara hadir di pulau Bali.

Meski telah ditutup dan estafet sudah diserahkan ke pemerintah India, puja puji para tamu negara yang hadir atas jamuan Indonesia tak terelakan.

Sebut saja, salah satunya datang dari Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach ketika menghadiri jamuan makan siang di Bamboo Dome di The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali. Ia mengutarakan, tema KTT G20 seusai dengan moto baru IOC, yang jelas selaras menggemakan semangat Olimpiade.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menyampaikan penghargaan kepada Presiden Joko Widodo atas perannya dalam Presidensi G20. Keduanya telah bertemu di The Apurva Kempinski, Senin 14 September 2022.

Bahkan, Presiden Amerika Serikat Joe Biden memberikan gestur hormat dengan mengangkat tangan kanan sejajar kening ketika menemui Presiden Jokowi saat tiba di The Apurva Kempinski, lokasi penyelenggaraan KTT G20.

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese melalui akun Instagram pribadinya @albomp, menyebut Indonesia sebagai teman yang memiliki kesamaan pandangan terhadap perdamaian serta kemakmuran Indo-Pasifik.

Pemerintah Rusia, melalui Kementerian Luar Negeri, sebelumnya juga menyuarakan rasa hormatnya atas Presidensi Indonesia pada G20 karena membawa pesan pemersatu.

Tak hanya para pejabat negara, ucapan salut atas kepemimpinan Indonesia pada G20 juga disampaikan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antnio Guterres.

Menurut Guterres, Indonesia yang memimpin dalam ketegangan geopolitik yang memicu gejolak ekonomi telah berhasil mendorong dialog di antara negara G20.

"Saya mengagumi apa yang sudah dilakukan Indonesia sebagai (pemegang tampuk) Presidensi G20, di bawah Presiden Joko Widodo," kata Guterres.

Guru besar hukum internasional UI Hikmahanto Juwana juga berpandangan bahwa KTT G20 ini berhasil dihelat. Ada beberapa indikatornya, sebut saja hampir semua kepala negara dan pemerintahan hadir.

"Selama penyelenggaraan keamanan terkendali. Berbagai program dari tiga fokus dari tema yang diusung oleh Indonesia selama 1 tahun berhasil disepakati," kata dia kepada Liputan6.com, Rabu (16/11/2022).

Selain itu, banyak menuai apresiasi dunia di mana ada keinginan dan upaya Presiden Jokowi untuk menyelesaikan perang antara Rusia-Ukrania, meski itu masih berlangsung.

"Tidak ada negara yang kehilangan muka dalam Leaders' Declaration," ungkap Hikmahanto.

Adapun dalam dokumen Leaders' Declaration yang diterima Liputan6.com, terdapat 52 poin yang dijabarkan sebagai hasil akhir pertemuan KTT G20 Bali 2022.

Beberapa diantaranya, menyinggung soal komitmen terhadap adopsi praktik inovatif dan teknologi semisal inovasi digital pada sistem pangan dan agrikultur, serta permintaan pada Organisasi Pangan dan Agrikultur (FAO) dan Bank Dunia seputar hasil pemetaan tentang kerawanan pangan.

Selain itu, lanjut Hikmahanto, meski disinggung soal perang Rusia-Ukrania, disebutkan KTT G20 bukanlah forum untuk menyelesaikan masalah politik.

"Namun diakui bahwa masalah keamanan sangat berdampak pada ekonomi global," jelas dia.

Sementara, Peneliti senior Marapi Consulting and Advisory Beni Sukadis memandang sukses atau tidaknya tergantung dari implementasi hasil KTT G20 itu dijalankan oleh Indonesia dan negara lain atau tidak.

"Harus dilihat secara detail bahwa KTT G20 adalah forum negara negara yang termasuk dalam ekonomi besar secara GDP yang diadakan setiap tahun. Artinya apakah komunike bersama G20 memiliki dampak langsung terhadap rakyat atau kah hanya pertemuan seremonial saja," kata dia kepada Liputan6.com, Rabu (16/11/2022).

Dia menegaskan, justu yang harus dilihat kesepakatan-kesepatan bilateral yang dapat dicapai atau tercapai diantara negara G20 dalam pertemuan di luar forum G20. Seperti pertemuan RI dan AS dalam kesepakatan kemitraan strategis bilateral.

"Jika Indonesia mendapatkan bantuan teknis dan/atau grant dalam isu perubahan iklim, pengurangan emisi, peningkatan kapasitas lembaga, konektivitas digital, dan lainnya dalam kerangka kemitraan AS-RI tersebut, maka itu menjadi prestasi nyata dibandingkan komunike bersama yang tidak memillki dampak langsung bagi rakyat Indonesia," ungkap Beni.

Sehingga, sukses atau tidaknya sangat relatif. Kembali lagi, apakah kesepakatan bilateral tersebut memang ada yang menguntungkan Indonesia atau tidak sama sekali.

"Jadi kesuksesan itu menjadi relatif, karena harus dilihat secara detail lagi," jelas dia.

Bisa Berdampak Baik

Di lain sisi, Anggota Komisi I DPR RI, TB Hasanuddin menilai pujian berbagai negara akan membawa dampak baik bagi Indonesia.

"Saya melihat kesepakatan-kesepakatan bilateral yang dibuat Pemerintah Indonesia dengan beberapa negara tersebut adalah sebuah capaian yang bagus dan memang sektor kerjasamanya sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Namun perlu diingat bahwa, hal yang paling penting adalah bagaimana kemudian implementasi dari kesepakatan nantinya di lapangan oleh kementerian terkait," kata Hasanuddin saat dikonfirmasi, Rabu (16/11/2022).

Salah satu keuntungan bagi Indonesia, lanjutnya, adalah mempererat hubungan bilateral dan kerjasama di berbagai bidang.

"Dalam konteks bilateral, itu adalah sebuah prestasi bagi Indonesia karena mempererat hubungan bilateral dengan negara lain. Akan tetapi, forum G20 itu adalah forum multilateral, sehingga ukuran prestasinya adalah kesepakatan kolektif para anggota G20. Kesepakatan inilah yang masih kita tunggu, terutama mengenai apa langkah bersama dari negara-negara G20 untuk mengantisipasi dampak dari potensi krisis energi dan pangan," jelasnya.

Sementara itu, anggota Komisi I DPR Bobby Rizaldy menyatakan pujian dari negara lain hanya sebatas penyelenggaran dan bukan hal substantif.

"Pujian tersebut bermakna Presidensi Indonesia di G20 ini sukses baik hal non substantif seperti penyelenggaraan, keamanan, kenyamanan dan substantif seperti tercapainya kesepakatan yang melanjutkan kesepakatan sebelumnyanya dan menjadi giat G20 selanjutnya," kata dia.

Meski demikian, Bobby menyebut pujian itu tentu menguntungkan Indonesia bahwa Indonesia diakui oleh dunia.

"Keuntungannya bahwa kepemimpinan Indonesia diakui anggota G20 yg notabene adalah negara-negara besar dunia yang menguasai 65% pasar dunia, sehingga ke depan Indonesia merupakan faktor berpengaruh dalam tiap pengambilan kebijakan multilateral yang berdampak pada kesejahteraan bangsa," kata dia.


KTT G20 Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Bali

Ajang Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 berhasil meningkatkan pertumbuhan perekonomian Bali hingga 8,1 persen secara year on year (yoy) pada kuartal ketiga tahun 2022.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.

"Ini merupakan peningkatan yang sangat besar dibandingkan kuartal sebelumnya sebesar 3,05 persen," kata Sandiaga dalam konferensi pers Kemenparekraf di Bali International Convention Center, Nusa Dua, dikutip Rabu (16/11/2022).

Sandiaga mengatakan, pelaksanaan KTT G20 di Bali kata Sandiaga juga mendorong peningkatan angka penerbangan internasional dari dan ke luar Bali. Menyusul, banyaknya jumlah delegasi anggota maupun tamu undangan untuk menghadiri ajang bergengsi tersebut.

"Frekuensi penerbangan internasional ke Bali dan destinasi-destinasi lain ke Indonesia juga akan semakin meningkat," ungkap Sandiaga.

Sandiaga menuturkan, dalam upaya meningkatkan sektor parekraf Tanah Air pasca KTT G20, pihaknya akan berupaya menambah jumlah penerbangan internasional ke Indonesia. Kemenparekraf melakukan berbagai upaya promosi, digitalisasi dan menyiapkan berbagai paket wisata baru bagi wisatawan nusantara dan mancanegara. Salah satunya adalah paket wisata pesiar atau sea cruise.

"Kita akan menggabungkan berbagai destinasi-destinasi di Bali dan lainnya dengan paket-paket cruise," tutur Sandiaga.

Dia pun optimis, pada kuartal keempat tahun 2022 pertumbuhan ekonomi Bali diproyeksi akan terus berlanjut ke arah pemulihan yang kuat berkat perhelatan KTT G20.

"Kami harap KTT G20 menjadi puncak pertumbuhan ekonomi Bali bersamaan dengan masa libur akhir tahun akan membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja berkualitas di Bali," katanya.


Disambut Baik Pengusaha

B20 Summit Indonesia 2022 yang menjadi rangkaian acara KTT G20, sukses menghasilkan komunike yang menekankan pada inovasi, inklusi dan kolaborasi guna menyelamatkan dunia dari berbagai ancaman krisis.

Dokumen ini berisi 25 rekomendasi kebijakan dan 68 policy actions, yang akan disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke para pemimpin negara G20 dalam konferensi tingkat tinggi, atau KTT G20 2022.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perdagangan Benny Soetrisno optimistis komunike B20 bisa jadi solusi selamatkan dunia dari krisis, asalkan seluruh negara anggota G20 fokus pada aksi konkret bersama.

"Selama hasil komunike dikerjakan oleh seluruh anggota G20, saya yakin bisa mengurangi krisis yang akan terjadi di tahun 2023," ujar Benny kepada Liputan6.com, Selasa (15/11/2022).

Ketua Bidang Perdagangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) ini pun memahami, kekuatan negara anggota G20 sendiri masih belum seimbang, lantaran ada yang pendapatan per kapitanya sudah tinggi dan ada yang masih rendah.

Namun, ia tetap yakin hasil komunike B20 bisa ditindaklanjuti di KTT G20 Bali, sehingga jadi obat untuk meredakan krisis yang terjadi.

"Walaupun ukurannya masih berbeda antara yang kaya dan miskin, selama ada kesepahaman dan akhir sepakat, maka hal tersebut bisa menghasilkan yang terbaik," kata Benny.

Benny mengatakan, dirinya dan para pengusaha lain berharap Jokowi bisa menyuarakan akar masalah dari krisis ekonomi yang terjadi di dunia saat ini, konflik geopolitik Rusia-Ukraina, yang memicu terjadinya krisis pangan dan krisis energi.

"Perang harus berhenti, supply pangan dan bahan bakar harus lancar," pinta dia.

Menurutnya, semua negara anggota G20 harus saling berkolaborasi, tanpa perlu terlalu lama berpikir terkait proses eksekusinya. "Harus saling bantu pokoknya, kan semangatnya inclusive dan kolaborasi," tandas Benny.