Xi Jinping Marah ke Justin Trudeau

Beredar Video Xi Jinping Tegur Justin Trudeau di KTT G20 Bali, Ini Masalahnya

Liputan6.com 2022-11-17 12:02:54
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau (kiri) berbicara dengan Presiden China Xi Jinping pada KTT G20 di Bali, Rabu 16 November 2022. (Kantor PM Kanada)

Sebuah cuplikan video yang menunjukkan percakapan antara Xi Jinping dan Justin Trudeau beredar di internet, menunjukkan sekilas Presiden China yang tampak menegur Perdana Menteri Kanada.

Dilansir dari BBC, Kamis (17/11/2022) dalam video yang direkam oleh seorang jurnalis di sela-sela KTT G20 di Nusa Dua, Bali, tampak Xi Jinping dan Justin Trudeau berdiri saling berhadapan dan berbicara melalui penerjemah.

Saat percakapan itu, Xi Jinping tampak menuduh Justin Trudeau membocorkan rincian pertemuan mereka.

"Semua yang kita diskusikan telah bocor ke surat kabar, dan itu tidak pantas" ujar Xi Jinping kepada Trudeau, yang diterjemahkan oleh seorang petugas penerjemah.

"Dan bukan itu cara percakapan dilakukan," sambungnya, di mana Xi Jinping juga mempertanyakan ketulusan Trudeau pada dialog mereka.

BBC melaporkan, pembicaraan itu dilakukan secara tertutup dan menjadi yang pertama bagi Xi Jinping dan Justin Trudeau dalam beberapa tahun.

Menanggapi Xi Jinping, Trudeau yang tampak tersenyum dan menganggukkan kepalanya mengatakan : "di Kanada kami percaya pada dialog yang bebas dan terbuka juga jujur, dan itulah yang akan terus kita miliki".

"Kami akan terus bekerja sama secara konstruktif, tetapi akan ada hal-hal yang tidak kita setujui," tambahnya.

Setelah respons Trudeau, Xi Jinping tampak mengakhiri percakapan itu dengan mengatakan "mari kita kondisikan terlebih dahulu," menjabat tangan PM Kanada dan kemudian berjalan meninggalkan titik percakapan tersebut.


Emmanuel Macron Bocorkan Pesan Khusus Xi Jinping soal Ukraina-Rusia, Ini Isinya

Ada pesan khusus yang dibahas oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron bersama Presiden China Xi Jinping. Dan itu dibocorkan oleh Macron kepada media.

Macron menyebut, China akan "memainkan peran mediasi yang lebih signifikan dalam beberapa bulan mendatang".

Terutama soal perang di Ukraina. Macron juga mengumumkan niatnya untuk mengunjungi Beijing pada awal tahun 2023, katanya saat menyampaikan press briefing bersama media nasional dan asing di Media Center KTT G20, Rabu (16/11/2022).

Pemimpin China Xi Jinping "dengan sangat jelas mengungkapkan" keinginannya untuk de-eskalasi di Ukraina, menurut Presiden Prancis.

Sementara itu, Presiden Prancis Emmanuel Macron juga menyampaikan pesan belasungkawa atas meninggalnya korban jiwa atas insiden serangan di Polandia. Rusia dituding telah melakukan serangan tersebut saat KTT G20 berlangsung.

"Belasungkawa kami sampaikan atas ledakan di Polandia. Ini adalah hal yang berat," ujar Emmanuel Macron.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan KTT G20 memiliki tanggung jawab untuk mengirimkan "pesan yang sangat jelas untuk menghindari eskalasi" atas insiden rudal mematikan di Polandia.


Ruang Konvergensi

Macron juga menyebut, pemimpin dunia memiliki peran untuk "mengirimkan pesan yang sangat jelas untuk menghindari eskalasi dan untuk mempertahankan perdamaian dan untuk menghindari perpecahan dunia," kata Macron.

Dia menambahkan bahwa ada "ruang konvergensi" di antara para pemimpin G20 yang berkumpul, termasuk China dan India, untuk mendorong Rusia menuju de-eskalasi di Ukraina.

Serangan rudal di Polandia tepatnya di perbatasannya dengan Ukraina menewaskan dua orang, menandai pertama kalinya negara NATO diserang secara langsung selama konflik.

Macron mengatakan bahwa dia juga telah berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky soal serangan 80 sampai 100 rudal Rusia yang menargetkan struktur sipil di Ukraina.

Diplomasi Pujian Hadapi Pemimpin G20

Diplomasi Pujian, Jurus Jokowi Ciptakan Situasi Kondusif di Antara Para Pemimpin Negara G20

Liputan6.com 2022-11-17 15:28:59
Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi (kanan) memberi isyarat di samping Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Perdana Menteri India Narendra Modi, dan para pe

Rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali telah ditutup Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu 16 November 2022. Sejumlah pihak menilai Indonesia sukses menyelenggarakan KTT G20 di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda dunia.

Jokowi mengatakan, Presidensi G20 Indonesia berhasil menghasilkan deklarasi pemimpin G20 atau 'G20 Bali Leaders Declaration'. Jokowi mengungkap pembahasan deklarasi ini berlangsung sangat alot, namun berhasil dicapai melalui konsensus.

Kesepakatan yang dicapai dalam G20 Bali Leaders Declaration pun di luar perkiraan Jokowi, mengingat panasnya situasi pembahasan dan tensi geopolitics yang tinggi.

"Sampai tengah malam kita berbicara mengenai ini dan akhirnya deklarasi Bali dicapai melalui konsensus," kata Jokowi.

Dia menyampaikan bahwa pembahasan berlangsung alot karena ada satu pasal yang sangat diperdebatkan yakni, mengenai penyikapan perang Rusia-Ukraina. Para pemimpin negara G20 sepakat bahwa perang berdampak terhadap ekonomi dunia.

Terdapat 52 poin yang tertuang dalam Deklarasi Pemimpin negara G20. Poin-poin tersebut mencakup permasalahan mengenai ketegangan geopolitik global, isu krisis pangan, perubahan iklim, kesehatan global, hingga transformasi digital.

Deklarasi ini juga memunculkan sikap yang mengutuk invasi Rusia ke Ukraina. "Sebagian besar anggota sangat mengutuk perang di Ukraina dan menekankan hal itu menyebabkan penderitaan manusia yang luar biasa dan memperburuk keadaan yang ada kerentanan dalam ekonomi global," tertulis dalam poin ketiga Leaders' Declaration di KTT G20 Bali.

Deklarasi ini juga mendorong jalur diplomasi dalam penyelesaian konflik. "Penggunaan atau ancaman penggunaan senjata nuklir tidak dapat diterima. Penyelesaian konflik secara damai, upaya penanganan krisis, serta diplomasi dan dialog, sangat penting. Zaman sekarang tidak boleh perang."


Jurus Jokowi Ciptakan Situasi Kondusif

Dalam pertemuan dengan sejumlah pemimpin redaksi media usai KTT G20 Bali digelar, Jokowi mengungkapkan jurus yang digunakannya untuk membuat situasi kondusif di antara para pemimpin negara G20 yang hadir.

Jokowi mengaku melancarkan diplomasi pujian untuk melakukan pendekatan kepada para pemimpin negara G20 selama di Bali. "Seperti Joe Biden saya dipanggil my senior, Xi Jinping kakak besar, Putin my brother," ungkapnya, Kamis (17/11/2022).

Terkait kemeriahan acara Welcoming Dinner di Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Jokowi mengungkap ada upaya khusus yang dilakukan agar hujan tidak mengguyur. "Jika biasanya perlu 1,5 ton garam, sekarang diperlukan 27 ton untuk menetralisir awan selama pelaksanaan welcoming dinner," kata Jokowi.

Operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) itu dilakukan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Menurut Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, TMC ini merupakan bagian dari skenario mitigasi cuaca yang dipersiapkan untuk mengantisipasi cuaca ekstrem agar gelaran KTT G20 di Bali berjalan dengan lancar dan sukses.

"Serta semua kepala negara dan delegasi dapat melaksanakan pertemuan dengan aman dan nyaman," ujarnya.


Dilakukan Sejak 10 November 2022

Operasi TMC itu dilakukan bekerja sama dengan BRIN, TNI AU, Kementerian Perhubungan, serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sejak 10 November 2022.

Menurutnya, kegiatan TMC yang dikoordinatori Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ini dikendalikan dari dua posko yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan Banyuwangi, Jawa Timur. Operasi TMC itu, kata Dwikorita, disesuaikan dengan target di mana penyemaian inti kondensasi (garam) dilakukan ke awan-awan hujan yang telah terdeteksi.

Penyemaian garam ini, lanjut dia, dilakukan agar proses kondensasi berlangsung lebih cepat dan hujan dapat segera turun sebelum awan-awan hujan tersebut mencapai lokasi KTT G20.

"Dukungan BMKG yaitu dengan menyediakan informasi arah angin, lokasi keberadaan awan target, prediksi cuaca serta potensi pertumbuhan awan hujan selama acara G20 berlangsung," kata Dwikorita.

Berdasarkan informasi tersebut, kata dia, tim penyemai garam dari BRIN bersama satuan TNI AU akan menindaklanjuti informasi tersebut, sesuai dengan rencana penyemaian awan hujan yang telah diidentifikasi oleh BMKG sebelumnya.


India Pegang Presidensi G20 2023

Munculnya Leaders' Declaration menjadi puncak dari KTT G20 di Bali. Dalam penutupnya, Presiden Jokowi menyerahkan estafet kepemimpinan G20 untuk 2023 ke Perdana Menteri India, Narendra Modi.

"Saya juga meminta kepada semua pimpinan G20 yang hadir untuk mendukung India tahun depan. Menandai berakhirnya presidensi Indonesia di G20 secara resmi saya menyerahterimakan tampuk kepemimpinan kepada India selaku presidensi G20 berikutnya," ujar Jokowi.

Setelah Indonesia, India akan memegang presidensi G20, disusul Brasil pada 2024. Troika kepemimpinan G20 ini menjadi peluang bagi negara-negara berkembang untuk dapat berkontribusi sebagai jembatan penghubung antara negara-negara berkembang dengan negara-negara maju.

Doa untuk Nikita Mirzani di Depan Ka'bah

Doa untuk Nikita Mirzani di Depan Ka'bah

Liputan6.com 2022-11-17 10:00:59
Fitri Salhuteru Usai Menjenguk Nikita Mirzani, Ditemui Di Kota Serang, Banten. (Rabu, 16/11/2022). (Yandhi Deslatama/Liputan6.com).

Ada doa yang dipanjatkan Fitri Salhuteru untuk Nikita Mirzani, saat dia melaksanakan umrah ke tanah suci. Salah satunya, mendoakan agar Nyai, sapaan akrab Nikita, kuat menjalani proses hukum atas laporan Dito Mahendra, yang kini telah memasuki persidangan.

Nyai dilaporkan oleh kekasih Nindy Ayunda itu atas dugaan pencemaran nama baik serta pelanggaran Undang-undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Doa khusus untuk (Nikita Mirzani) tentu ada ya, Nikita agar diberikan kekuatan lagi untuk menjalani hidupnya, menjadi ibu yang hebat lagi buat anak-anaknya," ujar Fitri Salhuteru, Rabu (16/11/2022).

Selain itu, terselip juga doa untuk orang yang dianggap Fitri, memusuhi dan membenci Nikita Mirzani. Dia berharap agar pembeci dan orang yang memusuhi Nyai, bisa segera disadarkan dan bertaubat.

"Bener-bener saya ingetin muka nya satu satu di depan Ka'bah, saya ingetin pembeli Nikita agar Allah memberi hidayah kepada mereka, mereka yang bertahun-tahun tidak ada hentinya, tidak ada capeknya menghujat Nikita," jelasnya.


Tidak Ingin Ada Permusuhan Lagi

Fitri berharap para pembenci Nikita bisa menyudahi kebencian dan permusuhannya, karena dianggap tidak baik. Dia berharap, semua pihak bisa berdamai dan tidak ada lagi permusuhan.

"Dan doa khusus saya untuk pembenci-pembenci Nikita lah, sudahilah, mau sampai kapan membenci seorang Nikita yang enggak ngeggubris kalian, itu aja sih," terangnya.

Song Hye Kyo-nya Indonesia?

Dian Sastrowardoyo Mulai Dijuluki Song Hye Kyo Indonesia Setelah Pamer Potret Ala Pas Foto

Liputan6.com 2022-11-17 10:00:00
Dian Sastrowardoyo pakai kebaya [Instagram/therealdisastr]

Aktris Dian Sastrowardoyo atau yang karib disapa Dian Sastro tampaknya makin memikat masyarakat meskipun usianya kini sudah 40 tahun. Pesonanya itu terbukti melalui komentar di salah satu foto yang dipamerkan olehnya dari salah satu hasil pemotretan.

Dalam sebuah pemotretan yang diunggah melalui akun Instagram @therealdisastr, akhir pekan lalu, istri Maulana Indraguna Sutowo menggabungkan beberapa foto dalam bentuk kolase. Dari situ, banyak yang menyebutnya mirip Song Hye Kyo.

Terdapat empat pose paras Dian Sastro yang dijadikan dalam bentuk kolase tersebut. Pada keempat fotonya, Dian Sastro mengenakan busana tanktop dengan format hitam putih. Ukuran foto unggahannya pun hanya sebatas dada. "Pas foto ," tulisnya dalam keterangan foto.

Kemiripan Dian Sastrowardoyo dengan Song Hye Kyo disampaikan oleh warganet yang melihat potretnya. Rambutnya yang tergerai serta senyuman yang memesona, membuat para penggemar makin yakin menjulukinya sebagai Song Hye Kyo Indonesia.


Song Hye Kyo Indonesia

"Song Hye Kyo Indonesia ," tulis @mel***.

"Kirain song hye kyo ," kata @ann***.

"Mirip artis Korea songhekyu ," kata @ris***.

"sHK nya Indonesia," tulis @ohg***.


Pujian Kerabat Artis

Pujian juga datang dari sejumlah kerabat aktris yang kagum dengan kecantikan Dian Sastro yang dinilai awet muda dan masih seperti pertama kali debut di layar lebar.

"Cuantik buanget ," tulis Ayushita memuji.

"Yaampun cantikkkk bgt," kata Tissa Biani.

"Cakep pooool," tulis Adinia Wirasti.

"CANTIKKKKK SEKALI," kata Shena Cinnamon.


Penampilan Terbaru

Dian Sastrowardoyo belum lama ini membongkar keterlibatannya dalam film Sri Asih. Dalam film yang dibintangi oleh Pevita Pearce ini, ia akan memerankan sosok karakter bernama Dewi Api.

Penampakan Dewi Api yang panas lantaran digambarkan sebagai manusia api, dipamerkan secara langsung oleh Dian Sastro di media sosialnya. Terlihat Dewi Api merupakan sosok wanita bertubuh api dengan rambut panjang.

"Saya sebagai DEWI API dalamSri Asih. Di bioskop mulai 17 November," tulis Dian Sastrowardoyo singkat melalui akun Instagram @therealdisastr, diunggah 8 November 2022.

Belum banyak informasi yang disebarkan Screenplay Bumilangit terhadap karakter Dewi Api ini lantaran mereka tentunya hendak memberikan kejutan kepada para penonton di Tanah Air.

Nyaris Jadi Pengkhianat MU

Cristiano Ronaldo Nyaris Jadi Pengkhianat MU: Untung Ada Ferguson

Liputan6.com 2022-11-17 15:30:40
Striker Manchesters United Cristiano Ronaldo dalam pertandingan persahabatan melawan Rayo Vallecano di Old Trafford, Manchester, Minggu (31/7/2022). MU dan Rayo Vallecano bermain imbang 0-

Mega bintang Cristiano Ronaldo membuat sensasi jelang bergulirnya Piala Dunia 2022. Pemain Manchester United atau MU tersebut meluapkan unek-uneknya dalam sebuah wawancara dengan Piers Morgan.

Dalam kesempatan itu, Ronaldo menyasar semua orang. Mulai dari pemilik MU, keluarga Glazer, pelatih Erik ten Hag, hingga mantan rekan setimnya di MU, Wayne Rooney ikut jadi sasaran kemarahan CR7.

Di luar itu, Ronaldo juga bercerita tentang dinamika perjalanan pulangnya ke Old Trafford. Dalam wawancara itu, Ronaldo mengaku sudah sangat dekat dengan rival sekota MU, yakni Manchester City.

"Jujur saja, itu sudah sangat dekat," kata Ronaldo seperti dilansir dari NDTV.

"Itu yang banyak mereka bicarakan dan dua pekan lalu, Pep Guardiola (manajer Manchester City) juga mengatakan hal yang sama. Saya pikir, mereka berusaha keras untuk mendapatkanku," bebernya.

Ronaldo kembali didatangkan ke Old Trafford pada 2021 lalu. Kekasih Georgina Rodriguez itu diboyong dari Juventus dan dikontrak selama dua musim untuk mengembalikan lagi kejayaan tim Setan Merah.

Ronaldo pertama kali memperkuat MU pada tahun 2003 - 2009 lalu. Saat itu, mantan pemain Sporting CP tersebut sempat merasakan 8 gelar bergengsi, termasuk 3 trofi Liga Inggris dan 1 Liga Champions.

Sayang, kepulangannya Ronaldo tidak banyak membantu. Meski jadi top skor tim di musim lalu, MU tetap saja tanpa trofi. Bahkan, MU kembali tersingkir dari Liga Champions hingga membuat C7 ingin cabut.


Pilih MU

Ronaldo akhirnya batal bergabung dengan Manchester City. Menurutnya, campur tangan mantan manajer MU, Sir Alex Ferguson ikut mencegah CR7 berkhianat. Dia kemudian membujuk Ronaldo agar bersedia kembali ke Old Trafford. Meski demikian, Ronaldo mengaku tetap sangat terkejut dengan tawaran City.

"Tapi seperti Anda tahu, karena sejarah saya [ada] di MU, hati Anda, perasaan Anda... membuat perbedaan. Dan tentu saja, juga, Sir Alex Ferguson. Saya terkejut... Tapi itu keputusan sadar," katanya.

"Karena hati saya berbicara keras pada saat itu. Saya pikir itu adalah kuncinya. Itu adalah perbedaan pada saat itu, tapi saya bisa tidak setia kalau saya mau. Saya tidak akan katakan City tidak dekat," bebernya.


Tidak Menyesal

Ronaldo mengaku tidak menyesal telah mengabaikan tawaran City dan kembali ke MU. Sebaliknya, menurut mantan pemain Real Madrid itu, kepulangannya ke Old Trafford adalah keputusan tepat.

"Saya bicara dengan dia (Ferguson). Dia bilang kepadaku,'Mustahil kamu datang ke Manchester City'. Dan saya jawab,'Ok Bos'. Lalu saya ambil keputusan dan itu adalah keputusan tepat," beber Ronaldo.

Ronaldo akhirnya resmi diboyong pada 27 Agustus 2021. CR7 diboyong dari Juventus dengan nilai transfer yang diperkirakan mencapai angka 12,85 juta poundsterling atau setara dengan Rp239 Miliar.


Bikin Ulah

Di musim pertama, Ronaldo masih menunjukkan ketajamannya. Sepanjang musim lalu, Ronaldo mencetak 24 gol di semua kompetisi. Meski demikian, Ronaldo tetap saja gagal mengantar MU merebut trofi.

Di ajang Liga Inggris, MU bahkan finis di luar empat besar. Akibat Setan Merah gagal tampil di Liga Champions hingga membuat Ronaldo ngotot meninggalkan Old Trafford pada awal musim 2022/2023.

Sayang, MU tidak mendapat calon pembeli potensial untuk Ronaldo. Akibatnya, Ronaldo terpaksa bertahan dan belakangan kerap kehilangan tempat di tim inti Setan Merah. Kehadiran manajer baru, Erik Ten Hag membuat pemain yang sudah berusia 37 tahun itu lebih sering berada di bangku cadangan Setan Merah.

Baru-baru ini, Ronaldo sempat mendapat sanksi dari MU. Dia didenda dan dilarang tampil melawan Chelsea gara-gara pulang duluan dari lokasi pertandingan MU melawan Tottenhan Hotspur. Wawancara Ronaldo dengan Morgan juga berpotensi membuat dirinya terancam hukuman berat lagi dari Setan Merah.

Hugo Lloris Tolak Pakai Simbol LGBT

Hugo Lloris Tolak Pakai Ban Kapten Pelangi Simbol LGBT di Piala Dunia Qatar

Liputan6.com 2022-11-17 08:30:00
Kapten Timnas Prancis, Hugo Lloris, menegaskan timnya tak akan menggunakan ban kapten LGBT pada Piala Dunia 2022. (AFP/Franck Fife)

Penjaga gawang sekaligus kapten timnas Prancis, Hugo Lloris mengonfirmasi bahwa dirinya tidak akan mengenakan ban kapten pelangi selama Piala Dunia di Qatar.

Lloris sebelumnya menolak keras untuk mengatakan apakah dia akan berpartisipasi dalam inisiatif untuk mendukung kampanye OneLove selama satu musim untuk mempromosikan dengan cara menampilkan ban kapten bergambar hati warna-warni di lengan simbol LGBT.

"Saya sudah sangat jelas tentang ini dan saya tidak ingin menambahkan apa pun," kata Hugo Lloris dalam wawancara dengan AFP, dikutip dari Doha News, Kamis (17/11).

Selanjutnya, Lloris meminta kepada rekan-rekannya maupun pihak lain untuk menunjukkan rasa hormat kepada tuan rumah Qatar.

Ibaratkan orang asing datang mengunjungi Prancis dengan berbagai tujuan, maka para pendatang ini wajib mematuhi serta menghormati aturan yang telah berlaku di Prancis.

"Ketika kami menyambut orang asing, kami sering meminta mereka mengikuti aturan kami, untuk menghormati budaya kami. Karena itu, saya akan melakukan hal yang sama ketika saya pergi ke Qatar. Sesederhana itu," ujar Lloris.

Meski demikian, Qatar memang telah melarang aktivitas-aktivitas promosi OneLovesebelum Piala Dunia 2022 digelar.

Lalu, negara Timur Tengah sudah menerapkan sistem syariat Islam dari dulu sehingga mengharamkan LGBT.

Namun anehnya lagi, bagi penggiat LGBT peraturan tersebut merupakan pelanggaran hak asasi manusia.


FIFA Belum Beri Dukungan

Lebih lanjut, komentarnya menggemakan yang dibuat oleh Presiden Federasi Sepak Bola Prancis Noel Le Graet, yang menentang inisiatif tersebut.

Lloris absen karena dibekap cedera saat bek Manchester United Raphael Varane mengenakan ban kapten pelangi dalam pertandingan UEFA Nations League melawan Denmark pada September. Kala itu, Varane menyebutnya sebagai 'suatu kehormatan'.

Inisiatif ini diumumkan pada September 2022, dengan diwakili oleh Hugo Lloris dan kapten Timnas Inggris Harry Kane di antara kapten dari 10 negara Eropa lainnya yang diharapkan untuk tak mengenakan ban kapten beraneka warna di Qatar.

Sebab, homoseksualitas adalah perilaku yang menyimpang dan ilegal. Namun, badan sepak bola dunia FIFA belum memberikan dukungannya terhadap inisiatif tersebut.


Tetap Fokus ke Sepakbola

Selasa, 15 November 2022 kemarin tim Prancis sudah mengumumkan bahwa mereka berniat mendonasikan uang ke organisasi hak asasi manusia dari dana pribadi Generasi emas 2018.

Akan tetapi, Hugo Lloris tidak mengungkapkan berapa banyak nominal yang akan diserahkan.

Bintang tim Prancis yang menjuarai Piala Dunia di Rusia empat tahun lalu mengaku dan meminta untuk harus tetap fokus di sepak bola ketimbang kegiatan sosial.

"Ini akan memungkinkan kami untuk menghindari menjawab pertanyaan tentang ini sebelum dan selama kompetisi karena ada titik di mana Anda harus tetap fokus pada sepak bola daripada menghabiskan energi untuk hal-hal yang bukan tanggung jawab kami," kata Hugo Lloris kepada AFP.


Badai Cedera

Badai cedera menerpa Timnas Prancis jelang Piala Dunia 2022. Sebelumnya, mereka datang ke Qatar sudah keadaan pincang, sebabnya sebagian pemain pilar nya diterpa cedera. Kini mereka harus kehilangan Christopher Nkunku dibekap cedera setelah sesi latihan.

N'Golo Kante dan Presnel Kimpembe sama-sama diterpa cedera hamstring. Kante sendiri memang sudah absen bela Chelsea sejak Agustus lalu. Namun, keadaan memburuk setelah pemulihannya kemunduran sehingga Kante harus menepi selama empat bulan.

Sementara Kimpembe juga sama halnya Kante karena proses pemulihan cedera achilles tak berjalan sesuai harapan. Memang belakangan ini bek milik PSG itu kerap kerap diterpa cedera.

Selanjutnya, Paul Pogba alami cedera meniskus lateral kaki kanannya. Dia sukses menjalani operasi pada Senin, 5 September 2022. Meski operasinya berjalan lancar, Pogba gagal fit tepat waktu.

Selain itu, Karim Benzema juga masih dalam masa pemulihan. Sebelumnya, ia diterpa cedera otot paha kala berjumpa Celtic di Liga Champions sampai ia absen beberapa pertandingan berikutnya.

Tak cukup di situ saja, Benzema kembali dibekap cedera ringan bagian lututnya kala melakukan pemanasan sebelum laga vs Sevilla. Meski begitu, Benzema tetap dipanggil oleh Didier Deschamps di skuad Prancis untuk menambah amunisi lini serang.

Dengan demikian, Didier Deschamps sudah memasukkan tiga nama baru menjelang Piala Dunia melawan Australia. Tiga pemain tersebut, yakni Marcus Thuram, Axel Disasi, dan Randal Kolo Muani.


Jadwal Timnas Prancis

Rabu, 23 November 2022

02.00 WIB: Prancis vs Australia

Sabtu, 26 November 2022

23.00 WIB: Prancis vs Denmark

Rabu, 30 November 2022

22.00 WIB: Tunisia vs Prancis

Kisah Cincin Safir Warisan Putri Diana

Kisah di Balik Cincin Safir Warisan Putri Diana yang Dipakai Kate Middleton

Liputan6.com 2022-11-17 12:18:45
Pangeran William dan Kate Middleton berpose selama sesi pemotretan untuk menandai pertunangan mereka di State Rooms of St James's Palace, London, Inggris, 16 November 2010. (BEN STANSALL/A

Ketika Pangeran William mengumumkan pertunangan dengan Kate Middleton pada 16 November 2010, dunia dilanda demam pernikahan kerajaan. Satu detail yang tidak bisa berhenti dibicarakan semua orang adalah cincin pertunangannya yang bermakna mendalam.

Melansir PageSix, Kamis (17/11/2022), kala itu, keduanya sempat melangkah keluar untuk pemotretan resmi. Kala itu, Kate mengenakan gaun biru elegan dari Issa, memamerkan cincin pertunangan safir yang pernah dipakai mendiang ibu mertuanya, Putri Diana.

"Ini cincin pertunangan ibu saya," kata William dalam wawancara, menambahkan ia "berpikir itu cukup bagus karena jelas, ia tidak akan ada untuk berbagi kesenangan dan kegembiraan perjalanan cinta mereka." "Saya yakin semua orang mengenalinya dari waktu sebelumnya," imbuhnya.

Sementara, Kate saat itu berbagi, "Saya hanya berharap saya bisa menjaganya."

Menariknya, Pangeran Harry sebenarnya mewarisi cincin itu ketika ibu mereka meninggal. Tapi, dikatakan ia menawarkan cincin berharga itu pada saudaranya, Pangeran William, sehingga ia bisa melamar Kate dengan perhiasan berharga tersebut, menurut Maxwell Stone dari toko perhiasan terkemuka Inggris Steven Stone.

Sementara, banyak penggemar kerajaan saat ini mengasosiasikan perhiasan itu lebih dekat dengan Kate, kisah di balik permata yang menakjubkan itu sebenarnya kembali ke musim dingin tahun 1981. Pada 24 Februari 1981, Lady Diana Spencer dan Pangeran Charles secara resmi mengumumkan pertunangan mereka setelah pacaran enam bulan.

Cincin ikonis yang akan meluncurkan ribuan eksemplar itu pun memulai debutnya. "Ya, itu adalah safir dan berlian yang indah," kata Diana dalam wawancara pertunangan bersejarah mereka, memamerkan cincin berpermata besar di jarinya.


Berlian dari Sri Lanka

Meski tidak banyak yang dikatakan tentang cincin itu selama percakapan Pangeran Charles dan Putri Diana dengan BBC, perhiasan itu memiliki sejarah yang menarik karena sebenarnya "menerima banyak reaksi," menurut Stone.

Pemikat 12 karat yang dikelilingi 14 berlian "disebut sebagai 'cincin biasa,'" katanya, "karena saat jadi ciptaan dari mantan perhiasan Mahkota Garrard, itu bukan desain yang unik." Lady Diana disebut memilih cincin yang dibawa merek perhiasan kelas atas ke istana, dan itu bukan perhiasan khusus seperti yang diterima pengantin kerajaan sebelumnya.

Pangeran Charles dikatakan telah memasukkan cincin itu dalam pilihannya karena itu mengingatkannya pada bros yang dikenakan Ratu Victoria yang telah diturunkan pada ibunya, Ratu Elizabeth II. Stone mengatakan permata itu, yang merupakan safir Ceylon yang dikelilingi berlian, "berasal dari Sri Lanka dan berkualitas AAAA, menjadikannya salah satu yang paling berharga dari jenisnya."

"Saya memperkirakan nilai cincin itu sekitar 390 ribu pound sterling hari ini (sekitar Rp7,3 miliar)," kata pakar perhiasan itu, seraya menambahkan, "Namun, dalam waktu 10 tahun, kemungkinan nilainya akan lebih dari 500 ribu pound sterling (sekitar Rp9,3 miliar) berkat sejarah, keindahan, dan warisannya yang tidak ternilai."


Replikanya

Sebelumnya, publik dibuat heboh ketika Kristen Stewart memakai replika cincin safir biru Putri Diana tersebut saat memarankan karakter Lady Di di film Spencer. Melansir People, potret yang dibagikan pada Maret 2021 itu menunjukkan Stewart menatap ke arah kamera dengan kepala bertumpu pada tangannya.

Sementara, jari manisnya dihiasi replika cincin pertunangan safir Putri Diana. Sebelumnya, NEON merilis potret perdana Stewart sebagai Putri Diana pada Januari 2021. Kala itu, aktris Amerika Serikat tersebut tampil dalam balutan mantel merah, rambut pirang berpotongan pendek, dan topi hitam dengan jaring halus yang menutupi wajahnya.

"Spencer menyelam ke dalam imajinasi emosional tentang siapa Diana pada titik balik penting dalam hidupnya," kata Stewart. "Ini adalah penegasan fisik dari bagian-bagiannya, yang dimulai dengan nama yang diberikan, Spencer."

"Ini adalah upaya yang mengerikan baginya untuk kembali ke dirinya sendiri, karena Diana berusaha mempertahankan apa arti nama Spencer baginya," imbuhnya.


Tidak Hanya Kate Middleton

Di sisi lain, tidak hanya Kate Middleton yang mewarisi koleksi perhiasan mendiang Putri Diana. Istri Pangeran Harry, Meghan Markle, juga menerima warisan serupa. Dari waktu ke waktu, Duchess of Sussex sudah terlihat memakai perhiasan warisan diana, dari cincin sampai gelang.

Salah satu momen ikonisnya adalah saat Meghan mengenakan gelang Putri Diana saat diwawancarai Oprah Winfrey, Maret tahun lalu. Gelang tersebut adalah gelang yang sama yang digunakan untuk membuat cincin pertunangan Meghan.

saat mendesain cincin untuk Meghan, Harry mengambil dua batu dari gelang mendiang sang ibunda. Batu mulia itu lalu dimasukkan ke dalam cincin tiga batu milik Meghan.

Tampaknya, lewat pemakaian gelang itu, Meghan dan Harry ingin Putri Diana ada bersama mereka. Cincin pertunangan Meghan terdiri atas tiga berlian, dengan satu batu besar di tengah dan diapit dua batu kecil di sisinya.

Kedua batu samping berasal dari koleksi pribadi mendiang Putri Diana. Sementara, batu tengahnya berasal dari Botswana, negara yang dekat dengan hati Harry. Berlian itu sangat populer sehingga pada September 2018, The Royal Collection merilis replika yang terinspirasi cincin tersebut.

Pelatih Termahal di Piala Dunia Qatar

Si Ahli Strategi, 5 Pelatih dengan Bayaran Termahal di Piala Dunia Qatar 2022

Liputan6.com 2022-11-16 20:00:34
Ilustrasi pelatih sepak bola. (AP Photo/Jon Super, file)

Mendekati Piala Dunia 2022, fokus akan jatuh kepada pemain atau pelatih tim. Kesuksesan sebuah tim memang tak lepas dari peran penting seorang pelatih. Ada banyak deretan pelatih top dalam dunia sepak bola internasional yang berdiri di garis terdepan tim pada tahun ini. Beberapa berhasil membawa tim sukses berlaga di berbagai kompetisi sepak bola.

Sudah jadi rahasia umum, banyak tekanan yang harus pelatih hadapi untuk membawa tim. Tugas pelatih tidaklah mudah. Mereka harus bisa membangun tim supaya bisa bermain apik di lapangan. Tak heran bila, pengabdian dan kerja keras mereka dihargai dengan nilai yang tinggi. Beberapa nama terkenal keluar sebagai pelatih dengan bayaran termahal dalam edisi Piala Dunia 2022 Qatar.

Lantas, ada pelatih mana saja yang digaji dengan harga paling tinggi? Apakah pelatih jagoanmu salah satunya?

Yuk, intip sederet pelatih dengan bayaran termahal dalam catatan Piala Dunia Qatar berikut ini!

1. Hansi Flick (Jerman) - 5,5 juta euro

Hansi Flick meraup bayaran sebesar 5,5 juta euro per tahun sebagai pelatih untuk tim nasional Jerman. Hal ini membuatnya keluar sebagai manajer dengan bayaran tertinggi dalam catatan Piala Dunia 2022.

Flick mengambil alih Die Mannschaft saat sedang melewati masa-masa sulit. Dirinya tidak terkalahkan dalam 10 pertandingan pertamanya sebagai pelatih tim. Pada Piala Dunia 2018, Jerman tersingkir di babak penyisihan grup. Ada banyak tekanan pada Flick untuk membalikkan keadaan pada tahun ini.


2. Gareth Southgate (Inggris) - 4,9 juta euro

Gareth Southgate memiliki catatan baik dalam mengampu tim nasional Inggris. Saat ini dirinya mendapatkan bayaran sebesar 4,9 juta euro per tahun.

Perjalanan Inggris ke semifinal Piala Dunia 2018 dan final Piala Eropa 2020 adalah pencapaian yang patut diacungi jempol. Namun, beberapa kalangan berpendapat bahwa Southgate harus bisa membawa timnya lebih baik lagi pada tahun ini. Mengingat skuat Inggris bertabur bintang bertalenta.


3. Didier Deschamps (Prancis) - 3,2 juta euro

Didier Deschamps berhasil membawa tim nasional Prancis meraih kemenangan pada Piala Dunia 2018. Gaji tahunan Deschamp sebesar 3,2 juta euro. Pada masa-masa puncak tim Prancis ini, Deschamps memiliki banyak pekerjaan rumah untuk tetap mempertahankan posisi di tahun ini.


4. Tite (Brasil) - 3 juta euro

Tite telah menjadi pelatih tim nasional Brasil sejak 2016. Dirinya mendapatkan bayaran sebesar 3 juta euro per tahun. Setelah Piala Dunia 2022, Tite berniat untuk mundur sebagai manajer Selecao. Tahun ini menjadi permainan terakhirnya bersama dengan Brasil.


5. Louis Van Gaal (Belanda) - 2,5 juta euro

Sama seperti Tite, Louis Van Gaal juga akan mundur setelah Piala Dunia 2022. Dirinya memiliki karir manajer yang cukup terkenal. Van Gaal berhasil mengayomi dan memimpin tim nasional Belanda dengan baik sejak 2021. Dirinya mendapatkan bayaran sebesar 2,5 juta euro per tahun.

Penulis: Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

Ibu Alami Body Shaming, Kaesang Meradang

Iriana Jokowi Alami Body Shaming, Kaesang Pangarep Meradang

Liputan6.com 2022-11-17 18:00:27
Potret ibu Iriana Jokowi dengan Ibu Negara Korea Selatan, Kim Keon Hee pada KTT G20 di Bali. [Foto: Biro Pers Istana Negara]

Digelarnya acara KTT G20 di Bali mempertemukan Jokowi dengan banyak para kepala negara. Tak hanya para kepala negara saja, tapi juga ibu negara.

Salah satu yang menjadi sorotan kala Iriana Jokowi bertemu dengan ibu negara dari Korea Selatan, Kim Keon Hee. Salah satu akun @koprofilJati bahkan membuat kebersamaan keduanya menjadi lelucon.

Akun Instagram gosip @mimi.julid, Kamis (17/11/2022), kembali mengunggah postingan milik akun @koprofilJati. Dalam unggahan tersebut terdapat kalimat seolah tengah meledek ibu dari Kaesang Pangarep.

"Bi, tolong buatkan tamu kita minum."

"Baik, Nyonya."," begitulah kalimat yang tertera di sana. Dan membuat adik Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu meradang.


Dihapus

Usai mengunggah foto tersebut di Twitter, akun itu pun menghapusnya dengan memberikan alasan.

"Sorry gaes. Postingan dgn gbr ibu negara sy hapus. Kyny banyak yg salah paham menganggap sy merendahkan org di gmbr tsb," tulisnya memberi keterangan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Kebiasaan

Akun itu kembali memberi penjelasan bahwa menghina fisik seseorang merupakan kebiasaan masyarakat Indonesia.

"Menjadi ibu negara ga ada hubunganny dgn tampilan fisik. Semua org tahu itu fakta. Semua ras dan suku bangsa itu setara," cuitnya lagi.

"Justru kebiasaan masyarakat kita yg suka menilai sesuatu dari tampilan fisik. Itu yg sepatutnya jadi bahan ejekan," sambungnya.


Bereaksi

Masih belum bisa menerima alasan yang diberikan akun tersebut. Kaesang pun bereaksi dengan memberikan pertanyaan.

"Lha terus maksudmu gimana?" tanya calon suami Erina Gudono.

Pertama Kali Unggah Foto Bareng Kakak Ipar

Erina Gudono Unggah Foto Bareng Iriana dan Calon Kakak Ipar, Komentar Kaesang Jadi Sorotan

Liputan6.com 2022-11-17 09:01:28
Erina Gudono Unggah Foto Bareng Kahiyang dan Iriana, Komentar Kaesang Jadi Sorotan. foto: Twitter @kaesangp

Sejak hubungannya dengan Kaesang Pangarep terekspos media, kehidupan Erina Gudono memang menjadi perhatian. Terlebih lagi jelang momen pernikahannya dengan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut dalam waktu dekat ini.

Tak jarang jika kehidupan dan aktivitas Erina sehari-hari membuat banyak orang penasaran. Seperti halnya unggahan terbaru di Instagram Stories dari Erina di Instagram pribadinya baru-baru ini.

Untuk pertama kalinya, Erina membagikan potret dirinya bersama Iriana Jokowi, serta calon kakak iparnya, Kahiyang Ayu dan Selvi Ananda, istri dari Gibran Rakabuming Raka. Mereka tampil feminin mengenakan pakaian serba pastel.

Keempatnya terlihat berpose anggun dengan memberikan senyumnya ke arah kamera yang dipegang oleh Erina. Diketahui, foto tersebut menjadi unggahan pertama Erina bersama keluarga Kaesang.

Selvi berdiri di sebelah Erina bahkan tampak merangkul pundak calon adik iparnya itu dengan akrab. Erina sama sekali tidak menuliskan keterangan apa pun pada foto yang diunggah di Instagram Stories miliknya.

Tak lama, setelah foto tersebut heboh dibicarakan, Kaesang pun ikut berkomentar di Twitter. "Mas Kaesang foto iki wae apik loh (Mas Kaesang foto ini aja bagus loh)," ujar salah satu warganet.

Yang membuat lucu, Kaesang Pangarep justru membalas dengan nada kocak. Ia menyebut foto tersebut bagus karena dirinya. "YA FOTO INI BAGUS KARENA GAK ADA SAYANYA," tulis Kaesang, dilansir dari akun Twitter @kaesangp, pada Rabu, 16 November 2022.


Tanggal Pernikahan

Cuitan itu langsung jadi sorotan dan mendapat beragam tanggapan menggelitik dari para warganet. "Mas kaesang dmna? Dihalaman belakang nyari pokemon?" komentar seorang warganet.

"Di sawang2, koq mirip ya, mbak kahiyang sama calon istrinya kang, definisi sudah jodohnya ," timpal warganet lainnya. "ajak saya juga bang nyempil gapapa," komentar warganet lainnya.

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menjadi momen paling ditunggu. Bahkan, pernikahan putra Presiden Jokowi itu digadang-gadang menjadi salah satu pernikahan terbesar dan ditunggu-tunggu.

Diketahui Erina dan Kaesang akan menggelar acara pernikahan pada 10 Desember 2022 di Yogyakarta dan menggelar resepsi ngunduh mantu di Solo, Jawa Tengah. Namun, pihak Erina dan Kaesang belum mengonfirmasi langsung tanggal pernikahan yang beredar. Kaesang hanya menyebut pernikahannya akan mengusung adat Jawa.

Yang jelas, Kaesang dan Erina kembali mengunggah koleksi foto prewedding di akun Instagram pribadi. Kali ini keduanya menggunakan kain tenun ikat khas NTT. Koleksi foto ini tampak anggun sekaligus mewah dengan busana dari koleksi Levico Butik. Erina juga mengenakan hiasan kepala rancangan Rinaldy Yunardi.


Pelit Senyum

Foto prewedding tersebut hasil jepretan Iluminen. Lagi-lagi, ekspresi Kaesang Pangarep disorot netizen. Muka bintang film 'Cek Toko Sebelah' itu tampak tegang sekaligus pelit senyum.

Erina rupanya menyadari ekspresi tegang calon suaminya dalam foto tersebut. Ia lantas menulis soal mengapa Kaesang tak tersenyum dalam foto.

"Serius sekali mukanya seserius hubungan kita. Kali ini pakai baju NTT di tempat yang spesial bagi kami," cuit Erina Gudono seraya menyematkan emotikon hati merah, Minggu (13/11/2022). Di kolom komentar, Kaesang merespons dengan menulis, "Tatapan bapak bapak malam Jumat."

Dalam unggahan lain, Erina Gmengekspresikan perasaan kepada pasangan jelang nikah. "Api kembarku Bara api yang sama, debu dari bintang yang sama, menggemakan cinta yang sama," ungkap Puteri Indonesia Yogyakarta 2022 dalam bahasa Inggris, hari yang sama.

Penampilan mereka dalam balutan kain tradisional NTT panen pujian. Sebagian warganet makin menyadari kekayaan budaya Indonesia.

Baik Erina maupun Kaesang juga memilih busana dari perancang kenamaan Tanah Air seperti Biyan hingga dirias oleh makeup artist ternama. Erina pun sempat tampil mengenakan earcuff karya dari desainer aksesori Rinaldy Yunardi.


Dipakai Selebriti Hollywood

Manset telinga tersebut didesain khusus oleh Rinaldy yang sudah malang melintang mendandani para artis, seperti Titi DJ hingga selebriti Hollywood Madonna. Earcuff berwarna silver tersebut ternyata inspirasinya dari sumping, salah satu aksesori pengantin Jawa yang juga dikenakan di kuping.

"Tapi dengan design yang modern," ungkap Rinaldy melalui pesan tertulis saat dihubungi Liputan6.com, Selasa, 8 November 2022. Rinaldy mengungkapkan, aksesori bernuansa Jawa itu terbuat dari bahan logam yang disepuh silver. Tampak Erina bersandar di pundak Kaesang saat memperlihatkan keindahan aksesori tersebut.

Earcuff ini menjadi padanan serasi busana kasual rancangan Surya Abduh yang dikenakan Erina dan Kaesang dalam nuansa merah. Sejoli ini tampak santai berjalan tanpa alas kaki di sebuah pantai berpasir.

Rambut Finalis Puteri Indonesia 2022 itu ditata sederhana namun rapi, senada gaya kasualnya mengenakan batik. Serasi dalam satu frame foto dengan kesan santai tapi sedikit formal, Kaesang mengenakan atasan seperti potongan jas kasual yang dipadu bersama kain bernuansa biru.