Harga Tiket Rp 3,75 Juta Mulai Tahun Depan

Harga Tiket Masuk Pulau Komodo Rp 3,75 Juta Tetap Berlaku 1 Januari 2023

Liputan6.com 2022-11-18 17:40:06
Ilustrasi komodo di Pulau Komodo. (Sumber foto: Pexels.com).

Harga tiket masuk Pulau Komodo dan Padar sebesar Rp3,75 juta tetap berlaku pada 1 Januari 2023. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur, Zeth Sony Libing mengatakan

"Tarif baru masuk ke Pulau Komodo tetap berlaku pada 1 Januari 2023. Tidak ada pengaruh dengan surat dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang meminta Pemerintah NTT meninjau kembali sejumlah pasal dalam peraturan Gubernur NTT tentang pengelolaan kawasan Taman Nasional Komodo (TNK). Menteri tidak ada perintah untuk membatalkan penetapan tarif," kata Zeth Sony Libing dikutip dari Antara, Jumat (18/11/2022)

Ia mengatakan hal itu terkait surat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya tentang nota kesepahaman antara Dirjen KSDAE dengan Pemerintah NTT tentang kerja sama penguatan fungsi kawasan konservasi dan konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya secara berkelanjutan di Taman Nasional Komodo (TNK) dan perjanjian kerja sama (PKS) antara Balai Taman Nasional Komodo dengan PT Flobamor yang menjadi acuan dalam peraturan Gubernur NTT Nomor 85 tahun 2022 adalah bukan merupakan bentuk pelimpahan wewenang pengelolaan kawasan konservasi di TNK.

Menurut Zeth Sony Libing beberapa pasal dalam peraturan Gubernur NTT tentu segera ditinjau kembali dan direvisi namun hal itu tidak membatalkan penetapan tarif masuk Pulau Komodo yang telah ditetapkan pemerintah NTT sebesar Rp3,75 juta.

"Dalam surat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tidak menyebutkan pembatalan penetapan tarif tetapi hanya meminta revisi terhadap sejumlah pasal dalam Pergub NTT," kata Zeth Sony Libing.


Tak Beri Kontribusi Tidak Boleh Masuk

Dalam Peraturan Gubernur NTT Nomor 85 tahun 2022 tanggal 28 Juli 2022 khusus Pasal 9 disebutkan bahwa wisatawan yang belum memberikan kontribusi tidak diperkenankan untuk melakukan kunjungan wisata ke Pulau Komodo dan Padar dan perairan di sekitarnya dengan luas 712.12 hektare.

Pasal itu menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam surat yang ditandatangani Menteri Siti Nubaya sangat bertentangan dengan peraturan perundang-undangan karena publik atau wisatawan memiliki kebebasan memanfaatkan atau mengakses wilayah KPA selama membayar karcis PNBP sah sesuai dengan peraturan pemerintah Nomor 12 Tahun 2014.

Bahkan menurut Menteri KLH dalam peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tidak terdapat satupun produk hukum yang mewajibkan publik memberikan kontribusi dan melarang publik mengakses atau memanfaatkan SDA untuk kepentingan rekreasi alam jika tidak memberikan kontribusi seperti yang disebutkan dalam Peraturan Gubernur NTT itu.

"Pada prinsipnya Pemerintah NTT akan melakukan revisi terhadap sejumlah pasal yang ada dalam Peraturan Gubernur NTT, tetapi untuk tarif tetap diberlakukan seperti yang ditetapkan sebelumnya," kata Zeth Sony Libing.


Tarif Masuk Pulau Komodo Rp 3,75 Juta Berlaku 1 Januari 2023

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur menyebutkan tarif baru untuk masuk ke kawasan wisata Pulau Komodo dan Padar, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, sebesar Rp3,75 juta per pengunjung berlaku mulai 1 Januari 2023.

"Pemerintah Provinsi NTT memberikan dispensasi selama lima bulan ke depan atau tetap berlaku tarif lama masuk Pulau Komodo maupun Pulau Padar. Pemberlakuan tarif baru sebesar Rp3,75 juta mulai berlaku pada 1 Januari 2023," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur Zeth Sony Libing kepada wartawan di Kupang, NTT, dikutip dari Antara, Senin (8/8/2022).

Ia menjelaskan lagi pemberlakuan tarif baru sebesar Rp3,75 juta yang telah ditetapkan Pemerintah Provinsi NTT mulai berlaku secara optimal pada 1 Januari 2023.

Dengan demikian, menurut dia, selama periode Agustus-Desember 2022, wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang masuk ke Pulau Komodo dan Padar tetap berlaku tarif lama yaitu Rp75 ribu bagi wisatawan domestik dan Rp150 ribu bagi wisatawan mancanegara.

Dia menjelaskan pemberian dispensasi itu merupakan saran Presiden Joko Widodo dan masukan dari sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama di Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

"Pemberian dispensasi ini merupakan atas saran dan masukan dari berbagai pihak termasuk arahan dari bapak Presiden Joko Widodo. Pemerintah NTT tentu tetap memperhatikan semua masukan dari berbagai pihak seperti masukan dari Bapa Uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat, para alim ulama, para pendeta, dan tokoh-tokoh masyarakat di daerah itu," kata Zeth.

Menurut dia, selama lima bulan, Pemerintah NTT akan lebih mempersiapkan berbagai fasilitas dan infrastruktur dalam kawasan wisata Pulau Komodo dan Pulau Padar serta mengintensifkan kegiatan sosialisasi dengan berbagai pihak seperti kalangan gereja, tokoh-tokoh masyarakat dan berbagai pihak di kabupaten ujung barat Pulau Flores itu terkait pemberlakuan tarif baru sebesar Rp3,75 juta yang mulai berlaku pada 1 Januari 2023.

Ia menegaskan para wisatawan yang ingin membeli tiket masuk Pulau Komodo dan Padar yang berkunjung mulai 1 Januari 2023 sudah bisa mendaftar melalui aplikasi INISA dimiliki PT Flobamor.

"Para wisatawan yang ingin melakukan pembelian tiket masuk ke Pulau Komodo dan Padar sudah bisa dilakukan saat ini untuk pelaksanaan kunjungan wisata mulai 1 Januari 2023," kata Zeth.


Tarif Baru Pulau Komodo Kurang Kajian Konsumen

Pakar memandang ada yang kurang dalam kajian kebijakan penetapan harga tiket Pulau Komodo. Yakni, terkait kemampuan konsumen untuk membeli.

Artinya, daya beli wisatawan dalam hal ini diabaikan dalam penentuan harga baru Taman Nasional Pulau Komodo. Pemerintah dinilai hanya melihat dari sisi konservasi.

"Ada yg kurang dalam kajian tim ahli utk menetapkan kebijakan baru harga masuk ke Taman Nasional Komodo. Perhitungan harga hanya dilakukan dr perspektif kepentingan konservasi, tanpa mempertimbangkan faktor pasar (konsumen/wisatawan) yaitu kemampuan daya beli konsumen," kata Konsultan Pemasaran Yuswohady, mengutip unggahan Instagram miliknya, Sabtu (6/8/2022).

Managing Partner Inventure ini menyebut, akibatnya harga yang muncul menjadi sedemikian aneh. Angkanya melambung ribuan persen hingga ditetapkan Rp 3,75 juta.

Ia membandingkan dengan kenaikan harga bahan bakar atau tiket pesawat yang tak besar. Tapi menimbulkan gejolak di masyarakat cukup besar.

"Bagaimana enggak aneh, Mana ada kebijakan kenaikan harga mencapai ribuan persen. Kenaikan harga BBM or tiket pesawar 10-20 persen saja menimbulkan demo dimana-mana, apalagi kenaikan belasan ribu persen,"ujar dia.

Ia menegaskan pentingnya kajian konsumen ini. Ia menyebut, dampaknya bisa merembet ke berbagai aspek dan ujungnya mempengaruhi tingkat ekonomi.

"Karena jika tak ada dan kemudian harga yg ditetapkan ternyata jauh di luar jangkauan kemampuan konsumen, maka dampaknya fatal: demand-nya akan mati alias tak ada lagi wisatawan yang berkunjung," ujarnya.

"Klo tak ada wisatawan berkunjung, maka dampak eksternalitasnya akan ke mana2: pencaharian pemandu wisata mati, bisnis agen perjalanan mati, UMKM oleh2/cinderamata mati," tambahnya.

GoTo PHK 1.300 Karyawan

GoTo Umumkan Paket Kompensasi PHK 1.300 Karyawan Lewat Townhall Meeting Hari Ini 18 November 2022

Liputan6.com 2022-11-18 12:53:58
Sinergitas Gojek dan Tokopedia disebut-sebut mampu mendukung digitalisasi UMKM di Indonesia sehingga mampu memperluas jaringan pasarnya. (Dok: GoTo)

Manajemen PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) resmi mengumumkan pengurangan 1.300 karyawan atau sekitar 12 persen dari total karyawan tetap grup GoTo. Manajemen GoTo mengumumkan pemangkasan jumlah karyawan itu lewat townhall atau pertemuan pada Jumat, 18 November 2022.

Pada townhall itu dipimpin langsung oleh CEO grup GoTo Andre Soelistyo yang memaparkan proses pengambilan keputusan dan menjawab pertanyaan.

Manajemen GoTo menyampaikan langkah-langkah strategi dalam mendorong percepatan kemandirian finansial. Dengan demikian perseroan menyatakan dapat terus berdampak positif bagi jutaan konsumen, mitra pengemudi dan pedagang di ekosistem GoTo, melalui pertumbuhan yang sehat dan berkesinambungan.

Adapun berdasarkan laporan keuangan perseroan per 30 Juni 2022, GoTo Gojek Tokopedia dan entitas anak memiliki 9.630 orang karyawan tetap. Pada 31 Desember 2021 sebesar 9.044 orang.

Perseroan menyatakan tantangan makro ekonomi global berdampak signifikan bagi pelaku usaha di seluruh dunia. GoTo, seperti layaknya perusahaan besar lainnya perlu beradaptasi untuk memastikan kesiapan perusahaan menghadapi tantangan ke depan.

"Karenanya, perseroan harus akselerasi upaya untuk menjadi bisnis yang mandiri secara finansial dan tumbuh secara sustainable dalam jangka panjang," demikian mengutip dari keterangan tertulis perseroan, Jumat (18/11/2022).

Perseroan menyatakan hal tersebut dilakukan antara lain dengan memfokuskan diri pada layanan inti yaitu on-demand, e-commerce dan financial technology. GoTo Gojek Tokopedia telah mencatatkan pertumbuhan yang konsisten di bidang ini didorong oleh strategi perseroan yang menyasar pada peningkatan jumlah pengguna multiplatform, alokasi insentif secara efektif, serta membangun sinergi terintegrasi dalam ekosistem.


PHK 12 Persen Karyawan

Untuk mendukung percepatan pertumbuhan, sejak awal tahun GoTo juga melakukan evaluasi optimalisasi beban biaya secara menyeluruh termasuk penyelerasan kegiatan operasional, integrasi proses kerja, dan melakukan negosiasi ulang berbagai kontrak kerja sama. Pada akhir kuartal II 2022, perusahaan berhasil melakukan penghematan biaya structural sebesar Rp 800 miliar dari berbagai aspek penghematan antara lain teknologi, pemasaran dan outsourcing.

Namun demikian, untuk lebih jauh bernavigasi di tengah kondisi ekonomi global yang semakin penuh tantangan, GoTo harus fokus pada hal-hal yang berada dalam kendali perusahaan.

"Hal ini termasuk mengambil keputusan sulit untuk melakukan perampingan karyawan sejumlah 1.300 orang atau sekitar 12 persen dari total karyawan tetap grup GoTo," tulis manajemen perseroan.

Perseroan menyatakan keputusan sulit ini tidak dapat dihindari supaya perusahaan lebih agile dan mampu menjaga tingkat pertumbuhan sehingga terus memberikan dampak positif bagi jutaan konsumen, mitra pengemudi dan pedagang.

"Karyawan yang terdampak akan menerima pemberitahuan hari ini. Perusahaan berkomitmen untuk memberi dukungan yang komprehensif selama masa transisi karena mereka telah bekerja keras dan memberikan kontribusi yang besar bagi perusahaan," tulis perseroan.


Kompensasi

Perseroan menyatakan karyawan terdampak akan memperoleh paket kompensasi sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan di tiap negara di mana GoTo beroperasi. "Lebih dari itu, GoTo juga memberikan sejumlah dukungan finansial, antara lain berupa tambahan satu bulan gaji, serta kompensasi pengganti periode pemberitahuan (notice in-lieu)," tulis perseroan.

Selain itu, GoTo juga memberikan dukungan pencarian kerja serta layanan konseling. Karyawan terdampak berhak memiliki laptop yang saat ini mereka gunakan, mengakses berbagai program pelatihan, serta dapat bergabung ke direktori alumni GoTo, dalam jaringan rekanan bisnis grup GoTo. "Selanjutnya, fasilitas konseling karier, keuangan, dan psikologi akan tersedia sampai akhir Mei 2023," tulis perseroan.

Perseroan menyatakan, keputusan tersebut tidak mempengaruhi layanan GoTo kepada konsumen serta komitmen perusahaan terhadap mitra pengemudi dan pedagang.


Dikabarkan PHK Karyawan

Sebelumnya, grup GoTo dikabarkan akan memangkas lebih dari 1.000 karyawan sebagai upaya memangkas biaya dan menopang keuangannya. Pengurangan karyawan itu sekitar lebih dari 10 persen tenaga kerja.

Hal tersebut akan mempengaruhi semua divisi, menurut sejumlah sumber yang dikutip dari Business Times, Minggu (13/11/2022). Perusahaan ride hailing ini telah melihat valuasi turun saat hadapi perlambatan ekonomi, kenaikan suku bunga dan percepatan inflasi. Manajemen GoTo mencoba menyeimbangkan pengeluaran untuk pertumbuhan dengan upaya mencapai profitabilitas.

Menurut sumber, perusahaan yang beroperasi di Singapura dan Vietnam dapat mengumumkan pengurangan karyawan dalam beberapa minggu mendatang. Ukuran pengurangan dikabarkan dapat berubah. GoTo dikabarkan bersiap mulai pengurangan saat bersiap rilis hasil kinerja kuartalan pada 21 November 2022.

Berdasarkan laporan keuangan Juni 2022, GoTo memiliki 9.630 karyawan tetap pada akhir Juni 2022. Namun, karyawan tidak tetap belum diungkapkan.

Pada 2021, perseroan memiliki 455 karyawan tidak tetap. GoTo go public pada April 2022, dan tercatat sebagai perusahaan gelar penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) terbesar pada 2022. Saham GoTo susut sekitar 40 persen sejak saat itu.

Saat diminta tanggapan mengenai kabar pengurangan karyawan tersebut, Chief Corporate Affairs GoTo, Nila Marita menuturkan, pihaknya tidak dapat komentari rumor dan spekulasi yang beredar. "Fokus GoTo adalah membangun bisnis yang berkelanjutan dan membawa dampak positif bagi Indonesia," lewat keterangan tertulis, dikutip Minggu, 13 November 2022.

Ia menambahkan, performa bisnis GoTo terus berkembang dan untuk tumbuh secara berkelanjutan, perusahaan terus berupaya mendorong pertumbuhan bisnis yang sehat.

"Pada saat yang sama melakukan kegiatan operasional secara efisien agar dapat terus memberikan solusi terbaik bagi masyarakat di seluruh tempat kami beroperasi," kata dia.

Saham GOTO tetap berada di zona hijau meski diterpa isu PHK karyawan. Pada penutupan perdagangan Jumat, 11 November 2022, saham GOTO melambung 11,70 persen ke posisi Rp 210 per saham. Saham GOTO dibuka naik 10 poin ke posisi Rp 198 per saham.

Saham GOTO berada di level tertinggi Rp 214 dan terendah Rp 192 per saham. Total frekuensi perdagangan 39.545 kali dengan volume perdagangan 20.643.068 saham. Nilai transaksi Rp 422,7 miliar.

"Kerja Sangat Keras atau Keluar"

Elon Musk ke Karyawan Twitter: Kerja Sangat Keras atau Keluar

Liputan6.com 2022-11-18 12:00:11
Elon Musk. (Joe Raedle/Getty Images/AFP)

Elon Musk dikabarkan memberikan ultimatum kepada karyawan Twitter yang masih bekerja di sana lewat sebuah email tengah malam. Isinya: pilih berkomitmen pada budaya "hardcore" di Twitter atau pergi dengan pesangon.

Dilaporkan The Washington Post, karyawan yang ingin tetap bekerja, diminta untuk menandatangani formulir daring dengan tenggat waktu hari Kamis pekan ini, jam 5 sore waktu Timur.

Sementara jika karyawan menolak untuk menandatangani formulir itu, mereka akan dianggap keluar dan bakal menerima uang pesangon untuk tiga bulan.

Dalam emailnya, CEO Tesla itu juga mengatakan bahwa untuk membangun terobosan di "Twitter 2.0" dan berhasil di dunia yang makin kompetitif, karyawan Twitter harus sangat keras atau "extremely hardcore."

"Ini berarti bekerja berjam-jam dengan intensitas tinggi. Hanya kinerja luar biasa yang akan menjadi nilai kelulusan," kata Musk, mengutip The Verge, Jumat (18/11/2022)

Dalam surat tersebut, Musk juga mengatakan Twitter akan lebih digerakkan oleh teknik. Selain itu, desain dan manajemen produk juga dinilai penting.

"Tetapi mereka yang menulis kode hebat akan menjadi mayoritas tim kita dan memiliki pengaruh besar," kata orang terkaya di dunia versi Forbes itu.

"Siapa pun yang belum melakukannya hingga pukul 17.00 ET besok (Kamis) akan menerima pesangon selama tiga bulan," ujarnya.

Ultimatum Elon Musk ini menambah serangkaian "drama" yang terjadi di balik layar perusahaan media sosial itu, setelah diambil alih oleh sang bos SpaceX beberapa waktu lalu.


Elon Musk Kembali Pecat Karyawan yang Kritik Dirinya

Sehari setelah mencaplok Twitter, Musk segera memecat beberapa petinggi perusahaan, termasuk CEO saat itu Parag Agrawal.

Terbaru, dia dilaporkan kembali memecat karyawan Twitter yang melayangkan kritik pada dirinya. Bahkan, pemecatan kali ini dilakukan pada karyawan yang melakukan kritik secara privat.

Informasi ini diketahui dari unggahan sejumlah akun di Twitter, seperti Gergely Orosz dan penulis Platformer Casey Newton.

Seperti dikutip dari The Verge, Rabu (16/11/2022), keduanya mencuitkan ada laporan Twitter kembali melakukan pemecatan pada karyawan.

Menurut laporan tersebut, karyawan yang dipecat merupakan mereka yang mengkritik kicauan Musk beberapa waktu lalu di watercooler channel pada Slack. Awalnya, laporan menyebut ada sekitar 10 karyawan yang dipecat, tapi belakangan disebut mencapai 20 orang.

Dari laporan yang beredar, pemecatan tersebut dilakukan dalam waktu 24 jam setelah mereka diketahui mengunggah kritikan pada Elon Musk. Mereka diketahui hanya mendapatkan informasi pemecatan tersebut melalui email.


Elon Musk Minta Maaf

Sementara laporan lain pada Bloomberg menyebutkan, setidaknya ada lusinan karyawan yang dipecat usai mengkritik Elon Musk di berbagai platform.

Mengingat saat ini Twitter tidak memiliki departemen komunikasi, perusahaan belum memberikan pernyataan apa pun terkait laporan tersebut.

Kendati demikian, Elon Musk sempat menyinggung mengenai laporan ini melalui kicauannya. Ia menuliskan, dirinya meminta maaf karena telah memecat para karyawan Twitter itu dan menyebut talenta mereka akan berguna di tempat lain.

"Saya ingin meminta maaf karena telah memecat para jenius ini. Bakat mereka yang luar biasa tidak diragukan akan sangat berguna di tempat lain," tulis CEO Tesla tersebut.

Sebelumnya, seorang insinyur Twitter bernama Eric Frohnhoefer juga diketahui telah dipecat. Ia dipecat setelah sebelumnya sempat mengoreksi kicauan Elon di Twitter.

Mengutip The Verge, Selasa (15/11/2022), akhir pekan lalu Musk sempat mencuitkan permintaan maaf pada pengguna karena aplikasi Twitter lemot di sejumlah negara, jarena sistem Remote Procedure Call yang berjalan buruk.


Elon Musk Pecat Insinyur yang Kritik Lewat Twitter

Cuitan itu lantas disambar oleh Eric yang menyebut pernyataan tersebut tidak benar. "Saya bekerja selama 6 tahun di Twitter untuk Android dan bisa mengatakan kalau ini (cuitan Elon) salah," tulisnya.

Dari situ, kedua orang tersebut lantas melanjutkan perbincangan dengan berbalas tweet. Bahkan, Eric pun sempat memberikan informasi teknis mengenai sistem yang digunakan Twitter di Android.

Debat Elon Musk dan Eric pun diketahui berlangsung hingga beberapa jam. Mengingat perdebatan itu terjadi di publik, beberapa warganet menyarankan agar keduanya melanjutkan diskusi melalui kanal komunikasi internal.

Namun setelah perdebatan berlangsung, Elon menutupnya dengan mencuitkan bahwa Eric telah dipecat.

"Dia dipecat," tulis Elon melalui akun Twitternya.

Kicauan tersebut tidak main-main, karena karyawan Twitter itu dilaporkan benar-benar dipecat. Menurut Forbes, Eric menceritakan hanya butuh sekitar lima jam bagi Twitter untuk mencabut aksesnya dari komputer perusahaan.

Selain itu, Musk juga diketahui baru saja memecat 5.500 tenaga kontrak di Twitter.

(Dio/Isk)

Tolak Rp15,6 M untuk Tampil di Piala Dunia

Ogah Tampil di Piala Dunia 2022 Qatar, Penyanyi Rod Stewart Tolak Bayaran Rp15,6 M

Liputan6.com 2022-11-18 14:02:18
Rod Stewart tampil pada konser amal untuk membantu kanker prostat Raise the Roof yang diselenggarakan oleh Jools Holland di Royal Albert Hall, London, Inggris, 22 Juni 2022. Rod Stewart sendi

Dalam hitungan beberapa hari lagi sampai Piala Dunia 2022 diselenggarakan. Untuk tahun ini, kompetisi sepak bola internasional empat tahun sekali ini akan diadakan di Qatar.

Dilansir situs resmi FIFA (Federation International de Football Association), Jumat (18/11/2022), Piala Dunia 2022 Qatar akan diselenggarakan mulai 20 November hingga 18 Desember 2022. Di mana, berlangsung di luar jadwal dari kebiasaan waktu penyelenggaraan Piala Dunia sebelum-sebelumnya.

Setiap penyelenggaraan kompetisi Piala Dunia selalu menarik perhatian para maniak sepak bola.

Tidak hanya maniak sepak bola saja, para penonton umum juga tergiur untuk menyaksikan negara-negara papan atas saling bersaing dalam kompetisi tersebut. Banyak momen pertandingan yang pastinya memorable.

Selain itu, setiap kompetisi Piala Dunia juga tidak pernah lupa memberikan lagu ikoniknya. Contohnya yang paling ikonik pada 2010 lalu, saat Piala Dunia di Afrika Selatan.

Lagu resmi Piala Dunia 2010 yakni Waka Waka (This Time for Africa) milik Shakira berhasil menjadi favorit dan dikenang banyak orang.

Menyanyikan lagu resmi Piala Dunia tentu menjadi kehormatan sendiri bagi musisi atau band yang dipilih. Bahkan, menjadi pengisi acara pembuka atau penutupnya saja juga merupakan hal yang hebat, yang tidak akan dilewati musisi atau band manapun. Namun ternyata hal tersebut tidak berlaku bagi Rod Steward.

Dilansir Variety, Jumat (18/11/2022), penyanyi dan penulis lagu rock dan pop Inggris ini menyebut bahwa dia menolak untuk tampil di Piala Dunia 2022 Qatar.

Bahkan walau permintaan itu ditemani bayaran sebesar $1 juta atau sekitar Rp15 miliar lebih tepatnya Rp15.692.500.000 pada kurs saat ini per dolar Rp15.692,50.


Tolak $1 Juta Dolar

Penyanyi tembang I Don't Want To Talk About It ini mengatakan kepada Sunday Times bahwa dia ditawari banyak uang untuk tampil, tetapi memilih menolaknya.

"Saya sebenarnya ditawari banyak uang, lebih dari $1 juta (dolar), untuk tampil di sana (Piala Dunia 2022 Qatar) 15 bulan lalu. Saya menolaknya. Itubukan hal yang benar untuk pergi."

Dalam kesematan yang sama, Rod Stewart juga berharap tim nasional Iran untuk dikeluarkan dari kompetisi bergengsi tersebut.

"Dan (tim nasional) Iran harus dikeluarkan juga karena memasokan senjata," ucap Rod Steward.

Perlu diketahui bahwa beberapa waktu lalu FIFA memang diminta untuk mengeluarkan tim nasional Iran dari Piala Dunia 2022 Qatar.

Selain karena tudingan pemasokan senjata terhadap Rusia, sebelumnya juga karena kebrutalan negara Iran dalam memperlakukan penduduknya sendiri, terutama wanita.

FIFA diminta untuk tidak tutup mata.


Kontroversi

Dari awal, berbagai isu serta kontroversi kerap menyelimuti proses penyelenggaraan Piala Dunia 2022, tepat sejak Qatar ditunjuk sebagai tuan rumah pada tahun 2010 lalu.

Dilansir BBC News, salah satu kontroversi terbesar adalah mengenai pembicaraan soal hak asasi manusia para pekerja imigran yang kerap menjadi perhatian khusus media hingga bahkan para negara peserta Piala Dunia 2022.

Pemerintah Qatar mengatakan bahwa terdapat 30.000 pekerja imigran yang dipekerjakan untuk membangun stadion dalam persiapan menyambut kompetisi ini. Sebagian besar pekerja imigran berasal dari Bangladesh, India, Nepal, dan Filipina.

Hal buruknya, pada Februari 2021, The Guardian mengatakan bahwa terdapat 6.500 pekerja imigran yang telah meninggal. Pemerintah Qatar sendiri mengatakan jumlah itu menyesatkan, karena tidak semua kematian itu berhubungan dengan proyek terkait Piala Dunia.


Ada Jungkook BTS

Walau tidak berhasil menggaet Rod Stewart, Piala Dunia 2022 Qatar berhasil menggaet nama besar dalam industri musik lainnya. Secara resmi, Jungkook dari boyband terkenal Korea Selatan BTS telah dikonfirmasi akan tampil di upacara pembukaan kompetisi itu.

Hal ini dikonfirmasi oleh Big Hit Music sendiri pada 12 November 2022.

Nantinya upacara pembukaan ini dijadwalkan berlangsung pada Minggu, 20 November 2022 di Stadion Al Bayt di Qatar, yakni pada hari yang sama dengan pertandingan kick-off turnamen, di mana Qatar selaku tuan rumah akan menghadapi Ekuador.

Jungkook BTS akan menjadi idol KPop pertama yang berada di panggung pembukaan Piala Dunia. Jungkook BTS akan tampil sebagai salah satu dari 7 hingga 8 artis di upacara pembukaan tersebut, mengutip Koreaboo.

Pemimpin Sekte Seks Divonis 8.658 Tahun Bui

Pemimpin Sekte Seks di Turki Harun Yahya Divonis 8.658 Tahun Penjara

Liputan6.com 2022-11-18 12:54:42
Adnan Oktar alias Harun Yahya selama penangkapannya pada 2018. Dia memberi tahu hakim bahwa dia memiliki hampir 1.000 pacar. (AFP)

Pengadilan Turki menjatuhkan hukuman penjara selama 8.658 tahun kepada pemimpin sekte, Adnan Oktar atau yang dikenal sebagai Harun Yahya.

Dilansir South China Morning Post, Jumat (18/11/2022) putusan itu datang setelah persidangan ulang karena menjalankan sekte sesat berusia puluhan tahun, di mana anggota-anggota sekte tersebut dituduh melakukan kejahatan mulai dari pelecehan seksual, pemerasan, pencucian uang, hingga spionase.

Harun Yahya sebelumnya dijatuhi hukuman 1.075 tahun penjara setelah diadili di Istanbul bersama 236 orang lainnya yang diduga merupakan anggota atau pendukung jaringannya. Putusan tersebut dibatalkan awal tahun ini karena alasan prosedural.

Hukuman terbaru ini mencakup 891 tahun penjara untuk kejahatan yang dilakukan dalam secara pribadinya dan para pengikutnya, menurut laporan media pemerintah Turki Anadolu Agency.

Sebelum ditahan, Harun Yahya menjadi sorotan di Turki selama bertahun-tahun, terutama karena acara TV provokatif yang disiarkan di salurannya sendiri.

Di layar, dia kerap tampil dengan dikelilingi sejumlah perempuan yang akan menyatakan cinta mereka padanya. Pada tahun 2018, Harun Yahya dan ratusan pengikutnya ditangkap dalam penggerebekan oleh polisi di vilanya.

Dari penggerebekan itu terungkap bahwa pria berusia 66 tahun itu menjalankan jaringan kriminal dengan kedok sekte Islam yang melakukan kampanye antievolusi internasional melalui berbagai penerbit dan outlet media.

Saluran TV-nya juga ditutup menyusul penggebrekan itu. Namun, Harun Yahya membantah melakukan kesalahan dan mengatakan kasus itu adalah rekayasa.


Prancis Tarik Buku-buku Terkait Harun Yahya

Harun Yahya juga pernah menjadi sorotan karena menulis buku 'Atlas of Creation, yang menyangkal Teori Evolusi Darwin. Ribuan eksemplar bukunya secara gratis telah dikirimkan ke para politisi, jurnalis, dan sekolah di seluruh dunia.

Kementerian Pendidikan Prancis memerintahkan penarikan buku-buku terkait Harun Yahya dari sekolah, dengan mengatakan "tidak ada persyaratan kualitas yang ditetapkan untuk pengajaran di kelas."


14 Fakta Harun Yahya yang Divonis 1.075 Tahun Penjara

Berikut ini 14 fakta terkait Harun Yahya yang dihukum 1.075 tahun penjara, dikutip dari sejumlah sumber salah satunya The Guardian, Jumat (18/11/2022):

1. Adnan Oktar menggunakan nama pena Harun Yahya saat menjadi penulis.

2. Nama Harun Yahya kemudian terkenal. Pria ini diketahui kerap dikelilingi wanita berpakaian minim yang disebut dengan Kittens.

3. Adnan Oktar mengkhotbahkan kreasionisme dan nilai-nilai konservatif sementara perempuan dalam pakaian seksi -banyak di antaranya tampaknya menjalani operasi plastik- menari di sekitarnya dengan musik yang ceria pada studio TV di Turki.

4. Pria berusia 64 tahun berjanggut itu ditahan pada 2018, bersama dengan lebih dari 200 tersangka lainnya sebagai bagian dari tindakan keras terhadap kelompoknya oleh unit financial crimes kepolisian Istanbul.

5. Kasusnya bergulir sejak 2018, lalu pada 2021 barulah pengadilan Turki memutuskan hukumannya.

"Dia dijatuhi hukuman 1.075 tahun karena kejahatan termasuk penyerangan seksual, pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur, penipuan dan percobaan spionase politik dan militer," lapor penyiar swasta NTV seperti dikutip dari The Guardian.

6. Pengadilan juga menghukum dua eksekutif di organisasi Oktar, Tarkan Yavas dan Oktar Babuna, masing-masing selama 211 dan 186 tahun.

7. Kantor berita resmi Anadolu melaporkan bahwa Oktar juga dinyatakan bersalah karena membantu kelompok yang dipimpin oleh pengkhotbah Muslim yang berbasis di AS Fethullah Gulen -- yang disalahkan Turki karena melakukan upaya kudeta yang gagal pada 2016.

Kendati demikian, Oktar membantah kaitannya dengan Gulen dan menyebut anggapan bahwa dia memimpin sekte seks sebagai "mitos urban". Sekitar 236 terdakwa menghadapi tuntutan, 78 di antaranya ditahan menunggu persidangan, Anadolu melaporkan. Sebagian besar tersangka tetap tidak bersalah sejak sidang pertama pada September 2019.


Memiliki Hampir 1.000 Pacar

8. Selama persidangan, yang diikuti oleh media Turki selama berbulan-bulan, pengadilan mendengar rincian kejahatan pelecehan seksual yang mengerikan dan mengerikan.

Oktar memberi tahu hakim ketua bahwa dia memiliki hampir 1.000 pacar. "Ada luapan cinta di hati saya untuk wanita. Cinta adalah kualitas manusia...," katanya dalam sidang lain.

Dia menambahkan pada kesempatan terpisah, "Saya luar biasa berpengaruh."

9. Salah satu perempuan di persidangannya, yang diidentifikasi hanya sebagai CC, mengatakan kepada pengadilan bahwa Oktar telah berulang kali melakukan pelecehan seksual terhadapnya dan wanita lainnya.

Beberapa perempuan yang diperkosa dipaksa minum pil kontrasepsi, CC mengatakan kepada pengadilan, menambahkan bahwa dia telah bergabung dengan kelompok Harun Yahya ketika dia berusia 17 tahun.

10. Oktar pertama kali menjadi perhatian publik pada 1990-an ketika dia adalah pemimpin sekte yang terlibat dalam berbagai skandal seks.

11. Saluran televisi A9 online miliknya mulai mengudara pada 2011, menarik kecaman dari para pemimpin agama Turki.

Saluran tersebut, yang sering didenda pengawas media Turki RTUK, disita oleh negara dan ditutup setelah tindakan keras polisi terhadap kelompok Oktar.

12. Ditanya tentang 69.000 pil kontrasepsi yang ditemukan di rumahnya oleh polisi, Oktar mengatakan bahwa pil itu digunakan untuk mengobati gangguan kulit dan gangguan menstruasi.

13. Otoritas Turki menghancurkan vila Oktar, yang juga dia gunakan untuk studio TV, dan menyita semua propertinya pada 2018.

14. Oktar menolak teori evolusi Darwin dan telah menulis buku setebal 770 halaman berjudul "The Atlas of Creation" dengan nama pena, Harun Yahya.

Kapok Main Berondong demi Nyaleg

Elly Sugigi Ogah Main Berondong Lagi Sejak Nyaleg, Tak Ingin Imej Jelek Karena Urusan Asmara

Liputan6.com 2022-11-18 13:30:00
Elly Sugigi. (Foto: Instagram @ellysugigi_real_)

Elly Sugigi mencoba peruntungannya terjun ke dunia politik. Ia mengaku dipinang Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai caleg. Ia bakal dicalonkan sebagai anggota DPR RI untuk Daerah Pilihan Lampung.

Soal elektabilitas, mungkin tak diragukan lagi. Kepopuleran hingga kerap wara-wiri di televisi bisa menjadi keuntungan bagi Elly Sugigi bertarung memperebutkan posisi di gedung dewan.

Lantas bagaimana dengan citra Elly yang selama ini yang seringkali dekat dengan pria berondong? "Kita jangan main berondong lagi," ujar Elly Sugigi di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (17/11/2022).

"Jujur aku sudah dua tahun (bersama), sedih sih kalau dibilang. Aku sudahi sama Aher, aku yang sudahi. Banyak alasannya. Dia sih belum jawab apa-apa, masih di Bali. Tapi aku minta udahin aja," Elly Sugigi menjelaskan kegagalan asmaranya bersama berondong bernama Aher.


Setop Cari Jodoh

Demi memuluskan tujuan menjadi anggota legislatif, Elly Sugigi memilih untuk menyibukkan diri dengan bekerja. Saat ini, menikah lagi sudah tak menjadi prioritas dalam hidupnya.

"Cari jodoh stop, saya janji tidak akan menikah lagi karena saya akan fokus kerja, nyaleg. Karena nanti imej saya jelek. Aku sudah janji Aher orang yang terakhir karena Uti (anak) mau menikah tahun depan. Sudah dapat jodohnya juga, aku yang mengalah tidak menikah lagi," lanjut Elly Sugigi.


Bolak Balik ke Lampung

Selama ini Elly Sugigi memang tak pernah mengekspose sepak terjangnya di politik kepada media. Padahal, sudah setahun belakangan ia mondar-madir bertemu masyarakat di daerah pilihannya.

"Udah setahun ini aku sering ke Lampung, tapi aku enggak pernah lihatin ke media," imbuhnya.


Semula Nyalon di Tangerang

Selain Lampung, Elly Sugigi juga sempat mendapat tawaran menjadi caleg untuk Daerah Pilihan Tangerang. Atas nasihat pimpinan fraksi, Elly Sugigi pun memilih maju untuk mewakili Lampung.

"Aku nyalegnya Lampung diajak sama anaknya pak Zulhas untuk PAN. Kemarin ada dua pilihan, Tangerang dan Lampung. Tapi kata pak Zulhas, aku Lampung aja. Besok Desember road show," ungkapnya. (M. Altaf Jauhar)

Dari Kamp Pengungsi ke Piala Dunia 2022

Dari Kamp Pengungsian ke Piala Dunia 2022, Alphonso Davies Wujudkan Mimpi Bersama Timnas Kanada

Liputan6.com 2022-11-18 13:00:24
4 - Alphonso Davies (Bayern Munchen) - Kecepatan: 96 dan Akselerasi: 94. (AP Photo/ Matthias Schrader)

Alphonso Davies adalah salah satu bintang utama Timnas Kanada dan diharapkan memainkan peran kunci saat mereka tampil di Piala Dunia pertama sejak dalam 36 tahun lalu.

Alphonso Davies akan bermain sebagai pemain sayap untuk tim John Herdman, meski tampil mengesankan sebagai bek sayap di level klub bersama Bayern Munchen.

Meskipun baru berusia 22 tahun, Davies telah merasakan beberapa kesulitan dalam hidup. Ia lahir pada tanggal 2 November 2000, di sebuah kamp pengungsi Ghana setelah orang tuanya melarikan diri dari Liberia selama perang saudara.

Keluarganya berjuang untuk memenuhi kebutuhan pokok sebelum akhirnya pindah ke Kanada saat Davies berusia lima tahun. Di situlah perjalanan sepak bolanya dimulai.

Melalui Twitter, bintang Daviesmengingat kembali kesulitannya dan mengungkapkan kegembiraannya bisa bermain di Piala Dunia 2022 Qatar.

"Seorang anak yang lahir di kamp pengungsi seharusnya tidak berhasil! Tapi di sini kita pergi ke Piala Dunia," tulisnya.

Davies juga mengajak kepada siapa pun untuk pantang menyerah mengejar mimpi, meskipun datang sumbang datang untuk menggempur.

"Jangan biarkan siapa pun memberi tahu Anda bahwa impian Anda tidak realistis. Teruslah bermimpi, Teruslah mencapainya," sambungnya.

Davies kemungkinan akan menjalani debutnya di Piala Dunia 2022 pada laga pertama Timnas Kanada melawan Belgia pada Kamis (24/11/2022).

Selain Belgia, Kanada yang tergabung di Grup F bakal bersaing dengan dan Kroasia, dan Maroko.

Davies mengawali jalanya sebagai pesepak bola dari akademi Vancouver Whitecaps di Kanada.

Karena perkembangannya begitu pesat, Davies cepat naik tingkat dan mendapatkan debut untuk tim senior ketika baru berusia 16 tahun.

Davies akhirnya meninggalkan Whitecaps untuk bergabung dengan Bayern Munich pada jendela transfer musim dingin 2019. Dia telah menikmati beberapa tahun yang luar biasa di Jerman, memenangkan gelar demi gelar.

Davies telah membuat 134 penampilan di semua kompetisi untuk Bavarians, mencetak enam gol dan memberikan 21 assist.

Dia telah mengangkat empat gelar Bundesliga, dua Piala Jerman, trofi Liga Champions UEFA, Piala Super UEFA, dan Piala Dunia Klub FIFA.


Piala Dunia Bersejarah

Timnas Kanada berhasil lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar setelah penantian 36 tahun lamanya. Kanada terakhir kali lolos ke Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Kesuksesan timnas Kanada menembus Piala Dunia jadi sejarah dan kebanggaan tersendiri bagi masyarakatnya. Tahun ini, beberapa pemain muda memiliki prospek dan sejumlah pemain senior menunujukkan tajinya sehingga membuat Kanada lebih baik. Salah satunya yaitu Alphonso Davies.

Kanada menjadi negara ke-20 yang lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka lolos usai memenangkan duel babak kualifikasi zona CONCACAF melawan Jamaika.


Tangan Dingin John Herdman

Pelatih John Herdman telah membuat sepak bola Kanada mengalami peningkatan signifikan, hal itu terlihat dari ranking FIFA mereka per Agustus 2021.

Dari penghuni peringkat ke-72, kini Kanada menghungi posisi ke-43 dan torehan ini didapat hanya dalam waktu satu tahun.

Selain itu juga menjadi pembuktian setelah di awal banyak yang meremehkan Kanada bisa lanjut ke putaran final Piala Dunia 2022.

"Ketika orang mengatakan 'mengapa Kanada tidak lolos?' Anda dapat melihat tantangan mengelola kompetisi di CONCACAF," ujar John Herdman.

"Tiga pertandingan dalam tujuh hari dan ribuan mil perjalanan untuk menyelesaikan permainan tersebut." imbuhnya.


Piala Dunia Pertama yang Menyakitkan

Kanada bukan termasuk tim langganan di ajang Piala Dunia. Sepanjang sejarah, tim berjuluk Les Rouges ini hanya sekali bermain di turnamen empat tahunan tersebut, yaitu pada 1986 saat Meksiko menjadi tuan rumah.

Pada debut turnamen mereka di Piala Dunia saat itu, Kanada menyedihkan. Mereka tak pernah memenangi tiga pertandingan dan finis di posisi terbawah grup, yang diisi Uni Soviet, Prancis, dan Hungaria, dengan nirpoin.

Lalu setelah 36 tahun penantian, Kanada akhirnya melaju ke Qatar setelah mendapatkan satu tiket sebagai wakil zona CONCACAF.

Tapi ujian sudah menunggu di depan mata. Dua raksasa Eropa sudah menanti Kanada yang bisa membuat sejarah mereka menjadi sakit tak berdarah.

Putu Ayu Pemandu Para Pemimpin G20

Profil Putu Ayu Saraswati, Pemandu Para Pemimpin G20 Lihat Mangrove di Tahura Bali

Liputan6.com 2022-11-18 11:02:46
Putu Ayu Saraswati, Putri Indonesia Lingkungan 2020. (Foto: Dok. Instagram @ayusarasw)

Putu Ayu Saraswati ikut sibuk dalam gelaran puncak KTT G20 di Bali yang baru saja selesai. Putri Indonesia Lingkungan 2020 itu bertugas memandu para pemimpin negara G20 yang mengikuti tur ke Tahura Ngurah Rai Mangrove, Bali, pada 17 November 2022.

Ayusa, sapaan akrabnya, menjelaskan secara umum soal hutan mangrove yang dibenahi sejak setahun lalu untuk menyambut G20. Bali, dikutip dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK), menjadi salah satu percontohan mangrove dengan luasan mencapai 2.144,8 hektare.

Di Tahura Ngurah Rai itu juga terdapat showcase bibit mangrove yang dimanfaatkan sebagai sarana edukasi, pariwisata, dan penguatan perekonomian. Di situ, kapasitas produksi persemaian mangrovenya mencapai enam juta batang, dengan 17 jenis spesies mangrove. Persemaiannya telah dilengkapi fasilitas green house, open growth area (oga), production house, pengairan otomatis, dan didukung instalasi listrik tenaga surya yang ramah lingkungan.

Berjalan di depan para pemimpin G20 diakui Ayusa yang saat itu mengenakan blus batik dan celana putih membuatnya grogi. Sampai-sampai, ia harus menulis tanda senyum di kertas contekan yang dibawanya. "Karena takut nanti nervous sampai lupa senyum," ucap Ayusa dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (18/11/2022).

Ia mengaku sangat senang dan merasa terhormat sekaligus beruntung mendapat pengalaman tersebut. Ia berharap apa yang disampaikannya bisa memberikan kesan baik sekaligus dampak yang lebih sustainable.

"Pengalaman unik mungkin saat masuk ke dalam, mungkin karena pakai wireless, jadi sinyalnya on and off. The first thing President Joe Biden say to me was you have very good sound system," tutur perempuan berdarah Bali dan Taiwan tersebut.

"Yes sir we try our best," begitu jawaban Ayusa kepada Biden.


Profil Ayusa

Putu Ayu Saraswati keluar sebagai runner up 1 Puteri Indonesia 2020. Perempuan kelahiran Bali ini juga dinobatkan sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2020 setelah lima tahun sebelumnya ia berhasil meraih gelar Jegeg Bali dan bertugas sebagai Duta Pariwisata Bali selama setahun.

Ia merupakan anak sulung dengan dua orang adik. Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana itu mengau hobi kulineran. Ia tak takut menyusuri pasar-pasar tradisional untuk berburu makanan enak. Salah satu minuman favorit Ayu adalah es daluman, minuman tradisional khas Bali yang terbuat dari cincau hijau dengan campuran santan dan gula.

Di akun Instagram pribadinya @ayusarasw, Ayu juga kerap membagikan foto hidangan khas Bali. Dalam unggahan fotonya pada 1 Juni 2017, ia memperkenalkan kuliner khas Bali yang menurutnya bisa bikin ketagihan, yaitu gurita suna cekuh, lawar kenus, dan sambel bongkot.

Selain kulineran, 1st Runner Up Puteri Indonesia ini juga tertarik dengan lansia-lansia kurang beruntung, yang menghabiskan waktunya dengan mengemis di jalanan. Salah satu simpatinya terhadap lansia-lansia tersebut, Putu Ayu Saraswati menunjukan bentuk kepeduliannya dengan bergabung Komunitas Ketimbang Ngemis, komunitas non-profit sebagai wadah penyalur donasi dan bantuan kepada lansia.


Tak Jadi Wakili Indonesia

Dengan gelar sebagai Puteri Indonesia Lingkungan, Ayusa berhak melenggang di ajang Miss International 2020. Namun setelah melewati berbagai persiapan, ia batal mengikuti kompetisi itu lantaran pandemi.

Kompetisi dijadwalkan ulang untuk digelar pada November 2021. Tapi, panitia kembali membatalkan penyelenggaraannya karena situasi pandemi yang belum membaik. Perwakilan dari 50 negara harus bersabar hingga akhir 2022, termasuk Ayusa.

Situasi itu membuatnya bimbang. Setelah dua tahun menunggu kepastian, Ayusa memastikan menarik diri dari partisipasinya di ajang Miss International 2022. Ia pun menyerahkan tugas itu kepada penerusnya, yaitu Cindy May McGuire sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2022.

Ajang kecantikan itu rencananya akan digelar pada 13 Desember 2022 di Jepang. Meski tak berhasil mewakili Indonesia, ia memiliki kesempatan lebih besar dengan mendampingi para pemimpin negara dunia.

"Suatu kehormatan mutlak untuk memandu pemimpin dunia G20 melalui Momen Bersejarah perjalanan mengelilingi Taman Hutan Raya Ngurah Rai dan perkebunan mangrove. Di mana saya berkesempatan untuk berbicara tentang dorongan aktif Indonesia untuk mencapai emisi net-zero dengan merehabilitasi 6 juta hektar lahan terdegradasi termasuk 600.000 hektar hutan bakau, dan dengan terus membangun pusat pembibitan di seluruh negeri.

Ini adalah upaya yang konsisten dan kolaboratif yang dilakukan oleh masyarakat, pemerintah pusat dan daerah, serta didukung oleh rencana dan kebijakan yang dibuat tidak hanya untuk hari ini, tetapi untuk generasi saya dan generasi yang akan datang.

Pertemuan ini menandakan komitmen bersama semua bangsa untuk mengambil semua cara yang diperlukan untuk mengatasi perubahan iklim dan bertindak untuk rehabilitasi dan pelestarian alam, sejalan dengan visi G20 "Pulihkan Bersama, Pulihkan Lebih Kuat," tulis Ayusa di akun Instagramnya mengenang momen tersebut.


Mendapat Perhatian Warganet

Kepiawaiannya dalam memandu tur G20 membuat dirinya dipuji banyak warganet di media sosial. "Dengan bangga, perkenalkan, she is Putu Ayu Saraswati. #Ayusa Puteri Lingkungan 2020/2021 Sekali puteri, tetap puteri. Selamanya menginspirasi," cuit akun twitter @sweetygvrl disertai kedua foto Ayu saat masih menggunakan selempang gelar Puteri Indonesia Lingkungan 2020.

Sementara itu, di unggahan Instagram miliknya, Ayu mendapat beberapa komentar. "Sobat Hijau yang satu ini memang selalu kece. Selamat untuk Ayusa," tulis akun @ditjenppkl_klhk.

"Semua karya mu pengabdian mu kau persembahkan untuk bangsamu, citra dirimu harum namamu," ujar amir_alkaff.

"good job Ayu ," tulis Anindya K Putri, pemenang Putri Indonesia 2015.

Sementara, Tahura Bali dipilih sebagai lokasi tur untuk menunjukkan salah satu cerita sukses bagaimana 1.300 hektar hutan mangrove ditanam dan dipelihara. Presiden Joko Widodo menyebutkan bahwa sebelum dijadikan hutang mangrove, Tahura sempat menjadi tambak ikan dan area yang terabrasi. Saat ini, tempat itu menjadi rumah bagi 33 spesies tanaman mangrove.

"Indonesia mengajak negara anggota G20 untuk berkolaborasi, bekerja sama dalam sebuah aksi nyata dalam pembangunan ekonomi hijau yang inklusif," ujar Presiden Indonesia itu dalam video YouTube Sekretariat Presiden.

Gempita Piala Dunia Pertama di Timur Tengah

HEADLINE: Gegap Gempita Piala Dunia 2022 Qatar, Siapa Juara Perdana di Timur Tengah?

Liputan6.com 2022-11-19 06:00:54
Lionel Messi dan sejumlah pemain Timnas Argentina lainnya saat tiba di Hamad International Airport, Doha, Kamis (17/11/2022) untuk mengikuti turnamen Piala Dunia 2022. (AFP/Odd Anders

Tidak terasa, Piala Dunia 2022 akan segera berlangsung di Qatar. Panggung termegah bagi para pesepak bola papan atas itu siap memanjakan mata para pencinta bola di berbagai penjuru dunia mulai 20 November - 18 Desember 2022.

Ini kali pertama Piala Dunia berlangsung di Timur Tengah. FIFA selaku induk sepak bola dunia telah menunjuk Qatar sebagai tuan rumah. Negara di semenanjung Jazerah Arab itu berhasil mengalahkan calon kuat lainnya, yakni Amerika Serikat, Korea Selatan, Australia, dan Jepang.

Dari empat negara ini, hanya Australia yang belum pernah jadi tuan rumah Piala Dunia. Sisanya, sudah berpengalaman menggelar event akbar empat tahunan itu. Indonesia juga sempat ikut mengajukan diri, tapi proposal PSSI ditolak karena tidak mendapatkan izin pemerintah.

Pengumuman dilakukan pada 2 Desember 2010 lalu oleh Sepp Blatter saat masih jadi presiden FIFA. "Pemenang tuan rumah Piala Dunia 2022 adalah Qatar," ujar Blatter membaca isi amplop di tangannya. Delegasi dari Qatar langsung bangkit. Mereka bersorak gembira, berangkulan dan sebagian tampak meneteskan air mata. Perjuangan meyakinkan FIFA tidak sia-sia.

"Terima kasih atas kesempatan ini, dan terima kasih karena sudah mengembangkan pertandingan ini. Terima kasih sudah memberi Qatar kesempatan. Kami tidak akan mengecewakan. Kalian akan bangga kepada kami dan Anda akan bangga kepada Timur Tengah. Ini janji kami," ujar HE Sheikh Mohammed bin Hamad Al-Thani, Ketua Delegasi Bidding Qatar 2022 dalam sambutannya usai penguman pemenang.

Sebagai negara kaya, Qatar sebenarnya punya segalanya untuk menggelar Piala Dunia 2022. Dengan total PDB Qatar mencapai USD146,4 miliar (2020), Qatar bisa membangun apa saja untuk kelancaran event ini.

Meski demikian, penunjukan Qatar tetap saja memicu resistensi. Cuaca panas jadi salah satu penyebabnya. Selain itu, ukuran Qatar juga dianggap tidak cocok untuk event sebesar Piala Dunia.

Blatter bahkan menyesali penunjukan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunai 2022. Menurut Blatter, komite eksekutif FIFA seharusnya memberikan kesempatan tersebut kepada Amerika Serikat.

"Kami Komite Eksekutif FIFA sebenarnya sepakat bahwa Rusia harus mendapatkan Piala Dunia 2018.Setelah itu, Amerika Serikat jadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Itu akan menjadi isyarat perdamaian jika dua lawan politik lama jadi tuan rumah Piala Dunia secara bergantian," ujar Blatter dikutip Sky Sports.

"Qatar negara yang terlalu kecil. Sepak bola dan Piala Dunia terlalu besar untuk Qatar. Saya ulangi, memilih Qatar adalah sebuah kesalahan," ujar pria yang tersandung kasus korupsi tersebut.

Berkaca dari sejarah, kritik terhadap penunjukan tuan rumah Piala Dunia bukan kali ini saja terjadi. Pada edisi-edisi sebelumnya, hal ini juga biasa terjadi, seperti pada Piala Dunia di Afrika Selatan 2010 lalu.

Saat Piala Dunia pertama kali digelar di benua Afrika, tidak sedikit yang meragukannya. Benua yang selalu terjerembab dalam berbagai masalah kemanusiaan, seperti perang, kelaparan, dan kemiskinan itu dianggap bukan pilihan tepat menggelar event akbar sekelas Piala Dunia. Belum lagi angka kriminalitas yang tinggi di Afrika Selatan kian menambah suram wajah Piala Dunia 2010.

Mundur lebih jauh lagi, penunjukkan Amerika Serikat sebagai tuan rumah Piala Dunia 1994 juga tak luput dari cemooh. Bagaimana mungkin pentas sepak bola paling akbar di muka bumi digelar di negara yang tidak menyukai permainan 11 lawan 11 itu. Di AS, bisbol dan basket masih jadi olahraga paling populer.

Namun di tengah gempuran kritik, kedua agenda ini berjalan sesuai rencana. Piala Dunia Afsel tetap menghadirkan kemeriahan dan drama-drama lapangan hijau yang melekat di benak para pencinta sepak bola dunia. Atau setidaknya, Anda tidak akan lupa dengan 'Waka Waka' yang jadi lagu resmi kala itu.

Begitu juga dengan Piala Dunia 1994. Selain meriah, Piala Dunia juga meninggalkan jejak penting di Negeri Paman Sam. Piala Dunia AS merupakan cikal bakal munculnya Major League Soccer (MLS) yang belakangan menjadi pelabuhan bagi pemain-pemain kelas dunia di masa tua sebelum pensiun.

Nah, terpilihnya Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 akan menghadirkan babak baru bagi perjalanan kejuaraan sepak bola empat tahunan itu. Lantas, mampukah Qatar memukau dunia?


Piala Dunia Terpanas

Salah satu tantangan terbesar Qatar dalam menggelar Piala Dunia 2022 tentu saja cuaca panas di negara mereka. Seperti dilansir dari Sportingnews, Qatar dikenal sebagai salah satu negara terpanas di dunia. Suhu rata-rata tahunan berkisar 14 hingga 41C, tapi di sebagian besar bulan suhu dapat dengan mudah melebihi 30C. Hari terpanas di Qatar tercatat pada Juli 2010, ketika suhu mencapai puncaknya pada 50,4C. Sementara pada bulan Juni 2022, suhu tercatat setinggi 48C dalam setahun.

Akibat situasi ini, FIFA akhirnya mengubah jadwal Piala Dunia 2022. Tidak seperti edisi-edisi sebelumnya yang selalu digelar pada musim panas, Piala Dunia kali ini berlangsung pada musim dingin. Tepatnya 20 November-18 Desember 2022 di mana suhu tertinggi diperkirakan hanya mencapai 26-28 derajat C.

Dua pertandingan babak penyisihan grup, setiap hari akan digelar pada pukul 13.00 dan 16.00 (waktu setempat) dan ini akan jadi laga dengan suhu tertinggi sepanjang sejarah Piala Dunia.

Pertandingan knockout kemudian akan dimainkan secara eksklusif pada malam hari demi mengurangi panas di Qatar. Babak sistem gugur juga tidak akan dimulai hingga Desember yang secara resmi merupakan awal musim dingin di Qatar dengan suhu harian rata-rata turun antara 19-26C (66-78F).

Meski sudah menggeser jadwal laga ke akhir tahun, beradaptasi dengan cuaca di Qatar tetap bukan perkara mudah. Para pemain Inggris telah merasakan panasnya suhu di Qatar. Jurnalis talkSPORT, Faye Carruthers melaporkan kalau banyak pemain Three Lions yang mulai mengeluhkan temperatur di Qatar. Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate sampai harus membuat sedikit perubahan pada jadwal latihan timnya demi memastikan tenaga pemainnya tak terkuras oleh panasnya hawa gurun sahara.

Pihak penyelenggara bukannya tidak berbuat apa-apa. Tuan rumah Qtaer sudah berusaha mencari jalan untuk 'menjinakkan' cuaca panas selama Piala Dunia 2022. Demi menjaga kenyamanan para pemain saat bertanding, stadion sampai dipasangi pendingin khusus.

Alat yang digunakan juga tidak sembarang AC biasa. Teknologi yang dikembangkan bersama Universitas Qatar itu menggunakan energi matahari untuk menyalakan kipas angin yang menarik udara luar dan mendinginkannya. Dr Saud Abdulaziz Abdul Ghani, Profesor Teknik Mesin di Universitas Qatar yang dijuluki "Dr Cool", menjadi pelopor proyek ini. Dia telah berkerja bersama timnya untuk memastikan peluncuran penuh unit tersebut pada delapan venue mulai pertandingan pembukaan.

"Kami tidak hanya mendinginkan udara, kami juga membersihkannya," kata Dr Saud dalam wawancara dengan FIFA. "Kami memurnikan udara untuk penonton. Misalnya, orang yang ada alergi tidak akan bermasalah di dalam stadion kami karena kami sediakan udara paling bersih dan paling murni di sana."

Menurut Dr Saud, para mesin pendingin ini bakal ditempatkan di bawah bangku penonton. Sementara mesin lain yang berukuran lebih besar ditatuh di beberapa tempat sepanjang pinggir lapangan.

"Dengan menggunakan teknik sirkulasi udara, udara yang didinginkan kemudian ditarik kembali, didinginkan kembali, disaring, dan didorong keluar jika diperlukan," bebernya.

Dengan alat ini, suhu di dalam stadion ber-AC di Qatar diperkirakan berkisar sekitar 21C (70F).


8 Stadion Megah dan Unik

Sebanyak 8 venue juga disiapkan untuk menggelar Piala Dunia 2022. Tujuh merupakan stadion baru yang dibangun khusus menyambut perhelatan akbar tersebut. Lusail jadi stadion baru terakhir yang diresmikan dan telah dipakai menggelar laga klub Mesir Zamalek vs klub Saudi Al Ahli, September lalu.

Menurut catatan Aljazeera, lebih dari 26 ribu pekerja dikerahkan untuk membangun lokasi pertandingan. Pengerjaan stadion dikebut bahkan tetap berjalan di saat pandemi COVID-19 melanda dunia.

Stadion Lusail jadi yang terbesar dengan kapasitas mencapai 80 ribu penonton. Selain menjadi lokasi babak penyisihan, stadion yang dibangun pada 2021 itu bakal menggelar babak final, 18 Desember 2022.

Tujuh stadion baru lainnya terdiri dari; Al Bayt, Al Janoub, Ahmad Bin Ali, Education City, Al Thumama, dan Stadium 974. Sementara Khalifa International, menjadi satu-satunya stadion lama yang direnovasi demi Piala Dunia 2022. Stadion yang sudah berdiri sejak 1976 ini dulunya dikenal bernama National Stadium.

Selain berpendingin dan didukung berbagai fasilitas super canggih, bentuk venue-venue Piala Dunia 2022 juga terbilang unik. Salah satu yang mencuri perhatian adalah Al-Thumama Stadium.

Venue ini cukup dekat dengan Bandara Internasional Hamad. Seseorang tidak perlu waktu sampai setengah jam untuk mengakses stadion dari bandara, karea jaraknya hanya 8 km saja.

Al Thumama Stadium memiliki kapasitas 40.000 kursi. Setelah Piala Dunia, setengah dari total kursi akan dibongkar. Tujuannya untuk memberi ruang pada tempat-tempat pelayanan publik bagi masyarakat sekitar.

Al Thumama Stadium juga memiliki desain yang cukup unik. Arsitek stadion ini Ibrahim M. Jaidah mendesain stadion ini melingkar seutuhnya dengan warna dominan putih. Jika dilihat dari atas, Stadion Al Thumama menyerupai peci, atau aksesoris yang dipakai pada kepala umat Islam yang pria.

"Saya ingat malam itu, saya mendapatkan semua jenis gahfiya untuk mempelajari pola yang berbeda pada masing-masing," ungkap Jaidah, dilansir qatar2022.qa. "Saya akhirnya menggambar sketsa kasar yang saya suka dan memberi tahu teknisi saya bahwa ini akan menjadi desain yang akan kami buat," katanya.

Yang tak kalah unik, tentu saja Stadion 974. Bangunan ini diberi nama sesuai dengan kode panggilan internasional untuk Qatar. Stadion ini berada di Doha dengan daya tampung 40.000 penonton.

Menariknya, stadion ini dibuat dari 974 peti kemas daur ulang. Setelah Piala Dunia 2022 rampung, bangunan ini akan dibongkar dan menjadi stadion temporer pertama dalam sejarah Piala Dunia. (Anda juga bisa mengintip keunikan stadion-stadion Piala Dunia 2022 melalui tautan ini).

Selain stadion, pemerintah Qatar juga membangin berbagai sarana transportasi, penginapan, dan rel kereta untuk menunjang kelancaran Piala Dunia 2022. Menteri Keuangan Qatar, Ali al-Emadi, tahun 2017 lalu memperkirakan, biaya pembangunan menelan US$ 500 juta atau Rp 6,6 triliun per minggunya.

Menurutnya, biaya ini tidak banyak berubah dalam 3 sampai 4 tahun ke depan. Diperkirakan Qatar akan menghabiskan lebih dari US$ 200 miliar atau Rp 2.664 triliun untuk mempersiapkan Piala Dunia 2022. Angka ini jauh di atas Piala Dunia Brasil 2014 yang diperkirakan menelan dana US$ 11 miliar dan Piala Dunia 2018 di mana Rusia telah menaikkan anggaran dari US$ 321 juta menjadi US$ 10,7 miliar.


32 Peserta, Asia Cetak Sejarah

Piala Dunia tentu bukan hanya bicara kesiapan tuan rumah saja. Para peserta yang tampil menjadi aktor utama dalam event akbar ini. Penampilan mereka di lapangan bakal jadi drama yang paling ditunggu.

Sebanyak 32 negara ikut ambil bagian pada Piala Dunia 2022. Tahun ini, Asia mencatatkan sejarah baru dengan mengirim enam wakil, yakni Australia, Qatar, Jepang, Iran, Korea Selatan, dan Arab Saudi. Sebelumnya, wakil Asia terbanyak yang pernah tampil di Piala Dunia hanya lima tim saja.

Sebagai tuan rumah Qatar mendapat jatah lolos otomatis. Sementara lima tim lainnya, harus berjuang lewat babak penyisihan grup. Australia menjadi tim terakhir yang lolos setelah berhasil mengalahkan timnas Peru lewat adu penalti pada babak play-off inter-konfederasi, Selasa (14/6/2022) lalu.

Mantan pemain Persija Jakarta dan timnas Indonesia, Bambang Pamungkas, memprediksi wakil-wakil Asia bakal berbicara banyak di Piala Dunia 2022. Bepe menjagokan Iran sebagai negara yang paling berpeluang lolos ke babak 16 besar saat membicarakan Grup B. "Banyak yang menjagokan Wales atau Amerika Serikat sebagai pendamping Inggris lolos dari babak grup. Tapi saya pilih Iran," kata Bepe.

Sosok berusia 42 tahun tersebut punya alasan di balik prediksinya. Dia melihat performa Iran sangat konsisten dalam perjuangan merebut tiket Piala Dunia Qatar. Iran selalu jadi juara grup pada dua putaran kualifikasi. Termasuk saat mengungguli tim kuat Korea Selatan pada fase ketiga penyisihan.

"Jangan lupa Piala Dunia ada di Asia. Setidaknya bakal ada satu negara Asia yang lolos ke babak gugur, dan peluang terbesar dimiliki Iran," kata Bepe yang akan jadi komentator Piala Dunia 2022.

Bintang Korea Selatan, Son Heung-min, bakal tampil beda di Qatar. Pemain Tottenham Hotspur yang menjadi kapten Pejuang Taeguk itu akan menggunakan topeng selama pertandingan. Bukan untuk gaya-gayaan, tapi demi melindung bagian wajahnya yang sempat mengalami cedera serius sebelumnya.

Seperti diketahui, rongga mata kiri Son Heung-min retak akibat berbenturan dengan pemain lawan pada pertandingan Tottenham Hotspur vs Marseille di Liga Champions. Akibat kejadian ini, wajah Son bengkak dan sempat dikhawatirkan bisa tampil di Piala Dunia 2022. Son kemudian menjalani operasi. Meski berjalan sukses, Son diminta menggunakan topeng demi melindungi bagian wajahnya tersebut.


Prediksi Pemenang dan Kutukan Juara

Tim-tim peserta sudah berdatangan ke Qatar. Seluruhnya membawa kekuatan terbaiknya. Sayang, Italia yang selama ini jadi langganan Piala Dunia tidak lolos ke babak utama. Langkah Gli Azzurri terhenti setelah didepak Makedonia Utara pada semifinal play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.

Piala Dunia selalu menghadirkan teka-teki. Siapapun sulit memprediksi tim yang juara.

Begitu juga dengan Piala Dunia 2022. Dua pundit sepak bola ternama, Garry Neville dan Roy Keane bahkan terbelah tim pemenang. Meski pernah memperkuat tim yang sama, yakni Manchester United, mereka tak satu suara. Neville menjagokan Inggris, sedangkan Kane memilih Brasil.

Bukan tanpa alasan. Neville percaya Inggris bakal juara demi membalas kegagalan di Piala Eropa 2020. Saat itu, mereka sudah sangat dekat dengan football's coming home sebelum kandas di tangan Italia. Di babak final yang berlangsung di Wembley Stadium, Three Lions kalah adu penalti setelah imbang 1-1.

"Tidak perlu diragukan lagi dan inilah skuad pemain paling percaya yang kami miliki sejak 1966 dalam hal mencapai final dan semifinal. Kami akan melakukannya dengan baik - kami harus mencapai semifinal. Gareth Southgate punya sesuatu tentang dia yang membantunya mendapatkan hasil," kata Neville.

Meski demikian, perjalanan Inggris jelang Piala Dunia 2022 sebenarnya tidak terlalu menjanjikan. Sebab sebelum ke Qatar, Inggris gagal memenangkan salah satu dari enam pertandingan Nations League hingga degradasi. Inggris juga menelan kekalahan kandang 0-4 dari Hungaria pada bulan Juni dan belum pernah memenangkan pertandingan sejak menang 3-0 melawan Pantai Gading delapan bulan lalu.

Pada Piala Dunia 2022, Timnas Inggris bergabung di grup B bersama, Iran, Amerika Serikat, dan Wales. Di laga perdana, Three Lions akan bertarung melawan Iran di Khalifa Stadium, Senin (21/11/2022).

Sebaliknya, Brasil tengah dalam performa terbaiknya. Dalam 15 laga terakhir, Tim Samba belum pernah kalah sejak ditekuk Argentina 0-1 pada final Copa America pada Juli 2021 lalu. Argentina satu-satunya tim yang mengalahkan mereka dalam laga kompetitif sejak Belgia melakukannya di Piala Dunia 2018.

Di Piala Dunia 2022, Brasil berada di grup G bersama Serbia, Swiss, dan Kamerun. Tim Samba punya waktu beradaptasi yang lebih lama karena baru mengawali petualangannya pada Jumat (25/11/2022). Pada laga perdana, pasukan Tite akan berhadapan dengan Serbia di Lusail Stadium.

"Saya ingin melihat seberapa baik yang akan dilakukan Brasil, saya memiliki perasaan yang kuat terhadap Brasil, dengan pemain yang mereka miliki, saya suka," kata Roy Keane seperti dilansir dari Mirror.

Sementara itu, beban berat berada di pundak timnas Prancis. Kutukan juara membayangi perjalanan Les Bleus setelah memenangkan Piala Dunia 2018 di Rusia. Meski hanya sebatas kebetulan semata, sejak pergantian milenium tim-tim pemenang Piala Dunia selalu kandas di fase pada grup edisi berikutnya.

Hal itu terjadi sejak lima edisi terakhir Piala Dunia, empat juara bertahan selalu kandas di fase grup. Celakanya, Prancis sudah pernah merasakan hal ini sebelumnya. Berstatus sebagai juara beratahan di edisi 1998, Les Bleus malah terpuruk ke dasar klasemen pada Piala Dunia 2002 Korea-Jepang.

Kutukan yang sama juga menimpa Italia. Sebagai juara dunia 2006, Gli Azzurri tersingkir di fase grup pada Piala Dunia Afrika Selatan 2010. Sementara empat tahun berselang, giliran Spanyol yang merasakannya.

Sebagai juara Piala Dunia 2010, Tim Matador juga hanya sampai di babak penyisihan pada Piala Dunia 2014. Sedangkan Jerman yang jadi tim pemenang mengalami nasib serupa di Piala Dunia Rusia 2018.


Perpisahan Messi-Ronaldo

Piala Dunia 2022 resmi bergulir mulai Sabtu, 20 November 2022. Opening Ceremony bakal berlangsung di Al Bayt Stadium mulai pukul 21.43 WIB. Acara lalu dilanjutkan dengan laga perdana Qatar Vs Ekuador.

Sederet artis kelas dunia bakal tampil di acara pembukaan Piala Dunia 2022. Salah satunya adalah Robbie Williams. Sebelumnya, penyanyi asal Inggris itu juga ikut ambil bagian pada pembukaan Piala Dunia 2018.

Menurut Total Reporter, selain Williams, personel grup K-Pop BTS, Jungkook, juga ikut meramaikan opening ceremony Piala Dunia 2022. FIFA juga mengundang dua artis lainnya, yakni Shakira dan Dua Lipa. Shakira sendiri adalah penyanyi 'Waka Waka' yang menjadi lagu resmi Piala Dunia Afrika Selatan 2010 yang lalu.

Kemeriahan dari Opening Ceremony FIFA World Cup Qatar juga akan menjalar ke Indonesia. Acara ini dapat disaksikan secara live di SCTV dan Vidio. Di hari yang sama, SCTV juga akan menghadirkan "Konser Kick Off Pesta Bola Dunia 2022", yang ditemani Ben Kasyafani dan Natascha Germania.

Kehadiran musisi-musisi ini dipercaya bakal menyedot perhatian penonton. Tidak hanya kalangan pencinta sepak bola, tapi juga para penggemar masing-masing, termasuk Jungkook yang banyak digandrungi.

Lembaga survei Ipsos, Global Advisor mencatat, animo masyarkat dunia terhadap Piala Dunia 2022 sangat besar. Dari 34 negara di dunia yang disurvei, lebih dari setengah atau 55% responden secara global berencana menonton Piala Dunia 2022. Sementara Indonesia yang memiliki pengikut sepak bola terbesar (69%) di antara 34 negara lain yang disurvei, juga menunjukkan animo yang tak kalah besar. Menurut laporan Ipos, 80% masyarakat Indonesia berniat menonton Piala Dunia 2022, setidaknya beberapa laga.

Jelang pembukaan, Qatar mulai dibanjiri para pendatang. Sebagian besar merupakan pendukung tim yang bertanding. Tidak hanya dari negara peserta, dukungan besar juga datang dari warga di sekitar Qatar.

Saat timnas Argentina tiba di Qatar, Rabu malam (16/11/2022), sebanyak 500 suporter dari India hadir menyambut Lionel Messi dan kawan-kawan. Mereka membawa gendang untuk memeriahkan suasana.

Di Qatar, jumlah pendukung Argentina juga diklaim mencapai 5000 orang. Mereka dari lintas negara, seperti India, Nepal, Sri Lanka, Bangladesh, dan Qatar. Kelompok ini dan tergabung dalam wadah Argentina Fans In Qatar (AFQ). "Kekuatan pendorong kami adalah cinta untuk Argentina, dan tujuan kami adalah untuk mendukung dan membuat penggemar perjalanan merasa seperti di rumah di Qatar," ujar Mohammed Suhail Ali, pendiri AFQ kepada Al Jazeera di sebuah karnaval fans Argentina di Qatar.

Sayang, Piala Dunia 2022 berpotensi jadi panggung megah terakhir dua ikon sepak bola Dunia, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo bersama negaranya. Seperti diketahui, baik Ronaldo maupun Messi sama-sama sudah tidak muda lagi. Ronaldo saat ini, sudah berusia 37 tahun dan Messi berumur 35 tahun.

Ambisi keduanya masih sama. Baik Ronaldo maupun Messi sama-sama ingin memutus paceklik gelar Piala Dunia. Bersama Portugal, Ronaldo baru merebut trofi Piala Eropa (2016) dan UEFA Nations League (2018). Sedangkan Messi tahun lalu berhasil mempersembahkan Copa America bagi Argentina.

Baik Ronaldo maupun Messi sudah berada di Qatar. Keduanya siap tampil habis-habisan untuk mewujudkan mimpi mereka. "Kalau itu tidak terjadi (Portugal jadi juara), saya berencana untuk main lagi untuk tiga tahun mendatang saat berusia 40 tahun," kata Ronaldo dalam wawancara dengan Piers Morgan.


Usung Misi Perdamaian

Presiden FIFA saat ini, Gianni Infantino, sadar bahwa tidak ada Piala Dunia yang sempurna, termasuk Piala Dunia Qatar 2022. Berbagai isu dan penolakan juga mewarnai persiapan event akbar ini.

Mulai dari soal pelanggaran HAM terkait perlakuan terhadap pekerja migran, hingga skandal korupsi di balik penunjukan status Qatar sebagai tuan rumah. Tidak hanya oleh aktivis, suara-suara penolakan juga datang dari peserta, seperti timnas Inggris yang terus menyoroti tentang isu pekerja migran.

Pelatih Timnas Belanda, Lousi Van Gaal juga tak kalah pedas mengkritik Piala Dunia 2022. Pria berusia 70 tahun itu dengan gamblang menyebut Piala Dunia 2022 sebagai akal-akalah FIFA untuk mendapat cuan.

Meski demikian, Infantino tetap antusias. Pria asal Swiss itu berharap Piala Dunia 2022 mampu jadi pintu bagi masyarakat dunia untuk mengenal Qatar dan negara Timur Tengah secara langsung.

Dalam berbagai kesempatan, Infantino menegaskan bahwa Piala Dunia ini akan menjadi yang terbaik. Menurutnya, Piala Dunia 2022 adalah "turnamen perdamaian dan persatuan". Karena itu setiap orang akan disambut dan tidak ada yang perlu khawatir karena Qatar adalah "negara yang toleran".

"Izinkan saya mengulanginya dengan jelas - semua orang akan disambut di turnamen, terlepas dari asal, latar belakang, agama, jenis kelamin, orientasi seksual, atau kebangsaan mereka," kata Infantino.

Infantino juga mengaku FIFA menerima rekor permintaan 23 juta tiket Piala Dunia di mana 3 juta sudah habis terjual. "Akan ada 2 juta orang dari berbagai penjuru dunia yang akan datang dan menunjukkan kepada dunia bahwa umat manusia dapat hidup damai bersama," katanya beberapa waktu lalu.

Untuk menambah nilai Piala Dunia 2022, FIFA juga telah melakukan berbagai terobosan baru. Salah satunya, di bagian perangkat pertandingan. Di Qatar untuk kali pertama, Piala Dunia akan dipimpin oleh wasit wanita. Ketiga wasit tersebut adalah, Stphanie Frappart dari Prancis; Salima Mukansanga dari Rwanda dan Yoshimi Yamashita dari Jepang. Mereka akan menjadi wanita pertama yang memiliki kesempatan memimpin pertandingan Piala Dunia pria dalam 92 tahun sejarah kompetisi tersebut.

Pada berbagai kesempatan, Infantino juga menekankan pentingnya Piala Dunia bagi perdamaian. Saat menghadiri KTT G20 di Bali belum lama ini, Infantino bahkan meminta dua negara yang bertikai, yakni Rusia dan Ukraina agar bersedia melakukan gencatan senjata selama sebulan Piala Dunia 2022.

"Permohonan saya kepada Anda semua adalah untuk memikirkan gencatan senjata sementara, selama satu bulan, selama Piala Dunia -- atau setidaknya penerapan beberapa koridor kemanusiaan atau apa pun yang dapat mengarah pada dimulainya kembali dialog sebagai sebuah langkah pertama menuju perdamaian," kata Infantino dalam sambutannya seperti dilansir dari Politico.eu.

"Kalian adalah pemimpin dunia. Anda memiliki kemampuan untuk mempengaruhi jalannya sejarah. Sepak bola dan Piala Dunia menawarkan kepada Anda dan dunia platform persatuan dan perdamaian yang unik di seluruh dunia. Jadi, mari gunakan kesempatan ini untuk melakukan semua yang kita bisa untuk mulai mengakhiri semua konflik," beber pria yang menggantikan Sepp Blatter itu menambahkan.


Jadwal Siaran Langsung

Sebanyak 64 pertandingan akan mewarnai jalannya Piala Dunia 2022 Qatar. Para pencinta sepak bola Tanah Air tidak perlu khawatir karena aksi-aksi para pemain kelas dunia bisa disaksikan tanpa harus ke Qatar. Emtek Group melalui SCM Grup selaku official broadcaster Piala Dunia 2022 di Indonesia telah bersiap menayangkannya melalui televisi dan platform live streaming yang berada di bawah naungannya.

Para pecinta sepak bola Tanah Air nantinya dapat menyaksikan tayangan Piala Dunia secara gratis melalui saluran free to air TV di empat stasiun TV milik Emtek yakni SCTV, Indosiar (mulai babak 16 besar), Moji, dan Mentari TV. Selain itu, penonton juga bisa mengakses tayangan FIFA World Cup 2022 dengan berlangganan paket di aplikasi live streaming Vidio, atau menggunakan Nex Parabola di TV kabel.

(Untuk jadwal lengkap pertandingan Piala Dunia 2022, bisa Anda dapatkan melalui tautan ini)

Emtek Group akan memberikan beberapa program menarik bagi pecinta bola selama Piala Dunia 2022. Konten tayangan Piala Dunia 2022 di Vidio akan memiliki ciri berbeda dengan di free to air.

Nantinya pecinta bola yang menonton Piala Dunia 2022 di Vidio akan memiliki dua pilihan yakni menyaksikan siaran yang berasal dari SCTV, Indosiar, O Channel dan Menteri TV atau dari channel khusus Piala Dunia 2022 yang akan dibuat Vidio. Pecinta bola bebas memilihnya sesuai kesukaannya masing-masing. Gaya komentator Piala Dunia 2022 di Vidio bakal dibuat lebih serius. Perlu diketahui, legenda timnas Indonesia, Bambang Pamungkas telah ditunjuk sebagai komentator resmi Piala Dunia 2022.

"Rencananya kita akan tayangkan dua-duanya di Vidio. Pemirsa ada preferensi masing-masing. Ada yang memang suka gaya di TV yang dinamis lebih berapi-api komentatornya. Di Vidio ada yang lebih suka yang sifatnya lebih serius. Nanti kita akan bikin di Vidio yang style dari penyampaiannya agak lebih berbeda dari free to air," ujar Managing Director Emtek Group, Sutanto Hartono di SCTV Tower, Selasa (15/3/2022).

"Penonton silakan memilih mana yang mereka suka. Kita pernah lakukan saat siaran Olimpiade di Tokyo dan itu mendapat respon sangat baik. Jadi siaran SCTV dan Indosiar tidak akan diacak di Vidio saat menayangkan Piala Dunia 2022. Silakan memilih menonton dimana saja," kata Sutanto menambahkan.

Demam Piala Dunia 2022 semakin terasa lewat kegiatan promosi di berbagai tempat. Mulai dari blusukan maskot La'eeb ke berbagai kota di Indonesia, hingga konser Gila Bola pada 17 November lalu.

Piala Dunia 2022 akan berlangsung pada 20 November - 18 Desember 2022. Selama sebulan, mata para pencinta sepak bola dunia bakal dimanjakan oleh suguhan pertandingan kelas dunia. Siapa yang menang, tentu terlalu dini untuk mengetahuinya. Satu hal yang pasti, setiap Piala Dunia selalu menyisakan cerita.

Selamat menikmati !

Messi Pakai Sepatu Emas di Piala Dunia Qatar

Lionel Messi Bakal Pakai Sepatu Emas pada Ajang Terakhirnya di Piala Dunia Qatar 2022

Liputan6.com 2022-11-18 22:32:59
Lionel Messi adalah nyawa dari permainan Timnas Argentina. La Pulga merupakan pemain senior sekaligus megabintang yang bisa mengangkat tim Tango tampil habis-habisan untuk membawa pulang kemb

Baru-baru ini Lionel Messi telah mengumumkan terkait sepatu yang akan dipakainya di Piala Dunia Qatar 2022. Mengingat ajang terakbar yang diselenggarakan lima tahun sekali tersebut, akan menjadi ajang terakhir bagi Messi.

Tak hanya Messi yang dikonfirmasi bakal menjalani ajang Piala Dunia terakhir, melainkan Cristiano Ronaldo juga mengalami nasib yang sama.

Keduanya pasti akan memberikan yang terbaik bagi Timnas mereka pada ajang Piala Dunia Qatar 2022.

Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, Lionel Messi sempat diwawancara oleh seorang jurnalis Argentina pada Oktober 2022. Messi menuturkan jika ajang Piala Dunia Qatar 2022 ini akan menjadi Piala Dunia terakhir baginya.

Terdapat sisi unik di balik ajang Piala Dunia terakhir yang akan dilakoni Messi, yakni sepatu yang akan digunakannya. Diketahui, Messi akan mengenakan sepatu emas dari Adidas di Piala Dunia 2022.

Hal tersebut rupanya terinspirasi dari sepatu yang pertama kali dikenakannya pada kali pertama melakoni ajang Piala Dunia 2006, Jerman. Selama melakoni ajang terakbar sejagat raya ini, Messi belum pernah meraih trofi Piala Dunia sekalipun.

Messi nyaris saja berhasil mengangkat trofi Piala Dunia pada 2014, silam. Namun, pemain berusia 36 tahun tersebut gagal setelah kesebelasan Argentina dilibas Tim Panser--julukan skuad Jerman.


Argentina Favorit

Argentina, yang memenangkan Copa America tahun lalu, adalah salah satu favorit kuat untuk memenangkan semuanya di Qatar musim dingin ini.

Sepatu Adidas yang dikenakan Messi ini, akan mencerminkan performanya di Piala Dunia Qatar 2022. Sepatu Adidas X Speedportal sebagian besar berwarna emas, tetapi dengan detail biru dan putih untuk mewakili warna bendera Argentina dengan garis hitam di bagian belakang.

Pada sepatu tersebut terdapat tulisan Leyenda, dapat diartikan Legenda dalam bahasa Spanyol. Messi akan mengenakan model edisi khusus untuk pertama kalinya melawan Arab Saudi pada 22 November dan sepanjang sisa Piala Dunia.

Selain Arab Saudi, Argentina akan menghadapi Meksiko dan Polandia di Grup D. Kembali pada bulan Oktober, Messi mengatakan kepada jurnalis Argentina Sebastian Vignolo.

"Ini akan menjadi Piala Dunia terakhir saya - pasti. Keputusan sudah diambil," tutur Messi.


Piala Dunia Kelima

Messi akan bermain di Piala Dunia kelimanya di Qatar dan telah mencetak enam gol dalam empat edisi turnamen sebelumnya. Empat di antaranya terjadi pada 2014 ketika bintang PSG itu memimpin Argentina ke final di mana mereka dikalahkan 1-0 oleh Jerman setelah perpanjangan waktu.

Messi mungkin kehilangan trofi dengan negaranya saat itu, tetapi dia akhirnya mendapatkan trofi internasional ketika dia mengangkat Copa America tahun lalu di Brasil.

Rekor Messi untuk Argentina mencapai 91 gol dalam 165 pertandingan, menjadikannya pencetak gol terbanyak ketiga dalam sepak bola internasional pria di belakang Cristiano Ronaldo dari Portugal 117 gol dan Ali Daei dari Iran 109 gol.

Messi mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola internasional pada tahun 2016 setelah kalah di final Copa America melawan Chili, tetapi ia dengan cepat membatalkan keputusannya dan tetap menjadi kapten tim sejak saat itu.