Detik-Detik Gempa yang Membuat Cianjur Berduka

Ridwan Kamil: Korban Gempa Cianjur Jadi 162 Orang Meninggal Dunia, Didominasi Anak-anak

Liputan6.com 2022-11-21 23:00:13
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau korban gempa bumi yang dirawat di RSUD Sayang, Kabupaten Cianjur, Senin (21/11/2022). Gubernur juga menginap di Cianjur guna memantau penanganan korb

Gubernur Jawa BaratRidwan Kamil mengatakan, korban meninggal dunia akibat gempa Cianjur kini menjadi 162 orang. Di mana menurutnya, didominasi oleh anak-anak.

"Tercatat di call center BPBD Cianjur, mohon izin menyampaikan berita buruk ada 162 orang meninggal dunia," kata dia usai meninjau korban gempa di Cianjur, Senin (21/11/2022).

"Mayoritas yang meninggal dunia adalah anak-anak karena kejadiannya saat anak-anak belajar di sekolah madrasah dan pesantren," sambungnya.

Selain itu, lanjut Ridwan, korban luka-luka tercatat hingga pukul 20.00 WIB ada 325 orang dan pengungsi 13.784 orang.

"Mayoritas korban luka patah tulang dan luka memar akibat tertimpa material bangunan," ujarnya.

Kerusakan rumah bangunan atau sebanyak 2.345 unit. Adapun kerusakan pada bangunan pendidikan yakni pondok pesantren Al Muhammadiyah, SMK Medika, MAN 2 Cianjur, SMP 1 Cianjur, SMANDA, SD Ibu Pertiwi.

Gempa juga menghancurkan tiga masjid dan delapan perkantoran seperti kantor PUPR, BPBD, Lapas Cianjur, Kantor Kejaksaan, Polres Cianjur, Dinsos dan Koni.

Tak hanya itu, jalan nasional yang menghubungkan Cianjur dengan Bogor tertimbun longsor dan lalu lintas terputus. Longsor terjadi beberapa saat setelah wilayah itu diguncang gempa berkekuatan magnitudo 5,6.

"Ada tiga titik longsoran di Cugenang. Ada lima mobil yang terperangkap. Tapi laporan belum masuk apakah sudah terevakuasi atau belum," jelas Ridwan.


Korban Luka-luka

Sementara itu, korban yang ditangani di RSUD Cimacan tercatat ada 186 orang. Dari jumlah tersebut 11 meninggal dunia.

Adapun identitas korban meninggal dunia yakni Muhammad Najib (6), Akhtar (2), Fiziar Al Faridzi (10), Kinandia (6), Supriatna (65), Zulfikar (14), Yunus Iskandar (10), Salman (10), Solehudin (40), Mr X, dan Neni Kartini (36).

"Untuk korban luka ringan sudah diperbolehkan pulang dan korban meninggal juga sebagian sudah diserahkan ke keluarganya untuk di makamkan," kata Ridwan.

Gempa Cianjur Merenggut Nyawa Para Bocah

Bupati Cianjur: Korban Meninggal Akibat Gempa Mayoritas Anak-Anak

Liputan6.com 2022-11-21 18:00:43
Kerusakan bangunan SDN Cugenang akibat gempabumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Senin (21/11). (BPBD Kabupaten Cianjur)

Bupati Cianjur Herman Suherman mengungkapkan, mayoritas korban meninggal dunia akibat gempa magnitudo 5,6 yang mengguncang Kabupaten Cianjur merupakan anak-anak. Menurut dia, rerata anak-anak yang meninggal tersebut mengalami patah tulang.

"Anak-anak, iya rata-rata patah tulang," ujar Herman saat dikonfirmasi, Senin (21/11/2022).

Menurut Herman, korban meninggal dunia kebanyakan karena tertimpa bangunan saat berada di dalam rumah dan sekolah saat gempa terjadi.

"Ada yang lagi sekolah, ada yang di rumah, rata-rata sedang ada di dalam rumah," kata dia.

Dia menyebut, hingga berita ini diturunkan jumlah korban meninggal tercatat sebanyak 56 orang. Jumlah korban akibat bencana gempa bumi ini masih terus didata.

"Kondisi yang meninggal tercatat 56 orang," ujar Herman.

Sedangkan untuk korban luka dalam musibah gempa ini dilaporkan mencapai 700 orang.

"Luka-luka di atas 700 orang," kata Herman.

Gempa Terasa Kuat di Jakarta

Sebelumnya diberitakan, gempa mengguncang wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, Senin (21/11/2022) sekitar pukul 13.21 WIB. Warga yang merasakan guncangan lindu pun langsung berhamburan keluar dari rumah dan bangunan.

Seperti yang terjadi di wilayah Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Warga sontak keluar rumah begitu merasakan getaran gempa yang cukup kuat seperti ada truk besar yang melintas.

Kondisi serupa juga terjadi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya. Sejumlah pengunjung sidang sempat panik begitu merasakan guncangan gempa.

Tak hanya di Jakarta, gempa juga terasa kuat di wilayah Depok, dan Bogor Jawa Barat.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa yang menggetarkan DKI Jakarta dan sekitarnya itu tersebut berpusat di 10 km barat daya Cianjur, Jawa Barat atau pada koordinat 6.84 LS,107.05 BT.

Gempa Cianjur yang terjadi pada pukul 13:21:10 WIB ini berkekuatan magnitudo 5,6 dan kedalaman 10 km.


BNPB Siapkan Dana Rp1,5 M untuk Tangani Gempa Cianjur

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto menyebut pihaknya akan menyiapkan dana awal untuk menangani gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat senilai Rp 1,5 miliar.

Dia menyebut, sebesar Rp 500 juta akan disiapkan untuk logistik sementara Rp 1 miliar akan diserahkan kepada Bupati Cianjur.

"Logistik Rp 500 juta dan dana siap pakai yang bisa dipakai bupati sebesar Rp 1 miliar untuk bisa segera mengaktifkan posko," ujar dia dalam jumpa pers virtual, Senin (21/11/2022).

Terkait logistik, dia menyebut kemungkinan akan melalui jalur udara lantaran ada akses jalan yang terputus. Namun akan dia usahakan melalui jalur darat agar bisa langsung dikonsumsi masyarakat.

"Ada jalan terputus, nah ini soal logistik juga, tapi kami pastikan sore ini dapur umum sudah berdiri," kata dia.

Suharyanto juga memastikan rumah yang rusak akibat gempa magnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat akan dibangun kembali.

Dia memastikan rumah yang akan dibangun yakni tahan gempa.

"Rumah-rumah akan kita bangun, rumah tahan gempa agar jika terjadi gempa nanti dampaknya akan kecil," ujar dia dalam jumpa pers virtual, Senin (21/11/2022).

Dia menyebut sejauh ini ada rarusan rumah yang rusak akibat gempa. Menurut dia, rumah-rumah yang rusak tidak tahan gempa.

"300 lebih rumah rusak," kata dia.

Piala Dunia Termahal dalam Sejarah

Termahal dalam Sejarah, Qatar Rogoh Kocek Rp 3,4 Kuadriliun buat Gelar Piala Dunia 2022

Liputan6.com 2022-11-21 18:00:19
Suasana aat opening Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Qatar, Minggu (20/11/2022) malam. (AP/Natacha Pisarenko)

Ketika Qatar memulai pertandingan pertama Piala Dunia 2022 melawan Ekuador pada Minggu malam (20/11), dunia akhirnya menyaksikan hasil akhir dari salah satu acara bergengsi dengan modal terbesar dalam sejarah.

Dikutip dari Forbes, Senin (21/11/2022) Menteri Keuangan Qatar mengatakan pada 2017 bahwa negara itu telah menghabiskan dana sebesar USD 500 juta atau sekitar Rp 7,8 triliun per minggu untuk proyek infrastruktur termasuk jalan, hotel, stadion, dan peningkatan kapasitas bandara.

Langkah tersebut dilakukan untuk mempersiapkan negara di Timur Tengah itu menjadi tuan rumah acara olahraga terbesar di dunia.

Sejauh ini, FIFA World Cup Qatar 2022 menjadi acara Piala Dunia termahal dalam sejarah.

Qatar diperkirakan telah menghabiskan sebanyak USD 220 miliar (Rp 3,4 kuadriliun) dalam belasan tahun sejak terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia pada akhir 2010, lebih dari 15 kali lipat dari biaya yang dihabiskan Rusia saat menjadi tuan rumah di tahun 2018.

Berikut adalah sederet biaya fantastis yang dikeluarkan untuk acara Piala Dunia Qatar 2022:

- Dalam ajang Piala Dunia kali ini, tim yang menjadi pemenang nantinya akan menerima hadiah uang tunai senilai USD 42 juta (Rp 660,5 miliar).

FIFA bahkan mengizinkan tim pemenang untuk memutuskan sendiri nilai yang diterima dari hadiah tersebut bagi tiap pemain.

- Nike dilaporkan merogoh biaya USD 60 juta untuk esepakatan mensponsori Federasi Sepak Bola Prancis dalam ajang Piala Dunia 2022.

Diketahui, Nike memiliki kesepakatan untuk tim sepak bola dari 13 negara, sponsor yang paling banyak digunakan dari merek pakaian olah raga lainnya.

- Kylian Mbappe dari Prancis, merupakan pesepak bola dengan bayaran tertinggi. Dia akan menghasilkan USD 110 juta di lapangan tahun ini melalui kontraknya dengan Paris Saint-Germain, dan USD 18 juta lainnya di luar lapangan, menurut perkiraan Forbes.

Tetapi Mbappe masih akan mendapatkan bonus tambahan yang relatif kecil berdasarkan hasil tim Prancis di Piala Dunia 2022.


FIFA Rogoh Rp 26,7 T Untuk Pengeluaran Piala Dunia 2022

- Untuk piala Dunia tahun ini, FIFA menyisihkan dana sebesar USD 209 juta atau Rp 3,2 triliun bagi masing-masing peserta klub sepak bola. Hal itu dilakukan sebagai tanda apreasiasi kepada mereka karena mengembangkan kemampuan pemain yang bersaing untuk tim nasional mereka.

Masing-masing pemain akan menerima sekitar USD 10.000. Dana tersebut meningkat tiga kali lipat sejak Piala Dunia 2014 di Brasil.

- Qatar dilaporkan membayar David Beckham USD 277 juta atau Rp 4,3 triliun untuk menjadi duta Piala Dunia 2022, yang dilunasi dengan mencicil selama 10 tahun.

- Biaya yang ditanggung oleh FIFA untuk Piala Dunia tahun ini mencapai USD 1,7 miliar atau sekitar Rp 26,7 triliun, dengan pengeluaran terbesar adalah hadiah uang, biaya operasional seperti perhotelan dan logistik (USD 322 juta), dan operasi TV (USD 247 juta).


Qatar Habiskan 157,2 Triliun Untuk Pembangunan Stadion

Selain itu, FIFA juga diperkirakan akan mendapat keuntungan senilai USD 4,7 miliar atau sekitar Rp 73,8 triliun dari Piala Dunia, menurut anggaran 2022.

Hak siar TV menyumbang USD 2,64 miliar dan hak pemasaran menghasilkan USD 1,35 miliar, sementara penjualan tiket dan hak keramahtamahan bertambah hingga USD 500 juta.

$6,5 miliar hingga USD 10 miliar.

Adapun kisaran perkiraan biaya yang dihabiskan Qatar untuk membangun tujuh stadion sepak bola untuk acara Piala Dunia tahun ini, yaitu USD 6,5 miliar (Rp 102,1 triliun) hingga USD 10 miliar (Rp 157,2 triliun).

Setelah acara Piala Dunia, beberapa bagian dari stadion akan didekonstruksi dan disumbangkan ke negara lain dan bangunannya akan diubah menjadi ruang komunitas untuk sekolah, toko, kafe, fasilitas olahraga, dan klinik kesehatan. Stadium 974, dibangun menggunakan kontainer pengiriman daur ulang dan akan dibongkar dan dipindahkan seluruhnya.

Bangun Subuh demi Nonton Tim Idola

Rafathar Tak Sabar Nonton Langsung Pertandingan Inggris vs Iran di Piala Dunia 2022, Sudah Bangun Sejak Pukul 4 Pagi Waktu Qatar

Liputan6.com 2022-11-21 15:20:24
Rafathar Tak Sabar Nonton Langsung Pertandingan Inggris vs Iran di Piala Dunia 2022, Sudah Bangun Sejak Pukul 4 Pagi Waktu Qatar. (instagram.com/raffinagita1717)

Raffi Ahmad diketahui saat ini tengah berada di Qatar. Tak sendiri, Raffi Ahmad juga memboyong keluarga kecilnya yaitu Nagita Slavina, kedua anak-anaknya, Rafathar dan Rayyanza, serta rombongannya.

Kedatangan Raffi Ahmad dan rombongannya itu adalah untuk menyaksikan beberapa partai di Piala Dunia 2022. Salah satunya adalah pertandingan Inggris vs Iran pada Senin (21/11/2022).

Pertandingan tersebut akan digelar di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar. Sebelum pertandingan, Raffi Ahmad dan Rafathar sudah berpose di depan stadium yang kebetulan jaraknya tidak terlalu jauh dengan tempatnya menginap.

"Wii, ini salah satu stadionnya, ini stadionnya Inggris lawan apa nanti? Lawan Iran," kata Raffi Ahmad dilihat dari unggahan di Instagram-nya.


Jagokan Inggris

Di piala dunia ini, Raffi Ahmad menjagokan Argentina dan juga Brazil. Sementara Rafathar memegang Inggris sebagai calon juaranya.

"Aa udah siap Inggris lawan Iran? Aa pegang mana?" tanya Raffi Ahmad.

"Inggris," jawab Rafathar yakin.


Bangun Subuh

Setelahnya, Raffi Ahmad dan rombongannya kemudian sarapan pagi. Diketahui bahwa Rafathar sudah tidak sabar menantikan pertandingan Inggris vs Iran. Bahkan Rafathar sudah bangun sejak pukul 4 pagi waktu Qatar.

"Sarapan pagi ini banyak sekali, persiapan untuk nonton bola. Ini (Rafathar) semangat, udah bangun dari jam 4 subuh katanya papa dengar ya," kata Raffi Ahmad yang dijawab dengan anggukan kepala oleh Rafathar.


Puji Antusiasme Sang Putra

Raffi Ahmad kemudian memuji semangat sang putra yang tampak begitu antusias untuk menyaksikan langsung pertandingan-pertandingan Piala Dunia 2022.

"Hebat loh dia, udah bangun dari jam 4 subuh guys dia mau nonton Inggris lawan Iran," sambung Raffi Ahmad lagi.

Kapten Timnas Korsel Main Pakai Topeng

Tampil di Piala Dunia 2022, Kapten Timnas Korea Selatan Son Heung-min Bakal Pakai Topeng

Liputan6.com 2022-11-21 12:40:08
Kapten timnas Korea Selatan Son Heung-min mengenakan masker pelindung saat mengikuti sesi latihan menjelang dimulainya Piala Dunia 2022 Qatar, di Al Egla Training Site 5 di Doha, Rabu (16/11/

Kapten Timnas Korea Selatan Son Heung-min mengatakan bahwa dia tidak yakin apakah dia bisa memainkan semua pertandingan mereka di Piala DuniaQatar setelah menjalani operasi untuk menstabilkan patah tulang di sekitar mata kirinya.

Dia dimasukkan dalam skuat Korea Selatan untuk turnamen tersebut meski menderita retak mata saat bermain untuk Tottenham Hotspur di Liga Champions pada awal November.

Penyerang berusia 30 tahun, yang akan mengenakan masker pelindung selama pertandingan negaranya di Piala Dunia 2022, menjalani sesi latihan pertamanya dengan tim di Doha pada hari Rabu dan terlihat mengenakan topeng.

"Saya bukan dokter. Sulit bagi saya untuk mengatakan kapan saya bisa bermain," kata Son Heung Min, seperti dikutip dari StraitTimes.

"Saya akan melakukan yang terbaik yang saya bisa dalam situasi ini. Tetapi sulit bagi saya untuk mengatakan sekarang bahwa saya akan memainkan setiap pertandingan."

"Dari sudut pandang para penggemar, saya mungkin memaksakan diri terlalu jauh. Tapi pemain sepak bola selalu bersaing di bawah risiko seperti itu."

"Saya hanya ingin memberi penggemar kami kegembiraan dan harapan. Saya lebih dari bersedia menanggung risiko itu."

Setelah operasinya, dia berkata: "Bermain untuk negara Anda di Piala Dunia adalah impian banyak anak yang tumbuh dewasa, sama seperti impian saya juga. Saya tidak akan melewatkan ini untuk dunia. Saya tidak sabar untuk mewakili negara saya yang indah."


Mulai terbiasa mengenakan topeng saat bermain

Son juga mengatakan dia mulai terbiasa bermain dengan topeng - yang kabarnya dipasok oleh Tottenham - dan menambahkan bahwa pembengkakan di wajahnya telah berkurang.

"Topeng karbon ini sangat ringan dan kemungkinan tidak akan pecah," katanya. "Saya terkejut bahwa itu jauh lebih ringan dari yang saya kira. Itu bahan bagus yang bisa melindungi dari benturan."

"Dan jika topeng itu pecah, itu berarti sesuatu telah terjadi pada wajahku. Jadi saya harap itu tidak terjadi."

Pelatih Portugal asal Korea Selatan Paulo Bento sebelumnya mengatakan bahwa Son, yang juga bermain di Piala Dunia 2018 di Rusia, akan bersemangat untuk kembali beraksi sesegera mungkin.

"Itu sesuatu yang normal dari Sonny karena dalam prosesnya dia menunjukkan keinginan dan kemauan dan keinginan untuk datang dan bermain dengan tim nasional," kata pria berusia 53 tahun itu.

Sang pelatih bahkan menambahkan bahwa dia tidak punya Rencana B jika Son tidak pulih. Ini menunjukkan sebegitu pentingnya arti Son bagi Pejuang Taegeuk lainnya.

Son bukan hanya kapten Korea Selatan, dia juga pemain terbaik mereka dan telah mencetak 35 gol dalam 104 penampilan internasional.

Pada Oktober 2021, ia berada di urutan ke-11 dalam pemungutan suara untuk Ballon d'Or, sementara ia memenangkan Sepatu Emas Liga Premier Inggris musim lalu untuk gol terbanyak yang dicetak (23), bersama pemain Liverpool Mohamed Salah.

Son belum memenangkan trofi di level klub, tetapi pada 2018, ia memimpin negaranya meraih emas di Asian Games dan mendapatkan pembebasan dari dinas militer.

Korea Selatan, yang akan tampil 10 kali berturut-turut di putaran final Piala Dunia, juga akan menghadapi Ghana dan Portugal di grup mereka.


Qatar Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Pertama yang Kalah di Pertandingan Pembuka

Pertandingan pertama Qatar di Piala Dunia berakhir dengan kekecewaan bagi tim yang tak tertandingi itu. Melansir The Korea Times, Senin (21/11/2022), turnamen yang penuh kontroversi ini dibuka pada Minggu (20/11) dengan Qatar kalah dan dipermalukan dalam skor 2-0 dari Ekuador di depan 67.372 penggemar di Stadion Al Bayt, Al Khor.

Dalam 92 tahun perhelatan akbar sepak bola ini, tim tuan rumah tidak pernah kalah dalam pertandingan pembukaannya.

Piala Dunia pertama di Timur Tengah adalah kesempatan bagi Qatar, sebuah negara Arab kecil yang menjorok ke Teluk Persia untuk menunjukkan dirinya kepada dunia yang lebih luas.

Tim sepak bolanya, yang bermain di level ini untuk pertama kalinya karena menjadi tuan rumah turnamen, tidak dapat memenuhi momen tersebut saat kapten Ekuador Enner Valencia mencetak kedua gol di babak pertama.

Pertandingan berlangsung setelah 30 menit upacara pembukaan yang penuh warna, yang dipimpin oleh aktor pemenang Oscar Morgan Freeman dan dihadiri oleh pejabat tinggi termasuk Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman.

Sebaliknya, para pemain Qatar, yang baru saja menghabiskan tujuh bulan bersama dalam kamp pelatihan pra-turnamen di bawah pelatih Spanyol Felix Sanchez, membeku di depan kerumunan yang penuh harap dan tim Ekuador telah menimbulkan bahaya bagi lawan yang lebih terkenal selama beberapa minggu ke depan.


Dua Gol di Babak Pertama

Valencia mengira dia telah mencetak gol di menit ketiga ketika dia menyundul dari jarak dekat setelah umpan silang akrobatik dari Felix Torres. Setelah tinjauan video selama sekitar dua menit, perayaan Ekuador terputus ketika gol tersebut dianulir karena offside kecil.

Ekuador memang memimpin, pada menit ke-16 ketika Valencia tersandung oleh Saad Alsheeb setelah mengitari kiper, yang terkena kartu kuning karena pelanggaran tersebut. Valencia tidak peduli saat dia berlari dan mencetak gol dari tendangan titik putih ke pojok bawah gawang.

Striker berusia 33 tahun itu menambahkan gol keduanya pada menit ke-33 dengan menyundul umpan silang sayap kanan dari Angelo Preciado.

Dengan umpan-umpan Qatar yang sering tersesat dan pertahanan yang berantakan berulang kali terekspos, Ekuador tidak memiliki masalah dalam mempertahankan keunggulannya saat Sanchez berdiri tak berdaya di area teknisnya dan para pendukung tuan rumah terdiam.

Terdapat banyak kursi kosong untuk babak kedua yang hampir menjadi latihan damage-limitation atau batasan kehancuran bagi Qatar pada salah satu malam terbesar dalam sejarah negara.

2,95 Juta Tiket Piala Dunia 2022 Ludes

Wah, 2,95 Juta Tiket Ludes Terjual di Piala Dunia 2022

Liputan6.com 2022-11-21 16:13:59
Pendukung dari berbagai penjuru dunia memadati Fan Zone saat menyaksikan pembukaan Piala Dunia 2022 pada Minggu (20/11/2022). (AP/Francisco Seco)

Pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar sudah digelar tadi malam. FIFA sebagai pihak penyelenggara ajang terakbar dalam dunia sepak bola ini mengungkapkan hal mengejutkan terkait jumlah tiket yang terjual.

Sebagaimana dilansir dari Times of India, juru bicara FIFA mengatakan kepada AFP bahwa 2,95 juta tiket ludes terjual hingga laga pembukaan Piala Dunia 2022, pada Minggu (20/11/2022). Meski begitu, Piala Dunia edisi kali ini menuai banyak kontroversi.

FIFA juga mengungkap bahwa Piala Dunia Qatar 2022 ini telah membantu mendorong pendapatan selama empat tahun terakhir ke rekor 7,5 miliar dolar AS. Mengingat, Piala Dunia tahun ini mengalami lonjakan minat dalam 64 pertandingan selama 29 hari.

Antrean penggemar yang berbondong-bondong untuk menyaksikan tim kesayangan mereka sudah menumpuk di luar pusat tiket FIFA di Doha. Selain itu, penggemar juga dapat memesan tiket lewat platform tiket online resmi.

Piala Dunia 2022 yang diadakan di salah satu negara maju Timur Tengah ini pun telah menyaingi penjualan tiket Piala Dunia 2018 yang diselenggarakan di Rusia. Lebih tepatnya Piala Dunia 2018 hanya 2,4 juta tiket yang terjual.

Sedangkan untuk pasar teratas dalam penjualan tiket Piala Dunia 2022 Qatar, ditempati oleh beberapa negara besar. Di antaranya Qatar, Arab Saudi, Amerika Serikat, Meksiko, Inggris, Uni Emirat Arab, Argentina, Prancis, India, dan Brazil.


Pendapatan

Presiden FIFA, Gianni Infantino mengungkapkan pada konferensi sebelumnya, bahwa pendapatan pada Piala Dunia edisi kali ini FIFA diperkirakan mengantongi keuntungan hingga 7,5 miliar dolar AS di akhir tahun.

Hal tersebut tidak sejalan dengan keuntungan yang telah diprediksi Infantino sebelumnya, yakni hanya 6,5 miliar dolar AS. Dapat dikalkulasikan bahwa FIFA mendapatkan keuntungan lebih 1 miliar dolar AS.

Infantino mengatakan kepada 211 anggota asosiasi terkait keuntungan yang didapatkan oleh FIFA tersebut.

"Angka yang sangat luar biasa, terlepas dari Covid, atau pun dari berbagai krisi di seluruh dunia," ujarnya.


Larangan Minuman Beralkohol

Meski adanya larangan soal minuman keras di Piala Dunia Qatar, tapi tak menjadi alasan bagi penggemar setiap negara untuk tidak menonton secara langsung pertandingan terakbar ini.

Infantino dikabarkan akan terpilih kembali sebagai presiden FIFA pada kongres yang akan diselenggarakan Maret mendatang. Pasalnya, pada pemilihan nanti Infantino tidak memiliki saingan.

Ia menuturkan bahwa kebijakan baru yang akan mengatur terkait agen sepak bola akan diumumkan tahun ini. Lewat aturan tersebut, Infantino menaruh gagasannya terkait lebih banyak pertandingan antara tim nasional di berbagai daerah dan Piala Dunia antar klub.

Bawa 900 Kg Daging Agar Serasa di Rumah

Timnas Argentina dan Uruguay Bawa 900 Kg Daging Saat Piala Dunia Qatar 2022, Ternyata Ini Alasannya

Liputan6.com 2022-11-21 14:50:09
Argentina dan Uruguay membawa daging untuk Piala Dunia 2022 di Qatar

Sebagai salah satu dari 32 negara yang ikut dalam laga pertandingan Piala Dunia Qatar, Argentina dan Uruguay memang terkenal sebagai konsumen daging terbesar di dunia.

Setidaknya, tim nasional Argentina dan Uruguay masing-masing membawa sekitar 900 kg daging ke Piala Dunia 2022 di Qatar untuk membuat para pemain betah layaknya di rumah sendiri.

Mengutip Express.co UK, Federasi Sepakbola Uruguay (AUF) dengan Institut Daging Nasional (INAC) negara tersebut telah mencapai kesepakatan di awal bulan ini untuk memasok daging ke timnas mereka.

"Tim nasional didampingi oleh makanan terbaik," kata presiden AUF, Ignacio Alonso. Sementara itu, AUF dinilai menjadi duta bersejarah bagi Uruguay untuk membawa daging terbaik di dunia.

Sebagi negara dengan salah satu konsumen daging terbesar di dunia, menu Asado yang terbuat dari potongan daging dan beragam sosis menjadi hidangan paling populer di negara tersebut.

Di sisi lain, Pelatih Argentina, Lionel Scaloni, berbicara mengenai pentingnya keberadaan Asado sebagai cara untuk mempersatukan dan menjaga kekompakan tim.

Scaloni mengaku bahwa makanan favoritnya adalah Asado. Selain itu, ia berpendapat bahwa Asado merupakan bagian dari budaya argentinya untuk saling menyatukan dan membuat persatuan.

"Asado menciptakan suasana persatuan dan senyawa kolektif. Asado bagian dari budaya kami, dari keistimewaan Argentina," ucap Scaloni.

Timnas Uruguay memilih untuk tinggal di Pullman Doha West Bay dan berlatih di Al Erssal Training Site 1 sesaat mereka telah sampai di negara tuan rumah.


Menikmati Daging di Hotel Bintang Lima

Sebelumnya, mereka pun telah menikmati hidangan Asado di kamp pra-turnamen mereka di Abu Dhabi. Koki tim, Aldo Cauteruccio, mengambil kesempatan untuk menyalakan BBQ pada suatu malam sebelum mereka berangkat ke Doha.

"Mate (teh spesial Uruguay), Asado, dan sepak bola berjalan bersama di Uruguay dan merupakan bagian dari budaya kami," kata presiden INAC Conrado Ferber mengutip dari ESPN.

Menurut Ferber, Piala Dunia menjadi waktu yang optimal untuk menyampaikan kualitas produk daging Uruguay yang alami dan berkelanjutan.


Menikmati Daging di Asrama Mahasiswa

Dilansir Daily Mail UK, para pemain timnas Argentina lebih memilih untuk tinggal di asrama mahasiswa alih-alih kemewahan bintang lima. Negara yang menaungi Lionel Messi ini tiba di Doha pada Kamis, 17 lalu dan langsung menuju ke akomodasi mereka yang lebih sederhana di aula mahasiswa Universitas Qatar.

Laporan dari Daily Mail UK turut menambahkan bahwa timnas Argentina memilih asrama mahasiswa setelah meninjau beberapa kali dan memilihnya karena tidak hanya memiliki fasilitas yang bagus, tetapi juga memiliki ruang udara terbuka untuk Asado.

Area barbekyu khusus telah dibangun di halaman universitas untuk Asado yang memungkinkan Messi dan teman-temannya untuk menikmati berbagai steak dan sosis daging sapi.

"Anda bisa saja mengatakan tim-tim lain memilih untuk tinggal di akomodasi yang lebih mewah, tetapi tim kami adalah yang terbaik di dunia yang juga layak mendapatkan daging sapi terbaik. Fokus kami adalah memenangkan Piala Dunia, bukan kualitas hotel tempat kami menginap," tulis laporan yang diterima Daily Mail UK dari Asosiasi Sepakbola Argentina.


Budaya Asado Timnas Argentina

Argentina terkenal dengan daging sapi mereka, yang dianggap oleh banyak orang sebagai yang terbaik di dunia. Hal ini dipercaya Argentina mengambil langkah baru untuk untuk mempersiapkan fasilitas Asado di pangkalan mereka.

Pasalnya, ikon Argentina, Diego Maradona, yang memimpin negara itu menuju kejayaan Piala Dunia pada tahun 1986 melalui gol 'Tangan Tuhan' yang terkenal melawan Inggris, juga merupakan penggemar Asado.

Maradona, yang Messi harapkan dapat ditiru dengan mengantarkan Piala Dunia pertama negara itu sejak kepahlawanan 1986, terlihat menikmati BBQ Argentina selama turnamen.

Adapun hidangan daging mewah ini biasanya disertai dengan salad sederhana dan wine, yang tentunya Messi dan anak buahnya kemungkinan besar akan berada di bawah perintah ketat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Tak lupa, daging sapi yang telah diterbangkan ke Qatar untuk tim Argentina, akan disajikan khusus oleh seorang koki Asado yang siap sedia untuk memastikan bahwa daging tersebut dimasak seperti yang dilakukan di Argentina.

Pesawat KF-16 Milik Korsel Jatuh

Pesawat KF-16 Milik Korea Selatan Jatuh

Liputan6.com 2022-11-21 18:10:10
Ilustrasi bendera Korea Selatan (unsplash)

Pesawat tempur KF-16 milik Korea Selatan mengalami kecelakaan pada Minggu (20/11). Pihak militer Korea Selatan berkata pesawat mengalami masalah mesin ketika misi penerbangan.

Berdasarkan laporan Yonhap, Senin (21/11/2022), pilot itu sedang terbang di Wonju pada jam 20.05 malam waktu setempat ketika insiden terjadi. Wonju berada di sebelah barat Seoul ketika insiden terjadi.

Pilot pesawat tempur berhasil melakukan ejection dan selamat. Pilot itu merupakan bagian dari unit 19th Fighter Wing di Korea Selatan.

Pada foto yang ditayangkan Yonhap, tampak sebuah parasut berwarna merah hijau dan putih yang tersangkut di pohon area pegunungan. Parasut itu digunakan pilot untuk menyelamatkan diri.

Parasut itu berada di Yangpyeong yang berada 45 kilometer di timur Seoul.

Angkatan Udara Korea Selatan memilih hemat bicara terkait insiden ini. Mereka hanya menegaskan bahwa pilotnya selamat.

Awalnya, belum diketahui pula apakan pesawat jet itu adalah pesawat single-seat KF-16C atau pesawat double-seat KF-16D. Namun pesawat itu akhirnya diketahui sebagai KF-16C.

"Saat ini, pilot selamat dan kami berusaha memastikan adanya kerusakan kepada warga sipil," ujar pihak Angkatan Udara Korsel melalui pesan singkat kepada media massa.


Latihan Soaring Eagle Ditunda

Lebih lanjut, Angkatan Udara Korea Selatan menunda latihan udara setelah kecelakaan KF-16 tersebut.

Latihan bertajuk Soaring Eagle itu harusnya dimulai pada Senin ini, namu AU memutuskan untuk menjadwal ulang latihan tersebut.

Tak hanya itu, semua operasi pesawat angkatan militer juga disetop dahulu, kecuali untuk pengintaian dan darurat.

Latihan Soaring Eagle pertama digelar pada 2008 di Korea Selatan. Jadwal latihannya adalah dua kali setahun.

Pada Juni 2022, Angkatan Udara juga menggelar latihan ini. Sekitar 200 personel dan 70 pesawat perang terlibat dalam latihan, termasuk F-35A, F-15K, KF-16, F-4Es, F-5, and pesawat peringatan dini dan kendali E-737.


Korea Selatan: Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik ke Perairan Wonsan

Sebelumnya dilaporkan, militer Korea Selatan melaporkan bahwa Korea Utara meluncurkan rudal balistik jarak pendek ke arah perairan timurnya pada Kamis (17/11).

Dikutip dari Associated Press, penembakan rudal balistik itu terjadi beberapa jam setelah Korea Utara mengancam akan meluncurkan tanggapan militer yang lebih keras kepada Amerika Serikat yang memperkuat komitmen keamanannya kepada Korea Selatan dan Jepang.

Militer Korea Selatan mendeteksi peluncuran tersebut dari wilayah pesisir timur Wonsan pada pukul 10.48 pagi waktu setempat, menurut keterangan dari Kepala Staf Gabungan Korea Selatan.

Dikatakan juga bahwa Korea Selatan telah meningkatkan pengawasannya terhadap Korea Utara sambil mempertahankan kesiapan militer di tengah koordinasi yang erat dengan AS.

Ini menandai penembakan rudal balistik pertama Korea Utara dalam delapan hari dan yang terbaru dalam serangkaian uji coba dalam beberapa bulan terakhir.


Ketegangan di Semenanjung Korea

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Korea Utara Choe Son Hue memperingatkan bahwa kesepakatan KTT AS-Korea Selatan-Jepang baru-baru ini terkait Korea Utara akan membuat ketegangan di Semenanjung Korea "lebih tidak terduga."

"Semakin tajam AS dalam 'mendukung tawaran pencegahan yang diperpanjang' kepada sekutunya dan semakin mereka mengintensifkan kegiatan militer yang provokatif dan menggertak di Semenanjung Korea dan di kawasan, serangan balasan militer (Korea Utara) yang lebih ganas akan secara langsung proporsional untuk itu," ujar Choe Son Hue Choe.

Pernyataan Choe merupakan tanggapan resmi pertama dari Korea Utara terhadap KTT trilateral Presiden AS Joe Biden dengan rekan-rekannya dari Korea Selatan dan Jepang, di sela-sela pertemuan regional di Kamboja pada 13 November 2022.

Dalam pernyataan bersama mereka, ketiga pemimpin menyampaikan kecaman mereka atas uji coba rudal Korea Utara baru-baru ini dan sepakat untuk bekerja sama memperkuat pencegahan.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan menjelaskan bahwa tujuan dari KTT trilateral AS-Korea Selatan-Jepang adalah mengoordinasikan tanggapan bersama untuk mengekang dan mencegah ancaman nuklir dan rudal oleh Korea Utara.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan Moon Hong Sik mengatakan kepada wartawan bahwa kerja sama keamanan antara Seoul, Washington dan Tokyo berkontribusi untuk memperkuat penangkalan yang diperluas AS kepada sekutunya.

Jungkook BTS Cetak Sejarah Berkat Dreamers

Jungkook BTS Cetak Banyak Sejarah Berkat Dreamers, Soundtrack Piala Dunia 2022

Liputan6.com 2022-11-21 09:15:00
Jungkook BTS di Pembukaan Piala Dunia 2022. (Instagram/Fifaworldcup)

Jungkook akhirnya tampil di Pembukaan Piala Dunia 2022 pada 20 November pukul 17.40 waktu setempat atau pukul 21.40 WIB.

Jungkook BTS tampil bersama bersama artis Qatar, Fahad Al Kubaisi, menyanyikan lagu 'Dreamers' yang diproduseri oleh penyanyi, penulis lagu, dan produser terkenal Maroko, RedOne.

Artis Maroko ini telah bekerja sama dengan bintang-bintang dunia seperti Lady Gaga, Shakira, Enrique Iglesias, One Direction, Usher, dan masih banyak lagi artis yang berpengaruh.

Pembukaan Piala Dunia Qatar dimulai dengan penampilan kejutan dari aktor legendaris Amerika Serikat, Morgan Freeman, yang menarasikan pertunjukan pembukaan.

Morgan Freeman memberikan pidato persatuan dan toleransi yang mengharukan, menyambut semua yang hadir di Qatar untuk merayakan Piala Dunia.

Setelah pertunjukan pertama berakhir, medley soundtrack Piala Dunia sebelumnya, termasuk 'Waka Waka' oleh Shakira dan 'La Copa de la Vida' oleh Ricky Martin, dimainkan bersamaan dengan maskot Piala Dunia sebelumnya naik ke panggung, dan bendera negara-negara yang berpartisipasi dikibarkan.

Dikelilingi oleh puluhan penari pendukung, Jungkook memikat penonton dengan karisma dan bakat vokalnya yang luar biasa. Jungkook memberikan penampilan kelas dunia dengan sempurna selama sekitar dua menit, dilansir Koreaboopada Senin (21/11/2022).

'Dreamers' adalah lagu solo ketiga Jungkook tahun ini, menyusul 'Stay Alive' yang dirilis Februari (diproduseri oleh rekannya di BTS, Suga) dan 'Left & Right' (lagu musim panas Billboard Hot 100-nya bersama Charlie Puth).

Tak jauh berbeda dengan pencapaian lagu-lagu solo Jungkook sebelumnya, Dreamers debut menjadi #1 di Worldwide iTunes Song Chart di 100 negara di dunia.

Selain itu, nama penyanyi berusia 25 tahun itu juga mencapai 1,7 juta mentions di Twitter hanya dalam waktu 60 menit setelah penampilannya di upacara pembuka Piala Dunia 2022.

Maknae BTS ini lagi-lagi menunjukkan talenta dan bakatnya yang membuat banyak orang di dunia terpukau.


Debut Song Chart

Chart Data merilis data bahwa soundtrackPiala Dunia 2022 Qatar ini menjadi yang nomor satu di iTunes di 100 negara hanya dalam waktu kurang dari 12 jam.

Dengan ini Jungkook mempertahankan kedudukannya sebagai solois korea dengan lebih dari 100 lagu di #1 iTunes Worldwide.

Bahkan, delapan di antara 100 negara tersebut adalah Amerika, Inggris, Jepang, Jerman, Prancis, Kanada, Australia, dan Italia sebagai 8 music markets terbesar di dunia.

Selain Dreamers menjadi lagu FIFA World Cup Pertama dan satu-satunya yang mencapai #1 iTunes di 100 negara.

Jungkook kini menjadi solois Asia pertama dan satu-satunya dalam sejarah yang memuncaki delapan pasar musik terbesar dunia dengan tiga lagunya yaitu Stay Alive, Left & Right, dan Dreamers.

Amazon juga melaporkan bahwa 'Dreamers' setelah perilisannya langsung naik menjadi '#1 best selling song on Amazon US'.

Selain Amazon, Dreamers juga memasuki Top 5 dari All-Genre Genius Charts. Serta telah melampaui 140 ribu Shazam.

Bahkan, Dreamers mendapatkan Shazamed lebih dari 120.00 kali setelah penampilan Jungkook di Piala Dunia.

Menyusul hal tersebut, BTS Charts Daily melaporkan bahwa kini 'Dreamers' menjadi Theme Song atau Main Song dari FIFA World Cup 2022.


Debut Stage Memukau

Penampilan solois korea pertama di Piala Dunia ini menjadi sorotan dan perhatian publik. Khususnya para pecinta musik dan sepak bola. Banyak tanggapan dan reaksi positif atas debut stage Jungkook untuk Dreamers senin malam kemarin.

Namun, terlepas dari berbagai apresiasi dan reaksi positif yang Jungkook terima, dia mengaku tidak sepenuhnya puas dengan apa yang ia tampilkan.

Melalui Livenya di Weverse, Jungkook bercerita tentang debut stagenya dengan persiapannya

Ia mengungkapkan bahwa dia tidak memiliki banyak waktu untuk mempelajari koreografi lagu yang dibawakannya.

"Aku belajar koreo saat aku sampai di sini. Bahkan, chorus-part aku belajar kemarin (Minggu, 19 November). Setiap malam setelah mandi, aku selalu latihan sendiri," ujar Jungkook.

"Sejujurnya, aku enggak bisa bilang aku benar-benar puas sama penampilanku. Tapi, yang penting enggak ada gangguan dan aku bisa bersenang-senang," dia melanjutkan.

Jungkook juga mengungkapkan bahwa dia tidak dapat mendengar suaranya selama tampil kemarin, meskipun dia telah menggunakan in-ears.

In-ears merupakan hal terpenting saat penyanyi tampil di panggung agar mereka bisa mendengarkan suaranya dan berada di pitch dan beat yang benar.

Meski begitu, Jungkook tetap tampil memukau dan ARMY bangga bahwa Jungkook tampil tanpa kesalahan sedikitpun.


Trending Dunia

Atas kontribusinya di Piala Dunia, nama 'Jungkook' bertengger di trending nomor 1 Worldwide dengan 5 juta mentions dan 126 juta engagements dalam 24 jam.

Selain itu, Jungkook juga viral di media Jepang setelah Opening Ceremony FIFA World Cup. Bahkan, Japan locals juga memuji visual dan suaranya membawakan Dreamers.

Jungkook juga menjadi hot topic dengan 66 juta views selama 24 jam di media China. Ia trending sebagai #1, #5, #8, di kategori Hot Search Entertainment dan #2 di All Categories.

Bahkan, sebelum penampilannya di Opening Ceremony. Tepat setelah perilisan lagu Dreamers, Jungkook menjadi trending topic dan dibicarakan oleh banyak fans bola internasional serta qatar locals yang memuji vokal Jungkook.

'please be proud of me.' Jungkook you have no idea how proud we all are of you, not only today but every single day, prouder and prouder day by day. Thank you for doing what you are doing, thank you for shining so brightly Jungkook!#JUNGKOOKxFIFA pic.twitter.com/b2FZzbKOyT

Hot Search All Categories#2 Jungkook [4M+ Mentions]Hot Search Entertainment#1 Jungkook#5 Jungkook Qatar WorldCup Opening Ceremony Fancam#8 Jungkook Qatar WorldCup Opening Ceremony FandomIt is extremely difficult for foreign artist to trend in Top 10 of Weibo Hot trends

locals loving 'dreamers' as they SHOULD pic.twitter.com/4NgXmLrxaP

Akankah Kenaikan UMR Berlaku Seluruh RI?

HEADLINE: UMP 2023 Naik Maksimal 10 Persen, Pemda Bakal Tunduk?

Liputan6.com 2022-11-22 00:00:00
Ilustrasi UMP (Arfandi/Liputan6.com)

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, jelang tutup tahun pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menetapkan upah minimum untuk tingkat provinsi atau UMP dan tingkat kabupaten/kota atau UMK.

Untuk 2023, Kemnaker menetapkan upah minimum naik maksimal 10 persen. Artinya, kenaikan UMP 2023 maupun UMK tahun depan tidak boleh lebih dari 10 persen dari upah minimum yang berlaku pada tahun ini.

Hal tersebut dituangkan dalam Peraturan Menaker Nomor 18 Tahun 2022 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2023. Aturan ini ditetapkan 16 November 2022 dan diundangkan pada 17 November 2022.

Dikutip Liputan6.com dalam aturan tersebut, dalam Pasal 7 tertulis bahwa penetapan atas penyesuaian nilai upah minimum tidak boleh melebihi 10 persen. Selain itu, dalam hal hasil penghitungan penyesuaian nilai upah minimum melebihi 10 persen, Gubernur menetapkan upah minimum dengan penyesuaian paling tinggi 10 persen.

Jika pertumbuhan ekonomi bernilai negatif, penyesuaian nilai upah minimum hanya mempertimbangkan variabel inflasi.

Dalam Permenaker Nomor 18 Tahun 2023 itu juga tertulis Upah Minimum Provinsi 2023 ditetapkan oleh Gubernur dan paling lambat diumumkan pada 28 November 2022. Gubernur juga dapat menetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota 2023 dan diumumkan paling lambat 7 Desember 2022.

Upah Minimum 2023 provinsi dan kabupaten/kota yang telah ditetapkan mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2023.

Dalam Pasal 13, Gubernur wajib menetapkan Upah Minimum provinsi sesuai dengan perhitungan yang telah ditentukan.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah berharap seluruh kepala daerah menetapkan UMP 2023 sesuai dengan aturan yang telah dirilis dengan penyesuaian formula penetapan diharapkan dapat menjaga daya beli masyarakat.

Ida menjelaskan, aspirasi yang berkembang ditemukan bahwa penetapan upah minimum melalui formulasi dalam Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan belum dapat mengakomodasi kondisi sosial ekonomi masyarakat saat ini.

Dia menyoroti kondisi di mana upah minimum 2022 tidak dapat menyeimbangkan laju kenaikan harga-harga barang yang mengakibatkan menurunnya daya beli pekerja. Hal itu dikhawatirkan dapat terjadi juga pada 2023.

"Dengan adanya penyesuaian formula upah minimum 2023, saya berharap daya beli dan konsumsi masyarakat tetap terjaga dan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang pada akhirnya akan menciptakan lapangan kerja," kata Ida dikutip dari Antara, Minggu (20/11/2022).

"Saya juga meminta seluruh kepala daerah melaksanakan kebijakan penghitungan upah minimum 2023 sesuai dengan Permenaker Nomor 18 Tahun 2022 ini," tambahnya.

Dia menjelaskan bahwa saat ini kondisi sosial ekonomi masyarakat akibat dampak pandemi COVID-19 belum sepenuhnya pulih diikuti dengan ketidakpastian ekonomi global yang berimplikasi menekan laju pemulihan ekonomi nasional.

Padahal, struktur ekonomi nasional mayoritas disumbang oleh konsumsi masyarakat dipengaruhi daya beli dan fluktuasi harga.

Mempertimbangkan hal tersebut pemerintah mengambil kebijakan penyesuaian upah minimum untuk tahun 2023 dengan terbitnya Permenaker Nomor 18 Tahun 2022 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2023.

Di dalamnya perhitungan upah minimum 2023 didasarkan pada kemampuan daya beli yang diwakili variabel tingkat inflasi dan pertumbuhan ekonomi yang tercipta dari indikator produktivitas dan perluasan kesempatan kerja.

Produktivitas dan perluasan kesempatan kerja dipandang merupakan dua indikator yang dapat mewakili unsur pekerja dan buruh serta pengusaha.

Secara umum kebijakan penetapan upah minimum 2023 mengatur dua hal yaitu penyempurnaan formula penghitungan formula upah minimum 2023 dan perubahan waktu penetapan oleh gubernur.

Perhitungan Upah Minimum

Penetapan Upah Minimum provinsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) aturan tersebut dilakukan berdasarkan penghitungan penyesuaian nilai Upah Minimum.

Penghitungan penyesuaian nilai Upah Minimum provinsi dilakukan sesuai formula sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (3) dan ayat (4).

Dalam Pasal 6 disebut bahwa Penyesuaian nilai Upah Minimum untuk tahun 2023 dihitung menggunakan formula penghitungan Upah Minimum dengan mempertimbangkan variabel pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan indeks tertentu.

Sedangkan rumus yang dipakai adalah Penyesuaian Nilai UM = Inflasi + (PE x ).

Dijelaskan bahwa Penyesuaian Nilai UM adalah Penyesuaian nilai Upah Minimum yang merupakan penjumlahan antara inflasi dengan perkalian pertumbuhan ekonomi dan .

Inflasi adalah inflasi provinsi yang dihitung dari periode September tahun sebelumnya sampai dengan periode Septem bertahun berjalan (dalam persen).

Sedangkan PE adalah Pertumbuhan ekonomi yang dihitung dari perubahan pertumbuhan ekonomi provinsi kuartal I, kuartal II, kuartal III tahun berjalan, dan kuartal IV pada tahun sebelumnya terhadap pertumbuhan ekonomi provinsi kuartal I, kuartal II, kuartal III tahun sebelumnya, dan kuartal IV pada 2 tahun sebelumnya.

Untuk adalah Wujudwindeks tertentu yang menggambarkan kontribusi tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi dengan nilai tertentu dalam rentang tertentu yaitu 0,10 sampai dengan 0,30.


Cerita Dibalik Penetapan Upah Minimum 2023

Penetapan UMP 2023 rupanya tidak diputuskan dalam waktu singkat. Hal tersebut diungkapkan Presiden KSPSI, Andi Gani Nena Wea bercerita pertemuan dia dengan Jokowi dalam membahas besaran upah buruh 2023 yang telah ditetapkan pemerintah, dengan besaran maksimum 10 persen.

"Jadi ini panjang, bukan tiba-tiba muncul, sudah empat bulan lalu, kemudian ditindak lanjuti oleh tim teknis Kemenaker dan Dirjen PHI, Bu Puti Anggoro. Keluarlah Permenaker nomor 18, banyak usulan-usulan, tetapi ini mungkin yang terbaik," ujar Presiden KSPSI, Andi Gani Nena Wea.

Dikatakan jika menggunakan formula lama dalam PP nomor 36 mengenai pengupahan, akan ada banyak daerah yang tidak mengalami kenaikan upah.

Sedangkan dengan formula terbaru, maka buruh di seluruh daerah akan mendapatkan kenaikan upah dengan besaran bervariasi. Bahkan kenaikan upah juga pernah disampaikan oleh perwakilan buruh, pada Musra di Jawa Barat (Jabar).

"Minimal itu perkiraan kami (upah) di Banten atau di Tangerang sekitar 7 sampai 8 persen akan naik, batasnya 10 persen, sangat luar biasa. Tapi dengan PP 36, ada daerah yang tidak naik (UM) nya," ucapnya.

Pembahasan upah yang sudah dilakukan lama sejak empat bulan terakhir, diharapkan menjadi jalan tengah antara buruh, pengusaha dan pemerintah. Penerapannya bisa dilakukan mulai awal tahun mendatang.

"Memang pertemuan saya dengan presiden RI cukup panjang, hampir empat bulan. Dihitung lagi pertumbuhan ekonomi dan inflasi. Pengumuman upah mundur jadi 28 November, tadinya kan 20 November. Penerapannya di tahun depan. Untuk UMK sama dengan itu, mengacu pada Permenaker nomor 18," jelasnya.

Jadi Pertanda Inflasi Melonjak di Tahun Depan

Patokan kenaikan UMP 2023 yang jauh lebih tinggi dibanding upah minimum 2022 ini pun dinilai jadi pertanda, dunia kerja harus siap menghadapi lonjakan inflasi tahun depan.

Hal tersebut diungkapkan Pengamat Ketenagakerjaan dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Tadjudin Nur Effendi. Meskipun inflasi Oktober 2022 mulai menunjukan tren penurunan menjadi 5,71 persen secara tahunan, namun ia masih mewaspadai kembali terjadinya lonjakan inflasi di akhir tahun menjadi 6 persen.

"Menurut saya, upah ditingkatkan 10 persen itu harusnya setara dengan inflasi. Kalau inflasinya 5-6 persen, kenaikannya (upah minimum/UMP) ya di atas itu kan," ujar Tadjudin kepada Liputan6.com.

"Kalau sudah mencapai 10 persen, menurut hemat saya agar nilai upah pekerja tidak turun, karena ada sisa 4 persen, jadi tidak tergerus dengan inflasi," ungkap dia.

Tadjudin lantas menyoroti rata-rata kenaikan upah minimum 2022 yang hanya 1,09 persen. Padahal tingkat inflasi di sepanjang tahun lalu lebih dari itu, sekitar 1,87 persen.

"Kemudian, dalam kenyataan tahun 2022, ternyata inflasi di atas 3 persen, dan sekarang 5 persen," imbuh Tadjudin.

Dengan demikian, ia menilai daya beli pekerja di tahun ini tergerus sekitar 3-4 persen, lantaran nilai upah minimum yang masih jauh di bawah laju inflasi yang kini di atas 5 persen.

"Kalau betul itu (upah minimum) jadinya 10 persen, itu mereka masih mempunyai kelonggaran 4 persen. Artinya, tidak tergerus, upahnya masih bisa tutupi kenaikan inflasi," pungkas Tadjudin.


Dikeluhkan Pengusaha dan Buruh

Kenaikan UMP 2023 sebesar 10 persen rupanya tidak membuat buruh dan pengusaha puas. Ketua Bidang Ketenagakerjaan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Anton J Supit, menilai pemerintah tidak banyak mempertimbangkan pengusaha atau pemberi kerja dalam putusan kenaikan upah minimum, atau UMP 2023 maksimal 10 persen.

"Menurut saya yang tidak bijaksananya, peraturan ini tidak mengacu kepada kepentingan pencari kerja," ujar Anton kepada Liputan6.com

Anton mengeluhkan, pemerintah cenderung melihat dunia usaha dari kacamata sempit dalam menetapkan aturan upah minimum 2023, yakni pada sektor-sektor yang sedang meraup keuntungan besar seperti sawit, batu bara, dan nikel.

"Beberapa sektor sekarang justru lagi kesulitan, seperti garmen. Itu order dari luar negeri turun rata-rata 30 persen. Kalau sepatu turunnya 50 persen. Permintaan karet pun turun," ungkapnya.

Saat permintaan atas produksi barang tersebut turun, ia menambahkan, pengusaha garmen, sepatu dan karet juga mempekerjakan orang yang tidak sedikit.

"Bayangkan saja, kalau pabrik sepatu dibilang ada 10.000 pekerja itu kecil, karena ada yang 100.000 (orang). Dengan 10.000 (pekerjak saja, kalau gaji rata-rata Rp 5 juta, kali aja, itu sebulan Rp 50 miliar musti bayar," paparnya.

"Kalau pabrik tidak ada pekerjaan, you sanggup tahan berapa lama?" singgung Anton.

Oleh karenanya, ia berpikir perhitungan kenaikan upah minimum 2023 yang tercantum dalam Permenaker 18/2022 masih belum tepat dan bijaksana. Selain itu, aturan tersebut juga diasumsikannya seakan hanya ingin memenuhi kelompok kepentingan tertentu saja, yakni sebagian buruh formal.

"Jadi saya tidak mau mengatakan setuju atau tidak setuju, tapi sangat memprihatinkan kebijakan yang keluar itu, karena kebijakan ini harus ada yang bayar ongkos. Siapa yang bayar ongkos, adalah para pencari kerja," tegasnya.

Sementara itu, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menilai, kenaikan upah minimum provinsi atau UMP 2023 yang tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 18 Tahun 2022, terkesan membingungkan.

"Partai buruh dan serikat buruh menyayangkan rumus yang dipakai ngejelimet dan ruwet. Seharusnya, tidak perlu seperti itu," kata Said Iqbal dalam pesan tertulis.

Dalam hal ini, ia coba memberikan dua alternatif. Pertama, kenaikan upah minimum sama dengan inflansi plus pertumbuhan ekonomi. Menurut dia, itu lazim berlaku di seluruh dunia, dimana kenaikan UMP mengacu pada inflasi dan pertumbuhan ekonomi Januari-Desember pada tahun berjalan.

Sedangkan alternatif kedua, menghitung standar biaya hidup atau living cost.

"Di mana untuk Indonesia standard biaya hidup tersebut dinamai kebutuhan hidup layak (KHL), yang terdiri dari 64 item KHL mulai dari harga daging, beras, baju, dan seterusnya. Hasil survei kebutuhan hidup layak ini lah yang dirundingkan di Dewan Pengupahan untuk dikrekomendasikan kepada bupati/walikota maupun gubernur," sebutnya.

Ia pun menyoroti isi Permenaker 18/2022, khususnya pada salah satu poin yang menyebut kenaikan upah minimum maksimal 10 persen.

"Kalimat tentang maksimal 10 persen ini menimbulkan kebingungan dan pengertian yang keliru tentang upah minimum. Upah minimum itu minimum, tidak ada kata maksimum," kata Said Iqbal.

Menurutnya, upah minimum di dalam konvensi ILO Nomor 133 atau UU Nomor 13 Tahun 2003 adalah jaring pengaman (safety net) agar buruh tidak absolut miskin. Karena itu, ia mendesak negara harus melindungi masyarakat yang akan memasuki dunia kerja dengan menetapkan kebijakan upah minimum.

"Upah minimum kan safety net. Kenapa harus menjadi maksimum? Oleh karena itu, seharusnya tidak ada definisi maksimal 10 persen," tegas kata Said Iqbal.

Organsiasi serikat buruh menyerukan agar setiap daerah dengan dasar hukum Permenaker 18/2022 tadi, Dewan Pengupahannya berjuang minimal kenaikan upah minimum 10 persen. Jika lebih dari 10 persen, itu adalah hasil dari perundingan.

"Maka organisasi serikat buruh menyerukan, agar UMK di tingkat kabupaten/kota dan UMP di tingkat provinsi berjuanglah minimal naiknya 10 persen," tegas dia.

"Kalau ditanya sikap Partai Buruh dan organsiasi serikat buruh, sikap kami tetap naik 13 persen. Kami berharap sekali dapat dikabulkan adalah 13 persen dengan menghitung inflasi dan pertumbuhan ekonomi," pintanya.

Win-Win Solution

Namun demikian, Pengamat Ketenagakerjaan dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Tadjudin Nur Effendi, menilai kenaikan upah minimum provinsi (UMP) 2023 tak lebih dari 10 persen merupakan solusi terbaik untuk mencegah terjadinya pemutusan hubungan kerja atau PHK massal.

Kendati pun besaran tersebut masih lebih kecil dibanding tuntutan kaum buruh yang meminta kenaikan upah minimum sebesar 13 persen.

"Ini kan win-win solution. Kalau 13 persen mungkin pada perusahaan jangan-jangan agak berkeberatan. Berarti kan kalau inflasinya 5 persen minta 13 persen, itu berarti kan dua kalo lipat dari inflasi. Mungkin, jangan-jangan menurut saya, perusahaan berkeberatan," ujarnya kepada Liputan6.com.

"Malah justru menurut hemat saya, kalau dinaikan sekian, perusahaan tidak sanggup membayar, kemudian terjadi PHK, siapa yang rugi?" tegas Tadjudin.

Menurut dia, pemerintah pasti sudah mempertimbangkan matang-matang kenaikan UMP maksimal 10 persen. Terlebih situasi ekonomi tahun depan diprediksi masih akan sulit, mengingat dana moneter internasional (IMF) hingga Bank Dunia yang merevisi ke bawah pertumbuhan ekonomi global.

Adapun kenaikan upah minimum maksimal 10 persen ini pun sudah jauh lebih tinggi ketimbang pada 2022, yang secara rata-rata berada di kisaran 1,09 persen. Tadjudin pun percaya, UMP 2023 tetap bisa meredam laju inflasi bila sampai tembus 6 persen.

"Jadi harus dipikirkan juga, jangan kenaikannya terlalu gede banget. Saat ini sudah lebih baik lah dibanding tahun yang lalu. Artinya, nilai upah yang diterima pekerja tidak tergerus, bahkan lebih tinggi 4 persen daripada inflasi," ungkapnya.

"Kalau nanti katakan tahun 2023 inflasi sekitar 5-6 persen kan masih ada 4 persen longgar. Mudah-mudahan tahun 2023 tidak terjadi inflasi (tinggi)," kata Tadjudin.


Keputusan Pemda

Sejumlah pemerintah daerah (pemda) pun telah menetapkan upah minimum 2023. Salah satunya Riau yang resmi menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) Riau tahun 2023 sebesar Rp 3,1 juta, naik 5,96 persen dibandingkan tahun 2022 sebesar Rp 2.938.564.

"UMP Provinsi Riau sebesar Rp3,1 juta lebih ditetapkan melalui sidang dewan pengupahan yang digelar Selasa (15/11), melibatkan Apindo, Serikat Pekerja, BPJS Ketenagkerjaan dan BPS serta Pemprov Riau," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Riau, Imron Rosyadi di Pekanbaru.

Imron mengatakan, penghitungan UMP Riau tahun 2023 masih menggunakan formulasi yang lama, yakni PP 36 tahun 2021 tentang Pengupahan. Dengan sudah ditetapkannya UMP Riau 2023 sebesar itu, pemprov akan segera menyiapkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Riau perihal penetapan UMP Riau 2023.

"Nanti kita buatkan SKnya, kemudian direkomendasikan untuk ditetapkan karena sesuai Undang-Undang SK penetapan UMP itu yang menetapkan adalah Gubernur Riau," ujarnya.

Jika SK Gubernur tentang penetapan UMP Riau tahun 2023 sudah dikeluarkan pihaknya akan langsung menyurati pemerintah kabupaten kota dan perusahaan agar UMP itu bisa direalisasikan mulai awal tahun 2023.

Karenanya itu, katanya berharap kepada seluruh perusahaan di Riau mulai Januari 2023 pembayaran gaji karyawan harus mempedomani UMP Riau yang sudah ditetapkan dan disepakati bersama tersebut.

Papua Barat

Selanjutnya Dewan Pengupahan Provinsi Papua Barat menetapkan Upah minimum Provinsi Papua Barat tahun 2023 di wilayah tersebut sebesar Rp3.282.000 atau mengalami kenaikan Rp82.000 dari tahun sebelumnya.

UMP Papua Barat Tahun 2023 ditandatangani oleh Penjabat Gubernur Papua Barat yang diwakili oleh asisten II bidang Ekonomi Pembangunan Melkias Werinussa di Manokwari, dilansir Antara.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Papua Barat, Frederik Saidui di Manokwari, mengatakan UMP 2023 naik sebesar Rp82.000 dari tahun 2022 yang sebesar Rp3.200.000.

"Mengalami kenaikan namun sedikit, dengan memperhitungkan rata-rata konsumsi perkapita tahun 2022 dan aspek lainnya seperti inflasi dan pertumbuhan ekonomi daerah," kata Saidui.

Menurut Saidui, Penerapan UMP Papua Barat mengacu kepada PP 36/2021 tentang pengupahan, dimana merupakan siknkronisasi dari data Badan Pusat Statistik (BPS).

Disebutkan, penetapan UMP merupakan upaya mewujudkan hak pekerja atau buruh untuk kehidupan yang layak, dalam penetapannya UMP wajib diberikan oleh pemberi kerja kepada seluruh pekerjanya.

"Nanti dalam pelaksanaannya dinas Tenaga kerja akan melakukan pengawasan, bahkan hingga menerima aduan pekerja yang dibayar tidak sesuai ketapan,"lanjut dia.

Selanjutnya, setelah penetapan UMP di tingkat Provinsi Papua Barat akan diikuti juga penetapan Upah Minimum di 13 kabupaten dan Kota di Provinsi Papua Barat.

Jawa Barat

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat (Jabar), Rachmat Taufik Garsadi, menyebut perkiraan kenaikan upah minimum untuk tahun 2023 berada di kisaran 7-8 persen. Angka itu lebih rendah daripada mayoritas tuntutan kalangan buruh yang mencapai 13 persen.

"Diperkirakan akan ada kenaikan antara 7--8 persen dari upah yang sekarang," dikutip Liputan6.com.

Rachmat mengatakan, arahan dari Menteri Dalam Negeri dan Menteri Ketenagakerjaan, Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) ada perubahan.

UMP dan UMK, sambung Rachmat, seharusnya menggunakan Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan, yang menggunakan penambahan inflasi dan Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) serta ada koreksi batas atas, dan batas bawah.

"Namun, sekarang dengan formulasi yang baru dipastikan upah akan naik," kata dia.

Menurut Rachmat, jika kenaikan upah memang mengacu pada formulasi PP Nomor 36, maka besaran upah di empat kabupaten di Jawa Barat tidak akan naik, yaitu Kabupaten Bekasi, Purwakarta, Bogor dan Karawang.

"Untuk angka-angka lebih jelasnya kita masih menunggu surat dari Ibu Menteri Ketenagakerjaan. Itu juga hasil kompromi karena para buruh menginginkannya 13 persen. Sementara kondisi sekarang juga tidak terlalu baik, khususnya untuk padat karya," jelasnya.

DKI Jakarta MasihDihitung

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubenur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta 2023 tengah dihitung.

"Itu sedang dihitung," kata Heru kepada wartawan di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Minggu 12 November 2022.

Sebelumnya, Heru juga sempat bertemu dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk membahas UMP DKI 2023. Kendati masih belum mengetahui pasti berapa kenaikan UMP DKI 2023, dia berharap yang terbaik untuk teman-teman pekerja.

"Mudah-mudahkan yang terbaik buat teman-teman pekerja," katanya.


Sanksi Menanti Pemda Tak Patuh

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menegaskan kalau pemerintah daerah maupun pengusaha yang tak mengikuti aturan penetapan upah minimum provinsi atau UMP 2023 akan kena sanksi. Sanksinya berupa sanksi administratif.

Sanksi ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan. Meski, aturan penetapan upah minimum 2023 baru saja diubah ke Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) Nomor 18 Tahun 2022.

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kemnaker Indah Anggoro Putri mengonfirmasi hal tersebut. Indah tak berkata banyak soal sanksi yang dibebankan kepada Pemda, dia hanya melampirkan foto yang menyebutkan adanya sanksi soal penetapan UMP 2023.

"Pemerintah Daerah provinsi dan kabupaten/kota yang masih memberlakukan keputusan tentang Upah Minimum yang bertentangan dengan Peraturan Pemerintah ini dikenai sanksi administratif sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang mengatur mengenai pemerintah daerah," tulis dokumen yang dikirim Indah kepada Liputan6.com, Senin (21/11/2022)

Dokumen ini diketahui adalah Pasal 81 PP 36/2021. Indah memberikan tanda khusus dengan warna hijau terang pada bagian 'Pasal 81' dan 'sanksi administratif' pada dokumen tersebut.

Mengutip PP 36/2021, sanksi tersebut memang dituangkan dalam pasal 79 sampai pasal 81. Pada bagian ini, mengatur sanksi yang dijatuhkan bagi pengusaha yang tak menaati aturan penetapan upah. Baru pada Pasal 81, disinggung mengenai sanksi bagi pemerintah daerah.

4 Jenis Sanksi

Pasal 79 PP 36/2021 memuat setidaknya 4 jenis sanksi. Yakni, sanksi administratif berupa teguran tertulis, sanksi berupa pembatasan kegiatan usaha, sanksi pengehntian sementara sebagian atau seluruh alat produksi, dan sanksi berupa pembekuan kegiatan usaha.

Pada ayat 2 disebutkan, pengenaan sanksi administratif tersebut dilakukan secara bertahap. Kemudian, teguran tertulis yang tertuang merupakan peringatan tertulis atas pelanggaran yang dilakukan oleh pengusaha.

"Pembatasan kegiatan usaha sebagaimana dinaksud pada ayat 1 huruf b meliputi: a. Pembatasan kapasitas produksi barang dan/atau jasa dalam wsktu tertentu; dan/atau, b. Penundaan pemberian izin usaha di salah satu atau beberapa lokasi bagi Perusahaan yang memiliki proyek di beberapa lokasi," tulis Pasal 79 ayat 4, seperti dikutip.

Sementara, pada ayat 5 dan ayat 6 Pasal 79, memuat keterangan kalau penghentian sebagai sanksi dilakukan dalam periode waktu tertentu. Termasuk penghentian kegiatan proses produksi oleh perusahaan.

Pasal 80 PP 36/2021

Sementara itu, Pasal 80 PP 36/2021 yang merupakan Bab XIII soal Sanksi Administratif tertuang sebagai berikut.

Pasal 80

(1) Menteri, menteri terkait, gubernur, bupati/wali kota, atau pejabat yang ditunjuk sesuai dengan kewenangannya mengenakan sanksi administratif sebagaimana dimaksud dalam oasal 79 kepada Pengusaha.

(2) Pengenaan sanksi administratif diberikan berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Pengawas Ketenagakerjaan yang berasal dari: a. Pengaduan; dan/atau, b. Tindak lanjut hasil pengawasan ketenagakerjaan.

(3) Tindak lanjut hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Pengawas Ketenagakerjaan dituangkan dalam nota pemeriksaan.

(4) Dalam hal nota pemeriksaan tidak dilaksanakan oleh Pengusaha, Pengawas Ketenagakerjaan menyampaikan laporan ketidakpatuhan terhadap ketentuan perundang-undangan beserta nota pemeriksaan kepada: a. Direktur jenderal yang membidangi pengawasan ketenagakerjaan pada kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang ketenagakerjaan, untuk Pengawas Ketenagakerjaan di kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidany ketenagakerjaan, atau; b. Kepala dinas yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang ketenagakerjaan provinsi, untuk Pengawas Ketenagakerjaan pada dinas yany menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang ketenagakerjaan provinsi.

(5) Direktur jenderal atau kepala dinas sebagaimana dimaksud pada ayat 4 menyampaikan rekomendasi kepada pejabat yang berwenang mengenakan sanksi administratif.

(6) Menteri terkait, gubernur, bupati/wali kota, atau pejabat yang ditunjuk memberitahukan pelaksanaan pengenaan sanksi administratif kepada Menteri.

Namun demikian, Pengamat Ketenagakerjaan dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Tadjudin Nur Effendi, sanksi yang diterbitkan pemerintah tidak dijalankan.

Tadjudin lantas menyoroti tindakan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang melanggar PP Pengupahan, dengan menaikan UMP 2022 melewati ketentuan batas seharusnya, dari 0,8 persen menjadi 5,1 persen.

Meskipun ide Anies kalah dari putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta, namun dirinya seakan lepas dari jeratan sanksi.

"Tapi enggak ada sanksi apa-apa kan. Jadi Pemda melakukan pelanggaran dalam perhitungan, itu enggak ada sanksinya," ujar Tadjudin kepada Liputan6.com.

Dia lantas memaparkan skema penentuan upah minimum, yang bermula dari putusan pemerintah pusat seperti Permenaker 18/2022. Namun, putusan akhirnya tetap ada di masing-masing gubernur.

Contohnya, Tadjudin menyebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang bernegosiasi terlebih dahulu dengan pengusaha, sebelum menentukan putusan final upah minimum di sana. Meskipun, ia tidak menyebut adanya bentuk pelanggaran yang dilakukan Ganjar melalui langkah tersebut.

"Jadi itu sebetulnya penerapan dari Permenaker itu di tangan gubernur. Masing-masing provinsi melakukan perhitungan kembali. Itu tergantung dengan gubernur dengan Dewan Pengupahan di masing-masing daerah," tuturnya.

Adapun perubahan formula perhitungan upah minimum yang tertuang dalam Permenaker 18/2022 memang masih menimbulkan pertanyaan, utamanya terkait pemberian sanksi bagi pemerintah daerah (pemda) yang tidak mematuhinya.

Pasalnya, dalam aturan lama yang tertuang pada PP 36/2021, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah sempat mengancam bakal memberhentikan secara permanen gubernur atau kepala daerah yang tidak mengikuti formulasi penghitungan upah minimum.

Menaker Ida menyatakan, sanksi itu diambil untuk memastikan program strategis nasional perihal upah minimum dapat ditaati oleh setiap daerah. Sanksi administrasi itu di antaranya teguran tertulis, pemberhentian sementara, hingga pemberhentian permanen.

Adapun landasan hukum dari sanksi itu tertuang dalam Undang Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.