Duka Raja Salman untuk Korban Gempa

Raja Salman Belasungkawa dan Doakan Korban Gempa Cianjur

Liputan6.com 2022-11-22 13:50:48
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud. (Saudi Press Agency, via AP)

Raja Salman dan Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) mengirim pesan belasungkawa kepada presiden Indonesia, setelah gempa bumi mengguncang Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Gempa kuat itu menewaskan lebih dari 160 orang pada Senin 21 November 2022 kemarin.

Dikutip dari laman Arab News, Selasa (22/11/2022), para tim penyelamat kala itu mencari korban selamat yang terperangkap di bawah reruntuhan di tengah serangkaian gempa susulan.

Dalam pesan Telegram, Raja Salman menyampaikan "belasungkawa terdalam dan simpati yang tulus" kepada presiden Joko Widodo, keluarga korban tewas, dan masyarakat Indonesia.

Dia juga berdoa agar Tuhan agar korban bisa pulih dengan cepat, terutama pada mereka yang terluka.

Pangeran Mohammad bin Salman juga mengirimkan pesan belasungkawa di mana dia menyatakan simpatinya kepada keluarga para korban.

Gempa berkekuatan magnitudo 5,6 itu berada di dekat Kota Cianjur di pegunungan Jawa Barat, sekitar 75 kilometer tenggara ibu kota, Jakarta.

Wilayah ini adalah rumah bagi lebih dari 2,5 juta orang.

Presiden Prancis Emmanuel Macron juga ikut berduka kepada para korban di Cianjur. Ia menulis pesan dalam Bahasa Prancis dan Indonesia.

"Pagi ini Indonesia terguncang gempa kuat yang membawa kehancuran dan memangsa nyawa. Duka cita mendalam untuk para korban. Prancis turut solider," tulis Presiden Emmanuel Macron via Twitter, dikutip Selasa 22 November.


Petinggi Negara Lainnya

Senada, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau ikut memberikan ucapan duka. Kanada disebut siap membantu.

"Saya dengan sepenuh hati bersama orang-orang yang terdampak gempa besar yang terjadi di Indonesia. Saya memberikan dukacita yang paling tulus kepada mereka yang kehilangan orang yang mereka cintai, dan saya memikirkan kehidupan yang telah diubah selamanya. Kanada siap untuk menolong kalian," ujar PM Trudeau.

PM baru Inggris Rishi Sunak berkata kaget terhadap bencana yang terjadi di Indonesia. Ia berkata Inggris berdiri bersama Indonesia.

"Saya kaget dengan gambaran-gambaran kehancuran di Indonesia hari ini. Baru pekan lalu, saya merasakan langsung kehangatan, kedermawanan, dan kebaikan rakyat Indonesia. Pikiran saya bersama mereka sekarang," ujar Rishi Sunak.


Polres Tasik Kirimkan 100 Tenda dan Ratusan Selimut Bantu Korban Gempa Cianjur

Kepolisian Resort Tasikmalaya, Jawa Barat mengirimkan 1 pleton dalmas dan ratusan paket sembako dan selimut untuk membantu mengevakuasi korban bencana gempa Cianjur.

Kapolres Tasikmalaya AKBP Suhardi Hery Haryanto, mengatakan, melihat besarnya dampak bencana gempa yang ditinggalkan, baik korban jiwa termasuk kerusakan bangunan, lembaganya langsung menerjunkan petugas ke lokasi bencana.

"Bantuan kami kawal langsung oleh patwal dari satuan lalu lintas Polres Tasikmalaya agar pengiriman bantuan berjalan dengan tepat waktu dan cepat," ujarnya, Senin (21/11/2022).

Selain paket sembako yang berisi beras, minyak, mi, dan kebutuhan pokok lainnya, pihaknya sengaja mengirimkan ratusan tenda dan selimut yang diperuntukan bagi korban terdampak gempa.

"Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan meringankan beban saudara kita di Cianjur," ujar dia.

Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNBP hingga pukul 19.27 petang tadi mencatat, total korban jiwa gempa Cianjur mencapai 56 orang, serta 23 korban masih tertimbun reruntuhan material gempa.


Banyak Korban Anak-anak

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, korban meninggal dunia akibat gempa Cianjur kini menjadi 162 orang. Di mana menurutnya, didominasi oleh anak-anak.

"Tercatat di call center BPBD Cianjur, mohon izin menyampaikan berita buruk ada 162 orang meninggal dunia," kata dia usai meninjau korban gempa di Cianjur, Senin (21/11/2022).

"Mayoritas yang meninggal dunia adalah anak-anak karena kejadiannya saat anak-anak belajar di sekolah madrasah dan pesantren," sambungnya.

Selain itu, lanjut Ridwan, korban luka-luka tercatat hingga pukul 20.00 WIB ada 325 orang dan pengungsi 13.784 orang.

"Mayoritas korban luka patah tulang dan luka memar akibat tertimpa material bangunan," ujarnya.

Kerusakan rumah bangunan atau sebanyak 2.345 unit. Adapun kerusakan pada bangunan pendidikan yakni pondok pesantren Al Muhammadiyah, SMK Medika, MAN 2 Cianjur, SMP 1 Cianjur, SMANDA, SD Ibu Pertiwi.

Gempa juga menghancurkan tiga masjid dan delapan perkantoran seperti kantor PUPR, BPBD, Lapas Cianjur, Kantor Kejaksaan, Polres Cianjur, Dinsos dan Koni.

Tak hanya itu, jalan nasional yang menghubungkan Cianjur dengan Bogor tertimbun longsor dan lalu lintas terputus. Longsor terjadi beberapa saat setelah wilayah itu diguncang gempa berkekuatan magnitudo 5,6.

"Ada tiga titik longsoran di Cugenang. Ada lima mobil yang terperangkap. Tapi laporan belum masuk apakah sudah terevakuasi atau belum," jelas Ridwan.

Ratusan Nyawa Tertimbun Tanah Longsor

BNPB: Korban Jiwa Meninggal Dunia Akibat Gempa Cianjur Ada 268 Orang

Liputan6.com 2022-11-22 17:49:00
Korban gempa menjalani perawatan di RSUD Sayang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). Data BNPB mencatat, hingga pukul 19.34 WIB sebanyak 62 warga menjadi korban meninggal dunia

Kepala BNPB Suharyanto menyatakan, total sudah ditemukan 268 korban jiwa yang meninggal dunai akibat gempa Cianjur, Jawa Barat.

Sementara itu, 122 yang baru teridentifikasi.

"Korban jiwa meninggal dunia sekarang ada 268. Dari 268 itu, yang sudah terindentifikasi siapa-siapanya ini sebanyak 122 jenazah," kata dia, dalam konferensi pers secara daring, Selasa (22/11/2022).

Surhayanto menyebut pihaknya masih terus melakukan evakuasi dan pencarian terhadap korban hilang. Sehingga, kata dia data korban akan senantiasa diperbarui secara berkala.

"Kemudian di samping tadi 268, masih ada korban hilang sejumlah 151," kata dia.

Tak hanya korban jiwa, BNPB juga merinci kerugian material akibat gempa Cianjur, di mana 22.198 rumah dinyatakan rusak.

"Rumah rusak berata dapat diinformasikan sejumlah 6.570 unit, kemudian rumah yang rusak sedang sejumlah 2.071 unit, rumah yang rusak ringan ada 12.641 unit," kata Surhayanto.

Jokowi Minta Dahulukan Pencarian Korban Tertimbun Longsor

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta tim tanggap darurat mendahulukan pencarian korban tanah longsor dan gempa di Cianjur, Jawa Barat.

"Untuk korban-korban yang masih tertimbun saya perintahkan itu didahulukan. Evakuasinya, penyelamatan itu didahulukan," kata Jokowi saat meninjau lokasi jalan tertimbun longsor di Cugenang, Cianjur, Selasa (22/11/2022).

Jokowi juga menyatakan telah memerintahkan kepada Menko PMK, BNPB, Basarnas, Menteri PUPR, TNI dan Polri untuk membantu menangani bencana gempa dan longsor yang terjadi di Cianjur.

"Utamanya yang berkaitan dengan akses, pembukaan akses yang tertimbun longsor," kata dia.

Jokowi berjanji akan memberikan bantuan rehabilitasi bagi rumah warga yang rusak parah, sedang, dan ringan. Besaran bantuan mulai dari Rp50 juta hingga Rp10 juta.

"Untuk rusak berat Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta dan yang rusak ringan Rp10 juta," bebernya.


Anti Gempa

Namun, bagi korban yang mendapat bantuan tersebut diwajibkan membangun atau memperbaiki rumahnya memakai standar bangunan yang anti gempa.

"Karena disampaikan oleh BMKG bahwa gempa ini adalah gempa siklus 20 tahunan. Sehingga bangunan rumahnya kita arahkan anti gempa," kata Jokowi.

Bocoran Pernikahan Kaesang-Erina

Erick Thohir Bocorkan Pernikahan Kaesang-Erina: Ada 9 Panggung dan Pesta Rakyat

Liputan6.com 2022-11-22 13:20:41
Sebanyak tiga menteri Kabinet Indonesia Maju Jilid II mendatangi Pura Mangkunegaran Solo untuk meninjau lokasi ngunduh mantu pernikahan Kaesang dan Erina, Minggu (20/11).(Liputan6.com/Faja

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir didampingi Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Mensesneg Pratikno kembali mengunjungi Pura Mangkunegaran.

Sebagaimana diketahui bahwa Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan menggelar pernikahan pada 10-11 Desember 2022, dan menikah di 2 kota yakni Yogyakarta dan Solo, Jawa Tengah.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa Kaesang dan Erina Gudono akan menggelar pesta besar-besaran yang dapat dinikmati masyarakat kota terkait.

Erick menyebut bahwa nantinya akan ada 9 panggung yang dibangun untuk menghibur masyarakat. Sehingga acara pernikahan Kaesang dan Erina dapat dikatakan sebagai pesta rakyat.

"Ada 9 panggung buat masyarakat agar kemeriahan pernikahan Kaesang dan Erina juga bisa dirasakan masyarakat Solo," kata Menteri BUMN Erick Thohir, dikutip dari Instagram Erick Thohir pada Selasa (22/11/2022)

Ketiga menteri tersebut mengecek revitalisasi istana Kadipaten yang sudah berusia 265 tahun ini. Istana yang dibangun Raden Mas Said ini akan jadi salah satu destinasi wisata.

Taman Mangkunegaran juga akan menyediakan tempat berjualan bagi UMKM, agar ekonomi masyarakat di kawasan ini semakin berkembang.

"Nanti juga akan digelar pesta rakyat untuk mengenalkan Pura Mangkunegaran yang baru. Buat yang suka foto-foto, jangan lupa mampir ke Pura Mangkunegaran karena banyak spot Instagramable" tulisnya.

Reporter: Firda Makarimah


Bak Bangsawan, Ngunduh Mantu Pernikahan Kaesang dan Erina Bakal Dihelat di Pura Mangkunegaran

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju Jilid II mengunjungi Pura Mangkunegaran, Solo pada, Minggu (20/11/2022). Kedatangan menteri dan rombongan itu untuk meninjau bangunan salah satu trah dinasti Mataram Islam yang bakal digunakan sebagai lokasi ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Menteri yang tampak hadir meninjau venue ngunduh mantu pernikahan Kaesang dan Erina meliputi Menteri BUMN Erick Thohir, Mensesneg Pratikno, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Selain itu, dalam rombongan itu juga terdapat Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Widdi Prasetijono dan lainnya.

Kedatangan tiga menteri dan rombongan itu disambut langsung penguasa Pura Mangkunegaran, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X. Setelah itu, Menteri BUMN Erick Thohir yang memimpin rombongan langsung melakukan pengecekan di sejumlah sudut bangunan di istana kadipaten tersebut.

Awalnya, mereka mengecek bagian taman air mancur di dekat pintu gerbang menuju halaman pendopo ageng. Setelah itu, Erick Thohir dan rombongan langsung melepas sepatu dan naik ke bangunan pendopo ageng yang berbentuk joglo. Bangunan pendopo tersebut merupakan yang terbesar di Indonesia.


Kondisi Bangunan Pura Mangkunegaran

Kemudian, pengecekan berlanjut ke bagian dalam di sekitar ndalem ageng Pura Mangkunegaran. Selain itu, Erick Thohir dkk juga mengecek jalan di depan pandopo ageng yang menjadi akses keluar masuk kendaraan di dalam kompleks istana yang mulai dibangun Mangkunegara I pada tahun 1757.

Menteri BUMN, Erick Thohir menjelaskan kedatangannya bersama dengan rombongan untuk mengecek persiapan acara ngunduh mantu pernikahan Kaesang-Erina yang akan dilakukan di Pura Mangkunegaran. Dari hasil pengecekan tersebut, kondisi bangunan Pura Mangkunegaran sudah cukup bagus untuk perhelatan acara pernikahan Kaesang Pangarep.

"Ya memang ada dua persiapan yang harus dipastikan, satu ini nanti kan ada kegiatan buat masyarakat di mana ada festival-festival kecil hiburan dari masyarakat tetapi juga ada pernikahan. Nah ini harus benar-benar kita jaga agar semuanya baik," kata dia di Pura Mangkunegaran, Minggu (20/11/2022).

Setelah melakukan pengecekan venue pernikahan selama satu jam lebih, Menteri BUMN itu mengakui jika kondisi bangunan di Pura Mangkunegaran sudah cukup bagus dan terawat. Bahkan, saat ini proyek revitalisasi bangunan cagar budaya tersebut juga tengah dilakukan di kompleks Pura Mangkunegaran.

"Alhamdulillah sendiri kesiapan dari Mangkunegaran yang dipimpin langsung oleh kanjeng gusti (KGPAA Mangkunegara X), saya rasa sudah sangat prima. Tinggal nanti perbaikan hal-hal yang kecil," ujarnya.

Dikritik Usai Jadi Duta Piala Dunia Qatar

David Beckham Tuai Kritik Usai Jadi Duta Piala Dunia Qatar, Ada Apa?

Liputan6.com 2022-11-22 14:33:59
Seperti diketahui, David Beckham sempat memberikan pesan sebelum kick off Piala Dunia 2022. [Foto: AFP/Paul Ellis]

David Beckham menghadapi kritik lebih lanjut atas perannya sebagai duta Qatar setelah mengklaim Piala Dunia akan menjadi platform untuk kemajuan, inklusivitas, dan toleransi.

Dilansir The Guardian, Selasa (22/11/2022), Beckham, yang dilaporkan menerima 150 juta dari Qatar, memberikan penilaian optimisnya dalam pesan video yang diputar untuk tamu di festival pemuda "Generation Amazing" Komite Tertinggi di Doha, di mana dia juga mengatakan kepada mereka yang berkumpul bahwa "hari ini adalah harimu."

Masalah hak pekerja dan LGBTQ+ terus menjadi tema menjelang Piala Dunia kali ini, bersamaan dengan pertanyaan seberapa banyak Qatar telah berubah sejak dianugerahi turnamen pada tahun 2010.

"Qatar bermimpi membawa Piala Dunia ke tempat yang belum pernah ada sebelumnya, tapi itu tidak akan cukup hanya dengan mencapai sesuatu di lapangan," katanya.

"Lapangan akan menjadi platform untuk kemajuan."

Dia juga berkata: "Mimpi bisa menjadi kenyataan. Itu sebabnya kamu ada di sini. Anda berbagi semangat untuk permainan sepak bola dan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih toleran dan inklusif."


Dikritik Kelompok LGBTQ

Beckham semakin dikritik oleh kelompok LGBTQ+, dengan Di Cunningham, salah satu pendiri kelompok Three Lions Pride, pekan lalu mengatakan dia seharusnya tidak lagi dianggap sebagai sekutu yang hebat karena peran duta besarnya yang dibayar.

Namun, Beckham mengatakan Qatar dan para duta besarnya mengubah kehidupan menjadi lebih baik.

"Setiap pemain hebat yang cukup beruntung untuk bermain dengan saya memulai dengan cara yang persis sama," katanya.

"Hampir dua dekade yang lalu sekelompok kecil pecinta sepak bola dari Qatar memiliki mimpi yang sama fantastisnya: bahwa mereka dapat menghadirkan pertunjukan sepak bola terhebat di dunia ke negara asal mereka dan ke Timur Tengah untuk pertama kalinya.


Saat Piala Dunia 2022 Disinyalir Jadi Alat Politik Qatar

Pemenang untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 adalah Qatar! Itulah kata-kata Sepp Blatter, yang menjabat sebagai bos badan sepak bola dunia FIFA pada 2010, saat diumumkan bahwa acara olahraga terbesar di planet ini akan diselenggarakan di Timur Tengah untuk pertama kalinya.

Jadi bagaimana Qatar bisa mendapatkan hak untuk menjadi tuan rumah acara yang begitu gemerlap? Ini adalah pertanyaan yang membuat banyak orang bingung sejak dua belas tahun yang lalu.


Berbagai Kontroversi

Dalam banyak hal, jawabannya tetap diselimuti misteri. Ada banyak bukti yang menunjukkan adanya korupsi dan kecurangan.

Inti dari berbagai kasus kontroversi ini adalah Sepp Blatter, seorang administrator sepak bola Swiss yang menjabat sebagai presiden FIFA selama 17 tahun sejak 1998. Sepp Blatter tidak pernah jauh dari kontroversi selama menjabat sebagai presiden FIFA.

Di samping Sepp Blatter ada legenda sepak bola Michel Platini. Ia dianggap sebagai salah satu pesepak bola terhebat yang pernah ada dan dengan 72 caps Prancis atas namanya. Platini adalah presiden badan sepak bola Eropa EUFA selama delapan tahun sejak 2007.

Ada banyak alasan yang menunjukkan bahwa Qatar yang luasnya hanya lebih dari 11.000 kilometer persegi dan memiliki populasi yang kira-kira seukuran Greater Manchester (sekitar 3 juta orang), seharusnya tidak pernah masuk dalam daftar kehormatan terbesar dalam sepak bola.

Ronaldo Ingin 'Skakmat' Lionel Messi

Cristiano Ronaldo Ingin 'Skakmat' Lionel Messi di Piala Dunia 2022

Liputan6.com 2022-11-22 15:12:59
Timnas Portugal akan diisi nama-nama top di skuad mereka untuk Piala Dunia 2022 nanti. Fernando Santos telah mempersiapkan Cristiano Ronaldo, Joao Felix, dan Rafael Leao seabagai ujung tombak

Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo menyatakan bahwa dirinya ingin membuat Lionel Messi mati langkah atau skakmat, di Piala Dunia 2022.

Baru-baru ini Ronaldo membagikan foto dirinya dengan Lionel Messi yang sedang bermain catur dalam kampanye promosi untuk Louis Viton. Foto tersebut dibagikan melalui media sosial Twitter pada (20/11/2022).

"Kemenangan adalah keadaan pikiran. Sebuah tradisi panjang membuat koper yang difoto oleh @annieleibovitz untuk @LouisVuitton," tulis Cristiano Ronaldo.

Portugal akan melakoni laga perdana di Piala Dunia Qatar 2022 melawan Ghana di Stadion 974, Doha (24/11).

Menjalang laga tersebut, peraih Ballon d'Or lima kali tersebut sempat menyinggung tentang Messi.

"Sejujurnya saya ingin menjadi orang yang memberikan skakmat melawan dia (Messi). Mari kita lihat. Itu akan indah. Seperti yang terjadi di (foto) catur, akan ajaib jika itu terjadi di sepak bola juga," ucap Cristiano Ronaldo via The Sun dikutip dari i.

Ronaldo dan Messi telah menjadi rival abadi selama lebih dari satu dekade terakhir. Oleh karena itu, memenangkan Piala Dunia 2022 akan menjadi permata mahkota baru bagi keduanya.

Pasalnya, kedua pemain tersebut belum ada yang pernah membawa negaranya untuk memenangkan piala dunia sampai saat ini.

Victory is a State of Mind. A long tradition of crafting trunks photographed by @annieleibovitz for @LouisVuitton pic.twitter.com/0TsieZP40P

Cristiano Ronaldo baru bisa memberikan dua trofi untuk negaranya, Piala Eropa pada 2016 dan UEFA Nations League pada 2019. Lionel Messi juga sama, di mana pesepak bola berusia 35 tahun tersebut sukses memberikan dua piala untuk negaranya.

Kedua trofi tersebut yakni Copa America pada 2021 dan medali emas Olimpiade pada 2009.


Klasemen Piala Dunia 2022

Gibran soal Adu Jotos di Munas Hipmi

Gara-Gara Adu Jotos, Gibran Bandingkan Munas Hipmi dengan Muktamar Muhammadiyah

Liputan6.com 2022-11-22 15:07:42
Tangkapan layar video Munas Hipmi di Solo.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka buka suara terkait kericuhan yang terjadi saat pelaksanaan Munas Hipmi XVII di Hotel Alila Solo pada Senin malam (21/11/2022). Putra sulung Presiden Jokowi itu meminta peserta Munas Hipmi agar bercermin dari pelaksaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah yang berlangsung dengan lancar dan aman sehingga tidak perlu adanya adu jotos antarpeserta.

Adanya insiden tersebut, Gibran langsung mendatangi lokasi munas yang dipusatkan di Hotel Alila Solo pada Selasa pagi (22/11/2022). Kedatangan suami Selvi Ananda itu didampingi Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi. Mereka pun menemui Ketua Panitia Organizing Committee (OC) Munas Hipmi XVII, M Ali Affandi.

Gibran menyayangkan terjadinya kericuhan antarpeserta di sidang pleno Munas Hipmi yang digelar Senin malam (21/11/2022). Menurutnya dinamika yang terjadi dalam pemilihan pimpinan sebuah organisasi merupakan hal yang biasa. Meski begitu persaingan antar pendukung kandidat pimpinan jangan sampai berakhir dengan kericuhan.

"Tapi kalau bisa, kita itu ngasih contoh yang baik lah," ucapnya.


Tak Patuhi Nasihat

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Solo itu pun menyinggung nasihat dan pesan yang disampaikan para pejabat tinggi negara saat pembukaan Munas Hipmi pada Senin kemarin. Mereka berpesan kepada para peserta munas agar agenda pemilihan ketua umum BPP Hipmi berlangsung dengan damai dan kondusif.

"Kemarin kan udah, dari para-para pimpinan dan petinggi negara udah ngasih instruksi semuanya harus adem. Hipmi pengusaha harus jadi contoh," tegas Gibran.

Untuk menghindari kericuhan kembali, ia pun meminta kepada para peserta Munas Hipmi untuk bercermin dari kesuksesan pelaksanaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah. Dia menyebut pada muktamar itu dihadiri sekitar 3 juta muktamirin dan penggembira. Meski begitu pemilihan anggota PP Muhammadiyah dalam muktamar itu berlangsung dengan lancar dan aman.

"Iya, Muktamar Muhammadiyah yang melibatkan jutaan orang saja lancar, masak Hipmi enggak bisa," ucapnya.

Hijrah Sebelum Ajal Menjemput

Ki Joko Bodo, Tak Lagi Geluti Dunia Supranatural Sebelum Meninggal Dunia

Liputan6.com 2022-11-22 15:00:33
Ki Joko Bodo (Nurwahyunan/Fimela.com)

Agus Yulianto atau yang lebih dikenal dengan nama Ki Joko Bodo dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (22/11/2022) pagi. Kabar tersebut disampaikan oleh salah satu rekannya Ki Prana Lewu dan telah dikonfirmasi oleh sang anak.

Belum diketahui pasti apa yang menjadi penyebab Ki Joko Bodo meninggal dunia. Namun beberapa tahun lalu, dirinya sempat mengalami sakit hingga tak bisa berjalan. Tak lama, kondisinya diketahui membaik dan menggunakan alat bantu jalan.

Seperti diketahui, pria yang lahir di Singaraja, Bali ini dikenal luas sebagai individu yang menggeluti dunia supranatural. Selama bertahun-tahun, tak sedikit masyarakat yang percaya pada kemampuan mendiang Ki Joko Bodo di dunia paranormal.

Mendiang Ki Joko Bodo pun sempat mengungkapkan bahwa dirinya telah meninggalkan dunia supranatural tersebut dan memutuskan untuk hijrah. Ia mengaku bahwa dulu dirinya sempat menentang ayat-ayat Tuhan.

"Kalau menurut aku dari perbuatan-perbuatan yang melanggar hukum terhadap Tuhan, aku akan merasa lebih baik (kalau hijrah). Tadinya aku sangat menentang ayat-ayat Tuhan," ujar Ki Joko Bodo mengutip tayangan Hot Shot SCTV pada September 2022 lalu.


Pedulikan Kondisi Kesehatannya

Dalam kesempatan berbeda, pria berusia 57 tahun ini sempat mengaku ingin menjaga kondisi seiring bertambahnya usia. Menurutnya, saat tua, ada pertanda yang diberikan oleh alam dari Tuhan.

"Makin lama manusia itu makin bertambah umurnya. Kita harus menjaga semua penyakit. Aku selalu jaga kesehatan saja," kata mendiang Ki Joko Bodo dalam wawancara bersama Hot Issue Pagi Indosiar setahun lalu.

"Cuma yang kita tidak bisa melawan itu ketika rambut mulai memutih, kulit mulai mengendur, atau gigi mulai ompong. Itu adalah tanda-tanda alam yang diberikan Tuhan kepada manusia, kepada kita-kita orang," sambungnya.


Upaya Ki Joko Bodo untuk Hijrah

Sedangkan berdasarkan penjelasan putrinya Ayda Prasasti, sang ayah melakukan perubahan secara perlahan. Ternyata perubahan yang dilakukan oleh Ki Joko Bodo dilakukan tiba-tiba.

"Ayah itu enggak bilang apa-apa, tiba-tiba sudah potong rambut saja. Terus ngeliat, ayah sudah shalat. Kalau dengar adzan pada saat itu juga harus berhenti. Resmi selesai titik baliknya sekitar 2018," ujar Ayda mengutip Showbiz Liputan6.com.

Ki Joko Bodo pun mengaku hijrahnya tidak ingin diketahui oleh awak media. Dirinya menyampaikan pesan tersebut pada Ayda.

"Sebenarnya ayah itu perlahan gitu lho (hijrahnya), dan dia waktu (hijrah) itu sudah bilang enggak mau diliput sama media," kata Ayda.


Bendera Kuning dan Ucapan Duka Cita

Dalam unggahan terbaru Ayda, terlihat bendera kuning yang dipasang di depan rumah Ki Joko Bodo. Tak ada keterangan apapun yang dituliskan oleh Ayda dalam unggahan itu.

Namun, dalam foto terakhir yang diunggah Ayda pada laman Instagram, terdapat puluhan ucapan duka cita yang menghampiri untuk ayahnya tersebut.

Siap Rekrut Pegawai Lagi

Elon Musk Setop PHK Karyawan, Siap Rekrut Pegawai Lagi

Liputan6.com 2022-11-22 16:00:19
Kantor Pusat Twitter di San Francisco, California pada 4 November 2022. Setengah dari 7.500 karyawan Twitter diberhentikan pada 4 November, sebuah dokumen internal menunjukkan, ketika pemilik

Elon Musk dilaporkan akan berhenti melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) pada para karyawan Twitter. Hal ini diungkapkan oleh Elon Musk saat bertemu dengan para karyawaan perusahaan tersebut.

Dikutip dari The Verge, Selasa (22/11/2022), Musk menuturkan, perusahaan tidak akan lagi melakukan PHK pada karyawan. Di sisi lain, Twitter akan secara aktif merekrut karyawan untuk posisi insinyur dan penjualan.

Kendati demikian, CEO Tesla tersebut tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai kebutuhan karyawan yang akan direkrut perusahaan. Sebab hingga saat ini, informasi perekrutan belum tercantum dalam situs perusahaan.

Namun berdasarkan laporan dari orang mengetahui hal tersebut, Elon hanya menyebut orang hebat dalam menulis software akan menjadi prioritas tertinggi.

Dari laporan sebelumnya, Twitter juga disebut telah menghubungi sejumlah insinyur untuk diajak bergabung dalam Twitter 2.0 di bawah kepemimpinan Elon.

Sebagai informasi, pertemuan dilakukan Elon Musk pada awal pekan ini menjadi pertama kalinya, setelah ia memberikan ultimatum pada para karyawan untuk siap mengikuti budaya kerja baru sangat keras atau dikenal Twitter 2.0.

Dalam kesempatan itu, Elon Musk juga menjawab pertanyaan sejumlah karyawan, termasuk mengenai kemungkinan markas Twitter pindah ke Texas, seperti yang ia lakukan dengan Tesla.

Menjawab pertanyaan itu, ia menyatakan tidak memiliki rencana memindahkan kantor Twitter untuk saat ini. Namun, ia menyebut masuk akal untuk memiliki kantor pusat ganda di California dan Texas.

Ia juga mengakui reorganisasi karyawan Twitter yang sedang berlangsung membuat perusahaan sedikit goyah, tapi akan kembali stabil seiring berjalannya waktu. Elon Musk juga memiliki ide untuk mendesentralisasikan hal-hal teknis soal Twitter.

Oleh sebab itu, ia memiliki ide agar Twitter memiliki tim teknis di Jepang, India, Indonesia, dan Brasil. Kehadiran perusahaan di negara-negara itu tidak lepas dari jumlah pengguna Twitter besar di sana, seperti Jepang.


Elon Musk Tunda Peluncuran Centang Biru Berbayar Twitter

Di sisi lain, Elon Musk mengatakan, Twitter tidak akan meluncurkan ulang verifikasi akun berbayarnya, sampai mereka yakin tidak ada akun peniru dalam jumlah signifikan.

Musk beberapa waktu lalu sempat menyatakan rencana merilis ulang Twitter Blue pada 29 November 2022 mendatang. Namun, dalam sebuah pertemuan dengan karyawan, jadwal peluncuran ulang mungkin berubah.

"Kami mungkin akan meluncurkannya pekan depan. Kami mungkin tidak melakukannya," kata Musk dalam rekaman yang diterima The Verge, dikutip Selasa (22/11/2022).

"Tapi kita tidak akan meluncurkannya sampai ada kepercayaan diri tinggi untuk melindungi dari aksi pihak menirukan identitas itu," ujar pemilik baru Twitter.

Selain itu, Twitter kemungkinan perlu memberikan institusi dan perusahaan sebuah centang dengan warna berbeda. Ia tidak menjelaskan lebih lanjut dan mencatat hal ini masih dalam pertimbangan.

"Platform media sosial mana pun, dalam pandangan saya, apa pun itu, akan rentan terhadap botdan trollkecuali ada penghalang pembayaran untuk meningkatkan biaya bot dan troll secara signifikan," kata CEO Tesla.

Usai berita ini beredar, melalui akun Twitter resminya, Elon Musk juga mengonfirmasi mereka akan menahan peluncuran ulang langganan verifikasi centang biru.

"Menahan peluncuran ulang Blue Verified sampai ada kepercayaan diri tinggi untuk menghentikan impersonasi," kata Elon Musk. "Kami mungkin akan menggunakan warna centang yang berbeda untuk organisasi dengan individu."


Langganan Twitter Blue Disetop Sementara

Sebelumnya, Elon Musk menyebut akan meluncurkan ulang Twitter Blue pada 29 November 2022, setelah layanan ini sempat dihentikan usai munculnya banyak akun peniru dengan centang biru.

Saat itu, dengan membayar sekitar USD 8 per bulan, pengguna bisa mendapatkan layanan Twitter Blue, yang mencakup centang biru di samping namanya.

Dirilis pertama kali untuk iOS awal bulan November, Twitter Blue versi baru malah menimbulkan kekacauan usai sejumlah akun palsu dengan logo terverifikasi muncul di platform tersebut.

Dilansir The Verge, dikutip Rabu (16/11/2022), salah satunya yang viral adalah akun palsu Nintendo, yang mengunggah gambar karakter Mario sedang mengacungkan jari tengah.

Akun atas nama "Valve" dengan handle@valvesotfware, juga mencuit pengumuman palsu bahwa "platform kompetitif berikutnya" dari mereka akan bernama "Richocet: Neon Prime."

Mengutip Gamerant, ditemukan juga akun bercentang biru dengan nama "Rockstar Games" dan handle @RockstarGamse, yang mengklaim bahwa perusahaan akan secara resmi mengungkapkan Grand Theft Auto 6 pada pekan depan.

Akun lainnya juga mengatasnamakan perusahaan farmasi Eli Lilly, yang mengunggah cuitan dan mengklaim bahwa insulin sekarang tersedia gratis.

Kegaduhan ini membuat sejumlah perusahaan menghentikan iklan mereka di Twitter. Sebut saja di antaranya General Motors, General Mills, Audi, dan Volkswagen.

Perusahaan periklanan terbesar dunia Omnicom Media Group, juga memutuskan angkat kaki sementara dari Twitter.


Seluruh Kantor Twitter Tutup, Imbas Ratusan Karyawan Resign Massal

Sebelumnya, usai ratusan karyawan mengundurkan diri setelah ultimatum Elon Musk. Twitter dikabarkan menutup kantornya untuk sementara.

Dalam sebuah email yang dikirim ke karyawan, dikutip dari The Verge, Twitter mengumumkan bahwa kantor ditutup dan badge untuk akses kantor milik karyawan dinonaktifkan sampai Senin pekan depan.

Lebih lanjut, diberitakan oleh media Irlandia RTE, kantor Twitter di Dublin dan lokasi lain di dunia, juga ditutup.

Diketahui, ratusan karyawan kabarnya mengundurkan diri setelah munculnya ultimatum Elon Musk pada pekan ini, yang meminta mereka memilih untuk kerja sangat keras atau mundur dengan pesangon.

Dilansir The Verge, sebelum tenggat waktu pada hari Kamis waktu setempat, terdapat sekitar 2.900 karyawan yang tersisa di Twitter, usai Musk memecat sekitar setengah dari 7.500 orang pekerja.

Namun, tidak diketahui persis berapa jumlah karyawan yang memilih untuk cabut dari perusahaan setelah email Elon Musk. Diperkirakan ratusan orang.

"Saya tidak menekan tombolnya," kata seorang karyawan yang memilih keluar dalam unggahannya di Slack. "Jam saya berakhir di Twitter 1.0. Saya tidak ingin jadi bagian dari Twitter 2.0."

Seorang karyawan Twitter yang tersisa mengklaim, mengingat besarnya pengunduran diri pekan ini, platform media sosial itu diperkirakan akan segera hancur.

Seorang karyawan Twitter juga menyebut bahwa semua orang yang membuat Twitter jadi "luar biasa" pergi.

"Akan sangat sulit bagi Twitter untuk pulih dari sini, tidak peduli seberapa keras upaya orang-orang yang tetap bertahan."

(Dam/Ysl)

Lawan Rasisme Struktural, Terima Penghargaan

Meghan Markle dan Pangeran Harry Akan Terima Penghargaan karena Melawan Rasisme Struktural

Liputan6.com 2022-11-22 17:09:30
Meghan Markle didampingi suaminya Pangeran Harry tersenyum saat tiba di markas PBB (18/7/2022). Meghan dan Harry tampak kompak mengenakan pakaian serbahitam. (AP Photo/Seth Wenig)

Meghan Markle dan Pangeran Harry dilaporkan akan menerima Robert F. Kennedy Ripple of Hope Award, bulan depan. Kerry Kennedy, yang merupakan anak ketujuh Robert F. Kennedy, pun mengungkap alasan organisasi nirlaba hak asasi manusia tersebut memilih pasangan itu.

Dalam sebuah wawancara dengan situs berita online Spanyol Vanitatis El Confidencial, dilansir dari People, Selasa (22/11/2022), Kerry mengatakan bahwa Harry dan Meghan mencontohkan "keberanian moral" melawan ketidakadilan yang disebut ayahnya dalam pidato ikonis Ripple of Hope di Universitas Cape Town, Afrika Selatan, lebih dari 50 tahun lalu ketika apartheid berkuasa.

"Ketika ayah saya pergi ke Afrika Selatan pada 1966, ia berbicara di depan audiens kulit putih dan mengatakan bahwa masalah di generasi ini adalah berbicara tentang keadilan rasial," Kerry mengatakan.

Perempuan berusia 63 tahun itu menyambung, "Ia juga berbicara tentang keberanian moral, mengatakan bahwa hanya sedikit orang yang mempertanyakan rekan kerja, keluarga, dan komunitas mereka tentang struktur kekuasaan yang dipertahankan, dan inilah yang telah dilakukan Meghan Markle dan Pangeran Harry."

"Mereka pergi ke institusi tertua dalam sejarah Inggris dan memberi tahu bahwa apa yang mereka lakukan salah, bahwa mereka tidak boleh memiliki rasisme struktural di dalam institusi; bahwa mereka tidak dapat mempertahankan kesalahpahaman tentang kesehatan mental," lanjutnya, merujuk pada Kerajaan Inggris.

"Mereka tahu bahwa jika mereka melakukan ini akan ada konsekuensinya, bahwa mereka akan dikucilkan, mereka akan kehilangan keluarga mereka, posisi mereka dalam struktur ini, dan bahwa orang-orang akan menyalahkan mereka untuk itu. Mereka tetap melakukannya karena mereka percaya bahwa mereka tidak dapat 'hidup' dengan diri mereka sendiri jika tidak mempertanyakan otoritas ini. Saya pikir mereka telah heroik dalam mengambil langkah ini," imbuhnya.


Pengumuman Pemenang

Bulan lalu, Robert F. Kennedy Human Rights mengumumkan bahwa Harry dan Meghan adalah pemenang Ripple of Hope tahun ini untuk pekerjaan mereka dalam keadilan rasial, kesehatan mental, dan tindakan berdampak sosial lain melalui Archewell Foundation.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy juga menerima penghargaan Ripple of Hope atas kepemimpinannya yang berani di tengah invasi Rusia. Pemenang Ripple of Hope sebelumnya termasuk Dr. Anthony Fauci, Colin Kaepernick, Nancy Pelosi, mantan Presiden AS Barack Obama, dan Presiden AS Joe Biden.

Harry dan Meghan diperkirakan akan menghadiri gala penghargaan Ripple of Hope tahunan di New York City pada 6 Desember 2022. Acara ini akan dipandu oleh Alec Baldwin.

Kerry sebelumnya menekankan keberanian Harry dan Meghan dalam keputusan bersejarah mereka untuk mundur dari peran senior Kerajaan Inggris. "Ketika Duke dan Duchess menerima undangan pemenang penghargaan kami pada Maret (2022), kami sangat senang," katanya.

"Pasangan ini selalu menonjol karena kesediaan mereka untuk berbicara dan mengubah narasi tentang keadilan rasial dan kesehatan mental di seluruh dunia," Kerry menyambung dalam sebuah pernyataan bulan lalu.


Tuduhan Rasisme

Lebih lanjut Kerry berkata, "Mereka mewujudkan jenis keberanian moral yang ayah saya pernah sebut 'satu kualitas penting dan vital bagi mereka yang berusaha mengubah dunia yang menghasilkan perubahan paling menyakitkan.'"

Sebagaimana diketahui, Harry dan Meghan mundur dari peran senior Kerajaan Inggris pada Maret 2020, dan blak-blakan tentang dugaan rasisme yang mereka hadapi dalam wawancara dengan Oprah Winfrey, satu tahun kemudian.

Yang paling mengkhawatirkan, Meghan mengatakan bahwa ada "kekhawatiran dan percakapan tentang betapa gelapnya kulit (Archie) ketika ia lahir" yang disuarakan anggota keluarga kerajaan. Harry kemudian mengatakan bahwa, baik Ratu Elizabeth II maupun Pangeran Philip, tidak berkomentar.

Segera setelah itu, Istana Buckingham merilis pernyataan atas nama Ratu Elizabeth untuk mengatasi masalah yang diangkat selama wawancara pasangan Sussex. "Seluruh keluarga sedih mengetahui betapa menantangnya beberapa tahun terakhir bagi Harry dan Meghan," katanya.

"Isu-isu yang diangkat, terutama ras, sangat memprihatinkan," lanjutnya. "Meski beberapa ingatan mungkin berbeda, mereka ditanggapi dengan sangat serius dan akan ditangani oleh keluarga secara pribadi. Harry, Meghan, dan Archie akan selalu jadi anggota keluarga yang sangat dicintai."


Ternyata Ulah Camilla?

Dalam sebuah buku baru berjudul Revenge: Meghan, Harry, and the War Between the Windsorskarya Tom Bower dituliskan bahwa Camilla diduga telah membuat lelucon rasis tentang seperti apa rambut anak Meghan dan Harry di masa depan.

"Selama minggu-minggu itu, Harry bertemu Charles dan Camilla di Clarence House. Dalam versi Harry, percakapan berganti-ganti antara serius dan bercanda dan menyentuh tiga topik," tulis Bower dalam kutipan yang diperoleh Page Six.

Pertama, sambung Bower, Harry diberitahu bahwa Meghan semestinya melanjutkan karier aktingnya. Kedua, Scotland Yard seharusnya tidak dibayar untuk menjaga pasangannya, yakni Meghan, selama 24 jam.

"Dan ketiga, menurut Harry, seseorang berspekulasi tentang seperti apa calon anaknya akan 'terlihat.' Salah satu versi menyebut, Camilla berkata, 'Bukankan akan lucu bila anakmu memiliki rambut Afro warna merah?'" tulis Bower.

Harry saat itu disebut tertawa mendengar komentar tersebut, tapi menurut Bower, reaksi Meghan terhadap percakapan itu mengubah kegelian Harry jadi kemarahan. "Kecurigaan Pasangan Sussex bahwa Duchess of Cornwall telah membuat komentar rasis tentang (anak mereka yang belum lahir) Archie telah menyulut kecaman menakutkan terhadap seluruh keluarga kerajaan," klaim Bower.

Mengapa Gempa Cianjur Mematikan?

HEADLINE: Gempa Magnitudo 5,6 di Cianjur Tewaskan 268 Orang, Mengapa Sangat Mematikan?

Liputan6.com 2022-11-23 00:03:36
Foto udara memperlihatkan bangunan yang roboh akibat gempa di Kampung Kadudampit, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022. Data dari BPBD Kabupaten Cianjur mencatat, hingga pukul 21

Adi Darmawan bersama sejumlah pegawai Lingkungan Hidup DKI Jakarta panik berhamburan keluar gedung saat merasakan guncangan akibat gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin 21 November 2022 siang sekitar pukul 13.30 WIB.

Adi dan sejumlah pegawai lainnya diketahui sedang menggelar rapat di lantai empat. Namun, akibat guncangan gempa tersebut membuatnya langsung lari menyelamatkan diri keluar gedung Dinas Lingkungan Hidup yang berada di Kramat Jati, Jakarta Timur.

Selain itu, kepanikan akibat gempa Cianjur juga dirasakan oleh Wakil Ketua KPK Nawawi Pamolongo. Nawawi bersama sejumlah pegawai KPK langsung bergegas menuruni anak tangga dari lantai 15 menuju pintu keluar Gedung KPK di Kuningan, Jakarta Selatan. Rasa lelahnya tak dihiraukan. Ia keluar gedung setelah merasakan getaran gempa.

Getaran gempa Cianjur ini juga dirasakan di Gedung DPR RI saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan SAR Nasional (Basarnas) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Gempa Cianjur tercatat berada di kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut dan telah menggetarkan sejumlah wilayah. BMKG mencatat ada 16 wilayah yang merasakan guncangan gempa dengan skala yang beragam.

Adapun lokasi gempa terletak pada koordinat titik 6,84 Lintang Selatan (LS) dan 107,05 Bujur Timur (BT). Atau lebih tepatnya di 10 kilometer barat daya, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kepala BNPB Suharyanto menyatakan, per pukul 17.49 WIB, total korban gempa meningggal yang sudah ditemukan sebanyak 268 orang. Sementara itu, 122 yang baru teridentifikasi.

"Korban jiwa meninggal dunia sekarang ada 268. Dari 268 itu, yang sudah terindentifikasi siapa-siapanya ini sebanyak 122 jenazah," kata dia, dalam konferensi pers secara daring, Selasa (22/11/2022).

Surhayanto menyebut pihaknya masih terus melakukan evakuasi dan pencarian terhadap korban hilang. Sehingga, kata dia. data korban akan senantiasa diperbarui secara berkala.

"Kemudian di samping tadi 268, masih ada korban hilang sejumlah 151," kata dia.

Adappun Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut, sebanyak 14 posko pengungsian didirikan untuk memfasilitasi warga berjumlah 13.784 pengungsi yang terdampak gempa Cianjur berkekuatan 5,6 magnitudo. Menurutnya titik yang terdampak gempa luar biasa berada di Kecamatan Cugenang.

"Seluruh infrastruktur evakuasi sudah berdatangan, alat berat dari TNI sudah disiapkan, TNI-Polri sudah siap, dapur umum sudah siap, akan dihadirkan di titik pengungsian," kata Ridwan.

Dia mengatakan kini aliran listrik di Kabupaten Cianjur belum sepenuhnya pulih. Pasalnya dari tiga gardu PLN di Cianjur, menurutnya hanya satu gardu yang kini bisa beroperasi.

"Baru hampir 20 persen yang bisa hidup lagi sampai malam ini, jadi mohon maaf ke warga Cianjur, PLN akan kerja keras maksimal tiga hari untuk kembali normal, mudah-mudahan bisa lebih cepat," Ujarnya.

Menurutnya di beberapa titik terdampak gempa masih dalam kondisi yang gelap karena minim penerangan. Sehingga menurutnya korban berpotensi masih mengalami pertambahan.

"Diduga masih ada warga yang hilang dan terperangkap ambruk, sehingga kami menduga jumlah korban akan bertambah dalam hitungan waktu," Pungkasnya.

Gempa Kuat dan Merusak

Menurut Dosen Teknik Geofisika Institut Teknologi Bandung (ITB), Zulfakriza Z, gempa yang melanda Cianjur pada 21 November 2022 merupakan gempa yang tergolong sangat merusak, terlebih dengan banyaknya gempa susulan yang terjadi.

"Gempa ini tergolong gempa yang kuat dan merusak. Dan ditambah dengan sejumlah gempa susulan (62 gempa susulan) menurut data BMKG pada pukul 19.00 WIB," kata Zulfakriza dikutip dari Instagram @seisnote, Selasa, (22/11/2022).

Adapun terkait penyebab terjadinya gempa,dia menyebut gempa terpicu oleh sesar aktif yang bergerak secara mendatar dengan arah mengiri atau left lateral strike slip.

"Berdasarkan data dari katalog BMKG, posisi gempa utama dan gempa susulan berada di bagian utara dari Zona Sesar Cimandiri segmen Rajamandala dan Nyalindung," Ujarnya.

Kendati demikian, Anggota Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) ini mengatakan, sumber sesar yang menjadi pemicu gempa berkekuatan Magnitudo 5,6 di Cianjur tersebut belum terpetakan dalam Buku Bahaya Gempa Indonesia.

"Untuk itu, Diperlukan kajian Seismologi lebih lanjut untuk memahami sumber pemicu gempa Magnitudo 5,6 di Cianjur," Pungkasnya.

Sementara itu, Dosen Teknik Geologi Institut Teknologi Bandung (ITB), Astyka Pamumpuni, mengungkapkan beberapa kemungkinan penyebab gempa bumi magnitudo 5,6 yang mengguncang Cianjur, Jawa Barat pada Senin 21 November 2022 lalu.

Astyka mengatakan, secara tren gempa Cianjur memang terlihat mengarah pada sesar Cimandiri, Namun. posisinya tidak tepat di sesar Cimandiri yang sudah terpetakan oleh Pusgen (Pusat Studi Gempa Nasional).

"Jadi ada beberapa kemungkinan (Penyebab Gempa), pertama apakah sesar yang kita petakan di Pusgen posisi nya tidak itu yang aktif atau ini adalah sesar yang lain. Jadi ada dua kemungkinan," kata Astyka kepada Liputan6.com, Selasa (22/11/2022).

"Hal ini dikarenakan posisi sesar Cimandiri tersebut terlalu jauh. Posisinya sekitar 12 kilometer lebih antara peta sekarang yang dipetakan sebagai sesar aktif Cimandiri dengan gempa yang kemarin terjadi," Tambahnya.

Lebih lanjut, kata Astyka, wilayah Cianjur sendiri apabila dilihat dari peta Pusgen sebenarnya masih berada di area bahaya Cimandiri. Namun, banyak yang berpendapat bahwa posisi Cimandiri sendiri tidak dekat dan cukup jauh ke arah Utara.

"Saya pribadi masih menunggu after shock. biasanya cukup banyak, nanti klasternya kelihatan kemudian kita coba cek dilapangan bagaimana," Ujarnya.

Terkait potensi gempa susulan, Astyka menyampaikan terjadinya gempa susulan kemungkinan masih ada dan biasanya lebih kecil dari gempa utama.

"Kalau lihat frekuensinya banyak sekali kemarin (Gempa susulan) kalau tidak salah sudah 100-an sekian sampai tadi malam atau tadi pagi sudah 100-an, itu dari BMKG sudah melaporkan kalau gempa susulan pasti ada," Jelasnya.


Pusat Gempa Bukan di Sesar Cimandiri

Pakar Kegempaan Indonesia Danny Hilman Natawidjaja menyatakan gempa tektonik yang mengguncang Cianjur dengan kekuatan magnitudo 5,6 disebabkan oleh bergesernya patahan sesar gempa.

Namun, dia memastikan bergesernya patahan sesar yang menyebabkan gempa tak terjadi di Sesar Cimandiri seperti yang diperkirakan banyak orang.

"Patahan geser tapi bukan di Sesar Cimandiri yang sudah ada di peta kami (Pusgen)," kata Danny kepada Liputan6.com, Selasa (22/11/2022).

Danny menambahkan lokasi patahan memang belum diketahui secara tepat. Mengingat, tak pernah dipetakan dengan pasti sebelumnya.

"Kita juga belum tahu lokasi tepatnya di mana karena belum pernah dipetakan," lanjut dia.

Danny menjelaskan Sesar Cimandiri berada sekitar 10 hingga 20 kilometer (km) di selatan episenter gempa yang terjadi di Cianjur saat ini. Tepatnya, kata dia melewati daerah Cibeber.

Kendati jalur patahan belum dipetakan, Danny tak menampik jalur sesar gempa Cianjur cukup dekat. Diketahui, gempa Cianjur dengan magnitudo 5,6 telah menewaskan 162 orang.

Selain itu, menurut Danny banyaknya korban tewas dalam bencana gempa bumi ini juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti konstruksi bangunan yang tidak baik.

Mengenai hal ini, Danny menyarankan tim ahli untuk dapat mengkaji kelayakan konstruksi bangunan di lokasi terjadinya gempa di Cianjur.

"Jalur sesar gempanya dekat dan konstruksi bangunannya mungkin tidak baik (perlu dikaji di lapangan oleh tim ahli)," ungkap dia.

Lebih lanjut, Danny menilai lokasi gempa juga sangat rawan. Namun, menurut di lokasi gempa saat ini tidak masuk dalam zona megatrust.

Sementara itu, terkait potensi gempa susulan di Cianjur, Danny menyampaikan kemungkinan terjadinya gempa susulan memang ada.

Meskipun demikian, dia menuturkan gempa susulan kemungkinan akan lebih kecil dari gempa utama yang terjadi Senin 21 November 2022 siang kemarin.

"Gempa susulan lebih kecil dari gempa utama," kata dia.

Di sisi lain, Peneliti gempa dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Endra Gunawan, mengatakan penyebab dari jatuhnya ratusan korban meninggal dunia akibat gempa Cianjur berkorelasi pada bangunan yang menimpa atau longsor yang terjadi.

"Jadi dampak dari gempa berupa bangunan roboh atau longsor itu yang menjadikan jumlah korban begitu besar. Jika bangunan itu memiliki holding time atau waktu tunggu keluar rumah akibat getaran, mungkin korban yang berjatuhan tidak sebanyak ini," Kata Endra kepada Liputan6.com, Selasa (22/11/2022).

Adapun terkait penyebab gempa Cianjur yang diduga akibat adanya pergeseran sesar Cimandiri, Endra menyebut hal itu kurang dapat diyakinkan. Mengingat, sesar Cimandiri merupakan sesar naik bukan sesar geser.

"Dari informasi mekanisme fokus BMKG, Apabila penyebab gempa M 5,6 berada 15 sampai 20 Kilometer sebelah utara sesar Cimandiri, itu bukan sesar Cimandiri sebenarnya, tapi sesar lain dengan mekanisme geser," Ujarnya.

Lebih lanjut, kata Endra, secara kewilayahan, Cianjur sejatinya memiliki kedekatan wilayah dengan lokasi sesar Cimandiri. Namun, perlu diketahui ada sesar lain yang justru lebih dekat dengan wilayah Cianjur dan belum terpetakan.

"Ini sebenarnya pembelajaran kita bahwa masih perlunya studi-studi lebih lanjut dan invesitasi yang baik terkait sumber-sumber sesar yang dekat dengan perkotaan. Hal ini dikarenakan dampak gempa akan berafiliasi terhadap jumlah penduduk setempat," Kata Endra.

Mengapa Gempa Cianjur Begitu Mematikan?

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan, Cianjur memang merupakan salah satu daerah seismik aktif dan kompleks yang menjadikannya sebagai salah satu daerah rawan gempa, selain Sukabumi, Lembang, Purwakarta, dan Bandung.

"Hasil monitor BMKG di daerah itu sering terjadi gempa dengan berbagai variasi dan kedalaman," kata Daryono kepada Liputan6.com, Selasa (22/11/2022)

Terkait kompleksitas, lanjut dia, daerah itu merupakan daerah jalur gempa aktif seperti keberadaan sesar Cimandiri, Padalarang, Lembang, Cirata, dan masih banyak lagi sesar-sesar minor yang berada di wilayah tersebut, sehingga menjadikan kawasan tersebut menjadi kawasan gempa secara permanen.

Daryono merinci ada tiga hal yang menyebabkan gempa Cianjur begitu sangat mematikan, pertama, kedalaman gempa yang dangkal. Menurut Daryono, gempa yang terjadi di Cianjur kemarin masuk dalam kategori kerak dangkal, yang memiliki gempa susulan cukup banyak.

"Masih ada potensi gempa susulan. Apakah itu lebih besar? Itu masih unexpectable. Yang pasti karakteristik gempa kerak dangkal akan diikuti aktivitas gempa susulan yang cukup banyak," tuturnya.

Faktor kedua adalah, struktur bangunan yang tidak memenuhi standar aman gempa. Dikutip dari laman Dinas Pekerjaan Umum (DPU), bangunan yang tahan gempa adalah konstruksi bangunan yang bisa merespons gempa, dengan sikap bertahan dari keruntuhan dan bersifat fleksibel untuk meredam getaran gempa.

Bangunan tahan gempa merupakan bangunan yang dirancang dan diperhitungkan secara analisis, baik kombinasi beban, penggunaan material, dan penempatan massa strukturnya.

Dan faktor ketiga mengapa gempa Cianjur begitu sangat mematikan menurut Daryono adalah, masih banyaknya warga yang bermukim di daerah tanah lunak (local site effect-efek tapak) dan perbukitan (efek topografi).

Dilihat dari topografinya, Cianjur memang merupakan wilayah yang sebagian besar adalah pegunungan, kecuali di sebagian pantai selatan, yang berupa dataran rendah yang sempit.


Jokowi Tinjau Lokasi Gempa di Cianjur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Selasa (22/11/2022) pukul 11.25 WIB. Kunjungan kerja Jokowi kali ini untuk memastikan korban gempa Cianjur mendapatkan penanganan yang baik.

Mengutip siaran pers Biro Sekretariat Presiden, Jokowi nantinya akan meninjau langsung dampak bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur yang terjadi pada Senin kemarin.

"Beberapa lokasi yang akan ditinjau langsung adalah rumah sakit, daerah terdampak bencana, dan juga posko pengungsian," ucap Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, seperti dikutip Selasa (22/11/2022).

Sebagai informasi, Jokowi memilih menuju Kabupaten Cianjur lewat jalur darat dengan menggunakan kendaraan roda empat ketimbang jalur udara dengan helikopter. Hal ini dilakukan agar dapat melihat langsung akses jalan yang rusak akibat gempa.

"Presiden lebih memilih menggunakan mobil untuk memastikan akses jalan yang sempat tertutup akibat gempa, sudah kembali terbuka," tutur Bey.

Selain itu, lanjut Bey, Presiden Jokowi ingin memastikan bantuan logistik, seperti makanan, minuman, obat-obatan, sembako, dan bantuan lainnya untuk korban gempa tidak menemui hambatan dalam pendistribusiannya.

Diketahui, gempa magnitudo 5,6 yang berpusat di Cianjur pada Senin 21 November 2022 kemarin berdampak pada terputusnya akses jalan nasional Cianjur-Cipanas-Puncak Bogor. Akses jalan Cianjur-Bogor itu tertutup akibat tanah longsor.

"Ada dua jalan yang sekarang mengalami tidak bisa ditembus karena longsor yaitu satu jalan nasional dan satu jalan kabupaten," kata Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Selasa (22/11/2022).

Muhadjir menargetkan pembukaan akses jalan yang menghubungkan wilayah Cianjur dan Bogor tersebut dapat dilewati sore hari ini. Menurutnya, Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana sudah menyampaikan bahwa jalan itu dapat dilalui dalam 3,5 jam.

"Diharapkan dan kita target hari ini selesai sehingga akses kendaraan tidak akan terganggu. Kapolda sudah janji jalan nasional itu 3,5 jam mulai jam sekarang, sehingga 3,5 jam ke depan sudah bisa dilewati, begitu juga jalan kabupaten nanti kita usahakan ditangani secara simultan," kata dia.

Menurutnya, akses jalan harus terbuka hari ini juga untuk memudahkan akses pemberian bantuan bagi korban terdampak longsor dan gempa Cianjur.

"Akses jalan Bogor-Cianjur pokoknya hari ini selesai. Tiga setengah jam setelah ini sudah bisa dilalui," kata dia.

Saat ini, kata Muhadjir, fokus tanggap bencana yakni menyelamatkan korban yang masih tertimbun reruntuhan bangunan akibat gempa.

"Prioritas yang sekarang kita lakukan yaitu membongkar atau menggali timbunan-timbunan yang kemungkinan di dalam timbunan itu ada korban, terutama korban hidup. Kita harapkan hari ini selesai," pungkasnya.


Pemantauan Korban Gempa

Tim SAR melakukan pemantauan dari udara untuk mencari lokasi wilayah terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Selasa (22/11/2022). Pemantauan itu juga dilakukan untuk mengetahui korban tertimpa reruntuhan bangunan akibat gempa yang melanda Cianjur pada Senin (21/11/2022).

"Helikopter Basarnas melakukan pemantauan udara untuk memastikan titik-titik terparah," kata Analis Pencarian dan Pertolongan (SAR) Nasional, Joshua Banjarnahor dalam keterangan tertulis, Selasa (22/11/2022).

Adapun berdasarkan hasil pemotretan udara, wilayah yang terdampak parah yaitu Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Selain pemantauan via udara, tim rescue Basarnas juga melakukan pencarian diduga korban tertimbun reruntuhan menggunakan alat CSSR (Collapse Structure Search and Rescue).

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta tim tanggap darurat mendahulukan pencarian korban tanah longsor dan gempa di Cianjur, Jawa Barat.

"Untuk korban-korban yang masih tertimbun saya perintahkan itu didahulukan. Evakuasinya, penyelamatan itu didahulukan," kata Jokowi saat meninjau lokasi jalan tertimbun longsor di Cugenang, Cianjur, Selasa (22/11/2022).

Jokowi juga menyatakan telah memerintahkan kepada Menko PMK, BNPB, Basarnas, Menteri PUPR, TNI dan Polri untuk membantu menangani bencana gempa dan longsor yang terjadi di Cianjur.

"Utamanya yang berkaitan dengan akses, pembukaan akses yang tertimbun longsor," kata dia.

Jokowi berjanji akan memberikan bantuan rehabilitasi bagi rumah warga yang rusak parah, sedang, dan ringan. Besaran bantuan mulai dari Rp50 juta hingga Rp10 juta.

"Untuk rusak berat Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta dan yang rusak ringan Rp10 juta," bebernya.

Namun, bagi korban yang mendapat bantuan tersebut diwajibkan membangun atau memperbaiki rumahnya memakai standar bangunan yang anti gempa.

"Karena disampaikan oleh BMKG bahwa gempa ini adalah gempa siklus 20 tahunan. Sehingga bangunan rumahnya kita arahkan anti gempa," pungkasnya.