Lolos dari Maut Usai Tertimbun 3 Hari

Kisah Azka Bocah yang Ditemukan Selamat Usai 3 Hari Tertimbun Reruntuhan Gempa Cianjur

Liputan6.com 2022-11-23 15:32:44
Azka, bocah berusia 4 tahun korban gempa Cianjur akhirnya ditemukan selamat meski sempat tertimbun reruntuhan gempa selama 3 hari 2 malam. (Liputan6.com/ Ist)

Azka, bocah berusia 4 tahun korban gempa Cianjur akhirnya ditemukan selamat meski sempat tertimbun reruntuhan gempa selama 3 hari 2 malam. Selama sekitar 60 jam tanpa makan dan minum Azka terkurung dalam reruntuhan gempa.

Tembok yang runtuh masih tertahan tembok lain sehingga tidak menimpa bocah ini. Namun tidak demikian dengan ibu kandungnya yang sebelumnya ditemukan dalam kondisi meninggal. Neneknya yang serumah dengannya, hingga Rabu siang juga belum ditemukan.

"Kasihan (anak) ini," dua kata terucap dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM Mahfud MD saat menjenguk Azka Maulana Malik di RSUD Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022).

Azka merupakan salah satu dari 151 orang yang dinyatakan hilang oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berdasarkan data Selasa (22-11). Namun Azka berhasil ditemukan hari ini, Rabu (23/11/2022) pukul 11.15 WIB di rumahnya yang ambruk.

Bocah tersebut merupakan warga dari Kampung Rawa Cina, Desa Nagrak, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. Adapun Kecamatan Cugenang merupakan wilayah paling parah terdampak akibat gempa Cianjur.

Dengan kejadian gempa pada Senin itu, Azka belum diketahui nasibnya selama 3 hari dua malam di tengah reruntuhan bangunan rumahnya. Ia bertahan hidup tanpa makan maupun minum.

Untungnya, bangunan rumahnya yang ambruk itu tidak menimpa Azka dan menimbulkan luka. Pasalnya, tembok yang ambruk di rumah Azka masih tertahan oleh tembok yang setengahnya telah ambruk sehingga menciptakan ruang sempit, tempat di mana Azka 'hilang'.

Kini Azka telah selamat dan menjalani perawatan medis di RSUD Cianjur yang terletak di Tenda C. Adapun pasien korban gempa di RSUD Cianjur memang dirawat di luar gedung guna mengantisipasi gempa.

Sebelumnya, Rabu pagi tadi, Tim SAR mulai melakukan pencarian yang difokuskan di empat titik di Kecamatan Cugenang. Di lokasi itu diduga masih banyak korban yang tertimbun oleh bangunan maupun longsor tanah.

Tim SAR itu merupakan tim gabungan yang terdiri dari personel Basarnas, TNI, Polri, hingga petugas pemadam kebakaran dan para relawan kebencanaan. Tim tersebut pun menyisir kawasan Cugenang, tak terkecuali Kampung Rawa Cina.

Kemudian sejumlah personel Tim SAR itu berkoordinasi dengan warga untuk menunjukkan titik diduga adanya korban yang tertimbun.

Paman Azka, Wahyudin (29), saat itu menunjukkan kepada personel Tim SAR di mana Azka diduga berada terakhir kalinya sebelum gempa Bumi melanda. Menurut Wahyudin, Azka berada di kamarnya yang kini bangunannya telah ambruk.

"Kan kalau jam-jam segitu, Azka itu biasanya tertidur di kamarnya sendirian," kata Wahyudin.

Akhirnya para personel dari Tim SAR mencoba membobol tembok kamar yang telah ambruk di rumah Azka. Yang ditemukan adalah kayu lapis atau tripleks. Akan tetapi, saat itu pula ditemukan ada tanda-tanda kehidupan.

Saat itu, Azka mulai melihat cahaya dan tangan-tangan dari petugas Tim SAR yang berusaha meraihnya. Dan akhirnya Azka berhasil dikeluarkan dari reruntuhan bangunan dan langsung diserahkan ke pamannya.

Suasana bahagia sekaligus haru pun menyelimuti pada detik-detik penyelamatan Azka sebagai titik harapan warga lainnya. Pasalnya, di desa tersebut bukan hanya Azka yang dinyatakan hilang.

Azka pun kemudian dilarikan ke RSUD Cianjur secepat mungkin menggunakan ambulans untuk mendapatkan perawatan medis, ditemani oleh paman beserta bibinya.


Kondisi Keluarga Azka

Meski Azka selamat, ibu kandungnya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Adapun ayah kandung Azka, kini tengah dalam perjalanan dari Bandung ke Cianjur setelah mendengarkan kabar Azka selamat.

Di samping itu, nenek Azka pun kini masih dalam upaya pencarian oleh Tim SAR. Wahyudin menduga nenek Azka masih terperangkap di rumah Azka yang ambruk itu karena di rumah itu ada tiga orang yang tinggal yakni Azka, ibunya, dan neneknya.

Komandan Resimen Pasukan 1 Pelopor Brimob Petugas SAR Iptu Eddy mengatakan di Kampung Rawa Cina itu ada 51 personel SAR dan 10 petugas preventif yang melakukan pencarian korban.

"Dilaporkan satu korban wanita masih tertimbun, sedang dalam proses pencarian menggunakan peralatan dari Damkar," kata Eddy.

Bagi petugas, ditemukan dan diselamatkannya Azka dalam kondisi hidup menjadi penyemangat untuk menemukan korban-korban lain yang masih dinyatakan hilang.

Tertimbun Reruntuhan Rumah Saat Zikir

Cerita Korban Selamat Gempa Cianjur, Tertimbun Reruntuhan Rumah Saat Zikir

Liputan6.com 2022-11-23 05:34:12
Reruntuhan bangunan di Cianjur setelah wilayah tersebut diguncang gempa magnitudo 5,6. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Gempa berkekuatan magnitudo 5,6 di Cianjur, Jawa Barat, menyisakan berjuta kisah duka dari para korban. Cerita pilu mereka yang harus kehilangan anggota keluarga, teman dekat, hingga kerabat.

Cerita ribuan orang yang harus kehilangan rumah dan entah bagaimana kelangsungan hidup mereka setelahnya.

Namun, tak sedikit pula dari mereka yang mengucap syukur kendati rumah dan harta bendanya lenyap. Ya, mereka yang selamat keluar dari reruntuhan bangunan. Terlebih, mereka yang tak kehilangan satu pun anggota keluarga yang disayangi.

Aang Supardin (45),warga Kampung Senen, Desa Nyalindung, Kecamatan Cugenang, Cianjuryang berhasil lolos dari maut meski terkubur material bangunan rumahnya pada Senin (21/11/2022) siang.

"Alhamdulillah, saya selamat dari maut. Padahal waktu itu saya berfikir akan mati," ucap Aang, Selasa (22/11/2022).

Bapak tiga anak ini menceritakan kronologi kejadian gempa bumi yang meruntuhkan rumahnya hingga lolos dari maut.

Saat getaran gempa terasa pada pukul 13.21 WIB, Aan sedang berzikir usai menunaikan salat dzuhur di kamarnya. Sementara tiga anaknya sedang bermain di luar. Sedangkan istrinya Siti Nurjanah (35), duduk di teras samping rumahnya.

Bersamaan dengan guncangan gempa, atap dari beton dan dinding rumahnya ambruk. Reruntuhannya menimpa dia.

"Untungnya reruntuhan bangunan tidak langsung nimpa saya tapi kena lemari dulu, jadi saya ketahan lemari," ujarnya.

Ketika tertimpa lemari pakaian, ia masih sadar dan berdoa sambil berusaha mengirup udara bercampur debu. Saat itu, dia melihat ada cahaya yang masuk dari lubang.

"Waktu itu, saya berpikir bisa keluar mengikuti lubang itu," tutur Aang.

Ia pun akhirnya berjuang untuk keluar dari reruntuhan rumah. Aang menggerakkan tubuhnya perlahan mengikuti lubang seukuran badan itu.

"Saya pelan-pelan ngesot, terus dekatin lubang. Setiap ada puing kecil yang ngehalangin, saya geser pelan-pelan supaya enggak roboh," ucapnya.

Aang akhirnya berhasil mengeluarkan seluruh tubuhnya dari reruntuhan.


Sang Istri Berjuang Selamatkan Diri

Di waktu yang sama, Siti Nurjanah juga sedang berjuang untuk bisa keluar dari reruntuhan rumah. Saat rumahnya ambruk, sebagian tubuh Nurjanah tertimpa bangunan.

"Supaya bisa keluar, saya menggerak-gerakan tubuh kaya ular," ujar Nurjanah.

Beruntung luka yang dialami Nurjanah tidak begitu parah. Hanya luka ringan di pinggang dan kedua kakinya. Begitu juga Aang, hanya mengalami luka di kepala akibat tertimpa reruntuhan bangunan.

"Alhamdulillah, Allah masih sayang dan menjaga kami sehingga selamat dari maut," ucapnya bersyukur.

Aang dan Nurjanah tidak bisa membayangkan jika pasangan suami istri ini meninggal dunia di waktu yang sama. Ketiga anaknya yang masih kecil bakal jadi yatim piatu.

"Saya langsung mikir, ya Allah kami berdua meninggal anak saya siapa yang ngejaga, ngebimbing," ujarnya.

Saat ini, keluarga Aang tinggal di tenda darurat tepat di halaman rumahnya yang sudah rata dengan tanah.

Arab Saudi Menang, Pangeran MBS Sujud Syukur

Momen Pangeran Mohammed bin Salman Sujud Syukur Usai Arab Saudi Menang Lawan Argentina

Liputan6.com 2022-11-23 13:32:34
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman terlihat merayakan kemenangan negaranya atas Argentina di Piala Dunia FIFA 2022 (Instagram).

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman terlihat merayakan kemenangan negaranya atas Argentina di Piala Dunia FIFA 2022.

Hal ini terungkap dari gambar yang dibagikan di Instagram oleh saudaranya Pangeran Saud, dikutip dari laman english.alarabiya.net, Rabu (23/11/2022).

Barisan pertama pewaris takhta Saudi itu terlihat dalam salah satu gambar sedang memeluk saudara laki-lakinya saat menonton pertandingan bersama anggota keluarga lain.

Arab Saudi mengejutkan dunia olahraga ketika tim nasional mereka mengalahkan raksasa sepak bola Argentina 2-1 dalam pertandingan pertama di Piala Dunia Qatar.

Argentina sangat diunggulkan untuk menang tetapi akhirnya kehilangan tenaga di babak pertama karena aturan offside.

Arab Saudi tampil kuat di awal set kedua, mencetak dua gol secara beruntun dan membuat Argentina tidak mampu bangkit.

Kekalahan yang mengejutkan itu menghancurkan Argentina di Piala Dunia yang kemungkinan akan menjadi laga terakhir bagi striker Lionel Messi.

Raja Salman mengumumkan deklarasi libur nasional usai timnas Arab Saudi mengalahkan Argentina di Piala Dunia 2022. Arab Saudi menang dengan skor 2-1 di Stadion Lusail.

Kemenangan Arab Saudi mematahkan rekor Argentina yang selalu menang di pertandingan perdana Piala Dunia selama lebih dari 30 tahun.

Gol untuk Arab Saudi dicetak oleh Saleh Al Shehri dan Salem Al Dawsari. Pencapaian Arab Saudi terasa lebih manis karena berhasil mengalahkan tim yang memiliki salah satu pemain sepak bola terbaik di dunia: Lionel Messi.


Rayakan Kemenangan

Berdasarkan laporan Saudi Gazette, Rabu (23/11/2022), Raja Salman menetapkan Rabu ini sebagai libur nasional bagi rakyat Arab Saudi. Ini berlaku untuk pegawai pemerintah dan swasta, serta pendidikan di segala jenjang.

Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman (MbS) juga ikut merayakan kemenangan tim Elang Hijau. Pada sebuah video yang beredar, Pangeran MbS menonton pertandingan dari rumah, ia pun bersukacita dan memeluk orang-orang di sekitarnya ketika Saudi menang.

Pelatih Arab Saudi Herve Renard mengaku senang dengan performa tim Elang Hijau, meski pada babak pertama performanya kurang bagus. Renard juga berhasil membaca psikologis pemain Argentina.

"Hari ini semua bintang di langit berjajar untuk kita. Semuanya bisa terjadi dalam sepak bola, terkadang kamu tahu musuhmu tidak dalam kondisi terbaiknya. Bayangkan bahwa bagi Lionel Messi saat bermain melawan Arab Saudi, kau tahu motivasinya tidak seperti saat kamu melawan Brasil. Ini normal," ujarnya.


Kekecewaan Lionel Messi

Argentina mengawali Piala Dunia 2022 Qatar dengan hasil memalukan. Di unggulan sebagai juara, Tim Tango justru dipecundangi Arab Saudi pada laga pembuka Grup C.

Argentina kalah 1-2 dari Arab Saudi di Lusail Iconic Stadium, Lusail, Qatar, Selasa (22/11), dalam laga perdana Piala Dunia Qatar 2022. Hasil itu sangat mengejutkan.

Lionel Messi membawa Argentina unggul pada menit ke-10 lewat tendangan penalti. Skuad asuhan Lionel Scaloni sempat mencetak tiga gol lagi, tapi dianulir wasit karena offside.

Arab Saudi, yang tak diunggulkan di Piala Dunia 2022, menyamakan skor pada menit ke-48 lewat gol Saleh Al Shehri. Bahkan pasukan Herve Renard berbalik memimpin 2-1 di menit ke-53 melalui Salem Al Dawsari dan bertahan hingga pertandingan usai.

Usai pertandingan, Messi tidak bisa menyembunyikan kekecewaannya. "Kita sudah mati," katanya seperti dikutip dari Fot Mob. "Ini pukulan yang sangat keras."

"Kami tidak ingin memulai seperti itu. Kami ingin menang, untuk memberikan ketenangan pikiran," ucap Messi menambahkan. "Tidak ada alasan. Sekarang, saatnya untuk fokus pada kekuatan dan kesatuan tim. Sudah waktunya bagi kami untuk lebih bersatu dari sebelumnya. Saatnya untuk tenang."

"Ini pukulan keras, kekalahan yang menyakitkan. Kami harus tetap percaya diri. Mari kita coba mengalahkan Meksiko untuk melihat bagaimana grup ini berubah," tegas Messi.


Argentina Bingung

Lionel Messi mengakui Argentina tidak bermain bagus saat dikalahkan Arab Saudi. "Kami memiliki peluang dan kami memiliki banyak peluang offside," katanya.

"Kami membuat kesalahan dengan mempercepat terlalu banyak. Kami tahu mereka bakal bermain dengan garis tinggi. Kami mempercepat sedikit, tapi setelah itu kami mulai berantakan, kehilangan fungsionalitas dan kalah dalam pertarungan lini tengah."

Menssi menyebut gol cepat Arab Saudi di menit ke-48 sangat berpengaruh kepada permainan Tim Tango. "Gol di awal babak kedua membuat kami bingung. Kami tidak bisa menemukan permainan yang sudah lama kami tunjukkan," paparnya.

"Saat pertandingan berlanjut, dengan hasil melawan kami, itu menjadi lebih sulit," pungkas Messi.

Mimpi Aneh Jelang Nikah

Erina Gudono Mimpi Aneh Jelang Nikah dengan Kaesang Pangarep: Naik Becak ke KUA, Ponsel Kecebur Got

Liputan6.com 2022-11-23 11:01:49
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Foto: Rio Motret dari Instagram @erinagudono)

Erina Gudono baru-baru ini mimpi aneh jelang menikah dengan Kaesang Pangarep. Mimpi ini diceritakan kepada calon suami lewat percakapan WhatsApp yang kemudian diunggah putra bungsu Presiden Jokowi di medsos.

Dalam mimpinya, Erina Gudono berangkat ke KUA pada hari bahagia naik becak. Apes, di tengah jalan musibah melawat. Ponsel Erina Gudono jatuh lalu masuk ke got.

Insiden ini membuatnya sedih hingga menangis di trotoar. Mendengar tragedi di alam mimpi ini, Kaesang Pangarep bingung menanggapi apa. Diunggah di medsos, mimpi Erina Gudono viral.

"Aku mimpi naik becak ke KUA terus HP-ku kecebur got," keluh Erina Gudono seraya menyematkan dua emotikon wajah nangis enggak karuan. "Nangis di trotoar," imbuhnya.


Nikah Naik Becak

Kaesang Pangarep mengunggah tangkapan layar percakapan dengan Erina Gudono di akun Twitter terverifikasi disertai status teks ringkas, "Calon istriku gini amat kalau mimpi."

Cuitan pada Rabu (23/11/2022) ini direspons hangat warganet. "Berarti nanti nikahnya disuruh naik becak mas," @impi**** mencoba mengartikan. "Ini mode bucin apa gimana, sih?" @ika**** merespons.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Aku Enggak Punya Pacar

Ada pula yang malah berkeluh kesan lantaran menjomlo. "Aku enggak punya pacar Kak Kaesang. Plisss jangan sebar keuwuan kayak gini. Enggak sanggup," @ini**** menyahut.

"Tolong semua got di sepanjang KUA tempat mereka ijab besok untuk segera ditutup, jangan ada celah sedikitpun!" netizen dengan akun @wong**** mengimbau.


Ayu To Calon Bojoku

Merespons tudingan bucin alias budak cinta, Kaesang Pangarep tampaknya tak keberatan. Bintang film Cek Toko Sebelah malah pamer foto terbaru Erina Gudono.

Dalam foto hasil jepretan fotografer Rio Motret, Erina Gudono pakai baju adat suku Dayak. "Ayo to calon bojoku," pamer Kaesang Pangarep. Netizen pun mengamini.

Saudi Menang Prediksi Juara Buyar

HEADLINE: Arab Saudi Permalukan Argentina, Membalikkan Prediksi Pemenang Piala Dunia 2022?

Liputan6.com 2022-11-24 00:03:56
Timnas Argentina unggul lebih dahulu lewat penalti Lionel Messi di awal babak pertama. Lionel Messi kembali mencetak gol keduanya di laga ini. Namun sayang wasit tidak mengesahkan gol itu kar

Argentina bersorak gembira di menit ke-10. Lionel Messi dengan mulus melesakkan penalti dengan baik. Kiper Arab Saudi Olowais kesulitan untuk membaca gerakannya. Skor pun berubah 1-0 untuk Argentina.

Saat itu, Argentina diprediksi bisa dengan mulus memenangkan pertandingan melawan Arab Saudi pada laga pertama grup C Piala Dunia 2022 Qatar. Para pemain Argentina tambah semangat gempur Arab Saudi di babak pertama.

Harusnya, sebelum penalti itu, Lionel Messi sudah dapatkan peluang di menit ke-2. Namun kiper Arab Saudi, Alowais tampil luar biasa.

Setelah gol penalti di babak pertama, Argentina terus mengambil inisiatif serangan. Menit ke-22, Lionel Messi mencetak gol untuk Argentina.

Namun dia terjebak offside hanya beberapa sentimeter saja. Begitu juga dengan gol Lautaro Martinez di menit ke-27, VAR memastikan itu gol offside. Frustrasi bertambah besar saat Lautaro mencetak gol kedua tapi offside lagi di menit ke-37.

Kemenangan 1-0 di babak pertama masih dianggap wajar. Namun semua itu berubah total saat Saleh Al Shehri mencetak gol di menit ke-48. Dia bisa mencetak gol indah kalahkan penjagaan Romero.

Menit ke-53, giliran gelandang serang Salom Al Dawsari yang mengejutkan Argentina lewat tendangan kerasnya yang sulit dijangkau Emiliano Martinez. Skor pun berubah menjadi 2-1 untuk Arab Saudi.

Semua percobaan dilakukan Argentina untuk samakan skor. Namun peluang terbaik dari Julian Alvarez ke gawang kosong Arab Saudi masih bisa dihalau Hassan Tambakti.

Kekalahan 1-2 Argentina dari Arab Saudi menyetak publik dunia. Banyak yang menjagokan Argentina untuk menjadi juara Piala Dunia Qatar. Itu karena mereka sudah tak terkalahkan di 36 laga beruntun dan hanya butuh 1 laga untuk samai rekor tak terkalahkan Italia.

Lionel Messi pun sudah loyo usai kekalahan tersebut. Dia tak menyangka Argentina bakal mengalami kekalahan yang mengecewakan seperti ini.

"Kami tidak ingin memulai seperti itu. Kami ingin menang, untuk memberikan ketenangan pikiran," ucap Messi menambahkan. "Tidak ada alasan. Sekarang, saatnya untuk fokus pada kekuatan dan kesatuan tim. Sudah waktunya bagi kami untuk lebih bersatu dari sebelumnya. Saatnya untuk tenang."


Berantakan

Lionel Messi mengakui Argentina tidak bermain bagus saat dikalahkan Arab Saudi. Dia merasa timnya terlalu banyak membuang peluang dengan percuma.

"Kami memiliki peluang dan kami memiliki banyak peluang offside," katanya.

"Kami membuat kesalahan dengan mempercepat terlalu banyak. Kami tahu mereka bakal bermain dengan garis tinggi. Kami mempercepat sedikit, tapi setelah itu kami mulai berantakan, kehilangan fungsionalitas dan kalah dalam pertarungan lini tengah."

Messi menyebut gol cepat Arab Saudi di menit ke-48 sangat berpengaruh kepada permainan Tim Tango. "Gol di awal babak kedua membuat kami bingung. Kami tidak bisa menemukan permainan yang sudah lama kami tunjukkan," paparnya.

"Saat pertandingan berlanjut, dengan hasil melawan kami, itu menjadi lebih sulit," pungkas Messi.

Kekalahan 1-2 dari Arab Saudi membuat Argentina harus menyapu bersih dua pertandingan sisa Grup C dengan kemenangan. Karena, dengan dua kemenangan akan menjaga peluang Tim Tango lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar.

Argentina dijadwalkan akan menghadapi Meksiko pada laga kedua. Pertandingan ini akan digelar di Lusail Iconic Stadium, Minggu (27/11/2022) pukul 02:00 WIB.

Selanjutnya, Argentina akan melawan Polandia. Laga pamungkas penyisihan grup tersebut bakal dimainkan di Stadium 974, Doha, Kamis, 1 Desember. Argentina hanya berjarak 1 poin dengan Meksiko dan Polandia yang bermain imbang 0-0.

Ini bisa menguntungkan sekaligus tantangan. Argentina bisa jaga peluang lolos dengan memenangkan dua laga tersisa.


Rekor Percuma

Tendangan penalti Lionel Messi membawa Argentina unggul 1-0. Hadiah penalti diberikan lantaran Leandro Paredes dijatuhkan bek Arab Saudi Ali Albulayhi.

Dengan demikian, Messi menjadi pemain Argentina pertama yang mencetak gol dalam empat Piala Dunia berbeda. Itu merupakan gol ketujuh La Pulga di turnamen sepak bola akbar empat tahunan dalam penampilannya yang ke-20.

Cuma ada lima pemain yang bisa mencetak empat gol dalam empat edisi Piala Dunia yang berbeda. Selain Messi, ada legenda Brasil Pele, Uwe Seeler, Miroslav Klose, dan Cristiano Ronaldo.

Tapi, rekor baru Messi tidak mampu menyelamatkan Argentina dari kekalahan pada laga pembuka Piala Dunia 2022. Sebab, Arab Saudi mampu membalas dengan dua gol dari Saleh Al Shehri di menit ke-48 dan Salem Al Dawsari lima menit kemudian.

Messi pun mengungkapkan perasaan rekan-rekannya usai pertandingan. Dia mengatakan, suasana ruang ganti seperti mati total.

"Perasaan rekan-rekan saya? Sejujurnya? Mati. Ini pukulan keras karena kami tak menyangka bakal memulai seperti ini," katanya seperti dikutip espn.

"Kami mengharapkan tiga poin sehingga memberi kami ketenangan. Semuanya terjadi karena satu alasan. Kami harus siap untuk laga berikutnya, kami harus menang dan semua tergantung kami."


Tetap Yakin

Pelatih Arab Saudi, Herve Renard menduga Argentina kurang motivasi saat lawan Arab Saudi. Diduga, Argentina yang berperingkat 48 tingkat lebih atas ketimbang Arab Saudi anggap enteng lawan.

Namun Messi membantah tuduhan itu. Dia hanya bisa memastikan fans kalau Argentina bakal membalikkan keadaan saat menghadapi Meksiko dan Polandia.

"Pesan saya kepada fans yaitu tetap yakin. Kami tak akan membuat mereka tersesat," kata Messi.

"Kami tahu Arab Saudi tim yang dihuni pemain-pemain bagus, dan mereka menggerakkan bola dengan baik dan menekan lini belakang. Kami bekerja keras tapi terburu-buru. Kami harus berpikir laga beirkutnya," dia menambahkan.

Keyakinan yang sama ditegaskan oleh pelatih Argentina Lionel Scaloni. Dia memastikan timnya akan tetap lolos dari grup C.

"Mereka mencetak dua gol dari dua tembakan yang mereka punya. Kami harus bangun dan ini hari yang sedih, tapi kami harus tegakkan kepala," katanya.

"Kami sakit hati, tapi kami harus memutar balikkan kondisi dan menangkan laga-laga berikutnya."

Argentina menjadi beberapa negara yang difavoritkan menjadi juara. Amerika Latin, lewat Brasil menjadi raja saat piala Dunia digelar di Asia pada 2002 lalu. Ini pun diprediksi bisa terjadi di Piala Dunia Qatar.

Perusahaan gim Electronics Arts (EA) memprediks, Argentina akan mengangkat trofi juara di Piala Dunia 2022 Qatar.

EA menggunakan EA Sports FIFA 23 dengan HyperMotion2 Technology dan peringkat khusus FIFA World Cup 2022 dalam mode Kick-Off dan Tournament, untuk mensimulasikan 64 pertandingan dan melihat siapa pemenangnya.

Mengutip laman resminya, Rabu (23/11/2022), EA memprediksikan panggung final akan mempertemukan dua rival besar sepak bola yaitu Brazil dan Argentina.

"Tidak mengherankan itu adalah pertandingan menegangkan lainnya yang ditentukan oleh satu gol," tulis EA.

Di sini menurut EA, Argentina akan menjuarai Piala Dunia 2022 setelah Lionel Messi mencetak gol ke delapannya di turnamen ini, dan memberikan timnas itu gelar juara pertama kalinya untuk negaranya sejak 1986.

Sementara itu untuk peringkat ke-3, EA memprediksi Prancis akan menempati posisi itu.

Soal Lionel Messi, EA juga memprediksikan bahwa pesepak bola yang disebut-sebut sebagai rival Cristiano Ronaldo itu, akan meraih Golden Boot dan Golden Ball.

Perusahaan gim asal Amerika Serikat itu menyebut, Messi akan mencetak delapan gol dalam tujuh pertandingan, termasuk di final.


Laga Pertama Terbaik Arab Saudi

Kemenangan 2-1 atas Argentina di laga pertama babak grup Piala Dunia 2022 merupakan start atau awalan terbaik Arab Saudi sepanjang keikutsertaan mereka di pesta sepak bola akbar empat tahunan itu.

Sejak pertama kali berpartisipasi di Piala Dunia 1994, Arab Saudi tidak pernah menang pada laga pertama.

Arab Saudi lebih banyak menelan kekalahan di laga pertama Piala Dunia, termasuk saat dibantai Jerman 0-8 di Piala Dunia 2002 dan Rusia 0-5 di Piala Dunia 2018.

Satu-satunya hasil yang membuat mereka tak menelan kekalahan di laga pertama adalah ketika bermain imbang 2-2 kontra Tunisia pada laga awal Piala Dunia 2006.

Saking istimewanya kemenangan ini, pemerintah Arab Saudi bahkan menyatakan hari libur satu hari di Arab Saudi. Raja Salman langsung yang menyatakan pada Rabu (23/11/2022) seluruh kegiatan di negaranya libur.

Ini semua untuk merayakan kemenangan 1-2 Arab Saudi atas Argentina. Keluarga kerajaan pun menyambut kemenangan ini dengan mengeluarkan postingan di instagram.

Adik Pangeran Mohammed Bin Salman, Pangeran Saud memposting gambar sedang berdua untu mengucapkan rasa syukur kepada Allah. Negara tetangga yang jadi tuan rumah juga mengucapkan selamat kepada Arab Saudi.

"Wow saya merasa gembira saat ini. Kami kalahkan Argentina, salah satu tim terhebat," kata salah satu fans Arab, Saad yang berasal dari Riyad.

Berikut hasil laga pertama Arab Saudi di Piala Dunia

1994 - Arab Saudi vs Belanda 1-2

1998 - Arab Saudi vs Denmark 0-1

2002 - Arab Saudi vs Jerman 0-8

2006 - Arab Saudi vs Tunisia 2-2

2018 - Arab Saudi vs Rusia 0-5

2022 - Arab Saudi vs Argentina 2-1

Pemain Termuda Berusia 18 Tahun

Pemain Termuda dan Tertua yang Tampil di Piala Dunia 2022 Qatar: Remaja Jerman Curi Perhatian

Liputan6.com 2022-11-23 13:30:16
Youssoufa Moukoko. Striker Jerman kelahiran Kamerun berusia 17 tahun ini kini tengah menjalani musim ketiga bersama Borussia Dortmund sejak dipromosikan dari tim U-19 pada awal musim 2020/202

Piala Dunia 2022 menjadi panggung megah bagi para pemain kelas dunia untuk unjuk aksi. Dan untuk tahun ini, turnamen akbar itu berlangsung pertama kali di kawasan Timur Tengah, Qatar.

Selama sepak bola sering dianggap sebagai permainan anak muda. Namun, performa pemain berumur panjang seperti Zlatan Ibrahimovic, Cristiano Ronaldo, dan Luka Modric belakangan ini mempertanyakan kepekaan kita terhadap usia dan menurunnya kemampuan sepak bola. Di sini kita melihat pemain dan skuad termuda dan tertua dari Piala Dunia 2022 Qatar.

Pemain tertua

Kiper Meksiko, Alfredo Talavera, pada usia 40 tahun dan 63 hari, akan menjadi pemain tertua di Qatar 2022. Dia bakal menjadi pemain tertua saat turnamen berlangsung.

Jika Talavera bermain bersama Meksiko di laga nanti, dia akan menjadi pemain kedelapan yang bermain di Piala Dunia pria di usia 40-an setelah Dino Zoff, Peter Shilton, Ali Boumnijel, Pat Jennings, Roger Milla, Faryd Mondragon, dan Essam El Hadary.

Pemain termuda

Remaja ajaib Jerman, Youssoufa Moukoko, akan menjadi pemain termuda di Piala Dunia 2022. Penyerang Borussia Dortmund itu akan berusia 18 tahun pada 20 November, hari dimulainya Piala Dunia.

Jika dia tampil untuk Jerman, dia akan menjadi pemain Eropa termuda kedua yang tampil di Piala Dunia melampaui Christian Eriksen.

Namun, usia Moukoko belum bisa melewati rekor yang digapai Norman Whiteside. Legenda Irlandia Utara itu masih tercatat sebagai pemain termuda yang tampil di Piala Dunia. Dia mencatat rekor itu saat Irlandia melawan Yugoslavia pada 1982, ketika dia berusia 17 tahun 41 hari.


Kiprah Perjuangan Pemain Termuda dalam Sejarah Piala Dunia

Sebagai anak muda, Norman Whiteside langsung dibandingkan dengan sesama bintang Irlandia Utara George Best, bahkan dibina untuk Manchester United oleh orang yang sama. Namun, terlepas dari beberapa kemunduran cedera awal, yang pada akhirnya akan membatasi karirnya, dia menjadi pemain termuda dalam sejarah Piala Dunia.

Whiteside hanya tampil dalam dua pertandingan senior untuk Setan Merah (meskipun dia menjadi pencetak gol termuda sepanjang masa klub pada hari terakhir musim 1981/1982) sebelum Billy Bingham memanggil striker itu ke dalam skuad Irlandia Utara di Piala Dunia 1982.

Whiteside akan memecahkan rekor di pertandingan pertama negaranya di turnamen tersebut (pertama mereka di acara tersebut dalam 24 tahun), meskipun dia tidak dapat merayakan pencapaian tersebut dengan sebuah gol. Sebaliknya, dia harus bermain hati-hati walau menjadi pemain termuda yang akhirnya menerima kartu kuning dalam sejarah Piala Dunia.

Hebatnya, tim Irlandia Utara ini mencapai perempat final Piala Dunia 1982, termasuk kemenangan 1-0 yang terkenal atas Spanyol untuk lolos dari babak grup, sebelum disingkirkan oleh Prancis yang terinspirasi oleh Michel Platini.

Meskipun Whiteside tidak mencetak gol di edisi turnamen itu, penampilannya cukup untuk mendorong Ron Atkinson untuk memulai pemain berusia 17 tahun sepanjang musim berikutnya, yang berpuncak pada Whiteside menjadi final Piala Liga termuda (melawan Liverpool) dan Piala FA.

Whiteside bersama Irlandia Utara kembali ke Piala Dunia 1986 dan dia berhasil mencetak gol dengan tendangan bebas yang dibelokkan melawan Aljazair dengan hasil imbang 1-1, meskipun mereka gagal melaju setelah dua kekalahan penyisihan grup lainnya.

Sedihnya, dalam sepuluh tahun debutnya di Piala Dunia, Whiteside terpaksa pensiun dari sepak bola karena cedera lutut yang melanda tahun-tahun terakhir karirnya saat menjadi pemain Everton pada usia 26 tahun. Dia mengakhiri karirnya dengan 39 caps untuk Irlandia Utara, mencetak sembilan gol.


Andalkan para Veteran atau Daun Muda di Qatar

Tim tertua

Iran datang ke Piala Dunia dengan skuad tertua dengan usia rata-rata 29,4 tahun. Meksiko berada di posisi selanjutnya dengan rata-rata 28,9 tahun dan Tunisia (28,5 tahun) memiliki regu tertua kedua dan ketiga di Qatar.

Menariknya, dua tim yang sangat diunggulkan, Argentina dan Brasil memiliki usia rata-rata yang sama yaitu 28,4 tahun, yang condong ke arah tim yang lebih tua.

Uruguay, yang memiliki rata-rata usia 28,3 tahun, memiliki inti pemain terbesar di atas usia 35 tahun. Juara dua kali itu memiliki enam pemain -- Martin Caceres, Edinson Cavani, Luis Suarez, Sebastian Sosa, Fernando Muslera dan Diego Godin -- saat mereka memiliki usia lebih dari 35 tahun.

Tim termuda

Harapan Ghana untuk menjadi tim Afrika pertama yang masuk ke semifinal Piala Dunia akan disematkan pada skuad mudanya - yang termuda di Piala Dunia tahun ini dengan 25,2 tahun.

Revolusi sepak bola AS tampaknya berjalan dengan baik dengan peringkat skuad termuda kedua saat rata-rata memiliki pemain berusia 25,5 tahun. Tim inti muda AS - dipimpin oleh Christian Pulisic, Timothy Weah, dan Giovanni Reyna akan berusaha menembus batas di Qatar.

Di antara tim-tim besar, Spanyol datang ke Piala Dunia dengan usia rata-rata 26,1 tahun. Kehadiran pemain muda berbakat Barcelona - Pablo Gavi, Pedri, dan Ansu Fati - tampaknya membantu Spanyol dalam hal ini.

Jangan lewatkan jadwal lengkap Piala Dunia 2022 pada tautan ini.

Ramal Pemenang Piala Dunia Pakai Asparagus

Sering Akurat, Wanita Ini Gunakan Asparagus untuk Ramal Pemenang Piala Dunia

Liputan6.com 2022-11-23 12:45:19
Sering Akurat, Wanita Ini Gunakan Asparagus untuk Ramal Pemenang Piala Dunia (Sumber: Daily Star)

Gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar resmi dibuka sejak Minggu 21 November kemarin. Semua tim telah bersiap untuk memberikan penampilan terbaiknya agar tidak tersingkir dengan cepat dari turnamen ini. Setiap tim tentunya akan bersaing secara ketat agar bisa bemain hingga final di pesta olahraga sepak bola empat tahunan ini.

Berbagai preview, analisis, sampai prediksi kerap dilakukan untuk melihat tim mana yang kira-kira akan juara di Piala Dunia edisi kali ini. Prediksi itu dilakukan oleh berbagai kalangan dan bidang. Tak terkecuali prediksi yang datang dari seorang wanita bernama Jemima Packington ini.

Wanita yang berasal dari Bath, Inggris itu dikenal sebagai seorang peramal yang menggunakan sayuran asparagus. Kali ini, ia meramal siapa yang jadi pemenang di Piala Dunia 2022. Dalam ramalannya, ia membuat prediksi mengklaim Inggris akan tersingkir di perempat final Piala Dunia.

Tentu saja hal ini menjadi kabar buruk baik Inggris yang baru saja menang melawan Iran. Berikut cerita selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari Daily star, Rabu (23/11/2022).


Ramal Pemenang Piala Dunia 2022

Jemima Packington merupakan satu-satunya peramal di dunia yang menggunakan asparagus. Wanita asal Inggris ini telah menggunakan keterampilan otodidaknya untuk memprediksi kejadian di tahun-tahun sebelumnya. Bahkan hasil ramalannya dikenal sering akurat.

Beberapa tahun lalu ia telah memprediksi dengan tepat soal isu Brexit dan kemenangan Donald Trump menjadi Presiden Amerika Serikat.Kali ini wanita yang dijuluki 'Mystic Veg' itu meramal kemenangan Piala Dunia 2022.

Ia mengatakan jika Inggris tidak maju sampai final. Jemima juga menyebutkan jika Kroasia dan Brasil masuk dalam final Piala Dunia 2022.

"Saya sudah memperkirakan bahwa Kroasia akan menang, dan saya juga bisa melihat huruf B, sehingga menunjukkan bahwa mereka akan menghadapi Brasil atau Belgia di final."


Ramalannya Sering Akurat

Jemima membuat ramalannya dengan melemparkan segenggam asparagus ke udara dan melihat bagaimana mereka mendarat. Bakat mistiknya telah membuatnya terbang ke seluruh dunia dan menawarkan dua sen untuk hasil dari peristiwa global.

"Saya melihat inisial, simbol, dan angka, dan jika ada hubungannya dengan royalti, saya selalu melihat burung gagak," katanya.

"Jika kuncup di ujung tombak asparagus jatuh, itu berarti akan menjadi sesuatu yang menyenangkan, atau kesedihan yang mendalam." lanjutnya

Tetap Enjoy Pakai Mobil Tanpa AC

Melihat Kesederhanaan Susi Pudjiastuti, Tetap Percaya Diri Pakai Mobil Tanpa AC

Liputan6.com 2022-11-23 12:09:45
Mobil Eks Menteri Susi Pudjiastuti. Instagram susipudjiastuti115 2022 Merdeka.com

Meskipun sudah tidak menjabat sebagai Menteri Perikanan, kisah Susi Pudjiastuti masih menarik untuk disimak dan aktivitasnya selalu menjadi sorotan publik.

Sebuah video yang ia unggah di akun Instagram miliknya @susipudjiastuti115 pada Senin (21/11) lalu menampilkan saat ia bersama Presenter Andy F. Noya tengah berada di dalam mobil miliknya.

Uniknya mobil Susi tersebut hanya memiliki kipas angin dan tidak menggunakan AC. Meski bisa saja memakai kendaraan mewah, Susi tetap enjoy dengan mobilnya tersebut. Berikut informasi selengkapnya.

Susi Ajak Touring Andy F. Noya

Susi Pudjiastuti baru saja mengunggah video kala ia bersama Presenter Andy F. Noya berjalan-jalan menggunakan mobil miliknya di Pangandaran.

Menurut keterangan unggahannya, Susi mengajak Andy berkunjung ke para nelayan yang ada di Pangandaran. Namun bukan dengan mobil mewah, Susi mengajak Andy F. Noya berkeliling dengan mobil Pick Up tanpa AC.

"Alhamdulillah rejeki para nelayan di Pangandaran kedatangan Bang Andy untuk pembagian perahu dari @benihbaik, @susicekombak dan @infosuperindo .. Diawali saya jadi supir touring ke tempat pembagian perahu .. Di Pangandaran memang tdk ada mobil mewah kecuali punya orang ," tulis keterangan video.

Sebagai seorang pengusaha dan mantan Menteri, tentu saja tak sulit bagi Susi untuk mengendarai mobil mewah. Namun ia lebih memilih menggunakan mobil pick up meski saat itu terik matahari menyengat panas.


Interior Mobil Susi Disorot

Mobil pick up tersebut memiliki interior yang unik. Susi tak ragu menjelaskan beberapa fasilitas yang ada di mobilnya tersebut.

Mobil tersebut tidak menggunakan AC dan hanya dipasang kipas angin kecil gantung sebagai pendingin.

"Lamborghini buatan Jepang, kipasnya kipas darurat. But it's ok kan enggak ada AC," ujar Susi saat ditanya Andy F. Noya.

Tak cuma kipas angin, mobil tersebut menggunakan transmisi manual dan perseneling yang ada di bagian tengah depan. Susi berkelakar bahwa ia tidak bisa menggunakan mobil matic.

"Terus oh ini persenelingnya seperti pesawat," ucap Andy F. Noya.

"Ya semua tradisional bukan matic. Kalo matic tidak bisa saya, pusing." Tanggap Susi sambil memegang setirnya.


Ramai Ditanggapi Warganet, Keren Bu Susi!

Video tersebut menarik atensi warganet yang melihat. Warganet menyoroti sikap Susi yang memilih tetap sederhana meski sudah tidak lagi menjadi Menteri.

Banyak juga yang menilai jika Susi merupakan wanita yang multitalenta. Apalagi ia bisa menyetir mobil sederhana miliknya sendiri.

"Sekelas bu susi aja yg pesawat nya bejejer ga gengsi pake grand max..," tulis akun @permana***

"Because wonder woman use three pedals yaa bu.. Even kl lg macet lama betis kaki kiri pun berasa pegel kebanyakan ngopling..," tulis akun @migunanii***

"Luaar biasa ibu Susi...nyetir pesawat ok .mbl pun jalan...kapal gak usah di tanyaa..sehat terus ibu teladan. ," komentar akun @nila***

"Keren ibu mobil 2 pintunya," rulis akun @dik***

"Buk susi emang hebat, bawa alphard bisa, los bak bisa,toronton bisa, apalagi pesawat," komentar akun @virgo***

Sumber: Otosia.com

Saksikan videonya dihttps://www.instagram.com/p/ClOFwhkJyFq/?utm_source=ig_embed&ig_rid=ad04e4d8-9016-460a-8293-871d02dd3f39

Elegan Pakai Mahkota Favorit Putri Diana

Gaya Elegan Kate Middleton Pakai Mahkota Favorit Putri Diana

Liputan6.com 2022-11-23 11:01:16
Kate Middleton memakai mahkota milik Putri Diana (John Stillwell / POOL / AFP)

Kate Middleton tampil elegan saat menghadiri perjamuan negara untuk Presiden Afrika Selatan di Istana Buckingham, London, Inggris pada Selasa malam, 22 November 2022, waktu setempat. Di kesempatan itu, ia mengenakan makota Lover's Knot, yang merupakan favorit mendiang Putri Diana.

Melansir PageSix, Rabu (23/11/2022), Kate melengkapi tampilan menawannya dengan mengenakan gaun Jenny Packham yang glamor seharga 5.075 dolar AS (sekitar hampir Rp8 juta). Ansambel itu dilengkapi manik-manik berkilauan dalam bentuk bunga.

Acara itu dihadirinya bersama Pangeran William, Raja Charles III, Permaisuri Camilla, dan anggota keluarga kerajaan lain untuk menghormati Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa. Kate juga mengenakan sepasang anting mutiara dan berlian Laut Selatan Putri Diana, serta gelang mutiara Ratu Elizabeth untuk mencocokkan tiaranya.

Ia menambahkan selempang biru di atas gaunnya yang menunjukkan posisinya sebagai Dame Grand Cross of the Royal Victorian Order, gelar kehormatan yang diberikan padanya oleh mendiang Ratu Elizabeth II. Sebelumnya pada hari itu, sang putri memilih bros bulu Pangeran Wales yang bersejarah untuk menandai gelar barunya dan menyambut Ramaphosa.

Di sisi lain, Permaisuri Camilla memilih tiara Safir Belgia milik mendiang Ratu, momen mahkota pertama sejak suaminya naik takhta. Ia mempertahankan tema biru kerajaan dengan gaun malam renda oleh Bruce Oldfield, serta memakai kalung dan gelang yang serasi dari Belgian Sapphire Tiara.

Baik Camilla dan Kate tampak bangga mengenakan Royal Family Order of Queen Elizabeth II, selempang kuning dengan potret mendiang Ratu Elizabeth IIdi masa mudanya, yang diberikan pada anggota wanita keluarga kerajaan untuk jamuan makan negara.


Berbusana Mirip Putri Diana

Dari waktu ke waktu, Kate Middleton memang telah terlihat memakai barang warisan Putri Diana. Selain, ia juga kerap memilih busana yang membuat publik bernostalgia pada tampilan mendiang ibu mertuanya itu.

Salah satunya saat Kate dan William mengunjungi badan amal perawatan sosial ternama, Turning Point Scotland, di North Lanarkshire, tahun lalu. Saat itu, Kate mengenakan outfit biru monokrom yang cocok dengan blazer Zara dan rok midi dari Hope.

Melansir People, penampilan Kate ini sangat mirip dengan gaya yang dikenakan Putri Diana pada 1992 lalu. Kemiripannya bahkan hingga ke kancing yang menghiasi blazer dan lipatan di rok mereka. Hampir tiga dekade silam, Putri Diana mengenakan sepatu hak tinggi warna biru.

Sementara, Kate memilih memakai sepatu warna krem yang senada dengan clutch bag yang ia bawa. Selain itu, Kate juga mengenakan masker warna biru selama kunjungan sebagai bentuk dari pencegahan COVID-19.

Tampilan ikonis lainnya tentu tentang cincin pertunangan Kate yang merupakan warisan dari Putri Diana. "Ini cincin pertunangan ibu saya," kata William dalam wawancara, menambahkan ia "berpikir itu cukup bagus karena jelas, ia tidak akan ada untuk berbagi kesenangan dan kegembiraan perjalanan cinta mereka."

"Saya yakin semua orang mengenalinya dari waktu sebelumnya," imbuhnya.


Diwariskan pada Pangeran Harry

Sementara, Kate saat itu berbagi, "Saya hanya berharap saya bisa menjaganya."

Menariknya, Pangeran Harry sebenarnya mewarisi cincin itu ketika ibu mereka meninggal. Tapi, dikatakan ia menawarkan cincin berharga itu pada saudaranya, Pangeran William, sehingga ia bisa melamar Kate dengan perhiasan berharga tersebut, menurut Maxwell Stone dari toko perhiasan terkemuka Inggris Steven Stone.

Sementara, banyak penggemar kerajaan saat ini mengasosiasikan perhiasan itu lebih dekat dengan Kate, kisah di balik permata yang menakjubkan itu sebenarnya kembali ke musim dingin tahun 1981. Pada 24 Februari 1981, Lady Diana Spencer dan Pangeran Charles secara resmi mengumumkan pertunangan mereka setelah pacaran enam bulan.

Cincin ikonis yang akan meluncurkan ribuan eksemplar itu pun memulai debutnya. "Ya, itu adalah safir dan berlian yang indah," kata Diana dalam wawancara pertunangan bersejarah mereka, memamerkan cincin berpermata besar di jarinya.

Meski tidak banyak yang dikatakan tentang cincin itu selama percakapan Pangeran Charles dan Putri Diana dengan BBC, perhiasan itu memiliki sejarah yang menarik karena sebenarnya "menerima banyak reaksi," menurut Stone.


Bukan Desain Unik

Pemikat 12 karat yang dikelilingi 14 berlian "disebut sebagai 'cincin biasa,'" katanya, "karena saat jadi ciptaan dari mantan perhiasan Mahkota Garrard, itu bukan desain yang unik." Lady Diana disebut memilih cincin yang dibawa merek perhiasan kelas atas ke istana, dan itu bukan perhiasan khusus seperti yang diterima pengantin kerajaan sebelumnya.

Pangeran Charles dikatakan telah memasukkan cincin itu dalam pilihannya karena itu mengingatkannya pada bros yang dikenakan Ratu Victoria yang telah diturunkan pada ibunya, Ratu Elizabeth II. Stone mengatakan permata itu, yang merupakan safir Ceylon yang dikelilingi berlian, "berasal dari Sri Lanka dan berkualitas AAAA, menjadikannya salah satu yang paling berharga dari jenisnya."

"Saya memperkirakan nilai cincin itu sekitar 390 ribu pound sterling hari ini (sekitar Rp7,3 miliar)," kata pakar perhiasan itu, seraya menambahkan, "Namun, dalam waktu 10 tahun, kemungkinan nilainya akan lebih dari 500 ribu pound sterling (sekitar Rp9,3 miliar) berkat sejarah, keindahan, dan warisannya yang tidak ternilai."

Indonesia Terancam Krisis Beras

Gawat, Indonesia Terancam Kekurangan Stok Beras

Liputan6.com 2022-11-23 16:50:30
Petugas mendata ketersediaan stok beras di Gudang Bulog Divisi Regional DKI Jakarta, Kelapa Gading, Rabu (29/12/2021). Dirut Perum Bulog Budi Waseso menjamin tahun ini stok beras aman dan tid

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi menyampaikan bahwa sangat sulit mendapatkan gabah di harga Rp4.000 per kg. Ini pula yang menyebabkan penyerapan beras untuk cadangan beras pemerintah (CBP) sebanyak 1,2 juta ton menjadi sulit.

"Hari ini untuk mencari gabah di lapangan dengan harga Rp4.200 sulit, dari laporan juga harga gabah ada di atas Rp5.000 ada yang juga di atas Rp5.500 kemudian tentunya ini rebutan gabah juga di market," ucap Kepala Badan Pangan Nasional saat menghadiri rapat dengar pendapat dengan Komisi IV DPR, Rabu (23/11/2022).

Pada kesempatan tersebut, dia juga menuturkan, produksi beras dengan kebutuhan bulanan nasional terhadap beras hampir sulit dikejar. Dia menyebutkan, rata-rata kebutuhan nasional setiap bulan mencapai 2,5-2,6 juta ton.

Sementara untuk realisasi produksi beras pada Oktober hanya mencapai 2,4 juta ton. Meski pada November dan Desember proyeksi produksi beras mencapai 2,24 dan 1,6 juta ton.

"Kalau setiap bulan kebutuhan rata-rata 2,5-2,6 juta ton ini, produksinya seperti tadi proyeksi November Desember, maka kita akan defisit beras di 2-3 bulan terakhir dalam neraca," ungkapnya.

Dia bahkan mengatakan, stok beras yang ada di Bulog merupakan stok terendah. Tercatat, saat ini stok beras berada di sekitar 594 ribu ton.

Jika Bulog tidak mampu menambah stok beras, dikhawatirkan hingga akhir Desember stok beras hanya tersisa 342.801 ton.

"Apabila Bulog tidak bisa men-top up sampai 1,2 juta ton, kalau kondisinya seperti hari ini stok kita akan turun terus sampai 342.801 ton dan ini menurut kami sebagai Badan Pangan Nasional sangat bahaya," pungkasnya.


Penjelasan Dirut Bulog

Sementara itu, Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso menyampaikan bahwa pihaknya berupaya segala cara agar stok beras tetap terjaga, meski dengan konsekuensi membeli beras dengan harga komersil.

Meski sudah membeli beras dengan komersil, stok beras tak kunjung tercukupi lantaran pengusaha beras pun enggan menjual ke Bulog dengan pertimbangan kebutuhan pasar masing-masing.

"Sampai hari ini membeli dengan harga Rp10.200, tapi jumlahnya memang tidak tercapai karena tidak ada barangnya," ungkapnya.

"Saya sudah mencoba pendekatan kepada pengusaha beras besar mereka juga tidak bersedia untuk memberikan kepada kita dengan harga komersil karena mereka harus menjaga supply untuk pasar mereka," imbuhnya Budi.


Isu Impor Mencuat, Stok Beras Indonesia Dipertanyakan

Kementerian Pertanian (Kementan), Badan Pangan Nasional (BPN) hingga Perum Bulog menghadiri rapat dengar pendapat dengan Komisi IV DPR RI. Jajaran Komisi IV DPR RI mempertanyakan isu mengenai stok beras dan rencana impor beras yang saat ini ramai diperbincangkan.

Salah satunya anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Sutrisno, menegaskan agar Kementerian Pertanian jangan hanya mengandalkan data dari dinas pertanian terkait stok beras.

"Untuk mengantisipasi beras ini, mutlak diperukan koordinasi Kementan dengan daerah di era otonomi daerah, karena mereka-mereka itu yang punya data, Kementan jangan hanya percaya sama dinas pertanian tidak ada legalitasnya menjadi dasar kita memprediksikan stok pangan kita cukup," kata Sutrisno dalam RDP bersama Kementan hingga Bulog, Rabu (23/11/2022).

Menurut dia, Kementan melalui Badan Karantina perlu memperketat pencegahan ekspor beras. Yang dicegah itu jangan sampai ada ekspor gelap, karena semua negara perlu beras khususnya di Asia.

"Manakala itu tidak dilakukan maka akan membahayakan kondisi pangan kita," ujarnya.

Lebih lanjut, dia menyinggung soal rencana Bulog yang akan menyimpan stok beras di luar negeri sebanyak 500 ribu ton. Menurutnya, hal itu telah mendapatkan kritikan dari para petani beras. Lebih baik Bulog menyerap kebutuhan dalam negeri.

"Untuk pak Bulog rencana punya beras 500 ribu ton disimpan di luar negeri ini sudah dikritisi oleh petani. Bulog sulit melakukan penyerapan CBP. Sebenarnya sudah ada 11 provinsi untuk menyerap CBP jadi objek kita untuk menyerap kita tidak perlu impor, dan sebenarnya, Januari dan Februari sudah panen raya," ungkapnya.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com