Potensi Bencana Lanjutan di Cianjur

PVMBG: Ada Potensi Bencana Lanjutan di Cianjur bila Hujan dan Terjadi Gempa Susulan

Liputan6.com 2022-11-24 16:20:39
Tim gabungan melakukan pencarian korban gempa Cianjur di kawasan Cugenang yang longsor, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022). Hingga siang ini, menurut Menko PMK Muhadjir Effend

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) tengah melakukan pemetaan kawasan rawan bencana (KRB) usai gempa magnitudo 5,6 mengguncang sebagian wilayah Kabupaten Cianjur.

"Tim unit-unit Badan Geologi dari PVMBG, PAGTL, BBSPGL sudah disebar untuk melakukan pemetaan ke semua titik daerah terdampak," ujar Kepala PVMBG Hendra Gunawan kepada Liputan6.com, Kamis (24/11/2022).

Selain melakukan pemetaan, tim di lapangan juga tengah menganalisa dan mengidentifikasi daerah mana saja yang rawan paska gempa yang menghancurkan bangunan rumah, sarana pendidikan, jembatan hingga memicu longsor.

"Ini sedang progres survei identifikasi daerah berisiko maupun yang aman. Hasilnya akan diserahkan ke Pemkab Cianjur," kata dia.

Hendra menyatakan ada potensi terjadi longsor susulan jika diguyur hujan deras maupun kembali diguncang gempa. Sebab, lereng-lereng perbukitan di Cianjur menjadi rapuh usai terjadi gempa.

"Tanah di bekas longsor masih bisa longsor lagi bila menerima air hujan banyak maupun getaran gempa," terangnya.

Untuk itu, masyarakat Cianjur diminta menghindari bangunan yang retak atau berada dekat dengan lokasi longsoran. Hal ini sebagai langkah antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi gempa susulan atau hujan deras.

"Jauhi lokasi longsoran dan bangunan retak. Tempat pengungsian juga harus jauh dari titik lokasi bencana," ucapnya.

Sementara terkait titik kerusakan tersebar tidak merata, kata Hendra, hal ini dipengaruhi salah satunya oleh struktur bangunan.

"Dan gempa itu relatif mengikuti arah sebaran titik-titik gempa susulan," ujar dia.


Jumlah Korban Bertambah

Sementara itu, BNPB mengumumkan adanya kenaikan jumlah korban meninggal dunia akibat gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kepala BNPB Suharyanto mengatakan, berdasarkan data pada Rabu (23/11), jumlah korban meninggal dunia yang telah ditemukan adalah 271 orang.

Kemudian 40 orang dinyatakan hilang yang terdiri dari 39 korban di wilayah Cugenang dan 1 orang di Warungkondang.

Lebih dari 2.000 orang terluka dan 61 ribu lebih orang mengungsi akibat gempa. "Gempa juga menyebabkan puluhan ribu bangunan rusak," ucap dia.

Rugi Rp 302 M Usai Pisah dengan MU

Cristiano Ronaldo Kehilangan Rp 302 Miliar Setelah Berpisah dengan MU

Liputan6.com 2022-11-24 13:30:19
Bintang Manchester United asal Portugal Cristiano Ronaldo. (Oli SCARFF / AFP)

Manchester United pada Selasa (22/11/2022) malam waktu Inggris mengumumkan Cristiano Ronaldo resmi meninggalkan Old Trafford. Keputusan tersebut diambil lewat kesepakatan bersama kedua belah pihak.

Ronaldo dalam wawancara eksklusif dengan Piers Morgan pekan lalu mengkritik keras MU, beberapa dewan direksi, anggota, dan mantan pemain. Dia juga tidak menghormati Manajer Erik ten Hag setelah kehilangan tempatnya di tim utama.

Pemenang Ballon d'Or lima kali ini juga yakin Man Utd belum berkembang sejak dirinya meninggalkan Old Trafford pada 2009 silam dan bergabung dengan Real Madrid.

Ada laporan yang menyatakan bahwa Setan Merah dapat memecat Ronaldo dan menuntut superstar Potugal tersebut setelah wawancara dengan Piers Morgan. Tetapi, juara Liga Inggris 20 kali itu mencapai kesepakatan dengan mantan bintang Juventus tersebut untuk berpisah.

Ronaldo kembali bergabung dengan Man United pada musim panas 2021 dari Juventus. Dia menandatangani kontrak dua tahun senilai sekitar 500.000 pound per minggu.

Ronaldo memperoleh total sekitar 32 juta pound selama periode keduanya di Old Trafford. Namun, Daily Mail mengklaim bahwa pemain berusia 37 tahun itu akan kehilangan 16 juta pound atau sekitar Rp 302 miliar setelah setuju untuk meninggalkan Manchester Untied.

Laporan itu menambahkan MU belum membayar kompensasi apa pun kepada Ronaldo usai dibebaskan selama tujuh bulan tersisa dalam kontraknya. Ini membuat Setan Merah berhemat dan bisa diinvestasikan ke hal lain.


Klub berikutnya

Cristiano Ronaldo mencetak total 145 gol dalam 346 penampilan untuk Manchester United di semua kompetisi. Superstar asal Portugal itu memenangkan 10 trofi termasuk tiga gelar Liga Inggris dan satu Liga Champions.

Penyerang kelahiran Madeira itu mencetak 27 gol dalam 55 pertandingan selama periode keduanya di MU. Kini, Ronaldo telah meninggalkan nomor punggung 7 yang ikonik di Old Trafford.

Ronaldo sekarang menjadi agen bebas dan bisa untuk menegosiasikan persyaratan dengan klub mana pun yang dia pilih. Tapi, masih harus dilihat apakah klub yang ingin merekrut Ronaldo memang tertarik dengan jasanya.

Newcastle United dan tim Arab Saudi Al-Nassr baru-baru ini dikaitkan dengan potensi transfer Ronaldo. Tetapi, Newcastle diduga tidak tertarik pada penyerang tersebut.

Bayern Munchen dan Paris Saint-Germain juga dianggap sudah menolak kesempatan untuk merekrut Ronaldo. Sementara kemungkinan pindah ke Chelsea atau kembali ke mantan klub Sporting Lisbon telah diperdebatkan.

Ronaldo saat ini sedang menjalani tugas internasional bersama Portugal untuk Piala Dunia 2022.


Tantangan baru

Setelah Manchester United mengumumkan berpisah dengan Cristiano Ronaldo, pesepak bola berusia 37 tahun itu kemudian merilis pernyataannya, "Setelah percakapan dengan Manchester United, kami sepakat untuk mengakhiri kontrak lebih awal," kata Ronaldo seperti dikutip dari Fot Mob.

"Saya mencintai Manchester United dan saya mencintai para penggemar, itu tidak akan pernah berubah. Namun, rasanya ini waktu yang tepat bagi saya untuk mencari tantangan baru."

"Saya berharap tim sukses untuk sisa musim ini dan untuk masa depan," pungkas Ronaldo.


Peringkat

Pemain yang Paling Ditunggu Tajinya

Selain Messi dan Ronaldo, Ini Dia Pemain yang Paling Ditunggu Tajinya di Piala Dunia 2022

Liputan6.com 2022-11-24 11:00:32
Penari tampil saat upacara pembukaan Piala Dunia 2022 di Stadion Al-Bayt, Qatar, Minggu (20/11/2022). (AFP/Odd Andersen)

Pentas Piala Dunia selalu melahirkan pemain bintang yang pada tahun-tahun berikutnya menjadi pemain top. Begitu juga di Piala Dunia Qatar 2022, ada sejumlah para pemain yang paling ditunggu aksinya.

Mungkin Anda masih ingat bagaimana kehebatan Michael Owen yang masih berusia muda pada Piala Dunia 1998 Prancis. Bintang Liverpool kala itu mencuri perhatian dunia bersama Timnas Inggris, meski akhirnya disingkirkan Argentina di babak 16 besar.

Tiga dekade sebelumnya, dunia tercengang oleh penamilan Pele bersama Timnas Brasil. Legenda Selecao ini bahkan sampai saat ini disebut-sebut sebagai pemain terbaik yang pernah ada di olahraga ini.

Nah, pada Piala Dunia 2022 yang merupakan turnamen akbar empat tahun ini akan segera berlangsung. Seperti biasa, Piala Dunia adalah soal persaingan tim-tim terbaik. Sebut saja Brasil, Argentina, atau Prancis yang jadi langganan juara.

Pada Piala Dunia 2022 Qatar kali ini mungkin bakal jadi kesempatan terakhir untuk Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo membuktikan diri. Selain dua pemain top tersebut, ada pula beberapa pemain lain yang diyakini bakal tampil impresif di Piala Dunia kali ini.

Mereka adalah pemain-pemain terbaik yang tampil apik di level klub. Ini ada beberapa peemain yang aksinya ditunggu di Piala Dunia 2022 Qatar seperti yang dikutip dari Daily Star, Minggu (20/11/2022).


Kylian Mbappe

Kylian Mbappe adalah nyawa Prancis. Baru-baru ini Mbappe dikritik karena terlalu egois di lapangan, tapi untuk Prancis jelas dia layak mendapatkan kebebasan tersebut.

Aksi Mbappe bakal jadi salah satu yang ditunggu-tunggu. Bahkan, turnamen ini mungkin bisa jadi kesempatan terbaik Mbappe untuk membuktikan kualitasnya.

Prancis memasuki turnamen kali ini dengan misi mempertahankan gelar juara. Mbappe terbukti jadi pemain penting di edisi 2018 lalu dan kini dia akan lebih diandalkan dengan pengalaman yang sudah lebih baik.


Neymar

Neymar mengindikasikan bahwa Piala Dunia 2022 kali ini mungkin jadi kesempatan terakhirnya untuk mencoba membawa Brasil meraih trofi bergengsi tersebut.

Tahun ini Neymar akan kembali jadi tumpuan Brasil, tapi situasinya sudah jauh lebih baik. Dia sekarang sudah jadi pemain yang lebih dewasa dan layak jadi pemimpin tim.

Menariknya, sekarang Neymar justru lebih suka meladeni rekan-rekannya di lapangan. Perubahan dan pendewasaan Neymar ini mungkin jadi salah satu poin kekuatan Brasi


Harry Kane

Ingat, Harry Kane adalah peraih Golden Boot untuk Piala Dunia 2018 lalu. Sekarang dia memasuki turnamen dengan kondisi lebih matang dan tim yang lebih siap.

Kane bermain sebagai kapten Inggris dan jelas jadi salah satu pemain terpenting dalam pasukan Gareth Southgate. Terlebih, musim ini Kane langsung tancap gas dengan gol-gol di level klub.

Jadwal Piala Dunia musim dingin kali ini datang di momen yang sangat tepat bagi Kane. Asal mendapatkan suplai bola, dia pasti bisa membuat sejumlah keajaiban untuk Inggris.

Jadi Turis Luar Angkasa di Drakor

Lee Min Ho Jadi Turis Luar Angkasa di Drakor Terbaru Ask the Stars

Liputan6.com 2022-11-24 14:05:00
Lee Min Ho dan Gong Hyo-jin dalam drama terbarunya berlatar di luar angkasa. (Foto : News1 Naver)

Pecinta drakor, pastinya sudah kangen dengan penampilan Lee Min Ho yang sudah lama tidak kita saksikan di layar kaca serial Korea.

Seperti yang kita tahu, aktor berusia 35 tahun itu, terakhir kali membintangi drakor pada tahun 2020, berjudul The King: Eternal Monarch. Dalam drama yang dibintangi bersama Kim Go Eun itu, ia berperan sebagai pemeran utama, Kaisar Lee Gon.

Aktor kenamaan Korea Selatan itu, rupanya saat ini sedang mempersiapkan proyek terbaru, berupa serial drama korea hallyu bergenre komedi romantis.

Mengutip laman News1 Naver,Kamis (22/11/2022), Lee Min Ho saat ini tengah syuting drama terbarunya berjudul literal Ask the Stars.

Drama ini disutradarai oleh Park Shin Woo dan ditulis oleh Seo Sook Hyang, yang telah sukses menulis drama Pasta, Jealousy Incarnate, dan How to Love in the City.

Sang Sutradara Park Shin Woo, yang sudah ahli soal genre rom-com alias komedi romantis, sebut saja salah satu drama sukses garapannya, It's Okay to Not Be Okay, akan memadukan penampilan Lee Min Ho dengan Gong Hyo Jin, sang ratu drama komedi romantis.

Drama ini akan menampilkan tayangan yang tidak biasa. Cerita yang disuguhkan pun sangat segar. Lantaran, menyuguhkan cerita komedi romantis yang berlatar tempat di ruang angkasa.

Selain itu, dalam drama Ask the Stars ini akan banyak ditampilkan video dan skala (sinematografi) baru yang belum pernah ditampilkan di drama Korea sebelumnya.


Chemistry

Penonton semakin penasaran dengan cerita yang nantinya akan menjadi hiburan pecinta drakor. Namun, beberapa waktu lalu, pihak penggarap film memberikan sedikit bocoran saat suasana syuting drama, yaitu dengan potongan gambar yang memperlihatkan chemistry antara Lee Min Ho dan Gong Hyo Jin.

Dalam potongan gambar itu, terlihat Gong Hyo Jin dan Lee Min Ho melakukan perjalanan ke luar angkasa, mereka terlihat sangat serasi dengan pakaian antariksa (astronot).

Lewat gambar itu juga, mereka menunjukkan adegan-adegan yang membuat penonton baper. Misalnya adegan saat Gong Hyo Jin memperbaiki alat komunikasi yang dipakai Lee Min Ho, yang berujung pada adegan saling menatap.


Sinopsis

Gong Hyo Jin berperan sebagai astronaut Korea-Amerika Eve Kim. Sementara itu Lee Min Ho berperan sebagai Gong Ryong, seorang dokter kandungan-ginekolog (obgyn), yang rela membayar mahal untuk melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Gong Ryong yang menjadi turis luar angkasa, ditemani dan dipandu oleh astronot Korea-Amerika Eve Kim.

Dalam perjalanannya itu, mereka akan mengalami banyak keterikatan dan interaksi yang membuat keduanya merasakan jatuh cinta.

Drama ini akan sangat menarik, karena cerita yang berlatar di luar angkasa membuat keduanya harus berhati-hati dan bekerja sama agar bisa selamat selama perjalanan dan bisa memberikan kesan yang menyenangkan bagi turis, Gong Ryong.


Karakter Pemeran Utama

Lee Min Ho yang berperan sebagai dokter obgyn, memiliki karakter yang bertanggung jawab dan memiliki rasa keingintahuan yang tinggi.

Sementara, Gong Hyo Jin yang berperan sebagai astronaut Korea-Amerika Eve Kim memiliki karakter yang cerdas dan pemberani.

Selain itu, drama ini dibintangi juga oleh Oh Jung Se sebagai Kang Gang Su yang berperan sebagai seorang peneliti dan ahli tentang perjalanan luar angkasa.

Dia diceritakan sudah bekerja di stasiun luar angkasa selama 10 tahun. Drama ini direncanakan tayang pada awal tahun 2023.

Kiper Timnas Jepang, Wakabayashi Dunia Nyata

Profil Shuichi Gonda, Kiper Timnas Jepang yang Dijuluki Wakabayashi Dunia Nyata

Liputan6.com 2022-11-24 10:06:15
Shuichi Gonda Kiper Jepang (Twitter/@ruangbola_)

Keberhasilan Timnas Jepang mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2022 membuat media sosial gaduh. Selain 'Jepang', 'Wakabayashi' pun ikut bertengger di trending topic Twitter pada pagi hari ini, Kamis, 24 November 2022.

Wakabayashi adalah salah satu karakter di kartun Jepang terkenal, Kapten Tsubasa. Menurut warganet, kiper timnas Jepang, Shuichi Gonda, mirip dengan karakter ini.

Jepang pada Rabu malam, 23 November 2022, berhasil menundukkan Jerman dengan skor 2-1 dalam babak penyisihan Grup E Piala Dunia Qatar 2022.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Internasional Khalifa, Qatar, skuad berjulukan Samurai Biru berhasil membuat kejutan dengan mengalahkan Jerman.

Dua gol didapat berkat aksi Ritsu Doan di menit 75 dan gol Asano di menit 83.

Sementara Jerman hanya mampu mencetak satu gol melalui tendangan Ilkay Gundogan melalui titik putih pada menit 33.

Ya, selain gol yang dicetak, kemenangan ini juga tidak ada artinya tanpa kelihaian Shuichi Gonda menjaga gawang.

Alhasil, warganet pun menyamakan Shuichi Gonda dengan Wakabyashi lantaran pertahanan menakjubkan dalam pertandingan semalam.

Menurut catatan, Shuichi Gonda berhasil menahan delapan tendangan, empat tembakan dari kotak penalti, dan memiliki taktik yang sangat bagus saat pertandingan melawan Jerman semalam.

Warganet pun berbondong-bondong memuji kehebatan kiper Jepang yang sangat mirip dengan karakter Wakabayashi di kartun Kapten Tsubasa.

"KIPER JEPANG TIBA-TIBA BERUBAH MENJADI WAKABAYASHI GENZO#FIFAWorldCup" tulis akun @rangg***.

"Kesurupan Wakabayashi nih kiper" tulis akun @anop****

Karena hal itu pula banyak warganet yang tiba-tiba saja nostalgia, teringat memori masa kecilnya.

"Saya suka bagaimana Wakabayashi menjadi tren di sini setelah pertandingan Piala Dunia. Sepertinya kita semua memiliki masa kecil yang menyenangkan!" tulis akun @tsuna****

Negara-negara Asia saat ini tengah menunjukan kehebatannya di muka dunia, setelah kemarin Arab Saudi berhasil mengalahkan Argentina. Sekarang giliran Jepang yang berhasil mengalahkan Jerman.

"Keren banget permainan Jepang, kipernya wakabayashi. Wakil Asia kembali menunjukkan taringnya " tulis akun @adiguna_****


Prediksi Tsubasa : Jepang - Jerman (2-1)

Genzo Wakabayashi nama karakter ini telah melekat bagi kaum Gen Z dan Milenial sehingga bisa menjadi trending ketika Timnas jepang dapat mengalahkan Jerman di salah satu episode anime Tsubasa.

Salah satu warganet membagi foto tentang Shuichi Gonda dan klip video ketika Tsubasa (Jepang) dapat mengalahkan timnas Jerman dengan skor 2-1

"Prediksi Anime yang jadi kenyataan. Keren Jepang punya wakabayashi, Tsubasa vs LGBT" tulis akun @jamalalfahri dikutip dari Twitter, Kamis (24/11/2022).

"Kalau kiper Japan punya Wakabayashi Jerman punya kiper legendaris si Muller" balas akun @ucihaalex.

Seperti di film agar dapat menghancurkan Jerman, salah satu warganet mencuit strikernya adalah Tsubasa dan kipernya adalah Wakabayashi.

"LoooooooooL saya mengatakan ini dengan teman saya setelah gol Jerman. "Mereka harus memainkan tim Tsubasa untuk menghancurkan Jerman, Tsubasa sebagai striker dan Wakabayashi sebagai kiper" ternyata mereka memberikan permainan yang persis seperti tim di babak ke-2 " tulis akun @bohleupieng dikutip dari Twitter.


Profil dan Biografi Shuichi Gonda

Dikutip dari ghgossip,Shuichi Gonda merupakan pemain bola profesional dari Jepang dan berperan sebagai kiper untuk Shimizu S-Pulse dan tim nasional Jepang.

Shuichi Gonda lahir pada hari Jumat, 3 Maret 1989, di Kota Setagaya, Tokyo, Jepang. Dia mewakili tim nasional Jepang di Olimpiade Musim Panas 2012 dan juga di Piala Dunia FIFA 2022 yang diadakan di Qatar sebagai penjaga gawang tim.

Usia Shuichi Gonda

Shuichi Gonda lahir pada hari Jumat, 3 Maret 1989. Dia merayakan ulang tahunnya yang ke-33 pada hari Kamis, 3 Maret 2022

Tinggi & Berat Badan Shuichi Gonda

Pesepakbola profesional Jepang (kiper) ini memiliki fisik yang bagus. Dia berdiri pada ketinggian 1,87 m dan berat 83 kg.

Shuichi Gonda Wife

Shuichi Gonda adalah pria yang menikah dengan bahagia. Kiper berusia 33 tahun ini menikah dengan Yumi Gonda. Ia lahir pada hari Sabtu, 1 Juli 1989, di Tokyo, Jepang.

Shuichi Gonda dan Yumi Gonda telah menikah sejak tahun 2010.


Shuichi Gonda Karir Sepakbola

Shuichi Gonda menghabiskan karier masa mudanya bersama FC Tokyo dari tahun 2001 hingga 2006, kemudian memulai karir profesionalnya dengan klub pada tahun 2007 dan membuat lebih dari 200 penampilan di semua kompetisi untuk klub J1 League saat ini FC Tokyo antara tahun 2007 dan 2016.

Selama waktu itu dia telah memenangkan 4 penghargaan bersama Tokyo dan 2 dengan tim nasional Jepang yang dengannya ia melakukan debut internasional penuh pada 6 Januari 2010 dalam kualifikasi Piala Asia AFC 2011 melawan Yaman.

Shuichi Gonda telah membuat 32 penampilan di berbagai youth level untuk Jepang. Dia terpilih untuk bermain di Piala Dunia FIFA 2022 dalam skuad 26 orang tim Jepang sebagai Kiper.

Pertama kali, ia bermain melawan Jerman pada hari Rabu, 23 November 2022, dan mereka memenangkan pertandingan (2-1).

Perusahaan Induk Google PHK 10.000 Orang

Perusahaan Induk Google Bakal PHK 10.000 Karyawan Mulai Tahun 2023

Liputan6.com 2022-11-24 17:00:57
Suasana kantor pusat Google di Googleplex, Mountain View, Palo Alto, California. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Alphabet, perusahaan induk Google disebutkan bakal PHK sekitar 10.000 karyawan yang berperforma buruk.

Mengutip The Independent, Kamis (24/11/2022), manager di Google sudah diminta menganalisis dan memberi peringkat karyawan dengan kinerja buruk.

Google akan menggunakan sistem ranking, dan karyawan dengan peringkat terendah akan dipecat dari perusahaan. Informasi, saat ini Alphabet memiliki total karyawan sekitar 187 ribuan.

Sebelumnya, Google telah mengumumkan untuk menghentikan proses perekrutan karyawan baru pada kuartal keempat tahun ini.

Selain Google, perusahaan teknologi besar lainnya, seperti Twitter, Meta, Amazon, dkk, telah merumahkan karyawan mereka beberapa minggu belakangan ini.

Rencana karyawan Google di PHK ini mencuat setelah Christopher Hohn, pemegang saham Alphabet senilai USD 6 miliar, menulis surat ke perusahaan akhir pekan lalu.

Dalam surat tersebut, dia menyatakan, "Kami menulis untuk mengungkap pandangan kami biaya operasional Alphabet terlalu tinggi dan manajemen perlu mengambil tindakan agresif."

Selain itu, perusahaan juga di bawah tekanan karena merekrut karyawan dalam jumlah yang berlebihan selama beberapa tahun terakhir ini.

Sejak 2017, perusahaan telah melipatgandakan jumlah karyawan mereka dengan peningkatan sebesar 15 persen pada tahun 2020 saja.

Kondisi di dalam Google pun semakin panas pada bulan Agustus, dimana Sundar Pichai melakukan pertemuan bersama semua pihak. Kala itu, Sundar meminta karyawan untuk meningkatkan produktivitas mereka.

Sundar Pichai berkomentar, "Ada kekhawatiran produktivitas kita secara keseluruhan tidak sesuai dengan kebutuhan untuk jumlah kepala yang kita miliki."


Google Maps Kini Bisa Tampilkan Lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Di sisi lain, Google Maps mengumumkan telah memperluas cakupan informasi mengenai stasiun pengisian kendaraan listrik. Sebelumnya, fitur ini dikembangkan di Amerika Serikat dan Britania Raya selama tiga tahun terakhir.

Kini, seperti dikutip dari GSM Arena, Minggu (20/11/2022), fitur tersebut telah diperluas kehadirannya di lebih banyak negara yang memiliki stasiun pengisian kendaraan listrik.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, fitur ini juga sudah tersedia di Indonesia. Untuk melakukan pencarian, pengguna tinggal melakukan penelusuran dengan kata kunci EV charging stations.

Nantinya, Google Maps akan menampilkan daftar stasiun pengisian kendaraan listrik yang berada di sekitar lokasi pengguna. Fitur ini turut dibekali dengan filter yang memudahkan pencarian sesuai dengan preferensi pengguna.

Dengan filter tersebut, pengguna dapat menyortir stasiun pengisian kendaraan listrik berdasarkan kecepatan pengisian dayanya dan tipe pengisian. Informasi tersebut juga akan ditampilkan dalam hasil pencarian.


Tersedia di Negara Lain

Pada beberapa negara, fitur ini juga akan menampilkan informasi apakah stasiun pengisian kendaraan listrik tersebut gratis. Fitur ini sekarang sudah tersedia untuk Google Maps di Android dan iOS.

Sebagai informasi, fitur ini merupakan salah satu pembaruan yang dihadirkan Google menjelang masa libur di akhir tahun. Fitur lain yang juga dirilis adalah informasi mengenai tempat-tempat yang memiliki akses kursi roda atau tanpa tangga.

Selain itu, Google Maps juga menghadirkan dukungan pencarian berbasis Live View. Namun untuk sekarang, fitur ini baru tersedia di London, Los Angeles, New York, Paris, San Francisco and Tokyo, serta bisa diakses melalui Android and iOS.


Google Maps Hapus Layer Informasi Kasus Covid-19 di Aplikasi

Lebih lanjut, dengan situasi pandemi Covid-19 yang dinilai sudah lebih baik, Google Maps rupanya telah menghapus layer dari aplikasinya, yang menunjukkan hotspot atau "titik panas" dari penyebaran Covid-19.

Layer atau lapisan Covid-19 sendiri sebelumnya dihadirkan Google di Maps pada tahun 2020 untuk aplikasi seluler dan web, yang menunjukkan tren Covid-19 di suatu daerah.

Mengutip 9to5Google, Kamis (27/10/2022), lapisan ini menarik rata-rata tujuh hari kasus Covid-19 di area tertentu, untuk menunjukkan di mana virus tersebut menyebar lebih cepat.

Fitur ini dengan cepat dirilis secara global di semua negara yang bisa mengakses Google Maps, begitu pula dengan di tempat yang datanya rendah apabila tersedia.

Dengan lapisan ini, area peta akan diberi kode warna berdasarkan rasio kasus dan label yang memperlihatkan apakah kasus naik atau turun.

"Lapisan COVID ini dirancang untuk menginformasikan kepada pengguna yang ingin bepergian ke suatu tempat, sehingga mereka bisa mengambil keputusan tentang apa yang harus dilakukan," kata Project Manager Google Maps Sujoy Banerjee saat itu.

(Ysl/Isk)

Jadi Sorotan Gara-Gara Pakaian

Sosok Deborah Secco, Pembawa Acara Piala Dunia Qatar 2022 yang Dinilai Berpakaian Terlalu Terbuka

Liputan6.com 2022-11-24 09:01:12
Deborah Secco, pembawa acara Piala Dunia Qatar 2022. (dok. Instagram @dedesecco/https://www.instagram.com/p/ClM2zmrvd2Q/)

Adalah Deborah Secco, pembawa acara Piala Dunia Qatar 2022 yang tengah menarik atensi publik. Penampilan perempuan berusia 42 tahun ini dikritik terlalu terbuka. Nama Secco sendiri mungkin masih asing bagi sebagian orang. Jadi, siapa sebenarnya ia?

Melansir laman IMDb,Kamis (24/11/2022), Secco lahir pada 26 November 1979 di Rio de Janeiro, Brasil. Ia adalah seorang aktris dan produser, yang dikenal melalui Confessions of a Brazil Call Girl (2011), Good Luck (2014), dan America (2005).

Ia telah menikah dengan Hugo Moura sejak 2015. Mereka memiliki satu anak. Sementara, ia sebelumnya menikah dengan Roger Flores dan Rogrio Gomes. Pada 2004, Secco adalah "Queen of Drums" di sekolah samba Acadmicos do Grande Rio.

Secco tercatat sudah dua kali berpose untuk majalah Playboy Brasil: pada Agustus 1999 dan Agustus 2002. Sementara soal penampilan terbarunya yang mengundang kontroversi, pilihan busananya dinilai "tidak sesuai dengan aturan di Qatar."

Penampilan yang dimaksud ini dibagikan dalam sederet unggahan di akun Instagram-nya, baru-baru ini. Di sana, Secco tampak memakai baju berwarna biru dongker yang senada dengan jersey timnas Brasil sebagai bentuk dukungan.

Atasan itu hadir dalam potongan crop yang mengekspos perutnya yang rata. Melengkapi tampilan, ia memilih celana kargo krem berpotongan pinggang rendah dan sengaja menunjukkan tali celana dalam yang tipis. Tidak ketinggalan, ia juga memakai high heels senada.

Di kolom komentar, tidak sedikit warganet yang meminta pembawa acara Piala Dunia 2022 itu berbusana "lebih sopan." Kendati, tidak sedikit juga yang memuji tampilan Secco, menyebutnya "tidak masalah."


Aturan Berbusana

Sementara itu, FIFA telah merilis aturan berbusana bagi penonton maupun yang berpartisipasi di gelaran Piala Dunia Qatar 2022. Melansir situs webnya, dijelaskan bahwa perempuan harus memakai pakaian yang menutupi perut dan lengan.

Selain itu, celana dan rok mereka harus menutupi bagian paha. Pakaian ketat dan yang menunjukkan belahan dada juga tidak diperbolehkan.

Busana Secco sayangnya bukan satu-satunya kontroversi yang menghiasi gelaran pesta sepak bola empat tahunan tersebut. Sebelumnya, ban lengan One Love sudah lebih dulu jadi topik hangat perbincangan publik.

Kapten sepak bola dari tujuh tim Eropa semula akan mengenakan ban lengan pelangi, One Love, selama Piala Dunia 2022 di Qatar. Itu merupakan ikon promosi pesan inklusi LGBTQ di negara tuan rumah yang menetapkan bahwa homoseksualitas adalah ilegal.

Tapi, melansir TIME, setelah menghadapi tekanan dari shoppingmode FIFA, tidak ada dari mereka yang akan memakai ban lengan tersebut. Kampanye One Love diprakarsai Asosiasi Sepak Bola Belanda pada awal musim sepak bola 2020.


Protes Sunyi

Ini dilakukan dalam upaya "mengungkap dukungan mereka untuk penyatuan semua orang" dan mengutuk segala bentuk diskriminasi. Pada September 2022, diumumkan bahwa sembilan negara lain, termasuk Norwegia, Swedia, dan Prancis, akan mengadopsi kampanye untuk berbagai pertandingan mendatan, termasuk Piala Dunia Qatar dan UEFA Nations League tahun depan.

Kapten tim setuju memakai ban lengan pelangi, yang bertuliskan "OneLove" di atasnya dan menampilkan nomor satu di dalam simbol hati. Meski tidak secara langsung menyebutkan penyebab atau diskriminasi LGBTQ, bendera pelangi adalah simbol hak LGBTQ yang diakui secara global.

Dalam sebuah pernyataan tahun 2020, kapten Belanda Virgil van Dijk mengatakan, "Ini adalah pesan penting yang sesuai dengan permainan sepak bola: di lapangan semua orang sama dan ini harus terjadi di setiap tempat di masyarakat. Dengan ban lengan OneLovem kami menyampaikan pesan ini."

Hubungan sesama jenis dikriminalisasi di Qatar dan anggota komunitas LGBTQ telah ditangkap dan dianiaya pihak berwenang pada September lalu, menurut Human Rights Watch. Berdasarkan catatan ini, ban lengan OneLove semula akan bertindak sebagai bentuk protes sunyi.


Tidak Punya Pilihan

Dalam sebuah pernyataan, Senin, 21 November 2022, badan sepak bola Inggris Football Association dan Welsh bergabung dengan Belanda, Swiss, Jerman, Denmark, serta Belgia mengonfirmasi bahwa ancaman sanksi FIFA membuat mereka tidak punya pilihan, selain meninggalkan gerakan kampanye One Love.

"Sebagai federasi nasional, kami tidak bisa membiarkan pemain kami menghadapi sanksi olahraga, termasuk kartu kuning, jadi kami telah meminta kapten kami untuk tidak mengenakan ban kapten di pertandingan Piala Dunia FIFA," bunyi pernyataan bersama mereka.

Pihaknya menambahkan bahwa mereka siap menghadapi denda karena melanggar peraturan seragam, tapi tidak akan membiarkan pemain menerima kartu kuning atau dipaksa meninggalkan lapangan. Pernyataan itu juga mengatakan tim "sangat frustrasi dengan FIFA, dan percaya ini belum pernah terjadi sebelumnya."

Pada Sabtu, 19 November 2022, FIFA mengumumkan inisiatif ban lengannya sendiri, menyarankan para pemain mengenakan ban lengan yang berbeda untuk setiap pertandingan. Itu menampilkan apa yang para kritikus anggap sebagai slogan milquetoast seperti "Sepak bola menyatukan dunia," "Berbagi makanan," dan "Bawa semangat gerakannya."

Lelang Barang untuk Korban Gempa Cianjur

Melly Goeslaw Lelang Barang untuk Donasi Korban Gempa Cianjur, Terkumpul Rp119 Juta

Liputan6.com 2022-11-24 14:02:00
(Instagram/melly_goeslaw)

Melly Goeslaw terpanggil untuk ikut membantu para korban gempa Cianjur. Penyanyi dan pencipta lagu berusia 48 tahun tersebut melelang barang-barang lamanya yang hasilnya akan didonasikan untuk korban bencana alam tersebut.

"Lagi nunggu......Iya .... lagi nunggu kurang dari 2 jam setengah lagi... mau garage sale barang2 aku , hasilnya 100% diperuntukan untuk yg terdampak gempa Cianjur dan sekitarnya. Bismillah ......Orang baik ,... sampai jumpa nanti ya jam 19.30 live di ig aku. Maaciiiih," tulis Melly Goeslaw di akun Instagram resminya @melly_goeslaw dikutip Kamis (24/11/2022).

Ternyata para pengikutnya begitu antusias untuk ikut lelang tersebut. Dalam unggahan terbarunya pelantun lagu "Salah" ini pun mengucapkan terima kasih kepada pihak yang berpartisipasi.

"Terima kasih orang baik yang tadi sudah membantu bencana gempa Cianjur melalui belanja garage sale aku. InsyaAllah semuanya besok dikirim ya. Bagi yang masih ingin menyumbang bisa melalui link campaign aku di link di bawah," tulis Melly di fitur Instagram Story.

Di unggahan selanjutnya tentang penggalangan dana gempa Cianjur Melly juga memberitahu hasil garage sale pada 23 November 2022. Terkumpul dana Rp119 juta dan sudah disetorkan ke @kitabisadotcom sebesar Rp100 juta dalam dua tahap, lantaran maksimal transfer Rp50 juta.

"Dana yang terkumpul ini akan disumbangkan untuk keperluan bantuan yang terdampak gempa Cianjur yang mana akan dikelola oleh @indonesiareliefbox, sekali lagi aku ucapkan terima kasih untuk semua orang baik yang sudah bantu. Hanya Allah SWT yang akan membalasnya," lanjut penyanyi yang akrab disapa teh Melly itu.


Warganet Antusias

Melly menambahkan untuk ke depan terkait penyaluran dana gempa Cianjur dapat langsung dilihat di bagian Sorotan Instagram pribadinya "Untuk Cianjur". Sementara itu respons warganet terkait garage sale yang dilakukan istri Anto Hoed itu pun sangat diapresiasi. Tapi tak sedikit juga, pengikutnya masih membubuhkan komentar tentang penampilannya yang kini berubah drastis setelah operasi bariatik.

"Terima kasih Banyak teh mely atas DOA Dan bantuan nya buat Kami warga cianjur yg terkena musibah semoga teh mely Dan keluarga sadayana sehat walafiat Dan Allah berkahi hidup dunia Dan aherat nya," tulis seorang warganet.

"Keren teh @melly_goeslaw nyumbang buat korban gemba mashaa Allah, sy cuman bisa nyumbang doa teh smoga mrk tabah sabar & tawakal kpd Allah. Makin cinta kepada Allah," tulis yang lain.

"Alhamdulillah @melly_goeslaw semoga apa yg teteh berikan menjadi berkah buat orang lain dan menjadi pahala buat teteh , amin ya rabbal Al-Amin," sambung warganet lainnya.

"Pangling kyk bukan teh melly," kata yang lain.

"Kurusan bangett ya teh melly," balas warganet.


Operasi Bariatrik

Sementara itu, sebelumnya, Melly Goeslaw menjalani operasi bariatik hingga membuat bobot tubuhnya menyusut. Ia juga merasakan perubahan signifikan ke arah lebih baik usai operasi tersebut.

Mulanya, ia menjalani operasi bariatrik supaya bisa membantunya dalam menurunkan berat badan. Nyatanya, ia juga merasakan perubahan lain dalam kehidupannya sehari-hari.

"Tiga jam usai dibius total, aku punya hidup baru," sebut Melly belum lama ini di kawasan Jakarta Pusat, dikutip dari kanal Health Liputan6.com, Selasa 15 November 2022.

Setelah menjalani operasi bariatrik yang merupakan pemotongan lambung hingga 85 persen ia memang hanya bisa mengonsumsi makanan terbatas. Melly harus mengonsumsi makanan sehat mengingat kapasitas lambungnya saat ini menyusut.

Melly menduga, asupan makanan yang sehat minim 'sampah' itu membuat gaya hidupnya berubah jadi lebih baik. Sekarang jam 10 malam ia sudah ngantuk, kalau lagi manggung malam itu juga bisa jadi sudah nguap. Melly mensyukuri perubahan tersebut. Hal ini makin mendukungnya untuk bisa menjalani hidup baik tanpa digerogoti penyakit yang lekat dengan obesitas seperti diabetes, stroke dan serangan jantung.


Diabetes Sembuh

Sebelum operasi bariatrik, Melly menjalani serangkaian pemeriksaan tubuh. Salah satunya kadar gula darah. Siapa sangka ternyata gula darahnya sangat tinggi.

"Ternyata aku diabetes tapi setelah bariatrik kadar gula darah bagus. Dulu gulanya 250-an, sekarang 99-100,"ceritanya bahagia.

Menurut dokter Peter Ian Limas yang melakukan operasi bariatrik pada Melly, hal itu bisa terjadi karena ada perubahan hormon pascaoperasi.

"Kenapa setelah operasi diabetesnya kok hilang? Karena itu perubahan hormonal," kata dokter bedah digestif yang sehari-hari praktik di RSPI Pondoh Indah ini kepada awak media.

Peter mengingatkan bahwa operasi bariatrik itu ampuh dalam memangkas risiko penyakit tapi pasien harus berkomitmen untuk mengubah gaya hidup jadi sehat serta berolahraga.

Peter mengatakan bahwa memang pasti pasien yang jalani operasi bariatrik akan kurus. Namun, jika tidak menjalani gaya hidup dengan baik bukan tidak mungkin berat badan bakal kembali melambung beberapa tahun mendatang.

Pulau Kucing di Indonesia

Tak Hanya Jepang, di Indonesia Juga Ada Pulau Kucing

Liputan6.com 2022-11-24 15:00:27
KUCING LIAR BERENANG SEBERANGI PULAU DEMI CARI MAKANAN

Pulau Kucing di Indonesia berlokasi di Desa Fukweu, Kecamaran Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara. Pengunjung akan disambut ratusan kucing saat berada di lokasi ini.

Layaknya di Tashirojima, Aoshima, atau wilayah lain di Jepang, di sini juga dihuni banyak kucing. Meski sama-sama populer karena kucing, tetapi keduanya memiliki perbedaan.

Kucing di Pulau Kucing Jepang biasanya sengaja dibawa dan dikembangbiakkan untuk mengatasi hama tikus yang merusak pertanian warga. Sementara di Pulau Sula, keberadaan kucing liar karena dahulu banyak orang yang membuang kucing di lokasi tersebut.

Kucing-kucing yang dibuang itupun berkembang biak hingga berjumlah sangat banyak. Awalnya hanya sekitar puluhan ekor, tetapi semakin lama jumlahnya mencapai ratusan kucing.

Melihat para kucing tak terawat, warga lokal pun berinisiatif merawat kucing-kucing tersebut. Meski kucing ini masih bisa bergerak bebas layaknya kucing liar, setidaknya mereka lebih terurus dan sehat.

Para hewan berbulu ini berjalan dan bermain dengan bebas tanpa ada yang mengganggu. Para pengunjung juga diperbolehkan bermain dan memberi makan para kucing.

Sementara itu, Pemerintah Desa Fukweu Maluku Utara juga berinisiatif memaksimalkan banyaknya kucing-kucing ini sebagai destinasi wisata Pulau Kucing. Apalagi, keindahan pemandangan alam di sekitar lokasi juga mendukung untuk dijadikan destinasi wisata.

Untuk sampai ke Pulau Kucing, dari dermaga Desa Fukweu, pengunjung hanya cukup naik perahu mesin dengan tarif Rp10 ribu untuk pergi-pulang. Waktu tempuh perjalanan pun tak pama, hanya sekitar 15 menit saja.

Penulis: Resla Aknaita Chak


Saksikan video pilihan berikut ini:

Jadi PM Malaysia Setelah 24 Tahun Menanti

HEADLINE: Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia Setelah 24 Tahun Menanti, Bawa Perubahan Apa?

Liputan6.com 2022-11-25 00:02:03
Ketua Partai Keadilan Rakyat Malaysia, Anwar Ibrahim mengucapkan sumpah jabatan dalam upacara pelantikan di Gedung Parlemen, Kuala Lumpur, Senin (15/10). Anwar Ibrahim dilantik sebagai anggot

Pemilu Malaysia berujung buntu. Tak satu pun koalisi mampu mendapatkan cukup kursi untuk membentuk pemerintahan. Selama lima hari, Malaysia pun mengalami ketidakpastian politik.

Raja Malaysia Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah kemudian menggelar pertemuan dengan para penguasa Melayu pada Kamis (24/11/2022). Hasilnya, Raja menunjuk Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri (PM) baru Malaysia.

Ia langsung dilantik pada sore harinya di Istana Negara Malaysia. Penantian Anwar Ibrahim selama 24 tahun untuk bisa menjadi PM Malaysia pun berakhir.

"Raja memutuskan untuk mengangkat seorang anggota Dewan Rakyat yang menurut pemahamannya dapat mendapat dukungan dari mayoritas anggota Dewan Rakyat sebagai perdana menteri. Setelah melalui pandangan penguasa Melayu lainnya, raja telah memberikan persetujuannya untuk menunjuk DS Anwar Ibrahim sebagai perdana menteri ke-10 Malaysia," kata Istana Negara Malaysia dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari SCMP.

"Raja mengingatkan semua pihak bahwa yang menang tidak menang semua dan yang kalah tidak kalah semua. Oleh karena itu... ulurkan tanganmu satu sama lain dan bersatu sebagai anggota Dewan Rakyat untuk masa depan bangsa kita tercinta."

Pada pemilihan yang digelar pada Sabtu 19 November, Anwar Ibrahim sebagai Ketua Pakatan Harapan (PH) bersaing ketat dengan Ketua Perikatan Nasional (PN) Muhyiddin Yassin untuk mendapatkan dukungan. Namun, hasil dari pemilihan umum ke-15 itu ternyata melahirkan kondisi parlemen gantung, karena tidak ada partai politik maupun koalisi yang berhasil mendapatkan kursi mayoritas lebih dari 50 persen dari 222 kursi di Parlemen.

Koalisi Pakatan Harapan memperoleh kursi terbanyak di parlemen yakni 76. Meskipun mendapat sokongan satu kursi dari Ikatan Demokratik Rakyat Malaysia (MUDA) yang dipimpin politikus muda Malaysia Syed Saddiq dan lima kursi dari Partai Tindakan Demokratik (DAP), koalisi yang mereka bentuk masih belum dapat memenuhi syarat membangun pemerintahan baru.

Sedangkan Koalisi Perikatan Harapan berada di posisi kedua, mendapatkan 51 kursi. Sementara, koalisi Barisan Nasional yang menjadikan Ismail Sabri Yaakob sebagai PM ke-9 Malaysia, hanya meraih 30 kursi.

Usai dilantik sebagai PM Malaysia, Anwar Ibrahim mengatakan, "Amanah akan digalas dengan penuh tawaduk dan bertanggungjawab," seperti dilansir laman Facebook resminya.

"Tugas berat ini akan saya pikul berpandukan kehendak dan nurani rakyat bersama tim."

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pun menjadi Kepala Negara pertama yang mengucapkan selamat ke Anwar Ibrahim telah menjadi PM Malaysia. Dalam laman Instagram resminya, Anwar mengunggah momen saat Jokowi meneleponnya untuk mengucapkan selamat.

"Terima kasih Presiden Indonesia Bapak Joko Widodo yang menjadi kepala negara pertama yang menghubungi saya mengucapkan tahniah," ungkap Anwar.

"Saya tegaskan Indonesia merupakan sahabat sejati Malaysia dan saya mengharapkan hubungan dagang dan bisnis, investasi, budaya dan isu pekerja dapat dipertingkatkan. Persahabatan kedua-dua semestinya diperkukuh."

Dalam video yang diunggahnya, terdengar suara Jokowi dari balik telepon menyatakan, "Pemerintah, atas nama seluruh rakyat Indonesia, saya ingin mengucapkan selamat terpilihnya Yang Mulia sebagai Perdana Menteri ke-10 Malaysia."

Menurut Pengamat Hubungan Internasional dari Universitas Padjadjaran Bandung Teuku Rezasyah, Anwar Ibrahim merupakan pilihan terakhir yang terbaik untuk menjabat sebagai perdana menteri Malaysia.

"Anwar Ibrahim merupakan pilihan terbaik dan sekaligus juga pilihan terakhir yang paling tepat memimpin Malaysia di saat kritis ini. Dalam hal ini, Yang Dipertuan Agung Malaysia, partai pemenang pemilu, dan juga masyarakat luas di Malaysia sadar, jika pilihan ini juga menanggung risiko," ujar Rezasyah kepada Liputan6.com, Kamis (24/11/2022).

Setelah menjabat sebagai Perdana MenteriMalaysia, Anwar dinilai memiliki sejumlah tantangan yang harus dihadapi. Pertama, ia perlu memulihkan kembali nama baiknya yang pernah dipenjara atas tuduhan korupsi dan asusila. "Karena itu, Anwar akan membutuhkan waktu untuk meyakinkan banyak pihak di dalam negeri Malaysia, siapa dirinya yang sebenarnya."

Kemudian, lanjut Rezasyah, tantangan lainnya adalah umur Anwar Ibrahim yang tak lagi dalam usia produktif.

"Kedua adalah usianya yang 75 tahun. Walaupun berintelijensia tinggi, dan berbekal pengalaman sebagai Wakil Perdana Menteri di masa Mahathir Mohamad, Anwar sangat membutuhkan dukungan dari berbagai kekuatan dalam Pakatan, yang berpotensi menggerogotinya kelak," kata Rezasyah.

Lebih lanjut, Rezasyah juga menilai Anwar Ibrahim akan membawa perubahan pada pemerintahannya dengan komposisi Menteri yang tak biasa.

"Ketiga adalah komposisi Menteri dalam pemerintahan Malaysia di bawah Anwar yang akan unik. Karena akan sedikit mengurangi komposisi etnis Melayu, namun menambahkan jumlah menteri dari latar belakang China dan India," sambungnya.

Selain itu, menurut Rezasyah, Anwar Ibrahim juga bakal membuat wajah baru Malaysia yang lebih demokratis. "Dalam hal ini, membangun sebuah Malaysia yang bukan saja semakin demokratis, namun juga mampu menegakkan ekonomi, yang tak sempat dijalankannya akibat lama tersingkir dari panggung politik nasional," ujarnya.

Rezasyah juga menilai hubungan antara Malaysia dan Indonesia akan berjalan seperti biasa. Bahkan, ia memperkirakan bahwa Indonesia akan jadi negara pertama yang dikunjunginya.

"Mengingat latar belakang pendidikan dan pengalaman kerjanya, diperkirakan Anwar akan fokus pada percepatan bidang kerjasama yang sudah kokoh. Dalam hal ini, akselerasi pembangunan pesisir Indonesia-Malaysia-Singapura Growth Triangle (IMS-GT)," ungkap Rezasyah.

Terpisah, Pakar Politik Asia Tenggara Bridget Welsh menilai Anwar Ibrahim sebagai sosok globalis yang dapat meyakinkan investor internasional masuk ke Malaysia. "Dia harus berkompromi dengan pihak lain di pemerintahan yang berarti proses reformasi akan menjadi lebih inklusif," kata Bridget Welsh, dikutip dari ABC.

"Anwar telah dilihat sebagai pembangun jembatan lintas komunitas. Pada saat yang sama ia menawarkan bantuan yang meyakinkan untuk tantangan yang akan dihadapi Malaysia," imbuhnya.


Penantian 24 Tahun

Anwar Ibrahim menjadi perdana menteri Malaysia setelah menanti 24 tahun sejak 1998. Dalam perjalanan politiknya, Anwar Ibrahim pernah dikhianati seniornya sendiri hingga dijebloskan penjara.

Pada pemilu Malaysia 2022, koalisi Pakatan Harapan yang dipimpin Anwar Ibrahim mendapatkan suara tertinggi, namun belum meraih 112 suara mayoritas di parlemen.

Selama berhari-hari, tidak jelas siapa yang akan menjadi pemimpin Malaysia. Mahathir Mohamad kalah besar di pemilu ini. Mantan PM Muhyiddin Yassin yang juga unggul berusaha membangun koalisi agar menjadi mayoritas.

Raja Malaysia akhirnya memutuskan bahwa Anwar Ibrahim yang menjadi perdana menteri. Media-media negeri jiran lantas mengabarkan bahwa Anwar Ibrahim sah akan menjadi pemimpin selanjutnya.

Karier politik Anwar Ibrahim sudah bersinar sejak awal 1990-an ketika usianya masih 40-an. Ia terpilih sebagai deputi pemimpin partai UMNO, sehingga ia diangkat menjadi wakil perdana menteri untuk Mahathir Mohamad.

Hubungan kedua sangat dekat, bahkan disebut sebagai "bapak-anak". Tetapi si bapak malah memecat anaknya sendiri dari kabinet pada 1998.

Setelahnya Anwar Ibrahim juga dituduh melakukan sodomi. Hubungan sesama jenis ilegal di Malaysia, sehingga tuduhan itu membuat Anwar masuk penjara. Mahathir pun terus berkuasa hingga 2003.

Anwar sempat keluar penjara di awal 2000-an, namun dipenjarakan lagi pada 2008 setelah rekannya bernama Saiful Bukhari Azlan mengaku disodomi Anwar Ibrahim.

Media Australia, Sydney Morning Herald, menyebut tudingan itu adalah aksi tipu daya politik. Mahathir disebut ingin menyingkirkan Anwar Ibrahim saja.

"Ia (Mahathir) membuat Anwar ditangkap dan digugat dengan sodomi. Sebuah kejahatan mengagetkan di negara mayoritas Muslim konservatif tersebut," tulis media Australia itu pada 2010.

"Cabang Khusus kepolisian mengatur barang bukti dan memaksa para saksi mata. Anwar datang dari sel di kantor polisi untuk hadir di pengadilan dengan wajah babak belur, kemudian diketahui luka itu karena kepala polisi memukulinya," jelas Sydney Morning Herald.

Istri Anwar Ibrahim, Wan Azizah, memimpin Partai Keadilan Rakyat ketika suaminya dipenjara. Ia ikut menjadi oposisi melawan Najib Razak.

Ketika Najib berkuasa, Wan Azizah berkoalisi dengan Mahathir Mohamad. Mereka berkoalisi dalam Pakatan Harapan dengan Wan Azizah menjadi wakil perdana menteri pada 2018.

Di balik aliansi Wan Azizah-Mahathir, ada janji politik bahwa Mahathir akan melepas jabatannya untuk Anwar Ibrahimm yang bebas pada 2018.

Namun, janji tinggal janji. Mahathir lanjut berkuasa hingga akhirnya ia dikhianati Muhyiddin Yassin pada 2020.

Pada Pemilu 2022, Mahathir Mohamad, Muhyiddin Yassin, dan Anwar Ibrahim sama-sama maju.

Hasilnya, Pakatan Harapan yang dipimpin Anwar Ibrahim meraih lebih dari 76 kursi. Setelahnya, ada Muhyiddin Yassin yang meraih 51 kursi bersama Perserikatan Nasional.

Muhyiddin berasal dari partai BERSATU. Di partai itu ada penuduh sodomi Anwar Ibrahim, yakni Saiful Bukhari.

Upaya Muhyiddin melobi-lobi koalisi mayoritas kandas setelah ia tak kunjung mendapat angka yang dibutuhkan. Anwar Ibrahim akhirnya menang setelah mendapat dukungan dari koalisi Barisan Nasional yang memiliki 30 kursi.

Sementara, Mahathir kalah besar. Koalisinya tidak satu pun memenangkan kursi di parlemen. Perjalanan politisi berusia 97 tahun itu kandas.


Sosok Anwar Ibrahim

Raja Malaysia Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah telah menunjuk ketua Pakatan Harapan (PH) Anwar Ibrahim sebagai perdana menteri (PM), mengakhiri hari-hari ketidakpastian menyusul hasil pemilihan 19 November 2022 yang memunculkan parlemen gantung.

Dilansir Britannica, Kamis (24/11/2022), pria kelahiran 10 Agustus 1947 ini memegang banyak jabatan pemerintahan pada akhir abad ke-20 sebelum dipenjara karena tuduhan korupsi pada 1999. Setelah dibebaskan dari penjara, Anwar memainkan peran kunci dalam redistribusi kekuasaan di badan legislatif Malaysia. Namun, karir politiknya kembali terhenti ketika ia divonis kasus sodomi pada 2014 dan dipenjara hingga 2018.

Anwar memulai karir politiknya pada akhir 1960-an di Universitas Malaya, Kuala Lumpur, di mana ia dikenal sebagai pemimpin mahasiswa Islam. Pada 1971 ia mendirikan Gerakan Pemuda Muslim Malaysia, menjabat sebagai presidennya hingga 1982.

Terlepas dari kritiknya terhadap koalisi Front Nasional (Barisan Nasional; BN) yang berkuasa dan komponennya yang paling kuat, United Malays National Organization (UMNO), Anwar pada 1982 menerima undangan dari perdana menteri saat itu Mahathir bin Mohamad untuk bergabung dengan UMNO dan pemerintahannya.

Karir politik Anwar Ibrahim melaju pesat. Ia menjabat sebagai menteri kebudayaan, pemuda, dan olahraga (1983), pertanian (1984), dan pendidikan (1986--91) sebelum diangkat menjadi menteri keuangan (1991--98) dan wakil perdana menteri (1993--98).

Memimpin kemakmuran ekonomi Malaysia yang luar biasa selama 1990-an, Anwar mendapatkan rasa hormat dari rekan-rekannya di seluruh dunia. Namun, selama krisis keuangan Asia pada 1997, dia berselisih dengan Mahathir atas penerapan langkah-langkah pemulihan ekonomi.

Anwar diberhentikan pada 1998, dan pada 1999 dia dipenjara atas tuduhan korupsi, yang kemudian ditambah dengan tuduhan sodomi---tindak pidana menurut hukum Malaysia.

Mahathir digantikan sebagai perdana menteri oleh Abdullah Ahmad Badawi pada 2003, dan pada 2004 Pengadilan Tinggi Malaysia membatalkan hukuman sodomi Anwar, dengan alasan kurangnya bukti.

Anwar kemudian memegang jabatan dosen di Universitas Oxford; Universitas Johns Hopkins di Baltimore, Maryland; dan Universitas Georgetown di Washington DC.

Pada 2007, dengan stagnasi pemerintahan Abdullah di tengah skandal dan gejolak sosial dan ekonomi, oposisi negara yang berbeda secara historis berkumpul di sekitar reformis Anwar. Awal 2008 Anwar mengambil alih kepemimpinan de facto dari koalisi oposisi tiga partai, the Aliansi Rakyat (Pakatan Rakyat; PR), terdiri dari Partai Keadilan Rakyat (PKR), Partai Islam Pan-Malaysia (Parti Islam SeMalaysia; Pas), dan Partai Aksi Demokratik (DAP).

Sebelum pemilihan umum untuk majelis rendah parlemen Malaysia pada Maret 2008, Anwar, meskipun dilarang mencari jabatan politik sampai April, aktif berkampanye atas nama PR.

Pesan koalisi tentang kesetaraan etnis, toleransi beragama, dan pasar terbuka---cita-cita reformis yang telah lama dianut oleh Anwar---mendapatkan dukungan yang cukup untuk mematahkan mayoritas dua pertiga BN yang berkuasa di parlemen, yang sebelumnya hanya dipatahkan sekali sejak Malaysia memperoleh kemerdekaan pada 1957.

Rintangan lain menghalangi kiprah politik Anwar, namun, ketika, tak lama sebelum pemilu 2008, tuduhan sodomi baru diajukan terhadapnya. Dia akhirnya dibebaskan dari tuduhan tersebut pada awal tahun 2012 setelah diadili selama dua tahun.

Anwar dan PR berharap bisa memperbaiki hasil pemilu 2008 oposisi di pemilu parlemen 2013. Meskipun PR menjaring beberapa kursi lagi dalam pemungutan suara yang diadakan pada awal Mei, BN mempertahankan mayoritas sederhana di majelis rendah.

Sesaat sebelum pemilu 2014 di Selangornegara bagian, di mana Anwar diharapkan menjadi menteri utama, pengadilan banding membatalkan pembebasannya tahun 2012, dan dia dijatuhi hukuman lima tahun penjara. Pada tahun 2015, Pengadilan Federal Malaysia menguatkan vonis dan hukuman tersebut.

Anwar membantah tuduhan itu, dan balik menuduh adanya "konspirasi politik."


Kasus Korupsi Berbau Konspirasi

Anwar Ibrahim dinyatakan bersalah atas empat tuduhan korupsi dan dijatuhi hukuman enam tahun penjara pada Rabu 14 April 1999 - sebuah keputusan yang dapat memicu demonstrasi jalanan massal. Anwar didakwa pada September 1998 dan diadili pada November dalam pertarungan hukum kontroversial yang memecah belah bangsa.

"Saya telah dijatuhi hukuman yang sangat menjijikkan," kata Anwar kala itu dalam sebuah pernyataan yang dibacakannya di Pengadilan Tinggi ibu kota setelah dia dinyatakan bersalah seperti dikutip dari CNN.

Anwar dijatuhi hukuman enam tahun untuk masing-masing dari empat dakwaan. Hukuman itu dijalankan bersamaan, menurut salah satu pengacara Anwar, Pawancheek Merican.

"Ini belum berakhir," kata pengacara itu.

Masing-masing dakwaan membawa maksimum 14 tahun penjara dan denda 20.000 ringgit ($5.000). Keyakinan itu melarang Anwar kembali ke politik setidaknya selama lima tahun setelah dibebaskan.

"Ini benar-benar aib. Interpretasi korupsi yang menggelikan, bahkan memuakkan ketika orang mempertimbangkan bagaimana di Malaysia miliaran ringgit uang rakyat dihamburkan oleh para pemimpinnya untuk menyelamatkan anak-anak dan kroni mereka," kata Anwar.

"Tuduhan itu adalah bagian dari konspirasi politik untuk menghancurkan saya dan memastikan (Perdana Menteri) Datuk Seri Dr. Mahathir Mohamad terus memegang kekuasaan dengan cara apa pun, bahkan jika itu berarti mengorbankan sedikit pun yang tersisa dari integritas peradilan," imbuh Anwar.

Selama persidangan yang berlangsung lima setengah bulan, hakim melarang Anwar berargumen bahwa dia adalah korban konspirasi yang dipimpin oleh Mahathir dan rekan-rekan politiknya. "Mereka telah menjadikan keserakahan dan perilaku tidak etis sebagai domain pribadi mereka, menjadikan diri mereka di atas hukum," kata Anwar.

"Sejak awal, saya tidak memiliki harapan apapun bahwa saya akan diadili secara adil. Saya tidak memiliki harapan untuk mendapatkan keadilan."

Anwar dihukum karena memerintahkan polisi pada tahun 1997 untuk mendapatkan pencabutan tuduhan dari dua orang yang menuduhnya melakukan kejahatan seksual.

Setelah memecat mantan wakilnya pada bulan September, Mahathir menyebut Anwar tidak layak secara moral. Anwar lalu mengatakan Mahathir memberinya ultimatum pada September 1998 untuk mengundurkan diri dari Kabinet atau didakwa melakukan kejahatan.

"Itu ultimatum yang diberikan perdana menteri pada pagi hari 2 September 1998. Bukankah ini korupsi? Perdana menteri menggunakan peradilan sebagai alat untuk menekan politik," kata Anwar.

"Semua instrumen pemerintahan termasuk kantor kejaksaan, polisi dan bahkan peradilan berada di bawah jempol perdana menteri."