Gunung Gede Retak Imbas Gempa Cianjur

Gunung Gede Retak Imbas Gempa Cianjur, Jalur Pendakian Ditutup

Liputan6.com 2022-11-28 12:22:57
Padang edelweis di alun-alun Surya Kencana, Gunung Gede.

Gempa magnitudo 5,6 yang mengguncang Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) menyebabkan puncak Gunung Gede mengalami retakan.

"Dari hasil pengecekan terdapat retakan dan longsoran," kata Humas Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Agus Deni saat dikonfirmasi Liputan6.com, Senin (28/11/2022).

Pengecekan Balai Besar TNGGP bersama petugas Balai Besar Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) dan unsur lainnya ditemukan titik retakan. Pertama di Cisalada dengan lebar 10 meter dan panjang 100 meter.

"Di satu lokasi ini ada dua titik longsoran. Itu terlihat dari Gayonggong," ucapnya.

Sementara retakan kedua berada jalur pendakian Gunung Putri tepatnya di Blok Romusa sepanjang 7 meter dan longsoran di Blok Tanah Merah dengan lebar 8 meter serta tinggi 3 meter.

"Pintu gerbang pertama di pos 1 jalur Gunung Putri roboh. Namun fasilitas lainnya seperti Shelter Emergency dalam kondisi baik," kata dia.

Sehubungan dengan terjadinya gempa M 5,6 dan terjadi gempa susulan, Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango menutup sementara jalur pendakian dan wisata air terjun Cibereum-Cibodas.

"Penutupan dilakukan sampai kondisi kondusif dan tidak terjadi lagi gempa susulan," ujarnya.


Perpanjang Operasi Pencarian

Badan SAR Nasional (Basarnas) memperpanjang operasi pencarian korban gempa Cianjur, Jawa Barat selama tiga hari atau dari tanggal 28 hingga 30 November 2022.

Koordinator Misi Pencarian Basarnas, Jumaril melalui keterangan tertulis di Cianjur, Jawa Barat, menuturkan pencarian dipusatkan pada tiga lokasi.

"Hari ini tim masih melaksanakan pencarian terhadap 11 korban dengan tiga worksite (lokasi kerja) seperti hari sebelumnya," kata Jumaril seperti dilansir dari Antara,Senin (28/11/2022).

Jumaril menjelaskan lokasi pertama di Warung Sate Sinta melibatkan 176 personel, lima regu anjing pelacak, dan empat personel pendeteksi kehidupan (life detector). Kemudian lokasi kedua di Desa Cijedil RT03/RW01 Kecamatan Cugenang dengan 134 personel, empat tim anjing pelacak, dan empat personel life detector.

Lokasi ketiga di Kampung Cicadas Desa Cijedil Kecamatan Cugenang dengan 62 personel, dua tim anjing pelacak, dan empat personel life detector.

Selain kegiatan pencarian dan pertolongan, tim Basarnas menyalurkan bantuan logistik berupa terpal, paket kebutuhan keluarga termasuk kebutuhan balita, beras, dan air mineral.

Dian Sastro Bicara Kesetaraan Gender

Dian Sastrowardoyo, Puteri Indonesia, dan Rahayu Saraswati Diskusi tentang Isu Perempuan di CIFP 2022

Liputan6.com 2022-11-28 11:57:12
Dian Sastro, Puteri Indonesia, dan Rahayu Saraswati berdiskusi tentang Isu Perempuan, di Sesi Return of the Angels Part V, CIFP 2022, Sabtu (26/11/2022). (Safinatun Nikmah/Li

Isu perempuan cukup hangat dibicarakan di ruang-ruang publik. Salah satunya, dalam Conference on Indonesian Foreign Policy atau CIFP 2022 yang diselenggarakan di The Kasablanka Hall Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) itu, ada sesi khusus yang membahas tentang isu perempuan bertajuk "Return of the Angels: Part V".

Diskusi ini dipimpin oleh Ketua FPCI Dino Patti Djalal bersama tiga tokoh perempuan Indonesia, yaitu Wakil Ketua Y20 Indonesia Rahayu Saraswati, Puteri Indonesia 2022 Laksmi Shari dan Aktris Dian Sastrowardoyo.

Ketiganya menyuarakan isu perempuan, tapi di fokus yang berbeda.

Dian Sastro sebagai seorang aktris dan aktivis perempuan menyuarakan tentang pentingnya kesetaraan gender. "Kesetaraan gender merupakan poin SDGs kelima yang telah disepakati dunia termasuk Indonesia. Secara populasi, perempuan cover keseluruhan dari 50% populasi dunia, tapi kesetaraan belum tercapai di manapun. Hal ini sudah terbukti menghambat ekonomi dunia," ujar Dian.

Ia melanjutkan bahwa perempuan belum cukup terwakili. Menurutnya, di karir profesional, hanya ada sedikit sekali perempuan. Sementara, perempuan seringkali melakukan bagian yang tidak proporsional di urusan rumah tangga (domestik) dan tidak dibayar.

"Kita punya banyak masalah sebagai manusia. Bayangkan jika kita hanya menggunakan 50% kemampuan kita untuk menyelesaikan masalah itu. Sehingga penting adanya keterlibatan perempuan di ranah-ranah publik bukan hanya di domestik saja," tambah Dian.

Kemudian, Puteri Indonesia Laksmi, menyuarakan tentang literasi. "Penting untuk terus berbicara tentang kondisi literasi saat ini. Kita harus menciptakan gerakan literasi yang kuat di skala lokal. Kita harus merawat literasi anak-anak, khususnya mereka yang berada di bawah tekanan," ujarnya.

Sementara itu, Rahayu Saraswati menyuarakan isu-isu terkait dengan perempuan, anak-anak, dan perdagangan manusia. Ia mengatakan, "Di Indonesia, ada anak-anak perempuan yang harus melayani 60 hingga 80 laki-laki setiap harinya. Negara ini menempati peringkat nomor satu untuk child abuse materials. Foto-foto kekerasan terhadap anak yang tersebar di sosial media pada 2012 ada 70 ribu. Ini terus meningkat, pada 2015 ada 150 ribu."


Perempuan sebagai Pemimpin

Diskusi kemudian berlanjut tentang bagaimana agar kesetaraan bagi perempuan itu tercapai, termasuk bagaimana jika perempuan berkesempatan menjadi pemimpin.

Dian mengatakan, "Ini tentang merangkul perempuan. Perlu ada kesadaran bukan hanya dari para perempuan saja, tapi juga dari para bapak dan kakak, mulai dari lingkungan rumah."

Ia menjelaskan bahwa perempuan memiliki kelebihan yang sesuai untuk karakter pemimpin. "Leader itu harus pandai berdiplomasi, punya fleksibilitas kapan harus kuat kapan harus lembut. Perempuan punya intuisi untuk mengatur itu."

Saraswati pun sepakat dengan pendapat Dian, "Perempuan itu punya kepekaan dan insting yang natural. Misalnya saat hamil atau merawat bayi. Bayangkan bila itu diaplikasikan di semua lini kehidupan."

Dian menambahkan tentang apa yang perlu diusahakan saat ini untuk mencapai kesetaraan, "Saya percaya, harapan itu ada. Sebelum itu, saya yang harus nurunin bahwa alam itu bisa menyelamatkan kita one day (dari berbagai krisis yang ada sekarang). Karena kalo engga ada yang nurunin gimana anak-cucu kita bisa tahu nanti? Terlebih, salah satu yang diturunkan dari DNA ibu adalah kecerdasan."

Sarah menambahkan, bahwa apa yang diperjuangkan itu bukan tentang menyelamatkan satu juta jiwa dalam sekali waktu, tapi menyelamatkan satu itu sudah cukup. "Merubah sesuatu itu tidak langsung besar-besaran, ada prosesnya. Jangan berharap untuk merubah semua orang. Itu seperti berbicara pada tembok. Jadi, lakukan secukupnya dari apa yang kita miliki. Kuncinya adalah untuk tetap memperjuangkan," ujar Sarah.


B20 Indonesia: Kesetaraan Gender Kerek USD 28 Triliun PDB Global di 2025

Sementara itu pada forum B20 Indonesia Women in Business Action Council (B20 WiBAC), salah satu gugus tugas dari Presidensi B20 Indonesia, telah digelar forum bertema Accelerating Inclusion of Women MSMEs in The Global Economy pada Jumat (17/6/2022).

Side event ini merupakan yang pertama dari B20 WiBAC, dengan tujuan untuk mengkomunikasikan rekomendasi kebijakan dan aksi yang disusun B20 WiBAC untuk memajukan pertumbuhan ekonomi global yang inklusif, tangguh, dan juga berkelanjutan melalui pemberdayaan perempuan.

Kegiatan ini dihadiri oleh peserta secara langsung dan daring dari seluruh negara-negara yang tergabung pada Presidensi G20, termasuk pejabat tinggi pemerintah, pemimpin bisnis, CSO, filantropis, platform perempuan, serta pemangku kepentingan terkait.

Data B20 WiBAC menyebutkan bahwa kesetaraan partisipasi gender dalam perekonomian global dapat meningkatkan USD 28 triliun dalam pertumbuhan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) global di tahun 2025 mendatang.

"Melalui gugus tugas WIBAC, Forum Presidensi B20 memainkan peranan penting dalam upaya bersama memperbaiki ekonomi global di masa yang akan datang melalui rekomendasi kebijakan dalam menjawab isu-isu perempuan, agar komunitas bisnis mengambil langkah strategis agar lebih banyak perempuan memiliki akses ke peluang bisnis dan ekonomi yang lebih baik," tutur Chair of B20 Indonesia Shinta Kamdani dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (19/6/2022).


PBB Sebut Asia Benua Paling Mematikan Bagi Perempuan, 5 Orang Per Jam Dibunuh Keluarga

Sayangnya, data yang ada menunjukkan bahwa keamanan perempuan bahkan terancam mulai dari lingkungan rumah.

Kabar mengejutkan terkuak dari data PBB, yang menunjukkan bahwa lebih dari setengah perempuan dan anak perempuan yang terbunuh tahun lalu, dibunuh oleh pasangan atau keluarga dekatnya sendiri.

Data PBB tersebut menyebut bahwa Asia jadi benua yang paling mematikan.

Setidaknya 45.000 perempuan dan anak perempuan di seluruh dunia dibunuh oleh pasangan atau anggota keluarga mereka pada tahun 2021, demikian diungkap sebuah laporan PBB yang terbit pada Rabu 23 November 2022 seperti dikutip dari DW Indonesia.

Menurut Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan (UNODC) dan UN Women yang menerbitkan laporan itu, angka ini berarti ada lebih dari lima perempuan atau anak perempuan yang dibunuh oleh seseorang dari keluarga mereka setiap jamnya.

Meskipun temuan terkait femisida ini "sangat tinggi", angka sebenarnya kemungkinan jauh lebih tinggi, kata laporan itu menekankan.

'Rumah bukan tempat yang aman' laporan PBB itu memperkirakan 81.100 perempuan dan anak perempuan sengaja dibunuh tahun lalu.

"Dari semua perempuan dan anak perempuan yang sengaja dibunuh tahun lalu, sekitar 56% dibunuh oleh pasangan intim atau anggota keluarganya yang lain... menunjukkan bahwa rumah bukanlah tempat yang aman bagi banyak perempuan dan anak perempuan," kata laporan tersebut.

Selengkapnya klik di sini ...

Penulis: Safinatun Nikmah

Kode Jokowi Soal Rambut Putih

Kode Jokowi Soal Rambut Putih Dikaitkan Ganjar, PDIP: Dia Kader yang Tunduk pada Partai

Liputan6.com 2022-11-28 13:53:04
Presiden Jokowi menyampaikan pidato pada acara temu relawan bertajuk Nusantara Bersatu di Stadion GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (26/11/2022). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat salah satunya berambut putih menimbulkan sejumlah tafsir.

Hal itu dikaitkan dengan kode-kode politik yang disebutkan sengaja dikeluarkan Jokowi Jokowi untuk mempromosikan Ganjar Pranowo sebagai.

Menanggapi hal itu, Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah menegaskan bahwa Ganjar merupakan kader yang tunduk kepada aturan partai. Sehingga, Ganjar paham bahwa yang menentukan capres merupakan kewenangan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Ganjar itu adalah profil kader yang tunduk pada partai. Ganjar dibesarkan oleh partai, Ganjar jadi gubernur baik pertama maupun kedua," kata Said, saat diwawancarai di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Bahkan, hal itu dipertegas langsung oleh Ganjar, yang mana dia menyebutkan bahwa dia hingga saat ini sebagai kader PDIP. Atas dasar itu, menurut Said, sudah jelas jika Ganjar akan tunduk terkait aturan dalam menentukan capres.

"Ganjar itu asli dilahirkan sebagai kader PDIP. Dan ganjar statemennya 'saya tetap PDI Perjuangan', karena Ganjar statement-nya tetap, itu artinya Ganjar pun tunduk pada hasil kongres, penentuan capres-cawapres di tangan ketua umum," tegasnya.

Perihal postingan Ganjar dengan gaya rambut hitam, dia yakin itu hanya gimmick atau candaan yang dilempar oleh Ganjar.

Bukan karena Ganjar tak enak hati dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang memiliki rambut hitam.

Diketahui, Puan Maharani digadang-gadang bakal maju sebagai capres pada Pemilu 2024 yang akan diusung oleh PDIP. Namun, Jokowi malah menunjukan dukungannya terhadap Ganjar ketimbang kepada Puan.

"Itu gimmick-nya ganjar, biasa, nggak ada urusan (enggak enak hati). Ganjar puan itu satu kader, satu hati," ujarnya.

"Memang rambut aslinya putih, masa suruh rubah ke hitam. Dia mau rubah bule, blonde dan itu kader PDIP," imbuh Said.


Kriteria Pemimpin Versi Jokowi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut ciri-ciri pemimpin yang bauk dekat dengan rakyat bisa dilihat dari raut wajah hingga rambutnya yang memutih. Jokowi menyampaikan itu di hadapan relawannya pada acara Gerakan Nusantara Bersatu di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

"Banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat. Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua, ada, ada itu," kata Jokowi.

Jokowi juga lalu sosok pemimpin lainnya berwajah bersih. Jokowi pun mengulangi pernyataannya bahwa pemimpin yang memikirkan rakyatnya berambut putih.

"Saya ulang, jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya. Kalau wajahnya cling, bersih, tidak ada kerutan di wajahnya, hati-hati. Lihat juga, lihat rambutnya. Kalau rambutnya putih semua, ya ini mikirin rakyat ini," katanya.

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

Dokter Tolak RUU Kesehatan Omnibus Law

Ratusan Dokter Demo Tolak RUU Kesehatan Omnibus Law, Kemenkes Imbau Nakes Tak Boleh Tingalkan Tugas

Liputan6.com 2022-11-28 14:38:00
PPNI, IDI beserta anggota organisasi lain demo atau unjuk rasa di depan Gedung DPR pada Senin (28 November 2022) soal RUU Omnibus Law Kesehatan. (Foto: Ade Nasihudin)

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengimbau dokter dan tenaga kesehatan tetap mengutamakan pelayanan dan tidak meninggalkan tugas untuk demo tolak RUU Kesehatan Omnibus Law.

Imbauan ini disampaikan melalui surat edaran (SE) Nomor UM.01.05/I.2/1743/2022 dan diresmikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes Azhar Jaya pada 27 November 2022.

Meski begitu, demo Ikatan Dokter Indonesia dan organisasi profesi lain tetap dilaksanakan dengan massa yang diperkirakan lebih dari 100 orang.

Unjuk rasa ini dilakukan di depan gerbang gedung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) pada dan dimulai lebih kurang pukul 8.30 WIB.

Terkait surat edaran ini, Juru Bicara Aliansi Nasional Nakes dan Mahasiswa Kesehatan Seluruh Indonesia Mahesa Paranadipa Mikael mengatakan bahwa unjuk rasa ini merupakan cara menyampaikan aspirasi.

"Menyuarakan kepentingan bangsa, memperjuangkan agar rakyat ini bisa disuarakan tentunya itu menjadi tanggung jawab semua orang di republik ini. Kita punya tanggung jawab yang sama untuk menjaga bangsa ini ke depan," ujar Mahesa di depan gerbang DPR RI, Senin (28/11/2022).

"Itu (surat edaran) sifat institusi ya, silakan diatur oleh Menteri Kesehatan. Tapi kami sendiri mengimbau semua orang yang peduli terhadap generasi bangsa ini ke depan, ayo kita suarakan, jangan sampai nasib kesehatan rakyat ke depan jadi terancam," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Mahesa juga menyampaikan poin-poin yang mendasari penolakan RUU Kesehatan Omnibus Law.

Menurutnya, ada substansi dalam RUU Kesehatan yang merugikan masyarakat.


Poin-Poin Penolakan

Poin-poin yang mendasari penolakan RUU Kesehatan Omnibus Law di antaranya:

Pertama, dilihat dari proses pembuatannya, RUU ini tidak dibuat secara terbuka dan transparan.

"Kenapa penolakan ini kami lakukan? Karena proses-proses yang terjadi dalam program legislasi nasional (Prolegnas) ini terkesan sembunyi-sembunyi, tertutup, dan terburu-buru," kata Mahesa.

Kedua, Mahesa menilai RUU Kesehatan Omnibus Law dibuat tanpa adanya naskah akademik yang kuat. Artinya, tidak ada naskah akademik yang menjelaskan apa dasar filosofis, dasar yuridis, dan sosiologisnya.

Kalau bicara kesehatan hari ini, lanjutnya, maka artinya kesehatan seluruh rakyat Indonesia. Konstitusi negara, UUD 1945 mengamanatkan kesehatan ini sebagai tanggung jawab negara.

"Oleh karena itu, dalam mengurus kesehatan seluruh rakyat Indonesia seharusnya melibatkan seluruh komponen bangsa, organisasi profesi, ikatan mahasiswa kedokteran, dan institusi lain harusnya dilibatkan."

"Tetapi yang terjadi, ini tidak dilibatkan. Padahal kita akan mengurus kesehatan masyarakat kita. Dan kami mendapatkan banyak informasi soal substansi yang akan didorong dalam RUU ini yang mengancam keselamatan dan kesehatan seluruh rakyat Indonesia."


Selanjutnya

Ketiga, pihak Mahesa juga melihat adanya upaya-upaya liberalisasi dan kapitalisasi kesehatan.

"Kalau semuanya dibebaskan tanpa kontrol sama sekali, tanpa memerhatikan mutu pelayanan kesehatan maka bisa mengancam seluruh rakyat."

Keempat, ada substansi yang membahas penghapusan peran organisasi profesi dalam pengawasan, pembinaan, penerbitan rekomendasi, dan surat tanda registrasi (STR).

STR sejauh ini berfungsi untuk meregistrasi tenaga kesehatan. Setiap tenaga kesehatan perlu memiliki STR di konsilnya masing-masing.

"Dan itu harusnya dievaluasi setiap lima tahun. Tapi dalam substansi rancangan undang-undang, kami membaca ada upaya untuk menjadikan STR ini berlaku seumur hidup," ujar Mahesa.

"Bisa dibayangkan kalau dokter dan tenaga kesehatan praktiknya tidak diawasi dan tidak dievaluasi selama 5 tahun, itu gimana mutunya, itu ancaman bagi keselamatan seluruh rakyat kalau tidak diawasi."

Organisasi profesi memiliki tanggung jawab untuk memantau profesionalisme anggota. Maka dari itu, evaluasi terkait STR harus dilakukan secara terus-menerus.

"Enggak boleh seumur hidup dan di seluruh negara enggak ada yang seumur hidup, yang ada ya harus dievaluasi. Itu tujuannya untuk keselamatan pasien."


Penghapusan UU Profesi

Perwakilan organisasi profesi medis sebelumnya mendapat informasi terkait draf naskah RUU Kesehatan yang bocor.

Dalam draf itu terdapat beberapa kondisi yang tidak disepakati oleh mereka, yakni penghapusan UU Profesi.

Padahal, UU Profesi memiliki posisi penting bagi mereka dalam tata laksana dan hak kewajiban masing-masing organisasi profesi di Indonesia. Organisasi profesi kesehatan sepakat bahwa kebijakan kesehatan harus mengedepankan jaminan hak kesehatan terhadap masyarakat.

UU Profesi yang dimaksud meliputi:

- UU Nomor 29 tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran

- UU Nomor 36 tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan

- UU Nomor 38 tahun 2014 tentang Keperawatan

- UU Nomor 4 tahun 2019 tentang Kebidanan.

"Jadi ada beberapa substansi-substansi lain misalnya penghapusan peran organisasi profesi dalam pengawasan, pembinaan, serta penerbitan rekomendasi," kata dia.

Keluarga Hancur demi Timnas Spanyol

Cerita Piala Dunia 2022: Ketika Cinta Terbentur Biaya, Manolo Gantungkan Doa di Kaki Timnas Spanyol

Liputan6.com 2022-11-28 15:30:26
Manolo El Del Bombo berfoto bersama putri bungsunya, Manuela (Marco Tampubolon/Liputan6.com)

Dalam sebuah kesempatan pertemuan dengan Liputan6.com, superfans Timnas Spanyol, Manolo el Del Bombo mengatakan: "Kalau Tuhan mengijinkan, saya akan terus mendampingi Timnas Spanyol pada Piala Dunia berikutnya." Sayang, doanya belum terkabul. Manolo tidak bisa ke Qatar karena kurang dana.

Manolo telah mengorbankan segalanya demi cintak kepada timnas Spanyol. Rumah tangganya hancur. Dia mendapati keluarganya meninggalkan rumah saat pulang mendukung La Furia Roja 1987 lalu. Saat itu keputusan Manolo pergi ke Austria usai mengalami kecelakaan, tak bisa diterima istri dan anaknya.

"Saat pulang ke rumah, keluarga saya sudah pergi. Mereka semua pergi meninggalkan saya," katanya.

Meski sakit hati, Manolo tidak menyalahkan siapapun. Menurutnya, cinta keluarga yang hilang telah digantikan orang-orang yang mencintainya selama ini. Manolo pun menghibur diri. Bagi Manolo, kehilangan keluarga tetap buruk, tapi jauh lebih buruk seandainya terjadi karena dia kabur dengan wanita lain.

Bisnisnya juga pernah nyaris bangkrut karena keseringan bepergian ke luar negeri. Maklum, kafenya yang berada di dekat markas Valencia CF selalu tutup saat Manolo tengah mendampingi skuad La Furia Roja.

Meski demikian, Manolo tak pernah kapok. Totalitasnya dalam mendukung Spanyol juga tak perlu diragukan. Saat Piala Dunia berlangsung di Spanyol 1987 lalu, Manolo rela berjalan kaki sejauh 15.800 km demi mendukung timnas Spanyol. Dan kepada media sport, ESPN, pria bernama lengkap Manuel Caceres Artesero itu mengaku baru akan pensiun setelah mencapai Piala Dunia ke-12 pada usia 77 tahun.

Tahun ini, Manolo baru berusia 73 tahun. Namun rencana besarnya itu terancam tidak berjalan mulus. Saat Spanyol berjuang di Piala Dunia 2022 Qatar, Manolo belum juga bisa berangkat karena kurang dana.

Tak ada tabuhan drum Manolo yang mengiringi pesta gol 7-0 Spanyol atas Kosta Rika dalam debutnya di Piala Dunia 2022. Begitu juga saat Spanyol ditahan imbang Jerman 1-1 di Al Bayt, Senin (28/11/2022).

"Saya ingin bersama timku," ujar Manolo dengan suara dalam program TV Espejo Pblico.

"Hanya ini harapanku," beber Manolo seperti dilansir dari TheStories.com.


Kiprah Manolo

Manolo telah mendukung Timnas Spanyol sejak 1978. Tabuhan drum yang sebelumnya hanya untuk meramaikan laga dua klub kampung halamannya, Huesca dan Barbastro ternyata diterima banyak orang. Sejak saat itu, dia pun kerap hadir pada setiap pertandingan La Furia Roja, termasuk Piala Dunia.

Sosok Manolo dalam setiap Piala Dunia sangat mudah dikenali. Manolo selalu terlihat mengenakan kostum timnas Spanyol bernomor 12 dan drum bas berukuran besar dengan tulisan El Bombo de Espana.

Banyak cobaan yang sudah dilewati Manolo dalam mendukung timnas Spanyol di Piala Dunia. Mulai dari terkena pnemumonia hingga drum dicuri suporter lain. Belakangan, drum Manolo dilengkapi GPS agar bisa dilacak keberadaannya. Manolo juga sempat menangis karena dilarang bawa drum di Piala Dunia 2018.


Berharap Janji Federasi

Tahun ini, tantangan kembali mengadang langkah Manolo menuju Piala Dunia. "Piala Dunia Qatar memang sebuah kegagalan karena semua orang tidak senang. Tapi saya ingin pergi dan berada di sana bersama anak-anakku dan fans 'Red Tide," ujar pria kelahiran Ciudad Real, 15 Januari 1949 itu.

"Tanpa uluran tangan, saya tidak tahu apakah bisa berangkat ke sana Minggu ini," beber Manolo.

Berbagai upaya telah dilakukan Manolo untuk bisa menjangkau Qatar. Sayang, uangnya tidak cukup.

Spanyol sendiri tinggal selangkah lagi melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Manolo dalam wawancaranya dengan Susanna Griso berharap, La Furia Roja bisa melangkah hingga ke semifinal karena itu kemungkinan bakal jadi cara terakhir yang bisa mengantarnya ke Piala Dunia Qatar 2022.

Dia ingin menagih janji federasi sepak bola Spanyol. "Mereka bilang akan mengundangku kalau Spanyol melangkah ke semifinal. Kalau federasi bisa memberikan tiket pertandingan dan membawa saya ke sana, saya sudah senang sekali. Bila perlu saya akan bayar hotel," kata Manolo yang disusul dengan tangisan.


Bertemu Manolo

Tiga tahun lalu, Liputan6.com sempat bertemu langsung dengan Manolo di kafenya di Valencia. Pada kesempatan itu, Manolo sempat menyampaikan keinginannya untuk hadir di Piala Dunia 2022.

Kami juga sempat melihat jejak-jekak Manolo di berbagai Piala Dunia melalui memorabilia di restoran tersebut. Nah, seperti apa kisahnya? Simak cerita selangkapnya pada tautan ini.

Anda juga bisa menyimak jadwal lengkap Piala Dunia 2022 pada tautan ini.

Ulang Tahun Dirayakan Netizen Se-Indinesia

Ulang Tahun Pertama, Rayyanza 'Cipung' Didoakan Netizen se-Indonesia

Liputan6.com 2022-11-28 14:14:13
Rayyanza Malik Ahmad alias Cipung/Instagram @raffinagita1717.

Keluarga Raffi Ahmad saat ini masih dalam suasana bahagia. Itu karena anak keduanya, Rayyanza Malik Ahmad alias Cipung genap berusia satu tahun pada 26 November 2022.

Kebahagiaan pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina itu tergambar jelas lewat postingan Instagram-nya. Ya, Raffi dan Nagita mengunggah foto Cipung yang dilengkapi dengan ucapan spesial untuk buah hatinya tersebut.

"Selamat ulang tahun Cipung abubuu semoga Cipung selalu sehat & jadi kebanggaan Mama, Papa & Aa ," tulis @raffinagita1717 di caption postingan Instagram itu.

Postingan tersebut berisi foto Cipung dengan ekspresi yang menggemaskan. Pipinya yang amat tembam dan matanya yang bulat seakan menambah kelucuan adik dari Rafathar tersebut. Ditambah lagi, berbeda dari biasanya, Cipung terlihat sedang mengenakan jaket oranye Shopee.

Kelucuan Cipung yang tengah merayakan ulang tahun pertamanya itu tentu saja membuat netizen turut bersuka cita. Terpantau hingga 28 November 2022 pagi, unggahan Raffi dan Nagita tersebut sudah disukai oleh hampir 1 juta akun dan mendulang hampir 12 ribu komentar.

Unggahan tentang Cipung itu dibanjiri dengan ucapan ulang tahun dan doa dari netizen. Tak ketinggalan, deretan artis papan atas pun turut melayangkan ucapan untuk Cipung.

"Happy Birthdaaay Cipuuuung emeesssh ," tulis @tarrabudiman.

"Happy birthday cipuuung," kata @anneth.dlc.

"Selamatt ulang tahunnn cipungggggg si kecilll menggemaskannnnn ," ucap @claygribble.

"Happiest bday rayyanza sayaanggg makin soleh sehat ganteng lucuuuuu," kata @citrasadiqah.

Ucapan dari netizen pun tak kalah ramai. Bahkan, banyak komentar yang justru salah fokus dengan kelucuan Cipung saat mengenakan jaket oranye Shopee.

"Kurir model kek ginian gue rela deh tiap hari COD" tulis @moodlini7.

"KASIH bintang 5 deh buat kurir shope si cipung barakaullah fii umrik bayik gemoy semok montok , bahagia selalu yaa cipung .. @raffinagita1717," kata @sintiadevitadarma.

"Yaolo.. Yaolo.. Yaolo.. Lucu banget Kurir Shopee Kaya Gini Yakk . Selamat Ulang Tahun Sayangku CIPUNG ," tulis @m_ilhamanugerah.

"Duh nak ganteng habis jalan" jadi saudagar Arab sekarang jadi kurir shopee gantian," ucap @thinychild.

"Tolong bilang ama shopee kalau aku mau bayar COD, harus Cipung yang jadi kurirnya," ucap @winteo_bell.

Meski sudah lewat dua hari dari hari ulang tahun Cipung, postingan Sultan Andara tersebut masih terus menuai ucapan dan doa dari warganet. Mereka berharap agar Cipung bisa tumbuh dan berkembang sebagai pribadi yang berguna bagi sekitarnya.

Adapun terlihat dari akun Instagram Raffi dan Nagita, mereka sekeluarga pergi ke Qatar guna merayakan ulang tahun Cipung. Bersama keluarga besarnya, mereka juga tampak menggunakan dresscode bertema Arab kala melakukan photoshoot di gurun pasir.

(*)

Semua Gaji Diserahkan ke Ortu

Ayu Ting Ting Serahkan Semua Gaji ke Orangtua, Tak Tahu Per Episode Dibayar Berapa

Liputan6.com 2022-11-28 13:00:00
Kali ini, pemilik nama lengkap Ayu Rosmalina ini tampil lebih fresh dengan makeup cerah. Sama seperti bajunya, bagian mata Ayu Ting Ting terlihat cantik dengan eyeshadow dan lipstik berwarna

Ayu Ting Ting baru-baru ini bicara soal penghasilannya sebagai artis. Ayu diduga memiliki kekayaan luar biasa mengingat setiap hari, dia mengisi berbagai program acara di televisi.

Saat berbincang dengan Hesti Purwadinata, Ayu Ting Ting mengaku bahwa sebenarnya dia tidak tahu berapa nominal kekayaannya. Itu lantaran semua penghasilannya diserahkan kepada orangtua.

Dia bahkan masih minta uang saku kepada ibunya setiap kali berangkat kerja. Itu lantaran seluruh penghasilan memang dikelola oleh sang ibu.

"Jadi gue tuh kalau berangkat kerja pasti minta duit sama ibu gue, paling dikit 500 ribu paling banyak sejuta. Paling (kalau kurang) nanti pakai uang asisten, tinggal di-reimburse," tuturnya dikutip dari YouTube Hesti Purwadinata, Senin (28/11/2022).


Bayaran

Ibu satu anak ini juga tidak tahu berapa bayarannya per episode di televisi. Ayu Ting Ting memercayakan semua penghasilannya untuk diurus tim keuangan serta ibunya.

"Enggak pernah tahu keseluruhan duit gue. Sampai budget per episode gue sendiri saja enggak tahu. Makanya manajer gue kalau sampai nanya begitu (soal bayaran) pasti kaget," tutur dia.

"Kata manajer gue: Tumben nanya begini, biasanya kamu enggak pernah mau tahu. Tapi ibu tahu, semua ibu yang urus. Kalau gue mikirnya kerja nyari duit memang buat keluarga," imbuhnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Jika Menikah

Saat ini, Ayu Ting Ting kerja keras untuk orangtua. Namun bila suatu saat menikah, maka Ayu Ting Ting ingin pria itu juga bertanggung jawab menafkahi dirinya.

"Ya sudah buat ibu dulu. Nanti misalnya gue sudah nikah, ada jodohnya, laki gue harus biayain gue. Duit gue kerja tetap untuk orangtua," paparnya.


Kalau Dilarang Kerja?

Namun apa yang terjadi bila jodohnya di masa depan tidak mengizinkannya untuk bekerja?

"Kalau dia enggak bolehin gue kerja, dia harus nanggung semua. Orangtua gue, gue juga. Bukan matrealistis ya, tapi gue pelajaran, sudah sering dikecewain," Ayu Ting Ting mengakhiri.

Tim Menang, Peluk Ibu di Tribun Penonton

Momen Haru Piala Dunia 2022, Potret Achraf Hakimi Memeluk Sang Ibu di Tribun Penonton

Liputan6.com 2022-11-28 11:50:00
Potret Achraf Hakimi Mencium Sang Ibunda di Tribun Penonton Usai Maroko Menang Atas Begia di Laga Grup F Piala Dunia 2022 (sumber Twitter @FaktaSepakbola)

Kemenangan Maroko melawan Belgia berhasil mengejutkan laga Grup F Piala Dunia 2022 di Stadion Al Thumama pada Minggu, 27 November 2022.

Sumbangan gol dari Abdelhamid Sabiri dan Zakaria Aboukhlal membuat Singa Atlas unggul 2-0 dari Belgia. Torehan hasil yang didapatkan Maroko membuat pertandingan semakin panas.

Sebab, pertandingan selanjutnya Maroko akan berhadapan langsung dengan Kanada di Stadion Al Thumama pada Kamis malam, 1 Desember 2022.

Hasil yang mengejutkan menciptakan selebrasi dari para pemain timnas Maroko. Tak hanya pemain saja, semua pendukung pun bersorak ramai melihat kemenangan yang diraih oleh Singa Atlas.

Di tengah selebrasi yang dilakukan para penonton, momen mengharukan datang dari salah satu pemain yang membela timnas Maroko.

Momen paling emosional diciptakan oleh pemain asal Paris Saint Germain (PSG), Achraf Hakimi. Dirinya tertangkap kamera menghampiri sang ibunda ke arah tribun penonton.

Dilansir melalui Sportsbrief pada Senin (28/11/2022), Achraf Hakimi langsung memeluk dan mencium sang ibu setelah berhasil membantu timnas Maroko meraih kemenangan yang mengejutkan di fase Grup F Piala Dunia Qatar 2022.

Melalui video yang beredar di media sosial Twitter, bek kanan PSG ini melepaskan baju resmi timnas Maroko dan memberikan pakaian tersebut kepada ibunya.

Pelukan erat dari sang ibu membuat warganet terharu melihat betapa sayang dan cintanya dia kepada sang anak, Achraf Hakimi.

Achraf Hakimi celebrating with his mother pic.twitter.com/K4dWvDDwPM


Perjuangan Orangtua Mendukung Impian Sang Anak

Saat kecil, Achraf Hakimi merupakan anak yang energik dan tertarik di dunia olahraga. Menanggapi hal tersebut, sang ibu pun menyuruh Achraf untuk terjun dalam atlet, khususnya renang.

Namun, Achraf memiliki hasrat dan impian tersendiri dalam olahraga sepak bola. Dirinya pun berharap kelak suatu saat dapat mengangkat derajat dan meningkatkan perekonomian keluarganya.

Dilansir melalui Opera News, keluarga Achraf Hakimi sudah bergumul dengan uang ketika dia masih kecil. Berasal dari keluarga dengan latar belakang ekonomi yang sulit, tak menghalangi Achraf mengejar mimpi.

Orangtua Achraf pun mengupayakan segala hal untuk anak pertama dari tiga bersaudara itu. Sang ayah merupakan pedagang kaki lima dan ibunya adalah seorang pembersih rumah.

Banting tulang demi sang anak, ayah dan ibunya mencari nafkah agar bisa mewujudkan impian Achraf menjadi pesepakbola terkenal.

Sedikit uang yang dihasilkan pun dialokasikan untuk Achraf supaya dia bisa membeli perlengkapan olahraga, seperti sepatu sepakbola dan alat pendukung lainnya.


Tak Serius di Bidang Akademik, Achraf Sempat Konflik Dengan Orangtua

Achraf kecil pun begitu tertarik dengan sepak bola, terbukti melalui kehadiran dirinya dalam pelatihan di salah satu klub lokal, Deportivo Colonia de Ofigevi.

Dirinya pun terlihat sangat serius menjalani pelatihan bersama klub lokal tersebut. Bahkan, Achraf berani mengambil langkah awalnya dalam turnamen sepak bola.

Terlalu serius di dunia sepakbola membuat Achraf menelatarkan pendidikan akademisnya. Dia pun lebih menganggap dirinya adalah pesepakbola daripada seorang siswa.

Orangtua Achraf awalnya tak menyetujui perkembangan tersebut. Namun, tak lama mereka pun berdamai dan menerima fakta bahwa sepak bola adalah tujuan dan jiwa yang dimiliki Achraf.

Meski sempat terhalang restu, Achraf pun membuktikan dirinya sanggup membanggakan orangtua, walaupun bukan di bidang akademis.

Di puncak latihannya bersama Deportivo Colonia de Ofigevi, Achraf merupakan pesepakbola yang dinilai sangat menjanjikan.

Dengan kemampuan di atas rata-rata, Achraf yang berusia 8 tahun itu ditarik ke akademi Real Madrid. Lagi dan lagi, Achraf membuktikan kehebatan yang membuat dirinya mendapatkan promosi ke tim senior.


Perjalanan Karier Achraf Hakimi

Achraf naik pangkat dengan mulus melalui peningkatan keahlian yang selalu dia tampilkan. Mendapatkan promosi ke tim senior datang kepadanya di 2016.

Achraf langsung masuk ke skuad utama bagi Los Blancos sebagai cadangan Dani Carvajal dan Nacho Fernandez di tahun 2017.

Bernomor punggung 19, Achraf tampil sangat impresif dengan tim utama Real Madrid. Bahkan, dia sempat dua kali mencetak gol untuk timnya dalam pertandingan La Liga musim 2017/2018.

Selain itu, dirinya mengukir sejarah dengan tampil dua kali di Liga Champions UEFA 2017/2018. Kompetisi inilah yang membuat Real Madrid mengangkat gelar untuk ketiga kalinya berturut-turut.

Achraf pun dinobatkan sebagai pemain Maroko pertama yang menjuarai Liga Champions.

Tak berhenti di situ saja, Achraf melanjutkan karier sepakbolanya bersama dengan Paris Saint Germain (PSG) sebagai bek kanan, sejak 6 Juli 2021 hingga 30 Juni 2026.

Dirinya pun ikut membela tim nasional Maroko dalam ajang pertandingan internasional Piala Dunia 2022.

Beramal Rp 11,7 T ke Yayasan Keluarga Sendiri

Lagi, Warren Buffet Keluarkan Rp 11,7 Triliun buat Beramal

Liputan6.com 2022-11-26 21:00:16
Tak hanya mengikuti caranya bekerja, kamu juga harus tahu apa yang Warren Buffet lakukan saat dia beristirahat.

Investor sekaligus miliarder Warren Buffett menyumbangkan lebih dari USD 750 juta atau sekitar Rp 11,7 triliun dalam bentuk saham Berkshire Hathaway. Donasi itu diberikan ke empat yayasan yang dijalankan oleh keluarganya pada hari Rabu.

Akan tetapi, sumbangan itu tidak seperti hadiah tahunannya untuk amal. Penerimanya pun tidak termasuk Bill & Melinda Gates Foundation.

Hingga saat ini Warren Buffett telah memberikan donasi tahunan ke lima kepada badan amal yang sama setiap tahun. Hal itu sudah dilakukannya sejak 2006 ketika dia meluncurkan rencana untuk memberikan kekayaannya dari waktu ke waktu dengan Gates Foundation penerima donasi terbesar.

Sementara itu, pada hari Rabu lalu menandai pertama kalinya pria berusia 92 tahun itu memberikan hadiah besar kedua dalam tahun yang sama.

Pengajuan ke Securities and Exchange Commission menunjukkan Buffett memberikan 1,5 juta saham Kelas B dari konglomerat yang berbasis di Omaha, Nebraska yang dia pimpin kepada Susan Thompson Buffett Foundation, dinamai untuk istri pertamanya.

Selain itu, dia juga memberikan masing-masing 300.000 saham Kelas B kepada tiga yayasan yang dijalankan oleh anak-anaknya. Ketiga yayasan itu antara lain Yayasan Sherwood, Yayasan Howard G Buffett, dan Yayasan NoVo.

Pada bulan Juni lalu pun dia memberikan 11 juta saham Kelas B kepada Gates Foundation, 1,1 juta saham B kepada Susan Thompson Buffett Foundation, dan masing-masing 770.218 saham kepada tiga yayasan anaknya.

Akan tetapi, tidak ada konfirmasi yang jelas atas sumbangan yang diberikan miliarder tersebut baru-baru ini. Bahkan Buffet, Yayasan Gates dan yayasan keluarga lain sekalipun yang tidak segera menjawab pertanyaan.

Satu-satunya perubahan besar lainnya yang dilakukan Buffett pada rencana pemberiannya selama bertahun-tahun terjadi saat satu dekade yang lalu. Ketika itu dia secara signifikan meningkatkan jumlah yang dijanjikan untuk yayasan yang dikelola anak-anaknya karena dia senang dengan apa yang telah mereka lakukan dengan uangnya.


Yayasan Anak-Anak Buffet

Yayasan Susan Thompson Buffett tidak menonjolkan diri, tetapi selama bertahun-tahun telah menjadi pendukung utama hak aborsi, memberikan hadiah besar kepada Planned Parenthood dan kelompok lainnya. Buffett belum mengumumkan perubahan apa pun dalam rencananya memberi sejak Mahkamah Agung AS membatalkan Roe vs Wade awal tahun ini.

Susie Buffett menggunakan Sherwood Foundation miliknya untuk memperkuat pendidikan anak usia dini dan mendukung sejumlah proyek di sekitar kampung halaman Buffett di Omaha tempat dia juga tinggal.

Sementara Howard Buffett, membantu petani di negara-negara miskin untuk menghasilkan lebih banyak dan bekerja untuk mengakhiri kelaparan dunia dengan yayasannya.

Ada pula Peter Buffett, yang telah mendedikasikan Yayasan NoVo miliknya untuk memberdayakan perempuan dan anak perempuan di seluruh dunia melalui pendidikan, kolaborasi, dan pembangunan ekonomi untuk mengakhiri kekerasan terhadap perempuan.

Bahkan setelah hadiah terbaru ini, Buffett masih menguasai lebih dari 31 persen hak suara Berkshire.

Seperti yang diketahui, Berkshire Hathaway menjadi konglomerat eklektik yang memiliki lebih dari 90 perusahaan termasuk kereta api BNSF, asuransi Geico, beberapa utilitas utama, dan bermacam-macam perusahaan manufaktur dan ritel termasuk Precision Castparts, Dairy Queen, dan Helzberg Diamonds.

Selain perusahaan yang dimilikinya secara langsung, Berkshire memiliki investasi besar di Apple, Bank of America, Coca-Cola, dan perusahaan lain.

Rumah Berlapis Emas Jadi Destinasi Wisata

Unik, Rumah Berlapis Emas Ini Dijadikan Tempat Wisata Berbayar Rp 30 Ribu

Liputan6.com 2022-11-28 15:30:14
Unik, Rumah Berlapis Emas Ini Dijadikan Tempat Wisata Hanya Bayar Rp 30 Ribu (sumber: Oddity Central)

Setiap orang tentu ingin memiliki rumah yang nyaman dan memiliki fasilitas lengkap. Tak heran jika banyak orang yang rela merogoh kocek dalam untuk membangun rumah impiannya. Interiornya pun diisi dengan yang terbagus.

Namun bagaimana jika rumah berlapis emas? Rumah seperti itu ternyata tak hanya ada di dunia dongeng saja. Di dunia nyata pun ternyata ada, salah satunya di Vietnam. Rumah tersebut milik seorang pengusaha bernama Nguyen Van Trung di Can Tho.

Dekor rumah bertema emas ini pun berhasil menjadi daya tarik warga. Semua dekorasi rumah ini berkilau, mulai dari dinding hingga furnitur serta berbagai ornamen, semuanya tampak seperti terbuat dari emas atau setidaknya berlapis emas.

Sang pemilik, Nguyen diketahui seorang pengusaha yang menghasilkan kekayaan dalam bisnis real-estate. Berikut cerita selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari Oddity Central, Senin (28/11/2022).


Bak Dilapisi Emas 18K

Sebelumnya Nguyen telah mengunjungi berbagai negara, kemudian kembali ke kota asalnya dan membangun rumah uniknya. Pengusaha tersebut mengaku telah memutuskan untuk membeli rumah berlapis emas dalam kurun beberapa waktu, namun baru enam tahun yang lalu ia bisa melakukannya.

Proyek ini memakan waktu tiga tahun untuk diselesaikan dan menjadi terkenal di kalangan warga lokal di sana. Eksterior berlapis emas menarik perhatian semua orang yang lewat. Banyak dari mereka yang sengaja berhenti untuk berfoto dan memandangi arsitekturnya yang unik dengan berbagai patung emas yang menghiasi balkon.

Semuanya terlihat berlapis emas, meski kenyataannya hanya dicat atau dilapisi daun emas, namun efeknya begitu realistis sehingga sebagian besar pengunjung percaya bahwa baik eksterior maupun interior rumah dilapisi dengan emas 18K.


Dijadikan Tempat Wisata

Setelah memperhatikan minat masyarakat atas rumahnya yang unik, Nguyen Van Trung memutuskan untuk mengubahnya menjadi objek wisata yang layak. Ia mengenakan biaya 50.000 dong atau Rp 31.000 ribu kepada wisatawan untuk tur.

Tak hanya itu, ia juga membuka kafe di sebelah rumah dan wisatawan dapat mengunjungi gedung berlapis emas itu hanya dengan 40.000 dong atau setara Rp 25.000 ribu. Rumah Can Thos yang dilapisi emas terletak sekitar 1-2 km dari pusat kota Vietnam. Menariknya, ini bukan satu-satunya bangunan berlapis emas di Vietnam.

"Saya belum pernah melihat rumah bertatahkan emas sebanyak itu, saya tidak tahu apakah ini emas asli atau emas palsu, tapi perasaan itu benar-benar luar biasa," kata seorang turis wanita baru-baru ini.

Arab Saudi Setop Siaran Piala Dunia Qatar

Arab Saudi Hentikan Penyiaran Piala Dunia Qatar 2022

Liputan6.com 2022-11-28 14:55:47
Gelandang Arab Saudi, Salem Al-Dawsari melakukan tembakan ke gawang di depan pemain Polandia, Krystian Bielik selama pertandingan grup C Piala Dunia 2022 Qatar di Education City Stadium di A

Fans sepak bola di Arab Saudi marah karena siaran Piala Dunia Qatar 2022 malah tidak ditayangkan. Masalah ditaksir akibat isu politik Saudi-Qatar.

Dilaporkan VOA Indonesia, Senin (28/11/2022), penangguhan itu mengejutkan dan menimbulkan kemarahan para pelanggan TOD TV, yang memegang hak siar untuk menayangkan Piala Dunia di Arab Saudi. TOD TV adalah bagian dari perusahaan Qatar, beIN Sports Media Group.

Pelanggan yang tinggal di Arab Saudi dan tidak dapat menonton pertandingan Piala Dunia membanjiri akun Twitter TOD TV minggu ini, meminta pengembalian biaya bulanan dan memasang tangkapan layar (screenshot) situs layanan itu yang mengatakan, "Maaf, halaman yang dicari telah melanggar peraturan Kementerian Media Arab Saudi."

Dalam pesan yang dibagikan kepada para pelanggannya, TOD TV meminta maaf "atas hilangnya layanan itu untuk sementara waktu."

TOD TV juga mengatakan, "Hal ini terjadi di luar kendali kami.... Kami menghargai pemirsa kami yang memiliki pengalaman pengguna premium dan berupaya melanjutkan layanan normal sesegera mungkin."

TOD TV, Kementerian Media dan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi belum menjawab permohonan media untuk komentar.

Kelompok "beIN Qatar" terjebak dalam pertikaian politik sengit antara Arab Saudi dan Qatar dalam beberapa tahun terakhir ini.

Arab Saudi pada tahun 2017 memimpin kelompok empat negara Arab yang memboikot Qatar karena mendukung kelompok politik Islamis, hubungannya dengan Iran, dan mendanai Al Jazeera -- saluran berita satelit yang terkadang mengkritik tajam pemerintah negara-negara di Teluk Arab itu.


Channel Resmi

Selama pemboikotan itu, beIN Sports kehilangan lisensi untuk siaran di Arab Saudi, dan penonton televisi di Arab Saudi kehilangan satu-satunya cara untuk menonton sepak bola dari liga terbesar Eropa dan kompetisi top Asia lain di luar layanan bajakan. Tetapi tahun lalu beIN melanjutkan layanan untuk pasar utama di Arab Saudi setelah hubungan Arab Saudi dan Qatar membaik.

TOD TV menyiarkan beberapa pertandingan, termasuk Arab Saudi, secara gratis, tetapi 42 pertandingan itu hanya akan tersedia di layanan streaming yang tampaknya diblokir sebelum dimulainya turnamen 20 November lalu.

Pelanggan melaporkan mereka tidak lagi bisa mengakses layanan itu sejak upacara pembukaan Piala Dunia, di mana Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman duduk hanya beberapa kursi dari Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani.

Persaingan untuk mendapatkan pendapatan dan jutaan pelanggan di Timur Tengah meningkat di antara layanan streaming di kawasan itu, termasuk The Shahid yang dioperasikan oleh MBC Group milik Arab Saudi.

Pemerintah Arab Saudi diyakini memegang saham yang menentukan di MBC Group setelah rangkaian penangkapan tahun 2017 atas perintah Pangeran Mohammed bin Salman, terkait dugaan korupsi yang membantunya memusatkan kekuasaan di kerajaan itu.


Piala Dunia 2022: Polandia Bekuk Arab Saudi, Wojciech Szczesny

Polandia akhirnya memetik kemenangan perdana di Piala Dunia 2022. Pasukan Czeslaw Michniewicz sukses membungkam Arab Saudi dengan dua gol tanpa balas dalam laga kedua Grup C, Sabtu (26/11/2022) malam WIB.

Piotr Zielinski dan Robert Lewandowski tampil sebagai sosok penting yang mengantar timya berjaya atas The Green Falcons. Kedua pemain berkontribusi membobol gawang Arab Saudi pada menit ke-39 dan 82.

Walau begitu, bukan cuma Zielinski dan Lewandowski yang layak diganjar pujian setinggi langit. Kiper Timnas Polandia Wojciech Szczesny juga memainkan peran krusial dengan menjaga jaring The Eagles tetap bersih hingga akhir laga.

Seperti diketahui, Arab Saudi sejatinya sempat memperoleh peluang emas untuk menyamakan kedudukan di pengujung babak pertama. Wasit menghadiahi tendangan penalti pada menit 44 lantaran Krystian Bielik dinilai melakukan pelanggaran.

Szczesny mampu menampilkan penyelamatan epik. Eksekusi dari Salem Aladawsari sanggup digagalkannya. Bola rebound yang tercipta selepas aksi itu juga tak bisa dikonversi menjadi gol oleh pasukan Green Falcons.

Capaian ini membuat Szczesny memiliki rekor mentereng di bawah namanya. Daily Mail mencatat penjaga gawang The Eagles telah berhasil mengantisipasi tiga dari lima penalti terakhir mereka di Piala Dunia.

Tak heran jika Szczesny banjir pujian dari penggemar. Sejumlah netizen di media sosial mengakui kualitas performa yang ditunjukkan penggawa Juventus. Seorang pengguna Twitter bahkan menyebutnya sebagai pemain terhebat alias GOAT.

"Szczesny adalah GOAT," tulis netizen melalui cuitannya di Twitter selepas laga, seperti dilansir dari laporan Daily Mail.

"Penyelamatan gandanya terhadap serangan Arab Saudi adalah salah satu yang terbaik dari yang pernah saya lihat. Hal yang luar biasa dari seorang Szczesny," ujar pendukung lain.


Kiper Polandia Bikin Geger Jagad Twitter

Kiper Polandia Wojciech Szczesny melakukan penyelamatan ganda untuk menggagalkan eksekusi penalti saat mengalahkan Arab Saudi 2-0 pada laga Grup C Piala Dunia 2022. Aksi luar biasa Wojciech Szczesny pada menit ke-45 membuat geger jagad Twitter.

Apalagi penyelamatan yang dilakukan kiper Juventus di ajang Piala Dunia 2022 Qatar ini membuat Polandia tetap unggul 1-0 sampai turun minum. Gol pertama Polandia dicetak Piotr Zielinski pada menit ke-39 dan gol kedua dikemas Robert Lewandoski menit ke-82.

Wojciech Szczesny mampu memblok tendangan penalti Arab Saudi yang dieksekusi gelandang Salem Aldawsari. Bola yang memantul kembali disambar pemain belakang Arab Saudi Mohammed Al Burayak, namun mantan kiper Arsenal secara reflek menepisnya dengan tangan kanan.

"Penyelamatan ganda melawan serangan Arab Saudi ini adalah salah satu yang terbaik yang pernah saya lihat. Hal luar biasa dari Szczesny," tulis akun @Lokmanyu06.

Szczesny telah memperpanjang rekor penyelamatan penalti Polandia menjadi tiga kali dari lima penalti terakhir di Piala Dunia, sejak tahun 1966. "Szczesny the goat," puji @toxiaofu.

Szczesny memulai karier di timnas Polandia pada tahun 2009 dan sudah mengantongi 68 caps. Kiper berusia 32 tahun ini melakukan lima penyelamatan saat laga melawan Arab Saudi, menggagalkan 4 tendangan dari dalam kotak 16 meter dan satu tendangan penalti.

Kode-Kode Jokowi soal Capres 2024, Siapa?

HEADLINE: Heboh Kode Pemimpin Rambut Putih, Sinyal Kuat Jokowi Endorse Ganjar?

Liputan6.com 2022-11-29 00:00:50
Presiden Joko Widodo menyapa relawan saat menghadiri acara Gerakan Nusantara Bersatu: Satu Komando Untuk Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (26/11/2022). Gerakan Nus

Jokowi kembali memberikan sinyal dukungan jelang Pilpres 2024. Terakhir, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut pemimpin yang baik adalah orang yang berambut putih dan memiliki kerutan wajah. Siapa sosok yang dimaksud Jokowi?

"Saya ulang, jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya, kalau wajahnya cling bersih, tidak ada kerutan di wajahnya, hati hati, lihat juga lihat rambutnya, kalau rambutnya putih semua ini mikir rakyat ini," kata Jokowi dalam acara Gerakan Nusantara Bersatu di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago, menganilisisnya dari dua sisi. "Pertama, Jokowi kembali memberikan kode. Rambut putih bisa ke Ganjar Prabowo, bisa Basuki Hadimuljono juga. Siapa saja bisa mengklaim ketika mereka berambut putih sebagai indikasi paling siap bekerja, ini poin yang kita lihat," kata Arifki Chaniago kepada Liputan6.com, Senin (28/11/2022).

"Kedua, kode ini bukan 1-2 kali. Saat acara Golkar beri kode ke Airlangga Hartarto, saat acara Perindo beri kode ke Prabowo Subianto, namun dalam konteks ini kita melihat dimana kode itu diberikan. Apakah kode kali ini diberikan ke Ganjar dan Ganjar yang akan didukung Jokowi? Karena poin menariknya adalah tentu adanya kontradiktif antara relawan dan PDIP."

Menurut Arifki, relawan menganggap Jokowi yang memimpin gerakan ini, maka tentu Jokowi juga yang akan mendorong sendiri para capres yang berpotensial 2024. Tentu secara parpol ini mengganggu, terutama PDIP yang menganggap ini akan menyulitkan karena kelompok dari luar parpol memberi tekanan kepada PDIP.

"Makanya saya melihat dalam konteks ini apakah ini simbol Jokowi menyiapkan capresnya untuk 2024? Tentu dengan mengumpulkan relawan untuk menentukan capresnya sendiri dan pilihan ini akan kontradiktif dengan PDIP. Misal Jokowi mendorong Ganjar karena secara kelembagaan secara politik PDIP bisa mengusung sendiri tanpa harus berkoalisi."

Mainkan Daya Tawar

Poin lainnya, kata Arifki, adalah bagaimana posisi Jokowi mengadakan perlawanan terhadap parpol lain, khususnya PDIP dalam hal ini Megawati yang memiliki hak untuk menentukan siapa capres diusung.

"Dengan berkumpulnya relawan dan Jokowi tidak lagi maju 2024, saya melihat posisi Jokowi menjadi king maker. Jokowi ingin memainkan daya tawarnya."

Tentu, kata Arifki, Jokowi melihat peluang yang dimainkan relawan, kemana rekomendasi capres yang akan diusung sehingga munculah kode-kode rambut putih. Padahal di lain sisi, Ganjar belum mendapatkan posisi di PDIP untuk maju nyapres, makanya relawan yang mendukung Ganjar memunculkan istilah-istilah itu.

"Rambut putih sebagai bentuk respons para relawan Jokowi yang beriris dengan kelompok Ganjar," ucapnya.


PDIP: Jokowi Tak Endorse Siapapun

Ketua DPP PDIP, Said Abdullah, menegaskan bahwa yang bisa mendukung atau mengusung kandidat capres hanyalah partai politik, bukan presiden atau relawan.

"Presiden tahu persis bunyi konsitusi kita, bahwa persoalan calon presiden, calon wakil presiden itu adalah dikeluarkan oleh partai politik atau gabungan partai politik. Gabungan partai politik dimaknai dalam undang-undang kita ya Parlementary threshold yang 20 persen," kata Said Abdullah kepada Liputan6.com, Senin (28/11/2022).

Menurut Said, Jokowi tahu persis ketentuan pengusungan capres, oleh karena itu ia menyebut pernyataan Jokowi terkait rambut putih bukan bentuk endorse.

"Presiden tahu persis, dan Presiden juga jadi walikota dari partai politik, jadi Gubernur dari partai politik, jadi Presiden juga sama dari partai politik, dan bahkan gabungan dari partai politik besar," kata dia.

"Apa yang disampaikan itu bagi kami biasa-biasa saja. Presiden tidak mengendorse siapapun pemaknaan dari saya, karena apa? Karena memang relawan-relawan ini kan bagian dari kawan-kawan yang ingin memenangkan seseorang," tambah dia.

Menurut Said, kriteria fisik yang disampaikan Jokowi adalah kriteria umum, bukan pasti Ganjar.

"Bahwa Presiden memberikan kriteria toh kriterianya umum banget kok, saya juga rambutnya putih, tapi karena botak sehingga tidak kelihatan rambut putih semua, jadi biasa saja. Dan statement Sekjen sudah persis sama dengan saya, tidak perlulah Presiden didorong- dorong, pada intinya," kata dia.

Ketua Baleg itu menegaskan pada intinya ada dukungan presiden atau tidak, secara konstitusional pada Ketua Umum partai punya kedaulatan untuk menetukan capres.

"Sehingga presiden pun ditentukan oleh ketum parpol. Dan parpol pasti berdaulat kan tidak mungkin presiden akan mengintervensi parpol," kata dia.

Soal anggapan Jokowi endorse Ganjar, Said menegaskan Ganjar adalah kader yang patuh dan tunduk dengan PDIP.

"Ganjar dibesarkan oleh partai, Ganjar jadi Gubernur baik pertama maupun kedua, justru yang pertama panglima perangnya Puan Maharani. Sehigga tidak bisa kita kemudian membenturkan Ganjar, tidak. Ganjar itu asli dilahirkan sebagai kader PDIP. Dan Ganjar statemennya 'Saya tetap PDIP perjuangan'," jelasnya.

Sementara terkait Ganjar yang mengunggah rambut hitam, ia menyebut foto Ganjar berambut hitam itu bukan berati ia tidak enak dengan Puan.

"Itu gimmicknya Ganjar, biasa, enggak ada urusan (enggak enak hati). Ganjar dan Puan itu satu kader, satu hati. Memang rambut aslinya putih, masa suruh ubah ke hitam. Dia mau ubah blonde, tetap kader PDIP," pungkasnya.


Relawan Ikut Arahan Jokowi

Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi, mengatakan arah dukungan Jokowi yang sebenarnya masih dinamis. Dan Projo masih menunggu dinamika politik selanjutnya.

"Kami juga menunggu hasil Musyawarah Rakyat (Musra) yang akan kami gelar di seluruh Indonesia. Kami ingin menyerap dan merekam secara sungguh-sungguh apa yang jadi maunya rakyat," kata Budi Arie Setiadi kepada Liputan6.com, Senin (28/11/2022).

"Kami akan dukung apa yang menjadi maunya rakyat. Musra itu kan pilihan rakyat. Dan pilihan rakyat adalah pilihan Pak Jokowi dan pilihan Pak Jokowi adalah pilihan kita."

Ia menilai, dukungan Jokowi sangat penting terhadap capres yang akan didukung. "Masih sangat besar pengaruhnya karena Jokowi masih di hati rakyat."

"Kami punya semangat dan keyakinan itu (capres yang didukung Jokowi akan mendulang banyak suara). Selama kita setia di garis rakyat, maka rakyat pasti akan mendukung," ucapnya.

Hal Senada dikatakan Ketua Umum Relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ), Michael Umbas. Ia menegaskan, para pendukung akan tetap setia menunggu arahan Jokowi dalam menentukan sikap politik dalam estafet kepemimpinan di 2024.

Terkait siapa calon pemimpin yang akan didukung, Umbas mengatakan, bahwa Presiden Jokowi secara tersirat sudah memberi petunjuk.

Yaitu memilih Capres 2024 berdasarkan kriteria di fisiknya yakni memiliki kerutan wajah dan rambut putih. Menurutnya, hal itu identik dengan sosok Ganjar.

"Dari analogi kriteria yang disampaikan Presiden Jokowi, dapat diartikan bahwa dengan komposisi calon yang ada sekarang ya Ganjar Pranowo. Kan beliau tidak mungkin sebut nama, tetapi kriteria. Yang rambut putih kebetulan identik dengan Ganjar. Kecuali ada lagi calon lain yang akan muncul dengan ciri rambut putih," jelas Umbas.

Dia menegaskan, Jokowi lebih cenderung membuat analogi dan perumpamaan lantaran sejauh ini semua dinamika politik Capres 2024 masih sangat cair.

"Jokowi dengan gaya Solo senang membahasakan dengan perumpamaan dan analogi-analogi tapi sesungguh memiliki substansi kuat, termasuk soal rambut putih dan wajah kerutan," tandas Umbas.


Condong ke Ganjar

Pengamat politik, Adi Prayitno, menegaskan secara tersirat yang disampaikan Jokowi semakin menunjukkan kode dukungan kepada Ganjar.

"100 persen mengendorse Ganjar Pranowo, enggak bisa dibantah itu," kata Adi.

Dia melihat kedekatan Jokowi dan Ganjar sudah terjalin sejak lama. Jokowi juga memiliki kedekatan dengan tokoh lainnya. Namun, Jokowi merasakan yang lebih dalam dengan Ganjar.

"Bahwa Jokowi dekat sama yang lain iya, tapi bahwa perasaan suasana dan hati Jokowi memang Ganjar," tegasnya.

Menurutnya, bukan kali ini saja Jokowi memberi kode kepada relawannya untuk mendukung Ganjar.

"Kan memang sejak awal sebelum dukung Prabowo, dukung Ganjar duluan di acara Projo yang pertama kali di Jawa. Ini kali kedua Jokowi ngomong di depan relawannya itu memang mengendorse Ganjar," sambungnya.

Adi melihat ada dua alasan Jokowi mendukung Ganjar. Pertama, sesama kader PDIP dan kedua melanjutkan kemenangan partai.

Jokowi juga diketahui memberikan kode kepada Prabowo Subianto saat HUT Perindo. Jokowi memberikan sinyal ke Prabowo untuk meneruskan kepemimpinannya. Menurut Adi, dukungan itu tidak hanya diberikan kepada Prabowo semata.

"Artinya semua orang di lingkaran kekuasaan Jokowi itu dia dukung, tetapi kalau dilihat persentasenya seberapa besar tingkat dukungan presiden kalau di ranking memang lebih besar lebih prioritas ke Ganjar," ujarnya.

Menurutnya, sebagai Kepala Negara, Jokowi pasti mendukung semua orang-orang yang ada di sekitar untuk bertanding. Namun, Jokowi juga pasti melihat sosok yang dinilai mampu dan berprestasi.

"Kalau dilihat dari presentasinya tentu tidak bisa dipungkiri lebih condong ke Ganjar, karena itu tadi dia sama-sama PDIP dan relawan Jokowi banyak ke Ganjar juga," kata Adi.


Sindiran Demokrat

Wasekjen DPP Partai Demokrat, Irwan, menyatakan tidak pantas seorang presiden memberikan endorse untuk calon penggantinya baik secara tersirat maupun tersurat.

Dia membandingkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang tidak pernah mempromosikan kandidat capres pada akhir masa jabatannya.

"Presiden SBY menjelang akhir masa jabatanya pada 2014 tidak pernah melakukan endorse kepada kandidat capres lain. Bahkan Partai Demokrat pada masa itu bersikap netral. Sikap Presiden SBY adalah negawaran. Mampu memposisikan diri di waktu yang tepat dengan tetap menjaga etika politik," kata dia.

Irwan mengingatkan agar membebaskan masyarakat memilih pemimpin yang mereka percaya baik.

"Membebaskan masyarakat menentukan pilihan politiknya adalah esensi dari demokrasi yang sehat dan substansial. Seharusnya sekelas Presiden RI menjaga bagaimana demokrasi berjalan secara sehat, bukan sekedar prosedural, tetapi juga substansial," kata dia.

Irwan menegaskan melakukan kode atau sinyal dukungan tidak mencerminkan demokrasi yang sehat dan layak.

"Melakukan kode-kode semacam endorse yang dilakukan oleh selevel Presiden RI kepada kandidat Bakal Capres 2024 bukanlah cerminan dari demokrasi yang sehat. Ibarat pribahasa, "Menepuk air di dulang, terpercik muka sendiri". Tingkah Presiden Jokowi menjatuhkan wibawa dan martabat seorang kepala negara," pungkasnya.