Gejala Misterius Sebelum Gempa Cianjur

Peneliti UGM Klaim Temukan Gejala Sebelum Gempa Cianjur Magnitudo 5,6

Liputan6.com 2022-11-29 06:21:49
Seorang santri menyelamatkan Al-Qur'an dari puing banguan yang hancur akibat gempa di Pesantren Al Burok, Kampung Cisarua, Desa Sarampad, Cianjur, Jawa Barat, Rabu (21/11/2022). Gempa bumi de

Beberapa hari sebelum terjadi gempa Cianjur Magnitudo 5,6 yang meluluhlantakkan kawasan tersebut, Tim Peneliti Laboratorium Sistem Sensor dan Telekontrol (SSTK) Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM), mengklaim telah mendeteksi gejala.

Ketua Tim Peneliti Laboratorium Sistem Sensor dan Telekontrol (SSTK) UGM Prof Sunarno, Senin (29/11/2022) mengatakan, gejala tersebut tertangkap melalui sistem peringatan dini (Early Warning System/EWS) gempa bumi yang dikembangkan dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

"Data pengukuran konsentrasi gas radon dilakukan mulai tanggal 1 November 2022 hingga tanggal 22 November 2022 di stasiun telemonitoring konsentrasi gas radon Daerah Istimewa Yogyakarta," katanya.

Sunarno menjelaskan, konsentrasi gas radon mengalami kenaikan hingga lebih dari sembilan kali lipat sebelum kejadian gempa bumi di Bengkulu berkekuatan Magnitudo 6,8 pada 18 November 2022 dan di Cianjur Magnitudo 5,6 pada 21 November 2022.

Berdasarkan algoritma prediksi waktu terjadinya gempa bumi yang diintegrasikan dengan pesan otomatis melalui aplikasi Telegram, kata Sunarno, terdapat peringatan pada sistem peringatan dini gempa bumi yang telah dirancang oleh tim peneliti.

"Ketika sistem mengirimkan status 'waspada', maka prediksi gempa bumi satu samai empat hari ke depan akan terjadi di daerah antara Aceh hingga Nusa Tenggara Timur dengan Magnitudo lebih dari 4,5," kata dia.

Berdasarkan status "waspada" pada tanggal 18 November 2022 tersebut, Sunarno lebih detail menjelaskan dalam satu sampai empat hari ke depan akan terjadi gempa dengan Magnitudo lebih dari 4,5.

Namun demikian, ia menegaskan tim peneliti UGM tidak memiliki hak untuk mengumumkan hasil prediksi tersebut kepada publik.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)


Berhasil Prediksi 1-4 Sebelum Gempa

Sunarno mengatakan United State of Geological Survey (USGS) menyampaikan bahwa sistem peringatan gempa bumi yang ideal terdiri dari tanggal dan waktu, magnitudo, dan lokasi.

"Sistem peringatan dini gempa bumi yang dirancang oleh tim peneliti EWS Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika, Fakultas Teknik UGM ini masih dalam pengembangan untuk mencapai sistem peringatan dini gempa bumi yang ideal, yakni lebih spesifik pada waktu, magnitudo, dan lokasi gempa," kata dia.

Tim UGM mengembangkan EWS tersebut sejak 2013 dan pada akhir 2021 berhasil memprediksi 1-4 hari sebelum terjadinya gempa bumi dengan Magnitudo lebih dari 4,5 di area prediksi dari Aceh hingga Nusa Tenggara Timur (lempeng Samudera Indo-Australia).

Prediksi dibangun berdasarkan fluktuasi precursor, konsentrasi gas radon, dan groundwater level 4-5.

"Hingga November 2022, tim peneliti telah memiliki tujuh stasiun telemonitoring yang berada di Provinsi Banten, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur," ujar Sunarno.


Antisipasi Gempa Bumi

Ini yang harus dilakukan sebelum, sesaat, dan sesudah gempa bumi.

Sebelum:

- Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa, seperti longsor atau likuefaksi. Evaluasi dan renovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempabumi.

- Kenali lingkungan tempat Anda bekerja: perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat. Ketahui juga di mana tempat paling aman untuk berlindung.

- Belajar melakukan P3K dan alat pemadam kebakaran.

- Catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempabumi.

- Atur perabotan agar menempel kuat pada dinding untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempabumi.

- Atur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah. Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada saat gempabumi terjadi

- Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran.

- Selalu mematikan air, gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan.

- Siapkan alat yang harus ada di setiap tempat: Kotak P3K, senter/lampu baterai, radio, makanan suplemen dan air.

Saat Terjadi Gempa Bumi:

- Jika Anda berada dalam bangunan: lindungi badan dan kepala Anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja, cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan guncangan, lari ke luar apabila masih dapat dilakukan.

- Jika berada di luar bangunan atau area terbuka: Menghindar dari bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung, tiang listrik, pohon. Perhatikan tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah.

- Jika Anda sedang mengendarai mobil: keluar, turun dan menjauh dari mobil hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran.

- Jika Anda tinggal atau berada di pantai: jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami.

- Jika Anda tinggal di daerah pegunungan: apabila terjadi gempabumi hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran.

Setelah Terjadi Gempa Bumi:

- Jika Anda berada di dalam bangunan: keluar dari bangunan tersebut dengan tertib; jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakan tangga biasa;periksa apa ada yang terluka, lakukan P3K; telepon atau mintalah pertolongan apabila terjadi luka parah pada Anda atau sekitar Anda.

- Periksa lingkungan sekitar Anda: apabila terjadi kebakaran, apabila terjadi kebocoran gas, apabila terjadi hubungan arus pendek listrik. Periksa aliran dan pipa air, periksa apabila ada hal-hal yang membahayakan.

- Jangan memasuki bangunan yang sudah terkena gempa,karena kemungkinan masih terdapat reruntuhan.

- Jangan berjalan di daerah sekitar gempa, kemungkinan terjadi bahaya susulan masih ada.

- Dengarkan informasi mengenai gempabumi dari radio (apabila terjadi gempa susulan). Jangan mudah terpancing oleh isu atau berita yang tidak jelas sumbernya.

- Mengisi angket yang diberikan oleh instansi terkait untuk mengetahui seberapa besar kerusakan yang terjadi.

- Jangan panik dan jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan demi keamanan dan keselamatan kita semuanya.

Bertahan Hidup di Jamban Sempit

Cerita Satu Keluarga Bertahan Hidup di Jamban Sempit yang Tertimbun Longsor Usai Gempa Cianjur

Liputan6.com 2022-11-29 12:26:06
Foto udara memperlihatkan pemukiman yang hancur akibat gempa di Desa Sarampad, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022). Kerusakan akibat gempa membuat kendaraan tidak bisa melintas

Gempa Cianjur Magnitudo 5,6 menyisakan cerita nahas bagi keluarga Ramdhan Fahri dan istrinya, Syifa. Keduanya bersama wanita paruh baya dan balita terjebak dan bertahan hidup di dalam ruang jamban sempit yang tertimbun longsor setinggi 2 meter usai gempa. Mereka adalah warga RT03/RW01 Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Kesaksian korban menyebut, kejadian diawali guncangan pertama yang diiringi empat kali suara serupa dentuman yang menyeruak dari dalam tanah, berikut dua kali gempa susulan.

Beberapa detik kemudian, langit yang semula cerah, seketika gelap tertutup kepulan asap hitam pekat yang tidak diketahui asalnya.

Siang itu Syifa berada di dalam rumah menemani putranya bernama Nazril (3), ditemani suaminya, Ramdhan Fahri (20), serta ibu mertua, Iis (50).

Guncangan gempa memaksa mereka berlari sekuat tenaga mencari tempat berlindung, menyusuri gang sempit padat bangunan di antara reruntuhan puing dan retakan tanah.

Langkah kaki keempat korban mengarah menuju ruang jamban milik tetangganya yang berjarak kurang dari tiga meter dari tempat tinggal. Ruangan berukuran sekitar 1 x 1 meter itu pun cukup untuk menampung keempat korban, meski tubuh mereka saling berimpitan.

Tak lama berselang, atap ruang jamban setinggi 3 meter pun ambruk diterjang tanah longsor yang datang dari dataran yang lebih tinggi, menindih tubuh keempat korban. Mereka pun terkubur hidup-hidup.

Dalam suasana mencekam itu, jeritan tangis sang anak, teriakan minta tolong dari suami yang diiringi sayup doa dari ibu mertua, membuat Syifa yakin jika mereka masih dalam keadaan hidup.

Beruntung, impitan puing bangunan dan material kayu penyangga atap ruangan yang roboh membuka celah-celah kecil yang membawa oksigen masuk ke dalam ruang sempit yang sesak ditimbun tanah berlumpur.

Di tengah keterbatasan ruang gerak, Ramdhan berteriak meminta pertolongan. Suaranya terdengar hingga permukaan tanah dari rongga kecil ruang jamban.

Selama 2 jam keempat korban berteriak meminta pertolongan, hingga akhirnya salah seorang korban yang selamat mendengar teriakan itu dan bergegas mencari sumber suara.

Kakak ipar korban, Nur Wanta, menceritakan kondisi keempat korban saat terkubur mengalami sejumlah luka. Syifa mengalami patah tulang di bagian kedua bahu dan lengan serta tulang punggung, sementara sang putra, Nazril, terluka goresan benda tajam di kepala.

Ramdhan mengalami lebam di bagian kaki karena tergencet puing, sedangkan kaki kanan Iis luka tertembus besi panjang.

Setelah memastikan seluruh korban dalam keadaan selamat, seorang tetangga yang berniat untuk menolong bergegas memanggil bantuan dari tujuh polisi yang bertugas di Polsek Cugenang.

Aksi penyelamatan dilakukan secara manual itu mesti ekstrahati-hati, sebab kondisi puing yang tidak stabil serta tanah yang rawan longsor susulan.

Evakuasi berjalan selama lebih dari sejam dengan cara mengangkat satu persatu puing dan menggali timbunan tanah dengan cangkul dan mengeruk tanah dengan jari tangan.

Setelah para korban terangkat, mereka pun segera dilarikan menuju Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Jawa Barat, untuk menjalani perawatan intensif.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)


Episentrum gempa

Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, mulai dikenal secara luas karena menjadi titik pusat terjadinya bencana gempa Bumi Cianjur yang menewaskan 323 jiwa, sebanyak sembilan jiwa lainnya masih dalam pencarian hingga saat ini.

Berdasarkan laporan Basarnas, total korban longsor yang telah ditemukan hingga Senin (29/11/2022) di Desa Cijedil mencapai 20 jenazah dari total laporan orang hilang berkisar 30-an jiwa.

Jenazah tersebut berhasil dievakuasi pada Jumat (25/11/2022) sebanyak delapan jiwa, Sabtu (26/11/2022) enam jiwa, Minggu (27/11/2022) tiga jiwa, dan Senin (28/11/2022) siang dua jiwa.

Kawasan itu berada pada kontur lahan perbukitan berkelok di antara jurang yang curam di sisi jalan raya yang menghubungkan Cianjur dengan Cipanas. Kawasan itu dikenal dengan sebutan tapal kuda.

Sepanjang ujung lereng, berjajar rapat bangunan permanen yang difungsikan sebagai tempat usaha seperti warung, perbankan, sekolah TK dan SD, serta Kantor PGRI. Beberapa meter di bawah lereng terdapat permukiman padat penduduk.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyebut sesar Cimandiri menjadi sebab atas terjadinya gempa tektonik.

Badan SAR Nasional (Basarnas) sendiri telah memperpanjang operasi pencarian korban gempa Cianjur selama 3 hari atau dari 28-30 November 2022. Pencarian dipusatkan pada tiga lokasi, yakni Warung Sate Sinta dengan melibatkan 176 personel, lima regu anjing pelacak, dan empat personel pemindai kehidupan (life detector), Desa Cijedil RT03/RW01 Kecamatan Cugenang dengan 134 personel, empat tim anjing pelacak, dan empat personel life detector, dan Kampung Cicadas Desa Cijedil Kecamatan Cugenang dengan 62 personel, dua tim anjing pelacak, dan empat personel life detector.


Antisipasi Gempa Bumi

Ini yang harus dilakukan sebelum, sesaat, dan sesudah gempa bumi.

Sebelum:

- Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa, seperti longsor atau likuefaksi. Evaluasi dan renovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempabumi.

- Kenali lingkungan tempat Anda bekerja: perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat. Ketahui juga di mana tempat paling aman untuk berlindung.

- Belajar melakukan P3K dan alat pemadam kebakaran.

- Catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempabumi.

- Atur perabotan agar menempel kuat pada dinding untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempabumi.

- Atur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah. Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada saat gempabumi terjadi

- Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran.

- Selalu mematikan air, gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan.

- Siapkan alat yang harus ada di setiap tempat: Kotak P3K, senter/lampu baterai, radio, makanan suplemen dan air.

Saat Terjadi Gempa Bumi:

- Jika Anda berada dalam bangunan: lindungi badan dan kepala Anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja, cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan guncangan, lari ke luar apabila masih dapat dilakukan.

- Jika berada di luar bangunan atau area terbuka: Menghindar dari bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung, tiang listrik, pohon. Perhatikan tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah.

- Jika Anda sedang mengendarai mobil: keluar, turun dan menjauh dari mobil hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran.

- Jika Anda tinggal atau berada di pantai: jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami.

- Jika Anda tinggal di daerah pegunungan: apabila terjadi gempabumi hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran.

Setelah Terjadi Gempa Bumi:

- Jika Anda berada di dalam bangunan: keluar dari bangunan tersebut dengan tertib; jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakan tangga biasa;periksa apa ada yang terluka, lakukan P3K; telepon atau mintalah pertolongan apabila terjadi luka parah pada Anda atau sekitar Anda.

- Periksa lingkungan sekitar Anda: apabila terjadi kebakaran, apabila terjadi kebocoran gas, apabila terjadi hubungan arus pendek listrik. Periksa aliran dan pipa air, periksa apabila ada hal-hal yang membahayakan.

- Jangan memasuki bangunan yang sudah terkena gempa,karena kemungkinan masih terdapat reruntuhan.

- Jangan berjalan di daerah sekitar gempa, kemungkinan terjadi bahaya susulan masih ada.

- Dengarkan informasi mengenai gempabumi dari radio (apabila terjadi gempa susulan). Jangan mudah terpancing oleh isu atau berita yang tidak jelas sumbernya.

- Mengisi angket yang diberikan oleh instansi terkait untuk mengetahui seberapa besar kerusakan yang terjadi.

- Jangan panik dan jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan demi keamanan dan keselamatan kita semuanya.

Hiasan Kepala Jadi Sorotan

Erina Gudono Pamer Foto Prewedding Pakai Baju Adat Gorontalo, Aksesori Kepalanya Jadi Sorotan

Liputan6.com 2022-11-29 10:01:06
Erina Gudono unggah foto prewedding pakai baju adat Gorontalo. (dok. Instagram @erinagudono Fotografer: @riomotret/https://www.insta

Hari pernikahan Erina Gudono dan Kaesang Pangarep makin dekat. Menjelang hari bahagia, Erina kembali membagikan sederet potret prewedding-nyabersama anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut.

Kali ini, pasangan calon pengantin itu tampak menawan dalam balutan baju adat Gorontalo. Di penggalan keterangan foto yang dijepret Rio Motret tersebut, Erina menulis, "Busana indah Gorontalo," seraya menyertakan emoji hati.

Sementara apresiasi diberikan atas pemilihan busana tersebut, beberapa warganet menyoroti aksesori kepala yang dipakai Erina. Dalam sebuah komentar panjang, seorang warganet menulis, "Saya sebagai masyarakat Gorontalo sangat bangga sekali melihat pakaian adat kami dipakai keluarga nomor satu di negara ini."

"Tapi, sangat disayangkan, hiasan kepalanya belum sesuai dengan pakaian adat kami, yaitu hilangnya bulu unggas dua warna di bagian depan," tuturnya. "Kenapadisayangkan?Karena ini baju adat. Segala sesuatu yang dipakai pasti mengandung makna atau filosofi."

"Olehnya, mohon ambil pelajaran saja sebelum kita memakai baju adat daerah tertentu, cari referensi untuk memperkuat pemahaman kita, agar pada pemakaiannya nanti tidak ada yang keliru," tandasnya.

Yang lain pun menyetujui komentar tersebut, menulis, "Perhiasan kepala pengantin wanita Gorontalo ada simbol Kalpataru, Naga, dan Ayam yang melambaikan kesejahteraan, semangat, dan kemuliaan." Sementara yang lain menyebut, "Kok aku rasa bagian (aksesori) kepala ada yang beda? Kayak bukan adat kami? Salam dari Gorontalo."


Ungkapan Kekecewaaan

Ada juga warganet yang menggap seharusnya aksesori kepala yang dipakai Erina Gudono "tidak dicampur dengan (baju) adat daerah lain." "Sebagai anak Gorontalo, saya kecewa sama aksesori di kepalanya bukan asli adat Gorontalo," kata yang lain.

Seorang warganet menimpali, "Maaf ya (aksesori) kepalanya salah. Kenapa pakai mahkota depannya Padang, khas Gorontalo ada bulu unggasnya. Perancangnya siapa? Kurang bahan lagi? Kenapa enggak cari ahlinya dari Gorontalo. Maaf ya, sisi lain saya bangga, tapi satu sisi saya miris lihat baju adat kami 'diperkosa' kayak ini. Saya mewakili budayawan Gorontalo."

Dilihat dari keterangan unggahan yang dituliskan Erina, aksesori kepala itu merupakan rancangan desainer kenamaan Rinaldy Yunardi, dengan keseluruhan look-nya ditata stylistDino Miliano. Liputan6.com sudah meminta komentar dari dua pihak tersebut, namun belum mendapat jawaban sampai artikel ini ditayangkan.

Di sisi lain, melansir kanal Regional Liputan6.com, Menteri BUMN, Erick Thohir, telah membeberkan prosesi kirab pernikahan Kaesang dan Erina yang akan digelar di Solo, Jawa Tengah pada 11 Desember 2022.

Ia menyebut, nantinya prosesi ngunduh mantu bakal digelar di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung. Sementara, pesta pernikahan digelar di Pura Mangkunegaran.


Naik Kereta Kencana

Erick Thohir, bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dilaporkan menyaksikan prosesi gladi kirab pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran. Pada gladi kirab kali ini, pasangan calon mempelai yang naik kereta kencana diperankan orang lain.

Setelah semua prosesi di rumah dinas selesai, kedua mempelai akan naik kereta kencana untuk dikirab menuju Pura Mangkunegaran, Solo yang berjarak sekitar 1,8 kilometer. "Jadi, itu ada kurang lebih 9 sampai 10 kereta, di mana nanti pengantin menyapa. Masyarakat ya beraktivitas normal," katanya.

Pelaksanaan kirab nanti bakal berbarengan dengan kegiatan car free daydi Jalan Slamet Riyadi, Solo yang digelar setiap hari Minggu. Demi emeriahkan kirab pernikahan Kaesang dan Erina, pihaknya juga bakal menggelar pasar rakyat di sejumlah titik di jalur yang dilalui iring-iringan kereta kencana.

"Ada sembilan titik pasar rakyat. Ada musisi dari masyarakat, kesenian dari masyarakat. Kami libatkan. Detailnya saya tidak begitu ingat, tapi di kanan kiri ada sembilan (pasar rakyat)," sebutnya.


Menghormati Adat Istiadat

Sementara, terkait prosesi di Pura Mangkunegaran, Erick mengaku sangat menghormati ada istiadat di lingkungan istana kadipaten tersebut. Karena itu, selama di Pura Mangkunegaran, hanya ada prosesi tasyakuran yang dilengkapi jamuan makan.

"Jadi bukan sesuatu yang kita mengubah-ubah adat istiadat yang sudah kita pahami dan hormati," ia mengatakan.

Narasi serupa diucapkan Pengageng Kemantren Langenpraja, Pura Mangkunegaran, GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo. Ia menyebut, selama di Pura Mangkunegaran, tidak ada prosesi adat untuk pernikahan Kaesang dan Erina.

"D sini hanya tasyakuran saja. Ya hampir mirip dengan gala dinner, tidak ada adat sama sekali," kata kakak kandung KGPAA Mangkunegara X itu.

Lebih lanjut ia mengatakan, resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang bakal digelar di Pura Mangkunegaran merupakan yang pertama kali bagi orang di luar keturunan bangsawan keluarga Pura Mangkunegaran. "Iya baru pertama kali, tapi beliau kan putra bapak presiden (Jokowi)," ujar dia.

Kontroversi Gol Ronaldo

Kontroversi Gol Ronaldo Ramaikan Langkah Portugal ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Liputan6.com 2022-11-29 15:30:24
Pemain Portugal Cristiano Ronaldo (tengah) berusaha mencetak gol ke gawang Uruguay pada pertandingan sepak bola Grup H Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, 28 November 2022. Por

Kontroversi gol Cristiano Ronaldo yang dibatalkan meramaikan langkah Portugal yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. Portugal mengamankan satu tiket ke babak knockout setelah menang lawan Uruguay 2-0 pada laga kedua Grup H di Lusail Iconic Stadium, Selasa (29/11/2022).

Dua gol kemenangan Portugal dicetak gelandang Bruno Fernandes pada menit ke-54 dan 90+3 dari titik penalti. Gol pertama Portugal ke gawang Uruguay sempat menimbulkan kebingungan penonton Piala Dunia 2022 Qatar dan menjadi kontroversi.

Awalnya gol tersebut dianggap milik Cristiano Ronaldo setelah bola tandukkan kepalanya, menyambut umpan silang Bruno Fernandes, menggetarkan jala Uruguay. Ronaldo merayakan gol keduanya di Piala Dunia 2022 Qatar tersebut, apalagi penyiar stadion menyebut namanya sebagai pencetak gol.

Namun setelah meninjau rekaman video, FIFA mengubah catatan dan memutuskan bahwa itu adalah gol Fernandes. FIFA menilai Ronaldo tidak menyentuh bola, jadi gol itu dianggap milik Fernandes.

Sepuluh menit setelah gol dicetak, tweet dari akun resmi Piala Dunia berbunyi: "Gol tersebut secara resmi ditetapkan sebagai gol yang dicetak oleh Bruno Fernandes." Ada banyak kebingungan, apakah gol itu seharusnya diberikan kepada Ronaldo atau Fernandes.

Berbagai rekaman tayangan ulang dari berbagai sudut dianalisa, untuk menentukan apakah Ronaldo menyentuh bola atau tidak. Pakar ITV Graeme Souness dan Hal Robson-Kanu sama-sama mengatakan tidak melihat Ronaldo menyentuh bola.

"Reaksinya menunjukkan dia menyentuhnya tapi saya belum diperlihatkan sudut kamera yang menunjukkan dia menyentuhnya. Hanya dia (Ronaldo) yang benar-benar tahu," kata Souness.

Robson-Kanu menambahkan, "Apa yang saya lihat di sini adalah tidak ada ruang antara bola dan kepalanya, saya tidak melihatnya dengan jelas. FIFA perlu meningkatkan kualitas kamera mereka."

Fans juga dibuat bingung dan terbelah sikapnya soal kontroversi gol pertama Portugal ke gawang Uruguay. Apalagi Ronaldo tidak merayakan golnya dengan cara yang khas, selebrasi "Siuu" dengan berlari kemudian melompat berputar di udara dan mendarat sambil menghentakkan kedua kakinya.

Seorang pengguna twitter @JonnyGabriel menyampaikan hasil analisanya menggunakan teknologi Ultra Edge bahwa Ronaldo tidak menyentuh bola umpan Fernandes. "Garis datar di Ultra Edge, tidak ada kontak dengan kepala," tulisnya

Teknologi Ultra Edge adalah sistem yang digunakan dalam kriket untuk menilai apakah bola telah menyentuh alat pemukul, setelah lemparan yang valid. Ada sistem mikrofon tunggul di belakang batsman dan kamera di sekitar stadion yang mengamati bola dan suara yang dihasilkannya.

Mikrofon tunggul untuk membedakan dengan jelas antara suara dari sumber yang berbeda. Saat memukul pemukul, bola menghasilkan suara tertentu yang ditangkap oleh gawang dan terdeteksi di layar pelacakan.


Bikin Ronaldo dan Fernandes Tersenyum

Kontroversi gol ini tidak membuat Ronaldo dan Fernandes bersitegang, sebaliknya mereka terlihat tersenyum dan bercanda di lapangan setelah pertandingan. Ronaldo pun ikut merayakan gol kedua Fernandes dari titik penalti yang mengokohkan kemenangan Portugal.

Ketika ditanya tentang gol pertama yang kontroversi, Fernandes menolak memperdebatkan siapa yang layak memilikinya. "Saya pikir tidak masalah siapa yang mencetak gol pada saat ini. Terpenting adalah kami menang melawan tim yang sangat tangguh," katanya.

Manajer Portugal Fernando Santos juga menolak mengomentari perdebatan tentang gol Ronaldo atau Fernandes. Dia tetap memuji penampilan Ronaldo saat melawan Uruguay meskipun tidak mencetak gol.

"Ronaldo memainkan permainan yang hebat, tetapi semua tim menunjukkan kinerja yang hebat. Saya pikir itu pertandingan yang hebat, tim kami bermain sangat baik dan sisanya bagi saya tidak masalah," bebernya.

Bek Portugal yang membela Manchester City Ruben Dias mengakui bahwa suasana dalam tim tidak terpengaruh soal gol Ronaldo atau Fernandes. Semua bergembira merayakan kemenangan dan lolos ke babak 16 besar.

"Kami tahu meskipun kami memiliki semua pemain individu terbaik di dunia, jika kami tidak bekerja sama, kami tidak akan pergi ke mana pun. Jadi ini adalah contoh besar yang kami tunjukkan malam ini," tegasnya.


Amankan Tiket 16 Besar

Portugal berhasil meraih kemenangan atas Uruguay pada laga kedua Grup H Piala Dunia 2022 Qatar. Bermain di Lusail Iconic Stadium, Lusail, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB, Portugal menang dengan skor 2-0.

Bruno Fernandes memborong kedua gol portugal untuk membawa negaranya lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Gol pemain Manchester United itu tercipta pada menit ke-54 dan menit 90+8.

Khusus untuk gol pertama, pada awalnya sempat tercatat atas nama Cristiano Ronaldo yang membuatnya sejajar dengan pencetak gol terbanyak Portugal di Piala Dunia Eusebio (9 gol).

Namun, meski sang striker bintang mengisyaratkan bahwa ia melakukan sentuhan akhir, tayangan ulang menunjukkan bahwa kapten Portugal itu, tidak menyentuhnya dan gol tersebut diberikan kepada Fernandes.

Kemenangan 2-0 pun menempatkan Portugal di puncak klasemen dengan poin enam dari dua pertandingan. Pada laga pamungkas, Portugal bakal menghadapi Korea Selatan.

Uruguay harus mengalahkan Ghana dalam upaya mereka untuk mendapatkan tempat di babak 16 besar. Luis Suarez dan kolega kini berada di dasar klasemen dengan poin satu dari dua pertandingan.

Cuma kemenangan yang mampu mengantarkan Uruguay ke babak 16 besar. Selain itu, mereka juga berharap agar Portugal mampu mengalahkan Korsel.


Susunan Pemain

Portugal: Diogo Costa; Joao Cancelo, Ruben Dias, Pepe, Nuno Mendes/Raphal Guerreiro (42'); Bernardo Silva, Ruben Neves/Rafael Leao (69'), William Carvalho/Joo Palhinha (83'); Bruno Fernandes, Cristiano Ronaldo/Gonalo Ramos (82'), Joao Felix (Matheus Nunes 82').

Uruguay: Sergio Rochet; Sebastian Coates, Diego Godin/F. Pellistri (62'), Jose Gimenez; Guillermo Varela, Federico Valverde, Matias Vecino/G. de Arrascaeta (62'), Rodrigo Bentancur, Mathias Olivera; Darwin Nunez /M. Gmez (72'), Edinson Cavani/L. Suarez (73').


Jadwal Pertandingan

 

Cedera Aneh Danilo Pereira

Piala Dunia 2022: Cedera Aneh Danilo Pereira dan Kesedihan Pemain Portugal

Liputan6.com 2022-11-29 17:30:03
Gelandang Portugal Danilo Pereira berebut bola dengan penyerang Ghana Andre Ayew pada duel grup H Piala Dunia 2022 di stadion 974, Kamis (24/11/2022). Portugal berhasil memimpin klasemen gr

Tak ada Danilo Pereira di daftar susunan pemain Portugal Uruguay di lanjutan babak penyisihan Grup H Piala Dunia 2022. Bek tengah milik Os Navegadores itu absen lantaran cedera tulang rusuk jelang pertandingan yang dihelat di Luisail Stadium, Selasa (29/11) dini hari WIB itu.

Meski demikian, Portugal sukses menyudahi laga dengan kemenangan. Dua gol Bruno Fernandes membuat mereka sudah ada di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Terkini, Portugal memuncaki klasemen Grup H dengan 6 poin. Mereka akan melakoni laga pemungkas grup melawan Korea Selatan pada Jumat (2/12) malam WIB.

Namun, pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos, mengaku bingung dengan cedera yang dialami Danilo. Saat sesi latihan pada Sabtu, federasi sepak bola Portugal menyatakan Danilo menderita patah tulang pada tiga rusuknya.

"Itu adalah cedera yang tidak bisa dijelaskan oleh siapa pun. Kami tidak mengerti bagaimana itu bisa terjadi," kata Santos dikutip dari Daily Mail. "Cedera sejatinya normal terjadi. Tapi, kami benar-benar tak melihat tepatnya cedera itu dia dapatkan," imbuhnya.

"Awalnya kami tidak berpikir kondisi Danilo akan seserius ini. Karena kami melakukan pemeriksaan untuk melihat apakah dia benar bernapas dengan benar dan ternyata memang demikian. Tapi setelahnya kami melihat bahwa itu lebih serius dari apa yang kami harapkan," dia menjelaskan.

"Kami sangat sedih karena cederanya. Kami memikirkan kesehatannya dan saya pikir kesehatan di atas segalanya," tegas Santos.


Danilo Bermain Apik saat Jumpa Ghana

Di laga perdana Piala Dunia 2022, Danilo bermain apik saat Portugal menang atas Ghana. Selama 90 menit, pemain 31 tahun ini mencatatkan sejumlah aksi memukau.

Berduet dengan Ruben Dias di sektor bek tengah, Danilo melakukan 2 tekel bersih. Selain itu pemain PSG ini melakukan 3 intersep, 3 sapuan, dan 1 blok. FYI, angka ini adalah yang tertinggi di antara bek Portugal lainnya.

Diharapkan untuk bisa kembali menunjukkan performa terbaiknya, Danilo malah absen di sesi latihan. Dan dengan ketiadannya, membuat Bernardo Silva bersedih.

"Kami sangat sedih untuknya, tetapi itu juga merupakan pendorong tambahan bagi semua rekan satu tim untuk bermain untuk menang dan untuk dapat mendedikasikan kemenangan melawan Uruguay ini untuk Danilo," kata Silva.


Pepe Sebagai Pengganti

Absennya Danilo membuat Fernando Santos menurunkan Pepe sebagai pengganti. Dan beruntung buat Portugal, bek gaek eks Real Madrid ini sukses menjawab kepercayaan pelatih.

Berduet dengan Ruben Dias di pos belakang, Pepe mencatatkan sejumlah aksi yang brilian. WhoScored mencatat, Pepe melepaskan 2 tekel, 2 intersep, dan 3 sapuan dan menempati 4 pemain tertas yang berpengaruh terhadap kemenangan Portugal.

Apa yang ditampilkan Pepe juga layak mendapat pujian. Sebab, di usia yang menginjak 40 tahun pada Februari 2023 mendatang, pemain yang identik dengan kepala plontos ini masih bisa mengimbangi permainan pemain di usia produktif.

Sebut saja saat Pepe menjaga Darwin Nunez. Pemain Liverpool dengan banderol harga 80 juta pounds dibuat tak banyak mendapat peluang untuk mencetak gol terlepas dari kurangnya umpan matang terhadap dirinya.


Profil Danilo Pereira

Karier Klub

Danilo Pereira adalah bek kelahiran 9 September 1991. Di awal karier sepak bolanya, Arsenal 77 adalah klub yang dibelanya saat menapaki karier profesional terhitung 1999 hingga 2005.

Setelahnya, dia berlabuh ke akademi Estoril dan Benfica selama 5 tahun. Pada 2010, dia merantau ke Italia untuk bergabung ke Parma selama 3 tahun.

Di Italia, Danilo tak banyak mendapatkan waktu bermain. Alhasil dia dipinjamkan ke Aris, klub asal Yunani selama 1 musim dan Roda JC di Belanda.

Pada 2013, Danilo dilepas ke negaranya dan bermain untuk Maritim. Selama 2 musim, dia mendapat kepercataan bermain 57 kali dan mencetak 2 gol selama 2 musim.

Lewat aksinya, FC Porto kepincut mengamankan jasanya. Pada 2015 hingga 2021, sebanyak 135 match dan 15 gol sudah dijaninya bersama Porto.

Oada 2021, FC Porto sempat melepas Danilo ke Paris Saint-Germain sebagai pemain pinjaman. Karena aksi memukaunya, Danilo dipermanenkan dan masih berseragam Les Parisiens sampai saat ini.

Karier di Timnas Portugal

Sejak 2009, Danilo sudah membela Timnas Portugal U-18. Setelahnya, pemain kelahiran Bissau ini terus naik kelas ke U-19, U-20,U-21 dan senior.

Karier di Timnas Portugal terbilang apik. Sebab, sejak 2015, Danilo sudah berada di tim utama dengan sejumlah gelar seperti Piala Eropa dan UEFA Nations League.


Jadwal dan Klasemen Timnas Portugal di Piala Dunia 2022

Timnas Portugal akan melakoni laga pemungkas Grup H Piala Dunia 2022 kontra Korea Selatan. Duel kedua negara ini akan tersaji di Education City Stadium pada Jumat (2/12) pukul 22:00 WIB.

Pahlawan Tak Kasat Mata Brasil

Piala Dunia 2022: Puja Puji Casemiro, Pahlawan Tak Kasat Mata Milik Brasil

Liputan6.com 2022-11-29 16:45:23
Selebrasi pemain timnas Brasil, Casemiro usai berhasil membuat gol ke gawang Swiss dalam pertandingan grup G Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadium 974, Qatar, Selasa (29/11/2022). (

Brasil sukses mengemas poin penuh di laga kontra Swiss di babak Grup G Piala Dunia 2022. Gol tunggal Casemiro di Stadium 974- Ras Abu Aboud, Senin (28/11) malam WIB, sudah cukup mengantar Selecao lolos ke babak 16 besar.

Casemiro layak mendapat kredit besar di laga ini. Sebab, selain mencetak gol, nyawa permaian Brasil betul-betul bergantung pada sosok kelahiran 1992 ini.

WhoScored, laman penyedia statistik, Casemiro mengantongi ponten 7.92. Tidak tertinggi memang, lantaran Alex Sandro unggul tipis 7.97 namun apa yang telah dicatatkan pemain Man United ini patut diapresiasi.

Berada di poros sentral, tak menghalangi Casemiro untuk mencetak gol. Dari 2 upaya tembakan, 1 berujung gol dan jadi satu-satunya gol di laga kontra Timnas Swiss.

Untuk urusan bertahan, Casemiro punya nilai tertinggi di antara kompatriotnya di Timnas Brasil. Tercatat, eks pemain Real Madrid ini melakukan 7 intersep, 1 tekel, dan 1 blok.

Oleh statistik-statistik tersebut, Casemiro terpilih menjadi pemain terbaik di pertandingan Brasil vs Swiss. Di akhir laga, dia memeroleh penghargaan oleh FIFA.


Pemecah Kebuntuan

Pada laga kontra Swiss, Neymar yang menjadi andalan Brasil di lini serang harus absen. Pemain milik PSG itu harus menepi lantaran cedera yang didapatinya saat mengalahkan Serbia di matchday perdana.

Absennya Neymar membuat lini depan Brasil kurang menggigit. Memang secara statistik, Brasil sukses melepaskan 13 upaya tembakan dengan 8 di antaranya mengarah ke gawang berbanding 6 milik Swiss. Namun, tak banyak gol yang tercipta.

Tak adanya gol yang tercipta oleh para barisan lini depan Brasil membuka peluang buat Casemiro. Mendapat bola di luar kotak penalti, pemain yang pernah berseragam Sao Paulo ini melepaskan sepakan terukur dan menjadi gol.

Atas keberhasilan yang diciptakan Casemiro, Neymar kemudian memuji sang gelandang melalui cuitan di laman media sosial Twitter:

"Casemiro telah menjadi gelandang terbaik di dunia sejak lama."

Pendapat yang sama juga diutarakan oleh pelatih Brasil, Tite. Dengan sedikit bangga, dia bilang:

"Saya selalu menghargai setiap pendapat yang dilontarkan orang. Tapi biasanya saya tidak banyak berkomentar. Tapi untuk Casemiro, saya sependapat dengan Neymar," kata Tite dikutip dari BBC Sport.


Pujian untuk Casemiro dari Pelatih dan Legenda Brasil

Mantan gelandang Brasil, Gilberto Silva, tak absen memuji penampilan Casemiro. Pemain yang turut angkat trofi juara Piala Dunia 2002 ini bilang bahwa Casemiro adalah gelandang dengan tanggung jawab yang besar.

"Kecerdasan Casemiro adalah kunci. Dia menjadi pinyar sebagai gelandang bertahan tak terlihat di lapangan dan membuat seluruh pemain mudah untuk menjalankan tugas mereka dengan adanya Casemiro," kata Silva dikutip dari BBC Sport.

Hal senada juga diungkapkan asisten pelatih Brasil, Cesar Sampiao. Pemain yang ikut berpartisipasi di final Piala Dunia 1998 saat Brasil kalah dari Prancis ini bilang:

"Casemiro mengatur 4 pemain belakang dan 4 pemain yang ada di depan. Dia sebagai orang pertama [yang bertahan dan menyerang]. Dia juga bisa melepaskan sepakan jarah menengah dan itu yang menjadi perbedaan dia dan yang lainnya," kata Sampiao.


Ini Tanggapan Casemiro

Menjadi pahlawan Brasil atas Swiss tak membuat Casemiro besar kepala. Dia turut buka suara soal apa yang disampaikan Sampiao.

"Tujuan pertama saya adalah mendukung tim dan menjadi penyeimbang di lapangan. Saya bertugas membantu para pemain belakang dan memutus aliran serangan dari lawan di mana pun mereka berada."

"Ketika Anda menghadapi situasi lawan yang menerapkam situasi bertahan, Anda harus cepat membaca keadaan. Tugas saya memang sebagai gelandang bertahan, tapi jika ada kesempatan untuk melepaskan tendangan ke gawang, itu juga penting," kata Casemiro.


Jadwal Brasil di Piala Dunia 2022

Brasil akan menantang Kamerun di matchday pemungkas Grup G Piala Dunia 2022. Merujuk jadwal, kedua negara ini akan mentas di Lusail Stadium, Sabtu (3/12) pukul 02:00 dini hari WIB.

Adapun, duel Kamerun vs Brasil dapat disaksikan melalui siaran langsung di berbagai platform EMTEK, mulai dari saluran televisi SCTV dan Moji, aplikasi OTT Vidio, hingga jaringan TV satelit Nex Parabola. Untuk jadwal lengkap pertandingan Piala Dunia lainnya bisa diperoleh di link berikut.

Viral Bodyguard Ganteng PM Anwar Ibrahim

Bodyguard Ganteng PM Malaysia Anwar Ibrahim Ini Mendadak Viral

Liputan6.com 2022-11-29 15:00:12
Bodyguard atau pengawal PM Malaysia Anwar Ibrahim yang jadi sorotan dan viral di Negeri Jiran. (TikTok/@jannahjalidar)

Salah satu bodyguard atau pengawal Perdana Menteri ke-10 Malaysia Anwar Ibrahim baru-baru ini menjadi viral di internet, disebut tampan.

Video TikTok yang diposting oleh pengguna Jannah Jalidar, seperti dikutip dari pemberitaan World of Buzz,Selasa (29/11/2022), menunjukkan bodyguardPMAnwar Ibrahim tersenyum dan melambaikan tangan ke kamera, memeluk seseorang, lalu menunjuk isyarat cinta dengan jari.

Video yang disebut menayangkan bodyguard ganteng tersebut telah diputar lebih dari 1,7 juta kali, mengumpulkan 87,9 ribu lebih tanda suka pada saat penulisan berita dan dibagikan di platform media sosial lain seperti Twitter.

Sementara beberapa komentar mengatakan bahwa dia terlihat tampan dan imut, sebagian besar komentar berterima kasih padanya karena telah melindungi PM Malaysia Anwar Ibrahim.

Menurut beberapa komentar, pengawal yang viral ini disebut telah bersama Anwar Ibrahim untuk waktu yang lama.

Sebuah twit juga membagikan bahwa dia terlihat garang di Istana Negara beberapa hari yang lalu, memberikan "tatapan maut" dan meminta orang untuk tetap berada di belakang garis. Sementara dalam video terbaru justru sebaliknya.

Netizen Malaysia juga "terkesan" dengan kemampuan Gen Z membuat video penuh kasih sayang dari seorang bodyguard yang galak.


Bodyguard Presiden Korea yang Tampan Bagaikan Aktor

Pesona Presiden Moon Jae-in telah yang pada 2017 lalu baru menjabat ternyata dikalahkan oleh sang pengawalnya yang bernama Choi Young-jae.

Bagaimana tidak, seperti yang dilansir dari allure.com, Rabu (16/5/2017) ketampanan Chou Young-jae tertangkap kamera saat sedang mengawal Presiden di tengah kerumunan massa.

Terlihat badan yang gagah serta wajahnya yang tampan dalam balutan jas hitam semakin menambah pesona dirinya. Tak hanya itu saja, yang menambah antusiasme para netizen ialah kulitnya yang begitu terawat sempurna serta rambutnya tertata rapih mirip dengan gaya-gaya rambut para aktor Korea.

Bahkan salah satu akun Twitter@elena_yip telah mengunggah foto-foto sang bodyguard saat sedang bertugas. Cuitannya tersebut sontak menghebohkan dunia maya yang terpesona oleh ketampanan Chou Young-jae.

Bahkan para wanita juga tak ketinggalan melontarkan beragam komentar yang memuji ketampanan sang bodyguard tersebut.


5 Bodyguard Perempuan Seksi dan Cantik, Namun 'Mematikan'

Urusan jaga-menjaga orang penting ternyata tidak hanya dikuasai kaum adam saja. Namun, perempuan tak sedikit yang menjajal profesi bodyguard ini.

Bekas pemimpin Libya yang tewas dan dilengserkan, Moammar Khadafi bahkan memilih wanita sebagai personel pengawal pribadinya. Menurut sang diktator, kaum hawa jauh lebih mudah dipercaya. Namun, ada satu persyaratan wajib yang harus dipenuhi: mereka harus perawan.

Salah satu bodyguard yang menarik perhatian baru-baru ini adalah Shu Xin, tentara PLA China. KTT G20 yang cenderung 'membosankan' menjadi tambah menarik dengan kehadirannya di Hangzhou. Wajah dan pembawaannya yang cantik, dinobatkan oleh kantor berita Xinhua sebagai salah satu dari 10 bodyguard 'terkuat'.

Ketenaran Shu makin melejit setelah media sosial di China membicarakannya. Bodyguard perempuan cantik itu terlihat tengah mengawal mobil Perdana Menteri Italia, Matteo Renzi.

Tak banyak yang diketahui latar belakang Shu. Ia dikabarkan lahir tahun 1990-an, media China Shanghaiist mengabarkan Shu berusia 25 tahun.

Kendati demikian, Shu punya hobi menyanyi dan menari. Terbukti, ia pernah memenangkan kontes menyanyi.

Selain Shu, ternyata bodyguard perempuan nan seksi juga terdapat di belahan dunia lain. Liputan6.com mengutip dari berbagai sumber dan dilansir pada Kamis (8/9/2016).

Berikut kisah 5 bodyguard perempuan di antara sekian banyak wanita-wanita perkasa: Klik di sini...


Paspampres seperti Daniel Garang Saat Tugas, tapi Aslinya...

Dari Indonesia, Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres bernama Daniel Darryan tengah menjadi sorotan. Foto Daniel yang tengah bertugas mengawal Presiden Joko Widodo saat pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution mendadak viral, Jumat, 10 November 2017.

Adalah @merlynsopjan yang pertama kali menggunggah foto Daniel Darryan di akun Instagramnya. "Paspampres jaman NOW. Meleleh..." tulisnya sebagai keterangan foto.

Dalam foto itu, Daniel yang tampak gagah dalam balutan beskap hitam dan jarik cokelat sedang menjaga Jokowi yang berada di dalam mobil. Warganet yang melihat foto itu langsung membanjiri kolom komentar akun Instagram Putri Waria Indonesia 2006 tersebut.

Entah siapa oknum yang kemudian menyebar foto itu ke ranah media sosial. Tahu-tahu saja, Daniel Darryan yang merupakan anggota Paspamres Grup A yang bertugas melekat pada Presiden Joko Widodo, jadi perbincangan banyak orang, terutama warganet.

Selengkapnya klik di sini...

Misteri Desa Berpenduduk Mini

Jadi Misteri, Desa Ini Dihuni Penduduk yang Bertubuh Pendek Bak Anak SD

Liputan6.com 2022-11-29 11:00:54
Jadi Misteri, Desa Ini Dihuni Penduduk yang Bertubuh Pendek Bak Anak SD (sumber: Eva.vn)

Ada begitu banyak misteri di dunia yang belum terpecahkan sampai saat ini. Di setiap daerah pasti memiliki cerita misteri tersendiri dengan berbagai fenomena yang unik. Hal ini tentunya membuat akal sehat pun seperti tidak mampu memecahkan misteri-misteri ini.

Seperti desa bak negeri dongeng yang dihuni oleh penduduk kurcaci ini. Kurcaci atau manusia kerdil biasanya akan ditempukan dalam cerita dongeng atau film fantasi. Desa bernama Yangsi di China ini memiliki penduduk bertubuh pendek.

Diketahui, 40 persen penduduk desa yang dikelilingi oleh pegunungan dan lautan itu memiliki kelainan dwarfisme. Dwarfisme sendiri merupakan kondisi langka di mana pengidapnya memiliki tubuh yang mungil. Penyebab umum dari kondisi ini ialah mutasi genetik yang mempengaruhi pertumbuhan tulang.

Penduduk bertubuh mini itu pun yang membuat desa tersebut dijuluki 'desa kurcaci'. Berikut kisah selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari Eva.vn, Selasa (29/11/2022).


Hanya Memiliki Tinggi sekitar 64-117cm

Menurut para tetua desa, kondisi tersebut merupakan penyakit langka yang mulai menyerang penduduk sejak 1951. Kala itu, anak-anak berusia 5-7 tahun berhenti bertumbuh. Kecacatan fisik lainnya terjadi di beberapa anak.

Sebuah sensus yang dilakukan pada 1985 menyatakan setidaknya ada 119 kasus kurcaci di Desa Yangsi. Kemudian pada 2014, 36 dari 80 penduduk desa mengalami kelainan tersebut, dengan tinggi sekitar 64-117 cm bak seorang anak SD.

Merasa penasaran, para ilmuwan pun datang ke desa Yangsi untuk mempelajari air, tanah, serta biji-bijian di daerah tersebut. Sebuah teori yang muncul menyatakan bahwa kadar merkuri yang tinggi di dalam tanah menjadi penyebab utama dari fenomena yang terjadi.

Tak sampai di situ, teori lainnya mengatakan bahwa adanya kekuatan jahat yang menguasai Desa Yangsi. Fengshui yang buruk juga disebut sebagai penyebabnya. Lalu teori yang dipercaya menganggap bahwa fenomena desa Kurcaci terjadi karena nenek moyang yang tidak dimakamkan dengan benar.


Masih Jadi Misteri

Ada yang paling aneh dan dipercaya adalah seorang pria bermarga Wang yang menemukan seekor kura-kura hitam dengan kondisi kaki yang aneh. Alih-alih melepaskannya, seorang warga memanggang dan mengkonsumsi kura-kura tersebut.

Teori terakhir yang dipercaya adalah gas beracun yang ditinggalkan oleh Jepang setelah adanya invasi Jepang ke China. Meskipun banyaknya teori bermunculan, desa kurcaci itu masih menjadi misteri hingga kini.

Para ahli belum menemukan alasan ilmiah mengapa fenomena tersebut terjadi di Desa Yangsi. Selama beberapa tahun, para warga yang ketakutan dengan penyakit tersebut mulai meninggalkan desa.

Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Piala Dunia

5 Pemain Sepak Bola Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Piala Dunia, Kini Berlaga di Qatar

Liputan6.com 2022-11-29 15:54:38
Piala Dunia 2022 Qatar telah resmi dibuka sejak 20 November 2022 lalu. Para pemain terbaik dari penjuru dunia pun telah bersiap untuk menyajikan penampilan terbaik bersama timnas masing-masin

Piala Dunia menjadi panggung bagi para atlet sepak bola terbaik dari seluruh dunia. Mereka pun akan berusaha keras supaya negaranya meraih hasil terbaik di turnamen ini.

Bagi para pemain sepak bola, bisa 'mentas' di ajang sebesar Piala Dunia tentu merupakan prestasi tersendiri. Apalagi jika mereka dapat mencetak gol.

Saat ini, pencetak gol terbanyak Piala Dunia sepanjang masa dipegang Miroslav Klose. Dia berhasil mencetak 16 gol saat bermain untuk timnas Jerman.

Di antara para pesepakbola yang bermain di Piala Dunia Qatar 2022, terdapat sejumlah nama yang berhasil mencetak gol di Piala Dunia sebelumnya. Bukan tak mungkin, mereka akan memecahkan rekor Klose di Piala Dunia kali ini.

Dilansir Sport Skeedapada Selasa, 29 November 2022, berikut 5 pemain sepak bola dengan gol terbanyak di Piala Dunia yang tengah merumput di Qatar:

1. Thomas Muller (Jerman)

Thomas Muller adalah pemain sepak bola asal Jerman yang bermain dan menjadi wakil kapten untuk Bayern Munchen dan tim Nasional Jerman.

Sebagai sosok yang dijuluki pemain serba guna, Muller bermain sebagai penyerang dan telah bermain dalam berbagai posisi menyerang.

Thomas Muller menjadi tumpuan Jerman di Piala Dunia 2022. Tahun ini mungkin akan menjadi Piala Dunia terakhir bagi pria berumur 33 tahun.

Muller dalam kondisi bagus saat menuju Piala Dunia 2022. Muller telah mencetak tiga gol dan memberikan enam assist dalam 15 penampilan di semua kompetisi untuk Bayern Munchen sejauh musim ini.

Sejauh ini, Muller telah mencetak 10 gol dalam 16 penampilan di Piala Dunia. Dia tampil pada tiga edisi Piala Dunia, yakni 2010, 2014 dan 2018.


2. Luis Suarez (Uruguay)

Luis Suarez adalah seorang pemain sepak bola profesional Uruguay sebagai penyerang. Dia juga dianggap pemain terbaik di FC Barcelona. Suarez dikenal dengan tendangan dan operannya.

Uruguay banyak memanggil pemain veteran untuk berlaga di Piala Dunia 2022. Salah satu pemain senior yang dipanggil adalah Suarez.

Suarez memperkuat Uruguay sejak 2007. Dia telah mencetak 68 gol dalam 134 penampilan untuk La Celeste di pentas internasional.

Pemain berusia 35 tahun itu tampil cukup baik untuk Uruguay di Piala Dunia. Dalam 13 penampilan di turnamen tersebut, Suarez telah mencetak tujuh gol.

Pada Piala Dunia 2022 ini Luis Suarez tampil untuk Piala Dunia terakhir kalinya, karena saat ini ia sudah berumur 35 tahun.


3. Cristiano Ronaldo (Portugal)

Cristiano Ronaldo adalah seorang pemain sepakbola profesional asal Portugal yang bermain sebagai penyerang dan juga kapten tim nasional Portugal.

Sering dianggap pemain terbaik di dunia dan secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terhebat sepanjang masa.

Terlepas dari masalahnya di Manchester United, Crisitano Ronaldo menjadi andalan Portugal di Piala Dunia 2022. Ini akan menjadi Piala Dunia kelima buat sang pemain.

Ronaldo telah mencetak tujuh gol dalam 17 penampilan di Piala Dunia. Dia akan mengenakan ban kapten Portugal dan akan memimpin pasukannya untuk bertarung di Qatar.

Pemain berusia 37 mengalami masa sulit pada musim ini. Dia hanya mencetak tiga gol dan memberikan dua assist dalam 16 penampilan di semua kompetisi untuk Manchester United.


Harry Kane dan Neymar Jr

4. Harry Kane (Inggris)

Harry Edward Kane adalah pemain sepak bola professional Inggris yang bermain sebagai penyerang untuk tim nasional Inggris.

Harry Kane tampil cukup baik untuk Tottenham pada musim ini. Dia berhasil mencetak 13 gol dan tiga assist dalam 22 penampilan di semua kompetisi.

Karena ketajamannya, Kane masuk skuat Inggris untuk Piala Dunia 2022. Sebagai kapten, Kane akan memimpin rekan-rekannya untuk meraih hasil terbaik di Qatar.

Kane mencetak enam gol di Piala Dunia 2018 dan keluar sebagai top skor saat itu. Peluang Kane mengulangi pencapaian serupa sangat terbuka lebar.

5. Neymar (Brasil)

Neymar Jr adalah pemain sepak bola professional tim Nasional Brasil dan bermain dalam klub Prancis, Paris Saint German.

Neymar adalah salah satu penyerang terbaik yang dimiliki Brasil saat ini. Pemain berusia 30 tahun tersebut akan menjadi bintang utama Tim Samba saat bertarung di Piala Dunia 2022.

Neymar mencetak 15 gol dan 12 assist dalam 20 penampilan untuk PSG musim ini. Dia juga telah mencetak 75 gol untuk Brasil dan hanya kurang tiga gol lagi untuk menyalip Pele sebagai pencetak gol terbanyak Brasil.

Neymar sendiri sebelumnya sudah pernah bermain di Piala Dunia. Dia tercatat membukukan enam gol dari dua penampilan di ajang empat tahunan ini, yakni pada 2014 dan 2018.

UMP 2023 Didemo, Ditolak, Digugat

HEADLINE: Penetapan UMP 2023 Didemo, Ditolak hingga Digugat, Apa Upaya Win-Win Solution?

Liputan6.com 2022-11-30 00:00:00
Aktivitas pekerja lengkap dengan atribut K3 saat menyelesaikan proyek pembangunan halte Transjakarta Dukuh Atas 2, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (29/11/2022). Pemerintah Prov

Tok, akhirnya Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah merilis Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2022 tentang Penetapan Upah Minimum 2023. Aturan ini telah diundangkan pada 17 November 2022.

Dalam Pasal 7 beleid ini tertulis bahwa upah minimum tidak boleh melebihi 10 persen. Jika dalam hitungan sesuai rumus yang ditentukan ternyata hasilnya di atas 10 persen maka kepala daerah dalam hal ini gubernur harus menentukan upah minimum dengan penyesuaian paling tinggi 10 persen.

Menaker Ida Fauziyah meminta kepada semua pihak yaitu pemerintah daerah, pengusaha dan pekerja atau buruh untuk memperkuat dialog sosial agar implementasi UMP 2023 berjalan dengan baik dan kondusif.

"Kami ingin menekankan lagi bahwa formula yang diatur dalam Permenaker Nomor 18 Tahun 2022 merupakan jalan tengah baik bagi pekerja atau buruh maupun pengusaha. Karena selain daya beli, pada formula tersebut juga terkandung kontribusi ketenagakerjaan terhadap pertumbuhan ekonomi," katanya dikutip pada Selasa (29/11/2022).

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI-JSK) Kemnaker Indah Anggoro Putri, selaku Ketua Dewan Pengupahan Nasional (Depenas) menambahkan, periode penetapan dan pengumuman Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2023 yang sebelumnya paling lambat 21 November 2022 diperpanjang menjadi paling lambat 28 November 2022.

Sedangkan Upah Minimim Kabupaten/Kota (UMK) yang sebelumnya paling lambat 30 November 2022 menjadi paling lambat 7 Desember 2022.

Menurut Putri, alasan perubahan ini untuk memberikan kesempatan dan waktu yang cukup bagi Dewan Pengupahan Daerah (Depeda) dalam menghitung Upah Minimum 2023 sesuai dengan formula baru.

"Oleh karena itu kami meminta Depeda untuk mematuhi ketentuan Permenaker Nomor 18 Tahun 2022 ini dalam menyusun rekomendasi UM tahun 2023, yang akan ditetapkan oleh masing-masing Gubernur," kata Putri pada 21 November 2022.

Putri menambahkan, dalam Permenaker tersebut juga diatur formula penghitungan UM tahun 2023 yang mencakup variabel inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan variabel (alfa). Variabel alfa merupakan kontribusi tenaga kerja pada pertumbuhan ekonomi yang bentuknya berupa suatu nilai tertentu dari rentang nilai yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Pusat yaitu antara 0,10 s.d 0,30.

Dipatuhi Para Gubernur

Sampai dengan 29 November 2022, Permenaker Nomor 18 Tahun 2022 tersebut sudah diimplementasikan oleh hampir seluruh pemerintah provinsi. Tercatat, sudah ada 33 Gubernur yang menetapkan UMP tahun 2023 berdasarkan Permenaker Nomor 18 Tahun 2022.

Daerah tersebut adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Kep. Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, DIY, Jawa Tengah, Banten, Bali, NTB, dan NTT.

Selain itu juga Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, dan Papua.

Hanya tinggal Papua Barat dan 3 provinsi baru hasil pemekaran yang belum menentukan UMP 2023. Tiga provinsi tersebut adalah Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah dan Provinsi Papua Pegunungan.

Menaker Ida mengatakan, berdasarkan data UMP yang telah dilaporkan ke Kemnaker, Provinsi Sumatera Barat mengalami kenaikan UMP tertinggi yang mencapai 9,15 persen, di mana UMP 2022 sebesar Rp 2.512.539,00 naik menjadi Rp 2.742.476,00 di 2023.

Sedangkan kenaikan terendah terjadi pada UMP Maluku Utara sebesar 4 persen, di mana UMP Maluku Utara tahun 2022 sebesar Rp 2.862.231,00 naik menjadi Rp 2.976.720,00 di 2023.

Penghitungan UMP tahun 2023 berdasarkan Permenaker Nomor 18 Tahun 2022 telah berhasil menghadirkan jalan tengah bagi pengusaha dan pekerja dan buruh. Hal ini terlihat dari rata-rata kenaikan UMP mencapai 7,50 persen di rentang Alpha 0,20 (tengah-tengah).

"Dengan demikian, maka maksud pengaturan mengenai penghitungan dan tata cara penetapan upah minimum tahun 2023 yang diatur dalam Permenaker ini, yaitu sebagai jalan tengah bagi semua pihak yang berkepentingan yang terlibat dalam penetapan upah minimum benar-benar tercapai," kata Ida.


Pengusaha Tak Terima

Namun ketetapan UMP 2023 yang naik rata-rata 7,5 persen di seluruh Indonesia ini ditentang oleh pengusaha. Bukan soal angka kenaikan tetapi landasan hukum yang dipermasalahkan.

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) bersama dengan Asosiasi Pengusaha dan Seluruh Perusahaan Anggota Kadin pun mengajukan gugatan atau uji materiil terhadap Permenaker 18/2022.

Dalam kajian para pengusaha, Permenaker 18/2022 menjadikan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan menjadi salah satu acuan hukum. Karena PP 36/2021 tersebut merupakan salah satu aturan pelaksana dari Undang-Undang Cipta Kerja yang diterbitkan sebelum adanya putusan inkonstitusional bersyarat, maka Permenaker 18/2022 memiliki kaitan dengan Undang-Undang Cipta Kerja.

Sehingga dengan dikeluarkannya Permenaker 18/2022 ini menimbulkan dualisme dan ketidakpastian hukum. Untuk itu diperlukan putusan yudikatif untuk menjawab keambiguan yang muncul.

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid menjelaskan, semangat yang ingin dikedepankan pelaku usaha adalah menjaga stabilitas investasi, kesejahteraan pekerja, dan keadilan bagi pengusaha.

Untuk memastikan agar kebijakan tersebut tidak kontraproduktif, maka Kadin bersama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Seluruh Perusahaan Anggota Kadin terpaksa akan melakukan uji materiil terhadap Permenaker 18/2022.

Langkah hukum terpaksa ditempuh karena dunia usaha perlu kepastian hukum. "Namun apapun hasilnya, pelaku usaha siap mematuhinya," kata dia.

Bukan Gertakan

Pernyataan Arsjad ini bukan hanya gertakan semata. Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bersama 9 asosiasi pengusaha lain resmi menggugat aturan tentang upah minimum 2023 ke Mahkamah Agung.

Kuasa Hukum Apindo Denny Indrayana dari Indrayana Centre for Government, Constitution, and Society (INTEGRITY) Law Firm menjelaskan, gugatan pembatalan Permenaker 18/2022 dilakukan pada Senin, 28 November 2022.

"Permohonan keberatan tersebut telah dibayarkan biaya perkaranya, dan tinggal menunggu proses administrasi di Mahkamah Agung, sebelum disidangkan," ujar Denny dalam keterangannya, Senin (28/11/2022).

Dalam permohonan uji materinya, yang setebal 42 halaman, disertai 82 alat bukti, Denny menguraikan secara rinci dalil-dalil uji materiil dan formil mengapa Permenaker 18 Tahun 2022 harus dibatalkan oleh MA. Ada enam peraturan perundangan termasuk Putusan Mahkamah Konstitusi yang dilanggar oleh Permenaker 18 Tahun 2022.

Yakni, Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan ("PP Pengupahan"), Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan sebagaimana terakhir kali diubah dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 91/PUU-XVIII/2020 tentang Undang-Undang Cipta Kerja.

Lalu, Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, Undang-Undang Nomor 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal, serta Undang-Undang Nomor 12 tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan sebagaimana terakhir kali diubah dengan Undang-Undang Nomor 13 tahun 2022.

"Para Pemohon meminta kepada Mahkamah Agung untuk menunda pelaksanaan Permenaker 18 Tahun 2022, agar mengurangi ketidakpastian, dan memohon MA segera memutuskan pengujian tersebut yang sangat penting bagi kelangsungan usaha di tanah air," ungkapnya.

Pembelaan Kemnaker

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kemnaker Indah Anggoro Putri pun langsung menampik pernyataan pengusaha tersebut.

"Tentu sudah memenuhi kaidah hukum dan sudah melalui proses harmonisasi regulasi," ujarnya kepada Liputan6.com, Selasa (29/11/2022).

Dia menuturkan kalau Permenaker 18/2022 ini dikeluarkan dalam merespons berbagai keberatan yang disampaikan kelompok buruh. Terutama, terkait formula penghitungan besaran upah minimum provinsi atau UMP 2023.

"Niatan Permenaker 18/2022 diterbitkan adalah untuk menjaga daya beli pekerja/buruh sekaligus kerberlangsungan usaha. Lagi pula Permenaker ini adalah upaya Pemerintah dalam merespon aspirasi banyak pihak yang keberatan dengan formula Upah di PP 36/2021," tuturnya.

Indah menegaskan Kemnaker memastikan akan menghadapi gugatan tersebut, tak ada hal khusus yang dipersiapkan.

"Tidak ada persiapan khusus, kami belum menerima informasi apapun dari MA," kata dia.

Indah mengaku belum bisa berbicara banyak mengenai langkah gugatan yang disampaikan 10 asosiasi pengusaha tersebut. Kendati, dia tetap menghormati langkah permohonan uji materiil, karena sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Kami belum bisa menjawa detail, kalau Kemnaker, menghargai langkah hukum yang telah dilakukan oleh pihak Apindo melalui uji materi ke MA sebagaimana telah diatur dalam pasal 9 ayat (2) UU 12/2011 tentang Pembentukan UU," ujarnya.


Buruh Juga Menolak

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Presiden Partai Buruh Said Iqbal menjelaskan, kenaikan UMP 2023 yang sudah diketok 33 provinsi ini belum cukup untuk menjangkau harga-harga kebutuhan rumah tangga yang semakin tinggi.

Sebab kenaikan UMP 2023 masih berada di dibawah nilai inflasi Januari-Desember 2022 yaitu sebesar 6,5 persen plus pertumbuhan ekonomi Januari -Desember yang diperkirakan sebesar 5 persen.

"Kenaikan UMP dan UMK di seluruh Indonesia seharusnya adalah sebesar inflasi dan pertumbuhan ekonomi di masing-masing provinsi atau kabupaten dan kota di tahun berjalan, bukan menggunakan inflasi dan pertumbuhan ekonomi tahunan atau Year on Year," kata Said, Selasa (29/11/2022).

Jika menggunakan data September 2021 ke September 2022, maka hal itu tidak memotret dampak kenaikan BBM yang mengakibatkan harga barang melambung tinggi, Sebab, kenaikan BBM terjadi pada Oktober 2022.

Said mengambil contoh kenaikan UMP DKI tahun 2023 yang diketok sebesar 5,6%. Menurut dia, angka itu tidak relevan karena ada di dibawah angka inflasi sebesar 6,5 persen.

"Kenaikan UMP DKI 5,6 persen tidak akan bisa memenuhi kebutuhan buruh dan rakyat kecil di DKI," tegas Said.

Seharusnya kenaikan UMP DKI tahun 2023 bisa mencapai 10,55 persen. Hal itu sesuai dengan yang diusulkan Dewan Pengupahan Provinsi DKI unsur serikat buruh.

Suara Pekerja

Apa yang disebut oleh Said Iqbal ini dirasakan oleh seorang sekuriti yang bertugas di salah satu bank plat merah. Nasuki menyebut, nominal segitu mungkin cukup untuk pekerja yang masih sendiri. "Tapi untuk pekerja yang sudah bekeluarga pas-pasan, malah banyak kurangnya," kata dia, Selasa (29/11/2022).

Nasuki menerangkan, kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) berimbas pada harga kebutuhan pokok. Beberapa barang-barang menjadi mahal. "Jelas, pengeluaran semakin tinggi. Dengan angka segitu dibilang cukup ya cukup-cukupin sajalah," ucap dia.

Belum lagi, Nasuki menambahkan kebutuhan sekolah. Nasuki memiliki dua orang anak yang duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

Nasuki mengatakan, seharusnya UMP di Jakarta naik menjadi Rp 5,2 juta. "Harus efek kenaikan BBM jadi pertimbangan dalam mengatur UMP DKI. Karena kan kalau BBM naik otomatis semua barang-barang ikut naik," ujar dia.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Jafra salah satu pegawai di PTIK. Jafra menyambut baik kenaikan UMP di DKI Jakarta. "Bagus sih, ada kemajuan," ujar dia.

Namun, Jafra merasa angka segitu belum cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup di DKI Jakarta yang serba mahal. Jafra mengatakan, idealnya UMP naik menjadi Rp 5,3 juta sampai Rp 5,5 juta.

"Di Jakarta rata-rata pekerja perantauan, dia harus bayar kost, makan sehari-hari, jadi gak cukup sih kalau segitu," ujar dia.


Jalan Tengah

Dosen Hukum Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah menilai, penetapan UMP 2023 naik maksimal 10 persen ini memang meninggalkan sejumlah catatan dalam aturannya.

Khususnya terkait penerbitan Permenaker 18/2022 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2023, yang terkesan tumpang tindih dengan aturan turunan UU Cipta Kerja, yakni Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 soal Pengupahan.

"Secara aturan kan pemerintah mengeluarkan Permenaker 18/2022. Sebenarnya pemerintah itu tidak perlu Permenaker dulu, seharusnya sesuai dengan PP 36 saja, karena itu turunan dari UU Cipta Kerja," ujar Trubus kepada Liputan6.com, Selasa (29/11/2022).

Menurut dia, penerbitan Permenaker 18/2021 terkesan cenderung dipaksakan, karena ada unsur kepentingan politik.

"Jadi permasalahannya itu dari Permenaker 18/2022 itu. Yang ideal harusnya, dasarnya PP 36/2021. Tinggal disesuaikan masing-masing daerah sesuai tingkat inflasi dan daya beli masyarakat, dan perluasan lapangan pekerjaan. Jadi itu saja harusnya," tegasnya.

Trubus menyebut, Permenaker 18/2022 juga tak bisa membaca situasi di lapangan. Terlebih kenaikan BBM pada September 2022 lalu juga masih terasa dampaknya kepada dunia usaha.

"Masalahnya, pemerintah sendiri inkosisten. Dia naikan BBM 30 persen, tapi terkait dengan upah dia tidak mau menyesuaikan," kata Trubus.

Pengamat Ekonomi dari Indonesia Strategic and Economics Action Institution Ronny P Sasmita sangat memahami aspirasi buruh mengapa mereka menolak angka kenaikan UMP yang baru, karena rentang nilai kenaikannya sangat variatif, bahkan ada yang di bawah 5 persen. Sementara yang mendekati angka 10 persen sebagaimana ketetapan Permenaker nyaris tak ada.

"Artinya secara umum angka kenaikan UMP sangat jauh dari aspirasi buruh yang mengusulkan 13 persen. Jadi, sangat bisa dipahami mengapa muncup resistensi dari asosiasi buruh karena nyatanya nilai kenaiakan UMP secara umum kurang sensitif terhadap aspirasi buruh," kata Ronny kepada Liputan6.com, Selasa (29/11/2022).

Menurut dia, jalan tengahnya sebenarnya ada di tangan pemerintah. Masalahnya Pemerintah tidak menetapkan batas bawah, hanya menetapkan batas atas. Alhasil, banyak sekali daerah yang menetapkan kenaikan UMP sangat jauh dari usulan buruh.

"Karena buruh mengusulkan 13 persen, maka setidaknya jalan tengahnya adalah 50-60 persen ke atas dari 13 persen. Artinya, batas bawahnya semestinya ditetapkan, misalnya 7-8 persen dan batas atasnya 10 persen. Dengan demikian, secara politis aspirasi buruh masih bisa dianggap didengar," ujarnya.

Dia menjelaskan, soal perhitungan bisa sangat kontektual alias rumusnya bisa berbeda-beda, tergantung perkembangan ekonomi yang ada. Tapi sebenarnya variable perhitungan kenaikan yang paling krusial adalah inflasi, bukan pertumbuhan ekonomi. Karena tekanan pada pendapatan pekerja datang dari inflasi.

Variable inflasi tersebut adalah inflasi harga konsumen (IHK), inflasi komoditas pokok (makanan), inflasi pendapatan personal pekerja (personal consumer expenditures price inflation), dan inflasi produsen (producer inflation). Dan perhitungannya tentu harus dimulai dari tahun di mana UMP terakhir di naikan, apakah setahun lali atau dua tahun lalu.

"Karena itu, saya sering mengatakan angka ideal kenaikan UMP semestinya di atas 7 dan maksimum 10 persen. Untuk daerah-daerah tertentu yang inflasinya tinggi bisa mendekati 10 persen," jelasnya.

Maka dengan pengumuman kenaikan kemarin, dia mewajari mengapa buruh menolak. Karena, pertama nilai kenaikannya secara umum sangat kurang sensitif terhadap aspirasi buruh.

"Kedua, pemerintah tidak menetapkan batas bawahnya sehingga daerah-daerah dengan mudah menetapkan kenaikan jauh dadi aspirasi buruh, bahkan jauh dari setengah atas 13 persen permintaan buruh. Tentu buruh hasil tersebut menjadi tidak "win-win." pungkasnya.