Misteri Perempuan di Rumah Bangka

Bharada E Ulas Pertengkaran Sambo dan Istri, Ada Perempuan Tak Dikenal di Rumah Bangka

Liputan6.com 2022-11-30 13:19:41
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Putri Candrawathi mencium tangan Ferdy Sambo yang juga terdakwa dalam kasus tersebut saat akan menjalani sidang

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) bertanya kepada terdakwa Richard Eliezer alias Bharada E saat menjadi saksi sidang kasus pembunuhan berencana Brigadir J dengan terdakwa Bripka Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf, terkait pertengkaran antara Ferdy Sambo-Putri Candrawathi sebelum peristiwa Magelang.

"Apakah ada peristiwa lain yang misalnya semacam kayak pertengkaran antara saudara PC dengan FS atau saudara PC dengan Yoshua?," tanya hakim ke Bharada E di PN Jaksel, Rabu (30/11/2022).

"Siap Yang Mulia, jadi pada waktu bulan Juli itu saya agak lupa tanggalnya, saya sempat naik piket bulan akhir Mei bersama almarhum, padahal almarhum ini ajudan Ibu. Tapi karena Bang Mathius diperintahkan untuk standby di Saguling, jadi yang naik piket bersama saya itu almarhum, selepas dinas saya balik lagi standby di Saguling," jawab Bharada E.

"Pada saat standby di Saguling, ada kejadian, jadi saya lagi di rumah tiba-tiba Ibu turun, almarhum pertama duluan turun bawa senjata langsung taruh di mobil. Habis itu Ibu PC panggil kita semua bertiga, saya, almarhum, dan Bang Mathius. Habis itu bilang nanti dek Mathius kamu naik di mobil Ibu ya, dek Richard kamu di mobil sendiri ya di belakang," sambungnya.

Menurut Bharada E, mereka lantas bertolak ke arah Kemang. Dia sempat bingung karena perjalanannya hanya berputar-putar di wilayah Kemang, sehingga kemudian bertanya ke Birgadir J lewat handy talky soal tujuan dari perjalanan tersebut.

"Akhirnya kita balik ke kediaman Bangka, kita singgah di kediakan Bangka, saat mampir di kediaman Bangka, Ibu turun dan saya lihat kondisi Ibu dalam keadaan marah, saya nggak berani menanyakan. Semua turun baru Bang Yos bilang Chad kita parkir mobil ke belakang," ujarnya.

Setengah jam kemudian, Ferdy Sambo tiba bersama dengan ajudannya yakni Romer dan Sadam dengan kondisi yang juga tampak marah. Brigadir J kemudian menginformasikan bahwa akan ada rekan Ferdy Sambo atas nama Eben yang akan datang ke rumah Bangka.


Perempua Selain di Putri Candrawathi di Rumah Bangka

Tidak lama, Brigadir J memerintahkan kepada yang lainnya untuk ke luar rumah, selain dirinya dan Mathius. Untuk itu Romer, Sadam, Somad, dan seorang Asisten Rumah Tangga (ART) berada di luar rumah bagian belakang, sementara Bharada E, Alfon, dan Farhan menunggu di bagian depan rumah.

"Kita enggak tahu ada kejadian apa di dalam rumah ini. Nanti mungkin sekitar ada satu dua jam baru ada orang keluar dari rumah. Kan pagar kami tutup, jadi dia ketuk dari pagar dalam rumah. Fon ada orang mau keluar itu, dari pagar dalam. Saya lihat ada perempuan Yang Mulia," tutur Bharada E.

"Saya tidak kenal Yang Mulia, nangis dia. Perempuan itu nangis. Lalu saya ih ini siapa kan karena saya tidak ada lihat dia datang. Baru saya lihat ke arah dalam ada Eben juga duduk di depan rumah. Baru perempuan itu bilang mencari driver dia, saya lari ke samping saya panggil drivernya, mobil Pajero hitam. Perempuan itu naik, baru pulang. Semenjak kejadian itu Pak FS ini sudah lebih sering di Saguling," lanjutnya.

Sambo dan Istri Tak Tinggal Serumah

Bharada E: Ferdy Sambo Tidak Tinggal Serumah dengan Putri Candrawathi

Liputan6.com 2022-11-30 12:21:53
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ferdy Sambo (kanan) mencium istrinya yang juga terdakwa dalam kasus tersebut Putri Candrawathi saat akan menjal

Terdakwa Richard Eliezer alias Bharada E membeberkan bahwa Ferdy Sambo tidak tinggal serumah dengan Putri Candrawathi.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) mengulas hal tersebut dalam sidang kasus kematian Brigadir J untuk terdakwa Bripka Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf, dengan agenda pemeriksaan saksi.

Menurut Bharada E, Ferdy Sambo lebih sering pulang ke rumah di Bangka, sementara mengunjungi kediaman Saguling hanya sesekali saja. Situasi tersebut diketahuinya lantaran sering menjaga kediaman pribadi mantan Kadiv Propam Polri itu.

"Mengenai kebiasaan FS pisah rumah dengan saudara PC, itu saudara ketahui sendiri atau juga berdasarkan cerita dari yang lain?," tanya hakim saat persidangan di PN Jaksel, Rabu (30/11/2022).

"Tahu sendiri karena saya juga naik piket," jawab Bharada E.

"Ajudan lain juga cerita yang sama?," tanya hakim lagi.

"Iya tahu semua Yang Mulia," jawab Bharada E.

"Karena beberapa keterangan saksi kemarin membantah kalau saudara FS itu pisah rumah dengan PC?," sahut hakim.

"Siap Yang Mulia," jawabnya.

Menurut Bharada E, Ferdy Sambo selalu pulang malam dari kegiatannya yakni sekitar pukul 21.00 WIB ke atas, bahkan subuh hari. Apabila Ferdy Sambo keluar kantor dijemput oleh rekannya untuk melakukan aktivitas tertentu, maka para ajudan diminta menunggu di kantornya.

"Sepanjang saudara FS belum balik, para ajudan tinggal di kantor?," tanya hakim.

"Siap Yang Mulia," jawab Bharada E.


Tak Lihat Ada Keretakan Rumah Tangga

Bharada E menyatakan bahwa sejauh ini dirinya tidak pernah melihat adanya ketegangan antara Ferdy Sambo dengan Brigadir J. Keduanya tampak berhubungan baik sampai kemudian terjadi peristiwa pembunuhan di Duren Tiga.

"Karena selama ini saya tidak pernah melihat permasalahan Yang Mulia," kata Bharada E.

"Tidak pernah lihat ada permasalahan?," tanya hakim.

"Siap Yang Mulia," jawab Bharada E.

Sisi Gelap Prostitusi di Dubai

Sisi Gelap Dubai, Perempuan Pekerja Seks Dibayar Ratusan Juta untuk Jadi Kloset Para Konglomerat

Liputan6.com 2022-11-30 16:30:00
Pria Arab menyaksikan Ksatria Rusia melakukan aksi di Dubai Air Show di Dubai, Uni Emirat Arab (14/11/2021). Dubai Air Show dua tahunan dibuka Minggu ketika penerbangan komersial mencoba untu

Topik terkini TikTok datang dari cerita-cerita influencer terkenal di Dubai dengan tren "Dubai Porta Potty".

Dubai Porta Potty merupakan tren yang sudah menjamur di Dubai ketika pria atau pejabat kaya di Dubai menerbangkan gadis-gadis Instagram/Influencer terkenal ke Dubai. Mereka mendatangkan gadis-gadis tersebut untuk fantasi seksual dan permainan yang cukup 'aneh', seperti membuang tinjanya ke mulut gadis-gadis tersebut.

Gadis-gadis tersebut biasanya menjalani kehidupan mewah di Dubai sebagai imbalan dari apa yang mereka beri untuk para pria atau pejabat kaya tersebut.

Salah satu orang yang membuat cerita ini menjadi viral adalah pengguna TikTok @chennifar.

Video lain menunjukkan seorang wanita berusia 26 tahun membacakan kontraknya yang setuju untuk diterbangkan ke Dubai untuk melakukan tindakan seksual tertentu pada kliennya yang merupakan seorang Sultan. Selain itu, dalam kontrak tersebut juga disetujui wanita itu akan melakukan tindakan seksual untuk dirinya sendiri. Ia juga akan ikut berhubungan seksual dengan saudara laki-laki sultan tersebut yang masih di bawah umur.

Dia mengatakn bahwa dua minggu sebelum ia diterbangkan ke Dubai, dia akan menerima uang sebanyak 25.000 USD atau Rp. 300 juta, dan sisanya dibayarkan setelah semua kesepakatan di kontrak selesai.

Ada juga klip NSFW online yang menunjukkan wanita sedang buang air besar yang didgua sedang dalam peran Dubai Porta Potty-nya.

Lalu, bagaimana gadis-gadis tersebut dapat terlibat dengan para pria kaya Dubai dan menjalankan pekerjaan menjijikan demi uang ratusan juta?


Situs Dubai Porta Potty

Menurut Africa Insider, laporan terkait Dubai Porta Potty telah ada sejak awal 2016 dan ada beberapa pengakuan dari para gadis yang sempat melakukannya

Bahkan ada satu situs web yang tampaknya didedikasikan untuk merekrut 'si toilet manusia' untuk orang kaya di Dubai yaitu dubaiportapotty.top. Situs tersebut secara eksklusif melayani fetish seksual yang melibatkan tinja.

Dubai memang memiliki reputasi dalam mendatangkan banyak pekerja seks dan memperdagangkan perempuan untuk pekerjaan seks selama beberapa dekade. Bahkan, Dubai disebut sebagai pusat pariwisata seks internasional.

Dalam sebuah artikel pada 2016, Americans for Democracy & Human Rights in Bahrain (ADHRB) melaporkan bagaimana praktik ini. ADHRB melaporkan bahwa perempuan-perempuan dipaksa masuk dalam prostitusi melalui dua cara.

Ada yang diperdagangkan ke dalam prostitusi dengan janji-janji posisi sebagai sekretaris atau pekerja rumah tangga, ada juga sesama perempuan yang memperdagangkan perempuan lainnya. Kadang perempuan-perempuan itu dipikat dengan cara menjual cerita-cerita positif bagaimana tinggal di UEA, padahal mereka diperdagangkan untuk prostitusi.


Apa yang Dilakukan?

Gadis-gadis yang bersedia dibayar untuk memenuhi kepuasan lelaki kaya tersebut biasanya difasilitasi dengan pesawat first class hingga hotel bintang 5.

Saat datang ke Dubai, mereka akan bertemu dengan kliennya di sebuah ruangan kosong dengan satu ember dan beberapa 'mainan seks'. Setelah itu, kliennya akan masuk dan mengambil ember lalu membuang tinjanya di ember tersebut. Setelah itu, tinja hasil produksi tersebut diberikan kepada gadis pekerja seks untuk dimakan dan kemudian gadis tersebut akan melakukan apapun yang kliennya inginkan.

Bahkan, gadis tersebut diketahui tidak diperkenankan berjalan menggunakan kakinya, tapi menggunakan perutnya. Kadang, lelaki tersebut meminta gadis-gadis ini 'bermain' dengan unta, bukan dengan manusia.

Setelah melakukan apa yang disepakati dengan kliennya, gadis tersebut juga diketahui dipekerjakan untuk saudara laki-laki kliennya.


Siapa 'Klien' Dubai Porta Potty?

Dubai kaya akan ekspatriat yang memiliki pengaruh besar di banyak sektor ekonomi di dunia. Mulai dari pejabat politik Rusia yang datang ke Dubai untuk mencuci uang politik mereka dengan membeli properti di Dubai, ada juga organisasi kriminal terbesar salah satunya organisasi milik Daniel Joseph Kinahan yang juga mencuci uangnya dengan membeli properti di Dubai, hingga pengusaha Italia yang kabur dari pajak dan mencuci uangnya di Dubai dengan membuka restaurant.

Hal tersebut diperkuat dengan fakta bahwa banyak orang kaya di luar Dubai yang memiliki harta di Dubai dan lebih dari setengah pemilik properti di Dubai bukan orang asli Dubai. Jadi, bisnis Dubai Portta Potty biasanya dijalankan oleh orang-orang kaya seperti mereka. Bukan hanya sultan-sultan Dubai.

Dubai Porta Potty juga menjadi budaya tertutup di Dubai yang akhirnya diadaptasi oleh banyak ekspartian yang ingin mencoba pengalaman 'ekstrem' ini.

Pengakuan Mengejutkan Pejabat Qatar

Pejabat Top Qatar Akui Jumlah Kematian Buruh dalam Pembangunan Fasilitas Piala Dunia Capai 500 Jiwa

Liputan6.com 2022-11-30 13:04:14
FIFA resmi meluncurkan logo Piala Dunia 2022 di Doha, Qatar, Selasa (3/9/2019). (AFP).

Seorang pejabat top Qatar yang terlibat penyelenggaraan Piala Dunia 2022 menyebutkan jumlah kematian pekerja dalam membangun infrastruktur untuk turnamen akbar itu sekitar 400 dan 500 korban jiwa.

Komentar ini disampaikan oleh Hassan al-Thawadi, sekretaris jenderal Komite Tertinggi Qatar.

Pernyataan itu muncul begitu saja selama wawancara dengan jurnalis Inggris Piers Morgan, dikutip daari laman AP, Rabu (30/11/2022).

Pernyataan ini lantas menghidupkan kembali kritik dari kelompok hak asasi manusia atas kerugian menjadi tuan rumah Piala Dunia pertama di Timur Tengah bagi buruh migran yang membangun stadion, jalur metro, dan infrastruktur baru senilai lebih dari US$ 200 miliar.

Dalam wawancara yang sebagian diposting Morgan secara online, jurnalis Inggris itu bertanya kepada al-Thawadi: "Menurut Anda, berapa jumlah total yang sebenarnya terkait pekerja migran yang meninggal karena pekerjaan untuk Piala Dunia secara total?"

"Perkiraannya sekitar 400, antara 400 dan 500," jawab al-Thawadi.

"Saya tidak punya angka pastinya. Itu adalah sesuatu yang telah didiskusikan."

Namun angka itu belum pernah didiskusikan secara terbuka oleh pejabat Qatar sebelumnya. Laporan dari Komite penyelenggara sejak 2014 hingga akhir 2021 hanya mencakup jumlah kematian pekerja yang terlibat dalam pembangunan dan perbaikan stadion yang sekarang menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Angka-angka yang dirilis tersebut menyatakan bahwa jumlah kematiannya adalah 40 jiwa.

Dalam pernyataan selanjutnya, Komite Tertinggi menyebut bahwa pengakuan al-Thawadi mengacu pada "statistik nasional yang mencakup periode 2014-2020 untuk semua kematian terkait para pekerjaan (414) secara nasional di Qatar."

Sejak FIFA memberikan turnamen tersebut kepada Qatar pada tahun 2010, negara tersebut telah mengambil beberapa langkah untuk merombak praktik ketenagakerjaan.

Itu termasuk menghilangkan apa yang disebut sistem ketenagakerjaan kafala -- aturan mengikat pekerja dengan majikan.

"Satu kematian itu terlalu banyak," tambah al-Thawadi dalam wawancara.

Aktivis telah meminta Doha untuk berbuat lebih banyak, terutama dalam hal memastikan pekerja menerima gaji mereka tepat waktu dan dilindungi dari majikan yang kejam.


Piala Dunia Qatar 2022 Jadi yang Termahal Sepanjang Sejarah

Keputusan FIFA pada 2010 dianggap mengejutkan dan kontroversial setelah memberikan hak tuan rumah Piala Dunia 2022 kepada Qatar. Setelah 12 tahun berlalu, turnamen sepak bola kasta tertinggi itu segera dimulai pada 20 November hingga 18 Desember 2022.

Untuk menggelar Piala Dunia 2022, Qatar telah menginvestasikan uang yang banyak. Bahkan menjadikannya sebagai tuan rumah Piala Dunia dengan biaya termahal sepanjang sejarah, sejak pertama kali digelar pada 1930.

Meski Negara Teluk itu tidak mengeluarkan angka pasti, biayanya bahkan diperkirakan melebihi jumlah yang dikeluarkan dari gabungan 21 penyelenggaraan Piala Dunia sebelumnya. Menurut berbagai ahli dan laporan, biayanya melebihi 200 miliar dolar atau 199 miliar euro, bahkan bisa lebih tinggi lagi.

Sebagai perbandingan, Piala Dunia termahal sebelumnya, yaitu turnamen 2014 di Brasil dan edisi 2018 di Rusia, keduanya menelan biaya kurang dari 15 miliar dolar.

Dan Plumley, dosen bidang keuangan olahraga di Universitas Sheffield Hallam mengatakan, ketika Qatar terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 pada 2010, perkiraan awal menyebutkan potensi biaya sebesar 65 miliar dolar. Namun, "beberapa perkiraan baru-baru ini mengatakan bahwa itu berpotensi mencapai 200 miliar dolar. Ini akan menjadi yang terbesar dalam hal biaya yang pernah tercatat hingga saat ini," katanya kepada DW, dikutip Jumat (18/11/2022).

"Meskipun kita belum tahu seberapa tepatnya.


Visi Nasional Qatar 2030

Konsultan keuangan olahraga AS, Front Office Sports memperkirakan biaya sebesar 220 miliar dolar, sementara Hassan Al Thawadi, kepala badan Qatar yang ditugaskan untuk menyelenggarakan turnamen tersebut, mengatakan bahwa biaya infrastruktur sejak negara tersebut menang sebagai tuan rumah akan melebihi 200 miliar dolar.

Ketidakpastian jumlah biaya ini muncul karena sebagian besar dari miliaran yang telah dihabiskan pemerintah Qatar sebelum turnamen adalah untuk infrastruktur nonsepak bola, seperti sistem metro baru, bandara internasional, jalan baru, sekitar 100 hotel baru, dan fasilitas rekreasi.

Sebagian besar investasi ini merupakan bagian dari proyek investasi publik Negara Teluk yang lebih luas, yang dikenal sebagai Visi Nasional Qatar 2030.

"Piala Dunia menjadi katalis bagi pemerintah Qatar yang ingin mengatasi masalah infrastruktur negara," kata Kieran Maguire, spesialis keuangan sepak bola di Universitas Liverpool, kepada DW.

"Ini memberi mereka titik fokus. Dibandingkan dengan Piala Dunia lainnya, ini jauh lebih mahal," imbuhnya

Ini menjadi semacam "taruhan kekuatan halus" sangat besar bagi Qatar yang sebenarnya akan berakhir dengan kerugian dalam hal komersial, menurut Plumley. Tapi ini sesuatu yang tidak terlalu menjadi perhatian Doha karena mereka memiliki kekayaan energi sangat besar.

Keuntungan utama yang dicari Qatar, lanjutnya, adalah nonkomersial. "Hubungan internasional adalah motivasi utama Qatar sebagai tuan rumah turnamen dan ini juga tentang kekuatan halus terkait strategi pertahanan dan keamanan. Uang jelas bukan masalah bagi Qatar. Negara ini jelas mampu menjadi tuan rumah Piala Dunia dan mereka bersedia menanggung kerugian. Dalam banyak hal, Piala Dunia 2022 adalah sebuah anomali keuangan."


Sebuah Warisan Gelap

Sekalipun merupakan sebuah anomali keuangan, Qatar 2022 masih harus bergulat dengan pertanyaan tentang "warisan" apa yang ingin mereka tinggalkan. Bahwa turnamen ini harus meninggalkan jejak yang berarti bagi masyarakat luas di negara yang membenarkan pemborosan keuangan hanya dalam empat minggu sepak bola.

Hal ini menjadi perjuangan besar bagi Piala Dunia kebanyakan, tetapi dalam kasus Qatar, ada keraguan serius.

Salah satu masalah yang paling jelas adalah stadion. Dari delapan tempat, tujuh telah dibangun dari nol untuk Qatar 2022. Pemerintah mengatakan biaya pembangunannya mencapai 6,5 miliar dolar. Setelah Piala Dunia selesai, negara berpenduduk hanya 2,8 juta orang itu tampaknya tidak akan membutuhkan begitu banyak stadion-stadion besar.

Fenomena yang dikenal dengan nama "gajah putih" kerap menjadi masalah bagi tuan rumah Piala Dunia, dan Qatar bermaksud untuk memutus siklus itu. Disebutkan, tiga stadion nantinya akan terus dipakai untuk lokasi pertandingan, sementara lima lainnya akan dibongkar, diubah untuk tujuan alternatif, atau kapasitasnya dikurangi secara signifikan.

Kieran Maguire percaya Qatar tetap akan menggunakan infrastruktur baru untuk mengajukan penawaran menjadi tuan rumah final Eropa di masa depan, seperti di Liga Europa atau Liga Champions.

Jack Ma Mengasingkan Diri?

Tak Kelihatan di China Jack Ma Dikabarkan Ada di Jepang, Mengasingkan Diri?

Liputan6.com 2022-11-30 17:03:19
Pendiri Alibaba Group Jack Ma dalam diskusi panel "Disrupting Development" Pertemuan IMF-Bank Dunia di Nusa Dua, Bali pada Jumat (12/10). Jack Ma mengatakan "pebisnis tak punya rasa tak

Pendiri Alibaba Jack Ma telah tinggal di Tokyo selama hampir enam bulan setelah menghilang dari pandangan publik.

Ketidakmunculannya ini terjadi usai aturan dari pemerintah China yang menghalangi sektor teknologi, demikian laporan dari Financial Times pada Rabu (30 November).

Surat kabar Inggris mengatakan Ma sering mengunjungi beberapa tempat pribadi di Tokyo, dan menjadi "kolektor antusias" seni modern Jepang, serta menjajaki perluasan kepentingan bisnisnya ke arah keberlanjutan.

Ma juga terlihat di tempat lain sejak dia secara efektif menghilang dari pandangan publik di China, termasuk di pulau Mallorca, Spanyol tahun lalu, dikutip dari Channel News Asia, Rabu (30/11/2022).

Dalam beberapa tahun terakhir, pejabat China membidik dugaan praktik anti-persaingan oleh beberapa nama besar di negara itu.

Pemerintah China juga diklaim khawatir bahwa perusahaan internet di negaranya bisa mengontrol terlalu banyak data dan berkembang terlalu cepat.

Juli ini, sebuah laporan mengatakan Ma berencana untuk menyerahkan kendali Ant Group untuk menenangkan regulator China dan menghidupkan kembali penawaran umum pembayaran digital di Tiongkok.

Raksasa e-commerce miliknya, Alibaba, melaporkan pertumbuhan pendapatan yang datar pada Agustus 2022 untuk pertama kalinya, saat China berjuang melawan kebangkitan kembali kasus COVID-19 yang membuat ekonomi tersendat.


China Denda Ant Group Rp 15 Triliun

Sementara itu, Pihak berwenang China akan mengenakan denda lebih dari USD 1 miliar atau sekitar Rp 15,6 triliun pada perusahaan fintech milik Jack Ma, Ant Group.

Denda ini pun akan menjadi salah satu sanksi terbesar yang dikenakan pada perusahaan internet China sejak perusahaan transportasi online terkemuka, Didi Global menghadapi denda senilai USD 1,2 miliar oleh regulator keamanan siber China pada Juli 2022.

Dikutip dari US News, Rabu (23/11/2022) denda ini datang karena Ant Group diduga melakukan pelanggaran "ekspansi modal yang tidak teratur", juga risiko keuangan yang disebabkan oleh perusahaan tersebut.

Tiga sumber yang mengetahui masalah itu menyebutkan, Bank Sentral China atau People's Bank of China (PBOC) telah menjai komunikasi informal dengan pihak Ant Group selama beberapa bulan terakhir.

Mereka juga berencana untuk mengadakan lebih banyak diskusi dengan regulator lainnya tentang perombakan Ant Group akhir tahun ini dan mengumumkan denda pada kuartal kedua tahun depan.

Denda pada Ant Group dapat membantu membuka jalan bagi perusahaan itu mendapatkan lisensi yang telah lama ditunggu-tunggu, dan akhirnya menghidupkan kembali rencananya untuk debut di pasar publik.

Seperti diketahui, pemerintah China menghentikan langkah IPO Ant Group pada November 2020 menyusul kritik yang dilontarkan Jack Ma ke pemerintah. Jack Ma mengkritik sistem regulasi di China menghambat inovasi.

Ant Group sendiri telah secara resmi menjalani perombakan bisnis sejak April tahun lalu dengan menjadi perusahaan induk keuangan, mematuhi aturan dan persyaratan modal yang serupa dengan bank.


Dimusuhi Pemerintah

Nama Jack Ma sangat dijkenal di dunia terutama mereka yang berkecimpung di sektor digital. Meski dalam beberapa tahun terakhir, mantan miliarder nomor wahid di China itu terlihat terus menarik diri dari kerajaan internet yang dia dirikan lebih dari 20 tahun lalu. Jack Ma seakan menghilang di tengah kampanye besar-besaran Beijing untuk mengendalikan raksasa internet negara itu.

Ma, orang terkaya kelima di China dengan kekayaan bersih USD 20,6 miliar, diketahui berencana melepaskan kendali raksasa fintech Ant Group tiga tahun setelah dia mengundurkan diri dari pucuk pimpinan raksasa e-commerce Alibaba.

Menurut laporan tahunan terbaru Alibaba, melansir laman Forbes, Selasa (15/11/2022), Ma akan secara bertahap mengurangi kepentingan ekonomi langsung dan tidak langsungnya di Ant menjadi tidak lebih dari 8,8 persen.

Pria berusia 58 tahun itu saat ini mengendalikan lebih dari 50 persen perusahaan yang berbasis di Hangzhou melalui perusahaan induk investasi terkait, tetapi dapat mengalihkan sebagian hak suara ke eksekutif Ant termasuk Kepala Eksekutif Eric Jing.

Langkah ini dilakukan saat Ant membuat ulang dirinya menjadi perusahaan induk keuangan seperti yang dipersyaratkan oleh bank sentral negara tersebut, yang meningkatkan pengawasan pinjaman dan aplikasi pembayaran digital seperti Ant's Alipay.

Saat ini, valuasi perusahaan jatuh. Menurut beberapa perkiraan angkanya anjlok lebih dari 70 persen ke level USD 70 miliar. Ini setelah IPO senilai USD 35 miliar dibatalkan pada akhir tahun 2020 oleh regulator keuangan China.

Tercatat, perusahaan menghasilkan laba 3,7 miliar yuan (USD 555 juta) pada kuartal Maret, turun 17% dari tahun sebelumnya, menurut laporan bursa saham Alibaba.

Alibaba memegang sepertiga saham di Ant, dan melaporkan hasil keuangan yang terakhir di bawah investee metode ekuitas.

Jack Ma lama tidak terlihat oleh publik selama dua tahun terakhir. Kemudian baru-baru ini superyacht Zen berukuran 88 meter miliknya terlihat pada Juni berlabuh di pulau Mallorca, Spanyol. Diikuti dengan kunjungan Ma ke universitas Belanda untuk belajar tentang produksi pangan berkelanjutan.


Harta Miliarder China Turun Hingga Rp 14,2 Kuadriliun

Kesengsaraan ekonomi, politik, dan pandemi China telah berkontribusi pada penurunan kekayaan terbesar di negara itu sejak Forbes mulai melacak harta miliarder di sana lebih dari dua dekade lalu.

Kini kekayaan gabungan dari 100 orang terkaya China kembali anjlok sekitar 39 persen menjadi USD 907,1 miliar atau sekitar Rp 14,2 kuadiriliun dari USD 1,48 triliun dalam daftar tahun lalu. Dari 100 nama dalam daftar, 79 di antaranya turun, 12 orang kembali, 4 orang mengalami perpecahan, 3 orang pendatang baru, dan hanya 2 orang yang lebih kaya.

Di samping itu, kekayaan juga menurun di tengah kekhawatiran tentang politik China setelah Kongres Partai Komunis pada Oktober. Lebih dari 12 persen jatuhnya nilai yuan terhadap dolar AS pada tahun lalu.

Dua metrik utama mengalami kerugian besar: indeks saham acuan CSI 300 China daratan turun lebih dari seperempat nilainya sejak daftar terakhir muncul, sementara Indeks Hang Seng Hong Kong bernasib lebih buruk, terjun hampir 41 persen.

Meski begitu, posisi puncak masih dipegang oleh Zhong Shanshan, ketua pemasok air minum dalam kemasan top China Nongfu Spring.

Di antara penurunan dramatis bagi banyak orang, kekayaan Zhong bernasib relatif baik, turun hanya 5 persen menjadi USD 62,3 miliar dari USD 65,9 miliar tahun lalu.

Zhong menderita kurang dari banyak orang karena investasinya yang cerdas ke pemasok tes Covid di Beijing Wantai Biological Pharmacy dan dari memasok komoditas vital air minum.

Kemudian ada Zhang Yiming yang menjadi pendiri dan mantan ketua dan CEO Bytedance, pemilik aplikasi video TikTok yang sangat populer, berada di nomor dua. Miliarder tersebut saat ini mengantongi harga senilai USD 49,5 miliar, turun hampir 17 persen dari tahun lalu di tengah penurunan penilaian perusahaan media sosial di seluruh dunia.

Selanjutnya di posisi ketiga diisi oleh Robin Zeng, ketua pembuat baterai kendaraan listrik terbesar di dunia CATL. Zeng diperkirakan memiliki kekayaan bersih senilai USD 28,9 miliar, turun 43 persen dari UDS 50,8 miliar tahun lalu.

Wanita Paling Modis di Dunia

Bella Hadid Didapuk Jadi Wanita Paling Modis di Dunia

Liputan6.com 2022-11-30 08:03:59
"Hatiku pun hancur saat teringat anak-anak dan keluarga yang terpisah sehingga tidak bisa bersama di masa-masa seperti ini," ujar Bella Hadid. (Instagram/bellahadid)

Bella Hadid dikenal sebagai supermodel yang sangat modis dan ahli dalam memeragakan busana. Tak heran, outfit yang ia kenakan dalam berbagai kesempatan selalu sukses menjadi perhatian publik.

Hal ini pula yang membawa Bella Hadid dinobatkan sebagai orang paling stylish atau paling modis di planet ini untuk tahun 2023 oleh majalah mode terkemuka, GQ. Dalam kumpulan ikon gaya yang disusun oleh editor di British GQ, ia mendapat pujian karena kemampuannya yang sangat cocok saat melakukan semua tren.

Melansir dari Newshub, Selasa, 29 November 2022, para kritikus terkesan dengan kemampuan wanita berusia 26 tahun itu untuk memasukkan item pakaian pria ke dalam lemari pakaiannya. "Versi favorit kami, dan yang membuat Hadid berada di posisi teratas adalah Menswear Bella, menjahit, sepau Prada, jaket denim besar, LSD fur trappers," tulis mereka.

Bella dinilai membuat pakaian pria terlihat lebih baik daripada kebanyakan pria dan dia masih bisa memakai apapun itu. Selain itu, para editor memuji referensi Hadid pada mode tahun 90-an.

"Thongs yang mencuat dari bawahan tracksuit, Clueless checks, hipster jeans dengan potongan yang jauh di bawah permukaan laut. Tapi, dengan gaya Balenciaga grunge dan kecintaan yang tulus pada pakaian, kemunduran Bella terasa lebih baru, lebih seksi, bahkan sedikit mengintimidasi," lanjut mereka.

Bella juga sukses mencuri perhatian dunia mode saat menjadi model gaun lateks semprot Coperni yang inovatif di Paris Fashion Week 2022. Sebenarnya, gaya busana Bella sempat dianggap buruk beberapa tahun lalu ketika kerap mengenakan thong yang terlihat di balik pakaian olahraganya.

Namun gaya adik dari Gigi Hadid itu semakin berkembang pesat sehingga kini memiliki look yang lebih fresh, seksi sekaligus mendominasi. Kemampuan modelling wanita berusia 26 tahun ini juga dinilai meningkat baik di atas runway, pemotretan maupun di gaya kesehariannya.


Pakai Kerudung

Selebritas lain yang masuk daftar paling stylish GQ di antaranya Chris Pine, Dua Lipa, Elliot Page, Lizzo, Florence Pugh, Daniel Kaluuya, Adam Sandler, Zo Kravitz, Kim Kardashian dan Zendaya. Penampilan Bella memang tak pernah gagal menarik perhatian.

Beberapa pekan lalu, Bella Hadid tampak lain dari biasanya saat mengisi acara bertema Fashion Trust Arabia (FTA) di Doha, Qatar.. Biasanya tampil terbuka hingga dinilai seksi oleh masyarakat dunia, model keturunan Palestina justru memilih busana yang menutup rapat tubuhnya dalam penampilan barunya itu.

Bahkan, sang supermodel tampak mengenakan kerudung untuk menutupi kepalanya. Keanggunannya makin bertambah dengan gaun tertutup berwarna hitam yang menutupi leher hingga kaki bagian bawah.

Bella tetap tampil memukau para hadirin dengan membiarkan rambut bagian depannya terlihat dalam mode poni miring nan klimis. Terlihat juga anting-anting yang diketahui karya desainer Mesir Fatma Mostafa, menghiasi telinganya.

"Melihat para desainer muda dari seluruh kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara datang bersama memamerkan talenta mereka merupakan hal yang emosional dan indah," tulis Bella melalui akun Instagram @bellahadid, diunggah akhir pekan lalu.


Kontroversi Balenciaga

Pada salah satu slide di rangkaian unggahan tersebut, Bella memperlihatkan sosok sang ayah, Mohammad Hadid, yang menemaninya selama acara fashion tersebut.

Menelusuri unggahan tersebut, Bella Hadid juga turut mendukung para desainer muda di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara atau yang juga dikenal sebagai MENA. Ia turut menuliskan nama-nama desainer yang berasal dari Arab Saudi, Mesir, Sudan, Maroko, Yaman, dan Turki.

"Ini menunjukkan bahwa meskipun melalui perjuangan; gairah: cinta dan keindahan akan selalu bersinar. Ada begitu banyak bakat dari orang-orang MENA, satu-satunya masalah adalah, tidak cukup kesempatan," tulisnya dalam unggahan yang sama.

Tak hanya tampil modis, Bella juga kerap menyuarakan pendapat pribadinya kepada publik mengenai beberapa isu yang sedang berkembang. Baru-baru ini, Bella ikut bereaksi terhadap kontroversi terbaru Balenciaga. Sebagaimana diketahui, rumah mode mewah ini telah mendapat kecaman karena iklan terbarunya, yang menampilkan anak-anak memegang boneka binatang yang tampaknya mengenakan pakaian terinspirasi BDSM.

Dalam gambar lain dari kampanye, dilansir dari PageSix, Kamis (24/11/2022), selebritas, termasuk Bella Hadid dan Nicole Kidman, memodelkan desain terbaru rumah mode untuk orang dewasa. Promosinya dibagikan Bella di Instagram-nya pada Selasa, 22 November 2022.


Hapus Unggahan

Namun, Bella tampaknya menghapus gambar tersebut pada Rabu, 23 November 2022, di tengah reaksi keras publik. Meski ia menghapus kampanye terbaru, penggemar dengan cepat menunjukkan ketidaksukaan mereka atas hubungan Bella dengan merek mahal tersebut pada unggahan sebelumnya.

Pada awal bulan ini, Bella tampak mempromosikan kolaborasi Balenciaga dan Adidas yang dibintanginya. Di sana, para pengguna meninggalkan komentar dengan menyertakan tagar #cancelbalenciaga.

"Tidak habis pikir bagaimana para selebritas ini sama sekali tidak peduli pada anak-anak! Anda bekerja dengan label yang mengeksploitasi anak-anak secara seksual dalam kampanye iklan mereka! Tapi, karena orang-orang angkat bicara, mereka telah meminta maaf ... mereka tidak akan melakukannya dan Anda para boneka baik-baik saja dengan itu semua?!" komentar satu orang. Balenciaga sendiri telah menarik gambar kontroversial dari media sosial, dan menghapus setiap unggahan dari Instagram mereka di tengah serangan negatif.

Seperti telah disinggung, Balenciaga telah meminta maaf karena menampilkan anak-anak yang memeluk boneka beruang yang mengenakan perlengkapan BDSM dalam kampanye iklan terbarunya, lapor CNN. Dipotret fotografer Gabriele Galimberti, gambar yang ditautkan ke kampanye Balenciaga Gift Shop menampilkan anak-anak kecil yang mengenakan pakaian Balenciaga Kids.

Dekorasi Mataram Islam di Pernikahan Kaesang

Jokowi Setujui Dekorasi Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Bertema Mataram Islam

Liputan6.com 2022-11-30 13:00:23
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Foto: Rio Motret dari Instagram @kaesangp)

Presiden Jokowi dikabarkan telah menyetujui konsep dekorasi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang akan diselenggarakan di Loji Gandrung Solo pada Desember 2022.

Keluarga RI-1 telah menunjuk Asmoro Decoration, Karanganyar, untuk membuat dekorasi pernikahan Kaesang Pangarep. Art Director Asmoro Decoration, Pandji Vasco da Gama, membenarkan kabar ini.

"Kami dari Asmoro mendapat mandat untuk mendekor acara ngunduh mantu di Loji Gandrung. Semua acara adat diadakan di Loji Gandrung karena nanti di Mangkunegaran itu sifatnya hanya pesta," katanya, soal hari bahagia Erina Gudono dan Kaesang Pangarep.

Ini sekaligus menggarisbawahi bahwa tak pelanggaran adat di Pura Mangkunegaran Solo. Istana Mangkunegaran hanya digunakan untuk syukuran dan jamuan makan bareng para tamu.


Jogja dan Solo

"Untuk detail, tema yang kita angkat adalah Mataram Islam. Mataram Islam di sini, semua bentuk ornamen kita ambil dari Mataram Islam Jogja dan Solo," urai Pandji Vasco da Gama.

"Untuk yang Jogja, itu floranya, tanaman lebih simpel. Kalau ukiran Solo kan lebih detail itu untuk faunanya, hewan-hewannya," imbuhnya kami lansir dari video jumpa pers di kanal YouTube Berita Surakarta, Selasa (29/11/2022).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Mataram Islam

Direktur Asmoro Decoration, Ranu Asmoro menambahkan, Mataram Islam adalah cikal bakal keraton Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta. Mengingat, kedua mempelai dari Solo dan Jogja.

"Secara garis besar untuk tema artistik yang kita angkat yang sudah di-approve sama keluarga Bapak (Jokowi) adalah Mataram Islam seperti yang dijelaskan," Ranu Asmoro membeberkan.


Loji Gandrung

Dalam kesempatan itu, ia membenarkan upacara adat pernikahan sepenuhnya berada di Loji Gandrung, kemudian mempelai dan keluarga bertolak ke Pura Mangkunegaran Solo lewat Jalan Slamet Riyadi.

"Yang di Loji Gandrung memang khusus untuk acara adat. Acara prosesi adat malah utamanya dilaksanakan di Loji Gandrung salah satunya adalah sungkeman," ia mengakhiri.

Nasib Perempuan Mirip Kate Middleton

Kisah Perempuan Mirip Kate Middleton, Dibombardir Ancaman Pembunuhan hingga Selusin Lamaran Pernikahan

Liputan6.com 2022-11-30 15:02:07
Heidi Agan, perempuan Inggris yang disebut mirip Kate Middleton. (dok. Instagram @katemiddletonlookalike/https://www.instagram.com/p/BZlK

Adalah Heidi Agan, perempuan Inggris yang disebut berwajah mirip Kate Middleton. Orang-orang mulai mengomentari kemiripannya dengan Putri Wales ketika ia bekerja sebagai pelayan pada 2011, sekitar waktu pernikahan Kate dan Pangeran William.

Melansir Mirror, Rabu (30/11/2022), ia tidak memikirkan apa-apa pada awalnya. Tapi, setelah orang-orang mulai meminta berfoto dengannya, ia memutuskan menghubungi agensi hiburan untuk melihat apakah ia bisa jadi "kembaran" Kate.

Tidak lama kemudian, ia mulai mendapatkan pekerjaan, tampil di pesta pribadi dan acara promosi di seluruh dunia, lapor Birmingham Live. Agan juga menghadiri pesta pribadi bersama orang-orang yang mirip Ratu Elizabeth II dan Harry Potter.

Ia pun tercatat pernah menghabiskan 10 hari di Melbourne, Australia, untuk syuting iklan susu Chinese Jersey. Agan, yang berasal dari Cheslyn Hay, Staffordshire, mengatakan, pekerjaannya "mengering" selama pandemi, tapi belakangan sudah meningkat lagi.

Ia berkata, "Biasanya apa yang kami lakukan mengikuti apa yang mereka (bangsawan Inggris) lakukan, jadi semakin sibuk mereka, semakin sibuk pula kami Saya yakin sebagai Pangeran dan Putri Wales, mereka akan lebih sibuk dan kami belum melihat apa yang akan mereka fokuskan."

"Charles sangat menyukai pertanian, kami tidak tahu apa yang akan dilakukan Pangeran William," imbuhnya. "Catherine (Kate) masih mengambil rute kesehatan mental yang luar biasa dan ia mencoba mengukir jalan yang berbeda dengan Putri Diana."


Mengikuti Penampilan Kate

Lebih lanjut Agan berkata, "Saya sedang bolak-balik di dalam negeri saat ini. Menjelang Natal, ini membantu orang mengiklankan Natal yang meriah karena beberapa Natal terakhir sepi (akibat pandemi COVID-19)."

"Saya pikir, kami senang (akan segera) keluar dari pandemi, kami memasuki masa sulit lain, tapi sebagai orang Inggris, kami senang mengolok-olok diri sendiri dan bersenang-senang dan itulah yang kami bawa ke sebuah acara," tuturnya. "Keluarga Kerajaan Inggris pun tidak akan pergi ke mana-mana."

Pekerjaan Agan mengharuskannya untuk selalu mengikuti penampilan Kate, termasuk gaya rambut, pilihan mode, bahkan baby bump. "Bagus sekali, saya bisa makan kue saat ia hamil, tapi ada pakaian baru yang harus didapatkan dan banyak pekerjaan di sana," ia mengatakan.

Berdasarkan apa yang dipelajari Heidi tentang kehidupan William dan Kate, menurutnya, Pangeran Wales tidak tertarik memiliki bayi lagi. Jadi, ia tidak berharap akan mengeluarkan (tampilan) baby bump prostetik lagi.


Efek Kate

Agan mengatakan, "efek Kate," yang mengarah pada daya tarik publik pada pilihan fesyen Kate Middleton, menekannya untuk membeli pakaian terbaru Putri Wales sebelum terjual habis. Ia pernah membuat putranya pergi ke Mango untuk membeli gaun untuknya karena stoknya sudah habis saat ia mencarinya secara online.

Menggambarkan bagaimana dibutuhkan beberapa jam untuk bersiap-siap sebagai "kembaran" Kate, Agan berbagi, "Saya berharap saya bisa turun dari tempat tidur dengan rambut yang luar biasa sepertinya. Untungnya, ia tidak menyimpang terlalu jauh dari apa yang biasa kita lihat."

"Ini berita besar ketika ia memotong poni. Itu hal terburuk, saya harap ia juga menyesalinya dan tidak memotongnya lagi," imbuhnya.

Agan tidak hanya acap kali salah disangka sebagai Putri Wales, ia juga dikenal secara lokal sebagai orang yang mirip dengan bangsawan itu. "Saya berada di Tesco beberapa hari lalu dan itu menyenangkan karena Anda tahu orang-orang tidak lupa, seorang pekerja berkata, 'Apakah Anda perempuan yang mirip Kate?' Menyenangkan ketika itu terjadi," ia mengakui.


Menerima Ancaman Pembunuhan

Agan juga bercerita, "Saya pergi ke London baru-baru ini dan pria ini menatap saya dan gadis kecilnya berkata, 'Mengapa kamu memandanginya' dan ia berkata, 'Saya tahu gadis itu dari suatu tempat.' "Saya dengan cepat mendapat kesan kemiripan (dengan Kate) dan Anda dapat melihat proses mereka berpikir."

"Saya tidak keberatan," ia mengakui. "Saya tidak akan pernah ingin menjadi Kate, di bawah tingkat pengawasan dan tekanan seperti itu, jadi perhatian kecil-kecilan sudah cukup."

Agan telah menerima lebih dari selusin lamaran pernikahan sejak jadi "kembaran" Kate, tapi ia juga menerima banyak ancaman pembunuhan.

Ia berkata, "Ini dunia media sosial, selalu ada orang yang berkata, 'Mengapa Anda mencoba jadi orang lain?' Awalnya, saya sangat terkejut dengan jumlah kebencian yang datang dari orang-orang, tapi sekarang saya telah belajar bahwa memang begitulah adanya. Setiap orang punya pendapat."

"Jika anak-anak saya melihat sesuatu yang negatif, saya dapat berbicara dengan mereka tentang pengalaman pribadi saya dan penting untuk mendidik anak-anak Anda untuk membantu mereka," tutupnya.

Unggahan TikTok Pertama Pangeran William

Pangeran William Bagikan Unggahan TikTok Pertamanya Jelang Kunjungan ke Amerika Serikat

Liputan6.com 2022-11-30 12:17:24
Kate Middleton dengan Pangeran William saat mengenakan pakaian formal untuk pesta. (sumber : Instagram @princeandprincessofwales)

Pangeran William (40), membagikan video pertamanya di TikTok sebelum penghargaan Earthshot Prize diumumkan di Boston, Amerika Serikat (AS) pada Jumat lusa, 2 Desember 2022. "Hadiah Earthshot akan diberikan," kata William sambil tersenyum ke kamera depan, sebelum meletakkannya di tanah dan bergerak seolah-olah hendak menginjaknya.

Teks bertuliskan "Boston, Jumat ini, 2 Desember" muncul di layar, saat video dipercepat dengan foto dari 15 finalis yang dinominasikan untuk penghargaan lingkungan. Dalam lima kategori ada nominasi Lindungi dan Pulihkan Alam, Bersihkan Udara Kita, Bangkitkan Laut Kita, Bangun Dunia Bebas Sampah, dan Perbaiki Iklim Kita.

"The Earthshot Prize," video itu ditutup dengan singkat. Akun TikTok pasti salah satu yang harus diperhatikan saat perayaan berlanjut untukkompetisi kedua Earthshot. Gelaran penghargaan perdana diadakan di London tahun lalu dan Earthshot akan berlangsung di AS untuk tahun kedua penyelenggaraan pekan ini.

Pada Rabu, (30/11/2022) Pangeran William dan Kate Middleton dijadwalkan akan mendarat di Boston. Ini merupakan kunjungan pertama mereka ke AS dalam delapan tahun.

Petualangan dimulai dengan penyambutan di Balai Kota Boston, di mana Walikota Michelle Wu dan Duta Besar Caroline Kennedy akan membantu memulai hitungan mundur menuju upacara Earthshot Prize yang gemerlap dan bertabur bintang di MGM Music Hall pada Jumat malam.

Waktu tiga hari mereka di AS akan diakhiri dengan perayaan ide-ide baru untuk menyelesaikan masalah planet ini. Di Earthshot Prize Awards yang akan ditayangkan di PBS, Minggu, 4 Desember 2022 Pangeran William akan menyuarakan desakan optimisme untuk mengatasi masalah lingkungan serta perubahan iklim.


Kunjungan ke Boston

Menurut sumber terdekat yang dikutip dari People, Selasa 29 November 2022, Pangeran William dan Kate Middleton tampak bersemangat untuk dapat membawa semangat ke Amerika Serikat dan menginspirasi orang-orang di seluruh dunia. Pemberian hadiah Earthshot pada Jumat malam adalah alasan utama kunjungan mereka.

Pasangan itu juga melihatnya sebagai kesempatan mencari fakta tentang beberapa penyebab dan minat yang dekat dengan hati mereka. "Beberapa hal yang kami fokuskan saat ini adalah mendukung beberapa komunitas yang paling tertekan di Inggris Raya dan kami akan terus melakukannya di Boston," tambah sumber tersebut.

Pada Kamis besok, William dan Kate akan melihatapa yang dilakukan organisasi di Boston untuk menciptakan dunia yang lebih berkelanjutan. Pasangan kerajaan ini akan belajar tentang beberapa teknologi inovatif yang digunakan di Greentown Labs di Somerville.

Mereka juga akan mendengar tentang upaya Roca, sebuah organisasi nirlaba yang bekerja selama 35 tahun untuk menciptakan pendekatan yang kohesif. Di antaranya untuk menyelamatkan dan membantu mengubah perjalanan hidup anak muda yang berisiko tinggi.

Putri Kate dijadwalkan akan melakukan kunjungan solo ke Pusat Perkembangan Anak di Universitas Harvard pada Jumat. Ia akan mempelajari beberapa praktik terbaik yang bisa dibawa kembali ke Royal Foundation miliknya dan Pusat Anak Usia Dini saat dia membangun karya rintisannya di daerah.


Jadwal Kunjungan

Adapun Pangeran William dijadwalkan akan mengunjungi Perpustakaan dan Museum Kepresidenan John F. Kennedy. Diketahui Moonshot Presiden John F. Kennedy adalah salah satu yang menantang Amerika untuk menempatkan manusia di bulan, inspirasi di balik Penghargaan Earthshot.

Kunjungan di AS akan menempatkan pasangan itu di benua yang sama dengan saudara laki-laki Pangeran William, Pangeran Harry dan Meghan Markle, meskipun mereka diperkirakan tidak akan menghabiskan waktu bersama. Pasangan yang berbasis di California ini bersiap untuk menghadiri jamuan pada 6 Desember 2022, ketika mereka menerima Robert F. Kennedy Ripple of Hope Award di gala New York City.

Lalu serial dokumenter Netflix Meghan dan Harry juga diharapkan tayang perdana pada bulan Desember. Namun seorang ajudan William mengatakan, Penghargaan Earthshot adalah fokus utama Pangeran William dan Kate, "dan kami tidak akan terganggu oleh hal-hal lain,". Selain itu, kunjungan ini juga merupakan perjalanan pertama William dan Kate ke luar negeri sebagai Pangeran dan Putri Wales.


Kesibukan Harry dan Meghan

Sementara itu, Pangeran William dan Kate Middleton dilaporkan tidak akan terganggu "bayang-bayang" Pangeran Harry dan Meghan Markle saat mengunjungi AS. Itu karena Pangeran Harry dan Meghan Markle akan juga sibuk menghadiri acara gala New York City.

Putri Robert F. Kennedy, Kerry Kennedy, mengatakan bahwa ia akan memberi penghargaan untuk pasangan itu atas sikap "pahlawan" mereka terhadap "rasisme struktural" dari keluarga Kerajaan Inggris.

Dalam wawancara dengan situs berita online Spanyol Vanitatis El Confidencial, dilansir dari People, Kerry mengatakan bahwa Harry dan Meghan mencontohkan "keberanian moral" melawan ketidakadilan yang disebut ayahnya dalam pidato ikonis Ripple of Hope di Universitas Cape Town, Afrika Selatan, lebih dari 50 tahun lalu ketika apartheid berkuasa.

"Ketika ayah saya pergi ke Afrika Selatan pada 1966, ia berbicara di depan audiens kulit putih dan mengatakan bahwa masalah di generasi ini adalah berbicara tentang keadilan rasial," Kerry mengungkapkan.

Perempuan 63 tahun itu menambahkan, "Ia juga berbicara tentang keberanian moral, mengatakan bahwa cuma sedikit orang yang mempertanyakan rekan kerja, keluarga, dan komunitas mereka mengenai struktur kekuasaan yang dipertahankan, dan inilah yang sudah dilakukan Meghan Markle dan Pangeran Harry."

448 Tewas Akibat Demo Bela Mahsa Amini

Kelompok HAM: Demonstrasi Iran Akibat Kematian Mahsa Amini Tewaskan 448 Orang

Liputan6.com 2022-11-30 16:30:10
Iran mencekam di demo Mahsa Amini. Foto pendemo 19 September 2022. Dok: AP Photo

Pasukan keamanan Iran telah menewaskan sedikitnya 448 orang dalam tindakan keras terhadap demonstrasi yang dimulai pada pertengahan September, lebih dari setengahnya di wilayah etnis minoritas, kata sebuah kelompok hak asasi, Selasa (29 November).

Dilansir Channel News Asia, Rabu (30/11/2022), dari 448 orang yang dipastikan tewas, 60 adalah anak-anak berusia di bawah 18 tahun, termasuk sembilan anak perempuan, dan 29 perempuan, kata kelompok Hak Asasi Manusia Iran (IHR) yang berbasis di Norwegia.

Dikatakan 16 orang tewas oleh pasukan keamanan dalam sepekan terakhir saja, 12 di antaranya tewas di daerah berpenduduk Kurdi di mana protes sangat intens.

Jumlah korban juga meningkat setelah kematian orang yang terbunuh pada minggu-minggu sebelumnya diverifikasi dan dimasukkan, tambahnya. Jumlah korban hanya mencakup warga yang tewas dalam penumpasan dan bukan anggota pasukan keamanan.

Brigadir Jenderal Amirali Hajizadeh dari Korps Pengawal Revolusi Islam mengatakan lebih dari 300 orang telah tewas, pertama kali pihak berwenang mengakui angka seperti itu.

Dewan Hak Asasi PBB pekan lalu memilih untuk membentuk misi pencarian fakta tingkat tinggi untuk menyelidiki tindakan keras dalam sebuah langkah yang ditolak keras oleh Iran.

"Otoritas republik Islam tahu betul bahwa jika mereka bekerja sama dengan misi pencarian fakta PBB, skala kejahatan mereka yang lebih luas akan terungkap," kata direktur IHR Mahmood Amiry-Moghaddam.


Protes Akibat Kematian Mahsa Amini

Protes meletus setelah kematian Mahsa Amini yang telah ditangkap oleh polisi moralitas Teheran dan telah menjadi tantangan terbesar bagi rezim sejak revolusi 1979.

Amiry-Moghaddam mengatakan lebih dari separuh kematian tercatat di wilayah yang dihuni oleh Sunni Baluch atau etnis minoritas Kurdi.

Kematian terbanyak terjadi di wilayah tenggara Sistan-Baluchistan di mana 128 orang tewas setelah protes yang memiliki percikan terpisah tetapi telah menambah kemarahan nasional, kata IHR.

Setelah itu, kematian terbanyak dicatat di provinsi Kurdistan dan Azerbaijan Barat yang berpenduduk Kurdi barat, di mana masing-masing 53 dan 51 orang tewas, katanya.


UNICEF Kutuk Kekerasan hingga Penganiayaan Anak-anak dalam Protes di Iran

Badan anak-anak PBB (UNICEF) Minggu (27/11) mengeluarkan pernyataan yang mengutuk "kekerasan dan penganiayaan yang dilaporkan telah merenggut nyawa lebih dari 50 anak-anak dan melukai lebih banyak lagi selama berlangsung kerusuhan masyarakat di Iran."

UNICEF mengatakan "sangat prihatin mengenai berlanjutnya penggerebekan dan penggeledahan yang dilakukan di beberapa sekolah" dan bahwa "sekolah-sekolah harus selalu menjadi tempat aman bagi anak-anak."

UNICEF melaporkan telah menyampaikan secara langsung keprihatinannya kepada pihak berwenang di Iran sejak kasus-kasus korban anak-anak pertama terjadi sebagai tanggapan atas protes masyarakat.


Diminta Hormati Hak Anak dan Perempuan

Beberapa organisasi HAM melaporkan hingga 63 anak-anak tewas dalam protes tersebut, dikutip dari VOA Indonesia, Rabu (30/11/2022).

Iran adalah pihak penandatangan Konvensi Hak-hak Anak. Kelompok advokasi global untuk anak-anak tersebut mengemukakan dalam sebuah pernyataan bahwa para pemimpin di negara itu memiliki "kewajiban untukmenghormati, melindungi dan memenuhi hak-hak anak untuk hidup, privasi, kebebasan berpikir dan berkumpul secara damai."

UNICEF, organisasi pemenang Hadiah Nobel Perdamaian, mendesak Iran "untuk menghormati hak semua anak untuk berkumpul secara damai sebagai jaminan fundamental -- tidak peduli siapa mereka atau di mana pun mereka ... anak-anak dan remaja harus dilindungi dari semua bentuk bahaya yang berisiko bukan hanya bagi jiwa dan kebebasan mereka, tetapi juga kesehatan mental dan fisik mereka."

"Iran beruntung memiliki populasi anak-anak dan remaja yang tergolong muda, yang merupakan sumber daya luar biasa bagi negara, sekarang dan pada masa depan," kata UNICEF. "Kebutuhan, aspirasi dan kesejahteraan mereka harus menjadi prioritas dalam semua situasi."

Taliban Makin Mengekang. Perempuan

Taliban Kini Larang Perempuan Kunjungi Taman Bermain

Liputan6.com 2022-11-30 15:35:07
Perempuan Afghanistan berdiri di luar taman hiburan, di Kabul, Afghanistan, Kamis (10/11/2022). Taliban pada hari Kamis telah melarang perempuan Afghanistan menggunakan fasilitas di pusat keb

Taman bermain maupun taman hiburan biasanya dipenuhi oleh anak-anak yang didampingi oleh ayah maupun ibu mereka.

Namun, pemandangan yang berbeda terlihat di Afghanistan. Kini, perempuan dilarang mengunjungi taman hiburan bahkan ketika mendampingi anak mereka sendiri.

Wanita dilarang mengunjungi taman-taman di Kabul oleh penguasa garis keras Taliban. Selain taman hiburan, aturan terbaru juga melarang wanita mengunjungi kolam renang dan pusat kebugaran di ibu kota.

Ketika Taliban semakin membatasi apa yang bisa mereka lakukan, para wanita dan gadis Afghanistan takut akan apa yang akan terjadi selanjutnya. Ada yang mengatakan langkah ini tidak mempengaruhi sebagian besar negara, karena bagi sebagian besar orang saat ini, keluar malam adalah kemewahan yang tidak mampu mereka beli.

Namun, bagi banyak gadis Afghanistan, ini bukan tentang skala dampaknya, tetapi simbolisme dari langkah tersebut---dan apa yang diungkapkannya tentang niat Taliban sejak mereka merebut kekuasaan pada Agustus 2021.

"Setiap hari, sebagai anak perempuan di Afghanistan, kami terbangun dengan pembatasan baru. Sepertinya kami hanya duduk dan menunggu yang berikutnya," kata seorang siswi. Dia tidak ingin disebutkan namanya untuk melindunginya.

"Saya beruntung menyelesaikan sekolah menengah sebelum Taliban datang. Tapi saya takut sekarang universitas juga akan ditutup untuk wanita. Impian saya akan berakhir."


Upaya Perlawanan

Dengan banyaknya ruang bagi perempuan yang menyusut di Afghanistan, beberapa berusaha mencari cara untuk melawan tindakan keras Taliban.

Aktivis Laila Basim ikut mendirikan perpustakaan untuk perempuan. Ia memiliki ribuan buku dalam berbagai bahasa tentang berbagai mata pelajaran.

"Dengan ini kami ingin menunjukkan kepada Taliban bahwa wanita Afghanistan tidak akan tinggal diam dan tujuan kedua kami adalah untuk memperluas budaya membaca buku di kalangan wanita, khususnya gadis-gadis yang tidak mendapatkan pendidikan," katanya.

Dia bertekad untuk menentang para pria yang menjalankan negaranya, dan telah berpartisipasi dalam berbagai protes sejak tahun lalu.

"Kami tidak takut mati atau Taliban akan mengancam keluarga kami. Yang kami takutkan adalah disingkirkan dari masyarakat," katanya. Dia melihat peningkatan pembatasan pada wanita sebagai hal yang mengkhawatirkan dan menyedihkan.

"Saya sangat kesal memikirkan semua kebebasan yang telah hilang. Orang-orang dari negara lain menjelajahi Mars, dan di sini kami masih memperjuangkan hak-hak dasar seperti itu," katanya.


Hak Wanita Ditindas

Beberapa minggu lalu, aktivis hak perempuan Zarifa Yaghoubi dan tiga orang lainnya ditahan. Meskipun banyak seruan untuk pembebasan mereka dari PBB dan lainnya, belum ada tanggapan dari Taliban.

Pekan lalu, 12 orang termasuk tiga wanita dicambuk di depan ribuan penonton di sebuah stadion sepak bola di Afghanistan. Dengan setiap langkah, aturan Taliban saat ini semakin menyerupai rezim mereka dari tahun 1990-an.

"Kebijakan Taliban saat ini sama dengan 20 tahun lalu. Kami mencoba memberi tahu mereka bahwa itu tidak dapat diterima di abad ke-21," kata Laila Basim.


Alasan Larangan bagi Perempuan

Juru bicara Taliban Mohammad Akif Muhajer membela keputusan untuk melarang perempuan dari taman, dengan mengatakan hukum Syariah Islam tidak diikuti.

"Selama 15 bulan kami memberikan kesempatan kepada saudara perempuan kami untuk menikmati pergi ke taman. Kami telah mengatakan kepada perempuan untuk mengikuti praktik mengenakan jilbab [penutup kepala] tetapi beberapa tidak melakukan itu. Kami memiliki hari terpisah untuk laki-laki dan perempuan untuk pergi ke taman, tapi itu tidak diamati," katanya.

Ketika ditanya mengapa Taliban menekan mereka yang memprotes hak-hak perempuan, Mohammad Akif Muhajer mengatakan: "Di setiap negara siapa pun yang menyuarakan menentang perintah pemerintah ditangkap. Di beberapa negara, mereka bahkan dibunuh."

"Kami belum melakukan itu. Tapi tentu saja, jika seseorang bersuara menentang kepentingan nasional, mereka akan dibungkam."

Calon Tunggal Panglima TNI Pilihan Jokowi

HEADLINE: KSAL Laksamana Yudo Margono Calon Tunggal Panglima TNI dari Jokowi, Alasan dan Pertimbangan?

Liputan6.com 2022-12-01 00:00:01
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono saat acara penyematan brevet Hiu Kencana di kapal selam KRI Alugoro-405, Dermaga 100, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno telah mengirimkan Surat Presiden (Surpres) tentang Pergantian Panglima TNI kepada Ketua DPR RI Puan Maharani.

Jokowi menunjuk Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang akan pensiun pada 21 Desember 2022 ini. Nantinya DPR yang akan mengesahkan Yudo sebagai Panglima TNI setelah melalui serangkaian tes dan verifikasi.

Presiden Jokowi mengungkapkan alasannya menunjuk Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima TNI. Kata dia, salah satunya adalah rotasi matra setelah dua periode sebelumnya dipimpin oleh TNI AU dan TNI AD, yakni Marsekal Hadi Tjahjanto dan Jenderal Andika Perkasa.

"Satu, yang kita ajukan satu (calon), KSAL yang sekarang karena memang kita rotasi matra," ujar Jokowi saat ditemui di Rumah Adat Radakng, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (29/11/2022).

Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menilai Jokowi tidak mau berpolemik dalam pergantian Panglima TNI kali ini. Apalagi jika merujuk pada Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, seharusnya jabatan Panglima setelah Hadi Tjahjanto pensiun adalah jatah TNI AL.

"Tetapi kan diberikan kepada Andika. Artinya saat ini supaya tidak ada konflik, pertama memang mengajukan satu nama, karena kalau dua nama itu kan menjadi persoalan. Kedua karena ini giliran, ya sudah karena waktunya AL. Jadi secara politik maupun secara aturan dan ketentuan pun Jokowi tidak disalahkan," ujarnya saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (30/11/2022).

Namun begitu, menurut dia, rotasi matra bukanlah satu-satunya pertimbangan Istana menunjuk Yudo sebagai pucuk pimpinan TNI. Tentu ada juga alasan politis di balik penunjukan jenderal bintang empat TNI AL ini sebagai Panglima. Apalagi saat ini merupakan tahun politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Pasti arahannya ke sana juga. Tentu dicari pihak yang tadi bisa mengamankan stabilitas politik. Kedua, juga dicari orang yang lebih dekat di antara ketiga matra itu. Selain dari giliran itu, ya mungkin Jokowi merasa nyaman dan dekat dengan Yudo," kata Ujang.

"Jadi saya sih melihat, Panglima itu kan menjaga pertahanan dan keamanan negara, termasuk stabilitas politik. Kalau polisi dan tentara itu harus betul-betul orangnya presiden, karena dia punya senjata, punya kekuatan. Jadi kalau bukan orangnya presiden, bahaya," sambungnya.

Yudo Margono sendiri kini telah berusia 57 tahun. Berdasarkan UU TNI, maka Yudo akan pensiun pada 26 November 2023 tepat di usianya yang ke-58. Meski tak genap setahun menjabat sebagai Panglima TNI, Yudo diyakini tetap bisa menjaga stabilitas keamanan jelang Pemilu 2024.

"Saya sih melihat dalam konteks saat ini sampai November 2023 dia dianggap layak dan pantas. Kedua juga memang sudah waktunya (TNI AL). Jadi nanti kalau memang waktunya pensiun ya pensiun, ketentuannya begitu, maka akan dipilih Panglima yang baru. Kecuali kalau sama Jokowi diperpanjang," tutur dia.

Ujang berharap, perwira tinggi Angkatan Laut tersebut bisa menjaga netralitas TNI di tahun politik. Ini menjadi tantangan utama Yudo Margono sebagai Panglima TNI, selain juga memastikan stabilitas keamanan nasional jelang Pemilu tetap terjaga.

"Jangan memihak ke sana kemari. Karena TNI itu alat negara yang kepentingannya menjaga keamanan negara, bukan untuk pihak memihak. Jadi ini yang harus dijaga," ucap Ujang.

Lebih lanjut, Yudo juga memiliki pekerjaan rumah (PR) yang tak kalah penting, yakni harus bisa mensejahterakan prajurit TNI.

"Selama ini TNI kan tanda petik masih kalah dengan polisi. Dalam konteks kalau TNI enggak ada mainan, polisi selalu banyak mainan. Ini yang harus dipikirkan bagaimana tentara itu bekerja proporsional, di saat yang sama juga sejahtera," katanya menandasi.

Sementara itu, Pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi menilai bahwa rotasi matra bukanlah satu-satunya alasan Jokowi menunjuk KSAL Laksamana Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima TNI.

"Tentu ada aspek lain baik secara obyektif atau subyektif pengunaan hak prerogatif presiden. Aspek lainnya kelayakan kepatutan terkait dengan kebutuhan presiden. Kalau soal politik, saya kira itu dipertimbangkan sebagai aspek tapi bukan yang utama. Aspek utamanya kelayakan dan kepatutan," kata Fahmi saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (30/11/2022).

Namun dia tidak sepakat jika tahun politik dikaitkan dengan penunjukan Panglima TNI. Sebab pergantian pucuk pimpinan TNI sama sekali tidak ada kaitannya dengan agenda Pemilu. Fahmi menegaskan, kerawanan atau tidaknya tahapan Pemilihan Umum sepenuhnya bergantung pada integritas penyelenggara maupun peserta Pemilu itu sendiri, bukan Panglima TNI.

"Pengaitan itu justru lebih bertendensi pada upaya menarik-narik TNI untuk cawe-cawe pada agenda politik praktis, bukan politik negara. Saat ini kita berada pada masa reformasi, bukan masa Orde Baru lagi, di mana militer saat itu selain berfungsi sebagai stabilisator dan dinamisator, juga punya peran sangat penting dalam pengamanan dan pemenangan Pemilu," tuturnya.

Fahmi mengatakan, memiliki Panglima TNI yang jauh dari sifat politis merupakan gagasan ideal, namun rumit secara faktual. Sebab, bagaimanapun nama Panglima TNI adalah produk politik, berangkat dari usulan yang merupakan hak prerogatif presiden dan melalui proses persetujuan DPR yang merupakan representasi kekuatan politik.

Selain itu, kata dia, militer Indonesia adalah militer yang sejak awal sudah cenderung berpolitik. Militer Indonesia lahir dari kancah revolusi kemerdekaan yang merupakan peristiwa politik. Bagi prajurit TNI, terlibat dalam politik adalah implementasi sifat kepejuangan dalam menyelamatkan dan membela negara.

"Jadi yang paling masuk akal adalah kita memiliki Panglima TNI yang memahami batasan sesuai perundang-undangan, mampu berjarak dengan agenda-agenda politik praktis elektoral dan kekuasaan dan berkomitmen sepenuhnya bahwa politik yang dijalankan dan dikawal oleh TNI adalah politik negara," ujar Fahmi.


Mungkinkah Jabatan Panglima TNI Diperpanjang?

Calon panglima TNI Laksamana Yudo Margono diketahui akan memasuki pensiun pada 26 November 2023. Masa pensiun Yudo disebut sebagai masa genting sebab terjadi jelang pelaksanaan Pemilu 2024. Wacana perpanjangan masa jabatan Panglima TNI pun kembali bergulir.

Anggota Komisi I Fraksi PAN, Ahmad Rizki Sadig menyebut, segala kemungkinan ada, termasuk memperpanjang masa jabatan Yudo Margono sebagai Panglima TNI hingga Pemilu 2024.

"Ya itu semua dimungkinkan dan menjadi kewenangan prerogatif Presiden," kata Rizki saat dikonfirmasi, Rabu (30/11/2022).

Sementara terkait rencana pertanyaan yang akan disampaikan kepada Yudo Margono saat fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan nanti, Rizki menyebut, salah satu yang akan ditanyakan yakni soal efektifitas masa jabatannya sebagai Panglima TNI yang kurang dari satu tahun.

"Saya sih lebih concern pada masalah masa jabatan yang sama dengan Pak Andika yang cuma satu tahun, sementara tahun 2024 awal kita sudah memasuki Pemilu, sehingga proses konsolidasi jaringan tentara dalam rangka proses pelaksanaan Pemilu yang akan disiapkan selama tahun 2023 saya kira harus menjadi concern-nya," kata Rizki.

Kemungkinan kembali munculnya wacana perpanjangan masa jabatan Panglima TNI juga diprediksi Ujang Komarudin. Apalagi waktu pensiun Yudo terjadi hanya beberapa bulan jelang pemungutan suara Pileg dan Pilpres yang berlangsung pada Februari 2024.

"Kalau saya sih menganalisanya mungkin. Sangat mungkin, karena semua sudah diarahkan ke tahun politik di 2024. Jadi kemungkinan diperpanjang, saya menduga ke arah sana," kata Ujang.

Berbeda dengan Khairul Fahmi yang menilai sulit wacana perpanjangan masa dinas Panglima TNI dilakukan. Mengacu pada ketentuan Pasal 13 dan Pasal 53 UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, tidak ada aturan yang membuka peluang perpanjangan masa dinas bagi perwira tinggi yang menduduki jabatan tertentu, seperti Panglima TNI.

"Peluang baru terbuka jika dilakukan perubahan pada UU tersebut. Terutama pada kedua pasal di atas, atau Presiden menerbitkan Perppu (Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang) sebagai alas hukum perpanjangan. Namun saya memandang tidak ada kegentingan yang dapat menjadi alasan penerbitan Perppu," kata Fahmi.

Perpanjangan masa dinas Panglima TNI memang pernah dialami oleh Jenderal Endriartono Soetarto yang menjadi pucuk pimpinan TNI pada 2002-2006. Namun hal itu, menurut Fahmi, tidak tepat untuk dijadikan preseden saat ini. Sebab rezim undang-undangnya berbeda.

"Pak Hendriartono Sutarto itu UU 34 Tahun 2004 belum berlaku. Perpanjangan Pak Hendriartono Sutarto itu terjadi bukan setelah UU 34/2004. Tapi UU 2/88. Jadi setelah UU 34/2004, di dalam UU itu tidak ada klausul yang mengatur soal perpanjangan masa jabatan," ucapnya menjelaskan.

Selain itu, Fahmi menegaskan bahwa kemampuan menjaga stabilitas nasional tidak bergantung pada lama tidaknya Panglima TNI menjabat. Sebab, menjaga stabilitas nasional adalah pekerjaan yang berkelanjutan dan berkesinambungan.

"Sehingga kalau dikaitkan dengan waktu yang singkat tentu saja enggak. Karena siapapun yang menjadi Panglima, selama apapun jadi Panglima, dia harus tetap bertanggung jawab menjaga stabilitas keamanan," kata peneliti ISESS ini menandaskan.


Wujudkan Indonesia Jadi Poros Maritim Dunia

Pengamat militer dan pertahanan Connie Rahakundini Bakrie menilai penunjukan KSAL Marsekal Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima TNI merupakan langkah tepat. Penunjukan Yudo, menurut Connie, membuktikan bahwa Jokowi ingin menjadikan Indonesia negara maritim yang kuat.

"Presiden memenuhi janjinya, di awal memimpin negeri ini beliau menyatakan bahwa Indonesia harus menjadi negara poros maritim dunia dan harus mewujudkan nawacita, yakni kita harus punya kekuatan pertahanan di dua samudera," kata Connie saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (30/11/2022).

Menurut Connie, Yudo memiliki pekerjaan rumah (PR) cukup banyak untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Namun PR itu bisa dirangkum dalam tiga hal, yakni power projection (proyeksi kekuatan), aset, dan kesiapan.

"Power projection yang benar untuk sebuah negara maritim, readiness (kesiapan) yang benar, dan aset yang benar. Itu yang paling penting," ujar Connie.

PR kedua, menurutnya bagaimana mempersiapakan segala aset yang dimiliki, termasuk bagaimana menyiapkan aset pertahanan untuk digunakan.

"Kita punya aset, siapkah dia di-deploy? Itu menjadi sangat penting. Dan inilah yang menjadi PR yang menurut saya akan dibawa oleh Pak Yudo," ujar Connie.

Selain itu, dia mengingatkan bahwa perang atau ketegangan di negara tetangga juga harus menjadi perhatian Yudo Margono.

"Konstelasi di kawasan juga perlu menjadi perhatian misalnya adanya isu seolah Taiwan, atau Laut China Selatan, atau Indonesia bagian Timur akan menjadi hot spot," ungkapnya.

Oleh sebab itu, Connie berharap Yudo mampu membuat road map pertahanan Indonesia yang signifikan di masa kepemimpinannya sebagai Panglima TNI yang cenderung singkat.

"Walaupun ada yang bilang bahwa jangkanya pendek dalam memimpin sebagai panglima baru, tapi jangan lupa beliau mampu akan membuat sebuah roadmap pertahanan yang signifikan, sangat penting, yang mengandung tiga elemen tadi," kata Connie memungkasi.

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menilai, calon tunggal Panglima TNI Laksamana Yudo Margono adalah sosok yang mempunyai rekam jejak mumpuni untuk menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

"Beliau ini telah bermitra dengan Komisi I DPR cukup lama dengan posisi beliau sebagai KSAL jadi teman-teman Komisi I sudah cukup mengenal rekam jejak beliau," kata Meutya dalam video di akun Instagramnya, dikutip Selasa (29/11/2022).

Secara pribadi, Meutya menilai Yudo sejak menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I mampu meredam konflik dan mengamankan wilayah.

"Saya secara pribadi mengenal beliau sejak beliau Pangkogabwilhan ketika waktu itu terjadi insiden dengan Tiongkok di perairan Natuna. Sejak itu kami lihat kinerja beliau cukup baik meredam ketegangan di sana," kata dia.

Bahkan, politikus Golkar itu menilai catatan kerja calon Panglima TNI itu cemerlang. Hal itu membuat Komisi I DPR menyambut baik penunjukan Yudo Margono.

"Record-nya selama ini cukup cemerlang. Nanti detailnya, tidak pas kalau disampaikan sebelum fit and proper test sikap dan respons dari kami Komisi I terhadap penunjukan Bapak Yudo Margono. Tapi yang jelas saya cukup memahami dan ikut senang," kata Meutya Hafid memungkasi.

Sementara Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adityo Rizaldi menilai, penunjukan KSAL Laksamana Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima TNI ini untuk memenuhi prinsip keterwakilan matra secara bergantian.

Penunjukan KSAL sebagai Panglima pengganti Andika Perkasa, menurutnya sangat tepat. Dengan prinsip keterwakilan matra TNI secara bergantian tersebut, maka tidak memunculkan polemik adanya supremasi tertentu.

"Karena kualitas semua kepala staf ini sama, penunjukan Kasal sebagai panglima ini lebih untuk memenuhi prinsip keterwakilan matra secara bergantian menjadi panglima, karena dari periode pertama Jokowi belum ada matra laut jadi panglima," kata Bobby.

Terkait fit and proper test Panglima TNI, ia mengungkap yang akan ditanyakan kepada Yudo adalah konsep sinergi peningkatan profesionalitas TNI dengan keterbatasan anggaran dari Kementerian Pertahanan (Kemhan), serta bagaimana tantangan pengembangan postur dan organisasi TNI.

"Karena ini fit and proper test, bukan assesment test, karena kualifikasi Panglima adalah pernah menjadi kepala staf, sehingga memenuhi syarat," ujarnya.

Bobby juga berharap institusi TNI di bawah Laksamana Yudo mampu mendukung misi dan visi Presiden Jokowi agar Indonesia bisa menjadi poros maritim dunia dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi.

"Dan tetap menjadikan TNI sebagai institusi yang dipercaya dan dicintai masyarakat Indonesia," katanya menandaskan.


Menimbang 9 Nama Calon KSAL Pengganti Yudo Margono

Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) Anton Aliabbas menyebut ada sembilan nama yang berpotensi mengisi jabatan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) menggantikan Laksamana Yudo Margono. Yudo kini menjadi calon tunggal Panglima TNI yang akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

"Secara normatif, perwira tinggi berpangkat Laksamana Madya mempunyai peluang untuk dipromosikan menjadi Kasal. Setidaknya ada 9 nama perwira tinggi berpangkat Laksamana Madya," ujar Anton kepada Liputan6.com, Rabu (30/11/2022).

Anton menyebut, sembilan perwira TNI AL itu telah memiliki ragam penugasan termasuk memimpin satuan operasi atau tempur. Kesembilan nama tersebut yakni Sekjen Dewan Ketahanan Nasional Laksamana Madya TNI Harjo Susmoro. Harjo lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) 1987 dengan sisa usia pensiun normatif tiga bulan.

Kemudian Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksamana Madya TNI Aan Kurnia yang merupakan AAL 1987 dengan sisa usia pensiun normatif 8 bulan. Ketiga yakni Inspektur Jenderal (Irjen) TNI Letnan Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono (AAL 1987) dengan sisa usia pensiun normatif 8 bulan.

Keempat yakni Wakil Kasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono (AAL 1988) dengan sisa usia pensiun normatif 11 bulan. Kelima Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian (AAL 1988) dengan sisa usia pensiun normatif 11 bulan.

Keenam yakni Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat (AAL 1988) dengan sisa usia pensiun normatif 13 bulan. Ketujuh Pangkoarmada RI Laksamana Madya TNI Herru Kusmanto (AAL 1988) dengan sisa usia pensiun normatif 16 bulan.

Kedelapan Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI (Mar) Suhartono (AAL 1988) dengan sisa usia pensiun normatif 14 bulan. Dan terakhir Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Muhammad Ali (AAL 1989) dengan sisa usia pensiun normatif lebih dari 24 bulan.

Anton menyebut, dari sembilan nama tersebut, setidaknya ada lima nama yang pernah bertugas di ring-1 kepresidenan.

"Bambang Suswantono dan Suhartono sama-sama pernah tercatat sebagai Komandan Paspampres di era Presiden Joko Widodo. Lalu Herru Kusumastanto dan Muhammad Ali tercatat pernah bertugas sebagai ajudan Wakil Presiden Boediono. Sedangkan Amarulla Octavian pernah menjabat posisi ajudan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono," kata Anton.

Menurut Anton, sejak memerintah pada Oktober 2014, setidaknya Presiden Jokowi telah mengangkat tiga nama yang menduduki jabatan KSAL. Menurut Anton, semuanya merupakan lulusan AAL yang lebih muda dari pejabat pendahulu dengan sisa usia pensiun paling sedikit 24 bulan atau lebih.

Sementara, terkait riwayat jabatan sebelum menjabat Kasal, tidak ada pakem tertentu yang dilakukan oleh Jokowi.

"Mengingat penunjukkan Kasal jelas merupakan hak prerogatif Presiden, tentu Jokowi memiliki keleluasaan dalam memilih satu dari sembilan nama yang ada. Apakah akan memilih sosok yang pernah bekerja sama, mengikuti kecenderungan riwayat penugasan atau memilih sosok yang memiliki sisa usia pensiun yang panjang? Atau Jokowi akan memilih sosok yang saat ini sedang bekerja langsung di bawah struktur kendalinya?," kata Anton.

Menurut Anton, tak tertutup kemungkinan kandidat calon KSAL bertambah apabila Jokowi mempromosikan perwira tinggi berpangkat Laksamana Muda untuk menduduki jabatan bintang tiga. Apalagi, kecenderungan penunjukan Kasal di era reformasi bukanlah suatu pakem yang mengikat untuk ditaati ataupun diikuti.

"Meski demikian, tentu saja, pemilihan Kasal yang baru kelak hendaknya lebih didasari pada kebutuhan untuk menjaga roda organisasi TNI AL bergerak dinamis dan solid dalam menghadapi ancaman maritim Indonesia," kata dia.

Dia menyebut, sejak reformasi bergulir setidaknya ada 13 perwira tinggi yang tercatat pernah atau sedang menjabat posisi KSAL. Dari data tersebut, dapat dilihat beberapa kecenderungan. Terkait riwayat jabatan sebelum menjabat KSAL, mayoritas adalah Wakil Kasal (38,5%), Kasum TNI (15,4%), Irjen Kemhan (15,4%) dan lain-lain (30,7%).

Sementara terkait sosok pejabat pengganti Kasal, mayoritas merupakan lulusan AAL yang lebih muda dari pejabat pendahulu yakni 84,8 persen. Sedangkan pejabat pengganti yang merupakan lulusan AAL lebih senior dari pendahulu mencapai 7,6 persen. Dan pejabat pengganti merupakan teman seangkatan AAL mencapai 7,6 persen.

"Di sisi lain, sosok pengganti Kasal mayoritas memiliki sisa usia pensiun yang relatif panjang yakni lebih dari 24 bulan (77%). Sementara, pejabat yang memiliki sisa usia pensiun 19-24 bulan saat akan menjabat jabatan Kasal (15,4%). Dan sosok yang memiliki sisa usia pensiun 18 bulan saat akan menjabat pos Kasal mencapai 7,6%. Dan dari 13 nama Kasal yang ada, hanya satu orang yakni Laksamana Sumarjono yang pernah bertugas sebagai ajudan Presiden Suharto," kata Anton.