Terungkap Pintu Rahasia di Rumah Sambo

Kesaksian Bharada E Soal Pintu Rahasia di Rumah Pribadi Ferdy Sambo

Liputan6.com 2022-12-14 00:06:19
Bharada E menghadiri sidang lanjutan kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (21/11/2022). Dalam sidang ter

Terdakwa Richard Eliezer alias Bharada E membenarkan soal adanya Pintu Rahasia di rumah pribadi Ferdy Sambo yang berada di Jalan Saguling, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Kesaksian itu disampaikan Bharada E ketika dicecar Jaksa Penuntut Umum (JPU) soal pintu rahasia saat mendalami mengenai alasan Bharada E mengantar senjata api milik Brigadir J ke Ferdy Sambo melalui tangga belakang.

"Jadi saat itu saya lapar, saya sempat ambil. kotak makan di luar, jadi saya pas masuk itu udah blank, entah pikiran mau makan atau mau masukin senpi dulu tidak beraturan," kata Bharada E saat sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (13/12/2022).

Padahal, Bharada E dinilai bisa menggunakan tangga di depan atau lift sehingga lebih cepat sampai di lantai tiga. Hal itu terjadi usai dirinya diminta menembak Brigadir J.

"Apalagi pas sudah diberitahu nanti akan bunuh Yosua. Jadi saya di arah ajudan ngumpul. Saya pertama jalan dari situ, tapi saya pikir ini ada senjata, jadi saya letakan makanan saya di atas dispenser lalu saya naik lewat tangga dapur," sambungnya.

Setelah menyinggung soal itu, JPU kemudian mengkonfirmasi perihal adanya akses lebih cepat menuju lantai atas melalui tangga belakang yang tersimpan di dalam rumah pribadi tersebut.

"Apakah saksi tahu lewat belakang itu tembus kemana?" tanya JPU.

"Tahu bapak, karena ke lantai 4 itu turun, terus kalau kita standby kita cek ke atas, cek pintu, keliling jadi tahu di situ ada pintu," jawab Bharada E.


Bentuk Pintu Rahasia

Lalu, JPU pun mulai menggambarkan bentuk pintu rahasia tersebut. Dikatakan, pintu itu tak nampak seperti biasanya dan sangat tersamar dengan perabotan lainnya.

Bahkan, JPU yang semakin penasaran itu menanyakan bisa tidaknya pintu rahasia itu tembus ke ruangan Ferdy Sambo. Dimana itu, diamini Bharada E untuk akses menuju ruangannya.

"Seingat saya waktu rekonstruksi itu pintu kan kaya pintu apa ya, kamuflase gitu kan, tidak tahu kalau itu pintu dari dalam. Apakah kamu tahu kalau di atas ada pintu yang tembus ke ruangan terdakwa?" Tanya jaksa.

"Tahu bapak, karena kan kalau mau ke lantai 4 kan harus lewat tangganya," kata Bharada E.

Sekedar informasi bahwa keterangan Bharada E ini hadir sebagai saksi mahkota dalam perkara pembunuhan berencana Brigadir J atas terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi. Mereka didakwa sebagaimana terancam Pasal 340 subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 KUHP yang menjerat dengan hukuman maksimal mencapai hukuman mati.

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

Tak Terima Disebut Bohong

Tanggapi Hasil Polygraph, Ferdy Sambo Tak Terima Disebut Bohong

Liputan6.com 2022-12-14 15:03:22
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ferdy Sambo saat mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (13/12/2022). Sidang terse

Terdakwa Ferdy Sambo menyatakan tidak terima dengan hasil polygraph atau tes uji kebohongan yang menyatakan Mantan Kadiv Propam Polri tersebut berbohong dalam perkara pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Kritik Sambo itu dilayangkan kepada keterangan saksi ahli, polygraph Polri bidang komputer forensik, Aji Febriyanto yang menilai pertanyaan ketika tes itu hanya titipan dari penyidik.

"Kami menghendaki bahwa sangatlah disayangkan dalam pembuktian yang dilakukan oleh Puslabfor ini, hanya berdasarkan isu kemudian titipan penyidik," kata Sambo saat menanggapi keterangan saksi di Sidang PN Jakarta Selatan, Rabu (14/12/2022).

Menurut Sambo, seharusnya keterangan ahli yang melakukan polygraph bisa mempertimbangkan perkara pembunuhan berencana.

"Ahli harus mengetahui dampak yang ahli berikan terhadap hasil ini kepada keluarga saya. Tetapi ini fakta lah yang mulia, tidak ada hubungannya dalam perkara 340 (KUHP Pembunuhan Berencana) ahli tanyakan ke istri saya," ujarnya.

Sebab, Sambo memandang akibat keterangan dari polygraph, keluarganya ikut terdampak, sebagaimana istrinya Putri Candrawathi yang ikut terseret menjadi terdakwa dalam kasus ini.

"Ya nanti majelis akan menilainya," kata Hakim Ketua Wahyu Iman Santosa

"Terima kasih yang mulia. Karena ke depan sebaiknya fakta-fakta dan independensi dari ahli ini bukan dari penyidik," ujar Sambo.

Sebelumnya, ahli polygraph Polri bidang komputer forensik, Aji Febriyanto dihadirkan sebagai saksi ahli dalam pemeriksaan saksi ahli di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.


Hasil Polygraph

Dimana awalnya, Aji menjelaskan bahwa alat uji kebohongan yang dipakai penyidik memiliki akurasi 93 % dengan melalui tiga tahapan pemeriksaan, yakni pre test, test, dan post test. Memakai empat sensor, yaitu sensor pernapasan dada, pernapasan perut, elektro derma, dan sensor kardiovaskular.

"Saudara jelaskan bahwa menurut standar di Amerika, tingkat keakuratannya 93 persen, 7 persen sisanya?" tanya hakim.

"7 persen sisanya lebih ke-expert-an seorang pemeriksa," ungkap Aji.

"Semakin pandai seorang pemeriksa, nilai keakuratan tes ini akan semakin tinggi. Untuk nilai ambang bawahnya 93 persen," imbuh Aji.

Lebih lanjut, Aji menerangkan jika skor plus menunjukkan hasil jujur sedangkan minus menandakan jika hasilnya berbohong. Dalam catatanya, Sambo terindikasi bohong dengan skor minus delapan.

"Kalau terdakwa Sambo terindikasi apa?" tanya hakim

"Minus. Terindikasi berbohong," jawab Aji.

"Sebutin saja enggak apa, kamu ahli kok, kalau terdakwa Putri?" tanya hakim kembali.

"Terindikasi berbohong," ucap Aji.

Lebih lanjut dalam hasil kali ini, Aji sempat membeberkan hasil polygraph kelima terdakwa yakni Ferdy Sambo nilai totalnya -8 (Bohong), Putri Candrawathi -25 (Bohong), Kuat Maruf dua kali pemeriksaan, yang pertama hasilnya +9 (Jujur) dan kedua -13 (Bohong), Bripka RR dua kali juga pertama +11 (jujur), kedua +19 (jujur), Bharada E +13 (jujur).

Sekedar informasi jika kehadiran Aji adalah sebagai saksi ahli dalam perkara dugaan pembunuhan berencana Brigadir J, atas terdakwa Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Ricky Rizal alias Bripka RR, Kuat Maruf yang hadir langsung. Serta Richard Eliezer alias Bharada E yang hadir secara virtual.

Mereka didakwa turut secara bersama-sama didakwa sebagaimana terancam Pasal 340 subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 KUHP yang menjerat dengan hukuman maksimal mencapai hukuman mati.

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

Ferdy Sambo Bela Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf

Ferdy Sambo Bela Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf: Mereka Dizalimi

Liputan6.com 2022-12-14 10:38:59
Terdakwa kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, Ferdy Sambo usai menjadi saksi dalam menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan,

Terdakwa Ferdy Sambo membela Ricky Rizal alias Bripka RR dan Kuat Ma'ruf. Dia menyebut kedua mantan anak buahnya itu telah dizalimi.

Oleh karena itu, dia memohon kepada penyidik Polri supaya keduanya tak dijadikan tersangka dalam perkara pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

"Saat penyampaian proses penjelasan ke timsus dan penyidik saya sudah jelaskan mereka enggak tahu apa-apa, enggak ada perencanaan, mereka enggak tahu. Tapi kemudian dijadikan tersangka, dizalimi, ditahan dia," kata Ferdy Sambo saat sidang di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Selasa 13 Desember 2022.

Dia juga meminta maaf kepada dua mantan anak buahnya karena harus terseret kasus tersebut dan mengikuti skenario tembak menembak yang disusun Ferdy Sambo.

"Permohonan maaf karena saya tahu sudah minta anda untuk ikut skenario yang saya buat," ujar Ferdy Sambo.

Sebelumnya, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf hadir sebagai saksi mahkota untuk terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi dalam sidang perkara dugaan pembunuhan berencana Brigadir J.

Pada perkara ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah mendakwa total lima tersangka yakni, Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Richard Eliezer alias Bharada E, Ricky Rizal alias Bripka RR, dan Kuat Maruf.

Mereka didakwa turut secara bersama-sama terlibat dengan perkara pembunuhan berencana bersama-sama untuk merencanakan penembakan pada 8 Juli 2022 di rumah dinas Komplek Polri Duren Tiga No. 46, Jakarta Selatan.


Pasal Dakwaan

"Mereka yang melakukan, yang menyuruh melakukan, dan turut serta melakukan perbuatan, dengan sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain," ujar jaksa saat dalam surat dakwaan.

Atas perbuatannya, kelima terdakwa didakwa sebagaimana terancam Pasal 340 subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 KUHP yang menjerat dengan hukuman maksimal mencapai hukuman mati.

Sedangkan hanya terdakwa Ferdy Sambo yang turut didakwa secara kumulatif atas perkara dugaan obstruction of justice (OOJ) untuk menghilangkan jejak pembunuhan berencana.

Atas hal tersebut, mereka didakwa melanggar Pasal 49 juncto Pasal 33 dan/atau Pasal 48 ayat (1) juncto Pasal 32 ayat (1) UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 dan/atau Pasal 221 ayat (1) ke 2 dan 233 KUHP juncto Pasal 55 KUHP dan/atau Pasal 56 KUHP.

"Timbul niat untuk menutupi fakta kejadian sebenarnya dan berupaya untuk mengaburkan tindak pidana yang telah terjadi," sebut Jaksa

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka

Neymar Butuh Bantuan Psikolog?

Ronaldo Sebut Neymar Butuh Bantuan Psikolog Usai Kegagalan di Piala Dunia 2022

Liputan6.com 2022-12-14 12:30:39
Pemain Brasil, Neymar (kanan) dihibur oleh rekannnya, Raphinha setelah tim mereka kalah dari Kroasia saat laga perempat final Piala Dunia Qatar 2022 yang berlangsung di Education City Stadium

Kegagalan Brasil di Piala Dunia 2022 membuat Neymar sangat terpukul. Meski masih berusia muda, Neymar mempertimbangkan untuk pensiun dari timnas Brasil.

Kondisi ini membuat prihatin legenda Brasil, Ronaldo Luis Nazario. Dia meyakini Neymar dan pemain Brasil lainnya butuh bantuan psikologis untuk lepas dari tekanan di Piala Dunia.

Neymar mengakui, usai kegagalan lawan Kroasia, dia merasa hancur secara psikologis. Ronaldo pun meyakini hal itu memang dibutuhkan Neymar.

"Saya akan sarankan dia mendapatkan bantuan psikolog untuk mengatasi tekanan ini, sesuatu yang tak pantas untuk seorang manusia," kata Ronaldo seperti dikutip espn.

"Neymar akan kembali dengan gairah yang sama, keinginan yang sama. Tapi saya minta agar federasi memantau kondisi mental para pemain. Ini penting, apalagi kalau berkaitan dengan Piala Dunia."


Cedera

Neymar memulai Piala Dunia 2022 dengan kondisi buruk. Dia harus absen di dua laga setelah cedera di laga melawan Serbia.

Neymar baru tampil di 16 besar saat menghadapi Korea Selatan. Dia menyumbang satu gol lewat titik penalti dan kepercayaan diri begitu besar saat itu.

Neymar berhasil samai rekor 77 gol yang dimiliki Pele saat mencetak gol lawan Kroasia. Namun mimpinya buyar karena Bruno Petkovic samakan skor.


Patah Hati

Ronaldo mengaku patah hati melihat wawancara Neymar usai kekalahan di Piala Dunia. Dia merasakan betul tekanan seorang pemain Brasil.

"Saat saya menonton wawancara Neymar yang bilang hancur secara psikologis, ini membuat saya patah hati karena saya juga pernah hancur secara psikologis," katanya.

"Saya ingin menemukan cara bantu dia. Itu bisa bantu dia bangkit. Di era saya, hal ini jarang dibicarakan."


Jangan Tertekan

Ronaldo juga berharap Neymar tak terlalu keras dengan dirinya sendiri. Meski dia juga kaget banyaknya warga Brasil yang juga tak suka dengan Neymar.

"Tak ada risikonya untuk melupakan apa yang terjadi di karier Anda. Apa yang sudah terjadi ya terjadi. neymar sudah berkorban," katanya.

Pemain Tertua, Cetak Rekor Baru

Rekor, Messi Jadi Pemain Tertua yang Cetak 5 Gol di Satu Edisi Piala Dunia

Liputan6.com 2022-12-14 11:40:25
Timnas Argentina unggul lebih dahulu lewat penalti Lionel Messi di awal babak pertama. Lionel Messi kembali mencetak gol keduanya di laga ini. Namun sayang wasit tidak mengesahkan gol itu kar

Lionel Messi dan kolega di timnas Argentina tampil cemerlang di babak semifinal Piala Dunia 2022 dengan menghabisi Kroasia 3-0 di Stadion Lusail, Qatar.

Julian Alvarez dan Lionel Messi menjadi bintang lapangan. Saat itu juga, Lionel Messi mencatat rekor pemain tertua yang pernah mencetak 5 gol dalam satu Piala Dunia. Catatan cetakan gol tersebut diunggah oleh akun resmi Twitter ESPN FC.

Lionel Messi is the oldest man to ever score 5 goals at a single World Cup Always breaking records pic.twitter.com/s0owXmq7Pb

"Lionel Messi adalah pria tertua yang pernah mencetak 5 gol di satu Piala Dunia Selalu memecahkan rekor," tulis akun @ESPNFC

Dikutip dari sportsbrief, Rabu (14/12/2022), Messi telah mengantongi lima gol sejauh ini di turnamen, dengan serangan terbarunya datang saat melawan Kroasia di semifinal Piala Dunia 2022.

Peraih 7 gelar Ballon D'Or ini membuka rekening golnya di Qatar saat melawan Arab Saudi di laga pembuka Grup C mereka. Ia kemudian menambahkan satu gol lagi saat Argentina melawan Meksiko.

Walaupun ia sempat gagal dalam mencetak angka saat mengeksekusi tendangan penalti, ia kembali mencatatkan namanya di papan skor ketika babak 16 besar melawan Australia.

Penyerang bintang ini kemudian menambah jumlah golnya ketika ia menghadapi Belanda di perempat final, dan sekarang namanya membuat sejarah dengan membabat habis Kroasia 3-0 yang melanjutkan Tim Tango melaju ke babak Final.


Lionel Messi vs Luka Modric

Masih dilansir halaman yang sama, Sports Brief, Messi dan Luka Modric akan kembali menjadi sorotan dalam upaya memenangkan satu-satunya trofi yang masih hilang dari karier termasyhur mereka, lapor FIFA.

Baik Messi dan Modric akan menjadi kapten tim nasional masing-masing, saat Argentina menghadapi Kroasia di semifinal pertama Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail.

Kedua pemain hebat sepak bola ini berhadapan di babak semifinal. Bagi keduanya, Piala Dunia 2022 merupakan Piala Dunia terakhirnya. Dalam salah satu unggahan akun media sosial ESPN FC, Luka Modric dan Lionel Messi dipertemukan di panggung terbesar perhelatan sepak bola.

In the same game in 2006, Luka Modri made his full international debut, and Lionel Messi scored his first international goal.16 years later, they're still battling it out on the biggest stage pic.twitter.com/iIyTmjkvP4

"Dalam pertandingan yang sama pada tahun 2006, Luka Modri membuat debut internasional penuhnya, dan Lionel Messi mencetak gol internasional pertamanya.16 tahun kemudian, mereka masih bertarung di panggung terbesar ," tulis akun resmi @ESPNFC di laman Twitternya.


Messi Man Of The Match

Usai pertandingan melawan Kroasia pada tanggal (14/12), Lionel Messi tercatat sebagai Man of the Match. Tidak diragukan lagi, mengingat pemain dengan 7 Ballon d'Or tersebut selain memberikan 1 gol, juga berkontribusi dengan dua assist gemilangnya.

Dilansir Sportstar, penghargaan ini juga membuat Lionel Messi menjadi pemain terbanyak yang memenangkan Man of the Match di Piala Dunia 2022 Qatar dan sejarah Piala Dunia.

Di Piala Dunia 2022 Qatar, Lionel Messi sejauh ini telah memenangkan empat penghargaan Man of the Match dari enam laga yang dimainkannya. Selain saat bertanding melawan Kroasia, Lionel Messi mendapatan penghargaan Man of the Match saat melawan Meksiko, Australia, dan Belanda.

Empat penghargaan Man of the Match ini juga membuat Lionel Messi menjadi pemain dengan penghargaan Man of the Match terbanyak di sejarah Piala Dunia dengan jumlah keseluruhan 10 buah.

Sebelumnya di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, Lionel Messi mendapatkan penghargaan Man of the Match saat berhadapan dengan Yunani. Kemudian berlanjut di Piala Dunia 2014 Brasil saat melawan Bosnia, Iran, Nigeria, dan Swiss. Serta di Piala Dunia 2018 saat melawan Nigeria.


Rekor Lain

Selain rekor Man of the Match, Lionel Messi juga menjadi pemain tersubur sepanjang masa Argentina di Piala Dunia. Total Lionel Messi telah membuat 11 gol di Piala Dunia, melebihi Gabriel Omar Batistuta dengan koleksi 10 gol.

Lalu, Lionel Messi juga menyamai rekor legenda Jerman Lothar Matthaus sebagai pemain yang paling sering main di Piala Dunia dengan total 25 penampilan dan akan melampauinya saat Argentina bermain di final Piala Dunia 2022.

Rekor fantastis lain yang ditorehkan Messi di laga lawan Kroasia adalah menjadi pemain pertama sepanjang sejarah yang bisa mencetak gol dan assist dalam satu pertandingan Piala Dunia sebanyak empat kali.

Sebelum melawan Kroasia, Lionel Messi telah melakukannya saat melawan Belanda dan Meksiko di Piala Dunia 2022 Qatar dan saat melawan Serbia di Piala Dunia 2006 Jerman.

Lionel Messi juga turut mensejajarkan diri dengan legenda sepak bola seperti Salvatore Schillaci, Roberto Baggio, Hristo Stoichkov, Davor Suker dan Wesley Sneijder karena bisa membuat gol di babak 16 besar, perempat final dan semifinal pada satu edisi Piala Dunia sekaligus.

Terungkap Hakimi Juga Kerja di Restoran

Selain Main di Piala Dunia 2022, Terungkap Hakimi Kerja di Restoran Cepat Saji

Liputan6.com 2022-12-13 12:05:48
Pegawai McDonald's disebut mirip pesepak bola Maroko Achraf Hakimi. (Dok: Twitter @MarocPsg dan Instagram @achrafhakimi)

Kesuksesan Timnas Maroko di Piala Dunia 2022 menaikkan nama-nama para pemainnya. Achraf Hakimi salah satunya, bek kanan Maroko ini menjadi sorotan usai aksinya di lapangan serta momen hangatnya bersama sang ibu.

Popularitas Hakimi yang melonjak lantas menjadi bahan perbincangan di media sosial. Menariknya, ada unggahan yang memamerkan sosok Achraf Hakimi memiliki "pekerjaan baru."

Pemilik akun Twitter @MarocPsgmengunggah sebuah video yang memperlihatkan sosok pegawai perusahaan makanan cepat saji McDonald's (McD). Nampak wajah pegawai tersebut memang terlihat mirip dengan bek kanan Paris Saint-Germain (PSG) itu.

"Hakimi sangat rendah hati sehingga ia bekerja di McDonald's selama waktu luangnya," keterangan dalam unggahan @TrollFootbal, Senin (12/12/2022), seolah-olah Hakimi telah memiliki pekerjaan baru.

Terlihat pegawai McD itu malu-malu disorot oleh pengunjung yang menyebut wajahnya mirip sebagai pesepak bola Hakimi. Duplikat Hakimi itu tetap melayani pelanggan meski dirinya sesekali memalingkan wajah.

"Orang ini terlihat sangat bahagia, bagus untuknya,"tulis seorang warganet.

"He can cook burgers, chips and Ronaldo," kata akun lainnya.

"Ternyata job sampingannya juga lumayan lah ya,"ujar warganet lainnya.

Dalam unggahan itu pula sejumlah warganet memberikan potret orang-orang yang wajahnya terlihat mirip dengan para bintang Piala Dunia 2022. Bahkan, mereka berujar orang yang terlihat mirip itu lebih seperti sosok pesepak bola yang sebenarnya dibandingkan sosok asli itu sendiri.

"Dia lebih mirip Mbappe daripada Mbappe sendiri," tulis akun @Kerni_splmengomentari video yang menampilkan orang yang terlihat mirip dengan pesepak bola Kylian Mbappe.


Mbappe Lebih dari Satu

Pemain PSG lainnya yang juga bermain di Piala Dunia 2022, Kylian Mbappe juga nampak memiliki "kembaran." Warganet mengunggah beberapa orang yang mirip dengan penyerang Timnas Prancis itu.

"Duplikat Mbappe terlihat lebih baik daripada dirinya,"tulis seorang warganet.

pic.twitter.com/0k4kpLPMmo


Pertemanan Hakimi dengan Mbappe

Melansir Get French Football News,Selasa (13/12/2022), dalam sebuah wawancara dengan Le Parisien, bek kanan PSG, Achraf Hakimi, membahas persahabatannya begitu cepat dengan Kylian Mbappe, persahabatan yang berkembang pesat sejak bergabung dengan klub Prancis musim panas lalu.

"Sedikit dari segalanya. Kami adalah dua pemuda berusia 23 tahun yang memiliki selera yang sama. Kami berbicara tentang musik dan video game, kami pergi ke restoran atau kami hanya menghabiskan waktu bersama. Kami dekat satu sama lain," ujar Hakimi.


Membantu Belajar Bahasa Prancis

Pemain asal Maroko itu mengungkapkan bahwa kedekatan dirinya dengan Mbappe membantunya untuk belajar bahasa Prancis. Hakimi menuturkan dirinya tidak berbicara menggunakan bahasa Prancis sepenuhnya dengan Mbappe.

"Itu sangat membantu saya untuk meningkatkan bahasa Prancis saya. Saya menikmati belajar bahasa. Ini adalah salah satu yang paling membantu saya, bahkan jika itu agak sulit bagi saya," kata Hakimi.

400 Demonstran Dipenjara Hingga 10 Tahun

400 Demonstran di Iran Telah Dijatuhi Hukuman Penjara hingga 10 Tahun

Liputan6.com 2022-12-14 06:37:57
Wanita memegang foto Mahsa Amini dari Iran saat mereka meneriakkan slogan-slogan selama protes terhadap kematiannya, di luar konsulat jenderal Iran di Istanbul, Turki, 21 September 2022. (AP)

Pengadilan di ibukota Iran telah menjatuhkan hukuman penjara hingga 10 tahun kepada 400 orang yang ditangkap pada protes anti-pemerintah, kata seorang pejabat pengadilan.

Dilansir BBC, Rabu (14/12/2022), Jaksa Agung Teheran mengatakan 160 "perusuh" dijatuhi hukuman antara lima dan 10 tahun, 80 antara dua dan lima tahun, dan 160 sampai dua tahun atau kurang, kantor berita Mizan melaporkan. 70 lainnya didenda, Ali Alqasimehr menambahkan, tanpa memberikan rincian apapun.

Hukuman itu terjadi sehari setelah pihak berwenang menggantung orang kedua yang dihukum karena kerusuhan.

Pengadilan mengumumkan pada Senin pagi bahwa Majidreza Rahnavard (23) telah dieksekusi di depan umum di kota Mashhad di timur laut.

Pengadilan Revolusi memvonisnya kurang dari dua minggu lalu atas tuduhan "permusuhan terhadap Tuhan" setelah menemukan dia telah menikam hingga mati dua anggota Pasukan Perlawanan Basij paramiliter.

Amnesty International mengatakan dia menjadi sasaran persidangan palsu dan bahwa peradilan adalah "alat represi yang mengirim individu ke tiang gantungan untuk menyebarkan ketakutan dan membalas dendam pada pengunjuk rasa yang berani mempertahankan status quo".

Iran dilanda protes terhadap pendirian ulama negara itu selama hampir tiga bulan.Mereka meletus setelah kematian dalam tahanan Mahsa Amini, seorang wanita berusia 22 tahun yang ditahan oleh polisi moralitas di Teheran pada 13 September karena diduga mengenakan jilbabnya secara "tidak benar".

Pihak berwenang menggambarkan protes itu sebagai "kerusuhan" yang didukung asing dan ditanggapi dengan kekuatan mematikan.


Korban Tewas

Sejauh ini, setidaknya 490 pengunjuk rasa, termasuk 68 anak-anak dan 62 personel keamanan tewas selama kerusuhan, menurut Kantor Berita Aktivis Hak Asasi Manusia (HRANA).

Ia juga melaporkan penangkapan lebih dari 18.200 orang sehubungan dengan protes, 3.780 di antaranya telah diidentifikasi.

Pihak berwenang belum mengungkapkan berapa banyak yang telah ditangkap secara nasional. Namun, pejabat kehakiman mengumumkan pada awal November bahwa 1.024 orang telah didakwa sehubungan dengan protes di Teheran.

Mereka mengatakan para tersangka dituduh melakukan "tindakan sabotase", termasuk "menyerang atau membunuh penjaga keamanan" dan "membakar properti publik".


Eksekusi Mati

Kamis lalu, pihak berwenang di Teheran mengeksekusi seorang pria berusia 23 tahun yang dihukum karena "permusuhan terhadap Tuhan" menyusul apa yang dikatakan para aktivis sebagai pengadilan yang sangat tidak adil.

Mohsen Shekari dituduh menikam dan melukai seorang anggota Basij dan memblokir jalan di ibu kota pada bulan September.

Setelah Majidreza Rahnavard digantung pada Senin, Amnesti Internasional mengatakan telah mengidentifikasi setidaknya 20 orang lain yang berisiko dieksekusi.

Menurut kelompok tersebut, 11 orang telah dijatuhi hukuman mati, tiga orang telah menjalani persidangan atas tuntutan hukuman mati dan berisiko dijatuhi hukuman mati atau mungkin telah dijatuhi hukuman, dan enam orang mungkin sedang menunggu atau menjalani persidangan atas tuntutan hukuman mati.

Kategori terakhir termasuk pesepakbola profesional berusia 26 tahun Amir Reza Nasr Azadani, yang menurut pejabat pengadilan di provinsi Isfahan pada Minggu telah didakwa dengan "baghi", atau "pemberontakan bersenjata".

Nasr Azadani dituduh membunuh tiga personel keamanan di kota Isfahan selama protes pada 16 November.


Perjuangan Bela Hak Wanita

Pada Senin malam, serikat pemain sepak bola global FIFPRO mengatakan "terkejut dan muak" bahwa dia menghadapi kemungkinan hukuman mati "setelah mengkampanyekan hak-hak perempuan dan kebebasan dasar di negaranya".

Mantan pemain tim nasional Iran terkemuka Ali Karimi, yang telah mendukung protes, men-tweet: "Jangan eksekusi Amir."

Mantan anggota tim nasional lainnya, Voria Ghafouri, ditangkap bulan lalu namun kemudian dibebaskan dengan jaminan.

Partai Amien Rais Gagal Ikut Pemilu

Partai Ummat Tak Lolos Jadi Peserta Pemilu 2024

Liputan6.com 2022-12-14 17:26:10
Ketua Majelis Syuro Amien Rais dan Ketua Umum Ridho Rahmadi memimpin langsung proses pendaftaran Partai Ummat sebagai peserta pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). (Dok. Liputan6.com)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) melangsungkan rekapitulasi nasional hasil verifikasi partai politik calon peserta pemilu 2024, sekaligus menetapkan partai politik sebagai peserta Pemilu 2024. Dalam momen tersebut Partai Ummat menjadi satu-satunya partai politik non parlemen atau partai baru yang gagal maju menjadi peserta Pemilu 2024.

Dalam rapat, Pimpinan KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) membuka data bahwa Partai Ummat hanya memenuhi syarat 12 wilayah dari syarat minimal 17 wilayah.

"Kesimpulan tidak memenuhi syarat," tutur pimpinan KPU Provinsi NTT di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Rabu (14/12/2022).

Sama halnya dengan NTT, KPU Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) juga membeberkan bahwa dari syarat minimal 11 wilayah, Partai Ummat hanya memenuhi syarat di 1 wilayah.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Ummat, Nazaruddin menyatakan keberatan atas hasil tidak memenuhi syarat di dua provinsi tersebut.

"Mohon izin, tadi disampaikan bahwa terhadap pembacaan hasil rekapitulasi perhitungan perbaikan itu kami bisa menyampaikan keberatan, apakah keberatan itu bisa kami sampaikan saat ini, atau mekanismenya seperti apa?" tanya Nazaruddin kepada Ketua KPU Hasyim Asyari.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Hasyim pun meminta pihak Partai Ummat melayangkan surat keberatan secara tertulis kepada KPU.

"Terima kasih Mas Nazaruddin, itu ditentukan bahwa peserta rapat mengajukan keberatan kami sampaikan secara tertulis kepada KPU setelah pembacaan hasil rekapitukasi selesai," jawab Hasyim.


Penuhi Persyaratan Seusai Undang Undang

Untuk dapat menjadi peserta Pemilu, partai politik harus memenuhi berbagai persyaratan sesuai Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Beberapa di antaranya adalah kepengurusan 100 persen di seluruh provinsi, 75 persen provinsi di tingkat kota/kabupaten, dan 50 persen kota/kabupaten di tingkat kecamatan, serta keanggotaan minimum 1.000 orang atau 1/1.000 di tingkat kota/kabupaten.

Tak Akan Ambil Gaji dari TNI

Deddy Corbuzier Tegaskan Tak Akan Ambil Gaji-Tunjangan Jabatan Tituler

Liputan6.com 2022-12-14 17:16:17
Deddy Corbuzier (Sumber: Instagram/mastercorbuzier)

Artis Deddy Corbuzier buka suara soal polemik pemberian pangkat militer Letkol Tituler kepada dirinya. Deddy mengatakan, bahwa dia tak akan mengambil gaji dan tunjangan layaknya hak anggota TNI.

"Just info buat yang bertanya, saya tidak akan mengambil gaji atau tunjangan apa pun sebagai Tituler," kata Deddy dilihat dari akun Twitter resminya @Corbuzier pada Rabu (14/12/2022).

Deddy bakal mengembalikan gajinya sebagai Letkol Tituler kepada negara. Dia berkata, masih banyak yang lebih membutuhkan.

"Saya balikkan ke Negara, masih banyak lainnya yang lebih membutuhkan," ucap sang mentalist.

Artis Deddy Corbuzier mendapatkan pangkat Letnan Kolonel Tituler dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Pangkat militer tituler diberikan kepada orang-orang bukan militer Sukarela atau militer-wajib yang memangku jabatan militer dapat diberikan pangkat militer tituler.

Setelah memiliki pangkat, Deddy akan mendapatkan sejumlah hak seperti layaknya anggota TNI. Mulai dari gaji hingga tunjangan-tunjangan.

Aturan soal gaji Deddy tersebut diatur dalam aturan pasal 9 Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 1959 tentang Pangkat-pangkat Militer Khusus, Tituler, dan Kehormatan.

Ayat 1 berbunyi "Pemberian pangkat militer tituler kepada seseorang tidak membawa akibat pemberian penyesuaian gaji menurut peraturan gaji militer"

Sementara ayat 2 berbunyi "Kepada mereka yang memperoleh pangkat militer tituler berdasarkan peraturan ini dapat diberikan tunjangan honorarium menurut ketentuan-ketentuan peraturan Menteri, kecuali jika Peraturan Pemerintah menetapkan lain," bunyi pasal tersebut.

Pada peraturan tersebut dalam pasal 5 ayat (2) huruf b mengenai pangkat tituler menyatakan bahwa pangkat tituler adalah pangkat yang diberikan kepada Warga Negara yang sepadan dengan jabatan keprajuritan yang dipangkunya, serendah-rendahnya Letnan Dua. Setelah yang bersangkutan tidak lagi memangku jabatan keprajuritan, pangkat yang bersifat tituler tersebut pun dicabut.

Selain itu, Deddy juga diwajibkan memakai seragam selama mendapatkan pangkat tituler. Aturan pemakaian baju dinas militer diatur dalam pasal 14 ayat 1 dan 2.

"Seorang yang mempunyai pangkat militer tituler atas pemberian oleh atau berdasarkan Undang-undang hanya memakai pakaian seragam selama menjalankan tugas jabatannya yang menjadi dasar pemberian pangkat tituler tersebut," bunyi ayat 2.


Hukum Militer

Kemudian, warga negara yang mendapatkan pangkat tituler diberlakukan pula hukum militer dan berada dalam kewenangan peradilan militer sebagaimana yang berlaku juga bagi prajurit.

Momen pemberian pangkat ini diunggah oleh Deddy di akun Instagramnya @mastercorbuzier. Deddy bangga dengan pemberian pangkat tersebut.

"Kebanggaan yang luar biasa, Penerimaan Pangkat Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat oleh Menhan @prabowo Yang disahkan oleh Panglima TNI @jenderaltniandikaperkasa Dan KASAD @dudung_abdurachman," tulis Deddy dalam captionnya, Jumat (9/12).

Deddy mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar TNI dan Kementerian Pertahanan yang telah memberikan kepercayaan tertinggi itu untuk dirinya. Menurutnya, pemberian pangkat ini menandakan dirinya mengawali perjalanan baru mengemban tugas dan tanggung jawab pada NKRI.

"Ini juga artinya mengawali perjalanan baru bagi saya tuk mengemban tugas dan tanggung jawab pada NKRI secara bersih dan tidak memihak kecuali pada Pancasila," ujar dia.

"Mudah mudahan dengan hadirnya saya di keluarga besar TNI bisa lebih memberikan warna baru dan gagasan gagasan tuk Rakyat, Bangsa dan Negara.Juga sebagai Duta Komcad mampu membawa rakyat bersama membela bangsa.TNI BERSAMA RAKYAT NEGARA KUAT. Letnan Kolonel Tituler Deddy Corbuzier," tulis Deddy.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka.com

Perubahan Penting di Perppu Pemilu

HEADLINE: Jokowi Terbitkan Perppu Pemilu, Ada Perubahan Penting dan Krusial?

Liputan6.com 2022-12-15 00:01:36
Banner Infografis Jokowi Terbitkan Perppu Pemilu. (Liputan6.com/Trieyasni)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

Perppu yang ditandatangani Jokowi pada 12 Desember 2022 tersebut berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu 2024 di empat Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua yaitu Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Barat daya.

Pakar Hukum Tata Negara Universitas Andalas, Feri Amsari, memandang tidak ada kebutuhan yang genting perihal diterbitkannya Perppu Pemilu itu.

"Pertama saya tidak melihat ada kebutuhan yang urgent ya, sehingga diterbitkannya Perppu dalam konteks Pemilu," kata Feri kepada Liputan6.com, Rabu (14/12/2022).

Menurut Feri alasan DOB pun harusnya tidak menjadi persoalan penerbitan Perppu Pemilu. Pasalnya, kata dia, Indonesia juga pernah punya sejarah dimana DOB menunda pelaksanaan Pemilu.

"Misalnya kalau alasannya soal DOB menurut saya tidak ada persoalan. Kalau secara otonomi baru tidak melakukan Pemilu karena kita sudah pernah mencontohkan Kaltara, Kalimantan Utara dulu juga tidak melakukan Pemilu sebagai provinsi baru," terang dia.

Lebih lanjut, Feri menjelaskan bahwa ada tiga syarat dikeluarkannya sebuah Perppu. Pertama terkait kebutuhan yang perlu diselesaikan secara perundangan-undangan sehingga lahirlah Perppu.

Kedua, karena tidak adanya hukum atau ada hukum tapi tidak menyelesaikan masalah. Ketiga, karena memang dibutuhkan proses pembentukan undang-undang atau yang setara dengan itu secara cepat.

"Tiga itu tidak menggambarkan Perppu yang baru," ujar dia.

Kemudian, Feri menilai terdapat aturan tertentu di dalam Perppu Pemilu yang berpotensi menguntungkan partai politik (parpol) tertentu. Semisal, penambahan DOB yang ikut kontestasi Pemilu. Feri menyampaikan hal itu, juga mempengaruhi faktor kemenangan seorang calon presiden.

"Artinya begini, akan ada yang memperoleh keuntungan dari jumlah provinsi yang ditambah itu. Jadi mohon perlu dipertimbangkan baik- baik dalam melihat Perppu ini. Apakah ini betul-betul kemanfaatan umum atau kepentingan Pemilu yang sesaat saja," jelasnya.

Namun, Feri menuturkan apabila penyelenggaraan Pemilu di DOB tetap dipaksakan, maka mau tidak mau Perppu Pemilu memang harus diterbitkan.

"Jadi logikanya akan direlasikan ke sana. Problematika yang kita permasalahkan DOB itu tidak perlu dipaksakan harus ada representasi Pemilunya," kata dia.

Feri menyampaikan sebagai provinsi baru DOB seharusnya melakukan proses transisi terlebih dahulu sebelum menggelar Pemilu agar kesinambungan bisa berjalan dan proses demokrasi bisa dilaksanakan secara baik.

"Tetapi ya tentu ada banyak logika yang dipaksakaan terutama pembagian ini menjelang Pemilu. Kalau memang kajian DOB itu betul-betul harus ada RDOB kan sebenarnya tujuannya sudah harus betul-betul direncanakan dengan baik," ungkap dia.

Selanjutnya, Feri menilai adanya Perppu Pemilu akan menguntungkan parpol lama. Namun, dapat menyebabkan kesulitan hingga merugikan parpol lama.

"Tentu saja untuk partai yang lama akan lebih matang mempersiapkan ini. Sementara partai-partai baru mungkin akan kesulitan karena ada beban baru itu akan merugikan mereka di titik itu ya," katanya.

Beban baru bagi parpol lama yang dimaksud Feri diantaranya untuk mempersiapkan keanggotaan pengurus partai di DOB. Dia memprediksi kemungkinan parpol baru bakal melepaskan empat daerah DOB di Papua karena mempertimbangkan jumlah penduduk yang tidak signifikan.

"Sehingga akhirnya yang paling diuntungkan ya partai lama yang betul-betul siap untuk ekspansi ke daerah baru," ujarnya.


Kontroversi Nomor Urut Partai

Aturan lain yang menjadi kontroversi adalah mengenai nomor urut partai politik. Diketahui, nomor urut parpol semula dilakukan secara undian dalam sidang pleno KPU. Namun dalam Perppu, bagi parpol yang telah memenuhi ambang batas perolehan suara secara nasional untuk Pemilu anggota DPR tahun 2019 dan telah ditetapkan sebagai peserta Pemilu sebelumnya, maka dapat menggunakan nomor urut yang sama pada Pemilu 2019 dan tidak ikut undian nomor urut.

Meski demikian, Perppu tidak membatasi bila parpol ingin kembali mengikuti penetapan nomor urut peserta Pemilu yang dilakukan secara undian.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, menilai peraturan mengenai nomor urut menguntungkan parpol lama.

"Sebetulnya apa sih relevansi urgensinya perubahan? Sebetulnya partai lama nyaman dengan nomor urutnya. Sudah merasa happy, tidak mau diotak-atik lagi nomor urut partainya, berarti secara tidak langsung, ada keuntungan. Dengan demikian enggak mungkin mereka mempertahankan nomor lama, kalau enggak ada keuntungan yang mereka dapatkan," kata Pangi kepada Liputan6.com, Rabu (14/12/2022).

Pada saat bersamaan, kata Pangi, partai baru dipaksa kerja keras.

"Kalau diamini atau disetujui misalnya, nomor urut lama, tentu partai baru merasa didiskriminasi tidak fair karena pemilu kita dari dulu selalu nomor urut diundi. Kembali pertanyaannya adalah kenapa pemilu era kali ini agak beda. Kan enggak fair, mestinya kan sama saja setiap pemilu. Bagaimana mungkin nomor urut dan 5 tahun dipakai lagi dan masih sama."

Daftar Lengkap Nomor Urut Partai Politik Peserta Pemilu 2024:

1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

2. Partai Gerindra

3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)

4. Partai Golkar

5. Partai Nasdem

6. Partai Buruh

7. Partai Gelora

8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

9. Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)

10. Partai Hanura

11. Partai Garuda

12. Partai Amanat Nasional (PAN)

13. Partai Bulan Bintang

14. Partai Demokrat

15. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

16. Perindo

17. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)


Perppu Jadi Landasan Hukum Pelaksanaan Pemilu di IKN dan DOB

Berdasarkan salinan Perppu Pemilu yang diterima, peraturan tersebut juga berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu 2024 di empat Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua.

Dalam Pasal 10A ayat 1 diatur pembentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi di Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Barat daya.

Kemudian pada ayat 2 nya berbunyi: ketentuan mengenai pembentukan KPU Provinsi di Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Barat Daya sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan Peraturan KPU.

Kemudian, pada Pasal 92A ayat (1), Bawaslu membentuk Bawaslu Provinsi di Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Barat Daya.

Pada ayat 2 nya, berbunyi: ketentuan mengenai pembentukan Bawaslu Provinsi di Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Barat Daya sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan Peraturan Bawaslu.

"Perppu tersebut dibutuhkan bagi penyelenggara Pemilu sebagai landasan hukum pelaksanaan Pemilu di ibu kota negara (IKN) dan di empat daerah otonomi baru (DOB)," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bahtiar.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, menilai Perppu memang diperlukan untuk mengakomodasi Dapil di DOB Papua.

"Kehadiran Perppu ini menjadi penting utamanya terkait penambahan jumlah Dapil dengan adangan penambahan jumlah provinsi sebagai daerah otonom baru dan jumlah kursi DPR-RI yang juga bertambah sebanyak 5 kursi menjadi 580 kursi," kata Kamhar kepada Liputan6.com, Rabu (14/12/2022).


Jumlah Kursi Anggota DPR Bertambah Menjadi 580

Dalam Perppu yang ditandatangani Jokowi pada 12 Desember 2022, ada juga perubahan mengenai jumlah kursi anggota DPR. Dalam Pasal 186 disebutkan jumlah kursi anggota DPR ditetapkan sebanyak 580.

Jumlahnya bertambah lima dari jumlah kursi anggota DPR pada Pemilu 2019 yaitu 575.

"Jumlah kursi anggota DPR ditetapkan sebanyak 580 (lima ratus delapan puluh)," demikian isi Pasal 186 Perppu nomor 1 tahun 2022 tentang Pemilu seperti dilihat detikcom.

Selain jumlah anggota DPR, anggota DPD RI juga akan bertambah. Hal itu terjadi seiring bertambahnya jumlah provinsi di Indonesia dari 34 menjadi 38.

Tak ada perubahan jumlah anggota DPD dari tiap provinsi dalam Perppu Pemilu tersebut. Artinya, setiap provinsi akan diwakili oleh empat orang anggota DPD.

Artinya, akan ada 152 orang anggota DPD dari hasil Pemilu 2024.


Jadwal Kampanye Tidak Berubah

Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) memastikan, tidak ada yang berubah dengan masa kampanye untuk daftar calon tetap (DCT) bagi calon anggota legislatif di DPR, DPD, DPRD dan calon wakil presiden dan calon wakil presiden.

"Pelaksanaan Kampanye tetap selama 75 hari sesuai dengan kesepakatan awal dan dilaksanakan secara serentak antara Pileg dan Pilpres," tulis Kemenko Polhukam.

Kemenko Polhukam menjelaskan, untuk mengantisipasi terjadinya permasalahan dalam proses pencetakan dan distribusi logistik, maka dalam Perppu diusulkan agar pelaksanaan kampanye dilakukan 25 hari setelah penetapan DCT untuk kampanye Pemilu Legislatif dan 15 hari setelah penetapan DCT Pasangan Calon untuk Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

Selain soal kampanye, Kemenko Polhukam juga menjelaskan soal pelaksanaan Pemilu tentang Ibu Kota Negara (IKN).

Menurut Kemenko Polhukam, pelaksanaan Pemilu di IKN tetap berpedoman pada ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

"Untuk antisipasi Pelaksanaan Pemilu wilayah IKN, pelaksanaan pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan umum untuk memilih anggota DPR, dan pemilihan umum untuk memilih anggota DPD, pemilihan umum untuk memilih anggota DPRD pada Tahun 2024 di wilayah Provinsi Kalimantan Timur yang masuk dalam wilayah Ibu Kota Negara sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara, tetap berpedoman pada ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum."