Perang Bintang, Messi Vs Mbappe

Ada Messi hingga Mbappe, Bintang PSG Hiasi Final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis

Liputan6.com 2022-12-15 17:20:19
Kylian Mbappe dan Lionel Messi membawa PSG menang 3-2 atas RB Leipzig pada laga ketiga Grup A Liga Champions di Parc des Princes, Rabu (20/10/2021) dini hari WIB. (AFP/Franck Fife)

Argentina dan Prancis bakal saling sikut demi memperebutkan trofi Piala Dunia 2022. Pertarungan final antara kedua kesebelasan dijadwalkan berlangsung di Stadion Lusail pada Minggu (18/12/2022) mulai pukul 22.00 WIB.

Sejumlah pemain papan atas siap menghiasi duel bergengsi antara Tim Tango melawan Les Bleus. Namun, sorotan utama diprediksi akan jatuh pada pemain bintang Paris Saint-Germain (PSG) Lionel Messi dan Kylian Mbappe.

Seperti diketahui, kedua penggawa merupakan rekan setim di level klub. Messi dan Mbappe kerap diturunkan sebagai duet favorit untuk mengawal lini depan Les Parisiens dalam kompetisi sepak bola domestik dan Eropa.

FinalPiala Dunia 2022 tak ayal bakal menjadi momen menarik buat publik sepak bola dunia. Selain mempertemukan negara jagoan, Messi dan Mbappe yang terbiasa merumput sebagai partner juga akan dipaksa beradu taji di laga tersebut.

Adapun Messi pertama kali tiba di PSG pada 2021 usai berpisah dengan klub lamanya Barcelona. Sementara itu, Mbappe, sudah lebih dulu tampil sebagai andalan Les Parisiens sejak didatangkan dengan status pinjaman pada 2017.

Messi dan Mbappe kini merupakan bagian dalam trio MNM (Messi, Neymar, Mbappe) yang ditakuti oleh musuh-musuh PSG. Alhasil, bukan hal yang mengejutkan jika La Pulga dan Mbappe nantinya bisa membaca pola permainan masing-masing di final Piala Dunia 2022.

Tak hanya Messi dan Mbappe, nuansa Les Parisiens juga terasa berkat kehadiran Leandro Paredes di partai puncak. Meski sedang membela Juventus, pemain Argentina masih terafiliasi dengan Parc des Princes lantaran dirinya merupakan pinjaman dari PSG.

Ia diketahui bergabung dengan raksasa Ligue 1 pada 2019. Sepanjang kariernya di ibu kota Prancis, Paredes tercatat telah tampil dalam 117 pertandingan sekaligus membukukan 3 gol dan 10 assist di semua kompetisi.

Pesepak bola berusia 28 tahun baru dipinjamkan ke Si Nyonya Tua pada musim panas 2022. Kesepakatannya berlangsung hingga akhir musim dengan opsi pembelian permanen.


Penyumbang Pemain Bintang

Paris Saint-Germain memang menjadi klub yang banyak menyumbang pemain bintang di perhelatan Piala Dunia 2022. Di samping Messi dan Mbappe, serta Paredes yang dipinjamkan ke Juventus, PSG juga diwakili oleh nama-nama besar lain.

Salah satunya ialah Neymar. Pesepak bola berusia 30 tahun itu merupakan penggawa andalan Brasil. Meski sempat dilanda cedera, rekan La Pulga menjadi salah satu penyumbang gol yang mengantar Tim Samba menang 4--1 atas Korea Selatan di babak 16 besar.

Malang, kiprahnya bersama Selecao tak bertahan lama. Neymar dan kawan-kawan harus angkat koper lebih dulu usai disingkirkan oleh Kroasia lewat skema adu penalti dalam duel babak perempat final yang dihelat pada Jumat (9/12/2022) lalu.

Di samping Neymar, nama Achraf Hakimi juga cukup mencuri perhatian di Piala Dunia 2022. Sosok yang mampu membawa Maroko tampil sebagai kuda hitam itu merupakan deretan bintang PSG dalam kompetisi sepak bola terakbar empat tahunan.

Bersama dua pemain tersebut, ada pula Marquinhos (Brasil), Vitinha (Portugal), hingga Keylor Navas (Kosta Rika) yang turut memasyhurkan nama PSG di ajang FIFA World Cup 2022.


Messi vs Mbappe

Dari deretan nama pemain PSG yang mentas di Piala Dunia 2022, Messi dan Mbappe menjadi dua pemain kuat yang mampu mengantar timnya merebut tiket menuju partai puncak.

Bicara soal persaingan, kedua pemain sebenarnya memiliki performa yang sama-sama apik sejak awal kompetisi. Messi dan Mbappe bahkan saat ini terlibat dalam pertarungan sengit demi memperebutkan sepatu emas Piala Dunia.

Melansir situs resmi FIFA, La Pulga berimpitan dengan Mbappe dalam daftar top skor sementara FIFA World Cup 2022. Keduanya kompak mengemas lima gol dalam sejumlah pertandingan yang dilakoni dari babak penyisihan.

Bedanya, tiga angka yang disumbangkan La Pulga untuk negaranya bersumber dari titik putih. Sementara itu, bagi penggawa Les Bleus, tidak satu pun gol dalam catatannya didapat dari tendangan penalti.

Terkait assist, Messi sedikit lebih unggul ketimbang calon lawannya di final. La Pulga tercatat telah memberi kontribusi 3 assist, sementara Mbappe baru mengoleksi 2, termasuk umpan matang yang disodorkan kepada Kolo Muani dalam laga semifinal melawan Maroko.


Ajang Pembuktian

Lepas dari embel-embel 'rekan setim', duel kali ini bosa menjadi ajang pembuktian dominasi bagi Messi dan Mbappe. La Pulga berpeluang mengukuhkan predikatnya sebagai salah satu pesepak bola terbaik dengan prestasi mentereng jika sanggup mencuri trofi Piala Dunia 2022.

Sementara itu, Mbappe juga punya kesempatan untuk mengakhiri masa-masa kedigdayaan penggawa Argentina sekaligus menjadi raja baru di kancah sepak bola dunia apabila ia berhasil mempertahankan gelar juara dalam dekapan Les Bleus.

Sejumlah pengamat mulai mengungkap prediksinya jelang pertemuan duo bintang PSG di final Piala Dunia 2022. Rio Ferdinand menilai La Pulga bakal menjadi sosok yang sedikit lebih diunggulkan dalam partai puncak ajang sepak bola bergengsi tersebut.

"Saya pikir keberuntungan akan berpihak pada Lionel Messi. Kita menyaksikan dia mencapai pertandingan ke-1.000 (dalam karier seniornya) di turnamen ini," tutur Ferdinand kepada BBC One, seperti dilansir dari Metro.

"Ketika ditanya siapa yang terbaik, Maradona atau Messi, orang-orang mengatakan Messi belum pernah meraih trofi Piala Dunia. Ini (FIFA World Cup 2022) bisa jadi momennya," sambung mantan pesepak bola berusia 44 tahun itu.

"Seperti dongeng, kita tadinya berharap Maroko menang (dalam semifinal kontra Prancis), tapi sekarang kita justru mendapat final dengan dua megabintang dalam diri Lionel Messi dan Kylian Mbappe. Ini bisa jadi seperti tongkat estafet, siapa yang tahu," pungkas dia.

Dongeng Maroko Berakhir di Piala Dunia

Hentikan Dongeng Maroko, Prancis ke Final Piala Dunia 2022

Liputan6.com 2022-12-15 03:48:07
Pemain Prancis, Theo Hernandez (kanan) melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Maroko saat laga semifinal Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Al Bayt Stadium, Qatar, Rabu (14/1

Juara bertahan Prancis melaju ke final Piala Dunia 2022. Les Bleus menghentikan dongeng tim kuda hitam Maroko setelah menang 2-0 pada babak semifinal di Stadion Al Bayt, Kamis (15/12/2022) dini hari WIB.

Prancis akan bertemu Argentina di final Piala Dunia 2022 pada 18 Desember 2022. Maroko sendiri akan bersua Kroasia di perebutan tempat ketiga.

Di laga ini Prancis tak bisa menurunkan dua pemain intinya yakni Adrien Rabiot dan Dayot Upamecano karena tidak bugar. Posisi keduanya digantikan oleh Ibrahima Konate dan Youssouf Fofana.

Prancis memulai laga dengan sangat baik. Pertandingan baru berjalan lima menit mereka sudah bisa membuka keunggulan melalui gol indah bek kiri Theo Hernandez.

Kemelut di kotak penalti dimana sepakan Kylian Mbappe diblok pemain belakang Maroko langsung disambar oleh Hernandez dengan tendangan akrobatik. Bola meluncur deras meski Yassine Bono sudah berusaha menutup ruang tembak.

Theo Hernandez pun menjadi pemain lawan pertama yang bisa menjebol gawang Maroko di Piala Dunia 2022. Sebelumnya di lima laga awal, Maroko tidak pernah bisa dijebol pemain lawan. Satu-satunya gol yang bersarang ke gawang Bono tercipta dari gol bunuh diri.

Maroko merespons dengan baik. Selang lima menit kemudian papan skor hampir berimbang 1-1 bila saja tembakan jarak jauh yang dilepaskan gelandang Azzedine Ounahi tidak ditepis kiper Hugo Lloris.

Prancis nyaris menggandakan skor di menit 17. Olivier Giroud lolos dari jebakan off-side. Beruntung bagi Maroko, tembakan pemain AC Milan itu masih membentur tiang gawang.

Malapetaka menimpa Maroko di menit 20. Pemain belakang yang juga kapten tim Romain Saiss tak bisa melanjutkan pertandingan karena cedera. Saiss digantikan Selim Amallah.

Prancis berpeluang menambah gol di menit 36. Mbappe melakukan penetrasi ke kotak penalti Maroko. Sepakannya sudah melewati Bono, tapi bisa dihalau pemain Maroko. Bola rebound yang disambar Giroud sayangnya melebar.

Maroko hampir saja menyamakan kedudukan semenit jelang turun minum. Pemain belakang Jawad El Yamiq melepaskan tendangan salto. Namun bola menerpa tiang gawang Prancis. Skor 1-0 bertahan sampai turun minum.


Babak Kedua

Di babak kedua, Maroko mencoba meningkatkan tempo permainan. Mereka terus menekan Prancis lewat Ziyech dan Hakimi. Namun pertahanan Prancis begitu disiplin.

Kesempatan terbaik Maroko menyamakan skor hadir di menit 53. Bek kiri Yahia Attiyat Allah lolos dari Jules Kounde dan melepaskan umpan tarik. Tapi bola bisa disapu Ibrahima Konate.

Pemain pengganti Maroko Abderrazak Hamadallah membuang kesempatan menyamakan skor di menit 76. Setelah mencuri bola dari Tchouameni, Hamadallah terlalu lama menggoreng si kulit bundar dan terlambat melepas tembakan sehingga bisa dimentahkan pertahanan Prancis.

Kesalahan Hamadallah harus di bayar mahal. Tiga menit kemudian Prancis yang menggandakan skor. Mbappe meliuk-liuk melewat empat pemain Maroko. Tembakannya dilepaskan dan mengenai pemain Maroko sehingga bergulir lemah ke tiang jauh. Beruntung bagi Prancis, disana ada pemain pengganti Randal Kolo Muani yang langsung menyambarnya guna membawa Prancis unggul 2-0.

Maroko hampir memperkecil ketertinggalan di menit tiga injury time. Pemain pengganti Abdessamad Ezzalzouli melakukan penetrasi yang menimbulkan kemelut di kotak penalti Prancis. Hamdallah menyambarnya di mulut gawang. Secara luar biasa bola dihentikan Jules Kounde sebelum melintasi garis gawang. Skor 2-0 bertahan sampai laga berakhir.


Susunan Pemain

Prancis: Lloris; Theo Hernandez, Varane, Konate, Kounde; Fofana, Tchouameni; Griezmann, Dembele (Kolo Muani 79'), Mbappe; Giroud (Thuram 65')

Maroko: Bounou; Saiss (Amallah 21', Ezzalzouli 78')), Mazraoui (Attiat-Allah 46'), Aguerd, El-Yamiq, Hakimi; Ounahi, Ziyech, Amrabat, Boufal (Aboukhlal 67'); En-Nesyri (Hamdallah 66')

Gaji dari Piala Dunia untuk Orang Miskin

Hakim Ziyech Sumbang Seluruh Gaji dari Piala Dunia 2022 untuk Orang Miskin di Maroko

Liputan6.com 2022-12-15 11:10:00
Gelandang Maroko, Hakim Ziyech menatap bola saat ia mengambil bagian dalam sesi latihan di Stadion Al Duhail SC di Doha pada 13 Desember 2022. Maroko akan bertanding melawan Prancis dalam per

Maroko mencetak rekor sebagai negara Afrika pertama yang menembus Semifinal Piala Dunia 2022. Meski gagal menang lawan Prancis dalam perebutan menuju babak final, Maroko menjadi pemenang di hati banyak orang.

Berbagai hal positif tentang para pemain timnas Maroko banyak diberitakan oleh media. Mulai dari hubungan hangat para pemain dengan ibu masing-masing, penjaga gawang Maroko Yassine Bounou yang berhasil selamatkan gawang dari adu penalti lawan Spanyol, sampai ke persahabatan yang dijalin Achraf Hakimi dengan Kylian Mbappe.

Terbaru, sifat welas asih gelandang serang Maroko, Hakim Ziyech pun menarik perhatian khalayak. Menurut kabar yang beredar, pemain Maroko bernomor punggung 7 ini tidak menerima sepeser pun gajinya di Piala Dunia 2022. Lantas, ke manakah uang tersebut?

Menurut pemberitaan sebuah media via akun Twitter, Hakim Ziyech mendonasikan gajinya dari berlaga di Piala Dunia 2022 untuk mendukung keluarga yang miskin di Maroko.

You know the real winner of this year's World Cup?Morocco's Hakim Ziyech.He's been donating all his #WorldCup2022 money to charities that support poor families in Morocco. pic.twitter.com/kIxitHAfWn

"Anda tahu pemenang sesungguhnya dari Piala Dunia tahun ini? Hakim Ziyech dari Maroko. Dia telah menyumbangkan semua uang #PialaDunia2022-nya untuk berdonasi mendukung keluarga miskin di Maroko," Tulis akun resmi @Goodable, dikutip dari laman Twitter, Kamis (14/12/2022).

Mengutip ThesunUK, Kamis (15/12/2022), gelandang untuk klub Chelseaini dilaporkan mendonasikan semua uangnya kepada badan amal dan anggota staf tim.

Jurnalis Khaled Beydoun melaporkan bahwa mantan pemain Ajax itu menghasilkan 262.000 atau setara Rp5 miliar (dengan asumsi 1 = Rp19.354,84 per 15 Desember 2022), dari perjalanan Maroko ke semifinal Piala Dunia 2022. Semua uang itu bakal diberikan ke orang-orang miskin di negaranya.

Menurut Arab Post, Ziyech menyewa pesawat pribadi setiap kali dia dipanggil ke skuad negaranya dan dalam perjalanannya dari London ke Afrika, dia menjemput beberapa rekan setimnya.

Mereka kemudian mengklaim bahwa ia juga menyumbangkan uang untuk klub sepak bola amatir dan rumah sakit di Maroko.


Donasikan Gaji dari Timnas Maroko Sejak 2015

Hakim Ziyech, yang berumur 29 tahun pertama kali masuk timnas Maroko pada tahun 2015. Sejak saat itu, pemain kelahiran 19 Maret 1993 ini tidak menyimpan satu sen pun gajinya dari timnas Maroko. Demikian menurut jurnalis Khaled Beydoun.

"Dia menyumbangkan semuanya untuk staf tim dan keluarga miskin di negara asalnya Maroko," cuit Khaled Beydoun.

Morocco star Hakim Zayech has never taken a single dollar while playing for his country (since 2015). He donates it all to team staff and poor families in his native Morocco. pic.twitter.com/n4xUl1XdGf

MengutipThesouthafrican, Khaled Beydoun juga mengatakan, Hakim Ziyech berencana untuk mendonasikan seluruh bonus yang diperolehnya, jika Maroko lolos ke partai final Piala Dunia 2022.

Reporter tersebut mengatakan, "Jika tim Maroko maju ke putaran final Piala Dunia, Ziyech juga akan menyumbangkan bonusnya." Sayang, perjuangan Singa Atlas harus terhenti usai kalah 0-2 dari Prancis.


Hakim Ziyech Sering Kali Berdonasi Diam-Diam

Meskipun Hakim Ziyech bermain untuk tim Maroko, ia sebenarnya lahir di Belanda. Dia kemudian pindah ke negara Afrika bersama orang tuanya.

Pada tahun 2019, dilaporkan bahwa Hakim Ziyech menyumbangkan jumlah yang cukup besar kepada mantan pesepak bola Belanda, Leon de Kogel, yang mengalami kecelakaan mobil dan berjuang untuk mendapatkan pembayaran asuransi.

De Kogel mengkonfirmasi berita tersebut, dengan menyatakan: "Ziyech bukan hanya pemain terbaik di Eredivisie (liga sepak bola Belanda), dia juga seseorang dengan hati yang sangat besar."

Menurut Beydoun, Ziyech juga menyumbang melalui badan amal rahasia, dengan alasan bahwa "tangan kirinya tidak tahu apa yang telah diberikan tangan kanannya."


Pencapaian Ziyech Kalahkan Negara-Negara Terkenal

Ziyech telah berjuang untuk mendapatkan menit bermain di Chelsea musim ini dengan hanya tampil sembilan kali. Namun, penampilannya yang luar biasa di Piala Dunia telah mengilhami Atlas Lions untuk meraih sejumlah kemenangan mengejutkan.

Ziyech dan timMaroko telah mengalahkan tim-tim seperti Belgia, Spanyol, dan Portugal serta menjadi tim Afrika pertama yang mencapai empat besar kompetisi akbar sepak bola ini.

Dengan pemain-pemain berkualitas seperti Hakim Ziyech hingga Achraf Hakimi, Maroko menggapai pencapaian bersejarah, yakni jadi negara Afrika pertama yang bisa maju ke Semifinal Piala Dunia 2022, menghadapi Prancis.

Harta Fantastis Politisi

Punya Harta Fantastis, Ini Profil Sahat Tua Simanjuntak yang Terjaring OTT KPK

Liputan6.com 2022-12-15 18:00:00
Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Sahat Tua Simanjuntak yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) tiba di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (15/12/2022). Dengan didampingi seorang p

Sahat Tua Simanjuntak digelandang ke Gedung Komisi Pembereantasan Korupsi (KPK) usai terjaring operasi tangkap tangan (OTT). Penangkapan terhadap Wakil Ketua DPRD Jawa Timur dalam OTT berkaitan dengan korupsi dana hibah ke kelompok masyarakat.

"KPK ungkap dugaan korupsi dana hibah ke kelompok masyarakat dalam giat tangkap tangan Wakil Ketua DPRD Jatim STS dan pihak lain," kata Ketua KPK Firli Bahuri dalam keterangannya, Kamis (15/12/2022).

Firli menyebut Sahat Tua diamankan tim penindakan sekitar pukul 20.24 WIB, pada Rabu, 14 Desember 2022. Kini Sahat masih menjalani pemeriksaan intensif oleh tim penindakan.

Bersama Sahat, tim penindakan juga mengamankan tiga orang lain. Di antaranya staf DPRD Jatim dan pihak swasta.

Sahat Tua Simanjuntak sendiri merupakan politikus Partai Golkar. Dia dilantik menjadi Wakil Ketua DPRDJatim pada 31 Agustus 2019.

Sahat pernah berprofesi sebagai advokat. Namun, sejak 2009, dia terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Timur hingga 2014.

Tak sampai di situ, Sahat kembali terpilih menjadi anggota DPRD untuk periode 2014 sampai 2019. Karier politiknya berlanjut pada 2019 di mana dia kembali terpilih menjadi anggota DPRD. Periode jabatannya hingga 2024.

Sahat mulai tertarik dengan dunia politik sejak kuliah di Fakultas Hukum Universitas Surabaya (Ubaya) pada 1988. Ketertarikan itu tidak lepas dari peran dua dosennya, Martono dan Anton Prijatno.

Martono sendiri pernah menjabat Ketua DPD dari Partai Golkar Jawa Timur. Sedangkan Anton pernah menjadi Anggota DPR RI dari Partai Golkar.


Harta Kekayaan

Berdasarkan informasi yang diakses dari laman laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) di elhkpn.kpk.go.id, Sahat tercatat memiliki harta kekayaan Rp10.700.966.004 atau Rp10,7 miliar. Sahat kali terakhir melaporkan hartanya pada Maret 2021.

Dalam laman tersebut, Sahat tercatat memiliki tiga bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Surabaya dan Jakarta Timur dengan nilai Rp7.475.000.000.

Sementara harta bergerak yang dia laporkan yakni Toyota Velfire tahun 2015 seharga Rp600 juta, Toyota Voxy tahun 2018 senilai Rp430 juta, dan Mercedes Benz E250 tahun 2016 senilai Rp700 juta. Jadi nilai kendaraan yang dia miliki sebesar Rp1.730.000.000.

Sedangkan kas dan setara kas senilai Rp1.495.966.004. Dia tercatat tak memiliki utang. Jadi hartanya senilai Rp10.700.966.004.

Dapat Gelar "The Real Princess"

Erina Gudono Digelari The Real Princess di Dunia Nyata, Ajak Penata Rias Berdoa Sebelum Akad Biar Plong

Liputan6.com 2022-12-15 14:30:00
Erina Gudono. (Foto: Michael Omar Liman dari Instagram @erinagudono)

Beberapa hari setelah Erina Gudono dinikahi Kaesang Pangarep, sejumlah cerita di balik akad, ngunduh mantu, hingga syukuran terungkap. Salah satunya, cerita jelang akad nikah.

Penata rias artis Bennu Sorumba mengunggah potret monokrom di sebuah ruangan, memperlihatkan Erina Gudono mengenakan paes ageng Yogyakarta memejam dan berdoa.

Di hadapannya, ada Bennu Sorumba mengenakan masker dan topi turut memejamkan mata, melantun doa kepada Sang Khalik. Momen sederhana ini begitu membekas di benak keduanya.

"Dear kesayangan Erina Gudono. Aku mau terima kasih banyak. No words, kamu benar-benar the real Princess di dunia nyata. Kamu baik banget," tulisnya bersama foto tersebut


Berdoa Berdua

"Ini momen kamu ngajakin aku berdoa berdua sebelum akad nikah. Beban aku akhirnya sedikit plong karena sebelum hari H," Bennu Sorumba menyambung, Rabu (14/12/2022).

Beberapa hari sebelum akad nikah, Erina Gudono selalu mendoakan penata riasnya diberi kesehatan. Baginya, selain kesiapan lahir, batin, tata rias bagi calon pengantin wanita amat penting.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Kak Bennu Fondasi Aku

"Kamu selalu bilang: Kak Bennu sehat selalu. Aku bisa stres kalau Kak Bennu tiba-tiba enggak bisa makeup-in. Kak Bennu fondasi aku di acara wedding nanti. Erina selalu bilang begitu," akunya.

Doa bagi sebagian orang mungkin biasa saja dan kerap disepelekan. Namun, jelang pernikahan, Erina Gudono dan Bennu Sorumba saling kirim doa untuk kebaikan bersama.


Semangat dan Terharu

"(Doa) itu membuat aku semakin semangat dan terharu. Terima kasih kesayangan, bahagia selamanya yah till jannah," Bennu Sorumba mengakhiri. Ia lega, riasannya panen pujian. Erina Gudono tampak manglingi di hari bahagia tanpa kehilangan jati diri.

Membaca unggahan ini, Erina Gudono terharu. "Kak makasih banget aku jadi mo nangis lagi makasih udah sangat sangat baik sama aku sama mas kaesang. Alhamdulillaah masyaallah tabarakallah," cuitnya di kolom komentar lalu menyematkan emotikon hati dan wajah mewek.

Soal Jodoh Tunggu Lampu Hijau

Urusan Jodoh, Ayu Ting Ting Tunggu Lampu Hijau dari Bilqis

Liputan6.com 2022-12-15 08:30:00
Ayu Ting Ting di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (11/12/2022). (M. Altaf Jauhar)

Pedangdut Ayu Ting Ting menjalani tahun 2022 ini dengan penuh rasa syukur. Ia bersyukur selalu dikaruniai kesehatan dan pekerjaan yang lancar.

Memang tak dipungkiri, manusia tak lepas dari ujian dan cobaan. Meski begitu, Ayu mengaku selalu mendapat kebahagiaan di sepanjang tahun 2022.

"Alhamdulillah sekeluarga masih diberi kesehatan, banyak rasa syukur. Ujian pasti, ada setiap tahunnya. Cuma Alhamdulillah, kita masih diberi kesehatan buat jalanin semuannya," ungkap Ayu Ting Ting di Kawasan Menteng, beberapa waktu lalu.

"Ya banyak happy-lah di tahun 2022. Karier saya juga Alhamdulillah. Selain menyanyi, saya ada saja pekerjaan lainnya gitu," sambungya.


Harapan Tahun 2023

Tahun 2022 segera berganti, harapan baru pun akan kembali bersemi. Lantas, apa harapan Ayu Ting Ting di tahun 2023?

Ya, Ayu mengaku tidak pernah mematok target tertentu dalam menjalani hidup. Ia juga berharap, segala sesuatu yang belum terealisiasi di tahun ini dapat terwujud pada 2023 nanti.


Menikmati Sambil Bersyukur

"Kalau setiap manusia kalau ditanya pasti banyak yang belum tercapai ya. Setiap bulan pasti ada saja keinginannya," ujar pelantun lagu Sambalado tersebut.

"Saya enggak pernah yang gimana-gimana. Dijalanin aja, syukuri, nikmatin. Semoga bisa terwujud di tahun berikutnya," tambah Ayu.


Target Tahun 2023

Disinggung apakah kembali berumah tangga menjadi salah satu target di tahun 2023, Ayu tak dapat menjawab. Dikatakan Ayu, semua tergantung pada Bilqis, buah hatinya.

"Nih tanya aja. Saya dapat lampu hijaunya dari dia (Bilqis). Kalau dia bilang enggak, ya tunggu sampai di kasih lampu hijau, baru deh," pungkas Ayu Ting Ting. (Liputan6.com/M. Altaf Jauhar)

Tiket ke Pulau Komodo Batal Naik

Sandiaga Uno: Kenaikan Harga Tiket Masuk ke Pulau Komodo Rp3,75 Juta Dibatalkan

Liputan6.com 2022-12-15 07:02:18
Ilustrasi komodo di Pulau Komodo. (Sumber foto: Pexels.com).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan rencana membebankan tiket masuk Rp3,75 juta ke Pulau Komodo, Pulau Padar, dan perairan sekitarnya telah dibatalkan. Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) semula berencana untuk menarik tiket tersebut pada 1 Januari 2023.

"Yang Komodo sudah diputuskan bahwa tidak ada kenaikan... Tidak ditunda, tapi ditarik, sudah dibatalkan," kata Sandiaga usai acara Wonderful Indonesia Cobranding Awards 2022 di Balairung Soesilo Sudarman, Jakarta Pusat, Rabu, 14 Desember 2022.

Ia menyebut pemerintah NTT sedang menyiapkan peraturan gubernur yang menegaskan pembatalan penaikan tiket masuk ke Komodo itu. Keputusan tersebut diklaim Sandi sebagai kabar baik untuk seluruh pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

"Bukan hanya di Manggarai, Labuan Bajo, tapi di seluruh yang menopang pariwisata berbasis ecotourism. Ini menunjukkan keberpihakan pemerintah terhadap kebangkitan pariwisata dan saat masyarakat baru saja pulih dari pandemi, keputusan ini tentunya menjadi angin segar," ia menambahkan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT, Zeth Sony Libing bersikeras akan tetap memberlakukan tiket masuk Pulau Komodo yang baru pada 1 Januari 2023. Padahal, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) sudah bersurat kepada pemerintah NTT meminta agar mereka meninjau kembali pasal dalam peraturan Gubernur NTT tentang pengelolaan kawasan Taman Nasional Komodo (TNK).

"Menteri tidak ada perintah untuk membatalkan penetapan tarif," kata Zeth dikutip dari Antara, Jumat, 18 November 2022.

Menurut Zeth, surat tersebut berkaitan dengan nota kesepahaman antara Dirjen KSDAE dengan Pemerintah NTT tentang kerja sama penguatan fungsi kawasan konservasi dan konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya secara berkelanjutan di Taman Nasional Komodo (TNK) dan perjanjian kerja sama (PKS) antara Balai Taman Nasional Komodo dengan PT Flobamor yang menjadi acuan dalam peraturan Gubernur NTT Nomor 85 Tahun 2022. Diterangkan bahwa perjanjian itu bukanlah bentuk pelimpahan wewenang pengelolaan kawasan konservasi di TNK.


Belum Ada Reservasi

Sejak awal, mayoritas pelaku pariwisata setempat menolak rencana penaikan tarif masuk ke Pulau Komodo dan Pulau Padar itu. Menurut Direktur Utama Badan Pelaksana Otoritas Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina, sejaih ini para pelaku wisata meminta sistem opsional untuk biaya konservasi.

"Karena masih ada ketidakpastian soal harga tiket masuk ke Labuan Bajo," ujar Shana di The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin, 31 Oktober 2022.

"Menurut data dari mereka, setelah tanggal 1 Januari 2023, belum ada yang booking tiket untuk masuk ke kawasan wisata Labuan Bajo," ia menambahkan.

Menurut Shana, banyak wisatawan menganggap tarif masuk baru itu masih kemahalan. Rata-rata menginginkan agar tidak ada kenaikan tarif karena sektor pariwisata baru kembali bangkit dari pandemi.

"Mereka tidak menentang konservasi, tapi kalau bisa hal itu sifatnya opsional," sambungnya.

Saat itu, Sandiaga menanggapinya dengan akan terus mengupayakan solusi terbaik. Pihaknya akan membahas masalah tersebut dengan Kementerian LHK, Kemenko Marves, Pemprov NTT, dan para pemangku kepentingan lainnya.


Tarik-tarikan Kepentingan

Sejak diumumkan rencana penaikan tarif tiket masuk ke Komodo dan Padar pada awal Juli 2022, banyak pelaku pariwisata setempat menolak. Mereka sampai menggelar aksi demo menuntut pembatalan kebijakan tersebut.

Ketua Astindo Labuan Bajo Ignasisu Suradin, dikutip dari kanal Regional Liputan6.com, pada Agustus 2022, menyatakan para pelaku wisata di Labuan Bajo akan terus menolak kenaikan harga tiket masuk baru itu. Ia menuding Pemprov NTT melalui PT Flobamora selaku BUMD, ingin memonopoli bisnis tur operator dan travel agent.

Argumennya didasarkan pada fitur yang tersedia dalam aplikasi Inisa. Selain mereservasi kunjungan ke Pulau Komodo dan Padar, tersedia pula pilihan tiket hotel, tur perjalanan, tur kapal, hingga mobil travel.

Tudingan itu dibantah oleh PT Flobamora. Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Vinsensius Jemadu pada Agustus 2022 menyebut isu tersebut hanyalah berita yang di ujungnya.

"Jadi, saat mendengar penjelasan komprehensif dari (pemerintah) provinsi (NTT) dan PT Flobamora, akhirnya ketahuan dan semua lihat memang ini ada keterlibatan masyarakat dan stakeholders untuk sama-sama mengelola pariwisata Labuan Bajo, khususnya Taman Nasional Komodo," kata dia dalam Weekly Press Briefing, Senin, 8 Agustus 2022.


Dispensasi

Pemerintah akhirnya memutuskan untuk memberi dispensasi soal penerapan tarif baru itu hingga akhir 2022. Dengan begitu, kenaikan baru berlaku pada 1 Januari 2023.

Dengan begitu, selama periode Agustus-Desember 2022, wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang masuk ke Pulau Komodo dan Padar tetap dikenakan tarif lama, yaitu Rp75 ribu bagi wisatawan domestik dan Rp150 ribu bagi wisatawan mancanegara. Sementara, harga tiket masuk ke Pulau Rinca yang juga menjadi habitat komodo tetap di angka Rp150 ribu.

Sementara, penetapan tarif Rp3,75 juta per tahun sebagai biaya konservasi itu dinyatakan sudah melalui kajian. Koordinator Pelaksana Program Konservasi di Taman Nasional Komodo Carolina Noge mengatakan bahwa harga tersebut merupakan hasil kajian Daya Tampung Daya Dukung Taman Nasional Komodo. Hasil kajian tersebut juga merekomendasikan pembatasan jumlah pengunjung maksimal 200 ribu orang per tahun.

"Kami dapati bahwa pengurangan nilai jasa ekosistem ternyata bukan hanya terjadi secara alamiah, tapi juga adanya aktivitas manusia di dalamnya, dalam hal ini adalah wisatawan. Jadi kami memutuskan untuk melakukan pemberlakuan pembatasan dengan kompensasi biaya konservasi," jelas Carolina dalam Weekly Press Briefing yang digelar secara hybrid di Jakarta, Senin, 11 Juli 2022.

Pembatasan itu akan dilakukan di Pulau Padar, Pulau Komodo, dan kawasan perairan sekitarnya. Carolina menjelaskan, biaya konservasi merupakan kompensasi bagi pengunjung karena adanya jasa ekosistem yang berkurang setiap adanya kedatangan wisatawan.

"Jasa ekosistem itu ada ketersediaan air yang berkurang padahal di sana terbatas, adanya oksigen yang kita hirup, adanya sampah yang kita hasilkan, adanya limbah, polusi, dan sebagainya yang sudah dihitung oleh para tim ahli," terangnya.

Pecahkan Rekor Tahan Napas di Bawah Air

Main di Avatar 2, Kate Winslet Pecahkan Rekor Adegan Tahan Napas di Bawah Air

Liputan6.com 2022-12-15 17:02:27
Kate Winslet berpose saat pemotretan untuk film 'Avatar: The Way of Water' di London, Minggu, 4 Desember 2022. Si cantik mengangkat tubuhnya dengan sepasang sepatu bot kulit. (AFP/Isabel I

Aksi Kate Winslet di film sekuel Avatar menarik banyak perhatian. Salah satunya karena ia melakukan persiapan khusus untuk perannya dalam film Avatar: The Way of Water. Kate bahkan mencetak rekor baru sebagai orang yang menahan napas terlama untuk sebuah film.

Melansir Independent, Kamis (15/12/2022), dia tetap di bawah air selama tujuh menit dan 15 detik, mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang Tom Cruise lewat film Mission: Impossible -- Rogue Nation (2015). Sepertinya sifat kompetitif Kate mendorongnya untuk menguji batas kemampuannya.

"Saya tidak perlu menahan napas selama lebih dari tujuh menit," ungkap Kate dalam sebuah wawancara baru-baru ini. "Hanya saja kesempatan untuk membuat rekor muncul dengan sendirinya. Saya ingin memecahkan rekor saya sendiri, yaitu enam menit dan 14 detik di film Titanic. Jadi saya memecahkan rekor saya sendiri dalam satu menit," sambungnya.

Pencapaian ini tentunya bukan main-main karena Tom Cruise terkenal dengan stamina fisik yang luar biasa, dibandingkan aktris Inggris ini. Namun Kate sukses melakukannya dengan melakukan pengondisian fisik dan mental optimal.

Bahkan Kate juga mempraktikkan latihan pernapasan ini dengan anak-anaknya. "Saya lebih tertarik pada latihan pernapasan sekarang. Dan itu sangat menenangkan," ucap aktris berusia 47 tahun tersebut.

Kate mengaku berusaha bertahan di bawah air dengan fokus pada pikirannya, selain juga melakukan berbagai pelatihan fisik sebelumnya. Aktris peraih Oscar itu menilai kunci kesuksesanya adalah pola pikir untuk menenangkan pikiran, memperlambat segalanya sehingga mampu bertahan selama mungkin di bawah air.


Tidak Sembarang Orang

Menurut sutradara James Cameron, Kate sangat serius mempersiapkan dirinya. "Dia melakukan penyelaman bebas sebagai sesuatu yang dia bisa membangun karakternya," terang Cameron. "Itu karena karakternya tumbuh di bawah air. Jadi dia harus benar-benar tenang di bawah air, dan ternyata dia alami," lanjutnya.

Adegan laut dalam dalam film baru ini mengharuskan banyak pemeran untuk merasa nyaman di bawah air dan berlatih menahan napas selama beberapa menit setiap kali. Hal itu juga dilakukan pemain lainnya. Zoe Saldaa, berhasil menahan napas selama lima menit, dan Sigourney Weaver, yang mencapai enam setengah menit, menurut wawancara Times.

"Rasanya sangat menantang untuk menahan napas di bawah air untuk waktu yang lama," kata Joy Miles, instruktur kebugaran kelompok dan pelatih ketahanan bersertifikat. Menurut Miles, prestasi Kate Winslet menunjukkan dia memiliki kontrol ekstrem dengan mengatur pernapasan dan keluaran karbon dioksida.

Hal itu membuat Joy Miles tidak merekomendasikan sembarang orang untuk mencoba sesuatu seperti ini sendiri. "Menahan napas lebih dari dua menit berpotensi menurunkan aliran oksigen ke otak, menyebabkan pingsan dan dalam kasus ekstrim, kerusakan otak," terangnya.

"Di jantung, kekurangan oksigen dapat menyebabkan kelainan ritme dan memengaruhi kerja pemompaan jantung. Jadi, menahan napas di bawah air selama beberapa menit bukanlah keterampilan yang perlu dipelajari kebanyakan orang, tetapi berenang sangat bagus untuk paru-paru Anda," tambahnya.


Pemutaran Perdana

Film Avatar: The Way of Water disutradarai oleh James Cameron dan diproduksi oleh Cameron dan Jon Landau, serta Lightstorm Entertainment. Di Indonesia, sekuel dari film Avatar ini sudah tayang di bioskop mulai hari ini, Kamis (15/12/2022).

Sebelum akhirnya resmi masuk bioskop pada pertengahan Desember 2022, film Avatar 2 sudah lebih dulu ditayangkan dalam acara pemutaraan perdana di London, Inggris dan Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Sementara nuansa dekorasinya begitu meriah, ada pesan lain yang dibawa para pesohor di karpet merah, yakni fesyen ramah lingkungan.

Merujuk keterangan pers pada Liputan6.com, baru-baru ini, Zoe Saldaa, Henry Cavill, Suzy Amis Cameron, dan James Cameron, yang harus absen dalam pemutaran perdana film Avatar: The Way of Water di Los Angeles karena positif COVID-19, mengenakan busana rancangan, serta membawa aksesori yang terbuat dari serat TENCEL dan benang filamen TENCEL LUXE.

Mereka mewakili RCGD Global di karpet merah, yang mana busananya dipilih berdasarkan arahan gaya terbaru yang diluncurkan pihak organisasi. Global Vice President of Marketing and Branding di Lenzing AG, Harold Weghorst, berkata, "TENCEL telah memiliki kemitraan jangka panjang dengan RCGD Global dalam mempromosikan eco-couture di Oscar."


Material Berkelanjutan

"Kami sangat bangga dapat memperluas kemitraan ini ke karpet merah lainnya guna mempromosikan lebih jauh lagi penggunaan material berkelanjutan dalam fesyen mewah dan selebihnya," tuturnya. "Ajang karpet merah tidak hanya menjangkau audiens lebih luas, tapi juga jadi platform yang baik untuk mendemonstrasikan bahwa fesyen dapat jadi berkelanjutan."

Di Los Angeles, Zoe Saldaa tampil di karpet merah pemutaran perdana film Avatar 2 dengan membawa clutch hitam oleh Tyler Ellis yang dilapisi kain terbuat dari serat yang diklaim dapat terurai. Dengan Petra Flannery sebagai penata gaya, garis desain tas yang berwarna biru itu selaras dengan tema warna Avatar.

Pada acara yang sama, aktor Inggris Henry Cavill mengenakan mantel double-breasted dengan kerah puncak dan saku lurus, dibuat Huntsman menggunakan serat TENCEL Lyocell. Ansembel itu juga dilengkapi garis pinggang yang kuat dan lubang lengan yang tinggi.

Sebelumnya di London, James Cameron mengenakan tuksedo hitam klasik Huntsman yang terbuat dari serat lyocell. Suzy Amis Cameron pun terlihat memukau dalam gaun Vivienne Westwood yang etis dan ramah lingkungan, terbuat dari kain biru tua mewah menggunakan serat TENCEL Lyocell.

Klarifikasi Skincare Minyak Tawon

Wajah Selvi Ananda Dikomentari Netizen, Istri Gibran Rakabuming Klarifikasi Skincare Minyak Tawon

Liputan6.com 2022-12-15 10:00:00
Selvi Ananda. (Foto: Rio Motret dari Instagram @riomotret)

Baru-baru ini, wajah Selvi Ananda dikomentari warganet dan viral di medsos. Ini bermula dari akun Twitter @convomfs yang mengunggah kolase foto keluarga Gibran Rakabuming.

Di sisi kanan, ada foto Selvi Ananda setengah badan dengan riasan wajah natural plus konde. Penampilan menantu Presiden Jokowi disempurnakan dengan kebaya warna turangga.

Kecantikan ibunda Jan Ethes menuai decak kagum dan bikin penasaran. Maklum, Selvi Ananda tidak aktif bermedsos dan fokus mengurus suami serta kedua buah hatinya.

"Selvi Ananda inituh bener bener definisi cantiknya Solo. Dulu jadi Putri Solo sekarang Ibu Walikota Solo," cuit akun @convomfs yang punya lebih dari 1,2 juta pengikut.


Adem dan Menyenangkan

Tak henti sampai di situ, aura istri Wali Kota Solo ini dinilai sejuk. Busana yang dipakai Selvi Ananda selalu pas dengan postur tubuh maupun konsep acara yang dihadirinya.

"Beliau tuh cantiknya adem dan nyenengin kalau dilihat, selalu salfok sama ootd beliau yang pas di badan dan selalu match sama situasi acara jadi terkesan," @convomfs berpendapat.


Enggak Over

"Santun, anggun, dan nggak over. Argh! Ngefans banget deh," ia mengakhiri. Cuitan ini viral lantaran disukai lebih dari 30 ribu orang. Gibran Rakabuming bahkan bereaksi atas twit ini.

"Iya memang," bintang film Sesuai Aplikasi merespons. Saat ditanya apa produk skincare yang dipakai sang istri, Gibran Rakabuming berkelakar, "(Pakai) minyak tawon."


Bersihkan Wajah Saja

Terpisah, Selvi Ananda menjawab pertanyaan soal skincare dan kecantikannya yang dibahas netizen. (Kalau pakai) minyak tawon ya panas dong. Perawatannya biasa saja bersihin muka yang wajar-wajar saja. Enggak ada yang gimana-gimana," ujarnya kepada jurnalis.

Menyoal twit suami, Selvi Ananda tak masalah. "Ya aslinya bagaimana? Kan tiap hari (kalian) ketemu. Aslinya ya begitu, biasa saja. Cuma enggak bisa berekspresi saja. Kaku, ya?" candanya kami lansir dari video interviu di kanal YouTube Berita Surakarta, Rabu (14/12/2022).

Nomor Urut Menentukan Prestasi?

HEADLINE: KPU Tetapkan Nomor Urut Parpol Peserta Pemilu 2024, Angka Berpengaruh Besar?

Liputan6.com 2022-12-16 00:03:33
Suasana pengundian dan penetapan nomor urut partai politik peserta Pemilu 2024 di gedung KPU, Jakarta, Rabu (14/12/2022). Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar acara pengundian dan penetapan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu 14 Desember 2022 malam, telah mengundi dan menetapkan nomor urut dari 17 partai politik yang akan berlaga pada Pemilu 2024.

Hal ini sejalan dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) Nomor 1 tahun 2022 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, yang mengatur tentang nomor urut parpol.

Yang berbeda dari Pemilu sebelumnya adalah Pemilu 2019 semua parpol yang menjadi peserta mengundi nomor urutnya. Sedangkan di Pemilu 2024 adalah parpol yang menjadi peserta pemilu sebelumnya bisa menggunakan nomor lamanya atau ikut pengundian.

Diketahui, usulan parpol bisa memakai nomor lamanya datang pertama kali dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada 16 September 2022. Dia berpandangan, bahwa ini menjadi beban partai.

Meski mendapatkan pro dan kontra, usulan itu dibawa dan dibahas DPR, di mana secara mayoritas fraksi mendukung usulan tersebut dan kemudian dimasukkan ke dalam Perppu.

Dari sembilan parpol yang lolos ke DPR, hanya satu yaitu PPP yang ingin mengubahnya dari nomor 10 yang kemudian kini menyandang secara resmi nomor 17 atau dianggap nomor paling akhir.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Kedai Kopi, Kunto Adi Wibowo, mengatakan, parpol yang memilih nomor urut lamanya lebih diuntungkan, karena bisa mempertahankan konsistensi atau narasi saat kampanye terkait simbol angka tiga.

Misalnya Gerindra yang memiliki nomor urut dua selalu meyakini ini adalah lambang victory atau kemenangan. Dan PDIP dengan nomor tiganya yang diidentikan salam banteng metal alias banteng menang total.

"Lebih banyak keuntungannya bagi partai-partai yang punya kursi di legislastif. Karena nomor urut mereka tak berubah, dan ini sangat menguntungkan mereka terutama untuk mempertahankan konsistensi kampanye atau narasi yang terkait nomor urut partai," kata dia kepada Liputan6.com, Kamis (15/12/2022).

Selain itu, jelas ini mempengaruhi pemilih. Pasalnya, di Indonesia kecendrungannya pemilih cenderung menggunakan pendekatan shortcut kognitif.

"Sehingga ketika mereka memilih, mereka lebih banyak melakukan indentifikasi yang mudah atau gampang dan menghindari kerumitan. Sehingga nomor salah satu indentifikasi yang paling bisa mengemuka ketika memilih," ungkap Kunto.

Meski demikian, dia mengingatkan parpol harus lebih baik di Pemilu 2024. Tidak hanya sekedar mengandalkan nomor urut semata.

"Tapi juga mengandalkan program, visi misi, juga karakter-karakter calon yang diusungnya. Menurut saya itu yang bisa dilakukan parpol untuk kemudian mengukuhkan kemenangan di 2024 ini," jelas Kunto.

Senada, Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago alias Ipang melihat nomor urut parpol ini sebenarnya tak pengaruh banyak terhadap elektabilitas yang menjadi perhitungan untuk menentukan pemenang Pemilu 2024.

"Saya pikir nomor tidak punya korelasi terkait elektabilitas partai. Yang penting adalah apa program, narasi dan bagaimana partai bisa menyakinkan pemilihnya," kata dia kepada Liputan6.com, Kamis (15/12/2022).

Menurut Ipang, yang terpenting bagaimana partai memiliki calon legislatif yang punya rekam jejak bagus. Misalnya, apakah itu mantan gubernur, wali kota, bupati, kepala desa, camat, lurah, dan sebagainya.

"Di dalam kontestasi elektoral besok masih sangat bergantung kepada nama kandidat bukan partai effect, tapi kandidasi yang dimajukan partai tersebut," jelas Ipang.

Menurutnya, dengan pengumuman nomor urut, paling tidak menandakan angin segar bagi demokrasi Indonesia, bahwa isu penundaan Pemilu bahkan wacana tiga periode presiden sudah basi.

"Kemungkinan penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden mengalami patahah di tengah jalan, kemungkinan pemilu serentak pilpres dan pileg akan berjalan sesuai dengan trayek. Kan ini yang kita cemaskan, masih ada energi perpanjangan masa jabatan presiden," tegas Ipang.

Ada Kepercayaan

Pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menilai nomor urut selalu mempunyai nilai dan makna sendiri bagi setiap parpol. Ada yang berpandangan untuk keberuntungan, ada pula dianggap bisa menarik simpati masyarakat.

"Misalnya dari sembilan partai, delapan tidak mau berubah karena nomor-nomor itu sangat penting, sangat dibutuhkan oleh partai politik dalam konteks agar masyarakat mudah mengenali, mengindentifikasi dan memilih partai tersebut," kata dia kepada Liputan6.com, Kamis (15/12/2022).

Karena itu, dirinya sepakat bagi partai yang tak mengubah nomor urutnya, jelas diuntungkan karena sudah dikenal dan melekat ke masyarakat terlebih oleh pemilihnya. "Jadi tinggal disosialisasi kembali dan masyarakat mudah untuk mengindentifikasi. Hanya tinggal mensosialisasikannya kepada pemilih baru," jelas Ujang.

Menurut dia, sedikit besar jelas ada pengaruhnya. Misalnya saja, Megawati yang mengajukan tidak diubah, karena dianggap berdampak besar. Bahkan, delapan dari sembilan partai di parlemen pun tidak berubah.

"Itu artinya berdampak pada ya anggap soal sosialisasi, soal kampanye, dan soal pilihan publik pada partai tersebut. Kalau sudah dikenal, kalau sudah dikampanyekan sebelumnya artinya tinggal mengulang saja, tidak dari nol lagi, tidak dari awal lagi apalagi ada spanduk, baliho dulu tinggal dikeluarkan lagi, bisa digunakan, artinya irit biaya juga," tegas Ujang.

Meski demikian, selain nomor urut, parpol di Pemilu 2024 harus lebih bermartabat dan menjalani demokrasi yang lebih sehat. Tunjukkan kepada masyarakat, bahwa kontestasi Pemilu itu bukanlah kontestasi untuk saling menafikan satu sama lain.

"Tapi kontestasi adu kehebatan, adu strategi, adu visi misi, adu program untuk mendapatkan hati rakyat, untuk mendapatkan pilihan rakyat. Jadi harus ke depan lebih memprioritaskan pada pertarungan ide dan gagasan," kata Ujang.


Arti Nomor Urut Bagi Partai yang Tak Berganti

PDI Perjuangan mendapatkan nomor urut 3 (tiga) sebagai peserta pemilu 2024, sama seperti pemilu 2019 lalu. Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan nomor itu sangat melekat di hati rakyat.

"Nomor urut tiga adalah salam perjuangan salam metal, yang sangat melekat di hatinya rakyat," kata Hasto dalam keterangannya, Kamis (15/12/2022).

Hasto menilai nomor tiga menunjukkan semangat gotong royong dan Pancasila.

"Masing-masing punya tafsir terhadap nomornya sendiri dan bagi PDI Perjuangan, nomor tiga menunjukkan Trisakti. Semangat gotong royong yang menjadi saripati dari idelogi Pancasila. Sangat mantap," tegas Hasto.

Menurut Hasto, bukan hanya PDIP yang memilih mempertahankan nomor urut tiga itu. Partai lain juga melakukannya seperti PKB dengan nomor satu, Gerindra dengan nomor 2, dan yang lainnya. Menurutnya, dengan begitu, bisa menghemat biaya atribut karena bisa memakai yang lama.

"Ini demi efisiensi. Karena atribut dan benderanya kan masih banyak yang pakai nomor tiga. PKB pakai nomor satu. Dan partai lainnya juga. Hal hal seperti itu ada alasan efisiensi dan juga memudahkan pemilih. Membantu pemilih dalam mengingat logo partai dan nomor partai. Jadi itu menjadi satu kesatuan," urai Hasto.

Sementara, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar mengaku bangga partainya bisa kembali menggunakan nomor urut satu dalam perhelatan Pemilu 2024, sama seperti yang dipakai pada Pemilu 2019 lalu.

"Nomor urut tetap, nomor satu karena kaos-kaos yang kita pakai ini nomor satu," ujar Muhaimin pada wartawan, dikutip Kamis (15/12/2022).

Pria yang kerap disapa Cak Imin mengaku sangat optimistis PKB bisa meraih kemenangan pada Pemilu 2024 dan bisa menjadi Presiden. "2024 kita dapat (yakin) presiden dan 100 kursi DPR RI," ujar dia.

Terkait persaingan ketat di Pemilu 2024, Cak Imin mengatakan bahwa PKB sudah memiliki sejumlah langkah dan strategi untuk menggapai kemenangan. Sebab, kata dia, PKB memiliki konstituen yang sangat loyal.

"Kita bersyukur memiliki konstituen yang loyal, kita punya pengurus parpol muda-muda sehingga yang punya kekuatan jumlah besar, bisa jadi andalan PKB," ucap dia.

Menurut dia, dengan persaingan yang bakal berlangsung sangat ketat, parpol harus benar-benar bisa mengambil hati rakyat. "Persaingan pasti ketat. Kita tahu harus pintar-pintar mendekati hati rakyat, pintar-pintar membuktikan bahwa kita punya target-target yang jelas untuk bangsa ini," kata dia.


Partai Baru dan Mencoba Peruntungan

Sekretaris Jenderal Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Mahfudz Siddiq menyatakan pihaknya bersyukur mendapatkan nomor urut 7 untuk Pemilu 2024. Meski demikian, bagi pihaknya adalah fokus mengenalkan nama partai.

"Bagi Gelora sebagai partai baru kebutuhan terbesar adalah mengenalkan nama partai. Nomor urut bukan instrumen utama," kata Mahfudz saat dikonfirmasi, Kamis (15/12/2022).

Namun, ia mengakui nomor tujuh cukup sepesial sebab mudah diingat publik. "Alhamdulillah dari semalam dapat 7 ini satu digit dan angka 7 posisi relatif lebih mudah dijangkau, secara teknis ada keuntungan," kata dia.

Setelah mendapat nomor urut, Gelora selanjutnya akan fokus pada persiapan calon anggota legislatif.

"Selanjutnya kami akan menyiapkan tahapan rekrutmen caleg. Ada waktu tiga bulan fokus rekrutmen dan memastikan formasi tempur caleg," kata dia.

Terkait harapan dan target di Pemilu 2024, Gelora hanya menargetkn bisa lolos ambang batas parlemen.

"Target sebagai partai baru kita menyadari tantangan terbesar bagaimana bisa melampuai ambang batas parlemen. Minimal 24 kursi DPR dan itu bukan hal mudah bagi partai baru," kata dia.

Sementara itu, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menyatakan angka 17 adalah nomor baik dalam Islam.

"Dalam sejarah Islam 17 itu cukup keramat, pertama sholat wajib itu 17 rokaat, Turunnya Alqur'an itu 17 Ramadhan," kata dia.

Tak hanya dalam islam, menurut Awiek, dalam sejarah Indonesia angka 17 juga keramat.

"Sementara dalam sejarah politik kita 17Juga cukup Kramat 17 Agustus 16 empat lima adalah kemerdekaan Indonesia, Jadi kalo ingat 17 Agustus ingat partai persatuan pembangunan Yang juga 17. Kita sudah melakukan sosialisasi tadi malam kita harapkan bisa langsung dikenal oleh publik," kata dia.

Terkait harapan untuk Pemilu 2024, PPP berharap pemilu berjalan lancar dan menghasilkan presiden yang pro rakyat

"Target kursi PPP minimal seperti 2014 Yakni 39 syukur syukur Bisa 50 tentu terkait Pemilu dan Pilpres Berjalan damai lancar dan menghasilkan pemimpin yang memiliki komitmen kebangsaan yang kuat dan kebijakan yang pro umat," pungkasnya.