Jadi Juara, Argentina Libur Nasional

Juara Piala Dunia 2022, Pemerintah Argentina Umumkan Hari Libur Nasional

Liputan6.com 2022-12-20 14:00:46
Fans Argentina siap menunggu para pahlawan juara Piala Dunia 2022 di Obelix, monumen tempat selebrasi di Buenos Aires (AFP)

Keberhasilan Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022 disambut masyarakat antusias masyarakat di Amerika Selatan itu. Seperti dilansir espn, pemerintah langsung menetapkan hari Libur Nasional pada 20 Desember, momen dimana timnas Argentina merayakan gelar juara Piala Dunia 2022 di Obelisk, monumen yang jadi pusat perayaan.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Federasi Sepak Bola Argentina, AFA. Pemerintah Argentina ingin seluruh masyarakat menumpahkan kegembiraan untuk keberhasilan timnas menjadi juara Piala Dunia Qatar.

"Skuad juara Piala Dunia akan berangkat menuju Obelisk pada Selasa siang untuk merayakan gelar juara Piala Dunia dengan Fans," bunyi pernytaaan AFA.

Timnas Argentina memang kabarnya baru mendarat di Buenos Aires pada Selasa dini hari. Mereka menginap di fasilitas latihan Argentina yang kebetulan dekat dengan bandara.

"Argentina, kami datang," tulis Presiden AFA, Claudio Tapia di akun media sosialnya.

Seperti diketahui, Argentina menang dramatis di Piala Dunia 2022. Setelah imbang 3-3 di waktu normal, Argentina menang 4-2 atas Prancis pada laga final yang berlangsung di stadion Lusail Iconic.


Messi Antusias

Masyarakat Argentina sebenarnya sudah merayakan gelar juara Piala Dunia di jalan-jalan sejak Lionel Messi cs berhasil menjadi juara. Kini, mereka menunggu skuad ARgentina untuk selebrasi bersama.

Keinginan merayakan gelar juara juga dirasakan Lionel Messi. Dia juga ingin berpesta dengan masyarakat.

"Saya ingin berada di Argentina untuk melihat betapa gilanya perayaan juara. Saya ingin mereka menunggu saya, saya tak sabar untuk pulang dan menikmatinya bersama mereka," kata Messi.


Tetap Disambut

Sementara itu, suasana ramai juga terjadi di Paris. Meski kalah di final Piala Dunia 2022, ribuan fans tetap menyambut gembira para pemain Prancis.

Skuad Prancis tiba di bandara Charles de Gaulle pada Senin malam waktu setempat. Mereka turun dari pesawat dengan suasana hati yang murung.

Namun staf di Bandara tetap menyambut para phlawan dengan membawa spanduk " Terima Kasih" dan "Paris Cinta Kamu".

Setelah itu, pemain Prancis yang lelah dan kecewa itu dibawa bus untuk menemui ratusan fans yang menanti di Place de la Concorde. Saat itulah, para pemain Prancis mulai tersenyum.


Pesan Mbappe

Kekecewaan paling besar dirasakan oleh Kylian Mbappe. Striker PSG ini cetak 3 gol plus 1 penalti di final Piala Dunia 2022.

Namun ini tidak cukup untuk membawa Prancis juara dua kali beruntun. Seperti diketahui, Prancis merupakan juara bertahan di Piala Dunia 2018.

Setelah bungkam, Mbappe pun buka suara. "Kami akan kembali," tulisnya di akun media sosial.

Nyaris Celaka Saat Rayakan Kemenangan

Nyaris, Lionel Messi Selamat dari Kecelakaan di Parade Mini Argentina Juara Piala Dunia 2022

Liputan6.com 2022-12-20 15:40:33
Lionel Messi dan empat rekannya duduk di atap belakang bus terbuka pada parade begitu tiba di kampung halaman. Mereka diarak usai membawa Argentina juara Piala Dunia 2022. (AFP/Luis Robayo

Momen berbahaya terjadi saat pemain Argentina menjalani parade mini begitu tiba di kampung halaman. Sebanyak lima pemain, termasuk kapten Lionel Messi, hampir terlempar dari bus.

Setelah menempuh hampir 20 jam perjalanan dari Qatar, Messi dan kawan-kawan tiba di Argentina, Selasa (20/12/2022) pukul 02.22 waktu setempat. La Nacion melaporkan, Messi dan pelatih Lionel Scaloni keluar pertama dari pesawat.

Pemain lalu diarak menuju markas Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) menggunakan bus terbuka. Meski waktu tidak bersahabat, ribuan pendukung Argentina tetap menyambut kedatangan pasukan Scaloni.

Messi, Angel Di Maria, Leandro Paredes, Rodrigo de Paul, dan Nicolas Otamendi memilih naik dan duduk di atap belakang bus tingkat pada perjalanan itu. Keberadaan mereka pun jadi lebih tinggi dibanding bus.

Kondisi ini hampir membuat celaka. Sebab, ada kabel melintang di jalan. Beruntung Messi dan yang lainnya sigap menghindar. Momen ini tertangkap kamera televisi yang meliput kegiatan.

Bus akhirnya tiba di markas pukul 04.11. Pemain selanjutnya istirahat usai membantu Argentina juara Piala Dunia 2022. Mereka akan kembali diarak ke Obelisk di pusat Buenos Aires pada tengah hari.

Argentina berhasil keluar sebagai juara Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Prancis 4-2 di final lewat drama adu penalti. Ini adalah gelar ketiga Tim Tango usai sukses 1978 dan 1986.


Final Dramatis

Kedua tim sebelumnya berbagi skor sama kuat 3-3 sampai 120 menit berakhir. Tim Tango sempat unggul 2-0 sampai menit ke-79 lewat gol penalti Lionel Messi di menit ke-23 dan gol Angel Di Maria pada menit ke-36. Namun keunggulan dua gol itu disamakan oleh Kylian Mbappe pada menit ke-80 dan menit 81.

Di babak extra time Lionel Messi kembali membawa Tim Tango unggul 3-2, namun lagi-lagi Mbappe mencetak hattricknya dan kembali menyamakan kedudukan menjadi 3-3.

Pada babak adu penalti, kiper Argentina, Emiliano Martinez menjadi pahlawan setelah menepis tendangan pemain Prancis, Kingsley Coman, dengan eksekusi Aurlien Tchouamni melebar.


Rusuh di Paris

Jika Argentina bergembira, momen berbeda dirasakan di Paris. Dilansir dari Times Now, beberapa orang ditahan karena membuat kerusuhan dan bentrok dengan Polisi menyusul kekalahan Prancis dari Argentina di final Piala Dunia pada hari Minggu.

Menurut laporan, Polisi menggunakan gas air mata untuk membubarkan para penggemar di Champs-Elysees, Paris saat mereka terus melempari petasan ke arah Polisi. Beberapa bahkan bentrok dengan Polisi setelah yang terakhir mulai menangkap para suporter yang mengamuk itu.

Tapi, tidak semua suporter Prancis melakukan kerusuhan pasca final Piala Dunia 2022. Ada juga sebagian suporter yang tetap menerima kekalahan walaupun sangat kecewa.

Dilansir The Guardian, seorang suporter yang ikut nonton bareng di Kafe Le Napoleon, Aurelien mengakui bahwa Argentina lebih unggul dari Prancis di setiap sisi, terutama kecepatan dan skema permainan yang lebih rapi.

"Mereka mengungguli kami di setiap area. Mereka lebih cepat, lebih rapi. Dan sepertinya mereka lebih menginginkannya untuk menjadi juara. Itu semua dalam agresi," kata Aurlien, 28 tahun.


Hiburan dari Presiden

Presiden Prancis Emmanuel Macron menghibur Les Bleus yang tampak putus asa setelah kekalahan mereka di final Piala Dunia 2022. Setelah kekalahan yang menyakitkan dalam adu penalti yang menegangkan, Macron terlihat menghibur semua pemain.

"Selamat kepada tim Prancis atas karir dan daya juangnya di Piala Dunia ini. Anda telah menggetarkan Bangsa dan pendukung di seluruh dunia," tulis Macron di Twitter.

"Selamat kepada Argentina atas kemenangan mereka," lanjut cuitannya beberapa saat setelah kekalahan Prancis.

Jersey Argentina Laku Rp 78 Juta

Jersey Argentina Laku Keras Usai Juara Piala Dunia 2022, Terjual Hingga Rp 78 Juta di Toko Online

Liputan6.com 2022-12-20 17:00:16
Pemain Argentina Lionel Messi mengangkat trofi juara di depan para penggemar usai mengalahkan Prancis pada pertandingan sepak bola final Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, 18

Argentina berhasil keluar sebagai juara Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Prancis 4-2 di final lewat drama adu penalti. Kedua tim sebelumnya berbagi skor sama kuat 3-3 sampai 120 menit berakhir.

Tim Tango sempat unggul 2-0 sampai menit ke-79 lewat gol penalti Lionel Messi di menit ke-23 dan gol Angel Di Maria pada menit ke-36. Namun keunggulan dua gol itu disamakan oleh Kylian Mbappe pada menit ke-80 dan menit 81.

Di babak extra time Lionel Messi kembali membawa Tim Tango unggul 3-2, namun lagi-lagi Mbappe mencetak hattricknya dan kembali menyamakan kedudukan menjadi 3-3.

Pada babak adu penalti, kiper Argentina, Emiliano Martinez menjadi pahlawan setelah menepis dua tendangan pemain Prancis, Kingsley Coman dan Aurlien Tchouamni. Argentina menang 4-2 dan meraih kampiun Piala Dunia 2022 Qatar.

Usai menjuarai Piala Dunia 2022, jersey Argentina laku keras di toko ritel, terutama seragam kandang biru-putih La Albiceleste, yang dikenakan saat final. Beberapa penjual, bahkan menawarkan jersey ini dengan harga yang tinggi mulai dari pertengahan ratusan hingga mendekati $5.000 atau sekitar Rp78 juta di pasar online seperti Carousell.

Contonya jersey yang dijual di Carousell menawarkan satu set yang terdiri dari jersey kandang Argentina, pakaian dalam, sepasang kaus kaki dan celana seharga $4.989. Daftar lain, diposting sekitar pukul 15:00 pada hari Senin (19/12/2022), memiliki label harga $1.000 untuk jersey kandang.

Dilansir dari The Straits Times, replika jersey kandang Piala Dunia Argentina juga dijual setidaknya $95. Sementara versi asli yang dikenakan oleh para pemain berharga setidaknya $190.


Peminat Tinggi

Manajer Adidas Singapura, Ruiyuan Chen, mengatakan selain jersey Argentina tersebut baik kandang dan tandang, jersey rumah anak-anak juga telah terjual habis di website dan toko ritel. Hingga Senin (19/12/2022) stok jersey tandang ungu masih terbatas di toko Adidas Brand Center Orchard.

"Dengan penampilan kuat tim Argentina dari minggu ke minggu dan itu menjadi pertandingan Piala Dunia FIFA terakhir dalam karir sepak bola Lionel Messi, kami telah melihat permintaan yang tinggi untuk kaus Argentina sepanjang turnamen," kata Chen dilansir dari Asia One.

Toko perlengkapan olahraga yang diwawancarai ST di Peninsula Shopping Center (tempat favorit untuk memorabilia olahraga) mengatakan jersey kandang telah terjual habis sejak minggu lalu dan mereka memperkirakan permintaan akan meningkat dalam beberapa bulan ke depan.

General Manager Crown Sports, Kuljeev Johal mengungkapkan sekitar 30 penggemar telah menanyakan tentang ketersediaan kaus tersebut pada Minggu (18/12/2022). Namun, itu masih dalam batas normal.

"Itu normal setelah setiap Piala Dunia untuk melihat permintaan kaus kedua tim di final. Kaus untuk tim yang menang akan diminati selama enam bulan hingga satu tahun," ungkap Johal.


Restock Januari

Sedangkan Direktur Champion Sports, Anil Kumar menyebutkan setidaknya ada lima orang yang telah menanyakan tentang jersey kandang pada Senin (19/12/2022) pagi. Meski tokonya masih memiliki enam hingga tujuh potong jersey tandang, dia berharap bisa segera terjual habis.

Untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat, toko-toko tersebut melakukan restocking jersey yang diperkirakan akan tiba pada awal Januari.

Direktur Penjualan di Weston Corp, Rajbir Chopra yang memiliki tujuh toko di seluruh pulau, mengatakan stok barunya akan tiba pada bulan Maret. Chopra mengatakan para konsumen menginginkan sepotong sejarah karena ini adalah Piala Dunia terakhir Lionel Messi.

"Bahwa jersey baru akan memiliki bintang tambahan tercetak di atasnya, menjadi tiga bintang untuk menandakan kemenangan Piala Dunia ketiga mereka pada hari Minggu," kata Chopra.

Sementara Prancis yang kalah di final Piala Dunia 2022 penjualan jersey mereka juga sangat kuat. Menurut Nike, jersey Prancis saat ini terjual habis secara online dan di toko-toko.


Jumlah Penonton

Final Piala Dunia 2022 memang menyita perhatian berbagai kalangan, dari masyarakat biasa, selebriti sampai pejabat penting negara. Beberapa di antaranya juga diundang langsung untuk menyaksikan final Piala Dunia 2022.

Dilansir FIFA, pertandingan yang diselenggarakan di Stadion Lusail Iconic ini diperkirakan kedatangan sekitar 88.000 penonton. Namun, jumlah ini terbilang masih sangat jauh dibanding final Piala Dunia 1950 yang mempertemukan Uruguay dan tuan rumah Brasil. Saat itu, hampir 200 ribu penonton datang ke stadion Maracana, Brasil.

Untuk penonton TV, diperkirakan ada 1,5-4,5 miliar pasang mata yang menyaksikan pertandingan final Piala Dunia 2022. Sebagai catatan, final Piala Dunia 2018 antara Prancis dan Kroasia ditonton oleh 1,12 miliar orang.

Para penonton yang langsung menyaksikan final Piala Dunia 2022 juga datang 1,5 jam sebelum pertandingan final dimulai, mengingat adanya Closing Ceremony meriah yang disajikan.

Aksi Messi di Sosmed Ciptakan Sejarah

Postingan Lionel Messi Usai Menangkan Piala Dunia 2022 Torehkan Sejarah di Media Sosial

Liputan6.com 2022-12-20 12:30:03
Pemain Argentina Lionel Messi mengangkat trofi juara di depan para penggemar usai mengalahkan Prancis pada pertandingan sepak bola final Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, 18

Sehari setelah memenangkan Piala Dunia pertamanya, Lionel Messi menambahkan prestasi lain untuk warisannya. Bintang Argentina ini, menorehkan catatan fantastis di medis soial.

Posting Instagram pertama Messi saat merayakan kemenangan Argentina atas Prancis di final Piala Dunia 2022 Qatar, pada Minggu, 18 Desember 2022 lalu, menjadi unggahan seorang atlet yang paling disukai dalam sejarah Instagram.

Unggahan Messi, yang berupa 10 foto dirinya merayakan kemenangan Argentina dengan rekan satu timnya mengangkat trofi Piala Dunia, hingga Senin sore kemarin disukai sekitar 49,5 juta.

"JUARA DUNIA!!!!!!!" Tulis Messi dalam bahasa Argentina di pos tersebut. "Berkali-kali aku memimpikannya, sangat aku menginginkannya sehingga aku masih belum jatuh, aku tidak percaya......"

"Terima kasih banyak untuk keluargaku, untuk semua yang mendukungku dan juga untuk semua. yang percaya pada kami. Kami membuktikan sekali lagi bahwa orang Argentina ketika kami berjuang bersama dan bersatu kami mampu mencapai apa yang kami tuju".

"Kelebihan dari kelompok ini, yang berada di atas individu, adalah kekuatan semua berjuang untuk mimpi yang sama yang dulu juga salah satu dari semua orang Argentina... Kita berhasil!!! LET'S GO ARGENTINA DAMN!!!!! Kita akan segera bertemu."


Rekor

Messi sebenarnya adalah bagian dari rekor sebelumnya untuk like terbanyak di postingan Instagram oleh seorang atlet.

Sebuah gambar yang menampilkan dia dan Cristiano Ronaldo bermain catur sebagai bagian dari iklan Louis Vuitton sebelum Piala Dunia adalah pemegang rekor sebelumnya untuk postingan yang paling disukai oleh seorang atlet dalam sejarah Instagram.

Namun, postingan di akun Ronaldo mendapat lebih banyak like (42 juta) daripada postingan gambar yang sama di akun Messi (32 juta).


Pengikut

Seperti diketahui Ronaldo memiliki 519 juta pengikut, dan paling banyak di aplikasi tersebut. Messi mencapai angka 400 juta pengikut di Instagram, memberinya pengikut terbanyak kedua di aplikasi.

Sebelumnya pada hari Senin, Messi membuat postingan Instagram kedua untuk merayakan pencapaiannya, yang hanya berupa foto dirinya di pesawat yang tersenyum dengan trofi Piala Dunia.


GOAT

Sebelumnya, di akun Instagram resmi Messi dan Adidas, kita bisa melihat ada simbol atau emoticon bergambar kambing atau Goat dalam unggahan terbaru mereka. Tapi makna GOAT di sini bukan berarti kambing.

Melansir dari laman resmi FIFA, Senin (19/12/2022), istilah GOAT dalam bola merupakan singkatan dari "Greatest of All Time" atau 'Terbaik Sepanjang Masa'. Istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan pemain sepak bola terbaik yang pernah ada.


Istilah

GOAT dalam olahraga merupakan istilah yang subjektif, sehingga ada banyak pendapat yang berbeda tentang siapa atlet terbaik yang pernah ada dalam suatu olahraga. Atlet yang disebut sebagai GOAT punya prestasi yang sangat tinggi di tingkat internasional dan sering memenangkan penghargaan individu.

Namun, beberapa pemain yang sering disebut sebagai GOAT umumnya memiliki prestasi juga di turnamen besar seperti Piala Dunia atau Champions League.


Infografis

 

Teman Masa Kecil yang Setia Menemani

Antonela Roccuzzo, Sosok Istri dan Teman Masa Kecil Messi yang Setia Menemani

Liputan6.com 2022-12-19 15:00:19
Istri lionel messi, Antonella Roccuzzo usai Argentina menang Piala Dunia 2022. (Dok: Instagram Antonella Roccuzzo)

Dibalik kesuksesan Lionel Messi, ada istrinya Antonela Roccuzzo yang telah menemaninya sedari kecil. Antonela dan Messi memang telah mengenal satu sama lain sejak kecil. Bahkan, keduanya mulai jatuh cinta di usia yang masih sangat muda. Meski cinta monyet memang umum terjadi, siapa sangka keduanya ternyata berjodoh.

Pasangan yang menikah pada 30 Juni 2017 ini kenal satu sama lain berkat Lucas Scaglia, yang merupakan teman masa kecil Messi sekaligus sepupu Antonela. Ketika pertama kali bertemu, Messi tampaknya langsung terpana oleh Antonela. Ia pun bertanya kepada Scaglia, "Siapa dia?" yang dijawab dengan "Antonela, sepupuku".

Menurut ayah Scaglia, Messi tidak bisa berpaling sedetikpun dari Antonela. Dilansir dari situs Daily Mail, setiap kali dia menginap di rumah Scaglia, Messi akan mencari alasan untuk berkunjung dengan harapan dia bisa melihatnya sekilas.

Messi juga menulis surat cinta dan mengatakan kepada Antonela bahwa ketika mereka berdua dewasa dia akan menjadi pacarnya. Keduanya terus berhubungan bahkan ketika Messi harus pindah ke Barcelona untuk mengejar kariernya saat usianya baru 13 tahun.

Suami istri ini diberkati oleh 3 putra yang manis bernama Thiago (10), Mateo (7), dan Ciro (4).

Kisah cinta Messi dan Antonela memang indah dan unik. Mereka telah bersama hampir sepanjang hidupnya dan telah melewati berbagai kesulitan bersama.

Sebagai salah satu pesepakbola andal yang tidak dapat dipandang sebelah mata, Messi tentunya melalui banyak masa sulit dalam karier profesionalnya. Meskipun demikian, Antonela dan ketiga anaknya akan selalu berada di sana untuk memberinya semua dukungan yang dia butuhkan.


Bangga dengan Messi

Ketika Timnas Argentina meraih kemenangan dalam ajang Piala Dunia 2022, Antonela turut hadir di sana bersama anak-anaknya serta keluarga lainnya untuk mendukung sang bintang. Keluarga kecil itu berbagi momen bahagia bersama untuk merayakan keberhasilan kapten Timnas Argentina tersebut.

Antonela juga membagikan beberapa foto melalui instagram pribadinya, mengungkapkan rasa bangga terhadap bintang kelahiran 1987 yang disebutnya tidak pernah menyerah dalam mencapai tujuannya.

Antonela yang telah berbagi suka duka bersama Messi sejak kecil, tentunya tahu perjuangan bintang pemenang trofi bola emas (Golden Ball) tersebut. Pantang menyerah, manis pahit perjalanan karier dilalui Messi demi mencapai impiannya.

Melalui akun instagram pribadinya, ia menulis, "Saya bahkan tidak tahu bagaimana memulainya. Sungguh kebanggaan besar yang kami rasakan untuk Anda @leomessi. Terima kasih telah mengajari kami untuk tidak pernah menyerah, bahwa kami harus berjuang sampai akhir."

Kini, perjuangan ayah tiga anak itu akhirnya terbayarkan. Antonella menumpahkan perasaan bahagianya atas keberhasilan pesepak bola berusia 35 tahun tersebut.

"Akhirnya Anda menjadi juara dunia, kami tahu apa yang Anda derita selama bertahun-tahun, apa yang ingin Anda capai!!!"

(Adelina Wahyu Martanti)


Lionel Messi Pemain Terbaik Piala Dunia 2022

Lionel Messi berhasil membawa timas Argentina memenangkan Piala Dunia 2022. Pesepakbola berusia 35 tahun itu pun dinobatkan sebagai peraih Bola Emas atau Golden Ball. Ini artinya Messi didapuk sebagai pemain terbaik selama Piala Dunia 2022 setelah memimpin Argentina menaklukkan Prancis dalam babak final.

Dalam laga Argentina versus Prancis, La Pulga memang memainkan peran penting. Messi menjadi motor serangan yang mengantar Tim Tango keluar sebagai juara Piala Dunia 2022.

Messi tercatat telah menyumbangkan tujuh gol bagi pasukan Lionel Scaloni sejak awal pelaksanaan FIFA World Cup edisi ini, dengan dua di antaranya tecipta di babak final kontra Prancis.

Eks Kader PSI Siap ke Parpol Baru?

Sejumlah Eks Kader PSI Berkumpul, Siap Berlabuh ke Parpol Baru?

Liputan6.com 2022-12-20 15:00:18
Diketahui, PSI menolak pin emas yang akan diberikan pada anggota DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024. (Foto: Merdeka.com)

Sejumlah eks kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) saling kumpul dan bertemu.

Foto pertemuan itu diunggah oleh Rian Ernest melalui akun Twitternya pada Selasa (20/12/2022).

Dalam cuitannya, terlihat hadir Rian Ernest, Tsamara Amany dan Michael Sianipar.

Turut hadir juga tokoh yang masih berstatus sebagai kader PSI yaitu William Aditya Sarana, Idris Ahmad dan Anggara Wicitra.

"Persahabatan dan perjuangan. Beda wadah, beda perahu itu bisa aja terjadi. Istiqomah dalam nilai, itu yang utama. Inklusif, transparan, meritokrasi. Untuk kebaikan masyarakat. Untuk Indonesia yang lebih hebat," tulis Rian Ernest.

Secara terpisah, eks kader PSI Tsamara Amany bilang pertemuan itu hanya ajang kumpul biasa. Ia bicara kontribusi untuk negara sebagai politisi muda.

"Kumpul santai aja. Kita bahas bagaimana kita bisa tetap kontribusi untuk Indonesia sebagai anak muda," ujarnya.


Tidak Terburu-buru

Ditanya karir politik setelah dari PSI, Tsamara mengaku belum minat gabung partai lain.

Sedangkan kawannya yaitu Rian dan Michael juga masih menimbang-nimbang.

"Teman-teman semua enggak ada yang buru-buru sih. Kalau saya sih memang belum ada keinginan gabung ke parpol lagi," katanya.

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

Tuntut Kerajaan Inggris Minta Maaf

Pangeran Harry dan Meghan Markle Tuntut Keluarga Kerajaan Inggris Minta Maaf

Liputan6.com 2022-12-19 13:07:59
Pangeran Harry dan Meghan Markle bergandengan tangan sebelum mengisi acara One Young World di Inggris. (dok. Instagram @misanharriman/https://www.instagram.com/p/CjQmzHBoQU3/?hl=en/Dinny Muti

Setelah perilisan serial dokumenter Harry & Meghan di Netflix, drama yang diciptakan Pangeran Harry dan Meghan Markle tak berarti selesai. Pasangan Sussex itu menuntut permintaan maaf dari keluarga Kerajaan Inggris sebelum mempertimbangkan hadir dalam penobatan Raja Charles III pada Mei 2023.

Tuntuan tersebut muncul setelah perilisan bagian terakhir serial Netflix mereka pada Kamis, 15 Desember 2022. Pasangan tersebut disebutkan dibayar sekitar 88 juta pound sterling atau sekitar Rp 1 triliun dengan harapan untuk berdamai dengan keluarga Kerajaan Inggris.

Terkait hal ini, juru bicara kerajaan menyatakan bahwa keluarga kerajaan bingung atas keinginan mereka untuk bertemu. Keluarga Kerajaan Inggris menolak untuk menanggapi hal tersebut sampai Pangeran Harry dan Meghan mengakui kesalahan mereka.

Melansir dari The Sun, Senin (19/12/2022), Pangeran Harry dan Meghan menginginkan permintaan maaf mereka setelah Lady Susan Hussey, mantan dayang Ratu Elizabeth II, bertemu dengan Ngozi Fulani untuk melakukan rekonsiliasi di Istana Buckingham, Inggris. Lady Susan meminta maaf secara pribadi kepada Fulani, sebelum pernyataan yang disepakati dari Pangeran Harry dan Meghan mengatakan keduanya ingin membangun kembali hidup mereka dengan damai setelah cobaan menyedihkan.

Salah satu sumber dekat dengan kedua pasangan tersebut menyebutkan, "Tidak ada hal yang seperti itu yang dilakukan ketika Harry dan Meghan hidup dalam kekhawatiran. Tidak ada pertemuan, permintaan maaf resmi, atau mengambil tanggung jawab atau pertanggungjawaban."

"Itu sulit untuk diterima 100 persen, mereka ingin mengadakan pertemuan," tambahnya.


Episode Lima Serial Harry & Meghan

Penulis biografi Mr Cawthorne menambahkan, "Angka penonton untuk serial Harry dan Meghan sangat fenomenal, tetapi orang-orang belum bersimpati kepada mereka."

Serial Netflix Harry dan Meghan tayang mulai Kamis, 15 Desember 2022, dan kembali menjadi kontroversi ketika Pangeran Harry menyebutkan bahwa Pangeran William meneriakinya selama pembicaraan Megxit. Ia juga mengklaim bahwa Raja Charles mengatakan hal-hal yang tidak benar.

Hal ini tampil pada episode lima ketika membahas bagaimana masa depan Harry dan Meghan di Firma diputuskan begitu mereka mengumumkan ingin pergi. Dalam Netflix, Harry berkata di depan kamera, "Sungguh menakutkan melihat saudara laki-laki saya berteriak dan meneriaki saya dan membuat ayah saya mengatakan hal-hal yang tidak benar, dan nenek saya diam-diam duduk di sana dan menerima semuanya."

Pangeran Harry mengklaim bagian terburuknya adalah apa yang terjadi pada hubungannya dengan Pangeran William. "Itu menciptakan irisan antara saya dan saudara laki-laki saya," kata Harry, ketika berbicara tentang klip mereka bermain di sebuah truk pemadam kebakaran tua.

"Dia sekarang berada di pihak institusi. Dan sebagian dari itu saya mengerti, itu adalah warisannya sehingga sampai batas tertentu sudah tertanam dalam dirinya bahwa bagian dari tanggung jawabnya adalah kelangsungan hidup dan kelanjutan institusi," sambung dia.


Pencopotan Gelar

Adanya hal-hal yang mengagetkan mengenai keluarga Kerajaan Inggris dalam film Netflix membuat sejumlah orang mendesak agar gelar bangsawan Harry dan Meghan dicopot. Menurut protokol kerajaan Putri Henry, jika gelar Sussex dicabut, Markle akan mendapatkan gelar kehormatan yang berbeda.

Hanya putri yang lahir dalam keluarga kerajaan yang diperbolehkan menggunakan nama asli mereka. Seorang wanita yang menikah dengan gelar putri, seperti Putri Michael dari Kent, menggunakan nama suaminya.

"Mengingat bahwa Sussex menyebut acara itu hanya 'Harry & Meghan,' mereka harus memutuskan sendiri untuk berhenti menggunakan gelar mereka," kata seorang pengamat kerajaan.

"Apakah mereka ingin menjadi orang normal, meskipun sangat kuat atau apakah mereka ingin hidup dalam bayang-bayang kehidupan kerajaan mereka sebelumnya?" katanya lagi.

Jika benar gelar Pangeran Harry dan Meghan dicabut, mereka akan dikucilkan dan tidak diterima lagi baik di keluarga Kerajaan Inggris atau dengan rakyat Inggris. "Aku tak bisa membayangkan mereka akan disambut. Aku pikir Harry tidak akan pernah diterima kembali di Inggris," sebut seorang jurnalis Inggris, Tom Brower kepada Page Six, Kamis, 8 Desember 2022.


Lady Susan Hussey dan Fulani

Adanya rekonsiliasi yang diselenggarakan di Istana Buckingham menandai pemulihan hubungan antara Lady Susan Hussey dan Ngozi Fulani. Dikabarkan bahwa mantan dayang Ratu Elizabeth II tersebut melakukan rasisme pada Ngozi Fulani, kepala eksekutif kelompok Sistah Space, London saat November lalu.

Fulani mencuit di Twitter bahwa "wanita itu mendekati saya, menggerakkan rambut saya untuk melihat lencana nama saya dan kemudian bersikeras menanyakan dari bagian Afrika mana dia berasal."

Saat ditanya hal tersebut, dirinya menjawab Hackney, Timur laut London. Namun, Lady Susan Hussey kembali bertanya, "Tidak, Anda berasal dari bagian Afrika mana?"

Dalam cuitannya, Fulani mengatakan insiden itu membuat perasaannya campur aduk setelah mengunjungi acara di istana. Setelah itu, dia menjadi tidak fokus pada acara.Lady Hussey ingin menyampaikan permintaan maaf yang mendalam atas perlakuan dan luka yang ditimbulkan. Pihak Kerajaan Inggris sudah menghubungi kembali Fulani untuk memberikan keterangan dan permintaan maaf lebih lanjut.

6 Peluru Menembus Tubuh Brigadir J

Ahli Forensik di Sidang Ferdy Sambo Cs Sebut 6 Proyektil Menembus Tubuh Brigadir J

Liputan6.com 2022-12-19 11:51:18
Terdakwa kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, Ferdy Sambo usai menjadi saksi dalam menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan,

Ahli Forensik dan Medikolegal RS Polri Kramat Jati Farah Primadani Karouw memberi keterangan dalam sidang lima terdakwa kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, termasuk Ferdy Sambo. Farah menyebut ada enam proyektil peluru yang menembus tubuh Brigadir J.

Lima terdakwa dalam kasus ini yakni Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E, Ricky Rizal alias Bripka RR, dan Kuat Maruf.

Awalnya, jaksa penuntut umum bertanya kepada Farah perihal awal mula menerima jenazah Brigadir J pada 8 Juli 2022 sekitar pukul 20.00 WIB.

"Betul kami menerima atas nama Nofriansyah Yosua Hutabarat," ujar Farah dalam kesaksiannya, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Senin (19/12/2022).

Dia menyebut, saat jenazah Brigadir J tiba di RS Polri Kramat Jati, dirinya tengah bertugas. Kemudian jenazah Brigadir J disimpan di ruang transit sambil menunggu surat dari tim penyidik.

Menurut dia, saat izin pemeriksaan forensik sudah keluar, dia mengaku menemukan tujuh luka tembak masuk dan enam luka tembak keluar. Menurut Farah, jenazah Yosua penuh dengan darah.

"Enam luka keluar ya. Berarti yang tembus enam?" tanya jaksa.

Farah pun membenarkan.

"Setelah kami buka kami menemukan luka tembak. Kami mengidentifikasi luka tembak masuk dan luka tembak keluar. Luka tembak tujuh masuk, serta enam buah luka tembak keluar," kata dia.

Farah mengungkap dari tujuh tembak itu terdapat satu proyektil yang bersarang di tubuh Brigadir J.

"Yang kami temukan bersarang di dada sisi kanan. Kami temukan sebuah proyektil saat autopsi," kata dia.


5 Ahli

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kembali menggelar sidang kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, Senin (19/12/2022). Agenda sidang kali ini adalah pemeriksaan ahli.

"Betul (agenda pemeriksaan ahli)," kata Humas PN Jakarta Selatan, Djuyamto saat dihubungi, Senin (19/12).

Hanya Bharada E yang tidak terlihat berada di ruang persidangan. Pada sidang sebelumnya, dia sempat dihadirkan secara virtual, Rabu 14 Desember 2022 lalu.

Akan tetapi, Djuyamto belum bisa memastikan apakah Bharada E kembali dihadirkan secara virtual atau tidak. Karena, hal itu akan diputuskan nantinya oleh hakim.

"(Bharada E virtual) nanti majelis yang menentukan," ujar dia.

Ahli yang akan hadir dalam sidang hari ini yakni Ahli Forensik Farah P Karow dan Ade Firmansyah, ahli digital forensik Adi Setya, Ahli inafis Eko Wahyu Bintoro serta ahli Muhammad Mustofa.

Menanti Gebrakan Panglima TNI Baru