9 Perceraian Artis Penuh Drama

Kaleidoskop 2022: 9 Perceraian Artis Penuh Drama, Ada Sule, Ronal Surapradja, Dewi Perssik, Isu Perselingkuhan Bongkar Aib Menyertainya

Liputan6.com 2022-12-20 09:20:00
Nathalie Holscher dan Sule. (Foto: Instagram @nathalieholscher)

Pernikahan atau perceraian artis Tanah Air memang menyita perhatian publik. Apalagi, sebagian besar dari mereka tak menyisakan ruang privasi lagi dan mengumbar alasan perceraian mereka.

Kadang, selebritas Indonesia yang membuka sendiri masalah yang menyebabkan perceraian pasangan sehingga terjadi beberapa peristiwa yang cukup menghebohkan.

Seperti saling melontarkan sindiran, bahkan dikabarkan adanya perselingkuhan yang mengakibatkan mereka memutuskan untuk bercerai.

Drama juga terjadi di ruang sidang perceraian yang terangkum dalam kaleidoskop 2022 yang diambil dari berbagai sumber. Siapa saja mereka? Ada Sule, Ronal Surapradja dan lain-lainnya. Kami rangkumkan untuk anda di sajiian Kaleidoskop 2022.


1. Vicky Prasetyo - Kalina Ocktaranny

Vicky Prasetyo mengakhiri rumah tangganya dengan Kalina Ocktaranny pada awal 2022. Keduanya menikah pada 13 Maret 2021, biduk rumah tangga dibinanya tak sampai satu tahun.

Ada perseteruan antara Vicky Prasetyo dengan Kalina. Mantan istri Deddy Corbuzier dianggap berselingkuh dengan pria lain sebelum resmi bercerai. Namun, Kalina membantahnya.

Ini bukan pernikahan pertama baik bagi Vicky Prasetyo maupun Kalina Ocktaranny.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


2. Ririn Dwi Ariyanti - Aldi Bragi

Menikah selama 11 tahun, tak membuat Ririn Dwi Ariyanti sanggup mempertahankan rumah tangganya dengan Aldi Bragi. Pada 10 Februari 2022 keduanya resmi bercerai.

Sebelumnya, Ririn sempat menyebut bahwa dirinya dan Aldi sudah lama pisah ranjang dan tak saling bicara.

Usai bercerai, Ririn Dwi Ariyanti, dikabarkan telah menjalin asmara dengan lawan mainnya dalam beberapa sinetron yaitu Jonathan Frizzy.


3. Jonathan Frizzy - Dhena Devanka

Pada 12 Februari 2022, Jonathan Frizzy dan Dhena Devanka resmi bercerai setelah 10 tahun merajut biduk rumah tangga. Selama berumah tangga keduanya dikaruniai tiga orang anak.

Sebelum pengadilan mengetuk palu perpisahan, keduanya sempat saling lapor terkait dugaan kekerasan yang dilakukan.

Kini, sudah berpisah terlihat Dhena dan Ijonk makin nggak akur. Bahkan, Dhena masih menyindir di media sosial.


4. Dewi Perssik - Angga Wijaya

Dewi Perssik membina rumah tangga dengan Angga Wijaya selama lima tahun. Namun, rupanya keduanya sudah tak bisa mempertahankan sehingga pada 20 Juni 2022 pasangan ini resmi bercerai.

Ada drama yang terjadi sebelum perpisahan diresmikan pengadilan agama. Depe, begitu biasa disapa, membongkar aib Angga Wijaya, yang disebut-sebut telah mengambil uang miliknya dengan mengatasnamakan orang lain.


5. Sule - Nathalie Holscher

Hanya sanggup dua tahun lamanya Sule dan Nathalie Holscher merajut cinta dalam ikatan suci pernikahan. Tepat pada 10 Agustus 2022, pasangan ini resmi bercerai.

Gugatan cerai dilayangkan Nathalie Holscher ke Pengadilan Agama Cikarang, Bekasi. Sebelumnya, hubungan Nathalie dengan putri komedian, Putri Delina dikabarkan tak baik.

Dan itu pemicu mantan DJ ini tak kuat berumah tangga dengan Sule. Apalagi, kabarnya pria bernama asli Sutisna, berselingkuh.

Dari pernikahan ini, Sule dan Nathalie Holscher dikaruniai satu anak, Adzam Andriansyah Sutisna.


6. Ronal Surapradja - Seruni Purnamasari

Ronal Surapradja dan sang istri, Seruni Purnamasari resmi bercerai pada 12 Oktober 2022. Namun, Seruni mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Agama DKI karena dianggap nafkah iddah, mut'ah serta pembagian rumah yang selama ini ditempati tidak sesuai.


7. Ratu Rizky Nabila - Ibrahim Alhami

Ratu Rizky Nabila resmi dipersunting pria asal Libya, Ibrahim Alhami pada 26 November 2022. Dua hari kemudian, ia meminta cerai.

Dari kedua belah pihak mengungkapkan pendapatnya tentang perceraian tersebut. Ibrahim mengaku bahwa ada pria lain di hati Ratu Rizky Nabila setelah mereka menikah.

Sementara, Ratu Rizky Nabila menjelaskan bahwa pernikahan mereka tidak mendapat restu dari orangtua Ibrahim. Disebutkan juga Ibrahim sebelumnya sudah menikah dengan wanita lain.


8. Roro Fitria - Andre Irawan

Belum genap satu tahun membina rumah tangga, Roro Fitria dan sang suami, Andre Irawan memutuskan untuk berpisah. Majelis hakim mengetuk palu menyatakan keduanya resmi bercerai pada 6 Desember 2022.

Selama berjalannya sidang, banyak kehebohan yang terjadi antara Roro Fitria dan Andre Irawan. Keduanya saling tuduh, dan berusaha menepis kabar-kabar tak menyenangkan.


9. Reza Arap - Wendy Walters

Hingga kini, kasus perceraian Reza Arap dan Wendy Walters di Pengadilan Negeri Jakarta Utara belum selesai. Namun, untuk mediasi menyatukan keduanya dinyatakan gagal.

Walau majelis hakim belum mengetuk palu, namun Reza Arap sudah senang bisa berpisah dari wanita yang dipacarinya selama empat tahun, dan dinikahinya dua tahun.

Alasan Wendy Walters mengajukan gugatan cerai isunya ada perselingkuhan yang dilakukan Reza Arap.

Tidur dengan Trofi Kemenangan

Selain Lionel Messi, 4 Pesepak Bola Ini Unggah Foto Tidur dengan Trofi Kemenangan

Liputan6.com 2022-12-21 15:30:00
Lionel Messi tidur dengan trofi Piala Dunia 2022 Qatar.

Piala Dunia 2022 telah usai dan tim nasional Argentina berhasil keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan sang juara bertahan Prancis.

Usai kemenangan bersejarah ini, masing-masing pemain Argentina tidak lupa membagikan momen bahagia mereka lengkap dengan pesan-pesan terima kasih. Salah satunya tentu dari sang pilar utama, Lionel Messi.

Tercatat sampai saat ini, Rabu (21/12/2022), pemenang tujuh kali Ballon d'Or tersebut telah membuat 5 unggahan berkaitan kemenangan Piala Dunia-nya.

Salah satu unggahan Messi bahkan memecahkan rekor menjadi unggahan dengan like terbanyak di Instagram dan seluruh media sosial.

"Buen da (Selamat pagi)!" tulis Lionel Messi dalam caption, lengkap dengan emoji wajah tersenyum besar.

Menyusul unggahan lucu ini, banyak penggemar yang merespons positif.

"Dia memiliki waktu terbaik dalam kariernya," tulis salah satu penggemar

"Tidur malam terbaik yang pernah dimiliki Messi," tulis penggemar lainnya.

Ada juga yang dengan lucu bertanya di mana istrinya tidur bila trofi tersebut yang ada di kasur menemani Lionel Messi.

"Lihat siapa yang bangun di sebelah Leo hari ini Terus Anto (Antonela Roccuzzo) tidur dimana?" tulis penggemar.

Ternyata, Lionel Messi bukan yang pertama melakukan hal semacam ini. Sebelumnya, beberapa pemain ternama juga mengunggah foto diri mereka tidur dengan trofi kemenangan. Siapa saja?


1. Sadio Mane

Pertama ada Sadio Mane yang saat itu berhasil membawa pulang trofi kompetisi Africa Cup of Nations atau Afcon pada awal Februari tahun 2022.

Melalui unggahan Instagramnya @sadiomaneofficiel, Sadio Mane memperlihatkan dirinya di tempat tidur dengan medali emas di leher dan piala AFCON di sampingnya.

Perlu diketahui bahwa Sadio Mane mendapatkan trofi tersebut setelah Senegal mengalahkan Mesir di AFCON 2021 lewat adu babak penalti.


2. Robert Lewandowski

Kedua ada Robert Lewandowski saat masih berseragam Bayern Munchen. Saat itu Lewandowski memamerkan trofi Liga Champions UEFA 2020-nya.

"Bangun seperti ini #aboutlastnight #uclfinal @fcbayern" tulis striker tersebut di caption.

Sebagai informasi, Robert Lewandowski berhasil menang Liga Champions UEFA 2020 usai Bayern Munchen mengalahkan Paris Saint-Germain 1-0.


3. Leonardo Bonucci & Giorgio Chiellini

Lalu ada bek Italia, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini.

Usai kemenangan Italia atas Inggris di UEFA EURO 2020, Leonardo Bonucci mengunggah fotonya bersama sang rekan sedang tiduran di kasur. Di tengah-tengah mereka, trofi EURO 2020 ikut mejeng.

"Jangan khawatir, tidur aman. Kami melindunginya. @giorgiochiellini @azzurri #championideuropa #euro2020" tulis Leonardo Bonucci di caption.


4. Kenny Dalglish

Jauh sebelum itu, ternyata di tahun 1978 foto bersama trofi di kasur juga sudah pernah dilakukan pemain sepak bola. Hal ini dilakukan oleh bintang Liverpool Kenny Dalglish.

Kenny Dalglish berpose dengan trofi Liga Champions yang saat itu masih dikenal dengan nama European Cup. Trofi tersebut merupakan trofi European Cup kedua Liverpool, usai di tahun sebelumnya juga menang.

Saat itu Liverpool berhasil mengalahkan Club Brugge setelah di pertemuan pertama menang 3-2 dan di pertemuan kedua seri 1-1.

Kenny Dalglish in bed with the European Cup in 1978. @thisisanfield pic.twitter.com/D7AdeAgXeR

Bansos Rp 470 T untuk Rakyat

Pemerintah Bakal Bagi-Bagi Bansos Rp 470 Triliun di 2023

Liputan6.com 2022-12-21 13:45:05
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam seminar outlook perekonomian Indonesia 2023 dengan tema resiliensi ekonomi melalui transformasi struktural, di Jakarta, Rabu (21/12/2022)

Pemerintah akan menggelontorkan anggaran Rp 470 triliun untuk bantuan sosial (bansos) untuk tahun 2023.

Hal itu disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam seminar outlook perekonomian Indonesia 2023 dengan tema resiliensi ekonomi melalui transformasi struktural, di Jakarta, Rabu (21/12/2022).

"Tahun ini kami membelanjakan untuk subsidi kompensasi di atas Rp500 triliun, tahun depan bansos kami mencapai Rp470 triliun. Itu untuk menjaga daya beli masyarakat dan memberikan jaring pengaman sosial, terutama kepada kelompok yang rentan," kata Menkeu.

Bendahara negara ini menegaskan, anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) kini menjadi shock absorber Pemerintah Indonesia dalam menghadapi ketidakpastian global.

Lebih lanjut, strategi fiskal yang akan dilakukan Pemerintah Indonesia ke depan yaitu dengan cara menjaga sekaligus memperbaiki fundamental sumber pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Disisi lain, Menkeu menyampaikan terdapat beberapa aspek yang bisa meningkatkan level kompetitif ekspor Indonesia, diantaranya konsumsi, investasi, peraturan dan insentif.

Tak kalah penting, belanja Pemerintah harus terus diperbaiki agar APBN dapat dimanfaatkan dan disalurkan dengan baik.

"Bapak Presiden beliau hari ini menyampaikan sangat spesifik, belanja pemerintah yang kualitasnya masih harus diperbaiki. Ada yang beli alat ternyata gak dipakai, itu observasi dari seorang Presiden yang tahu betul apa yang terjadi. Jadi bukan hanya besarnya belanja, tapi kualitas belanja beliau sangat tekankan," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kemampuan domestik dalam ngeri harus terus digarap dan memanfaatkan seluruh asetnya dengan baik.

"Salah satu hal yang sangat berat, bahwa kita ini terlalu banyak membiarkan aset-aset negara menjadi aset-aset yang tidur dan nganggur tidak produktif," pungkas Jokowi.


Sri Mulyani: 45 Juta Orang Akan Bepergian Selama Nataru

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memperkirakan sebanyak 45 juta orang akan bepergian selama libur Natal dan tahun baru (Nataru).

Dengan besarnya jumlah orang yang bepergian, Sri Mulyani yakin hal itu akan meningkatkan kondisi ekonomi.

"Akan ada sekitar 45 juta masyarakat melakukan travelling pada akhir tahun ini tentu akan meningkatkan kegiatan ekonomi. Namun, di sisi lain, tetap terjaga dari sisi ancaman covid-19," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual APBN Kita 2022, dikutip dari Youtube Kemenkeu (20/12).

Sri Mulyani pun berharap 2022 sebagai tahun ketiga pandemi Covid-19 akan menjadi tahun terakhir untuk Indonesia.

"Mngenai pandemi ini adalah tahun ketiga dan kita harapkan merupakan tahun terakhir untuk Indonesia," pungkasnya.

Dia juga menyebut kondisi pandemi di Indonesia saat ini terhitung baik, di mana jumlah kasus Covid-19 yang rendah dan tingkat vaksinasi yang tinggi.

Meskipun demikian Menkeu mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati karena aktivitas masyarakat yang akan meningkat selama libur Nataru.

"Secara keseluruhan Indonesia dalam situasi yang relatif baik dari jumlah kasus maupun kenaikan vaksinasi. Jelang akhir tahun ditekankan oleh pemerintah kemarin di dalam sidang kabinet menjelang Nataru ini kita akan terus berhati-hati," ungkapnya.


Sri Mulyani Harap 2022 Jadi Tahun Terakhir Pandemi Covid-19

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap 2022 menjadi tahun terakhir Indonesia berada dalam status pandemi Covid-19. Hal ini melihat kasus Covid-19 di Indonesia secara keseluruhan dalam situasi yang relatif baik.

"Kita harapkan ini tahun terakhir untuk Indonesia dan dunia menghadapi pandemi," ujar Sri Mulyani dalam acara APBN KiTa, Selasa, Jakarta (20/12/2022).

Menjelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Sri Mulyani juga berharap tidak ada kenaikan kasus covid-19. Mengingat, prediksinya di akhir tahun ini akan ada sekitar 45 juta masyarakat akan melakukan perjalanan akhir tahun ini.

"Kita akan terus berhati-hati agar kegiatan masyarakat yang akan sangat meningkat yaitu akan ada sekitar 45 juta masyarakat melakukan pada akhir tahun ini, tentu akan meningkatkan kegiatan ekonomi. Namun di sisi lain tetap terjaga dari sisi ancaman Covid-19," tuturnya.

Di sisi lain, saat ini dunia sedang terfokus kepada negara China karena membuka melakukan pembukaan aktivitas dari masyarakatnya yang kemudian diikuti kenaikan kasus dari Pandemi Covid-19.

"Saat ini dunia sedang terfokus kepada situasi RRT (Republik Rakyat Tiongkok) yang melakukan pembukaan aktivitas dari masyarakatnya yang kemudian diikuti kenaikan kasus dari pandemi covid-19," terang Sri Mulyani.


Pandemi Mereda, Perjalanan Wisata Domestik Naik Drastis

Pandemi Covid-19 diyakini mengubah persepsi sebagian masyarakat Indonesia terhadap destinasi wisata yang ingin didatangi. Sektor pariwisata memang sangat terdampak dengan menurunnya kunjungan wisatawan. Namun di sisi lain, pandemi juga memunculkan beragam tren wisata baru, termasuk membuat wisata domestik menjadi pilihan utama.

Hal itu sejalan dengan temuan Traveloka. "Pasar domestik mengalami tren yang cukup positif. Sekarang pilihan masyarakat lebih beragam. Sekarang juga masyarakat lebih eksploratif," jelas Chief Marketing Officer Traveloka Shirley Lesmana dalam diskusi media "Traveloka tagline baru: Life, Your Way" di Jakarta, Kamis, 8 Desember 2022.

Shirley mengatakan, pandemi membuat sebagian besar wisatawan lokal menyadari bahwa Indonesia sangat cantik dan memiliki ragam destinasi menarik. Perjalanan ke Indonesia Timur, seperti Labuan Bajo dan Mendalika, jadi pilihan favorit pelancong.

"Ada sejumlah destinasi yang lebih kuat dibandingkan saat sebelum pandemi. Ini membuat pemerintah dan travel platform bekerja sama, destinasi yang banyak dipilih didukung marketing yang baik dan infrastrukturnya," ucap Shirley.

Laporan e-Conomy SEA 2022 menyebutkan, sektor perjalanan menunjukkan tren pemulihan yang bertahap dan akan mencapai pemulihan penuh pada 2023 dan 2024. Laporan yang sama menyebutkan perjalanan domestik menunjukkan tren pemulihan yang lebih cepat, di mana tercatat pemesanan hotel di Asia Tenggara mencapai hampir 80 persen level sebelum pandemi.

Akhir Tahun PPKM Dihentikan?

Jokowi: Mungkin Akhir Tahun Kita Nyatakan Berhenti PPKM

Liputan6.com 2022-12-21 13:15:46
Penumpang berjalan usai menaiki moda transportasi MRT di Jakarta, Selasa (15/11/2022). PT MRT Jakarta (Perseroda) melakukan perubahan kebijakan waktu operasional yang berlaku mulai Selasa, 15

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mencabut kebijakan Pembatasan Sosial Berskala besar (PSBB) atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di akhir tahun. Dengan pencabutan ini maka tidak akan ada lagi berbagai pembatasan yang semua dijalankan untuk mencegah penularan Covid-19.

"Mungkin nanti akhir tahun kita akan menyatakan berhenti PSBB - PPKM kita," kata Jokowi saat memberikan sambutan di acara Outlook Ekonomi Indonesia 2023 di Hotel Ritz Calton, Jakarta Selatan, Rabu (21/12/2022).

Jokowi bercerita, mengenai masa awal pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia. Bahkan saat varian Delta merebak di tanah air, kasus harian mencapai puncaknya yakni 56 ribu kasus per hari.

Kala itu, mayoritas menteri-menteri menyarankan dirinya mengeluarkan kebijakan penguncian wilayah (lockdown). Namun hal tersebut tidak diambil dan memilih melakukan pembatasan kegiatan masyarakat saja.

"Saat itu saya ingat hampir 80 persen menteri sarankan saya buat lockdown termasuk masyarakat yang menyampaikan hal yang sama," kata dia.

Jokowi menilai kebijakan yang diambil kala itu sangat tepat. Dengan kebijakan PPKM perekonomian Indonesia masih tetap bisa berjalan walau lemah. Namun hal itu jauh lebih baik karena telah mengantarkan kondisi Indonesia di hari ini.

"Kalau itu (lockdown) kita lakukan saat itu, mungkin ceritanya akan lain," ungkapnya.

Kala itu negara kekurangan alat pelindung diri (APD), oksigen hingga pasien yang menumpuk di rumah sakit. Jokowi mengklaim, kala itu semua pihak masih bisa cukup tenang untuk menghadapi situasi darurat.

"Untuk kita saat itu masih tenang, enggak gugup dan gelagapan. Sehingga situasi sulit bisa dikelola dengan baik," kata dia.

Ketika kasus penyebaran mulai melandai, pasien yang sakit sudah berkurang, kondisi ekonomi kembali bergairah. Namun di akhir tahun 2021 muncul varian baru dari virus corona yakni omicron. Saat penyebaran varian omicron ini puncak kasus Covid-19 mencapai 64 ribu kasus per hari.

Kini dengan penanganan yang semakin membaik. Penyuntikan vaksin kepada masyarakat, kondisi jauh lebih baik. Jokowi menyebut saat ini hanya ada 1.200 orang yang sedang terinfeksi virus corona.

"Perjalanan seperti itu harus kita ingat betapa sulitnya kita. Oleh karena itu kemampuan domestik terus harus kita garap," pungkasnya.


PPKM Diperpanjang Jelang Nataru, Seluruh Wilayah Level 1

Sebelumnya, Kemendagri memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di penghujung tahun 2022. Regulasi tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 50 Tahun 2022 untuk Perpanjangan PPKM Wilayah Jawa dan Bali dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 51 Tahun 2022 untuk Perpanjangan PPKM Wilayah Luar Jawa Bali yang mulai berlaku 6 Desember 2022 sampai dengan tanggal 9 Januari 2023.

"Hari ini kami sampaikan bahwa PPKM Jawa Bali dan luar Jawa Bali akan tetap diperpanjang untuk menekan laju kenaikan COVID-19. pemerintah tetap harus mengambil keputusan memperpanjang PPKM untuk menahan laju kenaikan COVID-19 terutama menjelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru)," kata Dirjen Bina Adwil, Safrizal.

Ia mengatakan bahwa pengaturan ini lebih kepada langkah antisipatif pemerintah menghadapi libur natal dan tahun baru.

"Perlu kami sampaikan bahwa perpanjangan kali ini sekaligus sebagai persiapan pemerintah dan pemerintah daerah untuk menghadapi adanya libur natal dan tahun baru, sehingga kegiatan masyarakat baik di tempat ibadah maupun fasilitas umum lainnya dapat berjalan dengan baik dan tidak menjadi pusat penyebaran virus Covid-19," Terang Safrizal (6/12/2022).


Seluruh Level 1

Seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia saat ini masih ditetapkan berada di Level 1 berdasarkan indikator yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Dengan demikian, seluruh kegiatan dapat dilaksanakan secara normal dengan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan secara ketat dan screening menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

"Walaupun seluruh aktivitas dapat beroperasi 100 persen, kami tegaskan kembali kepada setiap pengelola gedung ataupun panitia kegiatan untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi, termasuk kepada seluruh masyarakat yang akan beraktivitas di pusat perbelanjaan, hingga pada saat nonton bareng perhelatan Piala Dunia 2022."


Prokes Mulai Longgar

Safrizal menyebutkan bahwa subvarian Omicron XBB menjadi salah satu faktor naiknya jumlah kasus aktif di Indonesia. Di samping itu kenaikan kasus aktif COVID-19 salah satu penyebabnya adalah mulai longgarnya kesadaran masyarakat terhadap penerapan protokol Kesehatan, terutama pemakaian masker di tempat umum.

Safrizal juga kembali mengajak seluruh komponen untuk meningkatkan capaian Vaksinasi Dosis Ketiga yang pada minggu ini masih berada di bawah 30 persen.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Ronaldo Hengkang ke Al-Nassr?

Cristiano Ronaldo Segera Selesaikan Kepindahan ke Al-Nassr di Akhir Tahun

Liputan6.com 2022-12-21 09:30:17
Nama pertama ada Cristiano Ronaldo. Piala Dunia 2022 akan menjadi edisi kelimanya bersama Timnas Portugal. CR7 sendiri telah mengoleksi 188 caps dan 177 gol untuk Seleccao. Pada tahun ini, Ro

Cristiano Ronaldo dilaporkan sudah siap untuk menyelesaikan kepindahan ke klub Al-Nassr pada akhir tahun. Kabarnya, penyerang Portugal itu akan mendapat kontrak selama dua tahun.

Pemain berusia 37 tahun itu menjalani musim kedua di Manchester United atau MU dengan akhir cukup pahit. Dia hengkang dari klub Liga Inggris itu setelah wawancara eksplosifnya dengan Piers Morgan dipublikasikan.

Setelah mengakui bahwa dia tidak menghormati Erik ten Hag dan keluarga Glazer, kontrak Ronaldo di Old Trafford diakhiri dengan kesepakatan bersama.

Pencarian klub baru untuk pemenang Ballon d'Or lima kali ditunda karena dia fokus pada perjalanan Portugal di Piala Dunia 2022. Namun, Ronaldo dkk disingkirkan Maroko di perempat final.

Sejak tersingkirnya Portugal, sang penyerang terus menjaga kebugarannya di fasilitas latihan Real Madrid menjelang langkah karier berikutnya. Dan, raksasa Arab Saudi Al-Nassr telah dianggap sebagai salah satu favorit untuk mengontrak Ronaldo.


Sibuk

Manajer Al-Nassr Rudi Garcia menyambut baik kesempatan untuk melatih Ronaldo, meskipun presiden klub Musalli Al Muammar membantah bahwa pembicaraan telah dilakukan.

"Cristiano baru-baru ini sibuk dengan Piala Dunia dan saya tidak berharap dia bernegosiasi dengan siapa pun. Kami tidak akan berbicara tentang pemain lain, saya berharap yang terbaik untuk Cristiano dengan keputusan apa pun," kata Al Muammar kepada SSC Sports.


Bayaran Tertinggi

Namun, Marca melaporkan bahwa pemain berusia 37 tahun itu akan menyelesaikan transfer ke Al-Nassr pada akhir tahun, dan dia akan menandatangani kontrak dua setengah tahun hingga musim panas 2025.

Laporan itu menambahkan bahwa Ronaldo saat ini tinggal di Dubai sambil menunggu kepindahannya ke klub raksasa Saudi. Kontraknya bernilai sangat besar 200 juta euro atau 175 juta pounds, menjadikannya pemain dengan bayaran tertinggi di dunia.

Pemimpin Arab Saudi juga dikatakan berharap bahwa penandatanganan Ronaldo akan membantu mereka dalam upaya mereka untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030. Apalagi, sang striker tampaknya telah menyerah untuk bermain di Liga Champions lagi.


Klub Eropa

Mantan pemain Real Madrid dan Juventus itu sebenarnya ingin tetap di Eropa dan terus bermain di kompetisi utama benua itu, tetapi dia hanya memiliki sedikit pelamar di dekat rumahnya.

Sporting Lisbon dan Chelsea sempat dikaitkan dengan kepindahan penyerang veteran itu, sementara Bayern Munich dan Paris Saint-Germain sama-sama mengesampingkan diri mereka sendiri.

Ronaldo gagal menjadi starter reguler untuk Ten Hag setelah melewatkan periode pramusim yang panjang. Dia hanya mencetak tiga gol dan membuat dua assist dalam 16 pertandingan untuk Man United musim ini.


Pensiun

Striker itu memulai ketiga pertandingan grup Piala Dunia Portugal, mencetak satu gol melawan Ghana, tetapi ia ditempatkan di bangku cadangan untuk kedua pertandingan sistem gugur mereka bersama Swiss dan Maroko.

Ronaldo bermain 39 menit sebagai pemain pengganti dalam kekalahan di laga perempat final lawan Maroko. Meski begitu, dia tampaknya tidak memiliki rencana untuk pensiun dari sepak bola internasional.

"Yang Pusing Diberikan ke Saya"

Sindir Menteri, Jokowi: Yang Pusing Diberikan ke Saya, Nyanyi dan Makan Tak Pernah Diajak

Liputan6.com 2022-12-21 13:32:51
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Sidang Kabinet Pengarahan Presiden dan APBN 2022 di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu, 17 November 2021. (Dok Sekretariat Kabinet RI)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyindir para menteri yang selalu menghadapnya bila ada masalah. Namun, Jokowi mengaku tak pernah diajak para menterinya apabila ada acara bersenang-senang seperti menyanyi dan makan-makan.

"Tapi yang pusing pusing biasanya diberikan kepada saya. Kalau yang masalah, yang problem menteri-menteri itu mesti menghadap saya. Tapi yang enak enak kayak kemarin nyanyi-nyanyi, makan-makan tidak pernah mengajak saya," kata Jokowi dalam acara Outlook Perekonomian Indonesia Tahun 2023 di Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Jokowi tak menjelaskan acara bersenang-senang yang dilakukan jajaran menterinya itu. Topik ini disinggung Jokowi saat berbicara soal hilirisasi industri yang didukung energi hijau.

Dia menekankan pentingnya hilirisasi dan energi hijau menjadi kunci. Jokowi pun telah meminta agar strategi hilirisasi dibuat dalam ekosistem besar agar menjadi produk premium dapat bersaing dengan negara negara lain.

"Dua hal tadi hilirisasi kemudian didukung energi hijau. Sulitnya adalah pelaksanaan. Tapi yang pusing pusing biasanya diberikan kepada saya," tutur Jokowi.


Jokowi Targetkan Pembangunan 60 Bendungan Rampung Akhir 2024

Di sisi lain, Presiden Jokowi menargetkan pembangunan 60 bendungan di sejumlah daerah di Indonesia rampung pada akhir 2024. Hingga kini, sudah 30 bendungan yang sudah diresmikan oleh pemerintah.

"Pemerintah menargetkan pembangunan sekitar 60 bendungan sampai akhir 2024. Hari ini, saya meresmikan bendungan ke-30 yakni Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur," kata Jokowi melalui akun Instagramnya @jokowi, Selasa, 20 Desember 2022.

Adapun Bendungan Semantok dibangun sejak tahun 2017 dengan nilai investasi mencapai Rp2,5 triliun. Kapasitas tampungnya sangat besar yaitu 32,67 juta meter kubik dengan luas genangan 365 hektare.

Jokowi menyebut bendungan ini akan mengairi sekitar 1.900 hektare sawah. Menurut dia, ketersediaan air merupakan kunci keberhasilan banyak sektor, dari pariwisata hingga pertanian.

"Dengan makin banyaknya bendungan yang dibangun, saya berharap produksi pertanian kita makin baik, kesejahteraan petani Indonesia pun meningkat," ujar Jokowi.

Sebagai informasi, Bendungan Semantok berada di Desa Sambikerep dan Desa Tritik, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Pembuatan Waduk Semantok ini merupakan mega proyek nasional yang langsung diperintahkan oleh Presiden Joko Widodo.

Bendungan Semantok memiliki peran penting mulai dari pencegah atau pengendali banjir, sarana pengairan atau irigasi persawahan di lingkungan sekitar, hingga sarana pendukung untuk infrastruktur pembangkit listrik layaknya PLTA.


Perkuat Ketahanan Air dan Pangan

Bendungan yang bakal memperkuat ketahanan air dan pangan di Nganjuk dan sekitarnya ini memiliki panjang mercu bendungan 3.100 meter.

Bendungan bertipe urugan random tanah tipe zonal dengan inti tegak ini memiliki tinggi 38,5 meter. Nantinya pun bendungan ini memiliki luas area genangan 365 hektar, sehingga pada saat musim kemarau bendungan ini dapat menyuplai air.

Tak hanya itu, kehadiran Bendungan Semantok juga dapat memberikan manfaat sebagai pengendali banjir, karena daya tampungnya yang besar hal ini membuat bendungan dapat menahan air yang berlimpah saat musim hujan.

Adanya bendungan ini juga nantinya untuk pemeliharaan sungai di hilir bendungan sebesar 30 liter/detik dan mereduksi banjir 30 persen di Kabupaten Nganjuk dan sekitarnya.

Pegang Trofi Piala Dunia, Chef Salt Bae Dikecam

Pegang Trofi Piala Dunia 2022, Chef Salt Bae Dikecam Warganet

Liputan6.com 2022-12-21 13:50:12
Salt Bae, chef asal Turki dan pemilik restoran steak, memegang trofi Piala Dunia yang dimenangkan timnas Argentina. (dok. Instagram @nusr_et/https://www.instagram.com/p/CmUp3QRrf34/?hl=en/Din

Penggemar sepak bola terutama warganet di dunia saat ini tengah mengkritik salah satu chef selebritis yang dikenal dengan nama Salt Bae. Chef Salt Bae atau Nurset Gokce ini mulai dikecam setelah beberapa cuplikan dan foto dirinya tersebar di media sosial.

Dalam foto-foto dan video yang tersebar tersebut, Chef dikritik karena ikut menyentuh trofi Piala Dunia 2022. Tindakan itu dikecam karena piala seharusnya hanya disentuh oleh para pemain, ofisial, ataupun petinggi negara dari juara dunia tersebut.

Video ketika Salt Bae berinteraksi dengan pemain Argentina dan mengambil piala itu juga ramai dibicarakan warganet karena tindakannya yang dinilai tidak sopan.

"Serius, trofi itu bukan milikmu. Ini hanya untuk pemain, mengapa malah kamu ada di sana, di lapangan?," ujar salah satu akun Instagram @vikramakojwar.

"Mengapa kamu mengambil trofi dari para pemain sepak bola dan anak-anak mereka? Tingkat ngerinya... bersaing dengan balita dia benar-benar tidak punya malu," kata akun @lynn_chambrier.

Warganet juga bertanya-tanya mengapa seorang koki asal Turki bisa ada di sana bahkan berada di lapangan di sela-sela perayaan gelar juara Timnas Argentina. Apalagi Chef Salt Bae sendiri juga tidak ada hubungannya dengan para pemain.


Rihanna

Kecaman mengenai orang lain menyentuh trofi Piala Dunia ini tidak hanya terjadi pada Salt Bae. Sebelumnya, penyanyi Rihanna juga pernah melanggar aturan karena menyentuh trofi selama pesta kemenangan Jerman setelah pertandingan.

Foto selfie-nya mendapatkan kritikan dari warganet, tidak jauh berbeda dengan kritikan yang diterima Chef Salt Bae di Instagram-nya saat ini. Banyak warganet yang marah dan kesal dengan tingkah Chef Salt Bae.

Mengutip dari situs resmi FIFA, bahwa Piala Dunia adalah salah satu simbol olahraga yang paling dikenal dan ikon yang tak ternilai harganya. Maka dari itu, trofi Piala Dunia asli tersebut hanya bisa disentuh serta dipegang oleh sekelompok orang terpilih saja mulai dari pemenang Piala Dunia dan juga kepala negara.

Tersinggung karena Satelit Korut Dicemooh

Adik Kim Jong-un Tersinggung Lantaran Satelit Korea Utara Dicemooh Jelek

Liputan6.com 2022-12-21 13:34:55
Kim Yo-jong disebut sebagai pewaris tahta pemimpin Korea Utara, jika Kim Jong-un meninggal dunia. (Sumber: Forbes)

Korea Utara telah mengembangkan teknologi canggih untuk mengambil gambar dari ruang angkasa menggunakan satelit mata-mata.

Hal ini ditegas saudara perempuan pemimpin Kim Jong Un setelah para ahli mencemooh gambar hitam-putih yang diduga diambil dari ruang angkasa dalam peluncuran akhir pekan kemarin.

Pembelaan Kim Yo Jong atas kemampuan satelit Korea Utara muncul setelah negara yang terisolasi itu mengatakan pihaknya sudah melakukan uji "tahap akhir" untuk pengembangan satelit pengintaian.

Tetapi para ahli di Seoul ragu, dan mengatakan kualitas foto yang diambil dari satelit mereka terlalu buruk, dikutip dari NST.com.my, Rabu (21/12/2022).

Kantor Berita Pusat Korea Utara langsung merespons dengan merilis penyataan Kim yang menyebut; resmi, "terlalu ceroboh" untuk mengevaluasi kemajuan dan kemampuan pengembangan satelit Pyongyang berdasarkan dua gambar tersebut.

"Kami telah melakukan tes dan melaporkan hasil yang signifikan serta memuaskan," katanya.

Pengembangan satelit pengintaian militer adalah salah satu proyek pertahanan utama Pyongyang.

Awal tahun ini, Pyongyang melakukan dua peluncuran, dan mengklaim sedang menguji komponen untuk satelit pengintaian, yang menurut Amerika Serikat dan Korea Selatan kemungkinan melibatkan komponen rudal balistik antarbenua (ICBM) bernama Hwasong-17.

Kim Yo-jong menepis analis ahli yang meragukan bahwa Korea Utara memiliki teknologi canggih yang dibutuhkan roket untuk bertahan saat masuk dan kembali lewat atmosfer Bumi.


Walau Kena Sanksi, Korea Utara Bakal Terus Kembangkan Misilnya

Korea Utara pada Selasa (20 Desember) mengkritik Korea Selatan karena merusak pengembangan senjatanya, mengatakan sanksi tambahan tidak akan menghentikan program misilnya, kata media pemerintah KCNA.

Dilansir Channel News Asia, Selasa (20/12/2022), Kim Yo Jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, mengatakan inisiatif negara yang terisolasi itu untuk mengembangkan satelit mata-mata adalah "prioritas mendesak yang terkait langsung dengan keamanan kami".

Korea Selatan akan "meneriakkan semacam kerja sama internasional dan berusaha keras untuk menjatuhkan sanksi tambahan pada kami", katanya dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita resmi KCNA.

"Tetapi dengan hak kami untuk bertahan hidup dan berkembang terancam, mengapa kami takut dengan sanksi yang telah kami lihat berulang kali sejauh ini dan bahkan bukan yang pertama kali, dan mengapa kami berhenti?"

Pernyataannya muncul beberapa hari setelah Pyongyang meluncurkan dua rudal balistik jarak menengah, yang disebutnya sebagai uji "penting" untuk pengembangan satelit mata-mata.

Belum lama ini, Korea Utara menembakkan dua rudal balistik jarak menengah pada hari Minggu (18 Desember), beberapa hari setelah Pyongyang mengumumkan keberhasilan uji motor berbahan bakar padat untuk sistem senjata baru.


Ketegangan Militer Meningkat

Ketegangan militer di semenanjung Korea telah meningkat tajam tahun ini karena Pyongyang telah melakukan uji coba senjata yang belum pernah terjadi sebelumnya, termasuk peluncuran rudal balistik antarbenua tercanggih bulan lalu.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan pihaknya mendeteksi dua rudal balistik jarak menengah yang telah ditembakkan dari daerah Tongchang-ri di provinsi Pyongan Utara.

Rudal-rudal itu ditembakkan dari pukul 11.13 (02.13 GMT) hingga pukul 12.05 ke Laut Timur, katanya, mengacu pada perairan yang juga dikenal sebagai Laut Jepang.


Tembakan Rudal

Rudal tersebut ditembakkan pada lintasan "tinggi" dan terbang sekitar 500 km, kata JCS dalam sebuah pernyataan, menambahkan intelijen Korea Selatan dan Amerika Serikat sedang menganalisis peluncuran "dengan mempertimbangkan tren terkini terkait pengembangan rudal Korea Utara".

Pada Senin pagi, media pemerintah Korea Utara mengatakan telah melakukan "uji coba tahap akhir yang penting untuk pengembangan satelit pengintaian " di Sohae Satellite Launch Ground, yang berlokasi di Tongchang-ri.

Korut menguji "motor berbahan bakar padat daya dorong tinggi" di Sohae pada Kamis, dengan media pemerintah menggambarkannya sebagai uji penting "untuk pengembangan sistem senjata strategis tipe baru lainnya".

Pegawai AS Dilarang Main Tiktok

TikTok Bakal Dilarang untuk Pegawai Pemerintah di AS?

Liputan6.com 2022-12-21 07:30:48
Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok. Kredit: antonbe via Pixabay

Pemakaian TikTok menjadi sorotan serius bagi pemerintah Amerika Serikat. Seperti diketahui, TikTok merupakan aplikasi dari China.

Dilaporkan VOA Indonesia, Rabu (21/8/2022), langkah menolak aplikasi China itu, Selasa (20/12 ) dituangkan dalam sebuah RUU anggaran.

Tindakan anggota legislatif AS ini merupakan penindakan terbaru terhadap perusahaan-perusahaan China karena adanya kekhawatiran akan keamanan nasional. Larangan itu termasuk dalam RUU besar untuk mendanai operasi pemerintah AS, dan pemungutan suaranya diharapkan akan dilakukan minggu ini.

Senat pekan lalu melakukan pemungutan suara mengenai RUU untuk melarang pegawai federal menggunakan aplikasi video pendek itu pada ponsel milik pemerintah. Proposal tersebut mendapat dukungan dari Ketua DPR Nancy Pelosi dan Pemimpin Partai Republik di DPR Kevin McCarthy.

Undang-undang tersebut tidak akan memengaruhi lebih dari 100 juta orang Amerika yang menggunakan TikTok di perangkat pribadi atau milik perusahaan swasta.

Banyak kantor federal seperti Gedung Putih dan Keamanan Dalam Negeri sudah melarang TikTok pada perangkat milik pemerintah.

TikTok yang dimiliki oleh perusahaan China, ByteDance, mengatakan kekhawatiran itu sebagian besar dipicu oleh informasi yang salah.

Berdasarkan data situs Wallaroo Media, TikTok memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif setiap bulannya. Jumlah pengguna aktif di AS mencapai 138 juta.

Dulu, aplikasi TikTok hanya dipakai untuk joget-joget dengan latar belakang lagi. Kini, edita video di TikTok digunakan secara kreatif oleh banyak orang untuk menampilkan berbagai konten, mulai dari sekadar hiburan, tips menarik, curhat, hingga aktivisme sosial.


TikTok Rilis Fitur Video Horizontal, Mau Tandingi YouTube?

TikTok hingga kini menjadi platform berbagi video pendek vertikal paling populer di dunia, dan kabarnya perusahaan siap menantang platform lainnya.

Salah satu platform incaran TikTok adalah YouTube. Menurut laporan Techcrunch, perusahaan sedang mengujicoba fitur video horizontal secara terbatas ke penggunanya.

Biasanya, video TikTok tampil posisi vertikal. Namun bila direkam secara horizontal, maka akan ada opsi untuk mengubah video ke posisi lanskap.

Karena masih dalam tahap uji coba, masih belum diketahui secara pasti kapan fitur video horizontal ini akan hadir untuk seluruh pengguna TikTok.

Baru-baru ini, TikTok resmi menambah batasan waktu merekam video di aplikasi mereka hingga 10 menit.

Jelas TikTok ingin mendominasi dalam hal lama waktu menonton video. dan fitur ini apat menjadi pilihan tepat untuk meningkatkan angka tersebut.

Berkaca dari kesuksesan TikTok pada 2021, YouTube memperkenalkan Shorts (YouTube Shorts) dimana pengguna bisa posting video singkat dengan format portrait.

Sayangnya, YouTube Shorts masih belum bisa mengalahkan kepopuleran TikTok. Dalam usaha menyaingi aplikasi asal Tiongkok itu, YouTube mengumumkan program khusus untuk para kreatornya.

Pada September 2022, YouTube mengumumkan konten kreator dapat memonitasi konten Short mereka.


Pemasukan TikTok di Asia Tenggara pada November 2022 Capai Rp 134 Triliun

Perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower merilis daftar aplikasi mobile teratas dengan pemasukan tertinggi untuk periode November 2022 di kawasan Asia Tenggara.

Pada bulan November 2022, TikTok menjadi aplikasi mobile yang paling banyak memperoleh pemasukan di kawasan Asia Tenggara. Aplikasi milik Bytedance tersebut meraup sekitar USD 8,6 juta; atau sekitar Rp 134 triliun.

Itu berarti, pemasukannya meningkat sebesar 39,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"33,1 persen dari pendapatan TikTok di Asia Tenggara berasal dari Malaysia, diikuti oleh 21 persen dari Indonesia dan 16,6 persen dari Vietnam," ujar Sensor Tower dikutip dari laporannya.

Di tempat kedua, Google One menjadi aplikasi mobile kedua terbesar dari segi pemasukan di Asia Tenggara pada bulan November 2022. Aplikasi milik Google itu meraup sekitar USD 5,1 juta yang berasal dari belanja pengguna.

"35,4 persen dari pendapatan Google One di Asia Tenggara berasal dari Singapura, diikuti oleh 22,3 persen dari Indonesia dan 14,4 persen dari Vietnam," kata Sensor Tower.

Aplikasi mobile berikutnya yang paling banyak meraih pendapatan adalah Vidio dari PT Kreatif Media Karya, YouTube dari Google, dan iQIYI dari QIYI.


Pasar Aplikasi Mobile di Asia Tenggara

Pasar aplikasi mobile di Asia Tenggara menghasilkan perkiraan USD 109,7 juta dari pengeluaran pengguna di App Store dan Google Play pada bulan November 2022. Itu menandai peningkatan sebesar 9,2 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Pasar teratas untuk pendapatan di Asia Tenggara pada bulan November 2022 adalah Thailand, yang menghasilkan sekitar USD 26,5 juta. Negara tersebut berkontribusi 24,1 persen atas total pendapatan aplikasi mobile di Asia Tenggara.

Kemudian Indonesia berada di urutan kedua dengan pendapatan sebesar 21 persen, diikuti oleh Malaysia dengan 16,1 persen.

Daftar 10 besar di App Store

Daftar 10 besar di Google Play

Waspada Cuaca Ekstrem Saat Liburan

HEADLINE: Waspada Cuaca Ekstrem di Indonesia Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2023, Pemicunya?

Liputan6.com 2022-12-22 00:05:31
Awan mendung menggelayut di langit Jakarta, Kamis (1/2). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi curah hujan dari sedang hingga tinggi akan terjadi hingga 1 m

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sepanjang massa libur Natal dan Tahun Baru beberapa wilayah di Indonesia berpotensi mengalami cuaca ekstrem mulai dari hujan lebat, gelombang air laut tinggi, hingga angin kencang. Masyarakat diimbau waspada terhadap potensi tersebut.

"Khusus untuk tanggal 24 Desember 2022, potensi siaga dari prakiraan berbasis dampak perlu diwaspadai di sebagian wilayah: Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, melalui konferensi pers daring, Selasa 20 Desember 2022.

Adapun daerah yang berpotensi mengalamai cuaca ekstrim adalah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi.

Dwikorita menyampaikan pihaknya juga telah menyampaikan prakiraan cuaca ekstrem tersebut hingga level provinsi kecamatan melalui website resmi BMKG. Masyarakat, kata dia juga dapat mengakses laman resmi BMKG itu.

"Kemudian prakiraan yang kami sampaikan ini tadi sampai level provinsi untuk resolusi yang lebih tinggi yaitu level kecamatan mohon diakses di web signature.bmkg.go.id. Jadi prakiraan ini sampai ke level Kecamatan," jelas dia.

Potensi cuaca ekstrim itu diperoleh BMKG usai memonitor perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia, dimana berdasarkan data analisis cuaca terbaru terdapat potensi signifikan dinamika atmosfer.

"Berdampak pada peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah Indonesia khususnya selama periode Natal dan Tahun Baru Nataru 2022/2023," kata dia.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa terdapat empat fenomena anomali atmosfer yang dapat memicu peningkatan curah hujan tersebut, yaitu peningkatan aktifitas Monsun Asia, adanya intensifikasi seruakan dingin Asia.

Kemudian ada indikasi pembentukan pusat tekanan rendah di sekitar wilayah perairan selatan Indonesia, serta terpantaunya beberapa aktifitas gelombang atmosfer, yaitu fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang terbentuk bersamaan dengan gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial.

MJO merupakan fenomena pergerakan arak-arakan awan hujan dari arah Samudra Hindia di sebelah timur Afrika yang melintasi Samudra Hindia menuju Samudra Pasifik, namun melewati kepulauan Indonesia.

"Dan kebetulan pada periode Natal pergerakan awan-awan itu pas melintasi kepulauan Indonesia, kata dia.Bersamaannya empat aktivitas tersebut, dikhawatirkan atau berpotensi mengakibatkan cuaca ekstrem di berbagai wilayah Indonesia terutama di wilayah bagian selatan, bagian tengah dan timur Indonesia."

"Kemudian dengan fenomena-fenomena yang terjadi bersamaan, maka BMKG melakukan prakiraan berbasis dampak dan dari prakiraan itu terdeteksi adanya potensi untuk siaga," jelasnya.


12 Wilayah

Dwikorita mengimbau masyarakat di 12 wilayah Indonesia waspada potensi cuaca ekstrem pada periode 21-23 Desember 2022 mendatang.

Dwikorita mengatakan berdasarkan platform informasi Prakiraan Berbasis Dampak yang dilakukab BMKG, beberapa wilayah dengan masuk dalam status potensi siaga pada periode 21-23 Desember 2022.

"Dalam periode sepekan ke depan terdapat potensi signifikan dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah Indonesia khususnya selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru)," kata Dwikorita.

Adapun 12 wilayah waspada potensi siaga pada periode 21-23 Desember 2022:

1. Sebagian wilayah Aceh

2. Sebagian wilayah Sumatera Utara

3. Sebagian wilayah Riau

4. Sebagian wilayah Jawa Barat

5. Sebagian wilayah Jawa Tengah

6. Sebagian wilayah Jawa Timur

7. Sebagian wilayah Nusa Tenggara Timur

8. Sebagian wilayah Kalimantan Barat

9. Sebagian wilayah Kalimantan Timur

10. Sebagian wilayah Kalimantan Utara

11. Sebagian wilayah Maluku

12. Sebagian wilayah Papua


Jabar Siaga

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Barat menyebutkan 21 Desember 2022 wilayah berstatus siaga adalah Garut Kota, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Banyuresmi, Karangpawitan, Wanaraja dan Leuwigoong Kabupaten Garut.

Selain itu wilayah Susukanlebak, Karangwareng, Sedong Kabupaten Cirebon dan Ciawigebang, Japara Kabupaten Kuningan.

"BMKG memonitor perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia, dimana berdasarkan data analisis cuaca terbaru terdapat potensi signifikan dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah Indonesia khususnya selama periode Natal dan Tahun Baru 2022/2023," ujar Kepala Stasiun Klimatologi Jawa Barat Indra Gustari dalam keterangan tertulisnya, Bandung, Rabu (21/12/2022).

Indra menjelaskan kondisi dinamika atmosfer tersebut dapat memicu peningkatan curah hujan dipicu peningkatan aktivitas Monsun Asia yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia.

Indra menuturkan adanya intensifikasi seruakan dingin Asia yang dapat meningkatkan kecepatan angin permukaan dan meningkatkan potensi awan hujan di sebagian wilayah Indonesia termasuk wilayah Jawa Barat.

Adanya indikasi pembentukan pusat tekanan rendah di wilayah perairan selatan Indonesia yang dapat memicu peningkatan pertumbuhan awan konvektif yang cukup masif dan berpotensi menyebabkan hujan dengan intensitas tinggi, peningkatan kecepatan angin permukaan, serta peningkatan tinggi gelombang di sekitarnya.

"Terpantaunya beberapa aktivitas gelombang atmosfer, yaitu fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang terbentuk bersamaan dengan gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial. Kondisi tersebut berkontribusi signifikan terhadap peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia termasuk wilayah Jawa Barat," kata Indra.

Potensi Serupa di Daerah Lain

Potensi cuaca serupa akan terjadi pada 22 Desember 2022 di wilayah Warudoyong, Lembursitu, Cibeureum, Baros, Citamiang, Cikole Kota Sukabumi.

Hal yang sama terjdi di wilayah Gunungguruh, Nyalindung, Kebonpedes, Geger Bitung, Sukaraja, Cireunghas, Tegal Buleud, Ciemas, Waluran Kabupaten Sukabumi. Ditambah Wilayah Agrabinta Kabupaten Cianjur. Untuk 23 Desember 2022, hanya terjadi di Ciemas, Ciracap, Surad Kabupaten Sukabumi. Indra mengimbau kepada seluruh pemegang kebijakan agar memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan.

"Melakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan pemotongan lereng atau penebangan pohon yang tidak terkontrol serta melakukan program penghijauan secara lebih masif," sebut Indra.

Selain itu masyarakat pengguna transportasi angkutan penyeberangan perlu meningkatkan kewaspadaan sebagai salah satu upaya adaptasi dan mitigasi kondisi tersebut.

Indra juga merekomendasikan pemangkasan dahan dan ranting pohon yang rapuh serta menguatkan tegakan atau tiang agar tidak roboh tertiup angin kencang.


Literasi Kebencanaan

Tak hanya itu, sosialisasi, edukasi, dan literasi dilakuakan secara lebih masif oleh otoritasnya untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian pemerintah daerah, masyarakat serta pihak terkait dalam pencegahan atau pengurangan risiko bencana hidrometeorologi.

"Bencana hidrometeorologi berupa banjir, longsor, banjir bandang, angin kencang, puting beliung dan gelombang tinggi," kata Indra.

Indra berharap adanya rekomendasi ini lebih mengintensifkan koordinasi, sinergi, dan komunikasi antar pihak terkait untuk kesiapsiagaan antisipasi bencana hidrometrorologi.

Pasalnnya menjelang hari raya Natal 2022 dan pergantian tahun 2023 mendatang berpotensi turun hujan lebat hingga sangat lebat periode tanggal 25 Desember 2022 - 01 Januari 2023 perlu diwaspadai disebagian Wilayah Jawa Barat.

Sementara itu potensi pertumbuhan awan Cumulonimbus di wilayah udara Jawa Barat untuk jalur penerbangan dengan persentase cakupan spasial >75% (FRQ / Frequent) selama 7 hari kedepan yang berlaku 21 - 27 Desember 2022.

Sedangkan untuk potensi gelombang tinggi di perairan sekitar Jawa Barat pada periode tanggal 23 - 27 Desember 2022 pada kategori tinggi gelombang 4.0 -- 6.0 m akan terjadi di Samudra Hindia selatan Banten, Samudra Hindia selatan Jawa Barat, dan Samudra Hindia selatan Jawa Tengah.