Jubah Messi Ditawar Rp 15,5 M

Jubah Bisht Messi di Piala Dunia 2022 Ditawar Rp 15,5 Miliar

Liputan6.com 2022-12-22 11:00:09
Pemain Argentina Lionel Messi bersama rekan setimnya mengangkat trofi juara usai mengalahkan Prancis pada pertandingan sepak bola final Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, 1

Pundi-pundi Lionel Messi bakal semakin tebal usai membawa Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022. Selain bonus dan penjualan jersey yang meningkat drastis, Messi juga bisa dapat pemasukan tambahan jika mau melepas jubah yang didapatnya saat menerima trofi Piala Dunia 2022.

Pada final Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Lusail pada Minggu 18 Desember 2022, Messi jadi sorotan utama. Selain membuat dua gol di final, apa yang dialami Messi dipanggung saat menerima piala juga jadi buah bibir.

Saat penyerahan trofi juara, Messi mendapat hadiah jubah khas orang Arab yang dikenal dengan nama Bisht. Jubah tersebut diberikan dan dipakaikan langsung oleh Emir Qatar, Sheikh Tamin bin Hamad Al-Thani sesaat sebelum Messi mengangkat Piala Dunia.

Karena dipakaikan jubah Bisht, Messi jadi terlihat berbeda ketika mengangkat trofi Piala Dunia. Pemakaian Bisht ini sendiri sempat jadi kontroversi. Pasalnya banyak yang menilai Al-Thani telah keliru dengan memakaikan pakaian tradisional kepada Messi dipanggung juara. Peraturan FIFA memang melarang adanya atribut lain selain jersey di setiap acara seremoni.

Meski jadi perdebatan, justru jubah Arab Bisht yang dipakai Messi saat mengangkat Piala Dunia laris manis. Ada Sultan Oman, Ahmed Al-Barwani, yang siap membelinya. Dia rela mengeluarkan satu juta dolar atau sekitar Rp 15,5 miliar demi memiliki Bisht yang dipakai Messi.

"Temanku Messi... Atas nama Kesultanan Oman, saya ingin memberikan selamat atas gelar juara Piala Dunia 2022. Saya takjub dengan Emir Tamim ketika memakaikanmu Bisht khas Arab, simbol kemurahan hati dan kebijaksanaan. Saya siap membayar kamu 1 juta dolar AS untuk mendapatkan Bisht tersebut," ujar Al-Barwani melalui Twitter.


Belum Direspons

Messi sendiri hingga berita ini diturunkan belum merespons tawaran dari sultan Oman tersebut. Namun kemungkinan besar Messi takkan melepasnya karena menjadi salah satu kenangan berharga dalam hidupnya.

Trofi Piala Dunia 2022 menjadi pelengkap gelar-gelar yang pernah diraih Messi. Sebelumnya pria 35 tahun itu tak pernah bisa mengangkat trofi Piala Dunia.


Pemain Terbaik

Messi begitu mendominasi di Piala Dunia 2022. Dia juga dinobatkan sebagai pemain terbaik dan meraih Bola Emas. Messi bahkan nyaris juga menyabet gelar top skor. Dia cuma terpaut satu gol saja dari Kylian Mbappe yang meraih Sepatu Emas di Qatar.

Selama bertanding di Qatar, Messi total membuat tujuh gol termasuk dua saat final. Messi harus mengakui keunggulan Mbappe yang membuat hattrick di final sehingga total menghasilkan delapan gol.

KPK Sita 3 Koper Dokumen

KPK Bawa 3 Koper Usai Geledah Ruang Kerja Gubernur Khofifah dan Wagub Emil Dardak

Liputan6.com 2022-12-21 21:44:23
KPK memeriksa ruang kantor Gubernur Jatim Khofifah dan juga wagub Emil Dardak. (Istimewa)

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membawa tiga koper setelah menggeledah ruang kerja Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak di Jalan Pahlawan Surabaya, Rabu (21/12/2022).

Penyidik KPK juga memeriksa ruangan Sekretaris Daerah Provinsi Jatim Adhy Karyono yang terletak di lantai dua gedung utama.

Penyidik KPK keluar dari ruangan Sekdaprov Jatim pukul 19.36 WIB dengan membawa tiga koper hasil dari penggeledahan.

Tiga koper tersebut dibawa sejumlah petugas KPK yang mengenakan pakaian kemeja dan menggunakan ransel. beberapa petugas juga ada yang mengenakan rompi bertuliskan KPK.

Koper-koper tersebut selanjutnya dimasukkan ke dalam tiga mobil MPV yang berada di luar gedung utama.

Penyidik KPK menggeledah ruang kerja Gubernur, Wagub, dan Sekdaprov Jatim selama lebih dari enam jam mulai pukul 11.00 hingga 19.36 WIB.

Penggeledahan ini diduga terkait OTT KPK terhadap Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Sahat Tua P Simandjuntak terkait dugaan suap pengurusan dana hibah Provinsi Jatim.

Sebelumnya, KPK juga menyegel sejumlah ruangan di DPRD Jawa Timur, antara lain ruang kerja Sahat, ruang server kamera pengawas CCTV, dan ruang Kabag Risalah.


KPK Tetapkan Sahat Tua Tersangka

Sahat ditangkap bersama tiga orang lain. Mereka resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap dana hibah kelompok masyarakat yang dikucurkan melalui dana APBD Jatim. Sahat diduga menerima uang sekitar Rp5 miliar dari pengurusan alokasi dana hibah untuk kelompok masyarakat (pokmas).

"Diduga dari pengurusan alokasi dana hibah untuk pokmas, tersangka STPS telah menerima uang sekitar Rp5 miliar," kata Wakil Ketua KPK Johanis Tanak dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis malam (15/12/2022).

KPK telah menetapkan empat tersangka dalam kasus dugaan dalam pengelolaan dana hibah di Provinsi Jawa Timur tersebut. Dua tersangka selaku penerima ialah STPS dan Rusdi (RS) selaku staf ahli STPS.

Sementara dua tersangka lain selaku pemberi suap, yaitu Kepala Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Kabupaten Sampang, sekaligus koordinator kelompok masyarakat (pokmas) Abdul Hamid (AH) dan koordinator lapangan pokmas Ilham Wahyudi (IW) alias Eeng.

Pelatih Bulutangkis RI Dibajak Malaysia

Nova Widianto Dibajak Malaysia, Ini Tanggapan PBSI

Liputan6.com 2022-12-22 14:43:14
Pelatih ganda campuran Indonesia, Nova Widianto, dan Pitha Haningtyas Mentari pada Kejuaraan Dunia Junior 2017. (Liputan6.com/Switzy Sabandar)

Nova Widianto mengundurkan diri sebagai kepala pelatih ganda campuran Pelatnas PBSI di Cipayung. Sosok berusia 45 tahun itu meneruskan karier kepelatihannya dengan bergabung ke Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia atau BAM.

Melalui surat yang ditandatangani pada 1 Desember 2022, Nova menyatakan mundur secara baik-baik. Surat tersebut diterima pengurus teras PBSI pada Kamis, 15 Desember lalu.

Tak hanya lewat surat, pria yang dipercaya sebagai pelatih ganda campuran Pelatnas PBSI sejak 2011 lalu ini juga sudah berbicara langsung dengan Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta. Dalam pertemuan empat mata, Nova mengungkapkan alasan kenapa dirinya mau menerima pinangan dari negeri jiran.

"Saya menghormati dan menghargai segala keputusan coach Nova yang memilih mengundurkan diri dari pelatnas untuk meneruskan karier kepelatihannya di luar negeri," kata Alex dalam rilis PBSI yang diterima Liputan6.com, Kamis, 22 Desember.

Alex menambahkan, pengunduran Nova dilandasi kesadaran dan tidak ada masalah. Selama 11 tahun berkarier sebagai pelatih, rapor Nova semuanya baik dan tidak ada masalah.

"Coach Nova memutuskan mengundurkan diri secara baik-baik. Dia sudah berbicara secara empat mata dengan saya. Dia memutuskan mundur secara baik-baik dan tidak ada konflik atau masalah yang menyertai pengunduran dirinya. Makanya, pengunduran dirinya saya terima," papar Alex.


Tantangan baru

Diceritakan Alex, dalam pertemuan di Pelatnas Cipayung, Nova memang sudah bulat hati untuk bergabung dengan Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM). Kepindahannya semata-mata karena Nova juga membutuhkan tantangan baru dalam karier kepelatihannya.

"Saya tentu tidak bisa menolak keputusan bulat coach Nova meninggalkan Pelatnas PBSI untuk melanjutkan karier kepelatihannya ke Malaysia," kata Alex.

Atas dedikasi dan kerja keras Nova selama 11 tahun menukangi Rehan Naufal Kusharjanto dan kolega, Alex pun secara khusus perlu mengucapkan terima kasih.

"Terima kasih atas dedikasi dan kerja keras coach Nova dalam ikut memajukan dan meningkatkan prestasi bulu tangkis Indonesia, terutama di sektor ganda campuran," pungkas Alex.


2 tahun

Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia atau BAM telah mengumumkan perekrutan Nova Widianto sebagai pelatih di laman resminya, Rabu (21/12). "BAM hari ini mengumumkan Nova sudah menandatangani kontrak selama 2 tahun untuk menangani nomor ganda campuran," demikian pengumuman BAM.

Melatih Malaysia, Nova mengaku berat meninggalkan tim ganda campuran Indonesia dan PBSI. "Sebenarnya berat. Cuma saya sudah ketemu anak-anak dan saya sudah jelaskan bahwa itu pilihan," kata mantan pebulu tangkis ganda campuran yang pernah menjadi Juara Dunia bersama Liliyana Natsir.

"Saya juga ada keluarga. Jadi, walaupun berat dan mungkin apa ya, anak-anak mau marah, ya saya terserah. Itu kan pilihan."

Nova berharap ganda campuran Indonesia bisa terus mengukir prestasi di pentas dunia. "Siapa pun pelatihnya sama saja. Jadi, coba dulu dan tetap semangat. Harapannya mudah-mudahan mereka bisa terus berprestasi," tandas Nova.

Gelar Baru dari Raja Charles III

Kate Middleton Dapat Gelar Baru dari Raja Charles III

Liputan6.com 2022-12-22 15:02:01
Kate Middleton mengenakan tiara. (dok. Victoria Jones / POOL / AFP)

Raja Charles III telah menunjuk menantu perempuannya, Kate Middleton sebagai Kolonel kehormatan baru Pengawal Irlandia. Putri Kate (40), sebenarnya mengambil alih peran dari seseorang yang cukup dekat yaitu suaminya, Pangeran William.

Ratu Elizabeth menamai cucunya sebagai Kolonel kehormatan Pengawal Irlandia pada 2011, hanya dua bulan sebelum pernikahan kerajaan Kate dan William. Saat itu William sebagai pengantin pria, mengenakan seragam petugas Pengawal Irlandia merah untuk upacara di Westminster Abbey.

Pangeran William sekarang memiliki peran kerajaan barunya sendiri, Raja Charles III mengumumkan putranya sebagai Kolonel Pengawal Welsh, sesuai dengan gelar barunya Pangeran Wales. Dalam pidato yang diberikan hanya satu hari setelah kematian Ratu Elizabeth pada 8 September, Raja Charles mengumumkan gelar kerajaan itu.

Permaisuri Camilla juga memiliki gelar baru, dia telah dikukuhkan oleh suaminya sebagai Kolonel Pengawal Grenadier, sebuah kehormatan yang dicabut dari Pangeran Andrew dari mendiang ibunya.

Penamaan Kolonel baru meluruskan beberapa pertanyaan yang muncul sejak Pangeran Andrew dicopot gelarnya setelah skandal seputar hubungannya dengan Jeffrey Epstein. Istana juga mengumumkan bahwa perayaan publik pertama ulang tahun Raja Charles III, yang dikenal sebagai Trooping the Colour, akan berlangsung pada 17 Juni 2023, hanya enam minggu setelah penobatannya diadakan pada 6 Mei.

Ulang tahun Raja Charles III yang sebenarnya adalah bulan November. Namun seperti mendiang ibunya Ratu Elizabeth II, dia akan merayakannya pada bulan Juni karena alasan praktis cuaca yang lebih baik.


Ultha Raja Charles III

Adapun tradisi tersebut diyakini telah dimulai pada masa pemerintahan Raja George II pada 1748. George II lahir pada bulan Oktober, tetapi Trooping of the Color tahunan menjadi perayaan raja serta angkatan bersenjata. Trooping the Color menjadi tanggal yang menonjol dalam kalender kerajaan selama pemerintahan Ratu Elizabeth.

Selama 70 tahun itu, TV dan kemudian foto berwarna menghidupkan arak-arakan tersebut bagi jutaan orang di seluruh dunia dan memamerkan keluarga kerajaan dalam prosesnya. Pawai akan mencakup lebih dari 1.400 tentara, 200 kuda, dan 400 musisi.

Sementara beberapa bangsawan akan berpartisipasi dengan menunggang kuda, yang lain akan naik kereta dari Istana Buckingham ke Pengawal Kuda, kemudian Raja Charles akan memberi hormat di pawai. Anggota keluarga kerajaan kemudian akan berkumpul di balkon Istana Buckingham untuk menyaksikan flypast oleh jet Angkatan Udara Kerajaan dan Red Arrows.

Sebelumnya, uang kertas pertama bergambar Raja Charles III direncanakan akan mulai diedarkan pada pertengahan 2024, kata Bank of England saat meluncurkan desainnya. "Potret Raja akan muncul pada desain yang ada dari empat uang kertas polimer (5, 10, 20 dan 50)," sumber dari bank sentral dikutip dari kanal Global Liputan6.com, 21 Desember 2022.


Uang Kertas Raja Charles III

Gambar Raja akan muncul di bagian depan uang kertas, setelah Charles menjadi raja usai kematian ibunya Ratu Elizabeth II pada September 2022. Koin pertama mulai beredar awal bulan Desember, Royal Mint sebelumnya mengumumkan.

Desain diselesaikan dalam beberapa bulan terakhir dan telah disetujui oleh raja. Uang kertas polimer saat ini yang secara bertahap menggantikan uang kertas di Inggris sejak 2016, menampilkan potret ratu akan tetap menjadi alat pembayaran yang sah yang bisa terus digunakan.

Uang kertas baru hanya akan dicetak untuk menggantikan uang kertas terdahulu yang sudah aus dan untuk memenuhi peningkatan permintaan secara keseluruhan, menurut keterangan pihak bank sentral. Hal tersebut juga untuk meminimalkan dampak lingkungan dan keuangan dari perubahan tersebut.

"Saya sangat bangga bahwa Bank merilis desain uang kertas baru kami yang akan memuat potret Raja Charles III," sebut gubernur Bank Inggris Andrew Bailey pada sebuah pernyataan.


Penobatan Raja Charles III

Sementara itu, Raja Charles III dinilai punya cara apik untuk merespons dokumenter Netflix menghebohkan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Alih-alih dengan ucapan, Raja Inggris justru dilaporkan merespons hal tersebut dengan mengundang pasangan Sussex ke upacara penobatannya.

Dikutip dari Mirror, Rabu 21 Desember 2022, seorang komentator kerajaan telah mengklaim bahwa "Raja Charles III yang murah hati benar-benar mengungguli Harry dan Meghan " dengan tanggapannya terhadap serial dokumenter Netflix yang dirilis sejak dua pekan lalu. Serial dokumenter, dalam tiga episode terakhirnya diluncurkan pada 15 Desember 2022 menyelidiki beberapa kejadian yang dilaporkan tidak luput dari perhatian Raja Charles III dan putranya Pangeran William, menurut laporan Daily Star.

Adegan mengejutkan tersebut membuat banyak penonton percaya bahwa tidak ada jalan kembali ke kehidupan kerajaan bagi keluarga Sussex. Tetapi, laporan di Telegraph melukiskan gambaran berbeda, dengan publikasi mengklaim Raja Charles justru akan mengirimkan undangan pada Harry dan Meghan di penobatannya pada 6 Mei 2023. Seorang sumber mengatakan, "Semua anggota keluarga akan disambut (pada acara pemahkotaan Raja Charles)."

PBB Desak Bebaskan Aung San Suu Kyi

Dewan Keamanan PBB Keluarkan Resolusi Desak Myanmar Bebaskan Aung San Suu Kyi

Liputan6.com 2022-12-22 14:04:13
Pengunjuk rasa antikudeta duduk di belakang poster dengan gambar pemimpin Myanmar yang digulingkan Aung San Suu Kyi selama unjuk rasa di Yangon, Myanmar, Senin (22/2/2021). Meski ada peringat

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) mengelurkan resolusi pertama mengenai situasi di Myanmar yang diadopsi sejak kudeta terjadi pada Februari 2021. Resolusi itu mendesak junta militer untuk membebaskan mantan pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi.

Resolusi tersebut menyatakan, "keprihatinan yang mendalam atas keadaan darurat yang sedang berlangsung yang diberlakukan oleh kelompok militer di Myanmar."

Resolusi itu diadopsi dengan dukungan 12 dari 15 anggota Dewan Keamanan PBB, di mana Rusia, China dan India abstain dalam pemungutan suara. Resolusi itu juga menuntut "segera diakhiri segala bentuk kekerasan" di seluruh Myanmar.

Dewan Keamanan PBB dalam resolusinya pun meminta junta "untuk segera membebaskan semua tahanan yang ditahan secara sewenang-wenang," termasuk Suu Kyi, yang sebelumnya menjabat sebagai penasihat negara dan menteri luar negeri Myanmar.

Peraih Nobel Perdamaian berusia 77 tahun itu telah dijatuhi hukuman penjara selama 26 tahun atas tuduhan korupsi dan tuduhan lainnya. Dia dipenjara di Naypyitaw.

Kyaw Moe Tun, yang ditunjuk sebagai Duta Besar Myanmar untuk PBB sebelum kudeta dan tetap menjadi wakil yang diakui meskipun junta berusaha memecatnya, menyambut baik adopsi resolusi Dewan Keamanan tersebut. Berbicara setelah pemungutan suara, dia juga meminta Dewan Keamanan untuk mengambil "tindakan yang lebih kuat untuk memastikan junta militer dan kejahatannya segera berakhir".

Inggris memimpin upaya penyusunan Resolusi Dewan Keamanan PBB mengenai Myanmar itu. Duta Besar Inggris untuk PBB Barbara Woodward mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Kami mendukung rakyat Myanmar. Sudah waktunya junta mengembalikan negara kepada rakyat."


PBB Blokir Junta Militer

Komite utama PBB kembali memblokir posisi junta militer Myanmar untuk mengambil kursi negara tersebut di PBB, kata dua diplomat PBB. Komite kredensial Majelis Umum bertemu Senin kemarin dan menunda permintaan junta, kata para diplomat, yang berbicara dengan syarat anonim sebelum pengumuman resmi kemungkinan akhir pekan ini.

Keputusan itu berarti Kyaw Moe Tun, yang merupakan duta besar Myanmar di PBB ketika militer menggulingkan pemimpin sipil Aung San Suu Kyi pada 1 Februari 2021, akan tetap menjabat.

Desember lalu, penguasa militer Myanmar juga gagal menggantikan Tun, yang tetap menjadi pendukung pemerintah sebelumnya dan oposisi Pemerintah Persatuan Nasional, yang menentang junta, dikutip dari laman AP, Jumat 16 Desember.

Chris Gunness, direktur Proyek Akuntabilitas Myanmar yang berbasis di London, menyambut baik langkah komite kredensial, dengan mengatakan bahwa langkah itu memiliki "makna diplomatik dan simbolis yang besar, pada saat para pemimpin kudeta ilegal berusaha untuk mendapatkan pengakuan internasional."

"Jenderal Min Aung Hlaing menyebabkan kekerasan dan kerusuhan di Myanmar dalam skala besar sejak ," kata Gunness dalam sebuah pernyataan.


26 Tahun Penjara

Damian Lilly, seorang pejabat Proyek Akuntabilitas, mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk memastikan bahwa Tun diberikan semua hak dan hak istimewa PBB dan bahwa Pemerintah Persatuan Nasional.

"Saat ini, ada ketidakkonsistenan yang mencolok," katanya, dengan Tun duduk di Majelis Umum beranggotakan 193 orang sementara kursi Myanmar di Dewan Hak Asasi Manusia PBB kosong.

Lilly mengatakan, tindakan komite kredensial "harus membuka jalan untuk menyelesaikan anomali ini yang merampas kesempatan 55 juta orang di Myanmar untuk diwakili di PBB."

Suu Kyi, yang ditangkap saat militer merebut kekuasaan dari pemerintahan terpilihnya, telah dijatuhi hukuman 26 tahun penjara dan menghadapi dakwaan tambahan.

Kelompok hak asasi dan pendukung Suu Kyi mengatakan tuduhan terhadapnya bermotivasi politik dan upaya untuk mendiskreditkannya dan melegitimasi perebutan kekuasaan oleh militer sambil mencegahnya kembali ke politik.


Infografis Penangkapan Aung San Suu Kyi dan Kudeta Militer Myanmar

 

Film Avatar Terinspirasi dari Suku Bajo

James Cameron Terinspirasi Kehidupan Suku Bajo di Avatar: The Way of Water

Liputan6.com 2022-12-22 11:40:03
Sutradara Avatar 2 ungkap inspirasi Metkayina dari suku yang ada di Indonesia. @disney.

Sekuel film Avatar yang memiliki tajuk resmi Avatar: The Way of Water, sudah sepekan terakhir memesona para penonton bioskop. Sutradara James Cameron juga sibuk meladeni permintaan wawancara media, termasuk salah satunya dari National Geographic.

Dalam interviu yang dipublikasikan pada 17 Desember 2022 di kanal YouTube National Geographic, sutaradara Titanic ini mengungkap bahwa salah satu inspirasi Avatar 2 berasal dari Indonesia. Warganet menyimpulkan bahwa yang dimaksud adalah suku Bajo.

Di awal interviu, ia menjelaskan bahwa dirinya memang sudah begitu lama mencintai laut. Bahkan saat masih bocah, ia bercita-cita jadi penyelam agar bisa menyaksikan langsung keindahannya.

"The Way of Water adalah sebuah kesempatan untuk mempertemukan dua hal yang kucinta. Aku begitu mencintai kesempatan dapat membangun sebuah dunia dalam pembuatan film Avatar, dan aku mencintai laut," kata dia.


Paralel dengan Bumi

James Cameron menyebut dunia yang ia bangun di filmnya, Pandora, sangat paralel dengan bumi yang kita kenal. Mulai dari binatang laut hingga koral tropis dan atol yang terinspirasi dari yang benar-benar ada di bumi.

Tak cuma flora dan fauna, James Cameron melakukan riset mendalam terkait kehidupan masyarakat asli yang begitu lekat dengan laut. "The Way of Water menghubungkan banyak hal tentang budaya asli di sini, yang kemudian dillihat dari lensa Pandora," James Cameron membeberkan.


Ambil Inspirasi di Indonesia

James Cameron menilai bahwa kehidupan masyarakat asli ini begitu menghormati laut. "Mereka punya rasa hormat yang mendalam atas harmoni dan keseimbangan terhadap alam. Ada yang menato kulit tubuh dan wajahnya---dan kami melakukan versi Pandora di film," tuturnya.

Mengingat Indonesia adalah negara kepulauan terbesar dunia, tak heran James Cameron juga merasa harus mendatangi negeri ini. "Ada orang-orang laut di Indonesia yang hidup di rumah panggung, rakit, dan lain sebagainya. Kami melihat hal-hal seperti ini," James Cameron menyambung.


Reaksi Warganet

Dari pernyataan James Cameron ini, warganet kemudian menyimpulkan bahwa ia tengah berbicara mengenai Suku Bajo atau Suku Bajau, yang digunakan sebagai inspirasi klan Metkayina. Reaksi meriah pun diberikan atas pernyataan sang sutradara.

"Sebagai orang Indonesia yang baru nonton film ini. Aku merasa terhubung dengan dekat. Terima kasih telah mengambil inspirasi dari tanah air kami yang mengagumkan, benar-benar sebuah karya besar," kata seorang warganet di kolom komentar YouTube.

"Sebagai orang Indonesia, terima kasih menggunakan kebudayaan kami sebagai inspirasi film ini," kata yang lain.

Rusia Butuh Tentara

Rusia Butuh Tentara, Usia Wajib Militer Naik Jadi 30 Tahun

Liputan6.com 2022-12-22 08:00:41
Presiden Rusia Vladimir Putin saat menghadiri pertemuan dengan para pemenang dan finalis kontes nasional School Teacher of the Year melalui konferensi video pada Rabu, 5 Oktober 2022. (Gavrii

Rusia kini sedang berusaha meningkatkan kapasitas militernya di tengah invasi ke Ukraina yang belum kunjung usai. Wajib militer lantas kembali menjadi solusi.

Berdasarkan laporan media pemerintah Rusia, TASS, Kamis (22/12/2022), Menteri Pertahanan Sergey Shoigu ingin menaikkan batas usia wamil dari 27 tahun menjadi 30 tahun. Hal itu ia ungkap dalam pertemuan akhir tahun Kementerian Pertahanan.

Shoigu ingin menambah kekuatan personel sebanyak 30 persen dan mendirikan 20 divisi baru. Wacananya, ia ingin tentara Rusia mencapai 1,5 juta orang. Pada awal 2022, Rusia memiliki sekitar 1 juta tentara.

Program ini mencakup personel kontrak. Targetnya, ada 521 ribu personel kontrak di akhir 2023.

Beberapa bulan lalu, Rusia juga gencar merekrut prajurit baru. Akibatnya, puluhan ribu warganya memilih kabur ke luar negeri.

Rusia juga mulai khawatir dengan Swedia dan Finlandia yang sedang dalam proses bergabung ke NATO. Rusia pun ingin membangun kekuatan militer di daerah barat laut. Pasukan juga akan ditempatkan di Republik Karelia, wilayah Rusia yang berbatasan dengan Finlandia.

Presiden Rusia Vladimir Putin mendukung proposal dari Shoigu. Putin juga menyindir negara-negara Barat yang menolak Rusia. Ia menyebut negara-negara NATO sedang melawan Rusia. Terkait nuklir, Putin berkata hal itu penting untuk menjamin kedaulatan wilayah Rusia.

Di tengah invasi ke wilayah berdaulat Ukraina, Presiden Putin menegaskan bahwa Rusia tidak mengalami kesulitan finansial untuk menyokong militer negaranya.

"Kita tidak memiliki kesulitan pendanaan, dan negara, dan pemerintah memberikan semua yang dibutuhkan Tentara. Saya harap responsnya akan diformulasikan dengan sesuai, dan hasil-hasil yang diinginkan akan diraih," ujar Vladimir Putin.


Dubes Rusia: Ini Perang Proxy

Invasi Rusia masih terus berlanjut hingga penghujung 2022. Rusia masih belum bisa menaklukkan Ukraina, meski situs Global Firepower menyebut Rusia memiliki militer terkuat di Benua Eropa.

Namun, Ukraina masih terus melakukan resistensi. Wilayah-wilayah yang dianeksasi Rusia juga masih ditarget Ukraina untuk direbut.

Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, berkata bahwa Ukraina mendapat bantuan NATO sehingga bisa bertahan. Dubes Rusia berkata ada perang proxy.

"Tentu tak mudah karena sekarang kita bertarung tidak melawan Ukraina tapi melawan NATO," ujar Dubes Rusia Lyudmila Vorobieva di rumah dinasnya, Rabu (21/12).

Dubes Rusia bahkan berkata operasi militer negaranya bisa berakhir pada April 2022 jika Ukraina tidak dibantu NATO. Rusia lantas menyalahkan NATO yang melakukan perang proxy di tengah invasi.

"Jadi ini adalah perang proxy," ujar Dubes Rusia. "Bagi kami makna perang di Ukraina adalah perang proxy oleh barat dengan menggunakan Ukraina."

Meski pemerintah Inggris menyebut Rusia sedang mengalami kesulitan persenjataan, Dubes Vorobieva menyebut tentara Rusia masih terus bergerak maju.

"Kami bisa melihat bahwa tentara kami bergerak maju. Pertempurannya saya bilang sangat berat," ucapnya.

Lebih lanjut, Dubes Rusia juga berkata situasi ekonomi di negaranya tidak mengalami krisis, meski terkena sanksi. Sektor perbankan Rusia menjadi sasaran sanksi internasional. Dubes Rusia berkata sanksi-sanksi internasional bersifat ilegal, sehingga ia pun sampai harus membawa uang tunai terus.


Menteri Pertahanan Inggris: Iran Jadi Beking Militer Rusia

Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengungkap bahwa ada rencana antara Rusia dan Iran untuk saling menyediakan senjata. Rusia menginginkan ratusan drone dari Iran.

Informasi tersebut diungkap oleh Wallace di Parlemen Inggris.

"Iran telah menjadi beking teratas bagi militer Rusia," ujar Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace dalam videonya di Gedung Parlemen Inggris, dikutip Rabu (21/12).

Ia menyebut Rusia memesan ratusan drone dari Iran untuk tujuan kamikaze. Drone kamikaze ini menjadi sorotan karena digunakan untuk menyerang Ukraina. Drone yang dipakai untuk kamikaze tersebut adalah drone murah.

Rusia juga menyediakan Iran komponen militer canggih.

"Sebagai timbal balik karena diberi pasokan lebih dari 300 drone kamikaze, Rusia kini berniat menyediakan Iran dengan komponen-komponen militer yang maju," ucap Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace.

Menteri Pertahanan Inggris berkata tindakan Rusia itu bisa melemahkan keamanan di Timur Tengah dan internasional, sehingga ia mengekspos hal tersebut di hadapan parlemen.

Lebih lanjut, Ben Wallace berkata relasi Rusia-Iran mengungkapkan masalah di dalam militer Rusia, pasalnya Rusia disebut mulai kekurangan amunisi. Sanksi-sanksi dari dunia internasional juga disebut Ben Wallace telah melemahkan kapasitas militer Rusia.

"Di balik layar, sanksi-sanksi internasional, termasuk sanksi yang diterapkan secara independen oleh Kerajaan Bersatu, telah melemahkan industri pertahanan Kremlin," ujar Ben Wallace. "Mereka kini ingin membongkar pesawat untuk mencari spare-parts."


Rudal Iran

Sebelumnya dilaporkan, Rusia kembali meluncurkan rudal ke Ukraina dan targetnya adalah ibu kota Kyiv. Tak ada korban jiwa dalam serangan tersebut, namun Kyiv menjadi mati lampu.

Dilaporkan BBC, Selasa (20/12), pihak UKraina mengaku berhasil menembak jatuh mayoritas rudal yang datang, tetapi sejumlah rudal mengenai "infrastruktur kritis" sehingga terjadi mati lampu. Serangan terjadi sebelum Presiden Vladimir Putin tiba di Belarusia untuk bertemu Presiden Alexander Lukashenko pada Senin kemarin.

Serangan malam ke Kyiv ini disebut bukan hal biasa. Ada 23 rudal Iran yang ditembakkan pihak Rusia, Ukraina berhasil menangkal 18 di antaranya.

Foto-foto viral di media sosial menampilkan pemadam kebakaran berupaya memadamkan api besar di lokasi pembangkit listrik. Ada dua orang yang terluka.

Pada Jumat lalu, Rusia juga meluncurkan rudal ke arah Kyiv. Serangan-serangan menarget infrastruktur sipil di tengah musim dingin. Ukraina lantas menyebut Rusia berusaha menggunakan musim dingin sebagai senjata.

Terkait Belarusia, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut Rusia akan melancarkan serangan darat pada awal tahun depan melalui Belarusia. Namun, sejumlah pakar belum melihat bukti bahwa Rusia berusaha melakukan serangan baru.

Ketika invasi dimulai pada Februari 2022, Belarusia mengizinkan Rusia memakai daerah mereka untuk merangsek masuk ke Ukraina. Namun, Belarusia tidak terlibat secara langsung ke perang yang terjadi.

Presiden Belarusia Alexander Lukashenko merupakan orang dekat Presiden Vladimir Putin. Rezim Presiden Lukashenko terkenal korup dan berkuasa di Belarusia sejak 1994.

Paket Wisata Kumpul Kebo di Ungaran

Kaleidoskop Lifestyle 2022 Bagian II: Paket Wisata Kumpul Kebo sampai Makanan yang Dihindari Ade Rai supaya Awet Muda

Liputan6.com 2022-12-21 21:01:56
Camp coffee di Kampoeng Kopi Banaran, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Kita hampir mengucapkan selamat tinggal pada 2022. Ada begitu banyak kejadian sepanjang tahun, yang mana beberapa di antaranya terangkum dalam Kaleidoskop Lifestyle 2022 bagian kedua.

Salah satunya tentang paket wisata kumpul kebo asal Desa Wisata Lerep, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, yang populer di bulan April 2022. "Ini jangan diartikan secara istilah, namun harfiah," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Heru Subroto.

Ia mengatakan, paket wisata ini akan memungkinkan pengunjung melihat kerbau membajak sawah, juga tahap-tahap lain dalam bertani. Ini termasuk bercocok tanam, mengolah tanah, serta menanam padi.

Heru menjelaskan, pengunjung juga nantinya akan disajikan atraksi budaya dan kerajinan lokal. Selain itu, ada pula embung sebagai salah satu daya tarik di sini.

Berlanjut ke bulan Mei 2022, giliran topik tentang 10 makanan pengganti nasi ala Dewi Sandra yang membuat berat badan turun sampai sembilan kilogram yang menarik perhatian. Dalam menyusun diet harian, Dewi dilaporkan mendapat bantuan dari seorang ahli gizi.

Walau zaman sekarang cukup mudah mendapatkan katering khusus diet, Dewi lebih memilih memasak sendiri. Menu dietnya bisa dipastikan sehat karena rendah kalori, tinggi nutrisi, dan bebas dari bahan olahan.

Artikel populer bulan Juni 2022 masih tentang makanan. Namun, bahasannya kali ini seputar makanan yang dihindari Ade Rai agar awet muda dan bugar di usia 52 tahun. Pasalnya, selain selalu aktif berolahraga, pola makan juga begitu berpengaruh pada kondisi tubuh seseorang.

Selain tiga bahasan itu, masih ada beberapa topik populer selama April--Juni 2022 yang terangkum dalam Kaleidoskop 2022 bagian kedua. Berikut ringkasannya:


Kaleidoskop Lifestyle Sepanjang April 2022

Selain Desa Wisata Lerep, yang punya paket wisata kumpul kebo, desa wisata lain yang telah dianggap pantas untuk dikunjungi di Kabupaten Semarang adalah Desa Wisata Patemon, Tengaran. "Kalau di sana, salah satu pengembangan wisatanya adalah lomba membuat gazebo antar RT," Heru bercerita.

"Melihat ini, yang mana salah satu kreasi gazebonya ditawar (Rp)20 juta, saya menyadari tingginya potensi swadaya masyarakat," ia menyambung.

Melihat tren pariwisata tahun ini, Heru menilai pengembangan desa wisata punya peran krusial. Terkait ini, pihaknya mengklaim telah melakukan pembinaan dan penilaian terhadap para rintisan desa wisata.

Baca Selengkapnya...

Nikita Willy Kaget Lihat Harga Segelas Cendol di Los Angeles

Ketika tinggal menghitung hari sebelum Hari Perkiraan Lahir (HPL), Nikita Willy dan Indra Priawan sempat mengunjungi sebuah bazar di Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Mereka tak ingin berdiam hanya di apartemen mereka.

Pasangan yang memilih melahirkan bayi mereka di Negeri Paman Sam ini mengunjungi beberapa gerai yang menjual makanan khas Indonesia. Nikita terlihat sangat bahagia ketika menemukan salah satu jajanan yang langka di AS, yaitu es cendol, dengan harganya kemudian jadi sorotan.

Baca Selengkapnya...

Sosialita hingga Influencer Rusia Ramai-Ramai Gunting Tas Chanel

Sosialita hingga influencer Rusia ramai-ramai menghancurkan tas Chanel mereka sebagai protes setelah rumah mode mewah itu melarang orang Rusia membeli barang baru di tengah perang di Ukraina. Beberapa di antara perempuan Rusia ini membagikan video tengah menggunting tas mewah tersebut.

Beberapa sosialita dan influencer itu mengunggah video menggunakan gunting sampai gunting kebun untuk menghancurkan tas Chanel mereka. Salah satunya dilakukan model Rusia Victoria Bonya yang menyebut bahwa "Chanel House tidak menghormati kliennya."

Baca Selengkapnya...


Kaleidoskop Lifestyle Sepanjang Mei 2022

Salah satu kunci sukses diet Dewi Sandra adalah dengan menghindari nasi, terutama nasi putih. Ia tidak lagi mengonsumsi nasi selama menjalani diet.

Dewi tetap memenuhi kebutuhan karbohidrat hariannya dengan mengonsumsi makanan pengganti nasi yang lebih sehat. Tidak hanya untuk memenuhi karbohidrat harian, makanan-makanan pengganti nasi pilihannya pun membuat tubuh tetap mendapat energi.

Baca Selengkapnya...

Beach Club Raffi Ahmad Viral karena Tagihan Jutaan Rupiah, Seporsi Nasi Goreng Dijual Rp105 Ribu

Menambah panjang portofolio bisnisnya, Raffi Ahmad telah membuka Marawa Beach Club di Padang, Sumatra Barat. Setelah acara pembukaan beach club berlangsung meriah pada 7 Mei 2022, tempat ini viral di media sosial karena tagihan total jutaan rupiah.

Keriuhan tersebut berawal dari unggahan pengguna Facebook, Fatih Frederik Samuel Sinambela, baru-baru ini. Tampak di sana bahwa ia harus membayar tagihan senilai Rp1,2 juta-an, yang mana unggahan itu dibagikan ulang oleh banyak akun, termasuk akun Instagram @lambenyinyir_official.

Baca Selengkapnya...

10 Fakta Sungai Aare Swiss, Lokasi Anak Ridwan Kamil Hilang Terseret Arus

Peristiwa nahas melanda keluarga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Anak sulung mereka, Emmeril Kahn Mumtadz, dilaporkan terseret arus Sungai Aare di Bern, Swiss ketika berenang pada Kamis siang, 26 Mei 2022, waktu setempat, yang kemudian telah ditemukan otoritas setempat dalam kondisi meninggal dunia.

Karena kejadian ini, nama Sungai Aare sempat sangat populer. Sebagaimana diketahui, Sungai Aare sendiri bukan lokasi asing bagi warga lokal maupun turis. Faktanya, itu merupakan sungai terpanjang di Swiss.

Baca Selengkapnya...


Kaleidoskop Lifestyle Sepanjang Juni 2022

Menurut Ade Rai, tubuh membutuhkan gula sebagai sumber energi harian. Tapi, sebisa mungkin ia hanya mengonsumsi gula secukupnya tanpa berlebihan dan menggunakan jenis gula alami.

Gula alami punya manfaat penting yang dibutuhkan tubuh, seperti mencegah kenaikan gula darah, membantu menghindari berat badan berlebih, menurunkan risiko diabetes, serta anti-penuaan dini.

Ade Rai juga sering mengonsumsi buah setiap hari. Tapi, jenis buahnya yang tidak mengandung gula terlalu tinggi. Beberapa buah yang tinggi gula contohnya markisa, delima, mangga, dan ceri.

Baca Selengkapnya...

Pesan Menyentuh Nabila Ishma Nurhabibah, Kekasih Anak Ridwan Kamil

Ketika proses pencarian anak Ridwan Kamil, Emmiril Khan Mumtadz alias Eril, yang hilang saat berenang di Sungai Aare, Swiss, masih berlangsung, kehilangan akan sosoknya sempat diutarakan sang kekasih, Nabila Ishma Nurhabibah.

Melalui unggahan Instagram pribadinya, Nabila turut mendoakan dan memberi pesan menyentuh untuk Eril dari jauh. "Pegang tanganku erat-erat dan mari kita selesaikan ini bersama-sama," tulis Nabila.

Baca Selengkapnya...

Deddy Corbuzier dan Sabrina Chairunnisa Menikah, Bersanding Pakai Jas dan Kebaya Lilac

Busana pengantin Deddy Corbuzier dan Sabrina Chairunnisa sempat menarik perhatian. Di kesempatan itu, Deddy tampak gagah dengan setelan jas berwarna abu-abu dan dasi berwarna senada, serta kemeja putih.

Sementara Sabrina, terlihat anggun dalam balutan kebaya warna lilac yang lembut yang dipenuhi payet sebagai hiasan pakaian pengantinnya dan kain berwarna senada.

Baca Selengkapnya...

Strategi Fase Endemi COVID-19

HEADLINE: Jokowi Beri Sinyal PPKM Dihapus Akhir 2022, Strategi Fase Endemi COVID-19?

Liputan6.com 2022-12-23 00:01:08
Warga yang mengenakan masker berjalan melintasi mural berisi imbauan terkait COVID-19 di Menteng, Jakarta, Kamis (7/10/2021). Pemerintah menyiapkan langkah implementasi prokes 3M, implementas

Dua pekan sebelum tahun berganti, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sinyal kemungkinan menghentikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di akhir tahun 2022 seiring kasus COVID-19 melandai.

"Dan, mungkin nanti akhir tahun, kita akan menyatakan berhenti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), PPKM kita," katanya dalam acara 'Outlook Perekonomian Indonesia 2023' di Hotel Ritz-Charlton Jakarta pada Rabu, 21 Desember 2022.

Seperti diketahui, penanganan COVID-19 di Indonesia mengalami berbagai penyesuaian. Pemerintah pernah memakai istilah PSBB, PPKM, penebalan PPKM, PPKM Darurat, hingga PPKM Level 1 - 4.

Upaya di atas demi menyesuaikan terhadap gempuran dari berbagai virus Corona yang masuk dengan adanya penularan yang cepat. Seperti kita ingat di 2021, ketika varian Delta masuk, peningkatan kasus naik tajam setiap harinya disertai angka kematian yang melesat.

Tak hanya itu saja, situasi penanganan kesehatan yang mencakup kekurangan dokter dan tenaga kesehatan, serta suplai oksigen hingga penuhnya rumah sakit juga harus Indonesia hadapi. Pembatasan mobilitas dan pergerakan juga diperketat.

Meski begitu, Pemerintah tidak menerapkan lockdownsebagaimana di negara lain. Penyesuaian kebijakan PSBB sampai PPKM menjadi pilihan.

"Perjalanan seperti itu harus kita ingat betapa sangat sulit ya. Perlu saya ingatkan mengenai gempuran adanya pandemi. Saat Delta masuk, kasus harian kita mencapai 56.000 kasus," lanjut Jokowi.

"Saat itu, saya ingat hampir 80 persen Menteri menyarankan saya untuk lockdown, termasuk masyarakat juga menyampaikan hal yang sama. Kalau itu (lockdown) kita lakukan saat itu, mungkin ceritanya kan lain saat ini."

Ketika penanganan COVID-19 akibat Delta mulai terkendali, muncul lagi varian Omicon. Kasus COVID-19 kembali naik tajam.

"Muncul lagi Omicron, puncaknya mencapai 64.000 kasus harian. Sehingga kita ingat, saat itu Alat Pelindung Diri (APD) kurang, oksigen enggak ada, pasien numpuk di rumah sakit," Jokowi menerangkan.

"Untung saat itu kita masih tenang, tidak gugup, tidak gelagapan sehingga situasi yang sangat sulit itu bisa kita kelola dengan baik."


Jokowi Tunggu Kajian Kemenkes dan Kemenko Perekonomian

Jokowi tak mau asal-asalan dalam membuat keputusan penghentian PPKM. Ia sedang menunggu kajian dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (Kemenko Perekonomian).

Kajian yang dimaksud mencakup perkembangan terkini COVID-19 Tanah Air. Saat ini, meski terdapat varian baru seperti XBB, XBB.1, dan BN.1 yang menyebar, rata-rata kasus COVID-19 nasional semakin menurun.

"Jadi kembali ke soal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), PPKM itu saya masih menunggu seluruh kajian dan kalkulasi dari Kemenko Perekonomian dan Kementeran Kesehatan," terang Jokowi saat konferensi pers di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu, 21 Desember 2022.

Berkaitan dengan penghentian PPKM, Jokowi menambahkan, dirinya sudah meminta agar laporan kajian dari Kemenkes dan Kemenko Perekonomian masuk paling lambat pekan ini.

"Saya kemarin berikan target, minggu ini harusnya kajian dan kalkulasi itu sampai ke meja saya, sehingga bisa saya siapkan nanti Keputusan Presiden (Keppres) mengenai penghentikan PSBB, PPKM," tambahnya.

"Kita harapkan segera ya sudah saya dapatkan (laporan kajian) dalam minggu ini."

Di kesempatan terpisah, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi membeberkan beberapa topik laporan kajian untuk dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan penghentian PPKM. Secara garis besar, laporan yang dimaksud adalah data surveilans perkembangan COVID-19 Tanah Air.

Lalu, data perkembangan COVID-19 secara global dan negara-negara lain juga akan dilaporkan ke Jokowi. Hal ini sekaligus melihat situasi COVID-19 global, yang mana masih terjadi peningkatan kasus COVID-19 di negara lain seperti China.

"(Data kajiannya) melihat tren peningkatan kasus, pola varian (virus Corona) baru, benchmarknegara lain (sebagai pembanding), dan sero survei (antibodi)," ungkap Nadia saat dikonfirmasi Health Liputan6.commelalui pesan singkat pada Kamis, 22 Desember 2022.


Menko Airlangga Klaim RI Sudah Masuk Endemi

Tak lama usai pernyataan Jokowi tentang kemungkinan pencabutan PPKM, di hari yang sama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengklaim bahwa Indonesia sudah masuk endemi COVID-19. Airlangga mengatakan klaim ini merujuk pada indikator endemi yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Koordinator PPKM Luar Jawa-Bali ini menyebut, dalam setahun terakhir transmisi COVID-19 di Indonesia melandai. Kondisi ini seharusnya bisa mengubah status pandemi menjadi endemi COVID-19.

"Kami sudah laporkan ke Bapak Presiden mengenai kesiapan terutama tentu sudah hampir setahun Indonesia landai. Artinya berdasarkan kriteria dari WHO di level 1 dan itu sudah 12 bulan artinya secara negara sebetulnya kita sudah masuk pandeminya sudah berubah menjadi endemi," ujar Airlangga di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 21 Desember 2022.

Sinyal pemerintah bakal deklarasikan pandemi COVID-19 diperkuat lewat pernyataan Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono. Senapas dengan pernyataan Airlangga, Dante mengatakan bahwa Presiden Jokowi bakal mengumumkan status endemi COVID-19.

"Nanti akan ditambahkan oleh Bapak Presiden mengenai dengan (indikator status endemi Covid-19). Kita (Kementerian Kesehatan) akan memberikan masukan evaluasi dari kasus yang ada," kata Dante saat ditemui di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (22/12/2022).

Dante juga mengatakan, kasus Covid-19 sudah cenderung menurun di Indonesia. Meskipun ada varian baru masuk tapi tidak terjadi lonjakan kasus.

"Kasus sudah menurun walaupun ada varian baru tapi kasus sudah menurun. Pengumuman secepatnya akan dilakukan oleh Pak Presiden," tambah Dante.

Memang, bagaimana kondisi COVID-19 di Tanah Air akhir-akhir ini?

Menurut Laporan Harian COVID-19 Kemenkes per 20 Desember 2022 terjadi penurunan di sejumlah indikator penanganan COVID-19. Tren kasus konfirmasi harian COVID-19 dalam dua pekan terakhir menurun, dari 3.849 menjadi 1.367.

Kasus aktif juga menurun di angka 30.636, sebelumnya 53.406 kasus. Rata-rata pasien meninggal akibat COVID-19 dalam dua pekan terakhir turun sedikit, dari 2,396 persen menjadi 2,391 persen.

Data Kemenkes juga mencatat, jumlah pasien COVID-19 yang dirawat menurun di angka 3.679, sebelumnya 5.977 pasien dirawat. Sejalan dengan itu, keterisian tempat tidur COVID-19 (Bed Occupancy Ratio/BOR) di rumah sakit menurun, dari 10,32 persen menjadi 6,52 persen.


Pencabutan PKKM Atas Dalih Ekonomi?

Usai rencana pencabutan PPKM menyeruak beberapa pihak ikut memberi argumen. Epidemiolog Universitas Gadjah Mada, Bayu Satria Wiratama, sepakat atas rencana presiden Jokowi. Ia menyebut kebijakan PPKM saat ini sudah tidak memiliki urgensi untuk dilanjutkan.

"Dicabut tidak apa-apa karena sebenarnya sudah tidak ada urgensinya," kata Bayu

"Dulu belum ada intervensi yang bagus bagaimana caranya agar kasus COVID-19 ini tidak terus-menerus menimbulkan kematian. Kemudian muncullah PPKM," kata Bayu mengutip Antara.

Selain itu, Bayu mengatakan bahwa saat ini imunitas masyarakat terhadap COVID-19 sudah cukup tinggi. Lalu jika ada yang terkena, gejala yang muncul mayoritas ringan.

"Cenderung lebih banyak yang ringan daripada yang berat. Kalau pun ada lonjakan tidak signifikan dan yang penting tidak diikuti kematian tanpa dirawat di rumah sakit," tuturnya.

Meski begitu, Bayu meminta pemerintah tetap menggenjot cakupan vaksinasi booster atau penguat meski PPKM dihentikan. Terutama menggenjot vaksinasi kelompok masyarakat berisiko tinggi.

"Misalnya yang baru vaksin dosis satu agar segera mendapat dosis kedua sampai booster. Kalau booster semakin tinggi semakin bagus terutama kelompok-kelompok berisiko tinggi," ucapnya.

Sementara itu, beberapa pihak menyebut pencabutan PPKM perlu dikaji lagi. Jangan sampai ketika PPKM dicabut malah menyebabkan keparahan kondisi COVID-19 di Tanah Air.

Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah meminta pemerintah untuk mengkaji kembali rencana penghapusan PPKM. Menurutnya, kasus COVID-19 saat ini masih terbilang tinggi lantaran adanya varian baru yang terus bermunculan.

"Belum pas kalau saat ini, karena COVID-19 masih tinggi, cuman laporan-laporan daerah sekarang udah nggak mau transparan lah, nggak mau ribet lagi. Itu masalahnya," kata dia kepada Liputan6.com,Kamis (22/12/2022).

Ia menambahkan, Gugus Tugas Covid-19 di daerah bekerja tidak optimal. Hal ini terbentur persoalan anggaran yang dinilainya cukup besar.

"Yang terjadi saya lihat angka prevelensi jadi rendah, karena juga gugus tugas COVID-19 tidak bertugas maksimal lagi, karena pengaruh anggaran, semua sumber masalahnya anggaran. Jadi masalah cuan. jadi karena melihat anggaran yang digelontorkan terlalu banyak," ujar dia.

"Sehingga akhirnya anggapnya sudah endemi, jadi sebenarnya dasarnya cuman asumsi, kalau realitasnya belum, masih tinggi. Varian yang baru," Trubus menambahkan.

"Kalau saya lihat (ada) tekanan pelaku ekonomi, kedua ada tekanan pertumbuhan ekonomi, karena ini untuk menjaga inflasi. Sebenarnya tujuannya menjaga inflasi di tengah ketidakpastian perekonomian domestik, regional maupun global. Ini memang upaya-upaya yang dikorbankan. Menjaga inflasi, pertumbuhan ekonomi 5,4 persen, itu PPKM harus dihapus. Itu dasarnya," terangnya.

Trubus pun menilai mustahil kajian rencana penghapusan PPKM akan selesai hanya dalam waktu seminggu. Karenanya, ia khawatir hal ini akan memberikan dampak lebih buruh lagi bagi masyarakat.

"Instruksi (seminggu) mission impossible, di mana dalam waktu seminggu semuanya akan berakhir, saya khawatir ada efek domino nantinya ketika kemudian elite di daerah dan masyarakatnya lengah terhadap varian-varian COVID-19 karena bermutasi terus. Nanti saya khawatir akan berdampak jatuhnya korban," ujar dia.

Senada dengan Trubus, Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengatakan, bila benar hal itu dilakukan, maka kebijakan yang mendasarinya harus berdasarkan kajian dan analisis matang dari para ahli.

"Pemerintah diminta untuk menerapkan kebijakan secara arif sesuai dengan kondisi yang ada. Perubahan status PPKM, misalnya, haruslah dilandasi oleh analisis dan kajian yang matang. Sebab, kasus COVID-19 belum dipastikan ujungnya seperti apa," jelas Saleh melalui pesan singkat diterima, Kamis (22/12/2022).

Saleh mencatat, hingga saat ini Badan Kesehatan Dunia (WHO) belum melepas status pandemi secara umum. Meski memang faktanya, kondisi dan kebijakan untuk pencegahan COVID-19 sudah beragam.

Indonesia sendiri, lanjut Saleh, saat ini dilaporkan melandai. Namun, perlu diingat kasus COVID-19 masih terus ditemukan dan masih ada yang terpapar.

"Jadi, kalau ada kebijakan pencabutan PPKM, harus dibarengi dengan arahan dan himbauan kepada masyarakat. Misalnya, masyarakat diminta tetap menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). PHBS ini diperlukan tidak hanya saat pandemi COVID, tapi di setiap saat," jelas Ketua Fraksi PAN di DPR ini.


Tunggu Nataru Usai

Epidemiolog dan pakar global health security, Dicky Budiman, memiliki pendapat serupa dengan Trubus dan Saleh. Menurut Dicky, PPKM saat ini masih diperlukan. Pasalnya, sebentar lagi menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

PPKM masih dibutuhkan untuk pencegahan penularan COVID-19 di momen yang akan memicu peningkatan mobilisasi masyarakat tersebut.

"Jadi pencabutannya menurut saya jangan sekarang, tapi nanti setelah Nataru karena di Nataru ini 16 persen penduduk Indonesia bermobilitas," ujar Dicky kepada Health Liputan6.commelalui pesan suara, Kamis (22/12/2022).

Dicky tak memungkiri bahwa kasus COVID-19 di Indonesia memang sudah membaik. Namun, pandemi belum mencapai garis finish.

"Situasi Indonesia sudah baik, ya kita syukuri itu, tapi belum sampai finish. Ibarat lari maraton ini sudah dekat, sedikit lagi, jadi sabar. Toh PPKM-nya tidak harus level 3 atau 4. Level 1 saja enggak terlalu terlihat mencolok."

PPKM, kata Dicky, masih dibutuhkan untuk memberi dampak psikologis kepada masyarakat dan pemangku kepentingan agar tetap waspada. Penerapan di lapangan pun sebetulnya tidak mengganggu aktivitas masyarakat sehari-hari.

"Yang saya khawatirkan adalah ketika PPKM dicabut akhirnya banyak yang lebih abai lagi."


Pondasi Kehidupan Pasca Pandemi

Trubus mengingatkan penting bagi pemerintah untuk menyiapkan infrastruktur di masyarakat agar pencegahan pandemi menjadi lebih kuat seperti disampaikan Trubus.

"Pemerintah menunda dulu, sambil melakukan tracing dan menyiapkan infrastruktur untuk vaksin. Sekarang gini aja, masyarakat didorong aja untuk vaksin semua lagi, booster yang ketiga-keempat. Sekarang kan vaksin diproduksi dalam negeri, tidak mengandalkan Sinovac dan lainnya," jelas Trubus.

Lalu, perlu juga menyiapkan masyarakat yang selalu waspada dan paham melakukan sesuatu ketika sakit. Hal ini seperti disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Mohammad Adib Khumaidi.

Kewaspadaan masyarakat harus dibangun seperti jika sakit atau bergejala COVID-19 sebaiknya segera memeriksakan diri. Gaya hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi dan olahraga yang teratur perlu ditingkatkan.

"Yang penting itu adalah kewaspadaan kita. Kewaspadaan tetap harus ada. Kewaspadaan itu bagaimana? Ya, kalau kemudian sekarang katakanlah ada pembatasan aktivitas, lebih ke arah kewaspadaan kita untuk menjaga kesehatan kita sebenarnya," tegas Adib saat berbincang dengan Health Liputan6.comdalam kunjungannya ke Kantor KapanLagiYouniverse (KLY) Jakarta pada Rabu, 21 Desember 2022.

"Menjaga kesehatan bagaimana? Kalau ada keluhan-keluhan sakit, dia istirahat ya. Lalu menjaga kondisi dengan makan makanan yang bergizi, istirahat juga olahraga yang cukup."


Cuma WHO yang Bisa Klaim Pandemi Usai

Soal pernyataan endemi dari Airlangga, Mantan Direktur WHO Asia Tenggara, Tjandra Yoga Aditama menegaskan, pernyataan bebas pandemi COVID-19 harus semua negara. Bukan satu negara saja. Sebab, definisi pandemi sendiri merupakan suatu situasi epidemi yang terjadi di semua negara.

"Soal pandemi - endemi, pandemi itu kejadian berbagai epidemi di banyak negara. Karena terjadi di banyak negara, semua negara (status pandemi) harus dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)," terang Tjandra saat dihubungi Health Liputan6.commelalui sambungan telepon pada Kamis, 22 Desember 2022.

"Dan kenyataan pandemi berhenti harus dinyatakan oleh WHO juga. Tidak bisa dinyatakan oleh masing-masing negara."

Berdasarkan informasi Center of Disease Control (CDC) Amerika Serikat (AS), pandemi adalah wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografis yang luas (lingkup seluruh negara atau benua), biasanya mengenai banyak orang.

Sementara itu, epidemi adalah penyakit menular yang berjangkit dengan cepat di daerah yang luas dan menimbulkan banyak korban. Peningkatan angka penyakit di atas normal yang biasanya terjadi secara tiba-tiba pada populasi suatu di area geografis tertentu.

Sementara itu, endemi adalah penyakit yang berjangkit di suatu daerah atau pada suatu golongan masyarakat. Endemi merupakan keadaan di mana kemunculan suatu penyakit yang konstan atau penyakit tersebut biasa ada pada suatu populasi dalam suatu area geografis tertentu.

Pernyataan status pandemi hanya bisa diputuskan WHO, namun setiap negara sah-sah saja jika menyatakan 'status pandemi COVID-19 terkendali.' Apalagi secara global, rata-rata kasus COVID-19 dunia melandai meski di beberapa negara kasus kembali melonjak.

"Kalau negara masing-masing sih bisa saja mengatakan, situasi (COViD-19) sudah terkendali atau tidak terkendali, itu terserah masing-masing negara. Dan kita lihat angka di dunia saat ini turun, ya memang saat ini sudah turun ya," lanjut Tjandra Yoga Aditama.

"Tapi ya enggak bisa dinyatakan bebas pandemi, karena pernyataan bebas pandemi itu kan harus semua negara. Jadi, salah satu negara tidak bisa menyatakan dirinya tidak pandemi. Pandemi kan artinya terjadi epidemi di semua negara."

WHO melalui Emergency Commite akan membuat kriteria kapan pandemi COVID-19 bisa dicabut. Hal ini berkaitan dengan Status Kegawatdaruratan Kesehatan Masyarakat atau Public Health Emergency International Concern (PHEIC).

"Kemarin, pada 21 Desember 2022, WHO kembali menegaskan bahwa nampaknya situasi kegawatdaruratan kesehatan masyarakat, COVID-19 ini bisa diselesaikan tahun depan dan sudah membuat semacam target begitu,"

"Bahwa pada Januari 2023, Emergency Committee-nya WHO akan membuat kriteria, kapan pandemi itu bisa dicabut," tutup Tjandra.