Suka Cita Natal Terkubur Badai Salju

Suka Cita Natal 2022 di AS dan Jepang Terkubur Badai Salju

Liputan6.com 2022-12-26 14:00:00
Wanita mencari cara untuk membebaskan mobil setelah terjebak di salju di jalan saat badai salju besar melanda Kanada, Toronto, dan Ontario. (The Guardian)

Mungkin belahan dunia lain merayakan hari Natal dengan suka cita, nyaman, dan aman. Namun, berbeda yang dirasakan oleh lebih dari satu juta warga Amerika Serikat (AS) dan Kanada untuk merayakan Natal 2022 tanpa listrik apapun akibat badai salju sangat dahsyat yang terus melanda wilayah Amerika Utara.

Badai salju tersebut meliputi angin topan layaknya bom saat tekanan atmosfer merosot hingga membawa salju dan angin kencang serta suhu turun drastis menjadi membeku.

Menurut laporan dari BBC yang menyebutkan bahwa hampir dari 250 juta orang terkena dampaknya dan 19 kasus kematian telah dikaitkan dengan badai salju yang membentang lebih dari 2.000 mil (3.200 km) dari Quebec ke Texas. Dampak lainnya, ribuan penerbangan domestik dan internasional dibatalkan selama periode perayaan Natal tahun ini.

Bahkan, negara bagian Montana di AS bagian barat adalah negara yang paling parah terdampak hawa dingin dengan suhu turun sampai -50F (-45C).

Selain Montana, kota Florida dan Georgia yang biasanya lebih sejuk pun mengalami peringatan pembekuan di daerah tersebut.

"Jadi seperti apa visibilitas "nol mil" itu? Nah, inilah pemandangan spektakuler tempat parkir kami di dekat bandara. Ya, ada mobil yang diparkir beberapa meter jauhnya. Kami bahkan tidak ingin diparkir di dalamnya, Anda * pasti * tidak ingin mengemudi di dalamnya. Dengan serius," tulis National Weather Service (NWS), seperti dikutip dari Twitter resminya @NWSBUFFALO, Senin (26/12/2022).


Hujan Salju di Jepang Membuat 10.000 Rumah Tanpa Listrik dan 13 Orang Tewas

Selain wilayah Amerika Utara (AS dan Kanada) yang terkena badai salju, Jepang pun sama merasakan dampak dari hujan salju yang telah terjadi beberapa hari yang lalu.

Sky News melaporkan bahwa lebih dari 30 orang terluka parah dan lebih dari 50 orang mengalami luka ringan hingga menewaskan 13 orang serta lebih dari 10.000 rumah tanpa listrik.

Selanjutnya, menurut dari Badan Meteorologi Jepang menyebut di sepanjang pantai bagian Jepang utara adanya gelombang tinggi dan badai salju yang dapat menyebabkan salju setinggi 60 cm (2 kaki).

Dampak dari cuaca buruk tersebut semua layanan kereta api dan pesawat terganggu di Jepang utara. Hingga beberapa bagian tengah dan barat mengalami gangguan lalu lintas, menurut lembaga penyiaran publik NHK.


Penurunan Spesies Beruang Kutub di Kanada

Beruang kutub menghilang dengan cepat dari bagian barat Teluk Hudson di ujung selatan Kutub Utara Kanada.

Menurut laporan survei pemerintah Kanada yang mengatakan bahwa beruang kutub hilang diakibatkan penurunan dramatis, termasuk spesies betina atau indukan dan anak.

Selanjutnya, para peneliti pun telah terbang ke wilayah tersebut, termasuk kota Churchill, tujuan wisata yang disebut-sebut sebagai 'ibu kota beruang kutub dunia', setiap lima tahun untuk menghitung jumlah beruang dan mengekstrapolasi tren populasi.

Selama survei terakhir pada akhir Agustus dan awal September 2021, yang hasilnya dirilis awal Desember 2022, mereka melihat 194 beruang serta berdasarkan hitungan tersebut yang memperkirakan total populasi 618 hingga turun dari 842 dari lima tahun sebelumnya (2017-2022).

Perbandingan dengan perkiraan survei udara dari 2011 dan 2016 menunjukkan bahwa populasi Teluk Hudson Barat mungkin saja menurun secara drastis.

Itu juga mengungkapkan penurunan signifikan dalam kelimpahan betina dewasa dan beruang sub-dewasa antara tahun 2011 dan 2021.

"Penurunan yang diamati konsisten dengan prediksi lama mengenai efek demografis dari perubahan iklim pada beruang kutub," kata para peneliti, dilansir dari The Guardian.


Akibat Pemanasan Global, Penguin Kaisar Terancam Punah

Menurut penelitian baru yang menguraikan prioritas untuk melindungi keanekaragaman hayati yang menyebutkan bahwa dua pertiga spesies asli Antartika, termasuk penguin kaisar, berada di bawah ancaman kepunahan dan penurunan populasi besar-besaran pada tahun 2100 di bawah lintasan pemanasan global saat ini.

Studi tersebut, sebuah kolaborasi internasional antara ilmuwan, konservasionis, dan pembuat kebijakan dari 28 institusi di 12 negara, mengidentifikasi penguin kaisar sebagai spesies Antartika dengan risiko kepunahan terbesar, diikuti oleh burung laut lain dan nematoda tanah kering.

"Hingga 80 persen koloni penguin kaisar diproyeksikan akan punah pada tahun 2100 (penurunan populasi lebih dari 90 persen) dengan peningkatan emisi gas rumah kaca seperti biasa," kata Dr Jasmine Lee, penulis studi penelitian dari British Antarctic Survey.

Natal Kali Ini Lebih Suka Cita

Luhut: Tak Seperti 2 Tahun Sebelumnya, Natal Kali Ini Lebih Suka Cita

Liputan6.com 2022-12-25 16:00:51
Menko Luhut dalam Anugerah Bangga Buatan Indonesia (ABBI) 2022

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mensyukuri perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini akan lebih suka cita karena pembatasan minimum dari terkendalinya pandemi COVID-19.

"Tidak seperti dua tahun sebelumnya momen perayaan Natal tahun ini akan kita sambut dengan lebih suka cita, sudah bisa pulang kampung halaman menghadiri misa Natal di gereja dan berkumpul bersama sanak keluarga," katanya dalam video di akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan dikutip dari Antara, Minggu (25/12/2022).

Menurut data survei yang dirilis Kementerian Perhubungan, sekitar 44,7 juta orang diprediksi akan melakukan perjalanan di momen libur Natal dan Tahun Baru (2022/2023).

Luhut mengaku senang karena angka itu menandakan bahwa denyut nadi aktivitas masyarakat untuk melakukan perayaan hari besar dan liburan sudah kembali normal.

"Namun, kita tetap harus waspada dan saling menjaga kesehatan masing-masing, mengingat pembatasan di masa libur dan Nataru kali ini dibuat sangat minim," katanya.

Luhut juga mengingatkan masih ada tantangan yang harus dihadapi di masa mendatang, misalnya pertumbuhan ekonomi negara-negara yang diperkirakan melemah pada 2023.

Oleh karena itu, pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk memitigasi dampak ekonomi tersebut.

"Berbagai tantangan yang datang di tahun depan tidak boleh mematahkan semangat kita semuanya," katanya.

Luhut pun mengajak masyarakat terus bergotong royong dan saling membantu sesama. Ia juga berpesan agar tetap berserah kepada-Nya agar bisa melewati masa-masa sulit.

"Marilah kita semua kompak. Dari lubuk hati yang paling, dalam izinkan saya Luhut Binsar Pandjaitan bersama keluarga mengucapkan selamat hari Natal 2022 anda selamat menyambut Tahun Baru 1 Januari 2023. Semoga Natal Ini terus mengaruniai kita kebahagiaan kedamaian dan cinta kepada sesama umat manusia," katanya.


Sri Mulyani: Semoga Momen Natal Bawa Kedamaian dan Sukacita

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, turut mengucapkan selamat merayakan hari Natal bagi umat kristiani di Indonesia melalui akun instagram pribadinya @smindrawati.

"Selamat merayakan Hari Natal bagi seluruh umat kristiani," ucap Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengatakan, setelah 2 tahun penuh penantian, akhirnya pada perayaan natal kali ini umat Kristiani dapat berkumpul kembali bersama keluarga dan orang-orang terkasih.

Merayakannya dengan penuh kehangatan, anak-anak membuka kado sambil berbagi momen istimewa, hal yang selalu ditunggu-tunggu pada saat natal tiba.

"Meski masih berada dalam situasi penuh ketidakpastian, semoga momen natal ini akan membawa kedamaian dan sukacita di seluruh penjuru Nusantara, yang akan mengawali semangat optimisme kita untuk menyambut tahun baru 2023," ujar Menkeu.

Adapun di momen yang baik ini, Sri Mulyani mengajak berdoa agar kita senantiasa diberikan bekal kekuatan untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

"Semoga sesulit apapun rintangannya, Indonesia akan tetap menjadi bangsa yang kuat dan utuh, yang selalu menjunjung nilai persatuan, menghargai perbedaan dan toleransi antar sesama," ungkapnya.


Ucapkan Selamat Natal 2022, Erick Thohir: Semoga Kedamaian Iringi Langkah Kita

Indonesia merupakan negara multikultural dengan berbagai keragaman antara lain suku, ras, bahasa dan juga agama. Selain itu, Indonesia merupakan salah satu negara yang tinggi toleransinya antar umat beragama, salah satunya tercermin saat perayaan hari besar keagamaan seperti Hari Raya Natal 2022.

Termasuk Menteri BUMN Erick Thohir yang mengucapkan selamat hari Natal. Dia berharap Natal tahun ini semua umat Kristiani diberikan kedamaian, keberkahan dalam menikmati hari raya Natal.

"Semoga kedamaian, keselamatan, keberkahan, senantiasa mengiringi langkah kita semua. Selamat berlibur bersama keluarga," ujar Erick dikutip dari instagramnya @erickthohir.

Disisi lain, Erick menegaskan BUMN akan selalu merawat kebersamaan bangsa Indonesia di bawah payung Bhineka Tunggal Ika.

Menariknya, dalam menyambut Natal dan Tahun Baru, kata Erick Thohir, bandara-bandara BUMN @ap_airports @angkasapura2 ikut merayakan keberagaman agama dan budaya.


Ucapkan Selamat Natal dari Jokowi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan pesan selamat Natal 2022 untuk umat Kristiani, Minggu 25 Desember 2022. Hal itu disampaikan Jokowi, melalui akun sosial media pribadinya @jokowi.

"Saudara-saudaraku umat Kristiani yang sedang bersukacita menyambut Hari Raya Natal di mana pun berada. Semoga kedamaian, kebahagiaan, dan cinta kasih senantiasa memayungi langkah kita semua," tulis Jokowi dalam akun instagram pribadinya seperti dikutip Liputan6.com, Minggu (25/12/2022).

Selain ucapan, Jokowi juga menyelipkan gambar berlatar musik Natal yang di dalamnya terdapat sejumlah orang yang tengah berkumpul merayakan hari besar tersebut.

Di dalam rumah yang menjadi latar belakang perayaan Natal 2022 tu, terdapat pohon Natal yang dihias lampu berkelap-kelip, kakek dan cucu yang tengah membuka kado, hingga seseorang yang sedang menyantap hidangan natal.

Kemudian di luar rumah, terlihat ada sosok pria seperti Jokowi yang berkemeja putih sedang memberikan salam kepada seorang bapak-bapak dan anaknya.

Gambar tersebut menarik perhatian warganet. Sebab, terdapat si kucing oren yang belakangan selalu hadir dalam gambar ucapan yang dicuitkan presiden. Uniknya, dalam gambar selamat Natal kali ini, kucing oren atau si oyen muncul menjadi penghias pohon natal.

"Terima kasih bapak, semoga bapak selalu bahagia dalam memimpin bangsa ini. Btw si oyen mana?," demikian komentar sebuah akun.

"Oyen lagi cosplay jadi pohon cemara," jawab akun medsos lainnya.

Natal di AS Mencekam Seperti 'Zona Perang'

Musim Dingin Saat Natal di AS Mencekam Seperti 'Zona Perang', 31 Orang Dilaporkan Tewas

Liputan6.com 2022-12-26 14:32:57
Ilustrasi salju, musim dingin. (Photo by LinedPhoto on Unsplash)

Badai musim dingin tanpa henti telah membawa bahaya dan kesengsaraan di Hari Natal bagi jutaan orang Amerika Serikat ketika salju yang intens dan suhu dingin mencengkeram bagian timur Amerika Serikat.

Dikutip dari laman Straits Times, Senin (26/12/2022) dilaporkan bahwa ada kematian terkait cuaca ekstrem menjadi 31 orang.

"Ini seperti zona perang," kata Gubernur New York Kathy Hochul, penduduk asli Buffalo, di mana salju setinggi 2,4 m dan pemadaman listrik telah mengancam jiwa.

Hochul mengatakan kepada wartawan pada Minggu malam bahwa penduduk masih dalam pergolakan "situasi yang sangat berbahaya yang mengancam jiwa" dan memperingatkan siapa pun di daerah itu untuk tetap tinggal di dalam rumah.

Situasi krisis sedang berlangsung di Buffalo, di barat New York, di mana badai salju telah membuat kota terdampar, dengan layanan darurat tidak dapat menjangkau daerah yang terkena dampak tinggi.

Lebih dari 200.000 orang di beberapa negara bagian timur terbangun tanpa listrik pada pagi Natal dan banyak lagi yang rencana perjalanan liburannya dibatalkan, meskipun badai selama lima hari yang menampilkan kondisi badai salju dan angin kencang menunjukkan tanda-tanda mereda.

Cuaca ekstrem membuat suhu angin dingin di 48 negara bagian Amerika Serikat yang bersebelahan berada di bawah titik beku selama akhir pekan, membuat para pelancong liburan terlantar dengan ribuan penerbangan dibatalkan dan penduduk terperangkap di rumah-rumah yang tertutup es dan salju.


Kondisi Rawan Salju

Para pejabat menggambarkan kondisi berbahaya secara historis di wilayah Buffalo yang rawan salju, dengan pemadaman listrik selama berjam-jam dan ada saja jenazah ditemukan di dalam kendaraan dan di bawah timbunan salju saat pekerja darurat berjuang untuk mencari mereka yang membutuhkan penyelamatan.

Bandara internasional kota tetap ditutup hingga Selasa dan larangan mengemudi tetap berlaku untuk seluruh Erie County, tempat kota metropolitan tepi danau itu berada.

Gubernur Hochul mengerahkan sekitar 200 anggota Garda Nasional untuk membantu penyelamatan di dalam dan sekitar Buffalo.

"Ini ekstrem, berbahaya dan mematikan," katanya kepada CNN, mencatat bahwa bahkan unit Garda Nasional pun terjebak dan membutuhkan penyelamatan.


Rekor Malam Natal Terdingin Melanda Sejumlah Negara Bagian AS

Banyak lokasi di AS bagian timur mengalami Malam Natal terdingin dalam beberapa dekade saat ledakan Arktik atau suhu dingin mencapai puncaknya.

Menurut laporan CNN, Sabtu (24//12/2022), dingin yang mengancam jiwa bahkan dilaporkan telah menyebar sampai ke Pantai Teluk dan perbatasan Meksiko, dengan angin dingin di bawah nol derajat Celcius dilaporkan sampai ke Austin dan Atlanta di selatan AS.

Secara keseluruhan, lebih dari 200 juta orang di AS berada di bawah peringatan angin dingin dari perbatasan Kanada ke perbatasan Meksiko dan dari negara bagian Washington ke Florida, dengan angin dingin di bawah nol derajat Celcius diperkirakan terjadi di Tenggara pada hari Jumat. Peringatan cuaca musim dingin lainnya berlaku untuk kondisi badai salju, es, salju, dan banjir.

"Grafis Peringatan National Weather Service menggambarkan salah satu peringatan dan nasihat cuaca musim dingin terbesar yang pernah ada," kata badan itu Kamis.

Khususnya, sebagian Montana, South Dakota, dan Wyoming telah mengalami angin dingin di bawah minus 50 derajat Fahrenheit dalam dua hari terakhir.

Seluruh negara bagian Texas mengalami suhu di bawah titik beku pada Jumat sore, menurut pengamatan cuaca dari seluruh negara bagian.

Banyak yang akan mengalami liburan dingin tidak seperti yang lain: Atlanta, Philadelphia, Pittsburgh dan Tallahassee, Florida, semuanya diperkirakan memiliki suhu tertinggi terdingin yang pernah tercatat pada 24 Desember, menurut Layanan Cuaca Nasional.

Washington DC diperkirakan akan mengalami Malam Natal terdingin kedua, setelah tahun 1989. Di New York, ini akan menjadi Malam Natal terdingin sejak 1906. Chicago memperkirakan suhu akan pulih di atas nol, tetapi masih akan mengalami Malam Natal terdingin sejak 1983.

Sebagian besar Florida akan mengalami puncak kedinginan pada Hari Natal. Ini akan menjadi Hari Natal terdingin sejak 1983 untuk Miami, Tampa, Orlando, dan West Palm Beach.


8 Orang Tewas Akibat Hujan Salju Lebat di Jepang

Sementara itu, hujan salju lebat di Jepang telah menewaskan sedikitnya delapan orang, demikian yang dilaporkan lembaga penyiaran nasional NHK pada Jumat (23 Desember), mengutip Badan Penanggulangan Kebakaran dan Bencana Jepang.

Salju tebal di seluruh Jepang utara dan barat telah mendorong pejabat cuaca untuk meminta penduduk tetap waspada terhadap badai salju musim dingin, demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (24/12/2022).

Jepang saat ini sedang mengalami pola tekanan musim dingin, dengan badan cuaca memperingatkan gangguan lalu lintas, badai salju, dan gelombang tinggi, demikian yang dilaporkan berita Kyodo.

Para pejabat mengatakan delapan kematian itu terjadi di lima prefektur - Hokkaido, Akita, Yamagata, Niigata dan Ishikawa, menurut NHK.

Seorang wanita berusia 20-an ditemukan tewas di dalam mobil yang terkubur salju di Prefektur Niigata pada Selasa. Petugas menduga dia meninggal karena keracunan karbon monoksida setelah pipa knalpot mobil terhalang salju.

Tiga orang berusia di atas 80 tahun tewas dalam kecelakaan di Prefektur Niigata saat mencoba membersihkan salju dari sekitar rumah mereka.

Di Prefektur Akita, Jepang utara, seorang pria berusia 80-an ditemukan tewas pada Rabu, terkubur di bawah salju. Seorang pria lain berusia 70-an di prefektur itu meninggal saat mencoba membersihkan salju dari atap rumahnya pada hari Senin.

Para pejabat menambahkan bahwa 19 orang terluka parah dan 26 lainnya menderita luka ringan dalam kecelakaan terkait salju di enam prefektur.

Ajak Pendeta Eratkan Tali Persaudaraan

Gibran Rakabuming Kirim Kartu Natal 2022 Untuk Pendeta, Ajak Eratkan Tali Persaudaraan

Liputan6.com 2022-12-26 17:00:00
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Natal 2022 yang baru saja dirayakan umat Kristen Tanah Air menyisakan sejumlah catatan manis untuk diingat. Gibran Rakabuming mengirim sejumlah kartu Natal kepada para pendeta di Solo.

Salah satunya, Pendeta Daniel Irianto yang memimpin jemaat Gereja Bethany Indonesia Pasar Legi Solo. Kartu ucapan Wali Kota Solo dipamerkan akun Twitter @rockaliang, Minggu (25/12/2022).

Kartu Natal itu dibungkus amlop putih. Di bagian kiri atas ada lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila keemasan. "Terima kasih Pak Wali Kota-ku yang terbaik @gibran_tweet. Gusti mberkahi," cuit akun tersebut.

Ia menyertakan dua foto yakni ampop putih dan foto kedua menampilkan kartu Natal dari Gibran Rakabuming Raka berisi ajakan kepada umat Kristiani untuk memperat tali persaudaraan.


Sukacita dan Kedamaian

Indonesia negara yang kaya keragaman, tak berbasis agama tertentu. Saudara yang tidak seiman adalah saudara sebangsa dalam kemanusiaan. Karenanya, merawat kebhinekaan amat penting.

"Sukacita dan kedamaian Natal membawa semangat mempererat tali persaudaraan. Bersama kita bisa menyongsong kebangkitan, siap menuntaskan kerja-kerja cepat demi masa depan yang berkelanjutan," tulis Gibran Rakabuming.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Selamat Natal

"Selamat merayakan Hari Natal dan Tahun Baru 2023," pungkasnya bersama Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa. Cuitan ini dibalas Gibran Rakabuming dengan mencuit, "Selamat Natal dan Tahun Baru."

Mencermati lini masa medsos, lewat akun Twitter terverifikasi, bintang film Sesuai Aplikasi menyelamati umat Kristiani yang memperingati kelahiran Yesus Kristus Sang Juruselamat.


Berkat dan Cinta Kasih

"Selamat merayakan Hari Natal bagi yang merayakan. Semoga damai Natal membawa berkat dan cinta kasih pada sesama," cuit Gibran Rakabuming, kemarin. Diberitakan sebelumnya, ia mempersilakan umat Kristen beribadah seperti biasa dengan aman dan tenang.

"Tidak ada pembatasan, silakan beraktivitas dan beribadah seperti normal saja. Yok, kita cek gereja," ujar putra sulung Jokowi, kami lansir dari video interviu kanal YouTube Berita Surakarta, Kamis (22/12/2022).

Penjualan Rokok Batangan Dilarang

Jokowi Bakal Larang Penjualan Rokok Batangan

Liputan6.com 2022-12-26 12:25:38
Sejumlah batang rokok ilegal diperlihatkan petugas saat rilis rokok ilegal di Kantor Direktorat Jenderal Bea Cukai, Jakarta, Jumat (30/9). Rokok ilegal ini diproduksi oleh mesin dengan total

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melarang penjualan rokok batangan. Rencananya, aturan tersebut tertuang dalam peraturan yang bakal disusun pemerintah di 2023.

Laranganpenjualan rokok batangan ada dalam lampiran Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2022 tentang Program Penyusunan Peraturan Pemerintah Tahun 2023. Keppres Ini diteken Presiden Jokowi pada 23 Desember 2022.

Larangan penjualan rokok batangan ini akan tertuang dalam Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 20l2 tentangPengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan.

"Pelarangan penjualan rokok batangan," dikutip dari Keppres tersebut, Senin (26/12/2022).

Ada sejumlah perubahan pengaturan dalam Rancangan PP tersebut diantaranya:

1. Penambahan luas prosentase gambar dantulisan peringatan kesehatan pada kemasanproduk tembakau;

2. Ketentuan rokok elektronik;

3. Pelarangan iklan, promosi, dan sponsorshipproduk tembakau di media teknologiinformasi;

4. Pelarangan penjualan rokok batangan;

5. Pengawasan iklan, promosi, sponsorshipproduk tembakau di media penyiaran, mediadalam dan luar ruang, dan media teknologiinformasi;

6. Penegakan dan penindakan; dan

7. Media teknologi informasi serta penerapanKawasan Tanpa Rokok (KTR).


16 Juta Pita Cukai Disebar, Siap-Siap Harga Rokok Naik Januari 2023

Pemerintah telah menaikan cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok untuk 2023. Hal ini akan berdampak pada kenaikan harga rokok yang dijual di pasaran.

Adapun kenaikan tarif cukai ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 191/PMK.010/2022.

Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Nirwala Dwi Heryanto, mengatakan pita cukai rokok dengan tarif terbaru sudah mulai disebar ke berbagai daerah. Untuk tahap pertama, jumlahnya sebanyak 16 juta pita cukai.

"Tiap hari datang dua truk Peruri untuk kita distribusikan (pita cukai rokok dengan tarif terbaru). Itu sudah menunukkan kesiapan per Januari (2023) nanti sudah bisa digunakan perusahaan," kata Nirwala di Kantor Ditjen Bea dan Cukai Kemenkeu, Jakarta, Kamis (22/12/2022).

Karena sudah didistribusikan, maka sesuai ketentuan batas pelekatan pita cukai 2023 bagi industri adalah per 1 Februari 2023. Dengan demikian, rokok produksi terbaru yang sudah dilekatkan akan menggunakan harga jual eceran (HJE) terbaru sesuai PMK yang berlaku.

Secara motif, Nirwala menambahkan, pita cukai terbaru ini berbeda dengan pita cukai di tahun-tahun sebelumnya. Untuk 2023, tema yang digunakan untuk gambar pita cukai rokok ialah fauna semisal gajah hingga monyet. Sedangkan tahun sebelumnya berema burung.

"Kalau kemarin kan burung ya, aves ya, dan tahun sebelummya biota laut, kalau sekarang fauna, ada gambar gajah, monyet atau apa tadi," imbuh Nirwala.


Pita Cukai

Meski pita cukai baru sudah harus ditempel pada 1 Februari 2022, Nirwala menekankan, produk rokok yang masih beredar di warung-warung akan tetap dijual dengan harga berdasarkan pita cukai edisi lama yang sudah ditempel.

"Harganya naik saat sudah pakai pita 2023, itu aja dan tentunya kan dalam penyesuaian yang dicantumkan di PMK itu kan HJE minimal. Biasanya kalau begitu ada kenaikan tarif, saya yakin rata-rata perusahaan menyesuaikan ke HJE minimal semua," terangnya.

Nirwala pun memastikan, kali ini tidak ada aksi borong pita cukai dari para pelaku industri atau yang dikenal dengan istilah forestalling.

"Itu sebetulnya kan strategi hedging perusahaan bahwa oh karena khawatir naik tinggi, itu mungkin karena naiknya hanya 10 persen, kekhawatiran itu enggak ada. Normal sekarang, enggak ada forestalling," pungkasnya.


Cukai Rokok 2023 Sudah Bisa Dipesan, Ini Caranya

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah mengumumkan tarif cukai hasil tembakau atau cukai rokok naik 10 persen untuk 2023. kenaikan cukai rokok ini akan berlaku efektif pada Januari 2023.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan pada Desember ini tengah melakukan transisi dari cukai lama ke cukai baru. Bea Cukai akan melakukan implementasi dan pengawasan terhadap kebijakan Cukai Hasil Tembakau 2023.

"DJBC melakukan langkah-langkah guna memastikan kelancaran proses transisi dari kebijakan sebelumnya menuju ke tahun 2023," tulis keterangan Kemenkeu, seperti dikutip dari Belasting.id, Senin (19/12/2022).

Langkah pertama yang dilakukan DJBC per 15 Desember 2022 dilakukan penetapan kembali terhadap seluruh merek sigaret yang masih berlaku yang terdaftar pada administrasi DJBC. Proses penetapan kembali dilakukan secara elektronik baik rokok konvensional dan rokok elektrik.

Pelaksanaan penetapan kembali dilakukan terotomasi melalui aplikasi ExSis tanpa permohonan dari Pengusaha Pabrik atau Importir. Adapun untuk Pengusaha Pabrik/Importir Rokok Elektrik dan HPTL, mulai tanggal 15 Desember 2022 perlu untuk mengajukan permohonan penetapan tarif cukai merek baru karena adanya perubahan administrasi cukai.

Selanjutnya, untuk pemesanan pita cukai sudah bisa dilakukan permohonan. Proses permohonan penyediaan pita cukai (P3C) tahun anggaran 2023 sudah dapat dilakukan melalui aplikasi ExSis oleh Pengusaha Pabrik atau Importir sesaat setelah proses penetapan kembali berhasil dilakukan.

Otoritas kepabeanan dan cukai Indonesia itu memastikan kesiapan konsorsium dalam mencetak pita cukai untuk tahun anggaran 2023. Hasil koordinasi, pihak konsorsium menjamin ketersediaan pita cukai tahun anggaran 2023 pada awal Januari 2023.

"Untuk menunjang kelancaran masa transisi ini, DJBC akan melakukan sosialisasi kebijakan kepada asosiasi pelaku usaha Industri Hasil Tembakau," terang Kemenkeu.

Cuaca Buruk, Gelombang 6 Meter Mengancam

Ancaman Gelombang Tinggi 6 Meter, Jangan Paksa Berlayar

Liputan6.com 2022-12-26 10:00:05
BMKG pada Instagram @infobmkg mengeluarkan informasi cuaca buruk dan gelombang tinggi di sejumlah perairan di Indonesia periode 26-27 Desember 2022. (Dok Kemenhub)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan sejumlah skema untuk mengantisipasi cuaca buruk yang berpengaruh pada perjalanan angkutan laut. Kemenhub juga meminta pengelola layanan dan masyarakat turut waspada.

Prediksi cuaca ekstrem seperti gelombang tinggi di beberapa wilayah di Indonesia telah dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) periode 26 Desember 2022 pukul 07.00 WIB sampai 27 Desember 2022 pukul 07.00 WIB.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Ditjen Perhubungan Laut, Capt. Mugen S Sartoto menyebutkan, saat ini cuaca buruk dan gelombang tinggi terjadi di sejumlah perairan di Indonesia yang tentunya berdampak terhadap keselamatan pelayaran.

Oleh sebab itu Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengimbau kepada para Syahbandar, Operator Kapal termasuk Nakhoda Kapal serta masyarakat untuk selalu mengutamakan keselamatan pelayaran.

"Seluruh Syahbandar, perusahaan pelayaran dan angkutan penyeberangan, masyarakat agar mempelajari berita cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG secara periodik setiap 6 jam," ujar Capt. Mugen dalam keterangannya, Senin (26/12/2022).

"Apabila kondisi cuaca membahayakan keselamatan pelayaran maka Syahbandar diminta untuk tidak menerbitkan Surat Persetujuan Berlayar atau SPB, dan bilamana terdapat pihak manapun yang memaksakan kapal diberangkatkan maka untuk tetap tidak diberangkatkan sampai kondisi cuaca di sepanjang perairan yang akan dilayari benar aman untuk berlayar," tambah dia.

Terhadap kegiatan bongkar muat barang agar diawasi secara berkala untuk memastikan kegiatan dilaksanakan dengan tertib dan lancar, muatan dilashing, kapal tidak over draft serta stabilitas kapal tetap baik. Seluruh operator kapal khususnya Nakhoda agar memperhatikan berita cuaca paling terkini terkait kondisi angin dan ombak serta meminta pertimbangan Syahbandar sebelum kapal berangkat.

Dia menyebut dalam hal kapal saat pelayaran mendapati cuaca buruk, agar segera berlindung di tempat yang aman dengan ketentuan kapal harus tetap siap digerakkan. Nakhoda kapal juga diminta untuk memeriksa kembali kondisi pemuatan termasuk pembagian beban muatan, lashing (ikatan) muatan termasuk muatan berbahaya (jika ada) dan memastikan kapal telah dilengkapi dengan bukti sertifikat keselamatan dalam kondisi laik laut sebelum kapal diberangkatkan.

Apabila terjadi kecelakaan kapal agar segera berkoordinasi dengan syahbandar setempat dan melakukan penanggulangan tumpahan minyak di laut dan akibat lain yang ditimbulkan termasuk penundaan dan kegiatan salvage.

"Kami menyiagakan kapal-kapal Patroli serta terus berkoordinasi dengan Basarnas, TNI/Polri sebagai antisipasi kemungkinan terjadinya kecelakaan laut," jelas Capt. Mugen.


Ikuti Aturan Keselamatan

Capt. Mugen juga mengimbau kepada masyarakat khususnya calon penumpang kapal agar selalu mengikuti aturan keselamatan dan petunjuk dari petugas kapal.

"Jangan memaksakan untuk segera diberangkatkan jika cuaca dan gelombang tidak memungkinkan untuk kapal berlayar, utamakan keselamatan pelayaran," kata Capt. Mugen.

Ia juga mengimbau agar para calon penumpang kapal tidak memaksakan diri naik ke kapal jika kapal sudah penuh sesuai kapasitas kapal.

"Jangan memaksakan naik ke kapal jika kapal sudah penuh, belilah tiket kapal secara online atau melalui loket resmi di pelabuhan, pastikan membawa barang bawaan secukupnya dan tetap mengutamakan keselamatan pelayaran yang merupakan tanggung jawab kita bersama," tutup Capt. Mugen.


Informasi BMKG

Sebagai informasi, BMKG pada Instagram @infobmkg mengeluarkan informasi cuaca buruk dan gelombang tinggi di sejumlah perairan di Indonesia periode 26-27 Desember 2022 yang meliputi:

Tinggi gelombang 1.25 - 2.50 m (sedang) berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat Pulau Simeulue hingga kep. Mentawai, perairan Bengkulu, Samudera Hindia Barat Aceh hingga Kep. Nias, perairan Selatan Banten hingga Jawa Barat, Samudera Hindia Selatan Jawa Barat, perairan selatan Kep. Anambas, perairan timur Kep. Bintan - kep. Lingga, laut Natuna, perairan utara P. Bangka- Belitung.

Kemudian Selat Karimata, Laut Jawa bagian barat, perairan utara Jawa Tengah hingga Jawa Timur, perairan Selatan Kalimantan, Selat Makassar bagian tengah dan Utara, Selat Sumba, Perairan p. Sawu - Rote, Laut Sawu, Perairan Selatan Flores, Laut Sulawesi Bagian Barat, perairan Kep. Sangihe, Laut Maluku bagian Utara, Perairan Selatan P. Buru - Seram, perairan Kep. Kai, perairan Kep.Sermata hingga Kep. Tanimbar, perairan Papua Barat hingga Papua, Samudera Pasifik Utara, Papua Barat hingga Papua.


Gelombang Tinggi

Tinggi gelombang 2.50 - 4.0 meter (tinggi) berpeluang terjadi di:

Samudera Hindia Barat Kep. Mentawai hingga Lampung, Perairan Enggano - Barat Lampung, Selat Sunda Bagian Barat dan Selatan, Samudera Hindia Selatan Banten, Perairan Selatan Jawa Tengah hingga P. Sumbawa, Selat Bali - Lombok - Alas Bagian Selatan, Samudera Hindia Selatan Jawa Tengah hingga NTB, perairan Utara Kep. Anambas, perairan Kep. Natuna.

Kemudian, Laut Jawa bagian Tengah dan Timur, Selat Makassar bagian Selatan, perairan Kep. Sabalana, Kep. Selayar, perairan Selatan Baubau - Kep. Wakatobi, Laut Flores, Laut Banda, Perairan Kep. Talaud, perairan Utara Halmahera, Laut Halmahera.

Tinggi Gelombang 4.0 - 6.0 meter (sangat tinggi) berpeluang terjadi di Laut Natuna Utara.

Kuburan Rudal Rusia di Ukraina

Bangkai Rudal Rusia Jadi 'Kuburan Unik' di Kharkiv Ukraina

Liputan6.com 2022-12-26 08:02:45
Seorang petugas tengah mengamati puing-puing roket Rusia yang dikumpulkan di Kharkiv, Ukraina, Kamis, 22 Desember 2022. (AP/Evgeniy Maloletka)

Kharkiv, kota di Ukraina timur, memiliki "pemakaman" yang unik, yang mengingatkan orang akan beberapa kerusakan terburuk yang terjadi sejak invasi Rusia. Pemakaman itu berupa puing-puing roket yang digunakan untuk menyerang kota tersebut dan penduduknya.

Di kuburan itu terdapat lebih dari 1.000 rudal, atau bagian-bagian rudal. Otoritas lokal berharap mereka bisa membantu memberi informasi untuk setiap kasus tuntutan terhadap otoritas dan tentara Rusia. Dan mungkin, suatu hari kelak, rudal-rudal itu akan menjadi bagian dari museum kekejaman Rusia di negara itu.

Silinder-silinder kebiruan itu dijejerkan dalam barisan sesuai ukurannya, membuat pemandangan yang mengesankan jika dilihat dari udara, dikutip dari VOA Indonesia, Minggu (25/12/2022).

Dmytro Chubenko, juru bicara Kantor Kejaksaan wilayah Kharkiv, mengatakan bahwa roket-roket itu telah dikumpulkan sejak serangan pertama. Setelah beberapa waktu, para pejabat memutuskan untuk menyusun bangkai-bangkai roket itu berdasarkan jenisnya.

"Ini adalah potongan bukti yang akan digunakan oleh pengadilan pidana internasional," katanya ketika berkunjung ke tempat itu. Dia mengatakan bahwa beberapa spesialis telah datang ke kota itu untuk mempelajari materi tersebut.

Rudal-rudal itu, ia menambahkan, digunakan untuk menyerang beberapa daerah permukiman penting. Dia mengatakan bahwa pihak berwenang memperkirakan setidaknya 1.700 orang tewas akibat penembakan, termasuk 44 anak-anak, di Kharkiv dan sekitarnya.


Presiden Ukraina Sampaikan Pesan Natal, Minta Rakyat Tabah Hadapi Rusia

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah mendesak rakyatnya untuk bertahan dalam menghadapi serangan Rusia saat negara itu merayakan Natal.

Dalam pidato menantang pada hari Sabtu, dia berkata: "Kebebasan datang dengan harga tinggi. Tetapi perbudakan memiliki harga yang lebih tinggi," demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (25/12/2022).

Serangan rudal dan drone Rusia telah membuat jutaan orang Ukraina tanpa daya, pemanas, dan air mengalir.

Sebelumnya pada Sabtu, serangan udara Rusia menewaskan 10 orang di kota Kherson selatan Ukraina, kata para pejabat.

Otoritas regional mengatakan 68 orang lainnya terluka dan meminta penduduk setempat untuk segera mendonorkan darah.

Menggambarkan Rusia sebagai "negara teroris", Zelensky menuduh pasukan Rusia "membunuh demi intimidasi dan kesenangan".

Dalam sebuah posting di media sosial, ia menunjukkan gambar-gambar jalan-jalan yang penuh dengan mayat dan mobil yang terbakar, mengatakan "dunia harus melihat dan memahami kejahatan mutlak apa yang kita lawan".


Perang dengan Rusia, Ukraina Desak Aliansi Tank Militer Pimpinan Jerman

Ukraina telah memperbarui permintaannya untuk tank tempur utama Jerman. Sementara itu, Volodymyr Zelenskyy telah mendarat kembali di Kyiv setelah mengunjungi Amerika Serikat.

Seorang pejabat senior Ukraina telah meminta Jerman untuk membentuk ''aliansi tank Eropa" untuk merampingkan bantuan militer ke Kyiv.

Dalam sebuah wawancara dengan outlet media Redaktionsnetzwerk Deutschland pada hari Jumat, wakil menteri luar negeri Ukraina dan mantan duta besar untuk Jerman, Andriy Melnyk, meminta Jerman untuk memasok Kyiv dengan tank tempur utama Leopard dan kendaraan tempur infanteri Marder.

"Jika pemerintah Jerman tidak ingin melakukannya sendiri dalam pengiriman, maka Jerman dapat mengejar peran kepemimpinan di benua itu dalam hal ini, menempa aliansi tank Eropa," kata Melnyk seperti dikutip dari MSN News, Minggu (25/12/2022).

Melnyk sebelumnya melayangkan gagasan aliansi untuk memasok tank ketika dia mengundurkan diri sebagai duta besar pada Oktober.

Pada saat itu, ia menyarankan negara-negara Eropa dapat mengumpulkan stok mereka sekitar 2.000 tank Leopard 2 dan mengirimkan 10% dari mereka ke Ukraina.

Dalam wawancara pada Jumat, Melnyk juga meminta Jerman untuk mengikuti Amerika Serikat dengan menyampaikan sistem pertahanan udara Patriot.

Berlin baru-baru ini mengirimkan sistem tersebut ke mitra NATO Polandia, tetapi mencegah Warsawa meneruskan peralatan tersebut ke Ukraina.

Kanselir Jerman Olaf Scholz sebelumnya mengatakan Jerman tidak akan secara sepihak mengirimkan tank ke Ukraina tanpa dukungan dari negara lain di Eropa.

Namun, Melnyk memintanya untuk "secara besar-besaran meningkatkan dukungan militer untuk tanah air saya tanpa jika atau tetapi."


Rusia: Peluang Perdamaian Hilang Ketika Presiden Ukraina Datang ke AS

Kremlin mengatakan bahwa tidak ada hal baik yang akan datang dari perjalanan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy ke Washington pada hari Rabu dan bahwa Rusia tidak melihat peluang pembicaraan damai dengan Kyiv.

Dalam panggilan dengan wartawan, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa pasokan senjata Barat yang berkelanjutan ke Ukraina akan mengarah pada "pendalaman" konflik - sesuatu yang dapat menjadi bumerang bagi Kyiv, ia memperingatkan.

"Pasokan senjata terus berlanjut dan jangkauan senjata yang dipasok semakin meluas. Semua ini, tentu saja, mengarah pada perburukan konflik. Ini bukan pertanda baik bagi Ukraina," kata Peskov sebagaimana dikutip dari Al Arabiya, Sabtu (24/12/2022).

Zelenskiy dijadwalkan bertemu Presiden AS Joe Biden dan para pemimpin Kongres pada Rabu dalam perjalanan luar negeri pertamanya sejak Moskow mengirim puluhan ribu pasukan ke negaranya pada 24 Februari.

Ditanya apakah Moskow memiliki harapan bahwa sesuatu yang positif dapat datang dari perjalanan Zelenskyy, Peskov menjawab: "Tidak".

Selama kunjungannya, Amerika Serikat juga akan menyetujui pengiriman sistem rudal Patriot canggih ke Ukraina sebagai bagian dari paket dukungan militer multi-miliar dolar terbaru untuk Kyiv.

BTS Jadi Calon Pimpinan Twitter?

Ada Nama BTS Jadi Calon Pimpinan Twitter, Gantikan Elon Musk

Liputan6.com 2022-12-25 18:00:06
BTS. (Big Hit Music via Facebook/ BTS ()

Elon Musk telah menyatakan akan mundur dari sebagai pimpinan di Twitter. Hal ini ia ungkapkan setelah membuat polling mengenai nasib jabatannya di perusahaan tersebut.

Usai pernyataan itu, sejumlah warganet pun mengajukan nama-nama yang disebut bisa menggantikan dirinya. Seperti dikutip dari AllKPop, Minggu (25/12/2022), salah satu nama yang diajukan adalah boyband asal Korea Selatan BTS.

Nama BTS sendiri diajukan oleh musisi asal Kanada DJ Swivel. Melalui cuitannya pada Elon Musk, ia menyebut BTS harus menjadi CEO bersama di Twitter.

"Saya pikir @BTS_twt harus menjadi CEO bersama Twitter @elonmusk," tulis DJ Swivel. Yang menarik, Elon menyambut cuitan itu dengan menyebutnya sebagai ide yang bagus.

"Ide yang hebat," tulis Elon Musk singkat menjawab cuitan DJ Swivel. Kendati demikian, belum dapat dipastikan apakah nama BTS akan benar-benar dipertimbangkan oleh CEO Tesla tersebut.

Terlebih, selain BTS, ada toko populer lain yang mengajukan dirinya menjadi kepala di Twitter. Adalah Mr Beast, seorang YouTuber kenamaan asal Amerika Serikat yang menanyakan langsung ke Elon Musk.

"Bisakah saya menjadi CEO Twitter baru?" tulis @MrBeast. Menjawab cuitan tersebut, Elon pun hanya menjawab singkat bahwa hal itu bukan tidak mungkin.

Elon Musk sendiri memang menyebut dirinya akan mundur setelah mayoritas suara setuju agar ia mundur dari pucuk kepempiminan Twitter. Namun, bukan berarti ia akan langsung melepaskan operasional perusahaan.

"Saya akan mundur sebagai CEO segera setelah saya menemukan seseorang yang cukup bodoh untuk menerima pekerjaan itu! Setelah itu, saya hanya akan menjalankan tim software & server," tulisnya.


Elon Musk Buat Polling

Sejak mengambil alih kepemilikan Twitter, Elon Musk memang dikenal kerap mengeluarkan sejumlah keputusan kontroversial. Mulai dari memecat sebagian besar karyawan hingga menangguhkan akun sejumlah jurnalis.

Seakan mengerti dengan kondisi ini, dia pun membuat sebuah polling di Twitter yang meminta tanggapan para pengguna apakah dia seharusnya dia mundur dari pucuk kepemimpinan perusahaan.

"Haruskah saya mundur sebagai Head of Twitter? Saya akan mematuhi hasil polling ini," cuit Elon Musk.

Polling yang dibuka ini seakan menegaskan cuitan Elon Musk sebelumnya. Dalam kicauan tersebut, ia menuliskan Twitter akan mengadakan pemilihan suara untuk perubahan kebijakan besar di masa depan.

"Ke depan, akan ada pemungutan suara untuk perubahan kebijakan besar. Saya minta maaf. Ini tidak akan terjadi lagi," tulis Elon Musk.

Hasil survei itu sendiri itu menunjukkan banyak warganet yang menginginkan dirinya mundur dari pimpinan Twitter, dengan 57,5 persen pengguna menjawab Yes. Sementara, 42,5 persen menjawab No. Sebanyak lebih dari 17,5 juta suara pun sudah mengisi polling Elon Musk.


Tak Ingin Jadi CEO

Elon Musk sendiri sempat menyatakan dirinya tidak ingin menjadi CEO terus menerus di perusahaan mana pun, termasuk di Twitter. Hal ini diungkapkannya dalam kesaksian di sebuah persidangan beberapa waktu lalu, terkait paket kompensasi besarnya di Tesla.

Persidangan ini berfokus pada apakah dewan direktur Tesla bertindak dengan tepat ketika menyetujui paket pembayaran untuk Musk yang sekarang bernilai sekitar USD 52 miliar, pada harga saham baru-baru ini.

Namun, kesaksian Musk juga meluas ke topik lain termasuk gelarnya, bagaimana dia menghabiskan waktunya, dan apakah dia mabuk saat memberikan gelar ke dirinya sendiri sebagai "technoking" Tesla di 2021.

"Saya terus terang tidak ingin menjadi CEO perusahaan mana pun," kata Musk saat menjawab pertanyaan dari pengacara yang mewakili Tesla, dikutip dari The Verge, Kamis (17/11/2022).


Alasan Tak Suka Gelar CEO

Musk menjelaskan mengapa dia tidak menyukai gelar CEO di berbagai perusahaan, mencatat dia tidak memandang perannya sebagai kepala eksekutif seperti biasanya.

"Di SpaceX, saya benar-benar bertanggung jawab atas rekayasa roket dan Tesla atas teknologi di dalam mobil yang membuatnya sukses," kata Elon. Dia mengatakan lebih lanjut, CEO sering dipandang sebagai peran yang berfokus pada bisnis.

"Tetapi kenyataannya, peran saya lebih dari seorang insinyur yang mengembangkan teknologi dan memastikan kami mengembangkan teknologi terobosan dan kami memiliki tim insinyur luar biasa yang dapat mencapai tujuan tersebut," imbuh Elon Musk.

Elon juga menegaskan kembali dia tidak berniat untuk tetap menjadi CEO Twitter selamanya, serta bakal mencari orang untuk menjalankan media sosial itu.

Keinginan tersebut sebetulnya juga sempat diungkapkannya kepada investor, di mana ia memperkirakan hanya akan jadi CEO untuk sementara.

"Saya berharap untuk mengurangi waktu saya di Twitter dan mencari orang lain untuk menjalankan Twitter dari waktu ke waktu," kata Elon.

(Dam/Yl)

Momen Indah Timnas Menang 7-0

Piala AFF 2022 Brunei vs Indonesia: Menang 7-0, Momen Tak Terlupakan 3 Bintang Tim Garuda

Liputan6.com 2022-12-26 19:11:45
Asnawi Mangkualam mencetak gol pembuka Timnas Indonesia saat bersua Brunei Darussalam pada laga ketiga Grup A Piala AFF 2022 di Kuala Lumpur Football Stadium, Senin (26/12/2022) sore

Laga Grup A Piala AFF 2022 melawan Brunei Darussalam terasa istimewa bagi tiga personel Timnas Indonesia. Pasalnya, mereka sukses mempersembahkan gol pertama bagi Merah Putih.

Di Brunei vs Indonesia Kuala Lumpur Stadium, Malaysia, Senin (26/12/2022), Tim Garuda mampu berjaya 7-0. Gol dicetak Syahrian Abimanyu ('20), Dendy Sulistyawan ('41), Egy Maulana Vikri ('59), Ilija Spasojevic ('60), Ramadhan Sananta ('68), Marc Klok ('86), dan Yakob Sayuri ('90+2).

Adalah Syahrian Abimanyu, Ramadhan Sananta, dan Yakob Sayuri yang berhasil mencetak gol pertama untuk Indonesia. Tidak heran ketiganya begitu emosional ketika mencatatkan nama di papan skor.

Jalan Pertandingan

Pasukan Shin Tae-yong tampil menyerang sejak awal laga. Dengan sabar Timnas Indonesia coba membuka pertahanan Brunei. Namun, tidak ada tendangan yang mengarah ke gawang. Usaha Syahrian Abimanyu juga tidak ada yang menyambut.

Brunei tidak tinggal diam dan melancarkan serangan balik. Bola lambung ke depan gagal diantisipasi Rizky Ridho sehingga Nazirrudin Ismail lolos.

Bek Persebaya Surabaya itu terpaksa melakukan pelanggaran dan diganjar kartu kuning. Dari tendangan bebas, Hakeme Yazid Said memaksa kiper Indonesia Nadeo Argawinata bekerja.

Indonesia kembali menekan. Egy Maulana Vikri terlalu lama menguasai bola sehingga terlambat melepas tembakan. Peluang kembali didapat. Namun, tendangan Edo Febriansah masih bisa diblok, dengan tandukan Hansamu Yama melambung.

Usaha Indonesia akhirnya membuahkan hasil. Ilija Spasojevic dengan brilian mengahan bola. Dia lalu mengirim bola ke Syahrian Abimanyu yang merobek gawang Brunei lewat tendangan jarak jauh di menit ke-20.

Brunei coba membalas. Tapi, tendangan bebas Hendra Azam Idris mengenai tembok dan berbuah sepak pojok.

Indonesia berusaha memperbesar skor. Tendangan voli Dendy Sulistyawan melenceng jauh di atas. Sedangkan penetrasi Saddil Ramdani dihentikan kiper Haimie Abdullah Nyaring. Dalam situasi bola mati, Saddil Ramdani juga tidak beruntung karena eksekusinya mengenai tiang gawang.

Tekanan bertubi-tubi timnas membuat Alinur Rashimy Jufri tertekan. Dia melakukan pelanggaran yang memaksa wasit mengeluarkan kartu merah di menit ke-38.

Dengan keunggulan pemain, Dendy Sulistyawan memaksimalkan kemelut untuk memperbesar keunggulan timnas pada menit ke-41.

Indonesia masih mencoba mencari gol tambahan di sisa babak pertama. Namun skor tidak berubah pada laga Piala AFF 2022 ini.


Babak Kedua

Indonesia terus menekan selepas jeda. Egy Maulana Vikri terjatuh di area terlarang, tapi wasit tidak memberi penalti. Dari serangan balik Brunei, Hakeme Yazid Said melepas tendangan jarak jauh yang tepat ke tangkapan Nadeo Argawinata.

Tim Garuda terus menekan. Asnawi Mangkualam lepas dari kawalan dan mengirim umpan silang berbahaya. Namun, Hansamu Yama yang bebas sendirian di depan gawang kosong gagal mengeksekusi dengan baik.

Egy Maulana Vikri terus mencoba. Tendangannya masih bisa dimentahkan Haimie Abdullah Nyaring. Namun, Egy Maulana Vikri akhirnya bisa mencatatkan nama di papan skor usai meneruskan umpan Edo Febriansah pada menit ke-59.

Brunei makin tertekan. Mereka tidak bisa membuang bola. Saddil Ramdani coba memanfaatkan, sayang tendangannya tepat ke kiper. Bola liar jatuh ke Asnawi Mangkualam yang kemudian mengirim bola silang.

Ilija Spasojevic menerima dan mencatatkan nama di papan skor lewat back heel di menit ke-60.

Shin Tae-yong kemudian menarik Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri, dan Ilija Spasojevic. Hadir sebagai pengganti Yakob Sayuri, Witan Sulaeman, dan Ramadhan Sananta.

Nama terakhir langsung mendapat peluang, tapi tandukannya melambung. Tidak lama berselang, eksekusi Witan Sulaeman mengenai tiang.

Tim Garuda memperbesar skor pada menit ke-68. Dua pemain pengganti Yakob Sayuri dan Ramadhan Sananta berkolaborasi untuk memperbesar keunggulan Indonesia.

Tertinggal banyak, Brunei pantang menyerah. Haziq Kasyful Azim hampir menghukum Edo Febriansah yang blunder. Beruntung tendangannya bisa diantisipasi Nadeo Argawinata.

Muhammad Rafli dan Marc Klok lalu masuk sebagai pengganti. Marc Klok tidak mau ketinggalan menjebol gawang Brunei pada menit ke-86 memaksimalkan umpan terukur Yakob Sayuri.

Brunei pantang menyerah. Azwan Ali Rahman sempat mengancam gawang Nadeo Argawinata. Namun, justru Indonesia yang mencatatkan nama di papan skor. Yakob Sayuri melanjutkan umpan Edo Febriansah di menit ke-90+2.

Ramadhan Sananta mendapat kesempatan terakhir. Namun upayanya masih melambung.


Susunan Pemain

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menerapkan rotasi pada pertandingan ini. Tidak tanggung-tanggung, dia mengubah delapan komposisi tim dari yang meladeni Kamboja pada pertandingan pertama.

Rizky Ridho, Hansamu Yama, Muhammad Edo Febriansah, Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani, Dendy Sulistyawan, dan Ilija Spasojevic kali ini bermain sebagai starter.

Berikut susunan pemain Brunei vs Indonesia di Piala AFF 2022:

Brunei: Haimie Abdullah Nyaring, Alinur Jufri,Khairil Suhaimi, Hanif Hamir, Wafi Aminuddin, Shafie Efenddy, Hakeme Yazid, Naziruddin Ismail, Najib Tarif, Hendra Idris, Abdul Azizi Rahman

Indonesia: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Hansamu Yama, Edo Febriansah; Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani; Dendy Sulistyawan, Ilija Spasojevic, Egy Maulana Vikri