Sambo Cs Bisa Divonis Bebas?

Ahli Sebut Ferdy Sambo Cs Bisa Divonis Bebas di Kasus Brigadir J, Ini Penjelasannya

Liputan6.com 2022-12-27 16:32:41
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ferdy Sambo mengikuti sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (22/11/2022). Sebanyak 9 orang saksi dihadirka

Guru Besar Hukum Pidana Universitas Andalas, Elwi Danil mengatakan bahwa Ferdy Sambo bersama terdakwa lainnya yakni Putri Candrawathi, Kuat Ma'ruf, Ricky Rizal, dan Richard Eliezer alias Bharada E dapat divonis bebas oleh majelis hakim apabila tidak memenuhi masing-masing dua unsur alat bukti.

Dua unsur alat bukti tersebut adalah unsur kesengajaan atau perencanaan dan unsur yang dapat menghilangkan nyawa.

Hal ini disampaikan Danil saat dihadirkan sebagai ahli oleh pihak Ferdy Sambo dalam sidang lanjutan kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Selasa (27/12/2022).

"Di dalam pembuktian kalau kita bicara pasal 340 338, apakah pembuktian semua unsur harus dibuktikan kalau dia alat bukti cukup digunakan untuk membuktikan seluruh unsur atau masing-masing elemen unsur harus dibuktikan masing-masing 2 alat bukti minimal?" tanya kuasa hukum Sambo Rasamala Aritonang di ruang sidang PN Jaksel.

Mulanya Elwi menjelaskan sistem hukum di Indonesia menganut teori dulistik yang artinya memisahkan perbuatan melawan hukum dengan pertanggungjawaban pidana. Namun yang menjadi elemen pentingnya yakni kesalahan.

"Dalam rumusan tindak pidana ada frasa yang menunjuk pada perbuatan dan ada yang menunjuk pada pertanggungjawaban dikaitkan dengan sistem minimum alat bukti. Maka tentu konsekuensinya semua unsur dalam pasal itu harus didukung dengan dua alat bukti unsur direncanakan terlebih dahulu dua alat bukti, unsur menghilangkan nyawa orang lain harus dua alat bukti," papar Danil.

Dijelaskannya, sekalipun terdapat dua alat bukti yang sama dalam perencanaan dan pembunuhan masih perlu bukti yang konkret yang menunjukkan kepada unsur kepada delik yang akan dibuktikan itu.

Lantas, Rasamala kembali bertanya apabila masing-masing dua alat bukti itu dalam fakta persidangan tidak dapat dibuktikan sesuai dengan pasalnya 338 dan 340, apa konsekuensinya.

"Kalau pasal yang didakwakan itu sesuai dengan asas hukum actori incumbit probatio, actori onus probandi: siapa yang mendakwa maka ia harus membuktikan dakwaannya," jelas dia.

"Pada ketika ia tidak bisa membuktikan dakwaannya, maka konsekuensinya orang yang didakwa itu harus divonis bebas," ujar Danil menandaskan.

Reporter: Rahmat Baihaqi

Merdeka.com


Hadirkan Saksi Ahli Meringankan

Sebelumnya diberitakan, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan melanjutkan persidangan perkara kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J dengan terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

Dalam agenda hari ini, pihak kuasa hukum Sambo menghadirkan saksi ahli pidana yang dapat meringankan hukuman mereka.

"Hari ini, kami menghadirkan Ahli Pidana Prof Dr Elwi Danil, Guru Besar Hukum Pidana dari Universitas Andalas," ujar kuasa hukum Ferdy Sambo, Arman Hanish saat dikonfirmasi, Selasa (27/12/2022).

Arman menjelaskan, dihadirkan saksi a de charge atau saksi yang meringankan agar dapat menjelaskan kasus pembunuhan yang dilakukan kliennya dalam bidang pidana. Sekaligus menjelaskan bukti yang telah didapat.

"Ahli akan menjelaskan secara objektif sesuai keilmuan bidang hukum pidana untuk mendukung pembuktian dan pencarian kebenaran dalam perkara ini," kata Arman.

Banjir Rob Ancam Jakarta hingga Papua

BMKG Ungkap Berbagai Wilayah Pesisir Terancam Banjir Rob, dari Jakarta hingga Papua

Liputan6.com 2022-12-27 15:53:23
Petugas PPSU membersihkan sampah saat terjadi banjir rob di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta, Selasa (9/11/2021). Walau terendam banjir rob, petugas PPSU tetap sigap bersihkan sampah

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi banjir rob bakal terjadi di sejumlah wilayah pesisir akibat siklus cuaca di periode Natal dan Tahun Baru 2023.

Namun, perkiraan waktu terjadinya banjir rob akan berbeda antara wilayah satu dan lainnya.

"Pusat Meteorologi Maritim juga memperkirakan ada hal fenomena penting yaitu potensi banjir pesisir atau rob. Dalam sepekan ke depan ini kita waspadai ada 20 wilayah pesisir, tapi waktunya sangat berbeda-beda," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (27/12/2022).

BMKG mengatakan potensi banjir rob pada 20 Desember hingga 8 Januari ini disebabkan fenomena bulan baru pada 23 Desember 2022 dan perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi pada 24 Desember 2022. Hal itu berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

Menurut data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir atau rob berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir.

Oleh karena itu, BMKG mengimbau agar masyarakat selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut.


21 Wilayah Pesisir Berpotensi Bajir Rob

Berikut daftar 21 wilayah pesisir yang berpotensi banjir rob:

1. Pesisir Aceh (Pesisir Sabang, Meulaboh), 20-28 Desember

2. Pesisir Sumatera Utara (Pesisir Belawan), 20-27 Desember

3. Pesisir Sumatera Barat (Pesisir Padang, Padang Pariaman, Agam Tiku, Pasaman Barat, dan Pesisir Selatan), 23-26 Desember

4. Pesisir Lampung, 22-27 Desember

5. Pesisir Kepulauan Riau, 21-31 Desember

6. Pesisir Bangka Belitung, 24-31 Desember

7. Pesisir Banten, 21 Desember-5 Januari 2023

8. Pesisir utara DKI Jakarta, 20-27 Desember

9. Pesisir Jawa Barat, 26 Desember-3 Januari 2023

10. Pesisir utara Jawa Tengah, 28 Desember-8 Januari 2023

11. Pesisir selatan Jawa Tengah, 22-27 Desember

12. Pesisir Jawa Timur, 21-26 Desember

13. Pesisir NTB, 21-26 Desember

14. Pesisir NTT, 22-28 Desember

15. Pesisir Kalimantan Barat, 24-29 Desember

16. Pesisir Kalimantan Tengah (Kotawaringin Barat), 24-29 Desember

17. Pesisir Sulawesi Utara, 20-29 Desember

18. Pesisir Sulawesi Selatan 23-25 Desember

19. Pesisir Maluku Utara, 25-29 Desember

20. Pesisir utara Papua (Jayapura), 24-30 Desember

21. Pesisir Papua Selatan (Merauke) 23-27 Desember

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

Momen yang Bikin Messi Galau

Ternyata, Lionel Messi Pernah Galau Saat Barcelona Datangkan Striker Terbaik Dunia

Liputan6.com 2022-12-27 12:36:31
Pemain Argentina Lionel Messi mengangkat trofi penghargaan Bola Emas usai melawan Prancis pada pertandingan sepak bola final Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, 18 Desember 202

Lionel Messi adalah salah satu pemain terhebat yang pernah ada di dunia sepakbola. Meski demikian, itu bukan berarti legenda Barcelona dan Argentina itu sama sekali tidak tersentuh di Nou Camp.

Lionel Messi ternyata pernah merasa "tidak lagi penting" untuk Barcelona setelah kedatangan Zlatan Ibrahimovic. Dia pun sempat mengadukan masalah ini pada manajernya saat itu Pep Guardiola.

Pemenang Piala Dunia 2022 ini bisa dibilang adalah pemain terhebat yang pernah mengenakan seragam Argentina dan Barcelona. Namun, kecemerlangannya yang abadi tidak selalu membuatnya kebal terhadap kecemasan khas pesepakbola pada umumnya.

Setelah memenangkan treble pada tahun 2009, manajer Barcelona Pep Guardiola membeli Ibrahimovic dalam kesepakatan yang juga membuat Samuel Eto'o pindah ke Inter Milan. Dan transfer titanic ini dilaporkan membuat Messi merenungkan masa depannya dalam rencana Guardiola.

Saat itu, Ibrahimovic adalah salah satu striker terbaik di dunia. Sementara Messi bermain melebar untuk Barcelona. Dia secara bertahap bergerak lebih jauh ke dalam, apakah itu dengan memotong kaki kirinya dari sayap kanan, atau dengan bertukar posisi dengan pemain seperti Eto'o dan Thierry Henry.


Takut Kehilangan Tempat

Menurut Sebastian Fest dan Alex Juillard, penulis buku 'The Messi Mystery', Messi kaget dengan kedatangan Ibrahimovic yang mengejutkan. Diklaim Messi mengirim pesan ke Guardiola yang mengatakan "Saya dapat melihat bahwa saya tidak lagi penting bagi tim, jadi ..."

Buku itu juga mengklaim pesan teks dikirim di bus tim karena Messi terkadang kesulitan mengekspresikan dirinya secara langsung. Messi juga mengalami awal yang sulit di musim 2009/10 dan mungkin merasa akan kehilangan tempatnya di skuat.


Bertahan Lama

Namun demikian, dia tidak mencoba dan mencari jalan keluar dari klub, untuk menyenangkan semua fans fanatik Barcelona.

Pada akhirnya, Messi akan bertahan lebih lama dari Ibrahimovic di Nou Camp, karena pemain Argentina itu adalah opsi yang lebih disukai Guardiola melalui lini tengah Barcelona, hingga menimbulkan kemarahan Ibrahimovic.


Luar Biasa

Dalam bukunya sendiri, 'Saya Zlatan', Ibrahimovic mengklaim Messi meminta Guardiola dimainkan di tengah. "Messi mulai mengatakan banyak hal. Lionel Messi luar biasa. Dia benar-benar luar biasa.

Dia bergabung dengan Barca saat berusia 13 tahun. Dia dibesarkan dalam budaya itu dan tidak bermasalah dengan omong kosong sekolah itu. Tapi sekarang saya ada di sana, dan saya mencetak lebih banyak gol daripada dia," tulis Ibrahimovic.

"Dia pergi ke Guardiola dan berkata: 'Saya tidak ingin berada di sayap kanan lagi, saya ingin bermain di tengah.' Saya adalah penyerangnya. Namun, Guardiola tidak peduli tentang itu. Dia mengubah formasi taktis. Guardiola harus mendengarkannya. Tapi maksud saya, ayolah, saya telah mencetak banyak gol di Barca dan saya juga cukup hebat."


Kontrak Baru

Sebelumnya, dikabarkan Lionel Messi sudah mencapai kesepakatan dengan Paris Saint-Germain untuk perpanjangan kontrak. Laporan harian Prancis Le Parisien mengklaim pemain berjuluk La Pulga tersebut bakal tetap bersama dengan PSG setidaknya untuk musim 2023-2024.

Messi sebelumnya telah dikaitkan dengan kepindahan kembali ke Barcelona. Tetapi, setelah mengantarkan Argentina juara Piala Dunia 2022 di Qatar, muncul laporan pemenang Ballon d'Or tujuh kali itu sudah berjanji kepada presiden PSG Nasser Al-Khelaifi untuk memperpanjang masa kerjanya hingga setidaknya 2024.

Kisah Low Tuck Kwong, Orang Terkaya RI

Kisah Orang Terkaya Indonesia Low Tuck Kwong, Kontraktor Bangunan Singapura Jadi Raja Tambang

Liputan6.com 2022-12-27 12:00:18
Secara simbolis, bantuan diberikan oleh CEO dan pendiri Bayan Resources, Dato Dr Low Tuck Kwong kepada Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo di Grahan BNPB, Jakarta. (Istimewa)

Low Tuck Kwong menjadi orang terkaya di Indonesia setelah kekayaannya melampaui R Budi Hartono dan Michael Hartono (Hartono bersaudara) dalam Real-Time Billionaires List Forbes.

Lantas, seberapa besar kekayaan Low Tuck Kwong setelah menduduki peringkat teratas miliarder Indonesia?

Melansir data Real-Time Billionaires List Forbes pada Selasa (26/12/2022), Low Tuck Kwong menjadi orang terkaya Indonesia setelah kekayaannya naik 19,36 persen atau USD 4,9 miliar, sekitar Rp. 76,6 triliun.

Kenaikan tersebut membuat harta miliarder batu bara itu kini sebanyak USD 30,1 miliar atau Rp. 470,8 triliun (asumsi kurs Rp. 15.600 per dolar AS). Perlu dicatat, angka tersebut bisa berubah setiap waktu karena data Real-Time Billionaires List Forbes terus bergerak.

Diketahui bahwa Low Tuck Kwong dikenal sebagai raja batu bara. Miliarder kelahiran Singapura itu merupakan pendiri Bayan Resources, perusahaan tambang di Indonesia.

Dia juga mengendalikan perusahaan di industri energi baru terbarukan di Singapura, Metis Energy yang sebelumnya dikenal Manhattan Resources, dan memiliki kepentingan di The Farrer Park Company, Samindo Resources, dan Voksel Electric.

Adapun peran lainnya sebagai pendukung utama SEAX Global untuk membangun sistem kabel laut bawah laut untuk konektivitas internet yang menghubungkan Singapura, Indonesia, dan Malaysia.

Low Tuck Kwong memulai perjalanan karirnya di usia remaja, ketika ia bekerja untuk perusahaan konstruksi ayahnya di Singapura. Kemudian Low Tuck Kwong memutuskan untuk pindah ke Indonesia pada tahun 1972 dengan harapan mendapat kesempatan yang lebih besar.

Kwong memulai bisnisnya sebagai kontraktor bangunan. Hingga pada tahun 1997, ia berhasil mendapatkan jackpot setelah membeli tambang pertamanya.


Bayan Group, Perusahaan Batu Bara Milik Low Tuck Kwong

Dikutip dari laman resmi Bayan Resources, Low Tuck Kwong memulai bisnisnya di Indonesia pada tahun 1973 ketika ia mendirikan PT. Jaya Sumpiles Indonesia (JSI) yakni kontraktor pekerjaan tanah, pekerjaan sipil dan struktur kelautan.

Perusahaan itu dengan cepat menjadi pelopor dalam pekerjaan pondasi tiang pancang yang kompleks, dan kontraktor terkemuka di Indonesia pada tahun 1980-an dan 1990-an.

Pada tahun 1988, JSI memasuki kontrak penambangan batu bara dan merupakan kontraktor tambang terkemuka hingga tahun 1998 ketika Low Tuck Kwong mengakuisisi PT. Gunung Bayan Pratamacoal (GBP) dan PT. Dermaga Perkasapratama (DPP).

Pada saat GBP belum memulai penambangan dan Terminal Batubara Balikpapan (di bawah DPP) memiliki kapasitas pengenal 2,5 juta ton per tahun.


Bayan Group di Bawah Kepemimpinan Low Tuck Kwong

Di bawah Low Tuck Kwong, Bayan Group bertransformasi menjadi perusahaan tambang batu bara, demikian profil perusahaan tersebut.

Bayan Group dibentuk melalui sejumlah akuisisi strategis di sektor batu bara.

Perusahaan itu mengungkapkan, proyek Tabang/Pakar dalam beberapa tahun terakhir telah mengalami perkembangan yang signifikan. Dari hanya operasi tambang skala kecil yang memproduksi 1,9 juta ton pada 2014 menjadi sekitar 22,7 ton di tahun 2018.

Hal itu menempatkan perusahaan di posisi 5 besar produsen batu bara Indonesia. Selain it, pertumbuhan juga diramal meningkat dari tahun ke tahun dengan target untuk proyek tersebut menjadi produksi 50 juta ton per tahun.

Bayan Group juga memiliki infrastruktur batu bara dengan kepemilikan di Terminal Batu Bara Balikpapan, Dermaga Perkasa dan Wahana dan dua Floating Transfer Barges (KFT).

Dengan fasilitas tersebut, perusahaan membongkar hingga memasukkan muatan ke kapal dengan kecepatan 3.000-8.000 ton per jam. Perusahaan itu juga mengatakan akan terus berinvestasi untuk memperluas fasilitas jika diperlukan.


Mengenal Sosok Kakek Terkaya di Indonesia, Hartanya Tembus Rp 17,5 Triliun

Malajah finansial asal Amerika Serikat, Forbesbeberapa waktu lalu merilis daftar 50 Orang Terkaya di Indonesia edisi tahun 2022. Dalam daftar tersebut ada sosok menarik yang menjadi salah satu miliarder terkaya di Indonesia dengan usia paling tua.

Miliarder ini adalah Lim Hariyanto Wijaya Sarwono, yang memiliki mayoritas saham perusahaan produsen minyak sawit yang terdaftar di Singapura, Bumitama Agri.

Dilansir dari laman Forbes, Selasa (20/12/2022) Lim Hariyanto Wijaya Sarwono, yang kini berusia 94 tahun berada di urutan ke-36 dalam daftar Orang Terkaya di Indonesia 2022.

Selain itu, Lim Hariyanto juga berada di urutan 2448 dalam daftar miliarder terkaya di dunia versi Forbes.

Kekayaan bersihnya tercatat sebesar USD 1,12 miliar atau sekitar Rp 17,5 triliun sebagian besar dikumpulkan dari industri minyak sawit dan tambang nikel.

Forbesmencatat, Lim dan keluarganya memiliki saham mayoritas di produsen minyak sawit Bumitama Agri. Meski terdaftar di Singapura, perkebunan kelapa sawit milik perusahaan itu masih berlokasi di Indonesia.

Perusahaan milik Lim Hariyanto keluarganya yaitu Harita Group juga memiliki mayoritas saham di perusahaan tambang bauksit, Cita Mineral Investindo.

Majalah itu menyebut, sang miliarder memiliki 7 anak, di mana dua di antaranya memegang peran penting di beberapa perusahaan milik Lim.

Salah satu putra Lim, yakni Lim Gunawan Hariyanto merupakan CEO Bumitama Agri. Adapun salah satu putrinya, yakni Christina yang menjabat sebagai presiden komisaris perusahaan sekuritas, Harita Kencana Sekuritas.

2023 Program Nuklir Korut Lebih Gila?

Kim Jong-un Pimpin Rapat Akhir Tahun, Akankah Program Nuklir Korea Utara Lebih Gila?

Liputan6.com 2022-12-27 12:01:43
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menyampaikan pidatonya pada upacara untuk menandai peringatan ke-69 tahun penandatanganan gencatan senjata yang mengakhiri pertempuran dalam Perang Korea di P

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memulai pertemuan penting Partai Buruh, demikian laporan dari media pemerintah pada Selasa.

Biasanya, rapat ini dijadikan tempat yang sering dia gunakan untuk mengumumkan keputusan kebijakan besar yang menandai Tahun Baru, dikutip dari NST.com.my, Selasa (27/12/2022).

Rapat Pleno Keenam Komite Sentral ke-8 Partai Buruh Korea Utara (WPK) diadakan pada Senin, kata kantor berita resmi KCNA.

Pertemuan partai dan pejabat pemerintah selama berhari-hari menutup satu tahun ketika negara yang terisolasi itu menembakkan rudal dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya, termasuk rudal balistik antarbenua (ICBM).

Ketegangan baru terjadi pada Senin (26/12) ketika lima pesawat tak berawak Korea Utara menyeberang ke Korea Selatan.

Hal ini lantas mendorong Seoul untuk mengerahkan jet tempur dan menyerang helikopter, dan melepaskan tembakan untuk mencoba menembak jatuh mereka.

Kim juga menghadapi tantangan ekonomi yang meningkat di tengah sanksi internasional atas program senjatanya, dampak dari penguncian anti-virus corona dan bencana alam.

Dalam rapat tersebut, para peserta menyepakati lima agenda besar antara lain review implementasi kebijakan utama dan APBD tahun 2022, serta rencana kerja dan RAPBN tahun 2023.

Kim mempresentasikan laporan rinci tentang bagaimana kekuatan negara telah "meningkat secara luar biasa di semua bidang politik, militer, ekonomi dan budaya, dan keberhasilan serta kemajuan telah dibuat dalam melaksanakan tugas-tugas besar melalui perjuangan berat dan sengit yang belum pernah terjadi sebelumnya tahun ini," kata KCNA.

"Dia menekankan perlunya menyusun kebijakan yang lebih percaya diri berdasarkan fakta-fakta guna mencapai kemajuan praktis sambil bertahan dalam semua situasi sulit."

Laporan tersebut menetapkan tujuan utama untuk tahun 2023 di sektor-sektor utama termasuk logam, kimia, listrik, konstruksi, pertanian, dan industri ringan, tambahnya.

Media pemerintah Korea Utara sebelumnya merilis pidato pemimpinnya pada Hari Tahun Baru, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, Kim telah mengadakan pertemuan partai di akhir tahun untuk membuat pengumuman kebijakan besar.


Korea Selatan Beri Tembakan Peringatan ke Korea Utara

Sebelumnya, Korea Selatan mengatakan bahwa pihaknya melepaskan tembakan peringatan setelah drone Korea Utara melanggar wilayah udara negaranya.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan, beberapa pesawat tak berawak Korea Utara melintasi perbatasan antar-Korea dan terdeteksi di wilayah Korea Selatan pada Senin (26/12/2022).

Ini adalah pertama kalinya drone Korea Utara memasuki wilayah udara Korea Selatan sejak 2017.

Insiden Senin ini terjadi tiga hari setelah Korea Selatan mengatakan bahwa Korea Utara melakukan uji coba meluncurkan dua rudal balistik jarak pendek dalam uji senjata terbarunya.


Korea Selatan Diprotes Jepang

Sementara itu, Jepang pada Jumat mengatakan pihaknya telah menyampaikan protes atas latihan militer yang dilakukan Korea Selatan di dekat sepasang pulau kecil di Laut Jepang yang disengketakan kedua negara.

Protes itu disampaikan Kementerian Luar Negeri Jepang kepada Kedutaan Besar Korsel di Tokyo, sebagaimana diwartakan Kyodo, dikutip dari Antara, Sabtu (23/12/2022).

Menurut Kemlu Jepang, latihan militer yang digelar pada Kamis itu "benar-benar tak dapat diterima" dan "sangat disesalkan".

Pulau-pulau kecil itu adalah bagian tidak terpisahkan dari wilayah Jepang berdasarkan fakta sejarah dan hukum internasional, kata Kemlu Jepang, mengutip Direktur Jenderal Urusan Asia dan Oseania Takehiro Funakoshi.

Kantor berita Korsel Yonhap sebelumnya melaporkan pada Jumat bahwa pemerintahnya telah menggelar "latihan militer reguler" di perairan untuk meningkatkan pertahanan pulau-pulau kecil yang dikuasai Seoul itu.


Diklaim oleh Korsel dan Jepang

Pulau-pulau tersebut disebut Dokdo oleh Korsel dan Takeshima oleh Jepang.

Yonhap juga mengatakan latihan itu digelar menyusul klaim terbaru oleh Jepang atas pulau-pulau kecil di Laut Timur dalam Strategi Keamanan Nasional pemerintah Jepang.

Sepekan lalu kebijakan tersebut direvisi oleh Jepang untuk pertama kalinya dalam sembilan tahun.

Korsel menggelar sekitar dua kali latihan militer dalam setahun.

Pegunungan di Arab Saudi Mulai Bersalju

Pegunungan di Arab Saudi Mulai Bersalju Jelang Tahun Baru 2023, Turis Berdatangan

Liputan6.com 2022-12-27 14:38:57
Setiap tahun, hujan salju membawa wisatawan dari seluruh Arab Saudi ke Pegunungan Al-Jabal dan Alkan di Provinsi Tabuk. (SPA)

Pegunungan Al-Jabal dan Alkan di Provinsi Tabuk di barat laut Arab Saudi diselimuti salju, siap menyambut tahun baru. Warga masih menunggu peningkatan hujan salju, yang diperkirakan terjadi dalam beberapa hari mendatang, menurut pengamat cuaca.

Mengutip Arab News, Selasa (27/12/2022), wisatawan menantikan hujan salju yang telah diperkirakan oleh Otoritas Umum Meteorologi. untuk bersiap dan berkemah di area salju Tabuk sebelum kenaikan tingkat salju.

Fahd Al-Tarfawi, seorang fotografer Saudi yang tidak melewatkan kesempatan ini, mengatakan kepada Arab News bahwa dia bergegas ke daerah bersalju pada Minggu 25 Desember dan mulai mendokumentasikan hujan salju tersebut. Dia mencatat bahwa dia masih menunggu curah hujan salju yang lebih besar, menggambarkan kondisi saat ini sebagai "awal" yang tidak dapat diabaikan.

Pemandu wisata Ahmed Al-Omrani menjelaskan kepada Arab News bahwa salju mulai turun pada Minggu 25 Desember pagi, namun belum mencapai level biasanya. Dia memastikan, salju mulai menutupi wilayah Alkan yang diselimuti salju pada waktu-waktu tersebut setiap tahun, selain wilayah Jabal Al-Lawz yang terkenal.

Ahmed Al-Omrani mencatat bahwa mengambil foto hanya diperbolehkan di Alkan saat ini, karena operasi pengembangan pariwisata utama NEOM di sana.

Ia menambahkan, Alkan merupakan kawasan wisata par excellence; Ini adalah tanah datar dan rata di mana salju turun lebih dari sekali setahun, oleh karena itu, itu adalah tujuan wisata bagi semua warga Arab Saudi, serta Gulf Cooperation Council (GCC) dan beberapa warga negara Arab yang tertarik dengan Tabuk, terutama selama musim salju.


Orang Eropa Menyukai Karena Iklim Mirip Negaranya

Al-Omrani menyatakan bahwa orang Eropa memilih daerah ini, mengingat kemiripan kondisi cuacanya dengan negara-negara Eropa, Kanada, dan Amerika Serikat, dan dalam konteks yang sama, dia mencatat bahwa karena pekerjaannya sebagai pemandu wisata, kelompok dari Teluk berharap mengunjungi Tabuk dalam cuaca seperti itu setiap tahun, karena terpikat oleh hujan salju dan alam yang menakjubkan.

Dia mengatakan bahwa kelompok-kelompok itu memesan tiket mereka sekitar waktu ini dan pada bulan Januari, untuk menikmati suasana luar biasa yang juga disukai orang Saudi, menambahkan bahwa proyek NEOM yang sukses dan The Line menginspirasi cerita tentang kesuksesan Visi Saudi.

Pengunjung berkemah di sana lebih awal sebelum hujan salju diumumkan oleh laporan meteorologi, dan bersiap satu malam lebih awal untuk menyambut dan memotret hujan salju serta menikmati pengalaman tersebut, tambah Al-Omrani.

Dia mencatat bahwa proyek pariwisata dimulai dengan Trojena melalui mesin es, untuk menghasilkan salju dan menjadikannya area ski selama mungkin; Suhu di sana tidak melebihi 25 derajat Celcius di puncak musim panas.


Kawasan Alkan yang Juga Jadi Favorit Turis

Kawasan Alkan yang berjarak sekitar setengah jam perjalanan dengan mobil dari Jabal Al-Lawz juga merupakan kawasan yang menjanjikan untuk proyek wisata antara proyek air, darat, dan salju.

Nawal Al-Atwi dari Tabuk mengatakan bahwa kawasan tersebut merupakan kawasan wisata yang menarik, di mana suhu turun di bawah nol di musim dingin dan sedang serta sejuk di musim dingin. Dia menambahkan bahwa di musim dingin, salju turun di pegunungan Al-Lawz dan Alkan, menarik orang dari seluruh Teluk setiap tahun.

Dia mencatat bahwa pemandangan yang menakjubkan memberi wisatawan kesempatan untuk menikmati pengalaman yang luar biasa, dengan fitur Eropa Tabuk dan wilayah yang belum dipetakan untuk orang Saudi; Turis menantikan wisata musim dingin dan musim putih, dengan keluarga berbondong-bondong ke area menawan yang luas ini.


Rekor Malam Natal Terdingin Melanda Sejumlah Negara Bagian AS

Sementara itu, banyak lokasi di AS bagian timur mengalami Malam Natal terdingin dalam beberapa dekade saat ledakan Arktik atau suhu dingin mencapai puncaknya.

Menurut laporan CNN, Sabtu (24//12/2022), dingin yang mengancam jiwa bahkan dilaporkan telah menyebar sampai ke Pantai Teluk dan perbatasan Meksiko, dengan angin dingin di bawah nol derajat Celcius dilaporkan sampai ke Austin dan Atlanta di selatan AS.

Secara keseluruhan, lebih dari 200 juta orang di AS berada di bawah peringatan angin dingin dari perbatasan Kanada ke perbatasan Meksiko dan dari negara bagian Washington ke Florida, dengan angin dingin di bawah nol derajat Celcius diperkirakan terjadi di Tenggara pada hari Jumat. Peringatan cuaca musim dingin lainnya berlaku untuk kondisi badai salju, es, salju, dan banjir.

"Grafis Peringatan National Weather Service menggambarkan salah satu peringatan dan nasihat cuaca musim dingin terbesar yang pernah ada," kata badan itu Kamis.

Khususnya, sebagian Montana, South Dakota, dan Wyoming telah mengalami angin dingin di bawah minus 50 derajat Fahrenheit dalam dua hari terakhir.

Seluruh negara bagian Texas mengalami suhu di bawah titik beku pada Jumat sore, menurut pengamatan cuaca dari seluruh negara bagian.

Banyak yang akan mengalami liburan dingin tidak seperti yang lain: Atlanta, Philadelphia, Pittsburgh dan Tallahassee, Florida, semuanya diperkirakan memiliki suhu tertinggi terdingin yang pernah tercatat pada 24 Desember, menurut Layanan Cuaca Nasional.

Washington DC diperkirakan akan mengalami Malam Natal terdingin kedua, setelah tahun 1989. Di New York, ini akan menjadi Malam Natal terdingin sejak 1906. Chicago memperkirakan suhu akan pulih di atas nol, tetapi masih akan mengalami Malam Natal terdingin sejak 1983.

Sebagian besar Florida akan mengalami puncak kedinginan pada Hari Natal. Ini akan menjadi Hari Natal terdingin sejak 1983 untuk Miami, Tampa, Orlando, dan West Palm Beach.

Tsunami COVID-19 Mengancam China

Jelang Tahun Baru 2023, Tsunami COVID-19 Mengancam China?

Liputan6.com 2022-12-27 12:34:37
Presiden China Xi Jinping menyampaikan pidato pada upacara pembukaan Kongres Nasional ke-20 Partai Komunis China yang berkuasa di Beijing, China, Minggu (16/10/2022). China pada hari Minggu m

Kasus COVID-19 sedang melonjak tinggi di China pada penghujung 2022. Dalam sehari bisa tembus 1 juta kasus COVID-19.

Media pemerintah China bahkan melaporkan ancaman 2 juta kasus sehari pada sekitar tahun baru 2023. Angka itu pun baru menghitung level provinsi saja.

Dilaporkan Global Times, Selasa (27/12/2022), Provinsi Zhejiang diprediksi mencatat hingga 2 juta kasus COVID-19 pada sekitar tahun baru. Otoritas kesehatan provinsi menyebut bahwa kunjungan ke klinik sudah meningkat 14 kali lipat hingga 408 ribu kunjungan.

Provinsi Zhejiang berada di timur China dan memiliki 57,37 juta penduduk. Hingga kini, ada 13 ribu orang yang dirawat di rumah sakit.

Pemerintah juga membuka klinik-klinik untuk menangani demam di Zhejiang. Sudah ada 6.595 klinik demam yang didirikan. Turut disiapkan juga 101 ribu kasus untuk pasien dan 1.600 kasur ICU untuk pasien.

Provinsi Zhejiang juga meningkatkan fasilitas ambulans agar pasien-pasien kritis bisa dijemput. Pasokan obat-obatan pereda demam disebut telah ditambah, dan pemerintah mengutamakan fasilitas kesehatan di akar rumput untuk mendistribusikan obat.

Salah satu obat yang diandalkan China adalah Paxlovid. Faskes diminta agar memantau distribusi obat Paxlovid supaya mencegah penggunaan ilegal. Obat tersebut dibuat oleh Pfizer.

Pemerintah China juga akhirnya mau mengimpor vaksin-vaksin mRNA, seperti vaksin Pfizer. Sebelumnya, China mengandalkan vaksin-vaksin dalam negeri. Presiden Joko Widodo juga menggunakan vaksin Sinovac.

Sejumlah warga China dilaporkan rela pergi ke luar China Daratan agar mendapatkan vaksin mRNA. Salah satu target kunjungan adalah Macau.


China Setop Terbitkan Data Infeksi Harian

China telah berhenti menerbitkan data harian COVID-19. Langkah ini menambah kekhawatiran bahwa kepemimpinan negara tersebut mungkin menyembunyikan informasi negatif tentang pandemi setelah pelonggaran pembatasan.

National Health Commission (NHC) atau Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka tidak akan lagi mempublikasikan data setiap hari mulai Minggu 25 Desember 2022, dan bahwa "mulai sekarang, CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit) China akan merilis informasi COVID yang relevan untuk referensi dan penelitian."

Mengutip informasi dari situs NPR, Senin (26/12), NHC tidak mengatakan mengapa perubahan itu dilakukan dan tidak menunjukkan seberapa sering CDC akan merilis data.

China mengalami lonjakan kasus baru Virus Corona COVID-19 sejak pembatasan dilonggarkan. Di Provinsi Zhejiang timur China saja, pemerintah provinsi mengatakan mengalami sekitar 1 juta kasus baru setiap hari. Sementara itu, Bloomberg dan Financial Times melaporkan perkiraan yang bocor dari pejabat tinggi kesehatan China bahwa sebanyak 250 juta orang mungkin telah terinfeksi dalam 20 hari pertama bulan Desember.

Terlepas dari lonjakan kasus COVID-19, China telah menangguhkan sebagian besar tempat pengujian COVID-19 publik. Itu berarti tidak ada ukuran publik yang akurat tentang skala infeksi di seluruh negeri.

Pekan lalu, pejabat kesehatan China juga membela ambang batas tinggi negara untuk menentukan apakah seseorang meninggal karena COVID-19.

Saat ini, China mengecualikan siapa pun yang terinfeksi COVID yang meninggal tetapi juga memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya, dan dalam empat hari menjelang keputusan komisi kesehatan untuk mengakhiri perihal publikasi data, China melaporkan nol kematian akibat COVID.


WHO Siap Bantu

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia memperingatkan bahwa China mungkin "di belakang kurva" dalam pelaporan data, menawarkan bantuan untuk mengumpulkan informasi. Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO Michael Ryan mengatakan, "Di China, yang dilaporkan adalah jumlah kasus yang relatif rendah di ICU, tetapi secara anekdot ICU sedang penuh."

Airfinity, sebuah firma data kesehatan Inggris, memperkirakan minggu lalu bahwa angka COVID sebenarnya di China adalah satu juta infeksi dan 5.000 kematian setiap hari.

Pada hari Jumat, seorang pejabat kesehatan di Qingdao, di provinsi Shandong timur China, mengatakan kota itu melihat sekitar 500.000 kasus COVID baru setiap hari. Laporan itu dibagikan oleh outlet berita, tetapi kemudian tampaknya telah diedit kemudian untuk menghapus angkanya. Dilaporkan juga ada lonjakan kebutuhan akan krematorium.


Pelonggaran Prokes COVID-19 Sejak Awal Desember

China awal bulan ini telah membatalkan banyak tindakan COVID-19 yang sangat ketat, setelah terjadi protes di seluruh negeri yang mengkritik kepemimpinan. Demonstrasi dipicu oleh kematian dalam kebakaran di sebuah blok apartemen di kota Urumqi di Provinsi Xinjiang, yang menewaskan sedikitnya 10 orang.

Beberapa mengatakan kematian bisa dicegah jika pembatasan tidak terlalu ketat.

Dalam pengarahan baru-baru ini, Institute of Health Metrics and Evaluation Washington memperkirakan hingga 1 juta kematian pada tahun 2023 jika China tidak mempertahankan kebijakan jarak sosial.

Banyak yang khawatir bahwa perayaan Tahun Baru Imlek bulan depan di China bisa menjadi superspreader events (penyebaran super).

305 Wisatawan Terdampar di Karimunjawa

305 Wisatawan Terdampar di Karimunjawa Dijemput Kapal Pelni 27 Desember 2022, Diminta Kumpul di Pelabuhan Pukul 3 Sore

Liputan6.com 2022-12-27 14:30:53
Ilustrasi tempat wisata Kepulauan Karimunjawa, Jepara. (Photo by Yohanes Dicky Yuniar on Unsplash)

Sebanyak 305 wisatawan tertahan di Karimunjawa akibat cuaca buruk dan gelombang tinggi di perairan Laut Jawa. Mereka yang tidak bisa pulang ke Jepara bakal dijemput pulang oleh kapal KM. Kelimutu yang dioperasikan PT Pelni pada Selasa (27/12/2022).

Dikutip dari Instagram @pelni162_semarang, berdasarkan hasil diskusi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemkab Jepara, dengan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dan PT. Pelni, diputuskan untuk melalukan deviasi trayek kapal KM. Kelimutu. Mengutip kanal Bisnis Liputan6.com, Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Opik Taupik mengatakan, KM Kelimutu akan berangkat dari Sampit, Kalimantan Tengah, dan diarahkan ke Karimunjawa sebelum ke Semarang.

"Diimbau kepada wisatawan yang terdampak cuaca buruk di Kepulauan Karimunjawa dapat bersiap di Pelabuhan Legonbajak tanggal 27 Desember 2022, paling lambat pukul 15.00 WIB untuk diberangkatkan kembali ke Semarang," jelas keterangan di akun tersebut.

Pihak Pelni mengingatkan bahwa proses sandar dan embarkasi penumpang hanya satu jam. Karena itu, wisatawan yang hendak pulang diminta memerhatikan waktu yang ditetapkan.

Dikutip dari Antara, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta wisatawan untuk tetap tenang karena masalah tersebut sudah diurus. Ia juga mengimbau agar kondisi kesehatan para wisatawanterdampar itu diperhatikan sambil menunggu bantuan dan penjemputan.

"Saya minta untuk dipastikan ya, kepada seluruh wisatawan yang di sana jangan sampai kekurangan logistik, pastikan kesehatannya siap sambil menunggu dan sampai hari ini semua masih oke oke saja," ujarnya.


Gelombang Tinggi

Sebelumnya, Camat Karimunjawa Muslikin menyatakan ratusan wisatawan yang tertahan itu tiba di daerahnya pada Rabu, 21 Desember 2022. Cuaca buruk mulai terjadi pada Kamis, 22 Desember 2022 karena perjalanan kapal penumpang yang biasanya melayani penyeberangan dari Pelabuhan Jepara ke Karimunjawa pp tertunda karena cuaca tidak mendukung.

Berdasarkan keterangan, UPP Kelas II Jepara selaku pemegang fungsi keselamatan pelayaran menerbitkan surat No. UM.006/12/5/UPP Jpr-2022 tertanggal 22 Desember 2022, yaitu larangan berlayar bagi kapal-kapal dgn lambung timbul/freeboard kurang dari 2 meter. Mereka juga tidak menerbitkan Surat Persetujuan Berlayar bagi kapal-kapal tersebut mulai 23 Desember 2022 pukul 00.00 WIB sampai cuaca dinyatakan aman sesuai data BMKG.

"Berdasarkan Surat UPP Jepara tersebut berdampak pada penghentian operasi KMC Express Bahari & KMP Siginjai lintas Jepara - Karimunjawa untuk pertimbangan keselamatan pelayaran," sambung dia.

Berdasarkan prakiraan Stasiun Meteorologi Maritim Semarang melalui Surat Peringatan Dini Gelombang Tinggi, gelombang tinggi antara 2,5 m--4 m berpotensi terjadi di Laut Jawa bagian tengah dan perairan Karimunjawa sampai akhir Desember 2022. Dengan kondisi tersebut, tidak direkomendasikan untuk mengoperasikan layanan kapal penyeberangan lintas Jepara - Karimunjawa.

"Kondisi saat ini KMC Express Bahari & KMP Siginjai portstay di Pelabuhan Jepara," jelas akun resmi Pelni.


Imbauan Menparekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meminta wisatawan untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang terjadi pada akhir tahun ini. Sandiaga berharap wisatawan menjaga keselamatan dan keamanan.

"Seminggu lagi untuk memantau puncak dari libur Nataru ini, harapannya wisatawan berkoordinasi dan tentunya melihat situasi terutama cuaca dan antisipasi dari keselamatan dan keamanannya," kata Sandiaga usai ratas bersama Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin, 26 Desember 2022.

Sandiaga mewanti-wanti agar wisatawan mengutamakan keselamatan. Pihaknya juga sudah mengeluarkan surat edaran ke seluruh pemangku kepentingan di industri pariwisata, termasuk destinasi dan transportasi, agar penyelenggara mengetes kesiapsiagaan dan memastikan agar keamanan, keselamatan, dan mitigasi bencana diutamakan.

"Protokol kesehatan dan keselamatan yang terpenting, karena tahun lalu kita fokus kepada kesehatan. Tahun ini agak bergeser ke keselamatan dan keamanan," ujarnya.

Sandi menyambung, "Harapannya, surat edaran ini sudah diterima kepala daerah, dinas terkait, dan asosisasi untuk disosialisasikan."


800 Juta Pergerakan Wisnus

Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu, menambahkan bahwa pihaknya telah merilis lima imbauan pada para Kepala Dinas Pariwisata Daerah di Indonesia terkait masa liburan akhir tahun. "Pertama, penerapan protokol kesehatan, baik oleh pengelola maupun pengunjung," katanya di kesempatan yang sama.

Ia berkata, kesiapan pengelola dalam menjalankan kegiatan wisata juga tidak kalah penting. "Kemudian, peningkatan layanan dengan menyediakan pemandu wisata maupun petugas informasi," tuturnya. "Lalu, berkoordinasi dengan instansi terkait. Terakhir, pemeriksaan ulang kesiapan fasilitas destinasi wisata."

Kemenparekraf memprediksi pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) dan wisawatan mancanegara (wisman) ke sejumlah destinasi wisata di Tanah Air tembus hingga 800 juta di periode libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Berdasarkan itu, pihaknya optimistis bisa mencapai target awal, yakni 703 juta pergerakan wisnus dan 5,3 juta pergerakan untuk wisman.

Di kesempatan tersebut, Sandi juga memaparkan tiga peluang dan tantangan sektor pariwisata Indonesia pada 2023. Pertama, perubahan kebiasaan konsumen, dalam hal ini wisatawan. Kedua, kebijakan cepat keluar nol COVID dengan tantangan wisatawan Tiongkok sebagai pasar utama di Asia Pasifik belum bisa bergerak bebas karena kebijakan non COVID di negara mereka.

Tantangan ketiga untuk pariwisata Indonesia tahun depan, yakni terkait target kunjungan wisman dan pemesanan tiket ke Indonesia. Target wisman dibagi berdasarkan performansi dan ekstrapolasi pada 2022, dengan Asia dan Eropa memegang presentase tertinggi.

Selamat Usai Terkubur Hidup-Hidup Salju

10 Korban Longsor Salju di Austria yang Terkubur Hidup-Hidup Ditemukan Selamat

Liputan6.com 2022-12-27 08:31:51
Helikopter dikerahkan dalam proses pencarian korban longsor salju di Austria pada Minggu, 25 Desember 2022. (dok. PETER RINDERER / EXPA / AFP)

Semua korban longsor salju di Austria pada hari Natal, Minggu, 25 Desember 2022, yang sempat hilang akhirnya ditemukan selamat. Empat di antaranya terluka, termasuk satu korban yang mengalami luka serius.

Mereka yang terluka kemudian di bawa ke klinik di Innsbruck dan rumah sakit di Bludez. The Guardian melaporkan enam lainnya yang tidak terpengaruh longsor salju bisa dipulangkan.

Austria Press Agency (APA) melaporkan bahwa polisi mengonfirmasi bahwa semua orang hilang telah ditemukan pada Senin, 26 Desember 2022, tepat sebelum pukul 01.00. Mengutip CNN, Selasa (27/12/2022), petugas penyelamat memperkirakan 10 orang hilang dalam longsoran salju, berdasarkan video dari tamu ski yang diambil tepat sebelum bencana itu terjadi.

Video tersebut tampaknya menunjukkan sekitar 10 pemain ski lagi di jalur longsoran salju tetapi berakhir sebelum menunjukkan apa yang terjadi pada para pemain ski, kata Hermann Fercher dari Lech/Zrs-Tourismus, menurut kantor berita tersebut. Petugas penyelamat berasumsi semua pemain ski dalam video itu sekarang sudah ditemukan.

"Dapat diasumsikan bahwa tidak ada lagi orang yang hilang," kata pernyataan itu. Namun demikian, "pencarian keamanan akan dilakukan pada hari Senin untuk klarifikasi akhir".

Longsor salju terjadi di Gunung Trittkopf setinggi 2.700 meter (9.000 kaki) antara Zuers dan Lech am Arlberg, sekitar pukul 15.00 waktu setempat tepat pada hari Natal. Media lokal melaporkan bahwa beberapa helikopter dan tim pencari dikerahkan segera setelah itu. Sekitar 200 orang terlibat dalam pencarian. Tim penyelamat menggunakan headlamp untuk melanjutkan pencarian setelah gelap, kata APA.


Destinasi Ski Populer

Longsor salju itu terjadi di destinasi ski populer di Lech, Austria. Upaya penyelamatan segera dilakukan. Pada tahap pencarian awal, delapan orang bisa ditemukan dan didata, sedangkan dua pengunjung resor ski lainnya masih dinyatakan hilang. Longsor terjadi di Gunung Trittkopf yang berlokasi di antara Zrs dan Lechin di Austria sekitar pukul 3 sore.

Badan Pers Austria (APA) mengonfirmasi bahwa tim penyelamat telah meminta headlamp agar mereka dalam melanjutkan pencarian korban dalam kegelapan. Direktur Pariwisata Lech-Zuers, Hermann Fercher mengatakan proses pencarian akan berlanjut 'sepanjang malam jika diperlukan'.

Gambar yang diambil di dekat tempat kejadian menunjukkan puluhan petugas penyelamat di jalan pegunungan di wilayah Vorarlberg. Tim anjing penyelamat gunung juga terlibat dalam pencarian.

"Kami melakukan segala yang kami bisa untuk menyelamatkan para penggemar olahraga musim dingin," kata APA mengutip pemerintah kota Lech.

Situs web resor mengatakan bahwa area resor ski sekarang ditutup dengan pembaruan yang dijadwalkan pada Senin pagi. Lech menjuluki dirinya sebagai "salah satu area ski terbaik di dunia" untuk penggemar olahraga musim dingin. Tempat itu dipenuhi salju dan dilaporkan cuaca hangat di luar musimnya saat Hari Natal dirayakan di wilayah tersebut.


Korban di Awal Tahun

Bencana longsor salju juga pernah terjadi di Austria pada awal Februari 2022. Dikutip dari BBC, lebih dari 100 longsor salju tercatat sepanjang tiga hari menerjang wilayah Tyrol, yang disusul dengan menaikkan level bahaya di negara itu.

Sebanyak sembilan orang meninggal dalam bencana yang terjadi di destinasi ski populer tersebut. Otoritas lokal mengatakan situasinya belum pernah terjadi sebelumnya dan memperingatkan bahwa bencana longsor lanjutan akan terjadi.

Bencana longsor juga memakan korban empat pemain ski asal Swedia bersama pemandu gunung mereka. Mereka dilaporkan meninggal di dekat resor ski Ischgl di dekat perbatasan Swiss.

Rombongan itu bermain ski off-piste ketika longsor salju menyapu mereka. Menurut layanan darurat, hanya seorang anggota rombongan yang berhasil selamat setelah dia berhasil meminta bantuan dan diangkut lewat udara menggunakan helikopter.

Pada hari yang sama, seorang pria berusia 60 tahun dan istrinya(61) meninggal saat bermain ski lintas alam di dekat desa Auffach, kata polisi. Kemudian pada Sabtu, seorang pria lokal berusia 58 tahun tewas di Schirmn dekat kota Innsbruck dalam longsoran salju yang melukai empat orang lainnya, menurut penyiar ORF Austria. Keesokan harinya, seorang pemain ski berpengalaman (43) tewas di wilayah Vorarlberg, paling barat Austria.


Insiden Rutin

Longsor salju merupakan insiden rutin negara-negara pegunungan Alpen, seperti Austria dan Swiss. Avalanches are common in countries such as Austria and Switzerland. Layanan peringatan longsoran salju menyarankan pemain ski yang tidak berpengalaman untuk tetap berada di jalur dan jalur ski terbuka.

Sedangkan, pemain ski berpengalaman disarankan untuk menjauh dari medan yang sangat curam saat peringatan level empat diberlakukan. Hal itu untuk menghindari korban jiwa berjatuhan.

Di tempat berbeda, sebuah resor ski di Prancis menjadi yang pertama di Eropa sebagai zona dilarang merokok. Tanda larangan bergambar lingkaran dan silang berwarna merah dan putih di atas rokok hitam yang menyala menyambut para penggemar ski dari seluruh dunia di desa kecil Les Gets di Pegunungan Alpen Prancis sejak pertengahan Desember 2022.

Mereka pun membuat slogan baru, Lets Gets "wilayah tanpa puntung rokok". "Sudah bertahun-tahun sejak kami mulai membagikan asbak saku gratis dan itu tidak mengubah apa pun (tentang) berapa banyak puntung rokok yang akan kami temukan di akhir musim ski," kata Benjamin Mugnier, direktur pemasaran di resor ski Les Gets dikutip dari CNN, Kamis, 22 Desember 2022.

Wisma Atlet Ditutup Bertahap

HEADLINE: RSDC Wisma Atlet Ditutup Bertahap Akhir 2022, Penanganan Pasien COVID-19?

Liputan6.com 2022-12-28 00:05:30
Suasana sepi di luar Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Jakarta, Minggu (25/12/2022). Pemerintah menghentikan operasional Wisma Atlet Kemayoran sebagai Rumah Sakit Darurat COVID

Kabar mengenai Wisma Atlet Kemayoran sebagai Rumah Sakit Darurat COVID-19 akan segera ditutup santer beredar di penghujung 2022. Sebetulnya kabar tersebut telah terdengar sejak kuartal ketiga 2022.

Masa pinjam gedung yang sejatinya rumah susun (rusun) itu akan segera berakhir. Mengacu pada perjanjian kerja sama antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), status Wisma Atlet Kemayoran sebagai RSDC-19 akan berakhir pada 31 Desember 2022.

Kini, sepekan jelang tutup tahun 2022, Pemerintah pun memutuskan menghentikan operasional Wisma Atlet Kemayoran sebagai Rumah Sakit Darurat COVID-19. Keputusan tersebut seiring melandainya kasus COVID-19 di Tanah Air serta jumlah pasien yang menjalani isolasi terpusat di rumah sakit darurat itu terus berkurang hingga November 2022.

Keputusan pengehentian operasional RSDC Wisma Atlet Kemayoran tercantum dalam Surat Edaran Kepala BNPB. Surat bernomor B-404.N/KA BNPB/PD.01.2/11/2022 itu ditandatangani oleh Kepala BNPB dan Ketua Satgas Covid-19 Letjen TNI Suharyanto. Surat Edaran tersebut tertanggal 30 November 2022, ditujukan kepada Panglima Kodam Jaya. Tembusan surat kepada Panglima TNI, Kapuskes TNI selaku Koordinator RSDC Wisma Atlet, serta para pejabat BNPB.

Walau operasional RSDC Wisma Atlet ditutup, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto menjelaskan, tersisa satu tower yang masih berfungsi dan digunakan untuk penanganan pasien COVID-19. Dalam hal ini, bukan berarti seluruh tower akan berhenti dioperasikan.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito turut menyampaikan info mengenai penutupan Wisma Atlet Kemayoran. Menurutnya, ada penyesuaian jumlah fasilitas RSDC Wisma Atlet secara bertahap di tahun 2022.

"Sejalan dengan melandainya kasus COVID, ada penyesuaian jumlah fasilitas secara bertahap di tahun 2022 ini," ujar Wiku kepada wartawan, Jumat (23/12/2022).


Penutupan RSDC Demi Efisiensi Anggaran

Hingga kini, masih ada ada satu tower di RSDC Wisma Atlet Kemayoran yang masih berfungsi sebagai lokasi isolasi terpusat pasien COVID-19. Tower yang dimaksud yakni Tower 6.

Satu tower yang berfungsi ini demi mengantisipasi kasus COVID-19 ke depannya meski saat ini perkembangan COVID-19 di Indonesia melandai. Terlebih lagi, status pandemi COVID-19 belum dicabut oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Yang dipertahankan Tower 6 saja termasuk tenaga kesehatannya. (Tower) yang lain (berhenti operasional) karena memang beberapa bulan ini sudah tidak ada pasiennya," jelas Suharyanto saat dikonfirmasi Health Liputan6.com melalui pesan singkat pada Jumat, 23 Desember 2022.

Hal itu juga dikonfirmasi oleh Jubir Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito. "Satgas COVID masih memfungsikan 1 tower RSDC dengan kapasitas 1.651 bed untuk kesiagaan dalam penanganan Covid ke depan," ujar Wiku.

Suharyanto menyampaikan, nantinya RSDC Wisma Atlet, Kemayoran akan ditutup secara keseluruhan demi efisiensi anggaran. Dia mengatakan, dalam kurun waktu tiga bulan terakhir, tower-tower di RSDC Wisma Atlet Kemayoran sudah kosong karena tidak ada lagi pasien.

"Setelah kurang lebih tiga bulan terakhir tower-tower yang lain ini sudah tidak ada pasien. Bahkan per kemarin hanya tinggal empat orang di tower enam," ungkap Suharyanto di kantor BNPB, Jakarta, Selasa (27/12/2022).

"Maunya BNPB itu segera ditutup semua karena kan itu membebani anggaran, untuk efisiensi," imbuhnya.

Koordinator Humas RSDC Wisma Atlet Kemayoran Kolonel dr Mintoro Sumego membeberkan kondisi terkini di RSDC Wisma Atlet. Bahwa terjadi penurunan pasien COVID-19 yang masuk sejak tiga bulan terakhir, bahkan keterisian tempat tidur (Bed Occupancy Ratio/BOR) di bawah 5 persen.

"Untuk pasien per Sabtu (24/12/2022) ada empat. Jadi sudah ada penurunan yang cukup signifikan dari beberapa hari yang lalu. Ya kira-kira tiga bulan terakhir ini pasien kami tidak lebih dari 200," ungkapnya dalam keterangan resmi di RSDC Wisma Atlet Kemayoran Jakarta baru-baru ini.

"BOR pasien juga keluarnya aja di bawah 5 persen."

Terkait kondisi empat pasien yang dirawat di RSDC Wisma Atlet, gejala pasien termasuk ringan dan ada yang mempunyai riwayat komorbid. Lama perawatan di sana antara 4 - 5 hari.

"Hari Sabtu, ada pasien masuk 1 dan pasien yang dinyatakan sembuh. Ada pengurangan pasien dua dari hari kemarin. Sekarang, pasien yang dirawat ada empat. Dari empat pasien itu, 3 di antaranya, gejala ringan dan 1 gejala komorbid," papar Mintoro.

"Rata-rata pasien yang dirawat inap di Wisma Atlet ini adalah 4 sampai 5 hari. Total pasien yang sudah dirawat adalah hingga 24 Desember 2022 ada 131.195 pasien."


Pantau Situasi Dalam Tiga Bulan

Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo menyatakan mendukung penutupan RSDC Wisma Atlet Kemayoran apabila dilakukan secara bertahap.

"Bisa dipahami rencana penutupan secara bertahap, itu kan secara bertahap atau belum diputuskan tetapi memang berdasarkan data, kita patut bersyukur karena subvarian Omicron yang terbaru tidak membebani rumah sakit darurat," kata Rahmad saat dikonfirmasi, Selasa (27/12/2022).

Rahmad menyebut, ketersediaan tempat tidur di rumah sakit saat ini sudah rendah sehingga kesiapan rumah sakit sudah cukup tanpa RSDC Wisma Atlet.

"Rumah sakit sekarang sudah tidak tertekan. Keterisian tempat tidur sudah di bawah 5 persen. Artinya tidak ada rumah sakit Kemayoran pun sudah tidak ada masalah. Kesiapan rumah sakit yang lain sudah memadai," ungkapnya.

Namun demikian, Rahmad meminta masyarakat tetap menerapkan prokes dan tidak menganggap COVID-19 sudah sepenuhnya hilang.

"Catatan masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Situasi global masih sangat dinamis waktu waktu berubah termasuk kasus di China sekarang, jadi harus diwaspadai kemungkinan mutasi dari negeri lain. Yang paling penting jangan anggap covid tidak ada, dan kita harus kejar vaksin booster," kata dia.

Selain itu, Politikus PDIP itu menilai penutupan RSDC Wisma Atlet harus melihat situasi pascaliburan Nataru.

"Nanti bisa dilihat ketika akhir Natal tahun baru tidak ada lonjakan ya tidak masalah (ditutup, justru anggarannya bisa dialihkan kebutuhan kesehatan lain. Kita tubggu sampai liburan nataru berkahir, silakan kalau mau ditutup," pungkasnya.

Diketahui, Pemerintah masih memantau perkembangan COVID-19 ke depan. Lebih khusus kondisi di luar negeri yang terjadi lonjakan.

"Nah kita juga sebagai kontigensi untuk pengoperasionalan Wisma Atlet selama ini kan ditangani oleh Kodam Jaya. Nah itu yang sementara dihentikan untuk efisiensi. Tetapi satu tower, yaitu tower enam yang masih ada pasiennya empat itu ini tetap kita hidupkan di bawah Kapuskes TNI," ungkap Suharyanto.

Pemerintah akan memantau situasi dalam tiga bulan ke depan. Nanti akan diputuskan kembali bagaimana nasib RSDC Wisma Atlet.

"Kita lihat sampai tiga bulan ke depan, Januari, Februari, Maret, mudah-mudahan kondisi terkendali terus tidak ada lonjakan. Nanti akan disampaikan untuk tindakan selanjutnya," kata Suharyanto.


Faskes Bisa Tangani COVID-19

Meski Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran Jakarta segera tutup per 31 Desember 2022, fasilitas kesehatan (faskes) di sekitarnya dinilai masih mampu untuk menangani pasien COVID-19. Terlebih, pasien COVID-19 yang dirawat secara nasional menurun.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia Siti Nadia Tarmizi menerangkan, penanganan pasien COVID-19 sekarang ini dapat dilakukan di faskes. Angka keterisian tempat tidur (Bed Occupancy Ratio/BOR) rumah sakit dalam dua minggu terakhir di angka 5,27 persen.

Persentase BOR tersebut menurun, yang sebelumnya di angka 8,84 persen, sebagaimana Laporan Harian COVID-19 Kemenkes RI per 26 Desember 2022. Jumlah pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit menurun, dari 5.047 menjadi 2.932.

Di RSDC Wisma Atlet sendiri juga terjadi penurunan pasien COVID-19 yang masuk sejak tiga bulan terakhir, bahkan BOR di bawah 5 persen.

"Dengan angka BOR yang di bawah 5 persen, faskes masih dapat menangani kasus-kasus COVID-19," terang Nadia saat dihubungi Health Liputan6.com melalui pesan singkat pada Selasa, 27 Desember 2022.

Pada sesi Live Instagram bersama Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi menyampaikan, RSDC Wisma Atlet Kemayoran adalah rumah sakit darurat. Perannya, hampir sama dengan tenda-tenda darurat yang didirikan saat kasus COVID-19 sedang tinggi-tingginya.

"Dulu, pada waktu pasien banyak sekali kita lihat banyak tenda-tenda darurat yang kita siapkan. Banyak juga isoter-isoter (isolasi terpusat) yang digunakan untuk melakukan isolasi secara terpusat," katanya pada Senin, 26 Desember 2022.

Seiring kasus COVID-19 yang melandai dan pasien COVID-19 yang bergejala sedang-berat menurun, tak ayal fasilitas isoter yang dulu tersedia, kini sudah tidak digunakan lagi. Penanganan pasien sekarang banyak yang sudah tak bergejala.

"Nah, tentunya kalau kita lihat sekarang, isoter-isoter yang dulunya banyak menggunakan berbagai fasilitas yang ada termasuk balai diklat, asrama haji, hotel ini kemudian sudah tidak lagi kita gunakan," lanjut Nadia.

"Kenapa? Karena memang kasusnya sudah sangat turun dan banyak (pasien) yang sudah tak bergejala."

Berkaitan dengan keputusan penghentian operasional RSDC Wisma Atlet, yang hanya menyisakan satu tower, menurut Nadia, hal itu sudah dikaji matang. Satu tower yang disiagakan, yakni Tower 6 termasuk langkah antisipasi bila terjadi kenaikan pasien COVID-19.

"Tentunya, ini sudah dikaji para pihak terkait. Kewaspadaaan tetap ada sebagai mitigasi (tetap disiagakan Tower 6)," imbuhnya.

Pemerintah pun telah menyiapkan skenario antisipasi jika terjadi lonjakna pasien COVID-19 dan daya tampung RSDC Wisma Atlet melebihi kapasitas. Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, salah satu skenario yakni akan ada fasilitas pendukung lain di tiap wilayah.

"Bila terjadi lonjakan kasus melebihi kapasitas yang bisa ditampung di rumah sakit, maka akan difungsikan fasilitas pendukung lainnya yang ada di setiap wilayah," katanya saat dihubungi Health Liputan6.com melalui pesan singkat pada Selasa, 27 Desember 2022.


Alur Rujukan Pasien COVID-19 ke RSDC Wisma Atlet

Dari sisi kedaruratan, pasien COVID-19 yang bergejala saat ini dapat ditangani di faskes masing-masing wilayah. Lantas, apakah alur rujukan pasien COVID-19 di RSDC Wisma Atlet akan berubah dengan hanya satu tower yang dibuka?

Siti Nadia menerangkan, sistem rujukan pasien COVID-19 yang ada selama ini masih digunakan dan berjalan sesuai prosedur.

"RSDC kan sebagai pilihan fasilitas kesehatan (faskes), artinya tidak semua orang harus melewati RSDC, baru masuk ke faskes. Tapi rujukan yang sudah ada yang akan digunakan," terangnya kepada Health Liputan6.com melalui pesan singkat pada Selasa, 27 Februari 2022.

Secara umum, pasien COVID-19 yang ingin melakukan karantina terutama di Wisma Atlet dapat datang secara mandiri maupun dengan rujukan dari rumah sakit atau faskes lain ke Wisma Atlet.

Pasien yang datang secara mandiri akan dilakukan pemeriksaan umum seperti anamnesis (wawancara), Penyelidikan Epidemiologi (PE) dan juga pemeriksaan fisik. Bagi pasien yang datang dari hasil rujukan, akan dilakukan pemeriksaan tes COVID-19.

Bila hasilnya negatif COVID-19, pasien akan melalui tahapan yang sama seperti pasien mandiri (pemeriksaan umum). Namun, bila hasilnya positif, pasien akan dirawat di RSDC Wisma Atlet dengan catatan mampu mandiri serta tidak memiliki riwayat penyakit lain.

Alur penerimaan pasien COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran lainnya, antara lain:

Untuk pasien yang telah dilakukan pemeriksaan umum, namun tak mengalami gejala pada pernapasan, maka pasien akan dilakukan dekontaminasi dan selanjutnya dapat kembali pulang. Namun, bila terdapat gejala pada pernapasan dengan RR (frekuensi napas) lebih dari 24 kali per menit, maka pasien akan dilakukan rontgen.

Pasien yang telah dirontgen selanjutnya akan dicek terkait pneumonia maupun penyakit penyerta. Bila terkonfirmasi pneumonia sedang/berat dengan atau tanpa komorbid maka pasien akan dirujuk ke rumah sakit rujukan.

Akan tetapi, bila tidak terkonfirmasi pneumonia maupun komorbid, pasien akan ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) untuk selanjutnya dilakukan RT-PCR dan dirawat di Wisma Atlet.

Bagi pasien dengan frekuensi napas kurang dari 24 kali per menit, akan dilakukan uji laboratorium serta rapid test. Bila hasilnya positif, maka akan ditetapkan sebagai PDP, sedangkan bila hasilnya negatif akan ditetapkan sebagai Orang Dalam Pemantauan (PDP).

Setelah penetapan di atas, pasien akan diuji RT-PCR untuk selanjutnya dirawat di Wisma Atlet.

Selanjutnya, alur penerimaan pasien COVID-19 di Wisma Atlet dengan risiko kontak, berusia lebih dari 60 tahun, mengidap penyakit lain, serta hidup sendiri, akan ditetapkan menjadi ODP, lalu dilakukan uji laboratorium serta rapid test.

Bila hasilnya positif maka akan ditetapkan sebagai PDP, dan bila hasilnya negatif akan ditetapkan sebagai ODP. Setelah penetapan ini, pasien akan diuji RT-PCR untuk selanjutnya dirawat di Wisma Atlet.

Untuk pasien yang tidak memiliki riwayat kontak fisik, berusia kurang dari 60 tahun, tidak memiliki penyakit, dan tidak hidup sendiri, selanjutnya akan diberikan edukasi, dekontaminasi, dan diarahkan untuk kembali pulang.

Perlu diketahui, ada sejumlah syarat dan ketentuan bagi pasien yang ingin melakukan karantina di Wisma Atlet. Syarat-syarat tersebut antara lain berusia di atas 15 tahun, memiliki penyakit komorbid yang terkontrol (self handling), serta mandiri.


Wisma Atlet Kemayoran Pasca Rumah Sakit Darurat COVID-19

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, seusai tak lagi jadi Rumah Sakit Darurat COVID-19, Kementerian PUPR nantinya akan menyerahkan Wisma Atlet Kemayoran kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

"Akan kami serahkan ke Setneg. Hal-hal lain sedang kami bahas," ujar Iwan kepada Liputan6.com, Kamis (29/9/2022).

Menurut dia, Kementerian PUPR sendiri telah memberikan usulan terkait status Wisma Atlet Kemayoran ke depannya akan dialihfungsikan untuk apa. Namun, ia belum mau membeberkannya.

"Ya ada, tapi ini urusan bilateral kami," kata Iwan singkat.

Sebelumnya, Iwan sempat mengutarakan, Rusun Wisma Atlet Kemayoran belum dapat diserahterimakan dan alih status karena masih digunakan sebagai RSDC-19. Itu harus menunggu instruksi dari Presiden Jokowi terkait penghentian penggunaan Wisma Atlet.