Pembuluh Darah di Kepala Pecah

Indra Bekti Jalani Operasi Kedua, Alami Pecah Pembuluh Darah di Kepala

Liputan6.com 2022-12-28 17:52:59
Potret Indra Bekti yang berhasil turunkan berat badan 8 kg dalam 2 bulan. (Sumber: Instagram/indrabekti)

Roy selaku manajer mengungkap kabar terbaru Indra Bekti yang kini tengah mendapatkan perawatan intensif. Suami Aldila Jelita itu diketahui tak sadarkan diri di tengah kegiatan siaran, sehingga dilarikan ke Rumah Sakit Abdi Waluyo, Kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Roy mengatakan, saat ini Indra Bekti tengah menjalani tindakan operasi kedua akibat pecahnya pembuluh darah di bagian kepala.

"Ini operasi yang kedua sekarang. Jadi ada pembuluh darahnya yang pecah," ungkap Roy kepada Liputan6.com, Rabu (28/12/2022).

"Iya (pecah pembuluh darah) di daerah dahi atas itu, di daerah kepala, lah," sambungnya.


Mengeluarkan Cairan di Kepala

Roy mengatakan, sebelumnya Indra Bekti menjalani operasi guna menghentikan pendarahan. Sementara operasi kedua ini dilakukan untuk mengeluarkan cairan di kepala.

"Operasi yang pertama itu pasang koil supaya darahnya enggak ngalir lagi, enggak keluar-keluar lagi. Ini yang kedua sekarang untuk ngeluarin cairan yang di kepala," jelasnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Berisiko Tinggi

Roy melanjutkan, sementara ini belum diketahui penyebab pecahnya pembuluh darah di kepala Indra Bekti. Apalagi, kondisi Bekti ini berlangsung tiba-tiba, sehingga harus cepat diambil tindakan.

"Kalau diagnosanya belum, karena ini kan harus cepat ditindak langsung, kan. Jadi kita enggak sempat mikir kenapanya. Kecuali kalau sakit biasa yang dirawat inap, kan. Karena, kan ini risikonya tinggi juga," imbuhnya.


Kurang Istirahat

Roy menambahkan, sebelumnya Indra Bekti memang sempat mengeluhkan sakit kepala. Ia juga belum dapat memastikan tindakan apalagi yang dilakukan kepada Bekti setelah operasi kedua ini.

"Itu pagi-pagi tiba-tiba saja. Mungkin trigger-nya sering pusing-pusing saja sebelumnya, kurang istirahatlah," tutup Roy. (Liputan6.com/M. Altaf Jauhar)

Presiden Main Lato-Lato yang Lagi Viral

Presiden Jokowi dan Ridwan Kamil Penasaran Mencoba Mainan Lato-Lato yang Lagi Viral

Liputan6.com 2022-12-28 17:05:36
Jokowi dan Ridwan Kamil Penasaran Mencoba Mainan Lato-Lato alias Nok-Nok yang Lagi Viral. foto: Instagram @ridwankamil

Mainan lato-lato alias nok-nok belakangan ini sedang viral dan banyak dimainkan anak-anak bahkan sampai orang dewasa. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan dibuat penasaran dengan mainan satu ini.

Hal itu diketahui dari unggahan di akun Instagram Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dalam unggahan pada Selasa, 27 Desember 2022 itu, Jokowi terlihat menjajal nok-nok alias lato-lato, ketika mengunjungi salah satu pasar di Subang, Jawa Barat bersama sang istri, Iriana Jokowi.

"Main nok-nok bareng Presiden dan Gubernur," tulis Ridwan Kamil dalam keterangan video unggahannya. Dalam video itu, Jokowi yang mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana panjang hitam bermain lato-lato setelah seorang anak memamerkan kemampuan bermain lato-lato lebih dahulu.

Jokowi kemudian mencoba memainkan lato-lato. Namun, ia tidak bisa mengikuti trik bermain lato-lato yang dipamerkan oleh anak tersebut.

Aksi Jokowi bermain lato-lato itu pun mengundang gelak tawa masyarakat yang menyaksikannya. Setelah itu, Ridwan Kamil yang mengenakan baju dinas berwarna cokelat muda juga tak mau ketinggalan.

Pria yang biasa disapa Kang Emil itu ikut menjajal permainan lato-lato. Namun yang dimainkan Ridwan Kamil terlihat beda karena memiliki empat bola bukan dua bola seperti biasanya.

Ia bilang, lato-lato miliknya dinamai 'pakujut nok-nok'. Sayangnya, meski terlihat sudah percaya diri Kang Emil juga gagal memainkan lato-lato tersebut.


Bola Plastik

Lato-lato merupakan mainan zaman dulu yang kini kembali digemari oleh anak-anak Indonesia. Lato-lato atau kadang disebut latto-latto adalah alat permainan sederhana berupa dua bola plastik yang dihubungkan dengan seutas tali.

Pada bagian tengah tali terdapat ikatan bentuk lingkaran untuk dimasukkan ke jari agar bisa dimainkan dengan menggoyangkan kedua bola naik turun, menimbulkan suara seperti ketukan secara berulang. Melansir kanal Hot Liputan6.com, 19 Desember 2022, generasi 1990-an pasti familiar dengan permainan ini.

Meski populer di Indonesia, lato-lato bukanlah permainan asli tradisional Indonesia. Permainan ini juga dikenal dengan beberapa nama, seperti katto-katto, tek-tek, lato-lato dan nok-nok. Latto-latto adalah salah satu permainan tradisional asal Amerika Serikat yang sudah ada sejak tahun 1960an, dan dikenal dengan nama Clackers Balls Toys. Namun, Departemen Sekolah New Bedfford telah melarang penggunaan Clackers Balls Toys karena anak-anak di Amerika memainkannya dengan keras hingga bola pecah dan pecahannya beterbangan.


Rasa Percaya Diri

Food and Drug Administration (FDA) saat itu, juga melarang penjualan clackers. Di Indonesia, permainan ini mulai dikenal dan dimainkan oleh anak-anak asal Makassar dan beberapa daerah di Pulau Jawa sejak era tahun 1990-an.

Permainan ini, membuat pemain harus membenturkan kedua bola dengan menggunakan tangan untuk dapat bergerak naik turun secara seimbang dan terus berbenturan berulang-ulang. Meski berupa permainan sederhana, sejumlah manfaat main latto-latto bisa Anda peroleh, salah satunya melatih kesabaran.

Manfaat main latto-latto juga bisa meningkatkan rasa percaya diri pada anak, karena saat bermain mereka bisa menambah kecepatan ayunan. Memang terlihat gampang, namun Anda perlu beberapa tips dan trik agar bisa memainkannya dengan mudah. Hal ini karena di awal permainan Anda harus bisa menyeimbangkan bola agar tetap berjalan secara konstan dan menimbulkan suara tek-tok.

Permainan tradisional yang sudah tergeser oleh hadirnya teknologi ini, kini viral kembali dan banyak anak-anak yang tertarik untuk mencoba bermain latto-latto.


Mengendalikan Emosi

Mengajarkan anak sejak dini dengan permainan tradisional ini juga bisa untuk melatih motorik, keseimbangan dan juga ketenangan pikiran. Oleh karena itu ajarkan permainan tradisional tak hanya lato namun seperti lompat karet, cublak-cublak suweng akan membuat anak melatih kemampuan motorik dengan lebih baik lagi dari pada sebelumnya.

Dalam satu permainan, tentu menuntut anak untuk menggunakan strategi untuk bisa menang dari lawannya. Contoh permainan ini salah satunya adalah latto-latto. Biasanya anak yang main latto-latto, akan mengayunkan bola dengan cara ke atas dan ke bawah dan membuat bola beradu dengan cepat.

Permainan tradisional ini juga banyak berfungsi untuk mengendalikan emosi anak. Untuk memenangkan permainan ini, maka anak harus menjaga emosi dan suasana hati saat menyeimbangkan ayunan bola yang sedang beradu dengan konstan.

Jika emosi tidak bisa diolah dengan baik, kemungkinan anak akan kalah dalam permainan. Selain itu, bermain lato-lato juga bisa melatih keseimbangan gerak otot tangan dan melatih ketenangan pikiran.

Timnas Garuda VS Thailand, Mana Lebih Kuat?

Head to Head Timnas Indonesia Vs Thailand di Piala AFF, Gajah Perang Mengerikan

Liputan6.com 2022-12-28 13:00:00
Pemain Thailand, Bordin Phala (tengah), diapit dua penggawa Timnas Indonesia saat bertanding pada leg pertama final Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021) malam WIB.

Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand pada laga ketiga Grup A Piala AFF 2022/2023. Pertandingan dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12/2022).

Timnas Indonesia saat ini berada di bawah Timnas Thailand yang berstatus sebagai pemuncak klasemen sementara. Meski memiliki poin sama enam, Thailand berhak di posisi pertama karena unggul agresivitas gol.

Indonesia dan Thailand sama-sama sudah melakoni dua laga dan dua kemenangan. Indonesia mengalahkan kamboja 2-1 di laga perdana dan membantai Brunei Darussalam 7-0.

Sementara Thailand melibas Brunei 5-0 dan menumbangkan Filipina dengan empat gol tanpa balas.

Pertemuan nanti bakal memperbesar peluang pasukan Shin Tae-yong maupun Thailand lolos ke babak semifinal. Syaratnya sudah jelas yakni kemenangan.

Jika melihat statistik, fans Indonesia harus menerima kenyataan, pasalnya Tim Gajah Perang lebih mengerikan.

Dilansir 11v11, Indonesia dan Thailand sudah bertemu 80 kali sejak 1957 hingga 2022 di semua kompetisi.

Hasilnya, Thailand lebih dominan dengan mencatatkan 40 kemenangan. Sedangkan Indonesia cuma mengemas 25 kemenangan, dan 15 pertandingan lainnya berakhir imbang.

Adapun pertemuan pertama Indonesia dengan Thailand terjadi di Piala Merdeka 1957. Ketika itu, Indonesia berhasil meraih kemenangan telak 4-0.

Sedangkan pertemuan terakhir kedua tim terjadi di final leg kedua Piala AFF 2020. Skor berakhir sama kuat 2-2, namun Thailand berhak menjadi juara setelah menang 4-0 pada leg pertama.


5 Laga Terakhir

Jika dikerucutkan dalam lima laga terakhir, Thailand juga lebih digdaya ketimbang Indonesia dengan tidak pernah menelan kekalahan.

Hasil terabik yakni dua kali menahan imbang yang terjadi pada leg kedua final AFF 2021 kemudian kualifikasi Piala Dunia 2021. Tiga laga sisa berakhir dengan kekalahan.

Pelatih Shin Tae Yong tentunya harus memutar otak untuk meraih kemenangan perdana bersama Timnas Indonesia sekaligus memutus rekor buruk saat berhadapan dengan Thailand.


Ujian Sesungguhnya

Kualitas Thailand jelas berbeda dengan dua lawan yang sudah dikalahkan Indonesia yakni Kamboja dan Brunei Darussalam,

Hal itu pun diakui oleh Shin Tae-yong. Oleh karenanya, pelatih asal Korea selatan itu menyatakan bahwa duel melawan Thailand adalah ujian yang sesungguhnya untuk Asnawi Mangkualam Cs.

"Sebenarnya ini baru dua match dan pertandingan ketiga lawan Thailand sangat penting," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga kontra Brunei.

"Baru setelah selesai pertandingan ketiga akan terlihat bagaimana gambaran semifinal dan final seperti apa," ucap Shin Tae-yong.


Head to Head Indonesia Vs Thailand

Main: 80 Kali

Indonesia Menang:25

Thailand Menang: 40

Seri: 15

5 Pertemuan terakhir

17 Nov 2018 Thailand v Indonesia 4-2 Piala AFF

10 Sep 2019 Indonesia v Thailand 0-3 Kualifikasi Piala Dunia

03 Jun 2021 Thailand v Indonesia 2-2 Kualifikasi Piala Dunia

29 Dec 2021 Indonesia v Thailand 0-4 Piala AFF

01 Jan 2022 Indonesia v Thailand 2-2 Piala AFF

Heboh Aksi Menhan Prabowo Lepas Baju

Aksi Prabowo Lepas Baju hingga Jam Tangan saat Hadiri Sinau Bareng Cak Nun

Liputan6.com 2022-12-28 01:04:57
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menghadiri acara Sinau Bareng Cak Nun di Pondok Segoro Agung Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto Jawa Timur. (Foto: Dokumentasi Tim Media Prabowo Subia

Menteri PertahananPrabowo Subianto melakukan aksi yang menjadi viral saat menghadiri acara Sinau Bareng Cak Nun di Pondok Segoro Agung Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto Jawa Timur.

Melalui video yang disiarkan lewat sosial media, Prabowo terlihat melebas seluruh atribut yang melekat pada dirinya, mulai dari peci hingga baju.

Mulanya Prabowo melihat sejumlah pedagang asongan yang menjajakan minuman dan makanan. Lalu mereka perlahan berbaris antre ke dekat panggung. Satu demi satu atribut yang melekat dengan Prabowo lalu dilepas, mulai dari jam, peci hingga baju dan diberikan kepada mereka.

"Iya, Pak Menhan memberikan apresiasi kepada jamaah Maiyah, dengan memberikan jam tangan, peci dan baju beliau," kata Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar saat ditanya terkait momen tersebut, Selasa (27/12/2022).

Dalam momen yang berlangsung kemarin malam itu, Prabowo mengaku bahwa dirinya dan Cak Nun adalah sahabat lama yang sudah jarang bertemu. Kebetulan, lanjut Prabowo, keduanya memiliki agenda di tempat yang berdekatan sehingga dirinya diundang untuk hadir.

"Saya mendapatkan undangan untuk hadir di sini. Kebetulan saya sedang berada di Jawa Timur. Maka saya sangat bangga bisa hadir. Saya merasa sangat dihormati. Apalagi tempatnya di Trowulan. Sebuah tempat yang pernah menjadi ibu kota imperium Majapahit. Trowulan adalah pusat peradaban," tutur Prabowo di Pondok Segoro Agung Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, Senin 26 Desember 2022, malam.


Sebagai Sosok Berani

Prabowo menegaskan, Cak Nun bukan hanya seorang kiai, tapi juga intelektual dan cendikiawan.

Selain itu, Cak Nun juga dinilai sebagai sosok yang berani dengan ceramah yang tak jarang menggemparkan jagat nasional.

"Cak Nun tidak berubah. Tetap seperti dulu. Begitulah beliau. Saya hormat dan kagum kepada Cak Nun. Alhamdulilah hari ini bisa bertemu," Prabowo menutup.

Bakal Nyanyikan Lagu BTS

Rhoma Irama Bakal Nyanyikan Lagu BTS di HUT Indosiar ke-28

Liputan6.com 2022-12-27 21:30:09
Ayah penyanyi Ridho Rhoma ini juga mengungkapkan bahwa trofi kemenangan ini merupakan yang ke 61. Bintang film berkelana ini menambahkan, semoga bisa meningkatkan kualitas bermusiknya. (Bamba

Rhoma Irama membawakan lagu dangdut sudah biasa. Namun apa jadinya jika sang Raja Dangdut, menyanyikan lagu K-pop, BTS?

Nah, hal itu yang bakal tersaji di malam puncak HUT Indosiar ke 28. Aksi Rhoma Irama tersebut akan tampil di Konser Raya 28 Tahun INDOSIAR LUA28IASA pada 11 Januari 2023.

"Rhoma Irama akan membawakan lagu Korea terkenal, dari boyband," ungkap Indra Mulyanto, selaku Vice Presiden Creative IEP kepada wartawan, Rabu (27/12/2022).

Tak hanya itu, Rhoma Irama juga akan menampilkan aksi ciamik dengan beberapa tokoh nasional, untuk mempersatukan Indonesia. Mereka akan berhadapan dengan Kiky Saputri, si raja Roasting.


Tak Mudah

"Selain itu Pak Haji akan mempersatukan Indonesia dengan berkolaborasi dengan tokoh-tokoh nasional. Nanti beliau akan berhadapan dengan Kiky Saputri, ratu roasting kita," jelas Mulyanto.

Diakui Mulyanto, tak mudah menawarkan konsep luar biasa ini kepada Rhoma Irama. terlebih yang bersangkutan adalah legenda di industri dangdut Tanah Air.


Lagu Milik BTS

"Memang benar, enggak gampang. Cuma dari dulu kita selalu membuat acara ultah memakai sudut pandang mereka (para penampil) 'Kenapa begini, karena begini loh'," ungkapnya.

Lebih lanjut Mulyanto menjelaskan bagaimana konsep itu ditawarkan, hingga akhirnya Rhoma Irama menyetujuinya. Dari perbincangan itu, ditentukan sebuah lagu milik BTS yang bakal dibawakan Rhoma Irama.


2 Hari

"Kita sampaikan sekarang anak muda lagi suka nyanyi K-Pop. Kita bilang, 'Pak Haji tau enggak boyband yang lagi happening siapa?', 'BTS'. 'Nah tau dari mana?', 'Cucu saya'. Akhirnya dicari lah salah satu lagu yang nanti beliau nyanyikan," ucap Mulyanto.

Malam puncat HUT Indosiar ke 28 akan digelar dua hari. Yakni tajuk KONSER INDOSIA28EST pada 10 Januari 2023, dan Konser Raya 28 tahun INDOSIAR LUAR28IASA, pada 11 Januari 2023. (M. Altaf Jauhar)

Penampakan Istana Mewah Salt Bae

Mengintip Istana Mewah Seharga Rp469 Miliar Milik Salt Bae di Istanbul

Liputan6.com 2022-12-28 07:00:07
Salt Bae di depan hotel miliknya. (Dok: Instagram Salt Bae @nusr_et)

Nusret Gke, koki asal Turki yang kini dikenal dengan nama Salt Bae pernah hidup dalam keluarga yang sangat miskin hingga harus putus sekolah pada usia 12 tahun. Sekarang, pria berusia 39 tahun yang kini jadi sensasi internet memiliki rumah bak istana seharga 26 juta pounsterling atau setara Rp489,2 miliar sebagai salah satu propertinya.

Istana Macka di distrik Sisli Istanbul tersebut memiliki kolam renang di puncak gedung, pusat kebugaran dan spa. Bahkan, warga luar juga bisa menginap di sana. Dia dikabarkan telah menghabiskan 36 juta punsterling atau setara Rp677,4 miliar untuk hotel mewah Park Hyatt pada 2019.

Mengutip dari The Sun, Selasa, 27 Desember 2022, tak lama Salt Bae pindah ke apartemennya sendiri yang seperti istana pada tahun itu juga. Flat tersebut sebelumnya dimiliki oleh dramawan abad ke-20 Abdlhak Hmid Tarhan, yang dikenal di Turki sebagai penyair agung.

Saat itu, koki selebriti itu mengatakan ingin menghabiskan lebih banyak waktu di Turki agar lebih dekat dekat ibunya setelah bertahun-tahun mengelola restoran di seluruh dunia. Meskipun sang bintang tetap tinggal di tempat tinggalnya sendiri, properti bintang lima ini menawarkan total 90 kamar dan suite deluxe berukuran besar dengan harga mulai dari 350 euro per malam atau setara Rp6,5 juta.

Menurut situs webnya, Park Hyatt menawarkan "kesenangan tak terduga" kepada para tamu dan mengklaim memiliki fasilitas makanan dan minuman terbaik, termasuk santapan sepanjang hari di restoran eksklusif Salt Bae. Ketika Gke pindah ke tempat mewah itu, dia mengklaim telah memenuhi mimpinya.


Dulu Sangat Miskin

Salt Bae dilaporkan merenovasi restoran hotel sesuai keinginannya sendiri. Dia menulis di Instagram, "Saya punya satu mimpi yaitu memiliki restoran sendiri di hotel saya sendiri. Terima kasih Tuhan, salah satu impian terbesar saya menjadi kenyataan. Sampai jumpa di Nusret Maka Palace."

Di luar tempat lahirnya, Gke juga telah membangun portofolio propertinya dengan rumah-rumah di AS. Ia sering terlihat di tepi kolam renang pribadi di Beverly Hills, serta menunggang kuda di tempat yang tampak seperti sebuah peternakan. Salt Bae dilaporkan memiliki koleksi supercar yang patut disimak, termasuk tiga Rolls-Royce dan Lamborghini Hurracan.

Kehidupannya kini jauh berbeda dari masa kecilnya. Keluarganya sangat miskin sehingga dia harus putus sekolah pada usia 12 tahun. Kisah Nusret yang miskin menjadi kaya dimulai di pinggiran kota yang dilanda kemiskinan di timur Istanbul, Turki. Dia adalah salah satu dari lima anak dari ayah penambang yang menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk bekerja.


Magang Jadi Tukang Daging

Berbicara kepada The Times pada 2019, Nusret mengatakan dia sering pergi ke sekolah dengan mengenakan sepatu dan kemeja yang tidak pas karena orang tuanya tak mampu. Dia mengklaim keluarganya mengeluarkannya dari sekolah agar dia bisa membantu mendapatkan uang. Pada usia 13 tahun, dia magang sebagai tukang daging.

Dia mengenang, "Saya bangun jam enam, dua jam dalam perjalanan kereta dan 30 menit setelah kereta di dalam bus."

"Lalu sepanjang hari, berdiri dan bekerja. Tidak ada hari libur dan tidak ada liburan," lanjutnya.

Dia juga bekerja di restoran steak, mencuci piring untuk bekerja dari bawah. Salt Bae mengatakan kepada NBC pada 2017, "Sejak saya berusia 14 tahun, saya bekerja lebih dari 13 jam sehari sebagai pelari dapur untuk tukang daging."

"Saya selalu berharap dan ingin membuka restoran." Kemudian, dia meyakinkan sebuah bank untuk meminjamkannya 2.500 pounsterling agar dia dapat pergi ke Argentina untuk belajar tentang perdagangan daging.


Buka Restoran Pertama

Setelah bertahun-tahun berlalu di mana Salt Bae mengklaim bahwa dia "bekerja secara gratis" untuk mendapatkan pengalaman, dirinya kembali ke kota asalnya di Istanbul. Pada usia 27 tahun, ia membuka restoran steak Nusr-Et pertamanya pada 2010 dengan hanya delapan meja dan sepuluh karyawan.

Taipan Turki Ferit Sahenk sangat terkesan sehingga dia menawarkan untuk berinvestasi, dan membantu Nusr-et meluncurkan pos terdepan di Ankara dan Dubai. Tapi, kariernya tidak benar-benar melejit sampai video viral dari "taburi" miliknya yang sekarang terkenal pada Januari 2017.

Video Instagram berdurasi 36 detik berjudul Ottoman Steak menunjukkan Gke mengiris steak secara teatrikal di sebuah meja. Sambil mengampu tangannya dalam pose "kobra", dia membiarkan garam mengalir di lengan bawahnya untuk membumbui daging.

Bruno Mars mencuit video tersebut, yang langsung menjadi viral. Gke pun dijuluki "tukang daging terseksi di Instagram". Gimmick itu juga memberinya julukan Salt Bae dan menghasilkan lebih banyak pengikut di Instagram.

Badai Salju Tewaskan Puluhan Orang

Badai Salju di AS Kini Telah Tewaskan 60 Orang

Liputan6.com 2022-12-28 06:31:20
Orang-orang menyeberang jalan selama badai salju di bagian Bushwick di wilayah Brooklyn di New York, Sabtu (29/1/2022). Orang-orang dari New York City hingga Maine terbangun karena salju teba

Korban tewas di kota Buffalo, New York, telah meningkat menjadi 28 orang, dengan ribuan orang masih tanpa listrik di tengah badai musim dingin yang dahsyat yang melanda Amerika Serikat bagian Utara.

Dilansir BBC, Rabu (28/12/2022), di seluruh AS, setidaknya 62 orang tewas dalam insiden terkait cuaca.

Di Buffalo, seorang pejabat negara mengatakan bahwa polisi militer dikerahkan untuk membantu mengatur lalu lintas di kota, di mana larangan mengemudi tetap diberlakukan.

Sementara aksi penjarahan telah dilaporkan di beberapa bagian kota selama keadaan darurat.

Badaisalju juga memaksa pembatalan ribuan penerbangan, termasuk sekitar 4.800 pada Selasa pagi saja. Ribuan penumpang telah terdampar di bandara di seluruh negeri.

Kondisi sekarang diperkirakan akan membaik, dengan sedikit hujan salju pada hari Selasa dan cuaca yang sedikit lebih hangat dalam perjalanan.

Pada konferensi pers pada hari Selasa, pejabat di Erie County New York - yang mencakup Buffalo - mengatakan bahwa jumlah korban tewas diperkirakan akan meningkat saat operasi pencarian dan penyelamatan berlanjut. 28 orang yang dipastikan tewas semuanya ada di Buffalo.

"Semua angka belum menyusul saat ini," kata Walikota Buffalo Byron Brown. "Kami tahu bahwa jumlah kabupaten [Erie] lebih besar."


Masalah Baru

Lebih dari 4.000 orang di daerah itu tetap tanpa listrik setelah badai, yang menurut Brown "mungkin" adalah yang terburuk dari sebagian besar kehidupan penduduk.

Pada puncak badai, sekitar 20.000 orang akan berada dalam kondisi tanpa listrik.

Brown menambahkan bahwa telah terjadi "perbaikan" di kota, dengan sangat sedikit hujan salju dan tidak adanya kondisi pemadaman listrik yang memungkinkan pejabat "kemajuan yang signifikan" saat mereka membersihkan kendaraan dan memulihkan tenaga.

Namun, para pejabat memperingatkan bahwa suhu yang menghangat di wilayah tersebut dapat menimbulkan masalah tambahan, termasuk banjir saat salju mencair.


Adanya Penjarahan

Mark Poloncarz, eksekutif Erie County di mana Buffalo berada, mengatakan bahwa 100 petugas polisi militer dan polisi negara tambahan dikerahkan untuk membantu mengendalikan lalu lintas di daerah tersebut, di mana kondisinya tetap "buruk" di banyak jalan lokal.

Komisaris Polisi Buffalo Joseph Gragmalia mengatakan bahwa penjarahan "masih berlangsung". Empat orang sejauh ini telah ditangkap.

"Ini bukan orang yang mencuri makanan, obat-obatan, dan popok," katanya.

"Mereka menghancurkan toko. Mereka mencuri televisi, sofa, apa pun yang bisa mereka dapatkan. Mereka oportunis."


Dukungan dari Pemerintah Pusat

Pada hari Senin, Presiden AS Joe Biden menyetujui deklarasi darurat yang memungkinkan dukungan federal untuk Negara Bagian New York.

"Hati saya bersama mereka yang kehilangan orang yang dicintai pada liburan akhir pekan ini," tweetnya.

Negara bagian tetangga New Jersey juga mengirimkan layanan darurat ke negara bagian New York untuk memberikan bantuan lebih lanjut. Gubernur Negara Bagian Kathy Hochul, yang berasal dari Buffalo, menggambarkan badai tersebut sebagai "badai salju abad ini".

"Ini [seperti] pergi ke zona perang, dan kendaraan di sepanjang sisi jalan sangat mengejutkan."

Pejabat di New York mengatakan bahwa personel darurat terpaksa pergi dari satu mobil ke mobil lain untuk mencari korban yang selamat dari badai, terkadang menemukan mayat di dalam mobil dan gundukan salju.

Nasib Tragis Rohingya di Aceh

Nasib Rohingya di Aceh Disorot Media Arab Saudi

Liputan6.com 2022-12-28 15:30:30
Etnis Rohingya beristirahat di pantai setelah kapal mereka terdampar di Pulau Idaman, Aceh Timur, Aceh, Jumat (4/6/2021). Jumlah pengungsi Rohingya yang berangkat dari Bangladesh menggunakan

Baru-baru ini, Aceh kembali kedatangan para pengungsi dari Rohingya yang naik kapal. Pengungsi Rohingya di Aceh ikut menjadi sorotan media internasional, termasuk media Kerajaan Arab Saudi.

Para pengungsi Rohingya sebetulnya mendapat tempat di Bangladesh, namun banyak yang memilih kabur. Situs PBB menyebut ada lebih dari 2.000 pengungsi Rohingya yang memilih menempuh perjalanan laut yang berbahaya tahun ini untuk mencari tempat baru.

Arab News melaporkan, Rabu (28/12/2022), bagaimana pengungsi yang baru tiba di Aceh berada dalam kondisi yang memprihatinkan. Banyak yang mengalami malnutrisi dan dehidrasi setelah berminggu-minggu berada di lautan.

International Organization for Migration (IMO) menyebut ada setidaknya 174 orang Rohingya yang tiba di desa pesisir Muara Tiga di Aceh pada Senin 26 Desember 2022. Lebih dari 100 orang adalah anak-anak.

Sebelumnya, ada 57 pengungsi Rohingya lain yang baru tiba di Aceh Besar.

Pada November 2022, ada setidaknya lima kapal pengungsi Rohingya yang pergi dari Bangladesh ke negara lain. Satu kapal dengan 154 orang diselamatkan oleh perusahaan offshore Vietnam dan kapal lain dengan 104 orang diselamatkan oleh angkatan laut Sri Lanka.

Ada juga pengungsi yang masih bersaudara. Mohammed Rezuwan Khan bertemu dengan saudarinya, Hatamonesa, setelah sempat terpisah selama satu bulan. Saudarinya membawa anak berusia 5 tahun.

Hatamonesa berkata ada 20 orang yang meninggal di atas kapal. Sementara, PBB menyebut ada 26 yang meninggal.

Tujuan awal Hatamonesa adalah Malaysia.

"Ia berpikir ia akan meninggal dalam perjalanan laut," ujar Khan. "Ia sebelumnya berharap jika ia bisa mencapai Malaysia, akan ada masa depan yang lebih baik untuk anak-anak perempuannya dan untuknya."


180 Orang Dikhawatirkan Meninggal

United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) mengaku turut membantu para otoritas lokal untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi. UNHCR juga menyambut positif pertolongan Indonesia terhadap lebih dari 200 pengungsi Rohingya.

"Kami menyambut aksi kemanusiaan oleh komunitas lokal dan otoritas di Indonesia," ujar Ann Maymann, Perwakilan UNHCR di Indonesia.

"Aksi-aksi ini membantu menolong nyawa manusia dari kematian yang pasti, mengakhiri perjalanan menyiksa bagi banyak orang yang putus asa," lanjutnya.

Pihak UNHCR menyebut ada sekitar 26 orang yang meninggal. UNHCR juga mencatat bahwa Indonesia telah menolong 472 pengungsi Rohingya selama enam pekan terakhir.

Sementara, masih ada satu kapal Rohingya yang masih menghilang. UNHCR menduga semua 180 penumpangnya telah meninggal.

UNHCR lantas meminta negara-negara lain mengikuti langkah Indonesia yang menolong pengungsi Rohingya. UNHCR berkata ada tanggung jawab hukum bagi negara-negara untuk menyelamatkan para pengungsi Rohingya yang berada di lautan.

"UNHCR mendorong Negara-negara lain untuk mengikuti teladan ini. Banyak lainnya yang tidak bertindak meski banyaknya permohonan dan panggilan untuk membantu," ujar Maymann.


Bakamla RI Bantu Evakuasi Imigran Ilegal Rohingya

Bakamla RI melalui Stasiun Bakamla Banda Aceh, turut membantu evakuasi penumpang kapal terdampar. Para penumpang itu merupakan imigran ilegal Rohingya asal Myanmar.

Kapal kayu yang membawa mereka karam di Pantai Desa Ladong, Aceh Besar, Minggu (25/12).

"Imigran ilegal Suku Rohingya tersebut berlayar dari Myanmar menuju Malaysia. Naas nasibnya, kapal tersebut mengalami kerusakan mesin dan terombang-ambing di atas laut kira-kira sebulan lamanya," ujar Pranata Humas Ahli Muda Bakamla RI Kapten Bakamla Yuhanes Antara melalui keterangan yang diterima.

Yuhanes mengatakan, berdasarkan informasi dari penumpang yang selamat, selama berlayar mereka tidak cukup perbekalan bahan makanan.

Menanggapi hal tersebut, tim gabungan pun dibentuk untuk menyelamatkan para imigran ini. Terlebih lagi, 2 dari 57 orang penumpang kapal ditemukan dalam keadaan sakit.

Tim gabungan terdiri dari Polairud, Lanal Sabang, Sekda Aceh Besar, Kantor Imigrasi Aceh, Stasiun Bakamla Banda Aceh, Dinas Kesehatan Puskesmas Masjid Raya, dan Dinas Sosial Aceh Besar.

"Para imigran ilegal tersebut diamankan oleh Dinas Sosial Aceh sebagai tempat penampungan sementara," kata Yuhanes.

Dia menambahkan, tim gabungan yang terlibat secara terorganisir melakukan pengamanan di sekitar lokasi penampungan imigran ilegal. Selain itu, imigran yang sakit telah dilarikan ke Puskesmas Masjid Raya guna penanganan lebih lanjut.


Dinsos Aceh Beri Shelter

Sebelumnya dilaporkan, menurut Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy, kapal bernama FB Tarikul Islam 2 yang mengangkut para pengungsi dalam kondisi kehabisan stok makanan terdampar ke pesisir Desa Ladong karena dibawa angin setelah mengalami kebocoran di lambung kanan.

Pihak otoritas melaporkan adanya pengungsi yang sakit sebanyak empat orang. Satu orang kabarnya sempat dibawa ke fasilitas kesehatan setempat walaupun kini sudah dipulangkan ke selter.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, para pengungsi yang awalnya ditempatkan di bawah sebuah bangunan terbuka saat menjelang asar mulai dibariskan dan secara bergilir disuruh pindah ke menasah yang masih berada di dalam pekarangan kantor.

Beberapa organisasi kemanusiaan, seperti IOM, Yayasan Geutanyoe, KontraS Aceh, JRS, dan YKMI, terpantau berada di lokasi. Menjelang sore, kepolisian terlihat menurunkan tim Inafis serta mulai mendata para pengungsi.

Sebelumnya, santer diberitakan tentang sebuah kapal yang mengangkut pengungsi yang mendekat ke kawasan perairan Aceh. Namun, lembaga kemanusiaan meyakini bahwa kapal yang terdampar di Ladong adalah kapal lain.

Abdul Hamid Pak Ogah Meninggal

Kabar Duka, Abdul Hamid Pengisi Suara Pak Ogah Meninggal Dunia

Liputan6.com 2022-12-28 20:50:33
Pak Ogah. (Foto: Instagram @pakogah_real)

Kabar duka kembali menghampiri dunia hiburan Tanah Air. Abdul Hamid yang dikenal juga sebagai pengisi suara Pak Ogah di serial legendaris Si Unyil, meninggal dunia.

Kabar duka tersebut diketahui melalui pesan siaran yang diterima kalangan pewarta pada Rabu (28/12/2022) dari pengurus dan warga Villa Jatirasa RW 011. Dari informasi yang diterima, Pak Ogah meninggal dunia pada pukul 19.30 WIB.

"BERITA DUKA CITA Inna Lillahi Wa Inna Illaihi Raajiuun.... Kami atas nama Pengurus dan Warga Villa Jatirasa RW 011, Turut Berduka Cita yang Mendalam atas Meninggalnya Bapak : ABDUL HAMID ( Pak OGAH ) BIN POERJONO Pada hari ini RABU, Tgl 28 Des 2022 / Pukul : 19.30 WIB," begitu pesan yang beredar.


Rumah Duka

Jenazah Pak Ogah kemudian disemayamkan di rumah duka Jatirasa, Bekasi, Jawa Barat.

"Alamat rumah Duka : Jl.Murai Blok C 12 / No.6 RT 007 RW 011. Semoga Amal ibadah Alm di terima di Sisi Allah SWT dan di lapangkan kuburnya. Dan kepada Keluarga yang di tinggalkan Semoga Tabah dan Ikhlas dalam menerima Cobaan NYA.Aamiin yaa Rabbal Aalamiin..," sambungnya.


Sakit

Sebagaimana diketahui, Pak Ogah sempat sakit akibat mengalami penyumbatan di otak. Kondisi tubuh dan daya ingatnya semakin memburuk. Tak hanya itu, Pak Ogah juga diketahui menderita stroke dan juga alzhaimer sehingga ingatannya tak lagi seperti dulu. Pak Ogah sempat keluar masuk rumah sakit untuk berobat.

Sayang, setelah keluar dari rumah sakit awal tahun 2022 kondisi Pak Ogah kian menurun.


Tak Mau Makan dan Minum

Diberitakan sebelumnya, sang istri sempat bercerita bahwa Pak Ogah sudah tak mau lagi makan. Bahkan, ia juga sampao-sampai tak mau minum air putih.

"Buat makannya dia kalau enggak dibeliin ngamuk. Jadi tuh memang yang dari rumah sakit, kita masak udah enggak mau tuh sampe sekarang. Ini udah empat hari enggak minum air putih, minumnya teh kemasan," beber sang istri saat diberitakan pada November 2022 lalu.

Ancaman Bencana Intai Jakarta hingga Papua

HEADLINE: Jakarta hingga Papua Terancam Banjir Rob dan Gelombang Tinggi, Antisipasinya?

Liputan6.com 2022-12-29 00:00:00
Kondisi banjir Rob saat melanda kawasan Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman, Muara Baru, Jakarta Utara, Selasa (27/12/2022). Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memint

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi terjadinya banjir rob dan gelombang tinggi di kawasan pesisir sejumlah wilayah Indonesia akibat siklus cuaca ekstrem pada periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menuturkan, potensi banjir rob terjadi pada 20 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023. Namun perkiraan waktu terjadinya akan berbeda-beda antara wilayah satu dengan lainnya.

"Pusat Meteorologi Maritim juga memperkirakan ada hal fenomena penting yaitu potensi banjir pesisir atau rob. Dalam sepekan ke depan ini, kita waspadai ada 20 wilayah pesisir, tapi waktunya sangat berbeda-beda," kata Guswanto dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (27/12/2022).

Dia menjelaskan, banjir rob ini terjadi akibat fenomena bulan baru pada 23 Desember 2022 dan perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi pada 24 Desember 2022. Hal itu berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

Menurut data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir atau rob berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir.

Adapun wilayah yang berpotensi terjadi banjir rob adalah: Pesisir Aceh atau Pesisir Sabang, Meulaboh (20-28 Desember); Pesisir Sumatera Utara atau Pesisir Belawan (20-27 Desember); Pesisir Sumatera Barat atau Pesisir Padang, Padang Pariaman, Agam Tiku, Pasaman Barat, dan Pesisir Selatan (23-26 Desember); Pesisir Lampung (22-27 Desember); Pesisir Kepulauan Riau (21-31 Desember); Pesisir Bangka Belitung (24-31 Desember).

Kemudian Pesisir Banten (21 Desember 2022-5 Januari 2023); Pesisir DKI Jakarta (20-27 Desember); Pesisir Jawa Barat (26 Desember 2022-3 Januari 2023); Pesisir Utara Jawa Tengah (28 Desember 2022-8 Januari 2023); Pesisir Selatan Jawa Tengah (22-27 Desember); Pesisir Jawa Timur (21-26 Desember).

Lalu Pesisir NTB (21-26 Desember); Pesisir NTT (22-28 Desember); Pesisir Kalimantan Barat (24-29 Desember); Pesisir Kalimantan Tengah atau Kotawaringin Barat (24-29 Desember); Pesisir Sulawesi Utara (20-29 Desember); Pesisir Sulawesi Selatan (23-25 Desember); Pesisir Maluku Utara (25-29 Desember); Pesisir Utara Papua atau Jayapura (24-30 Desember); dan Pesisir Papua Selatan atau Merauke (23-27 Desember).

Karena itu, BMKG mengimbau agar masyarakat selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi hingga 6 meter di sejumlah wilayah pesisir Indonesia. Potensi fenomena alam yang perlu diwaspadai ini terjadi pada periode 27 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023.

Adapun potensi gelombang laut dengan ketinggian hingga 6 meter terjadi di Laut Natuna Utara dan Samudera Hindia Selatan NTT.

Sementara potensi gelombang setinggi 4,5 sampai 6 meter terjadi di Samudera Hindia Selatan Banten, Selatan Jawa Barat, Selatan Jawa Tengah, Selatan Jawa Timur, Selatan Bali, dan Selatan NTB. Kemudian Perairan Pulau Sumba, Kupang, Pulau Rote, Pulau Flores, Kepulauan Anambas, Kepuluan Natuna, Laut Sumbawa, Selat Makassar Bagian Selatan, Laut Flores, Laut Banda, dan Laur Arafuru.

Sedangkan potensi tinggi gelombang 2,5 hingga 4 meter terjadi di Samudera Hindia Barat Kepulauan Mentawai, Barat Bengkulu, Barat Lampung, Laut Natuna, Selat Karimata, Laut Jawa, Laut Bali, Selat Sunda, Perairan Selatan Banten, Selatan Jawa, Selatan Bali, Selatan Lombok, Selatan Sumbawa, dan Perairan Utara Halmahera.

Sementara itu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyatakan bahwa peringatan dini cuaca ekstrem disampaikan agar pihak-pihak terkait dapat mempersiapkan langkah antisipasi terhadap hal buruk yang bisa terjadi akibat fenomena alam ini.

"Agar pihak terkait melakukan persiapan antara lain memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi curah hujan, penguatan gelombang, dan juga banjir rob," kata Dwikorita dalam Konferensi Pers secara virtual, Selasa (27/12/2022).

BMKG juga meminta agar penataan lingkungan dapat dikendalikan, seperti tidak membuang sampah sembarang dan tidak melakukan pemotongan lereng atau penebangan pohon yang tidak terkontrol.

"Pohon yang rantingnya rapuh segera dipangkas, tegakan-tegakan yang rapuh segera diperkuat karena angin kencang bisa mencapai 40 knots masih dapat terjadi," ucap Dwikorita mengimbau.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah melakukan sejumlah langkah antisipatif terhadap potensi cuaca ekstrem yang terjadi selama periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 sesuai perkiraan BMKG.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan (Kapusdatin) BNPB, Abdul Muhari mengungkapkan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah (Pemda) terutama yang wilayahnya berpotensi terdampak cuaca ekstrem.

"Kemudian untuk mengurangi intensitas hujan yang turun khusus di kawasan DKI Jakarta dan Jawa Barat (Jabodetabek) kita sudah melakukan operasi teknologi modifikasi cuaca sejak 25 Desember 2022 sudah berjalan nanti sampai 3 Januari 2023," ujar Abdul saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (28/12/2022).

Potensi cuaca ekstrem ini terjadi bertepatan pada musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pemerintah memprediksi ada sekitar 44 juta masyarakat yang melakukan perjalanan pada periode libur Nataru.

BNPB mengimbau kepada seluruh masyarakat, terutama yang melakukan perjalanan agar selalu memantau informasi terbaru tentang kondisi cuaca dari BMKG. Masyarakat yang hendak melakukan perjalanan jauh juga diminta mempersiapkannya dengan baik.

"Karena bagaimanapun kesiapsiagaan kita berawal dari kita sendiri. Lihat tujuan apakah ada potensi cuaca ekstrem kalau nanti akan melakukan perjalanan dengan pesawat, dengan transportasi laut jika ada penundaan berkaitan dengan cuaca, itu adalah hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk memitigasi potensi risiko bencana," tutur Abdul.

Dia juga mengingatkan masyarakat yang berwisata di kawasan pesisir pantai agar dapat mengetahui potensi risiko bencana di lokasi yang dituju. BNPB telah menyiapkan aplikasi inaRISK Personal yang dapat diakses di gawai.

"Itu ada informasi di mana kita berada, lalu informasi potensi bencana apa saja yang ada di situ, dan biasakan misalkan setiap masuk hotel (kita tahu) tangga darurat di mana. Atau ketika kita di daerah wisata pantai selatan misalnya, jika ada cuaca esktrem, gelombang pasang. Setiap kali kita keluar rumah, hotel, atau melakukan pergerakan dari satu tempat ke tempat lain biasakan melihat perkiraan cuaca," katanya.

Abdul mengamini kawasan pesisir setiap akhir tahun kerap mengalami banjir rob, terutama di wilayah pantai utara (Pantura) Jawa. Apalagi setiap kali air laut pasang tinggi, banjir rob pasti terjadi.

"Jadi untuk sementara waktu, masyarakat yang memang akan terdampak (banjir rob) langsung evakuasi dulu untuk sementara berkoordinasi dengan BPBD, perangkat desa di sekitaran tempat tinggal, dan yang pasti pemerintah daerah sudah menyiapkan sarana dan prasarana serta logistik jika memang masyarakat di kawasan pesisir harus evakuasi dulu untuk sementara," ucap Abdul Muhari.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan sejumlah skema untuk mengantisipasi cuaca buruk yang berpengaruh pada perjalanan angkutan laut. Kemenhub juga meminta pengelola layanan dan masyarakat turut waspada.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kemenhub, Capt Mugen S Sartoto menyebutkan, saat ini cuaca buruk dan gelombang tinggi terjadi di sejumlah perairan di Indonesia yang tentunya berdampak terhadap keselamatan pelayaran.

Karena itu, Ditjen Hubla mengimbau kepada para Syahbandar, Operator Kapal termasuk Nakhoda Kapal serta masyarakat untuk selalu mengutamakan keselamatan pelayaran.

"Seluruh Syahbandar, perusahaan pelayaran dan angkutan penyeberangan, masyarakat agar mempelajari berita cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG secara periodik setiap 6 jam," ujar Mugen dalam keterangannya, Senin (26/12/2022).

"Apabila kondisi cuaca membahayakan keselamatan pelayaran maka Syahbandar diminta untuk tidak menerbitkan Surat Persetujuan Berlayar atau SPB, dan bilamana terdapat pihak manapun yang memaksakan kapal diberangkatkan maka untuk tetap tidak diberangkatkan sampai kondisi cuaca di sepanjang perairan yang akan dilayari benar aman," tambah dia.

Terhadap kegiatan bongkar muat barang agar diawasi secara berkala untuk memastikan aktivitas dilaksanakan dengan tertib dan lancar, muatan dilashing, kapal tidak over draft serta stabilitas kapal tetap baik.

Seluruh operator kapal khususnya Nakhoda agar memperhatikan berita cuaca paling terkini terkait kondisi angin dan ombak serta meminta pertimbangan Syahbandar sebelum kapal berangkat. Nakhoda juga diminta memeriksa kembali kondisi muatan dan memastikan kapal telah dilengkapi bukti sertifikat keselamatan dalam kondisi laik laut sebelum kapal diberangkatkan.

Apabila terjadi kecelakaan kapal agar segera berkoordinasi dengan Syahbandar setempat dan melakukan penanggulangan tumpahan minyak di laut dan akibat lain yang ditimbulkan, termasuk penundaan dan kegiatan salvage.

"Kami menyiagakan kapal-kapal Patroli serta terus berkoordinasi dengan Basarnas, TNI/Polri sebagai antisipasi kemungkinan terjadinya kecelakaan laut," jelas Capt Mugen.

Ditjen Hubla juga mengimbau kepada masyarakat khususnya calon penumpang kapal agar selalu mengikuti aturan keselamatan dan petunjuk dari petugas. Mugen juga mengimbau agar para calon penumpang tidak memaksakan diri naik ke kapal jika kapasitasnya sudah penuh.

"Pastikan membawa barang bawaan secukupnya dan tetap mengutamakan keselamatan pelayaran yang merupakan tanggung jawab kita bersama," katanya menandaskan.


Antisipasi di Jakarta

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta juga telah menyiapkan sejumlah langkah dalam mengantisipasi ancaman cuaca ekstrem dan banjir rob yang diprediksi terjadi di pesisir utara Ibu Kota.

Langkah pertama yang dilakukan yakni berkoordinasi dengan BNPB, BMKG, Wali Kota/Bupati, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov DKI Jakarta, hingga pemangku kekuasaan lainnya untuk menjalin kolaborasi dalam rangka penanggulangan bencana

"Kemudian memberikan informasi dinamika kondisi cuaca dan peringatan dini terkait kenaikan TMA (tinggi muka air) melalui Disaster Early Warning System (DEWS) dan SMS Blast, serta peringatan dini cuaca melalui website, media sosial, WhatsApp Group, dan Channel Telegram," kata Kepala Satuan Pelayanan Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta, Michael Sitanggang kepada Liputan6.com, Rabu (28/12/2022).

Selain itu, BPBD DKI juga akan mendistribusikan sarana dan prasarana pendukung penanganan banjir kepada setiap kelurahan, terutama yang berada di wilayah rawan banjir. Dukungan yang diberikan antara lain berupa perahu, ring buoys, jaket pelampung, dan lain-lain.

Tak hanya itu, BPBD DKI Jakarta juga memastikan kesiapan posko penanganan bencana dan lokasi-lokasi pengungsian berikut kelengkapan pendukungnya yang ada di tingkat kota/kabupaten administrasi, kecamatan, dan kelurahan.

"Untuk siaga dan dapat diaktifkan apabila terjadi bencana," kata Michael.

Terkait hal ini, BPBD DKI Jakarta telah menyiapkan sebanyak 267 personel petugas penanggulangan bencana atau Tim Reaksi Cepat (TRC) yang akan disiagakan selama 24 jam sebagai upaya percepatan koordinasi dalam penanganan bencana.

"Selain itu juga didukung oleh ratusan personel lainnya yang terdiri dari Dinas SDA, Dinas Gulkarmat, Dinas LH, Dinas Bina Marga, Satpol PP, dan lain-lain," ujarnya.

Lebih lanjut, Michael menyebut bahwa sejumlah langkah mitigasi struktural pun telah disiapkan oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta untuk menghadapi bencana banjir yakni dengan menyiagakan 498 unit pompa stasioner, 457 unit pompa mobile yang siap diturunkan ke lokasi rawan genangan.

Dinas SDA juga akan memonitor pintu-pintu air yang tersebar pada 551 lokasi di DKI Jakarta serta memasang alat Automatic Water Level Recorder (AWLR) yang tersebar di 21 lokasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Jabodetabek.

Hingga Rabu pukul 13.00 WIB, Michael mengklaim belum ada banjir rob yang melanda kawasan pesisir Jakarta. Kendati demikian, dia mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem yang masih akan berlangsung hingga tahun baru.

Dia juga mengimbau agar masyarakat selalu memperbarui informasi cuaca terkini dari BMKG dan BPBD. "Apabila gelombang sedang pasang maka diimbau masyarakat untuk menghindar di sekitaran kawasan pesisir," ucap Michael.

Secara terpisah, Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji menambahkan bahwa pembangunan tanggul laut raksasa atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) di sepanjang pesisir utara Jakarta harus segera diselesaikan guna mengantisipasi banjir rob yang sering terjadi.

Diketahui, pembangunan tanggul laut raksasa atau giant sea wall ini telah dimulai Dinas SDA DKI Jakarta bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sejak 2016. Ini termasuk dalam salah satu proyek strategis nasional.

"Tapi memang kalau rob itu salah satu upayanya adalah meneruskan pembuatan tanggul NCICD biar airnya tidak masuk ke permukiman," kata Isnawa saat ditemui usai Rapat Paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Isnawa menuturkan, pada kondisi cuaca seperti saat ini, rob dapat masuk ke permukiman warga karena tidak adanya tanggul. Sehingga tanggul diyakini menjadi salah satu solusi mengatasi rob agar tak menggenang hingga ke rumah-rumah warga di kawasan pesisir.

Meskipun rob kerap terjadi di wilayah pesisir utara Jakarta, Isnawa memastikan bahwa genangan air pasang laut itu terpantau cepat surut, yakni kurang dari satu jam dengan ketinggian rata-rata 15 hingga 20 sentimeter (cm).

"Ketinggiannya pun cuma rata-rata 15-20 cm sudah surut lagi. Tapi ini semoga tidak ada cuaca ekstrem tadi ya. Kalau Jakarta anginnya cuaca ekstrem hebat robnya juga naik, bisa bahaya juga," kata Isnawa.

Saat ini, lanjut Isnawa cuaca di DKI Jakarta belum tergolong ekstrem atau masih dalam keadaan terkendali. Isnawa merinci, di Ibu Kota ada 25 kelurahan rawan banjir dan tiga kecamatan rawan banjir rob di Jakarta.

"Kalau banjir rob lebih di tiga kecamatan yakni Pademangan, Penjaringan Jakut dan Kalideres Jakbar," ujar Isnawa.

Sementara itu, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan bahwa BPBD telah memperingatkan adanya potensi banjir rob kepada masyarakat. Oleh karena itu, dia optimistis potensi ini dapat diatasi dengan baik.

"Banjir rob memang sudah diingatkan oleh BPBD dan sampai dengan tanggal 30-31 Desember. Memang air laut agak tinggi dan saya lihat perkembangannya 10 cm di atas mata kaki sedikit dan tentunya petugas yang terkait bisa mengatasi ini," kata Heru saat ditemui di Jakarta Timur, Senin (26/12/2022).

Menurut dia, Pemprov DKI Jakarta akan mengoptimalkan Pompa Waduk Pluit untuk mengurangi dampak dari banjir rob.

"Pompa Waduk Pluit saya pastikan (optimal). Nanti saya minta sama Kadis Sumber Daya Air untuk bisa mempercepat mengurangi rob," ujar Heru.


Perlukah Modifikasi Cuaca di Jakarta?

Kepala Satuan Pelayanan Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta Michael Sitanggang mengatakan bahwa Teknik Modifikasi Cuaca (TMC) bakal dilakukan apabila Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menetapkan status siaga darurat cuaca ekstrem di Ibu Kota.

"TMC akan dilakukan apabila ada penetapan status siaga darurat oleh kepala daerah. Kurang lebih seperti itu yang disampaikan BNPB," kata Michael kepada Liputan6.com, Rabu (28/12/2022).

Sementara itu, teknis pelaksanaan TMC bakal diatur oleh tim dari BNPB, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), serta TNI AU.

Sebelumnya, Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji telah melakukan koordinasi terkait rencana pelaksanaan TMC bersama Wings Udara 1 Skuadron 2 TNI AU, BRIN, dan BNPB di Lanud Halim Perdana Kusuma, Selasa 27 Desember 2022.

"Berdasarkan hasil koordinasi dengan TNI AU dan BRIN, terdapat dua pola penanganan untuk TMC, pertama dengan jumping process atau memprematurkan awan hujan untuk dicegat masuk ke wilayah Jakarta sehingga menjadi luruh dan hujan yang terjadi hanua sekedar gerimis," kata Isnawa.

"Kedua dengan pola kompetisi yakni membakar bahan semaian garam dengan mengganggu pertumbuhan awan dengan cara menambah inti kondensasi," lanjut Isnawa.

Untuk pesawat yang disiapkan antara lain jenis CN 212 yang bisa mengangkut 800 kilogram (kg) bahan semaian garam. Penyebaran garam dilakukan secara manual.

Sedangkan untuk pesawat jenis Cassa bisa memuat 2,4 ton dan butuh waktu dua jam untuk mempersiapkan semaian dalam bentuk konsul-konsul. Kemudian untuk Hercules bisa memuat minimal lima ton bahan semaian garam.

Isnawa menjelaskan, TMC hanya akan efektif dilakukan mulai pagi hari hingga sekitar pukul 17.00 WIB dengan hasil efektif akan terjadi dalam 4-15 jam ke depan.

Senada dengan Michael, Isnawa menyampaikan bahwa TMC dapat dilaksanakan di Jakarta apabila sudah ada penetapan status siaga darurat oleh kepala daerah.

"Pada prinsipnya, Pemprov DKI Jakarta siap dan siaga menghadapi ancaman potensi bencana hidrometeorologi jelang pergantian tahun", tandas Isnawa.

Untuk diketahui, banjir rob telah melanda sejumlah kawasan di Sunda Kelapa, Jakarta Utara pada Minggu 25 Desember 2022 lalu. Peristiwa tersebut menyebabkan salah satu Restoran Apung di Muara Angke terendam akibat luberan air.

Selain di Resto Apung, banjir rob juga menerjang pemukiman warga di RW 22, Pos Polisi (Pospol), dan dermaga. Namun, ketinggian air sudah mulai berkurang.

"Barusan saya cek berangsur-angsur surut. Sampai saat ini kendaraan masih bisa masuk walapun cukup tinggi airnya," ujar Kapolsek Sunda Kelapa Polres Pelabuhan Tanjung Priok Kompol Riza Sativa.

Kondisi serupa juga terjadi di pantai utara Kabupaten Tangerang, Banten pada Minggu 25 Desember 2022 pagi. Angin kencang dan ombak besar yang terjadi membuat kawasan Pantai Tanjung Pasir, Teluknaga dilanda banjir rob.

Banjir sempat menggenangi akses jalan ke pemukiman area pantai tersebut hingga setinggi 40 cm. Meski begitu, tak berlangsung lama, air laut itu surut kembali.

Ombak besar dan angin kencang membuat perahu penyeberangan wisata Tanjung Pasir dan Pulau Untung Jawa dihentikan sementara hingga kondisi cuaca kondusif atau stabil. Pangkalan Utama TNI AL juga mengimbau agar masyarakat yang beraktivitas di Pantai Tanjung Pasir selalu berhati-hati.


Banjir Rob dan Gelombang Tinggi di Daerah

Banjir rob juga terjadi di sejumlah daerah, seperti di Kalimantan Selatan. Sebanyak 58 titik di wilayah Kota Banjarmasin terdampak fenomena air pasang laut sejak 23 Desember 2022.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Banjarmasin, Suri Sudarmadiyah mengatakan, wilayah yang terdampak banjir rob paling banyak di kawasan Banjarmasin Selatan, karena berdekatan dengan muara laut.

Air pasang laut masuk dari Muara Sungai Barito kemudian ke Sungai Martapura dan anak-anak sungai lainnya di Kota Banjarmasin yang berjuluk kota seribu sungai tersebut. Genangan akibat rob di Banjarmasin ini masih dalam batas aman. Ketika pasang laut surut, maka genangan juga akan cepat surut

kendati begitu, pemerintah setempat mengimbau masyarakat agar terus menjaga kebersihan lingkungan, berpartisipasi menjaga drainase dan sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Waspada dan siaga agar saluran dan sungai jangan sampai tersumbat, yang akan memperlambat aliran air saat surut," ujar Suri.

Pemkot Banjarmasin juga mengimbau warga yang tinggal di kawasan permukiman tepian untuk berhati-hati terhadap peningkatan tinggi air pada sungai saat pasang dan hujan yang terjadi secara bersamaan.

Banjir rob juga terjadi di pesisir Cilacap, Jawa Tengah. Terjangan rob akhir pekan lalu itu bahkan merusak tanggul penahan ombak di pesisir selatan Cilacap.

Akibat rusaknya tanggul, air laut melimpas hingga ke permukiman warga di Cilacap Selatan. Terjangan rob juga menyebabkan sejumlah warung di Pantai Sodong roboh dan rusak.

Data yang diperoleh BPBD Cilacap dari lapangan menyebutkan, shelter pengunjung dan toilet di Pantai Widarapayung rusak. Terjangan rob juga menimbulkan bahaya lainnya, yakni abrasi.

Namun begitu, Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Cilacap, Gatot Arif Widodo memastikan tak ada korban jiwa dalam banjir rob ini.

Sementara itu, sebanyak 140 rumah warga di tiga desa pesisir di Situbondo, Jawa Timur terendam banjir rob dengan ketinggian hingga 50 sentimeter. Tiga desa itu adalah desa Pesisir Besuki, Desa Demung, dan Desa Kilensari.

"Banjir rob terjadi pada Kamis (22/12/2022) malam mulai pukul 20.00 Wib dan banjir air laut pasang tersebut merendam rumah warga tiga desa," ujar Kordinator Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BPBD Situbondo, Puriono, Jumat (23/12/2022).

Selain ratusan rumah terendam air laut, sejumlah kapal milik nelayan di tiga desa tersebut juga rusak akibat dihantam ganasnya ombak yang cukup besar.

Puriono memasyikan, tidak ada laporan korban jiwa dalam peritiwa banjir rob ini. Namun kerugian material cukup besar dan ditaksir hampir mencapai Rp500 juta lebih.

BPBD Situbondo mengimbau kepada warga yang tinggal di kawasan pesisir untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya banjir rob kembali disertai dengan ombak besar.

Arus lalu lintas menuju pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi dari arah Situbondo juga sempat tersendat pada Sabtu (24/12/2022). Kemacetan yang mengular hingga dua kilometer itu dipicu banjir rob yang terjadi di Situbondo sejak Jumat 23 Desember malam.

Jalan yang tergenang air cukup tinggi tidak memungkinkan dilalui kendaraan. Selain itu, juga terjadi pohon tumbang yang melintang di jalan wilayah Asembagus Situbondo.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta pihak-pihak terkait mewaspadai adanya potensi gelombang tinggi dan cuaca ekstrem di wilayah Jatim.

"Kami meminta pihak terkait dalam hal ini Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak untuk meningkatkan koordinasi dengan BMKG kaitannya dengan update kondisi cuaca atau tinggi gelombang," katanya dilansir dari Antara, Sabtu (25/12/2022).

Berdasarkan informasi BMKG, kata Khofifah, gelombang tinggi terutama terjadi di daerah Masalembo, Bawean, Sapudi, dan Kangean. Sehingga kemungkinan ada penundaan keberangkatan kapal laut ke beberapa daerah tujuan.

"Mohon untuk terus berkoordinasi dengan BMKG terkait cuaca terutama gelombang tinggi. Kewaspadaan ini terus dilakukan untuk memastikan keselamatan dan keamanan pelayaran, para penumpang ini selamat dan lancar sampai tujuan," katanya.

Dia juga meminta para penumpang moda transportasi laut untuk dapat bersabar apabila jadwal keberangkatan kapalnya mengalami keterlambatan karena faktor cuaca.

"Inii semua dilakukan agar perjalanan lancar dan penumpang sampai ke tujuan dengan selamat dan bertemu keluarga," katanya.

Ia mengatakan BMKG juga menyampaikan potensi terjadinya rob di beberapa wilayah pesisir di Surabaya. Rob ini disebabkan oleh kenaikan permukaan air laut, hingga air pasang menggenangi daratan.

Banjir air pasang dapat mengganggu transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir termasuk aktivitas petani garam dan perikanan, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

"Terkait informasi dari BMKG soal rob ini kami minta masyarakat terutama di wilayah pesisir agar terus waspada. Karena memang rob ini salah satunya dipengaruhi fase bulan baru yang mempengaruhi kondisi pasang surut terutama di bulan Desember ini," katanya.


Jokowi Minta Masyarakat Ikuti Informasi BMKG

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta semua masyarakat untuk mengikuti semua informasi yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait potensi cuaca ekstrem pada periode Nataru.

Adapun BMKG merilis potensi cuaca ekstrem yang dapat terjadi dalam sepekan sejak 21 Desember hingga 1 Januari 2023.

"Ikuti semua informasi dan ikuti semua yang disampaikan oleh BMKG," kata Jokowi singkat kepada wartawan di Istana Negara Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Terkait kondisi cuaca pada akhir 2022 hingga awal 2023 ini, terdapat perbedaan pandangan antara BMKG dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). BRIN memprediksi potensi banjir besar dan badai dahsyat yang terjadi di wilayah Jabodetabek pada Rabu (28/12/2022).

Dalam akun twitternya, Peneliti Klimatologi, pada Pusat Riset Iklim, dan Atmosfir BRIN, Erma Yulihastin mengungkap ada potensi banjir besar di kawasan Jabodetabek, khususnya Tangerang, Banten lantaran hujan ekstrem dan badai dahsyat.

"Potensi banjir besar Jabodetabek. Siapa pun Anda yang tinggal di Jabodetabek, dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022," kata Erma dalam unggahannya di Twitter, Selasa (27/12/2022).

Menurutnya, prakiraan BRIN tersebut berdasarkan analisis data dari Satellite Early Warning System (Sadewa). Dia menjelaskan, badai dahsyat dari laut akan berpindah ke darat melalui jalur barat dengan angin baratan yang membawa hujan badai dari laut, dan dari utara melalui angin permukaan yang kuat.

"Maka Banten, dan Jakarta-Bekasi akan menjadi lokasi sentral tempat serangan badai tersebut. Dimulai sejak siang hingga malam hari pada 28 Desember 2022," ujar Erma.

Selain itu, kovergensi di darat akan masif sehingga hujan persisten pada 28 Desember 2020 akan meluas. "Menjangkau wilayah lain di Jawa bagian barat," lanjut dia.

Dia pun menjelaskan soal waspada 'Tol Hujan' laut dan darat pemicu banjir. Tol hujan itu merupakan badai yang sudah terbentuk pada pukul 03.00 WIB, Selasa (27/12/2022) pagi.

"Tol hujan ini bernama badai Squall Line di laut (Samudera Hindia), yang bergabung dengan badai konvektif skala meso (MCC) yang terbentuk di darat dengan inti badai di atas wilayah Banten, dan sekitarnya," ujar Erma.

Sementara itu, BMKG menyatakan, badai dahsyat tidak akan terjadi di Jabodetabek pada Rabu (28/12/2022). Namun wilayah tersebut diprakirakan bakal diguyur hujan sedang hingga lebat.

"Prakiraan cuaca pada 28 Desember 2022 pada umumnya adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, namun bukan badai," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangannya, dikutip Selasa (27/12/2022).

Perihal prakiraan cuaca tersebut, dia mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan terus memperbaharui informasi mengenai potensi cuaca ekstrem melalui kanal-kanal resmi BMKG. Kendati masyarakat juga diminta tetap waspada dengan segala potensi bencana hidrometeorologi di penghujung tahun 2022.

"BMKG mengimbau masyarakat agar mewaspadai dampak dari potensi cuaca ekstrem ini yaitu adanya potensi bencana hidrometeorologis," kata dia.

Menurut Guswanto, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat bahkan sangat lebat masih berpotensi terjadi hingga awal Januari 2023. Peningkatan curah hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat berpotensi terjadi pada 30 Desember 2022.

Sementara itu, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Fachri Radjab mengatakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat bahkan sangat lebat masih berpotensi terjadi hingga awal Januari 2023.

Terkait badai, ia menjelaskan lebih lanjut istilah itu agar masyarakat memiliki pandangan yang sama soal terminologi tersebut.

"Badai menurut terminologi meteorologi adalah bagian hujan lebat dan angin kencang yang biasanya terkait dengan siklon tropis atau angin kencang yang menyertai cuaca buruk berkecepatan sekitar 64-72 knot," kata dia.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco menyatakan, Komisi V DPR akan memanggil BMKG dan BRIN untuk meminta penjelasan terkait perbedaan pandangan soal kondisi cuaca terkini agar tak menimbulkan kebingungan di masyarakat.

"Kita minta komisi teknis dalam hal ini yang membawahi BRIN dan BMKG, untuk memanggil dan mensinkronkan agar kedua lembaga ini saling mengintegrasikan data sebelum kemudian melemparkan ke masyarakat," kata Dasco pada wartawan, Rabu (28/12/2022).

Menurut Dasco, kesepahaman antara lembaga negara diperlukan agar tak menimbulkan keresahan di masyarakat. "Sehingga masyarakat yang was-was karena cuaca tidak tambah waswas karena pernyataan yang mirip tapi agak berbeda," ucapnya.

Meski demikian, politikus Partai Gerindra ini menilai, baik BRIN maupun BMKG sama-sama bertujuan untuk mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap bahaya cuaca ekstrem.

"Sebenarnya kalau kita lihat semangat BRIN dan BMKG sama-sama mengingatkan masyarakat perlunya kehati-hatian menghadapi cuaca esktrem yang diperkirakan akan ada di tanggal 28 sampai 30," pungkas Dasco.