Perginya Sang Legenda

Pele Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun, Selamat Jalan Legenda Sepak Bola Dunia

Liputan6.com 2022-12-30 03:25:43
Legenda sepak bola dunia asal Brasil, Pele serius menyimak hasil undian Piala Dunia 2018 di State Kremlin Palace, Moscow, (1/12/2017). Piala Dunia 2018 berlangsung sejak 14 Juni hingga 15 Jul

Pele meninggal dunia. Legenda sepak bola dunia itu mengembuskan nafas terakhir di usia 82 tahun. Seperti dilansir dari BBC, Pele meninggal dunia, Jumat (30/12/2022) dini hari di San Paolo Brasil, di Rumah Sakit Albert Einstein.

Seperti diketahui Pele yang menderita penyakit kanker usus besar memang dirawat di rumah sakit tersebut sejak 29 November lalu. Sang legenda juga didiagnosa menderita infeksi pada paru. Pemegang 3 gelar Piala Dunia itu diketahui juga mengalami gangguan ginjal dan jantung.

Saat penyelenggaraan Piala Dunia2022 lalu, para pendukung timnas Brasil sempat berdoa untuk kesembuhan Pele. Mereka misalnya memberi dukungan dengan membentangkan spanduk raksasa saat jelang duel Brasil melawan Korea Selatan, beberapa waktu lalu.

Pada spanduk berwarna dasar kuning dengan kombinasi hijau itu terpajang foto sang legenda dengan kostum putih.

Selemat jalan Pele, legenda sepak bola dunia.


Dukungan Kesembuhan

Di Doha, Qatar, tuan rumah ajang tersebut, juga menunjukkan empati atas kondisi Pele, seperti diberitakan kanal Bola Liputan6.com, sebelumnya.

Salah satunya lewat videotron di salah satu gedung tinggi di Doha, Qatar, yang menampilkan doa untuk pria dengan nama lengkap Edson Arantes do Nascimento tersebut.

Para pemain tidak ketinggalan. Usai mengalahkan Korea Selatan 4-1 di babak 16 besar, Neymar dan kawan-kawan juga membentangkan spanduk dukungan kepada Pele.

Mereka juga mendedikasikan kemenangan yang baru diraih untuk mantan penyerang Santos tersebut.


Sosok Sang Legenda

Seperti diberitakan sebelumnya, Pele sempat melakukan pengangkatan tumor dari usus besar, pada September 2021. Sejak saat itulah, Pele mendapatkan penangangan medis intensif. Pele tercatat juga sempat terkena COVID-19.

Sekedar membua memori publik, karier Pele di dunia sepak bola tercatat sangatlah cemerlang. Ia membawa kemenangan untuk Brasil pada Piala Dunia tahun 1958, 1962, dan 1970. Tercatat Pele mencetak 77 gol selama berkarier di timnas Brasil.


Kasih Selamat untuk Tim Tango

Legenda sepak bola dunia asal Brasil tersebut sempat memberikan selamat kepada Argentina, Juara Piala Dunia 2022.

Tak hanya buat Tim Tango, Pele juga menyebut dua ikon Timnas Argentina, yaitu pertama adalah Lionel Messi dan kedua mendiang Diego Maradona.

Saling Serang Kubu Sambo Vs Bharada E

HEADLINE: Saling Serang Kubu Sambo Vs Bharada E di Persidangan, Adu Saksi Ahli?

Liputan6.com 2022-12-30 00:00:36
Terdakwa Richard Elieze berdiskusi dengan kuasa hukumnya disela sidang lanjutan pemeriksaan saksi kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J di Pengadilan Negeri Jaka

Sejumlah ahli dihadirkan sejumlah terdakwa dalam perkara pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, termasuk oleh Ferdy Sambo, Putri Candrawathi dan Bharada E. Kehadiran mereka untuk memberikan pendapatnya yang bakal meringankan hukuman para terdakwa atau A de Charge.

Kedua kubu sama-sama menghadirkan ahli pidana. Mereka pun "Saling serang" dengan meminjam keterangan ahli soal sejumlah hal topik yang memungkinkan dapat meringankan hukuman dalam perkara pembunuhan berencana Brigadir J.

Dari kubu Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi, saksi ahli yang dihadirkan mulai dari Mahrus Ali (Ahli Hukum Pidana Universitas Islam Indonesia) hingga Elwi Danil (Ahli Hukum Pidana Universitas Andalas).

Sementara dari kubu Bharada E, saksi ahli yang dihadirkan adalah Albert Aries (Ahli Hukum Pidana Universitas Trisakti), Romo Franz Magnis-Suseno (Ahli Filsafat Moral), Reza Indragiri Amriel (Ahli Psikolog Forensik), hingga Liza Marielly Djaprie (Ahli Psikolog Klinis).

Hal-hal yang dibahas para ahli tersebut mulai dari status justice collaborator, masalah hasil lie detector, psikologi para tersangka hingga konflik moral.

Strategi Adu Saksi Ahli

Pakar Hukum Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar, menjelaskan adu keterangan saksi ahli antara kubu Sambo dan Bharada E merupakan hal biasa dalam persidangan.

Tim Penasihat Hukum penasihat hukum kedua kubu tentu berusaha semaksimal mungkin menghadirkan orang-orang kompeten guna membela klien mereka.

"Itu normal karena masing-masing pihak berhak untuk mengajukan saksi yang meringankan untuk membela diri, tapi sepenuhnya menjadi kewenangan hakim untuk mempertimbangkan atau tidak," kata Fickar kepada Liputan6.com, Kamis (29/12/2022).

Pakar Hukum Universitas Parahyangan, Agustinus Pohan, menilai keterangan ahli sebenarnya tidak ada yang meringankan atau memberatkan. Sebab, keterangan ahli adalah orang yang diminta memberikan keterangan sesuai dengan keahliannya, tidak memberatkan atau meringankan.

"Ini kan sumpahnya sumpah keilmuan, bagaimana dia bisa memberatkan atau meringankan. Hasilnya apakah memberatkan, meringankan, terserah majelis hakim," kata Agustinus kepada Liputan6.com, Kamis (29/12/2022).

Ia mengatakan, jangan menggunakan terminologi keterangan ahli memberatkan atau keterangan ahli meringankan. Sebab, itu sama saja dengan merendahkan ahli-ahli yang memberikan keterangan di muka persidangan.

"Mereka adalah orang orang yang memberikan keterangan sesuai dengan keahliannya. Tapi kalau dikatakan yang memberatkan, meringankan, kan berarti subyektif. Intinya sepenuhnya berlandaskan scientific. Apakah hasil meringankan atau memberatkan (kubu Sambo atau Bharada E), biar majelis hakim yang menilai saja," ucap Agustinus.


Status Justice Collaborator Bharada E

Saksi ahli kubu Sambo menilai Bharada E tidak pantas jadi justice collaborator (JC). Sebab, status JC hanya bisa diberikan pada tindak pidana kasus pencucian uang, korupsi, narkotika, dan kasus kekerasan seksual, bukan kasus pembunuhan.

Sementara saksi ahli Bharada E menyebut Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) berhak memberikan perlindungan kepada Bharada E karena pentingnya informasi dari saksi untuk mengungkap suatu perkara.

Pakar Hukum Universitas Parahyangan, Agustinus Pohan, menjelaskan memang ada kelemahan dari aturan mengenai JC yang menjadi bahan perdebatan.

"Memang, secara formal aturannya JC hanya dimaksudkan untuk tindak pidana tertentu. Karena dulunya terkait korupsi. Artinya itu sebetulnya diberikan untuk mengungkap tindak pidana. Agar orang punya keberanian, untuk itu maka kemudian dibuatlah semacam aturan untuk bisa memberi reward untuk mengimbangi adanya tekanan-tekanan agar orang bersedia memberikan kesaksian," kata Agustinus.

"Tapi menurut saya, dua-duanya (perdebatan kubu Sambo dan Bharada E) tidak ada salahnya. Yang satu mengatakan bisa saja. Dan terserah pada hakim, kalau hakim mau memberikan mau apa? Jadi kalau satu berpegang pada aturan betul. Tapi kalau hakim mau memberikan keringanan, dimana masalahnya? Jadi itu sepenuhnya nanti diserahkan saja kepada majelis hakim untuk punya pertimbangan sendiri, apakah pertimbangan formal bahwa ini ada ketentuan membatasi, menurut saya enggak juga. Diserahkan kepada hakim."

Agustinus mengatakan, wajar jika Bharada E diberikan keringanan karena kesediaannya mengungkap kasus. Dan tidak ada yang dirugikan dari hal ini.

"Kecuali yang kemungkinan dirugikan keluarga Yoshua. Tapi kan keluarga Yoshua sepertinya malah berbaik baik dengan Bharada E. Tidak ada pihak yang dirugikan, itu tetap bisa diberikan ketemunya menurut saya ada pada majelis hakim apakah akan memberikan keringanan. Keringanan seperti apa kita serahkan saja."

Hal senada dikatakan Pakar Hukum Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar. Menurut dia, semua dikembalikan kepada majelis hakim.

"Dua-duanya pendapat tidak ada yang benar atau salah. Yang pasti tidak ada ketentuan yang membatasi untuk kasus apa saja JC bisa diberlakukan atau tidak," kata Fickar.

"JC bisa diberikan kepada saksi atau pelaku yang bekerjasama membongkar sebuah kejahatan sampai ke akar-akarnya. kompensasi dari itu JC akan menerima pengurangan tuntutan/hukuman."


Hasil Lie Detector Jadi Alat Bukti?

Adu saksi ahli juga terjadi mengenai hasil lie detector atau tes deteksi alat kebohongan. Saksi ahli kubu Sambo menilai hasil lie detector seharusnya tidak bisa digunakan sebagai alat pembuktian dalam perkara.

Sementara saksi ahli dari kubu Bharada E memandang hasil tes lie detector bisa jadi alat bukti yang sah dalam persidangan.

Mengenai hal ini, Pakar Hukum Universitas Parahyangan, Agustinus Pohan, menilai lie detector tidak bisa dan bukanlah alat bukti.

"Karena lie detector itu secara keilmuan tidak menjamin kebenaran. Itu alat yang bisa dikalahkan oleh manusia. Kalau alat yang bisa dikalahkan manusia terus menjadi patokan, menurut saya tidak tepat. Di seluruh dunia saya belum pernah mendengar lie detector sebagai alat untuk membuktikan. Selain itu, juga ada potensi error," kata Agustinus.

Namun, kata Agustinus, lie detector tetap bisa jadi alat pertimbangan hakim. "Meski begitu, tetap itu bukan bukti yang tidak bisa disangkal. Jadi jangan menganggap bahwa karena lie detector ngomong begini, maka kebenarannya begini. Itu keliru."

Hal senada dikatakan Pakar Hukum Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar. Menurut dia, lie detector bukan alat bukti sebagaimana ditentukan Pasal 184 KUHAP. Karenanya lie detector tidak mempunyai kedudukan dan kekuatan atas alat bukti di pengadilan.

"Alat bukti menurut KUHAP itu adalah keterangan saksi, keterangan ahli, surat, keterangan terdakwa, dan petunjuk," kata Fickar.

Ia menjelaskan, petunjuk adalah gabungan dua atau lebih alat bukti yang melahirkan satu petunjuk (kecuali alat bukti keterangan Ahli). Jadi untuk menilai (bohong atau jujurnya) seorang saksi, tidak perlu lie detector.

Tapi Majelis Hakim bisa membandingkannya dengan alat bukti keterangan saksi lainnya atau dengan surat seperti visum. Maka akan didapat satu petunjuk.

"Jadi lie detector tidak dibutuhkan pengadilan, karena jika saksi diketahui berbohong, maka akan diperkarakan sebagai keterangan palsu," ucap Fickar.


Adu Saksi Ahli Soal Status Justice Collaborator

- Ahli Kubu Sambo-Putri

Tim Penasihat Hukum Putri sempat mempersoalkan penyematan status justice collaborator (JC) atau saksi pelaku ke Bharada E dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Mereka pun meminta pendapat ahli hukum pidana dari Universitas Islam Indonesia (UII), Mahrus Ali, pada Kamis 22 Desember 2022 lalu.

"Nah, pertanyaan sederhananya, apakah klausul justice collaborator ini bisa digunakan untuk Pasal 340 (Pembunuhan Berencana) atau Pasal 338 (Pembunuhan) (KUHP)?" tanya pengacara, Febri Diansyah saat sidang di PN Jakarta Selatan.

Lantas, Mahrus menjelaskan, Pasal 28 Undang-Undang Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menerangkan, justice collaborator hanya diberikan kepada pelaku tindak pidana tertentu untuk beberapa jenis pidana.

"Persoalannya itu adalah karena di Pasal 28 itu kan JC itu hanya diberikan kepada pelaku tindak pidana tertentu. Di situ dijelaskan pelakunya kan banyak tuh jenisnya tindak pidananya, cuma di situ ada klausul yang umum lagi termasuk kejahatan-kejahatan lain yang ada potensi serangan dan itu harus berdasarkan keputusan," kata Mahrus.

Lalu, Mahrus menambahkan, hanya tersangka tindak pidana kasus pencucian uang, korupsi, narkotika, dan kasus kekerasan seksual yang boleh diberikan status justice collaborator. Sejauh ini, Mahrus mengatakan tersangka pembunuhan tidak bisa mendapatkan status tersebut.

"Dalam konteks ini maka sepanjang tidak ada keputusan ya ikuti jenis tindak pidana itu, apa tadi pencucian uang, korupsi, narkotika kemudian apa lagi perdagangan orang, kekerasan seksual, pembunuhan tidak ada di situ," ujar Mahrus.

- Ahli Kubu Bharada E

Pada kesempatan lain, Tim Pengacara Bharada E seolah menyerang balik keterangan ahli kubu Sambo-Putri tersebut. Mereka pun menghadirkan Ahli Hukum Pidana Universitas Trisakti, Albert Aries.

"Tetapi dalam penjelasan terakhir, ada frasa lain di situ yang tidak boleh dibaca secara parsial. Di sana dikatakan bahwa tindak pidana lain yang mengakibatkan posisi saksi atau korban dihadapkan pada situasi yang sangat membahayakan jiwanya," kata Albert saat sidang di PN Jakarta Selatan, Rabu (28/12/2022).

Atas dasar itulah, Albert menilai kalau pemberian JC akan dilakukan secara objektif oleh LPSK dalam kewenangan memberikan perlindungan sebagaimana Syarat sesuai Pasal 28 UU Perlindungan Saksi dan Korban.

Di mana dari aturan yang disorot Albert, tertuang dalam Poin E yang menjelaskan adanya penekanan ancaman dialami oleh yang bersangkutan. Sebagai pertimbangan pemberian perlindungan dalam hal ini Bharada E.

"Nah poin menarik adalah di Poin E adanya ancaman nyata atau kekhawatiran mengenai kejadian ancaman fisik atau psikis terhadap saksi pelaku atau keluarganya. Padahal kita tahu ya, dalam tadi tidak ada saksi pelaku. Tetapi dalam konteks perlindungan gitu," kata Albert.

"Dan lima item tadi tidak harus dipenuhi secara kumulatif. Contoh di poin c mengatakan asetnya nanti akan dikembalikan kan tidak ada kaitannya pembunuhan dengan aset," tambah dia.

Selain itu, Albert mengatakan, LPSK berhak memberikan perlindungan Pasal 28 ayat 2 perihal pentingnya informasi dari saksi untuk mengungkap suatu perkara.

"Perlindungan itu bisa diberikan kepada seseorang yang memang ingin mengungkap suatu kejahatan. Sebenarnya definisi kejahatan serius ini kan berbeda. Tetapi gini, kita bisa melihat dari Pasal 6 konvensi hak sipil politik yg telah diratifikasi Indonesia melalui UU 12/2005 tentang ICCPR," ujarnya.


Adu Saksi Ahli Soal Lie Detector

- Ahli Sambo-Putri

Penasihat Hukum Ferdy Sambo dan Putri juga mempersoalkan keabsahan hasil lie detector atau tes deteksi alat kebohongan. Mereka menilai tes tersebut tidak bisa dijadikan alat bukti dalam persidangan.

Ahli hukum pidana dari Universitas Islam Indonesia (UII), Mahrus Ali, berpendapat hasil lie detector atau alat pendeteksi kebohongan seharusnya tidak bisa digunakan sebagai alat pembuktian dalam perkara.

Konteks jawaban dari Mahrus diawali dengan pertanyaan dari Tim Penasihat Hukum, Rasamala Aritonang yang mempersoalkan keabsahan dari hasil lie detector atau alat pendeteksi kebohongan ketika dijadikan sebagai alat bukti.

"Apakah kemudian dalam konteks tadi saudara jelaskan bukti tersebut dapat digunakan atau tidak apabila tidak sesuai dengan aturan yang seharusnya?" tanya Rasamala saat sidang, di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Kamis (22/12).

"Itu dasar hukumnya bentuknya apa?" tanya Mahrus memastikan.

"Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Nomor 10 Tahun 2009," jawab Rasamala.

Atas jawaban tersebut, Mahrus menilai jika proses pemeriksaan dengan lie detector seharusnya didasari dan diatur melalui hukum acara dalam undang-undang yang berlaku.

"Artinya apa itu tidak legal harusnya (Lie Detector). Artinya apa, tidak boleh menggunakan dasar itu sebagai dasar untuk membuktikan poligraf. kenapa karena dia juga dasarnya bukan undang-undang," jelas Mahrus.

Sebab, Mahrus menyampaikan ada aturan dalam hukum hak asasi manusia (HAM) yang membatasi atau limitasi untuk apa saja yang berlaku sebagai pembuktian dalam hukum acara.

"Jadi didalam hukum HAM itu ada namanya limitasi, pembatasan hak itu dengan undang-undang yang mulia termasuk mengatur hukum acara," jelasnya.

Mahrus juga mengatakan dalam hukum pidana dalam setiap kasus harus didasari dengan alat bukti yang sah. Syarat alat bukti itu sah pun dilandasi dengan prosedur yang benar dan materil atau sumber hukum yang mengaturnya.

"Kalau ini alat bukti itu sah harus ada dua, satu caranya sah mengikuti prosedurnya, kedua materilnya sah. kalau tidak diikuti bisa jadi hasilnya tidak valid," ucapnya.

- Ahli Kubu Bharada E

Sementara pada sidang Rabu (28/12/2022), Ahli Hukum Pidana Universitas Trisakti, Albert Aries memandang hasil tes lie detector bisa jadi alat bukti yang sah dalam persidangan. Termasuk dalam perkara dugaan pembunuhan berencana, Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Berawal dari pertanyaan Tim Penasihat Hukum Bharada E soal keabsahan hasil lie detector seluruh terdakwa perkara pembunuhan berencana Brigadir J yang sebelumnya dipaparkan saat sidang dan diragukan kubu Ferdy Sambo-Putri.

"Bagaimana pendapat ahli dalam menilai kekuatan pembuktian dari keterangan ahli poligraf?" tanya tim pengacara Bharada E dalam sidang.

Kemudian, Albert mengatakan perihal barang bukti sejatinya sudah diatur dalam Pasal 39 KUHP dan alat bukti sudah diatur dalam Pasal 184 KUHP. Namun dalam prakteknya memang soal lie detector belum diatur. Karena, merupakan metode pembuktian yang baru.

"KUHP membedakan alat bukti dengan barang bukti. Barang bukti diatur dalam Pasal 39 KUHP, alat bukti diatur (Pasal) 184 KUHP yang limitatif ada saksi ada surat ahli petunjuk keterangan terdakwa," kata dia

"Ketika ada metode seperti itu yang mungkin belum termaktub atau diatur dalam KUHP karena prinsip hukum acara itu limitatif dan interaktif, terbatas dan memaksa," tambah dia.

Albert menilai hasil lie detector bisa saja dijadikan sebagai alat bukti dalam persidangan dengan syarat dipaparkan oleh ahli terkait dan sah menjadi salah satu yang menjadi pertimbangan hakim.

"Kita ketahui KUHP ini dari tahun 81 banyak tidak update dengan perkembangan terkini, teknologi sebagainya. Maka ketika hasil metode itu dibunyikan, maka ketika hasil pemeriksaan itu dibunyikan oleh keterangan ahli, maka dia bisa menjadi alat bukti yang sah dan sepenuhnya pertimbangannya otoritatif hakim untuk menilai," bebernya.

Sebelumnya, hasil Lie Detector sempat dibeberkan Ahli Polygraph Polri bidang Komputer Forensik, Aji Febriyanto. Terkait hasil tes kejujuran atau lie detector Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bripka Ricky Rizal, Kuat Ma'ruf dan Bharada Eliezer.

Hasilnya, Ferdy Sambo nilai totalnya -8 (Bohong), Putri Candrawathi -25 (Bohong), Kuat Ma'ruf dua kali pemeriksaan, yang pertama hasilnya +9 (Jujur) dan kedua -13 (Bohong), Bripka RR dua kali juga pertama +11 (jujur), kedua +19 (jujur), Bharada E +13 (jujur).

Adapun nantinya pendapat kedua ahli tersebut akan menjadi bahan pertimbangan dari Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan dalam menjatuhi hukuman atas para terdakwa.

35 Bukti Baru Diserahkan Kubu Sambo

Kubu Ferdy Sambo Serahkan 35 Bukti Baru, Berisi Keakraban Keluarga dengan Ajudan

Liputan6.com 2022-12-29 14:34:08
Terdakwa kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ferdy Sambo saat menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Sela

Tim Penasihat Hukum Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi menyerahkan sejumlah bukti baru kepada Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan dalam perkara pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Bukti meliputi tangkapan foto gambar, video, hingga sejumlah dokumen tak luput diserahkan pihak Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi yang dibacakan Tim Penasihat Hukumnya, Febri Diansyah.

"Saya hanya menyebutkan daftarnya saja Bukti 1 - B1 E adalah foto perayaan ulang tahun perkawinan terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi pada 7 Juli 2022 di kediaman Magelang," ujar Febri saat sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (29/12/2022).

Dalam foto tersebut memperlihatkan saat Putri Candrawathi menyuapi mantan Ajudan Richard Eliezer alias Bharada E dan foto ruang tamu rumah pribadi di Magelang, Jawa Tengah yang terdapat dua sofa dengan satu meja di tengah.

"B3A-B3H adalah acara tali kasih HUT Polri tertanggal 1 Juli 2022," jelas Febri.

Dalam foto itu terlihat keakraban para ajudan dengan Ferdy Sambo yang saat itu masih menjabat sebagai Kadiv Propam Polri bersama sang Istri Putri Candrawathi.

Terdapat momen saat Sambo yang memakai seragam dinas Polri turut menyuapi para ajudannya dengan didampingi Putri Candrawathi di sampingnya memakai kaos putih lengan panjang.

Selain itu ada juga foto Bukti B5 yang memperlihatkan momen Brigadir J sedang menyetrika baju di ruang tamu saat berada di rumah pribadi Magelang, Jawa Tengah, pada 3 Juli 2022.

Terlihat saat itu baju yang disetrika merupakan kemeja putih sekolah. Dengan Brigadir J yang memakai kaos abu-abu celana hitam panjang.

"B5 adalah foto Nofriansyah alias J saat menyetrika baju di ruang tamu di kediaman Magelang 3 Juli," ujar Febri.


35 Bukti

Adapun dijelaskan bahwa bukti yang diserahkan Tim Penasihat Hukum Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi adalah sebanyak 35 bukti yang terdiri dari gambar foto, video, sampai sejumlah dokumen sebagai bentuk pembelaan.

Sebelumnya, dalam sidang hari ini, direncanakan jika Tim Penasihat Hukum kedua terdakwa akan menyerahkan sejumlah alat bukti dalam berbagai bentuk yang berhasil dikumpulkan pihaknya selama persidangan berlangsung.

"Dari Kami, hari ini tim Penasehat Hukum akan menyampaikan 35 bukti di persidangan, berupa video, foto, dokumen, peraturan, putusan pengadilan kasus pasal 340 dan 338 dan sejumlah hoax yang pernah beredar selama proses hukum berjalan," kata Tim Penasihat Hukum, Febri Diansyah saat dikonfirmasi sebelum sidang, Kamis 29 Desember 2022.


Dakwaan Pembunuhan Berencana

Dalam perkara ini Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah mendakwa total lima tersangka yakni, Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Richard Eliezer alias Bharada E, Ricky Rizal alias Bripka RR, dan Kuat Maruf.

Mereka didakwa turut secara bersama-sama terlibat dengan perkara pembunuhan berencana bersama-sama untuk merencanakan penembakan pada 8 Juli 2022 di rumah dinas Komplek Polri Duren Tiga No. 46, Jakarta Selatan.

"Mereka yang melakukan, yang menyuruh melakukan, dan turut serta melakukan perbuatan, dengan sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain," ujar jaksa saat dalam surat dakwaan.

Atas perbuatannya, kelima terdakwa didakwa sebagaimana terancam Pasal 340 subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 KUHP yang menjerat dengan hukuman maksimal mencapai hukuman mati.

Sedangkan hanya terdakwa Ferdy Sambo yang turut didakwa secara kumulatif atas perkara dugaan obstruction of justice (OOJ) untuk menghilangkan jejak pembunuhan berencana.

Atas hal tersebut, mereka didakwa melanggar Pasal 49 juncto Pasal 33 dan/atau Pasal 48 ayat (1) juncto Pasal 32 ayat (1) UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 dan/atau Pasal 221 ayat (1) ke 2 dan 233 KUHP juncto Pasal 55 KUHP dan/atau Pasal 56 KUHP.

"Timbul niat untuk menutupi fakta kejadian sebenarnya dan berupaya untuk mengaburkan tindak pidana yang telah terjadi," sebut Jaksa.

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

Cuaca Ekstrem, Ikuti Info BMKG

Potensi Cuaca Ekstrem, Jokowi Ingatkan Masyarakat Ikuti Informasi dari BMKG

Liputan6.com 2022-12-29 17:27:35
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Beringin Sila di Nusa Tenggara Barat (NTB). (Dok. Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta seluruh masyarakat tetap mewaspadai ancaman cuaca ekstrem yang diprediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Menurut dia, semua aktivitas warta harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian.

"Ya semuanya hati-hati. Semuanya hati-hati, melihat informasi yang disampaikan BMKG," kata Jokowi di Sumbawa seperti dikutip dari siaran YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (29/12/2022).

Peringatan senada, sebelumnya juga sudah disampaikan Jokowi saat dijumpai di Istana Negara Jakarta. Dia meminta, agar rakyat mengikuti apa yang diinformasikan oleh BMKG.

"Ikuti semua informasi dan ikuti semua yang disampaikan BMKG," kata Jokowi Rabu 28 Desember 2022.

Sebagai informasi, BMKG memprakirakan cuaca di wilayah Jabodetabek pada 30 Desember 2022 akan akan diguyur hujan sangat lebat. Hal itu disampaikan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati Dwikorita Karnawati pada jumpa pers.

"Untuk di Jakarta, hujan dengan sangat lebat akan terjadi di Jakarta Barat bagiat utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Kota Bekasi. Sedangkan wilayah Jakarta Pusat akan diguyur hujan kategori lebat," kata Dwikorita.

Terkait badai, Dwikorita menyebut, tidak ada potensi tersebut di wilayah Jabodetabek. Namun hujan dengan intensitas sangat lebat diprediksi mengguyur Jakarta akan dimulai menjelang sore tanggal 31 Desember 2022 hingga dini hari.


Ada Peringatan Cuaca Ekstrem, Perayaan Tahun Baru 2023 di TMII Tetap Berlangsung

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di DKI Jakarta dan sekitarnya hingga 1 Januari 2023.

Namun, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) selaku pihak pengelola tempat wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) memastikan gelaran perayaan pergantian tahun tetap berlangsung pada 31 Desember 2022.

Sebagai pengelola Taman Mini Indonesia Indah, TWC dalam keterangan resminya, telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi dalam menyambut sekitar 40.000 pengunjung yang akan datang dalam acara perayaan Tahun Baru 2023 itu.

"Kami sangat antusias melihat semangat masyarakat dalam menyambut lembaran baru yang lebih baik dari tahun sebelumnya, maka dari itu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan TMII yang dikelola oleh TWC sebagai salah satu pusat dari kemeriahan peringatan Tahun Baru 2023," kata Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta, Andhika Permata, dalam siaran tertulisnya, Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Dia juga menuturkan, pengamanan pun telah disiapkan. Akan ada 118 personel pengamanan internal dan 475 personel gabungan eksternal dari unsur Kepolisian, TNI AD, Satpol PP, dan Suku Dinas Perhubungan yang bersiaga.

Selain itu, pos pengamanan ditempatkan di pintu masuk utama, yakni pada Pintu 3 dan Pintu 4. Di mana dari pintu 3, pengunjung dengan kendaraan roda empat maupun roda dua akan diarahkan ke tempat parkir terpadu sebelum naik bus kendaraan listrik untuk masuk ke kawasan Taman Mini Indonesia Indah.


Ini Tips dan Imbauan BMKG Hadapi Cuaca Ekstrem

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan imbauan terhadap beberapa hal yang harus diperhatikan masyarakat ketika menghadapi cuaca ekstrem selama periode liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

"Ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam menghadapi potensi cuaca ekstrem ini," kata Korbid Prediksi dan Perintangan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin saat dihubungi, Rabu (28/12/2022).

Tips pertama, ketika masyarakat telah mengetahui wilayah sekitar akan berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir atau angin kencang maka segera hindari wilayah yang rawan dan berpotensi bencana.

Seperti tebing yang mudah longsor, lapangan luas supaya terhindar dari sambaran petir, daerah genangan atau jalan yang tergenang, dan wilayah lainnya yang berpotensi membahayakan.

"Masyarakat diharapkan tetap tenang dan tidak panik, yang paling penting adalah tetap waspada terhadap kondisi bahaya yang dapat mengancam akibat adanya cuaca ekstrem," ucap Miming.

Sedangkan bagi masyarakat yang akan berwisata menggunakan jalur darat, diimbau untuk tetap selalu waspada akan potensi hujan yang menyebabkan jalan licin dan genangan.

Sementara masyarakat yang akan berwisata pada kawasan pantai dan melakukan penyeberangan, BMKG mengimbau untuk berhati-hati terhadap potensi gelombang laut tinggi antara 2.5 - 4.0 meter.

"Terus memonitor informasi perkembangan cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG, secara lebih rinci dan detail di seluruh wilayah Indonesia," tandas Miming.

Kondisi Terkini Usai Operasi

Kondisi Indra Bekti Usai Jalani Operasi Pendarahan Otak Diungkap Adiknya: Sekarang Tinggal Bantu Doa

Liputan6.com 2022-12-29 12:00:00
Indra Bekti (Fimela.com/Adrian Putra)

Setelah sempat dua kali menjalani tindakan operasi akibat pendarahan otak, kini Indra Bekti masih mendapat perawatan intensif di ruang ICU Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat.

Sementara ini, tim dokter masih terus memantau kondisi Indra Bekti pendarahan otak. Cipta, selaku adik Indra Bekti mengatakan, saat ini sang kakak masih belum sadarkan diri karena masih dalam pengaruh obat bius.

Ia pun memohon doa untuk pemulihan Indra Bekti. "Alhamdulillah operasinya yang pertama dan kedua berjalan lancar. Sekarang kita tinggal bantu doa untuk pemulihan mas Indra sendiri," ungkap Cipta kepada wartawan, Rabu (28/12/2022).

"Kalau untuk kondisinya saat ini memang belum sadar, karena memang menunggu 8 jam karena pengaruh obat bius. Sekarang masih di ruang ICU karena kan masih dipantau kondisinya," Cipta menyambung.


Operasi Pertama dan Kedua

Cipta mengungkapkan, Indra Bekti menjalani operasi pertama pukul setengah 12 siang untuk menutup pembuluh darahnya yang pecah. Sementara operasi kedua dilakukan sekitar pukul 5 sore, guna mengeluarkan cairan di kepalanya.

"Operasi pertama dimulai dari jam setengah 12 sampai jam 3 (sore) kurang. kemudian operasi kedua dimulai sekitar jam 5 lewat lah sampai tadi sekitar jam setengah 8 (malam)," Cipta membeberkan.

"Yang saya tahu, operasi pertama menutup dulu pembuluh darah yang pecah tadi, kalau operasi kedua itu menghilangkan pendarahannya," jelas Cipta.


Hipertensi

Cipta melanjutkan, sepengetahuannya Indra Bekti memiliki hipertensi yang sudah diderita sejak setahun terakhir. Beberapa pekan belakangan, suami Aldila Jelita itu juga kerap mengelukan kepalanya yang pusing.

"Alhamdulillah (kondisinya) stabil. Untuk diagnosanya sendiri yang kita tahu tadi sih cuma ada hipertensi ya. Memang keluhan beberapa minggu belakangan pusing-pusing. Kita keluarga sih sudah menyarankan istirahat, cuma karena memang dedikasi dia ke pekerjaan luar biasa, jadi maunya kerja, kerja, kerja," kata Cipta.


Belum Bisa Dijenguk

Cipta menambahkan, sementara ini Indra Bekti belum bisa dijenguk orang lain. Hanya sang istri yang diperbolehkan menemani presenter Ceriwis, yang kini masih terbaring di ruang ICU.

"Belum (boleh jenguk), untuk saat ini keluarga. Kalau dari istri masih menemani sih. Tapi memang kondisi sekarang ini tidak memungkinkan keluarga banyak di ruangan, jadi hanya istri yang menemani," pungkas Cipta. (M. Altaf Jauhar)

Anggota DPR AS Dilarang Main TikTok

Anggota DPR AS Dilarang Pakai Aplikasi TikTok , Ini Alasannya

Liputan6.com 2022-12-29 07:30:06
Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok. Kredit: antonbe via Pixabay

DPR Amerika Serikat melarang penggunaan aplikasi TikTok untuk para anggotanya. Informasi ini diketahui dari laporan terbaru Reuters.

Mengutip informasi dari Engadget, Kamis (29/12/2022), pelarangan ini berlaku untuk para anggota termasuk staf mereka. Email mengenai pelarangan ini pun sudah dikirimkan oleh bagian administrasi DPR AS.

Disebutkan, pelarangan ini diberlakukan karena TikTok dianggap berisiko tinggi dengan sejumlah masalah keamanan. Karenanya, tiap orang yang ketahuan memiliki aplikasi ini diminta untuk menghapusnya, dan mereka pun dilarang untuk mengunduhnya lagi.

Pelarangan ini sendiri merupakan perkembangan terbaru dari sejumlah langkah yang diambil AS untuk memblokir aplikasi TikTok di perangkat yang digunakan pemerintah.

Sebelumnya, Senat AS dengan suara bulat telah memilih Undang-Undang yang melarang TikTok ada di perangkat pemerintah. Aturan ini diajukan oleh Senator Josh Hawley.

Saat ini, tercatat pula ada 19 negara bagian yang telah melarang penggunaan atau pemasangan aplikasi TikTok di perangkat yang dipakai staf mereka.

Tidak hanya itu, anggota parlemen AS juga telah menyetujui RUU Omnibus yang mencakup ketentuan mengenai pelarangan pemakaian TikTok di perangkat yang digunakan jajaran eksekutif.

Terkait dengan pengesahan omnibus ini, juru bicara TikTok Brooke Oberwetter menyatakan perusahaan kecewa terhadap pelarangan tersebut. Ia menyebutnya sebagai isyarat politik yang sebenarnya tidak berdampak apa pun pada kemajuan keamanan nasional.

Bentuk pelarangan ini tidak lepas dari kekhawatiran AS terhadap aplikasi TikTok yang dibuat ByteDance asal Tiongkok. Salah satunya FBI yang meyakini aplikasi tersebut merupakan kuda troya yang dipakai oleh Partai Komunis Tiongkok untuk memata-matai AS.

Adanya kekhawatiran tersebut sebenarnya sudah diantisipasi oleh TikTok. Mereka mencoba mengatasinya dengan merutekan seluruh lalu lintas domestik melalui server Oracle di AS dan berjanji menghapus semua data pengguna AS dari server-nya.


TikTok Rilis Fitur Video Horizontal, Mau Tandingi YouTube?

Di sisi lain, TikTok hingga kini menjadi platform berbagi video pendek vertikal paling populer di dunia, dan kabarnya perusahaan siap menantang platform lainnya.

Salah satu platform incaran TikTok adalah YouTube. Menurut laporan Techcrunch, perusahaan sedang mengujicoba fitur video horizontal secara terbatas ke penggunanya.

Biasanya, video TikTok tampil posisi vertikal. Namun bila direkam secara horizontal, maka akan ada opsi untuk mengubah video ke posisi lanskap.

Karena masih dalam tahap uji coba, masih belum diketahui secara pasti kapan fitur video horizontal ini akan hadir untuk seluruh pengguna TikTok.

Baru-baru ini, TikTok resmi menambah batasan waktu merekam video di aplikasi mereka hingga 10 menit.

Jelas TikTok ingin mendominasi dalam hal lama waktu menonton video. dan fitur ini apat menjadi pilihan tepat untuk meningkatkan angka tersebut.

Berkaca dari kesuksesan TikTok pada 2021, YouTube memperkenalkan Shorts (YouTube Shorts) dimana pengguna bisa posting video singkat dengan format portrait.

Sayangnya, YouTube Shorts masih belum bisa mengalahkan kepopuleran TikTok. Dalam usaha menyaingi aplikasi asal Tiongkok itu, YouTube mengumumkan program khusus untuk para kreatornya.

Pada September 2022, YouTube mengumumkan konten kreator dapat memonitasi konten Short mereka.


Pemasukan TikTok di Asia Tenggara pada November 2022 Capai Rp 134 Triliun

Lalu, perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower merilis daftar aplikasi mobile teratas dengan pemasukan tertinggi untuk periode November 2022 di kawasan Asia Tenggara.

Pada bulan November 2022, TikTok menjadi aplikasi mobile yang paling banyak memperoleh pemasukan di kawasan Asia Tenggara. Aplikasi milik Bytedance tersebut meraup sekitar USD 8,6 juta; atau sekitar Rp 134 triliun.

Itu berarti, pemasukannya meningkat sebesar 39,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"33,1 persen dari pendapatan TikTok di Asia Tenggara berasal dari Malaysia, diikuti oleh 21 persen dari Indonesia dan 16,6 persen dari Vietnam," ujar Sensor Tower dikutip dari laporannya.

Di tempat kedua, Google One menjadi aplikasi mobile kedua terbesar dari segi pemasukan di Asia Tenggara pada bulan November 2022. Aplikasi milik Google itu meraup sekitar USD 5,1 juta yang berasal dari belanja pengguna.

"35,4 persen dari pendapatan Google One di Asia Tenggara berasal dari Singapura, diikuti oleh 22,3 persen dari Indonesia dan 14,4 persen dari Vietnam," kata Sensor Tower.

Aplikasi mobile berikutnya yang paling banyak meraih pendapatan adalah Vidio dari PT Kreatif Media Karya, YouTube dari Google, dan iQIYI dari QIYI.

Daftar 10 besar lintas platform


Nilai Pasar Aplikasi Mobile di Asia Tenggara

Pasar aplikasi mobile di Asia Tenggara menghasilkan perkiraan USD 109,7 juta dari pengeluaran pengguna di App Store dan Google Play pada bulan November 2022. Itu menandai peningkatan sebesar 9,2 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Pasar teratas untuk pendapatan di Asia Tenggara pada bulan November 2022 adalah Thailand, yang menghasilkan sekitar USD 26,5 juta. Negara tersebut berkontribusi 24,1 persen atas total pendapatan aplikasi mobile di Asia Tenggara.

Kemudian Indonesia berada di urutan kedua dengan pendapatan sebesar 21 persen, diikuti oleh Malaysia dengan 16,1 persen.

Daftar 10 besar di App Store

Daftar 10 besar di Google Play

(Dam/Isk)

Baru Keluar Penjara Jadi Tersangka Lagi

Mantan Bupati Indragiri Hilir Indra Muchlis Jadi Tersangka Usai Keluar Penjara, Korupsi Apa Lagi?

Liputan6.com 2022-12-29 08:02:43
Mantan Bupati Indragiri Hilir Indra Muchlis Adnan (baju putih pakai tongkat) saat keluar dari penjara dan kini menyandang status tersangka korupsi lagi. (Liputan6.com/Istimewa)

Mantan Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Indra Muchlis Adnan, kembali ditetapkan sebagai tersangka korupsi oleh kejaksaan. Bedanya kali ini oleh Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau.

Adapun perkaranya masih sama yaitu korupsi penyertaan modal pada Badan Usaha Milik Daerah yaitu PT Gemilang Citra Mandiri (CGM) pada tahun 2004, 2005 dan 2006. Kucuran dana ini berlangsung ketika Indra menjabat bupati.

Sebelumnya, perkara ini ditangani oleh Kejari Inhil. Ada dua tersangka, masing-masing Indra Muchlis Adnan dan Zainul Ikhwan selaku Direktur Utama PT CGM.

Dalam perjalanannya, hanya tersangka Zainul Ikhwan diadili. Sementara yang Indra Muchlis Adnan penyidikannya dihentikan setelah memenangkan gugatan praperadilan ke pengadilan negeri setempat.

Hakim tunggal yang mengadili gugatan praperadilan ini menyatakan kalau penetapan tersangka terhadap Indra Muchlis Adnan tidak sah. Diapun akhirnya bebas setelah ditahan beberapa hari.

Perkara ini kemudian diambil alih oleh Kejati Riau dan menerbitkan surat perintah penyidikan baru. Jaksa mulai mengumpulkan bukti lagi dari awal dengan memeriksa saksi dan mengumpulkan dokumen.

Menurut Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Riau Bambang Heripurwanto, jaksa menemukan dua alat bukti cukup. Mantan Bupati Indragiri Hilir itu Indra Muchlis Adnan kembali menyandang status tersangka.

"Kejati Riau telah menetapkan tersangka dengan inisial IMA," ujar Bambang, Rabu (28/12/2022).


Tanpa Prosedur

Bambang menjelaskan, tersangka dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 juncto Pasal 3 juncto Pasal 18 Undang-Undang (UU) Nomor 31 tlTahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Bambang menjelaskan, Indra Muchlis melakukan penetapan Dewan Komisaris dan Direksi PT GCM secara sepihak berdasarkan unsur kedekatan pribadi dan tanpa memastikan pemenuhan persyaratan sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 26 tahun 2004 tentang Pendirian BUMD Kabupaten Inhil.

"Memberikan instruksi dan persetujuan kepada saudara ZI selaku Direktur Utama PT GCM dalam pengelolaan keuangan perusahaan dan memerintahkan kepada ZI untuk memberikan pembiayaan kepada pihak lain tanpa melalui persetujuan Komisaris dan tanpa diikat kontrak pembiayaan," sebut Bambang.

Perbuatan ini, tegas Bambang, mengakibatkan kerugian negara pada PT CGM Rp 1.157.280.695.

Bambang menyatakan, sedianya tersangka akan ditahan di penjara. Hanya saja kesehatannya tidak memungkinkan karena perlu mendapat perawatan khusus.

Cody Gakpo, Hadiah Tahun Baru Liverpool

Liverpool Resmi Datangkan Cody Gakpo sebagai Hadiah Natal dan Tahun Baru 2023

Liputan6.com 2022-12-29 14:40:00
Liverpool resmi datangkan Cody Gakpo dari PSV Eindhoven senilai 40-50 juta. (Dok. Liverpool)

Tim sepakbola asal Merseyside, Liverpool, resmi mempresentasikan rekrutan teranyarnya yakni Cody Maths Gakpo sebagai hadiah natal 2022 sekaligus tahun baru 2023 usai menikung dari Manchester United dalam perburuan tanda tangan pemain berpaspor Belanda tersebut.

Liverpool diketahui mendatangkan Cody Gakpo dengan menelan biaya awal sebesar 40 juta (Rp757 milyar). Bahkan nilai tersebut bisa naik pada Juli 2023 menjadi 50 juta atau sekitar hampir satu triliun.

Pemain yang bersinar di Piala Dunia 2022 bersama Belanda tersebut telah menandatangani kontrak berdurasi jangka panjang selama 5,5 tahun di Anfield Stadium.

Cody Gakpo sendiri senter akan berlabuh ke Old Trafford sebelum Liverpool menikungnya. Bukan tanpa alasan, pelatih MU Erik ten Hag tengah mencari striker dan juga satu agen sama Cody Gakpo yaitu Sports Entertainment Group (SEG).

Sayangnya, MU Kalah cepat dengan Liverpool karena mereka cuma membutuhkan beberapa hari saja untuk sepakat dengan PSV Eindhoven dalam mempengaruh nilai pasar pemain tersebut setelah gelaran Piala Dunia 2022.

"Saya pikir ini adalah klub yang hebat bagi saya untuk datang dan mencoba menunjukkan apa yang dapat saya lakukan dan mencoba membantu tim untuk mencapai momen yang lebih indah yang telah mereka lakukan dalam beberapa tahun terakhir. Saya pikir bagi saya pribadi juga bagus untuk berkembang di sini dan ada banyak pemain hebat di sini yang dapat saya pelajari banyak hal darinya," kata Cody Gakpo, dikutip dari The Guardian, Kamis (29/12/2022).


Jurgen Klopp Menilai Cody Gakpo Pemain Terbaik di Liga Belanda

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp menilai Cody Gakpo merupakan pemain berbakat dan berpengalaman hingga yang terbaik di Liga Belanda. Selama bela PSV Eindhoven, pemain berusia 23 tahun itu sebelum jeda Piala Dunia 2022 memegang top skor sementara Eredivisi dengan menorehkan sembilan gol dalam 12 pertandingan. Bahkan dia juga sebagai kapten PSV Eindhoven.

"Ada banyak hal yang disukai tentang Cody. Umurnya masih 23 tahun tapi sudah punya banyak pengalaman. Dia adalah kapten PSV, dia adalah pemain terbaik di Belanda musim lalu dan, seperti yang baru saja dilihat banyak orang, dia juga menjalani Piala Dunia yang hebat bersama tim nasionalnya," ujar Jurgen Klopp.

"Jadi, jelas bahwa dia sudah menjadi pemain yang sangat, sangat bagus, tetapi usianya juga berarti dia juga memiliki potensi untuk menjadi lebih baik lagi," ujarnya lagi.


Jurgen Klopp Puji Direktur Olahraga karena Dapat Selesaikan Transfer Cody Gakpo Hanya Tiga Hari

Beberapa waktu yang lalu Cody Gakpo telah menarik minat pelatih Liverpool, Jrgen Klopp tetapi Gakpo bukanlah prioritas bagi Liverpool. Pasalnya mereka telah rekrutan termahal pada transfer musim panas 2022 lalu untuk memboyong Darwin Nunez dari Benfica senilai total 100 juta termasuk bonus pemain dan Benfica plus Fabio Carvalho dari Fulham.

Selanjutnya, kabar tersebut membuat Jrgen Klopp senang dan bahagia karena menjadi senjata tambahan melakoni laga di musim ini. Selain itu, Jrgen Klopp memuji Julian Ward selaku direktur olahraga untuk menyelesaikan kesepakatan pada Boxing Day setelah tiga hari berturut-turut bernegosiasi dengan mitra PSV-nya, Marcel Brands.

Ward meninggalkan klub Anfield pada akhir musim tetapi, mengerjakan transfer bersama kepala perekrutan, Dave Fallows, dan kepala pramuka, Barry Hunter, bisnis Liverpool terus berlanjut tanpa gangguan.

"Ini benar-benar berita bagus bagi kami bahwa kami telah mampu melakukannya dan saya harus mengatakan itu adalah pekerjaan yang fantastis oleh semua orang yang terlibat, terutama Julian [Ward]," ujar Klopp.

Dia menambahkan, "Pekerjaan yang telah dilakukan untuk ini sangat mengesankan dan pada akhirnya kami telah berhasil merekrut pemain yang sudah kami kenal cukup lama dan yang kami yakini akan memiliki masa depan yang sangat cerah bersama kami."


Kapan Cody Gakpo Bisa Jalani Debut Bersama Liverpool?

Tersingkirnya Belanda dari Piala Dunia, Cody Gakpo telah berlatih bersama PSV Eindhoven sekaligus perpisahan dengan klub tersebut. Lalu, Gakpo bersama perwakilannya mengurus visa dan izin kerja selama membela Liverpool hingga mengurus berkas syarat-syarat sebelum pertandingan.

Liverpool akan menghadapi Brentford pada Selasa, 3 Januari 2023 bahkan Gakpo bisa menjadi bagian pertandingan tersebut untuk melakoni debut pertamanya.

Namun, dengan catatan, semua berkas Gakpo telah disetujui oleh pihak FA dan Premier League. Jika tidak diterima, maka dipastikan dia menjalani debut di Anfield Stadium melawan Wolves di Piala FA, pada Minggu, 8 Januari 2023 pukul 03.00 WIB.

Rumah di Dubai Dekat Burj Khalifa

Intip Rumah Pertama Siti Nurhaliza di Dubai, Tetanggaan dengan Burj Khalifa

Liputan6.com 2022-12-29 03:05:00
Unggahan tentang rumah Siti Nurhaliza di Dubai. (Dok: Instagram)

Penyanyi nomor satu Malaysia, Siti Nurhalizah dikabarkan membeli properti mewah di Dubai, Uni Emirat Arab. Hal tersebut diketahui dari sederet unggahan Insta Story yanga diunggah penyanyi 43 tahun tersebut.

Mengutip dari Strait Times, Kamis (29/12/2022), wanita dengan nama lengkap Datuk Seri Siti Nurhaliza Tarudin ini membagikan video klip suaminya, Datuk Seri Khalid Mohamad Jiwa dan dua anaknya yang masih kecil sedang diantar berkeliling kota. Keluarga beranggotakan empat orang itu juga terlihat berada di dalam unit kondominium mewah yang terletak di lantai atas, terlihat dari pemandangan di latar belakang.

Meskipun Siti tidak mengatakan apa-apa tentang pembelian properti tersebut, namun dia memberi judul pada video tersebut "Rumah, rumah yang manis" dan "Alhamdulillah". Anak tirinya, Asyraf Khalid, seolah memberitahu dalam unggahan Insta-story, lantaran memberi selamat kepada Siti telah membeli properti tersebut.

"Selamat, Mak Iti, atas properti pertama Anda di Dubai. Senang dan bangga melihat pencapaian Anda. Ini adalah inspirasi bagi saya dan Tya," tulis Asyraf Khalid.

Properti ini diyakini sebagai unit dari tempat tinggal layanan eksklusif yang disebut The Address, terletak di pusat kota Dubai, dekat Burj Khalifa dan The Dubai Mall yang terkenal. Ia pun berujar harapannya untuk mencontoh ibu sambungnya tersebut dan berdoa agar rezeki tercurah untuknya dan sang ayah. "Hopefully next time Ap ke Dubai tidak perlu sewa hotel lagi," tambahnya.


Sosok Siti Nurhalizah

Siti Nurhaliza telah lama dikenal sebagai seorang penyanyi, aktris, penulis lagu, produser rekaman, dan presenter televisi serta pengusaha Malaysia. Sejak awal kariernya, Siti telah memenangkan sejumlah kompetisi menyanyi internasional.

Mengutip dari Wikipedia, Kamis (29/12.2022), ia dianugerahi sebagai Voice of Asia pada 2002 usai memenangkan gelar Grand Prix Champion di kontes menyanyi Voice of Asia yang diadakan di Almaty, Kazakhstan. Beberapa tahun sebelumnya, pada 1999 ibu dua anak ini memenangkan Penghargaan Emas dalam Kompetisi Penyanyi Baru Asia di Festival Musik Asia Shanghai.

Di tahun yang sama, Siti memenangkan dua penghargaan lainnya dari 'Kompetisi Menyanyi dan Lagu Internasional Pasifik Selatan 1999' yang diadakan di Gold Coast, Queensland, Australia. Kini, Siti mengumpulkan lebih dari 300 penghargaan lokal serta penghargaan internasional.

Wanita berhijab itu mengembangkan ketenaran sebagai artis dengan penjualan platinum berganda, semenjak ia memenangkan acara realitas Malaysia Bintang HMI 1995 ketika ia masih berusia 16 tahun. Ketika itu, ia diberi tawaran dalam bentuk kontrak menyanyi dari empat perusahaan rekaman internasional yang berbeda. Singel pertamanya dari album debutnya, "Jerat Percintaan", telah memenangkan Anugerah Juara Lagu ke-11 dan dua penghargaan lainnya kategori Penampilan Terbaik dan Ballad Terbaik.


Bisnis hingga Filantropi

Wanita kelahiran 11 Januari 1979 ini, menjual albumnya itu sendiri lebih dari 800 ribu unit di Malaysia pada 2005. Dalam karier keartisannya, ia telah merekam dan menyanyi dalam berbagai bahasa yang meliputi Bahasa Malaysia, Basa Jawa, Inggris, Mandarin, Arab, Hindi dan Jepang.

Siti masih aktif menyanyi, bahkan ia diundang sebagai bintang tamu dalam Konser Kemenangan D'Academy 5 yang tayang di Indosiar pada akhir November 2022. Ia juga berkolaborasi dengan dua grand finalis, yaitu Eby (Bima) dan Sridevi (Prabumulih).

Dengan segala sepak terjangnya, sekarang ini Siti menempati peringkat teratas pada daftar 'Artis Terkaya' Malaysia. Ia mendirikan perusahaannya sendiri yaitu Siti Nurhaliza Productions (M) Sdn. Bhd. dengan umumnya beraktivitas dalam ranah hiburan. Siti juga memiliki empat cabang perusahaan, salah satunya Siti Nurhaliza Collections.

Siti bahkan menjual tehnya sendiri, Ctea, sebuah merek teh Malaysia, berasal dari teh yang ditanam di kaki Gunung Kinabalu, Sabah. Tapi tak hanya berbisnis saja lantaran sepanjang kariernya, Siti juga terlibat dalam sejumlah acara yang berkaitan amal, termasuk menyelenggarakan konser-konser amal. Maret 2004, ia sempat meluncurkan Tabung Prihatin Siti, hal itu menjadikannya artis Malaysia pertama yang memiliki yayasan amal.


Kehidupan Pribadi

Siti Nurhalizah diketahui menikah dengan Khalid Mohd Jiwa hampir 16 tahun. Resepsi pernikahan mereka diadakan pada 28 Agustus 2006 lalu. Ia memiliki dua anak kandung yaitu Siti Aafiyah Binti Khalid dan Muhammad Afwa Bin Khalid yang baru dilahirkannya sekitar 2 tahun lalu.

Mengutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, 19 April 2022, Siti melahirkan anak keduanya di usia 42 tahun, usia yang cukup rentan. Saat itu Pengumuman prosesi melahirkan Siti Nurhaliza diumumkan melalui akun Instagramnya. "Isnin, 19 April 2021 bersamaan 7 Ramadan 1442H, Dato' Sri Siti Nurhaliza selamat melahirkan bayi lelaki di pusat perubatan di Selangor, pukul 6.21 pagi," tulis Siti Nurhaliza saat itu.

Usai melahirkan bayi seberat 3,84 kg, keadaan istri Dato Sri Khalid Mohamad Jiwa itu dikabarkan sehat dan baik-baik saja, begitu juga dengan sang putra yang baru saja lahir. "Apa yang penting bagi Khalid (sang suami) adalah ibu dan anak berada dalam keadaan sihat, stabil dan proses melahirkan telah berjalan lancar," tulisnya di keterangan foto.

Seram, Jalur Kereta Kematian di Thailand

Sejarah Jalur Kereta Kematian di Kanchanaburi Thailand yang Dibangun dengan Darah Para Tawanan Perang

Liputan6.com 2022-12-29 08:02:52
Jalur kereta kematian di Provinsi Kanchanaburi, Thailand. (dok. Instagram @nycocsy/https://www.instagram.com/p/ClNiB85PCb-/Dinny Mutiah)

The Death Railway, yang berarti jalur kereta kematian, adalah julukan yang diberikan untuk jalur kereta Thailand - Myanmar. Dinamai dengan karena pembangunannya mengorbankan lebih dari seratus ribu tenaga kerja yang mayoritas adalah tawanan perang dan para budak warga Asia.

Dikutip dari tielandtothailand.com, Kamis (29/12/2022), proses konstruksinya memakan waktu 16 bulan, dari 1942--1943. Jalur kereta yang dibangun dari Thailand dan menyeberang ke garis depan perang Burma itu untuk membantu invasi Jepang ke India. Panjang jalur kereta itu mencapai 250 mil yang menghubungkan Ban Pong, Thailand, ke Thanbuyuzayat, Myanmar.

Para tawanan dan budak yang dipekerjakan dalam pembangunan rel kereta itu banyak yang kehilangan nyawa. Cuaca panas dan musim hujan yang bergantian menurunkan stamina mereka. Kondisi kerja diperburuk dengan kurangnya kebersihan, persediaan medis yang tidak memadai, dan pemukulan rutin oleh penjaga dari Jepang dan Korea.

Sebagian besar meninggal karena kelelahan, disentri, infeksi, dan malnutrisi. Sekitar 80 persen adalah para budak Asia yang berasal dari Myanmar, Melayu, dan Tamil. Sekitar 20 persen sisanya terbagi antara orang Amerika, Australia, Inggris, Belanda dan India.

Para tawanan perang akhirnya bisa diselamatkan setelah pasukan sekutu menguasai kamp pekerja. Padahal, Jepang sebelumnya memerintahkan agar semua tawanan perang dibunuh jika Sekutu menyerbu kamp itu.

Di balik cerita pedih itu, jalur kereta tersebut disebut sebagai yang berpemandangan terindah di Thailand. Tak heran bila banyak orang yang ingin mengabadikannya, termasuk seorang turis bernama Patrick Ward yang berasal dari Selandia Baru tetapi berpaspor Irlandia.


Jatuh dari Kereta

Ward dikabarkan sedang traveling sendirian melintasi jalur kereta yang dibangun di masa Perang Dunia II setelah tiba di Thailand pada Selasa, 20 Desember 2022, menggunakan visa turis. Ia dikabarkan sedang menggunakan toilet di kereta penumpang, lalu membuka pintu untuk mengambil gambar indahnya jalur yang melewati tebing di atas Gua Krasae, Provinsi Kanchanaburi, 145 km dari Bangkok.

Dikutip dari laman news.com.au, ia dilaporkan tergelincir dari kereta berusia 75 tahun itu. Seorang saksi mata yang juga sedang mengambil gambar pemandangan tak sengaja merekam tubuh Ward yang terjatuh ke tebing sedalam sekitar 10 meter.

Kondektur yang mengetahui kejadian itu langsung menghentikan keretanya dan tim penyelamat langsung diterjunkan ke lokasi kejadian. Mereka menuruni tebing dan mendapati tubuh pria berusia 45 tahun itu tergeletak.

Petugas memberikan CPR sekitar 30 menit sebelum ia dinyatakan meninggal dunia pada Selasa, 27 Desember 2022. Letnan Kolonel Kiattisak Kerdchoke, inspektur penyelidik dari kantor polisi distrik Sai Yok, mengaku mendapat informasi jatuhnya turis pada pukul 11.54 pagi, waktu Thailand.

"Petugas harus menggunakan metode untuk menuruni tebing secara perlahan untuk membantu pria yang terluka itu. Ketika mereka mencapai tubuh orang yang terluka itu, mereka menemukan luka sobek yang besar di lengan kanan, leher yang patah. Dia tidak responsif dan tidak bernapas," ia menuturkan.


Penjelasan Pemandu Tur

Sementara, pemandu wisata yang membawa Ward dalam perjalanan itu mengatakan dia telah memperingatkan para wisatawan untuk tidak keluar dari gerbong, yang memiliki bordes dengan ruang terbuka di antara gerbong. Pintu juga bisa dibuka untuk penumpang duduk di tangga dan mereka juga bisa bersandar dari jendela.

Pemilik perusahaan tur Prairat Butdawong (70) mengatakan bahwa Ward berpindah gerbong setelah menggunakan toilet dan mengambil gambar saat kereta "berputar di tikungan".

"Saya memberi tahu semua turis dengan tegas bahwa mereka tidak bisa keluar dari gerbong, mereka tidak boleh membuka pintu," katanya.

"Saya bilang kalau mau foto, ambil dari jendela kereta. Tapi saat turis ini berjalan ke pintu gerbong kedua, dia membukanya untuk berfoto."

"Saya pikir saat kereta berputar, dia kehilangan keseimbangan dan jatuh. Ini tidak pernah terjadi selama bertahun-tahun saya menjalankan tur."

Proses autopsi dilaksanakan pada Rabu, 28 Desember 2022, di Bangkok. Anggota rombongan tur itu juga akan ditanyai polisi. Sementara, pejabat polisi mengatakan akan mengontak Kedutaan Besar Selandia Baru di Thailand untuk menyerahkan jenazah korban untuk dimakamkan.


Blambangan Express

Dari dalam negeri, PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) baru saja meluncurkan KA Blambangan Ekspres yang melayani rute Semarang - Banyuwangi pp (pulang pergi). Untuk memperkenalkan hadirnya kereta baru ini, KAI memberikan tarif promo mulai dari Rp150 ribu untuk perjalanan KA Blambangan Ekspres yang tiketnya sudah dapat dipesan sejak 22 November 2022 di seluruh kanal penjualan resmi tiket KAI.

Menurut VP Public Relations KAI Joni Martinus, tujuah KAI menghadirkan rute tersebut adalah untuk mempermudah masyarakat dari arah Semarang menuju Jember sampai Ketapang yang sebelumnya belum tersedia.

"KA Blambangan Ekspres merupakan KA pertama yang kita operasikan dari wilayah Semarang, Cepu menuju ke wilayah Jember, Banyuwangi, hingga Ketapang ataupun sebaliknya," terang Joni, dilansir dari laman resmi PT KAI, Senin, 26 Desember 2022.

KA Blambangan Ekspres terdiri dari empat Kereta Eksekutif dan tiga Kereta Ekonomi, dengan total 440 tempat duduk dalam sekali perjalanan. Pada tahap awal, KA Blambangan Ekspres akan beroperasi pada tanggal 2, 3, 4, 9, 10, 11, 16, 17, 18, dan 22 sampai 31 Desember 2022.

Tiket KA Blambangan Ekspres kelas Eksekutif hanya Rp250 ribu dan kelas Ekonomi hanya Rp150 ribu selama masa promosi. Anda bisa mendapatkan tiket promo tersebut melalui KAI Access, web kai.id, dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.


Kereta Panoramic

Selain Blambangan Express, KAI juga meluncurkan kereta panoramic pertama di Indonesia pada Sabtu, 24 Desember 2022. Kereta tersebut dirangkai pada perjalanan KA Taksaka tambahan untuk rute Gambir-Yogyakarta (pp).

Peluncurkan itu dilatarbelakangi tingginya minat masyarakat untuk bepergian pada masa libur Nataru, khususnya pada rute favorit seperti Jakarta-Yogyakarta pp. "Xperience Baru Naik Kereta Panoramics. Siapa yang dari kemarin penasaran sama kereta Panoramics?" mengutip dari akun resmi layanan pelanggan KAI, 24 Desember 2022.

Kereta mulai beroperasi pada 24 Desember 2022--8 Januari 2023. Harga tiketnya saat promo Rp750 ribu, sedangkan harga normal adalah Rp1 juta. Penumpang juga bisa mendapatkan layanan premium. "Layanan full service, seperti free snack, free flow air minum, dan satu kali makan berat," bunyi keterangan di akun resmi pelanggan KAI.

Mengutip dari kanal Bisnis Liputan6.com, Joni Martinus dalam keterangannya mengungkap, jadwal KA Taksaka Tambahan dengan kereta panoramic secara detail adalah sebagai berikut:

1. KA 7011C keberangkatan Yogyakarta pukul 21.40 dan tiba di Gambir pukul 05.33.

2. KA 7012C keberangkatan Gambir pukul 10.40 dan tiba di Yogyakarta pukul 18.39.

3. KA 7025B keberangkatan Yogyakarta pukul 12.00 dan tiba di Gambir pukul 19.30.

4. KA 7026B keberangkatan Gambir pukul 23.45 dan tiba di Yogyakarta pukul 07.50.