Kontroversi Pesan Duka Messi

Pele Meninggal Dunia, Pesan Duka Lionel Messi Malah Tuai Pro dan Kontra

Liputan6.com 2022-12-30 10:49:38
Lionel Messi unggah ucapan bela sungkawanya atas meninggalnya sang legendaris sepak bola Brasil, Pele, pada Jumat, (30/12/22) dini hari waktu setempat. (source: Instagram.com/leomessi)

Pele legenda sepak bola Brasil baru saja meninggal dunia. Pele meninggal di usia 82 tahun.

Menyusul berita duka Pele, banyak bintang sepak bola menyampaikan pesan belasungkawanya melalui media sosial mereka. Seperti Neymar Jr, Kylian Mbappe, atau Cristiano Ronaldo.

Dari banyaknya pesan-pesan tersebut, pesan Lionel Messi adalah salah satu yang menarik perhatian para penggemar sepak bola.

Dalam unggahan Instagramnya @leomessi, kapten Timnas Argentina ini menulis "VerifiedDescansa en paz (Beristirahat dalam damai) @pele."

Banyak yang menilai pesan Messi terlalu pendek dan "kurang" pantas. Tidak seperti pesan pesepak bola lainnya yang terlihat lebih bermakna.

"Messi cukup arogan. Dia tidak menggunakan kata Raja atau GOAT (terbaik sepanjang masa) untuk Pele. Dia memastikan untuk menghindari kata-kata itu dengan hati-hati," tulis salah satu warganet.

"Saya tahu Lionel Messi berbicara seperti anak berusia 4 tahun dengan palet sumbing, tetapi Anda akan mengira Tim PR (humas)-nya dapat menulis sesuatu yang lebih menghormati Pele. Cristiano Ronaldo, Mbappe & Neymar menulis pesan kepada GOAT sesuai dengan warisannya...," tulis warganet lain.

"Apa Messi tidak bisa menulis lebih panjang? Apa dia tidak bisa menambahkan sesuatu lagi? Messi hanya peduli pada Maradonna?" tulis warganet lainnya.

"Messi harus ingat dia hanya punya satu Piala Dunia. Pele punya tiga. Messi harus lebih menghormatinya. Tulis sesuatu yang lebih panjang, Messi!"


Tidak Masalah

Di sisi lain, banyak yang membela Messi dengan menyebut walau pesannya pendek, pesan itu jauh lebih bermakna.

Para penggemar berkata seperti itu berasumsi bahwa pesan Messi benar ditulis oleh dirinya, bukan tim media sosial seperti bintang sepak bola lainnya.

"Untuk semua orang yang membenci pesan Messi. Ingatlah kalau ini adalah sosial media. Messi menulis pesannya sendiri, pemain yang lain ditulis oleh tim media sosial mereka," tulis salah satu warganet.

"Messi menyampaikan pesan yang lebih sedikit, tapi lebih jujur," tulis warganet lain.

"Saya cukup yakin Messi menjangkau keluarga secara pribadi, tetapi karena rasa hormat Messi juga masih memposting tentang dia (Pele) idk (entahlah)," tulis warganet lainnya lagi.


Pele

Pele lahir pada 23 Oktober 1940. Pele bernama asli Edson Arantes do Nascimento.

Dilansir dari BBC, Pele meninggal dunia di rumah sakit Albert Einstein, San Paolo, Brasil. Sebelum menghembuskan napas terakhirnya, Pele diketahui telah mengidap kanker usus besar dan telah dilarikan ke rumah sakit sejak 29 November 2022 silam.

Sang legenda juga didiagnosa menderita infeksi pada paru. Pemegang 3 gelar Piala Dunia itu diketahui juga mengalami gangguan ginjal dan jantung.


Pele dan Brasil

Pele dianggap sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik sepanjang masa. Ia bahkan membantu Brasil memenangkan Piala Dunia tiga kali, yakni pada edisi 1958, 1962, dan 1970.

Pele menjadi terkenal di dunia internasional pada usia 17 tahun ketika dirinya mencetak enam gol untuk Brasil di Piala Dunia 1958, termasuk dua gol di final di mana Brasil mengalahkan tuan rumah, Swedia, untuk memenangkan gelar dunia pertama mereka.

Sang legendaris juga merupakan pencetak gol terbanyak timnas Brasil sepanjang masa, dengan perolehan 77 gol dalam 92 pertandingan.

PPKM Dicabut, Pakai Masker Berlanjut

PPKM Dicabut, Jokowi: Pakai Masker di Keramaian dan Ruang Tertutup Tetap Lanjut

Liputan6.com 2022-12-30 15:25:00
Petugas Satpol PP menegur pekerja yang salah menggunakan masker saat jam pulang kantor di kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pengurangan aktivitas pekerja di perkantoran menjadi fo

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta semua masyarakat untuk tetap waspada terhadap risiko penyebaran Covid-19, menyusul dicabutnya kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Dia menekankan pemakaian masker di keramaian dan ruang tertutup tetap dilanjutkan.

"Masyarakat harus meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan dalam menghadapi dari risiko Covid. Pemakaian masker (di) keramaian dan ruang tertutup harus tetap dilanjutkan," kata Jokowi dalam konferensi pers di Istana Negara Jakarta, Jumat (30/12/2022).

Selain itu, dia meminta agar meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksinasi Covid-19 semakin digalakkan. Hal ini, kata Jokowi, akan membantu meningkatkan imunitas.

"Masyarakat harus semakin mandiri dalam mencegah penularan, mendeteksi gejala, dan mencari pengobatan," ujarnya.

Jokowi mengingatkan aparat dan lembaga pemerintah tetap menyiagakan fasilitas kesehatan di semua wilayah. Kemudian, dia mengatakan Satgas Covid-19 di pusat dan daetah harus dipertahankan di masa transisi ini.

"Pastikan mekanisme vaksinasi di lapangan tetap berjalan, utamanya vaksinasi booster dan dalam masa transisi ini Satgas covid 19 pusat dan daerah tetap dipertahankan untuk merespon penyebaran yang cepat," tutur Jokowi.


PPKM Dicabut

Sebelumnya, Presiden Jokowi menghentikan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Indonesia, mulai Jumat (30/12/2022). Dengan begitu, tidak ada lagi pembatasan kerumunan dan pergerakan masyarakat.

"Lewat pertimbangan-pertimbangan yang berdasarkan angka-angka yang ada, maka pada hari ini pemerintah memutuskan untuk mencabut PPKM," jelas Jokowi dalam konferensi pers di Istana Negara Jaka

"Jadi tidak ada lagi pembatasan kerumunan dan pergerakan masyarakat," sambungnya.

Dia menyampaikan bahwa pencabutan PPKM menyusul situasi Covid-19 di Indonesia yang semakin terkendali. Jokowi menuturkan pemerintah juga telah melakukan kajian selama lebih dari 10 bulan.

"Per 27 Desember 2022, 1,7 kasus per satu juta penduduk, positivity rate mingguan itu 3,35 persen, tingkat perawatan rumah sakit atau bor berada di angka 4,79 persen dan angka kematian di angka 2,39 persen. Ini semuanya berada di bawah standar dari WHO," katanya.

Bocoran Sosok Capres PDIP

Hasto Bocorkan Sosok Capres 2024 yang Akan Diusung PDIP

Liputan6.com 2022-12-30 12:29:32
Sekjen PDIP yang juga Doktor Ilmu Pertahanan, Hasto Kristiyanto (Istimewa)

Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto memberi sedikit bocoran soal calon presiden (capres) 2024 yang akan diusung partainya pada tahun 2023.

Menurut dia, PDIP akan mengusung capres yang dapat melanjutkan kepemimpinan Soekarno, Megawati Soekarnoputri, dan Jokowi.

"Bocoran kedua ya itu calon itu yang diputuskan tentu saja yang mampu melanjutkan nafas kepemimpinan perjuangan dari Bung Karno, Ibu Mega, dan Pak Jokowi," jelas Hasto dalam konferensi pers, Jumat (30/12/2022).

Dia menyampaikan bahwa capres tersebut telah disiapkan dengan matang. Sehingga, dapat menjadi pemimpin yang mampu memikul tanggung jawab untuk masa depan Indonesia.

"Bahwa calon tersebut telah dipersiapkan secara matang untuk mampu menjadi seorang pemimpin yang dapat memikul tanggung jawab bagi masa depan," ujarnya.


Diumumkan 2023

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan calon presiden (capres) yang akan diusung PDIP pada tahun 2023. Para kader PDIP juga siap dan solid bergerak agar dapat kembali memenangkan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden.

"Ibu Megawati Soekarnoputri pada momentum yang tepat di tahun 2023 nanti untuk mengumumkan calon presiden yang akan diusung oleh PDI Perjuangan," tutur Hasto.

5 Rekor Fantastis Sang Legenda

Pele Meninggal Dunia, Ini 5 Rekor Fantastis Sang Legenda yang Belum Tertandingi

Liputan6.com 2022-12-30 14:00:47
Mantan pemain timnas Brasil Pele memegang replika trofi Jules Rimet. Trofi ini diberikan kepada pemenang Piala dunia. (ADRIAN DENNIS / AFP)

Dunia sepak bola sedang berkabung. Mantan bintang timnas Brasil,Pele meninggal dunia, Jumat 30 Desember 2022. Bakat dan prestasi gemilang Pele masih tetap tergiang dalam hati. Bagaimana tidak, Pele telah membawa kegembiraan bagi jutaan orang dan membawa sepak bola maju selama beberapa dekade.

Pele adalah contoh ikon sepak bola sejati. Legenda yang selamanya akan terus dihormati. Pemain bernama asli Edson Arantes do Nascimento tersebut sering disebut pesepakbola paket lengkap. Ketika sudah turun di lapangan hijau, Pele hampir tidak menunjukkan kelemahannya. Pele adalah pemain yang kuat, cepat, berani, dan luar biasa dalam menguasai bola. Dirinya mampu melakukan hal-hal spektakuler selama pertandingan. Beberapa di antaranya tidak dapat diulangi oleh pemain mana pun.

Lantas, ada prestasi-prestasi apa saja yang telah ditorehkan oleh legenda Brasil ini? Yuk, intip sederet rekor yang pernah dipecahkan olehPele berikut ini!

1. Pencetak Hat-Trick Terbanyak

Pele menjadi bintang dengan rekor paling mengesankan dalam hal hat-trick. Dirinya berhasil mencetak 92 hat-trick sepanjang karirnya di dunia sepak bola. Prestasi yang membuatnya lebih unggul dari striker kebanyakan. Salah satu momen hat-trick Pele yang berhasil menjadi sorotan yakni pada pertandingan Piala Dunia 1958 melawan Prancis. Tak hanya itu, hat-trick Pele saat melawan Argentina di Piala Roca 1963 turut membekas dalam catatan fenomenal sepak bola.


2. Pencetak Hat-Trick Piala Dunia Termuda

Bakat luar biasa Pele sudah terbukti sejak remaja. Di usianya yang baru 18 tahun, Pele sudah mampu mencetak hat-trick dalam Piala Dunia 1958. Belum ada remaja lain yang mampu menggeser rekor Pele ini. Dalam laga tersebut Pele berhasil menyumbang kemenangan bagi timnya melawan Prancis.


3. Membawa Brasil menjadi Juara Piala Dunia Terbanyak

Pele adalah berlian bagi Brasil. Dirinya mampu membawa Brasil menjadi juara Piala Dunia sebanyak 3 kali yakni pada tahun 1958, 1962, dan 1970. Ini merupakan pencapaian yang langka. Tak heran, bila Brasil menjadi negara top dalam sejarah kompetisi sepak bola paling bergengsi ini.


4. Pencetak Assist Piala Dunia Terbanyak

Pele tidak habis-habisnya mengukir prestasi dalam Piala Dunia. Dirinya memegang rekor assist terbanyak dalam sejarah kompetisi ini. Total Pele telah mencetak 10 assist. Tujuh diantaranya terjadi di Piala Dunia 1970. Setiap momen assist Pele tampak begitu memukau para pecinta sepak bola.


5. Pemain Brasil dengan Gol Terbanyak

Pele mempunyai tempat khusus di hati Brasil. Bagaimana tidak, Pele telah mencetak 95 gol dalam 114 pertandingan untuk negara ini. Hal ini menjadikannya sebagai pemain Brasil dengan gol terbanyak sepanjang masa. Ini bukan pencapaian yang bisa dianggap remeh. Mengingat banyak lawan-lawan kuat selama masa Pele.

Penulis: Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

Penghormatan NASA untuk Pele

NASA Beri Penghormatan Usai Pele Meninggal Dunia, Tampilkan Galaksi Berwarna Brasil

Liputan6.com 2022-12-30 11:54:17
Legenda sepak bola Brasil Pele melambai sebelum pertandingan sepak bola final Piala Afrika antara Pantai Gading dan Zambia di Stade de L'Amitie, Libreville, Gabon, 12 Februari 2012. Pele meni

NASA ikut memberikan penghormatan atas meninggalnya pesepak bola kenamaan asal Brasil, Pele. Penghormatan itu diberikan dalam bentuk sebuah gambar galaksi spiral yang berada di konstelasi Sculptor.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Jumat (30/12/2022), unggahan tersebut dibagikan melalui akun media sosial NASA. Adapun gambar yang dipilih merupakan galaksi dengan warna Brasil.

"Kami menandai meninggalnya Pele yang legendaris, dikenal banyak orang sebagai raja 'permainan indah'. Gambar galaksi spiral di konstelasi Sculptor ini menunjukkan warna Brasil," tulis NASA.

We mark the passing of the legendary Pel, known to many as the king of the "beautiful game." This image of a spiral galaxy in the constellation Sculptor shows the colors of Brazil. pic.twitter.com/sOYfKdTeAJ

Sebagai informasi, Sculptor merupakan rasi bintang yang biasanya terlihat di langit selatan. Sesuai namanya, Sculptor merujuk pada konstelasi tersebut yang disebut mewakili seorang pematung.

Konstelasi ini pertama kali diberi nama oleh Nicolas Louis de Lacaille sekitar tahun 1750an. Awalnya, konstelasi ini memiliki nama Apparatus Sculptoris yang berarti studio pematung.

Nama itu dipilih karena rasi bintang ini digambarkan sebagai kepala berukir yang tergeletak di atas meja dengan palu dan pahat dari pematung. Namun nama itu disingkat menjadi Sculptor atas saran seorang astronom John Herschel.

Sebagai informasi, Pele meninggal dunia di usia 82 tahun. Mengutip BBC, Pele meninggal dunia pada Jumat (30/12/2022) dini hari di San Paolo Brasil, di Rumah Sakit Albert Einstein.

Pele yang memiliki penyakit kanker usus besar diketahui telah dirawat di rumah sakit tersebut sejak 29 November lalu.


Mengenang Perjalanan Karier Pele, Pesepak Bola Terhebat Sepanjang Masa

Legenda sepak bola Brasil, Pele, meninggal dunia, Jumat (30/12/2022) dini hari, di Rumah Sakit Albert Einstein, San Paolo Brasil. Kabar duka ini disampaikan putri Pele, Kely Nascimento.

Kely menyampaikan berita kematian ayahnya, sang legenda sepak bola dunia, di Instagram. Dia mem-posting gambar yang tampak seperti tangan keluarga yang sedang beristirahat di tubuhnya di ranjang rumah sakit.

"Inspirasi dan cinta menandai perjalanan Raja Pele, yang meninggal dengan damai hari ini". Demikian pernyataan di akun Instagram resminya.

Sebelumnya, pihak rumah sakit menegaskan bahwa pria berusia 82 tahun yang bernama asli Edson Arantes do Nascimento, meninggal dunia pada pukul 15.27 waktu Brasil karena kegagalan beberapa organ akibat kanker usus besarnya.

Dalam perjalanan kariernya, Pele telah mempesona dunia dengan kejeniusannya dalam olahraga, menghentikan perang, melakukan kerja sosial di seluruh dunia dan menyebarkan apa yang paling dia yakini sebagai obat untuk semua masalah kita: cinta

"Pesannya hari ini menjadi warisan bagi generasi mendatang. Cinta, cinta dan cinta, selamanya."


Karier

Selama karier legendarisnya, Pele mencetak rekor dunia 1.279 gol untuk klub dan negara antara tahun 1956 dan 1977, termasuk 77 gol dalam 92 penampilan untuk Brasil.

Namun, angka itu sempat dipertanyakan karena dimasukkannya pertandingan persahabatan yang dimainkan Santos. Meskipun penghitungan resminya yang diakui secara luas dengan 757 gol dalam 831 pertandingan masih menjadi salah satu yang tertinggi dalam sejarah sepak bola.

Bintang Brasil itu juga satu-satunya pemain dalam sejarah yang memenangi tiga Piala Dunia, mengangkat trofi pada tahun 1958, 1962, dan 1970.

Pele memulai karier klubnya saat berusia 15 tahun bersama Santos pada tahun 1956 dan melakukan debutnya untuk tim senior Brasil hanya satu tahun kemudian.

Mantan pemain nomor 10 yang ikonik itu kemudian mencuat ke kancah dunia di Piala Dunia 1958.


Pemain Termuda

Ketika itu, sebagai remaja ia mencetak hat-trick di semifinal melawan Prancis dan kemudian dua gol di final saat Brasil memenangkan trofi untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka.

Selama turnamen di Swedia itu, Pele menjadi pemain termuda, pencetak gol terbanyak, pencetak hat-trick dan pemenang dalam sejarah kompetisi, sementara gol pertamanya melawan Swedia di final disebut-sebut sebagai salah satu yang terbesar dalam sejarah Piala Dunia.

Pele kemudian dinilai kurang penting untuk kesuksesan Brasil empat tahun kemudian karena mereka menjadi tim terakhir yang mempertahankan Piala Dunia. Dia menderita cedera akhir turnamen di pertandingan keduanya.

Namun, pada tahun 1970 pendukung Santos mengukuhkan reputasinya sebagai pemain terhebat sepanjang masa hingga saat itu sebagai bintang dalam tim yang diyakini banyak orang sebagai yang terbaik dalam sejarah sepak bola.

Superstar kelahiran Minas Gerais menghabiskan sebagian besar karier klubnya bersama Santos, di mana ia memenangkan 25 trofi dan mencetak 643 gol dalam 659 penampilan--rekor dunia dengan satu klub hingga dipecahkan oleh Lionel Messi di Barcelona, meskipun Santos mengklaim bahwa total aktual Pele mendekati 1.000.

(Dam/Isk)


Infografis 10 Insiden Paling Mematikan di Sepak Bola Dunia. (Liputan6.com/Abdillah)

 

Brasil Berkabung 3 Hari

Pele Sang Legenda Sepak Bola Meninggal Dunia, Brasil Tetapkan Masa Berkabung 3 Hari

Liputan6.com 2022-12-30 09:02:22
Legenda sepak bola Brasil Pele melambai sebelum pertandingan sepak bola final Piala Afrika antara Pantai Gading dan Zambia di Stade de L'Amitie, Libreville, Gabon, 12 Februari 2012. Pele meni

Usai Pele meninggal dunia, Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengumumkan negaranya berkabung tiga hari. Hal itu disampaikan Jair Bolsonaro pada Kamis, 29 Desember 2022 waktu setempat.

Langkah itu diumumkan dalam sebuah dekrit yang diterbitkan dalam edisi tambahan surat kabar pemerintah. Terdapat tanda tangan Jair Bolsonaro dalam dekrit tersebut seperti mengutip Antara.

Pemerintah Brasil mengungkapkan juga bahwa Pele adalah salah satu atlet terbaik sepanjang masa. Kemanapun Pele pergi turut juga membuat nama harum Brasil.

"Pele, sang Raja Sepak Bola, adalah salah satu atlet terbaik sepanjang masa. Satu-satunya pemain yang bisa negara menjuarai Piala Dunia lewat aksinya, selain sebagai atlet yang hebat, ia juga warga negara yang hebat dan patriot, membawa nama Brazil kemanapun ia pergi," tulis pemerintah Brasil mengutip laman Brazilian Report.

Seperti diketahui, legenda sepak bola bernama asli Edson Arantes do Nascimento itu meninggal dunia pada Kamis, 29 Desember 2022.

Mengutip BBC, Pele meninggal pada 29 Desember 2022 di San Paolo Brasil, di Rumah Sakit Albert Einstein. Pele yang memiliki penyakit kanker usus besar diketahui telah dirawat di rumah sakit tersebut sejak 29 November lalu.

Agen Pele, Joe Fraga mengumumkan kepergian sang legenda, "Sang Raja telah tiada".

Lalu, anak perempuan Pele, Kely Nascimento, mengonfirmasi meninggalnya sang ayah beberapa jam lalu.

"Kami berterima kasih padamu. Kami mencintaimu tanpa akhir. Rest in peace," kata Kely.


Pele Buat Sepak Bola Jadi Seni

Secara pribadi, Bolsonaro juga mengungkapkan rasa duka atas kepergian sang legenda sepak bola Brasil itu.

"Turut berduka atas meninggalnya seorang pria, yang lewat sepak bola, membawa nam Brasil ke dunia," kata Bolsonaro dalam cuitan di akun Twitter pribadinya.

Ia juga mengungkapkan kekaguman terhadap Pele yang bisa membuat sepak bola menjadi penuh seni dan kegembiraan.

"Dia mengubah sepak bola menjadi seni dan kegembiraan," kata sang presiden turut menyertakan foto Pele bersama dengan kaos yang tertulis nama Bolsonaro.


Kanker Usus Besar

Rumah sakit tempat Pele dirawat mengungkapkan penyebab legenda sepak bola Brasil itu meninggal dunia. Hospital Israelita Albert Einstein Hospital di Sao Paolo menyebutkan bahwa pasiennya tersebut meninggal karena kegagalan multiorgan akibat kanker usus yang ia derita.

"Hospital Israelita Albert Einstein mengonfirmasi atas meninggalnya Edson Arantes do Nascimento atau Pele, pada 29 Desember 2022 pukul 15.27 karena kegagalan multiple organ akibat perkembangan kanker usus besar, kondisi yang ia alami sebelumnya," tulis rumah sakit tersebut.

Pele sudah menjalani perawatan kanker usus besar beberapa tahun terakhir. Dan beberapa pekan terakhir, ia dirawat di rumah sakit karena beberapa masalah kesehatan termasuk, masalah pernapasan karena terkena COVID-19.

Kanker usus besar ditemukan usai pemeriksaan rutin tubuhnnya. Usai didiagnosis kanker usus besar, sederet perawatan sudah Pele lakukan. Termasuk diantaranya menjalani pengangkatan tumor di sisi kanan usus besarnya pada September 2021.

Masa Lalu Pele Jadi Penyemir Sepatu

Biografi Pele, dari Penyemir Sepatu hingga Pemain Termuda yang Pernah Memenangi Piala Dunia

Liputan6.com 2022-12-30 09:01:28
Bintang sepak bola Brasil Pele menendang bola saat pertandingan di lokasi yang tidak diketahui, September 1968. Pele yang menderita penyakit kanker usus telah dirawat di Rumah Sakit Albert Ei

Pele, yang meninggal dalam usia 82 tahun setelah menderita kanker, secara luas dianggap sebagai pesepakbola terhebat yang pernah ada. Dia adalah satu-satunya pemain yang memenangkan Piala Dunia tiga kali.

Karier panjang Pele dinilai sudah mencapai pendewaan di panggung terbesar dunia. Dia baru berusia 17 tahun ketika bermain untuk Brasil di final Piala Dunia 1958 di Swedia.

Bukan itu saja, pria bernama asli Edson Arantes do Nascimento itu mencetak enam gol dalam tiga pertandingan terakhir mereka -- di perempat final, hat-trick di semifinal dan dua di final.

Hampir dua dekade kemudian dia keluar dari masa pensiunnya dan membuat keputusan yang hampir tidak terpikirkan untuk menandatangani kontrak dengan New York Cosmos. Untuk semua kekayaannya, AS saat itu adalah "negara miskin" di dunia sepak bola.

Pele-lah yang membantu memperkenalkan orang Amerika Serikat pada "sepak bola". Pertandingan pertamanya disiarkan di 22 negara. Ketika itu lapangannya, lebih banyak tanah daripada rumput, harus dicat hijau untuk dunia yang menonton.


Makin Masyhur

Kemasyhuran Pele mulai tumbuh sejak ia masuk secara dramatis di Piala Dunia sebagai pesepakbola termuda yang bermain di turnamen besar. Menjadi pemain termuda yang mencetak hat-trick, atau tampil dan mencetak gol di final.

Meskipun dia melewatkan dua pertandingan pertama turnamen 1958 karena cedera, anggota senior skuad Brasil mendesak manajer untuk memainkan Pele dan Garrincha di pertandingan grup terakhir melawan Uni Soviet.

Saat Brasil mencapai final dan mengalahkan Swedia Pele mencuri perhatian, dua golnya menggambarkan kemampuan yang membedakannya dari semua pesepakbola lainnya.


Visi Tertinggi

Pele diberkati dengan perpaduan antara atletis, keterampilan, dan visi taktis tertinggi. Dia bisa berlari 100m dalam 11 detik, menembak dengan salah satu kaki dan melompati bek tertinggi.

Fisiknya yang luar biasa dan pergantian kecepatannya menggetarkan saat ia masuk ke gawang, berlari lebih cepat atau sekadar menerobos pertahanan sambil mengelola bola di bawah kendali ketat.


Kesederhanaan

Pele dilahirkan sebagai Edson Arantes do Nascimento di desa Trs Coraoess di negara bagian Brasil Minas Gerais. Dia putra dari Celeste dan Joo Ramos.

Anak laki-laki itu dinamai penemu Thomas Edison, meskipun orang tuanya salah mengeja namanya. Asal usul Pele, nama panggilan yang ia ambil saat masih kecil, merupakan misteri, tetapi kesederhanaannya -- mudah diucapkan dalam bahasa apa pun.


Penyemir Sepatu

Ayahnya, yang dikenal sebagai Dondinho, adalah seorang pesepak bola berbakat yang berhrap bisa membawa keluarganya ke Bauru, sebuah kota kereta api di negara bagian So Paulo.

Namun, cedera lutut mengakhiri karier olahraganya dan keluarganya jadi jatuh miskin. Sejak usia tujuh tahun, Pele bekerja paruh waktu sebagai penyemir sepatu. Celeste bersikeras putranya tidak akan mengikuti jejak Joao, tetapi pada saat dia remaja, pengintai dari klub besar di Rio dan So Paulo mengetuk pintu.

120 Rudal Rusia Serang Ukraina

120 Rudal Rusia Serang Ukraina, Ajudan Zelensky: Bunuh Warga Sipil Besar-Besaran

Liputan6.com 2022-12-30 08:04:23
Sebuah roket diluncurkan dari sistem rudal di pangkalan militer Ashuluk, Rusia, 22 September 2020. Latihan ini diharapkan akan diadakan di Laut Hitam dan perairan laut Kaspia, akan berlangsun

Rusia menyerang Ukraina dengan serentetan rudal Kamis, termasuk yang menargetkan ibu kota, Kyiv, dan kota Kharkiv.

Ajudan presiden Ukraina Miykhailo Podolyak mencuit bahwa Rusia meluncurkan sedikitnya 120 rudal "untuk menghancurkan infrastruktur penting dan membunuh warga sipil secara besar-besaran."

Serangan itu memicu dibunyikannya sirene udara di seluruh penjuru negara itu. Para pejabat Ukraina mengatakan sistem pertahanan udara mampu menjatuhkan rudal yang datang, dikutip dari VOA Indonesia, Jumat (29/12/2022).

Wali Kota Kharkiv Ihor Terekhov melaporkan sejumlah ledakan di kotanya dan mengatakan pihak berwenang sedang menentukan apa saja yang dihantam rudal itu dan apakah ada korban.

Rusia telah berulang kali menggunakan rudal untuk menarget kota-kota Ukraina, termasuk serangan yang telah menghancurkan berbagai fasilitas infrastruktur penting.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengusulkan 10 butir rencana perdamaian yang meminta Rusia agar mengakui wilayah Ukraina dan menarik pasukannya.

Kremlin mengulangi penolakan atas proposal itu hari Rabu, mengukuhkan sikapnya bahwa Ukraina harus menerima aneksasi yang diklaim Rusia pada September lalu setelah referendum yang oleh Ukraina serta sebagian besar negara lain ditolak dan dianggap palsu. Empat daerah Ukraina itu mencakup Luhansk dan Donetsk di bagian timur, serta Kherson dan Zaporizhzhia di bagian selatan.

"Tidak mungkin ada rencana perdamaian bagi Ukraina yang tidak mempertimbangkan kenyataan hari ini terkait wilayah Rusia, dengan masuknya empat daerah ke Rusia," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov hari Rabu. "Rencana yang tidak mempertimbangkan realitas ini tidak mungkin damai."


Pidato Zelensky

Juga Rabu, Zelensky berpidato di parlemen Ukraina dalam sidang tertutup. Ia mendesak para legislator agar tetap bersatu melawan agresi Rusia, seraya memuji warga Ukraina karena memimpin Barat untuk "tersadar kembali."

"Warna nasional kita sekarang ini merupakan simbol internasional mengenai keberanian dan kegigihan seluruh dunia," katanya dalam pidato selama 45 menit, pidato terakhirnya tahun ini.

"Di negara mana pun, di benua mana pun, sewaktu Anda melihat biru dan kuning, Anda tahu ini adalah mengenai kebebasan. Mengenai orang-orang yang tidak menyerah, yang bangkit, yang mempersatukan dunia, dan yang akan menang," katanya.

Zelensky mengatakan dunia telah melihat bahwa kebebasan dapat dirayakan dengan kemenangan Ukraina di medan tempur, dan ia berterima kasih kepada militer Ukraina.

Zelensky mencatat Ukraina telah membebaskan 1.456 tahanan perang sejak invasi Rusia 10 bulan silam. Rusia diyakini memiliki ribuan orang Ukraina yang menjadi tahanan perang, meskipun angka sesungguhnya tidak diketahui.


Jelang 2023, Kedubes Ukraina Sorot Genosida Holodomor dan Invasi Rusia

Kedutaan Besar Ukraina di Jakarta menyambut tahun baru 2023 dengan menyorot invasi Rusia dan Genosida Holodomor yang terjadi pada 1932-1933. Tahun 2023 akan menjadi 90 tahun peringatan peristiwa tersebut.

Genosida Holodomor adalah istilah yang digunakan Ukraina untuk menggambarkan bencana kelaparan akibat kebijakan Uni Soviet. Jutaan rakyat Ukraina terdampak akibat kebijakan Joseph Stalin tersebut.

"Hilangnya nyawa mencapai sekitar 10 juta korban. Angka sebenarnya tidak akan pernah diketahui. 90 tahun setelah Holodomor, Rusia kembali melakukan kejahatan mengerikan di Ukraina. Rusia menggunakan kelaparan sebagai senjata di perang agresi Rusia melawan Ukraina," tulis pesan Kedutaan Besar Ukraina, Selasa (27/12/2022).

Pihak Kedubes Ukraina melihat ada kesamaan antara invasi 2022 dan peristiwa Holodomor pada 1932.

"Memori dari genosida yang dilaksanakan otoritas USSR terhadap rakyat Ukraina memiliki makna khusus hari ini saat Rusia sekali lagi mencoba melakukan genosida di Ukraina, mencuri gandum, memblokir pelabuhan-pelabuhan Ukraina, menghancurkan infrastruktur kritikal, dan menyebabkan krisis pangan global," ujar pihak Kedubes Ukraina.

Ukraina menegaskan bahwa Holodomor merupakan genosida sejarah dan politik, namun masih sering diabaikan oleh komunitas global. Pada 15 Desember 2022, Parlemen Eropa mengakui bahwa Holodomor merupakan genosida.

Tindakan Presiden Rusia Vladimir Putin lantas disamakan dengan Joseph Stalin.

"Komunitas internasional akhirnya mulai menyadari: hari ini Putin, seperti Stalin di 1932-1933, ingin menghancurkan rakyat Ukraina sebagai sebuah bangsa, sebuah sebuah kelompok etnik," kata pihak Kedubes Ukraina.

Setelah pengakuan dari Uni Eropa, perwakilan Ukraina lantas berharap agar komunitas internasional meningkatkan kesadaran terhadap Holodomor, serta kejahatan-kejahatan lainnya yang dilakukan rezim Soviet.

Saat mengakui Holodomor sebagai genosida, Parlemen Eropa menyebut glorifikasi terhadap Joseph Stalin juga berujung kepada aksi Rusia saat ini.

"Parlemen menyatakan bahwa pemutihan dan glorifikasi dari rezim totalitarian Soviet dan bangkitnya kultus diktator Soviet Joseph Stalin telah berujung kepada Rusia yang kini menjadi negara sponsor terorisme. Anggota Parlemen juga mengutuk kejahatan-kejahatan mengerikan Rusia terhadap rakyat Ukraina, seperti destruksi terarah ke infrastruktur energi sipil milik Ukraina saat musim dingin," tulis pernyataan Parlemen Eropa.


Efek Perang Rusia, Umat Kristen Ortodoks Ukraina Pindah Perayaan Natal

Orang Ukraina biasanya merayakan Natal pada 7 Januari, seperti yang dilakukan orang Rusia. Tapi tidak tahun ini, atau setidaknya tidak semuanya.

Beberapa orang penganut Kristen Ortodoks Ukraina telah memutuskan untuk memperingati Natal pada tanggal 25 Desember, seperti banyak orang Kristen di seluruh dunia.

Ya, ini ada hubungannya dengan perang, dan ya, mereka mendapat restu dari gereja lokal mereka.

Gagasan memperingati kelahiran Yesus pada Desember dianggap radikal di Ukraina sampai saat ini, tetapi invasi Rusia mengubah banyak hati dan pikiran, dikutip dari AP News, Selasa (27/12).

Pada Oktober, pimpinan Gereja Ortodoks Ukraina, yang tidak sejalan dengan gereja Rusia dan salah satu dari dua cabang Kristen Ortodoks di negara itu, setuju untuk mengizinkan umat merayakan Natal pada 25 Desember.

Pilihan tanggal memiliki nuansa politik dan agama. Bagi sebagian orang, perubahan tanggal melambangkan pemisahan dari Rusia, budayanya, dan agamanya.

Orang-orang di sebuah desa di pinggiran Kyiv baru-baru ini memilih untuk meningkatkan perayaan Natal mereka.

"Perang yang dimulai pada 24 Februari serta invasi skala penuh adalah kebangkitan dan pemahaman bahwa kita tidak dapat lagi menjadi bagian dari dunia Rusia," kata Olena Paliy, seorang penduduk Bobrytsia berusia 33 tahun.

Gereja Ortodoks Rusia, yang mengklaim kedaulatan atas Ortodoksi di Ukraina, dan beberapa gereja Ortodoks Timur lainnya terus menggunakan kalender Julian kuno.

Gereja Katolik pertama kali mengadopsi kalender Gregorian modern yang lebih tepat secara astronomis pada abad ke-16, dan umat Protestan serta beberapa gereja Ortodoks sejak itu menyelaraskan kalender mereka sendiri untuk tujuan menghitung Natal.

Negara Pertama yang Rayakan Tahun Baru 2023

Mengenal Kiribati, Negara Pertama yang Akan Merayakan Tahun Baru 2023

Liputan6.com 2022-12-30 07:32:54
Kiribati (Foto: TORSTEN BLACKWOOD / AFP)

Dalam hitungan hari, kita akan merayakan Tahun Baru 2023. Berbagai persiapan tentu sudah dibuat untuk menyambutnya. Karena pandemi sudah semakin mereda, tentunya akan banyak acara perayaan tahun baru.

Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya, negara mana yang akan merayakan tahun baru 2023 lebih dulu? Berkaca pada fenomena rotasi dan revolusi Bumi, memang ada negara pertama dan terakhir yang merayakan tahun baru.

Apakah ini berarti semua tergantung pada zona waktu yang sudah dibagi secara internasional? Kalau tebakan Anda adalah Inggris karena Greenwich ada di negara tersebut, dugaan Anda masih kurang tepat.

Negara pertama yang akan rayakan tahun baru adalah Kiribati, sebuah negara yang berada di Kepulauan Samudra Pasifik. Melansir laman National Geographic, Kamis, 29 Desember 2022, Kiribati akan merayakan tahun baru saat Indonesia bagian barat baru menunjukkan pukul 17.00 WIB.

Kiribati terkenal akan keindahan lautnya. Negara itu bahkan jadi cagar laut terbesar di wilayah Pasifik Selatan. Dengan luas sekitar 811 kilometer persegi, Kribati sebagian besar berbentuk atol dataran rendah atau terumbu karang berbentuk cincin.

Jadi, kalau Anda ingin menjadi golongan masyarakat dunia pertama yang merayakan tahun baru, mungkin Anda bisa berkunjung ke negara ini sambil menikmati keindahan kepulauan dan bawah lautnya yang memesona.


Terakhir Rayakan Tahun Baru

Setelah tahu negara yang pertama kali merayakan tahun baru, Anda mungkin juga penasaran dengan fakta sebaliknya. Negara atau area mana yang terakhir merayakan momen ini?

Secara geografis, Amerika Serikat berada di belahan Bumi lain dari Kiribati. Hal itu membuat negara tersebut menjadi salah satu wilayah yang mengalami tahun baru paling belakang, khususnya area Howland Island dan Baker Island.

Saat kita di Indonesia merayakan pergantian tahun, kedua wilayah tersebut masih harus menunggu 19 jam lagi untuk merayakannya. Jadi, mereka akan merayakan tahun baru saat Indonesia bagian barat menunjukkan waktu 19.00 WIB pada 1 Januari 2023.

Howland Island berada di Samudra Pasifik bagian Barat Daya, yaitu 2.650 kilometer sebelah barat daya dari Honolulu. Tak heran jika orang-orang di sana harus merayakan tahun baru 2023 paling akhir.

Di sisi lain, sebagai negara yang selalu pertama merayakan tahun baru, Kiribati ternyata menyimpan cerita yang cukup memprihatinkan.


Perubahan Iklim

Bagi Kiribati, perubahan iklim adalah ancaman nyata, baik untuk kehidupan rakyatnya maupun eksistensinya sebagai sebuah negara. Kiribati diprediksi sebagai negara pertama yang bakal tenggelam akibat naiknya permukaan air laut yang dipicu perubahan iklim.

Mereka terancam jadi 'Atlantis' kedua. Mencegah mimpi buruk itu jadi nyata, Kiribati menggandeng sejumlah pihak untuk melawan perubahan iklim. Salah satunya ternyata adalah Indonesia.

"Kiribati mengalami masalah besar akibat naiknya permukaan air laut. Kami paham Indonesia sebagai negara kepulauan menghadapi masalah serupa. Oleh sebab itu, kami meminta bantuan Indonesia dan ingin bertukar pengalaman dengan Indonesia," kata Presiden Kiribati, Taneti Maamau, seperti dikutip dari laman Kemlu.go.id.

Presiden Maamau juga menyampaikan pujian pada RI atas upaya menanggulangi masalah perubahan iklim global. Ia menyambut gembira dan membalas salam hangat Presiden Joko Widodo. Selain itu, pria yang juga menjabat sebagai Menteri Luar Negeri ini menyampaikan terima kasih besar pada Pemerintah Indonesia.


Hubungan Diplomatik dengan RI

Hal ini terkait bantuan pembangunan kapasitas yang diberikan Indonesia pada negaranya. "Bantuan Indonesia berupa beasiswa, pelatihan, maupun kursus singkat sangat kami hargai. Masyarakat Kiribati merasakan manfaatnya, dan berharap penawaran dapat terus berlanjut di masa mendatang," jelas dia.

Melansir kanal Global Liputan6.com, pada 2017, kenaikan permukaan air laut sudah mencapai 20 mm per tahun dan gelombang besar acap kali mencemari sumber air tawar penduduk dan mematikan tumbuhan di sekitarnya.

Demi mengantisipasi kemungkinan terjadinya climate change refugees di kemudian hari, Kiribati telah membeli sebidang tanah di sebuah pulau di Fiji.

Hubungan diplomatik antara RI dan Kiribati dibuka pada 2013. Meski jarak antara kedua negara sangat jauh, namun di Kiribati terdapat beberapa pengusaha lokal yang mengimpor komoditas makanan dan minuman dari Indonesia.

Menurut rencana, Kiribati akan memesan kapal lagi dari Indonesia. Sementara itu di bidang kerja sama teknik dan sosial budaya, tercatat sudah ada 18 orang WN Kiribati yang memperoleh beasiswa, pelatihan, dan kursus singkat di Indonesia pada 2017.

Kabar Mengkhawatirkan dari China

HEADLINE: Sejumlah Negara Wajibkan Pelancong China Tes COVID-19 Saat Liburan Tahun Baru, Khawatir Varian Baru?

Liputan6.com 2022-12-31 00:02:03
Seorang wanita menjalani swab tenggorokan untuk tes COVID-19 di tempat pengujian virus corona di Beijing, Rabu (9/11/2022). Lonjakan kasus COVID-19 telah mendorong penguncian di pusat manufak

Kasus COVID-19 di China melonjak drastis di penghujung 2022. Bertambahnya pasien yang dirawat di rumah sakit dipicu pencabutan kebijakan nol-COVID-19 di China.

Meski begitu, pemerintah China akan membuka kembali pembuatan paspor agar warganya bisa liburan Tahun Baru Imlek pada Januari 2023. Kebijakan ini memungkinkan wisatawan China bisa bebas berwisata dan berbelanja ke negara lain seperti kawasan Asia dan Eropa, sekaligus memunculkan kekhawatiran menyebarkan COVID-19 karena kasus di Tiongkok sedang melonjak.

Sementara, Komisi Kesehatan Nasional China telah berhenti mengeluarkan angka kasus harian, pejabat di beberapa kota memperkirakan ratusan ribu orang telah terinfeksi COVID-19 dalam beberapa pekan terakhir. Rumah sakit dan krematorium di seluruh negeri dilaporkan telah kewalahan.

Dengan varian virus yang kini bersirkulasi dan mampu menginfeksi hampir 20% populasi dunia, banyak warga China yang belum memiliki kekebalan dari infeksi sebelumnya dan banyak yang belum divaksinasi, mengkhawatirkan negara lain dan pakar, bahwa China akan menjadi lahan subur bagi varian baru.

Amerika Serikat, Jepang, dan sejumlah negara lainnya pun mewajibkan tes COVID-19 bagi pelancong yang datang dari China, mencerminkan kekhawatiran global bahwa varian baru dapat muncul dalam wabah eksplosif, dikutip dari NST.com.my.

Belum ada laporan varian baru hingga saat ini. Tetapi mengingat rekam jejak China, kekhawatirannya adalah Tiongkok tidak membagikan data tentang tanda-tanda berkembangnya strain yang dapat memicu wabah baru di tempat lain.

Amerika Serikat mengumumkan persyaratan tes negatif pada Rabu 28 Desember untuk penumpang dari China, berdasarkan lonjakan infeksi dan kurangnya informasi, termasuk pengurutan genom dari galur virus corona di negara itu.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menyatakan keprihatinan serupa tentang kurangnya informasi ketika dia mengumumkan persyaratan pengujian bagi penumpang dari China awal pekan ini. Secara lebih luas, Direktur Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa baru-baru ini WHO membutuhkan lebih banyak informasi tentang tingkat keparahan wabah di China -- terutama mengenai penerimaan rumah sakit dan ICU, di negara tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning menyatakan, negaranya selalu membagikan informasinya secara bertanggung jawab kepada WHO dan komunitas internasional.

"Kami siap bekerja sama dengan komunitas internasional dalam solidaritas untuk mengatasi tantangan COVID-19 secara lebih efektif, melindungi kehidupan dan kesehatan masyarakat, serta bersama-sama memulihkan pertumbuhan ekonomi yang stabil dan membangun komunitas kesehatan global untuk semua," katanya.

Otoritas kesehatan Jerman kini sedang memantau situasi tetapi belum mengambil langkah pencegahan serupa. "Kami tidak memiliki indikasi bahwa varian yang lebih berbahaya telah berkembang dalam wabah ini di China," kata juru bicara Kementerian Kesehatan Sebastian Guelde.

India, Korea Selatan, Taiwan, dan Italia juga telah mengumumkan berbagai persyaratan pengujian untuk penumpang dari China. Bagaimana dengan Indonesia?

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia Siti Nadia Tarmizi belum memastikan adanya secara khusus pengetatan syarat perjalanan untuk pelancong dari Tiongkok. Meski begitu, demi mengantisipasi penularan virus Corona dari Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN), Kemenkes tetap mengawasi pintu masuk negara.

"Masih terus kita monitor perkembangannya, sementara pengawasan pintu masuk diperketat. Surveilans genomik terus dimonitor," kata Nadia saat dikonfirmasi Liputan6.com melalui pesan singkat pada Jumat, 30 Desember 2022.

Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara, Tjandra Yoga Aditama menyarankan sebaiknya pelancong dari Tiongkok yang masuk Indonesia harus negatif tes PCR. Hal ini melihat beberapa negara lain mulai mewajibkan tes COVID-19 bagi mereka dari Tiongkok yang masuk ke negaranya.

Dikatakan Tjandra Yoga sebelumnya, kekhawatiran kasus COVID-19 yang melonjak di Tiongkok perlu diperketat pengawasannya. Terlebih lagi, bila terdeteksi bergejala saat di pintu kedatangan agar segera tes PCR dan dilakukan Whole Genome Sequencing (WGS).

Upaya tersebut dilakukan supaya strain virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 dapat diketahui. Apalagi di Tiongkok sendiri, varian Corona baru seperti BA.5 dan BA.2.75, dan BF.7 menjadi 'biang kerok' kenaikan kasus COVID-19 di sana.

"Saya awalnya menganjurkan mereka yang datang dari China diawasi 14 hari. Kalau ada gejala atau kecurigaan (gejala) segera di PCR dan kalau bisa ditambah (pemeriksaan) WGS supaya tahu strainnya (varian Corona)," terang Tjandra Yoga saat dihubungi Liputan6.com.

"Tetapi, dengan perkembangan yang ada, maka sekarang nampaknya baik kalau lebih ketat lagi, setidaknya yang datang dari China sudah harus PCR negatif."


Siaga Negara Asing ke Pelancong China

Amerika Serikat menetapkan aturan baru bagi pelancong asal China yang harus lolos uji COVID-19 bila mau masuk ke negaranya. Kebijakan ini ditetapkan sesaat usai Beijing mengumumkan akan membuka kembali perbatasannya pada minggu depan.

Italia, Jepang, Taiwan, dan India juga mengumumkan warga China wajib tes bila bertandang ke negaranya. Hanya Australia dan Inggris yang memutuskan tidak ada aturan baru bagi pelancong dari China.

Melansir laman BBC, Kamis (29/12/2022), usai 3 tahun tertutup dari dunia, China akan membiarkan warganya bepergian lebih bebas mulai 8 Januari. Tetapi lonjakan COVID yang sedang berlangsung di negara itu telah memicu kewaspadaan.

China melaporkan sekitar 5.000 kasus per hari, tetapi analis mengatakan jumlah tersebut sejatinya masih sangat kurang di mana prediksinya beban kasus harian mungkin mendekati satu juta.

Laporan menyebutkan jika rumah sakit kewalahan menangani pasien dan warga berjuang untuk menemukan obat-obatan dasar.

AS mengatakan kurangnya data COVID yang "memadai dan transparan" di China telah berkontribusi pada keputusan untuk mewajibkan tes COVID mulai 5 Januari bagi pelancong yang memasuki AS dari China, Hong Kong, dan Makau.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengatakan ini diperlukan "untuk membantu memperlambat penyebaran virus saat kami berupaya mengidentifikasi ... potensi varian baru yang mungkin muncul".

Tetapi kementerian luar negeri Beijing mengatakan aturan virus corona hanya boleh diberlakukan atas dasar "ilmiah" dan menuduh negara-negara Barat dan media "membesar-besarkan" situasi tersebut.

Di Jepang, pelancong dari China juga harus menjalani tes Covid pada saat kedatangan. Mereka yang dites positif harus dikarantina hingga tujuh hari. Selain itu, jumlah penerbangan ke dan dari China juga dibatasi

Di India, orang yang bepergian dari China dan empat negara Asia lainnya harus menunjukkan tes Covid negatif sebelum tiba. Penumpang yang positif juga akan dikarantina.

Taiwan mengatakan orang-orang yang tiba dengan penerbangan dari China, serta dengan perahu di dua pulau, harus menjalani tes Covid pada saat kedatangan dari 1 Januari hingga 31 Januari. Mereka yang dinyatakan positif akan dapat mengisolasi diri di rumah

Sementara Malaysia telah menerapkan langkah-langkah pelacakan dan pengawasan tambahan. Italia juga telah memberlakukan pengujian Covid wajib pada pelancong dari China.

Komisi Eropa mengatakan komite keamanan kesehatannya akan bersidang pada hari Kamis untuk membahas "kemungkinan langkah-langkah untuk pendekatan UE yang terkoordinasi" terhadap lonjakan Covid di China.

Tetapi Italia, negara anggota UE dan episentrum virus pada akhir 2019 dan 2020, mengatakan pihaknya bergerak lebih dulu untuk "memastikan pengawasan dan identifikasi" dari setiap varian baru virus tersebut.


Kata Pemerintah China

Beberapa orang bereaksi dengan marah di media sosial China. "Saya pikir semua negara asing telah terbuka. Bukankah ini rasisme?" baca satu komentar yang disukai 3.000 kali di Weibo. AS mengatakan pengujian diperlukan bagi siapa pun yang datang dari China, atau melalui negara ketiga, terlepas dari kebangsaannya.

Tetapi yang lain mengatakan bahwa mereka memahami alasan dari kondisi tersebut: "Ini tidak seberapa dibandingkan dengan semua pembatasan yang kami miliki untuk orang yang datang ke China," tulis seorang pengguna.

Beijing baru mengumumkan pada hari Senin keputusannya untuk mengakhiri karantina untuk kedatangan - secara efektif membuka kembali perjalanan masuk dan keluar negara untuk pertama kalinya sejak Maret 2020. Hingga minggu ini, siapa pun yang memasuki China harus menjalani karantina di fasilitas negara.

Sebelum pandemi, China telah menjadi pasar wisata outbound terbesar di dunia. Tetapi tidak jelas berapa banyak orang China yang akan bepergian ke luar negeri setelah 8 Januari mengingat jumlah penerbangan terbatas, dan banyak warga perlu memperbarui paspor mereka.

Reaksi masyarakat internasional bervariasi dengan Inggris dan Australia mengatakan mereka memantau situasi Covid di China tetapi tidak berencana mengumumkan persyaratan pengujian baru.

Kementerian luar negeri China mengatakan saat ini perkembangan situasi epidemi China secara keseluruhan dapat diprediksi dan terkendali.

Namun jumlah sebenarnya dari kasus harian dan kematian di China tidak diketahui karena para pejabat telah berhenti meminta laporan kasus dan mengubah klasifikasi untuk kematian akibat Covid.

Para pejabat mengatakan mereka juga akan berhenti merilis jumlah kasus harian. "Lonjakan infeksi di China sesuai dengan yang diharapkan," kata Dr Chandrakant Lahariya, Ahli epidemiologi dan spesialis sistem kesehatan India kepada BBC.

"Jika Anda memiliki populasi rentan yang tidak terpapar virus, kasus akan meningkat. Tidak ada yang berubah di seluruh dunia."

Keputusan China untuk membuka kembali perbatasannya menandai akhir dari kebijakan nol-Covid yang kontroversial di negara itu, yang secara pribadi didukung oleh Presiden Xi Jinping.

Bahkan ketika seluruh dunia beralih untuk hidup dengan virus, Beijing bersikeras pada kebijakan pemberantasan yang melibatkan pengujian massal dan penguncian yang ketat.


Pendapat Para Pakar

Antoine Flahault, direktur Institut Kesehatan Global di Universitas Jenewa, mengatakan kepada AFP bahwa setiap infeksi baru meningkatkan kemungkinan virus akan bermutasi. "Fakta bahwa 1,4 miliar orang tiba-tiba terekspos pada virus SARS-CoV-2, jelas menciptakan kondisi yang rawan munculnya varian baru," kata Flahault merujuk pada virus penyebab penyakit COVID-19.

Bruno Lina, seorang profesor virologi di Universitas Lyon Prancis, kepada surat kabar La Croix pada pekan ini mengatakan, China dapat menjadi "tempat berkembang biak yang potensial bagi virus varian baru".

Soumya Swaminathan, yang menjabat sebagai ilmuwan kepala Organisasi Kesehatan Dunia -WHO hingga November lalu, mengatakan sebagian besar penduduk China rentan terhadap infeksi, sebagian karena banyak orang lanjut usia belum divaksinasi atau mendapat vaksinasi booster.

"Kita perlu terus mencermati setiap varian yang muncul," katanya kepada situs web surat kabar Indian Express.

Sementara itu, pejabat kesehatan Eropa menyebut pemeriksaan dan pembatasan pada pelancong dari China tidak dapat dibenarkan.

Orang Eropa memiliki tingkat perlindungan yang tinggi terhadap COVID-19, dan sistem kesehatan di benua itu dapat menangani beban infeksi saat ini, kata Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa.

Hal itu dikomentari setelah keputusan sejumlah negara mulai dari AS hingga Italia dan Jepang untuk memberlakukan tes COVID-19 untuk semua pelancong dari China.

Langkah Beijing baru-baru ini untuk membatalkan kebijakan ketat nol-COVID telah memicu lonjakan infeksi di China, dan kekhawatiran di tempat lain tentang varian baru, dikutip dari NST.com.my.

Rencana Italia untuk menguji kedatangan dari China mengikuti penemuan bahwa hampir setengah dari penumpang pada dua penerbangan baru-baru ini dari negara itu positif COVID-19. Dikatakan pada Kamis bahwa pengurutan menunjukkan strain adalah Omicron.

Sejauh ini, Komisi Eropa telah menahan diri untuk tidak mengikuti jejak Italia. Itu mengecilkan risiko, mencatat bahwa Omicron sudah ada di Eropa dan "tidak tumbuh secara signifikan".

"Namun, kami tetap waspada dan akan siap menggunakan rem darurat jika diperlukan," tambah komisi itu.

ECDC mendukung pernyataan dari Komisi Eropa tersebut. Dikatakan strain yang beredar di China sudah ada di Eropa dan potensi infeksi impor rendah dibandingkan dengan tingkat penularan COVID-19 yang sudah terjadi di UE.

Meski demikian, para pejabat memantau dengan cermat situasi di China dan melakukan kontak rutin dengan pejabat kesehatan di sana, katanya.