Vonis Mati untuk Pemerkosa 13 Santri

Tok! MA Tetap Vonis Mati Herry Wirawan, Pemerkosa 13 Santri

Liputan6.com 2023-01-03 18:22:20
Terdakwa pemerkosa belasan santri di Bandung, Herry Wirawan, keluar dari ruang persidangan setelah agenda sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Bandung, Selasa (11/1/2022). (Foto: Humas Kejati

Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi yang diajukan terdakwa kasus pemerkosaan 13 santriwati, Herry Wirawan. Dengan ditolaknya kasasi oleh MA, maka Herry tetap divonis dengan pidana mati.

"Amar putusan JPU & TDW = Tolak," demikian dikutip dari laman kepaniteraan MA, Selasa (3/1/2022).

Perkara dengan nomor: 5642 K/PID.SUS/2022 ini diadili oleh ketua majelis kasasi Sri Murwahyuni dengan hakim anggota Hidayat Manao dan Prim Haryadi dengan panitera pengganti Maruli Tumpal Sirait. Putusan kasasi ini dibacakan MA pada Kamis, 8 Desember 2022.

Diketahui, terpidana kasus perkosaan terhadap belasan santriwati, Herry Wirawan (36), akhirnya mengajukan kasasi kepada Mahkamah Agung (MA) atas vonis mati yang telah dijatuhkan Pengadilan Tinggi (PT) Bandung.

Kuasa hukum Herry Wirawan, Ira Mambo mengatakan, pengajuan kasasi merupakan keputusan yang dipilih Herry yang memperkosa belasan santriwati hingga hamil dan melahirkan itu menanggapi langkah hukum usai divonis hukuman mati PT Bandung.

"Iya (kasasi). Lagi diurus," kata Ira saat dikonfirmasi, Senin (26/4/2022).

Ira menerangkan, usai menerima salinan putusan PT Bandung, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Herry Wirawan yang kini mendekam di Rumah Tahanan Kelas I Bandung.


Pertimbangan Hukum

Adapun opsi kasasi diambil didasari pertimbangan upaya hukum kliennya. Selain itu, Ira juga menegaskan bahwa pengajuan kasasi bukan semata-mata bahwa kliennya meminta keringanan hukuman, melainkan untuk memperkuat putusan pada tingkat pertama atau tingkat kedua (banding).

"Ketika kasasi itu, beliau (hakim) memutus di luar putusan tingkat pertama atau kedua. Kan pertama seumur hidup, kedua mati dan restitusi. Nah, nanti kasasi ini misalnya lebih rendah atau lebih tinggi, jadi istilahnya menguatkan banding atau PN atau dia bikin putusan sendiri. Itu kewenangan hakim sendiri, jadi tidak meminta hukumannya diringankan," tuturnya.


Vonis Mati

Pengadilan Tinggi (PT) Bandung menjatuhkan vonis mati kepada terdakwa kasus pemerkosaan terhadap 13 santriwatinya, Herry Wirawan. Vonis banding itu dibacakan pada Senin 4 April 2022.

"Menghukum terdakwa oleh karena itu dengan pidana mati," bunyi amar putusan kasus pemerkosaan santriwati dengan terdakwa Herry Wirawan, seperti dikutip Liputan6.com dari laman resmi PT Bandung.

Siap Cetak Sejarah di Arab Saudi

Cristiano Ronaldo Tiba di Arab Saudi, Siap Buat Sejarah Baru

Liputan6.com 2023-01-03 09:00:07
Bintang Portugal, Cristiano Ronaldo akhirnya mendarat di Arab Saudi dan segera diperkenalkan sebagai pemain baru Al-Nassr, (Dok. Instagram Al-Nassr)

Pemain sepak bola Portugal, Cristiano Ronaldo, telah tiba di Kerajaan Arab Saudi untuk bermain di klub Al-Nassr. CR7 tiba pada Senin malam (2/1) waktu setempat.

Atlet berusia 37 tahun itu tiba di King Khaled International Airport, Riyadh, bersama keluarganya. Ia juga telah datang ke markas Al-Nassr.

Berdasarkan laporan Arab News, Selasa (3/1/2023), Al-Nassr akan menggelar upacara penyambutan untuk Cristiano Ronaldo. Upacara itu diperkirakan tayang di berbagai media Saudi.

Acara penyambutan itu akan digelar di Marsool Park pada Selasa malam. Ronaldo akan menandatangani kontrak di hadapan media massa dan fans.

Pihak klub Al-Nassr menyebut kehadiran Ronaldo sebagai "membuat sejarah" dan akan berdampak positif ke liga Saudi.

Klub Saudi tersebut masih belum mengungkap kapan Cristiano Ronaldo akan melaksanakan debutnya.

Kontrak Ronaldo di Al-Nassr memiliki nilai yang fantastis. Gajinya ditaksir mencapai US$ 200 juta per tahun.

Cristiano Ronaldo baru-baru ini disorot setelah Portugal kalah di Piala Dunia 2022. Meski ada spekulasi pensiun, ia berkata tetap termotivasi untuk bermain di Piala Dunia 2026.

Piala Dunia 2026 akan digelar di Amerika Utara pada musim panas. Usia Ronaldo sudah akan di atas 40 tahun pada 2026.


MU Bidik Striker 18 Tahun Sebagai Pengganti Cristiano Ronaldo

Manchester United masih belum juga berhasil mendapatkan striker baru untuk menggantikan Cristiano Ronaldo hingga awal 2023 ini. Isu calon pengganti Ronaldo di MU pun jadi berkembang semakin liar.

Dengan didepaknya Ronaldo, MU sangat butuh kehadiran setidaknya satu penyerang baru di bursa transfer Januari 2023. Pasalnya saat ini Setan Merah cuma punya dua penyerang saja, Anthony Martial dan Marcus Rashford.

MU harus berhati-hati dalam mencari pengganti Ronaldo. Manajer Erik ten Hag tidak bisa jor-joran membeli striker beken di Januari 2023 ini. Pasalnya MU sedang dalam proses pergantian kepemilikan.

Keluarga Glazer tentu saja tidak akan mau mengucurkan dana besar untuk belanja pemain di Januari 2023 karena sebentar lagi akan menjual klub. Mereka menargetkan di Maret 2023 sudah bisa melepas kepemilikan mayoritas di Old Trafford.

Manchester United menyiasatinya dengan berencana meminjam pemain di Januari 2023 atau melirik pemain dengan harga miring karena kontrak akan habis akhir musim nanti.

Awalnya MU dikaitkan dengan penyerang Borussia Moechengladbach Marcus Thuram. Kontrak pemuda Prancis itu akan habis Juni nanti sehingga bisa didapatkan dengan harga murah di Januari 2023 ini.

Yang terbaru, MU malah dikaitkan dengan penyerang belia berusia 18 tahun Youssoufa Moukoko dari Borussia Dortmund. Jurnalis CBS Ben Jacobs pada hari pertama tahun 2023 melaporkan MU juga turut memantau Moukoko.


3 Pemain Bintang yang Bakal Susul Cristiano Ronaldo ke Al-Nassr

Al-Nassr bisa membayar mahal Ronaldo karena tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk mahar transfer. Sejak sebelum Piala Dunia 2022 dimulai, Ronaldo sudah tidak memiliki klub setelah diputus kontrak oleh MU.

Ronaldo memilih pindah ke Al-Nassr setelah tidak ada klub besar Eropa yang mau menampungnya. Ronaldo pergi dari MU dengan cara tidak baik. Dia menjelek-jelekkan klub saat diwawancarai Piers Morgan.

Bergabungnya Ronaldo membuat Al-Nassr semakin bergairah untuk bisa menjuarai Liga Arab Saudi dan main di Liga Champions Asia. Tim asuhan Rudi Garcia itu berniat menambah stok pemain bintang.

Sebelum Ronaldo, Al-Nassr sudah memiliki pemain top seperti Anderson Talisca, Luiz Gustavo, Vincent Aboubakar, Alvaro Gonzalez hingga David Ospina. Namun mereka nampaknya masih belum puas.

Ada tiga pesepakbola top lain yang dikabarkan akan coba direkrut Al-Nassr guna disandingkan dengan Cristiano Ronaldo. Siapa saja? Simak di halaman berikutnya:


Pemain Potensial

Al-Nassr kabarnya ingin merekrut Sergio Ramos. Kebetulan kontrak Ramos bersama Paris Saint-Germain akan habis akhir musim nanti. Tawaran gaji besar diharapkan membuat Ramos tergoda.

Pindah ke Al-Nassr akan membuat Ramos bisa reunian dengan Cristiano Ronaldo. Keduanya pernah sukses besar ketika bermain di Real Madrid.

Kebetulan lini belakang Al-Nassr kurang kokoh karena cuma punya satu pemain asing Alvaro Gonzalez. Ramos bisa menjadi solusi tepat memperkuat sektor pertahanan Al-Nassr.

Mundo Deportivo melaporkan, Al Nassr kini mencoba goda Sergio Busquets. Gelandang asal Barcelona ini diberi tawaran menggiurkan yang disebut bakal bikin pusing pemain 34 tahun ini.

Busquets masuki tahun terakhir di Barcelona. Pada Januari nanti, dia bebas negoisasi dengan klub manapun. Kondisi inilah yang membuat direktur sport Al Nassr, Goran Vucevic turun tangan.

Kebetulan Vucevic sudah mengenal baik Busquets. Dia pernah jadi tim pemandu bakat di Barcelona. Al Nassr harus bersaing dengan klub Amerika Serikat, Inter Miami yang juga meminati jasa Busquets.

Kabar mengejutkan diungkap TMWusai bergabungnya Ronaldo ke Al-Nassr. Klub asuhan Rudi Garcia kabarnya juga melirik striker tambahan yang punya nama besar yakni Mauro Icardi.

Pemain 29 tahun itu saat ini bermain untuk klub Turki, Galatasaray. Icardi mentas disana dengan status pemain pinjaman dari Paris Saint-Germain.

Namun kabarnya Icardi tidak betah main di Galatasaray dan berencana pindah. TMW melaporkan Al-Nassr tertarik menampung Icardi. Mereka sudah membuka pembicaraan dengan pemain asal Argentina itu.

Jika Icardi jadi bergabung bersama Ronaldo, maka Al-Nassr kemungkinan melepas Aboubakar. Kebetulan pemain nasional Kamerun itu sedang diincar Manchester United untuk dipinjam sampai akhir musim nanti.

Sadar Mulai Menua, Ubah Gaya Hidup

Raffi Ahmad Mulai Jalani Pola Hidup Sehat, Sadar Usianya Sudah Tidak Muda Lagi

Liputan6.com 2023-01-03 16:00:00
Raffi Ahmad (Liputan6.com - M. Altaf Jauhar)

Raffi Ahmad memetik pelajaran dari apa yang dialami Indra Bekti. Seperti diketahui, suami Aldila Jelita diketahui memiliki tekanan darah yang cukup tinggi, diduga akibat kelelahan karena padatnya jadwal pekerjaan.

Raffi membenarkan jika rekan-rekan seprofesinya sesama artis kerap mengabaikan masalah kesehatan karena sibuk bekerja.

Termasuk dirinya yang hingga kini masih memiliki aktifitas yang sangat padat, sehingga harus dapat membagi waktu antara bekerja dan istirahat.

"Ya pastinya (jadi pelajaran) lah, kalau teman-teman pekerja keras semuanya, memang resikonya itu kesehatan. Makanya kesehatan harus diseimbangkan sama apa yang kita kerjakan. Sehari-hari makanan, istirahat dan lain lain," kata Raffi di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (2/1/2023).


Terapkan Pola Hidup Sehat

Di usianya yang menginjak 35 tahun, Raffi mengaku berusaha untuk merepkan pola hidup sehat. Mulai dari memerhatikan asupan makanan hingga waktu istirahat yang cukup. Raffi menyadari kondisi tubuhnya kini tak lagi seprima dulu.

"Karena kan udah enggak muda kayak dulu lagi. Kayak misalnya jatuh keplitek aja bisa dua minggu sembuhnya. Sekarang udah mulai lama (sembuhnya). Jadi kesehatan sudah mulai dijaga," akunya.


Kaget Indra Bekti Sakit

Raffi melanjutkan, sudah cukup lama dirinya tak bertemu dengan Indra Bekti. Karenanya suami Nagita Slavina itu mengaku kaget mendengar kabar Indra Bekti dilarikan ke rumah sakit karena mengalami pendarahan di kepala.

"Aku memang lagi jarang ketemu dia. Kalau dulu hampir setiap hari ketemu. Cuma setahu aku memang, aku juga enggak tahu, Bekti terakhir bagaimana. Tiba-tiba dia sakit kaget juga," ungkap Raffi.


Belum Sempat Menjenguk

Sementara ini Raffi belum sempat menjeguk Indra Bekti, mengingat dirinya masih berkabung karena baru ditinggal nenek tercinta. Namun Raffi berniat melihat langsung kondisi Bekti.

"Belum sempet, karena nenek aku juga kemarin meninggal. Baru sampe Jakarta hari ini. Masih ada beberapa keluarga yang datang, jadi masih belum lah. Nanti akan ke sana lah, tapi tunggu berdukanya selesai dulu," kata bapak dua anak tersebut. (M. Altaf Jauhar)

Seleb Paling Menyebalkan 2022

Meghan Markle Jadi Pesohor Paling Menyebalkan 2022, Pangeran Harry di Urutan Kedua

Liputan6.com 2023-01-03 13:03:29
Meghan Markle tiba di Westminster Abbey, London, Inggris, pada 19 September 2022, untuk menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II. (Geoff PUGH/POOL/AFP)

Sorotan negatif terhadap pasangan Meghan Markle dan Pangeran Harry masih belum berakhir. Serial dokumentar antara Meghan Markle dan Pangeran Harry di Netflix sepertinya sangat menghancurkan reputasi mereka.

Sebuah daftar pesohor paling menyebalkan sepanjang tahun 2022 pun menjadi buktinya. Setiap akhir tahun, situs Ranker merilis daftar figur publik atau selebriti yang paling menyebalkan sepanjang tahun menurut hasil voting secara online. Untuk Celebrities You're Sick of in 2022 atau pesohor paling menyebalkan sepanjang 2022, Meghan Markle menduduki urutan pertama.

Melansir Daily Mail, 31 Desember 2022, dari 461.000 suara yang masuk, Duchess of Sussex menerima 24.201 suara. Sementara sang suami berada di urutan kedua dengan 21.492 suara. Daftar ini muncul hanya beberapa pekan usai serial 'Harry & Meghan' tayang di Netflix.

Menurut Daily Mail, citra keduanya menurun drastis bila dibandingkan dengan tahun lalu. Meghan dan Harry bahkan tidak termasuk dalam 10 besar. Tahun lalu, ibu dua anak itu hanya menempati urutan ke-20 dan Harry di urutan ke-23.

Celebrities You're Sick of in 2022 ini turut menyertakan nama Oprah Winfrey dengan perolehan sebanyak 15.488 suara sehingga menjadikannya orang paling menyebalkan urutan ketiga. Pada Maret 2021, dia pernah mewawancarai Meghan dan Harry.

Meghan pernah mengatakan pada perempuan yang dijuluki Ratu Talkshow itu, bahwa dirinya mendapat perlakuan rasis dari seorang anggota keluarga kerajaan. Meghan juga mengklaim, Kate Middleton pernah membuat dirinya menangis karena masalah bridesmaid.


James Corden

Urutan selanjutnya yaitu peringkat keempat adalah aktris Amber Heard. Sorotan publik tertuju padanya di sepanjang 2022 karena perseteruannya dengan sang suami, aktor Johnny Depp yang berakhir dengan perceraian di meja hijau.

Kemudian, ada nama komedian James Corden yang menduduki posisi kelima di daftar Pesohor Paling Menyebalkan 2022. Corden sempat jadi perbincangan setelah dalam unggahan di Instagram seorang pemilik restoran populer di kota New York, Keith McNally mengatakan perilaku buruk sang pembawa acara ketika menjadi tamu di restorannya.

Namun Keith mengatakan pada Senin, 18 Oktober 2022, bahwa Corden telah meminta maaf dan dia akan segera membatalkan larangan pembawa acara TV itu untuk makan di restorannya. Corden mengakui telah berperilaku tak terpuji di restoran. Ia berkata-kata kasar di Restoran Balthazar milik Keith McNally lantaran kesehatan istrinya.

Dikutip dari People, Rabu (26/10/2022), Corden meminta maaf di program yang dibawakannya pada Senin, 24 Oktober 2022.Pemilik restoran McNally sebelumnya melarang Corden kembali ke restorannya setelah menggunggah perilaku kasar Corden. Atas hal itu, Corden mengatakan bahwa dia "segera" mendapatkan nomor teleponnya untuk membahas kejadian tersebut.


Kehilangan Simpati Publik

Beberapa hari sebelumnya, sosok Meghan disamakan oleh Politico dengan sosok seperti Donald Trump, Elon Musk, Kanye West, Elizabeth Holmes, dan Sam Bankman-Fried dalam daftar "narcissists" yang telah kehilangan simpati publik. Kontributor yang berbasis di Boston, Joanna Weiss, menulis artikel tersebut, dan memicu reaksi luas, dengan banyak warganet memprotes narasi tersebut.

Mengutip News Week, Kamis (29/12/2022), Politico bukanlah publikasi AS pertama yang mengkritik film dokumenter Netflix Harry & Meghan, yang mencatat sambutan berbeda dengan wawancara Oprah Winfrey pada Maret 2021. Intervensi signifikan lain datang dari Variety beberapa hari setelah Bagian II dari Harry & Meghan dirilis pada 15 Desember 2022.

Sebagaimana diketahui, tayangan tersebut berisi tuduhan bahwa Pangeran William meneriaki Harry selama negosiasi kerajaan. Penulis artikel itu, Andrew Wallenstein, yang merupakan presiden dan kepala analis media di Variety Intelligence Platform, menulis, "Bukannya Harry dan Meghan tidak memiliki cerita yang layak diceritakan, prasangka yang mereka hadapi dari keluarga kerajaan dan pers Inggris sangat buruk. Tapi, menceritakan kisah itu justru membuat simpati publik semakin berkurang."

Meghan Markle dan Pangeran Harry disebut memainkan kartu sebagai korban berulang kali. Dalam waktu dekat, keduanya disarankan untuk beralih ke sesuatu, selain menceritakan kembali penderitaan lama mereka.


Memoar Harry

Sementara itu, memoar terbaru Pangeran Harry yang bertajuk 'Spare' diyakini tidak hanya akan membuat hubungannya dengan ayahnya, Raja Charles III akan semakin memburuk. Menurut seseorang yang telah membaca buku tersebut, ia mempediksi konflik antara Harry dan kakaknya, Pangeran William bakal lebih meruncing bahkan hancur lebur.

Spare akan dirilis pada 10 Januari 2023 dan kemungkinan akan membuat keluarga kerajaan Inggris semakin syok dan mungkin tak pernah mereka duga sebelumnya, menurut pembaca tersebut pada The Sunday Times of London. Dalam buku itu, kabarnya Harry menceritakan kalau Pangeran William 'berteriak dan memaki' dirinya pada Januari 2020 ketika dia mengatakan rencananya untuk meninggalkan Inggris.

Namun sebagian besar isi buku tersebut menceritakan seputar trauma yang dialami Harry menghadapi tragedi kematian ibunya, Putri Diana. Impresi yang akan didapatkan dari buku itu adalah tentang seorang pria yang tak pernah pulih dari trauma yang dialaminya yaitu karena ibunya meninggal saat usianya masih sangat muda.

Dibikin Menangis oleh Penonton Indonesia

Adele Nangis Gara-Gara Ajak Ngobrol Penonton Indonesia saat Manggung

Liputan6.com 2023-01-03 16:30:00
Adele menerima penghargaan Artist of the Year pada BRIT Awards 2022 di London, Inggris, 8 Februari 2022. Dalam kategori Artist of the Year pada BRIT Awards 2022, Adele mengalahkan sejumlah

Adele rupanya sempat dibuat berurai air mata saat sedang tampil di atas panggung oleh penonton Indonesia. Hal itu terungkap melalui sebuah unggahan di media sosial yang cukup menyita sorotan banyak warganet.

Awalnya, Adele tampak penasaran dengan sejumlah penonton yang diketahui rela datang jauh-jauh untuk menonton penampilannya. Penasaran dengan wajah mereka, Adele pun bertanya langsung kepada penonton itu mengenai daerah asalnya.

Rupanya, penonton konser yang ditanya oleh Adele mengaku berasal dari Indonesia. Jawaban itu sontak membuat air mata Adele menetes dan ia tampak menangis karena saking terharunya.

Momen singkat itu pun sempat mendapat tepukan tangan meriah dari para penonton lain. Terlebih lagi Adele tampak mengakrabkan diri dengan penonton dari Indonesia itu.


Pertanyaan Adele

"Kalian berasal dari mana?" tanya Adele dari atas panggung, mengutip akun TikTok Sony Music Indonesia, @sonymusicid, diunggah akhir pekan lalu.

"Jakarta, Indonesia," sahut seorang penonton yang berada di barisan depan.

"Tapi kalian tinggal disini kan?" tanya Adele


Sempat Tak Percaya

Menariknya, ada satu kalimat yang seolah menunjukkan rasa tak percaya Adele bahwa para penonton itu berasal dari Indonesia.

"Kalian terbang ke sini? Untuk ini. Bercanda pasti," tanya Adele lagi dengan nada tak percaya.

"Kalian terbang jauh-jauh dari Indonesia untuk acara ini?" sambungnya.


Tangisan Adele

Tangis Adele pun pecah setelah ia diyakinkan bahwa para penonton itu bukanlah warga sekitar. Adele sempat salah tingkah dengan bertanya bagaimana mereka bisa dekat.

"Terima kasih banyak, bagaimana kalian kenal?" tanya Adele.

"Kami berteman," jawab penonton.

"Aku sungguh tersentuh. Rela terbang ke sini saat liburan. Terima kasih... Sebentar ya, enggak menyangka... Senang bisa kenal dengan kalian," pungkas Adele dalam video tersebut dengan mata berkaca-kaca.

Ingin Berdamai dengan Keluarga

Curhat Pangeran Harry, Ingin Berdamai Kembali dengan Keluarganya

Liputan6.com 2023-01-03 07:30:00
Pangeran William dan Pangeran Harry. (AP Photo/Martin Meissner)

Pangeran Harry sepertinya siap berdamai dengan keluarganya. Dalam trailer untuk wawancaranya yang akan datang dengan ITV 1, Duke of Sussex mengatakan dia ingin ayahnya, Raja Charles III, dan saudara laki-lakinya, Pangeran William, "kembali" tetapi usahanya tampaknya tidak membuahkan hasil.

"Mereka sama sekali tidak menunjukkan keinginan untuk berdamai," kata Harry. "Saya ingin mendapatkan ayah saya kembali. Saya ingin kakak saya kembali," sebutnya dikutip dari Page Six, Selasa, (3/1/2022).

Anggota kerajaan berambut merah itu berbagi bahwa dia ingin memiliki "keluarga" alih-alih "institusi", meskipun dia merasa kerajaan berbeda pandangan tentang dia dan istrinya, Meghan Markle. "Mereka merasa lebih baik mempertahankan kami, entah bagaimana, sebagai penjahat," katanya.

Wawancara akan ditayangkan pada 8 Januari. Harry (38), memulai tur pers untuk merilis memoarnya yang sangat dinantikan, "Spare", yang akan dijual di toko pada 10 Januari. Dia juga akan duduk bersama Anderson Cooper untuk wawancara di "60 Minutes". Sementara buku yang mengikuti serial dokumenter Netflix pangeran dan Markle, "Harry & Meghan," akan mengungkap kehidupannya di dalam dan di luar keluarga kerajaan.

Penulis biografi kerajaan Tom Bower, yang menulis "Revenge: Meghan, Harry and the War Between the Windsors," mengatakan kepada Page Six dalam wawancara eksklusif pada bulan Oktober bahwa upaya Harry untuk mengecilkan perseteruan keluarga dalam memoarnya mengingat kematian Ratu Elizabeth II akan sia-sia. "Saya pikir semua orang tahu bahwa Sussex tidak dapat mengubah buku itu dengan cara apa pun," dia berpendapat. "Bisakah mereka membuatnya lebih buruk? Karena jika tidak, kami tidak akan mendapatkan penjualan," sebutnya.

Bower memberi tahu obrolan di London yang menunjukkan bahwa memoar itu "akan menyertakan di dalamnya satu bab tentang pemakaman (Ratu)". "Dan akan ada lebih banyak materi tentang bagaimana mereka dilecehkan dan semua makian lainnya terhadap keluarga kerajaan," tambahnya. "Jadi menurut saya sejauh itu, penundaan akan menambah racun,"


Hubungan Retak

Sementara itu, memoar terbaru Pangeran Harry yang berjudul 'Spare' diyakini tidak hanya akan membuat hubungannya dengan ayahnya, Raja Charles III akan semakin memburuk. Pendapat seseorang yang telah membaca buku tersebut, ia mempediksi konflik antara Harry dan kakaknya, Pangeran William bakal lebih meruncing bahkan hancur lebur.

Spare bakal dirilis pada 10 Januari 2023 dan kemungkinan akan membuat keluarga kerajaan Inggris semakin syok dan mungkin tak pernah mereka duga sebelumnya, kata pembaca tersebut pada The Sunday Times of London. "Aku pikir Charles akan dapat menanggapinya dengan lebih tenang, namun tidak dengan William, apalagi Kate juga bisa tersinggung. Di memoar ini pun akan memuat dengan lebih detail konflik antar dua bersaudara ini. Menurutku pribadi, memoar ini membuatku tidak bisa membayangkan seperti Harry dan William bisa berbaikan kembali," lanjutnya.

Dalam buku itu, disebut Harry menceritakan kalau Pangeran William 'berteriak dan memaki' dirinya pada Januari 2020 saat dia mengatakan rencananya untuk meninggalkan Inggris. Tetapi sebagian besar isi buku tersebut menceritakan seputar trauma yang dialami Harry menghadapi tragedi kematian ibunya, Putri Diana.


Kate Middleton Sakit Hati

Kate Middleton dilaporkan sakit hati pada Pangeran Harry setelah perilisan serial dokumenter Netflix miliknya dan Meghan Markle, Harry & Meghan. Tayangan itu sendiri sudah tamat minggu lalu setelah merilis tiga episode terakhirnya.

"Kate merasa sakit hati dan dikhianati bahwa Harry juga akan melakukan ini padanya, terutama karena mereka dulunya sangat dekat," kata seorang sumber pada US Weekly, dikutip dari Page Six, Jumat (23/12/2022).

Adapun reaksi Pangeran William terhadap enam episode dokumenter, outlet mengungkap bahwa Pangeran Wales "tidak berencana memberikan cerita dari sisinya atau secara terbuka membalas." Orang dalam itu menambahkan, "Ia tetap bermartabat dan melanjutkan pekerjaannya."

Minggu lalu, seorang sumber mengatakan ke Page Six bahwa Pangeran dan Putri Wales belum menonton Harry & Meghan. "Ajudan William dan Kate sudah memberi pengarahan pada mereka (terkait) serial itu, tapi jangan berharap pasangan itu duduk di rumah mereka dengan semangkuk popcorn untuk 'menonton' diri mereka sendiri," kata orang dalam itu.


Memoar Spare

Spare ditulis oleh JR Moehringer, seorang jurnalis pemenang Pulitzer dan pernah menjadi penulis autobiografi para figur publik ternama. Autobiografi ini akan dirilis bersamaan dalam format cetak dan digital. Memoar ini mulanya akan diluncurkan pada musim gugur 2022, namun tanggal rilisnya didorong mundur karena kekhawatiran mengenai kepatutan materi tertentu.

The Sun mengungkap, Harry telah bekerja di menit-menit terakhir untuk mengedit beberapa bagian-bagian dan mengkhawatirkan sensitivitas materi tertentu, terutama setelah kematian neneknya, Ratu Elizabeth II. Pada saat itu, penulis kerajaan Tom Bower mengatakan memoar itu akan dijadwalkan untuk dirilis pada Paskah 2023.

Memoar itu baru-baru ini diedit dengan bab baru yang didedikasikan untuk mendiang Ratu Elizabeth II, tak hanya materi tentang bagaimana Harry dan Meghan "dihina", menurut Bower. Rincian lebih jauh seputar materi spesifik sebagian besar masih dirahasiakan. Harry sendiri bakal kembali mempromosikan 'Spare' dengan wawancara bersama jurnalis senior AS, Anderson Cooper yang akan ditayangkan di CNN pada 8 Januari 2023.

Tampilan Ikonis Jelang Ulang Tahun

Deretan Tampilan Ikonis Jisoo BLACKPINK yang Umumkan Debut Solo Jelang Ulang Tahun

Liputan6.com 2023-01-03 07:03:43
Kim Jisoo diketahui hadir dalam Paris Fashion Week 2023 sebagai global brand ambassador dari merek Dior. Tampil dalam mini dress hitam dengan detail cantik, Jisoo sukses mencuri perhatian ban

Kado manis sudah lebih dulu diberikan Jisoo BLACKPINK pada para penggemar sehari sebelum ia berulang tahun tepat hari ini, Selasa (3/1/2023). Pada Senin, 2 Januari 2023, agensinya, YG Entertainment, mengungkap bahwa Jisoo sedang mempersiapkan debut solo yang dinanti.

Melansir Soompi, Senin, 2 Januari 2023, agensi menyatakan, "Jisoo BLACKPINK saat ini sedang bekerja keras merekam album solonya. Sambil menjalani jadwal tur dunia yang sibuk sejak tahun lalu, ia menyelesaikan pemotretan sampul album dan mengerjakan produksi musik kapan pun ia punya waktu untuk menepati janji dengan penggemar."

"Ia akan segera menyapa (penggemar) dengan kabar baik," sambung mereka seraya menyebut bahwa debut solo Jisoo terjadwal tahun ini. Mengikuti Jennie, Ros, dan Lisa, Jisoo akan jadi personel terakhir BLACKPINK yang melakukan debut solo.

Sementara antisipasi debut solonya tengah tinggi, selama berkarier, pesona Jisoo tentu tidak semata berkutat di musik. Di banyak kesempatan, idolberusia 28 tahun ini telah memperlihatkan sederet tampilan ikonis, dengan visualnya tidak pernah gagal menawan publik.

L'OFFICIEL merangkum, dikutip dari situs webnya, bahwa dari sekian banyak, tampilan feminin Jisoo telah jadi satu yang ikonis. Dari motif bunga mungil, siluet melebar, hingga ruffles, ia telah memancarkan pesona feminin, namun tetap keren, modern, dan elegan.

Selama Paris Fashion Week Spring/Summer 2022, Jisoo BLACKPINK tampil chic dengan tampilan berlapis, memasangkan atasan turtleneck hitam lengan panjang dengan motif bintang fit-and-flare Dior Sundress. Sepatu hak J'adior dan tas mikro Dior biru melengkapi pakaian Cinderella-esque-nya yang hampir kontemporer.


Potongan Oversized

Dalam ansambel musim panas yang sempurna, Jisoo BLACKPINK pernah mengenakan busana bermotif bunga kuning mustard manis dari Urban Outfitters dengan kancing kecil di bagian depan. Penampilan itu dilengkapi topi jerami dan kalung Dior D-round emas untuk sedikit kemilau yang lembut.

Tidak hanya yang fit tubuh, Jisoo juga telah memperlihatkan pesonanya dalam potongan oversized. Nyaman, kasual, namun sangat bergaya, Jisoo benar-benar tahu cara memakai potongan mode longgar, menatanya dengan berbagai cara untuk menciptakan tampilan mengesankan.

Ia pernah memasangkan pullover kuning lemon pastel dengan kerah hitam yang mengintip dengan rok mini bermotif. Warna kuning menambahkan semburat warna cerah ke palet serba hitam. Ia menyelesaikan penampilannya dengan sepatu bot bertali hitam mengkilap dan tas berstruktur.

Dalam tampilan yang kasual dan sporty, Jisoo mengenakan oversized pullover putih sebagai minidress, memadukannya dengan kaus kaki setinggi lutut dan sepatu kets Adidas Adidas POD-S3.1 S dalam warna ungu pastel cerah, memberi tampilan fun dan girlish.


Tampilan Serba Tweed

Jisoo BLACKPINK telah tampil memakai tweed print klasik dalam berbagai tampilan glamor, kasual, dan ramping. Saat berada di Los Angeles, ia mengenakan ansambel tweed-on-tweed merah

Ia juga memasangkan gaun mini tweed merah dan putih dengan trim kontras hitam. Detail kancing depan dengan jaket tweed merah ceri yang semarak juga melengkapi look-nya.

Dalam ansambel yang lebih edgy-glamorous, ia memasangkan tweed abu-abu tua berlengan puff, crop top cut-out dengan rok yang serasi, dan sepatu bot bertali hitam setinggi lutut. Sepasang anting yang gemerlap melengkapi aksen perak pada pakaiannya.

Selanjutnya, tidak mengherankan jika Jisoo mencintai deretan itemDior. Duta merek Dior ini sering terlihat mewakili merek tersebut di unggahan Instagram-nya.

Dalam ansambel street style, ia memasangkan kaus grafis grungey dengan rok mini hitam dan dilengkapi Lady Dior Bag hitam. Dalam tampilan manis dan girlish, Jisoo mengenakan crop top putih ruffle berlengan gembung dengan celana jeans biru muda, dipertegas tas mini Lady Dior berwarna krem dan pita krem di atas kuncir kuda yang tinggi.


Kasual sampai Preppy

Berbeda dengan penampilannya yang feminin dan manis, Jisoo BLACKPINK juga seorang "ahli street-chic." Ia sering menggabungkan potongan-potongan edgy-feminine untuk menciptakan beberapa penampilan trendi yang unik.

Jisoo memasangkan atasan bermotif macan tutul dan celana pendek yang serasi dengan sabuk rantai emas dan kalung berlapis. Pinggiran putih pada celana pendek dan ritsleting perak di bagian depan memberi tampilan yang sedikit sporty dalam street-style.

Saat berada di pekan mode Paris, ia kembali menampilkan tampilan urban-chic. Loungewear Luxe dalam bentuk hoodie dan sepasang celana pendek dari koleksi kapsul Chez Moi Dior dipakainya bersama Caro Bag berlapis hitam Dior dan sepatu bot berlapis setinggi lutut. Tas kulit dan sepatu bot menambah faktor chic pada pakaian sporty-street.

Sementara, kardigan menggemaskan, berkancing, dan keseluruhan penampilan rapi Jisoo pasti bisa Anda gunakan untuk inspirasi gaya sepanjang tahun. Salah satu contohnya adalah Coach Kiko Safari Tote ungu metalik dengan tambahan elemen imajinasi pada tampilan preppy.

Harapan FIFA untuk Hormati Pele

Hormati Sang Legenda, FIFA Ingin Semua Negara Punya StadionBernama Pele

Liputan6.com 2023-01-03 14:30:39
Presiden FIFA Gianni Infantino berbicara dalam konferensi pers jelang Piala Dunia Qatar 2022 di Qatar National Convention Center (QNCC), Doha, Sabtu, 19 November 2022. (GABRIEL B

Presiden FIFA, Gianni Infantino tengah berada di kota Santos, Brasil untuk memberi penghormatan terakhir kepada legenda sepak bola dunia Pele. Pria berusia 82 tahun itu meninggal dunia, Kamis pekan lalu akibat komplikasi berbagai penyakit.

Pele disemayamkan di Vila Belmiro, markas klub Santos. Di klub ini, Pele menghabiskan hampir seluruh karier sepak bolanya. Dia memperkuat Santos pada tahun 1956-1974 dan meraih sejumlah gelar bergengsi. Sebelum pensiun, Pele juga sempat memperkuat Klub AS, New York Cosmos selama dua musim pada 1975-1977.

Seperti halnya insan sepak bola di dunia, Infantino juga merasa kehilangan atas kepergian Pele. Dan sebagai pimpinan FIFA, Infantino menyerukan kepada seluruh negara di dunia untuk berpartisipasi dalam memberi penghormatan kepada Pele.

"Kami berada di sini dengan rasa sedih yang luar biasa," kata Infantino kepada wartawan di Vila Belmiro, dilansir NDTV.

"Pele abadi. Dia adalah ikon sepak bola global. Kami akan meminta setiap negara di dunia untuk menamai salah satu stadion sepak bola mereka dengan nama Pele," beber Infantino.

FIFA menobatkan Pele sebagai pemain terbaik abad ke-20. Sehari setelah kematian Pele, FIFA memasang bendera negara-negara anggotanya setengah tiang di halaman kantor di Zurich, Swiss.

Pele meninggal dunia di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo, Brasil, Kamis (29/12/2022) waktu setempat atau Jumat dini hari WIB. Di rumah sakit ini, Pele dirawat selama sebulan atas kanker usus besar yang dideritanya setahun terakhir.

Pele rencananya akan dimakamkan di Memorial Necropole Ecumenica. Namun sebelumnya, upacara penghormatan terhadap pria bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento itu dilakukan di markas Santos, Vila Belmiro.

Mereka yang ingin memberi penghormatan terakhir kepada sang legenda bisa datang pada Senin (2/1/2023) pukul 10.00 waktu setempat. Publik memiliki waktu hingga waktu sama pada keesokan harinya.

Selanjutnya jenazah Pele dibawa melintas jalan-jalan Kota Santos. Jenazah juga akan melewati rumah sang ibunda Celeste yang berusia 100 tahun sebelum dimakamkan. Prosesi pemakaman di Necropole Ecumenica hanya dihadiri oleh pihak keluarga.


Tentang Lokasi Pemakaman

Memorial Necropole Ecumenica merupakan peristirahatan terakhir unik. Kuburan ini dibangun pada 1983 dengan prosesi pemakaman pertama berlangsung setahun kemudian.

Awalnya Memorial Necropole Ecumenica hanyalah bangunan kecil. Namun, seiring banyaknya permintaan karena keterbatasan lahan, Memorial Necropole Ecumenica kini memiliki 14 lantai dan terletak di tanah seluas 1,8 hektare. Rekor dunia Guinness mencatatnya sebagai kuburan tertinggi di dunia.

Di dalamnya terdapat lebih dari 16 ribu unit makam, ruang bawah tanah, taman merak dengan air terjun kecil, kapel, hingga bar makanan ringan di atapnya.

Pada tiap lantai, terdiri deretan blok bernomor dengan hingga 150 makam. Semuanya memiliki sistem ventilasi dan dapat menampung hingga enam jenazah.

Penguraian jenazah memakan waktu sekitar tiga tahun. Keluarga mendiang nantinya dapat menggali jenazah dan sisa-sisanya dipindahkan ke bagian lain dari makam.

Dengan kemegahan ini, Memorial Necropole Ecumenica jadi salah satu landmark yang paling banyak dikunjungi di Santos dan diakui oleh dewan pariwisata setempat.


Awal Mula Nama Pele

Pele lahir di Tres Coracoes, Minas Gerais dengan nama Edson Arantes do Nascimento. Dia merupakan putra dari Dondinho alias Joo Ramos do Nascimento dan Celeste Arantes. Darah sepak bola mengalir di tubuh Pele dari ayahnya yang merupakan mantan pemain Fluminense.

Ketika masih kecil, Edson memiliki nama panggilan Dico. Nama Pele baru didapat saat mulai masuk sekolah. Teman-teman Edson mulai memanggilnya dengan nama Pele karena seringnya salah dalam mengucapkan nama pemain idolanya, kiper Vasco da Gama, Bile.

Pele maupun teman-temannya juga tidak tahu arti nama Pele sebenarnya. Dalam bahasa Portugal, Pele juga tidak memiliki arti apapun. Di bahasa Ibrani baru Pele memiliki arti yaitu keajaiban.


Kebanggaan Brasil

Selama aktif sebagai pemain sepak bola, Pele telah mengukir sederet prestasi dan rekor yang belum terpecahkan hingga kini.

Pele merupakan satu-satunya pemain yang mampu memenangkan tiga gelar Piala Dunia. Sukses pertama diraihnya pada Piala Dunia 1958. Saat itu, Pele baru berusia 19 tahun dan menjadi pemain termuda yang mampu memenangkan turnamen ini hingga saat ini.

Pele kembali membawa Brasil juara Piala Dunia 1962. Pele kembali jadi bintang dan meraih gelar Piala Dunia ketiganya di tahun 1970. Pele total membuat lima gol di Piala Dunia 1970 termasuk satu gol di final saat mengalahkan Italia 4-1.

Setahun setelah memberikan gelar Piala Dunia ketiga, Pele pensiun dari timnas Brasil. Laga terakhirnya adalah saat melawan Yugoslavia d Rio de Janeiro.

6 Hari Bentrok 10 Orang Tewas

6 Hari Terlibat Bentrok, 10 Orang Tewas di Kashmir Selatan

Liputan6.com 2023-01-03 14:01:31
Seorang tentara India berjalan melewati lokasi baku tembak di Nagrota, Jammu-Srinagar, Kashmir yang dikuasai India, 28 Desember 2022. Polisi di wilayah Kashmir yang dikuasai India mengatakan

Sepuluh orang telah tewas dalam waktu enam hari akibat aksi bentrok yang tiba-tiba meningkat di wilayah selatan Kashmir yang dikelola India -- meski masih berstatus disengketakan, kata para pejabat Senin (2/1/2023).

Kelompok pemberontak di wilayah Himalaya yang mayoritas Muslim selama beberapa dekade berjuang untuk kemerdekaan atau bergabung dengan Pakistan, dan menguasai sebagian kecil wilayah yang terbagi di kawasan tersebut.

Sekitar setengah juta tentara India dikerahkan di Kashmir dan bagian selatannya, Jammu.

Namun dua pria bersenjata yang diduga pemberontak anti-India menembaki rumah-rumah di desa terpencil Dangri pada Minggu 1 Januari 2023.

Aksi ini kemudian menyebabkan empat warga tewas dan lima lainnya luka-luka, kata polisi Mukesh Singh kepada wartawan, dikutip dari NST.com.my, Selasa (3/1/2023).

Polisi dan pasukan keamanan melancarkan perburuan di daerah dekat Garis Kontrol yang membagi Kashmir antara India dan Pakistan.

Pada Senin 2 Januari, seorang anak berusia tujuh tahun dan seorang lainnya tewas dalam ledakan di dekat salah satu rumah, kata petugas polisi lainnya kepada AFP tanpa menyebut nama.

Perangkat yang tidak meledak juga ditemukan di wilayah tersebut dan dinetralkan oleh pasukan spesialis, kata petugas.

Kematian tersebut terjadi setelah baku tembak antara pasukan pemerintah dan tersangka pemberontak di sebuah pos pemeriksaan di Kota Jammu.

Polisi mengatakan, empat tersangka pemberontak tewas sementara pengemudi truk mereka melarikan diri dan dalam pelarian.

Para pejabat mengatakan, sedikitnya 172 tersangka pemberontak dan 26 personel angkatan bersenjata tewas dalam pertempuran tahun lalu.

Kashmir India tidak memiliki pemerintahan terpilih selama lebih dari lima tahun dan dikendalikan langsung oleh New Delhi sejak 2019.

India secara teratur menyalahkan Pakistan karena mendukung para pemberontak, sebuah tuduhan yang dibantah oleh Islamabad, dan mengatakan mereka hanya memberikan dukungan diplomatik untuk perjuangan Kashmir untuk hak menentukan nasib sendiri.


Konflik Jammu-Kashmir

Jammu dan Kashmir adalah satu-satunya negara bagian berpenduduk mayoritas Muslim di India hingga Agustus 2019, ketika pemerintah federal mencabut otonominya dan membaginya menjadi dua wilayah terpisah.

Empat orang yang tewas pada hari Minggu berasal dari komunitas minoritas Hindu di Kashmir yang mayoritas Muslim.

Selama setahun terakhir, beberapa umat Hindu di Kashmir telah tewas dalam serangan yang ditargetkan oleh militan, sehingga memicu ketakutan di masyarakat.


Tersangka Pemberontak Tewas

Beberapa hari lalu, polisi di wilayah Kashmir yang dikuasai India mengatakan pasukan pemerintah menewaskan empat tersangka militan dalam baku tembak, Rabu (28/12).

Seorang perwira tinggi polisi, Mukesh Singh, mengatakan pasukan India mencegat sebuah truk di pinggiran kota Jammu, Rabu pagi (28/12) menyusul "pergerakan kendaraan itu yang tidak biasa" di jalan raya.

Ketika pasukan mulai menggeledah truk, tembakan datang dari dalam, yang dibalas oleh pasukan, sehingga terjadi baku tembak, kata Singh kepada wartawan.

Polisi mengatakan empat tersangka militan tewas dan pihak berwenang menemukan sedikitnya delapan senapan otomatis dan beberapa amunisi dari truk tersebut. Menurut polisi, pengemudi truk melarikan diri dan pencarian sedang dilakukan untuk menemukannya. Tidak ada konfirmasi independen atas dugaan baku tembak tersebut.


Pemberontakan di Kashmir

Pemberontak di bagian Kashmir yang dikuasai India telah berperang melawan pemerintahan New Delhi sejak 1989. Sebagian besar Muslim Kashmir mendukung tujuan pemberontak untuk menyatukan wilayah tersebut, baik di bawah pemerintahan Pakistan atau sebagai negara merdeka tersendiri.

India menegaskan militansi Kashmir adalah terorisme yang disponsori Pakistan. Pakistan membantah tuduhan itu, dan sebagian besar warga Kashmir menganggapnya sebagai perjuangan kemerdekaan yang sah. Puluhan ribu warga sipil, pemberontak, dan anggota pasukan pemerintah tewas dalam konflik tersebut.

Hujan Rudal Ukraina Tewaskan 63 Tentara Rusia

63 Tentara Rusia Tewas Akibat Hujan Rudal Ukraina

Liputan6.com 2023-01-03 09:35:22
Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara bersama Pemimpin Republik Rakyat Luhansk Leonid Pasechnik (kiri), dan Pemimpin Republik Rakyat Donetsk Denis Pushilin (kanan) saat perayaan menandai pe

Perang Rusia-Ukraina sudah kembali berlanjut di awal 2023. Tak seperti negara-negara lain yang merayakan dengan kembang api, hujan rudal justru terjadi di 2023. Pada Februari 2023, invasi Rusia ke Ukraina juga akan genap satu tahun.

Dilaporkan VOA Indonesia, Selasa (3/1/2023), pihak Rusia mengatakan bahwa 63 tentaranya tewas pada Malam Tahun Baru dalam serangan rudal Ukraina di tempat tinggal mereka di kota Makiivka di bagian wilayah Donetsk Ukraina yang dikuasai Rusia.

Pengumuman korban yang tidak biasa oleh Kementerian Pertahanan Rusia itu disampaikan ketika Rusia melanjutkan serangkaian serangan udara di ibukota Ukraina, Kyiv, meskipun Walikota Vitali Klitschko mengatakan ke-40 drone yang menargetkan kota itu dan sekitarnya telah ditembak jatuh.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan Ukraina menghantam lokasi Makiivka dengan empat dari enam roket yang ditembakkan dari Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) yang telah dikirim Amerika Serikat ke pasukan Ukraina. Pihak Rusia mengatakan menembak jatuh dua rudal yang masuk.

Militer Ukraina tidak secara langsung mengonfirmasi serangan itu tetapi diam-diam mengakuinya dan mengklaim serangan itu lebih mematikan daripada yang dilaporkan Rusia.

Direktorat Komunikasi Strategis Angkatan Bersenjata Ukraina Minggu mengatakan pada sekitar 400 tentara Rusia tewas di gedung sekolah kejuruan di Makiivka dan sekitar 300 lainnya luka-luka. Pernyataan Rusia mengatakan pemogokan terjadi "di daerah Makiivka" dan tidak menyebutkan nama sekolah kejuruan itu.


Serangan Rudal Rusia Hantam Kiev Ukraina pada Malam Tahun Baru

Sebelumnya dilaporkan, Wali Kota Kyiv Vitaly Klitschko mengatakan telah terjadi beberapa ledakan di ibu kota, menyebabkan setidaknya satu kematian. Sebuah hotel juga mengalami kerusakan.

Serangan itu terjadi dua hari setelah Rusia melakukan salah satu serangan udara terbesar sejak dimulainya perang, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (1/1).

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah memperingatkan Rusia dapat melancarkan lebih banyak serangan untuk membuat Ukraina "merayakan Tahun Baru dalam kegelapan".

Rusia telah menargetkan sektor energi Ukraina dalam beberapa bulan terakhir, menghancurkan pembangkit listrik dan menjerumuskan jutaan orang ke dalam kegelapan selama musim dingin yang membekukan di negara itu.

Beberapa pejabat senior Ukraina telah menyinggung pemogokan dalam posting media sosial, mengatakan bahwa Rusia tidak akan berhasil merusak perayaan mereka.

"Para penjajah telah memutuskan untuk mencoba merusak hari bagi kami," kata Gubernur Mykolaiv Vitaly Kim di Facebook.


Presiden Ukraina kepada Orang Rusia: Vladimir Putin Menghancurkan Anda

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy telah mengatakan kepada Rusia bahwa pemimpin mereka menghancurkan negara mereka.

Berbicara setelah Vladimir Putin menyampaikan pidato Tahun Baru yang dihadiri oleh orang-orang berseragam militer, Zelensky mengatakan presiden Rusia bersembunyi di belakang pasukannya, bukan memimpin mereka.

Sabtu menyaksikan hari serangan mematikan di seluruh Ukraina, dan Zelensky mengatakan Ukraina tidak akan memaafkan Rusia.

Setidaknya satu orang tewas dan puluhan lainnya terluka dalam serangan itu, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (1/1).

Dalam sebuah pidato di saluran Telegram-nya, Zelensky mengatakan mereka yang melakukan serangan hari Sabtu tidak manusiawi.

Beralih dari Ukraina ke Rusia, ia kemudian menyerang Putin.

"Pemimpin Anda ingin menunjukkan kepada Anda bahwa dia memimpin dari depan, dan militernya ada di belakangnya," katanya.

"Tapi nyatanya dia bersembunyi. Dia bersembunyi di balik militernya, rudalnya, dinding tempat tinggal dan istananya.

"Dia bersembunyi di belakangmu, dan dia membakar negaramu dan masa depanmu. Tidak ada yang akan memaafkan Anda atas teror. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang akan memaafkan Anda untuk itu. Ukraina tidak akan memaafkan."

Zelensky kemudian memberikan pidato tahun baru kepada rakyat Ukraina, berterima kasih kepada mereka atas upaya "luar biasa" mereka dalam memukul mundur kemajuan Rusia.

"Kami berjuang sebagai satu tim - seluruh negara, semua wilayah kami. Saya mengagumi Anda semua. Saya ingin berterima kasih kepada setiap wilayah Ukraina yang tak terkalahkan," katanya.


Rusia Diduga Lakukan 58.000 Kejahatan Perang di Ukraina

Pemerintah Ukraina terus mencatat dugaan kejahatan perang yang dilakukan oleh Rusia selama invasi berlangsung sejak 2022. Totalnya ada lebih dari 58 ribu dugaan kejahatan perang.

Berdasarkan laporan AP News, Minggu (1/1), Ukraina menginvestigasi kejahatan perang berupa pembunuhan, penculikan, pengeboman membabi-buta, hingga serangan seksual.

Sementara, media AP dan Frontline telah memverifikasi lebih dari 600 insiden yang terlihat melanggar hukum-hukum perang, termasuk pembantaian lusinan atau ratusan warga sipil. Totalnya bisa ada ribuan kejahatan perang.

Jaksa ketua di International Criminal Court di Den Haag, Karim Khan, juga telah mengakui bahwa Ukraina adalah "lokasi kejahatan".

Namun, Ukraina diprediksi sulit menghukum orang-orang yang bersalah, sebab mayoritas terduga penjahat perang tak berhasil ditangkap dan masih berada di garis pertahanan Rusia.

Dikhawatirkan pula yang diadili bukan level tinggi. Contohnya pada kasus Vadim Shishimarin. Ia merupakan komandan tank yang masih berusia 21 tahun dan ditangkap oleh Ukraina. Ia terkena vonis 15 tahun penjara.

Perang di Rusia juga menyerang sejumlah infrastruktur sipil, seperti pembangkit energi. Ini terjaid di Kyiv, Odesa, Lviv, Kirovohrad, Kharkiv, Cherkasy, dan Dnipro.

Duta Besar Rusia di PBB, Vassily Nebenzia, membantah bahwa ada rakyat sipil yang menjadi korban jiwa di invasi Rusia.

"Tidak ada satu pun warga lokal yang menjadi korban operasi militer Rusia. Diplomat Rusia itu pun menuding adanya aksi tipu-tipu yang dilakukan warga Ukraina.

Partai Ummat Bikin Pemilu Kian Sengit

HEADLINE: Partai Ummat Resmi Jadi Peserta Pemilu 2024, Kontestasi Parpol Kian Ketat?

Liputan6.com 2023-01-04 00:00:00
Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan Partai Ummat sebagai peserta Pemilu 2024. (Foto: Muhammad Radityo Priyasmoro/Liputan6.com).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya menyatakan Partai Ummat (PU) memenuhi syarat sebagai partai politik (Parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Dengan begitu, maka Partai Ummat menjadi parpol ke-18 peserta Pemilu 2024.

Partai Ummat yang lolos setelah melakukan verifikasi faktual perbaikan ini mendapatkan nomor urut 24. Hal ini lantaran nomor urut 18 hingga 23 telah digunakan oleh partai-partai lokal Aceh.

Setelah ketetapan ini, Partai Ummat pun segera memanaskan mesin partainya untuk menyambut Pemilu 2024. Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi mengatakan, partainya akan menggelar roadshow silaturahmi dengan menyambangi parpol lain, termasuk yang menjegalnya di proses verifikasi KPU.

Menurut dia, Partai Ummat membutuhkan 'teman' agar kuat dalam menghadapi kontestasi demokrasi pada 2024. Selain parpol, Partai Ummat juga akan menemui sejumlah organisasi kemasyarakatan (Ormas).

"Jadi kita butuh teman sebanyak-banyaknya, dengan siapapun semua yang ingin melihat keadilan tegak di negeri ini," ujar Ridho saat ditemui usai acara Tasyakuran Partai Ummat di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta, Minggu (1/1/2023).

Partai Ummat juga akan menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) sebagai salah satu langkah awal memanaskan mesin politik di 2023. Rakernas digelar untuk merapatkan dan memperkuat barisan menuju Pemilu 2024.

"Insyallah kita mulai dengan konsolidasi nasional, kita akan melakukan Rakernas. Mohon doanya Insyaallah bulan depan, tempatnya juga Insyaallah di sini (Asrama Haji Pondok Gede)," tutur menantu Amien Rais ini.

Analis Politik sekaligus Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago mengatakan bahwa Partai Ummat memiliki tantangan yang besar dalam menghadapi Pemilu 2024. Sebagai partai pendatang baru, parpol besutan Amien Rais ini harus bekerja keras untuk memperkuat infrastrukturnya.

"Walau banyak figur eks PAN (Partai Amanat Nasional), tapi kan semua tetap dibangun dari awal yang harus berjuang memperkuat inftastrukturnya. Jadi ini tantangan Partai Ummat, khususnya segmentasinya yang bersaing dengan partai Islam lain, sehingga tentu akan berbagi suara. Apalagi dengan partai Islam yang sudah lebih dulu ada dan memiliki kursi di parlemen," ujar Arifki saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (3/1/2023).

Dia mengakui bahwa basis pemilih Partai Ummat dan PAN sangat beririsan. Sebab, tak sedikit figur di Partai Ummat merupakan mantan tokoh di PAN.

"Ini menjadi kekhawatiran bagi PAN, sebab bisa saja menggerus suaranya. Apalagi ada tokoh identiknya yaitu Amien Rais dengan latar Muhammadiyah. Bisa saja dua hal itu menggerus suara PAN, juga terhadap partai Islam lainnya karena narasi politiknya menguntungkan gerakan kanan, maka akan menjadi kontestan pemilu yang cukup ketat," katanya.

Namun begitu, Arifki melihat bahwa peluang Partai Ummat kali ini sama seperti Partai Perindo atau Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pada pemilu sebelumnya. Sebab, tantangan terbesar partai baru adalah soal infrastruktur.

"Apalagi Partai Ummat memiliki narasi oposisi, jadi akan berseberangan dengan pemerintah. Jadi peluangnya menurut saya di level DPRD dengan basis suara kelompok-kelompok yang antipati dengan Jokowi di daerah, karena berat kalau langsung (target lolos) di DPR RI)," ucapnya.

Sementara terkait koalisi, Partai Ummat berpeluang besar bekerja sama dengan PKS. Kedua parpol dinilai memiliki banyak kesamaan, mulai dari sikap politik hingga brandingnya.

"Partai ummat juga dimungkinkan akan mendukung calon presiden yang punya coattail effect (efek ekor jas) di Pileg dengan latar belakang yang sama dengan isu-isu yang dimainkan oleh Partai Ummat," katanya.

Lebih lanjut, Arifki juga menyoroti sikap Amien Rais yang cenderung melunak setelah partainya dinyatakan lolos sebagai peserta Pemilu 2024. Setelah pengumuman pertama KPU, Amien Rais sempat menuding Istana menjegal Partai Ummat agar tidak lolos jadi peserta Pemilu 2024.

Sikapnya kemudian nyaris berubah 180 derajat setelah Partai Ummat dinyatakan memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu 2024 usai verifikasi faktual perbaikan. Puja-puji dilontarkan Amien Rais kepada Presiden Jokowi dan KPU.

"Saya curiga ada deal-deal, sebab sebelumnya ada kritik yang disampaikan sebelum lolos. Tapi usai partai lolos bisa saja seperti ada utang budi terhadap yang menolongnya di alur verifikasi."

Meski begitu, Partai Ummat harus tetap konsisten memainkan narasinya sebagai oposisi. "Karena kalau tidak begitu, Partai Ummat akan sulit menggaet elektoral. Oleh sebab itu, Partai Ummat saya rasa harus terus kritis (terhadap pemerintah) untuk mendongkrak suaranya," ujar Arifki menandaskan.

Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago menuturkan, Partai Ummat baru saja melalui tantangan pertama yakni berhasil menjadi parpol peserta Pemilu 2024. Namun, perjuangan sebenarnya baru dimulai.

Partai Ummat dan parpol baru lainnya harus bekerja keras agar bisa lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold dengan memperoleh minimal 4 persen dari total suara nasional.

"Itu artinya partai-partai baru harus lebih bekerja keras lagi untuk memastikan lolos di ambang batas. Karena yang paling sulit itu bukan sebagai peserta pemilu, tapi bagaimana lolos di ambang batas parlemen," ujar Pangi saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (3/1/2023).

Bicara peluang di Pemilu 2024, dia menilai Partai Ummat cukup sulit menggaet suara jika hanya mengandalkan basis pemilih Islam. Memang pemilih Islam di Indonesia sangat besar, namun kolam itu diperebutkan oleh banyak parpol, bahkan tidak hanya partai Islam.

Partai Ummat juga harus berhadapan dengan parpol nasionalis religius lainnya yang infrastrukturnya sudah kuat, seperti PAN, PKB, PPP, dan PKS.

"Tidak mudah memang kalau Partai Ummat hanya mengharapkan pemilih Islam, itu akan jadi dilema problematik kompleksitas, karena orang Islam juga ada di partai nasionalis dan segmennya terbatas. Itu yang membuat mereka agak kesulitan," tutur Pangi.

Jika melihat segmentasi pemilihnya, keberadaan Partai Ummat dinilai dapat memecah suara PAN. Menurut Pangi, PAN setidaknya menjadi parpol yang paling terancam eksistensinya dengan lolosnya Partai Ummat sebagai peserta Pemilu 2024.

"Itu sudah pasti, karena irisan pemilihnya Partai Ummat adalah basis-basis PAN, kader-kader PAN, orang yang pernah menjadi politisi di PAN. Bisa juga mereka menggaet pemilih-pemilih dari Muhammadiyah," ujarnya.


Partai Ummat Bisa Jadi Momok PAN?

Namun seberapa besar Partai Ummat bisa merebut suara PAN bergantung pada Amien Rais. Sebagai tokoh Muhammadiyah dan mantan pendiri PAN, pengaruh Amien Rais di level akar rumput tidak bisa dipandang sebelah mata.

Mantan Ketua MPR RI itu bisa masuk ke basis-basis Muhammadiyah dan merangkul tokoh dan veteran-veteran PAN untuk berjuang bersama Partai Ummat. Menurut Pangi, setidaknya Partai Ummat punya peluang cukup besar di Sumatera Barat dan Yogyakarta yang menjadi basis Muhammadiyah.

"Tinggal sejauh mana Amien Rais bisa meyakinkan atau pengaruhi, sejauh mana pengaruh Amien Rais effect itu mendongkrak elektabilitas Partai Ummat," katanya.

Sebab, menurut Pangi, pemilu di Indonesia yang menganut sistem proporsional terbuka ini cenderung membuat masyarakat lebih melihat figur ketimbang partai. Karena itu, Partai Ummat harus pandai merekrut calon anggota legislatif (Caleg) agar bisa mendulang suara partai hingga mencapai ambang batas parlemen.

"Jadi bagaimana kemampuan Partai Ummat merekrut caleg yang betul-betul punya bibit bobot bebet, artinya layak jual. Kalau nanti caleg DPR-nya kekurangan logistik, tidak punya popularitas, bukan tokoh dari manapun, itu akan kesulitan," kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting ini.

"Masalah partai baru itu memang kesulitan di dalam mencari bibit-bibit caleg potensial untuk DPR RI, itu hampir dialami semua partai baru tidak hanya Partai Ummat," sambungnya.

Namun begitu, bukan tidak mungkin Partai Ummat akan bernasib seperti PSI dan Partai Perindo yang masih memiliki anggota dewan di tingkat daerah, kendati tidak lolos ambang batas parlemen. Sebab kursi DPRD tidak bergantung pada perolehan minimal 4 persen suara nasional.

"Bisa saja berjaya di daerah-daerah tertentu, basis-basis tertentu. Bisa juga mereka punya kemampuan lolos ambang batas parlemen, karena justru PAN enggak lolos, itu juga mungkin. Dalam politik kan mungkin-mungkin saja."

"Itulah kemudian diuji daya tahan kemampuan mereka melakukan penetrasi untuk memastikan lumbung-lumbung elektoral yang akan mereka rebut, yang akan mereka dapatkan kursi, minimal itu mereka bisa target," ucap Pangi menandaskan.

PAN Tak Merasa Terancam

Partai Amanat Nasional tak menganggap Partai Ummat sebagai ancaman di Pemilu 2024. Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi menyatakan, ideologi dan basis suara kedua partai berbeda.

"PAN dan Partai Ummat itu dari perspektif ideologi partainya berbeda. PAN itu nasionalis religius, sedangkan PU itu Islam. Perbedaan ideologi partai akan menyebabkan adanya perbedaan basis massa partai. Masing-masing memiliki ceruk sendiri, atau basis konstituen sendiri," kata Viva kepada Liputan6.com, Selasa (3/1/2023).

Menurut Viva, kesamaan antara pemilih PAN dan Partai Ummat tidak besar. Hal itu biasa terjadi dengan partai lain juga.

"Meskipun ada interseksi atau irisan, tapi hal itu sangat non-signifikan dan tidak khas antara PAN dan PU saja. Seluruh partai politik di antara mereka juga dipastikan akan ada irisan massa dengan derajat yang berbeda-beda dan variatif," ungkapnya.

Terkait ambisi parpol besutan Amien Rais itu mengalahkan PAN, Viva mengajak Partai Ummat untuk berkompetisi secara positif.

"Dengan konteks ini, PAN mengajak Partai Ummat dan seluruh peserta Pemilu 2024 untuk berkompetisi di arena demokrasi sebagai jalan fastabihul khairat, yaitu berlomba-lomba untuk membawa kebaikan bagi terciptanya kesejahteraan masyarakat, kemajuan bangsa, dan keutuhan negara," kata dia.

Viva memastikan, PAN telah siap bertarung dan menang di Pemilu 2024. PAN juga siap melakukan pelatihan kepada caleg-caleg terbaik untuk bertarung di pesta demokrasi lima tahunan itu.

"PAN telah siap menyongsong pemilu. Mesin partai melalui struktur organisasi sudah bergerak, saksi per TPS sedang melakukan pelatihan, banyak bakal caleg potensial mengisi setiap dapil, dan semakin tingginya soliditas pengurus dan kader serta semangat juang yang ideologis untuk dapat meraih kemenangan di Pemilu 2024," ujarnya memungkasi.


Perjuangan Partai Ummat Lolos Jadi Peserta Pemilu 2024

Partai Ummat sempat dinyatakan tidak lolos saat KPU menggelar rekapitulasi nasional hasil verifikasi parpol calon peserta Pemilu 2024. Dalam rapat itu, Pimpinan KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) membuka data bahwa Partai Ummat hanya memenuhi syarat 12 wilayah dari syarat minimal 17 wilayah.

"Kesimpulan tidak memenuhi syarat," tutur pimpinan KPU Provinsi NTT di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Rabu (14/12/2022).

Sama halnya dengan NTT, KPU Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) juga mengungkapkan bahwa dari syarat minimal 11 wilayah, Partai Ummat hanya memenuhi syarat di 1 wilayah.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Ummat, Nazaruddin menyatakan keberatan atas hasil tidak memenuhi syarat di dua provinsi tersebut. KPU kemudian meminta Partai Ummat menyampaikan keberatannya secara tertulis setelah pembacaan rekapitulasi selesai.

Untuk dapat menjadi peserta Pemilu 2024, parpol harus memenuhi berbagai persyaratan sesuai Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Beberapa di antaranya adalah kepengurusan 100 persen di seluruh provinsi, 75 persen provinsi di tingkat kota/kabupaten, dan 50 persen kota/kabupaten di tingkat kecamatan, serta keanggotaan minimum 1.000 orang atau 1/1.000 di tingkat kota/kabupaten.

Partai Ummat kemudian mengadu ke Badan Pengawas Pemlihan Umum (Bawaslu) RI setelah dinyatakan KPU tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2024. Gugatan sengketa Pemilu ini dilayangkan pada Jumat 16 Desember 2022.

Bawaslu kemudian memfasilitasi mediasi antara Partai Ummat dengan KPU dan mencapai kesepakatan. Hasilnya, Partai Ummat diberi waktu tiga hari untuk memenuhi jumlah kekurangan syarat keanggotaan partai pada 5 kabupaten/kota di NTT dan 10 kabupaten/kota di Sulut.

Partai Ummat pun berhasil memenuhi persyaratan tersebut. KPU secara resmi mengumumkan Partai Ummat lolos sebagai peserta Pemilu 2024.

Pengumuman disampaikan lewat rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual dalam rangka melaksanakan putusan Bawaslu di Kantor KPU, Jakarta pada Jumat 30 Desember 2022. Partai Ummat dinyatakan memenuhi syarat di NTT dan Sulut.

"Hasil rekapitulasi verifikasi faktual Partai Ummat, untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur memenuhi syarat dengan syarat minimal memenuhi syarat 17 wilayah dan Partai Ummat memiliki 19 wilayah dengan status akhir memenuhi syarat. Dan Provinsi Sulawesi Utara syarat minimal memenuhi syarat 11 wilayah dan Partai Ummat memiliki 11 wilayah," kata Anggota KPU Idham Kholik.

Siap Kalahkan PAN di 2024

Partai Ummat optimistis mampu mengambil hati rakyat untuk memenangkan Pemilu 2024. Meski menyatakan kehadirannya tak akan menggerus suara pemilih PAN, Partai Ummat akan bekerja keras agar bisa mengalahkan perolehan suara bekas parpol Amien Rais tersebut.

"Kita berjuang untuk lebih besar dari itu. Insyaallah tidak terlalu melihat hal-hal yang kecil, Insyaallah," ujar Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi saat ditemui usai acara tasyakuran di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Minggu (1/1/22023).

Ridho menyatakan Partai Ummat telah mempersiapkan strategi untuk merebut hati rakyat. Salah satunya dengan memperkuat konsolidasi, baik di internal maupun ekternal. Dalam waktu dekat, Partai Ummat akan menggelar Rakernas untuk merapatkan dan memperkuat barisan menuju Pemilu 2024.

"Program pertama tentu kita fokus pada pencalegan dan juga nanti pilkada dan juga pencapresan," tambah Ridho.

Selain itu, Partai Ummat juga akan memanaskan mesin partainya dengan menggelar roadshow silaturahmi menyambangi parpol lain. Silaturahim juga akan dilakukan dengan menyambangi sejumlah ormas di Indonesia.

Ridho menuturkan, Partai Ummat membutuhkan 'teman' agar kuat dalam menghadapi kontestasi demokrasi pada 2024. "Jadi kita butuh teman sebanyak-banyaknya, dengan siapapun semua yang ingin melihat keadilan tegak di negeri ini," ucap menantu Amien Rais ini.

Lebih lanjut, Ridho mengaku partainya belum memutuskan siapa yang akan didukung sebagai Calon Presiden (Capres) untuk Pilpres 2024 nanti. Sebab, menurut dia, sikap menentukan dukungan saat ini masih terlalu dini.

"Terkait pencapresan, kita mengikuti sebagaimana yang disampaikan oleh Pak Amien kemarin, too early to tell, terlalu dini untuk mengatakan siapa yang kita dukung," kata Ridho.

Dia mengajak seluruh kader Partai Ummat dan masyarakat Indonesia untuk mendiskusikan terlebih dahulu kriteria-kriteria capres, ketimbang langsung menunjuk nama. Menurut dia, kriteria paling mendasar figur capres adalah harus mengetahui kebutuhan bangsa.

"Mengapa kita tidak berpikir, dan lihat di kanan-kiri kita sendiri, jangan-jangan capres dengan kriteria-kriteria yang kita cari tersebut ada pada kader kita sendiri," tuturnya.

Tidak menutup kemungkinan, Partai Ummat akan mengajukan kadernya sendiri sebagai Capres. "Mengapa tidak, kita dengan segenap rasa percaya diri, mengatakan inilah kader Partai Ummat, dengan kriteria A-Z, dan insyaallah layak menjadi Capres Republik Indonesia?," kata Ridho menandaskan.