Konflik Berakhir, Raja Solo Menangis

Konflik Keraton Solo Berakhir Damai, Sang Raja Menangis Haru

Liputan6.com 2023-01-04 11:00:59
Keraton Surakarta Hadiningrat atau Keraton Solo. (Liputan6.com/Fajar Abrori)

Konflik internal yang yang terjadi di Keraton Kasunanan Surakarta mulai menemui titik temu penyelesaian. Dua kubu yang berseteru Lembaga Dewan Adat dan Raja Paku Buwono XIII Hangabehi akhirnya memutuskan untuk bertemu dan saling berdamai demi melestarikan keraton.

Pertemuan antara kubu Lembaga Dewan Adat yang diwakili GKR Wandansari Koes Moertiyah atau Gusti Moeng dengan Raja Keraton Kasunanan Surakarta, Sinuhun Paku Buwono XIII Hangabehi berlangsung di Sasana Narendra pada Selasa (2/1/2023) sekitar pukul 15.30 WIB.

Islah dua kubu tersebut berkat peran salah satu kerabat Keraton Kasunanan Surakarta atau Keraton Solo yang bernama KRAy Herniatie Sriana Munasari. Perempuan paruh baya yang sukses merayu dua kubu untuk bertemu itu merupakan cucu dari Gubernur Jawa Tengah pertama, Raden Pandji Suroso.


Butuh Waktu 5 Hari

KRAy Herniatie Sriana Munasari atau yang akrab disapa Herni mengaku sangat bersyukur karena momen yang ditunggu-tunggu pertemuan antara Sinuhun Paku Buwono XIII dengan Gusti Moeng akhirnya bisa terwujud. Dalam pertemuan itu sang raja didampingi permaisuri dan putra mahkotanya.

"Hari ini saya sangat bahagia karena mbakyu saya yang sangat saya sayangi (Gusti Moeng) dengan Sinuhun sudah mau berjabat tangan. Itu yang terpenting buat saya. Saya berhari-hari menunggu momen ini," kata dia saat ditemui di Keraton Kasunanan Surakarta, Selasa (2/12/2023).

Untuk mempertemukan dua kubu yang yang terlbat konflik Keraton Surakarta selama belasan tahun itu, Herni mengaku membutuhkan waktu selama lima hari untuk melakukan penjajakan. Tak hanya bertemu dengan kubu Raja Paku Buwono XIII, ia juga aktif melobi pentolan kubu Lembaga Dewan Adat, Gusti Moeng

"Kemarin saya hampir putus asa dan mau pulang ke Jakarta karena tidak ada titik temu. Alhmadulillah Tuhan berkata lain, tadi malam kami akhirnya banyak bicara untuk pagi ini bisa bertemu. Sore tadi setelah ashar, kami bisa mempersatukan islah ini," ucapnya bangga.


Sinuhun Menangis

Sementara itu Gusti Moeng mengaku pertemuan dengan raja yang juga kakak kandungnya sendiri itu berlangsung dengan penuh haru. Sinuhun Paku Buwono XIII menangis ketika mengetahui adiknya datang sungkem dan mencium tangan sang raja.

"Sinuhun menangis. Terus saya tak elus-elus saja. Pun kangmas mbotensah menggalih (Sudah mas tidak usah memiliki perasaan) ke saya itu jelek. Saya nggak mungkin akan ngapa-ngapa gitu," kata dia.

Pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam itu penuh dengan suasana kekeluargaan. Menurut Gusti Moeng tidak semua orang bisa masuk dalam pertemuan islah tersebut. Pertemuan hanya dilakukan secara terbatas tidak melibatkan pihak-pihak lain.

"Dalam pertemuan itu yang hadir saya, Sinuhun didampingi istrinya, terus Mbak Herni," sebutnya.

Kemudian salah satu petinggi Lembaga Dewan Adat yang juga suami Gusti Moeng, KP Eddy Wirabhumi pun menunjukkan foto-foto pertemuan islah antara perwakilan dua kubu yang sempat terlibat konflik internal keraton. Di dalam foto tersebut terlihat Sinuhun didampingi permaisuri, putra mahkota berfoto bareng bersama dengan Gusti Moeng dan Herni.

BLACKPINK Cetak Sejarah Baru

BLACKPINK Cetak Sejarah, "DDU-DU DDU-DU" Jadi Video Musik Grup KPop Pertama dengan 2 Miliar Penayangan

Liputan6.com 2023-01-04 16:04:05
Blackpink. (YG Entertainment via Soompi)

BLACKPINK telah membuat sejarah dengan pencapaian YouTube baru mereka. Menurut Soompi, video musik girl grup ini yang berjudul "DDU-DU DDU-DU" melampaui 2 miliar penayangan pada 4 Januari sekitar pukul 8:57 pagi waktu setempat.

Ini sekitar empat tahun, enam bulan, 19 hari, dan 15 jam sejak dirilis pada 15 Juni 2018 pukul 6 malam waktu Korea Selatan.

Dengan kata lain, "DDU-DU DDU-DU" adalah video musik grup Kpop pertama yang mencapai prestasi mengesankan ini. Prestasi tersebut tertoreh setelah video musik legendaris PSY "Gangnam Style" terlebih dahulu memecahkan rekor ditonton lebih dari 2 miliar kali di Youtube.

"Shut Down" Jadi Video Musik ke-12 BLACKPINK yang Melampaui 300 Juta Views

Selain rekor di atas, BLACKPINK sebelumnya telah memecahkan rekor lainnya yakni memiliki video musik lain dengan lebih dari 300 juta penayangan.

Pada 3 Januari sekitar pukul 3 pagi waktu setempat, video musik "Shut Down" BLACKPINK mencapai angka 300 juta penayangan. Video tersebut dirilis pada 16 September 2022 pukul 1 siang waktu Korea Selatan.

Ini artinya butuh waktu sekitar tiga bulan, 17 hari, dan 14 jam untuk mencapai tonggak sejarah ini.

"Shut Down" adalah video YouTube grup ke-16 BLACKPINK yang melampaui 300 juta penayangan dan video musik grup ke-12 mereka secara penuh setelah "BOOMBAYAH", "As If It's Your Last", "DDU-DU DDU-DU", "Playing With Fire, " "Whistle", "Kill This Love", "How You Like That", "Ice Cream", "Lovesick Girls", "STAY", dan "Pink Venom".


Jisoo BLACKPINK Konfirmasi Bakal Debut Solo Tahun Ini

Setelah tiga member BLACKPINK lainnya, Jisoo bersiap untuk debut solonya tahun ini. Pada 2 Januari, YG Entertainment mengungkapkan bahwa member BLACKPINK tersebut sedang mempersiapkan debut solonya pada tahun 2023.

Agensi menyatakan, "Jisoo BLACKPINK saat ini sedang bekerja keras untuk merekam album solonya. Sambil menjalani jadwal tur dunia yang sibuk sejak tahun lalu, dia menyelesaikan pemotretan sampul album dan mengerjakan produksi musik kapan pun dia punya waktu untuk menepati janji dengan penggemar. Dia akan segera menyapa [penggemar] dengan kabar baik."

Mengikuti Jennie, Ros, dan Lisa, Jisoo akan menjadi anggota terakhir BLACKPINK yang melakukan debut solonya.


YG Entertainment Perkenalkan Babymonster, Adik Blackpink yang Menarik Perhatian

Awal 2023 ini, dunia Kpop terus memberikan kejutan terhadap comeback atau debut terbaru baik itu boyband hingga girlband. Salah satu kejutan adalah debutnya sebuah girl grup dari agensi YG Entertainment.

Sebelumnya, YG Entertainment sempat merilis sebuah foto mengenai girl band tersebut dan membuat publik terkejut. Pasalnya, perilisannya bertepatan dengan informasi mengenai salah satu grupnya yaitu iKON yang sudah tidak memperpanjang kontrak.

Adapun hari ini, YG Entertainment telah merilis beberapa video teaser di mana mereka akan memperkenalkan girl group tersebut dengan nama Babymonster. Grup ini bakal terdiri dari tujuh personel seperti terlihat dari video yang diunggah oleh YG Entertainment.

Bahkan, dalam video tersebut, terlihat beberapa artis dari YG Entertainment. Salah satunya Blackpink turut memberikan pendapatnya mengenai grup ini.

Lisa Blackpink juga terlihat memberikan arahan dance kepada para girl band muda tersebut. "Tidak perlu diragukan lagi bagaimana hebatnya keahlian mereka," kata Hoony Winner.

"Mereka sangat bagus dalam ekspresi dan gerakan yang bisa mencuri perhatian banyak orang," kata Lee Suhyun AKMU.

"Semua 7 member sangat akrab satu sama lainnya," ujar Lisa Blackpink.

"Secara keseluruhan mereka bagus banget," ujar Jennie Blackpink.

Bakal Rilis Memoar Bombastis

Meghan Markle Disebut Bakal Rilis Memoar Bombastis Setelah Pangeran Harry

Liputan6.com 2023-01-04 15:03:39
Meghan Markle digandeng Pangeran Harry saat mereka berjalan di karpet merah gala penghargaan Ripple of Hope 2022 di New York Hilton Midtown Manhattan Hotel di New York City, Amerika Serika

Meghan Markle dan Pangeran Harry sepertinya belum ingin menepi dari lampu sorot atensi publik. Pemeran serial The Suit berusia 41 tahun itu dilaporkan akan merilis "memoar bombastis" setelah karya serupa dari suaminya berjudul Spare dijadwalkan terbit minggu depan.

Menurut laporan Mail, dikutip dari New York Post, Rabu (4/1/2023), Duchess of Sussex dikatakan "mempertimbangkan untuk sepenuhnya berterus terang tentang waktunya jadi anggota senior Kerajaan Inggris dan tidak meninggalkan satu pengalaman pun terlewat."

"Sejujurnya, saya akan terkejut jika Meghan tidak menerbitkan ceritanya sendiri," kata seorang agen Hollywood pada publikasi itu. "Spare jelas merupakan kesempatan Pangeran Harry untuk memberitahu (sisi ceritanya), tapi pengalaman (Meghan) sama menariknya. Maksud saya, berapa banyak aktris yang akhirnya menikah dengan seorang pangeran?"

"Jika ia menyimpan ambisi politik, itu akan lebih masuk akal," menunjukkan bahwa Presiden Bill Clinton, Barack Obama, dan Donald Trump semuanya menulis buku yang menjelaskan keyakinan mereka sebelum meluncurkan tawaran untuk Gedung Putih, sumber itu menambahkan.

Itu bukan proyek buku pertama Meghan jika rumor itu benar. Ibu dua anak ini sudah jadi penulis setelah merilis buku anak-anaknya berjudul The Bench, tahun lalu. Pasangan itu menandatangani kontrak empat buku yang menguntungkan dengan penerbit Penguin Random House pada 2021.

Ada desas-desus bahwa pasanganSussex juga sedang mengerjakan buku "wellness", meski hal ini belum dikonfirmasi. Terkait kabar produksi memoar, belum ada komentar resmi dari pihak Meghan Markle.


2 Wawancara

Perilisan memoar Pangeran Harry dilaporkan akan disertai dua wawancara dengan jaringan tayangan utama AS dan Inggris. Harry berbicara dengan Tom Bradby dari ITV di Inggris, dan dalam preview mengatakan, ia ingin "mendapatkan kembali" ayah dan saudara laki-lakinya yang pernah dekat.

"Saya ingin keluarga, bukan institusi," kata bangsawan berusia 38 tahun itu pada ITV News tentang kerabat kerajaannya. Tapi "mereka sama sekali tidak menunjukkan keinginan untuk berdamai," keluh Harry, yang di sisi lain juga berulang kali menyerang mereka dalam wawancara.

"Saya ingin mendapatkan ayah saya kembali," katanya tentang Raja Charles III, yang ia salahkan atas rasa sakitnya sebagai seorang bangsawan muda. "Saya ingin saudara laki-laki saya kembali," tambahnya tentang Pangeran Wales yang ia sebut sebagai perundung yang berteriak dalam serial dokumenter Netflix.

Harry juga berbicara dengan Anderson Cooper untuk 60 Minutes yang digoda oleh CBS News sebagai "pengungkapan" dan "meledak." Dalam sebuah teaser yang ditayangkan CBS Mornings, awal pekan ini, Harry menyalahkan keluarganya karena telah mencemarkan nama baiknya di publik.


Bikin Situasi Makin Buruk?

"Setiap kali saya mencoba melakukannya secara pribadi, selalu ada pengarahan dan pembocoran, serta penanaman cerita yang menentang saya dan istri saya," kata Harry pada Cooper. "Anda tahu, moto keluarga adalah 'Jangan pernah mengeluh, jangan pernah jelaskan,' tapi itu hanya moto."

Memoar terbaru Harry diyakini tidak hanya akan membuat hubungannya dengan ayahnya, Raja Charles III, semakin memburuk. Menurut seseorang yang telah membaca buku tersebut, ia mempediksi konflik antara Harry dan kakaknya, Pangeran William, juga bakal lebih meruncing, bahkan hancur lebur.

Spare dijadwalkan rilis pada 10 Januari 2023 dan kemungkinan akan membuat keluarga Kerajaan Inggris semakin syok dan menghadapi situasi yang mungkin tidak pernah mereka duga sebelumnya, menurut pembaca tersebut pada The Sunday Times of London.

"Secara umum, saya pikir (buku) ini akan membuat situasinya semakin buruk dari dugaan pihak kerajaan. Semua akan diungkap di memoar ini," ungkap sumber tersebut.

"Saya pikir Charles akan bisa menanggapinya dengan lebih tenang, tapi tidak dengan William, bahkan Kate juga bisa tersinggung. Di memoar ini juga akan memuat lebih detail konflik antar dua bersaudara ini. Menurut saya pribadi, memoar ini membuat saya tidak bisa membayangkan bagaimana Harry dan William bisa berbaikan kembali," lanjutnya.


Peluncuran yang Tertunda

Dalam buku itu, kabarnya Pangeran Harry menceritakan Pangeran William "berteriak dan memaki" dirinya pada Januari 2020 ketika ia mengungkap rencananya untuk meninggalkan Inggris. Namun, sebagian besar isi buku tersebut menceritakan seputar trauma yang dialami Harry menghadapi tragedi kematian ibunya, Putri Diana.

Impresi yang dijanjikan dari buku itu adalah tentang seorang pria yang tidak pernah pulih dari trauma yang dialaminya, yaitu karena ibunya meninggal saat ia masih sangat muda. Setelah itu, Meghan datang ke hidupnya, dan mengalami "sejumlah kejadian yang pernah dialami Putri Diana."

Spare ditulis JR Moehringer, seorang jurnalis pemenang Pulitzer dan pernah jadi penulis autobiografi para figur publik ternama. Memoar ini awalnya akan diluncurkan pada musim gugur 2022, tapi tanggal rilisnya mundur karena kekhawatiran mengenai kepatutan materi tertentu.

Menurut The Sun, Harry telah bekerja di menit-menit terakhir untuk mengedit bagian-bagian tertentu dan mengkhawatirkan sensitivitas materi tertentu, terutama setelah kematian neneknya, Ratu Elizabeth II. Memoar itu dilaporkan diedit dengan bab baru yang didedikasikan untuk mendiang Ratu Elizabeth II, di samping materi tentang bagaimana Harry dan Meghan "dihina."

Gaji Nyaris Setara Gabungan Messi dan Neymar

Gaji Cristiano Ronaldo di Al-Nassr Hampir Sebanyak Gabungan Upah Lionel Messi dan Neymar

Liputan6.com 2023-01-04 12:30:53
Penyerang baru Al-Nassr asal Portugal Cristiano Ronaldo telah dipernalkan di Stadion Mrsool Park, Arab Saudi, Selasa, 3 Januari 2023. (AFP)

Cristiano Ronaldo telah menyelesaikan kepindahannya ke klub Arab Saudi Al-Nassr pada Jumat, 30 Desember 2022. Superstar asal Portual itu telah resmi diperkenalkan di Mrsool Park, Selasa (3/1/2023) malam WIB.

Ronaldo telah menandatangi kontrak yang akan membuatnya memperkua Al-Nassr hingga Juni 2025. Dalam kontrak tersebut, pemenang Ballon d'Or lima kali ini akan mendapatkan 177 juta pound atau sekitar Rp 3,3 triliun per tahun.

Gaji selangit yang diterima mantan bintang Manchester United itu membuatnya menjadi pesepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia. Bahkan, jaraknya cukup jauh dengan gaji yang diterima superstar Paris Saint-Germain Lionel Messi dan Neymar.

Messi membawa pulang 107 juta pound per tahun, sementara Neymar menghasilkan sekitar 7,8 juta poin. Jika ditotal gaji mereka mencapai 185,5 juta pound, hanya 8,5 juta pound lebih banyak dari gaji Ronaldo di Arab Saudi.

Untuk memecah gaji yang menggiurkan, eks penyerang Real Madrid tersebut akan mendapatkan 14,75 juta per bulan, 3,4 juta setiap minggu, dan sekitar 485 ribu per hari.

Meski sudah melewati masa jayanya, nilai komersial yang dibawa pesepak bola berusia 37 tahun itu bersama fansnya yang besar sudah mendorongnya ke nilai gaji yang sangat fantastis. Selain itu, dia bakal menjadi superstar sepak bola pertama yang bermain di Liga Pro Saudi dengan memiliki kelebihan tersendiri.


Cristiano Ronaldo senang bermain di Liga Pro Saudi

Tugas pertama Cristiano Ronaldo di luar Eropa adalah mencoba dan membawa Al-Nassr ke Liga Champions. Skuad racikan Rudi Garcia itu kini memimpin klasemen Saudi League dengan 26 poin dari 11 pertandingan.

Al-Nasser unggul satu poin atas Al Shabab yang berada di peringkat kedua. Tapi, Al Shabab memiliki tabungan satu pertandingan.

Menyusul pengumuman kepindahannya ke Timur Tengah, Ronaldo mengungkapkan kegembiraannya untuk bermain di Asia. "Saya senang dengan pengalaman baru di liga yang berbeda dan negara yang berbeda," katanya dalam rilis Al-Nassr.

"Visi yang dimiliki Al Nassr sangat menginspirasi. Saya sangat bersemangat untuk bergabung dengan rekan satu tim saya, dan membantu tim untuk meraih lebih banyak kesuksesan," imbuhnya.


Kembali ke Inggris

Cristiano Ronaldo nampaknya belum mau menyerah mengejar impiannya untuk tetap main di Liga Champions meski baru saja bergabung dengan klub Arab Saudi Al-Nassr. Dia masih mungkin kembali merumput di kompetisi elit Eropa itu musim depan.

Seperti dilansir Marca, dalam klausul kontrak dengan Al-Nassr ada opsi Ronaldo dapat dipinjamkan ke Newcastle United pada musim depan. Dengan catatan Newcastle lolos ke Liga Champions.

The Magpies kebetulan juga dimiliki oleh investor dari Arab Saudi. Pemilik utama Newcastle adalah putra mahkota Kerajaan Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman.

Newcastle memang punya peluang bagus lolos ke Liga Champions. Mereka di musim 2022/2023 mampu berada di empat besar klasemen Liga Inggris. Jika terus dipertahankan maka akan berlaga di Liga Champions musim depan.

Galang Dana Malah Dihujat

Aldila Jelita Dihujat karena Buka Donasi: Saya Manusia Penuh Khilaf

Liputan6.com 2023-01-04 11:55:42
Dikenal dengan gaya glamor dan modis, penampilan istri dari presenter kondang Indra Bekti tengah disorot.

Aldila Jelita dihujat habis-habisan oleh warganet karena buka penggalangan dana untuk suaminya, Indra Bekti. Diketahui, saat ini biasa pengobatan untuk Bekti sudah menyentuh angka ratusan juta dan akan terus bertambah.

Di tengah permasalahan ini, unggahan Aldila Jelita di Instagram jadi sorotan. Ibu tiga anak ini mengakui kekurangannya sebagai manusia biasa.

"Saya hanya manusia penuh khilaf dalam berkata. Tapi, hanya Allah yang tahu apa isi hati hambaNya. Terima kasih ya Allah atas ujian kasih sayangmu @indrabekti," tulis Aldila Jelita dalam Instagram Story, Rabu (4/1/2023).

Bersama keterangan itu dia menyertakan video ceramah Ustaz Abdul Somad. Ceramah sang ulama tampaknya bisa menghibur dan menenangkan Aldila di tengah permasalahannya.


Jangan Sedih

"Jangan bersedih ketika kau dibunuh karaktermu. Jangan berduka cita ketika tidak ada manusia yang menerimamu," ujar UAS dalam kutipan videonya.

Menurut sang Ustaz, itu adalah cara Allah menguatkan hati hambanya. "Karena Dia ingin mengangkat derajatmu, menempatkan di tempat yang terpuji, memperlihatkanmu sesuatu yang tidak pernah dia perlihatkan kepada manusia yang lain," sambungnya.


Kuat Mental

Dengan ujian tersebut, maka manusia akan bergantung kepada Sang Pencipta dan menjadi pribadi yang lebih kuat.

"Dia buat hatimu hancur berkeping, agar tidak lagi ada tempat makhluk dalam hatimu, yang ada hanya Allah semata. Pada saat itu mentalmu sudah kuat, layaklah engkau berada di tempat yang terpuji," tutup UAS.


Kondisi Indra Bekti

Lebih lanjut, Aldila Jelita mengabarkan kondisi terkini suaminya. Ingatannya yang sempat terganggu sudah mulai pulih.

"Alhamdulillah, suamiku sudah lebih baik. Sudah bisa banyak nanya walau masih ngacak pertanyaan. Dan yang utama, sudah bisa kenal nama anak-anak dan fase sekarang nanyain anak-anak," kata Aldila Jelita di Instagram.

Miliarder: Banyak Baca Biar Sukses

Wejangan Miliarder Mark Cuban Buat Orang Usia 30-an Bila Ingin Sukses: Banyak Baca!

Liputan6.com 2023-01-04 06:00:19
Miliarder Mark Cuban. Foto: AFP

Awal tahun menjadi waktu yang tepat untuk membuat resolusi selama setahun ke depan. Bagi yang butuh referensi, Mark Cuban menyarankan kepada seseorang yang berusia 30 atau 40-an agar membiasakan diri untuk membaca demi mencapai keberhasilan.

"Seseorang yang berusia 40 tahun ke atas, bahkan 30 tahun ke atas, jika Anda tidak membaca, Anda gagal karena Anda tidak memperluas pikiran," kata Cuban kepada Bill Maher di acara podcast "Club Random" pada Minggu seperti melansir CNBC, Rabu (4/1/2023).

Dia menjelaskan bahwa setiap orang yang berusia di atas 30 tahun harus membaca setiap hari. Jika tidak, itu sama saja dengan membatasi diri dan karier, katanya.

"Saya memberi tahu anak-anak saya 'Seseorang yang tidak membaca hidup satu kehidupan, seseorang yang membaca kehidupan dalam jumlah yang tidak terbatas'," lanjutnya.

Sebuah studi tahun 2016 yang dilakukan oleh para peneliti Sekolah Kesehatan Masyarakat Universitas Yale mengungkapkan bahwa membaca 30 menit sehari dapat membantu peserta berusia 50 tahun ke atas hidup rata-rata dua tahun lebih lama daripada rekannya yang tidak membaca, terlepas dari kesehatan, kekayaan, jenis kelamin, dan pendidikan.

Cuban sendiri menjadi seorang pembaca aktif. Pada tahun 2018 dia mengatakan bahwa dia membaca 4-5 jam per hari mempelajari berita nasional dan lokal, email, dan penelitian teknologi.

Kebiasaan itu pun menurun ke anaknya. Anak perempuan Cuban yang lebih tua mengambil minatnya untuk membaca. Ketika masih muda, kedua anak Cuban akan diberi hadiah "sepatu atau apa pun yang diinginkan" setelah berhasil menyelesaikan buku bacannya, kata Cuban. Kemudian, ketika berkumpul dengan keluarga, Cuban dan keluarga bercakap-cakap tentang apa yang anaknya baca.


Perbedaan

Akan tetapi, berbeda dengan anak laki-lakinya yang saat ini berusia 13 tahun. Sedikit berbeda dari saudara perempuan, anak laki-lakinya ini tidak gemar membaca. Jadi, Cuban khawatir ambivalensi putranya terhadap buku akan "melukainya dalam jangka panjang" - sampai dia menyadari putranya belajar dengan cara yang berbeda.

"Mereka mengonsumsi banyak informasi secara online," kata Cuban. "Tantangannya tidak begitu banyak, apakah mereka belajar? Tantangan bagi saya adalah memahami bagaimana mereka belajar."

Setelah memperhatikan putranya mengambil konsep bisnis, seperti margin kotor dan royalti dari menonton video YouTube dan TikTok, Cuban menyadari bahwa platform tersebut dapat bertindak sebagai alat pengasuhan anak.

Tiktok adalah alat parental terbaik di dunia karena kecerdasan buatan berdasarkan apa yang Anda tonton," kata Cuban di podcast tersebut. "Jadi, jika saya ingin tahu apa yang disukai anak-anak saya, saya hanya melihat feed TikTok mereka."

Rusaknya Hutan Sumbar, Ulah Siapa?

Rusaknya Hutan Sumbar dari Tahun ke Tahun, Ulah Siapa?

Liputan6.com 2023-01-04 09:00:00
Direktur KKI Warsi, Rudi Syaf menunjukkan peta rusaknya tutupan hutan di Sumbar. (Liputan6.com/ Novia Harlina)

Hutan menjadi salah satu tonggak penting dalam kelangsungan hidup manusia. Rusaknya hutan juga akan mempengaruhi kelangsungan hidup manusia hingga flora dan fauna.

Sementara di Sumatera Barat (Sumbar), dari tahun ke tahun luas tutupan hutan terus berkurang. Hal ini berpotensi mengganggu keberlangsungan hidup manusia, flora hingga fauna.

Berdasarkan analisis Citra Sentinel II yang dilakukan oleh tim Geographic Information System Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi, Sumbar kehilangan 27.447 hektare atau 1,5 persen hutan sepanjang tahun 2022.

Sedangkan jika merujuk ke total luasan hutan Sumbar, lebih dari separuh wilayah ini merupakan kawasan hutan, yakni seluas 2.286.883 hektare atau 52 persen.

Pada 2021 jumlah tersebut menyusut menjadi 41 persen atau 1.744.549 hektare dan pada 2022 kembali berkurang sebanyak 27.447 hektare.

"Sejumlah aktivitas manusia menjadi penyebab berkurangnya tutupan hutan di Sumbar, seperti pertambangan emas ilegal dan pembalakan liar," kata Direktur KKI Warsi, Rudi Syaf beberapa waktu lalu di Padang.

Data yang dikeluarkan Warsi dalam catatan akhir tahun 2022, pertambangan emas tanpa izin atau ilegal di Sumbar terdapat di empat daerah yakni Kabupaten Dharmasraya seluas 2.179 hektare, Solok 1.330 hektare.

Kemudian Solok Selatan 2.939 hektare, dan Sijunjung 1.174 hektare. Tambang emas ilegal biasanya terjadi di sungai utama atau pun sungai kecil dalam kawasan Area Penggunaan Lain (APL), hutan produksi, dan hutan lindung.

Penambangan emas ilegal tersebut, lanjutnya mengakibatkan kerusakan hutan dan lingkungan serta timbulnya bencana longsor di sekitar kawasan tambang.

"Perlu adanya komitmen yang kuat untuk menanggulangi tindakan ilegal yang mengakibatkan kehilangan tutupan hutan," ujar Rudi.

Oleh sebab itu, lanjutnya tugas bersama semua pihak ke depannya yakni menahan laju deforestasi, peningkatan kegiatan pemulihan hutan, peningkatan kapasitas dan keterampilan masyarakat penjaga hutan dan penggunaan alat pengendali kegiatan illegal dalam hutan.


Potensi Sumber Daya Alam

Sementara Wakil Direktur KKI Warsi Rainal Daus menyebut hutan sejatinya bukan hanya tegakan kayu. Pengembangan ekonomi bisa berjalan tanpa merusak hutan.

"Hutan merupakan potensi yang sumber daya alam yang bisa bernilai ekonomi tinggi," ujarnya.

Ia mencontohkan soal adanya imbal jasa karbon di hutan alam, kemudian penggalangan dana melalui program adopsi pohon, ekowisata, imbal jasa air, pengembangan commodity agroforest, produk kompos, dan madu.

Pengembangan potensi ini, lanjutnya akan mendukung kehidupan masyarakat nagari (desa adat) di Sumbar.

Berdasarkan data BPS pada 2020 terdapat 950 nagari yang berada dalam kawasan hutan, dengan rincian 365 nagari berada di hutan konservasi, 305 nagari di hutan lindung dan 280 nagari di hutan produksi.

"Artinya, masyarakat Sumbar tidak lepas dari hutan dan menggantungkan hidup pada hutan," jelasnya.

Namun, perlu adanya perubahan pandangan di masyarakat. Jika selama ini masyarakat melihat hutan untuk dijadikan kebun, bisa dengan pengelolaan hutan secara modern melalui pengembangan imbal jasa lingkungan atau Payment for ecosystem services (PES).


Pemulihan Ekonomi Melalui Hutan

Selanjutnya Rainal menyampaikan menjaga tutupan hutan adalah upaya meraih manfaat ekologi bagi masyarakat, seperti ketersedian air bersih, lingkungan yang sejuk, dan terhindar dari bencana alam.

"Menjaga tutupan hutan juga bernilai ekonomi. Seperti misalnya yang dirasakan oleh masyarakat di lanskap Bukit Panjang Rantau Bayur (Bujang Raba) di Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi," ucapnya.

Bujang Raba terdaftar ke dalam pasar karbon sukarela melalui skema Plan Vivo. Dari perhitungan KKI Warsi pada zona lindung hutan desa yang merupakan hutan primer, penyerapan emisi atau cadangan karbon rata-ratanya sebesar 287 ton C/hektare atau 1,052 ton CO2 e/hektare.

"Melalui skema ini masyarakat mendapatkan dana yang difungsikan membiayai kegiatan sosial seperti khitanan, menjadi bantuan langsung tunai (BLT) ketika pandemi, dan membiayai kegiatan perlindungan dan pengamanan hutan," sebut Rudi.

Buka-Bukaan Cerita Keretakan Kerajaan

Pangeran Harry Belum Mau Berhenti Disorot, Ceritakan Keretakan Kerajaan Inggris di Wawancara Televisi AS

Liputan6.com 2023-01-03 21:05:04
Pangeran Harry. (Evan Agostini/Invision/AP)

Pangeran Harry terus berbicara tentang keretakan dalam keluarga kerajaan Inggris. Dia duduk bersama Anderson Cooper untuk wawancara "60 Menit", yang dijelaskan oleh CBS sebagai "wawancara televisi AS pertama Pangeran Harry untuk membahas autobiografi yang akan datang berjudul 'Spare'.

Tak hanya itu, Pangeran Harry juga menceritakan masa kecilnya, kehilangan ibunya dan hidupnya sebagai Duke of Sussex tinggal di Inggris dan sekarang di Amerika. Mengutip CNN, Selasa, (3/1/2022), dalam sebuah klip yang dirilis Senin, Cooper bertanya kepada Pangeran Harry tentang kritik yang ditujukan kepadanya dan istrinya Meghan Markle, Duchess of Sussex.

Antara lain mengenai keputusan mereka untuk mundur dari tugas kerajaan, alih alih mereka juga menyampaikan keluhan mereka tentang apa yang menyebabkan perpindahan itu secara terbuka. Putra kedua Raja Charles III itu menegaskan kembali bahwa dia mencoba untuk mengatasi masalah tersebut secara pribadi.

"Dan setiap kali saya mencoba melakukannya secara pribadi, ada pengarahan dan pembocoran serta penanaman cerita yang menentang saya dan istri saya," katanya.

Harry menyambung, "Kamu tahu, moto keluarga adalah 'Jangan pernah mengeluh, jangan pernah menjelaskan.' Itu hanya moto,"

Pasangan tersebut baru-baru ini menjadi berita utama untuk serial dokumenter Netflix mereka "Harry & Meghan", yang memulai debutnya bulan lalu. Di dalamnya, pasangan itu berbagi cerita tentang pacaran dan pandangan mereka tentang bagaimana mereka diperlakukan oleh media dan keluarga mereka masing-masing.


Ingin Keluarga Kembali

Pangeran Harry juga diharapkan untuk menjelaskan secara lebih rinci tentang kehidupannya di dalam dan di luar Keluarga Kerajaan dalam wawancara televisi yang akan datang dengan jaringan Inggris ITV. Ia sempat berkata, "Saya ingin sebuah keluarga, bukan institusi."

"Saya ingin mendapatkan ayah saya kembali. Saya ingin saudara laki-laki saya kembali," katanya kepada wartawan Tom Bradby dalam klip wawancara, yang akan disiarkan di ITV1 pada Minggu, 8 Januari. Adapun wawancara "60 Menit" dengan Pangeran Harry juga akan disiarkan pada hari Minggu di CBS.

Namun keinginan agar ayahnya, Raja Charles III dan saudara laki-lakinya, Pangeran William, "kembali" tampaknya tidak membuahkan hasil. "Mereka sama sekali tidak menunjukkan keinginan untuk berdamai," kata Harry dikutip dari Page Six, Selasa, (3/1/2022).

Penulis biografi kerajaan Tom Bower, yang menulis "Revenge: Meghan, Harry and the War Between the Windsors," mengungkapkan kepada Page Six dalam wawancara eksklusif bulan Oktober lalu bahwa upaya Harry untuk mengecilkan perseteruan keluarga dalam memoarnya mengingat kematian Ratu Elizabeth II akan sia-sia. "Saya pikir semua orang tahu Sussex tidak dapat mengubah buku itu dengan cara apa pun," dia beropini. "Bisakah mereka membuatnya lebih buruk? Sebab jika tidak, kami tidak akan mendapatkan penjualan," jelasnya.


Megxit Buat William Marah

Pangeran Harry mengatakan cerita terbaru soal keluarganya di dokumenter Harry & Meghan. Putra bungsu Putri Diana itu berkata kakaknya sempat marah besar terkait masalah "Megxit".

Di episode lima dokumenter, Pangeran Harry bercerita rencananya dan Meghan Markle untuk lebih independen. Akibatnya, mereka ingin mengurangi pekerjaan resmi mereka, meski tetap mendukung mendiang Ratu Elizabeth II kala itu.

Pertemuan kemudian digelar yang melibatkan Pangeran Charles, Pangeran William, dan Ratu Elizabeth II. Tak disangka, Pangeran Harry menyebut William mengamuk. "Sungguh menyeramkan ketika kakak saya menjerit dan berteriak kepada saya. Dan ayah saya mengatakan hal-hal yang tak benar. Dan nenek saya cuma duduk diam mendengarkan," ujar Pangeran Harry dalam dokumenter yang rilis pertengahan Desember 2022.

Pangeran Harry tidak menyalahkan Ratu Elizabeh II. Namun, Harry berkata neneknya mendapat bisikan bahwa tindakan Harry bisa merugikan institusi Keluarga Kerajaan Inggris. Proposal Harry untuk mengurangi pekerjaan kerajaan kemudian tak mendapat respons positif.

"Orang-orang di sekitarnya memberitahunya proposal yang dua orang ini (Harry-Meghan) lakukan dipandang sebagai serangan untuk institusi. Dan beliau mengikuti saran yang diberikan," sebut Pangeran Harry.


Pesohor Menyebalkan

Tanggapan negatif terhadap pasangan Meghan Markle dan Pangeran Harry masih belum usai. Serial dokumentar Meghan Markle dan Pangeran Harry di Netflix sangat menghancurkan reputasi pasangan itu.

Sebuah daftar pesohor paling menyebalkan sepanjang 2022 pun jadi buktinya. Setiap akhir tahun, situs Ranker merilis daftar figur publik atau pesohor yang paling menyebalkan sepanjang tahun menurut hasil voting online. Untuk Celebrities You're Sick of in 2022 atau pesohor paling menyebalkan sepanjang 2022, Meghan Markle menduduki urutan pertama.

Mengutip Daily Mail, 31 Desember 2022, dari 461.000 suara yang masuk, Duchess of Sussex menerima 24.201 suara. Adapun sang suami berada di urutan kedua lewat 21.492 suara. Daftar tersebut muncul hanya beberapa pekan usai serial 'Harry & Meghan' tayang di Netflix.

Daily Mail mengungkap, citra keduanya menurun drastis bila dibandingkan tahun lalu. Meghan dan Harry bahkan tak termasuk dalam 10 besar. Tahun sebelumnya, ibu dua anak itu menempati urutan ke-20 dan Harry di urutan ke-23.

Celebrities You're Sick of in 2022 ini ikut menyertakan nama Oprah Winfrey dengan perolehan sebanyak 15.488 suara sehingga menjadikannya orang paling menyebalkan urutan ketiga. Diketahui Maret 2021 lalu, dia pernah mewawancarai Meghan dan Harry.

Anak Krakatau Semprotkan Abu 3.000 Meter

Gunung Anak Krakatau Meletus, Ketinggian Abu Mencapai 3.000 Meter

Liputan6.com 2023-01-04 16:45:02
Aktivitas Gunung Anak Krakatau dari udara yang terus mengalami erupsi, Minggu (23/12). Tsunami yang menerjang wilayah Selat Sunda, Pandeglang, Serang, dan Lampung Selatan merusak ratusan bang

Gunung Anak Krakatau (GAK) kembali meletus pada Rabu sore, (4/1/2023), pukul 15.09 wib. Ketinggian semburan abu vulkanik mencapai 3.000 meter dari atas puncak.

Berdasarkan laporan yang dibuat oleh Ade Yasser Akhmad Purwata, petugas pos pantau GAK Pasauran, Kabupaten Serang, Banten, yang diunggah di aplikasi resmi Magma Indonesia menuliskan bahwa kolom abu berwarna hitam tebal mengarah ke timur.

Letusan itu terekam di alat seismogram dengan amplitudo maksimum 65mm dan berdurasi 1 menit 37 detik.

Dalam laporan lainnya, letusan gunung berapi di perosotan Selat Sunda itu terjadi juga pukul 14.10 wib, di hari yang sama, dengan ketinggian 100 meter.


Berstatus Siaga atau Level III

Abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal, mengarah ke timur. Letusan tersebut terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 40mm dan berdurasi 20 detik.

Saat ini, Gunung Anak Krakatau berstatus siaga atau pada Level III, dengan larangan mendekat dalam radius 5 kilometer, guna menghindari material letusan.

Sistem Pemilu Proporsional Tertutup Vs Terbuka

HEADLINE: Adu Kuat Sistem Proporsional Tertutup dengan Terbuka di Pemilu 2024, Plus-Minusnya?

Liputan6.com 2023-01-05 00:03:33
Ilustrasi Kantor Komisi Pemilihan Umum atau KPU. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Jelang Pemilu 2024, suasana kian memanas. Hal ini dipicu oleh wacananya akan diterapkan sistem proporsional tertutup atau hanya mencoblos partai politik akibat ada yang menggugatnya di Mahkamah Konstitusi (MK).

Jadi ramai, lantaran wacana ini dilontarkan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari, yang bahkan meminta para bakal calon legislatif tidak terburu-buru melakukan kampanye.

Bak gayung bersambut, partai yang mendukung sistem proporsional tertutup mendukung itu bisa diterapkan. Namun, tak sedikit yang menolak, dan menginginkan di Pemilu 2024 tetap memilih parpol dan calegnya.

Selasa 3 Januari 2023 delapan fraksi di DPR dengan tegas menolak itu. Mereka yang menolak yakni Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Nasdem, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Fraksi Partai Amanat Nasional, dan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan.

Salah satu poinnya, adalah meminta Mahkamah Konstitusi untuk tetap konsisten dengan Putusan MK Nomor 22-24/PUU-VI/2008 pada 23 Desember 2008, dengan mempertahankan pasal 168 ayat (2) UU No.7 tahun 2017 sebagai wujud ikut menjaga kemajuan demokrasi Indonesia.

Sementara, para penggungat yang telah terdaftar dengan nomor perkara 114/PUU-XX/2022 dan mengunggat pasal yang sama, menyatakan frasa terbuka dalam pasal tersebut bertentangan dengan Undang-Undang Dasar 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum yang mengikat.

Direktur Eksekutif Pusat Studi Hukum dan Pemerintahan (PUSHAN) Oce Madril menilai, konstitusi sebenarnya tidak mengatur mengenai sistem pemilu apa yang harus diterapkan.

"Jadi pilihan sistem pemilu, apakah proporsional terbuka atau tertutup merupakan kebijakan hukum terbuka. Kedua sistem itu pun pernah diterapkan di Indonesia," kata dia, Rabu (4/1/2023).

Meski demikian, OCe mengingatkan ada implikasi dari setiap pilihan sistem pemilu tersebut. Misalnya, sistem proporsional terbuka dengan mencoblos caleg menitikberatkan pada individu, sehingga setiap caleg berlomba-lomba untuk dapat terpilih dan mengeluarkan biaya banyak.

Hal ini menyebabkan politik berbiaya sangat tinggi. Banyak riset telah dilakukan yang menyimpulkan rata-rata pengeluaran caleg DPR mencapai angka Rp 4 miliar dan bahkan ada yang menghabiskan sampai Rp 20 miliar. Di tingkat DPRD biayanya juga tinggi hanya untuk berebut satu kursi.

Oce Madril menambahkan biaya tinggi yang harus dikeluarkan caleg tersebut untuk membiayai berbagai kebutuhan kampanye agar dapat meraih suara sebanyak-banyaknya.

Para caleg akan bertarung dengan caleg dari partai lain dan bahkan akan gontok-gontokan dengan caleg dalam satu partai. Selain berbiaya tinggi, juga memicu konflik.

"Oleh karena orientasinya adalah meraih suara sebanyak-banyaknya, maka berbagai intrik dilakukan termasuk melakukan praktik politik uang. Maka banyak riset menyatakan bahwa politik uang di Indonesia sangatlah tinggi," jelas Oce.

Pemilu yang berbiaya mahal berkorelasi dengan tingginya tingkat korupsi di sebuah negara.

Rumusnya sederhana, karena modal yang harus dikeluarkan caleg sangat mahal, maka ketika terpilih rentan melakukan korupsi untuk mengembalikan modal biaya pemilu dan menyiapkan modal baru agar dapat terpilih di pemilu berikutnya.

Persoalan turunan yang ditimbulkan oleh sistem pemilu berbiaya mahal ini telah dirasakan selama ini dan hingga saat ini, persoalannya semakin akut, korupsi politik, dan politik uang semakin merongrong institusi demokrasi.

"Sementara sistem proporsional tertutup menyisakan masalah demokratisasi di tingkat partai, khususnya berkaitan dengan rekrutmen politik," kata Oce.

Senada, Pakar Hukum Tata Negara Universitas Udayana, Jimmy Z. Usfunan, mengatakan, sistem yang diterapkan sekarang membuat keresahan sosial, di mana banyak suara tidak sah lantaran sudah apatis dengan calon yang ada.

"Dengan fenomena ini, maka akan memunculkan sikap apatisme masyarakat nantinya dalam memilih pada Pemilu tahun 2024 yang akan datang, karena khawatir sudah menggunakan hak pilih, namun suaranya menjadi suara yang terbuang," kata dia, Rabu (4/1/2023).

Selain itu, menurut dia, ini memakan modal besar, bahkan bisa berunjung konflik, seperti pernah terjadi di Pemilu 2019.

"Bayangkan saja, jika konflik itu melibatkan para pendukung, bukankah akan menimbulkan konflik sosial yang besar di masyarakat? Sementara saat ini, Indonesia memiliki 514 kabupaten/Kota dan 38 Provinsi, tentunya ini bisa jadi masalah besar nantinya," jelas Jimmy.

Keresahan sosial lainnya akibat sistem proporsional terbuka ini, yaitu banyak lagi calon legislatif yang gagal mengalami depresi, gangguan jiwa, bahkan bunuh diri seperti yang terjadi pada 2019.

"Apalagi besarnya modal yang digunakan, dengan asumsi yang besar menjadi pemenang, sementara caleg yang lain juga berani melakukan adu modal, akibatnya cost politic menjadi makin besar, menjadikan para calon akhirnya rela berutang atau bahkan menggadaikan rumah dan barang-barang berharga lainnya demi kemenangan," kata Jimmy.

Selain itu, masih ada pemilih tak menggunakan rasional dan asal saja lantaran sudah terlalu banyak nama di surat suara.

"Akhirnya melihat pada foto atau karena popular, serta tidak mungkin jika pemilih nantinya bertindak yang mengakibatkan surat suara itu tidak sah," jelas Jimmy.

Mereka yang Menolak

Pakar Hukum Tata Negara Universitas Andalas, Feri Amsari mengatakan, sistem pemilu itu harus berasaskan kedaulatan dan langsung, sebagaimana sesuai dengan undang-undang.

"Sesuai dengan ketentuan Pasal 1 Ayat 2 Undang-Undang Dasar 1945, kedaulatan di tangan rakyat, maka sistem pemilu apa yang mendekati nilai kedaulatan itu. Maka itulah yang paling konstitusional, apalagi kalau dilihat dari Pasal 22 E bahwa asas pemilu itu langsung, jadi rakyat dapat menentukan siapa representasinya langsung," kata dia kepada Liputan6.com, Rabu (4/1/2023).

Menurut Feri, dari sanalah, bisa lihat, sistem mana yang paling tepat untuk memastikan kedaulatan berjalan dan rakyat bisa memilih langsung representasinya.

"Karena itu yang paling cocok tentu saja adalah sistem proporsional terbuka, di mana rakyat bisa menentukan siapa yang mewakili dirinya, dan partai sebagai peserta pemilu membuka ruang agar kedaulatan itu bisa berjalan," jelas dia.

Wakil Ketua DPP NasDem Willy Aditya memandang, Kembali ke sistem proporsional tertutup adalah kemuduran dalam berdemokrasi.

"Hal tersebut hanya ekspresi kemalasan berpikir untuk membangun kemajuan dalam membangun kehidupan politik. Sebab, proporsional terbuka adalah bentuk kemajuan dalam praktik berdemokrasi," kata dia, Rabu (4/1/2023).

Menurut Willy, demokratisasi sepatutnya bukan memundurkan yang telah maju, tetapi memperbaiki dan menata ulang hal yang kurang.

"Yang terjadi pada sistem pemilu jika benar kembali ke sistem proporsional tertutup maka terjadi kemunduran luar biasa. Selain menutup peluang rakyat untuk mengenal caleg, rakyat juga dipaksa memilih kucing dalam karung," tutur dia.

Willy menegaskan,sistem proporsional terbuka dahulu dipilih untuk menjawab persoalan kesenjangan representasi. Ada kelemahan pengenalan dan saluran aspiratif rakyat dengan wakil rakyatnya.

"Proporsional terbuka memungkinkan beragam latar belakang sosial seseorang untuk bisa terlibat dalam politik elektoral. Dengan sistem semacam ini pula, warga bisa turut mewarnai proses politik dalam tubuh partai," jelas dia.

Senada, Politikus PAN Saleh Daulay memandang jika memang benar bahwa memilih caleg menyebabkan politik uang, maka bukan sistemnya yang salah.

"Tetapi, instrumen pengawasan dan penegakan hukum yang perlu ditingkatkan. Praktik money politics sebetulnya tidak hanya bisa terjadi pada sistem proporsionalitas terbuka. Dalam sistem proporsionalitas tertutup pun hal itu sangat dimungkinkan. Bahkan bisa terjadi di lingkaran partai politik dan di masyarakat," kata dia.

Menurut Saleh, jika tertutup, pasti ada kontestasi di internal partai. Di titik ini, ada peluang politik uang ke oknum elite partai untuk dapat nomor bagus.

"Money politics ini menurut saya lebih bahaya. Tertutup dan tidak kelihatan. Hanya orang tertentu yang punya akses. Tidak hanya itu, nanti pas pemilu, yang dapat nomor urut bagus tadi juga masih bisa money politics di masyarakat. Walau kampanyenya untuk memilih partai, tetapi tetap saja peluang untuk melakukan pelanggaran selalu ada," tutur dia.

Karena itu, Saleh menegaskan, bahwa yang disampaikan ke masyarakat adalah politik uang itu bisa dihindarkan dan menolaknya.

"Sebab, berapa banyak pun uang yang dimiliki oleh caleg, jika masyarakat tidak mau, tetap saja tidak akan mampu membayar suara rakyat. Apalagi kesadaran itu didukung oleh perangkat pengawasan yang baik," kata dia.

Politikus PKB Yanuar Prihatin pun menuturkan, sistem proporsional tertutup digunakan sepanjang pemilu jaman Orde Baru.

"Apa yang terjadi? Rakyat tidak kenal calon yang akan mewakilinya, di TPS para pemilih seperti membeli kucing dalam karung, kedaulatan pemilih dikubur oleh kedaulatan partai dan kegairahan politik hanya milik segelintir pengurus partai. Pada saat itu jangan harap muncul partisipasi politik rakyat dalam skala massif, yang ada adalah mobilisasi untuk arak-arakan di jalan raya," kata dia.

Jangan lupa, sambung dia, sistem proporsional tertutup di masa lalu telah menghasilkan oligarki di dalam partai.

"Tertutupnya kompetisi antara sesama kader. Juga melahirkan para politisi yang lebih mengakar ke atas daripada ke bawah," kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini.

Yanuar menegaskan, bagi partai politik yang punya tradisi komando yang kuat dan sedikit otoriter, sistem tertutup ini lebih disukai. Bahkan bagi kader partai politik yang berjiwa oportunis, elitis dan tidak mampu berkomunikasi dengan publik, sistem proporsional tertutup adalah peluang terbesar bagi karir pribadinya.

"Tapi karena kita semua memahami bahwa ada salah arah, maka akhirnya sistem proporsional terbuka dijadikan kesepakatan bersama sejak Pemilu 2009," pungkasnya.


Suara KPK dan KPU

Ketua KPU Hasyim Asy'ari tidak mau terlalu ikut berpolemik meski wacana tersebut digulirkan terlebih dahulu olehnya. Menurut dia, apapun nanti keputusan MK, pihaknya akan menjawabnya.

"Bila saatnya KPU diminta memberi keterangan maka KPU akan menyampaikan keterangan tentang itu, secara proporsional sesuai dengan bidang tugas dan ruang lingkup kerja KPU," kata dia di Jakarta, Rabu (4/1/2023).

Bahkan, Hasyim enggan menjelaskan mana yang paling mudah dijalankan pihaknya soal proporsional terbuka atau tertutup.

"KPU tidak akan berteori tentang proporsional terbuka keuntungan kelebihan kekurangan ini, kemudian yang tertutup keuntungan kelebihan kekurangannya itu, KPU tidak berbicara pada level itu. Karena itu level perbincangan di pembentuk undang-undang dan para pengkaji," kata dia.

"KPU levelnya pelaksana undang-undang, sehingga saat KPU memberikan keterangan maka sesuai dengan apa yang dialami dan menjadi ruang lingkup tugas dari penyelenggara pemilu," sambungnya.

Meski demikian, Hasyim menegaskan, kajian beban kerja sudah dilakukan pihaknya terhadap dua sistem tersebut.

"Soal kajian beban kerja, sudah ada kajian KPU mengenai itu. Tapi nanti disampaikan pada saat sidang (di MK)," kata dia.

Sementara, Wakil Ketua KPK Johanis Tanak mengatakan, biaya pemilu tinggi di Indonesia hal yang wajar mengingat luasnya wilayah dan berbagai macam tantangannya.

Meski demikian, dia tak menepis bahwa biaya politik tinggi tersebut tidak menutup kemungkinan terjadinya penyalahgunaan penggunaan dana politik tersebut untuk kepentingan pribadi, kelompok atau korporasi yang menyebabkan terjadinya kerugian keuangan negara.

"Namun bilamana pelaksana penyelenggara pemilu memiliki integritas kepribadian tinggi, maka kecil kemungkinan terjadi korupsi," kata Johanis kepada Liputan6.com, Rabu (4/1/2023).

Begitu juga politik uang dalam penyelenggaraan pemilu, bisa terjadi karena adanya interaksi antara oknum partai peserta pemilu dengan penyelenggara pemilu atau dengan oknum masyarakat sebagai pemilih.

"Dan dalam konteks ini dapat terjadi suatu perbuatan tindak pidana korupsi manakala ada penyuapan yang dilakukan terhadap penyelenggara pelaksana pemilu untuk melakukan perbuatan yang menyimpang dari yang seharusnya dilakukan," jelas Johanis,

Karena itu, KPU Pusat perlu pencerahan dan pengawasan dari intansi pemerintah dan masyarakat terhadap jalannya Pemilu 2024.

"Dengan demikian diharapkan pemilu dapat terselenggara dengan baik, jujur dan adil. Sehingga dapat diperoleh pimpinan yang jujur, adil dan bermartabat dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan serta bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme," kata Johanis.

Karena itu, menurut dia, permasalahannya bukan sistem pemilunya yang bagus atau tidak. "Tapi bagaimana penyelenggara pemilu, peserta pemilu dan masyarakat dapat memahami pentingnya penyelenggaraan pemilu yang adil dan jujur," jelas Johanis.

Sementara, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menyadari bahwa tahun 2023 ini merupakan gerbang menuju Pemilu 2024, dan berdasarkan catatannya rawan korupsi.

Pasalnya, momen politik sedang membutuhkan banyak dana untuk amunisi politik, sehingga Semua hal penyelenggara pemerintahan menjadi cenderung untuk disalahgunakan, diperjualbelikan secara illegal, prosedur administrasi dipenuhi secara formil padahal substansinya disimpangi.

"Mulai dari anggaran, pengadaan barang dan jasa, seleksi pejabat, perijinan bahkan sampai pada bantuan-bantuan yang disalahgunakan," kata dia.

Karena itu, pihaknya menghibau para penyelenggara negara untuk tidak melakukan praktek korupsi.

"Karena KPK pun telah mempersiapkan kewaspadaan untuk memberantas korupsi secara professional tegas dan akuntable. KPK berharap tahun 2023 ini tidak merupakan tahun korupsi, tapi tahun politik etis berintegritas tanpa korupsi," pungkasnya.


Suara Partai Baru

Wakil Ketua Umum Partai Ummat Buni Yani mengatakan, partainya yang tergolong masih baru, tak masalah dengan sistem terbuka ataupun tertutup.

"Dengan sistem terbuka kami siap, dengan sistem tertutup pun InsyaAllah kami siap," jelas dia kepada Liputan6.com, Rabu (4/1/2023).

Buni menuturkan, masing-masing sistem punya kelebihan dan kelemahan. Mengantisipasi sistem mana saja nanti yang diberlakukan oleh KPU, Partai Ummat sudah mulai mengadakan konsolidasi internal agar bisa mendapatkan suara double digits sehingga bisa melewati ambang batas perlemen (parliamentary threshold).

"Partai Ummat InsyaAllah dalam waktu dekat akan mengadakan Rakernas," kata dia.

Karena itu, pihaknya menghormati dinamika yang terjadi di DPR. "Kami menghormati kawan-kawan di DPR baik yang memilih sistem terbuka ataupun tertutup. Mereka pasti punya argumen masing-masing," tukas Buni.

Sementara, Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Fahri Hamzah mengkritik keras pernyataan Ketua KPU RI Hasyim Asyari yang mengatakan ada kemungkinan pemungutan suara Pemilu 2024 nanti dilakukan dengan sistem proporsional tertutup.

Dia menilai ada upaya kesengajaan dari partai tertentu untuk mendorong Hasyim membantu untuk berkuasa dan melanggengkan kekuasaannya, serta tidak ingin ada tradisi berpikir demokratis dalam setiap Pemilu.

"Kalau betul Ketua KPU (Hasyim Asyari) didorong partai politik untuk mengakhiri pencoblosan nama calon pejabat, khususnya wakil rakyat yang kita pilih," kata Fahri.

Menurut dia, jika pencoblosan dengan nama partai, maka ada ketergantungan dalam penentuan nama pejabat publik oleh partai. Fahri menegaskan, partai akan menentukan nomor urut dan keterpilihan yang sangat tinggi sekali, sehingga menyebakan wibawa mereka dalam negara akan sangat besar sekali.

"Ini sebenarnya tradisi komunis. Menurut saya, ini krisis besar yang dihadapi setiap negara dan partai politik, karena mereka tidak meneruskan tradisi dan tidak berpikir demokratis," kata Fahri.

Partai-partai seperti ini, kata Fahri, adalah partai yang haus kekuasaan. Di dalam benaknya yang terpikir adalah menang dan bisa berkuasa, serta tidak peduli, apakah hal itu diperoleh secara demokratis atau tidak, yang penting bisa berkuasa.

"Partai-partai ini hanya haus kekuasaan, tetapi tidak mau berpikir. Saya kira ini harus menjadi wake up call (panggilan untuk membangunkan seseorang dari tidurnya) bagi kita, bahwa sistem totaliter ingin di implan secara lebih permanen di dalam negara kita. Ini berbahaya sekali," kata dia.