"Tak Ada Niatku Menyakiti Keluarga"

Pangeran Harry Jelang Rilis Memoir Kontroversialnya: Tak Ada Niatku Menyakiti Keluargaku

Liputan6.com 2023-01-09 10:00:00
Pangeran Harry. (Harry: The Interview di ITV1 dan ITVX pada 8 Januari 2023. PA via AP)

Jelang perilisan memoir miliknya, Spare, Pangeran Harry kembali tampil di media dalam sesi wawancara khusus. Kali ini ia diinterviu Tom Bradby dalam tayangan ITV yang mengudara di tanah kelahirannya, Inggris, Minggu (8/1/2023).

Suami Meghan Markle ini ditanya alasannya memublikasikan buku yang bisa dibilang penuh dengan aib keluarga sendiri.

"Aku mencintai ayahku. Aku mencintai kakakku. Aku mencintai keluargaku. Selalu," kata dia, dilansir dari People.

Ia kemudian menegaskan bahwa tindakannya selama ini tak pernah bertujuan untuk menyakiti Pangeran William dan Raja Charles III.

"Tidak ada hal yang saya lakukan dalam buku ini maupun yang sebelumnya, yang dikerjakan dengan niat untuk membahayakan atau menyakiti mereka," Pangeran Harry melanjutkan.


Batas Kesabaran Pangeran Harry

"Kebenaran adalah sesuatu yang harus kuandalkan," kata dia. Pangeran Harry mengatakan ia memilih jalan ini, setelah bertahun-tahun hidup bersama sejumlah anggota keluarga yang "berkomplot" dengan media demi memperbaiki citra mereka sendiri.

"Kalau Anda harus melakukan itu, atau ingin melakukan hal tersebut, ya itu adalah pilihan. Itu terserah Anda. Tapi bila perbaikan (citra) itu merugikan orang lain, termasuk aku dan anggota keluargaku, di situlah batas kesabaranku," kata dia.


Ingin Rekonsiliasi

Ketika ditanya mengenai kemungkinan rekonsiliasi, Pangeran Harry mengatakan peluangnya masih terbuka.

"Aku ingin rekonsiliasi. Tapi pertama-tama, perlu ada akuntabilitas. Anda tak bisa terus mengatakan bahwa saya delusional dan paranoid, semenara ada banyak bukinya," kata Pangeran Harry.


Pangeran William Main Fisik

Seperti diketahui, Pangeran Harry mengutarakan banyak hal dalam Spare, yang akan dirilis secara resmi pada 10 Januari besok. Salah satunya, berisi pengakuan bahwa sang kakak pernah main fisik kepada pria dua anak ini. Sebelum insiden ini, keduanya diketahui adu argumen soal Meghan Markle.

"[Pangeran William] memegang kerahku, memutus kalungku, dan dia membantingku ke lantai," kata Pangeran Harry dalam petikan pernyataan dalam bukunya, yang dikutip The Guardian.

Tak Sungkan Umbar Aib

Pangeran Harry Ungkap Alasan Tak Sungkan Umbar Aib Keluarga, Kesabaran Habis Setelah 6 Tahun

Liputan6.com 2023-01-09 12:00:00
Pangeran Harry. (Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth, File)

Sejak dua tahun lalu, Pangeran Harry dan Meghan Markle terbilang sangat vokal menyerang keluarga Kerajaan Inggris. Beragam pernyataan kontroversial terbit dari bibir keduanya, mulai dari wawancara dengan Oprah, serial dokumenter di Netflix, dan terakhir memoir Pangeran Harry yang akan terbit pada Selasa (10/1/2023) besok.

Satu pertanyaan besar mengemuka: Kenapa sih, Pangeran Harry tak sungkan mengumbar hal yang bisa dianggap sebagai aib Pangeran William dan Raja Charles?

Hal ini ditanya pula oleh Tom Bradby dalam tayangan ITV yang mengudara di tanah kelahirannya, Inggris, Minggu (8/1/2023).

"Well, ada sebuah moto, moto keluarga: jangan pernah komplain, jangan beri penjelasan," kata Pangeran Harry dilansir dari People. Pria dua anak ini menyebut pada kenyataannya moto keluarga ini tak bermakna.

"Orang-orang sekarang sadar lewat film dokumenter Netflix dan beragam cerita yang keluar setelah bertahun-tahun, bahwa itu hanyalah moto belaka. Ada banyak keluhan dan ada banyak yang melakukan penjelasan," ia menyambung.


Sudah Berusaha Maksimal

Pangeran Harry mengklaim selama enam tahun terakhir ia dan keluarga sebenarnya sudah mencoba menyelesaian konflik secara privat.

"Sudah masuk enam tahun, dan setiap tahunnya itu saya melakukan segala yang saya bisa, untuk menghubungi keluarga saya secara pribadi," beri tahu Pangeran Harry.


Tak Harus Begini

Kata Pangeran Harry, ia sudah melakukan banyak hal. Mulai dari diskusi, menulis surat, hingga surel. Menurutnya, hasilnya nihil. "Yang paling menyedihkan dari ini semua, semuanya tidak harus jadi begini. Tak harus jadi sampai di titik ini," ungkapnya.


Semua Akan Berbeda

Menurut Pangeran Harry, semua akan berbeda bila perilaku keluarganya bisa berubah begitu ia mundur dari tugas keluarga kerajaan senior.

"Bila hal ini berhenti di titik di mana aku kabur dari kampung halamanku bersama istri dan anakku yang mengkhawatirkan hidup kami, mungkin semuanya akan jadi berbeda," Pangeran Harry mengakhiri.

Senyum Sang Raja di Tengah Skandal

Senyum Raja Charles III Saat Kembali Menyapa Warga di Tengah Skandal Buku Pangeran Harry

Liputan6.com 2023-01-09 11:02:36
Raja Charles III menemui publik jelang kebaktian di Gereja St. Lawrence Church, Norfolk, Inggris, Minggu, 8 Januari 2023. (dok. Joe Giddens/PA via AP)

Raja Charles III kembali tampil di publik pada Minggu pagi, 8 Januari 2023. Itu adalah kemunculan publik pertamanya setelah libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Raja Charles keluar di Norfolk untuk menghadiri kebaktian di Gereja St. Lawrence di Castle Rising. Raja berusia 74 tahun itu tampak senang menemui warga yang menunggunya di luar. Ia tersenyum lebar dan sempat bercakap-cakap dengan beberapa di antara mereka selepas kebaktian.

Dikutip dari Hello Magazine, Senin (9/1/2023), ini juga menjadi penampilan pertama Raja Charles di publik sejak skandal buku biografi Pangeran Harry meluas. Buku tersebut secara resmi akan diluncurkan pada Selasa pagi, 10 Januari 2023. Charles diketahui berada di Sandringham saat pemberitaan buku itu dimuat di media.

Dalam memoar, Harry membuat sejumlah klaim mengejutkan tentang ayahnya. Di salah satu bab, dia mengklaim bahwa dia, Pangeran William, dan Ratu Elizabeth II tidak ingin Charles menikahi Camilla yang kini menjaadi permaisuri.

Harry mengatakan bahwa dia dan William secara khusus meminta ayah mereka untuk tidak menikahi Camilla. Namun, dia juga menambahkan bahwa ia dan kakaknya tidak menentang ayah mereka saat pernikahan itu akhirnya digelar.

Duke of Sussex mengungkapkan bahwa Charles awalnya membayangkan nama yang berbeda untuknya, yakni Harry Albert, nama suami Ratu Victoria, ratu Inggris yang dicintai Ratu Elizabeth II. Tetapi, Putri Diana tidak setuju dengan nama tersebut.

Pasangan itu akhirnya sepakat menamainya Henry, meski ia akhirnya tetap dipanggil Harry. Bagaimana pun, pilihan nama pertama Raja akhirnya dipakai menjadi salah satu nama tengah Harry.


Niat Hancurkan Kerajaan?

Buku memoar yang dijual lebih awal itu menjadi bahan bakar baru dalam konflik Harry dan monarki Inggris. Dalam memoar tersebut, Harry tak hanya mencatat detail yang sangat intim, seperti bagaimana dia kehilangan keperawanannya dan menggunakan narkoba, tetapi juga mengungkapkan contoh ketidakharmonisan keluarga. Ia juga menuding kakaknya, William, telah membantingnya ke lantai ketika mereka bertengkar perkara Meghan Markle.

Pengamat mengatakan hal tersebut telah menjerumuskan monarki ke dalam krisis terbesarnya sejak masa opera sabun kerajaan pada 1990-an saat hancurnya maghligai pernikahan Charles dengan mendiang istri pertamanya Putri Diana, ibu William dan Harry. Semua ini terjadi hanya empat bulan setelah Ratu Elizabeth meninggal dan Charles naik takhta.

"Jadi, Charles mencoba membentuk dirinya sebagai raja baru dan sekarang Harry melempar serangan dan semuanya datang bertubi-tubi seperti menabraknya," kata penulis biografi kerajaan, Tina Brown, dikutip dari kanal Global Liputan6.com.

Sejak Harry dan Meghan meninggalkan tugas kerajaan dan pindah ke California pada 2020, mereka mencerca perlakuan bangsawan dan institusi istana terhadap meraka. Dari wawancara mereka dengan Oprah Winfrey pada 2021 hingga serial dokumenter Netflix enam bagian yang ditayangkan pada bulan lalu dan sekarang buku Harry, pesan pasangan itu tetap sama: bahwa para bangsawan dan staf kerajaan tidak hanya gagal melindungi mereka dari pers yang bermusuhan dan terkadang rasis, tetapi secara aktif membocorkan cerita negatif tentang pasangan Sussex.


Istana Diam

Sejauh ini, belum ada komentar dari Istana Buckingham atau siapa pun yang berbicara atas nama keluarga kerajaan, sebuah sikap yang dipuji banyak media Inggris sebagai sikap diam yang bermartabat. Namun, Harry tak merasa demikian.

"Saya tidak tahu bagaimana sikap diam akan membuat segalanya menjadi lebih baik," kata Harry dalam wawancaranya dengan ITV Inggris, yang akan menjadi yang pertama ditayangkan.

Dalam wawancara yang sama, Harry juga menolak telah menuduh keluarga Kerajaan Inggris bersikap rasis terhadap keluarganya. Hal itu berbanding terbalik saat ia dan Meghan Markle diwawancarai Oprah Winfrey. Kala itu, ia dan Meghan menyebut anggota kerajaan yang tak disebutkan namanya mengkhawatirkan warna kulit bayi Archie. Meghan bahkan menduga putranya tak diangkat sebagai pangeran karena kekhawatiran itu.

Namun, ucapan Harry berbeda 180 derajat dalam wawancara 90 menit bersama Tom Bradby. Ia mengatakan, "Tidak, saya tidak melakukannya."

Bradby, selaku pewawancara sempat tertegun saat Harry menyalahkan pihak lain. "Pers Inggris mengatakan itu," ujarnya, dikutip dari The Sun.

Harry kemudian menggali lubang yang lebih besar dengan bertanya pada Bradby, "Apakah Meghan pernah menyebutkan bahwa mereka rasis?" Bradby mengulangi klaim Meghan bahwa ada "komentar yang meresahkan tentang warna kulit Archie."


Pesohor Paling Menyebalkan

Sebelumnya, situs Ranker merilis daftar figur publik atau selebriti yang paling menyebalkan sepanjang tahun menurut hasil voting secara online. Meghan Markle ternyata menduduki urutan pertama dalam daftar pesohor paling menyebalkan sepanjang 2022.

Melansir Daily Mail, 31 Desember 2022, dari 461 ribu suara yang masuk, Duchess of Sussex menerima 24.201 suara. Sementara, sang suami berada di urutan kedua dengan 21.492 suara. Daftar ini muncul hanya beberapa pekan usai serial Harry & Meghan tayang di Netflix.

Citra keduanya menurun drastis bila dibandingkan dengan tahun lalu, yang mana Meghan dan Harry bahkan tidak termasuk dalam 10 besar. Tahun lalu, ibu dua anak itu hanya menempati urutan ke-20 dan Harry di urutan ke-23.

Celebrities You're Sick of in 2022 ini turut menyertakan nama Oprah Winfrey dengan perolehan sebanyak 15.488 suara sehingga menjadikannya orang paling menyebalkan urutan ketiga. Pada Maret 2021, dia pernah mewawancarai Meghan dan Harry.

Meghan pernah mengatakan pada perempuan yang dijuluki Ratu Talkshow itu bahwa dirinya mendapat perlakuan rasis dari seorang anggota keluarga kerajaan. Meghan juga mengklaim Kate Middleton pernah membuat dirinya menangis karena masalah bridesmaid.

Pengakuan Bikin Geger Afghanistan

Klaim Pangeran Harry Bunuh 25 Anggota Taliban Afghanistan Menuai Kecaman Hingga Demonstrasi

Liputan6.com 2023-01-10 07:33:05
Pangeran Harry. (AP Photo/Martin Meissner)

Klaim Pangeran Harry dalam memoarnya yang bertajuk "Spare" bahwa dia membunuh 25 anggota Taliban saat bertugas di Afghanistan menuai aksi protes. Demonstrasi digelar di sebuah universitas lokal di Helmand, provinsi tempat sebagian besar pasukan Inggris terkonsentrasi selama operasi NATO dan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) di Afghanistan, pada Minggu (8/1/2023).

"Kami mengutuk tindakannya yang bertentangan dengan semua norma kemanusiaan," ujar salah seorang demonstran seperti dikutip dari AP, Selasa (10/1).

Sementara itu, demonstran lainnya mengusung poster yang memperlihatkan potret Pangeran Harry dengan tanda "X" merah.

Sayed Ahmad Sayed, seorang dosen di universitas tersebut, mengutuk Pangeran Harry atas perannya dalam operasi militer Inggris di Afghanistan.

"Kekejaman yang telah dilakukan Pangeran Harry, teman-temannya atau siapapun di Helmand atau di manapun di Afghanistan tidak dapat diterima. Kejam. Tindakan ini akan dikenang oleh sejarah," ungkap Sayed.

Pasukan NATO dan AS ditarik dari Afghanistan pada Agustus 2021 setelah 20 tahun berperang melawan Taliban. Penarikan pasukan tersebut dengan cepat memuluskan jalan Taliban untuk kembali ke tampuk kekuasaan.


Bidak Catur

Dalam memoarnya, Pangeran Harry mengklaim bahwa dia membunuh 25 anggota Taliban saat bertugas sebagai ko-pilot helikopter Apache. Dia menulis bahwa dia tidak merasa puas atau malu atas tindakan tersebut.

Pangeran Harry mengatakan bahwa di tengah panasnya pertempuran dia mengganggap musuh adalah bidak yang harus disingkirkan dari papan catur.

"Baddies dihilangkan sebelum mereka bisa membunuh goodies," tulis sang pangeran.

Keputusan Pangeran Harry untuk menyebutkan angka anggota Taliban yang dibunuhnya dan membandingkan kematian mereka dengan bidak catur memicu kemarahan dari Taliban serta kekhawatiran dari para veteran Inggris.

"Kami meminta komunitas internasional untuk mengadili orang ini (Pangeran Harry) dan kami harus mendapat kompensasi atas kerugian yang kami derita," ungkap Mullah Abdullah yang kehilangan empat anggota keluarga dalam serangan udara Inggris di Helmand pada tahun 2011.

Direktur media untuk kegubernuran Taliban di Helmand, Mawlavi Mohammad Qasim, menyebutkan bahwa klaim Pangeran Harry dalam memoarnya telah mengungkap wajah asli dunia Barat.

"Ini adalah indikasi yang jelas dari tindakan kejam dan mengerikan mereka," katanya.


Reputasi Buruk

Klaim Pangeran Harry tidak hanya memicu demonstrasi di Afghanistan, namun juga reaksi dari anggota komunitas militer. Sejumlah tokoh terkemuka mengatakan bahwa pengakuan Pangeran Harry tidak hanya dapat membahayakan keselamatannya, namun juga memberi reputasi buruk kepada Angkatan Darat Inggris.

Mantan penasihat keamanan nasional Inggris Kim Darroch, yang juga merupakan Duta Besar Inggris untuk AS pada 2016-2019, mengatakan kepada Sky News bahwa dia akan menyarankan Pangeran Harry untuk tidak membuat pernyataan tersebut. Sementara itu, pensiunan tentara Inggris Kolonel Richard Kemp menuturkan bahwa pernyataan Pangeran Harry menodai reputasinya dan secara tidak adil melekatkan Angkatan Darat Inggris pada citra negatif.

"Pengakuannya bahwa dia membunuh 25 orang akan membangkitkan kembali hasrat orang-orang yang ingin mencelakainya," ujar Kemp. "Mari berharap mereka tidak berhasil dan saya yakin dia menangani isu keamanan dengan cukup baik. Namun, itu baru satu masalah saja."

"Masalah lain terkait pengakuannya adalah bahwa dia mencirikan Angkatan Darat Inggris melatih dia dan tentara lainnya untuk melihat musuh sebagai bidak catur yang harus disingkirkan, bukan manusia. Padahal tidak demikian," imbuhnya.


Reaksi Taliban

Taliban, yang kembali berkuasa pada tahun 2021, juga merespons pengakuan Pangeran Harry dengan murka.

"Tuan Harry! Orang-orang yang Anda bunuh bukanlah bidak catur, mereka manusia! Mereka punya keluarga yang menunggu kepulangan mereka," ujar Anas Haqqani, salah seorang penasihat menteri dalam negeri Afghanistan yang juga putra pendiri jaringan Haqqani, Jalaluddin Haqqani, seperti dikutip dari CNN.

"Di antara para pembunuh warga Afghanistan, tidak banyak yang memiliki sopan santun seperti Anda... yang mengakui kejahatan perang mereka," imbuhnya.

Pangeran Harry mengabdi di Angkatan Darat Inggris selama 10 tahun. Dia bertugas dua kali di Afghanistan. Pertama pada tahun 2007-2008 dan kedua pada tahun 2012-2013.

Suami dari Meghan Markle itu mencapai pangkat kapten pada tahun 2011. Kapten Harry Wales, demikian dia dikenal di kalangan Angkatan Darat, pensiun pada tahun 2015.

Pengakuan lain Pangeran Harry adalah dia biasanya menonton kembali rekaman setiap pembunuhan yang dilakukannya setibanya di pangkalan.

Seorang mantan marinir Inggris Ben McBean, yang juga pernah bertugas di Afghanistan mentwit, "Saya mencintai Anda #PangeranHarry tapi Anda harus tutup mulut! Penasaran dengan siapa saja dia bergaul. Jika dia bergaul dengan orang baik maka akan ada yang menyuruhnya untuk berhenti."

Tidak jelas apakah McBean hanya merujuk pada klaim Harry terkait masa tugasnya di Afghanistan atau pada seluruh pernyataan sang pangeran dalam memoarnya, yang mayoritas menyudutkan keluarga kerajaan Inggris.

Lolos Tes Narkoba Saat Jadi Tentara

Kronologi Pangeran Harry Lolos Tes Narkoba Saat Jadi Tentara Inggris

Liputan6.com 2023-01-09 03:00:00
Pangeran Harry mengenakan seragam militer di Westminter Abbey pada 7 November 2019. (dok.Tolga AKMEN / AFP)

Belum lama ini, PangeranHarry mengaku pernah beberapa kali memakai narkoba, termasuk kokain saat masih remaja. Tapi pertanyaan selanjutnya, bagaimana bisa dia diizinkan meninggalkan pangkalan helikopter Apache-nya saat ada penguji narkoba hingga tak ikut tes saat itu.

Mengutip The Sun, Minggu, 8 Januari 2022, tempat itu diamankan oleh penjaga bersenjata pada Mei 2011 saat tim tiba tanpa pemberitahuan. Tetapi, Harry diberikan izin khusus untuk keluar dari RAF Wattisham, Suffolk.

Timnya mengatakan dia harus pergi ke London untuk "urusan istana yang mendesak" meskipun baru saja kembali dari sana. Saat dia pergi dengan Audi A3-nya, rekan-rekan senior dan juniornya diperintahkan memberikan sampel urin untuk tes narkoba.

Harry dianggap satu-satunya yang tidak diuji. Tidak ada dugaan bahwa Harry (38) menggunakan obat apa pun saat berada di angkatan bersenjata hingga dianggap tidak sengaja menghindari tes tersebut.

Namun dalam otobiografinya yang mengejutkan, Spare, dia mengaku mabuk minuman bersoda dan ganja sebelum dia bergabung dengan Angkatan Darat pada 2005 dan tersandung jamur ajaib pada 2015. Dia juga mengatakan mabuk ganja setelah kencan pertamanya dengan Meghan Markle.

Harry bersama Skuadron 656, Korps Udara Resimen 4 Angkatan Darat saat itu. Mantan Sersan Skuadron Mayor Mark "Oz" Wilson, yang bertanggung jawab atas disiplin skuadron, berkata, "Saya tidak percaya Harry diizinkan pergi."

Sersan Mayor Wilson (50) yang telah meninggalkan pasukan menambahkan, "Dia baru saja kembali dari masa cuti, dari pergi merayakan pernikahan Pangeran William." "Jika Anda melewatkan tes karena biasanya Anda tidak berada di perkemahan, Anda harus melakukan tes secepatnya di lokasi berikutnya yang akan Anda tuju," sebutnya lagi.


Dihujat karena Aurobiografi

Sumber utama Angkatan Darat mengonfirmasi kepergian mendadak Harry "akan terlihat sangat aneh bagi rekan-rekannya". Tetapi, mereka membela Harry dengan mengatakan, "Anda tidak dapat mengharapkan tentara dan sersan mayor untuk menyadari tekanan pada urutan ketiga takhta."

Sumber kerajaan mengatakan mantan sekretaris SAS Harry, Jamie Lowther-Pinkerton, yang menelepon komandan kamp untuk meminta izin Harry pergi. Harry lulus pelatihan Apache dan dikerahkan ke Afghanistan pada tahun berikutnya di mana dia mengaku membunuh 25 militan Taliban.

Mantan rekan-rekannya memujinya sebagai orang yang rendah hati dan seorang perwira berbakat yang disukai oleh pasukannya. Lowther-Pinkerton, yang sekarang menjadi orang dekat Pangeran William tidak menanggapi permintaan komentar.

Mengutip dari kanal Global Liputan6.com, Pangeran Harry menghadapi gelombang hujatan dan kritik atas diluncurkannya memoar berjudul "Spare". Ia dikritik media termasuk komentator, veteran tentara dan bahkan Taliban, adapun Istana Buckingham tetap diam mengenai isi buku yang telah bocor tersebut.

Beberapa hari sebelum publikasi resmi pada Selasa mendatang, atas isi dari buku tersebut mendominasi berita utama. Pengungkapan, juga terkait dugaan serangan fisik terhadapnya oleh pewaris takhta Kerajaan Inggris Pangeran William sampai bagaimana Harry kehilangan keperjakaan dan membunuh 25 orang di Afghanistan.


Isinya Sangat Pribadi

Penulis A.N. Wilson menyebutnya buku itu cuma berhasil membuat publik bersimpati terhadap keluarga kerajaan, "bukan dengan dia" -- yang merujuk pada Harry, melansir dari NST.com.my, Sabtu 7 Januari 2023.

Buku itu merupakan serangan terbaru dari Harry dan istrinya yang berkebangsaan Amerika, Meghan Markle, kepada Kerajaan Inggris, usai mereka memutuskan untuk berhenti menjalankan tugas kerajaan dan pindah ke California pada 2020. Pasangan yang masih mempertahankan gelar Duke dan Duchess of Sussex itu sejak itu mencari uang dengan memanfaatkan latar belakang kerajaan mereka, termasuk membuat beberapa kontrak untuk pembuatan buku sampai tampil di program.

Di autobiografinya, Pangeran Harry tak ragu mengungkap hal yang dinilai sangat pribadi. Secara blak-blakan, Duke of Sussex itu menjelaskan kapan dan bagaimana ia kehilangan keperjakaan. Harry menuliskan bahwa momen hilang keperjakaan tersebut terjadi di lapangan di belakang sebuah pub. Ketika itu, dia berhubungan seks dengan wanita yang berusia lebih tua.


Di Usia 17 Tahun

Lebih jauh, Pangeran Harry menuliskan setelah berhubungan seks, wanita itu menampar pantatnya dan menyuruhnya pergi. Peristiwa itu terjadi pada 2001 saat dia masih menempuh pendidikan di Eton College, artinya baru berusia 16 atau 17 tahun.

"Salah satu dari banyak kesalahan saya adalah membiarkan itu (hubungan seks) terjadi di lapangan, tepat di belakang sebuah pub yang sangat sibuk. Tidak diragukan lagi seseorang melihat kami," beber Pangeran Harry.

Sebelum autobiografi itu dirilis, aktris dan model Liz Hurley sempat membantah desas-desus yang menyebutkan bahwa dialah wanita yang berhubungan seks dengan Pangeran Harry. "Bukan saya. Saya tidak bersalah," sebutnya seperti dilansir news.com.au.

Pengakuan lainnya yang tidak kalah kontroversial adalah bahwa dia menggunakan kokain pada usia 17 tahun untuk membuat dirinya merasa berbeda. "Itu tidak terlalu menyenangkan dan tidak membuat saya merasa bahagia seperti yang mungkin terjadi pada orang lain, tetapi itu membuat saya merasa berbeda merupakan tujuan utama saya," sebut ayah dari Archie Harrison Mountbatten-Windsor dan Lilibet Diana Mountbatten-Windsor itu.

Menyesal Tapi Merasa Tak Bersalah

Bripka RR Merasa Tak Bersalah Atas Tewasnya Brigadir J, Lebih Pada Penyesalan

Liputan6.com 2023-01-09 12:45:38
Tiga terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J, yakni Richard Eliezer alias Bharada E, Ricky Rizal alias Bripka RR, dan Kuat Ma'ruf alias KM didudukkan dalam satu ruangan di PN Jaksel. Mereka diha

Terdakwa Ricky Rizal alias Bripka RR menyatakan tidak ada rasa bersalah, melainkan lebih ke rasa penyesalan atas insiden tewasnya Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Perasaan itu diakui Bripka RR ketika dirinya ditanya majelis hakim terkait dengan perasaannya yang harus bertanggung jawab atas perkara dugaan pembunuhan berencana Brigadir J.

"Kami ingin tahu bagaimana perasaanmu sekarang?" tanya hakim saat sidang pemeriksaan terdakwa di PN Jakarta Selatan, Senin (9/1/2023).

"Saya merasa sedih atas semua yang saya alami," jawab Bripka RR.

"Hanya sedih?" tanya hakim kembali.

"Siap yang mulia," kata Bripka RR membenarkan.

"Selain itu, selain merasa sedih?" cecar hakim.

"Saya tidak menyangka saya harus mengalami seperti ini," ucapnya.

Karena heran dengan jawaban Bripka RR yang tidak ada rasa bersalah atas kejadian ini. Hakim pun bertanya yang dijawab Bripka RR kalau rasa yang dialaminya lebih ke penyesalan atas tewasnya Brigadir J.

"Kamu tidak merasa bersalah apa tidak?" ungkit hakim.

"Saya menyesali," ucap Bripka RR.

"Jangan, pertanyaan saya dijawab! Kamu merasa bersalah apa tidak?," tanya hakim meninggi.

"Mohon izin yang mulia, bersalah atas apa?" kata Bripka RR bertanya balik.

"Atas kejadian ini ada bersalah gak?" ujar Hakim.

"Kalau bersalah saya lebih menyampaikan ke menyesali kejadian seperti ini," ucap Bripka RR.

Bripka RR menyatakan penyesalan yang dialami, lebih kepada insiden penembakan Brigadir J yang harus terbunuh. "Atas kejadian seperti ini harus terbunuh almarhum Yosua," ucapnya.


Didakwa Lakukan Pembunuhan Berencana

Adapun dalam perkara ini, Bripka RR didakwa melakukan tindak pidana pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Dilakukan bersama-sama dengan Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Richard Eliezer alias Bharada E, dan Kuat Ma'ruf.

Mereka didakwa turut terlibat dalam perkara pembunuhan berencana bersama-sama merencanakan penembakan terhadap Brigadir j pada 8 Juli 2022 di rumah dinas Komplek Polri Duren Tiga No. 46, Jakarta Selatan.

"Mereka yang melakukan, yang menyuruh melakukan, dan turut serta melakukan perbuatan, dengan sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain," ujar jaksa saat dalam surat dakwaan.

Atas perbuatannya, mereka didakwa melanggar Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dengan hukuman paling berat sampai pidana mati.

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

Salip Kekayaan Elon Musk

Bernard Arnault Salip Elon Musk jadi Orang Terkaya di Dunia, Siapakah Dia?

Liputan6.com 2023-01-08 21:00:04
Bernard Arnault (apital-life.be)

Disaat Elon Musk menjadi orang pertama dalam sejarah kehilangan kekayaan bersih lebih dari USD 200 miliar. Bernard Arnault justru semakin tajir.

Beberapa orang mungkin belum tahu tentang Bernard Arnault. Lantas, siapakah dia sebenarnya?

Dia merupakan CEO sekaligus pendiri LVMH. Bisa dibilang Arnault ini ialah konglomerat barang mewah yang dikenal mengoperasikan merek ikonik seperti Louis Vuitton, Tiffany, dan Christian Dior.

Arnault melewati Musk untuk menjadi orang paling kaya di dunia bulan lalu. Dia masih memegang gelar itu hingga hari ini, menurut perkiraan dari Forbes dan Bloomberg.

Melansir CNBC, Minggu (8/1/2023), Forbes mematok kekayaan bersihnya sebesar USD 191 miliar, sementara Bloomberg memperkiraan yang lebih konservatif sebesar USD 172 miliar.

Ternyata rahasia menjadi miliarder selama bertahun-tahun ini dan orang terkaya di dunia dia pelajari dari Steve Jobs dan Warren Buffett untuk membangun kekayaan dan naik peringkat.

Siapakah Arnault?

Nama multimiliuner asal Prancis ini begitu terdengar menarik. Dia telah menjadi pemain tetap di dekat puncak peringkat orang terkaya di dunia selama bertahun-tahun, bahkan merebut posisi teratas dari Jeff Bezos dari Amazon baru-baru ini pada tahun 2021 sebelum pindah ke Musk.

Putra seorang raja konstruksi, Arnault mengambil alih perusahaan ayahnya pada tahun 1970-an dan akhirnya beralih ke real estat sebelum beralih ke tekstil dan ritel.

Pada tahun 1985, dia mulai membangun LVMH dengan mengambil USD 15 juta dari bisnis keluarganya untuk membeli Christian Dior dari pemiliknya yang bangkrut. Dia masih memegang 97,5 persen saham di rumah mode mewah Prancis yang ikonik itu.

Selama tiga dekade lebih berikutnya, Arnault memperluas kerajaan ritel mewahnya dengan membantu menggabungkan Louis Vuitton dengan perusahaan minuman keras Mot Hennessy dan mengambil saham pengendali di perusahaan induk yang dihasilkan, yang disebut LVMH.

Saat ini, dia mengendalikan kira-kira setengah dari LVMH, yang memiliki penilaian pasar hampir USD 390 miliar. Itu mencatat penjualan hampir USD 60 miliar selama 9 bulan pertama tahun 2022.

Arnault sering memeriksa lokasi ritel merek LVMH dan pesaingnya, dilaporkan mengunjungi hingga 25 lokasi dalam beberapa hari. Dia juga secara terbuka merasa bangga dalam mempertahankan dan mengembangkan beberapa merek dan desainer Prancis yang paling ikonik.

"Saya melihat diri saya sebagai duta warisan Prancis dan budaya Prancis," katanya kepada Forbes pada 2010. "Apa yang kami buat adalah lambang."


Cara Dia Menjadi Orang Terkaya di Dunia

Kenaikan Arnault baru-baru ini ke peringkat teratas miliarder bertepatan dengan penguapan cepat sebagian besar kekayaan Musk, menyusul pengambilalihan Twitter oleh CEO Tesla dan SpaceX pada Oktober 2022.

Di tengah gejolak pasar global, kekayaan Arnault cukup stabil dalam beberapa bulan terakhir. Sebagian besar kekayaan Arnault terkait dengan saham LVMH, dan sejak 2020, harga saham perusahaan telah tumbuh hampir 65 persen secara keseluruhan.

Sejalan dengan itu, kekayaan pribadi Arnault telah tumbuh puluhan miliar dolar selama periode itu. Forbes memperkirakan kekayaan Arnault meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi USD 150 miliar tahun lalu, naik dari USD 76 miliar pada tahun 2020, karena permintaan barang mewah meningkat setelah penurunan awal pandemi.


Inspirasi Bisnis Terbesar

Arnault menyebut salah satu miliarder sebagai inspirasi bisnis terbesarnya ialah ketua dan CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett.

Investor terkenal itu menjadi "orang yang paling saya kagumi dalam bisnis", kata Arnault kepada Forbes pada tahun 2017. Dia menambahkan, "Dia adalah investor jangka panjang dan memiliki ide cemerlang dan dia berpegang teguh pada ide tersebut."

Buffett terkenal berpegang teguh pada strategi investasi "beli-dan-tahan" sehingga mengajarkan kesabaran jangka panjang untuk mengawasi pasar dari hari ke hari.

Demikian pula, Arnault menyebut kesabaran sebagai "kualitas penting" dalam bisnis. Dia dilaporkan mendekati merek perhiasan Italia Bulgari selama satu dekade sebelum menerkam ketika merek tersebut sedang berjuang, mengakuisisi perusahaan tersebut pada tahun 2011.

Namun Arnault tampaknya belum sepenuhnya mengikuti jejak Buffett.

Buffett telah menyumbangkan lebih dari USD 45 miliar kekayaannya untuk amal sejak 2006, menurut Bloomberg. Pada tahun 2010, dia pun ikut mendirikan Giving Pledge, berjanji untuk memberikan setidaknya setengah dari kekayaannya secara filantropis sebelum dia meninggal.

Arnault tidak membuat janji seperti itu , setidaknya di depan umum. Tindakan filantropinya yang paling terkenal terjadi pada tahun 2019, ketika keluarganya menjanjikan sumbangan USD 226 juta untuk membantu pemulihan katedral Notre Dame yang ikonik di Paris, yang mengalami kebakaran dahsyat pada tahun yang sama.

Namun, Buffett bukan satu-satunya ikon bisnis Amerika yang menginspirasi Arnault. CEO LVMH juga mengungkapkan kekagumannya pada salah satu pendiri Apple yaitu Steve Jobs.

Kekaguman itu bahkan mungkin terjadi dua arah. Arnault mengatakan kepada Forbes pada 2017 bahwa Jobs pernah mendekatinya untuk meminta nasihat tentang pembukaan toko ritel Apple.

Jobs berhasil di Apple karena "kombinasi kreativitas dan pemahaman yang tajam tentang bagaimana mengelola pertumbuhan," kata Arnault kepada Forbes. Menjadi CEO LVMH membutuhkan pendekatan serupa, tambahnya, karena dia harus "mengubah kreativitas menjadi realitas bisnis di seluruh dunia".

"Untuk melakukan ini, Anda harus terhubung dengan para inovator dan desainer, tetapi juga membuat ide-ide mereka layak huni dan konkret," katanya.

Penyesalan Janda ISIS

Penyesalan Janda ISIS, 3 Kali Menikah dan Sekarang Ingin Pulang ke Amerika Serikat

Liputan6.com 2023-01-09 13:33:40
Seorang wanita yang sempat melarikan diri dari rumahnya di Alabama pada usia 20 tahun demi bergabung dengan ISIS berharap bisa kembali ke tempat asalnya (AP)

Seorang wanita yang sempat melarikan diri dari rumahnya di Alabama pada usia 20 tahun demi bergabung dengan ISIS berharap bisa kembali ke tempat asalnya.

Saat ini ia memiliki seorang anak dari salah satu anggota ISIS. Wanita tersebut mengatakan bahwa ia masih berharap bisa kembali ke Amerika Serikat, meski harus menjalani hukuman penjara jika perlu.

Dalam sebuah wawancara dari kamp penahanan Roj di Suriah di mana dia ditahan oleh pasukan Kurdi yang merupakan sekutu AS, Hoda Muthana mengatakan bahwa ia telah dicuci otaknya oleh seorang oknum di jejaring online untuk bergabung dengan kelompok tersebut pada tahun 2014.

Kini ia menyesali segalanya, kecuali kehadiran buah hatinya yang masih kecil.

"Jika saya perlu di penjara maka saya akan melakukannya. Saya tidak akan melawan," kata wanita yang kini sudah berusia 28 tahun tersebut kepada The News Movement, dikutip dari NST.com.my, Senin (9/1/2023).

"Saya berharap pemerintah memandang saya sebagai seseorang anak muda pada saat itu dan masih bersifat naif."

Itu adalah kalimat yang dia ulangi dalam berbagai wawancara dengan media sejak melarikan diri dari salah satu lokasi terakhir kelompok ekstremis tersebut di Suriah pada awal 2019.

Tapi empat tahun sebelumnya, saat ISIS berada di puncak kejayaan, Muthana lantang menyuarakan dukungan untuk mereka via media sosial dan mengajak orang lain bergabung.

Dalam unggahan yang dikirim dari akun Twitter-nya pada tahun 2015, wanita ini meminta warga AS untuk bergabung dengan kelompok tersebut dan melakukan serangan di AS, yakni berupa penembakan atau menabrakkan kendaraan dalam pertemuan besar di hari libur nasional.


Penyesalan Muthana

Muthana lahir di New Jersey. Ia merupakan imigran Yaman dan pernah memiliki paspor AS.

Ia dibesarkan dalam keluarga muslim konservatif di Hoover, Alabama, tepat di luar Birmingham. Pada tahun 2014, ia memberi tahu keluarganya bahwa ia akan bersekolah tetapi malah terbang ke Turki dan menyeberang ke Suriah.

Ia mendanai perjalanan itu dengan biaya sekolah.

Pemerintahan Obama membatalkan kewarganegaraannya pada tahun 2016. Ayahnya adalah seorang diplomat Yaman yang terakreditasi pada saat Muthana dilahirkan.

Administrasi di zaman Trump kemudian menyatakan bahwa dia bukan warga negara AS dan melarangnya untuk kembali, bahkan saat itu menekan sekutu Eropa untuk memulangkan warga negara mereka dari Suriah.

Pengadilan AS memihak pemerintah dalam masalah kewarganegaraan Muthana, dan Mahkamah Agung menolak untuk mempertimbangkan gugatannya untuk masuk kembali.

Hal itu membuat dia dan putranya mendekam di kamp penahanan di Suriah utara yang menampung ribuan janda pejuang ISIS dan anak-anak mereka.


Hidup di Kamp Penampungan

Para janda yang berafiliasi dengan ISIS dan anak-anak mereka sebagian besar ditempatkan di kamp al-Hol dan Roj, yang menurut kelompok hak asasi manusia merupakan lokasi tak layak atau bahkan mengancam jiwa.

Dari total 65.000 orang, ada lebih dari 37.400 orang asing yang berada di sana, di antaranya warga negara dari Eropa dan Amerika Utara.

Hari-hari ini, Muthana menggambarkan dirinya sebagai korban dari ISIS.

Berbicara dengan media TNM, dia menjelaskan bagaimana setelah tiba di Suriah pada tahun 2014.

Kala itu ia ditahan di wisma yang disediakan untuk wanita dan anak-anak yang belum menikah.

"Saya belum pernah melihat tempat yang kotor seperti itu dalam hidup saya, seperti ada 100 wanita dan anak-anak berlarian dan terlalu banyak kebisingan, tempat tidurnya kotor," katanya.

Muthana akhirnya menikah dan menikah lagi sebanyak total tiga kali. Dua suaminya -- termasuk ayah dari putranya -- tewas dalam pertempuran. Ia kemudian menikah lagi untuk ketiga kalinya, namun berujung perceraian.


ISIS Kalah

Kelompok ISIS tidak lagi menguasai wilayah manapun di Suriah atau Irak, tetapi terus melakukan serangan sporadis. Muthana mengatakan, ia masih harus berhati-hati dengan apa yang ia katakan karena takut akan ada pembalasan.

"Bahkan di sini, saat ini, saya tidak bisa sepenuhnya mengatakan semua yang ingin saya katakan. Tapi begitu saya pergi, saya akan melakukannya. Saya akan menentang ini," katanya.

"Saya berharap dapat membantu para korban ISIS dan orang-orang memahami bahwa seseorang seperti saya bukan bagian dari mereka, bahwa saya juga adalah korban ISIS."

Hassan Shably, seorang pengacara yang telah membantu keluarga Muthana, mengatakan "sangat jelas bahwa dia telah dicuci otak dan dimanfaatkan."

Ia mengatakan, keluarganya berharap anaknya bisa kembali, membayar utangnya kepada masyarakat dan kemudian membantu orang lain.

"Ia benar-benar salah arah dan tidak ada yang menyangkalnya. Tapi sekali lagi, ia adalah seorang remaja yang menjadi korban dari operasi perekrutan yang sangat canggih dan berfokus untuk memanfaatkan kaum muda, yang rentan, yang kehilangan haknya," imbuhnya.

Heboh Keset dari Rambut Manusia

Keset dari Rambut Manusia untuk Bersihkan Saluran Air di Belgia

Liputan6.com 2023-01-09 06:30:09
Keset Daur Ulang dari Rambut Manusia Untuk Bersihkan Saluran Air di Belgia. (Instagram:@hairrecycle/https://www.instagram.com/p/Ck-1xf5qDIg/Geiska Vatikan Isdy).

Adalah Dung Dung, sebuah LSM di Belgia yang menggunakan rambut manusia untuk menjadi keset penyerap polutan di saluran air Belgia. Untuk proyek ini, penata rambut di salon mengumpulkan sisa potongan rambut dari para pelanggan.

Rambut-rambut tersebut akan dimasukkan ke dalam sebuah mesin sehingga akan menghasilkan bentuk kotak dengan tampilan seperti rambut kusut sepanjang 60 cm. Melansir dari Euro News pada Selasa, 3 Desember 2022, Patrick Janssen, salah satu pendiri LSM Dung Dung mengatakan bahwa keset daur ulang buatannya dapat ditempatkan di saluran air untuk menyerap pencemar air sebelum mencapai sungai.

Manfaat lain adalah untuk mengatasi masalah polusi akibat banjir dan untuk membersihkan tumpahan minyak yang ada di dapur. Satu kilogram rambut diklaim dapat menyerap tujuh hingga delapan liter minyak dan hidrokarbon.

"Produk kami lebih etis karena diproduksi secara lokal, tidak diimpor dari sisi lain planet ini," kata Janssen.

Melansir dari situs Hair Recycle, rambut manusia memiliki sifat yang kuat, taitu satu helai dapat menopang hingga 10 juta kali beratnya sendiri, dan selain menyerap lemak dan hidrokarbon, ia larut dalam air dan sangat elastis karena serat keratinnya. Menurut Janssen, pembuatan keset ini bisa menangani masalah lokal dan mendukung ekonomi sirkular, yaitu upaya memperpanjang siklus hidup dari suatu produk yang ada.

Berbagai pihak terlibat dalam proyek ini, yaitu Matter of Trust, Hair Recycle, dan Eurofins Foundation. Mereka bertugas mengumpulkan rambut dari seluruh negeri.


Cara Ikut Donasi Rambut

Hair Recycle menawarkan alternatif ekologis bagi para penata rambut untuk menonjolkan rambut sebagai sumber daya yang dapat digunakan kembali. Caranya adalah mereka harus bergabung menjadi bagian komunitas tata rambut, perusahaan atau institusi yang mendukung aksi daur ulang rambut.

Setelah mendaftar, salon akan ditempeli stiker sebagai tanda bahwa salon itu bagian dari pendekatan ramah lingkungan untuk mendaur ulang rambut. Kemudian, pemilik salon harus membayar antara 30 euro atau 70 euro atau setara dengan Rp494 ribu dan Rp1 juta dengan memperhatikan ukuran salon.

Keanggotaan ini berlaku satu tahun tanpa kewajiban untuk memperbarui, serta akan mendapatkan tas rambut. Setelah menjadi anggota, pemilik salon bisa mengumpulkan potongan rambut dari pelanggan di tas rambut yang telah disediakan. Nantinya, potongan rambut tersebut akan dikirim pada pihak Hair Recycle untuk didaur ulang menjadi perawatan polusi di sungai Belgia, pembuatan produk biokomposit, atau perawatan luka bakar berkat keratinnya.


Jadi Kompos

Contoh lain dalam proses daur ulang rambut adalah menjadi alternatif bahan lembaran berbasis kayu dan objek 3D. Proyek ini dibuat oleh perusahaan biomanufaktur yang berada di London, Biohm yang berkesperimen dengan rambut sebagai bahan bangunan.

Selain itu, rambut dinilai mengandung nitrogen yang tinggi, sebesar 15 persen, sehingga dapat digunakan sebagai pupuk tanaman atau kompos. Green Salon Collective menyebutkan pengomposan adalah cara terbaik untuk menutup lingkaran pada limbah rambut, paling tidak karena membantu menciptakan sumber daya yang mendukung pertanian dan hortikultura lokal.

Rambut yang dipilih merupakan rambut berpotongan pendek. Sementara rambut yang panjang dan sehat dapat diolah untuk menjadi wig.

Isabelle Voulkidis, manajer salon Helyode di Brussel, merupakan salah satu dari penata rambut di seluruh negeri yang membayar sedikit biaya untuk mengumpulkan potongan rambut. Ia memilih bergabung menjadi member karena merasa malu jika harus membuang rambut begitu saja ke tempat sampah. "Padahal, saya tahu banyak yang bisa dilakukan dengan itu," katanya.


Diolah Jadi Tali

Studio Sanne Visser, merupakan salah satu studio yang fokus pada inovasi material dan produk berkelanjutan yang peduli pada lingkungan, salah satunya inovasi produk dari rambut manusia.Sanne Visser, desainer asal Belanda memilih rambut manusia karena merupakan sumber daya alam yang akan meningkat di masa depan karena populasi dunia meningkat pesat.

Di Inggris setiap tahunnya menghasilkan sekitar 6,5 juta kilogram limbah rambut manusia yang sebagian besar berakhir di TPA. Hal ini menyebabkan beberapa masalah bagi lingkungan dan kesehatan manusia, melepaskan gas beracun dan menyumbat sistem drainase.

Namun, rambut manusia memiliki banyak khasiat yang berharga, di antaranya adalah memiliki kekuatan tarik tinggi, isolasi termal, fleksibel, penyerap minyak dan ringan. Salah satu karya yang terkenal adalah The New Age of Trichology yang mengeksplorasi potensi murni rambut menjadi tali yang dilakukan dengan teknik pemintalan. Proyek ini dimulai sebagai proyek Master tahun terakhir pada 2016, dan terus berlanjut.

Nama Capres Diumumkan di HUT PDIP?

HEADLINE: Menanti Kejutan di HUT ke-50 PDIP, Megawati Akan Umumkan Capres 2024?

Liputan6.com 2023-01-10 00:00:35
Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri bersama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua Bidang Politik dan Keamanan PDIP non aktif Puan Maharani mengikuti Rakor Bidang Politik & Keamanan Tingkat N

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP bakal menggelar Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 partai di JIEXPO Kemayoran Jakarta, pada 10 Januari 2023. Peringatan HUT ke-50 ini akan menjadi pembuka untuk mengawali tahun politik 2023.

Banyak pihak menduga HUT PDIP ke-50 akan menjadi momentum pengumuman sosok calon presiden (Capres) dari PDIP. Mengingat, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputi dikabarkan akan memberikan kejutan atau element of suprise di HUT PDIP ke-50 tersebut.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menilai HUT PDIP ke-50 merupakan momentum penting bagi PDIP untuk menyampaikan pikiran dan gagasan dalam membangun ke-Indonesiaan, kebhinekaan, kemajemukan dan keadilan kepada kader dan juga masyarakat.

"Ini momentum emas PDIP untuk meyakinkan dan menyapa untuk kemudian menyampaikan buah pikiran narasi gagasan kepada kader-kader dan para masyarakat," kata Pangi kepada Liputan6.com Senin (9/1/2023).

Namun, terkait pengumuman Capres atau Cawapres PDIP sendiri, Pangi tidak meyakini bahwa PDIP bakal mengumumkan sosok Capres 2024 di HUT PDIP ke-50 besok. Hal ini berkaca pada faktor lain seperti poros koalisi yang hingga saat ini belum dibentuk PDIP.

"Saya rasanya tidak yakin bahwa PDIP bakal mengumumkan calon presiden (Capres), jangankan Presiden sampai sejauh ini partai koalisi atau teman koalisi PDIP saja belum terbentuk," kata Pangi.

Kendati demikian, Pangi menyebut pengumuman capres PDIP kemungkinan bisa saja dilakukan sebagai sebuah kejutan atau bagian dari pada element of suprise dari PDIP sendiri. Hal ini tergantung bagaimana strategi PDIP dalam penentuan sosok capres di Pemulu 2024.

"Kalau yang kita dengar, PDIP tidak ingin terburu-buru dalam menentukan capres-nya. Tapi kalau memang ada kejutan ya mungkin saja sosok calon presiden diumumkan di HUT ke-50," ujarnya.

Pangi menilai PDIP merupakan salah satu partai yang sudah selesai melewati masa pencarian popularitas. Artinya, PDIP dapat disebut sebagai partai yang sudah punya ikatan kedekatan dengan rakyatnya, Termasuk kesamaan kepentingan dalam hal program maupun yang lainnya. Sehingga, tidak terlalu mengandalkan figur.

"PDIP adalah partai yang tidak terlalu mengadalkan figur tetapi lebih mengandalkan kekuatan kaderisasi. Hal ini juga merujuk pada dukungan PDIP terhadap sistem proporsional tertutup di Pemilu 2024," pungkasnya.

Di sisi lain, Direktur Eksekutif IndoStrategic, Ahmad Khoirul Umam menjelaskan terkait kemungkinan adanya kejutan di HUT PDIP ke-50. Menurutnya, kejutan akan terjadi apabila Ketum PDIP Megawati mengumumkan nama Capres dan skema koalisi PDIP.

"Kejutan akan terjadi jika Bu Mega mengumumkan nama Capres dan skema koalisi dari PDIP. Selain keputusan penetapan nama Capres dan skema koalisi, rasanya tidak akan menjadi kejutan besar," kata Umam kepada Liputan6.com Senin (9/1/2023).

Dia menambahkan, yang dimaksud kejutan pengumuman Capres PDIP ini jika PDIP hanya menetapkan satu sosok Capres, tetapi apabila dalam pengumuman tersebut menetapkan dua nama Capres, rasanya itu tidak akan menjadi kejutan.

"Bisa disebut kejutan jika PDIP menetapkan satu nama Capres saja. Tapi jika PDIP masih menetapkan dua nama Capres, misalnya Puan dan Ganjar, rasanya itu tidak akan menjadi kejutan. Karena menetapkan dua nama Capres merupakan strategi cari aman dan kurang tegas dalam melangkah, ujarnya.

Dosen Universitas Paramadina ini menyebut pengumuman sosok Capres dan skema koalisi PDIP akan menggerakkan dinamika politik nasional, terlebih bisa memicu percepatan deklarasi Capres-Cawapres koalisi lainnya.

"Terlebih di koalisi KIB yang selama ini langkahnya terkunci oleh sikap politik PDIP yang belum melangkah pasti," Umam menandasi.

Adapun Pengamat Politik KedaiKOPI, Hendri Satrio menilai Megawati Soekarnoputri memang selalu memberikan petunjuk-petunjuk khusus bila ingin memberikan kejutan terkait pencapresan. Dia mengaku sudah mencatat sejumlah petunjuk yang muncul, namun ia belum mau mengungkapkannya secara gamblang.

"Kita juga menunggu kejutan apa yang diberikan gitu, tapi biasanya kalau ada penugasan khusus dari PDI Perjuangan terkait pencapresan, biasanya ada hints-hints khusus, hints tertentu dari beliau," kata Hendri kepada Liputan6.com, Senin (9/1/2023).

Selain itu, kata Hendri momentum HUT ke-50 PDIP juga menjadi penanda 10 tahun partai berlambang kepala banteng itu menjadi partai politik (parpol) penguasa di Indonesia.

Lebih lanjut, Hendri mendapati bahwa berdasarkan survei PDIP juga berpeluang menang untuk ketiga kalinya atau hattrick pada Pemilu 2024 mendatang. Peluang itu, kata Hendri nantinya sangat bergantung pada capres yang diusung.

"Jadi memang bagaimana nanti 2024, kalau hattrick sih dari survei KedaiKOPI itu kemungkinan besar mereka bisa PDI Perjuangan hattrick," kata dia.

Hendri juga menyoroti soal Megawati yang kembali diusulkan untuk maju sebagai capres pada gelaran pemilihan presiden (pilpres) 2024. Hendri tak yakin bila Megawati bakal menunjuk dirinya sendiri walaupun dia punya kuasa untuk melakukannya.

"Menurut saya agak aneh sih kalau Bu Mega mengumumkan dirinya sendiri, aneh ya saya engga yakin kalau Bu Mega akan mengumumkan dirinya sendiri," jelas Hendri.

Kecuali, kata Hendri memang ada desakan dari akar rumput PDIP untuk mengajukan Megawati sebagai capres 2024. Pasalnya, ujar Hendri alih-alih mengacu pada hasil survei, PDIP selalu menilai ideologi kadernya terlebih dahulu apabila hendak ditunjuk sebagai pemimpin.

"Jadi kepala daerah atau presiden itu yang dinilai memang ideologinya, jadi bukan melulu tentang hasil survei. Kan sudah dilihat itu berbagai kejadian, ketika ditunjuk Jokowi dan Pak Ganjar," terangnya.

Kemudian, Hendri memandang bahwa PDIP tetap perlu menjalin koalisi dengan parpol lain jika ingin memenangkan Pemilu 2024. Jika memaksa maju sendirian, PDIP kemungkinan kalah dalam kontestasi Pemilu 2024.

"PDIP sangat mungkin berkoalisi kalau dari hasil surveinya KedaiKOPI kalau mereka sendirian kalah tuh, jadi memang harus berkoalisi," ucapnya.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dianggap paling berpotensi untuk diajak berkoalisi dengan PDIP. Terlebih, kata dia PKB juga punya rekam jejak pernah bekerja sama dengan PDIP.

"Nah karena mereka nasionalisnya kental, jadi mungkin akan berkoalisi dengan yang religiusnya juga kental, nah yang pernah bekerjasama dengan mereka kan PKB ya. Jadi mungkin saja dengan PKB," ungkapnya.

Kendati demikian, Hendri juga melihat sejumlah hal yang menjadi tantangan bagi PDIP menuju Pemilu 2024 diantaranya berkaitan dengan suksesnya kepemimpinan di internal PDIP sendiri. Mengingat sejarah berdirinya partai di tangan Sukarno hingga Megawati yang diperjuangan sedemikian rupa hingga menjadi parpol penguasa.

"Menurut saya tantangan PDIP jelang 2024 ini adalah suksesi kepemimpinan di internal PDI Perjuangan. Selama berdirinya PDI kemudian berubah menjadi PDI Perjuangan itu hanya ditangan Ibu Mega PDI Perjuangan bisa menjadi partai yang besar," kata dia.

Sedangkan Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menilai PDIP belum akan menggunakan momentum HUT ke-50 sebagai ajang deklarasi calon Presiden (Capres). Hal ini dikarenakan masih terlalu dini dan akan menguntungkan lawan.

"Saya melihat HUT PDIP yang ke-50 ini di tanggal 10 masih belum ada kejutan terkait dengan siapa yang akan dicapreskan oleh Megawati, hal itu terlalu dini, dan akan terbaca oleh lawan politik," kata Ujang kepada Liputan6.com Senin (9/1/2023).

Ketua Umum PDIP Megawati disebut hanya akan melakukan konsolidasi internal untuk menguatkan soliditas kader agar tidak terjadi perpecahan di internal PDIP sendiri. Mengingat, adanya dua sosok capres PDIP yaitu Ganjar dan Puan yang membuat dinamika internal PDIP berpotensi pecah.

"Saya melihat sekarang adalah masanya konsolidasi di internal. Artinya karena ada dua calon di PDIP yaitu Puan dan Ganjar. Maka konsolidasi internal lebih urgent dilakukan agar PDIP tidak pecah dan tetap solid bersatu," ujarnya.

Ujang meyakini bahwa terkait pengumuman atau deklarasi capres PDIP masih panjang perjalanannya. Mengingat, elektabilitas capres maupun cawapres PDIP sendiri masih diangka 30 persen.

"Semuanya harus dikalkulasikan secara matang, saat ini masih belum kelihatan elektabilitas capres-cawapres PDIP masih diangka 30. Masih panjang perjalannnya," kata Ujang.


Kejutan di HUT PDIP

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengatakan akan ada kejutan di acara HUT ke-50 PDIP yang akan digelar di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa, 10 Januari 2023.

Namun, Puan menyebut kejutan itu hanya diketahui dan akan disampaikan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Setiap ulang tahun kan ada surprise. Tapi namanya surprise, ya enggak tahu. Cuma ibu ketua umum (yang tahu)," kata Puan di Jakarta Barat, Senin (9/1/2023).

Puan enggan membeberkan terkait kejutan maupun peluang diumumkannya nama calon presiden yang akan diusung PDIP. Ia meminta semua pihak bersabar menunggu besok. "Lihat saja, kita tunggu besok," tegasnya.

"Kalo kemudian besok tiba-tiba ada surprise siapa nama bakal calon capres atau cawapres PDI Perjuangan akan disampaikan, kemungkinan bisa saja," sambung Puan.

Puan mengingatkan bahwa Megawati akan menyampaikan pidato politik kepada seluruh kader. Nantinya semua pemikiran dan keputusan akan disampaikan langsung berdasar catatan-catatan Mega.

"Pidato ketua umum itu kan ada yg dari hati, ada yang dari pikiran, ada yang menang sudah tercatat," ujarnya.

Selain itu, Puan mengatakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga akan hadir, sementara tokoh partai lain, lanjut Puan, memang tidak diundang.

"Jadi kami meminta maaf kepada seluruh ketua umum jikalau memang besok tidak berkesempatan hadir. Karena ini adalah agenda internal PDI Perjuangan," pungkas Puan.

Sementara itu, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri disebut sudah mengantongi nama calon presiden yang bakal diusung partai berlambang banteng itu. Namun, menurut Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Megawati masih menunggu waktu yang tepat untuk mengumumkan.

"Ibu ketua umum sudah punya nama di kantongnya, tinggal diumumin," ujar Puan saat Bimtek anggota DPRD PDIP se-Indonesia di kawasan Jakarta Pusat, Senin, (9/1/2022).

Kepada kader PDIP, Puan meminta tidak perlu bingung memikirkan siapa calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung, sebab Megawati sudah memiliki keputusan.

"Jadi enggak usah nengok kiri kanan. Enggak usah bingung harus si ini harus si itu. Kayaknya si ini kayaknya si itu surveinya tinggi ya si ini kayaknya cocok sama si ini," tegas Puan.

Para kader PDIP diminta untuk fokus bekerja turun ke lapangan. Pada waktunya nanti Megawati akan mengeluarkan instruksi terkait calon presiden dan calon wakil presiden. Semua kader tinggal ikut dan patuh atas keputusan tersebut.

"Udah lurus saja kerja kerja kerja di lapangan. Pada waktunya tunggu tanggal mainnya," ucap Puan.

Wacana PDIP Umumkan Capres Disambut KIB

Wacana PDI Perjuangan bakal memberikan kejutan saat perayaan HUT ke 50, pada 10 Januari 2023 nanti makin terhembus. Adanya kemungkinan soal pengumuman nama calon presiden (capres) atau calon wakil presiden (cawapres) tengah menjadi sorotan.

Menanggapi kabar itu, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto tak mau ambil pusing. Sebab, Golkar akan mengambil langkah soal penentuan capres dan cawapres bersama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) PAN dan PPP, setelahnya.

"Tenang, tungguin aja. Sikap (KIB) sesuai tanggal main," kata Airlangga saat ditemui wartawan di hotel, kawasan Jakarta Selatan, Minggu 8 Januari 2022.

Dalam kesempatan itu, Airlangga tak ingin banyak memberikan komentar lebih lanjut soal kemungkinan PDIP yang mengumumkan pasangan capres dan cawapresnya, saat HUT ke 50 nanti.

Secara terpisah, Waketum PPP, Amir Uskara menyatakan jika partainya masih memantau terlebih dahulu pergerakan politik dari PDI Perjuangan.

"Kita lihat dulu, kita lihat dulu perkembangan. Artinya konstelasi terakhir kita akan lihat. Nanti kita lihat setelah harlah PDIP bagaimana kondisi konstelasi yang ada," ujar Amir kepada wartawan usai pertemuan di kawasan Jakarta Selatan, Minggu 8 Januari 2022.

Salah satunya adalah hasil keputusan politik yang akan diumumkan oleh PDIP ketika perayaan HUT ke 50.

"Ya tunggu setelah tanggal 10 lah. Ya kan kita mau lihat dulu, namanya mau bertanding kan kita harus lihat dulu siapa lawan tanding kita kan," ujar Amir.

Meski dalam perayaan HUT PDIP ada kemungkinan tidak mengumumkan nama kandidat Capres dan Cawapres, tetapi Amir menilai sekiranya perlu dilihat lebih jauh hasil keputusan politik dari partai berlogo banteng tersebut.

"Makanya kita lihat dulu," ucapnya.


PDIP Terima Masukan dari Sejumlah Pakar Jelang HUT ke-50

Jelang perayaan HUT yang ke-50 pada 10 Januari 2024, DPP PDI Perjuangan (PDIP) menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan sejumlah tokoh pemuka pendapat (opinion leader) yang dilaksanakan di kantor pusat partai di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

Opinion leader yang hadir adalah Fachry Ali, Ubeidilah Badrun, Airlangga Pribadi Kusman, Philip J Vermonte, Yudi Latif, Arya Fernandez, Pangi Syarwi Chaniago dan Adi Prayitno.

Hasto menjelaskan pertemuan dengan opinion leader itu dilakukan dalam rangka perayaan HUT PDIP ke-50 pada 10 Januari besok.

"Usia ke-50 tahun ini PDI Perjuangan melakukan kritik dan otokritik, mendengarkan masukan para pakar, agar bisa lebih mantap di dalam melakukan pelembagaan Partai, memperkuat komitmen pada wong cilik dan juga tanggung jawab bagi masa depan. Itulah motivasi utama pertemuan ini," kata dia.

Dengan hadirnya para opinion leaders, PDIP ingin mendapat saran dan masukan bagi kiprah Partai ke depan, khususnya menyongsong Pemilu 2024 dan Indonesia Emas 2045.

Di dalam pertemuan itu, Fachry Ali mengatakan modal paling besar bagi PDIP adalah modal budaya yang berkembang di tengah masyarakat, yakni simpati di hati sanubari masyarakat terhadap partai berlambang kepala banteng itu.

Rasa cinta itu salah satunya terbangun dari sejak era Soekarno dan kemudian di era Megawati Soekarnoputri yang ditekan di masa Orde Baru.

"Hal ini penting untuk dikemukakan karena pada pemilu 2004 saat PDIP kalah, modal kultural itu disia-siakan," kata Fachry Ali.

Baginya PDIP harus waspada dengan kutukan kekuasaan dalam artian siapapun yang berkuasa, ia harus menjaga rasa cinta rakyat karena itulah modal terkuat partai politik.

Selain itu, Fachry juga menyatakan bahwa PDIP adalah partai politik yang bisa disebut sebagai pahlawan demokrasi. "Yakni ketika Mbak Mega menolak gagasan pemunduran pemilu dan menolak gagasan tiga periode presidensi," imbuh Fachry Ali.

Dan jelang umur 50 tahun, PDIP terlihat selalu bergerak secara konstitusional dan minus manuver politik. Karenanya dia menyarankan PDIP agar lebih sering melakukan manuver politik.

"Terkesan PDIP selalu defensif, yang sebenarnya dalam konteks berpolitik, itu kurang positif. Dalam konteks visi misi presiden nanti, sikap defensif PDIP ini menurut saya harus dihilangkan dulu," kata Fachry Ali.

Peran Strategis

Connie Rahakundini Bakrie mengatakan sebagai parpol terbesar di Indonesia, PDIP memiliki peran strategis dalam menentukan arah masa depan bangsa Indonesia.

PDIP dinilainya akan menjadi salah satu faktor penting yang, misalnya, bisa merubah paradigma pertahanan dan diplomasi politik luar negeri Indonesia dari yang saat ini defensif menjadi lebih ofensif.

"Saya percaya PDIP mampu mewujudkan organisasi politik yang solid, punya bilai, dan teguh memegang ideologinya untuk membawa Indonesia maju sebagai negara yang kuat," kata Connie.

Sementara, Yudi Latif mengatakan ada sejumlah tantangan global yang urgen untuk dipahami. Yakni tantangan menghadapi diverse democracy, seluruh masyarakat demokrasi dunia tergagap meresponsnya.

Tantangan kedua adalah menghadapi stagnasi dan krisis ekonomi di dalam situasi kesenjangan ekonomi yang lebar. Situasi saat ini butuh empati dan solidaritas tinggi, namun nyatanya yang berkembang adalah saling benci dan menyangkal.

Tantangan ketiga adalah bagaimana mengembangkan kemajuan peradaban dalam konteks global order yang juga ramah terhadap perubahan ekosistem lingkungan global. Jadi, kata Yudi Latif, bagaimana dunia maju teknologi tapi juga harmoni dengan lingkungan.

Yudi menegaskan, sebenarnya semua tantangan global itu sudah direspons oleh Pancasila. Sayangnya, orang Indonesia kerap tak sadari soal Pancasila dan justru berkiblat kepada demokrasi model AS, misalnya.

"PDIP adalah jangkar atau pasak bumi bagaimana mengembangkan demokrasi dalam masyarakat multikultur. Cara Indonesia selesaikan masalah keragaman, misalnya. Maka masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim bersedia memberikan hak yang sama kepada minoritas," urai Yudi Latif.

"Saya melihat modal dasar itu belakangan tergerus karena munculnya politik identitas akibat pengaruh global. Sehingga bagaimana ke depan kita kendalikan tendensi eksplosif politik identitas dan PDIP ada terdepan menyangkut masalah itu," tegas Yudi Latif.