Kerajaan Inggris Serang Balik Pangeran Harry?

Kerajaan Inggris Diam-diam Bereaksi Atas Serangan Pangeran Harry

Liputan6.com 2023-01-10 15:32:07
Keluarga Kerajaan Inggris di pemakaman Ratu Elizabeth II. (Foto: AP Photo/Martin Meissner, Pool)

Istana Buckingham sejauh ini belum mengeluarkan pernyataan apapun terkait autobiografi Pangeran Harry dan sejumlah wawancara yang dilakukan putra bungsu Raja Charles III itu. Namun, sebenarnya istana bereaksi.

Kuasa hukum Istana Buckingham dilaporkan telah meminta ABC dan CBS untuk membagikan rekaman utuh wawancara Pangeran Harry sebelum mempertimbangkan apakah akan mengomentari berbagai klaimnya yang menyudutkan keluarga kerajaan Inggris. Namun, permintaan tersebut ditolak oleh kedua media.

Menyusul peluncuran resmi autobiografinya, "Spare", Pangeran Harry memang melakukan wawancara dengan sejumlah media. Salah duanya, ABC melalui program "Good Morning America" dan CBS lewat program "60 Minutes". Demikian dikutip dari People, Selasa (10/1/2023).

"Kami mendapat tanggapan dari firma hukum yang mewakili Istana Buckingham... Istana perlu mempertimbangkan dengan tepat apa yang disampaikan dalam wawancara... dan meminta kami memberikan salinan seluruh wawancara, yang mana itu tidak bisa kami lakukan sebagai sebuah kantor berita karena menyangkut dengan isu kebijakan kami," ungkap Michael Strahan yang mewawancarai Pangeran Harry dalam program "Good Morning America".

Sementara itu, dalam wawancara terbarunya dengan CNN, Pangeran Harry mengungkapkan alasan di balik langkahnya mempublikasikan hal-hal yang bersifat pribadi.

"Salah satu kritik yang Anda terima adalah tidak apa-apa bila ingin pindah ke California, tidak apa-apa bila ingin mundur dari peran institusional... tapi kenapa semua begitu terekspos? Kenapa mempublikasikan percakapan dengan ayah dan kakak Anda? Padahal Anda mengatakan akan melakukannya secara pribadi," tanya Anderson Cooper sebagai pewawancara.

Pangeran Harry menjawab, "Setiap kali saya mencoba melakukannya secara pribadi, selalu ada instruksi dan bocoran cerita untuk melawan saya dan istri. Anda tahu kan, moto keluarga itu adalah 'jangan pernah mengeluh, jangan pernah menjelaskan'. Tapi itu hanya moto. Tidak benar-benar berlaku."


Respons Istana pada 2021

Istana Buckingham tidak melulu bungkam. Pada tahun 2021, mereka merespons secara terbuka wawancara yang dilakukan Pangeran Harry dan Meghan Markle dengan Oprah Winfrey.

Dalam wawancara bersama Oprah Winfrey, Pangeran Harry dan Meghan Markle membuat sejumlah klaim kontroversial, termasuk tuduhan bahwa kerajaan menolak membantu Meghan menangani kesehatan mentalnya dan dugaan tindakan rasis terhadap putra mereka.

"Seluruh keluarga bersedih mengetahui betapa menantangnya beberapa tahun terakhir bagi Harry dan Meghan. Masalah yang diangkat, terutama isu ras, memprihatinkan. Meskipun sejumlah ingatan mungkin berbeda, tapi akan diresposn dengan sangat serius dan ditangani oleh keluarga secara pribadi," demikian bunyi pernyataan dari Istana Buckingham atas nama Ratu Elizabeth II.

Pernyataan tersebut ditutup dengan kalimat, "Harry, Meghan, dan Archie akan selalu menjadi bagian dari anggota keluarga yang sangat dicintai."


Klaim Harry Bunuh 25 Anggota Taliban Picu Protes

Dalam memoarnya, "Spare", Pangeran Harry mengklaim dia membunuh 25 anggota Taliban saat bertugas di Afghanistan. Pengakuan tersebut mengundang demonstrasi di sebuah universitas lokal di Helmand, provinsi tempat sebagian besar pasukan Inggris terkonsentrasi selama operasi NATO dan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) di Afghanistan, pada Minggu (8/1/2023).

"Kami mengutuk tindakannya yang bertentangan dengan semua norma kemanusiaan," ujar salah seorang demonstran seperti dikutip dari AP.

Direktur media untuk untuk kegubernuran Taliban di Helmand, Mawlavi Mohammad Qasim, menyebutkan bahwa klaim Pangeran Harry dalam memoarnya telah mengungkapkan wajah asli dunia Barat.

"Ini adalah indikasi yang jelas dari tindakan kejam dan mengerikan mereka," katanya.

Sejumlah tokoh terkemuka mengatakan bahwa pengakuan Pangeran Harry tidak hanya dapat membahayakan keselamatannya, namun juga memberi reputasi buruk kepada Angkatan Darat Inggris.

"Pengakuannya bahwa dia membunuh 25 orang akan membangkitkan kembali hasrat orang-orang yang ingin mencelakainya," ujar mantan penasihat keamanan nasional Inggris Kim Darroch. "Mari berharap mereka tidak berhasil dan saya yakin dia menangani isu keamanan dengan cukup baik. Namun, itu baru satu masalah saja."

"Masalah lain terkait pengakuannya adalah bahwa dia mencirikan Angkatan Darat Inggris melatih dia dan tentara lainnya untuk melihat musuh sebagai bidak catur yang harus disingkirkan, bukan manusia. Padahal tidak demikian," imbuhnya.


Menganggap Mereka Bidak Catur

Pangeran Harry mengklaim bahwa dia membunuh 25 anggota Taliban saat bertugas sebagai ko-pilot helikopter Apache. Dia menulis bahwa dia tidak merasa puas atau malu atas tindakan tersebut.

Pangeran Harry mengatakan bahwa di tengah panasnya pertempuran dia mengganggap musuh adalah bidak yang harus disingkirkan dari papan catur.

"Baddies dihilangkan sebelum mereka bisa membunuh goodies," tulis sang pangeran.

Massa Mengamuk, Sentani Sempat Lumpuh

Aktivitas Warga Kota Sentani Sempat Lumpuh saat Massa Lukas Enembe Mengamuk

Liputan6.com 2023-01-10 15:50:59
Terjadi gesekan antara massa pendukung Lukas Enembe dan aparat saat gubernur Papua itu dibawa paksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Jakarta. (Liputan6.com/ Ist)

Bentrokan warga dengan petugas kepolisian usai Gubernur Papua Lukas Enembe ditangkap KPK, sempat membuat lumpuh aktivitas masyarakat Kota Sentani, khususnya yang berada di seputaran Bandara Sentani.

Arus lalu lintas dan kegiatan ekonomi di area tersebut juga lumpuh karena aparat membubarkan paksa massa yang melakukan protes terhadap penangkapan Gubernur Lukas Enembe. Enembe dibawa ke Bandara Sentani kemudian diterbangkan ke Jakarta melalui Manado.

Hingga kini aparat keamanan masih terus berjaga di sekitar Kota Sentani dan Bandar Udara Sentani.

Salah satu warga Kota Sentani, Tina mengatakan pihaknya terpaksa mengamankan diri di rumah milik salah satu tokoh adat Sentani.

"Dalam perjalanan menuju bandara kami sudah melihat pergerakan massa menuju Bandara Sentani dengan membawa alat tajam sehingga kami langsung mengamankan diri di rumah tokoh adat Sentani," ungkapnya

Sementara itu, perasaan takut juga dialami warga Kota Sentani yang lain, Cony. Dirinya mengatakan harus bisa melawan rasa takut karena melihat langsung kejadian yang terjadi di depan Bandar Udara Sentani.

"Kami harap situasi ini segera membaik dan tidak berdampak lebih luas kepada masyarakat," ucapnya.

Sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D Fakhiri juga membenarkan perihal penangkapan Lukas Enembe.

"Benar, Gubernur Papua Lukas Enembe sudah diamankan KPK, Selasa ini di Jayapura," kata Mathius D Fakhiri.

Setelah diamankan Lukas Enembe dibawa Mako Brimob Polda Papua.


Kasus yang Menjerat Lukas Enembe

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Lukas Enembe bersama Direktur PT Tabi Bangun Papua (TBP) Rijatono Lakka (RL) sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait proyek pembangunan infrastruktur di Provinsi Papua.

Tersangka Rijatono Lakka diduga menyerahkan uang kepada Lukas Enembe dengan jumlah sekitar Rp1 miliar setelah terpilih menggerakan tiga proyek infrastruktur di Pemprov Papua, yakni proyek multiyears peningkatan jalan Entrop-Hamadi dengan nilai proyek Rp14,8 miliar, proyek multiyears rehab sarana dan prasarana penunjang PAUD Integrasi dengan nilai proyek Rp13,3 miliar, dan proyek multiyears penataan lingkungan venue menembak outdoor AURI dengan nilai proyek Rp12,9 miliar.

KPK juga menduga tersangka LE telah menerima pemberian lain sebagai gratifikasi yang berhubungan dengan jabatannya hingga jumlahnya miliaran rupiah. Saat ini, KPK sedang mengembangkan lebih lanjut soal penerimaan gratifikasi itu.

Untuk kebutuhan penyidikan, tim penyidik telah menahan tersangka RL selama 20 hari pertama terhitung mulai 5 Januari 2023 sampai dengan 24 Januari 2023 di Rutan KPK pada Gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

Tersangka LE sebagai penerima disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 dan Pasal 12B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001.

Sementara tersangka RL sebagai pemberi disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) atau Pasal 5 ayat (2) dan Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001.

WNI Pertama di Komite Disabilitas PBB

Sosok Inspiratif Risnawati Utami, WNI Pertama yang Terpilih Jadi Komite Disabilitas PBB

Liputan6.com 2023-01-09 13:00:18
Risnawati Utami, warga negara Indonesia (WNI) pertama yang terpilih sebagai anggota komite penyandang disabilitas di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Foto: tangkapan layar Instagram risnawat

Penyandang disabilitas fisik Risnawati Utami dikenal sebagai warga negara Indonesia (WNI) pertama yang terpilih sebagai anggota komite penyandang disabilitas di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Alumni Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ini memang dikenal aktif dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan isu disabilitas. Termasuk menyuarakan soal hak asasi manusia (HAM), sistem penyediaan kursi roda, pembangunan perkotaan, dan advokasi kebijakan di tingkat Indonesia dan internasional.

Sosok perempuan paruh baya yang kerap disapa Risna ini lulus dari UNS pada 1997. Selama enam tahun berada di Solo, Risna aktif berkontribusi pada Yayasan Lentera.

Jiwa kepeduliannya terasah selama menjadi mahasiswa, dirinya sangat vokal terhadap penyuaraan hak-hak penyandang disabilitas.

Tak berhenti di situ, ia terpilih sebagai penerima manfaat Ford Foundation International Fellowship Program. Ia juga melanjutkan studi di The Heller School for Social Policy and Management at Brandeis University, AS pada 2006-2008.

Pendidikan tinggi yang dikenyam membuatnya mantap memberikan dedikasi penuh pada perjuangan hak-hak disabilitas. Kepeduliannya pada disabilitas tak main-main. Ia mendirikan sebuah organisasi bernama Organisasi Harapan Nusantara (Ohana).

Organisasi ini berfokus pada perjuangan hak-hak dan advokasi kebijakan penyandang disabilitas yang berdiri pada 6 Juli 2012.

Dalam Ohana, terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan. Seperti penyediaan layanan alat bantu adaptif seperti kursi roda, pelatihan layanan atau reparasi, advokasi kebijakan pemerintahan. Ada pula pemberdayaan ekonomi penyandang disabilitas dan penguatan program sekaligus promosi terhadap produk-produk yang dikembangkan oleh penyandang disabilitas.

Kantor Ohana terletak di Jalan Kaliurang, Dusun Kledokan, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).


Aktif Sejak Kecil

Risna mulai aktif menyuarakan hak-hak penyandang disabilitas sejak berusia empat. Kala itu, dirinya terserang polio yang membuatnya menggunakan kursi roda untuk keperluan mobilitasnya.

Ia merasa ketika dirinya dapat membantu teman-teman difabel, energi kebaikan dalam dirinya bertambah.

"Ketika bisa membantu teman-teman difabel atau orang lain, hal tersebut bisa memberikan energi yang positif bagi saya," kata Risna mengutip laman resmi UNS.

Perjalanannya menjadi komite penyandang disabilitas di PBB tidak semudah membalikkan telapak tangan. Risna harus melobi lebih dari 100 negara agar dirinya dapat terpilih menjadi komite penyandang disabilitas di PBB.

Ia menjelaskan bahwa terdapat syarat minimal 120 negara yang memilihnya agar dapat menjadi komite penyandang disabilitas PBB.


Mengusung Spirit Kebermanfaatan Terhadap Disabilitas

Dalam momen pemilihan itu, ia mengusung spirit kebermanfaatan terhadap teman-teman disabilitas. Spirit tersebut membuatnya memperoleh dukungan dari berbagai pihak dan berhasil terpilih menjadi komite penyandang disabilitas di PBB.

Ketika menjabat sebagai komite penyandang disabilitas di PBB sejak 2014, terdapat beberapa tugas yang diemban Risna.

Di PBB, ia bertugas untuk mengulas kebijakan yang terkait disabilitas, menganalisis situasi negara, merekomendasikan kebijakan-kebijakan yang bisa diadopsi, memimpin penentuan hasil drafting, dan berpartisipasi aktif dalam kelompok kerja.

Menurutnya, sudah terdapat beberapa peraturan formal yang ada di Indonesia menyangkut hak-hak disabilitas. Di antaranya adalah Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 2016 mengenai Penyandang Disabilitas.

Selain itu, terdapat pula Peraturan Daerah (Perda) yang sudah mengangkat isu disabilitas, tapi pengimplementasiannya masih perlu ditingkatkan.

"Sebenarnya sudah banyak peraturan formal seperti Undang-Undang dan Perda yang mengatur mengenai disabilitas. Pemerintah sudah cukup sadar akan hal tersebut, namun dalam implementasinya masih perlu ditingkatkan lagi," ujar dia.


Perjuangan Masih Berlanjut

Kiprah Risna dalam memperjuangkan hak-hak disabilitas masih berlanjut hingga sekarang. Belum lama ini, ia tergabung dalam acara UNESCAP yang membahas mengenai peraturan-peraturan terkait disabilitas dan pengimplementasiannya.

Risna pun berpesan kepada para mahasiswa agar menghargai teman-teman disabilitas. Ia berharap agar kampus bisa semakin aksesibel bagi teman-teman disabilitas.

"Saya harap, kampus bisa meningkatkan aksesibilitas bagi teman-teman disabilitas. Mahasiswa juga sebaiknya tahu bagaimana berinteraksi dan memperlakukan teman-teman disabilitas dengan benar. Jangan menganggap mereka berbeda, anggaplah mereka setara," pesannya.

Dalam mengarungi kehidupan, Risna memegang teguh tiga nilai kebaikan dalam dirinya. Dalam bertumbuh, ia berusaha untuk menjadi pribadi yang teguh, menyebarkan kebaikan, dan memiliki kasih sayang pada sesama.

"Saya selalu promote mengenai kegigihan, kebaikan, dan compassion. Selain itu perlu memelihara hubungan baik dengan Tuhan dan sesama manusia. Keduanya harus seimbang," pungkasnya.

Kata Sambo, Istrinya Enggak Mungkin Bohong

Ferdy Sambo Percaya Cerita Putri Candrawathi: Istri Saya Tidak Mungkin Bohong

Liputan6.com 2023-01-10 14:27:58
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Putri Candrawathi mencium tangan Ferdy Sambo yang juga terdakwa dalam kasus tersebut saat akan menjalani sidang

Ferdy Sambo bersikukuh cerita pelecehan seksual yang dialami Putri Candrawathi fakta dan bukan rekayasa.

Ferdy Sambo menjawab keraguan Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso saat diperiksa sebagai terdakwa atas kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Sidang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan (Jaksel), Selasa (10/1/2023).

Wahyu mengulang kembali fakta-fakta persidangan sebelumnya. Dijelaskan, saksi maupun tiga terdakwa lain mengaku tak ada yang mengetahui perihal dugaan pelecehan seksual yang terjadi di Magelang.

Keterangan itu hanya disampaikan oleh Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

"Sehingga sampai hari ini kami bingung dan di beberapa keterangan saksi saudara mengatakan itu hanya ilusi peristiwa di Magelang itu. Bisa suadara terangkan," tanya Wahyu ke Ferdy Sambo.

Sambo tetap membela Putri Candrawathi. Menurut dia, yang diutarakan itu adalah sebuah fakta yang tak boleh dikesampingkan.

"Terkait dengan penjelasan istri saya di lantai 3 itu, itu saya yakini kebenarnya Yang Mulia. Karena istri saya tidak mungkin berbohong terkait dengan peristiwa seperti itu. Apa gunanya buat dia," jawab Sambo.


Bantah

Sambo melanjutkan dengan memberikan penjelasan perihal keterangan saksi Kombes Sugeng Putut WIcaksono. Dalam keterangannya saat itu, Sugeng menyebut pelecehan Putri Candrawathi di Magelang hanya ilusi.

Menurut Sambo, ucapan sekedar untuk mempelancar skenario adu tembak di Komplek Perumahan Polri Duren Tiga, Nomor 46 RT 05 RW 01 Kelurahan Duren Tiga, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan itu, tidak lah benar.

"Terkait dengan keterangan ilusi itu yang dijelaskan oleh saksi Sugeng Putut. Itu saya sampaikan itu tidak dijelaskan karena untuk memuluskan cerita saya yang tidak benar Yang Mulia," jawab Sambo.

"Itu alasan saudara? Jadi keterangan saksi Sugeng Putut ketika saudara mengatakan itu ilusi hanya untuk membenarkan skenario saudara," tanya Wahyu.

"Demikian Yang Mulia karena skenario mulai dari duren tiga," tandas Sambo.

Sewa Hotel Rp 62 Juta Semalam

Cristiano Ronaldo Tinggal Sementara di Hotel Mewah Riyadh, Harga Sewanya Lebih dari Rp62 Juta Semalam

Liputan6.com 2023-01-10 07:01:13
Cristiano Ronaldo. Striker Portugal berusia 37 tahun ini memperkuat Real Madrid selama 9 musim mulai 2009/2010 hingga 2017/2018. Ia menjadi pemain Real Madrid ke-6 yang meraih gelar Ballon d'

Pesepakbola Portugal, Cristiano Ronaldo saat ini hidup dalam kemewahan saat memulai hidup baru di Arab Saudi. Melansir The Sun, Senin, 9 Januari 2023), Ronaldo menginap di hotel Four Season di Kingdom Tower di Riyadh, salah satu gedung tertinggi dan mewah di Arab Saudi.

Pemain dengan nomor punggung tujuh tersebut memiliki kamar di Kingdom Suite, yang membentang di dua tingkat di gedung pencakar langit 99 lantai tersebut. Harga kamar milik Ronaldo tidak tercantum di laman resmi Kingdom Tower karena hanya bisa dipesan secara pribadi. Sebagai perbandingan, kamar Suite Presidential yang memiliki luas lebih kecil dibanderol harga 3.300 pound sterling atau Rp62 juta rupiah per malam atau sekitar Rp1,8 miliar per bulan.

Untuk Kingdom Suite pastinya lebih dari harga tersebut. Yang jelas, dengan gaji triliunan rupiah per tahun, harga kamar hotel mewah itu tentu tak jadi masalah bagi Ronaldo.

Pada kamar Kingdom Suite, Ronaldo bisa menikmati pemandangan Riyadh lewat kaca hotel yang besar. Pihak hotel menyebutkan kamar jenis suite seperti yang ditempati Ronaldo berada membentang di lantai 48--lantai 50. Fasilitas yang didapatkan adalah 17 kamar, termasuk ruang tamu dengan langit-langit yang tinggi, kantor pribadi, ruang makan, dan ruang media.

Georgina Rodriguez, kekasih Ronaldo yang juga ikut tinggal dalam hotel mewah itu bersama lima anak mereka, merasa senang dengan hotel tersebut karena terletak di sebuah mal dengan pertokoan brand-brand mewah seperti Louis Vuitton dan Zara. Namun, kabarnya hotel itu hanya akan ditempati selama sebulan karena masih mencari tempat tinggal yang lebih permanen.

Sementara itu, Ronaldo masih terus mencari rumah baru untuk tinggal selama sekitar 2,5 tahun, sesuai dengan kontraknya di klub barunya, Al-Nassr. Al Muhammadiyah dan Al Nakheel yang merupakan kawasan bergengsi di Arab Saudi menjadi tempat destinasi yang dinilai ideal untuk Ronaldo selanjutnya karena terletak dekat stadion Mrsool Park, markas Al-Nassr. Dalam area tersebut, terdapat fasilitas kolam renang, toko, klinik, restoran, pusat kebugaran, dan TK.


Kemewahan Hotel

Melansir dari situs resmi Four Season Hotel Riyadh, untuk kamar Kingdom Suite memiliki fasilitas mewah. Tempat ini memiliki satu tempat tidur berukuran King dan satu tempat tidur lipat atau satu tempat tidur bayi di kamar utamanya.

Kamar ini memiliki luas 365 meter persegi yang dapat dihuni tiga orang dewasa atau dua dewasa dan satu anak. Dari kamar dan ruang tamu, Anda bisa melihat pemandangan Ibu Kota Arab Saudi, Riyadh dan melihat lampu kota ketika malam hari.

Untuk kamar mandi, tersedia dua kamar mandi yang dihiasi penuh oleh marmer warna putih dan abu-abu ini. Pada kamar mandi disediakan bathtub dan shower, serta kaca rias yang bisa menyala. Kemudian, Anda juga bisa mendapatkan pengering rambut, timbangan, dan perlengkapan mandi yang mewah.

Terdapat smart TV dengan layar Ultra HD 75 inch dan fungsi chromecast serta pengeras suara bluetooth yang disediakan gratis di kamar Kingdom Suite. Selain itu, terdapat dapur lengkap dengan mesin espresso hingga microwave dan oven.

Kingdom Tower telah menginstruksikan para staf untuk menahan diri agar tidak meminta selfie dengan Ronaldo saat dia tinggal di properti yang mengesankan itu. Tapi, dia dikatakan dengan hangat menerima permintaan dari tamu dan staf lain saat masuk atau keluar.


Ronaldo Masuk Al-Nassr

Mantan pemain Manchester United tersebut telah resmi bergabung dengan klub Timur Tengah, Al-Nassr pada Desember 2022. Hal ini terlihat pada unggahan foto yang ada pada akun Instagram resminya @cristiano.

Melansir kanal Bola Liputan6.com pada Sabtu, 31 Desember 2022 setelah kontraknya diputus Manchester United pada akhir November 2022, Ronaldo masih ingin berkarier di sepak bola Eropa lantaran ingin bermain di Liga Champions.

Namun, dilaporkan tidak ada satu pun tawaran serius dari klub-klub Eropa Al-Nassr kemudian muncul untuk mendapatkan tanda kontrak Ronaldo yang berlaku sampai Juni 2025.

"Sejarah sedang dibuat. Ini adalah penandatanganan yang tidak hanya akan menginspirasi klub kami untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar. tetapi juga menginspirasi liga kami, bangsa kami, dan generasi masa depan, anak laki-laki dan perempuan untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri. Selamat datang @Cristiano ke rumah barumu @AlNassrFC," tulis Al-Nassr di akun Twitter resminya pada Sabtu, 31 Desember 2022.

Ia akan mendapatkan bayaran lebih dari 177 juta pound sterling atau sekitar Rp 3,3 triliun setahun setelah semua bonus dipertimbangkan.


Senang Bermain di Liga Pro Saudi

Tugas pertama Cristiano Ronaldo di luar Eropa ini adalah mencoba dan membawa Al-Nassr ke Liga Champions Asia. Al-Nassr unggul satu poin atas Al Shabab yang berada di peringkat kedua. Tapi, Al Shabab memiliki tabungan satu pertandingan.

Menyusul pengumuman kepindahannya ke Timur Tengah, Ronaldo mengungkapkan kegembiraannya untuk bermain di Asia. "Saya senang dengan pengalaman baru di liga yang berbeda dan negara yang berbeda," katanya dalam rilis Al-Nassr.

"Visi yang dimiliki Al Nassr sangat menginspirasi. Saya sangat bersemangat untuk bergabung dengan rekan satu tim saya, dan membantu tim untuk meraih lebih banyak kesuksesan," imbuhnya.

Cristiano Ronaldo nampaknya belum mau menyerah mengejar impiannya untuk tetap main di Liga Champions Eropa meski baru bergabung dengan klub Al-Nassr. Ia masih mungkin kembali merumput di kompetisi elit Eropa itu pada musim depan.

Dalam kontrak kerja sama dengan Al-Nassr ada opsi Ronaldo dapat dipinjamkan ke Newcastle United pada musim depan dengan catatan klub asal Inggris yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah Arab Saudi tersebut lolos ke Liga Champions musim depan.

Punya 60 Anak Masih Ingin Nambah

Kisah 'Dokter' Pakistan Punya Anak 60, Masih Ingin Punya Istri dan Momongan

Liputan6.com 2023-01-09 21:36:00
Ilustrasi bayi baru lahir. (dok. Omar Lopez/Unsplash)

Seorang "dokter" berusia 52 tahun di Pakistan baru-baru ini menjadi berita utama karena kelahiran anaknya yang ke-60, dan mengklaim dia ingin memiliki lebih banyak anak dengan ketiga istrinya.Sardar Jan Mohammad Khan Khilji, penduduk Quetta, Ibu kota Balochistan, memiliki keluarga besar yang ia harap dapat terus berkembang di tahun-tahun mendatang.

Menurut laporan Oddity Central yang dikutip Senin (9/1/2023), dokter Pakistan, yang menjalankan kliniknya sendiri di kota, memiliki tiga istri, dan baru saja memiliki anak ke-60, seorang putra yang dia beri nama Khushal. Bagi kebanyakan orang, 60 anak jauh lebih dari cukup, tetapi Sardar mengatakan bahwa dia ingin memiliki istri baru dan terus memiliki anak.

"Saya telah meminta semua teman saya untuk membantu menemukan seorang gadis untuk pernikahan keempat saya," kata Sardar Jan Mohammad Khan Khilji kepada BBC, menambahkan bahwa dia ingin memiliki lebih banyak putra dan putri dengan semua istrinya.

Menariknya, Sardar awalnya menjadi berita utama internasional pada tahun 2016, segera setelah menyambut anaknya yang ke-35 ke dunia. Saat itu, dia mengumumkan rencana untuk memiliki setidaknya 100 anak, dan mengikuti keinginannya saat ini dan rencananya untuk membawa istri keempat ke dalam keluarga, tujuannya tampaknya dapat dicapai.

Pria yang memproklamirkan diri sebagai "dokter", yang menjalankan klinik untuk merawat orang untuk penyakit ringan seperti sakit kepala, biasanya membual tentang kekayaannya dan bagaimana dia bisa mengurus seluruh keluarganya, tetapi dia baru-baru ini mengakui bahwa inflasi telah mempengaruhi keuangannya. Meski begitu, ia tetap berkomitmen untuk membesarkan keluarganya.

"Bisnis terhenti," keluh Sardar. "Harga semua barang penting termasuk tepung, ghee, dan gula naik tiga kali lipat. Selama tiga tahun terakhir, semua orang Pakistan, termasuk saya, menghadapi kesulitan.

Meskipun menjadi ayah yang sangat produktif, dia masih tertinggal dari pria seperti Mzee Musa Hasahya, seorang petani Ghana yang memiliki 102 anak dan 568 cucu. Di sisi lain, pria Pakistan itu jauh lebih muda, jadi dia bisa mengejar ketinggalan.


Kisah Pria Thailand Punya 8 Istri dan Hidup Harmonis Satu Rumah

Kisah serupa datang dari seorang seniman tato di Thailand. Ia mencuri perhatian online setelah terungkap dirinya berbagi rumah dengan delapan istri muda, yang semuanya rukun satu sama lain.

Ong Dam Sorot, seorang seniman tato muda yang mengkhususkan diri dalam gaya yantra tradisional, baru-baru ini duduk dengan seorang komedian populer Thailand untuk wawancara tentang status perkawinannya yang kontroversial. Sorot menikah bukan dengan satu wanita, tetapi dengan delapan wanita, yang semuanya tinggal di bawah satu atap dan menganggap diri mereka satu keluarga besar yang bahagia.

Di acara tersebut, yang sejauh ini telah dilihat lebih dari 3 juta di YouTube saja, Ong Dam Sorot memperkenalkan masing-masing istrinya dan berbicara tentang bagaimana mereka bertemu. Kedelapan wanita itu menggambarkan suami mereka sebagai pria paling baik dan paling perhatian di Bumi dan mengaku bisa bergaul dengan baik.

Pria poligami itu bertemu istri pertamanya, Nong Sprite di pernikahan seorang teman dan dengan cepat memintanya untuk menikah. Yang kedua, Nong L, dia bertemu di pasar, dan Nong Nan, istri ketiganya, di rumah sakit. Istri keempat, kelima dan keenam Sorot bertemu melalui media sosial, Instagram, Facebook, dan TikTok. Istri ketujuh, Nong Film, pria itu bertemu saat mengunjungi kuil Phra Pathom Chedi bersama ibunya, adapun istri kedelapan dan terakhirnya, Nong Mai, dia temui saat berlibur di Pattaya bersama empat istrinya.

"Dia mungkin pria paling perhatian dan perhatian yang pernah kami lihat," kedelapan wanita itu setuju, menambahkan bahwa dia memperlakukan mereka dengan sangat baik sehingga mereka tidak perlu bertengkar seperti dikisahkan situs Oddity Central, Selasa 1 Februari 2022.

Dua istri Sorot saat ini sedang hamil, dan dia sudah memiliki seorang putra dari istri pertamanya, Nong Sprite. Para wanita tidur di empat kamar tidur, dua orang per kamar tidur, dan menunggu giliran untuk berbagi tempat tidur dengan suami mereka. Rupanya, tidak ada yang mempermasalahkan pengaturan itu.

Berbicara tentang pertama kalinya Ong Dam Sorot membicarakan kemungkinan mengambil istri kedua, Nong Sprite sebagai yang pertama mengatakan bahwa dia cukup mencintainya dan setuju, terutama karena suaminya selalu cukup perhatian untuk bertanya apakah dia setuju dengan ide itu. Dia bilang kamu, selama dia membawa pulang calon istri keduanya, jadi dia bisa bertemu dengannya dulu.

Sambungannya di sini...


Menikah Berkali-kali, 5 Selebritas Ini Punya Banyak Anak dan Istri

Sementara itu, beberapa selebritas ini menikah lebih dari tiga kali dan ada yang punya anak hingga belasan. Entah apa yang mereka inginkan, tetapi hal semacam ini menjadi bagian dari pertualangan cinta para pesohor tersebut.

Seperti dikutip dari laman Therichest.com, Selasa 27 Maret 2018, berikut 5 selebritas punya banyak anak dan istri:

1. Eddie Murphy

Eddie Murphy adalah seorang aktor dan komedian asal Amerika Serikat. Tak hanya lihai dalam adu akting, ia juga merambah dunia tarik suara.

Di kehidupan pribadi, Eddie Murphy masuk dalam daftar pria yang memiliki istri terbanyak. Tercatat ia menikahi lima orang wanita.

Tak main-main, lima orang wanita tersebut, semuanya memiliki anak dari Eddie Murphy. Salah satu wanita yang pernah ia nikahi adalah Mel B. Meski mantan personil Spice Girls itu hamil saat masih menjadi istri sah, Eddie Murphy tak mengakui jika itu adalah anak kandungnya.

Wanita lain yang ia jadikan istri adalah Nicole Mitchell. Dari hasil pernikahanannya dengan Nicole, Eddie Murphy memiliki lima orang anak.

Selanjutnya klik di sini...


Usia 23 Tahun Sudah Punya 11 Anak, Wanita Rusia Ini Ingin Tambah 94 Lagi

Jika sebelumnya suami dengan banyak istri. Kasus Christina Ozturk berbeda sedikit. Seorang wanita dari Rusia, melahirkan satu anak saat ia berusia 17 tahun. Saat 23 tahun ia telah menjadi ibu dari 11 anak hanya dalam waktu sepuluh bulan.

Untuk mencapai hal tersebut, ia memiliki ibu pengganti atau lebih sering dikenal sebagai surrogate agar ia bisa memiliki bayi sebanyak mungkin, secepat mungkin.

Dikutip dari Oddity Central, Rabu 17 Februari 2021, keinginan memiliki anak yang banyak ini dimulai saat Christina menikahi Galip Ozturk, seorang jutawan yang berusia 56 tahun.

Anak pertama pasangan itu, Mustafa, lahir pada Maret tahun lalu, sementara tambahan terbaru mereka ke keluarga dan anak kesepuluh bersama, Olivia, lahir bulan lalu.

Christina dan Galip tidak tahu berapa banyak anak yang akan mereka miliki bersama, tetapi mereka pasti tidak berencana untuk berhenti sepuluh anak.

"Saya melahirkan sendiri putri sulung saya Vika enam tahun lalu. Anak-anak lainnya secara genetik adalah milik kami dari suami saya dan saya, tetapi digendong oleh ibu pengganti," kata Christina. "Saat ini, saya punya 10 anak dengan tambahan terbaru, Olivia, yang lahir akhir bulan lalu."

Christrina bertemu dengan Galip saat ia berlibur di kota tepi pantai Georgia, Batumi, yang juga dikenal sebagai Las Vegas of the Black Sea.

Dia menggambarkan pertemuan Galip pada hari pertamanya di sana sebagai cinta pada pandangan pertama, dan memanggilnya "seorang mentor, pemandu, dan pangeran dari dongeng yang digabung menjadi satu".

Galip adalah seorang tokoh transportasi dan properti, berasal dari Turki, mengatakan bahwa Christina adalah tipe istri yang selalu dia inginkan, seorang "berlian dalam keadaan kasar" dengan hati yang "murni, baik hati".

Meski jauh lebih tua darinya dan memiliki anak-anak dewasa sendiri, Galip ingin memulai sebuah keluarga besar dengan Christina.

Selanjutnya klik di sini...

Mengungsi di Tengah Kontroversi

Pangeran Harry dan Meghan Markle Dipaksa Mengungsi dari Rumah, Ada Apa?

Liputan6.com 2023-01-10 14:24:22
Pangeran Harry dan sang tunangan, Meghan Markle menghadiri tradisi pelayanan gereja di hari Natal Kerajaan Inggris di Gereja St. Mary Magdalene, Sandringham, Senin (25/12). Tahun ini, Markle

California City adalah lokasi bertabur bintang. Misalnya rumah bagi Pangeran Harry dan istrinya Meghan Markle.

Demi alasan keamanan, keduanya diperintahkan untuk evakuasi pada Senin 9 Januari 2022. Lantaran petugas pemadam kebakaran setempat memperingatkan potensi tanah longsor yang mampu menimbun rumah-rumah mewah.

Montecito, yang juga menjadi tempat hiburan favorit pesohor Amerika Serikat seperti Oprah Winfrey dan Jennifer Aniston, diperkirakan akan turun hujan dan berpotensi banjir dalam 24 jam, dikutip dari NST.com.my, Selasa (10/1/2023).

Otoritas darurat di kota yang berjarak 90 menit dari Los Angeles itu mengatakan, siapa pun di daerah tersebut harus dievakuasi.

"Tinggalkan sekarang. Ini adalah situasi yang terus berkembang pesat. Harap perhatikan baik-baik peringatan darurat," kata situs web pemadam kebakaran California.

Kota dengan properti bernilai jutaan dolar bertengger di sanan dan kini dinilai sangat rentan terhadap tanah longsor karena berada di kaki pegunungan yang dirusak oleh kebakaran api lima tahun lalu.

Ratusan mil persegi hutan hangus pada 2017-18, menggunduli lereng bukit dari vegetasi yang biasanya menahan tanah.

Tanpa pohon dan semak, hujan dapat menyebabkan bahaya.

"Selama 30 hari terakhir, Montecito dilanda curah hujan 12-20+ inci di seluruh komunitas, melebihi rata-rata tahunan kami sebesar 17 inci," kata Montecito Fire di Twitter.

"Hujan kumulatif ini menempatkan masyarakat pada risiko banjir dan aliran yang lebih besar."


Hujan Tak Biasa

Sementara, hujan deras dalam kategori tidak biasa belakangan juga terjadi California selama musim dingin.

Para ilmuwan mengatakan, perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia telah meningkatkan perubahan cuaca dan membuat cuaca basah menjadi lebih basah dan kering menjadi lebih kering.

Badai minggu lalu di sekitar San Francisco menyebabkan puluhan ribu orang hidup tanpa listrik.

Itu terjadi setelah hujan deras pada Malam Tahun Baru 2023, yang membuat tanah basah kuyup dan tergenang air.

Tetapi bahkan hujan lebat baru-baru ini tidak cukup untuk membalikkan status tanah lebih kering.

Para ilmuwan mengatakan, curah hujan di atas rata-rata selama beberapa tahun diperlukan untuk mengembalikan waduk ke tingkat yang sehat.


Sederet Rahasia Kerajaan Inggris yang Dibocorkan Pangeran Harry

Bicara soal Pangeran Harry, belakangan namanya kembali disorot.

Serangkaian klaim dan tuduhan sensasional dari otobiografi Pangeran Harry berjudul Spare, telah bocor.

Dikutip BBC, Senin 9 Januari 2023, buku itu menguraikan keluhan dan kepahitan di Keluarga Kerajaan, seperti klaim dia dan Pangeran William mendesak ayah mereka untuk tidak menikahi Camilla.

Harry menulis bahwa dia dan William memohon kepada ayah mereka untuk tidak menikahi Camilla.

Media The Sun, melaporkan bahwa Harry mengklaim dia dan saudara laki-lakinya mengadakan pertemuan terpisah dengan Camilla sebelum dia resmi bergabung dengan keluarga tersebut.

Harry menyatakan bahwa dia merenungkan apakah suatu hari dia akan menjadi "ibu tirinya yang jahat", tetapi dia dan saudara laki-lakinya bersedia memaafkannya di "hati mereka" jika dia bisa membuat Raja Charles bahagia, kata surat kabar itu.

Tidak ada detail yang diberikan kapan pertemuan itu berlangsung atau berapa umur Harry saat itu.


Pesan dari Putri Diana Lewat Seseorang

Harry menjelaskan bagaimana kesedihannya atas kematian ibunya, Diana, Putri Wales, membuatnya mencari bantuan dari seorang wanita yang "mengaku memiliki 'kekuatan".

"Ibumu berkata bahwa kamu menjalani kehidupan yang tidak bisa dia jalani," kata Harry, wanita itu memberitahunya.

"Kau menjalani kehidupan yang dia inginkan untukmu."

Diana tewas dalam kecelakaan mobil di Paris pada tahun 1997 ketika Harry berusia 12 tahun.

Akun Harry tentang percakapan yang dia katakan dia lakukan dengan mendiang ibunya hanyalah singkat, menurut Guardian.

Terkait ini, tidak ada detail di mana atau kapan pertemuan dengan wanita itu terjadi.

Dalam memoar itu, Harry menggambarkan ayahnya membangunkannya untuk menyampaikan kabar bahwa Diana terlibat dalam kecelakaan mobil.

Harry menulis bahwa Charles tidak memeluknya saat ini.

Belakangan, Harry menulis tentang reka ulang perjalanan mobil yang dilakukan Diana di Paris menjelang kematiannya, berharap itu akan memberinya kejelasan. Tetapi itu malah membuatnya mempertanyakan penyebab resmi kematiannya.

Ronaldo Bakal Main Lawan Messi

Cristiano Ronaldo Bakal Main Lawan Lionel Messi dan PSG Tanpa Jersey Al Nassr, Kok Bisa?

Liputan6.com 2023-01-10 09:00:46
Penyerang berusia 37 tahun itu disambut kembang api dan teriakan para pendukung di Stadion Mrsool Park, kandang Al Nassr. (AP Photo/Amr Nabil)

Cristiano Ronaldo mungkin akan memulai debut di Arab Saudi saat uji coba lawan Paris Saint-Germain (PSG) digelar pada 19 Januari. Meski begitu, pelatih Al Nassr Rudi Garcia menyebut Ronaldo tak akan memakai jersey Al Nassr, lah kok bisa?

Ronaldo belum melakukan debut dengan Al Nassr di dua pertandingan sebelumnya. Seperti dilansir espn, ini konon karena adanya sanksi larangan bermain dari FA usai pelanggaran Cristiano Ronaldo yang membanting telepon genggam seorang fans cilik saat MU lawan Everton di April 2022.

Rudi Garcia juga mengkonfirmasi kalau Ronaldo akan absen di pertandingan melawan Al Shabab. Ronaldo baru bisa tampil di debut saat melawan Ettifaq pada 22 Januari.

Ronaldo bisa tampil lebih cepat tapi tidak dengan seragam Al Nassr. Soalnya duel melawan PSG di Riyad pada 19 Januari merupakan gabungan pemain bintang Al Nassr dan Al Hilal.

"Debutnya tak akan menggunakan jersey Al Nassr. Ini pertandingan yang memainkan gabungan pemain Al Hilal dan Al Nassr," kata Garcia.

"Sebagai pelatih, saya sebenarnya tak gembira dengan laga uji coba ini. Untuk perkembangan, melihat kehebatan PSG dengan pemain bintang mereka, tentu luar biasa. Tapi kami juga main di Liga 3 hari berikutnya," dia menambahkan.


Lebih Tenang

Rudi Garcia menyayangkan federasi Arab Saudi menggelar laga uji coba di tengah kompetisi berlangsung. untung, dia lebih tenang karena Al Nassr saat ini pimpin klasemen Arab Saudi Pro League dengan 29 poin.

"Demi jadwal yang baik, duel eksebisi ini harusnya dipikirkan lebih matang. Tapi ini bukan masalah, kami sekarang pimpin klasemen, kami bahagia. Ini liga yang sulit untuk dimenangi tapi kami akan mencobanya," kata Garcia.

Di luar itu, Garcia menilai kehadiran Ronaldo ke Arab Saudi sama seperti langkah yang diambil Pele di masa hidupnya. Saat itu, Pele akhiri karier di Amerika Serikat bersama New York Cosmos.

Ronaldo disebutnya punya misi untuk lebih membuat liga Arab Saudi lebih dilihat dunia. Dampak tercepat bisa dilihat dari bertambahnya jumlah follower Al Nassr sampai 10 juta di instagram sejak kehadiran Ronaldo.


Temukan Kesenangan

Rudi Garcia berharap Ronaldo menemukan kesenangannya kembali saat main di Al Nassr. Dia memahami apa yang sudah dilalui Ronaldo pada dua bulan terakhir bersama MU dan timnas Portugal.

"Di beberapa bulan terakhir, antara MU dan timnas, dan juga dalam hal level pribadi, dia sudah lalui banyak hal berat," kata Garcia.

"Kalau dia menemukan kegembiraan dalam bermain bola lagi, itu bakal jadi target yang bagus untuk diraih."


Gaji Selangit

Cristiano Ronaldo telah menyelesaikan kepindahannya ke klub Arab Saudi Al-Nassr pada Jumat, 30 Desember 2022. Superstar asal Portual itu telah resmi diperkenalkan di Mrsool Park, Selasa (3/1/2023) malam WIB.

Ronaldo telah menandatangi kontrak yang akan membuatnya memperkua Al-Nassr hingga Juni 2025. Dalam kontrak tersebut, pemenang Ballon d'Or lima kali ini akan mendapatkan 177 juta pound atau sekitar Rp 3,3 triliun per tahun.

Gaji selangit yang diterima mantan bintang Manchester United itu membuatnya menjadi pesepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia. Bahkan, jaraknya cukup jauh dengan gaji yang diterima superstar Paris Saint-Germain Lionel Messi dan Neymar.

Messi membawa pulang 107 juta pound per tahun, sementara Neymar menghasilkan sekitar 7,8 juta poin. Jika ditotal gaji mereka mencapai 185,5 juta pound, hanya 8,5 juta pound lebih banyak dari gaji Ronaldo di Arab Saudi.

Untuk memecah gaji yang menggiurkan, eks penyerang Real Madrid tersebut akan mendapatkan 14,75 juta per bulan, 3,4 juta setiap minggu, dan sekitar 485 ribu per hari.

Meski sudah melewati masa jayanya, nilai komersial yang dibawa pesepak bola berusia 37 tahun itu bersama fansnya yang besar sudah mendorongnya ke nilai gaji yang sangat fantastis. Selain itu, dia bakal menjadi superstar sepak bola pertama yang bermain di Liga Pro Saudi dengan memiliki kelebihan tersendiri.


Tugas Ronaldo

Tugas pertama Cristiano Ronaldo di luar Eropa adalah mencoba dan membawa Al-Nassr ke Liga Champions. Skuad racikan Rudi Garcia itu kini memimpin klasemen Saudi League dengan 26 poin dari 11 pertandingan.

Al-Nasser unggul satu poin atas Al Shabab yang berada di peringkat kedua. Tapi, Al Shabab memiliki tabungan satu pertandingan.

Menyusul pengumuman kepindahannya ke Timur Tengah, Ronaldo mengungkapkan kegembiraannya untuk bermain di Asia. "Saya senang dengan pengalaman baru di liga yang berbeda dan negara yang berbeda," katanya dalam rilis Al-Nassr.

"Visi yang dimiliki Al Nassr sangat menginspirasi. Saya sangat bersemangat untuk bergabung dengan rekan satu tim saya, dan membantu tim untuk meraih lebih banyak kesuksesan," imbuhnya.

Brasil Rusuh, Ribuan Orang Ditangkap

1.500 Orang Ditangkap di Brasil, Presiden Lula Kecam Kerusuhan Sebagai Aksi Teroris

Liputan6.com 2023-01-10 07:00:22
Pendukung mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro bentrok dengan polisi saat demonstrasi di luar Istana Planalto di Brasilia pada Minggu (8/1/2023). (Dok. AFP)

Otoritas Brasil menahan sekitar 1.500 orang menyusul kerusuhan yang dipicu oleh tindakan para pendukung mantan Presiden Jair Bolsonaro yang menyerbu kongres dan mahkamah agung, serta mengepung istana kepresidenan. Kerusuhan ini terjadi sepekan setelah pelantikan Presiden Lula da Silva.

Presiden Lula da Silva, ketua kongres, dan mahkamah agung mengutuk "aksi teroris dan vandalisme" tersebut dan bersumpah akan menghukum para pelakunya.

Para pendukung Bolsonaro turun ke jalan mengikuti sikap politikus sayap kanan itu yang tidak mengakui kekalahannya dalam pemilu pada Oktober. Alih-alih menghadiri pelantikan Lula da Silva, ia justru terbang ke Amerika Serikat.

Pada Senin (9/1/2023), muncul laporan yang menyebutkan bahwa Bolsonaro tengah dirawat di rumah sakit di Florida karena menderita sakit di bagian perut. Demikian seperti dikutip BBC, Selasa (10/1).

Pasca kerusuhan oleh pendukung Bolsonaro, puluhan ribu orang menggelar aksi tandingan. Mereka menyatakan mendukung nilai-nilai demokrasi. Aksi damai, yang dikawal dengan kehadiran polisi dalam jumlah yang sangat besar tersebut, ikut diwarnai dengan nyanyian dan tarian.

Pada Senin pagi, petugas bersenjata lengkap dilaporkan mulai membongkar sebuah kamp pendukung Bolsonaro di ibu kota Brasil, yang didirikan di luar barak tentara sejak pemilihan presiden.


Gubernur Brasilia Diskors

Menteri Kehakiman Flavio Dino mengatakan sekitar 40 bus yang digunakan untuk mengangkut para pengunjuk rasa ke ibu kota telah disita. Menurut laporan BBC, skala kerusakan masih terlihat pada Senin sore, sementara petugas terus melakukan pembersihan.

"Mereka (pendukung Bolsonaro menggunakan bebatuan sebagai misil," kata seorang pejabat. "Untuk memecahkan kaca."

Jalan-jalan sebagian besar dilaporkan mulai tenang dan tanpa kehadiran militer atau polisi yang masif.

Bolsonaro sendiri mengutuk serangan tersebut dan membantah bertanggung jawab. Pernyataan tersebut ia lontarkan sekitar enam jam setelah kerusuhan terjadi.

Adapun Gubernur Brasilia Ibaneis Rocha diskors selama 90 hari oleh Mahkamah Agung.

Menteri Kehakiman Alexandre de Moraes menuduhnya gagal mencegah kerusuhan dan "diam dengan menyakitkan" saat menghadapi serangan itu. Tuduhan yang kemudian berujung pada permintaan maaf Rocha.


Pendukung Fanatik

Para pengamat telah lama memperingatkan bahwa Bolsonaro mengembangkan gerakan pendukung fanatik seperti Donald Trump, yang bersedia terlibat dalam kekerasan dan pembangkangan massal untuk memprotes hasil pemilu. Mantan presiden itu sering membuat pernyataan agresif bahwa dia tidak akan menerima apa pun kecuali kemenangan pemilu.

"Hanya ada tiga alternatif bagi saya: ditangkap, dibunuh, atau menang," kata Bolsonaro pada 2022.

Apa yang dilakukan dan disampaikan Bolsonaro membuat para kritikus memperingatkan bahwa politikus sayap kanan itu akan menggunakan popularitasnya untuk menumbangkan demokrasi dalam serangan yang mirip dengan yang dilakukan pendukung Trump ke Capitol Hill pada 6 Januari 2021.

Bolsonaro sendiri menolak hadir dalam acara pelantikan Lula da Silva untuk secara simbolis menyerahkan selempang kepresidenan kepada penggantinya itu. Ia justru memilih pergi ke Florida.

Bolsonaro terlihat berkeliaran di jalan-jalan dekat Orlando dan makan di restoran cepat saji Kentucky Fried Chicken selama momen pelantikan Lula da Silva.


Tren Mengkhawatirkan

Politikus Amerika Serikat Jamie Raskin mengatakan penyerbuan Capitol AS dan Brasilia adalah bagian dari tren sayap kanan yang mengkhawatirkan.

"Dunia harus bertindak cepat untuk memperjelas bahwa tidak akan ada dukungan bagi pemberontak sayap kanan yang menyerbu Kongres Brasil," twit politikus Partai Demokrat AS itu. "Para fasis yang meniru pendukung Trump pada 6 Januari ini harus berakhir di tempat yang sama: penjara."

Pemerintah AS sudah mengutuk kerusuhan di ibu kota. Penasihat keamanan nasional Jake Sullivan mentwit, "Amerika Serikat mengutuk segala upaya untuk melemahkan demokrasi di Brasil. Presiden Biden mengikuti situasi dengan cermat dan dukungan kami untuk institusi demokrasi Brasil tidak tergoyahkan. Demokrasi Brasil tidak akan terguncang oleh kekerasan."

Kuda Hitam di Pilpres 2024

HEADLINE: Adu Kuat Figur Politik di Survei Capres 2024, Siapa Jadi Kuda Hitam?

Liputan6.com 2023-01-11 00:00:16
Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil berjoget Any Song Challenge

Tiga nama digadang-gadang menjadi calon presiden (capres) Pemilu 2024. Mereka adalah Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo. Kendati belum menjadi calon presiden definitif, publik mulai menghitung. Siapa di antara tiga nama yang punya peluang menang paling besar?

Hasil survei teranyar dari beberapa lembaga seperti Indikator Politik Indonesia, Poltracking Indonesia, dan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan bahwa perbedaan elektabilitas Ganjar, Prabowo, dan Anies tidak terlalu jauh.

Survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan elektabilitas Ganjar dan Prabowo meningkat dalam dua bulan terakhir. Sementara Anies mengalami penurunan.

Dari November ke Desember 2022, dukungan terhadap Ganjar meningkat dari 33,9 persen menjadi 35,8 persen dan Prabowo dari 23,9 persen menjadi 26,7 persen. Sementara Anies, dari 32,2 persen menurun jadi 28,3 persen.

Sementara berdasarkan survei Poltracking Indonesia, elektabilitas Ganjar masih tertinggi. Adapun Anies mulai menggeser Prabowo.

Survei Poltracking ini diselenggarakan pada 21 hingga 27 November 2022. Hasilnya, dari simulasi tiga nama calon presiden, Ganjar memperoleh suara 32,5 persen, disusul Anies dengan perolehan suara 29,1 persen, dan Prabowo dengan 27,8 persen suara.

Sementara hasil survei SMRC pada tanggal 3-11 Desember 2022 juga menunjukkan Ganjar memiliki elektabilitas tertinggi. Politisi PDIP itu unggul dengan perolehan 33,7 persen.

Elektabilitas kedua adalah Anies dengan raihan sebesar 28,1 persen, disusul oleh Prabowo dengan 26,1 persen dalam peta elektoral tiga tokoh potensial calon presiden melalui simulasi tertutup.

Puan Bisa Jadi Kuda Hitam

Peneliti Senior Populi Center, Usep S Ahyar, menjelaskan elektabilitas memang penting untuk jadi modal pertarungan di pilpres. Namun, masih banyak faktor lain yang mempengaruhi untuk jadi capres. Dan yang harus pertama didapatkan adalah tiket dari parpol.

"Sebenarnya dari sisi mendapatkan tiket, kemungkinan jadi capres, ya pasti orang yang punya partai. Tokoh seperti Puan Maharani dan Airlangga Hartarto itu sebenarnya berpeluang, walaupun elektabilitasnya kecil," kata Usep kepada Liputan6.com, Selasa (10/1/2023).

Usep mengatakan, untuk menjadi capres tidak melulu soal elektabilitas. Tapi juga harus dicalonkan oleh gabungan partai dengan 20 persen kursi parlemen.

Dan di sini tokoh seperti Puan, Airlangga, dan Agus Harimurti Yudhoyono bisa jadi kuda hitam karena memiliki kendali di partainya.

Hal senada dikatakan Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin. Ia menilai nama Puan tidak bisa dikesampingan.

"Karena bagaimanapun Puan anak ketum parpol dan PDIP sudah punya tiket sendiri. Jadi di satu sisi capres kelihatan ada wilayah tiga besar itu, tapi di saat yang sama kita juga harus mempertimbangkan Puan, karena katakanlah ibunya pemilik PDIP. Tapi saya kira tidak akan jauh dari situ. Jadi tiga nama plus satulah," ucap Ujang kepada Liputan6.com, Selasa (10/1/2023).

Pengamat Politik KedaiKOPI Hendri Satrio mengatakan, sangat mungkin ada calon lain di luar Anies, Prabowo dan Ganjar. Dan yang paling berpeluang adalah Puan Maharani.

"Puan itu menarik. Jangan disangka gampang mengalahkan dia, karena struktur PDI Perjuangan itu solid loh dukung Puan Maharani," kata Hensat kepada Liputan6.com, Selasa (10/1/2023).


Ganjar Unggul di Berbagai Survei karena Endorse Jokowi?

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, unggul di berbagai lembaga survei. Walaupun keunggulannya atas Anies dan Prabowo tidak terlalu signifikan, namun pria 54 tahun itu konsisten di papan atas.

Banyak yang menilai keunggulan Ganjar karena mendapat endorse dari Presiden Jokowi. Dalam beberapa kesempatan, Jokowi memang memberi sinyal dukungan untuk Ganjar.

"Lembaga survei itu bisa bolak-balik. Bisa direndahkan, bisa dinaikan, tapi bisa saja melihat ada endorse dari Jokowi lalu kerahkan relawan supaya turun ke bawah. Tapi, saya lihat endorse Jokowi memang berpengaruh terhadap elektabilitas Ganjar. Karena Ganjar, mohon maaf, bukan siapa-siapa. Kalau tidak didukung Jokowi sulit," kata Analis Politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin.

Pengamat Politik KedaiKOPI Hendri Satrio menjelaskan, tingginya suara Ganjar di berbagai lembaga survei karena pemilihan responden.

"Ganjar itu tinggi suaranya di Jawa dan kemudian proporsional pemilihan responden dari lembaga survei dengan metode multistage random sampling itu menempatkan Jawa Tengah dan Jawa Timur itu sebagai pemilik responden terbanyak dan itu cukup membuat Ganjar menjadi calon presiden yang memiliki elektabilitas tinggi," ucap Hensat

"Tapi apakah dia bisa bertahan tinggi terus, atau sudah fix, dan bisa turun itu mungkin saja. Apalagi Ganjar banyak dapat cobaan kan misalnya kayak banjir di Jawa Tengah, angka kemiskinan, dan lain-lain. Kayaknya sih Ganjar, Prabowo, Anies ini memang orang-orang yang dianggap mumpuni sebagai calon presiden," ia menambahkan.

Peneliti Senior Populi Center, Usep S Ahyar, menilai, tingginya elektabilitas Ganjar salah satunya memang karena endorse Jokowi. Dan sejak awal Ganjar selalu mendukung kebijakan Jokowi dan memelihara pendukungnya.

"Dan mayoritas pemilih Ganjar adalah pemilih Jokowi juga. Walaupun sekarang terbelah karena ada pendukung Jokowi yang sekarang beralih ke Prabowo," jelas Usep.


Elektabilitas Prabowo Stagnan?

Dalam beberapa lembaga survei, elektabilitas Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto stagnan, bahkan cenderung menurun. Padahal, Mantan Danjen Kopassus itu pernah dua kali ikut pemilu.

Menurut Pengamat Politik KedaiKOPI Hendri Satrio, hal ini disebabkan beberapa hal. Salah satunya adalah kekecewaan pendukung karena Prabowo bergabung ke Kabinet Jokowi.

"Ini kan aneh. Harusnya kan kemarin Prabowo kalah 46 persen ya dari Jokow. Harusnya kalau dia beneran bagus dan diinginkan stabil, Jokowi-nya enggak ada, Prabowo harus melejit di atas 50 persen, tapi ini enggak. Bahkan, trennya itu turun terus termasuk dari lembaga survei KedaiKOPI itu trennya menurun," kata Hensat.

"Nah itu mungkin disebabkan banyak hal, salah satunya menurut saya tidak mudah bagi orang Indonesia untuk memilih yang kalah. Apalagi Prabowo, sejak menjadi menterinya Jokowi itu jarang menyapa loyalisnya pada saat Pemilu 2014 dan 2019. Bahkan cenderung didiemin kan sama Prabowo, itu yang menurut saya juga menjadi penyebab."

Hal senada dikatakan Analis Politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin. Ia percaya pendukung Prabowo pada 2019 lalu sebenarnya berharap Ketum Gerindra itu tetap di jalur oposisi.

"Ya pendukungnya kecewa. Jadi pendukung kelompok 212, maupun pendukung lainnya kecewa Prabowo jadi Menteri. Harapan mereka tetap jadi oposisi, tetap mengkritisi pemerintah. Tapi kenyataan malah bergabung dengan koalisi pemerintah."

Sementara peneliti Senior Populi Center, Usep S Ahyar, menilai ada beberapa faktor yang membuat elektabilitas Prabowo stagnan. Selain karena kekecewaan gabung pemerintahan, faktor lainnya adalah pandangan bahwa Prabowo (71) sudah terlalu tua untuk maju.

"Dan kebetulan ada sosok Anies yang diidentikan dengan beberapa karakter Prabowo dan tidak mendukung koalisi, tapi ingin perubahan. Dan mereka menemukan sosok itu dalam diri Anies sehingga pindah suaranya. Tapi seturun-turunnya Prabowo, saya kira dia masih punya loyal voters yang antara lain adalah pemilih Gerindra dan pemilih lain ada atribusinya di Prabowo," Usep menjelaskan.


Anies Tertinggal dari Ganjar

Dalam beberapa lembaga survei, elektabilitas Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mulai menyalip Prabowo.

Hal ini dinilai tak lepas dari aktifnya Mantan Rektor Universitas Paramadina melakukan roadshow sejak dideklarasikan sebagai capres oleh NasDem. Meski demikian, Anies belum mampu menyalip Ganjar yang kokoh di puncak berbagai lembaga survei.

Pengamat Politik KedaiKOPI Hendri Satrio menilai Anies memang tidak pernah unggul dalam survei.

"Waktu di Jakarta pun begitu, enggak pernah unggul dalam survei, kecuali pada saat putaran kedua saja baru dia unggul. Selama putaran pertama itu selalu menempati posisi ketiga. Tapi yang pertama, Anies harus pastikan dulu dia dapat tiket. Yang kedua adalah pastikan masyarakat mengerti apa itu gerakan perubahan yang diusung oleh dirinya," kata Hensat.

Analis Politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, menilai Anies perlu memperkuat basis relawannya. Hal ini penting guna mendapatkan dukungan.

"Jadi bagaimana Anies bisa membangun sebuah tim relawan ke bawah yang bisa mensosialisasikan dirinya. Solid tidak relawannya, bagaimana kerjanya. Untuk kejar ketertinggalan tadi harus sering-sering turun dan harus efektif turunnya. Rakyat perlu didekati, perlu disambangi untuk meraih kedekatan emosional. Kalau kedekatan emosional sudah terjalin dengan rakyat ya Anies juga akan naik elektabilitasnya. Kalau semakin jauh, ya susah," ucap Ujang.


Bursa Cawapres: Persaingan Erick, Sandi, RK, AHY, dan Khofifah

Selain capres, bursa cawapres untuk 2024 juga menarik. Berdasarkan hasil survei beberapa lembaga, nama-nama seperti Erick Thohir, Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Khofifah Indar Parawansa memiliki elektabilitas tertinggi.

Hasil survei Indikator Politik Indonesia mengungkap Ridwan Kamil memiliki elektabilitas tertinggi, disusul Sandiaga Uno dan Agus Harimurti Yudhoyono.

"Ridwan Kamil paling besar, 24.1%. Kemudian Sandiaga Uno 14.8%, AHY 13.6%, Erick Thohir 10.3%, dan Khofifah 7.6%. Nama lain sekitar 5% atau lebih rendah," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, dalam pemaparannya, Rabu (4/1/2023).

Sementara hasil Poltracking Indonesia menunjukkan Erick Thohir berada di posisi teratas mengungguli Ridwan Kamil, disusul Agus Harimurti Yudhoyono.

"Kalau kita lihat Erick Thohir dan Ridwan Kamil ini sangat tipis, unggul sangat tipis, diikuti oleh AHY dan Sandiaga Uno," kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda, saat jumpa pers daring, Kamis (22/12/2022).

"Erick Thohir sempat naik cukup signifikan 7,6% menjadi 12,4%, tapi sempat melemah sedikit menjadi 10% dan sekarang menjadi naik lumayan kenaikannya menjadi 16%, ada kenaikan 5%," imbuhnya.

Sementara itu, Hasil survei yang dilakukan Charta Politika Indonesia menempatkan Ridwan Kamil sebagai salah satu tokoh potensial menjadi calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024.

"Responden menjagokan Ridwan Kamil sebagai cawapres dengan dukungan 21,4 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya, Kamis (22/1/2023).

Sementara posisi kedua, ada Sandiaga S Uno meraih 17,6 persen disusul AHY (10,3 persen), Erick Thohir (8,4 persen), dan Khofifah Indar Parawansa (6,1 persen). Sedangkan 13 nama lainnya, hanya mengumpulkan di bawah 5 persen.

Tampak pula dari data yang dihimpun Charta Politika, periode Desember 2021 ke Desember 2022, elektabilitas Ridwan Kamil sebagai kandidat kuat wakil presiden di Pilpres 2024 mengalami kenaikan dari angka 17,4 persen menjadi 21,4 persen.

"Ini menunjukkan kans Ridwan Kamil untuk bisa mendampingi kandidat calon presiden yang paling disukai serta akan dipilih publik nantinya," ujarnya.