Hampir Mustahil Berdamai

Pangeran Harry ke Keluarga Kerajaan Inggris: Rekonsiliasi Hampir Mustahil

Liputan6.com 2023-01-11 13:02:33
Pangeran Harry. (Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth, File)

Pangeran Harry mengklaim tak ada niat merusak keluarga Kerajaan Inggris dengan peluncuran otobiografinya.

Pada situasi ini, ia menyebut rekonsiliasi bersama keluarga hampir mustahil, dikutip dari NST.com.my, Rabu (11/1/2023).

"Saya ingin ayah saya kembali. Saya ingin saudara laki-laki saya kembali," katanya dalam sebuah wawancara dengan saluran Inggris ITV sebelum penerbitan memoarnya, Spare, pada Selasa (10/1).

Dalam memoar tersebut, Harry mengakui masa remajanya diwarnai dengan narkoba dan alkohol, serta keputusannya untuk menyiarkan rahasia keluarga di depan umum.

Banyak juga kalimat yang seakan-akan menyerang ayahnya, Raja Charles III, saudara laki-laki William dan ibu tiri Camilla dan saudara iparnya, Kate Middleton.

Charles dijadwalkan dinobatkan sebagai raja pada 6 Mei 2023.

"Saya benar-benar tidak bisa membayangkan bagaimana proses rekonsiliasi dengan keluarga bisa terjadi," kata Pauline Maclaran, seorang profesor di Universitas Royal Holloway London dan penulis buku tentang monarki, kepada AFP.

"Dia mengungkapkan banyak hal yang jelas menyinggung anggota keluarganya, detail pribadi yang menurut banyak orang tidak perlu dia ungkapkan," katanya.

"Jika dia memiliki empati, atau memang belas kasih, yang seharusnya menjadi akar dari yayasan Archewell, maka itu tak perlu terjadi," tambahnya.

Harry menceritakan bagaimana ayahnya tidak memeluknya saat menyampaikan kabar kematian Diana.

Kala itu Harry masih berusia 12 tahun dan malah ditinggalkan sendirian di kamar.

"Raja tidak cocok menjadi orang tua tunggal," kata Harry.


Pangeran William Jadi Sasaran

Namun demikian, sebagian besar sentimen negatif ia arahkan kepada saudara laki-lakinya, yaitu Pangeran William.

William digambarkan sebagai pemarah dan Harry mengklaim sang kakak tidak pernah memberi kesempatan kepada istrinya, Meghan.

Segalanya memuncak selama pertengkaran tahun 2019 di mana Harry mengklaim William membantingnya ke lantai.

Harry juga menggambarkan persaingan seumur hidup antara William "pewaris" dan dirinya sendiri "cadangan".

Mantan anggota kerajaan itu juga menuduh ibu mertuanya, Camilla, telah memainkan peran buruk demi mendapat posisi di istana.


Kerajaan Inggris Diam-diam Bereaksi Atas Serangan Pangeran Harry

Istana Buckingham sejauh ini belum mengeluarkan pernyataan apa pun terkait autobiografi Pangeran Harry dan sejumlah wawancara yang dilakukan putra bungsu Raja Charles III itu. Namun, sebenarnya istana bereaksi.

Kuasa hukum Istana Buckingham dilaporkan telah meminta ABCdan CBSuntuk membagikan rekaman utuh wawancara Pangeran Harry sebelum mempertimbangkan apakah akan mengomentari berbagai klaimnya yang menyudutkan keluarga Kerajaan Inggris. Namun, permintaan tersebut ditolak oleh kedua media.

Menyusul peluncuran resmi autobiografinya, Spare, Pangeran Harry memang melakukan wawancara dengan sejumlah media. Salah duanya, ABC melalui program Good Morning America dan CBS lewat program 60 Minutes. Demikian dikutip dariPeople, Selasa (10/1/2023).

"Kami mendapat tanggapan dari firma hukum yang mewakili Istana Buckingham... Istana perlu mempertimbangkan dengan tepat apa yang disampaikan dalam wawancara... dan meminta kami memberikan salinan seluruh wawancara, yang mana itu tidak bisa kami lakukan sebagai sebuah kantor berita karena menyangkut dengan isu kebijakan kami," ungkap Michael Strahan yang mewawancarai Pangeran Harry dalam program Good Morning America.

Sementara itu, dalam wawancara terbarunya dengan CNN, Pangeran Harry mengungkapkan alasan di balik langkahnya mempublikasikan hal-hal yang bersifat pribadi.

"Salah satu kritik yang Anda terima adalah tidak apa-apa bila ingin pindah ke California, tidak apa-apa bila ingin mundur dari peran institusional... tapi kenapa semua begitu terekspos? Kenapa mempublikasikan percakapan dengan ayah dan kakak Anda? Padahal Anda mengatakan akan melakukannya secara pribadi," tanya Anderson Cooper sebagai pewawancara.

Pangeran Harry menjawab, "Setiap kali saya mencoba melakukannya secara pribadi, selalu ada instruksi dan bocoran cerita untuk melawan saya dan istri. Anda tahu kan, moto keluarga itu adalah 'jangan pernah mengeluh, jangan pernah menjelaskan'. Tapi itu hanya moto. Tidak benar-benar berlaku."


Respons Istana pada 2021

Istana Buckingham tidak melulu bungkam. Pada tahun 2021, mereka merespons secara terbuka wawancara yang dilakukan Pangeran Harry dan Meghan Markle dengan Oprah Winfrey.

Dalam wawancara bersama Oprah Winfrey, Pangeran Harry dan Meghan Markle membuat sejumlah klaim kontroversial, termasuk tuduhan bahwa kerajaan menolak membantu Meghan menangani kesehatan mentalnya dan dugaan tindakan rasis terhadap putra mereka.

"Seluruh keluarga bersedih mengetahui betapa menantangnya beberapa tahun terakhir bagi Harry dan Meghan. Masalah yang diangkat, terutama isu ras, memprihatinkan. Meskipun sejumlah ingatan mungkin berbeda, tapi akan direspons dengan sangat serius dan ditangani oleh keluarga secara pribadi," demikian bunyi pernyataan dari Istana Buckingham atas nama Ratu Elizabeth II.

Pernyataan tersebut ditutup dengan kalimat, "Harry, Meghan, dan Archie akan selalu menjadi bagian dari anggota keluarga yang sangat dicintai."

Mendadak Pakai Kacamata Saat Sidang

Ferdy Sambo Belakangan Sering Pakai Kacamata di Sidang, Bisa Jadi Sedang Nerd Defense

Liputan6.com 2023-01-11 14:00:07
Terdakwa kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, Ferdy Sambo usai menjadi saksi dalam menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan,

Jika Anda salah satu yang rutin mengikuti jalannya persidangan Ferdy Sambo, Anda mungkin menyadari penampilan baru yang ditunjukkan oleh suami Putri Candrawathi tersebut.

Belakangan, Ferdy Sambo selalu tampil menggunakan kacamata. Padahal, dirinya diketahui tidak pernah menggunakan kacamata sebelumnya. Tak hanya itu, Ferdy Sambo pun kerap membawa buku catatan kecil di tangannya baru-baru ini.

Entah apa yang menjadi penyebab pasti Ferdy Sambo menggunakan kacamata tiba-tiba. Mungkin saja saat ini kesehatan mata Ferdy Sambo menurun. Namun di balik itu, Ferdy Sambo bisa jadi tengah melakukan nerd defense.

Psikolog forensik sekaligus konsultan Lentera Anak Foundation, Reza Indragiri, mengungkapkan bahwa Ferdy Sambo selama ini tidak konsisten menggunakan kacamata. Hanya di sesi-sesi akhir persidangan, dirinya tampak rutin menggunakan kacamata.

Ternyata, memang sudah ada banyak studi yang membahas tentang efek kacamata yang digunakan terdakwa dalam persidangan. Upaya ini dikenal dengan istilah nerd defense.

"Misalnya, dengan memakai kacamata, terdakwa terlihat lebih cerdas. Terdakwa juga tampak tidak intimidatif, sehingga mengurangi kesan ia adalah sosok biadab. Ujung-ujungnya, berkurang kemungkinan terdakwa divonis bersalah. Atau, karena ia terkesan lebih manusiawi, hukumannya bisa lebih ringan," ujar Reza melalui keterangan pada Health Liputan6.com, Rabu (11/1/2023).

Reza menjelaskan, nerd defense merupakan salah satu bentuk strategi pembelaan dengan menampilkan diri terdakwa layaknya kutu buku. Bahkan menurut Reza, kekuatan kacamata dalam persidangan tak sekadar gimmick.


Bukan Gimmick, Terdakwa Pakai Kacamata Ada Tujuannya

Lebih lanjut Reza mengungkapkan bahwa alasan Ferdy Sambo menggunakan kacamata sebenarnya jauh dari sekadar gimmick. Bukan pula upaya untuk terlihat lebih gagah.

"Terdakwa yang dalam situasi normal tak memakai kacamata, kemudian memakai kacamata tanpa ukuran. Bukan sebatas gimmick, apalagi untuk gagah-gagahan," kata Reza.

"Faedah kacamata terhadap jalannya persidangan ternyata tak bisa dipandang sebelah mata," tegasnya.

Apalagi menurut Reza, Ferdy Sambo sebenarnya memiliki raut wajah yang keras. Sehingga membutuhkan tambahan pelembut guna melembutkan hati hakim di persidangan.

"Bagi FS yang punya raut muka keras, jelas butuh 'pelembut' guna melembutkan hati hakim. Pertanyaannya, ampuhkah nerd defense meloloskan FS dari lubang jarum?" pungkasnya.


Tren Pakai Kacamata oleh Terdakwa dalam Sidang

Penjelasan dalam laman Dailymail ternyata salah satu yang pernah membahas tentang nerd defense. Bahkan, banyak hakim sebenarnya telah mengecam penggunaan kacamata di persidangan.

Hal tersebut lantaran pada banyak kasus, menggunakan kacamata dengan bingkai tebal untuk tampil di pengadilan sudah menjadi tren di kalangan terdakwa agar terlihat lebih terhormat.

Salah satu kasusnya terjadi pada lima pria di Washington DC. Mereka terlibat dalam kasus pembunuhan tingkat pertama pada Maret 2010. Kelimanya kompak menggunakan kacamata berbingkai besar meskipun tidak ada satupun dari mereka yang punya masalah penglihatan.

"Itu (kacamata) adalah topeng. Mereka dirancang untuk membingungkan saksi dan memengaruhi juri," ujar seorang jaksa.

Nerd defense masuk dalam kategori taktik untuk membuat terdakwa terlihat tidak terlalu mengancam di persidangan.


Berfungsi agar Terdakwa Terlihat Tidak Terlalu Mengancam

Studi dalam American Journal of Forensic Psychology, yang membuktikan bahwa penampilan memang dapat membuat Anda tidak terlihat seperti penjahat.

Para peneliti dalam studi tersebut menyatakan bahwa terdakwa yang memakai kacamata akan dianggap lebih cerdas, lebih jujur, dan tidak terlalu mengancam daripada mereka yang tidak menggunakan kacamata.

Contoh lainnya terjadi pada Larry Davis, yang membunuh empat pria dan menembak enam petugas kepolisian pada tahun 1988. Larry Davis punya banyak bukti kesalahan, namun ia lolos dari hukuman dan bebas.

Pengacara Larry Davis yang terkenal bernama William Kunstler dan Lyn Steward. Ia memastikan bahwa terdakwa harus menggunakan kacamata saat diadili, agar terlihat lebih lembut dan baik.

"Jika kacamata membuat orang seperti Larry Davis terlihat lembut, kacamata itu cocok untuk siapa saja. Saya selalu memberitahu klien untuk mendapatkan sepasang kacamata. Semakin kutu buku akan semakin baik," ujar salah satu pengacara pada New York Daily News.

Jadi Tukang Foto Saat Bulan Madu

Kaesang Pangarep Mengaku Komedian dan Jadi Tukang Foto Selama Bulan Madu di Swiss

Liputan6.com 2023-01-11 03:02:48
Kaesang Pangarep Mengaku Komedian dan Jadi Tukang Foto Selama Bulan Madu di Swiss. foto: TikTok @gwsm1267

Cerita bulan madu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Eropa masih belum berakhir. Tak lama setelah menikah pada 10 Desember 2022 lalu, keduanya memilih berbulan madu atau honeymoon ke luar negeri.

Salah satu tempat yang dikunjungi keduanya adalah Swiss. Momen Kaesang dan Erina berkunjung ke tempat wisata ini tak hanya berkesan bagi mereka, tapi juga membawa pengalaman unik dan kocak yang dirasakan oleh tour guide mereka . Berbagai momen berkesan itu terlihat dari unggahan tour guide mereka, Fraulila yang dibagikan ulang oleh akun TikTok @gwsm1267.

Salah satunya adalah ketika mengantre foto di sebuah tempat yang dihiasi lambang cinta, Kaesang menjadi sorotan ibu-ibu yang hendak mengabadikan momen bersama. Siapa sangka jika putra bungsu Presiden Jokowi ini ternyata tidak dikenali oleh dua ibu-ibu pengunjung yang menikmati hamparan salju di tempat tersebut.

Sebagai putra dari orang nomor satu di Indonesia, Kaesang menunjukkan sikap rendah hati. Ia tidak keberatan memegang ponsel untuk menjadi tukang foto. Padahal, ia akan berfoto bersama dengan sang istri. Pada momen tersebut, Erina terlihat menunggu dengan sabar di samping Kaesang.

"Sampe atas mau poto2 nunggu giliran. Eh ada kakak2 dari Swiss yg minta tolong mas Kaesang motoin mereka," tulis pengunggah video pada Senin, 9 Januari 2023. Video Kaesang jadi tukang foto ini menuai reaksi kagum dari warganet.

Banyak yang memuji Kaesang terkait kebaikannya itu. Namun, tak sedikit pula menyebut jika orang asing itu akan kaget bila mengetahui pria yang diminta untuk memfoto tersebut merupakan anak Presiden.


Paris dan Milan

"Anak presiden nih ramah bgt," komentar seoramg warganet. "waah..waaah...belom tau dia yg diauruh itu anak nya siapa," timpal warganet lainnya.

Sebelum di Swiss, pasangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono diketahui juga berbulan madu di Prancis dan Italia yaitu di Paris dan Milan. Meski tidak mengunggah di akun Instagram pribadi mereka, foto-foto maupun video perjalanan bulan madu Kaesang dan Erina banyak beredar di media sosial.

Salah satunya akun Instagram @rumpi_gosip yang membagikan cerita bulan madu pengantin baru itu. Disebutkan bahwa mereka berdua dijaga dengan ketat oleh Paspampres (Pasukan Pengamanan Presiden) saat berlibur di luar negeri.

Namun pengawalan Paspampres itu hanya dilakukan selama di Paris dan Milan. Pengawalan Kaesang dan Erina itu lebih longgar saat di Swiss karena dirasa cukup aman. Menariknya, ada cerita lucu ketika mereka mencoba main ski di Swiss. Saat itu, Instruktur ski mengira Erina adalah seorang model karena memiliki banyak pengikut di media sosial.


Mendadak Dihapus

Wanita berusia 26 tahun itu kemudian mengatakan bahwa sang suami justru jauh lebih terkenal dibanding dirinya di Indonesia. Jawaban tak terduga pun meluncur dari mulut Kaesang. Ia ternyata tak mengatakan bahwa dirinya adalah seorang anak presiden.

Pria berusia 28 tahun ini justru mengaku dirinya adalah seorang komedian. "Saya seorang komedian hehehe," katanya.

Video ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini. "Emang komedian, sampingannya anak presiden ya, Mas," komentar seorang warganet. "Lucu ya komedian anaknya Pak Jokowi ini," komentar warganet lainnya.

Awalnya, tak banyak yang tahu ke mana pasangan ini menghabiskan waktu untuk bulan madu. Hal itu baru diketahui dari unggahan mereka di akun Instagram keduanya pada Senin, 26 Desember 2022.

Mereka membagikan foto dan menuliskan sedang berada di "kota paling romantis di dunia," yakni Paris, Prancis. Namun, belum lama dibagikan di Instagram Stories, beberapa foto dan video pendek, termasuk gambar Menara Eiffel, mendadak dihapus.


Sudah Direncanakan

Dalam salah satu video yang dihapus, wanita lulusan Columbia University tersebut memperlihatkan momen makan malam bersama Kaesang dan keindahan Menara Eiffel di malam hari. Belum diketahui secara pasti mengapa unggahan itu dihapus.

Beberapa warganet menduga mungkin karena Kaesang ingin merahasiakan tempat mereka berbulan madu. Sebelumnya, Erina juga mengunggah video pendek di Instagram Stories saat asyik berbulan madu bersama sang suami di Kota Mode.

Meski sudah dihapus, unggahan itu sudah terlanjur bocor ke publik dan dibagikan ulang warganet di sejumlah akun media sosial. Sebelum menikah, Kaesang sempat ditanya awak media apakah akan langsung berbulan madu atau menundanya. Kaesang Pangarep pun mengaku akan langsung berbulan madu karena sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari dan keduanya sudah menyiapkannya.

Saat ditanya di mana lokasi bulan madu, Kaesang selalu menolak menjawab dengan alasan takut diikuti. Sementara, Erina saat ditanya tujuan berbulan madu selalu menjawabnya akan mengikuti rencana sang suami.

Akhir Karier Sang Jenderal

Ferdy Sambo: Apa yang Saya Dapat Memang Harus Berhenti di Sini

Liputan6.com 2023-01-11 06:41:54
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ferdy Sambo memberikan isyarat saat mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (13/12/

Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), Ferdy Sambo, mengatakan bahwa perjalanan kariernya selama 28 tahun di kepolisian harus berhenti karena perkara pembunuhan Yosua.

"Sebenarnya saya malu untuk menjelaskan, tetapi apa yang saya dapat, itu memang harus berhenti di sini," kata Ferdy Sambo dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (10/1/2023).

Pernyataan tersebut ia sampaikan sebagai jawaban atas pertanyaan pihak kuasa hukum yang meminta Ferdy Sambo untuk menjelaskan mengenai bagaimana perjalanan karier Ferdy Sambo selama 28 tahun di kepolisian

Dalam kesempatan itu, Ferdy Sambo juga menyebutkan bahwa dirinya sempat mendapatkan penghargaan Bintang Bhayangkara Pratama.

Penghargaan Bintang Bhayangkara Pratama merupakan tanda kehormatan yang diberikan kepada personel Polri dan non-Polri yang berjasa dalam memajukan institusi itu. Tanda kehormatan tersebut diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia dan calon penerima harus melalui proses screening rekam jejak dan memenuhi persyaratan formal lainnya.

"Sampai pada penghargaan Bintang Bhayangkara Pratama, itu saya sudah dapatkan, tapi harus selesai di sini," tutur Sambo.


Hubungan dengan Keluarga

Sebelumnya, pihak kuasa hukum juga sempat bertanya kepada Sambo mengenai hubungannya dengan Putri Candrawathi dan keempat orang anaknya.

Akan tetapi, ketika kuasa hukum meminta kepada Sambo untuk menjelaskan siapa yang mengurus anak-anaknya saat Putri Candrawathi dan dirinya menjalani masa tahanan, Sambo pun sempat terdiam sebelum mengatakan bahwa ia tidak sanggup untuk menjawab pertanyaan tersebut.

"Saya enggak kuat," kata Sambo.

Ricky Rizal, Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Richard Eliezer, dan Kuat Ma'ruf merupakan terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J). Kelima terdakwa ini didakwa melanggar Pasal 340 subsider pasal 338 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Sumber: Antara

Takut Ferdy Sambo Tak Cinta Lagi

Putri Candrawathi Takut Tak Lagi Dicintai Ferdy Sambo Usai Pelecehan di Magelang

Liputan6.com 2023-01-11 15:36:33
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ferdy Sambo memeluk istrinya yang juga terdakwa dalam kasus tersebut Putri Candrawathi saat akan menjalani sida

Terdakwa Putri Candrawathi mengaku takut tak lagi dicintai suaminya, Ferdy Sambo, usai kejadian pelecehan seksual yang diduga dilakukan Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J kepadanya di Magelang, Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan Putri, ketika Hakim Ketua Wahyu Iman Santoso meminta pendapat soal kejadian di Magelang. Wahyu mengulangi kembali keterangan Sesro Provos Divpropam Polri Kombes Sugeng Putut Wicaksono yang menyebut dugaan pelecehan seksual yang diungkapkan Putri adalah ilusi.

"Suami saudara ketika didengarkan kesaksian Sugeng Putut, dikatakan bahwa peristiwa di Magelang itu ilusi. Demi menutupi itu tidak diungkit ketika skenario pertama berjalan," kata Hakim saat sidang pemeriksaan terdakwa di PN Jakarta Selatan, Rabu (11/1/2023).

"Nah pada akhirnya sampai di persidangan ini, peristiwa Magelang pun akhirnya benar-benar menjadi seperti ilusi. Sebagaimana disampaikan suami saudara, makanya kami menanyakan itu bisa saudara terangkan?" sambung Hakim.

Lantas Putri menyatakan sebagai korban kekerasan seksual, kejadian di Magelang telah menjadi aib baginya. Bahkan, dia sangat terpukul dan malu untuk mengakui dan menjelaskan kepada Ferdy Sambo.

"Yang Mulia sebagai korban kekerasan seksual, tidaklah mudah untuk menyampaikan bahkan untuk menyampaikan kepada suami saya sendiri saja, saya sebenarnya malu," kata Putri sambil menangis.

Putri takut tidak lagi dicintai Ferdy Sambo jika menceritakan dugaan kekerasan seksual yang diduga dilakukan Brigadir J.

"Karena saya tidak tahu, apakah saya bila mengutarakan peristiwa tersebut suami akan mencintai saya dan mau menerima saya kembali," ucap Putri.

Karena melihat kondisi Putri, Hakim pun menjelaskan maksud pertanyaan soal pelecehan seksual yang didalami kepada Putri Candrawathi. Pasalnya, pelecehan seksual diklaim dari kubu terdakwa sebagai pemicu penembakan terhadap Brigadir J.

"Kenapa kami menanyakan seperti ini, karena sumber peristiwa (pelecehan di) Magelang inilah yang memicu terjadinya peristiwa penembakan di Duren Tiga (rumah dinas Ferdy Sambo). Maka kami mencoba bertanya. Kalau saudara berkeberatan menjawab, tidak ada masalah," jelas hakim.


Dakwaan

Adapun dalam perkara ini, Putri Candrawathi didakwa melakukan tindak pidana pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Dilakukan bersama-sama dengan Ferdy Sambo, Richard Eliezer alias Bharada E, Ricky Rizal atau Bripka RR, dan Kuat Ma'ruf.

Mereka didakwa turut terlibat dalam perkara pembunuhan berencana bersama-sama merencanakan penembakan terhadap Brigadir j pada 8 Juli 2022 di rumah dinas Komplek Polri Duren Tiga No. 46, Jakarta Selatan.

"Mereka yang melakukan, yang menyuruh melakukan, dan turut serta melakukan perbuatan, dengan sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain," ujar jaksa saat dalam surat dakwaan.

Atas perbuatannya, mereka didakwa melanggar Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dengan hukuman paling berat sampai pidana mati.

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka

Venna Melinda Sering Diperlakukan Kasar

Pengacara: Venna Melinda Sering Dapat Perlakuan Kasar dari Ferry Irawan

Liputan6.com 2023-01-11 12:06:59
Pengacara menunjukkan foto Venna Melinda usai jadi korban KDRT suaminya. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Kuasa hukum Venna Melinda, Reza Mahastra mengungkapkan kliennya seing mendapat perlakukan kasar atau kekerasan fisik sari suaminya, Ferry Irawan.

"Kejadian yang dulu-dulu itu sengaja ditutupi bu Venna karena untuk menjaga aib rumah tangga. Tapi saat kejadian di Kediri kemarin itu sepertinya sudah melewati batas yang seharusnya sehingga memutuskan lapor polisi," ujarnya di Mapolda Jatim, Selasa (10/1/2023).

Reza mengatakan, Venna Melinda berkomitmen untuk tidak mencabut laporan kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang telah dilakukan oleh Ferry Irawan ini.

"Makanya saya tadi minta tolong keadilan untuk bu Venna agar masalah ini diproses dan dibuka selebar-lebarnya karena kan ini juga pelajaran buat kita semua," ucap pria yang juga merupakan adik kandung dari Venna Melinda ini.

Reza menceritakan, saat kejadian pada Minggu 8 Januari kemarin, dirinya dihubungi Venna Melinda melalui sambungan telepon video sekitar pukul 09.00 WIB.

"Saat saya angkat video call itu, saya cukup kaget lihat dalam keadaan begitu, saya sempat screeshoot pembicaraan saya dengan mbak Venna," ujarnya.

Reza mengaku sempat bertanya kepada ibu dari Varrell Bramasta itu namum Venna Melinda tidak bisa menjelaskan secara rinci kejadian itu.

"Kondisi bu Venna sangat historis saat itu. Dia nelpon cuma minta diselamatkan," ucapnya.


Darah Berceceran

Reza juga menceritakan tentang kejadian berdarah itu. Menurut pengakuan Venna Melinda, Ferry Irawan menekan hidung kliennya dengan menggunakan dahi dengan sangat keras.

"Bu Venna saat itu dalam posisi terlentang dengan tangan ditahan di tempat tidur dan hidungnya ditahan dengan dahi terlapor," ujarnya.

Selanjutnya, saat Venna Melinda sudah merasa sangat kesakitan, Ferry Irawan menghentikan aksi kekerasan fisiknya itu.

"Pada saat bu Venna bangun, darah banyak keluar. Itu bisa dilihat dalam screeshoot video call saya, banyak darah berceceran di lantai, selimut, tempat tidur," ucapnya.

Diramal Jadi Napi, Kini Jadi Miliarder

Putus Sekolah Usia 15 Tahun, Miliarder Ini Diramal Kepala Sekolahnya Jadi Napi atau Jutawan

Liputan6.com 2023-01-10 21:00:39
Richard Branson | via: businessinsider.com

Ketika miliarder Richard Branson berusia 15 tahun, dia berani mengambil keputusan untuk putus sekolah dan memilih menjalankan bisnis majalahnya. Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa pilihan ini memiliki risiko besar. Akan tetapi, dia berhasil membuktikannya.

Pada episode podcast "Armchair Expert" baru-baru ini yang dibawakan oleh Dax Shepard dan Monica Padman, pendiri Virgin Group mengatakan dia membuat keputusan karena sebuah alasan yang sederhana yaitu dia tahu kalau suatu saat bisa menghasilkan uang dari usahanya itu.

Dengan menelepon perusahaan-perusahaan dan meminta mereka untuk mengeluarkan iklan melawan pesaingnya, Branson mengumpulkan USD 3.000 hingga USD 4.000 untuk Majalah Mahasiswanya, ungkapnya. Kepala sekolah di sekolah Branson terkejut dengan persuasifnya dan memberikan ramalan dan peringatan.

"Saya tahu saya dapat membayar pencetakan kertas dan manufaktur, jadi saya berhenti sekolah dengan kepala sekolah berkata, 'Anda akan masuk penjara atau Anda akan menjadi jutawan'," kata Branson dalam acara podcast tersebut seperti melansir CNBC, Senin (9/1/2023).

Ternyata kepala sekolah itu benar. Branson tidak menghabiskan waktu di balik jeruji besi, tetapi justru diperkirakan memiliki kekayaan bersih sebesar USD 3,5 miliar. Bisnisnya telah berkembang lewat majalah remajanya hingga mencakup maskapai penerbangan, kasino, hotel, dan lainnya.

Awal Mula Student Megazine

Branson berkata bahwa dia memulai Student Magazine karena merasa kurikulum tradisional tidak mengajarinya sesuatu yang relevan atau menarik. Jadi, daripada mempelajari geometri, dia ingin belajar tentang Perang Vietnam yang sedang berlangsung.

"Ada banyak hal yang saya sukai untuk dipelajari, tetapi bukan hal-hal yang diajarkan guru matematika kepada saya atau guru bahasa Prancis mengajari saya," kata Branson. "Karena itu, saya akhirnya memulai sebuah majalah, yang menyuarakan rasa frustrasi anak muda."

Ini mungkin juga merupakan tanggapan refleksif terhadap perjuangan akademisnya. Branson sering berbicara tentang cara, karena disleksia, dia sering bernasib buruk di kelas sekolah.


Keterampilan yang Harus Dimiliki

Dalam postingan blog tahun 2019, Branson menulis bahwa disleksia sering dikaitkan dengan kreativitas tingkat tinggi dan kemampuan memecahkan masalah.

"Ini juga keterampilan yang akan sangat dibutuhkan di dunia kerja baru," tambahnya. "Pemecahan masalah, kreativitas, dan imajinasi akan sangat diminati dengan munculnya AI dan otomatisasi."

Tentu saja, dibutuhkan lebih dari itu untuk membangun kerajaan bisnis setelah putus sekolah pada usia 15 tahun. Pada tingkat dasar, Anda perlu mengidentifikasi barang atau jasa yang diinginkan orang dan menemukan cara untuk memonetisasinya.

Keterampilan bisnis keras Anda juga harus berjalan seiring dengan keterampilan lunak lainnya. Kecerdasan emosional yang tinggi dan kemampuan berpikir kritis sangat penting, menurut laporan tahun 2018 dari firma akuntansi global Ernst & Young.

Bagi Branson, itu adalah keterampilan yang dipelajari, katanya di podcast.

"Saya belajar di usia muda pentingnya... mengeluarkan yang terbaik dari orang-orang," kata Branson. "Apa yang saya sadari adalah bahwa saya perlu mengelilingi diri saya dengan orang-orang yang lebih baik dalam hal-hal yang tidak saya kuasai, karena disleksia saya."

Bisnis Fesyen Rugi Rp1 T

Bisnis Fesyen dan Kosmetik Rugi hingga Rp1 Triliun, Victoria Beckham Masih Optimistis

Liputan6.com 2023-01-11 07:02:21
Victoria Beckham (Gero Breloer/AP Photo)

Bisnis fesyen dan kosmetik milik Victoria Beckham sedang di ujung tanduk. Saat ini ia rugi hingga total 66 juta pound sterling atau yang setara dengan Rp1 triliun. Hal ini diketahuinya setelah pihaknya membukukan kerugian sebesar 6 juta pound sterling atau setara dengan Rp113 miliar pada laporan keuangan terbaru.

Melansir laman The Sun pada Selasa, 10 Januari 2023, Beckham Brand Holdings, perusahaan Victoria Beckham yang menaungi label fashion dan kosmetiknya, mengalami pertumbuhan penjualan dua digit selama satu tahun ini. Perusahaan milik Victoria dan David Beckham itu telah meningkatkan penjualan dari sekitar Rp207 miliar menjadi Rp641 miliar pada tahun 2021.

Total kerugian Rp1 triliun tersebut menyebabkan para direktur tidak dibayar dividen, meski penjualan kembali tumbuh dan mengalami kenaikan 13 persen. Meski mengalami kerugian, Victoria kabarnya masih tetap optimistis bisnisnya masih akan berkembang dengan lebih baik lagi.

Hal itu setidaknya terlihat dalam daftar laporan keuangan perusahaan induk yang menyebutkan hasil penjualan naik, yang tadinya hanya 36 juta pound sterling atau Rp678 miliar menjadi 41 juta pound sterling atau sama dengan Rp772 miliar untuk pakaian dan produk kecantikan. Namun, yang berperan paling banyak dalam penghasilan keuntungan adalah hasil dari merchandisedan royalti Spice Girls yang mencapai 420 ribu pound sterling atau sekitar Rp8 miliar.

Sementara, di tahun 2021, brand Victoria Beckham Beauty disebut merugi hingga 4,7 juta pound sterling atau sekitar Rp91,6 miliar. Angka ini diluncurkan oleh Victoria Beckham Holdings yang baru saja melaporkan bahwa perusahaannya menderita kerugian total 16,5 juta pound sterling atau sekitar Rp 321,6 miliar.


Ekspansi ke Luar Negeri

Melansir dari The Mirror pada Senin, 9 Januari 2023, bisnis fesyennya telah berekspansi ke luar negeri dan sudah menambah pelanggan baru di Eropa dan Timur Tengah. Jenama fesyen tersebut juga mengeluarkan produk baru, yaitu barang-barang kulit dan rangkaian perawatan VB Body.

Selain itu, perusahaan tersebut terus menambah ide inovatif dengan berkolaborasi dengan Augustinus Bader untuk produk perawatan kulit. Namun, untuk kolaborasi ini pihaknya membutuhkan suntikan tunai sebesar 2 juta pound sterling atau setara dengan Rp37,1 miliar sedangkan pemegang saham utama telah meminjamkan tambahan 0,6 pound sterling atau Rp113 ribu kepada grup.

Catatan keuangan menyatakan bahwa Victoria Beckham Holdings Ltd telah memenangkan 19 penghargaan untuk produk "mewah, berkinerja tinggi, dan membentuk komunitas pelanggan setia yang signifikan."

Bisnis fesyen Victoria Beckham juga telah berekspansi ke toko Bergdorf Goodman di New York pada 2021. Bisnis kecantikannya menambah sampai ke etalase toko di Australia dan Kanada. Hasilnya cukup signifikan dan membuka peluang untuk berelspansi ke negara lainnya.


Fashion Kelas Atas

Pada Agustus 2022, merek fesyen milik Victoria juga dikabarkan terancam bangkrut karena mempunyai utang dengan angka yang fantastis. Istri David Beckham ini dikenal sebagai salah satu publik figur yang memiliki merek fashion kelas atas dan eksklusif.

Menurut sebuah laporan dari Mirror, perusahan milik ibu empat anak ini mempunyai utang sebesar 53,9 juta euro (sekitar Rp798 miliar). Jumlah utangnya terus bertambah selama dua tahun terakhir setelah mengalami kerugian hingga 6,6 juta euro (sekitar Rp 99 miliar) pada 2020.

"Total pendapatan untuk grup Victoria Beckham Holdings turun 6 persen. Pada 2019, pendapatan total 38,3 juta euro (sekitar Rp571 miliar), namun kini menurun jadi 36,1 juta euro (sekitar Rp541 miliar) karena efek pandemi global," kata juru bicara brand Victoria Beckham yang tidak disebutkan namanya kepada Mirror, 14 Agustus 2022. Meski rugi besar, Victoria Beckham Holdings mengklaim sigap mengelola dana untuk menekan angka pengeluaran di masa pandemi.

Upaya ini pun sangat efektif mengurangi kerugian sampai 57 persen. "Grup ini dengan cepat merespons dampak pandemi dengan mengendalikan dana untuk meminimalisasi kerugian. Berkat efisiensi ini bisnis ini pun bisa tetap berjalan untuk jangka panjang," paparnya.


Gaji Karyawan

Meski begitu, kerugian tersebut tak menyebabkan keluarga Beckham bangkrut. Keluarga ini masih meraup untung dari keseluruhan bisnis mereka. Victoria Beckham Beauty, brand produk kecantikan milik ibu empat anak ini, juga sukses di pasaran karena terus berinovasi untuk merilis beberapa produk baru mulai dari produk makeup sampai skincare.

Bukan itu saja, gurita bisnis yang dimiliki oleh pasangan David Beckham dan Victoria Beckham juga dikabarkan meraup keuntungan dua kali lipat pada 2022 hingga menghasilkan 11,6 juta euro (sekitar Rp174 miliar). Sebagian besar keuntungan tersebut dari kerja sama David dengan perusahaan besar, seperti Adidas, Tudor Watches, dan Haig.

Pada Mei 2020, Victoria Beckham dilaporkan telah merumahkan sejumlah karyawannya akibat pandemi Covid-19. Lebel fesyen itu sempat mengirimkan surat kepada 30 karyawannya bahwa mereka dirumahkan sesuai skema cuti pemerintah Inggris. Lewat skema itu, pemerintah akan membayar gaji 80 persen dari besaran gaji karyawan. Victoria sempat dikabarkan akan membayar sisa 20 persen gaji karyawannya selama pandemi.

Drama Penangkapan Lukas Enembe

HEADLINE: Gubernur Papua Lukas Enembe Ditangkap KPK, Bakal Seret Tersangka Lain?

Liputan6.com 2023-01-12 00:00:00
Gubernur Papua Lukas Enembe menggunakan rompi tahanan dihadirkan saat rilis KPK di Paviliun Kartika, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (10/1/2023). Lukas

Gubernur Papua Lukas Enembe alias LE akhirnya ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap dan gratifikasi proyek infrastruktur di Papua sejak 5 September 2022 lalu.

Lukas Enembe ditangkap saat tengah santap siang di sebuah restoran di Jalan Raya Abupera Kotaraja, Jayapura, Papua yang berjarak sekitar 1 km dari Mako Brimob pada Selasa 10 Januari 2023 sekitar pukul 12.30 WIT.

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, penangkapan dilakukan setelah pihaknya mendapatkan informasi bahwa Lukas Enembe akan pergi ke Tolikara melalui Bandara Sentani pada Selasa 10 Januari. Khawatir hal ini dapat menjadi cara Lukas Enembe meninggalkan Indonesia, KPK pun segera mengambil tindakan.

"Mendapat informasi tersebut, maka kami menghubungi Wakapolda, Dansat Brimob, dan Kabinda untuk membantu upaya penangkapan terhadap tersangka LE di Bandara Sentani karena yang bersangkutan akan keluar Jayapura dan upaya evakuasi tersangka ke Jakarta," kata Firli dalam keterangan tertulis, Selasa.

Kemudian pada sekitar pukul 12.27 WIT, tim KPK bersama aparat penegak hukum di Papua melakukan tindakan tegas upaya paksa penangkapan terhadap Lukas Enembe di salah satu rumah makan di wilayah Abepura, Jayapura, Papua.

Dia kemudian diamankan ke Mako Brimob Papua sambil menunggu untuk diterbangkan ke Jakarta paling lambat pukul 15.00 WIT. Namun karena Lukas Enembe menyebarkan pesan melalui WhatsApp memberitahukan bahwa dirinya diamankan di Mako Brimob, maka Gubernur Papua itu kemudian dipindahkan ke Bandara Sentani untuk selanjutnya dibawa ke Jakarta.

Diduga karena beredarnya pesan itu pula sempat terjadi kericuhan di depan Mako Brimob Kotaraja, Jayapura, Papua. Kericuhan juga berlanjut di kawasan Bandara Sentani. Satu orang tewas dan lima lainnya terluka dan insiden tersebut.

Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman menyampaikan selamat atas keberhasilan KPK menangkap Gubernur Papua Lukas Enembe, meski diwarnai sejumlah rintangan, seperti penolakan dari segelintir massa.

"Tapi KPK cerdik bisa menangkap LE, karena saya mendengar info LE mau terbang ke Tolikara. Seperti biasa ketika mau terbang, LE sarapan dulu di resto langganannya. Jadi selamat kepada KPK atas penangkapan ini," ujar Boyamin saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (11/1/2023).

Namun begitu, MAKI menilai KPK tetap lemah. Sebab, penangkapan Lukas Enembe terjadi setelah banyak pihak berteriak dan menganggap KPK tidak serius menangani kasus yang menyeret orang nomor satu di Papua tersebut.

"Bahkan pimpinan KPK pernah mengatakan tidak berani menangkap LE karena takut ada konflik horizontal, dan itu menunjukan KPK lemah. Justru itu melemahkan semangat teman-teman di Papua yang ingin memberantas korupsi, termasuk kepada LE," tutur Boyamin.

Padahal, menurut Boyamin, tidak semua masyarakat di Provinsi Papua mendukung Lukas Enembe. Kata dia, pendukung Lukas Enembe yang banyak hanya ada di Tolikara, tempat asalnya. Selebihnya, banyak yang ingin penegakan hukum atas kasus dugaan korupsi di Papua itu ditegakkan.

"Jadi saya harap KPK ke depan tidak melempem lagi dan lebih giat lagi untuk menangkap yang lainnya, seperti HM (Harun Masiku) kalau memang dia masih hidup," katanya.

Lebih lanjut, MAKI berharap KPK mengembangkan kasus Lukas Enembe ini ke dugaan korupsi yang menggunakan dana otonomi khusus (Otsus) dengan menggunakan Pasal 2 dan 3 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Termasuk juga pengembangan aliran dana hasil rasuah lewat tindak pidana pencucian uang (TPPU).

"Kita tahu dana otsus besar sekali, tapi tidak merembes kepada masyarakat secara benar. Malah merembes ke oknum pejabat. Jadi harus dikembangkan dengan audit dana otsus untuk Papua. Termasuk juga dikembangkan ke TPPU, karena ada aktivitas judi yang melibatkan uang dengan nilai besar," ucap Boyamin.

Dia menyebut, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah menemukan adanya transaksi mencurigakan Lukas Enembe mencapai Rp560 miliar ke kasino di luar negeri. MAKI juga mendapat informasi Lukas kerap bergaya hidup mewah dengan menginap di penthouse hingga pergi ke Australia.

"Maka harus didalami juga aktivitasnya. KPK wajib mengembangkan. Jadi pasalnya (yang bisa dikembangkan) gratifikasi, perbuatan rasuah dengan penyalahgunaan kewenangan dan juga TPPU untuk menelusuri aktivitas judinya, uangnya dari mana," kata Boyamin.

Boyamin menyatakan, MAKI akan terus mengawal penanganan kasus hukum yang menyeret Lukas Enembe ini agar tidak hanya berhenti pada perkara dugaan suap dan gratifikasinya saja. MAKI bahkan siap menggugat praperadilan KPK apabila penanganan kasus Lukas Enembe ini nantinya mangkrak.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron tak menutup kemungkinan akan ada tersangka baru dalam kasus suap dan gratifikasi yang menyeret Lukas Enembe. Bahkan kasus ini juga bisa berkembang ke penyidikan perkara baru.

"Semua proses pemeriksaan masih terbuka untuk dikembangkan, karena ini baru dari perkara gratifikasinya saja," ujar Ghufron saat dihubungi Liputan6.com, Selasa.

Apalagi berdasarkan laporan hasil analisis (LHA) PPATK, terdapat banyak transaksi mencurigakan Lukas Enembe yang perlu ditelusuri KPK apakah berkaitan dengan tindak pidana korupsi.

"Jika dugaan tindak pidana korupsi tersebut berkembang, maka kemungkinan TPPU pasti juga kami telusuri jika terdapat indikasi penyamaran dan penyembunyian harta hasil tindak pidana korupsinya," tutur Ghufron.

KPK juga tengah mengusut dugaan keterlibatan pejabat Pemprov Papua lainnya terkait kasus korupsi pengerjaan infrastruktur yang bersumber dari APBD. Sejauh ini, KPK baru menjerat dua tersangka yakni Lukas Enembe dan Direktur PT Tabi Bangun Papua Rijantono Lakka sebagai tersangka.

"Pejabat yang lain juga masuk dalam proses penyidikan. Nanti kalau misalkan ada bukti yang cukup, tentu kami eggak akan berhenti sampai pada dua tersangka ini," ujar Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur dalam keterangannya, Jumat (6/1/2023).

Asep berharap dukungan dari masyarakat dalam mengusut kasus ini. "Ditunggu saja dan mohon didoakan supaya lancar dalam proses penyidikan," kata Asep.

Sementara itu, Partai Demokrat belum mengambil sikap terkait penangkapan Gubernur Papua Lukas Enembe oleh KPK. Demokrat lebih dulu menunggu pernyataan resmi dari KPK.

"Sikapnya akan kami sampaikan setelah KPK umumkan secara resmi," kata Ketua Dewan Kehormatan Demokrat Hinca Pandjaitan saat dikonfirmasi, Rabu (11/1/2023).

Menurut dia, rencananya DPP Partai Demokrat akan menyampaikan tanggapan dan keterangan resmi pada Kamis (12/1/2023) besok. "Apa yang sedang dilakukan kita lakukan dulu. Besok mungkin ada statement DPP. Biar jangan terburu-buru," ujar Hinca.

Terkait apakah akan ada imbauan kepada Lukas Enembe dan kader Demokrat lainnya agar kooperatif, Hinca menyatakan Demokrat tidak akan berkomentar terkait hal tersebut sebelum ada pengumuman resmi dari KPK.

"Ini bukan mendadak kan sudah lama, kita dengar dulu penjelasan resmi KPK," kata dia.

Meski begitu, dia menegaskan bahwa Partai Demokrat menghormati proses hukum yang sedang berjalan di KPK. "Prinsipnya kan penegakkan hukum berjalan. Prinsip dasar itu dulu," ucap Hinca menegaskan.


Pengusutan Kasus Tak Berhenti di Lukas Enembe

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menyatakan, pengusutan kasus rasuah di Papua tidak akan berhenti dengan ditangkapnya Lukas Enembe. Pasalnya, saat ini KPK tengah menelusuri pergerakan uang yang ada di Pemda Papua.

"Tidak akan berhenti di Lukas. Pergerakan uang, Pemda sekarang dalam pengawasan kami dan sebagian di-freeze (dibekukan)," kata Mahfud Md dalam konferensi pers, Rabu (11/1/2023).

Dia menjelaskan, pembekuan sebagian dana Pemda Papua dilakukan oleh Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Tujuannya, agar tidak kembali terjadi penyimpangan yang melanggar hukum seperti yang diduga dilakukan Lukas Enembe.

"Kami freezemelalui PPATK agar tidak terjadi penyalahgunaan yang bertentangan dengan hukum," ujarnya.

Lebih lanjut, Mahfud menegaskan bahwa penindakan terhadap Lukas Enembe adalah murni penegakan hukum. Sebab, konstruksi dan kronologis kasusnya sudah dibeberkan secara gamblang oleh KPK. Dia berharap, tidak ada lagi pihak yang mengaitkan penangkapan Lukas dengan persoalan lain, kecuali hukum.

Karena itu, dia meminta kepada massa pendukung Lukas Enembe agar tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum pascapenangkapan Gubernur Papua kemarin.

"Saya minta kepada yang lain-lain supaya tidak melakukan langkah-langkah destruktif untuk misalnya atas nama pembelaan lalu melakukan perusakan-perusakan. Hukum akan ditegakkan kepada siapapun tanpa pandang bulu," ucap Mahfud Md.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini juga memastikan seluruh hak Lukas Enembe akan dipenuhi dalam penegakan hukum. Lukas langsung dibawa ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto sebelum diperiksa KPK.

"Kalau dia nanti dinyatakan sakit oleh dokter, KPK bertanggung jawab untuk menempatkannya di rumah sakit atau mengantarkannya ke rumah sakit kalau kata dokter memang harus di rumah sakit," katanya.

Pemerintah juga siap mengawal bila ternyata hasil tes kesehatan merekomendasikan Lukas Enembe harus diterbangkan ke Singapura untuk perawatan medis.

"Bahkan kalaupun harus ke luar negeri karena misalnya keahlian itu ada di Singapura, pemerintah juga bisa mengantar dan mengawal, tidak boleh berangkat sendiri," tegas dia.

Mahfud menjamin, seluruh hak Lukas Enembe akan dipenuhi dalam penegakan hukum. Oleh karena itu, dia meminta kepada massa pendukung Lukas agar tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum usai penangkapan pada Selasa 10 Januari 2023.

"Jangan melakukan langkah destruktif, karena ini murni penegakan hukum," pungkas Mahfud.

Untuk diketahui, KPK resmi menahan Lukas Enembe terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi proyek infrastruktur di Papua. Meski begitu, kondisi kesehatan membuatnya langsung dibantarkan ke RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

"Mempertimbangkan keadaan dan kondisi Lukas Enembe melakukan tindakan hukum pembantaran untuk sementara, perawatan sementara di RSPAD, sejak hari ini sampai kondisi membaik," tutur Ketua KPK Firli Bahuri kepada wartawan, Rabu (11/1/2023).

Menurut Firli, Lukas Enembe seharusnya menjalani penahanan di Rutan Guntur KPK selama 20 hari ke depan, terhitung tanggal 11 Januari 2023 sampai dengan 31 Januari 2023. Nantinya, KPK, IDI, dan dokter dari RSPAD akan melihat perkembangan kesehatan Lukas Enembe sebelum dilakukan pemeriksaan atas kasus yang menjeratnya.

"Untuk waktunya tim dokter yang dapat menentukan," kata Firli.

Sebelumnya, KPK lebih dulu menahan Direktur PT Tabi Bangun Papua, Rijantono Lakka sebagai merupakan tersangka kasus dugaan suap terkait proyek infrastruktur di Provinsi Papua. Dia dijerat sebagai penyuap Gubernur Papua Lukas Enembe.

"Ditahan untuk 20 hari pertama terhitung mulai tanggal 5 Januari 2023 sampai dengan 24 Januari 2023," ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (5/1/2023).

Kasus ini bermula saat Rijantono mengikutsertakan perusahaannya untuk mengikuti beberapa proyek pengadaan infrastruktur di Papua pada 2019 sampai dengan 2021. Padahal, PT Tabi Bangun Papua tidak punya pengalaman di bidang pembangunan.

PT Tabi Bangun Papua sebelumnya bergerak di bidang farmasi. KPK menduga Rijantono bisa mendapatkan proyek karena sudah melobi beberapa pejabat dan Gubernur Papua Lukas Enembe sebelum proses pelelangan dimulai.

Diduga kesepakatan yang disanggupi Rijanto yang diterima Lukas Enembe dan beberapa pejabat di Pemprov Papua di antaranya yaitu adanya pembagian persentase fee proyek hingga mencapai 14 % dari nilai kontrak setelah dikurangi nilai PPh dan PPN.

Setidaknya, ada tiga proyek yang didapatkan Rijantono atas pemufakatan jahat itu. Pertama yakni peningkatan Jalan Entrop-Hamadi dengan nilai proyek Rp14,8 miliar. Lalu, rehabilitasi sarana dan prasarana penunjang PAUD Integrasi dengan nilai proyek Rp13,3 miliar. Terakhir, proyek penataan lingkungan venue menembang outdoor AURI dengan nilai proyek Rp12,9 miliar.

Setelah terpilih untuk mengerjakan proyek dimaksud, Rijanto diduga menyerahkan uang kepada Lukas Enembe dengan jumlah sekitar Rp1 miliar. Namun demikian, KPK menduga penerimaan hadiah ke Lukas bukan cuma uang Rp1 miliar.

Dalam kasus ini, Rijantono disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) atau Pasal 5 ayat (2) dan Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sementara itu, Lukas disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau pasal 11 dan pasal 12B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.


19 Simpatisan Lukas Enembe Ditangkap

Kepolisian mengamankan total 19 simpatisan Gubernur Papua lantaran terlibat bentrok saat penangkapan Lukas Enembe oleh KPK, Selasa kemarin. Beberapa di antaranya juga sudah menjalani penanganan medis karena terluka.

"Memang pada kejadian tersebut ada kurang lebih 19 orang yang kita amankan, tadi dua yang saya sampaikan depan Mako Satbrimob Polda Papua, yang 17 itu di Polres Kabupaten Jayapura," kata Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri kepada wartawan, Rabu (11/1/2023).

Menurut Mathius, dari 17 simpatisan yang diamankan ada satu yang tertembak dan dinyatakan meninggal dunia. Sementara 16 lainnya menjalani penanganan medis akibat mengalami luka-luka saat bentrok dengan petugas.

"Tentunya sebagai Kapolda saya menyampaikan belasungkawa dan tentunya karena ada yang meninggal saya sudah memerintahkan kepada Kabid Propam dan Direktur Kriminal Umum untuk segera mengambil langkah-langkah melakukan penyelidikan, apa yang dilakukan anggota di Sentani sudah tepat atau belum," tutur dia.

Mathius menegaskan, jika terbukti ada pelanggaran SOP maka pihaknya akan melakukan langkah penegakan hukum secara tegas. Di samping itu, dia juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Jayapura maupun di Kota atas gangguan keamanan dan ketertiban yang terjadi.

"Saya juga selaku Kapolda mengimbau kepada semua unsur yang ada, tidak perlu kita memberikan informasi-informasi yang tidak berdasarkan fakta yang bahasa lain hoaks, saya tidak berharap seperti itu. Saya sudah pernah menyampaikan kepada tokoh masyarakat dan tokoh agama," ujarnya.

"Bapak Lukas Enembe adalah sosok negarawan yang patuh dan taat pada proses hukum, dan kemarin pun beliau bisa kooperatif sehingga bisa dibawa ke Jakarta. Mari kita berikan dukungan moril agar proses ini bisa berjalan sebagaimana beliau harus hadapi," kata Mathius menandaskan.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo menyampaikan, massa simpatisan Lukas Enembe sempat menyerang personel yang bertugas mengamankan penangkapan Gubernur Papua tersebut.

Menurut Benny, personel Satuan Brimob Polda Papua turut membantu KPK mengamankan Lukas Enembe di Mako Brimob Kotaraja, Jayapura. Namun, sekitar pukul 10.45 WIT sejumlah massa simpatisan Lukas Enembe mencoba menerobos penjagaan petugas di pintu gerbang Mako Brimob, sehingga terjadi kericuhan.

"Dua orang massa simpatisan berinisial DE (29) dan EP (36) diamankan petugas karena diduga sebagai pemicu kericuhan dengan melakukan pelemparan batu ke personel Brimob," ucap Benny.

Kemudian, masuk pukul 13.58 WIT tim KPK dengan pengawalan Brimob dan sejumlah pejabat Polda Papua membawa Lukas Enembe ke Base Ops Lanud Bandara Sentani untuk selanjutnya terbang ke Manado menggunakan pesawat carter Trigana Air dan dilanjutkan menuju Jakarta.

Hanya saja, massa simpatisan Lukas Enembe juga memaksa masuk ke bandara, sehingga terjadi bentrok dengan petugas disertai pengerusakan.

"Massa yang melakukan penyerangan terhadap petugas menggunakan batu dan busur panah. Petugas melakukan tembakan peringatan namun tidak dihiraukan, selanjutnya dilakukan upaya melumpuhkan. Adapun massa korban luka EB (36), DE (42), NG (28), UE (35) dan KE (45) meninggal saat penangan medis, dan satu orang masyarakat atas nama Ny. Nifa Velce Tulang terkena rekoset peluru saat berada dekat lokasi bentrok," kata Benny menandaskan.

Tren Pacar Sewaan Saat Imlek

10 Fakta Unik Tahun Baru Imlek, Dilarang Mandi hingga Tren Pacar Sewaan

Liputan6.com 2023-01-10 21:00:56
Ilustrasi Perayaan Imlek | unsplash.com/@carl_ibale

Tahun Baru China atau banyak disebut Imlek, dirayakan oleh lebih dari 20% orang di dunia. Ini adalah hari libur paling penting di China dan bagi orang-orang China di seluruh penjuru dunia.

Tahun ini, Tahun Baru Imlek akan jatuh pada 22 Januari 2023. Dan pada tahun ini juga akan menjadi tahun kelinci air.

Dilansir dari China Highlights, Selasa (10/1/2023), berikut adalah sejumlah fakta soal Imlek yang mungkin belum diketahui banyak orang:

Menurut kalender Lunar, Festival Musim Semi jatuh pada tanggal 1 Januari dan berlangsung hingga tanggal 15 (bulan purnama). Tidak seperti hari libur yang dimiliki negara barat seperti Thanksgiving atau Natal, ketika Anda mencoba menghitungnya dengan kalender matahari (Gregorian), tanggalnya sudah pasti.

Tahun Baru Imlek berkisar dari 21 Januari hingga 20 Februari. Pada tahun 2023, jatuh pada tanggal 22 Januari.

Festival Musim Semi pada awalnya merupakan hari upacara untuk berdoa kepada dewa untuk musim tanam dan panen yang baik. Sebagai masyarakat agraris, hasil panen adalah segalanya. Mereja biasanya juga berdoa kepada leluhur mereka, karena mereka diperlakukan sebagai dewa.

Menurut salah satu legenda China, ada monster bernama Nian (). Itu akan terjadi setiap Malam Tahun Baru. Kebanyakan orang akan bersembunyi di rumah mereka. Tapi seorang anak laki-laki cukup berani untuk melawannya menggunakan petasan. Keesokan harinya, orang-orang merayakan kelangsungan hidup mereka dengan menyalakan lebih banyak petasan. Dan latihan itu menjadi bagian penting dari Festival Musim Semi.


4. Hari libur terpanjang di China

Festival Musim Semi secara teknis berlangsung selama 15 hari. Tetapi perayaan dimulai pada Malam Tahun Baru (menjadi 16 hari). Anda juga dapat mengatakan bahwa musim liburan dimulai pada bulan Desember (lunar) dengan Festival Laba (/ l b ji).

Bagian terpenting dari Tahun Baru Imlek adalah reuni keluarga. Setiap orang harus kembali ke rumah asal mereka untuk makan malam Tahun Baru.

Tapi karena di China modern, kebanyakan orang tua lanjut usia tinggal di pedesaan sementara anak-anak mereka bekerja di kota. Migrasi kembali ke rumah dan pergi berlibur disebut chunyun (), atau Migrasi Musim Semi.


6. Pacar sewaan untuk dibawa pulang

Risih ketika mendengar saudara jauh yang kerap menanyakan kehidupan pribadi Anda?

Lebih parah lagi di China. Apalagi memiliki anak dan mewariskan nama keluarga adalah salah satu bagian terpenting dalam budaya Tionghoa.

Beberapa lajang yang putus asa menyewa pacar palsu untuk dibawa pulang. Mereka yang tidak bisa (atau tidak mau) pulang bisa menyewakan diri. Alhasil tren pacar sewaan pun marak kala momen Imlek tiba.

Mandi tidak diperbolehkan pada Hari Tahun Baru. Menyapu dan membuang sampah tidak diperbolehkan sebelum tanggal 5. Ini untuk memastikan Anda tidak menghilangkan keberuntungan.

Di sisi lain, ada satu hari sebelum Festival Musim Semi yang didedikasikan untuk bersih-bersih. Hari ini adalah untuk menghilangkan kesialan dan memberikan ruang untuk kebaikan.


8. Amplop merah sebagai tanda keberuntungan

Di budaya lain, anak-anak menerima hadiah untuk liburan. Hadiah juga dipertukarkan selama Festival Musim Semi. Tetapi anak-anak di China juga menerima sesuatu yang lain, yakni amplop merah.

Banyak budaya memiliki makanan simbolis, seperti kue Yule Log. Tapi begitu banyak makanan penutup Tahun Baru Imlek memiliki arti khusus di baliknya.

Setiap keluarga akan mendekorasi rumah mereka dengan warna merah. Apakah Anda ingat cerita tentang Nian? Petasan bukan satu-satunya hal yang menakuti monster itu. Merah juga merupakan senjata yang tak ternilai, dan digunakan di hampir semua dekorasi Tahun Baru Imlek.