AHY Respon Ancaman Nasdem

Reaksi AHY soal Ancaman Nasdem yang Akan Bubarkan Koalisi Jika Memaksa Jadi Cawapres

Liputan6.com 2023-01-12 14:28:13
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku tidak ambil pusing, dengan ancaman NasDem yang akan membubarkan koalisi bila Demokrat atau PKS menginginkan kadernya jadi calon wakil presiden. Sebab menurut AHY, Demokrat adalah inisiator dari koalisi perubahan jauh sebelum ada wacana apapun, termasuk sosok capres dan cawapres.

"Saya tegaskan, semangat perubahan dan perbaikan itu jauh sudah kami keluarkan sebelum ada wacana apa pun terkait dengan koalisi atau pasangan (capres dan cawapres) kalau tadi pertanyaannya apakah akan (tetap) bergabung kepada koalisi perubahan? Justru kami termasuk yang menginisiasi dan menggelorakan semangat perubahan," kata AHY saat jumpa pers di Kantor DPP Demokrat, Jakarta, Kamis (12/1/2023).

AHY pun menegaskan akan membuka ruang untuk membahas siapa yang akan dicalonkan menjadi calon wakil presiden.

"Jika ada tokoh lain yang kira-kira dianggap bisa dipasangkan? saya kembali kepada jawaban saya tadi di awal bahwa kita diskusikan, kita buka bersama ruang yang tersedia," jelas AHY.

AHY ingin siapa pun yang dipasangkan dengan Anies Baswedan nantinya tidak berdasarkan faktor suka atau tidak suka dari individu atau kelompok tertentu. Dia mendorong, semua ditetapkan berdasar parameter yang objektif.

"Tidak boleh berdasarkan like, nggak boleh asal suka atau tidak suka. Kami ingin membangun komunikasi politik yang rasional, objektif, aktual dan faktual dengan mendengar dan jangan hanya percaya pada statistik yang belum tentu bisa dikonfirmasi," AHY menutup.


Ancaman Nasdem

Diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali menilai, jika salah satu partai memberikan persyaratan dalam penjajakan koalisi, maka dipastikan koalisi tersebut akan bubar.

"Yang mau ditegaskan kalau kemudian ada partai yang memaksakan keinginannya untuk memaksakan kadernya untuk menjadi syarat berkoalisi, saya pastikan koalisi bubar," tegasnya.

"Kalau kita misal NasDem meletakkan sosok lalu gimana PKS dan Demokrat begitu sebaliknya artinya koalisi tidak setara lagi," imbuh Ahmad Ali.

Diketahui, Partai Demokrat mengusulkan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres Anies Baswedan. Sementara, PKS menyodorkan Ahmad Heryawan alias Aher.

Pangeran Harry Tuduh Istana Bohong

Pengakuan Pangeran Harry Tak Pilih William Jadi Pendamping Pernikahan, Sebut Istana Bohong

Liputan6.com 2023-01-11 19:40:10
Pangeran Harry (kiri) dan Pangeran William (kanan) duduk di kursi sebelum psosesi pernikahan Pangeran Harry dengan Meghan Markle di Kapel St. George, Kastil Windsor, Inggris, Sabtu (19/5). (U

Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan tahun 2018 tampak seperti dongeng, tetapi Harry mengungkapkan ada lebih banyak hal yang terjadi di hari bersejarah itu daripada yang terlihat.

Dalam buku berjudul Spare -- yang sudah tersedia hari ini -- terungkap bahwa Harry sebenarnya tidak mau Pangeran William menjadi pendampingnya saat pernikahan seperti yang diklaim istana selama ini.

Harry menulis bahwa dia malah memilih "teman lamanya Charlie" untuk memenuhi tugas pendamping tersebut, dikutip dari harpersbazaar, Rabu (11/1/2023).

Malam sebelum pernikahannya dan Meghan Markle,Harry mengklaim bahwa William sempat membatalkan acara wajib sebelum pernikahan di menit terakhir.

"Dia memberitahuku, tepat sebelum menghadiri acara minum teh bersama Nenek," tulis Harry.

"Saya telah mengingatkannya bahwa ini adalah tradisi di keluarga, bahwa kami akan makan malam sebelum pernikahannya. Bahwa kami akan pergi bersama dan mengunjungi orang banyak. Namun ia berpegang teguh. Tidak bisa ikut denganku."

Harry mengatakan bahwa ia sempat mendesak saudaranya, memohon padanya, "Mengapa kamu menjadi seperti ini, Willy? Aku bersamamu sepanjang malam sebelum kamu menikahi Kate. Mengapa kamu melakukan ini?"

"Saya bertanya pada diri sendiri apa yang sebenarnya terjadi. Apakah dia merasa sedih karena tidak memilihnya menjadi pendamping saya? Apakah dia kesal karena saya memilih teman lama saya Charlie?," kata Harry.

Harry sebelumnya menuduh bahwa Pangeran William juga tidak memilihnya sebagai pendamping pria untuk pernikahannya, ketika dia menikah dengan Kate pada 2011.


Pangeran Harry ke Keluarga Kerajaan Inggris: Rekonsiliasi Hampir Mustahil

Pangeran Harry mengklaim tak ada niat merusak keluarga Kerajaan Inggris dengan peluncuran otobiografinya.

Pada situasi ini, ia menyebut rekonsiliasi bersama keluarga hampir mustahil, dikutip dari NST.com.my, Rabu (11/1/2023).

"Saya ingin ayah saya kembali. Saya ingin saudara laki-laki saya kembali," katanya dalam sebuah wawancara dengan saluran Inggris ITV sebelum penerbitan memoarnya, Spare, pada Selasa (10/1).

Dalam memoar tersebut, Harry mengakui masa remajanya diwarnai dengan narkoba dan alkohol, serta keputusannya untuk menyiarkan rahasia keluarga di depan umum.

Banyak juga kalimat yang seakan-akan menyerang ayahnya, Raja Charles III, saudara laki-laki William dan ibu tiri Camilla dan saudara iparnya, Kate Middleton.

Charles dijadwalkan dinobatkan sebagai raja pada 6 Mei 2023.

"Saya benar-benar tidak bisa membayangkan bagaimana proses rekonsiliasi dengan keluarga bisa terjadi," kata Pauline Maclaran, seorang profesor di Universitas Royal Holloway London dan penulis buku tentang monarki, kepada AFP.

"Dia mengungkapkan banyak hal yang jelas menyinggung anggota keluarganya, detail pribadi yang menurut banyak orang tidak perlu dia ungkapkan," katanya.

"Jika dia memiliki empati, atau memang belas kasih, yang seharusnya menjadi akar dari yayasan Archewell, maka itu tak perlu terjadi," tambahnya.

Harry menceritakan bagaimana ayahnya tidak memeluknya saat menyampaikan kabar kematian Diana.

Kala itu Harry masih berusia 12 tahun dan malah ditinggalkan sendirian di kamar.

"Raja tidak cocok menjadi orang tua tunggal," kata Harry.


Pangeran William Jadi Sasaran

Namun demikian, sebagian besar sentimen negatif ia arahkan kepada saudara laki-lakinya, yaitu Pangeran William.

William digambarkan sebagai pemarah dan Harry mengklaim sang kakak tidak pernah memberi kesempatan kepada istrinya, Meghan.

Segalanya memuncak selama pertengkaran tahun 2019 di mana Harry mengklaim William membantingnya ke lantai.

Harry juga menggambarkan persaingan seumur hidup antara William "pewaris" dan dirinya sendiri "cadangan".

Mantan anggota kerajaan itu juga menuduh ibu mertuanya, Camilla, telah memainkan peran buruk demi mendapat posisi di istana.


Kerajaan Inggris Diam-diam Bereaksi Atas Serangan Pangeran Harry

Istana Buckingham sejauh ini belum mengeluarkan pernyataan apa pun terkait autobiografi Pangeran Harry dan sejumlah wawancara yang dilakukan putra bungsu Raja Charles III itu. Namun, sebenarnya istana bereaksi.

Kuasa hukum Istana Buckingham dilaporkan telah meminta ABC dan CBS untuk membagikan rekaman utuh wawancara Pangeran Harry sebelum mempertimbangkan apakah akan mengomentari berbagai klaimnya yang menyudutkan keluarga Kerajaan Inggris. Namun, permintaan tersebut ditolak oleh kedua media.

Menyusul peluncuran resmi autobiografinya, Spare, Pangeran Harry memang melakukan wawancara dengan sejumlah media. Salah duanya, ABC melalui program Good Morning America dan CBS lewat program 60 Minutes. Demikian dikutip dari People, Selasa (10/1/2023).

"Kami mendapat tanggapan dari firma hukum yang mewakili Istana Buckingham... Istana perlu mempertimbangkan dengan tepat apa yang disampaikan dalam wawancara... dan meminta kami memberikan salinan seluruh wawancara, yang mana itu tidak bisa kami lakukan sebagai sebuah kantor berita karena menyangkut dengan isu kebijakan kami," ungkap Michael Strahan yang mewawancarai Pangeran Harry dalam program Good Morning America.

Sementara itu, dalam wawancara terbarunya dengan CNN, Pangeran Harry mengungkapkan alasan di balik langkahnya mempublikasikan hal-hal yang bersifat pribadi.

"Salah satu kritik yang Anda terima adalah tidak apa-apa bila ingin pindah ke California, tidak apa-apa bila ingin mundur dari peran institusional... tapi kenapa semua begitu terekspos? Kenapa mempublikasikan percakapan dengan ayah dan kakak Anda? Padahal Anda mengatakan akan melakukannya secara pribadi," tanya Anderson Cooper sebagai pewawancara.

Pangeran Harry menjawab, "Setiap kali saya mencoba melakukannya secara pribadi, selalu ada instruksi dan bocoran cerita untuk melawan saya dan istri. Anda tahu kan, moto keluarga itu adalah 'jangan pernah mengeluh, jangan pernah menjelaskan'. Tapi itu hanya moto. Tidak benar-benar berlaku."

Ketiga Kali Ditangkap Karena Narkoba

Revaldo Ditangkap Lagi Terkait Narkoba, Ini Kasus Ketiga Setelah Bebas Penjara Tahun 2015

Liputan6.com 2023-01-12 14:15:48
Gala premier film Bukan Cinta Malaikat (Deki Prayoga/bintang.com)

Revaldo belum jera mengonsumsi narkoba. Sempat dua kali terjerat urusan narkotika, pemeran Rangga di Ada Apa dengan Cinta? versi sinetron kembali ditangkap polisi untuk kasus serupa.

Kabar soal Revaldo ditangkap narkoba dibenarkan oleh Direktur Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Mukti Juharsa. Pihaknya sudah mengamankan aktor berusia 40 tahun ini.

"Iya, iya betul (Revaldo ditangkap)," kata Mukti Juharsa saat dihubungi pewarta di Jakarta, Kamis (12/1/2023).


Masih Diperiksa

Wadir Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Donny Alexander mengatakan, pihaknya masih memeriksa Revaldo. Dia ditangkap di kediamananya pada Rabu, 11 Januari 2023 malam.

"Masih dalam proses pemeriksaan untuk yang bersangkutan. Intinya kita tangkap kemarin di kediaman beliau," ujar dia.


Barang Bukti Sabu dan Ganja

Donny menjelaskan, menyita narkoba jenis ganja dan sabu saat melakukan penangkapan terhadap Revaldo.

"(Barang bukti) sabu dan ganja ya," kata Donny dalam keteranganya, Kamis (12/1/2023).


Kasus Ketiga

Seperti diketahui, aktor bernama asli Fifaldi Surya Permana itu telah dua kali masuk penjara karena kasus narkoba.

Aktor yang bermain di film '30 Hari Mencari Cinta' itu pertama kali ditangkap pada April 2006 saat ia sedang pesta narkoba bersama teman-temannya. Revaldo pun divonis 2 tahun penjara atas kesalahannya itu.

Selang empat tahun, pada Juli 2010, pria kelahiran Yogyakarta, 18 Juni 1982 silam itu kembali ditangkap atas kasus yang sama. Tak tanggung-tanggung, Revaldo divonis pengadilan 7 tahun penjara.

Namun, Revaldo mendapat keringanan berupa bebas bersyarat sehingga ia hanya menjalani hukuman selama empat tahun tujuh bulan.

Masuk Guinness World Record

Elon Musk Masuk Guinness World Record Gara-Gara Hartanya Merosot Tajam

Liputan6.com 2023-01-12 12:07:25
Elon Musk. (Patrick Pleul/Pool via AP, File)

Meski sempat dijuluki sebagai orang paling terkaya di dunia pada September 2021 lalu, Elon Musk kini masuk dalam catatan Guinness World Record lantaran kekayaannya yang merosot tajam kurang dari dua tahun.

Guinness World Record merupakan sebuah lembaga yang kerap mencatat sebuah rekor di dunia, di mana ada banyak kategori yang dimiliki oleh mereka untuk mencetak sebuah rekor baru.

Kali ini, apa yang mereka catatkan cukup ironi lantaran berhubungan dengan harga kekayaan seseorang. Seperti disebutkan di atas, lembaga ini baru saja memberikan penghargaan rekor baru kepada Elon Musk.

Dalam laporan yang diturunkan Insideevs, CEO Tesla, Twitter dan Space-X, dikabarkan mengalami kemerosotan kekayaan yang luar biasa sebesar 65 persen atau kehilangan USD 200 miliar.

Saat ini, kekayaan yang dimiliki oleh Elon Musk senilai USD 137 miliar. Namun, berdasarkan data Bloomberg Billionaires Index, pada November 2021 ia memiliki kekayaan senilai USD 340 miliar.

Akibatnya, setelah adanya kemerosotan kekayaan Elon Musk tersebut, kini ia berada di nomor dua karena pada posisi nomor satu ditempati oleh Bernard Arnault, pendiri barang mewah LVMH (Luis Vuitton Moet Hennessy).

Akibat situasi tersebut, dikatakan sosok yang memiliki banyak pengikuti di dunia maya kehilangan yang dialami oleh ia diperkirakan sebesar USD 182 miliar.

Ini menjadi kehilangan kekayaan paling besar setalah pernah terjadi oleh investor teknologi Jepang, Masayoshi Son pada 2000 silam.

Meski ada citra yang tidak baik bagi Elon Musk, namun Tesla saat ini masih menjadi perusahaan mobil paling berharga di dunia dengan penilaian pasar sebesar USD 375 miliar per 9 Januari 2023.

Adapun kapitalisasi pasar Tesla berkisar USD 150 miliar lebih besar dari Toyota, pembuat mobil terbesar kedua dalam hal penilaian pasar.


Moncer, Penjualan Hyundai Tembus 30 Ribu Unit Lebih pada 2022

Penjualan Hyundai Motors Indonesia (HMID) menunjukkan pencapaian yang cukup positif pada tahun lalu. Pabrikan asal Korea Selatan ini, mampu mencatatkan penjualan lebih dari 30 ribu unit pada 2022, dengan mengandalkan berbagai model andalannya seperti mobil listrik Ioniq 5, Creta, dan juga LMPV anyar, Stargazer.

"Pada 2020, kami menjual hampir 200 unit secara retail. Pada 2021, kami menjual hampir 3.000 unit. Pada 2022, pencapaian kami lebih dari 30 ribu unit," jelas jelas Makmur, Chief Operating Officer (COO) HMID, saat acara media gathering di Lavva, Plaza Senayan, Rabu (11/1/2023).

Dilihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan retail hyundai pada 2021 adalah 2.875 unit. Sedangkan pada saat presentasi, penjualan merek Negeri ginseng ini mencapai lebih dari 30 ribu unit.

"Ini membuktikan tahun lalu peningkatan kami 10 kali lipat dibandingkan 2021," tegasnya.

Sementara itu, pada tahun ini, Hyundai juga memiliki target untuk tetap mempertahankan penjualan pada 2022, dan tentu saja jika mampu melebihi catatan pada tahun lalu lebih baik. Salah satu caranya, adalah dengan meningaktkan pelayanan purna jual, dengan terus berekspansi menghadirkan diler pada 2023.

Pada 2022, Hyundai sendiri total memiliki 123 diler yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Sebanyak 100 diler di antaranya, melayani 3S (Sales, Services, dan Sparepart). Sementara sisanya, hanya melayani penjualan saja.

Berbicara penambahan diler, sepanjang 2023, Hyundai akan mendirikan sebanyak 17 jaringan penjualan baru.

"Jadi kita di tahun 2023 ini rencananya kita akan lihat segmen dan daerah-daerah lainnya yang masih belum kita distribusi. Kita rencanakan kira-kira 140 total," tukas Makmur.


Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym

 

Kejanggalan yang Dianggap Menyesatkan

Sederet Kejanggalan di Memoar Pangeran Harry yang Dianggap Menyesatkan Publik

Liputan6.com 2023-01-12 10:03:30
Pangeran Harry. (AP Photo/Martin Meissner)

Pangeran Harry kembali berada di tengah gelombang kritik publik akibat memoar barunya Spare. Pasalnya, diklaim terdapat sederet "informasi yang menyesatkan" dalam buku yang resmi dipublikasi pada 10 Januari 2023 tersebut.

Salah satunya, dikutip dari Page Six, Kamis (12/1/2023), Duke of Sussex menulis bahwa Raja Henry VI adalah "kakek buyutnya." Namun, pembaca berkomentar di media sosial untuk menunjukkan mengapa itu tidak mungkin, mengingat putra tunggal Henry VI meninggal dunia sebelum punya anak.

"Putra satu-satunya Henry VI, Edward dari Westminster, terbunuh di Pertempuran Tewkesbury pada 1471 ketika berusia 17 tahun," cuit seorang pengguna Twitter.

Sementara yang lain berkomentar, "Henry VI tidak punya anak lain, jadi bagaimana ia bisa jadi leluhur langsung? Pangeran Harry tampaknya berpendidikan 'sangat longgar.' Mungkin Eton (sekolah Harry yang didirikan Raja Henry VI) berutang pengembalian dana biayasekolah pada Yang Mulia Raja (Raja Charles III)."

Yang lain menulis, "Pangeran Harry bahkan tidak dapat memeriksa fakta silsilah keluarganya sendiri mengingat ia tetap menganggap dirinya sebagai keturunan Raja Henry VI, yang putranya meninggal tanpa anak pada usia 17 tahun."

Kesalahan kedua yang telah "diperiksa kebenarannya" adalah seputar klaim Pangeran Harry bahwa ayah Meghan Markle, Thomas Markle, dibelikan tiket pesawat kelas satu dari Meksiko ke Inggris dengan Air New Zealand. "Kami mengatakan padanya, tinggalkan Meksiko sekarang," ia menulis.

"Tingkat gangguan yang sama sekali baru akan menimpa Anda, jadi pergilah ke Inggris. Sekarang," imbuhnya. "Air New Zealand, kelas satu, dipesan dan dibayar oleh Meg."


Awal Klaim

Namun demikian, juru bicara Air New Zealand mengatakan pada New Zealand Herald pada Rabu, 11 Januari 2023, bahwa maskapai tersebut "tidak pernah mengoperasikan penerbangan" antara Meksiko dan Inggris Raya. Juga, mereka hanya menawarkan tarif Bisnis Premier, bukan kelas satu.

Sebelum itu, salah satu kesalahan pertama yang menarik perhatian pembaca adalah klaim Harry bahwa ia sedang bersekolah di Eton ketika mengetahui nenek buyutnya, Ibu Suri, meninggal pada Maret 2002. Tapi, sederet foto dari hari-hari menjelang kematian Ratu Elizabeth dan hari sesudahnya menunjukkan bahwa sang pangeran sedang dalam perjalanan ski di Swiss.

Kesalahan mencolok tersebut membuat orang menggali lebih banyak kesalahan, dan begitulah cara mereka mengetahui bahwa Harry diduga berbohong tentang menerima Xbox sebagai hadiah pada 1997. Disebutkan bahwa Putri Diana telah membelikan gim konsol untuk ulang tahun ke-13 Harry.

Itu diberikan oleh mendiang saudara perempuan ibunya, Lady Sarah McCorquodale, setelah sang putri meninggal dunia secara tragis. Namun, Xbox tidak ada hingga 2001 dan tidak dijual di Inggris hingga setahun kemudian.


Tuai Pro Kontra

Di sisi lain, tetap ada warganet yang terus membela Pangeran Harry dan mengklaim bahwa itu hanyalah kekeliruan minor dalam proses penulisan. "Saya pikir maksud Harry adalah PlayStation yang dirilis pada 1995, atau konsol sebelum Xbox," tweet seorang pengguna.

"Menamai benda itu bisa saja membingungkandan ia berusia 13 tahun saat itu. Itu 20+ tahun lalu setelah kehilangan traumatis yang sangat besar. Ibunya memberinya gim konsol. Kalian semua nitpick setiap detail," sambung warganet lain.

Yang lain menunjukkan bagaimana penulis bayangan memoar Harry, JR Moehringer, seorang jurnalis pemenang Hadiah Pulitzer, mungkin akan disalahkan pasangan Sussex karena sederet "informasi menyesatkan" tersebut.

"Saya memberi waktu sekitar sebulan sebelum Harry dan 'pemiliknya' Meghan mencoba melemparkan @JRMoehringer ke bawah bus (menyalahkannya) dan mengklaim bahwa kehancuran total reputasi Harry karena #Spare adalah kesalahan si penulis bayangan. Semoga ia memiliki klausul non-disparagement yang sangat kuat," tulis seorang pengguna Twitter.


Istana Bereaksi?

Perwakilan untuk Pangeran Harry dan Penguin Random House, perusahaan penerbit memoat tersebut, tidak segera menanggapi permintaan Page Six untuk mengomentari ketidakkonsistenan tersebut. Namun, Duke of Sussex telah muncul di beberapa wawancara TV di mana ia mengklaim bahwa bukunya berisi kebenaran tentang hidupnya.

Pada Selasa malam, 10 Januari 2022, Harry muncul di The Late Show with Stephen Colbert dan bercanda tentang pengecekan fakta serial Netflix The Crown. Ia berkata sambil menunjuk ke memoarnya, "Ngomong-ngomong, alasan lain mengapa begitu penting adalah bahwa sejarah benar."

Istana Buckingham sejauh ini belum mengeluarkan pernyataan langsung terkait memoar dan sejumlah wawancara Harry. Namun, istana sebenarnya bereaksi dalam "sunyi," lapor kanal Global Liputan6.com.

Kuasa hukum Istana Buckingham dilaporkan telah meminta ABCdan CBSuntuk membagikan rekaman utuh wawancara Harry sebelum mempertimbangkan apakah akan mengomentari berbagai klaimnya yang menyudutkan keluarga Kerajaan Inggris. Tapi, permintaan tersebut ditolak kedua media.

Menyusul peluncuran resmi Spare, Harry memang melakukan wawancara dengan sejumlah media. Salah duanya adalah ABC melalui program "Good Morning America" dan CBS lewat program "60 Minutes," catat People.

Presiden Akui 12 Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu

Komnas HAM Sambut Baik Niat Jokowi Akui dan Tuntaskan 12 Pelanggaran HAM Berat

Liputan6.com 2023-01-12 06:50:25
Presiden Joko Widodo didampingi Ketua Dewan Pengarah Tim Penyelesaian Non-Yudisial Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu memberikan keterangan terkait pelanggaran HAM masa lalu di Istana Merdeka, J

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyambut baik sikap dari Presiden Joko Widodo yang mengakui adanya 12 pelanggaran HAM Berat masa lalu agar bisa segera ditindaklanjuti.

"Pengakuan tersebut memperlihatkan adanya komitmen pemerintah sebagai pemangku kewajiban (duty bearer) dalam pemulihan hak korban, untuk memberikan kompensasi, restitusi dan rehabilitasi," kata Ketua Komnas HAM, Atnike Nova Sigiro dalam keterangannya, dikutip Kamis (12/1/2023).

Sebagaimana diatur dalam; Undang- Undang Nomor 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM; Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2018; Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2002; dan Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2022 tentang Tim Penyelesaian Non Yudisial Pelanggaran HAM yang Berat Masa Lalu.

Disamping itu, Atnike juga meminta kepada pemerintah menjamin tidak terulangnya kasus pelanggaran HAM Berat setelahnya. Dengan melakukan perbaikan dari berbagai sektor tatanan kelembagaan negara, hingga pendidikan dan pelatihan HAM.

"Mendukung jaminan ketidakberulangan peristiwa Pelanggaran HAM yang Berat dengan membangun pemajuan dan penegakan HAM yang efektif," ujarnya.

Kemudian, Komnas HAM juha meminta Menkopolhukam, Mahfud MD untuk memfasilitasi koordinasi antara Komnas HAM dengan Kejaksaan Agung terkait tugas dan kewenangan dalam menjalankan penyelidikan dan penyidikan.

"Guna menyelesaikan Peristiwa Pelanggaran HAM yang Berat melalui mekanisme yudisial (sidang)," kata dia.

Sebab, ada beberapa kasus atas hak korban untuk pemulihan hingga kini belum mendapatkan haknya atas pemulihan, yaitu Peristiwa Tanjung Priok 1984, Peristiwa Timor-Timor 1999, Peristiwa Abepura 2000, dan Peristiwa Paniai 2014.

Kemudian meminta berbagai institusi, untuk turut mendukung kebijakan pemerintah terkait tindak lanjut atas laporan Tim PPHAM. Dan membuka ruang bagi korban untuk mengajukan status sebagai korban Pelanggaran HAM Berat.

"Meminta Menkopolhukam untuk merumuskan langkah konkret tindak lanjut atas laporan Tim PPHAM," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membaca laporan Tim Penyelesaian Non Yudisial Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) Berat Masa Lalu. Tim itu sebelumnya dibentuk Berdasarkan keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2022.

Kepala Negara mengakui bahwa pelanggan HAM berat memang terjadi dalam berbagai peristiwa di masa lalu. Jokowi menyesalkan pelanggaran HAM berat yang terjadi.

"Dengan pikiran yang jernih dan hati yang tulus saya sebagai kepala negara Republik Indonesia mengakui bahwa pelanggaran hak asasi manusia yang berat memang terjadi di berbagai peristiwa, dan saya sangat menyesalkan terjadinya peristiwa pelanggaran hak asasi manusia yang berat," kata Jokowi saat jumpa pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (11/1).


12 Peristiwa Pelanggaran HAM

Ada 12 peristiwa pelanggaran HAM berat yang disebutkan Jokowi. Di antaranya peristiwa 1965-1966, peristiwa penembakan misterius 1982-1985, peristiwa taman sari Lampung 1989, dan peristiwa rumah geudong dan pos sattis Aceh 1989.

Berikutnya, peristiwa penghilangan orang secara paksa tahun 1997-1998, peristiwa kerusuhan Mei 1998, dan peristiwa Trisakti dan Semanggi I - II pada 1998-1999.

Selanjutnya, peristiwa pembunuhan dukun santet 1998-1999, peristiwa Simpang KKA Aceh tahun 1999, peristiwa wasior Papua 2001-2002, peristiwa Wamena Papua 2003 dan peristiwa jambo keupok Aceh tahun 2023.

Jokowi menaruh simpati dan empati yang mendalam kepada para korban dan keluarga korban. Dia berupaya agar pelanggaran HAM tak terjadi lagi.

"Saya dan pemerintah berusaha untuk memulihkan hak hak para korban secara adil dan bijaksana tanpa menegasikan penyelesaian Yudisial," tutupnya.

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

Penulis Bayangan Autobiografi Kontroversial Pangeran Harry

Profil JR Moehringer, Penulis Bayangan Autobiografi Kontroversial Pangeran Harry

Liputan6.com 2023-01-11 20:00:05
John Joseph Moehringer penulis hantu buku autobiografi Pangeran Harry. (Dok: Twitter @JRMoehringer)

Autobiografi Pangeran Harry bisa dibilang memoar paling kontroversial tahun ini. Buku setebal 416 halaman itu menjabarkan sederet pengakuan Pangeran Harry yang tumbuh dalam lingkup keluarga kerajaan Inggris.

Seperti banyak tokoh terkenal lainnya, Pangeran Harry mendapat bantuan dari penulisbayangan JR Moehringer. Dia adalah seorang jurnalis dan penulis yang berbasis di Amerika Serikat. Pria berusia 58 tahun itu diketahui pernah memenangkan Hadiah Pulitzer pada 2000 untuk artikelnya 'Crossing Over'.

Publik pun penasaran dengan sosok pria yang menulis dengan nama pena JR Moehringer. Menurut surat kabar The National News yang berbasis di Abu Dhabi, Moehringer lahir di New York dan dibesarkan di dusun Manhasset.

Mengutip dari Firstpost, Rabu (11/1/2023), John Joseph Moehringer dibesarkan oleh seorang ibu tunggal yang tinggal bersamakakek neneknya sebelum pindah ke Arizona untuk melanjutkan sekolah menengah. Moehringer lulus dari Universitas Yale dengan gelar BA, menurut Daily Mail.

Dia memulai karier jurnalistiknya sebagai Asisten Berita di New York Times. Dia telah bekerja untuk beberapa publikasi Amerika seperti Rocky Mountain News dan Los Angeles Times.

Terobosan besarnya datang saat menulis artikel Times tentang petinju tahun 1950-an Bob 'Bombardier' Satterfield, yang dia temukan sedang tidur di bangku taman di Los Angeles. Artikel itu diterbitkan pada 1997.

Artikel itu yang menginspirasinya membuat buku berjudul Resurrecting the Champ pada 1998. Karya itu mengantarnya menjadi finalis Pulitzer Prize in Feature Writing, tapi tak menang. Buku tersebut kemudian diadaptasi menjadi film dengan nama yang sama yang dibintangi oleh Samuel L Jackson.


Peraih Penghargaan Pulitzer

Menurut majalah People, Moehringer baru meraih Pulitzer pada 2000 lewat artikelnya yang mengulas kota sungai terpencil di Alabama. Kota sungai itu merupakan rumah bagi beberapa keturunan budak.

Hadiah Pulitzer, mengutip dari Britannica, merupakan salah satu dari penghargaan tahunan yang prestisius bagi para jurnalis. Penghargaan itu diberikan oleh Universitas Columbia, di Kota New York untuk pelayanan publik yang luar biasa.

Hadiah tersebut awalnya diberikan dalam bentuk hadiah uang sebesar 500 ribu dolar AS dari tokoh surat kabar Joseph Pulitzer sejak 1917. Penghargaan Pulitzer dibuat oleh Universitas Columbia atas rekomendasi Dewan Hadiah Pulitzer, yang terdiri dari juri yang ditunjuk oleh Universitas. Hadiah bervariasi dalam jumlah dan kategori selama bertahun-tahun diselenggarakan.

Pada 2005, Moehringer merilis memoarnya The Tender Bar. Buku itu mengulas tantangan masa kecilnya, hubungannya dengan ibunya, dan perjuangannya mengatasi kecanduan alkohol. Buku terlaris ini diadaptasi menjadi film pada 2021 yang disutradarai oleh George Clooney dan menampilkan Ben Affleck.


Kolaborasi Sebelumnya

Moehringer bukanlah pendatang baru di bidang ghost writing. Dia membantu legenda tenis Andre Agassi dengan autobiografinya pada 2009 Open dan pendiri Nike Phil Knight dengan memoarnya Shoe Dog.

Dalam wawancara pada 2012 dengan NPR tentang buku Agassi, Moehringer menjelaskan proses pemikirannya. "Anda mencoba dan memikirkan seperti mereka, dan meskipun Anda memikirkan orang ketiga, Anda menulis orang pertama, jadi prosesnya adalah bayangan cermin satu sama lain, tetapi mereka tampak sangat simpatik," katanya.

Moehringer lebih lanjut menjelaskan kolaborasinya dengan Agassi. "Saya sangat senang bisa meneleponnya, duduk bersamanya, setiap kali saya menemukan sesuatu dan tidak tahu seperti apa atau baunya."

Moehringer pada 2012 menulis Sutton, berdasarkan kisah perampok bank Willie Sutton, menurut The National News. Jasa ghost writing-nya menelan biaya 1 juta dolar AS atau setara Rp15,4 miliar menurut Page Six. Jumlah yang terbilang fantastis untuk jasa di bidang kepenulisan.

Goshwriter atau penulis bayangan adalah seseorang yang dibayar untuk menulis buku, artikel, pidato, atau jenis karya tulis lainnya atas nama orang lain. Banyak pengarang untuk orang lain menandatangani perjanjian kerahasiaan yang menyatakan bahwa mereka tidak akan mengungkap identitasnya, menurut National News, walau kini sepertinya kerahasiaan itu tidak selalu berlaku.


Niatan Pangeran Harry

Mengutip kanal Global Liputan6.com, Pangeran Harry mengklaim tak ada niat merusak keluarga Kerajaan Inggris dengan peluncuran otobiografinya. Dalam situasi ini, ia menyebut rekonsiliasi bersama keluarga hampir mustahil, dikutip dari NST.com.my, Rabu (11/1/2023).

"Saya ingin ayah saya kembali. Saya ingin saudara laki-laki saya kembali," katanya dalam sebuah wawancara kepada saluran Inggris ITV sebelum penerbitan autobiografi Spare.

Dalam buku tersebut, Harry mengakui masa remajanya diwarnai dengan narkoba dan alkohol, serta keputusannya untuk menyiarkan rahasia keluarga di depan umum. Banyak juga kalimat yang seakan-akan menyerang ayahnya, Raja Charles III, saudara laki-laki William dan sang ibu tiri Camilla serta saudara iparnya, Kate Middleton.

Sementara itu Charles dijadwalkan akan dinobatkan sebagai raja pada 6 Mei 2023. Harry diperkirakan akan diundang meski diyakini tidak akan datang ke acara tersebut. "Saya benar-benar tidak bisa membayangkan bagaimana proses rekonsiliasi dengan keluarga bisa terjadi," kata Pauline Maclaran, seorang profesor di Universitas Royal Holloway London dan penulis buku tentang monarki, kepada AFP.

"2024 Selesai, Saya Pensiun"

Luhut: 2024 Selesai, Saya Pensiun

Liputan6.com 2023-01-11 17:45:03
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam sambutannya di Ibadah Syukur Awal Tahun Kantor Pusat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP). Dia menegaskan ak

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan akan pensiun di 2024. Dia mengaku sudah enggan lagi menjadi pejabat di pemerintahan.

Diketahui, 2024 adalah habisnya masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo di periode keduanya. Luhut disebut-sebut menjadi menteri andalan Jokowi untuk berbagai persoalan, termasuk dalam menangani Covid-19 di Indonesia.

"Waktu saya, 2024, selesai saya pensiun, ndak mau lagi saya macam-macam (menjadi pejabat)," kata dia dalam sambutannya di Ibadah Syukur Awal Tahun Kantor Pusat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), dikutip Rabu (11/1/2023).

Dia menyampaikan hal ini kaitannya dengan setiap orang ataupun pejabat memiliki waktunya sendiri. "Jadi saya tahu, karena saya tahu dibawah langit ini semua ada waktunya," ungkapnya.

Luhut menegaskan, setiap pejabat memiliki periodenya masing-masing. Sehingga tidak bisa terus menerus menjabat salah satu posisi, seiring berjalannya waktu, masa pejabat akan habis.

"Kita sebagai pejabat, jangan merasa selamanya jadi pejabat, its a mater of time, semua waktumu ada," tegasnya.

"Tidak boleh ktia memaksakan diri kita melawan itu, tidak ada yang abadi, yang abadi itu adalah tuhan tadi, itu mesti kita pegang," pungkas Menko Luhut.


Sinyal Berhentinya Luhut

Menurut catatan Liputan6.com, sebenarnya sinyal Menko Luhut pensiun ini bukan kali pertama. Beberapa waktu lalu ia pernah mengungkap hal senada.

Namun, pada waktu itu dia menegaskan penolakannya terkait dengan tawaran menjadi calon wakil presiden.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan dirinya menolak diusung menjadi calon wakil presiden (Cawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Menko Luhut menyatakan, hingga saat ini dirinya tak pernah terbesit untuk melanjutkan kiprahnya di dunia politik selepas masa jabatannya sebagai menteri habis pada 2024 mendatang.

"Enggak, saya sudah bilang saya tak terpikir untuk ke situ lagi, saya 2024 saya pikir sudah cukup lah," kata Luhut saat ditemui di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Sabtu (29/10/2022).

Semua tawaran menjadi cawapres baik dari partai politik maupun aspirasi dari masyarakat akan dia tolak. Sebab, dirinya saat ini masih fokus menjalankan tugasnya sebagai pembantu presiden di Kabinet Indonesia Maju hingga 2024 mendatang.

"Iya (tawaran cawapres ditolak)," katanya tegas.


Menko Luhut Soal OTT

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kembali menyinggung soal operasi tangkap tangan (OTT). Menurutnya, tindak OTT menjadi bukti kalau sistem yang dijalankan masih belum berjalan dengan baik.

"Bukan soal berani tidak berani nangkap OTT ya, kalau membuat OTT-OTT itu saya kira bagus, tapi kan kalau terus-terus begitu, kita nanti jadi negara apa dibilang orang. 'Ini negara katanya hebat tapi masih OTT aja' kenapa? Berarti sistem kita ndak baik," ujar Luhut dalam Greenports Award 2022, di Kemenko Marves, Rabu (28/12/2022).

"Jadi sistem kita harus dibangun, jadi saya minta supaya jangan salah ngerti dengan membangun siatem digitalisasi kita akan mengurangi tadi, inefisiensi," tambahnya.


Digitalisasi

Kali ini, pernyataan Menko Luhut ditujukan pada sistem digitalisasi yang tengah dibangun. Khususnya digitalisasi pelabuhan di Indonesia, dimana mayoritas juga dikelola oleh PT Pelindo.

Menurutnya, dengan digitalisasi pelabuhan, hal itu bisa mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan seperti korupsi yang berujung OTT KPK. Di sisi lain digitalisasi jadi bukti sistem sudah mampu berjalan secara profesional dan efisien.

"Membuat efisiensi, menambah penerimaan negara, membuat kita lebih disiplin. Tapi penting tentu kita awasi jangan nanti ada sistem down dibuat orang lain. Itu penting, jadi itu pencegahan namanya," ungkap Menko Luhut.

"Kita nih jangan jadi senang melihat orang lain menderita. Saya terus terang orang yang gak suka melihat itu. Pada dasarnya kan manusia itu punya sifat jahat, makanya (ada) sifat jahat-sifat baik, makanya agama diturunkan, peraturan perundang-undangan dibuat, segala macam untuk membuat koridor supaya ktia tidak membuat anu (perbuatan jahat)," sambungnya.

Dilarang Bawa Lato-Lato ke Sekolah di Bandung

HEADLINE: Larangan Bawa Lato-Lato ke Sekolah di Bandung, Plus Minus Permainannya?

Liputan6.com 2023-01-13 00:00:25
Bukti bahwa lato-lato punya sejarah yang panjang pernah didokumentasikan dalam sebuah video dokumenter tahun 1971 dengan latar suara berbahasa Belanda (Nederlands Instituut voor Beeld en G

Fatimah gundah, ibu rumah tangga di Kabupaten Bandung, Jawa Barat itu baru saja mendapat pesan berantai di grup WhatsApp. Isinya foto seorang anak terbaring lemas di ranjang rumah sakit, mengenakannurse cap hijau, dan sebelah matanya diperban. Foto itu dibarengi narasi yang isinya:

Pesan berantai itu anehnya ditemukan lagi dengan narasi yang berbeda-beda di tiap daerah, membuat para orangtua was-was, takut biji mata anaknya tertukar dengan bola lato-lato yang keras.

Terlepas dari benar atau tidaknya isi pesan berantai tersebut, kecelakaan saat bermain lato-lato, yang menyebabkan mata pecah atau dahi benjol, atau terkena pecahan bola lato-lato sangat mungkin terjadi. Apalagi, jika lato-lato dimainkan anak-anak tanpa pengawasan orangtua.

Lalu permainan apa sebenarnya lato-lato? Lato-lato merupakan mainan berupa dua bola plastik berbobot padat dan keras dengan permukaan halus. Dua bola itu diikat seutas tali dengan cincin jari di tengah. Memainkan lato-lato butuh ketangkasan dengan mengandalkan keterampilan fisik.

Secara umum, cara memainkannya adalah dengan mengayunkannya secara cepat hingga dua bola saling berbenturan dan menghasilkan bunyi yang khas. Konon, bunyi benturan dua bandul bola pada lato-lato yang khas menjadi daya tarik yang membuat pemainnya ketagihan untuk terus-terusan memainkannya.

Lato-lato ternyata sudah populer di Amerika Serikat sejak tahun 60-an. Penamaannya pun berbeda-beda, ada yang menyebutnya dengan clackers, click-clacks, knockers, dan masih banyak lagi. Di Indonesia sendiri permainan ini muncul pada era 90-an.

Di Indonesia, istilah lato-lato berasal dari bahasa Makassar, yakni latto-latto,yang berarti bunyi-bunyi. Ada juga yang menyebutnya dengan nok-nok, di Gorontalo.

Melansir dari Groovy History, sejak awal kemunculannya di Amerika Serikat, lato-lato dikenal sebagai permainan yang cukup membuat ibu-ibu di negeri Paman Sam itu khawatir, karena dianggap berbahaya dan bisa menyebabkan cedera.

Cara memainkan lato-lato yang dibenturkan dengan cepat bisa menyebabkan bola lato-lato pecah atau lepas dari talinya dan membuat anak cedera. Terlebih, suara bising yang dihasilkannya juga dianggap mengganggu konsentrasi dan kenyamanan.

Sekarang mainan lato-lato kembali hits di Indonesia. Di kampung-kampung, di desa dan perkotaan, di gang-gang sempit hingga ke komplek perumahan mewah, tiap anak memainkan lato-lato. Lato-lato bahkan jadi ajang perlombaan. Di Sidoarjo, Jawa Timur, seorang bocah dapat hadiah kambing usai memecahkan rekor memainkan lato-lato tanpa henti selama berjam-jam.

Sementara di sisi lain, laporan kecelakaan saat memainkan lato-lato juga terus muncul. Video-video yang menggambarkan efek negatif lato-lato viral di media sosial.

Tak mau kecolongan potensi bahaya lato-lato, Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Pendidikan (Disdik) menerbitkan surat nomor B/PK.03.02/485-DISDIK/I/2023 tentang Kegiatan Pembelajaran Semester II. Di mana pada poin dua menekankan, agar seluruh ekosistem satuan pendidikan dan orang tua peserta didik untuk bersama-sama saling mengawasi maraknya permainan konvensional maupun digital.

Selain itu, siswa tidak membawa atau bermain segala bentuk permainan yang tidak berkaitan dengan pembelajaran (KBM) ke dalam lingkungan sekolah.

Poin tersebut diejawantahkan pada soal permainan lato-lato yang sedang tren saat ini. Adanya suara yang ditimbulkan dari permainan tersebut dianggap telah mendistraksi kegiatan belajar mengajar (KBM).

Kepala Disdik Kota Bandung Hikmat Ginanjar mengatakan, banyak aneka permainan untuk tumbuh kembang anak. Namun perlu adanya pendampingan dan diberi pemahaman dari orangtua. Sehingga dibutuhkan kerja sama agar tidak sampai mencelakai siapapun.

Hikmat menjelaskan, ada banyak informasi di media sosial bahwa permainan lato-lato memakan korban. Mengakibatkan anggota tubuh lebam bahkan ada yang harus mendapat tindakan medis di daerah lain.

"Untuk mencegah kondisi yang tidak diinginkan, Dinas Pendidikan mengeluarkan edaran yang melarang membawa mainan yang tidak berkaitan dengan proses KBM di sekolah," kata Hikmat dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis (12/1/2023).

Lato-lato permainan jadul yang tengah viral dimainkan di masyarakat Indonesia. Memiliki banyak manfaat, tetapi juga terdapat dampak negatif jika tidak dimainkan dengan benar.


Ramai-Ramai Larang Lato-Lato

Setali tiga uang dengan Disdik Bandung, Disdikbud Kota Banda Aceh juga telah mengeluarkan surat edaran larangan membawa dan bermain lato-lato di lingkungan satuan pendidikan atau sekolah di Ibu Kota Provinsi Aceh.

Kepala Disdikbud Banda Aceh Sulaiman Bakri menegaskan, surat edaran itu berlaku untuk semua sekolah jenjang sekolah di Provinsi Aceh, mulai dari TK, SD, dan SMP, hingga SMA. Sulaiman mengatakan, larangan tersebut dibuat karena permainan lato-lato dinilai dapat membahayakan siswa-siswi, bunyinya juga sangat mengganggu kenyamanan selama proses belajar mengajar.

"Bunyinya dan tingkat keamanannya cukup mengganggu kondusivitas belajar mengajar di lingkungan sekolah," ujarnya.

Kebijakan larangan tersebut, kata Sulaiman, juga sebagai salah satu upaya mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal membahayakan bagi peserta didik yang ditimbulkan dari permainan tersebut.

Selain itu, ketentuan itu juga telah sesuai imbauan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemenristekdikti) RI yang mengatur tentang kewajiban setiap sekolah membuat lingkungan satuan pendidikan yang kondusif, nyaman, tertib, dan terhindar dari kondisi yang membahayakan peserta didik.

Sulaiman hanya menyarankan, para pelajar agar bisa memanfaatkan waktu luang di sekolah dengan permainan bermanfaat untuk pendidikan, seperti program literasi dan numerasi sekolah.

Selain itu, Sulaiman juga meminta kepada para guru atau tenaga pendidik untuk melakukan sosialisasi melalui berbagai media sosial tentang bahaya dari permainan lato-lato jika tidak dalam pengawasan orang dewasa atau profesional.

"Tidak ada sanksi yang diberikan, tetapi sekolah diharapkan dapat memberikan edukasi tentang permainan yang bermanfaat bagi pendidikan dengan arif dan bijaksana," kata Sulaiman.

Tak hanya Bandung dan Aceh, larangan memainkan lato-lato di lingkungan sekolah juga muncul di Semarang, Jateng. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Kota Semarang Suwarto, Rabu kemarin (11/1/2023) mengatakan, larangan tersebut telah disampaikan Disdik Kota Semarang melalui koordinator-koordinator satuan pendidikan (korsatpen) untuk disampaikan kepada sekolah di seluruh jenjang pendidikan.

Kepala Bidang Sekolah Dasar (SD) Disdik Kota Semarang Hidayatullah menjelaskan, sekolah diminta membuat surat edaran kepada orangtua siswa mengenai larangan membawa lato-lato.

"Lato-lato kalau kena mata dan kepala kan bahaya karena itu (bahannya) keras. Di beberapa daerah, lato-lato juga sudah memakan korban. Makanya, kami minta sekolah mengawasi siswanya," katanya.

Di samping membahayakan karena terbuat dari material keras dan cara memainkannya yang dibentur-benturkan, suara yang ditimbulkan permainan itu juga bising sehingga bisa mengganggu kegiatan pembelajaran.

"Kami kewenangannya kan hanya di sekolah. Tidak bisa melarang mereka memainkannya di rumah. Namun, semestinya perlu kesadaran orangtua untuk mengawasi dan mengingatkan anaknya dalam bermain," katanya.

Selain melarang, Disdik juga meminta korsatpen untuk mendata sekolah-sekolah yang ada di wilayahnya mengenai temuan siswa yang membawa lato-lato dan sejauh ini sudah terkondisikan dengan baik.

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalbar pun demikian. Ada urgensi yang mendesak untuk menerbitkan surat edaran larangan permainan lato-lato di satuan pendidikan.

Sama halnya dengan para guru dan mentor yang lain, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya M Ayub, Rabu (11/1/2023) mengatakan, permainan lato-lato menimbulkan suara bising yang dapat mengganggu suasana belajar di sekolah, apalagi juga berpotensi mengakibatkan cedera.

Terkait hal itu, kata Ayub, seluruh warga satuan pendidikan dilarang membawa dan memainkan lato-lato di lingkungan satuan pendidikan.

"Diminta agar kepala satuan pendidikan membuat regulasi larangan dan sanksi terkait permainan lato-lato di lingkungan satuan pendidikan," ujarnya.

Ayub melanjutkan, kepala satuan pendidikan juga diminta melakukan koordinasi dan komunikasi intensif dengan Komite Sekolah dan orang tua peserta didik.

"Pendidik dan tenaga kependidikan wajib mengawasi agar peserta didik tetap aman selama berada di lingkungan satuan pendidikan," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, bahwa seorang siswa kelas 3 SD Negeri Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, bernama Arfa Naizar, menjadi korban permainan lato-lato. Ia mengalami cedera mata sebelah kiri hingga harus dirawat di rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Marijan mengungkapkan, saat ini korban telah memasuki masa pemulihan setelah sempat dirawat selama dua hari di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soedarso Pontianak.

"Serpihannya memasuki mata dan mengakibatkan bola mata tersebut luka. Sehingga pada saat terkena, si korban tidak bisa membuka matanya. Lalu orang tuanya bergegas membawa ke Rumah Sakit Sudarso untuk dilakukan penanganan dan korban pun dirawat selama dua hari," tuturnya.


Dilarang di Sejumlah Negara

Tak hanya di dalam negeri, sejumlah negara juga melarang anak-anak bermain lato-lato. Salah satunya adalah negara di mana permainan itu pertama kali muncul, yaitu Amerika Serikat. New York Times pada 12 Februari 1971 pernah memberitakan ada empat orang cedera karena bermain clackers yang di Indonesia disebut lato-lato.

Saat itu juga Food and Drug Administration (FDA) AS langsung mengeluarkan peringatan nasional terhadap bahaya bermain clackers, mainan yang popularitasnya mirip dengan hula-hoop di tahun-tahun sebelumnya.

FDA juga mengumumkan pihaknya akan menguji clackers yang diproduksi banyak perusahaan kala itu, untuk mencari tahu sejauh mana potensi bola bandulan pecah saat dipantulkan secara keras, sebelum memutuskan untuk melarang seluruh produksi clackers beredar di AS.

Larangan ini menarik perhatian Society for the Prevention of Blindness yang menjadi juara melawan bahaya para clackers. Sejumlah komite dan organisasi bermunculan di sekitar bahaya para clackers; menurut sebuah esai oleh Sarah Slobin di Quartz.

Lato-lato kemudian kehilangan 'kekuatan' ketika US Consumer Product Safety Commission (Komisi Keamanan Produk Konsumen AS) menganggap mainan itu sebagai "bahaya mekanis". Orangtua di seluruh penjuru AS pun bergembira karena lato-lato era itu menghilang dari pasar.

Sejak itu, tak ada lagi suara menusuk telinga, yang bagi sebagian orang sangat menyenangkan, membuat ketagihan.

Negara lain yang melarang peredaran lato-lato adalah Inggris. Mengutip situs Cover Cloud, diketahui bahwa lato-lato atau clackers ini juga masuk dalam daftar mainan yang telah dilarang selama bertahun-tahun di seluruh penjuru Inggris.

Mainan yang banyak mematahkan pergelangan tangan anak-anak di Sekolah Dasar di seluruh Inggris pada tahun 70-an. Dua bola plastik yang diikatkan pada seutas tali yang dapat dipegang pengguna untuk membuat bola-bola itu berbenturan satu sama lain.

Selain itu, bola-bola itu kadang-kadang meledak dan pecahannya menyembur sehingga membahayakan.

Mesir juga menjadi salah satu negara yang melarang permainan lato-lato. Tidak ada yang benar-benar tertarik memainkannya saat ini, kecuali anak-anak di Mesir pada tahun 2017.

Ternyata, di Mesir mainan itu disebut "bola sisi", yang disebut-sebut secara sinis mengacu pada buah zakar Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi.

Tentu saja, begitu "bola sisi" menjadi populer, polisi mulai menangkap penjual dan menyita 1.403 pasang mainan tersebut. Untuk beberapa alasan aneh, mereka dianggap menyinggung pemerintah.


Menuai Pro dan Kontra

Meski banyak pemerintah daerah dengan tegas melarang siswa membawa dan memainkan lato-lato di lingkungan sekolah, ternyata ada juga pemda yang beranggapan pelarangan lato-lato di sekolah tidak perlu pakai surat edaran. Di Palangkaraya misalnya, disdik setempat tidak melarang siswa memainkan lato-lato di sekolah.

"Kami masih belum perlu mengeluarkan pelarangan mainan lato-lato di sekolah yang berada di daerah ini," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangkaraya Jayani, Rabu (11/1/2023).

Menurut Jayani, sampai saat ini tidak ada sekolah yang menyampaikan keluhan-keluhan mengenai permainan lato-lato tersebut. Jika pihak sekolah ada yang merasa terganggu dipersilahkan saja untuk melarang peserta didiknya membawa permainan itu ke sekolah.

Meski demikian, Jayani menyarankan para siswa tidak memainkan lato-lato di dalam kelas saat jam belajar, sebab dapat mengganggu aktivitas belajar mengajar.

"Saya mengimbau kalau bermain lato-lato jangan lah di dalam kelas, takutnya itu dapat mengganggu murid yang sedang melaksanakan proses belajar mengajar dan lain sebagainya," ucapnya.

Jayani mengatakan bermain lato-lato di lingkungan sekolah bisa pada jam istirahat saja dan jangan sampai permainan lato-lato mengganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah.

"Apapun keputusan sekolah terkait permainan itu, kami menyerahkan kepada pihak sekolah boleh atau tidaknya bermain lato-lato di sekolah," ungkapnya.

Jayani menambahkan, permainan lato-lato tentunya harus diawasi oleh orang dewasa. Sebab, apabila permainan itu disalah fungsikan bisa berbahaya bagi yang memainkan permainan tersebut.

Harus diakui, dengan maraknya permainan tersebut dimainkan anak-anak memberikan dampak positif yang cukup signifikan. Salah satunya untuk mengasah gerak motorik anak serta mengurangi permainan game online yang tersedia di handphone.

"Ada sisi positif dan ada sisi negatif dari permainan tersebut, semoga saja yang selalu kita dapatkan hal baiknya dan hal buruknya kita tinggalkan," ujar Jayani.

Sepaham dengan Jayani, Kadisdik Pora Yogyakarta, Budhi Asrori, Kamis (12/1/2023) mengatakan, bagaimana pun lato-lato adalah permainan, sehingga siapa pun boleh memainkannya, termasuk siswa sekolah. Tetapi perlu pengawasan guru atau orang tua mengingatkan jika sudah mengganggu aktivitas belajar atau kegiatan lain.

Dia menilai, menjamurnya permainan lato-lato saat ini dinilai bisa menjadi momentum untuk lebih memperkenalkan permainan tradisional ke siswa dan mengalihkan fokus siswa dari gawai. Meski demikian, sekolah juga punya hak untuk mengingatkan atau melarang jika permainan tersebut sudah mengganggu aktivitas belajar mengajar di sekolah, karena pada dasarnya sudah ada tata tertib yang melarang aktivitas yang mengganggu kegiatan belajar mengajar.

Sampai saat ini, kata Budhi, pelarangan memainkan lato-lato di sekolah belum diperlukan, mengingat sampai saat ini belum ada keluhan dari sekolah terkait permainan yang tengah viral tersebut.

"Sampai sekarang kami belum menerima keluhan tentang permainan tersebut," katanya.

Merespons banyaknya surat edaran larangan membawa dan memainkan lato-lato di sekolah, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Dian Sasmita punya pandangan berbeda. Dian mengatakan, sebaiknya sekolah dapat memberikan ruang terbuka kepada siswa untuk mewadahi kreativitas. Hanya perlu edukasi dalam penjelasan memainkan lato-lato ditekankan agar tidak mengganggu jam pelajaran sekolah.

"Pemerintah seperti sekolah atau dinas kebudayaan atau pariwisata dapat mewadahi kreativitas anak terhadap lato-lato. Misalnya, lomba menggambar lato-lato atau bikin instalasi dari lato-lato atau mural tema lato-lato," katanya, Selasa (10/1/2023).

"Artinya, pemerintah perlu sadari bahwa setiap anak membutuhkan dan punya hak untuk bermain. Namun, apakah pemerintah setempat sudah memfasilitasi ruang bermain ramah anak?" sambungnya.

Dian menekankan, agar tidak terlalu terburu-buru melarang anak main lato-lato. Di rumah, misalnya, orangtua bisa bermain lato-lato bersama anak. Mainan anak lato-lato dapat membuat anak gembira.

"Jadi, jangan terburu-buru melarang anak bermain (lato-lato). Temani anak bermain. Karena fase tumbuh kembang anak akan optimal jika mereka dapat bermain dengan gembira dan aman," tegasnya.

Dian Sasmita juga menuturkan, lato-lato sebenarnya bukan permainan baru. Itu adalah permainan zaman dulu alias jadul yang biasa dimainkan anak-anak.

"Sekarang ada fenomena permainan baru, tak hanya orang dewasa namun juga anak anak. Permainan sederhana yang sebenarnya bukan hal baru," tuturnya.

"Karena zaman saya kecil juga sudah ada. Hanya tidak semarak sekarang," ungkapnya.

Bagi Dian, permainan lato-lato serupa main kelereng dan layangan, yang mana harus membutuhkan keterampilan.

"Anak bermain lato-lato, bermain kelereng, bermain layangan, sama-sama membutuhkan skill (kemampuan) khusus. Latihan yang berulang-ulang akan membuat mereka terampil," katanya.

"Selama latihan tersebut, jika ada goresan atau kapalan karena permainan adalah wajar," tambah Dian.

Ada juga manfaat memainkan lato-lato, yakni akan melatih gerak tangan dan konsentrasi anak.

"Saya sangat menghargai keterampilan memainkan lato-lato. Karena saya pribadi memainkannya pun tak langsung bisa. Butuh koordinasi gerak tangan yang stabil dan konsentrasi," pungkas Dian.


Media Healing Pelepas Pening

Pemerhati Anak (Child Expert) Retno Listyarti punya pandangannya sendiri tentang lato-lato. Terlepas dari banyaknya larangan di berbagai daerah agar tidak membawa lato-lato ke sekolah, baginya permainan jadul tersebut juga punya segudang sisi positif.

Misal dapat mengurangi anak kecanduan game online. Dengan main lato-lato yang biasanya bersama dengan teman-teman lain, perlahan-lahan paparan main game pada layar ponsel atau media lain berkurang.

"Lato-lato bisa mengalihkan dan mengurangi dampak kecanduan gawai yang saat ini banyak dialami oleh anak-anak. Mainan ini bisa menstimulus kemampuan motorik anak, meningkatkan fungsi koordinasi antara kemampuan kognitif dan motorik," katanya, Selasa (10/1/2023).

"Fungsi koordinasi antara kognitif dan motorik halus di tangan anak ini terjadi ketika anak berusaha memainkan lato-lato hingga menimbulkan bunyi etek-etek," sambung Retno.

Tak hanya itu saja, mainan lato-lato dapat melatih anak untuk fokus dan konsentrasi. Anak juga dapat menjaga keseimbangan.

"Berpotensi memunculkan sikap kompetitif atau mendorong anak untuk mencapai target untuk berjuang sampai bisa memenangkan momen itu (membenturkan bola)," lanjut Retno.

Dari sisi mental, Retno Listyarti menyampaikan, lato-lato bisa jadi media buat healing. Hal ini ditandai saat bermain lato-lato membuat tertawa.

Di kalangan anak-anak, harga lato-lato juga terjangkau dan murah meriah. Tak ayal, banyak anak menyerbu para penjaja lato-lato.

"Permainan lato-lato juga dapat menjadihealing secara sederhana. Karena permainan ini mampu membuat anak-anak yang memainkannya tertawa, merasakan senang, dengan harga yang murah dan terjangkau," ujar Retno.

Permainan lato-lato kini sedang hits di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat memainkan lato-lato bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat mengunjungi sebuah pasar di Subang, beberapa waktu lalu.

Demam lato-lato juga membawa keceriaan. Hal itu tergambar dari video yang diunggah akun TikTok @muhammad07057, pada Kamis, 5 Januari 2023 lalu. Alih-alih disambut alunan musik romantis atau rebana, pasangan pengantin justru disambut anak-anak yang berbaris rapi sambil memainkan lato-lato di lokasi resepsi.

"Sambut dengan rebana X

Sambut dengan Latto-Latto V," tulis pemilik akun dalam keterangan unggahannya.

Suara lato-lato yang khas itu membuat suasana pernikahan semakin meriah. Wajah tamu undangan yang biasanya tegang kini malah jadi tertawa. Pengantin dan keluarga yang hadir pun juga ikut tertawa geli melihat kelakuan anak-anak yang menyambut mereka dengan lato-lato. Yang lebih mengesankan lagi, anak-anak itu terlihat lihai memainkannya.

Hasilnya, suara yang dihasilkan dapat bertahan lama hingga pengantin masuk ke pelaminan. Mereka yang memainkan lato-lato sepertinya diseleksi dulu dan yang terpilih adalah yang benar-benar sudah mahir memainkannya.

Video lato-lato dalam momen pernikahan yang diunggah pun menjadi viral. Warganet ikut terhibur dengan konsep pernikahan yang unik tersebut.

"Dah lah lato2 bentar lagi jadi tradisi nikah," komentar seorang warganet.

"Pengantin nya tau aja. nyewa Hadroh bisa Rp500 ribu-1 jutaan jutaan. cukup mengundang bocil kampung suruh main lato lato kayaknya gak nyampe 100 ribu udah bisa," komentar warganet lainnya.

Jika memainkan lato-lato mengundang segudang kesenangan bagi anak-anak lalu mengapa harus dilarang?

Sekretaris Disdik Kota Bandung, Tantan Surya Santana mengakui, lato-lato sebagai permainan tradisional yang sudah lama ada punya banyak manfaat, antara lain melatih motorik anak, olahraga tangan, dan menciptakan komunikasi lagi antaranak untuk mau bermain bersama. Bahkan bisa mengurangi ketergantungan anak-anak pada gawai yang selama ini sudah luar biasa.

Meski begitu, Tantan hanya mengimbau, para siswa main lato-lato boleh saja, tetapi jangan sampai mengganggu aktivitas belajar mengajar di sekolah.

"Jadi tidak boleh ada distraksi. Untuk di sekolah, kami membuat surat imbauan kepada seluruh satuan pendidikan. Bukan melarang memiliki lato-lato, tapi jangan memainkan lato-lato di sekolah saat jam belajar," kata Tantan.

Ia menambahkan, anak-anak boleh membawa dan memainkannya, tapi jangan sampai di waktu-waktu kegiatan belajar berlangsung.

"Kami sudah imbau kepada sekolah. Mudah-mudahan bukan hanya lato-lato, tapi seluruh permainan baik konvensional maupun digital. Baiknya memang dimainkan di luar sekolah saja," ujarnya.

Nampaknya pesan Disdik Kota Bandung dan daerah lain yang melarang siswa membawa dan memainkan lato-lato di sekolah sangat jelas, mereka tidak mau pihak sekolah kecolongan dan disalahkan jika ada insiden kecelakaan saat siswa memainkan lato-lato di sekolah.

Melihat banyaknya laporan anak-anak cedera karena bermain lato-lato, sudah saatnya para pelajar punya kesadaran untuk lebih bijaksana saat memainkannya. Tahu tempat dan waktu serta tidak berlebihan. Para orangtua juga dituntut mau mengawasi anak-anaknya yang masih kecil saat bermain lato-lato.

Reporter: Fitri Harsono