Putri Diana Bikin Berang Pemerintah Inggris

15 Januari 1997: Putri Diana Menyusuri Ladang Ranjau Aktif, Seruannya Buat Pemerintah Inggris Berang

Liputan6.com 2023-01-15 06:00:07
Putri Diana bekerja sama dengan Halo Trust pada tahun 1997 untuk mengampanyekan pelarangan ranjau darat secara global. (Dok. John Stillwell/PA via AP)

Sekalipun dibayar, belum tentu ada orang yang mau berjalan melintasi ladang ranjau aktif. Namun, Putri Diana menorehkan kisah tersendiri.

Ia tidak hanya bersedia melakukannya dua kali, tapi juga secara sukarela.

Pada 15 Januari 1997, Putri Diana dengan hati-hati berjalan menyusuri "lintasan aman" yang ada di ladang ranjau darat aktif di Huambo, Angola. Saat itu, ia mengenakan pelindung wajah dan jaket antipeluru bertuliskan The HALO Trust, sebuah kelompok yang mengampanyekan pembersihan ranjau dari bekas zona perang.

Menyadari bahwa sejumlah fotografer belum sempat mengabadikan potretnya saat pertama kali menyusuri ladang ranjau, Putri Diana pun berbalik dan mengulanginya.

Dalam pidato yang mengawali lawatan ikoniknya ke Angola, Putri Diana mengatakan, "Merupakan keistimewaan yang sangat besar bagi saya diundang ke Angola untuk membantu kampanye Palang Merah (Inggris) melarang, sekali untuk selamanya, ranjau darat antipersonel."

"Tidak ada tempat yang lebih tepat untuk memulai kampanye ini selain Angola karena negara ini memiliki jumlah orang yang diamputasi per populasi tertinggi dibanding negara manapun di dunia," ujar Putri Diana seperti dikutip dari People.

"Dengan mengunjungi Angola, kita akan mendapat pemahaman tentang penderitaan para korban ranjau darat dan bagaimana para penyintas dibantu memulihkan diri. Kita juga akan dapat mengamati implikasi yang lebih luas dari senjata penghancur ini terhadap kehidupan... Saya dengan tulus mengharapkan kerja sama... Kita akan memusatkan perhatian dunia pada hal penting ini," imbuhnya.


Seruan Putri Diana Vs Pemerintah Konservatif

Dalam dokumen Kementerian Luar Negeri Inggris, yang dirilis Badan Arsip Nasional, Duta Besar Inggris Roger Hart menuturkan bahwa masyarakat Angola sangat senang dengan kunjungan Putri Diana.

Namun, di lain sisi, apa yang dilakukan Putri Diana mengundang kontroversi. Pasalnya, pemerintah Inggris yang saat itu dipimpin oleh Konservatif menyatakan tidak akan mendukung larangan ranjau darat sampai seluruh negara menandatangani perjanjiannya.

Seruan Putri Diana pun dilaporkan membuat marah para menteri Inggris. Menteri Pertahanan Junior Earl Howe mendeskripsikan sang putri "tidak terkendali" dan "kurang informasi tentang ranjau darat antipersonel".

Bagaimanapun, ada yang menilai bahwa dukungan Putri Diana terhadap larangan ranjau darat merupakan titik balik. Hanya tiga bulan setelah kematiannya, 122 negara menandatangani Traktat Ottawa yang bertujuan melenyapkan ranjau darat antipersonel di seluruh dunia. Saat ini, perjanjian tersebut telah ditandatangani 164 negara.

Perjalanan Putri Diana di ladang ranjau darat tujuh bulan sebelum kematiannya dalam kecelakaan mobil di Paris disebut hanyalah salah satu contoh bagaimana ia membantu membuat monarki menjadi lebih mudah diakses, mengubah cara keluarga kerajaan terhubung dengan publik.

Dengan berlutut, duduk di tepi ranjang rumah sakit, bersentuhan dengan penderita kusta, menulis catatan personal untuk penggemarnya, Putri Diana disebut telah menginspirasi gaya interaksi para bangsawan lain, termasuk kedua putranya. Fenomena tersebut dinilai signifikan di tengah upaya monarki untuk lebih humanis dan tetap relevan dengan zaman.

"Diana punya kecerdasan emosional yang memungkinkan ia melihat gambaran yang lebih besar... tapi juga menyentuh secara pribadi," ungkap CEO HALO Trust James Cowan seperti dikutip dari VOA.


Pangeran Harry Ikuti Jejak Putri Diana

September 2019, Pangeran Harry mengikuti jejak Putri Diana: menyusuri bekas ladang ranjau di Huambo, Angola.

Mengulang kembali langkah ibunya, Pangeran Harry juga dikawal oleh HALO Trust. Seperti Putri Diana, ia pun mengenakan pelindung wajah dan rompi antipeluru.

Duke of Sussex itu mengaku cukup emosional. Dia menambahkan, "Saya sangat bangga dengan apa yang telah ia (Putri Diana) lakukan."

Pangeran Harry menegaskan, "Ranjau darat adalah bekas luka perang yang tidak dapat disembuhkan. Dengan membersihkan ranjau darat kita dapat membantu komunitas menemukan perdamaian dan dengan perdamaian datanglah kesempatan."

Konflik, antara tahun 1975 dan 2002, telah menjadikan Angola salah satu tempat yang paling banyak ditanami ranjau darat di dunia. HALO Trust mencatat terdapat sekitar 1.200 ladang ranjau di sana.

Pada 2019, HALO Trust mengatakan telah menonaktifkan hampir 100.000 ranjau sejak 1994. Tidak jelas berapa yang tersisa.

Ada dua jenis ranjau utama, yaitu ranjau darat antipersonel, yang ditujukan untuk membunuh atau melukai orang dan satunya lagi adalah ranjau antitank, yang dirancang untuk menghancurkan kendaraan. Penempatan bahan peledak secara acak disebut telah menjadi bagian dari strategi militer pada 1960-an.

Dilansir BBC, Landmine Monitor melaporkan bahwa pada 1999-2017 terdapat lebih dari 120.000 orang terbunuh atau terluka oleh ranjau darat.

KPK Tak Fokus Cari Harun Masiku?

Tak Fokus Cari Harun Masiku, KPK: Ada 5 Buron yang Kami Kejar

Liputan6.com 2023-01-15 10:20:52
Aktivis dari Indonesia Corruption Watch (ICW) melakukan aksi di depan Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Selasa (28/6/2022). Dalam aksinya, Aktivis ICW membawa se

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan tak memberikan perhatian khusus dalam mengejar buronan Harun Masiku, bekas calon anggota legislatif (caleg) PDIP. Pasalnya, hingga kini lembaga antirasuah masih memiliki utang menangkap lima buronan kasus korupsi.

"KPK tentu tidak fokus kepada Harun Masiku, ada lima DPO KPK yang semuanya harus kami kejar dan dilakukan untuk upaya-upaya menangkapnya untuk dibawa ke proses persidangan. Kelima-limanya kami cari," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Minggu (15/1/2023).

Menurut Ali, pihak lembaga antirasuah memiliki strategi khusus dalam menjerat para buronan korupsi. Meski demikian, kelima buronan itu masih menghirup udara bebas.

"Pasti strategi yang kami miliki ada bagaimana caranya mengejar para DPO KPK yang jumlahnya lima. Strategi mencarinya seperti apa di lapangan, tentu tidak bisa kita sampaikan karena ini sesuatu yang dinamis, tidak statis seperti kita mencari alamat," kata Ali.

"Karena kalau dinamis, orang, ini kan terus bergerak. Oleh karena itu tentu strateginya tidak bisa kami sampaikan," Ali menandaskan.

Diketahui, KPK masih memiliki utang pengejaran terhadap lima buronan. Lima buron KPK yang belum berhasil ditemukan yakni Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak, Kirana Kotama, Izil Azhar, Harun Masiku, dan Paulus Tanos.


1. Bupati Mamberami Tengah Ricky Ham Pagawak

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak ditetaokan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait proyek pengerjaan infrastruktur di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamberamo Tengah.

Ricky Ham Pagawak kerap mangkir saat dipanggil KPK. Namun saat hendak dilakukan upaya paksa penangkapan, Ricky Ham kabur ke Papua Nugini lewat jalur tikus. Dikabarkan dalam pelariannya, Ricky Ham Pagawak dibantu militer setempat.

KPK pun memasukkan Ricky Ham Pagawak sebagai buronan pada Juli 2022.

Dalam kasus ini KPK menjerat tiga tersangka lainnya, yakni Direktur Utama PT Bina Karya Raya (BKR) Simon Pampang, Direktur PT BAP Bumi Abadi Perkasa (BAP) Jusieandra Pribadi Pampang, dan Direktur PT Solata Sukses Membangun (SSM) Marten Toding.

Ricky Ham Pagawak diduga menerima suap sebesar Rp 24,5 miliar dari tiga tersangka lainnya.

Teranyar, KPK menemukan bukti adanya penyamaran uang hasil korupsi yang dilakukan Ricky Ham Pagawak. KPK pun menetapkan Ricky Ham Pagawak sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU).


2. Kirana Kotama

Kirana Kotama merupakan pemilik PT Perusa Sejati. Dia dijerat dalam kasus korupsi memberi hadiah atau janji terkait penunjukan Ashanti Sales Inc. sebagai agen eksklusi PT PAL Indonesia (Persero) dalam pengadaan Kapal SSV untuk Pemerintah Filipina tahun 2014.

Suap diberikan kepada Arif Cahyana selaku Kadiv Perbendaharaan PT PAL Indonesia (Persero) dan Saiful Anwar selaku Direktur Desain dan Tehnologi merangkap Direktur Keuangan PT PAL Indonesia (Persero).

Dia disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau huruf b atau pasal 13 UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang No 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi


3. Izil Azhar

Izil Azhar merupakan mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Dia merupakan tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi penerimaan gratifikasi yang berhubungan dengan jabatan dan berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya bersama-sama Irwandi Yusuf selaku Gubernur Aceh periode 2007-2012.

Izil yang memiliki nama lain Ayah Merin ini disebut sebagai orang kepercayaan Irwandi Yusuf. Bersama Irwandi, Izil diduga bersama-sama menerima gratifikasi dengan nilai total Rp 32 miliar.

Izil Azhar, buron sejak 2018. Dugaan penerimaan gratifikasi terkait pembangunan proyek dermaga Sabang tahun 2006-2011.


4. Harun Masiku

Harun Masiku merupakan mantan politikus PDIP. Dia dijerat dalam kasus dugaan suap pergantian anggota DPR RI melalui metode pengganti antar waktu (PAW).

Harun disebut menyuap mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024. Namun saat operasi tangkap tangan (OTT) pada awal Januari 2020, Harun berhasil kabur.

Pada akhir Januari 2020, KPK pun memasukkan nama Harun Masiku sebagai buronan. Tak hanya buron, Harun Masiku juga masuk dalam daftar red notice Interpol.

Kasus bermula saat caleg PDIP dari Daerah Pemilihan Sumatera Selatan I, Nazarudin Kiemas meninggal dunia. Nazaruddin memiliki perolehan suara terbanyak. Posisi kedua yakni dari Dapil Sumatera Selatan II Riezky Aprilia.

Namun dalam rapat pleno PDIP menyatakan suara Nazaruddin akan dialihkan ke Harun Masiku.


5. Paulus Tanos

Paulus Tanos merupakan Direktur Utama PT Sandipala Arthaputra. Dia merupakan tersangka kasus megakorupsi e-KTP yang tinggal di Singapura. Paulus Tanos diduga turut terlibat dalam bancakan proyek senilai Rp 5,9 triliun. Dalam perkara ini negara merugi Rp 2,3 triliun.

Paulus Tanos dijadikan tersangka oleh KPK pada Agustus 2019. Lantaran Tanos tinggal di Singapura, KPK sempat kesulitan dalam memeriksa Tanos. Hal tersebut sempat diungkap Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

"KPK beberapa kali sudah mengirimkan surat panggilan kepada yang bersangkutan, saya tidak tahu apakah sudah ada balasan nanti akan kita periksa," ujar Alex di Gedung KPK, dikutip Jumat 1 Oktober 2021.

Alex mengatakan pihaknya juga sudah meminta bantuan Biro Investigasi Praktik Korupsi (CPIB) Singapura untuk memeriksa Tanos. Alex mengatakan siap memeriksa Tannos di Singapura jika berkenan. Hanya saja Tanos belum merespon terkait surat pemberitahuan pemeriksaan penyidik KPK.

"Kalau dia maunya diperiksa di CPIB-nya, tentu kita ke sana," ujar Alex.

Kubu Brigadir J Tuntut Sambo Cs Dihukum Mati

Kubu Brigadir J Minta Ferdy Sambo Cs Dituntut Mati, Bharada E Hukuman Ringan

Liputan6.com 2023-01-15 14:20:36
Terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ferdy Sambo menjalani sidang pembacaan putusan sela majelis hakim di Pengadilan Negeri Jakar

Pihak keluarga Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J meminta Jaksa Penuntut Umum (JPU) melayangkan tuntutan pidana mati terhadap terdakwa kasus dugaan pembunuhan berencana yakni Ferdy Sambo, Putri Chandrawathi, Bripka Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf.

Hanya saja untuk terdakwa Richard Eliezer alias Bharada E, kubu Brigadir J meminta JPU menuntutnya dengan hukuman ringan.

"Bagi terdakwa yang tidak jujur, yang justru memfitnah dengan tuduhan Yosua telah memperkosa PC, yang keterangannya dalam persidangan berbelit-belit, menyembunyikan kebenaran, sangat berharap agar JPU akan melakukan tuntutan dengan hukumn yang maksimal sesuai ancaman hukuman Pasal 340 atau hukuman mati," tutur Tim Kuasa Hukum Keluarga Brigadir J, Johanes Raharjo kepada wartawan, Minggu (15/1/2023).

Dia meminta JPU dapat melayangkan tuntutan sesuai dengan harapan keluarga Brigadir J, sebagaimana dalam dakwaan awal yakni Pembunuhan Berencana Primer Pasal 340 KUHP sekunder Pembunuhan Biasa Pasal 338 KUHP Subsider juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

"Namun bagi terdakwa Richard Eliezer karena telah mengungkap dan memberi keterangan dengan jujur sesuai kebenaran, dan RE telah tulus meminta maaf kepada keluarga Yosua, maka harapan kami tentunya JPU mempertimbangkan tuntutan terhadap terdakwa RE dengan tuntutan yang seringan-ringannya," jelas dia.


Sambo Merasa Bersalah dan Menyesal

Sidang kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J atas terdakwa Eks Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo akhirnya bakal masuk ke tahap pembacaan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum, pada Selasa (17/1/2023) pekan depan.

Usai melewati berbagai tahapan agenda pemeriksaan selama persidangan. Majelis Hakim mempersilahkan Ferdy Sambo untuk menyampaikan apa yang dirasakannya ketika terseret dalam perkara ini.

"Setelah proses rangkaian penyidikan, rangkaian persidangan sampai saatnya saudara diperiksa sebagai terdakwa apa yang saudara mau sampaikan," kata hakim kepada Sambo sebelum mengakhiri sidang di PN Jakarta Selatan, Selasa (10/1/2023).

Lantas, Sambo menyampaikan jika dirinya telah merasa bersalah dan menyesal. Kesadaran itu, terpikir ketika menjalani penahanan selama 151 hari Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

"Saya merasa bersalah karena emosi menutup logika saya. Saya menyampaikan rasa bersalah ini dan penyesalan yang pertama kepada keluarga korban karena emosi saya kemudian menyebabkan putra keluarga Yosua bisa meninggal dunia," ucap Sambo.

Kemudian, Sambo menyampaikan rasa penyesalan kepada Richard Eliezer alias Bharada E, Ricky Rizal alias Bripka RR, Kuat Maruf, dan Putri Candrawathi yang harus ikut terseret bertanggung jawab dalam perkara ini.

"Rasa penyesalan dan bersalah kedua saya sampaikan kepada saudara Richard Eliezer karena perintah hajar itu kemudian dilakukan penembakan, itu saya akan bertanggung jawab dan saya merasa bersalah dan menyesal untuk itu," sebutnya.

"Ketiga saya menyampaikan rasa bersalah dan penyesalan yang dalam pada istri saya (Putri Candrawathi), Ricky dan Kuat yang harus saya libatkan dalam cerita tidak benar di Duren Tiga sehingga mereka harus menjadi terdakwa sekarang," tambah dia.`

AS Rebut Gelar Miss Universe 2022

Miss Universe 2022 Dimenangkan Wakil Amerika Serikat R'Bonney Gabriel

Liputan6.com 2023-01-15 11:32:28
Miss Universe 2022 Dimenangkan Wakil Amerika Serikat R'Bonney Gabriel. foto: Instagram @missuniverse

Ajang Miss Universe 2022 telah digelar di New Orleans Ernest N. Morial Convention Center, Louisiana, Amerika Serikat (AS), Sabtu malam, 14 Januari 2023 atau Minggu (15/1/2023) waktu Indonesia. Wakil Amerika Serikat akhirnya terpilih sebagai Miss Universe 2022. Miss Amerika Serikat,R'Bonney Gabriel menerima mahkota Miss Universe 2022 dari Miss Universe 2021Harnaaz Sandhu dari India.

Hasil itu membuat Miss Venezuela, Amanda Dudamel Newman menjadi runner-up pertama. Sementara Miss Republik Dominika menjadi runner-up kedua dalam ajang yang disiarkan secara live oleh kanal Youtube MISS UNIVERSE Live;

Kemenangan R'Bonney Gabriel membuat sejarah baru karena untuk pertama kalinya kontestan berdarah Filpina-Amerika Serikat berhasil jadi pemenang Miss Universe. Melansir The Sun, wanita cantik ini mewakili negara bagian Texas dan berhasil mengalahkan 50 finalis lainnya untuk mendapatkan gelar Miss USA atau Miss AS.

Gabriel tak hanya dikenal sebagai model, tapi juga desainer yang menciptakan pakaian ramah lingkungan. Tak heran karena ia merupakan lulusan North Texas University dengan gelar sarjana dalam Desain Fashion. Selain menyukai fesyen, wanita bertinggi badan 170 cm ini juga suka traveling. Ia memiliki darah Filipina dari sang ayah yang merupakan orang Filipina.

Sebelum pengumuman pemenang, ketiga finalis menjawab pertanyaan final di babak Top 3. Mereka ditanya tentang apa yang akan dilakukan sebagai Miss Universe untuk pemberdayaan perempuan yang progresif.

Miss Republik Dominika mengatakan dirinya akan menjadi duta untuk menyampaikan pesan soal hak-hak perempuan, karena dia sudah berkiprah di bidang itu sejak lama. Sementara Gabriel merefleksikan tugas Miss Universe dalam pekerjaannya sebagai perancang busana.

"Saya menggunakan fashion sebagai kekuatan untuk kebaikan. Di industri fashion, kami menurunkan polusi dengan menggunakan materi daur ulang, dan mengadvokasi para perempuan penyintas human trafficking dan kekerasan domestik," ucapnya.

Sedangkan Miss Venezuela, Amanda Dudamel menyebut dirinya akan "meneruskan legasi yang sudah ditunjukkan perempuan di seluruh dunia"


Laos Bikin Sejarah, Indonesia Gagal

Sebelumnya, kontes kecantikan paling bergengsi yang diikuti 84 negara ini sudah memilih kontestan yang berhasil masuk 16 Besar. Sayangnya tidak. Puteri Indonesia 2022, Laksmi De Neefe, gagal melangkah ke babak selanjutnya.

Yang menarik adalah Laos yang untuk pertama kalinya masuk 16 Besar. Berikut daftar kontestan yang masuk babak 16 Besar Miss Universe 2022:

Puerto Riko, Haiti, Australia, Republik Dominika, Laos, Afrika Selatan, Portugal, Kanada, Peru, Trinidad dan Tobago, India, Venezuela,Spanyol, Kolombia, Kurakao dan Amerika Serikat.

Sejak awal kontes, kehadiran Miss Laos Payengxa Lor sudah menarik banyak perhatian. Ia bahkan banyak disebut sebagai salah satu favcorit pemenang Miss Universe 2022. Prediksi itu mulai sedikt terbukti.

Kiprah Lor membuat banyak orang penasaran dengan sosoknya. Melansir laman angelopedia dan berbagai sumber lainnya, merupakan seorang guru dan ratu kecantikan Payengxa berasal dari Vientiane, Laos dan merupakan mahasiswi jurusan bisnis manajemen di Lao-American College. Selain fasih berbahasa Laos, ia juga fasih menggunakan bahasa Inggris.


Selempang Berkelanjutan

Wanita berusia 21 tahun ini juga mendirikan beberapa organisasi yang fokus pada kegiatan sosial Beberapa organisasi tersebut di antaranya You Can Do It dan Hmong Woman Network

Dengan beragam kelebihan yang dimilikinya, Lor berhasil menjadi Miss Laos Payengxa mengikuti kompetisi Miss Universe Laos 2022 yang berlangsung pada 8 Oktober 2022 lalu.

Selain berhasil memenangkan gelar utama dan beberapa penghargaan khusus Ia mendapat penghargaan Miss Perfect Skin, Miss Confident Smile, dan Scent of Beauty

Setelah mahkota baru, Organisasi Miss Universe kembali memperkenalkan gebrakan lain. Mereka sepertinya ingin ratu kecantikan berikutnya membawa kecintaan terhadap lingkungan di pundak mereka secara harfiah.

Pasalnya, pada 23 Desember 2022, akun media sosial organisasi tersebut mengungkap apa yang mereka juluki sebagai "selempang berkelanjutan pertama di alam semesta." Bekerja sama dengan The Sash Company, selendang baru Miss Universe diklaim dibuat dari 100 persen bahan daur ulang pascakonsumsi dengan rhinestones yang diproduksi secara etis.


Mahkota Baru

Dalam keterangan unggahan, mereka menulis, "Kami berharap komitmen kami terhadap keberlanjutan akan mengurangi jumlah keseluruhan plastik dan limbah di lingkungan. Ini adalah salah satu langkah kecil dari banyak langkah yang kami harap dapat kami lakukan di masa depan karena tindakan kecil perusahaan dan organisasi akan berdampak besar dalam menciptakan masa depan yang lebih hijau untuk semua."

Di sisi lain, mahkota baru kontes kecantikan ini dinamai "Force for Good." Melansir The National Thailand, 21 Desember 2022, pemilik Organisasi Miss Universe, sekaligus CEO JKN Global Group, Anne Jakapong, menggambarkan mahkota tersebut sebagai warisan baru di bawah kepemimpinannya.

"Force for Good," yang dirancang merek perhiasan mewah Mouawad, mewakili inkarnasi anggun dari nilai-nilai lama Miss Universe sebagai cahaya penuntun, katanya."Ambisi kami adalah menanamkan semangat untuk 'kepemimpinan transformasional,' dengan keyakinan kuat bahwa setiap orang dapat memimpin, menjadi sukses, dan mencapai tujuan hidup mereka," Anne Jakapong menyebut.

Copot Cincin dari Pangeran William

Kate Middleton Copot Cincin Tunangannya Saat Jalani Tugas Kerajaan Bareng Pangeran William

Liputan6.com 2023-01-15 02:01:40
Putri Wales Kate Middleton mengunjungi Royal Liverpool University Hospital di Liverpool pada 12 Januari 2023.(BRUCE ADAMS / POOL / AFP)

Kate Middleton kembali muncul di publik secara resmi. Putri Wales itu menjalani tugas kerajaan pertama bersama Pangeran William pada Kamis, 12 Januari 2023, beberapa hari setelah ulang tahunnya ke-41 dan peluncuran memoar Pangeran Harry yang kontroversial.

Pasangan kerajaan Inggris itu mengunjungi Liverpool sehari setelah anak-anak mereka kembali bersekolah sehabis liburan. Tempat yang didatangi keduanya adalah Royal Liverpool University Hospital.

Kate dan William tiba dalam balutan busana yang serasi. Kate terlihat elegan dalam balutan mantel tartan Holland & Cooper dengan gaun berikat pinggang biru tua dari Cefinn dan sepatu hak Gianvito Rossi yang serasi. Dia melengkapi penampilannya dengan tas Mulberry Amberley dan dan anting-anting safir yang senada dengan cincin pertunangannya.

Namun di tengah kunjungan yang berlangsung beberapa jam, Kate melepas dua aksesorinya yang paling berharga, yakni cincin pertunangan dan cincin keabadiannya. Hanya cincin kawinnya yang terbuat dari emas yang tetap dipakai di jari manisnya.

Dikutip dari Hello Magazine, Sabtu, 14 Januari 2023, Kate melepas kedua cincin itu adalah demi alasan kesehatan dan keselamatan. Cincin tunangan bermata safir 12 karat sangat jarang dilepaskan dari jarinya, begitu pula dengan cincin keabadian bermata berlian eclipse yang terbuar dari emas putih 18 karat.

Tapi, itu bukan pertama kalinya Kate melepas kedua cincin tersebut. Pada 2020, dia tampil tanpa mengenakan kedua benda itu dan hanya memakai cincin kawinnya ketika mengunjungi Rumah Sakit Anak Evelina.

Dua tahun sebelumnya, saat saat menghabiskan waktu bersama anak-anak di Great Ormond Street, dia juga melakukan hal yang sama. Saat itu, Istana Kensington memberi tahu bahwa Kate melepas cincinnya karena dia mengunjungi bangsal anak-anak. Karena itu, penting bagi kerajaan untuk menghilangkan potensi bahaya ketidakhigienisan.


Abaikan Pertanyaan Wartawan

Sementara itu, Pangeran William tampil dalam balutan busana senada dengan istrinya. Ia mengenakan celana panjang biru gelap yang dipadankan dengan blazer warna senada dan sweater hijau membalut kemeja.

Pasangan itu sempat menyapa publik yang sudah menanti di luar rumah sakit dan melambaikan tangannya. Namun, mereka juga kompak mengabaikan pertanyaan wartawan yang ingin mengetahui tanggapan mereka terkait buku biografi Pangeran Harry, Spare.

"Yang Mulia, apakah Anda sempat membaca buku saudaramu sama sekali?" seorang koresponden melontarkan pertanyaan yang sama dua kali, sesuai rekam gambar yang diambil ITV, dikutip dari Page Six.

William tidak bereaksi mendengar pertanyaan itu dan segera berjalan keluar dari rumah sakit bersama Kate Middleton yang juga bersikap serupa. Pasangan kerajaan itu sempat singgah di Acara Amal Open Door di Birkenhead, Inggris, menandai penampilan kedua mereka di depan publik setelah buku Harry diluncurkan.

Tom Bower, penulis "Revenge: Meghan, Harry and the War Between the Windsors," mengungkapkan bahwa Putri Wales "marah dan terluka" setelah membaca isi buku tersebut. Sementara, penulis biografi kerajaan Katie Nicholl mengatakan William "secara pribadi mendidih" dan hatinya hancur oleh apa yang telah dilakukan Harry. Tapi, tidak ada pernyataan resmi apapun dari pihak kerajaan.


Ulang Tahun Kate

Sebelumnya, Kate Middleton genap berusia 41 tahun pada Senin, 9 Januari 2023. Seperti biasa, tidak ada perayaan ulang tahun meriah di depan pubil. Meski begitu, ada yang hilang dari tradisi peringatan pertambahan usia anggota senior kerajaan itu.

Pihak kerajaan biasanya merilis foto terbaru dari pihak yang berulang tahun. Tapi, hal itu tidak terjadi pada tahun ini, meski ucapan selamat tetap disampaikan resmi oleh Raja Charles III dan Ratu Camilla.

Mengutip dari news.co.au, Rabu, 11 Januari 2023, unggahan terakhir Pangeran dan Putri Wales adalah lukisan yang dibuat oleh putra mereka, George. Hilangnya tradisi itu dipandang sebagian orang sebagai tanda kepanikan atas peluncuran autobiografi Pangeran Harry yang berlangsung pada keesokan harinya.

Sorotan dunia sedang berada pada Pangeran Harry yang menggelar tur buku untuk memoarnya berjudul "Spare". Selama hampir seminggu lebih, keluarga kerajaan telah diterpa aliran cerita yang sangat tidak menarik yang muncul dari halaman autobiografi, atas cerita versi Harry. Salah satunya tentang klaim Harry bahwa Raja Charles III adalah ayah yang lemah yang tidak melakukan pekerjaan yang baik dalam membesarkan anak-anaknya.


Renggangnya Hubungan Kate dan Harry

Harry pernah memuji Kate Middleton sebagai kakak perempuan yang tak pernah dimilikinya. Namun, hubungan merenggang setelah ia berpacaran dan menikah dengan Kate Middleton.

Kalimat-kalimat pedas disertai tudingan mengalir dari Harry kepada kakak iparnya dalam buku terbarunya. Salah satunya menguak isi pesan singkat yang dikirimkan Kate Middleton dan diklaim membuat Meghan Markle sampai menangis di lantai.

Pertengkaran itu dipicu oleh keluhan Kate Middleton atas baju pengiring pengantin yang akan dipakai Charlotte di hari pernikahan Meghan dan Harry. Ia menyebut baju tersebut terlalu panjang dan longgar hingga Charlotte pun menangis, menolak memakai baju itu.

Kate menyebut baju itu perlu dijahit ulang, tetapi Meghan meminta agar Kate membawa putrinya untuk diukur ulang penjahit yang bersiap di Istana Kensington. Reaksi awal Kate tidak terlalu baik, meski begitu ia kemudian meminta maaf sambil membawa bunga dan kartu. Meghan bahkan dalam wawancara dengan Oprah Winfrey tak mau memperdalam masalah dengan menyebut Kate 'orang baik'.

Pesta Miras 72 Bocah Bau Kencur

Pesta Miras, 72 Remaja Belasan Tahun di Tangerang Diamankan Polisi

Liputan6.com 2023-01-15 11:10:43
Polisi mengamankan 72 remaja yang diduga tengah pesta miras di Kampung Karanganyar, Kelurahan Karangsari, Neglasari, Kota Tangerang. (Foto: Istimewa)

Puluhan remaja usia belasan tahun di Kampung Karanganyar, Kelurahan Karangsari, Neglasari, Kota Tangerang, diamankan polisi pada Minggu (15/1/2023) dini hari tadi. Mereka diduga tengah pesta minuman keras (miras).

Tak hanya itu, 72 remaja yang diamankan ini juga diduga hendak melakukan tawuran usai menenggak miras. Sebab, kawasan tersebut merupakan daerah rawan tawuran.

"Saat melaksanakan patroli dini hari tadi, tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Neglasari mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada sekelompok remaja dalam jumlah banyak sedang berkumpul," ujar Kapolres Metro Tangerang kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho.

Selanjutnya dengan di-back up Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Metro Tangerang, petugas dari Polsek Neglasari langsung menuju lokasi yang ditunjuk warga.

Alhasil, polisi mengamankan 72 remaja berikut barang bukti 61 ponsel, 29 unit motor, dan sebotol miras jenis anggur merah.

"Dari hasil pemeriksaan isi percakapan ponsel, puluhan remaja ini diketahui untuk memenuhi undangan salah satu dari mereka berinisial BF untuk bakar-bakar ayam," ungkapnya.


Polisi Minta Orang Tua Awasi Anaknya

Berdasarkan pendataan polisi, 72 remaja belasan tahun ini berasal dari Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kabupaten Serang. Mereka dibawa ke Mapolsek Neglasari untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

"Mereka sudah didata dan diberi pengarahan di Mapolsek Neglasari. Kami imbau kepada orang tua untuk selalu mengawasi secara ketat pergaulan anak di luar rumah, untuk mengantisipasi maraknya kenakalan remaja termasuk aksi tawuran yang meresahkan," kata Kapolres.

Tak Ingin Keponakannya Saling Bertengkar

Pangeran Harry Ungkap Perselisihan dengan Pangeran William, Tak Ingin Terjadi pada Keponakannya Charlotte dan Louis

Liputan6.com 2023-01-15 10:00:09
(kiri ke kanan) Pangeran William dan istrinya Kate Middleton bersama sang adik Harry dan istrinya Meghan Markle melambaikan tangan kepada masyarakat di Kastil Windsor, Windsor, Inggris, 10

Pangeran Harry telah mengungkapkan masalah pribadinya dalam beberapa minggu terakhir. Ia juga menceritakan ketidakharmonisannya dengan sang kakak, Pangeran William.

Dikatakan Pangeran Harry dalam bukunya bertajuk Spare bahwa ia dibanting ke lantai dalam sebuah perkelahian dengan pewaris takhta.

Pangeran Harry kini mengkhawatirkan masa depan kedua keponakannya, Charlotte dan Louis, yang merupakan adik Pangeran George, mengingat hubungannya dengan sang kakak yang tak baik, dilansir Dailymail, Sabtu (14/1/2023).

Namun, Pangeran William mengungkap bahwa anak-anaknya bukan tanggung jawab Pangeran Harry.


Rasa Sakit

Duke of Sussex bicara tentang kekhawatirannya terhadap Putri Charlotte dan Pangeran Louis dalam sebuah wawancara dengan The Telegraph. Ia berharap upayanya menonjolkan rasa sakitnya sendiri akan membuahkan hasil bagi generasi berikutnya.

"Meskipun William dan saya telah membicarakannya sekali atau dua kali, dan dia telah menjelaskan kepada saya bahwa anak-anak bukan tanggung jawab saya. Saya masih merasa bertanggung jawab," ungkapnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Pengalaman Traumatis

Putra bungsu Raja Charles III dengan Putri Diana ini juga bicara tentang anak-anaknya. Ia tak akan membiarkan Archie, putra sulungnya, mempunyai pengalaman traumatis yang sama seperti dia dan saudara laki-lakinya.

Meskipun dia mengakui keluarganya kemungkinan besar tidak terlalu senang dengannya saat ini, ia berharap suatu hari nanti mereka akan melihat manfaat dari keputusannya untuk berbicara.


Kesehatan Mental

Pangeran Harry telah berbicara secara terbuka bahwa dia menggunakan ayahuasca, yang merupakan obat herbal dari Amerika Serikat, seorang psikedelik, dengan seorang profesional saat mencari terapi untuk masalah kesehatan mentalnya.

Sementara itu, Pangeran William merupakan orang pertama yang mendorong Harry untuk melakukan terapi. Pangeran Harry berharap suatu hari ahli waris juga akan menjalani terapi setelah pengalaman traumatis yang mereka alami di masa kecil.

Memoar Pangeran Harry Pecahkan Rekor Dunia

Memoar Pangeran Harry Pecahkan Guinness World Records

Liputan6.com 2023-01-14 19:40:29
Pangeran Harry. (AP Photo/Martin Meissner)

Guinness World Records menyatakan memoar Pangeran Harry telah memecahkan rekor dunia. Memoar berjudul Sparemeraih predikat buku non-fiksi yang dijual tercepat.

Rekor itu dipecahkan meski buku Spare baru dirilis kurang dari seminggu. Konten buku itu mengumbar rahasia keluarga Pangeran Harry sendiri. Nama Ratu Camilla, Pangeran William, dan Putri Catherine ikut menjadi sorotan.

"Memoir kontroversial yang mengumbar segalanya dari Pangeran Harry yang berjudul Spare telah menjadi buku fiksi yang terjual tercepat sepanjang masa, usai menjual 1,43 juta kopi dalam hari pertama penjualan di Kerajaan Bersatu, Amerika Serikat, dan Kanada," tulis situs resmi Guinness World Records Sabtu (14/1/2023).

"Rekor tersebut sebelumnya dipegang oleh buku keempat Barack Obama, A Promised Land (2020), yang terjual 887 ribu kopi saat hari perilisan," lanjut pihak Guinness.

Rumah penerbitan Penguin Random House juga telah mengkonfirmasi bahwa penjualan buku Pangeran Harry adalah yang tercepat yang pernah mereka saksikan.

"Penjualan seharian pertama dari Spare mewakili penjualan hari pertama terbesar dari segala buku non-fiksi yang pernah diterbitkan oleh Penguin Random House," jelas pernyataan pihak penerbit.

Penguin Random House pernah merilis buku non-fiksi dari orang-orang terkenal seperti The Light We Carry (Michelle Obama), Novelist as a Vocation (Haruki Murakami), Surrender (Bono), Leadership (Henry Kissinger), Let Me Tell You What I Mean (Joan Didion), dan Will (Will Smith).

Keluarga kerajaan Inggris tidak memberikan respons terhadap memoar Pangeran Harry, namun pangeran berusia 38 tahun itu mengaku masih punya bahan jika ingin menulis buku kedua. Harry berkata ia tidak akan diampuni keluarganya apabila ia mengungkap hal-hal tersebut.


Profil JR Moehringer, Ghost Writer dari Buku Pangeran Harry

Sebelumnya dilaporkan, memoar Pangeran Harry bisa dibilang memoar paling kontroversial tahun ini. Buku setebal 416 halaman itu menjabarkan sederet pengakuan Pangeran Harry yang tumbuh dalam lingkup keluarga kerajaan Inggris.

Seperti banyak tokoh terkenal lainnya, Pangeran Harry mendapat bantuan dari penulis bayangan JR Moehringer. Dia adalah seorang jurnalis dan penulis yang berbasis di Amerika Serikat. Pria berusia 58 tahun itu diketahui pernah memenangkan Hadiah Pulitzer pada 2000 untuk artikelnya 'Crossing Over'.

Publik pun penasaran dengan sosok pria yang menulis dengan nama pena JR Moehringer. Menurut surat kabar The National News yang berbasis di Abu Dhabi, Moehringer lahir di New York dan dibesarkan di dusun Manhasset.

Mengutip dari Firstpost, Rabu (11/1/2023), John Joseph Moehringer dibesarkan oleh seorang ibu tunggal yang tinggal bersamakakek neneknya sebelum pindah ke Arizona untuk melanjutkan sekolah menengah. Moehringer lulus dari Universitas Yale dengan gelar BA, menurut Daily Mail.

Dia memulai karier jurnalistiknya sebagai Asisten Berita di New York Times. Dia telah bekerja untuk beberapa publikasi Amerika seperti Rocky Mountain News dan Los Angeles Times.

Terobosan besarnya datang saat menulis artikel Times tentang petinju tahun 1950-an Bob 'Bombardier' Satterfield, yang dia temukan sedang tidur di bangku taman di Los Angeles. Artikel itu diterbitkan pada 1997.

Artikel itu yang menginspirasinya membuat buku berjudul Resurrecting the Champ pada 1998. Karya itu mengantarnya menjadi finalis Pulitzer Prize in Feature Writing, tapi tak menang. Buku tersebut kemudian diadaptasi menjadi film dengan nama yang sama yang dibintangi oleh Samuel L Jackson.


Peraih Penghargaan Pulitzer

Menurut majalah People, Moehringer baru meraih Pulitzer pada 2000 lewat artikelnya yang mengulas kota sungai terpencil di Alabama. Kota sungai itu merupakan rumah bagi beberapa keturunan budak.

Hadiah Pulitzer, mengutip dari Britannica, merupakan salah satu dari penghargaan tahunan yang prestisius bagi para jurnalis. Penghargaan itu diberikan oleh Universitas Columbia, di Kota New York untuk pelayanan publik yang luar biasa.

Hadiah tersebut awalnya diberikan dalam bentuk hadiah uang sebesar 500 ribu dolar AS dari tokoh surat kabar Joseph Pulitzer sejak 1917. Penghargaan Pulitzer dibuat oleh Universitas Columbia atas rekomendasi Dewan Hadiah Pulitzer, yang terdiri dari juri yang ditunjuk oleh Universitas. Hadiah bervariasi dalam jumlah dan kategori selama bertahun-tahun diselenggarakan.

Pada 2005, Moehringer merilis memoarnya The Tender Bar. Buku itu mengulas tantangan masa kecilnya, hubungannya dengan ibunya, dan perjuangannya mengatasi kecanduan alkohol. Buku terlaris ini diadaptasi menjadi film pada 2021 yang disutradarai oleh George Clooney dan menampilkan Ben Affleck.


Kolaborasi Sebelumnya

Moehringer bukanlah pendatang baru di bidang ghost writing. Dia membantu legenda tenis Andre Agassi dengan autobiografinya pada 2009 Open dan pendiri Nike Phil Knight dengan memoarnya Shoe Dog.

Dalam wawancara pada 2012 dengan NPR tentang buku Agassi, Moehringer menjelaskan proses pemikirannya. "Anda mencoba dan memikirkan seperti mereka, dan meskipun Anda memikirkan orang ketiga, Anda menulis orang pertama, jadi prosesnya adalah bayangan cermin satu sama lain, tetapi mereka tampak sangat simpatik," katanya.

Moehringer lebih lanjut menjelaskan kolaborasinya dengan Agassi. "Saya sangat senang bisa meneleponnya, duduk bersamanya, setiap kali saya menemukan sesuatu dan tidak tahu seperti apa atau baunya."

Moehringer pada 2012 menulis Sutton, berdasarkan kisah perampok bank Willie Sutton, menurut The National News. Jasa ghost writing-nya menelan biaya 1 juta dolar AS atau setara Rp15,4 miliar menurut Page Six. Jumlah yang terbilang fantastis untuk jasa di bidang kepenulisan.

Goshwriter atau penulis bayangan adalah seseorang yang dibayar untuk menulis buku, artikel, pidato, atau jenis karya tulis lainnya atas nama orang lain. Banyak pengarang untuk orang lain menandatangani perjanjian kerahasiaan yang menyatakan bahwa mereka tidak akan mengungkap identitasnya, menurut National News, walau kini sepertinya kerahasiaan itu tidak selalu berlaku.

Jaket Jamur dari Cimahi Mendunia

Koleksi Jaket Berbahan Jamur dari Brand Cimahi Bakal Mejeng di Paris Trade Show 2023

Liputan6.com 2023-01-14 14:30:57
Koleksi jaket berbahan jamur dan scoby kopi dari brand fesyel lokal, Apakabar, bakal mejeng di Paris Trade Show 2023. (Liputan6.com/Asnida Riani)

PINTU Incubator 2.0, program hasil kolaborasi JF3, LAKON Indonesia, dan Kedutaan Besar Prancis melalui Institut Francais d'Indonesie (IFI), mengumumkan empat brandfesyen lokal yang akan unjuk gigi di Paris Trade Show 2023, Maret mendatang.

Di antaranya adalah Apa Kabar yang siap membawa koleksi jaket bermaterial jamur. CEO-nya, Prafitra Viniani, bercerita bahwa mereka bakal memboyong 12 artikel jaket ke acara di jantung Kota Mode tersebut. "Ini merupakan koleksi ready-to-wear deluxekami," ia menyebutkan ketika dijumpai di bilangan Jakarta Utara, Kamis, 12 Januari 2023.

Selain itu, jenama fesyen asal Cimahi, Jawa Barat ini juga menyertakan dua bucket hatberbahan getah tanaman. Vini mengatakan, keseluruhan itemyang akan dipamerkan di Paris Trade Show 2023 merupakan koleksi baru yang telah dipoles sedemikian rupa sesuai arahan para mentor program PINTU Incubator 2.0.

Mengikuti program tersebut selama tiga bulan, dengan tidak kurang dari 45 sesi pendampingan, ia menilai semua materi yang disampaikan penting. "Waktu bikin brand cuma berdasarkan pendapat pribadi dan teman-teman saja. Tapi dari para mentor, dapat arahan harus begini dan begitu, dari keuangan, pengaturan pajak, hingga kualitas," sebutnya.

Juga, bagaimana bisa meningkatkan kapasitas produksi, tambah Vini. Awalnya, ia menyambung, Apa Kabar fokus pada prinsip minim sampah, terutama dalam proses produksi. Namun, seiring perkembangan merek, mereka mulai mengeksplorasi material Bumi yang rendah karbon.

"Dalam proses pembuatan koleksi (jaket bermaterial) jamur, kami berkolaborasi dengan mitra kami yang mengembangkan jamur tersebut," tuturnya. "Jadi setelah terbentuk jaringan, tapi sebelum berbentuk jamur, itu sudah dipanen, kemudian diolah jadi 'kulit.'"


Koreksi Desain

Koreksi secara desain dari para mentor program PINTU Incubator 2.0, Vini mengatakan, salah satunya adalah penambahan furing di bagian dalam jaket. "Logo juga diubah. (Bagian) dalamnya sebagian besar dibuat ulang," ucapnya.

Karena tidak menginginkan banyak material dalam produksi, karena itu berpotensi menimbulkan sampah, labelcareproduknya telah diterjemahkan ke dalam kode QR yang bisa ditemukan konsumen di bagian kemasan. Ketika ditanya terkait strategi pemasaran di Paris Trade Show 2023, Vini mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan hot items.

"Selain, dari segi cerita, banyak orang yang pada dasarnya penasaran dengan jamur ini (sebagai material koleksi jaketnya)," ia mengatakan. "Kami juga sudah menentukan harga berdasarkan arahan mentor supaya bisa 'masuk' di pasar Eropa."

Bersama si jaket, Vini juga menyertakan sabun lerak batangan sebagai bagian dari edukasi perawatan produk jenamanya. "Tadinya mau bawa biji lerak utuh, tapi karena terbentur aturan (bea cukai Prancis), itu tidak bisa dibawa masuk ke Paris," ia mengatakan.

Jaketnya sendiri akan dijual seharga 290 euro (sekitar Rp4,8 juta), sementara bucket hatdibanderol 110 euro (Rp1,8 juta). "Semua transaksi (di Paris Trade Show 2023) akan menerapkan sistem pre order. Jadi, kami tidak bawa banyak stok," sebutnya.


Tidak Hanya Apa Kabar

Selain Apa Kabar, tiga jenama fesyen lokal lain yang memastikan keikutsertaan mereka di Paris Trade Show adalah Parapohon, Tenun Imam, dan Tenun Lurik Rachmad, sebagaimana diumumkan Chairman JF3, Soegianto Nagaria.

Founder LAKON Indonesia, sekaligus inisiator PINTU Incubator, Thresia Mareta, berkata bahwa sederet merek itu dipilih berdasarkan setidaknya empat kriteria. "Pertama, secara gaya cocok dengan pasar Eropa," katanya di kesempatan yang sama. "Kemudian, teknis. Cutting-nya benar, pemilihan material tepat, dan finishing-nya rapi."

"Ketiga, sizing. Kemudian, dari sisi bisnis sudah punya model jangka panjang, karena penting untuk punya sesuatu yang konsisten dan identitas yang kuat. Terakhir, kemampuan memenuhi pemesanan," ia memaparkan.

Selama program tersebut, LAKON Indonesia telah bekerja sama dengan dua mentor dari Perancis, yaitu Lucie Brochard dan Studio Clandestin, dalam memberi pelatihan pada total 11 partisipan terpilih di tahap pertama. Yang tidak terpilih untuk berangkat ke Paris Trade 2023, menurut Thresia, bukan karena desainnya tidak bagus.

"Ini soal siapa yang sudah siap," ia menegaskan. "Karena tujuan perginya jelas untuk berbisnis. Jadi, target ke sana (Paris Trade Show 2023) ya dapat pesanan."


Tidak Sekadar Pameran Dagang

Selain mempersiapkan diri untuk mengikuti pameran dagang, France Cultural Attache IFI, Charlotte Esnou, menyebut bahwa empat partisipan terpilih dari program PINTU Incubator 2.0 akan diajak melakukan perjalanan budaya di Prancis.

"Ada banyak kunjungan ke museum dan inkubator lain di Prancis," ia mengatakan. "Mereka bisa mengetahui bagaimana artisan Paris bekerja secara tradisional. Dari sini, diharapkan para desainer Indonesia bisa mendapat inspirasi. Kalau sudah begitu, siapa tahu apa yang akan terjadi?"

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki menilai bahwa kesempatan memamerkan karya fesyen di Paris jadi indikator bahwa koleksi jenama lokal sudah berkelas. "Model inkubator seperti ini yang memang akan kami kembangkan ke depan, tidak hanya pendampingan dari Kemenkop UKM," ia menyebutkan.

Semangat ini sejalan dengan narasi PINTU Incubator yang menurut Thresia merupakan program berkelanjutan. "Kami menyadari bahwa untuk mendorong industri lokal (Indonesia) masuk ke pasar global, tidak cukup (dilakukan) dalam satu periode pendek. Itu perlu dibangun," ia menyebut dalam jumpa pers, 16 November 2022.

Narasi ini disepakati Susan Budihardjo. Desainer senior yang ikut serta dalam sesi penampingan ini menyebut bahwa masih banyak calon pelaku industri fesyen di luar sana, dan mereka "butuh waktu untuk maju ke pasar global."

Jersey Dilelang Mulai Rp 106 M

Jersey Ikonik Kobe Bryant Dilelang, Harga Mulai Rp 106 Miliar

Liputan6.com 2023-01-14 21:00:00
Erikk Aldridge merekam mural yang menggambarkan Kobe Bryant di Los Angeles, Rabu, 24 Agustus 2022. Berukuran 125 kaki kali 32 kaki, mural tersebut menampilkan potret Bryant, yang meninggal p

Sepotong memorabilia Kobe Bryant yang ikonik sedang dilelang. Jersey dari mendiang pemain basket asal Amerika Serikat (AS) ini diharapkan menjadi barang paling berharga miliknya yang pernah dijual. Diperkirakan harganya mencapai USD 5-7 juta atau sekitar Rp 75,9-106,3 miliar.

Sotheby's mendaftarkan jersey Kobe Bryant, yang dipakai dalam 25 pertandingan selama musim MVP 2007-2008. Perusahaan lelang yang bermarkas di New York ini memperkirakan harga jersey tersebut mencapai USD 5-7 juta. Penawaran yang dilakukan secara online akan dimulai pada 2-9 Februari mendatang.

Gambar Bryant di jersey tersebut telah mendapatkan pengakuan dunia sejak kematian mendadak bintang bola basket itu pada tiga tahun silam.

"Memiliki jersey ini dari momen ikonik itu tidak hanya sangat istimewa, tetapi juga menjadi titik inspirasi di seluruh dunia Kobe dalam jersey ini," tutur kepala streetwear dan koleksi modern Sotheby Brahm Wachter seperti melansir CNBC, Sabtu (14/1/2023).

Gambar Bryant yang sekarang terkenal diambil pada 23 April 2008, tepatnya saat Game 2 dari seri Wilayah Barat. Dengan 5 menit dan 22 detik tersisa, Bryant memasukkan tembakan tiga angka untuk mengamankan keunggulan 14 poin bagi Los Angeles Lakers. Gambar dari saat bintang bola basket itu berteriak kegirangan dan menarik jersey dengan nomor 24 yang dikenal di seluruh dunia, memperingati satu-satunya musim MVP-nya.

Bryant mengenakan jersey itu dalam 25 pertandingan selama periode delapan bulan, di mana dia rata-rata mencetak 25,8 poin per pertandingan, kata Wachter.


Saingi Michael Jordan

Sejak kematian mendadak karena kecelakaan helikopter pada 2020, memorabilia juara NBA lima kali ini mendapat permintaan yang kuat, dengan penjualan yang menyaingi legenda lain - Michael Jordan.

Sebelum melelang jersey Bryant, Sotheby's menjadi berita utama pada bulan September karena menjual jersey "Last Dance" Michael Jordan tahun 1998 seharga USD 10,1 juta, lelang yang memecahkan rekor. Tapi sebelum itu, jersey Jordan dari karier profesionalnya belum melampaui USD 1 juta.

Sementara itu, kaus Bryant sebelumnya telah terjual seharga USD 3,69 juta pada tahun 2021, rekor yang ada untuk sepotong memorabilia dari mendiang pemain. Adapun yang laku terjual USD 2,7 juta pada Juni 2022.

"Kobe adalah seseorang yang tidak hanya menginspirasi pemain bola basket, dia juga menginspirasi atlet lain, dia juga menginspirasi para eksekutif dan pebisnis. Itu adalah seseorang yang menyentuh banyak orang yang berbeda dan jadi dalam hal itu, saya pikir mungkin dia adalah salah satu pasar terkuat, titik," kata Wachter.


Mendiversifikasi Aset

Banyak investor beralih ke pasar koleksi olahraga dalam beberapa tahun terakhir sebagai cara untuk mendiversifikasi aset di tengah gejolak di pasar investasi tradisional.

Sotheby's mengatakan permintaan akan artefak olahraga tetap kuat dan terlihat sejumlah transaksi pribadi pada tingkat tinggi.