Penjara Sampai Mati untuk Ferdy Sambo

Tuntutan Ferdy Sambo, Jaksa Sebut Tak Ada Hal yang Meringankan

Liputan6.com 2023-01-17 13:16:44
Terdakwa Ferdy Sambo memberi salam sebelum dimulainya sidang lanjutan kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, S

Jaksa meminta majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menghukum Ferdy Sambo dengan pidana penjara seumur hidup. Jaksa menilai Ferdy Sambo terbukti secara bersama-sama melakukan pembunuhan berencana kepada Brigadir Nofriasyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Tuntutan Ferdy Sambo ini disusun dengan mempertimbangkan sejumlah hal memberatkan dan meringankan.

Hal yang memberatkan tuntutan mantan Kadiv Propam Polri itu adalah perbuatannya menyebabkan nyawa Brigadir J melayang. "Satu, perbuatan terdakwa mengakibatkan hilangnya nyawa korban Nofriansyah Yoshua Hutabarat dan duka yang mendalam bagi keluarganya," ujar jaksa, di PN Jaksel, Jakarta, Selasa (17/1/2023).

Menurut jaksa, Ferdy Sambo menyampaikan keterangan yang berbelit-belit.

"Dua, terdakwa berbelit-belit dan tidak mengakui perbuatannya dalam memberikan keterangan di persidangan," lanjut jaksa.

Perbuatan Ferdy Sambo juga mengakibatkan keresahan dan kegaduhan di masyarakat. Keempat, perbuatannya tak sepantasnya dilakukan dalam kedudukannya sebagai aparatur penegak hukum dan petinggi Polri.

"Lima, perbuatan terdakwa telah mencoreng institusi polri di mata masyarakat Indonesia dan dunia internasional. Enam, perbuatan terdakwa telah menyebabkan banyaknya anggota Polri lainnya turut terlibat," jelas jaksa.

Sementara, untuk hal yang dapat meringankan tuntutan hukuman Ferdy Sambo, jaksa menyebut tidak ada.

"Tidak ada hal meringankan," ujar jaksa.


Tuntutan

Mantan Kadiv Propam Ferdy Sambo dituntut penjara seumur hidup oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Ferdy Sambo dituntut lantaran dianggap mendalangi pembunuhan berencana Brigadir Nofriasyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

"Menjatuhkan pidana penjara kepada terdakwa pidana seumur hidup," kata jaksa di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (17/1/2023).

Jaksa menilai Ferdy Sambo secara sah terbukti bersama-sama melakukan tindak pidana pembunuhan berencana Brigadir J sesuai dengan Pasal 340 juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Jaksa menilai unsur pembunuhan berencana, merampas nyawa orang lain dan unsur lain dalam Pasal 340, terpenuhi. Oleh karena itu dakwaan subsider tidak perlu dibuktikan.

Misal unsur pembunuhan berencana. Jaksa merunut fakta hukum yang diperoleh.

Saksi RR benar pada 7 Juli 2022, turun ke lantai 1 mengamankan senpi milik Brigadir J dan senjata laras panjang stayer yang berada di kamar ADC untuk dipindahkan ke kamar Tribata Putra Sambo untuk diamankan.

Dari keterangan saksi dan terdakwa Ferdy Sambo diperoleh fakta hukum, saudara Ferdy Sambo jelas dan tegas. Bahwa terdakwa Ferdy Sambo pada Jumat dini hari, 8 Juli 2022, menerima telepon dari PC yang menyampaikan perbuatan korban Brigadir J sehingga terdakwa Ferdy Sambo ada kehendak untuk berbuat sesuatu.

"Terdakwa Ferdy Sambo menggunakan HT untuk memanggil RR naik ke lantai 3. Saat bertemu, Ferdy Sambo secara sadar sampaikan maksud dan niat kepada RR kamu back up saya kalau Brigadir J melawan. Lalu mengatakan, kamu berani gak tembak dalam hal ini Brigadir J. Kemudian RR menjawab tidak berani pak, karena saya tidak kuat mentalnya. Penyampaikan tersebut merupakan maksud bahwa penyampaikan perbuatan terdakwa ferdy sambo memang bertujuan untuk perbuatan menimbulkan akibat yang dilarang dalam hal ini menghilangkan nyawa Brigadir J," tutur jaksa.


Skenario

Mendengar jawaban RR tersebut, lanjut dia, terdakwa Ferdy Sambo merasa tidak puas jika kehendak untuk menghilangkan korban Brigadir J tidak terlaksana. Sehingga untuk mencapai tujuan terdakwa Ferdy Sambo menyampaikan meminta Bharada E.

"Terdakwa Ferdy Sambo secara sadar menyampaikan maksud dan niat kepada Brhada E dengan perkataan kamu sanggup gak nembak Yoshua, dijawab siap komandan. Maksud dan tujuan yang disampaikan terdakwa Ferdy Sambo ke RR maupun ke Brhada E dalam merupakan bentuk kesengajaan yang bertujuan menghilangkan nyawa orang lain dalam hal ini Brigadir J," kata jaksa.

Untuk melaksanakan maksud dan tujuan daripada terdakwa Ferdy Sambo berikan satu kotak peluru kepada Bharada E dengan tujuan untuk menambah magazen dengan peluru untuk digunakan menembak atau menghilangkan nyawa Brigadir J. Lalu Bharada E menerima satu kotak peluru tersebut dan menambahkan peluru ke magazen lalu dipasangkan ke senjata Glock 17 milik Bharada E.

Terdakwa Bharada E meyakinkan akan menjaga Bharada E karena kalau terdakwa Ferdy Sambo yang membunuh, menembak tidak ada yang bisa menjaga kita semua. Kemudian Ferdy Sambo menentukan lokasi pelaksanaan dengan mengatakan lokasi di 46.

"Selanjutnya Ferdy Sambo menjelaskan berulang-ulang skenario yang telah dibuat oleh terdakwa Ferdy Sambo. Skenario, cerita karangan cerita bohong. Brigadir J lecehkan PC. PC berteriak minta tolong lalu Bharada E merespon dan brigadir J menembak. Bharada E nembak balik ke korban Brigadir J. Kemudian Ferdy Sambo meyakinkan lagi dengan mengatakan Bharada E aman karena membela PC dan membela diri. Agar lebih sempurna pelaksanaan kehendak terdakwa Ferdy Sambo untuk merampas nyawa korban Brigadir J," ujar jaksa.


Dakwaan

"Kemudian terdakwa Ferdy Sambo menanyakan kepada senjata api keberadaan Brigadir kepada Bharada E. Dijawab senjata Brigadir J di Lexus LM. Kemudian menyuruh Bharada E untuk mengambil senjata Brigadir J. Dan senjata api HS diserahkan ke terdakwa tujuan agar Brigadir J lebih mudah dieksekusi. Bahwa pelaksanaan kehendak maksud dan tujuan telah disusun Ferdy Sambo dengan rapih terungkap dalam persidangan merupakan fakta hukum," sambung jaksa.

Selain itu, jaksa menilai unsur Pasal 49 juncto Pasal 33 UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 juncto Pasal 55 KUHP juga terpenuhi.

Sebelumnya, Ferdy Sambo didakwa dengan pasal 340 KUHP subsider pasal 338 KUHP juncto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Selain itu, Ferdy Sambo didakwa lobstruction of justice (OOJ) untuk menghilangkan jejak pembunuhan berencana.

Ferdy Sambo dipersangkakan dengan Pasal 49 juncto Pasal 33 dan/atau Pasal 48 ayat (1) juncto Pasal 32 ayat (1) UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 dan/atau Pasal 221 ayat (1) ke 2 dan 233 KUHP juncto Pasal 55 KUHP dan/atau Pasal 56 KUHP.

Dengan ancaman pidana maksimal hukuman mati, penjara seumur hidup atau 20 tahun penjara.

Jeratan Lain Selain Pembunuhan

Dituntut Penjara Seumur Hidup, Ferdy Sambo Juga Dijerat UU ITE

Liputan6.com 2023-01-17 14:11:23
Terdakwa Ferdy Sambo usai menjalani sidang lanjutan pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat di Pengadilan Negeri J

Terdakwa Ferdy Sambo dituntut penjara seumur hidup terkait kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriyansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Diketahui, Ferdy Sambo dituntut penjara seumur hidup berdasarkan dakwaan premier Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Tak hanya dijerat Pasal 340 saja, Sambo juga dijerat dengan Undang-Undang ITE yang tertuang pada Pasal 49 Juncto Pasal 33 Undang-Undang nomor 19 tahun 2016.

"Melakukan tindakan yang mengganggu sistem elektronik menjadi tidak bekerja secara bersama-sama sebagaimana mestinya melanggar Pasal 49 juncto Pasal 33 UU nomor 19 tahun 2016," kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam persidangan, Selasa (17/1).

"Atas perubahan atas UU nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik, juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. Sebagaimana dakwaan 1 primer dan dakwaan kedua pertama primer," sambungnya.

Lalu, terkait dengan Pasal 340 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP ini disebutnya, menyatakan Ferdy Sambo telah terbukti secara sah dan menyakinkan melakukan tindak pidana tanpa hak atau melawan hukum.


Dituntut Seumur Hidup

Terdakwa Ferdy Sambo dituntut hukuman pidana penjara seumur hidup terkait kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Tuntutan terhadap mantan Kadiv Propam Polri itu dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (17/1).

Tuntutan penjara itu berdasarkan dakwaan premier Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Tuntutan dijatuhkan lantaran JPU berkeyakinan Ferdy Sambo telah menyusun rencana pembunuhan Brigadir J dengan rapih. Hal itu berdasarkan keterangan sejumlah saksi selama persidangan.

Adapun dalam perkara ini, Ferdy Sambo didakwa melakukan tindak pidana pembunuhan berencana terhadap Brigadir J secara bersama-sama dengan Richard Eliezer alias Bharada E, Ricky Rizal atau Bripka RR, Putri Candrawathi dan Kuat Maruf.


Pembunuhan Berencana

Mereka didakwa turut terlibat dalam perkara pembunuhan berencana bersama-sama merencanakan penembakan terhadap Brigadir J pada 8 Juli 2022 di rumah dinas Komplek Polri Duren Tiga Nomor 46, Jakarta Selatan.

Sumber: Nur Habibie/Merdeka.com

Mengapa Ferdy Sambo Tak Dituntut Mati?

Ferdy Sambo Dituntut Seumur Hidup, Keluarga Brigadir J Mengaku Kecewa

Liputan6.com 2023-01-17 17:00:15
Terdakwa Ferdy Sambo usai menjalani sidang lanjutan pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat di Pengadilan Negeri J

Kuasa Hukum Keluarga Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Martin Lukas Simanjuntak mengaku sependapat atas surat tuntutan yang dibacakan JPU terhadap Terdakwa Ferdy Sambo.

Diketahui, Ferdy Sambo dituntut seumur hidup atas pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

"Kami sependapat dengan pembacaan surat tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum kepada Terdakwa Ferdy Sambo, yang menyimpulkan Terdakwa Ferdy Sambo telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana pembunuhan berencana," kata Martin Lukas, Selasa (17/1/2023).

"Dan Pelanggaran UU ITE sebagaimana diatur dalam Pasal 340 KUHP Jo Pasal 64 KUHP Jo Pasal 49 UU ITE Jo Pasal 55 ayat 1 KUHP," sambungnya.

Kendati demikian, pihak keluarga Brigadir J mengaku kecewa atas tuntutan seumur hidup yang diberikan kepada Ferdy Sambo oleh JPU. Karena, pihaknya ingin agar eks Kadiv Propam Polri ini diberikan hukuman yang maksimal.

"Namun, dalam hal tuntutan pidana penjara seumur hidup kepada Terdakwa Ferdy sambo, keluarga korban kecewa dan berharap Majelis Hakim yang mengadili perkara pada saat memutus perkara dapat memberikan vonis maksimal," ungkapnya.

"Bagi setiap terdakwa yang menjadi aktor intelektual dan pelaku utama yang mengakibatkan hilangnya nyawa korban Almarhum Nofiriansyah Yoshua Hutabarat," pungkasnya.


Dituntut Seumur Hidup

Diketahui, Ferdy Sambo dituntut hukuman pidana penjara seumur hidup terkait kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Tuntutan terhadap mantan Kadiv Propam Polri itu dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (17/1/2023).

Tuntutan penjara itu berdasarkan dakwaan premier Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Tuntutan dijatuhkan lantaran JPU berkeyakinan Ferdy Sambo telah menyusun rencana pembunuhan Brigadir J dengan rapih. Hal itu berdasarkan keterangan sejumlah saksi selama persidangan.

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Makna Kemeja Putih yang Dipakai Sambo

Apa Makna Kemeja Putih yang Dipakai Ferdy Sambo Suami Putri Candrawathi Saat Tuntutan Penjara Seumur Hidup?

Liputan6.com 2023-01-17 15:10:33
Ferdy Sambo sebelum dimulainya sidang lanjutan kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (17/1/2023). Agen

Ferdy Sambo menjalani sidang pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) hari ini, Selasa, 17 Januari 2023, pagi. Sambo dituntut hukuman penjara seumur hidup terkait kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Ferdy Sambo menghadapi pasal 340 KUHP subsider pasal 338 KUHP juncto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Suami Putri Candrawathi itu juga didakwa lobstruction of justice (OOJ) untuk menghilangkan jejak pembunuhan berencana.

Dalam sidang tuntutan, Ferdy Sambo dipersangkakan dengan Pasal 49 juncto Pasal 33 dan/atau Pasal 48 ayat (1) juncto Pasal 32 ayat (1) UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 dan/atau Pasal 221 ayat (1) ke 2 dan 233 KUHP juncto Pasal 55 KUHP dan/atau Pasal 56 KUHP.

Dalam sidang yang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso itu, Ferdy Sambo hadir dengan kemeja putih dan celana hitam, serta kacamata berbingkai gelap.

Penampilan Ferdy Sambo dengan kacamata sempat menarik perhatian publik karena sebelumnya pria itu tak pernah terlihat mamakai alat bantu lihat. Mengenai hal ini, Psikolog forensik sekaligus konsultan Lentera Anak Foundation, Reza Indragiri, mengungkapkan bahwa Ferdy Sambo selama ini tidak konsisten menggunakan kacamata. Hanya di sesi-sesi akhir persidangan, dirinya tampak rutin menggunakan kacamata.

Penggunaan kacamata tersebut diduga terkait dengan strategi pembelaan dengan membangun citra diri yang lebih positif atau dikenal dengan nerd defense.

Reza menyampaikan, penelitian di luar negeri menunjukkan efek kacamata dapat membuat seseorang terlihat lebih pintar, santun, halus, beradab, humanis, dan tidak sadis.

Selain kacamata, kemeja putih yang kerap dikenakan Ferdy Sambo dalam persidangan akhir-akhir ini pun menarik perhatian.


Makna di Balik Kemeja Putih

Mengenai pilihan pakaian yang dikenakan Ferdy Sambo di persidangan, Reza mencermati bahwa hal itu pun bisa jadi masih terkait dengan strategi pembelaan.

Menurut pengamatan Reza, pada awalnya Ferdy Sambo menghadiri persidangan dengan memakai batik, lalu berikutnya berganti kemeja hitam. Namun, kemeja hitam malah memberi kesan keras.

"Kalau Ferdy Sambo pakai kemeja hitam, kesan kerasnya itu makin kentara," jelas Reza.

Warna hitam, kata Reza, memberi kesan misterius, tertutup, dan menjaga jarak. Warna hitam tidak mewakili citra positif seperti fleksibel, halus, dan terbuka yang mungkin ingin ditampilkan ke publik.

"Lalu banting setir, ganti dia pakai baju putih. Kalau pakai baju putih ini memang warna yang normatif, relatif netral, yang lebih memungkinkan orang untuk 'masuk' ke diri dia secara lebih dalam ketimbang kalau dia pakai baju hitam."

Dibandingkan dengan warna hitam yang memberi kesan berjarak, warna putih memberi kesan suci, bersih, lembut, lentur. "Jadi nilainya lebih positif."

"Itu gimmick kedua yang boleh jadi sedang secara sengaja, secara strategis dimainkan oleh Ferdy Sambo dan timnya untuk sedikit banyak mempengaruhi dinamika persidangan, untuk mempengaruhi penilaian majelis hakim," jelas Reza dalam sebuah sesi live beberapa waktu lalu.


Tuntutan Hukuman Seumur HIdup

Ferdy Sambo dituntut penjara seumur hidup berdasarkan dakwaan premier Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengajukan tuntutan penjara seumur hidup pada majelis hakim karena berkeyakinan Ferdy Sambo telah menyusun rencana pembunuhan Brigadir J dengan rapih. Hal itu berdasarkan keterangan sejumlah saksi selama persidangan.

Dalam perkara ini, Ferdy Sambo didakwa melakukan tindak pidana pembunuhan berencana terhadap Brigadir J secara bersama-sama dengan Richard Eliezer alias Bharada E, Ricky Rizal atau Bripka RR, Putri Candrawathi dan Kuat Maruf.


Ferdy Sambo Juga Terjerat UU ITE

Tak hanya dikenai Pasal 340, Ferdy Sambo juga dijerat dengan Undang-Undang ITE yang tertuang pada Pasal 49 Juncto Pasal 33 Undang-Undang nomor 19 tahun 2016.

"Melakukan tindakan yang mengganggu sistem elektronik menjadi tidak bekerja secara bersama-sama sebagaimana mestinya melanggar Pasal 49 juncto Pasal 33 UU nomor 19 tahun 2016," kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam persidangan, Selasa (17/1).

"Atas perubahan atas UU nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik, juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. Sebagaimana dakwaan 1 primer dan dakwaan kedua pertama primer," sambungnya.

Malaysia Larang Perayaan Valentine Day

Malaysia hingga Iran Larang Perayaan Hari Valentine, Bagaimana dengan Arab Saudi dan Indonesia?

Liputan6.com 2023-01-17 15:29:10
Perajin menata buket atau karangan bunga di Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta, Senin (14/2/2022). Perajin buket setempat mengaku permintaan pesanan karangan bunga yang biasa dihadiahkan saat h

Bunga, cokelat atau barang-barang dengan simbol hati telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari perayaan Hari Valentine. Namun, perayaan yang juga dilabeli hari kasih sayang itu dianggap tabu bahkan ilegal di sejumlah negara, yang sebagian besar mengaitkannya dengan penyebaran budaya Barat.

Dari Pakistan hingga India, berikut daftar negara yang melarang Valentine's Day seperti dikutip dari berbagai sumber:

Larangan terhadap perayaan Hari Valentine diperkenalkan oleh Pengadilan Tinggi Islamabad pada tahun 2018, setelah muncul sebuah petisi dari seorang warga negara yang mengatakan libur pada 14 Februari adalah impor budaya dari Barat dan "bertentangan dengan ajaran Islam".

Sebelumnya, pada tahun 2016, presiden berkuasa saat itu Mamnoon Hussain mengingatkan masyarakat untuk tidak merayakan Valentine's Day karena itu tidak ada hubungannya dengan budaya Pakistan.

Pada tahun 2005, Dewan Fatwa Malaysia menyatakan Hari Valentine bertentangan dengan Islam karena memiliki "unsur-unsur kekristenan".


Valentine's Day Dicap Simbol Amoralitas

Republik Islam Iran telah secara resmi melarang Hari Valentine sejak tahun 2010, mencapnya sebagai upaya mempromosikan budaya Barat, simbol amoralitas, dan dekadensi.

Valentine's Day tidak secara resmi dilarang di India, tetapi mendapat penolakan keras dari kelompok ekstremis Hindu. Kampanye anti-Valentine bahkan diluncurkan via media sosial pada 2020, menargetkan sekitar 518 juta warga India sebagai pengguna aktif.

Mereka yang bersikeras merayakan Hari Valentine diancam bahkan diserang, termasuk dengan cara dipotong rambutnya atau dicoret wajahnya.

Pada tahun 2015, sebuah partai politik Hindu sayap kanan mengancam akan memaksa orang-orang yang menggunggah simbol-simbol kasih sayang di media sosial berkenaan dengan Valentine untuk menikah.


Lalu, Bagaimana dengan Arab Saudi?

Arab Saudi dinilai mulai melonggarkan aturannya terkait perayaan Hari Valentine setelah Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) secara perlahan mengambil alih kekuasaan. Sebelumnya, perayaan semacam itu dilarang karena bertentangan dengan nilai-nilai Islam.

MBS membubarkan komite negara untuk promosi kebajikan dan pencegahan kejahatan, sebuah departemen yang ditugaskan untuk menegakkan norma-norma agama yang ketat, pada tahun 2016. Sejak saat itu, Al Arabiya melaporkan, masyarakat Arab Saudi leluasa merayakan Valentine's Day.

Tahun 2019 tercatat sebagai tahun pertama di Arab Saudi, di mana tidak ada perintah larangan publik terhadap penjualan kado Valentine. Hal tersebut berbanding terbalik dengan tahun 2008, di mana otoritas mengumumkan fatwa yang melarang toko-toko menjual benda berwarna merah dan kado Valentine lainnya.

Saat itu, restoran-restoran juga diperingatkan agar tidak "menciptakan suasana Valentine", sementara para guru mewanti-wanti siswa agar tidak merayakan Hari Valentine.


Perayaan Valentine di Indonesia

Tidak ada hukum resmi yang melarang perayaan Hari Valentine di Indonesia. Namun, Fatwa MUI Nomor 3 Tahun 2017, memperingatkan umat Islam bahwa merayakan Hari Valentine hukumnya haram. Alasannya adalah Hari Valentine bukan termasuk dalam tradisi Islam.

Selain itu, larangan terkait Hari Valentine bersumber dari sejumlah kebijakan pemerintah daerah, seperti misalnya larangan yang diumumkan oleh pemerintah Kabupaten Aceh Besar, Kotamadya Banda Aceh, Kabupaten Bogor, dan beberapa lainnya.

Mengaku Salah Pilih Suami

Venna Melinda Minta Maaf ke Verrell Bramasta, Ngaku Salah Pilih Suami dan Kesepian

Liputan6.com 2023-01-17 08:17:54
Venna Melinda dan Verrell Bramasta. (Foto: Dok. Instagram @bramastavrl)

Verrell Bramasta menceritakan detik-detik kali pertama Venna Melinda menghubunginya setelah mengalami kekerasan dalam rumah tangga alias KDRT. Kala itu, ia sedang berada di Jepang.

Mulanya, Venna Melinda menelepon putranya namun tidak diangkat. Setelahnya, ia mengirim foto mukanya babak belur berlumur darah. Diduga, pelakunya suaminya sendiri, Ferry Irawan.

"Pas aku lagi di Jepang. Itu hal pertama mama misscall, habis misscall Mama kirimi foto itu. Jadi Mama bilang, pada saat itu Mama mikir hidungnya patah. Jadi pas aku telepon itu Mama bilang kayak, 'Kak, tolongin Mama, hidung Mama patah'," kata Verrell Bramasta soal KDRT Venna.

Ia dan Venna Melinda lantas terkoneksi lewat panggilan video. Saat itu, ibunda Verrell Bramasta di kamar hotel. Tampak pula dalam video sejumlah bercak darah yang membuatnya panik.


Panggilan Video

"Itu telepon masih dalam kondisi (mukanya) berdarah. Bahkan ada videonya yang memperlihatkan kamar hotelnya yang ada bekas darah segala macam. Lumayan banyak sih," ujarnya.

Melansir dari video wawancara di kanal YouTube Curhat Bang Denny Sumargo, Senin (16/1/2023), yang terjadi setelahnya sangat memilukan hati Verrell Bramasta. Venna Melinda minta maaf ke anaknya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Mama Salah Pilih

"Akhirnya Mama itu cerita, terus Mama yang kayak aku bilang di podcast Om Deddy berulang-ulang ngomong, 'Maafin Mama ya, Kak. Mama salah pilih orang, Mama kesepian. Tolong jangan tinggalin Mama, tolongin Mama, Kak. Tolongin Mama'," Verrell Bramasta menyambung.

Mendengar permintaan maaf ibunda, hati bintang sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta ambyar. Verrel Bramasta tak menyangka rumah tangga ibunya yang belum genap dua tahun berujung KDRT.


Mama Dibeginiin

"Ya, Mama dibeginiin sama Om Ferry. Katanya kayak begitu," cerita Verrell Bramasta. Kala itu, sang aktor setengah mati menutupi rasa panik seraya berupaya menenangkan Venna Melinda yang berdarah-darah.

Jauh di lubuk hatinya, ia pun merasa bersalah. "Justru itu Bang, yang bikin aku kayak merasa gimana gitu. Mama berulang-ulang ngomong begitu dan aku paham sih situasi Mama," ia mengakhiri.

Heboh Bunda Corla Dapat Tas Dior

Bunda Corla Main ke Andara, Diberi Tas Dior oleh Nagita Slavina

Liputan6.com 2023-01-17 15:00:00
Bunda Corla yang sudah berada di Tanah Air diundang oleh 'Sultan Andara' Raffi Ahmad dan Nagita Slavina berkunjung ke rumahnya. Pasangan selebriti itu terlihat bahagia dan antusias menyambut

Bunda Corla akhirnya kembali ke Tanah Air setelah bertahun-tahun menetap di Jerman. Setibanya di Jakarta, dia memenuhi undangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina berkunjung ke rumahnya di Andara, Depok.

Diakui Bunda Corla, sebelum berkunjung sebenarnya dia kelelahan. Namun demi menghargai undangan, wanita paruh baya ini akhirnya datang. Tak disangka, rasa penatnya hilang saat tiba di Andara.

"Sebenarnya sudah ngantuk, tapi akhirnya ya sudahlah tahan-tahan aja. untungnya pas di rumah Raffi banyak hal yang bikin Bunda jadi melek, karena enggak menjemukan," tutur Bunda Corla saat live Instagram yang ditonton lebih dari 50 ribu orang.

"Bunda diajak (home tour) 'Sini Bunda, ke sini Bunda, ke atas Bunda' udah kayak masuk museum," dia menyambung pernyataan.


Ditawari Jam Mewah

Raffi Ahmad dikenal sebagai artis yang sangat dermawan, dia bahkan tak segan-segan menawarkan jam tangan mewahnya untuk diberikan kepada Bunda Corla.

"'Bunda mau apa, mau tas? Bunda mau jam yang mana?' Enggak usah Raffi, jam dia kan harganya ratusan juta itu semua, ratusan juta ke atas, Bunda tengok merknya enggak ada yang di bawah 500, miliaran semua," tuturnya.


Ditawari Tas

Setali dua uang dengan Raffi, Nagita Slavina pun ingin memberikan tas mewahnya kepada Bunda Corla. Dia bahkan tak ragu menawarkan tas Dior edisi terbaru.

"Nagita juga nawarin tas, 'Bunda pilih yang mana tasnya', akhirnya dia ngasih Dior terbaru, Bunda enggak mau. Nagita sibuk ngasih ini, ini, tapi Bunda enggak mau. Itu mahal model terbaru itu. Enggak mau Bunda bilang, yang lain aja," terangnya.


Diberi Tas Dior

Pilihan Bunda Corla akhirnya jatuh kepada tas Dior model lain yang memiliki harga lebih murah dibanding yang ditawarkan oleh Nagita pertama kali.

"Untuk apa kita maksakan tas yang bagus tapi enggak enak di badan, walaupun dikasih, untuk apa? Udah mendingan Dior yang biasa aja yang di bawah harganya tapi dia tentengannya besar. Enakan yang tentengan besar," tutupnya.

Perang Dunia III Jika Ukraina Kalah

Polandia Berikan Warning: Perang Dunia III Bisa Terjadi Kalau Ukraina Kalah

Liputan6.com 2023-01-17 16:30:52
Tentara Ukraina menggempur posisi Rusia menggunakan Howitzer M777 yang dipasok Amerika Serikat (AS) di wilayah Kherson, Ukraina, 9 Januari 2023. Memasuki hari ke-321 peperangan, konflik di an

Pemerintah Polandia terus memberikan dukungan kepada Ukraina di tengah Rusia. Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki bahkan berpesan Perang Dunia III bisa terjadi apabila Ukraina.

Oleh sebab itu, Polandia mendukung pengiriman bantuan militer ke Ukraina, termasuk tank Leopard 2 dari Jerman.

"Kekalahan Ukraina mungkin menjadi awal dari Perang Dunia III, jadi hari ini tidak ada alasan untuk memblokir dukungan untuk Kyiv dan menunda-nundanya tanpa kejelasan," ujar PM Morawiecki saat berkunjung ke Jerman, dikutip Firstpost, Selasa (17/1/2023).

Ada wacana pengiriman tank Leopard 2 ke Ukraina masih tertunda. Situs France24menyebut Kanselir Jerman Olaf Scholz khawatir akan terjadi eskalasi konflik apabila Jerman mengirim tank tersebut ke Ukraina.

Polandia pun mendorong Jerman agar tank-tank tersebut tidak diparkirkan di tempat penyimpanan saja, tetapi dikirimkan.

"Hari ini rakyat Ukraina tak hanya bertempur untuk kemerdekaan mereka, tetapi juga mempertahankan Eropa. Saya menyerukan kepada pemerintah Jerman untuk bertindak dengan tegas dan mengirimkan semua tipe senjata ke Ukraina," ujar PM Polandia Morawiecki.

Polandia dan Finlandia sebenarnya memiliki tank Leopard 2, tetapi mereka juga tak bisa mengirimkan tank-tank tersebut ke Ukraina tanpa lampu hijau dari pemerintah Jerman.

Sementara, pihak Rusia tidak gentar dengan potensi kehadiran Leopard 2 dan menyebut siap membakarnya.

Namun, saat ini Jerman sedang memiliki masalah lain karena mundurnya Christine Lambrech sebagai menteri pertahanan. Pakar pertahanan dari King's College London, Rod Thornton, menyebut mundurnya Lambrech dikhawatirkan melemahkan respons Barat.

"Rusia telah mencoba melemahkan kohesi Barat, dan dengan kabar mundurnya ini, Barat terlihat kurang bersatu," ujar Thornton.


Menhan Jerman Christine Lambrecht Mundur

Menteri Pertahanan Jerman Christine Lambrecht mengundurkan diri menyusul serangkaian blunder. Keputusan Lambrecht diambil di tengah tekanan yang meningkat terhadap Berlin untuk mengirimkan peralatan tempur ke Ukraina.

Salah satu yang membuat Lambrecht diolok-olok adalah pengumumannya bahwa Jerman menawarkan Ukraina bantuan 5.000 helm militer. Demikian seperti dilansir BBC, Senin (16/1).

Wali Kota Kyiv Vitali Klitschko menolak tawaran Lambrecht tersebut, menyebutnya sebagai lelucon. Kepada surat kabar Jerman, Bild, Klitschko bahkan mengisyaratkan dia tidak bisa berkata-kata untuk merespons pernyataan Lambrecht.

Selain itu, Lambrecht juga dikritik secara luas karena dianggap gagal meningkatkan perlengkapan angkatan bersenjata Jerman. Sorotan lain terhadap perempuan usia 57 tahun tersebut adalah saat ia membawa serta putranya dalam perjalanan dengan helikopter militer.

"Fokus media selama berbulan-bulan pada pribadi saya hampir tidak memungkinkan pelaporan dan diskusi objektif tentang tentara, angkatan bersenjata, dan arah kebijakan keamanan bagi kepentingan warga Jerman," ungkap Lambrecht dalam pengumuman pengunduran dirinya seperti dikutip dari CNBC.

"Pekerjaan yang penting oleh para prajurit dan banyak orang dalam industri ini harus menjadi yang terdepan. Karena itu saya memutuskan untuk mundur," tambahnya. "Saya berterima kasih kepada semua orang yang melibatkan diri mereka demi keamanan kita setiap hari dan dengan tulus mendoakan yang terbaik untuk mereka di masa depan."


Tak Paham Perang?

Kontroversi terkait Lambrecht tidak berhenti sampai di situ saja. Belum lama ini, politikus senior Partai Demokrat Sosial Jerman itu dikritik habis-habisan menyusul video tahun barunya.

Dalam video itu, ia bicara soal Perang Ukraina, namun dengan latar belakang pesta kembang api. Suaranya bahkan sulit didengar jelas. Oposisi mengecam video tersebut, mencapnya tidak pantas dalam konteks perang.

Belum jelas siapa yang akan menggantikan Lambrecht.

Pengunduran diri Lambrecht terjadi beberapa hari sebelum rekannya sesama menteri pertahanan dari sekutu Barat Ukraina bertemu di pangkalan militer Amerika Serikat di Ramstein pada Jumat untuk membahas dukungan lebih lanjut bagi Kyiv.


Desakan untuk Membantu Ukraina

Pada Sabtu (14/1), Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyerukan agar sekutu Barat mengirimkan lebih banyak persenjataan berat. Dia menegaskan bahwa teror Rusia hanya bisa dihentikan di medan perang.

"Lantas apa yang dibutuhkan? Senjata-senjata yang ada di gudang sekutu kami," kata Zelensky.

Zelensky menyampaikan hal tersebut tidak lama setelah Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak berjanji akan mengirimkannya tank Challenger 2.

Polandia dan Finlandia juga telah mengisyaratkan kesediaan mereka untuk membantu Ukraina dengan mengirimkan tank Leopard 2 pabrikan Jerman.

Di lain sisi, komitmen negara-negara tersebut meningkatkan tekanan pada Kanselir Jerman Olaf Scholz dan pemerintahan koalisinya untuk mengirim tank Leopard 2.

Miliarder Dikira Idiot Karena Bisnisnya

Cerita Miliarder Mark Cuban yang Dikira Idiot Karena Bisnisnya

Liputan6.com 2023-01-17 21:00:14
Mark Cuban (biography.com)

Setiap ide besar terkadang ada saja seseorang yang mencela. Seperti yang dirasakan oleh salah satu miliarder Mark Cuban yang dikira idiot karena meluncurkan perusahaan yang dijualnya seharga miliaran.

Salah satu contoh Broadcast.com, perusahaan streaming audiov perintis yang menjadikan Mark Cuban seorang miliarder. Ketika Cuban dan temannya Todd Wagner mengambil alih perusahaan pada tahun 1995, itu adalah salah satu platform streaming pertama yang ada, membuka jalan bagi streaming terbesar saat ini, dari Netflix hingga Spotify.

Menjadi salah satu yang pertama dari jenisnya berarti platform tersebut merasakan tingkat skeptisisme tertentu di masa-masa awal internet. "Tidak ada yang melakukannya. Tidak ada," kata Cuban kepada CBS "Sunday Morning" baru-baru ini seperti melansir CNBC, Selasa (17/1/2023).

"Orang mengira aku idiot," tambah dia.

Pada tahun 1995, Cuban hidup dari pendapatan sekitar USD 2 juta dari penjualan perusahaan teknologi pertamanya, MicroSolutions. Bersama-sama dia dan Wagner memutuskan untuk berinvestasi di perusahaan streaming bernama AudioNet - yang kemudian menjadi Broadcast.com - karena mereka ingin mendengarkan siaran radio langsung dari tim bola basket perguruan tinggi Universitas Indiana almamater mereka.

Perusahaan menerima konten audionya melalui satelit dan mendigitalkannya sebelum mendistribusikannya secara online. Akhirnya, Broadcast.com memperluas penawarannya untuk menyertakan audio dari acara langsung lainnya, seperti acara bincang-bincang radio dan konser rock.

Hanya butuh empat tahun untuk investasi Cuban dan Wagner divalidasi. Lalu Yahoo mengakuisisi startup seharga USD 5,7 miliar saham pada tahun 1999. Itu adalah waktu yang buruk bagi Yahoo, tepat sebelum ledakan gelembung dot-com - dan perusahaan akhirnya menghentikan streaming layanan setelah beberapa tahun.

Tapi itu waktu yang tepat bagi Cuban, yang menjual sebagian besar sahamnya sebelum pasar ambruk. Kekayaan bersihnya saat ini diperkirakan oleh Forbes sebesar USD 4,6 miliar.


Mempelopori Platform Streaming

Terlepas dari kematian layanan, kesepakatan profil tinggi membantu menempatkan streaming digital. Ini kisah asal mula streaming," kata Cuban kepada CBS.

Menengok ke belakang, skeptisisme terhadap ide streaming audio dan video online cukup umum pada saat itu. Pada tahun 1995, tahun yang sama Cuban meluncurkan perusahaannya, salah satu pendiri Microsoft Bill Gates terkenal mencoba menjelaskan janji internet di CBS "Late Show with David Letterman" hanya untuk diejek oleh komedian tersebut.

"Saya mendengar Anda bisa menonton pertandingan bisbol langsung di internet dan saya seperti, 'Apakah radio membunyikan bel?'" Letterman bercanda kepada Gates pada episode 1995.

Cuban menerima umpan balik serupa dari para penentang pada pertengahan 1990-an yang tidak membayangkan peran besar yang akan dimainkan oleh internet yang baru lahir, apalagi media streaming, dalam kehidupan kita sehari-hari.

"Saat saya memberi tahu orang tentang visi untuk perusahaan, mereka akan berkata, 'Kamu gila. Saya hanya akan menyalakan TV saya. Saya hanya akan menyalakan radio,'" kata Cuban pada episode podcast "Starting Greatness" tahun 2021.

"Orang-orang akan menertawakan saya," tambahnya. Akan tetapi, dia tidak ragu. Dalam pikirannya dia akan menjadi "pemenang".

Berebut Kursi PSSI

HEADLINE: Bursa Calon Ketum, Waketum hingga Exco PSSI 2023-2027, Kandidat Terkuat?

Liputan6.com 2023-01-18 01:30:33
Kongres Biasa PSSI 2023 dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman dan juga delegasi dari FIFA dan AFC. (B

Sejumlah nama siap bertarung pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI. Selain diramaikan oleh wajah-wajah lama, agenda pemilihan ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota komite eksekutif (exco) nanti juga bakal diikuti oleh pendatang baru. Siapa kandidat terkuat?

KLB PSSI tahun ini bergulir lebih cepat. Pada 16 Februari 2023, para pemilik suara di otoritas tertinggi sepak bola Tanah Air itu akan memilih kepengurusan baru periode 2023-2027.

Normalnya, KLB PSSI berlangsung sekali empat tahun. Artinya, agenda ini seharusnya digelar pada November mendatang mengingat KLB sebelumnya berlangsung di bulan yang sama di tahun 2019. Namun, kali ini KLB PSSI terpaksa dimajukan sebagai buntut tragedi Kanjuruhan.

Seperti diketahui, bentrok yang melibatkan aparat keamanan dan suporter Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada 1 Oktober 2022 lalu telah menelan korban tewas hingga 135 penonton. Percepatan KLB PSSI pun dilakukan untuk memenuhi salah satu rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang dibentuk pemerintah untuk mengusut trragedi ini.

PSSI lalu memajukan agenda KLB lewat emergency meeting komite eksekutif (Exco) yang berlangsung di Kantor PSSI, GBK Arena, Senayan, Jumat (28/10/2022) lalu. Setelah berdiksusi cukup lama menyikapi situasi sepak bola pasca tragedi Kanjuruhan, PSSI akhirnya memutuskan untuk menuruti rekomendasi TGIPF yang menuntut perubahan di kepengurusan mereka.

"Kita melihat bahwa ekosistem sepak bola kita berhenti. Ekosistem itu ada di kompetisi Liga 1, 2, dan 3. Dengan ekosistem itu, banyak orang yang terlibat. Kalau berhenti, maka berhenti pula mereka menggantungkan hidupnya pada sepak bola. Saya tidak ingin mengorbankan mereka," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyikapi percepatan KLB PSSI tersebut.

PSSI awalnya merencanakan KLB digelar bulan Maret 2023. Hanya saja FIFA meminta agar agenda pemilihan itu dipercepat menjadi 16 Februari 2023. Karena itu, PSSI juga diminta untuk membentuk Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) pada 14 Januari 2023.

Hingga hari terakhir batas waktu pendaftaran pada 16 Januari 2023, Komite Pemilihan yang telah disahkan pada Kongres PSSI sehari sebelumnya telah mengumumkan setidaknya 5 kandidat calon ketua umum, 17 bakal calon wakil ketua umum (waketum), dan 78 bakal calon komite eksekutif.

Angka ini kemudian diperbaharui lagi pada 17 Januari 2022. Menurut Ketua Komisi Pemilihan (KP), Amir Burhannudin, terdapat tambahan 3 bakal calon waketum dan 5 bakal calon exco. Dengan demikian, secara keseluruhan bakal kandidat yang maju pada KLB PSSI 2023 terdiri dari lima orang bakal calon ketua umum, 20 orang bakal calon wakil ketua umum, dan 83 orang bakal calon anggota Exco.

"Setelah (melakukan) pengecekan kembali, terdapat nama-nama bakal calon wakil ketua umum dan anggota komite eksekutif yang masih ada di dokumen berkas dan masuk di folder spam (mendaftar lewat email). Namun komite Pemilihan memastikan bahwa seluruh dokumen tersebut diserahkan dan dikirimkan sebelum pukul 18.00 WIB, Senin (16/1) (batas akhir pendaftaran," kata Amir Burhannudin seperti dikutip dari situs resmi PSSI, Selasa (17 Januari 2023).


Dihiasi Muka Lama

Melihat daftar para bakal calon yang dirilis KP, sejumlah wajah lama kembali bakal meramaikan KLB PSSI tahun ini. Sebagian besar anggota exco PSSI bahkan kembali ikut dalam pertarungan untuk mengincar posisi serupa pada kepengurusan periode 2023-2027.

Mereka adalah Ahmad Riyadh, Endri Erawan, Hasani Abdul Gani, Hasnuryadi Sulaiman, Juni Ardianto Rachman, Yunus Nusi, Sonhaji, Pieter Tanuri, Dirk Soplanit, dan Vivin Cahyani. Hanya Haruna Soemitro dan Yoyok Sukawi, anggota Exco PSSI saat ini yang memilih tidak maju pada KLB PSSI tahun ini. Empat dari 10 anggota komite eksekutif PSSI tersebut bahkan mencalonkan diri untuk posisi waketum PSSI.

Selain pengurus saat ini, mantan pengurus PSSI pada periode sebelumnya juga tergiur ambil bagian. Salah satunya adalah Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, La Nyalla Mattalitti. La Nyalla maju sebagai calon ketua umum PSSI bersaing dengan Erick Thohir, Doni Setiabudi, dan Fary Djami Francis.

La Nyalla yang pernah menjabat sebagai anggota komite eksekutif PSSI di era Djohar Arifin Husin, menyerahkan berkas pendaftaran ke Kantor PSSI di GBK Arena, Jakarta, pada Jumat (13/1/2023). La Nyalla, datang setelah melakukan ibadah salat Jumat di siang hari dengan didampingi oleh salah satu kandidat calon Exco, Gede Widiade serta Bustami Zainudin.

Ia menyatakan pihaknya sudah melengkapi seluruh berkas yang diperlukan serta mendapat bukti pencalonan. "Alhamdulillah sudah lengkap, kami sudah mendapatkan bukti, semuanya lengkap. Saya didampingi oleh calon Exco, Pak Gede Widiade dan juga Pak Bustami Zainudin," katanya.

La Nyalla bukanlah sosok baru di lingkungan PSSI. Kiprahnya di induk organisasi sepak bola Tanah Air itu diawali pada tahun 2011 saat terpilih sebagai anggota exco lewat Kongres PSSI di Solo, pada 9 Juli 2011. Namun perjalanan La Nyalla bersama PSSI kala itu tidak mulus. Di tengah jalan, La Nyalla membentuk Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) sebagai lembaga tandingan terhadap PSSI kepemimpinan Djohar yang tidak mengakui Liga Super Indonesia (ISL).

Konflik ini pun berujung pada dualisme kepengurusan. Lewat campur tangan FIFA, kedua lembaga akhirnya melebur. Melalui KLB di Hotel Borobudur, Jakarta, 17 Maret 2013, La Nyalla yang sebelumnya memimpin KPSI akhirnya ditunjuk sebagai waketum mendampingi Djohar.

La Nyalla kemudian memenangkan KLB PSSI di Surabaya, Jatim pada 18 April 2015. Agenda ini merupakan amanat dari Kongres PSSI pada 4 Januari 2015 di Jakarta. Dalam pemilihan tersebut, La Nyalla yang maju dalam persaingan calon ketua umum berhasil menang dengan 94 suara.

Meski demikian, KLB tersebut ternyata tidak mendapat restu dari Menpora, Imam Nahrawi. Hanya beberapa jam sebelum kongres, Imam menerbitkan surat pembekuan organisasi PSSI. Keputusan ini membuat FIFA menjatuhkan sanksi kepada Indonesia karena dianggap intervensi pemerintah. Pembekuan ini diumumkan lewat Kongres FIFA yang berlangsung pada 30 Mei 2015.

Akibat hukuman ini, sepak bola Indonesia pun mati suri. FIFA baru mencabut sanksi untuk Indonesia pada 13 Mei 2016. Saat itu, para pemilik suara yang tergabung dalam kelompok 85 mendesak PSSI untuk menggelar KLB yang kehilangan La Nyalla akibat kasus hukum.

"Dari situlah akhirnya kami berjuang sampai saya akhirnya menang di PTUN, menang di tingkat banding, dan sampai tingkat kasasi kami menang. Akan tetapi, ternyata ada kejadian luar biasa, saya yang merasa di kriminalisasi. Akhirnya saya masuk di dalam tahanan, karena katanya saya korupsi dana hibah kadin. Dari sinilah berangkatnya. Saya masih punya hutang menyelesaikan tugas-tugas saya dari voters yang meminta saya sebagai ketua umum, 94 suara ini," katanya.

Selain sosok La Nyalla, Ratu Tisha yang pernah menjabat sebagai sekjen PSSI juga ikut mencalonkan diri pada KLB PSSI, 16 Februari nanti. Mantan Direktur Kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) itu terpilih sebagai Sekjen PSSI pada Juli 2017 menggantikan Ade Welington.

Namun saat Mochamad Iriawan terpilih sebagai ketua umum PSSI, jabatan Ratu Tisha tidak bertahan lama. Pada Senin (13/4/2020), Ratu Tisha mengumumkan mundur dari jabatannya. Dan untuk KLB kali ini, Ratu Tisha memutuskan maju sebagai bakal calon wakil ketua umum PSSI.

Tisha menyerahkan formulir pendaftarannya pada 15 Januari 2023 lalu. Kepada wartawan, Ratu Tisha mengaku diusung oleh sejumlah pemilik suara, termasuk Asprov Banten, Perserang, PSIM Yogyakarta, Asprov Maluku, Persekat Tegal, Solo United. "Bagi saya sepak bola itu suatu pengabdian. Mungkin ini sedikit momen haru juga untuk saya, ketika memutuskan untuk mengabdi dan bekerja di bidang yang slalu saya cintai, sepak bola," kata Ratu Tisha.


Tanpa Iwan Bule

Tidak semua wajah lama tergiur untuk maju pada KLB PSSI tahun ini. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan pada Kongres PSSI di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (15/1/2022), dengan tegas mengatakan enggan untuk kembali bersaing memperebutkan posisi yang sama.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengaku sudah berada di pengujung masa baktinya. Ia juga merasa telah cukup mengerahkan tenaga, waktu, pikiran, dan dedikasi secara maksimal.

"Tadi saya sudah sampaikan di pengujung kongres, tentunya banyak yang bertanya pada saya (apakah saya) mau maju lagi (jadi ketum PSSI) atau tidak. Pada 2 November 2019, saya naik jadi ketua umum PSSI, dan saya sudah berada di pengujung masa bakti, tepatnya Februari 2023. Setelah melakukan istikarah, saya merasa bahwa kerja saya di PSSI sudah cukup maksimal, tenaga, waktu, pikiran, materi, saya dedikasikan," ujar Mochamad Iriawan kepada wartawan.

"Akhirnya saya putuskan bahwa saya tidak akan maju lagi pada pencalonan menjadi Ketua Umum PSSI periode mendatang. Tetapi saya akan mengawal sisa tugas saya sampai KLB, agar KLB bisa berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar," beber mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Mochamad Iriawan terpilih sebagai ketum PSSI lewat KLB di Jakarta pada 2 November 2019. KLB terpaksa digelar setelah ketua umum sebelumnya, Edy Rahmayadi memutuskan mundur dan fokus pada pemilihan Gubernur Sumatera Utara. Roda organisasi PSSI sejatinya masih sempat dipimpin oleh pekaksana tugas (plt) Joko Driyono. Namun Joko tidak bisa melanjutkan peran itu karena ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi dalam skandal pengaturan skor.

Pada KLB di Jakarta, Mochamad Iriawan yang maju sebagai calon ketua umum menang mutlak. Sementara wakil ketua umum yang terpilih saat itu adalah Cucu Soemantri dan Iwan Budianto.

Belakangan, Iwan Budianto juga memilih langkah yang sama. Mantan manajer Persik Kediri itu memutuskan tidak maju pada KLB PSSI 2023 meski namanya sempat muncul pada daftar calon waketum yang diumumkan KP. Dia pun segera meminta namanya dihapus dari bakal calon.

"Seperti janji saya sebelumnya, saya tidak ingin dicalonkan dan mencalonkan kembali menjadi Exco PSSI periode 2023-2027. Saya sudah berkirim surat dan meminta Komite Pemilihan untuk menghapus nama saya sebagai calon wakil ketua umum PSSI periode 2023-2027," katanya.

Keputusan Iwan Budianto menolak maju pada KLB PSSI 2023 sebenarnya sudah diungkapkan sehari sebelum KP mengumumkan daftar calon. Saat itu, Iwan berlasan dirinya tidak etis untuk mencalonkan dan dicalonkan setelah tragedi Kanjuruhan melanda sepak bola Indonesia.

"Rasanya tidak elok dan tidak etis saya kembali duduk di Exco PSSI," katanya.


Erick Thohir Banjir Dukungan

Sementara itu, dari sejumlah muka baru yang bakal meramaikan KLB PSSI 2023, nama Erick Thohir yang paling mencuri perhatian. Menteri BUMN tersebut akhirnya dipastikan ikut maju dalam perebutan posisi ketua umum PSSI periode 2023-2027 setelah menyerahkan formulir pendaftaran ke kantor PSSI di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Minggu (15 Januari 2023).

Erick tiba di lokasi sekitar pukul 10.30 WIB. Menariknya, Eto tidak sendirian. Dia ditemani sederet pengelola klub sepak bola dari kalangan anak muda, Kaesang Pangarep, Raffi Ahmad, Atta Hallilintar, hingga Baim Wong. Mereka kompak memberi dukungan kepada Erick Thohir.

"Sudah banyak teori dalam perbaikan sepak bola Indonesia, Sebebarnya, yang harus kita lakukan adalah kita bernyali untuk sepak bola yang bersih dan juga sepak bola yang berprestasi. Itu yang terpenting," kata Erick Thohir kepada wartawan di GBK Arena, Minggu (15/1/2022) lalu.

"Jadi saya ucapkan terima kasih kepada voters, tetapi hari ini tugasnya adalah memastikan apakah mimpi kita bersama menjadi kenyataan. Ayo mulai bekerja. Kita lihat 16 Februari."

Erick Thohir bukanlah sosok yang asing dalam dunia olahraga. Meski tidak pernah berkecimpung langsung dalam tubuh federasi, dia punya segudang pengalaman di kancah sepak bola, baik di dalam maupun luar negeri. Dia pernah menjadi pemilik saham raksasa Liga Italia Serie A Inter Milan, klub Liga Amerika Serikat, DC United, Oxford United hingga klub lokal Persis Solo.

Sementara di Indonesia, Erick mendasari didakannya Piala Presiden pada 2015. Kompetisi itu untuk mengisi kekosongan kompetisi akibat sanksi FIFA yang diterima PSSI.

Erick Thohir juga diketahui berperan menjalin komunikasi penting dengan Presiden FIFA Gianni Infantino, yang membantu Indonesia bebas dari sanksi FIFA setelah terjadinya kekisruhan antara eks Menpora Imam Nahrawi dan PSSI yang kala itu dipimpin La Nyala Mattalitti.

Hubungan baik Erick dengan Infantino tersebut kembali berguna kala Indonesia berupaya bangkit dari keterpurukan setelah pecahnya Tragedi Kanjuruhan, beberapa waktu lalu.

Kemunculan Erick dalam bursa ketum PSSI periode 2023-2027 mendapat sambutan hangat dari para permilik suara. Sejumlah Asprov sudah terang-terangan memberi dukungan kepadanya. Kabarnya, Erick sudah mengantongi dukungan hingga 60 voters pada KLB nanti.

"Kita tahulah siapa Pak Erick dengan segudang pengalamannya dalam sepakbola internasional. Teori dan praktik sudah teruji. Jadi voters pasti tidak salah pilih," kata Plt Ketua Asprov Sulawesi Selatan, Muhammad Suryam dalam rilisnya kepada media, Selasa (17 Januari 2022).

Suara yang sama juga sebelumnya dilontarkan oleh Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) Bangka Belitung, Mintradjaya. "Kapasitas dia (Erick) yang pernah memiliki klub Inter Milan dan mengerti sepak bola menjadi salah satu alasan dia layak memimpin PSSI," kata Mintradjaya.

Baik Suryam maupun Mintradjaya berharap Erick bisa berduet dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Seperti diketahui, Menpora Amali juga ternyata ikut meramaikan persaingan di posisi wakil ketua umum PSSI. Menpora Amali diketahui menyampaikan kesedian untuk mencalonkan diri melalui stafnya yang hadir di kantor PSSI, pada 16 Januari lalu.

"Zainudin Amali juga paham dan mencintai sepakbola. Saya kira sebagai pembantu Presiden, dua menteri ini sudah izin. Jadi gak ada masalah," kata Suryam.

Selain Amali, sosok Ratu Tisha juga digaungkan oleh wargenet sebagai pasangan yang cocok untuk Erick.

"Gaet Ratu Tisha, Pak @erickthohir. Dia bisa banyak membantu untuk bersih-bersih, dan bikin PSSI bisa berjalan lebih kencang," tulis pegiat media sosial Zulfikar Akbar. "Semoga beruntung pak! Setuju kalo Ketum PSSI : Erick Tohir, Waketum PSSI : Ratu Tisha," tulis warganet lainnya.


Gebrakan Mantan Timnas

Wajah baru lainnya yang bakal meramaikan bursa pemilihan pada KLB PSSI 2023 adalah striker legendaris Indonesia, Bambang Pamungkas. Mantan pemain Persija Jakarta tersebut menurut data terbaru yang dirilis oleh Komite Pemilihan (17/1/2022), ikut mencalonkan diri dalam persaingan posisi wakil ketua umum.

Nama Bepe sebelumnya sempat luput karena email pendaftarannya masuk ke folder spam. Selain Bepe, mantan pemain timnas lainnya, Ponaryo Astaman juga ternyata ikut bersaing di posisi yang sama. Sementara Kurniawan Dwi Yulianto yang pernah maju sebagai calon ketua umum PSSI pada 2017 lalu, kali ini bersaing memperebutkan kursi komite eksekutif bersama mantan bek timnas, Yeyen Tumena.

"Kami sangat mengapresiasi antusiasme para pendaftar komite eksekutif PSSI. Mereka dari berbagai berbagai profesi. Ini menunjukkan bahwa banyak yang berkeinginan untuk membangun masa depan PSSI lebih maju dan berprestasi," ujar Ketua Komite Pemilihan, Amir Burhannudin, dikutip dari laman PSSI.

Amir juga sangat mengapreseasi antusiasme para bakal calon yang akan bertarung di KLB PSSI. Sebab menurutnya, mereka datang dari berbagai kalangan dan latarbelakang profesi. Selanjutnya, Komite Pemilihan akan melakukan verifikasi terhadap berkas dan dukungan terhadap para bakal calon. Informasi terkait kelengkapan ini akan disampaikan kepada para kandidat pada 19 Januari 2023.

"Mulai 19 sampai 21 Januari 2023, para bakal calon dan pengusung dapat melengkapi dokumen kekurangannya langsung kepada Komite Pemilihan PSSI. Kami mengajak para kandidat dan pengusung untuk memanfaatkan waktu ini untuk melengkapi agar lolos ke tahap selanjutnya," kata Amir.

Lantas, siapa yang akan keluar sebagai pemenang? Jawabannya baru diketahui saat KLB PSSI berlangsung pada 16 Februari 2023. Kini arah sepak bola Indonesia berada di tangan para pemilik suara alias voters.