Tuntutan Istri Sambo Disoraki Pengunjung

Tuntut Putri Candrawathi Penjara 8 Tahun, Jaksa Disoraki Pengunjung Sidang

Liputan6.com 2023-01-18 12:35:17
Terdakwa Putri Candrawathi bersiap menjalani sidang lanjutan dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (18/1/2023). Agenda sidang kali ini pem

Jaksa meminta majelis hakim menghukum istri mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, 8 tahun penjara atas pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Saat membacakan tuntutan ini, jaksa pun disoraki pengunjung sidang.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa penjara 8 tahun dipotong masa tahanan dengan perintah terdakwa tetap ditahan," ujar jaksa di Pengadilan Negeri Jakarta, Rabu (18/1/2023).

"Huuuuu....," sorak pengunjung. "Yaah...," teriak pengunjung lainnya.

Mereka pun mengekspresikan kekecewaannya dengan melontarkan komentar-komentar tentang tuntutan jaksa yang di luar harapan mereka.

Karena riuh, ketua majelis hakim pun mengetok palunya satu kali untuk menghentikannya.

Dia kemudian meminta pengunjung untuk tenang. "Mohon untuk para pengunjung untuk tenang atau kami bisa perintahkan untuk saudara dikeluarkan. Mohon untuk tenang. Tolong hargai persidangan," kata hakim.

Pengunjung pun patuh dan sidang dilanjutkan.

Sebelumnya, jaksa menilai Putri terbukti secara sah meyakinkan, bersama-sama melakukan pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Putri dinilai justru ikut dalam perencanaan pembunuhan Brigadir J. Dia tidak berusaha mengingatkan maupun menghentikan niat suaminya, Ferdy Sambo, yang sudah didampingi puluhan tahun hingga menjadi pejabat Polri.

Menurut jaksa, seluruh unsur dalam Pasal 340 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1, telah terpenuhi berdasar hukum. Oleh karena itu, dakwaan subsider tidak perlu dibuktikan.


Dakwaan

Sebelumnya, jaksa mendakwa Putri Candrawathi bersama-sama melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

"Mereka yang melakukan, yang menyuruh melakukan, dan turut serta melakukan perbuatan, dengan sengaja, dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain," kata Jaksa Penuntut Umum di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Senin 17 Oktober 2022.

Jaksa mengatakan, pembunuhan terhadap Yosua terjadi di rumah dinas Ferdy Sambo yang berada kompleks Duren Tiga Nomor 46 Jakarta Selatan sekitar pukul 15.28-18.00 WIB.

Atas perbuatan tersebut, Putri didakwa dengan ancaman pidana Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP Adapun dalam perkara ini, sebanyak lima orang ditetapkan sebagai tersangka.

Mereka yakni Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Richard Eliezer atau Bharada E, Ricky Rizal atau Bripka RR, dan Kuat Ma'ruf.

Korupsi Lukas Enembe Rp 1 T?

KPK Duga Korupsi Lukas Enembe Mencapai Rp 1 Triliun

Liputan6.com 2023-01-18 09:46:56
Gubernur Papua nonaktif, Lukas Enembe saat masuk mobil tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai menjalani pemeriksaan perdana pasca penahanan, Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (1

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga korupsi yang dilakukan Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe mencapai Rp 1 triliun. KPK memastikan akan menelusuri dugaan tersebut dengan memeriksa para saksi.

"Korupsi LE ini menyangkut jumlah uang yang tidak sedikit, ratusan, mungkin bisa jadi sampai Rp 1 triliun. Tentu kita akan dalami aliran uang-uang itu," ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (18/1/2023).

Dia memastikan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk membongkar kejahatan-kejahatan Lukas Enembe, termasuk bekerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Papua. Dia mengatakan pihaknya tidak berhenti dengan menetapkan Lukas sebagai tersangka suap dan gratifikasi.

"Kan semua uang Pemprov mengalir lewat BPD Papua, penarikan-penarikan tunai, siapa saja vendor yang selama ini mengerjakan proyek di Papua, tentu akan didalami. Jadi tidak berhenti di kasus suap dan gratifikasi," kata Alex.

Sebelumnya, KPK menjerat Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi proyek infrastruktur di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua. Lukas Enembe diduga menerima suap atau gratifikasi sebesar Rp 10 miliar.

Selain itu, KPK telah memblokir rekening dengan nilai sekitar Rp 76,2 miliar dalam kasus itu.

Kasus ini bermula saat Direktur PT Tabi Bangun Papua Rijatono Lakka mendapatkan proyek infrastruktur usai melobi Lukas Enembe dan beberapa pejabat Pemprov Papua. Padahal perusahaan Rijatono bergerak dibidang farmasi.


Fee 14 Persen

Kesepakatan yang disanggupi Rijatono dan diterima Lukas Enembe serta beberapa pejabat di Pemprov Papua di antaranya yaitu adanya pembagian persentase fee proyek hingga mencapai 14 persen dari nilai kontrak setelah dikurangi nilai PPh dan PPN.

Setidaknya, ada tiga proyek yang didapatkan Rijatono. Pertama yakni peningkatan Jalan Entrop-Hamadi dengan nilai proyek Rp 14,8 miliar. Lalu, rehabilitasi sarana dan prasarana penunjang PAUD Integrasi dengan nilai proyek Rp 13,3 miliar. Terakhir, proyek penataan lingkungan venue menembang outdoor AURI dengan nilai proyek Rp 12,9 miliar.

Dari tiga proyek itu, Lukas diduga sudah menerima Rp 1 miliar dari Rijatono.


Pasal Sangkaan

Dalam kasus ini, Rijatono disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) atau Pasal 5 ayat (2) dan Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sementara itu, Lukas disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau pasal 11 dan pasal 12B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Dituntut Lebih Berat dari Istri Sambo

Richard Eliezer Menahan Tangis Saat Dituntut Hukuman Penjara Lebih Berat dari Putri Candrawathi

Liputan6.com 2023-01-18 15:36:24
Bharada Richard Eliezer menahan tangis saat dituntut hukuman penjara 12 tahun penjara atas kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Richard Eliezer menahan tangis saat dituntut hukuman penjara 12 tahun penjara atas kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Saat detik-detik pembacaan tuntutan Jaksa Penuntut Umum, Bharade E menutup kedua mata, bibir bergetar dan wajah menekuk, seperti hendak menangis.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Bharada Richard Eliezer dengan pidana penjara selama 12 tahun dengan perintah agar terdakwa tetap ditahan...," ujar Jaksa Penuntut Umum yang membacakan tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (18/1/2023).

Tak hanya Bharada Richard Eliezer yang mengeluarkan emosi. Para pengunjung yang datang bahkan berteriak atas pengajuan hukuman dari JPU.

Sidang sempat tak berjalan kondusif. Di tengah keributan tersebut, Bharada Richard Eliezer hanya bisa menundukan kepalanya.

Tuntutan JPU terhadap Richard Eliezer lebih berat dibanding tiga terdakwa lain, Putri Candrawathi, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf, dengan penjara 8 tahun.

Sebelumnya, Bharada E didakwa melakukan tindak pidana pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Hal itu dilakukan bersama dengan Ferdy Sambo, Putri Candrwathi, Ricky Rizal atau Bripka RR dan Kuat Ma'ruf. Mereka didakwa terlibat dalam kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J pada 8 Juli 2022 di rumah dinas Komplek Polri Duren Tiga Nomor 46, Jakarta Selatan.

Dalam surat dakwaan jaksa menyebutkan, mereka yang melakukan, yang menyuruh melakukan dan turut serta melakukan perbuatan, dengan sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain. Atas perbuatan itu, mereka didakwa melanggar Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dengan hukuman paling berat sampai pidana mati.

Pada kasus ini, Bharada E menjadi justice collaborator. Pada 8 Agustus 2022, melalui kuasa hukum Muhammad Boerhanuddin, Bharada Eliezer mengajukan diri sebagai justice collaborator.

Pengajuan Bharada E sebagai justice collaborator disetujui Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Hal itu disampaikan Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo. "Iya permohonannya dikabulkan tadi malam ya jam 7," ujar Ketua LPSK, Hasto Atmojo saat dihubungi, Sabtu, 13 Agustus 2022.


Sempat Ditunda

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menunda pembacaan tuntutan terhadap terdakwa Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E terkait kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Penundaan tersebut atas permintaan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Kami meminta waktu untuk membacakan tuntutan tunda satu minggu," kata JPU di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (11/1/2023).

JPU menyebut, pihaknya masih menunggu salah satu terdakwa yakni Putri Candrawathi diperiksa di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Agenda pemeriksaan Putri Candrawath (PC) akan berlangsung pada hari ini.

"Izin majelis, karena berkas perkara ini satu kesatuan, karena belum ada satu pemeriksaan keterangan PC yang sedia hari ini diperiksa," ujar JPU.

Menanggapi hal tersebut, penasihat hukum Bharada E, Ronny Talapessy menyatakan tidak keberatan.

"Kami pada prinsipnya adalah mengikuti dari apa yang diputuskan JPU," ujar dia.

Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso kemudian memberikan waktu satu minggu kepada Jaksa Penuntut Umum mempersiapkan berkas tuntutan.

"Baik, oleh karena tadi alasan JPU saudara terdakwa bahwa kesaksian atau keterangan PC belum masuk dalam surat tuntutan saudara, maka jaksa meminta waktu untuk ditunda. Jadi minggu depan persidangan yang akan datang adalah JPU untuk bacakan tuntutan bersama terdakwa yang lain," ujar dia.


Putri Candrawathi Dituntut 8 Tahun Penjara, Sama Seperti Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf

Jaksa meminta majelis hakim menghukum istri mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, 8 tahun penjara atas pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Tuntutan yang dibacakan JPU Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terhadap Putri Candrawathi sama dengan dua tersangka sebelumnya, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf, 8 tahun penjara.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa penjara 8 tahun dipotong masa tahanan dengan perintah terdakwa tetap ditahan," ujar jaksa di Pengadilan Negeri Jakarta, Rabu (18/1/2023).

Menariknya, usai pembacaan tuntutan, terdengar suara sorakan dari pengunjung di ruang sidang.

"Huuuuu....," sorak pengunjung.

"Yaah...," teriak pengunjung lainnya.

Mereka pun mengekspresikan kekecewaannya dengan melontarkan komentar-komentar tentang tuntutan jaksa yang di luar harapan mereka.


Teguran Hakim

Karena riuh, ketua majelis hakim pun mengetok palunya satu kali untuk menghentikannya.

Dia kemudian meminta pengunjung untuk tenang. "Mohon untuk para pengunjung untuk tenang atau kami bisa perintahkan untuk saudara dikeluarkan. Mohon untuk tenang. Tolong hargai persidangan," kata hakim.

Pengunjung pun patuh dan sidang dilanjutkan.

Sebelumnya, jaksa menilai Putri terbukti secara sah meyakinkan, bersama-sama melakukan pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Putri dinilai justru ikut dalam perencanaan pembunuhan Brigadir J. Dia tidak berusaha mengingatkan maupun menghentikan niat suaminya, Ferdy Sambo, yang sudah didampingi puluhan tahun hingga menjadi pejabat Polri.

Menurut jaksa, seluruh unsur dalam Pasal 340 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1, telah terpenuhi berdasar hukum. Oleh karena itu, dakwaan subsider tidak perlu dibuktikan.

Nasib Ridwan Kamil di Tangan Airlangga Hartarto

Pemilu 2024, Nasib Ridwan Kamil Kini di Tangan Airlangga Hartarto

Liputan6.com 2023-01-19 06:31:14
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat memakai jas kuning yang diberikan langsung oleh Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto di DPP Golkar, Jakarta,Rabu (18/1/2023). Ridwan Kamil resmi berga

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akhirnya resmi bergabung dengan Golkar. Meski demikian, hal ini tak memberikan jaminan dirinya maju di Pilpres 2024.

"Saya kira sebetulnya peluang besar Pak Emil untuk posisi jabatan berikutnya Gubernur Jawa Barat," kata Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia, di kantor DPP Golkar, Jakarta, Rabu (18/1/2023).

Dia mengungkapkan, ada banyak alasan pria yang akrab disapa Kang Emil itu berlaga lagi di Pilkada 2024. Pertama sebagai inkumben dan namanya kerap muncul.

"Jadi, artinya kalau ada survei-survei dikaitkan soal Pemilu 2024 itu angka Beliau karena Beliau populer di Jabar. Populer itu bisa banyak hal, karena figur sudah dikenal, kedua karena sebagai Gubernur dianggap cukup berhasil," jelas Doli.

Meski demikian, apakah posisinya bisa maju di Pilpres 2024 atau tetap berlaga di ajang Pilkada 2024, menurut Doli, semua berada di tangan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

"Sebetulnya keputusan pilpres itu menurut keputusan rapimnas Maret 2021 diserahkan sepenuhnya kepada ketum. Jadi nanti Pak Airlangga pada akhirnya memutuskan," jelas dia.

Doli pun menegaskan, kehadiran Kang Emil di Golkar memang sudah diproyeksikan untuk memenangkan sejumlah hajatan politik. Terlebih untuk menarik kantong suara di Jabar.

"Hadirnya Pak Ridwan Kamil harusnya memperkuat keputusan itu. Jadi, kalau ditanya situasi internal Golkar ya sampai sekarang capres Pak Airlangga," kata dia.


Ada Mekanismenya

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto merespons terkait pertimbangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) Pemilu 2024, usai menjadikannya anggota partai.

Sejauh ini memang partainya berada dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)

"Pertama, untuk KIB kita ada mekanisme tersendiri, jadi tentu masih ada berproses. KIB, kita masih akan mengundang partai lain. Dan ini komitmen Partai Golkar yang sifatnya inklusif," tutur Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Rabu (18/1/2023).

"Inklusif untuk melibatkan partai lain. Dan inklusif juga untuk tokoh masyarakat yang ingin gabung dengan Partai Golkar," sambungnya.

Dengan masuknya Ridwan Kamil ke Partai Golkar, kata Airlangga, hal itu menunjukkan bahwa partainya sangat terbuka untuk siapa pun yang bermaksud bergabung, apalagi maju menjadi calon legislatif (caleg).

"Ini kita buktikan bahwa Partai Golkar welcome terhadap tokoh masyarakat, termasuk Kang Emil yang kita buktikan diberikan peran yang cukup strategis," ujarnya.

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka.com

Kepala Manekin Dianggap Berhala

Dianggap Berhala oleh Taliban, Kepala Manekin di Afghanistan Kini Ditutupi Kain

Liputan6.com 2023-01-18 17:01:52
Kepala manekin ditutupi di toko pakaian wanita di Kabul, Afghanistan, Senin, 26 Desember 2022. Sejumlah kecil manekin laki-laki dapat dilihat di etalase, juga dengan kepala tertutup, menun

Kebijakan Taliban di Afghanistan kembali bikin kehebohan. Mereka memerintahkan para pemilik toko di wilayah Afghanistan sebelah barat untuk memenggal kepala manekin-manekin. Taliban yang kini berkuasa di Afghanistan bersikeras menyatakan manekin sebagai berhala dan melanggar hukum Islam.

Dampaknya, pemandangan mengerikan menghantui di sepanjang jalan. Kepala manekin-manekin itu ditutup kain atau dibungkus dengan kantong plastik hitam.

Awalnya, Taliban ingin boneka itu langsung dipenggal. Tidak lama setelah mereka merebut kekuasaan pada Agustus 2021, Kementerian Kebaikan dan Kebajikan Afghanistan memutuskan bahwa semua manekin harus disingkirkan dari jendela toko atau kepalanya dilepas.

Mereka mendasarkan perintah tersebut pada interpretasi ketat hukum Islam yang melarang patung dan gambar berbentuk manusia karena bisa disembah sebagai berhala. Meskipun itu juga terkait dengan kampanye Taliban untuk memaksa perempuan keluar dari mata publik.

Beberapa penjual pakaian menuruti aturan itu, namun ada juga yang memberontak. Mereka mengeluh tidak dapat memajang pakaian dengan benar atau harus merusak manekin yang berharga.

Taliban akhirnya mengubah aturan mereka, tapi pemilik toko harus menutupi kepala manekin. Kini, manekin di toko-toko yang menjual gaun malam dan gaun yang penuh warna semuanya menggunakan penutup kepala. Di salah satu toko terlihat kepala manekin dibungkus dengan karung yang dibuat khusus dari bahan yang sama dengan pakaian tradisional yang dikenakan oleh manekin.


Pembeli Berkurang

Ada gaun ungu dengan manik-manik yang memiliki tudung atau penutup kepala ungu yang serasi. Ada pula gaun merah bersulam emas, mengenakan topeng beludru merah dengan mahkota emas di kepalanya.

"Saya tidak bisa menutupi kepala manekin dengan plastik atau benda jelek karena itu akan membuat jendela dan toko saya terlihat jelek," kata seorang pemilik toko, Bashir, dilansir dari NPR, Senin, 16 Januari 2023.

Bashir mengatakan penjualannya kini hanya setengah dari pendapatan sebelum ada larangan manekin. Situasinya bahkan bisa lebih buruk lagi, karena sebelum ada larangan manekin pun pembeli sudah agak berkurang karena perekonomian yang terus merosot.

"Beli baju pengantin, malam, dan adat sepertinya tidak lagi menjadi prioritas masyarakat. Orang-orang berpikir lebih banyak tentang mendapatkan makanan dan bertahan hidup," ucapnya. Pemilik toko lainnya, Aziz, mengatakan Kementerian Kebaikan dan Kebajikan secara teratur berpatroli di toko dan mal untuk memastikan manekin dipenggal atau ditutupi.


Ditangkap dan Dijebak

"Saya tak habis pikir karena semua orang tahu manekin bukanlah berhala, dan tidak ada yang akan menyembahnya. Di semua negara Muslim, mereka juga memakai manekin untuk memajang pakaian," tuturnya.

Seorang wanita yang yang berbelanja di wilayah Lycee Maryam mengaku, pemandangan manekin tanpa kepala itu membuat ia takut menyusuri jalan itu. "Ketika saya melihat mereka, saya merasa boneka-boneka ini juga ditangkap dan dijebak, dan saya merasa takut," kata wanita tersebut.

"Saya merasa seperti melihat diri saya di balik jendela toko ini, seorang wanita Afghanistan yang telah kehilangan semua haknya," sambungnya.

Sejumlah kecil manekin laki-laki dapat dilihat di etalase beberapa toko, juga dengan kepala tertutup, mengindikasikan bahwa pihak berwenang menerapkan larangan tersebut secara seragam. Maklum saja, selama ini Taliban kerap membuat aturan baru yang sangat merugikan kaun wanita.

Situasi itu membuat nasib perempuan di Afghanistan makin suram. Salah satunya, Taliban kembali memerintahkan semua LSM yang beroperasi di negeri itu, baik nasional maupun internasional, memecat seluruh pegawai perempuan mereka.


Aturan Hijab

Keputusan itu diambil dengan alasan mereka menerima 'keluhan serius' tentang pelanggaran aturan berpakaian, kata Kementerian Ekonomi Afghanistan, pada Sabtu, dikutip dari AFP, Minggu, 25 Desember 2022. Perintah itu disertai ancaman akan mencabut izin operasional LSM yang tak melaksanakannya.

Pemberitahuan itu sudah dikirim ke LSM yang salinannya diperoleh AFP dan dikonfirmasi oleh juru bicara Kementerian Ekonomi. Dalam surat tersebut dinyatakan bahwa ada 'keluhan serius mengenai ketidakpatuhan atas aturan hijab yang Islami dan peraturan lain yang berkaitan dengan kerja perempuan di LSM nasional dan internasional'.

Dalam surat tersebut juga dinyatakan bahwa Kementerian "menginstruksikan semua organisasi untuk memberhentikan seluruh perempuan bekerja sampai pemberitahuan lebih lanjut." Aturan itu juga berlaku bagi staf perempuan asing yang bekerja di LSM.

Langkah itu segera menuai kecaman internasional. Sejumlah pihak memeringatkan dampak serius yang akan dihadapi warga Afghanistan bila Taliban berkeras dengan perintahnya, yakni kehilangan layanan kemanusiaan yang jutaan orang hidup bergantung pada bantuan. LSM internasional pun kini menghentikan operasional mereka di Afghanistan.

Heboh Wisata Batu di Sukabumi

Atraksi Wisata Batu Berbentuk Penis di Sukabumi Disorot Media Asing

Liputan6.com 2023-01-18 03:02:49
Atraksi wisata batu berbentuk mirip penis di Sukabumi, Jawa Barat disorot media asing. (dok. tangkapan layar ViralPress)

Sudah jadi rahasia umum bahwa pesona alam Indonesia seolah tiada habisnya. Tidak semata memesona, ada juga tempat-tempat yang memperlihatkan lanskap tidak biasa, seperti batu yang bentuknya dinilai mirip penis di Sukabumi, Jawa Barat.

Atraksi wisata ini pun diulas media asing New York Post. Melansir situs webnya, Selasa, 17 Januari 2023, media itu melaporkan bahwa batu tersebut ramai dikunjungi pelancong dengan harapan "meningkatkan vitalitas seksual" bagi pria atau membantu para wanita "menemukan belahan jiwa."

"Penduduk lokal dan turis di Indonesia menjejali sepanjang ceruk berbatu di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, untuk melihat 'batu penis' yang terkenal itu," sambung mereka. Disebutkan pula bahwa erosi dan pelapukan selama puluhan tahun membentuk formasi batu alam jadi bentuk yang menyerupai alat kelamin pria, katanya.

Batu aneh itu terlihat menonjol keluar dari sebuah pulau kecil di kawasan UNESCO Global Geopark Ciletuh, dekat Pantai Cikepuh. "Batu ini sudah ada sejak lama. Mungkin sudah terbentuk ribuan tahun lalu dan masyarakat setempat menyebutnya batu penis," kata Andri Hidayana, anggota DPRD Kabupaten Sukabumi.

Ia menyambung, "Ada mitos yang mengelilinginya. Mungkin seminggu atau sebulan sekali, banyak pengunjung di sana melakukan semacam ritual. Dikatakan bahwa pria yang berkunjung ke sana akan jadi 'pria perkasa' di tempat tidur."

"Batu penis" hanya dapat diakses dengan perjalanan "perahu berbahaya" selama 30 menit di sepanjang bebatuan bergerigi. Rekaman yang diambil pada 15 Januari 2023 menunjukkan sebuah perahu penuh turis pria yang menjulurkan leher mereka untuk melihat formasi alam yang langka tersebut.


Tidak Hanya di Indonesia

Kawsan tersebut terkenal tidak hanya karena "batu penis" yang tidak biasa, tapi juga berkat lokasi menyelam dan pemandangan bawah laut di sekitarnya, kata Andri.

Formasi batu di Indonesia ini bukanlah yang pertama menarik wisatawan. Batu berbentuk penis di Norwegia telah lebih dulu menggoda orang pergi ke negara Skandinavia itu dan jadi berita utama pada 2017.

Di tengah kepopulerannya, formasi batu berbentuk penis di Norwegia itu ditemukan rusak parah pada Juni 2017. Saat itu, penduduk setempat mengumpulkan 10 ribu dolar AS untuk memulihkan formasi batu tersebut.

Pihak pengelola menggunakan irisan besi dan beton untuk memasang kembali tanjung yang rusak setelah menariknya ke dalam perancah setinggi 10 meter. Pelari menemukan lubang bor di batu di selatan batu yang menunjukkan bahwa itu sengaja dirusak.

Penyiar NRK mengatakan pengunjung harus menunggu setidaknya seminggu agar formasi batu benar-benar siap sebelum menaikinya. Tidak ada penangkapan yang dilakukan atas dugaan vandalisme tersebut.


Pemulihan Sektor Pariwisata di Indonesia

Seperti banyak negara di dunia, sektor pariwisata Indonesia juga tengah berupaya bangkit dari dampak pandemi COVID-19. Perjalanan spontan dan bisnis menjelma jadi tren utama yang mempercepat pemulihan industri pariwisata, khususnya perhotelan, menurut laporan OYO Travelopedia Indonesia 2022.

Tercatat lebih dari 2,4 juta pemesanan dilakukan satu hari sebelum perjalanan atau pada hari perjalanan dengan peningkatan sejumlah 14 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, perjalanan bisnis juga turut meningkat di Indonesia sejak pelonggaran kebijakan pembatasan perjalanan diberlakukan pada Mei 2022.

Permintaan akomodasi oleh tamu korporasi atau skala besar tumbuh sebesar 274 persen dibandingkan 2021. Pertumbuhan ini didukung usaha kecil dan menengah (UKM) yang mulai memilih interaksi secara langsung dibandingkan pertemuan virtual.

Pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) juga disebut sebagai angin segar bagi wisatawan, menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Ia mengatakan, keputusan itu "sangat berpengaruh pada psikologi (wisatawan), dengan anggapan bahwa COVID-19 di Indonesia terkendali."

"Pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) pun akan dikebut," ia menyebut dalam online weekly press briefing, 2 Januari 2023.


Wisata Berkualitas dan Berkelanjutan

Namun demikian, Sandi berkata, pihaknya tetap mendorong masyarakat untuk mengutamakan kesehatan dan keselamatan dalam berkegiatan wisata. Salah satu implementasinya adalah tetap menggunakan aplikasi PeduliLindungi di sektor parekraf.

Ia berkata, "BarcodePeduliLindungi masih akan dipasang, (termasuk) di restoran dan hotel. Kami bahkan mengharapkan efektivitasnya meningkat, mengingat kewaspadaan tetap jadi perhatian demi menuju endemi."

"Saya berharap, perilaku yang sudah tertanam selama pandemi jangan sampai hilang (pindai kode QR di PeduliLindungi)," tuturnya. "Kami akan koordinasikan dengan Kemenkes dan seluruh stakeholdersagar budaya baik dan bersih diteruskan. Sekarang sudah saatnya juga masyarakat ambil peran (dalam rangka pemulihan menuju endemi)."

Sandi juga mengimpau pelaku sektor parekraf untuk secara sukarela mengikuti sertifikasi Cleanliness atau kebersihan, Health atau kesehatan, Safety atau keamanan, dan Environment Sustainability atau kelestarian lingkungan (CHSE). "CHSE ini merupakan lesson learned dari pandemi," sebut Menparekraf.

Di samping itu, Sandi mengatakan bahwa sertifikasi CHSE merupakan salah satu cara untuk mendorong tingkat kepercayaan masyarakat dalam berwisata. Sertifikat CHSE, kata Sandi, juga merupakan bagian dari standar emas dalam upaya wisata lebih berkualitas dan berkelanjutan.

Danau Langka Muncul di Arab Saudi

Fenomena Danau Langka Muncul di Arab Saudi Usai Pegunungan Tandus Menghijau

Liputan6.com 2023-01-18 14:55:37
Ilustrasi bendera Arab Saudi (AFP Photo)

Setelah pegunungan di Makkah Arab Saudi yang mendadak menghijau, kini danau dadakan tercipta di negara kerajaan tersebut setelah hujan deras belakangan ini.

Mengutip Al Arabiya, Rabu (18/1/2023), pemain jet ski dan penunggang kuda telah terlihat memanfaatkan danau dan sungai sementara yang muncul di Wadi al-Rummah Arab Saudi setelah hujan deras baru-baru ini di seluruh Kerajaan.

Hujan deras yang melanda beberapa bagian Kerajaan telah menciptakan danau langka yang luas yang biasanya tandus di tengah iklim gersang Arab Saudi.

Kendati demikian hujan deras - yang menutup sekolah dan mendorong peringatan dari pihak berwenang agar orang-orang tetap tinggal di dalam rumah - menaikkan permukaan air di seluruh wadi - sekarang menarik ratusan orang di seluruh negeri ke lokasi waduk yang meluap.

Wadi dalam bahasa Arab ialah palung sungai kering yang hanya mengandung air selama hujan lebat.

Gambar dan video yang beredar di media sosial menunjukkan warga negara Saudi berbondong-bondong ke wadi - salah satu lembah sungai terpanjang di Jazirah Arab - untuk memanfaatkan danau pedalaman.

Para pemain jet ski terlihat melintasi air disambut sorakan dari penonton, sementara yang lain terlihat di atas perahu darurat mendayung melintasi danau.

Beberapa lainnya menunggang kuda untuk menyeberang ke wadi, sementara yang lain terlihat sedang bermain kites-surfing di atas air.

Video lain yang beredar di media sosial menunjukkan jalan raya dan jalan menuju wadi macet tatkala ratusan pengendara berusaha mencapai danau darurat tersebut.


Kapasitas Penuh Wadi Per 100 Tahun

Studi geologi menunjukkan bahwa Wadi al-Rummah terisi dengan kapasitas penuh sekitar tiga kali setiap 100 tahun. Sebelumnya terjadi pada tahun 1945, 1982, 1987, 2004, 2008 dan 2018.

Pada tahun 1818 lembah sungai digenangi air selama 40 hari, pada tahun 1838 selama 22 hari, pada tahun 1987 dan 2008 selama 17 hari.

Pada tahun 1838 wadi meluap, menciptakan danau seluas 200 mil persegi (520 kilometer persegi) yang bertahan selama dua tahun dan menarik burung air yang jarang terlihat di lembah.

Pada awal Januari, National Center of Meteorology (Pusat Meteorologi Nasional) Arab Saudi mengumumkan bahwa hujan lebat, disertai angin kencang, terjadi di beberapa bagian Makkah, Jeddah, Rabigh, Taif, Jamum, al-Kamil, Bahra, Khulais, al-Laith, al-Qunfudhah, al-Ardiyat, Adham al-Baha, dan Asir. Hujan deras juga melanda Medina, al-Qassim, dan Riyadh.

Salju bahkan menyelimuti wilayah Tabuk di utara Arab Saudi saat suhu anjlok di seluruh negeri.


Alasan Pegunungan Makkah Arab Saudi Menghijau, Bantah Isu Kiamat yang Heboh

Sebelumnya ramai kabar pegunungan di wilayah Makkah Arab Saudi menghijau, berubah warna menjadi hijau subur. Netizen menyorot pemandangan hijau yang tak lazim bagi sebagian orang itu.

Situs New Arab melaporkan, banyak yang menikmati suasana hijau tersebut bersama dengan keluarga mereka, terutama di Al-Maghmas Park, Ain Shams, Al-Barza, Al-Bayda, Tafil, dan Hoda Al-Sham.

Nada berbeda dicuitkan oleh netizen luar Arab Saudi, seperti Pakistan dan Indonesia, yang mengaitkan fenomena tersebut dengan kiamat.

"Ini adalah salah satu tanda-tanda qayammat bahwa Makkah dan Medina akan hijau lagi," ujar seorang netizen Pakistan bernama Saqib.

Netizen Indonesia bernama Irfan menyebut "hari akhir sedang datang" dan saat ini adalah "zaman kegelapan."

Lantas apa sebenarnya yang membuat pegunungan Makkah Arab Saudi menghijau?

Mengutip situs The New Arab, Senin (9/1/2023), disebutkan bahwa pegunungan tersebut menghijau setelah hujan lebat yang turun di kerajaan Teluk dalam beberapa pekan terakhir.

Dalam video yang dibagikan di media sosial, wilayah pegunungan yang mengelilingi kota suci bagi umat Islam itu terlihat tertutup dengan warna hijau dan tanaman-tanaman, jauh dari sifat kering dan gersang biasanya.

Pemandangan pegunungan yang tidak biasa bahkan menarik perhatian akun Twitter resmi wilayah Makkah, yang kemudian memposting video tanaman hijau baru kota tersebut, mengumpulkan ribuan penayangan di media sosial.


Saat Pegunungan di Arab Saudi Bersalju Tarik Turis Berdatangan

Sebelumnya lagi, pegunungan Al-Jabal dan Alkan di Provinsi Tabuk di barat laut Arab Saudi diselimuti salju, siap menyambut tahun baru. Warga masih menunggu peningkatan hujan salju, yang diperkirakan terjadi dalam beberapa hari mendatang, menurut pengamat cuaca.

Mengutip Arab News, Selasa (27/12/2022), wisatawan menantikan hujan salju yang telah diperkirakan oleh Otoritas Umum Meteorologi. untuk bersiap dan berkemah di area salju Tabuk sebelum kenaikan tingkat salju.

Fahd Al-Tarfawi, seorang fotografer Saudi yang tidak melewatkan kesempatan ini, mengatakan kepada Arab News bahwa dia bergegas ke daerah bersalju pada Minggu 25 Desember dan mulai mendokumentasikan hujan salju tersebut. Dia mencatat bahwa dia masih menunggu curah hujan salju yang lebih besar, menggambarkan kondisi saat ini sebagai "awal" yang tidak dapat diabaikan.

Pemandu wisata Ahmed Al-Omrani menjelaskan kepada Arab News bahwa salju mulai turun pada Minggu 25 Desember pagi, namun belum mencapai level biasanya. Dia memastikan, salju mulai menutupi wilayah Alkan yang diselimuti salju pada waktu-waktu tersebut setiap tahun, selain wilayah Jabal Al-Lawz yang terkenal.

Ahmed Al-Omrani mencatat bahwa mengambil foto hanya diperbolehkan di Alkan saat ini, karena operasi pengembangan pariwisata utama NEOM di sana.

Ia menambahkan, Alkan merupakan kawasan wisata par excellence; Ini adalah tanah datar dan rata di mana salju turun lebih dari sekali setahun, oleh karena itu, itu adalah tujuan wisata bagi semua warga Arab Saudi, serta Gulf Cooperation Council (GCC) dan beberapa warga negara Arab yang tertarik dengan Tabuk, terutama selama musim salju.

Nasib Hak Waris Rumah Elvis Presley

Sejarah Graceland, Rumah Mendiang Elvis Presley yang Akan Diwariskan ke Anak Lisa Marie

Liputan6.com 2023-01-18 07:30:00
Graceland, Rumah Elvis Presley di Memphis. AFP PHOTO / MANDEL NGAN

Graceland, rumah peninggalan Elvis Presley itu dikabarkan akan diberikan kepada putri Lisa Marie Presley. Dengan begitu, rumah ikonis yang berlokasi di Memphis, Tennessee, akan tetap menjadi milik keluarga Presley.

Mengutip dari People, Selasa, 17 Januari 2023, perwakilan dari Graceland mengkonfirmasi bahwa ketiga putri Lisa Marie, yaitu Riley, Harper, dan Finley yang akan mewarisinya. Sebelumnya, rumah Raja Rock and Roll itu diwariskan kepada putri satu-satunya, Lisa Marie Presley, setelah sang musisi meninggal pada 1977.

Lisa Marie memiliki dua anak dari pernikahannya dengan Danny Keough, yaitu Riley (33), dan Benjamin yang meninggal karena bunuh diri pada usia 27 tahun di Juli 2020. Lisa lalu menikah dengan Michael Lockwood pada 2006 dan memiliki putri kembar yang sekarang berusia 14 tahun, yaitu Harper dan Finley. Presley dan Lockwood berpisah pada 2016 dan perceraian mereka diselesaikan pada 2021.

Menurut situs web resmi Graceland, tanah itu diserahkan kepada Lisa Marie dalam perwalian ketika dia baru berusia sembilan tahun. Perwalian tersebut secara resmi tak berlaku lagi saat ulang tahunnya ke-25 pada 1993 dan memberinya kepemilikan penuh atas rumah tersebut. Dia kemudian membentuk The Elvis Presley Trust untuk mengelola properti bersama ibunya, Priscilla Presley, dan National Bank of Commerce.

Elvis Presley yang berusia 22 tahun diketahui membeli Graceland yang saat itu hanya berupa lahan kosong pada 19 Maret 1959 lantaran suka lingkungan pedesaan. Ia membeli tanah itu seharga 102.500 dolar AS atau nilainya saat ini lebih dari 900 ribu dolar AS (setara Rp13,6 triliun).


Pelihara Simpanse di Graceland

Graceland sempat menjadi kediaman pribadi keluarga Presley saat Elvis masih hidup. Kini, rumah tersebut diubah menjadi atraksi wisata yang memungkinkan penggemar Elvis datang mengikuti tur atau menginap di tempat tersebut.

Salah satu ruangan yang dipergunakan sebagai dapur di rumah Graceland berisi daftar makanan kesukaan Elvis Presley. Musisi ini dikenal karena kecintaannya pada roti lapis selai kacang, pisang, dan bacon, tetapi terkadang cita rasanya menuntut makanan lezat lainnya.

Barang-barang seperti itu ada dalam daftar belanjanya yang menghabiskan sekitar 500 dolar AS atau serata Rp7,5 juta seminggu. Beberapa daftar barang wajib lainnya yang masih ada di sana adalah Pepsi biasa, wadah minuman jeruk, kaleng asinan, puding pisang yang dimasak setiap malam, bahkan ada bahan untuk membuat saus.

Di dapur juga menyimpan kudapan kesukaan Elvis, seperti kue brownies, es krim rasa vanila dan cokelat, kelapa parut, permen karet rasa spearmint, doublemint, dan juicy fruit. Bel di dapur sengaja ditempatkan di bawah meja yang akan dipencet jika dia membutuhkan sesuatu.

Elvis diketahui juga tinggal bersama dengan peliharaannya. Pekarangan Graceland dulunya sering dijadikan tempat berkuda. Tapi, hewan peliharaan paling tidak biasa yang berkeliaran di perkebunan itu adalah Scatter, simpanse Presley.


Ruang Permainan dan TV

Presley meminjam dekorasi ruang permainan bawah tanahnya dari lukisan ruang biliar abad ke-18. Desainer Bill Eubanks menjalankan ide tersebut, membeli kain katun sepanjang 350 yard dari toko furnitur khusus setempat. Pekerja bekerja selama 10 hari untuk mengunci dan melipat bahan.

Setelah membaca bahwa Presiden Lyndon B. Johnson memiliki tiga perangkat televisi untuk memungkinkan dia menonton ketiga program berita jaringan utama sekaligus, Presley meminjam ide untuk ruang media lantai bawahnya.

Dia menghabiskan banyak waktu dengan senang hati menonton TV kecuali jika menayangkan Robert Goulet, aktor lawas yang tidak disukainya. Graceland menjamu lebih dari sekadar tamu selama masa hidup Presley, tetapi satu pengunjung pada 1976 tidak diumumkan.

Pada pertengahan 1960-an, Presley menambahkan ruang tertutup dari dapur rumah, yang nantinya dia isi dengan perabotan dan tanaman air terjun. Air terjun menjadi sisi tropis sudut tersebut, yang membuatnya dijuluki "Ruang Hutan" oleh banyak penggemar meski Presley tidak pernah menggunakan nama itu.


Punya Taman Meditasi

Pada Februari 1976, salah satu ruangan di Graceland diubah menjadi studio rekaman, sementara karpet berbulu berfungsi sebagai penyerap suara alami. Di antara banyak perubahan yang dilakukan Presley pada Graceland selama bertahun-tahun, mungkin yang paling berarti adalah ruang yang disebut Taman Meditasi.

Sepetak tanaman dan air mancur terpencil yang dikelilingi oleh tiang-tiang putih dan pergola yang dia pasang pada 1964. Semasa hidup, tempat itu adalah lokasi dia suka duduk dan berefleksi diri. Setelah meninggal, taman itu berfungsi sebagai tempat peristirahatan terakhirnya, meskipun awalnya bukan itu rencananya.

Pada 18 Agustus 1977, dua hari setelah kematiannya, Presley dimakamkan di samping mendiang ibunya, Gladys, di Pemakaman Forest Hill di Memphis. Namun, terjadi upaya pencurian peti mati Elvis seberat 900 pon atau hampir 400 kg, berlapis baja, berlapis tembaga. Tiga pria ditangkap, meskipun tuduhan yang bisa menjerat mereka hanyalah masuk tempat tanpa izin di pemakaman.

Khawatir akan ada penjahat lain, tubuh Presley serta tubuh Gladys, dipindahkan ke Graceland. Saat ini, mereka bergabung dengan ayahnya Vernon dan sebuah monumen untuk saudara kembar sang penyanyi, Jessie, serta cucunya Benjamin dan sekarang, putrinya, Lisa Marie.

Penampakan Jin BTS Pakai Seragam Tentara

Jin BTS Berpose dengan Seragam Tentara, Laporan ke ARMY soal Kondisinya Kala Wamil

Liputan6.com 2023-01-19 07:00:30
Jin BTS saat wamil. (Weverse via Soompi)

Nama Jin BTS mendadak masuk dalam trending topic di Twitter wilayah Indonesia pada hari ini, Rabu (18/1/2023). Tak cuma nama Kim Seokjin yang merupakan nama aslinya, kalimat "Proud of You Jin" juga masuk dalam jajaran 10 besar trending topic.

Rupanya Jin menyapa ARMY dari tempat pelatihan di Divisi Infanteri ke-5.

Ia juga diketahui sudah menjalani lima minggu pendidikan dasar, dan menghadiri upacara penutupan pada hari ini.

Lewat platform Weverse, ia kemudian memberikan update terkini mengenai kondisinya saat wamil. "Aku menikmati hari-hariku di sini," ujarnya, seperti dilansir dari Soompi.


Izin Dulu, Baru Posting

Jin BTS juga membagikan tiga buah fotonya dengan seragam militer. Dua di antaranya adalah selfie, sementara sebuah foto memperlihatkan pelantun "Butter" tersebut berdiri tegap di depan kamera.

"Aku mengunggah foto setelah mendapat izin dari kemiliteran. ARMY, selalu bahagia dan jaga diri," begitu penutup pesan Jin.


Lulus 2024

Seperti diketahui, Jin adalah anggota pertama BTS yang menjalani wamil. Ia secara resmi masuk wamil pada 13 Desember lalu, dan bertugas sebagai tentara aktif.

Ia akan menjalankan tugas ini selama 18 bulan ke depan, artinya Jin akan lulus pada 2024 mendatang.


Tak Ada Pelepasan

Dalam keberangkatan Jin masuk wamil, Big Hit Music selaku agensinya sudah mewanti-wanti penggemar untuk tidak perlu datang ke lokasi training center. Pasalnya, tidak akan diadakan acara khusus pelepasan Jin, demi menghindari risiko kerumunan.

Hal ini ditepati pihak agensi, di mana Jin langsung masuk ke lokasi training dengan menggunakan mobil. Keenam anggota BTS yang lain datang langsung dan ikut melepas Jin masuk wamil.

Panas Dingin Nasdem dengan Demokrat-PKS

HEADLINE: Panas Dingin Hubungan NasDem dengan Demokrat dan PKS, Nasib Koalisi Perubahan?

Liputan6.com 2023-01-19 00:01:09
Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bersalaman dengan Gubernur DKI Anies Baswedan di DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat (7/10/2022). Kunjungan Anies ke Demokrat ini merupakan yang

Awal tahun 2023, hubungan koalisi yang digadang-gadang siap mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pilpres 2024, rupanya memanas. NasDem, Demokrat, dan PKS yang sering membagikan kemesraannya mulai saling sindir.

Hal ini dipicu lantaran NasDem mengklaim ada yang mengajukan syarat koalisi yang kemudian dikaitkan dengan pendamping Anies Baswedan. Koalisi yang tak kunjung secara resmi mengumumkan kebersamaan mereka ini kian dianggap goyah.

Bahkan, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang digadang-gadang kuat masuk nominasi teratas pendamping Anies, sempat terkesan meminta alasan kenapa dirinya tak dipilih dengan cepat sebagai bakal calon wakil presiden.

Namun, Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra membantah adanya perselisihan. Apalagi ngotot soal capres-cawapres.

"Demokrat tidak ada ngotot capres atau cawapres harus siapa. Kami juga sepakat, tidak boleh pula ada yang ngotot capres atau cawapres tidak boleh siapa. Semua dibahas bersama, semua didalami bersama," kata dia kepada Liputan6.com, Rabu (18/1/2023).

Herzaky juga menepis soal kabar nama AHY, ketua umumnya ditolak sebagai pendamping Anies di koalisi. Menurutnya, sejauh ini baru membahas kriteria saja.

"Belum ada itu usul-usul AHY, apalagi usulan AHY sebagai cawapres ditolak. Kita baru bahas kriteria dan cara menentukan capres-cawapresnya," ungkap dia.

Herzaky mengungkapkan, jika bicara capres-cawapres, Demokrat, PKS, dan NasDem masih fokus kriteria.

"Mana yang bisa membawa kemenangan, mana yang merupakan representasi atau wajah perubahan. Namanya saja Koalisi Perubahan, kan tidak mungkin capres-cawapresnya sosok yang lebih lekat dengan status quo," kata dia.

Sehingga, soal koalisi semuanya masih berproses. Sekarang ini sudah ada kesepakatan.

"Masih terus berproses. Mohon doanya saja. Sudah banyak kesepahaman dan kesepakatan yang dicapai," kata Herzaky.

Senada, juru bicara PKS Muhammad Kholid, membenarkan bahwa ketiga partai ini sedang berproses untuk terus menyerap harapan masyarakat melalui poros perubahan yang diciptakan.

"Kami berharap tim kecil tuntas bahas di bulan ini, dan bulan Februari bisa ada kesepakatan bersama," jelas dia kepada Liputan6.com, Rabu (18/1/2023).

Meski demikian, Kholid tak menepis bawah PKS mendukung Anies, sembari mengajukan kadernya sebagai cawapresnya.

"PKS mengajukan kadernya sebagai calon wakil presiden. Namun kami siap untuk duduk bersama, mencari format kandidat yang terbaik. Prinsipnya kami semua ingin menang, jadi kandidat yang harus kita ajukan harus punya kapasitas menang yang paling tinggi, disamping juga punya kapasitas memimpin," ungkap dia.

Dia pun menepis bahwa partainya menolak nama AHY sebagai cawapres untuk Anies.

"Kami tidak menolak AHY. Prinsipnya siapa pun yang punya kapasitas menang paling tinggi, punya kapasitas memimpin, punya kapasitas mempersatukan dan juga diterima oleh capres, PKS akan terima," kata Kholid.

Sementara, Wakil Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Hermawi Taslim menampik bahwa koalisi yang tengah dibangun mengalami keretakan.

"Semua on process termasuk soal wapres. Koalisi tetap kompak, hampir tidak ada hambatan, semua lancar-lancar aja," jelasnya kepada Liputan6.com, Rabu (18/1/2023).

Meski demikian, Hermawi tak mengiyakan maupin membantah bahwa nama AHY ditolak sebagai pendamping Anies. "Masih dalam penggodokan," kata dia.

Dia memilih irit bicara, karena semuanya masih diramu. Sehingga, pada waktunya nanti akan disampaikan terbuka ke publik.

"Saya belum mau menginfokan nama, karena semua dalam proses penggodokan," pungkasnya.

Gambaran Hasil Survei Terakhir

Dalam hasil survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis pada 4 Januari 2023, pasangan Anies-AHY di bulan Desember meraih suara dari responden sebanyak 30,8 persen.

Pasangan ini mampu mengalahkan Prabowo Subianto-Bahlil dengan raihan 20 persen. Namun, tak bisa mengalahkan pasangan Ganjar-Erick Thohir yang meraih 38 persen.

Bahkan, saat Prabowo bersama Khohifah yang meraih 22,2 persen, pasangan Anies-AHY justru meraih 29,6 persen dan tetap kalah dari Ganjar-Erick yang meraih 37,4 persen.

Akan tetapi dalam simulai tiga capres, AHY tertinggi mendapatkan 27,6 persen sebagai sosok yang paling pantas mendampingi AHY. Di bawahnya menyusul Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil 26,2 persen dan posisi ketiga ada nama Menparekraf Sandiaga Uno dengan raihan 16,9 persen.

Adapun survei Indikator Politik Indonesia diselenggarakan pada 1-6 Desember 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 1.220 orang. Sampel berasal dari seluruh Provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.220 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error--MoE) sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti.


Menanti Hari Baik

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, secara chemistry ketiga parpol ini sebenarnya tidak ada masalah. Malah dianggapnya tinggal menanti hari baik untuk mengumumkan kebersamaan mereka.

"Koalisi ini belum deadlock dan koalisi ini belum bubar, koalisi juga belum ada kemajuan. Karena belum ada cawapresnya, belum ada partai pengusung Aniesnya," kata dia kepada Liputan6.com, Rabu (18/1/2023).

Pangi menegaskan, sebenarnya sudah jelas soal cawapres ini yang telah disepakati, bahwa Anies yang berhak menentukannya. Sehingga, sebenarnya tinggal menunggu saja.

"Pasangan yang dipaksakan juga enggak baik, harusnya chemistry-nya harus sama dengan Anies. Anies yang tahu mana yang terbaik untuk beliau," ungkap dia.

Pangi menuturkan, semuanya akan didasari apakah cawapres yang mendampingi Anies di Pemilu 2024 akan membawa kemenanganan atau tidak.

"Karena Anies belum tahu itu, lawannya siapa. Mereka juga enggak berani. Saya menduga, karena mereka tidak mau kebaca strategi politiknya. Karena kalau jauh-jauh hari, kebaca strateginya, bahkan bahaya juga bagi Anies," jelas dia.

Karena hal inilah, sebenarnya baik Anies maupun tiga partai terjebak dalam politik injury time atau dibuat menunggu.

"Masing-masing dari mereka tidak mau kebuka strateginya dari awal," kata Pangi.

Dia menuturkan, sejumlah nama baik dari AHY, Aher, Khofifah, bahkan Andika Perkasa merupakan cawapres potensial bagi Anies. Tinggal dikakulasikan saja secara matematika politik.

"Mana cawapres yang layak dijual, yang menaikkan elektabilitas Anies, yang menyumbang, menambah pemilih Anies," tegas pangi.

Senada, Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo menyebut terlalu dini memprediksi koalisi NasDem, PKS, dan Demokrat ini akan segera diumumkan atau justru layu sebelum berkembang.

"Karena kan dinamika politik ini semakin kuat, semakin kencang menjelang lebaran apalagi setelah lebaran. Banyak variabel yang harus dipertimbangkan," kata dia kepada Liputan6.com, Rabu (18/1/2023).

Namun, Kunto meyakini tiga parpol ini tetap bersama. Tinggal menanti waktunya saja.

Dia pun mengkritik bahwa yang keluar sekarang adalah masalah siapa pendamping Anies atau pasangan yang maju, tapi melupakan gagasan apa yang hendak dibawa.

"Ngomongan ide perubahannya mana? Ide perubahannya kemana? perubahan tentang ekonomikah, apa kabar Cipta Kerja jika Mas Anies terpilih, koalisi ini punya sikap apa terhadap Perppu Cipta Kerja atau dengan hal-hal yang lain di republik ini. Jadi menurutku itu lebih penting daripada sekedar ngomongin orang, yang jadi cawapres siapa," kata Kunto.

Dia menegaskan, hal inilah yang bisa membuat publik malas. Karena, akhirnya partai-partai ini tetap mengedepankan kepentingan mereka sendiri, ketimbang kepentingan masyarakat yang lebih besar.

"Sehingga mari kita lihat sebagai obyektif (soal koalisi ini terbentuk atau tidak). Karena banyak variabel-variabel ketidakpastian," jelas Kunto.


Dirawat Sejak Dini

Analis Politik dan Direktur Eksekutif Indonesia Political Power, Ikhwan Arif berharap kebersamaan ketiga partai dirawat sejak dini, dengan salah satunya tak mengambil cawapres dari luar koalisi.

"Citra partai politik akan dipertaruhkan, sebaiknya nominasi kandidat pendamping Anis berasal dari dalam induk koalisi perubahan. Jika yang disodorkan kandidat dari luar koalisi bisa saja koalisi jalan ditempat. Apalagi sejauh ini poros perubahan belum juga mendeklarasikan koalisi secara resmi," kata dia kepada Liputan6.com, Rabu (18/1/2023).

Karena itu, menurut Arif, idealnya pendamping Anies adalah kader partai poros perubahan antara AHY atau Ahmad Heryawan untuk menjaga citra partai politik pendukung dan pertimbangan efek ekor jas.

"Ini yang menurut saya pentingnya mendukung kandidat dari dalam koalisi atau dari kader partai politik sendiri. Sebab kelemahannya Anies ada pada kekuatan partai politik karena dia bukan berasal dari Kader partai. Kalau NasDem sendiri yang bekerja keras mendukung Anis, peluang Anis untuk menang di Pilpres juga semakin kecil," ungkap dia.

Jika pun nama cawapresnya dair luar, lanjut Arif, hanya NasDem dan PKS yang serius mendukung Anies.

"Karena sejauh ini Demokrat sangat rentan hengkang dari poros perubahan karena bersikukuh menyodorkan nama AHY sebagai cawapres. Kerawanan poros perubahan ada pada faktor cawapres pendamping Anies. Dibandingkan PKS, Demokrat lebih berpotensi hengkang dari poros koalisi perubahan apabila ketua umum partainya sendiri AHY tidak dipilih sebagai bakal cawapres," kata dia.