Gerakan Bawah Tanah Memes dan Vonis Sambo?

Mahfud Md Endus Ada Gerakan Bawah Tanah soal Vonis Sambo, Ini Kata Komisi III

Liputan6.com 2023-01-20 15:31:09
Menko Polhukam Mahfud Md (Foto: Istimewa).

Menko Polhukam Mahfud MD mengendus adanya "gerakan bawah tanah" untuk mempengaruhi vonis terhadap terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir J, Ferdy Sambo. Anggota Komisi III DPR Arsul Sani menilai, pihaknya enggan terpengaruh praduga yang diendus Mahfud.

"Kalau Menkopolhukam bicara soal itu barangkali dia punya bukti permulaan atau setidaknya indikasi tertentu. Bagi kami di Komisi III, kami tidak akan terhanyut dalam praduga atau endusan yang sama," kata Arsul lewat pesan tertulis, Jumat (20/1/2023).

Komisi III DPR, kata Arsul, lebih memilih memberi semangat kepada majelis hakim untuk menjatuhkan vonis yang sesuai dengan fakta. Kemudian, membeberkan bukti-bukti yang terungkap di persidangan.

"Lebih baik kita semangati majelis hakim yang mengadili untuk menjatuhkan vonis yang sesuai dengan fakta, bukti-bukti yang terungkap di persidangan, ditambah dengan keyakinan hakim. Dari tiga hal inilah seharusnya keadilan dalam isi putusan atau vonis ditampakkan," tuturnya.

Politisi PPP ini melanjutkan, Komisi III juga tak berniat mendorong Polri menyelidiki gerakan bawah tanah itu. Sebab, belum ada bukti permulaan yang cukup.

"Komisi III juga tidak perlu mendorong-dorong Polri atau siapa pun untuk menyelidiki sesuatu yang belum jelas indikasi atau bukti permulaannya," kata Arsul.


Sebut Ada Gerakan Bawah Tanah

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengendus adanya 'gerakan bawah tanah' untuk mempengaruhi putusan atau vonis terhadap terdakwa kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ferdy Sambo.

"Saya sudah mendengar ada gerakan-gerakan yang minta, memesan, putusan Sambo itu dengan huruf, ada juga yang meminta dengan angka," ungkap Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Kamis (19/1).

"Ada yang bergerilya, ada yang ingin Sambo dibebaskan, ada yang ingin Sambo dihukum, kan begitu," imbuhnya.

Menurut informasi yang dikantongi Mahfud, 'gerakan bawah tanah' itu dilakukan pejabat tinggi pertahanan dan keamanan. Namun, upaya tersebut bisa diamankan oleh Kejaksaan.

"Saya pastikan kejaksaan independen, tidak akan terpengaruh dengan gerakan-gerakan bawah tanah itu," ucapnya, dilansir dari Antara.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini meminta siapa pun yang mengetahui otak 'gerakan bawah tanah' segera melapor kepadanya.

"Ada yang bilang soal Brigjen mendekati A dan B, Brigjennya siapa saya suruh sebut ke saya, nanti saya punya Mayjen banyak kok. Kalau Anda punya Mayjen yang mau menekan pengadilan atau kejaksaan, di sini saya punya Letjen. Jadi pokoknya independen saja," ujarnya.

Mahfud mengingatkan kepada majelis hakim maupun kejaksaan agar menjaga independensi dalam penanganan kasus pembunuhan Brigadir J. Sebab, kasus tersebut menjadi perhatian publik.


Tuntutan Ferdy Sambo

Ferdy Sambo dituntut hukuman pidana penjara seumur hidup terkait kasus pembunuhan Brigadir J. Tuntutan terhadap mantan Kadiv Propam Polri itu dibacakan jaksa penuntut umum (JPU) dalam sidang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (17/1).

"Menyatakan pidana terhadap terdakwa dengan pidana seumur hidup," kata JPU saat membacakan tuntutan.

Tuntutan penjara itu berdasarkan dakwaan premier Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Tuntutan dijatuhkan lantaran JPU berkeyakinan Ferdy Sambo telah menyusun rencana pembunuhan Brigadir J dengan rapih. Hal itu berdasarkan keterangan sejumlah saksi selama persidangan.

Adapun dalam perkara ini, Ferdy Sambo didakwa melakukan tindak pidana pembunuhan berencana terhadap Brigadir J secara bersama-sama dengan Richard Eliezer alias Bharada E, Ricky Rizal atau Bripka RR, Putri Candrawathi dan Kuat Maruf.

Mereka didakwa turut terlibat dalam perkara pembunuhan berencana bersama-sama merencanakan penembakan terhadap Brigadir J pada 8 Juli 2022 di rumah dinas Komplek Polri Duren Tiga Nomor 46, Jakarta Selatan.

Muhammad Genantan Saputrato/Merdeka.com

Bayar Rp39 M Demi Nonton Messi Vs Ronaldo

Demi Nonton Reuni Messi vs Ronaldo, Pengusaha Arab Saudi Rela Bayar Rp39 Miliar

Liputan6.com 2023-01-19 19:00:33
Penyerang Barcelona Lionel Messi berebut bola dengan pemain Real Madrid Cristiano Ronaldo selama pertandingan "Clasico" liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu pada 23 Maret 2014. Barcelona

Pengusaha Arab Saudi rela membayar mahal demi menyaksikan duel klasik Lionel Messi dengan Cristiano Ronaldo. Laporan ESPN mengungkap sosok tersebut menggelontorkan dana hingga 2,6 juta dolar, atau setara dengan Rp39,4 miliar rupiah untuk membeli tiket VIP.

Seperti diketahui, mantan rival El Clasico Messi dan Ronaldo memang bakal kembali bersua di lapangan hijau dalam waktu dekat. Duo pemain yang digadang-gadang sebagai pesepak bola terbaik era ini dijadwalkan melakoni pertandingan persahabatan yang dihelat di Stadion Internasional King Fahd pada Jumat (20/1/2023) pukul 00.00 WIB.

Adapun CR7 bakal menjadi bagian dari Riyadh XI, yang terdiri atas sejumlah penggawa top klub Arab Saudi Al-Hilal dan Al-Nassr. Sementara itu, La Pulga akan memperkuat sang raksasa Prancis Paris Saint-Germain (PSG) yang menjadi tempat berkariernya saat ini.

Seperti diketahui, laga persahabatan Riyadh XI melawan PSG memang menyediakan tiket khusus bertajuk "Beyond Imagination". Karcis itu dilelang oleh badan hiburan pemerintah Arab Saudi. Uang yang diperoleh akan disumbangkan untuk keperluan amal.

Sementara itu, pihak pemenang juga dijanjikan hadiah menarik berupa kesempatan bertemu Messi dan Ronaldo, sekaligus akses menuju ruang ganti tim.

Menurut ESPN, penawaran tiket sejatinya hanya dimulai di harga 260.000 dolar. Namun, angka tersebut perlahan naik secara signifikan menjadi 2,6 juta dolar sebelum proses lelang ditutup.

Penasihat Royal Court dan Kepala Otoritas Hiburan Umum Arab Saudi, Turki al-Sheikh lantas mengumumkan hasilnya melalui Twitter. Mushref al-Ghamdi ditetapkan sebagai pemenang berkat keberaniannya menggelontorkan dana 10 juta riyal (setara 2,6 juta dolar).

"Selamat, Anda layak mendapatkannya, dan semoga Tuhan membalas Anda dengan kebaikan," tulis Sheikh, seperti dilansir dari Al Jazeera.


Kesempatan Terakhir

ESPN menuturkan, duel persahabatan yang menampilkan Riyadh XI vs PSG berpotensi menjadi kesempatan terakhir bagi para penggemar untuk menyaksikan pertarungan Messi dan Ronaldo.

Seperti diketahui, kedua pemain memang kerap dimasukkan dalam daftar pesepak bola terbaik sepanjang sejarah. Pertandingan La Pulga melawan CR7 pun menjadi salah satu laga yang paling diantisipasi oleh pecinta sepak bola dunia.

Sayangnya, Messi dan Ronaldo sudah lama tidak bersua di lapangan hijau. Perjumpaan teranyar mereka terjadi saat Barcelona takluk 0-3 oleh Juventus di duel fase grup Liga Champions pada 9 Desember 2020 silam.

Setelahnya Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo tak lagi terlibat pertarungan. CR7 hijrah ke Manchester United, sementara La Pulga bertolak ke PSG. Karier Ronaldo bersama Setan Merah pun tak bertahan lama. Ia kembali hengkang dan bergabung dengan Al-Nassr.


Debut Ronaldo

Tak hanya menjadi laga terakhir Messi vs Ronaldo, duel pada Jumat dini hari WIB nanti juga menandai pertandingan pertama CR7 usai meninggalkan Old Trafford beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, debut Ronaldo bersama Al-Nassr memang terpaksa ditunda. Pemain berusia 37 tahun itu diberi sanksi skors dua pertandingan oleh FA Inggris usai dinyatakan bersalah lantaran menjatuhkan telepon penggemar saat MU kalah dari Everton pada April 2022.

Adapun duel kompetitif pertama CR7 dengan tim Arab Saudi baru akan berlangsung pada Senin (23/1/2023) pukul 00.30 WIB mendatang. Al-Nassr dijadwalkan menjamu Ettifaq dalam laga lanjutan Saudi Pro League 2022/2023.


Bintang Lain

Messi dan Ronaldo bukanlah satu-satunya pesepak bola papan atas yang bakal memeriahkan duel persahabatan Riyadh XI dengan PSG. Sejumlah pemain top Les Parisiens, seperti Kylian Mbappe dan Achraf Hakimi juga diprediksi akan unjuk gigi di pertandingan tersebut.

Selanjutnya di kubu Arab Saudi, Salem al-Dawsari kemungkinan tampil. Kehadirannya menambah daya tarik laga, mengingat sang pemain sempat mencetak gol kemenangan saat negaranya mengalahkan Lionel Messi dan kawan-kawan di fase grup Piala Dunia 2022.

Kelimpahan Tugas Pangeran Harry

Kate Middleton Tersenyum Lebar, Ambil Alih Tugas Kerajaan yang Ditinggalkan Pangeran Harry

Liputan6.com 2023-01-20 13:00:59
Kate Middleton. (Justin Tallis/Pool Photo via AP)

Kate Middleton (41), kini mengambil alih tugas kerajaan Pangeran Harry belum lama ini menyambut tim Liga Sepakbola Rugby Kursi Roda Inggris untuk resepsi di Hampton Court Palace. Acara meriah itu diadakan untuk merayakan kemenangan tim melawan Prancis untuk jadi juara dunia di Final Piala Dunia Liga Rugby pada November 2022.

Mengutip People, Jumat (20/1/2023), kemenangan tersebut sangat manis bagi Tim Inggris, sebagai kemenangan Piala Dunia pertama mereka sejak turnamen Kursi Roda pertama diadakan pada 2008. Kate disambut Simon Johnson, ketua Rugby Football League dan meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan anggota tim dan pelatih.

Berbagi ucapan selamat atas kemenangannya dan mendengar tentang tujuan masa depan mereka. Final turnamen Kursi Roda menarik rekor penonton sebanyak 4.500 orang ke Manchester Central, ditambah penonton lain melalui siaran.

Resepsi tersebut secara kebetulan terkait, karena Kate menjadi pelindung kerajaan baru dari Rugby Football Union dan Rugby Football League pada Februari 2022. Princess of Wales menerima mandat dari Ratu Elizabeth II setelah peran tersebut sebelumnya dipegang oleh adik iparnya, Pangeran Harry.

Peran itu sebenarnya yang pertama bagi Harry untuk kembali menjalani tugasnya sebagai anggota keluarga kerajaan lainnya sejak Duke dan Duchess of Sussex mundur dari peran mereka sebagai bangsawan pekerja senior pada 2020. Priciness Kate menerima posisi tersebut dan mengikuti sesi latihan untuk beberapa pemain rugby segera setelah berita tersebut diumumkan.


Pamer Kemampuan

Beraksi di lapangan Stadion Twickenham, Kate berpartisipasi dalam permainan line-out, di mana seorang pemain diangkat ke udara oleh rekan satu timnya untuk menerima bola setelah keluar dari lapangan permainan. Kate tidak bisa menahan tawa ketika dia diangkat.

Princess of Wales memamerkan kemampuan atletiknya dengan menangkap bola dengan ahli dan mengopernya ke pemain di bawah dan dia dipuji dengan sorak-sorai dan tepuk tangan setelah permainan yang sukses. Saat itu, Istana Kensington merilis klip media sosial baru untuk merayakan hari pertama Kate bekerja.

Kerajaan mengatakan dua organisasi berkomitmen untuk memanfaatkan kekuatan yang dapat dimiliki olahraga dalam menyatukan komunitas dan membantu individu berkembang. "Saya berharap dapat bekerja sama dengan mereka di semua level permainan, dan untuk mendukung Inggris dalam apa berjanji untuk menjadi tahun yang menyenangkan untuk kedua olahraga!" sebut Kate.

Kate menandatangani pesan itu dengan huruf "C" sederhana untuk Catherine. Sang bangsawan dikenal karena sisi atletisnya, mulai dari bermain tenis sebagai pelindung All England Lawn Tennis Club, dia adalah pemain tetap di Wimbledon hingga menghadapi suaminya Pangeran William dalam balap kapal pesiar. Dia memamerkan keterampilan rugbynya selama perjalanan tahun 2017 ke Paris, di mana Kate bermain bola dengan pemain muda dengan gaun dan sepatu hak.


Perseteruan dengan Meghan

Sementara itu, konflik kerajaan keluarga Inggris belum lama ini juga mengungkap fakta lain. Penjahit kerajaan di balik drama gaun pengiring pengantin Meghan Markle buka suara menyusul perilisan autobiografi Pangeran Harry, Spare. Ajay Mirpuri mengungkap untuk pertama kali pada sebuah wawancara dengan Daily Mail yang diterbitkan Selasa, 10 Januari 2023, kemudian dikutip dari People, Sabtu, 14 Januari 2023.

Mirpuri mengklarifikasi meski tidak menyaksikan perselisihan apa pun antara Kate Middleton dan Meghan jelang hari pernikahan pada Mei 2018, ia dan timnya bekerja dengan bergegas sebelum pernikahan untuk memperbaiki keenam gaun pengiring pengantin, termasuk milik Putri Charlotte.

"Jika sesuatu terjadi di belakang, itu tidak terjadi di depan saya. Tapi ya, pernikahan sangat menegangkan, terutama seperti ini (pernikahan kerajaan). Anda harus bisa memahami itu," penjahit itu berkata pada Daily Mail. "Mereka dihadapkan pada masalah seperti yang dialami siapa pun di perayaan pernikahan, dengan halangan di menit-menit akhir."


Soal Gaun Pengiring Pengantin

Lalu ia menyambung, "Saya dapat mengerti mengapa ada orang yang kesal jika gaunnya tidak pas, (karena) itu menegangkan. Saya memahami Anda tidak ingin anak-anak pergi ke panggung besar dengan gaun tidak pas, itulah mereka."

"Keenam gaun pengiring pengantin harus diperbaiki dan kami melakukannya," sebutnya, menambahkan sangat bangga bisnis kecilnya bisa melayani keluarga kerajaan.

Tak hanya Putri Charlotte, lima pengiring pengantin Pangeran Harry dan Meghan Markle mereka putri baptis Harry Florence van Cutsem dan Zalie Warren, putri baptis Meghan Rylan dan Remi Lit, serta Ivy Mulroney, putri teman Meghan Jessica Mulroney. Mirpuri, yang menjalankan bisnis jahit bernama Mirpui Bespoke di London dan Swiss, mengungkapkan pada publikasi itu bahwa ia dan timnya "langsung setuju bahwa keenam gaun pengiring pengantin perlu diperbaiki lantaran memang tidak pas."

"Kami harus bekerja mati-matian empat hari. Kami berempat bekerja sampai jam 4 pagi tiga malam berturut-turut supaya gaun-gaun itu pas," ungkapnya. "Kami meninggalkan Kastil Windsor pukul 10 malam di malam sebelum pernikahan. Apakah pada hari itu ada yang mengeluh mengenai gaun pengiring pengantin dan penampilannya? Jawabannya tidak."

Aktivis Israel Jadi Juri Miss Universe

Profil Aktivis Perempuan Israel yang Jadi Juri Miss Universe 2022

Liputan6.com 2023-01-20 03:01:42
Profil Aktivis Perempuan Israel, Emily Austin yang Jadi Juri Miss Universe 2022. foto: Instagram @emily.austin

Kontes kecantikan Miss Universe 2022 baru saja digelar di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat (AS). Dalam malam penobaatan yang berlangsung pada Sabtu, 14 Januari 2023 waktu setempat itu, R'Bonney Gabriel dari AS terpilih sebagai pemenang.

Kemenangan R'Bonney tentunya berkat pilihan para juri yang salah satu anggotanya adalah Emily Austin dari Israel. Wanita berusia 21 tahun ini dikenal sebagai jurnalis olahraga dan brand ambassador Puma.

Emily Austin terbiasa membawakan acara olahraga di televisi, tapi juga kerap tampil sebagai model. Bukan itu saja, putri dari seorang ekspatriat Israel yang tinggal di AS ini mengikuti program magang di kantor pewakilan Israel untuk PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang dikepalai oleh Gilad Erdan. Gilad pernah menjadi Duta Besar Israel untuk AS yang sekarang menjadi kepala perwakilan Israel untuk PBB sejak 2020.

Melansir Selain itu, Emily juga tercatat sebagai mahasiswi di Hostra University di New York. Ia pun dikenal seagai aktivis pro-Israel dan kabarnya ingin menjadi utusan diplomatic Israel di PBB maupun badan internasional lainnya.

"Itu adalah sesuatu yang belum pernah aku pertimbangkan sebelumnya, tapi juga bukan sesuatu yang saya tentang," ujarnya pada The Times of Israel, Kamis, 19 Januari 2023. Sejak berkiprah di PBB Emily terbiasa mengurusi unggahan di media sosial, menghadiri berbagai sesi pidato di PBB dan membahas strategi untuk media.

"Aku sangat sering membantu dalam hal komunikasi . Semua orang punya peran dalam pekerjaan ini, tapi semunya ikut saling menbantu," terangnya. Dengan pengikut lebih dari 1 juta di Instagram dan lebih dari 500 ribu di TikTok serta sejumlah penampilan impresif di media dan berkiprah sebagai model, Austin bisa dibilang contoh ideal dari seorang selebriti Gen Z.


Selebriti Gen Z

Selama pandemi, Emily meluncurkan web series berupa wawancara dengan sejumlah atlet terkenal yang membuat program tersebut dikenal luas. Kesuksesan itu membawa Emily tampil dan menjadi undangan di sejumlah acara olahraga, termasuk menghadiri Super Bowl di tahun lalu.

Ia juga pernah menjadi host di program berbagai cabang olahraga seperti bola basket, renang, sepakbola sampai tinju. Tak hanya di olahraga, tawaran juga datang dari ajang Miss Universe. Ia didapuk sebagai salah satu dari tujuh orang juri di Miss Universe 2022. Ia menerima tawaran tersebut meski pamor ajang kecantikan dikabarkan sudah menurun dalam beberapa tahun terakhir ini.

"Ini bukan kontes kecantikan. Bisa dibilang, yang jadi pemenang tiap tahun belum tentu yang tercantik," ucap wanita yang pernah menjadi finalis ajang Miss New York, beberapa tahun lalu. "Yang jelas, pemenang sangat ditentukan dari hasil wawancara atau saat menjawab pertanyaan dari juri, aku bisa melihat bagaimana seorang peserta sukses atau tidak di bagian tersebut," lanjutnya.

Di tahun lalu, Israel menjadi tuan rumah ajang Miss Universe 2021.Namun di tahun ini mereka justru memilih untuk tidak ikut serta. Itu karena mereka tidak menggelar ajang Miss Israel di tahun lalu, dan belum ada tanda-tanda kapan ajang tersebut akan digelar kembali.

Padahal mereka sudah mengadakan kontes kecantikan tersebut sejak 1950. Austin sangat menyayangkan situasi itu dan berharap ajang tersebut akan kembali digelar.


Cinta Israel

"Aku masih belum paham kenapa mereka tidak menggelar kontes lagi. Aku pikir hal itu justru melewatkan kesempatan untuk lebih menyatukan Israel meski mungkin hanya unruk satu malam. Jadi, meski saya ikut menjadi juri, faktanya Israel Israel tidak berpartisipasi di tahun ini," tutur Austin.

Meski lahir di New York, Austin tetap mencintai Israel dan bersama orangtuanya selalu mengungunjungi negara asal mereka setidaknya sekali dalam setahun. Ia selalu menunjukkan kesetiaan dan membela berbagai hal tentang negaranya, meski ia mengakui terkadang mendapat kecaman dan ujaran kebencian terutama di media sosial.

Wanita yang akan tampil di program terbaru NBA yaitu Hoop Chat ini mengaku selalu menunjukkan jati dirinya sebagai aktivis pro-Israel di berbagai kesempatan. Ia merasa bangga melakukannya.

Hal itu membuatnya merasa tidak simpatik dengan sejumlah figur publik seperti Kanye West dan pebasket NBA Kyrie Irving yang menyatakan sikap anti Yahudi atau antisemit. "Aku sangat menyesalkan ada semacam gerakan baru yang mendukung sikap antisemit Kanye. Setidaknya hal seperti itu membuka mataku, aku merasa prihatin dengan sikap prang-orang yang setuju dengannya," pungkas Emily.


Wanita Amerika-Filipina

Ajang Miss Universe 2022 telah digelar di New Orleans Ernest N. Morial Convention Center, Louisiana, Amerika Serikat (AS), Sabtu malam, 14 Januari 2023 atau Minggu (15/1/2023) waktu Indonesia. Wakil Amerika Serikat akhirnya terpilih sebagai Miss Universe 2022. Miss Amerika Serikat, R'Bonney Gabriel menerima mahkota Miss Universe 2022 dari Miss Universe 2021 Harnaaz Sandhu dari India.

Hasil itu membuat Miss Venezuela, Amanda Dudamel Newman menjadi runner-up pertama. Sementara Miss Republik Dominika menjadi runner-up kedua dalam ajang yang disiarkan secara live oleh kanal Youtube MISS UNIVERSE Live;

Kemenangan R'Bonney Gabriel membuat sejarah baru karena untuk pertama kalinya kontestan berdarah Filpina-Amerika Serikat berhasil jadi pemenang MIss Universe. Melansir The Sun, wanita cantik ini mewakili negara bagian Texas dan berhasil mengalahkan 50 finalis lainnya untuk mendapatkan gelar Miss USA atau Miss AS.

Gabriel tak hanya dikenal sebagai model, tapi juga desainer yang menciptakan pakaian ramah lingkungan. Tak heran karena ia merupakan lulusan North Texas University dengan gelar sarjana dalam Desain Fashion. Selain menyukai fesyen, wanita bertinggi badan 170 cm ini juga suka traveling. Ia memiliki darah Filipina dari sang ayah yang merupakan orang Filipina.

Sebelum pengumuman pemenang, ketiga finalis menjawab pertanyaan final di babak Top 3. Mereka ditanya tentang apa yang akan dilakukan sebagai Miss Universe untuk pemberdayaan perempuan yang progresif.

Raja Inggris Bagi-Bagi Rezeki Nomplok

Raja Inggris Charles III Berniat Bagi-bagi Rezeki Nomplok

Liputan6.com 2023-01-20 12:05:19
Raja Inggris Charles III

Raja Inggris Charles III telah meminta lonjakan keuntungan dari enam ladang angin lepas pantai baru yang dikelola Crown Estate untuk digunakan bagi kebutuhan publik dibanding keluarga kerajaan.

Dalam pidato Natal-nya beberapa waktu lalu, Raja Charles III turut menyinggung soal tekanan biaya hidup. Dan permintaan terbarunya dinilai merupakan upaya mengurangi kesenjangan antara rakyat dengan kalangan bangsawan.

Crown Estate sendiri adalah bisnis komersial independen, yang keuntungannya masuk ke Kementerian Keuangan. Keuntungan tersebut digunakan pula sebagai tolok ukur tingkat pendanaan publik bagi keluarga kerajaan atau yang dikenal Sovereign Grant, yang tahun lalu bernilai 86,3 juta pound sterling. Demikian dikutip dari BBC, Jumat (20/1/2023).

Keuntungan tersebut diperkirakan meningkat secara signifikan melalui kesepakatan untuk mengembangkan enam ladang angin lepas pantai baru, yang secara kolektif bernilai 1 miliar pound sterling per tahun selama setidaknya tiga tahun. Hal ini tentunya akan menghasilkan peningkatan jumlah yang sangat signifikan terkait Sovereign Grant, yang boleh jadi membuat malu Raja Charles III mengingat tekanan keuangan yang tengah dialami publik.


Tengah Dikaji

Istana Buckingham mengatakan sehubungan dengan "rejeki nomplok energi angin lepas pantai", Raja Charles III ingin mengurangi bagian keuntungan yang digunakan untuk Sovereign Grant. Saat ini, Sovereign Grant didasarkan pada 25% dari keuntungan Crown Estate, yang kegunaannya termasuk untuk menggaji para bangsawan yang bekerja dan pemeliharaan istana kerajaan.

Peninjauan persentase keuntungan Crown Estate yang masuk ke pendanaan kerajaan saat ini sedang berlangsung oleh Kementerian Keuangan. Keputusannya diharapkan dapat disimpulkan dalam beberapa bulan ke depan.

Penjaga pundi-pundi raja, Sir Michael Stevens, dilaporkan telah menyurati perdana menteri dan kanselir untuk mengusulkan pengurangan persentase yang sesuai.


Aksi Sosial Raja Charles III

Raja Charles III, yang baru akan dinobatkan secara resmi pada Mei 2023, telah mengambil sejumlah langkah yang menuai pujian selama beberapa pekan terakhir. Beberapa di antaranya adalah merogoh kocek pribadinya untuk memberikan para staf bonus serta donasi senilai 1 juta pound sterling ke bank makanan selama musim libur.

Selain itu, ayah Pangeran William dan Pangeran Harry itu juga berdonasi ke Fuel Bank Foundation untuk membantu masyarakat membayar tagihan listrik.

Lega Usai Mundur Sebagai PM Selandia Baru

Alih-alih Menyesal, Jacinda Ardern Justru Lega Mundur Sebagai PM Selandia Baru

Liputan6.com 2023-01-20 14:13:56
Jacinda Ardern (AP Photo/Nick Perry)

Sehari setelah mengumumkan pengunduran dirinya sebagai perdana menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern menegaskan bahwa dia sama sekali tidak menyesal. Alih-alih menyesal, ia justru merasa lega.

Berbicara pada Jumat (20/1/2023) di luar bandara di Napier, tempat kaukus Partai Buruh berkumpul untuk retret, Jacinda mengatakan dia tidur nyenyak untuk pertama kalinya dalam waktu yang lama. Demikian seperti dilansir BBC.

Menanggapi pertanyaan wartawan, apakah pengalaman terkait misogini berperan dalam keputusannya untuk mundur, Jacinda menyampaikan pesan bagi pemimpin perempuan dan perempuan yang ingin memimpin di masa depan.

"Anda bisa berkeluarga dan tetap menjalankan peran Anda (sebagai pemimpin). Anda bisa memimpin dengan gaya Anda sendiri," kata dia.


Popularitas Mendunia

Pesona dan filsafat kepemimpinan Jacinda yang disebut berakar pada kebaikan, telah membawa popularitasnya terbang tinggi melampaui Selandia Baru. Maka tidak heran jika banyak orang di berbagai belahan dunia bereaksi atas pengumuman pengunduran dirinya pada Kamis (19/1).

Publik pun makin terhenyak setelah mengetahui alasan Jacinda mundur, yaitu lelah. Ia blak-blakan mengaku tidak punya cukup tenaga untuk melanjutkan kepemimpinannya.

"Saya mundur karena peran istimewa seperti ini, datang dengan tanggung jawab. Tanggung jawab untuk mengetahui kapan Anda adalah orang yang tepat untuk memimpin dan sebaliknya," kata Ardern seperti dikutip dari 1news.co.nz.

"Saya tahu apa yang dibutuhkan dalam pekerjaan ini, dan saya tahu bahwa saya tidak lagi memiliki cukup tenaga untuk melakukannya... Sesederhana itu," tambahnya. "Tapi saya benar-benar yakin dan tahu, ada orang lain di sekitar saya yang mampu."

Jacinda mengklaim belum punya rencana jangka panjang, selain menghabiskan waktu bersama keluarga.

"Bisa dibilang, merekalah yang berkorban paling banyak," ungkap perempuan usia 42 tahun itu.

Ia mengajak pasangannya, Clarke Gayford, untuk menikah dan mengatakan tidak sabar menantikan anaknya masuk sekolah tahun ini.

Meski keputusan Jacinda terkesan seputar persoalan menyimbangkan pekerjaan dan keluarga, namun faktor politik diyakini menjadi bagian pertimbangannya. Langkah mundurnya pun dinilai sebagai keputusan cerdik untuk menyelamatkan partainya dan menghindari kekalahan yang memalukan secara pribadi dalam pemilu mendatang.

Beberapa minggu lalu, peringkat persetujuan Jacinda mencapai level terendah sejak Agustus 2017 - tepat sebelum dia menjadi PM - menyusul Partai Buruh yang juga mengalami penurunan popularitas. Tantangan ekonomi pasca-pandemi seperti meningkatnya biaya hidup dan semakin dalamnya jurang ketidaksetaraan sosial dianggap sebagai penyebabnya.

Dikutip dari BBC, sejumlah kritikus merayakan pengunduran diri Jacinda, bahkan menuduhnya menggunakan lelah sebagai alasan untuk menyelamatkan reputasi politiknya.

Pemilik Shooters Saloon Bar & Hotel di Kingsland termasuk salah satunya. Di dinding gedung dia menuliskan, "Ding dong the red witch bitch has gone."

Tulisan lainnya berbunyi, "Red witch leaving party."


Melahirkan Ketika Menjabat

Jacinda memang bukan satu-satunya pemimpin perempuan di dunia. Amerika Serikat punya Wakil Presiden Kamala Harris, di Singapura Halimah Yacob memimpin sebagai presiden, Taiwan punya Tsai Ing-wen sebagai presiden, Sanna Marin duduk di kursi perdana menteri Finlandia, dan banyak lagi.

Namun, Jacinda menorehkan keistimewaan tersendiri. Dia melahirkan saat menjabat, menjadikannya satu dari dua pemimpin perempuan di dunia yang mengalami hal tersebut setelah mantan perdana menteri Pakistan Benazir Bhutto.

Jacinda dihadapkan pada pengawasan publik yang intens selama kepemimpinannya, mulai dari kabar kehamilannya hanya beberapa bulan setelah menjabat hingga keputusannya untuk cuti melahirkan selama enam minggu, yang kemudian memicu perdebatan soal apakah itu terlalu singkat.

"Mengingat Neve (putrinya) masih bayi, saya selalu meyakini akan ada ketegangan yang nyata di antara memastikan saya memenuhi semua kebutuhannya dan tentu saja tanggung jawab saya. Tapi saya yakin dengan seluruh dukungan... kami akan berhasil melakukannya," ujar Jacinda saat itu seperti dikutip dari BBC.

Kepemimpinan Jacinda ditandai sejumlah peristiwa penting seperti pandemi COVID-19, serangan teror domestik, dan letusan gunung berapi.

"Ini adalah lima setengah tahun yang paling memuaskan dalam hidup saya. Tapi, itu juga memiliki sejumlah tantangan. Di antara agenda yang berfokus pada perumahan, kemiskinan anak dan perubahan iklim, kita menghadapi serangan biosekuriti, peristiwa teror domestik, bencana alam, pandemi global, dan krisis ekonomi," kata dia dalam pengumuman pengunduran dirinya.

Dalam kesempatan yang sama, Jacinda menyinggung sejumlah capaian pemerintahannya.

"Kita berada di tempat yang berbeda secara fundamental dalam isu perubahan iklim, dengan target yang ambisius dan rencana untuk mencapainya. Kita telah membalikkan statistik kemiskinan anak dan membuat peningkatan paling signifikan dalam isu kesejahteraan dan perumahan... Kita telah mempermudah akses pendidikan dan pelatihan, meningkatkan upah dan kondisi pekerja... Kita telah bekerja keras membuat kemajuan dalam isu identitas nasional...," terang Jacinda.


Penghormatan bagi Jacinda

Merespons pengunduran diri Jacinda, PM Kanada Justin Trudeau mentwit, "Terima kasih atas kemitraan dan persahabatan - dan atas kepemimpinan Anda yang berempati, penuh kasih, kuat, dan stabil selama beberapa tahun terakhir ini. Perbedaan yang Anda buat tidak terhitung."

Thank you, @JacindaArdern, for your partnership and your friendship -- and for your empathic, compassionate, strong, and steady leadership over these past several years. The difference you have made is immeasurable. I'm wishing you and your family nothing but the best, my friend. pic.twitter.com/72Q5p9GZzg

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengatakan bahwa Jacinda telah menunjukkan kepada dunia bagaimana memimpin dengan kecerdasan dan kekuatan.

Jacinda Ardern has shown the world how to lead with intellect and strength.She has demonstrated that empathy and insight are powerful leadership qualities. Jacinda has been a fierce advocate for New Zealand, an inspiration to so many and a great friend to me. pic.twitter.com/QJ64mNCJMI

Wakil Perdana Menteri Fiji Biman Prasad mengungkapkan bahwa kawasan Pasifik akan kehilangan pemimpin yang karismatik.

Masa jabatan Jacinda sebagai perdana menteri akan berakhir paling lambat 7 Februari.

Belum jelas siapa yang akan menggantikannya. Namun, nama wakil PM yang juga menteri keuangan, Grant Robertson, disebut-sebut sebagai calon terdepan.

Kaukus Partai Buruh sekarang memiliki waktu tujuh hari dari pengumuman Jacinda untuk mengetahui apakah seorang kandidat baru memiliki lebih dari dua pertiga dukungan untuk menjadi pemimpin dan perdana menteri baru. Pemungutan suara kaukus untuk menentukan pemimpin baru akan dilakukan dalam waktu tiga hari mendatang.

Jika tidak ada yang memenuhi ambang batas dukungan di dalam kaukus, kontes kepemimpinan akan jatuh ke keanggotaan Partai Buruh yang lebih luas.

Gibran Rakabuming- Emil Dardak Saling Memuji

Ketika Gibran Rakabuming dan Emil Dardak Saling Lempar Pujian Terkait Kepemimpinan

Liputan6.com 2023-01-20 20:21:51
Gibran Rakabuming kenakan Jersey Persis

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak saling lempar pujian terkait kepemimpinan saat bertemu di Balai Kota Surakarta, Jumat (20/1/2023).

"Beliau luar biasa, visioner, dan sangat muda, keren," kata Gibran usai menerima kunjungan Emil di ruang dinasnya.

Disinggung mengenai Emil yang sempat memuji kepemimpinan Gibran, termasuk potensi yang dimiliki untuk memimpin daerah yang lebih besar, ia menyampaikan rasa terima kasihnya.

Tentang kemungkinan keduanya untuk maju bersama dalam kontestasi politik selanjutnya, ia tidak banyak menanggapi.

"Waduh, sama-sama jadi gubernur? Ya entar aja lah," ucapnya.


Gibran Minta Izin

Pada pertemuan tersebut, ia sekaligus meminta izin ke wakil gubernur terkait promosi Solo Safari yang mulai dilakukan di Jawa Timur.

"Kan kami mulai pasang baliho ke Jawa Timur. Kami serang terus, Yogya dan Jawa Timur," tutur Gibran.

Ia mengatakan langkah tersebut dilakukan untuk menangkap pangsa pasar yang lebih luas.

"Kerja sama antarprovinsi itu penting. Apalagi, misalnya, IKM Gilingan, PLTSa (Putri Cempo) sudah jadi, pasti studi banding ke Solo. Kerja sama melebar ke pangsa pasar yang lebih besar, diartikan sendiri saja," ujarnya.


Emil: Gibran Punya Peluang di DKI

Sementara itu, Emil mengatakan gebrakan yang sudah dilakukan selama memimpin Solo menjadi modal untuk maju ke kontestasi politik yang lebih tinggi, termasuk ke DKI Jakarta.

"Kalau Jakarta selalu terbuka untuk putra-putri terbaik bangsa, mas Gibran dengan gebrakan nya pasti punya daya tarik. Menurut saya ada peluangnya, semua orang punya peluang. Mas wali dengan prestasinya punya peluang yang baik," katanya.

Sumber: Antara

Pernikahan Mewah Putri Sultan Brunei

Pernikahan Mewah Putri Sultan Brunei Azemah Bolkiah, Pakai Mahkota Berlian Berbentuk Pir

Liputan6.com 2023-01-20 19:02:01
Pernikahan Mewah Putri Sultan Brunei Azemah Bolkiah yang Pakai Tiara Berlian Berbentuk Pir dan Satu Set Perhiasan Berlian. (Instagram:@tmski/Geiska Vatikan Isdy).

Anak perempuan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Putri Azemah Bolkiah, resmi menikah dengan sepupunya, Pangeran Muda Bahar. Mempelai pria merupakan putra Pangeran Jefri Bolkiah, yang merupakan adik bungsu Sultan Hassanal Bolkiah.

Pernikahan mewah ini dilaksanakan selama sembilan hari pada 8--16 Januari 2023 di Istana Nurul Iman, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. Pasangan tersebut menyelenggarakan akad nikah pada 12 Januari 2023, disusul resepsi selama dua hari, yaitu 15 dan 16 Januari 2023.

Melansir Histoires Royales, Jumat (20/1/2023), mahkota yang digunakan Putri Azemah selama momen istimewa itu dihiasi potongan berlian berbentuk pir. Spesialis perhiasan kerajaan setuju bahwa tiara ini baru pertama kali ditampilkan ke depan publik.

Aksesoris lain yang dipakai Putri Azemah adalah satu set perhiasan berlian. Tidak seperti Putri Fadzillah yang menggunakan kalung besar, Putri Azemah memilih perhiasan berlian yang lebih kecil untuk menghiasi lehernya. Ia juga memakai sepasang anting dan cincin berbentuk hati yang besar.

Perhiasan dan tiara berlian yang dikenakannya juga senada dengan gaun panjang full payet berwarna putih. Melengkapi keseluruhan tampilan sebagai pengantin wanita, ia memegang buket bunga palsu berhias berlian.

Momen pernikahan ini juga diunggah sang adik, Pangeran Mateen, di Instagram yang mengucapkan turut berbahagia untuk pasangan pengantin baru tersebut.


Upacara Pengurapan

Sebelum akad nikah, tepatnya pada 11 Januari 2023, sudah lebih dulu berlangsung acara Majlis Istiadat Berbedak Pengantin Diraja, yakni upacara pengurapan kerajaan. Dalam pakaian adat dan memakai tiara emas, calon mempelai wanita dituntun ke pelaminan dengan ditutupi kerudung.

Saat upacara berlangsung, Putri Azemah menggunakan busana adat berwarna merah, lengkap dengan kerudung senada. Prosesi yang juga disebut upacara bedak ini berupa arak-arakan pejabat negara di depan kedua mempelai.

Mereka kemudian mengurapi pasangan pengantin dengan mengoleskan bedak berwarna dan minyak esensial ke dahi mereka. Setelah calon mempelai wanita, giliran calon mempelai pria yang masuk dan menerima urapan.

Kemudian, ada juga ritual upacara menyalakan empat buah lilin. Seorang petinggi diberitahu bahwa pernikahan dapat dimulai, dan informasi tersebut beredar mencapai sultan, yang memberikan persetujuannya untuk membiarkan pengantin wanita masuk.

Informasi terus menurun sampai pengantin wanita diberi tahu bahwa ia dapat masuk. Kemudian, nantinya pengantin wanita diantar dua putri.


Upacara Menyalakan Lilin

Setelah duduk di pelaminan, mempelai wanita mengikuti beberapa prosesi dengan para pendamping akan membawa berbagai benda, seperti lampu, vas bunga, payung, dan perhiasaan. Kemudian, perintah akan diberikan pada mempelai pria untuk masuk, yang didahului dengan melempar bunga sepanjang jalan.

Ia juga mencuci kakinya sebelum masuk. Pengantin pria diantar Mufti Negara, yaitu pejabat agama tertinggi di negara ini.

Sesampainya di depan sang putri, Pangeran Bahar mengulurkan tangannya yang diambil Sultan dan diletakkan ke dahi Putri Azemah. Gerakan ini melambangkan penyatuan resmi dari kedua mempelai.

Mufti Negara melakukan penyatuan agama dengan membaca doa, yang diikuti 17 tembakan meriam. Pangeran Mateen Bolkiah kemudian memimpin pengantin baru di depan sultan untuk mengucapkan terima kasih seraya mengakhiri upacara.

Upacara pernikahan dilanjutkan dengan perjamuan dan resepsi. Di pesta itu, kedua mempelai mengenakan pakaian perak abu-abu. Putri Azemah mengenakan tiara lain yang memiliki ujung berbentuk hati dan kalung putih berhiasan berlian panjang.


Atlet Berkuda

Mengenal lebih jauh sosok pengantin wanita, dikutip dariBorneo Bulletin, Azemah diketahui menyukai olahraga berkuda. Ia bersama adiknya, Pangeran Mateen, pernah mengikuti SEA Games ke-29 untuk mewakili Brunei Darussalam di bidang berkuda yang diselenggarakan di Malaysia pada 2017.

Dua bangsawan ini pernah meraih medali saat mereka membantu tim nasional menciptakan kembali kesuksesan beberapa tahun kemudian di lomba berikutnya yang diadakan di Manila, Filipina ketika mereka merebut medali perunggu.

Melansir Ok Magazine, Putri Azemah adalah putra sulung Sultan Brunei yang lahir pada 26 September 1984. Ia terkenal dengan minat dalam bidang pendidikan. Pada 2008, ia memperoleh gelar Sarjana Hukum dari University of Warwick di Inggris.

Setelah lulus, Azemah melanjutkan studinya di bidang komunikasi, dan pada 2011 memperoleh gelar MA in Global Media and Postnational Communication dari University of London. Tiga tahun kemudian, ia juga menyelesaikan program master di bidang geopolitik, teritori, dan keamanan di Kings College, University of London

Bali Kalahkan London dan Paris

Bali Terpilih Sebagai Destinasi Liburan Terpopuler Nomor 2 di Dunia, Kalahkan London dan Paris

Liputan6.com 2023-01-20 10:00:08
Dua turis wanita berpose saat difoto di pantai Kuta di pulau pariwisata Indonesia di Bali (4/1). Daerah ini merupakan tujuan wisata turis mancanegara dan telah menjadi objek wisata andalan

Pulau Dewata Bali masih tetap menjadi primadona wisata dunia meski dihantam oleh pandemi COVID-19. Terbukti, Bali meraih peringkat dua di daftar lokasi wisata populer Tripadvisor.

Berdasarkan Travelers' Choice 2023, Bali lebih unggul dari kota-kota besar seperti Roma, Paris, Istanbul, Barcelona, Madrid, Phuket, Edinburgh, hingga New York City.

Tripadvisor menyebut Bali sebagai "sebuah paradise yang terasa seperti sebuah fantasi".

Hal-hal menarik di Bali yang disorot mulai dari pasir putih, bekas kapal Perang Dunia II, keindahan hutan, kuil, dan monyet-monyet jahil.

Ubud juga dipuji sebagai "ibu kota artistik" yang merupakan lokasi sempurna untuk melihat performa tarian budaya, belajar membatik, atau menyegarkan pikiran di kelas yoga.

Satu-satunya destinasi yang lebih populer dari Bali adalah Dubai di Uni Emirat Arab.

Dubai dideskripsikan sebagai "sebuah destinasi yang mencampurkan budaya modern dengan sejarah, petualangan dengan belanja dan hiburan kelas dunia".

Lokasi yang disorot adalah Dubai Opera, Burj Khalifa, Dubai Creek, IMG Worlds, hingga skydive di Palm Jumeirah.

Tepat setelah Dubai dan Bali, ada nama kota London. London dipuji karena keragamannya, mulai dari daerah Camden yang memiliki "punky vibe", kemudian ada situs-situs bersejarah, hingga mengunjungi restoran berbintang Michelin dan pub tradisional.

"Saat membahas London, kemungkinannya tidak terbatas," tulis Tripadvisor.

Berikut daftar selengkapnya 25 destinasi wisata populer di dunia berdasarkan Travelers' Choice 2023 dari Tripadvisor:


25 Lokasi Liburan Populer Tripadvisor

Pada 25 lokasi terpopuler, mayoritas yang masuk adalah kota-kota besar di dunia. Selain Bali, pulau wisata yang masuk daftar ini adalah Pulau Kreta di Yunani dan Phuket di Thailand.

Resor populer yang juga hadir di daftar ini adalah Playa del Carmen di Meksiko dan Hurghada.

Berikut daftar lokasi populer selengkapnya:

1. Dubai, Uni Emirat Arab

2. Bali, Indonesia

3. London, Inggris

4. Roma, Italia

5. Paris, Prancis

6. Cancun, Meksiko

7. Kreta, Yunani

8. Marrackech, Maroko

9. Republik Dominika

10. Istanbul, Turkiye


Representasi Global

Lokasi-lokasi yang muncul di daftar Tripadvisor ini juga terbilang inklusif dan ada nama-nama dari berbagai wilayah dunia, mulai dari New York City, kota-kota Eropa, Maroko di Afrika Utara, Dubai di Timur Tengah, hingga Phuket, Hanoi, dan Bali di Asia Tenggara.

Meski demikian, nama-nama kota di Asia Timur absen dari daftar populer ini. Nama Tokyo, Kyoto, Seoul, Busan, Shenzhen, Shanghai, semuanya absen:

11. Playa del Carmen, Meksiko

12. Barcelona, Spanyol

13. New Delhi, India

14. Hurghada, Mesir

15. Madrid, Spanyol

16. Phuket, Thailand

17. Hanoi, Vietnam

18. Kairo, Mesir

19. Florence, Italia

20. Lisbon, Portugal

21. Edinburgh, Inggris

22. Bangkok, Thailand

23. New York City, Amerika Serikat

24. Doha, Qatar

25. Rio de Janeiro


Megawati Ingatkan Investasi di Bali Harus Pedulikan Masyarakat Lokalnya

Sebelumnya dilaporkan, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengingatkan, investasi di Pulau Bali jangan hanya menguntungkan para investor saja, tapi juga warga lokalnya.

Dia menceritakan, pernah mempertanyakan rencana pembangunan Bandar Udara di Bali Utara. Bahkan, dirinya mempertanyakan apakah pembangunan itu hanya menguntungkan para investor semata dan melupakan para warga lokalnya.

"Saya bilang lho sama Pram (Sekretaris Kabinet Pramono Anung). Pram, tolong banget, ini atas warga Bali. Aku bilang, jangan mikirin diri sendiri. Pulau Bali ini penduduknya hanya beberapa, terus yang mau datang ke sini hanya investor doang. Saya mau rakyat Bali saya juga ada yang menjadi pengusaha dan lain sebagainya," kata Megawati, Senin (16/1).

"Kita ini negara merdeka berdaulat. Rakyatnya bebas aktif merdeka, eh masih mau jadi budak. Disampaikan ke Pak Jokowi. Kalau ini boleh ditulis. Mau dimarahin Pak Jokowi, saya marah lagi. Nanti dibilang Ibu Mega menunjukkan kekuatannya. Aduh, orang ini untuk rakyat," sambungnya.

Putri Bung Karno itu bercerita Gubernur Bali I Wayan Koster bersama wakilnya, dan Menteri Pariwisata saat itu Wishnutama Kusubandio, juga pernah menjelaskan perihal pembangunan tersebut.

"Saya bilang enggak. Saya mewakili rakyat Bali. Nah ini masukin kalau berani, biarin Bali yang satu-satunya pulau yang PDI Perjuangan. Kenapa sih, kebayang enggak buang duit melulu," cerita Megawati.

Dia menegaskan, punya alasan saat itu menolak. Karena suasana masih pandemi COVID-19. Sehingga, dananya bisa dialokasikan untuk membantu masyarakat Bali.

Bahkan, lanjutnya, dia pun sudah memberikan masukan kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Daripada membangun bandara baru, lebih baik memanfaatkan Bandara Ngurah Rai.

"Saya nanya kepada Pak Budi Karya, sebenarnya Ngurah Rai itu ngopo sih runwaynya itu dibikin satu lagi? Coba pertanyaan aku sekarang, kalau ada Buleleng (Bandara Baru di Bali Utara), dengan pandemi kemarin sampai sekarang ini, enggak mabuk itu? Sapa yang di sana?," jelas Megawati.

Selain itu, dia juga melihat terjadi kepadatan di Bali ini jika di Bandara Bali Utara terealisasikan.

"Di Ngurah Rai iya, di Buleleng iya, enggak sumpek itu rakyat Bali yang datang orang asing semua?" tutur Megawati.

Kasus Wowon Cs Mirip Ryan Jombang?

HEADLINE: Pembunuhan Berantai Wowon Cs, Mirip Kasus Ryan Jombang?

Liputan6.com 2023-01-21 00:00:24
(Dinkes Kota Bekasi membawa 13 sampel dari lokasi penemuan satu keluarga yang diduga keracunan di Ciketing Udik, Bantargebang, Kota Bekasi. Foto: Liputan6.com/Bam Sinulingga)

Penemuan satu keluarga yang diduga keracunan di Jalan Ciketing barat, Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat beberapa waktu lalu tengah menjadi sorotan. Satu keluarga ditemukan tergeletak di rumah kontrakan dengan kondisi mulut mengeluarkan busa.

Penemuan satu keluarga oleh warga sekitar ini pun sempat membuat geger. Bahkan diketahui pula tiga dari lima orang yang ditemukan meninggal dunia. Ketiga korban tersebut diketahui bernama, Maimunah, Ridwan Abdul Muis, dan Riswandi.

Usut demi usut, kasus di Bekasi tersebut yang awalnya diduga keracunan berubah menjadi kasus pembunuhan berantai. Hal ini mengacu pada indikasi kematian korban yang tidak wajar berdasar pada temuan-temuan polisi.

Dalam pengungkapan kasus, polisi telah menetapkan tiga orang tersangka. Mereka yakni, Wowon Erawan alias AKI, Solihin alias Duloh dan M Dede Solehuddin.

Selain tiga korban yang ditemukan di Bekasi, Polisi mencatat tiga pelaku pembunuhan berantai telah menghabisi total sembilan orang korban, tersebar di Bekasi tiga orang, Cianjur empat orang, Garut satu, dan satu orang masih dalam pencarian.

Pakar Kriminologi dari Universitas Indonesia (UI) Josias Simon memberikan pandangannya mengenai kasus pembunuhan berantai yang dilakukan ketiga pelaku itu.

Simon menilai insiden pembunuhan berantai yang menewaskan sejumlah orang tersebut merupakan pembunuhan yang sudah disiapkan pelaku. Terutama untuk menutupi berbagai tindak pidana pelaku sebelumnya.

"Terkait dengan pembunuhan serial killing Wowon dan kawan-kawan ini kita bisa lihat sebagai bagian dari pembunuhan yang disiapkan dalam rangka menutupi berbagai macam tindak pidana, khususnya pembunuhan yang telah dilakukan sebelumnya," kata Simon kepada Liputan6.com Jum'at (20/1/2023).

Sehingga, kata Simon, serial killing yang dilakukan Wowon cs ini tidak hanya merujuk pada suatu kemampuan menyelesaikan masalah dengan pembunuhan, melainkan juga dengan menghilangkan jejak atau menutupi tindak pidana.

"Seperti ditaruh di bawah pembuangan rumah, jadi susah dideteksi ya. Atau pun di got, juga septitank di rumah. Hal itu jadi lebih susah ditelusuri," Ujarnya.

Simon mengungkap, kasus pembunuhan berantai umumnya merupakan suatu tindakan kejahatan atau pembunuhan yang dilakukan berulang kali baik oleh individu maupun kelompok.

"Serial killing merupakan tindakan pembunuhan berulang kali karena pelaku tidak tertangkap dalam modus operandi yang dilakukan sebelumnya dan bisa dilakukan satu orang maupun kelompok," kata Simon.

Terkait kemungkinan cara yang dilakukan pelaku pembunuhan berantai. Simon menyebut cara-cara itu bisa dilakukan dengan cara tradisional seperti di racun hingga cara modern dengan menggunakan teknologi.

"Banyak cara-cara, di racun misalnya seperti Wowon dkk, atau model pembunuhan yang tidak diketahui lainnya. Cara tradisional sampai cara-cara yang menggunakan teknologi saat ini," pungkasnya.

Lebih lanjut, Simon mengatakan kasus pembunuhan berantai Wowon cs juga memiliki sedikit kesamaan dengan kasus Ryan Jombang apabila dilihat dari korban-korban yang disembunyikannya, Walapun secara motif berbeda.

"Jadi terkait dengan korban-korban pembunuhannya yang disembunyikan, dan kemudian belakangan baru diketahui. Saya rasa ada kesamaanya dengan kasus Ryan Jombang walaupun berbeda motif, kan masalah (Ryan Jombang) kecemburuan atau orientasi seksual, sementara ini ya itu masalah yang motifnya masih tengah ditelusuri," ujar Simon.

Kemudian soal modus supranatural yang dilakukan oleh ketiga pelaku, Simon menilai hal tersebut memang masih sering ditemukan dalam berbagai kasus. Mengingat, hal-hal yang berkaitan dengan ritual-ritual sangat khas di Indonesia.

"Ya saya kira itu kalau ritual kan sesuatu yang sangat khas ya di Indonesia, masyarakat negara timur. Oleh karenanya ritual-ritual seperti yang dilakukan pelaku pembunuhan di Bekasi sangat bisa diterima masyarakat tradisional atau pun dipakai untuk menipu," ucap Simon.

"Hal ini kebanyakan dipakai untuk menipu dalam rangka sebagai modus untuk aksinya sehingga ritual penggandaan uang yang dilakukan itu sangat menarik si korban," Simon menandasi.

Sementara itu, Pakar Psikologi Forensik, Reza Indragiri mengatakan peristiwa pembunuhan berantai di Bekasi setidaknya memiliki dua motif dominan. Pertama yaitu motif instrumental dan yang kedua adalah pola kepribadian dari para tersangka.

"Motif instrumental artinya pembunuhan yang dilakukan untuk mendapatkan manfaat atau tujuan tertentu. Hal ini merujuk pada penghilangan saksi agar terhindar dari pidana tertentu. Sementara aspek lain yaitu pola kepribadian anti sosial," kata Reza kepada Liputan6.com Jum'at (20/1/2023).

Lebih lanjut, Reza menduga dari ketiga pelaku pembunuhan berantai di Bekasi tersebut, Wowon adalah orang yang menjadi master mind atau otak pembunuhan.

"Saya membayangkan yang melakukan perhitungan awal dari rencana pembunuhan datangnya dari Wowon. Kenapa? karena bisa saja Wowon menganggap keluarga dapat menghambat tujuannya. Sehingga, kuat dugaan saya Wowon-lah yang menjadi perancang rencana untuk pembunuhan berencana ini," pungkasnya.


Kasus Tidak Mudah Diungkap

Adapun Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan menilai kasus pembunuhan berantai di Bantargebang, Kota Bekasi menjadi salah satu kasus yang tidak mudah untuk diungkap.

"Kasus ini tidak mudah diungkap karena pembunuhan ini didalangi suami dan ayah tiri korban," kata Edi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (20/1/2023).

Namun, Edi menilai, sejauh ini kinerja Direktorat Reserse Kriminal umum Polda Metro Jaya sangat profesional dalam mengungkap kasus pembunuhan sadis sekeluarga dengan mencekoki korban dengan racun di Bekasi itu.

"Dibutuhkan kerja keras menggunakan penyelidikan ilmiah. Dengan cara ini kasus pembunuhan dalam keluarga ini terbongkar," katanya.

Menurut Edi, pengungkapan ini berhasil setelah polisi menganalisa hasil autopsi dan uji barang bukti dari laboratorium forensik.

"Kita menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Metro Jaya dan Direktorat Reserse Kriminal Umum," katanya. Dilansir dari Antara.

Dia mengharapkan pengungkapan pembunuhan ini akan menjadi contoh kepada polda lainnya dalam mengungkap kejahatan serupa pada masa mendatang.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran membeberkan, sepak terjang ketiga tersangka yakni Wowon Erawan alias Aki, Solihin alias Duloh dan M Dede Solehudin persis seperti serial killer.

Fadil mengungkap, dua diantaranya yakni Wowon Erawan alias Aki, Solihin alias Duloh sebagai partner in crime.

"Jadi sebenarnya antara para pelaku dengan korban ini sebenarnya ada keterkaitan satu dengan yang lain," kata dia saat konferensi pers.

Fadil menerangkan, Solihin alias Duloh seolah-olah memiliki kemampuan supranatural untuk membuat seseorang menjadi sukses atau kaya. Sementara itu, tugas Wowon Erawan alias Aki mencari korban.

"Setelah Aki mendapatkan korban atau target yang ingin sukses kemudian diambil uangnya," ujar Fadil.

Fadil menerangkan, para korban yang sudah masuk perangkap biasanya akan menagih apabila tidak kunjung mendapat kesuksesan. Saat itu, Aki akan melaporkan kepada Duloh.

"Duloh yang akan mengesekusi dengan cara mengajak korban ke rumahnya kasih minum racun dan orang yang mengetahui pun dianggap berbahaya akan di hilangkan," ujar Fadil.

Fadil mengungkapkan, kelompok ini memiliki sebuah pemahamam yang dikenal sebagai perjalanan perjuangan pembunuhan.

Adapun, diawali dengan melakukan penipuan yang pada akhirnya korban termasuk saksi-saksi akan dibunuh.

"Ada janji dan motivasi palsu kemudian ada janji dan motivasi kepada target setelah ditagih maka kemudian para korban ini sudah tertipu dihilangkan nyawanya," ujar dia.

Fadil mengatakan, modus pembunuhan serupa pernah dilakukan oleh terdakwa Ryan Jombang.

"Korban akan diajak ke rumah lalu diambil harta dan kemudian dibunuh dengan cara dipukul menggunakan linggis kemudian ditanam di belakang rumah untuk menghilangkan jejak," ujar dia.


Korban Serial Killer Wowon Cs Masih Ada Hubungan Keluarga

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Hengki Haryadi mengatakan sebagian dari korban pembunuhan Wowon Erawan alias Aki Cs masih memiliki hubungan keluarga. Mereka terdiri dari istri hingga anak.

"Sebagian besar korban sebagian besar berasal dari family tree dari para tersangka, istrinya, mertuanya, anaknya," kata Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi melalui keterangannya, Jumat (20/1/2023).

Sejauh ini terdapat sembilan orang yang menjadi serial killer Wowon CS yang tersebar di tiga lokasi. Diantaranya, Bekasi terdapat tiga orang yakni Ai Maimunah (40) merupakan istri sirih. Lalu Ridwan Abdul Muiz (20) yang merupakan mantan suami Maimunah dan anaknya M Riswandi (16).

Lalu, untuk korban yang tewas di Cianjur juga masih terhitung sebagai keluarga dari pelaku. Wiwin yang merupakan istri sah Wowon juga turut dibunuh. Anak dari Wowon, Bayu (2) serta mertua yang merupakan ibu Wiwin yaitu Noneng juga dibunuh.

Sedangkan untuk tiga korban lain yang merupakan diluar keluarga Wowon juga dibunuh. Mereka tewas setelah menagih janji bisa mendapat kekakayaan hingga dianggap berbahaya karena mengetahui praktek berkedok supranatural.

Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo memerintahkan jajarannya untuk mengusut kasus pembunuhan berantai Wowon Cs di Bekasi dan Cianjur, Jawa Barat.

"Usut tuntas kasus tersebut karena sudah menjadi interest masyarakat luas," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengingatkan perintah Kapolri, Jumat (20/1/2023).

Dedi menegaskan, pengusutan kasus pembunuhan berantai Wowon Cs akan dilakukan secara ilmiah dan mengikuti aturan perundang-undangan.

"Tetap proses penyidikan sesuai prosedur dan taati kaidah-kaidah proses pembuktian secara ilmiah," kata Dedi.