Mendag Dapat Hadiah Jubah Seperti Messi

Tak Cuma Lionel Messi, Mendag Zulkifli Hasan juga Dihadiahi Jubah Bisht Khas Arab

Liputan6.com 2023-01-22 15:45:39
Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan mendatangi jamuan makan malam yang diselenggarakan oleh pemilik Bank Al-Bilad, yakni Bangsawan Kerajaan Syekh Ibrahim Al-Subaie, Sabtu (21/1) malam waktu

Menjalani salah satu misi dagangnya ke Kerajaan Arab Saudi, Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan mendatangi jamuan makan malam yang diselenggarakan oleh pemilik Bank Al-Bilad, yakni Bangsawan Kerajaan Syekh Ibrahim Al-Subaie, Sabtu (21/1) malam waktu Jeddah.

Setiba di rumah Syekh Ibrahim usai melakukan dialog dan audiensi bersama para pengusaha Indonesia di Arab Saudi dan Kamar Dagang Saudi, Mendag yang juga Ketua Umum PAN itu langsung disambut keluarga bangsawan Al-Subaie dan dikenakan bisht. Pakaian tunik pria khas Arab untuk menghormati kebangsawanan seseorang.

Zulhas tampak semringah mengenakan pakaian tradisional kehormatan tersebut.

"Terima kasih. Syukran. Jazakallah khair," ucapnya.

Seraya menegaskan bahwa hubungan Indonesia dengan Arab Saudi memang sangat dekat dan erat, kerjasama ekonomi khususnya perdagangan di kemudian hari diharapkan lebih baik lagi.

Menanggapi Zulhas, Syekh Ibrahim menyampaikan sambutan hangatnya.

"Masya Allah tabarakallah. Saya menyambut antusias dan sangat positif upaya ekstra Mendag Indonesia untuk meningkatkan nilai dagang antara Arab Saudi dan Indonesia. Kami terus memantau perkembangan yang dilakukan Mendag Indonesia, langkah-langkahnya extraordinary. Kami komunitas bisnis di sini menyambut dengan penuh optimisme." Ujar Syekh Ibrahim.

Bisht yang dikenakan Syekh Ibrahim kepada Zulhas adalah salah satu busana yang paling bergengsi di Jazirah Arab, merupakan simbol yang terkait dengan keluarga kerajaan, kekayaan dan upacara. Pakaian ini populer di negara-negara Arab dan teluk.

Pada pesta penyerahan piala dunia 2022 lalu, Emir Qatar mengenakan bisht untuk captain kesebelasan Argentina Lionel Messi.


Misi Dagang Skala Besar

Zulhas dan rombongan Kemendag direncanakan berada di Saudi hingga Senin (23/1) untuk misi dagang berskala besar, rencananya Indonesia akan membuka ritel modern di Arab Saudi agar bisa memperluas daya jangkau perdagangan Indonesia di wilayah tersebut. Baik tenaga kerja, mukim, maupun jemaah umrah dan haji.

"Dengan adanya gerai modern di Arab Saudi, maka upaya pelaku UKM untuk memasarkan produknya akan semakin mudah. Ini tentunya akan mendorong kinerja ekspor nasional." Jelas Mendag.

Selama di Arab Saudi Zulhas diagendakan bertemu dengan Menteri Perdagangan Arab Saudi, para pengusaha dan eksportir, kamar dagang Saudi, dan lainnya. Di sana Zulhas menemui sejumlah pengusaha di antaranya Mohammed Abdul Samad Al Qurashi (Chairman Perusahaan Abdul Samad Al Qurashi), Abdul Rahman Al-Khereiji (Perusahaan Konstruksi Al-Khereiji), Dr Abdullah bin Saleh (Mantan Wakil Menteri Kesehatan), Adnan Mandoura (Ketua Dewan Direksi Perusahaan Mashareq), Ahmed Jamjoom (Perusahaan Farmasi Jamjoom), dan lainnya.


Mendag Pastikan Beri Subsidi Harga Kedelai Rp 1.000 per Kg

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, memastikan bahwa pemerintah berkomitmen menurunkan harga kedelai menjadi Rp 11.000 per Kg dari saat ini di kisaran Rp 14.000 per kg. Salah satu opsi yang dijalankan adalah penyederhanaan mekanisme pemberian bantuan penggantian selisih harga pembelian kedelai sebesar Rp 1.000 per kg sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh perajin tahu dan tempe.

"Saya perjuangkan agar penggantian selisih harga pembelian itu lebih mudah diakses secara merata kepada perajin tahu dan tempe di seluruh Indonesia. Jadi Pemerintah akan mengganti selisih harganya. Saya sampaikan, penggantiannya itu pada harga," kata Mendag Zulkifli Hasan di Jakarta, Kamis (19/1/2023).

Sebelumnya, Mendag Zulkifli Hasan juga mengungkapkan pemberian bantuan kedelai sebelumnya belum terserap secara optimal disebabkan antara lain belum tersedianya data sasaran penerima yang memadai dan belum adanya Koperasi Produsen Tempe dan Tahu Indonesia (Kopti) di seluruh wilayah. Selain itu, belum semua perajin tahu dan tempe tergabung sebagai anggota Kopti.

"Pengusaha tahu tempe dapat penggantian Rp 1.000, kalau 1 ton saja sudah Rp 1 juta dan dia bikin ini, bikin itu, akhirnya bisa menghabiskan dana hingga Rp 1 juta lebih, belum nanti melalui koperasi, lama-lama berapa yang diterima?" timpal Mendag Zulkifli Hasan.


Tak Usah Khawatir

Lebih jauh Mendag Zulkifli Hasan mengimbau perajin tahu dan tempe tidak lagi khawatir. Kemendag berkomitmen, para perajin tahu tempe dan produk olahan kedelai segera mendapatkan bahan baku dengan harga terjangkau, khususnya menjelang puasa.

Sejauh ini, pemerintah sudah mengimpor kedelai melalui entitas swasta, tidak melalui Bulog. Mendag Zulkifli Hasan menjelaskan, pada Minggu (15/1) lalu saat mengunjungi pabrik PT Bungasari Flour Mills Indonesia sekaligus meninjau proses pembongkaran kedelai oleh FKS Group di Cilegon, Banten, telah dibongkar kedelai sebanyak 56 ribu ton oleh FKS Group dengan harga Rp12 ribu per kilogram.

Selanjutnya, jumlah kedelai itu dapat digunakan untuk mendukung program pemerintah dalam pemberian penggantian selisih harga pembelian kedelai menjadi Rp11 ribu per kilogram. Sebelumnya, pada 2022 Kemendag telah melaksanakan program pemberian bantuan penggantian selisih harga pembelian kedelai sesuai hasil rapat koordinasi terbatas tingkat menteri bidang perekonomian.

Pesta 3 Hari di Penobatan Raja Charles III

Rangkaian Penobatan Raja Charles III Terungkap, Ada Pesta 3 Hari dan Konser di Windsor Castle

Liputan6.com 2023-01-22 14:30:00
Raja Charles III dalam pidato Natal Pertamanya. (Victoria Jones/Pool Photo via AP)

Rangkaian acara penobatan Raja Charles III terungkap ke publik. Inggris akan menggelarnya dengan pesta tiga hari, termasuk dua prosesi kerajaan di pusat kota London. Selain itu akan ada konser blockbuster yang menampilkan ikon pop global, seperti Sir Paul McCartney dan Queen direncanakan berlangsung di Windsor Castle.

Mengutip The Sun, Minggu (22/1/2023), ribuan orang di seluruh Inggris Raya akan menyaksikan pertunjukan arak-arakan di jalanan. Dua parade pada Hari Penobatan akan diakhiri dengan penobatan anggota Keluarga Kerajaan, termasuk Raja yang baru dinobatkan bersama Permaisuri kemudian melambaikan tangan dari balkon di Istana Buckingham.

Di antara kabar tersebut, masih belum jelas apakah Pangeran Harry dan istrinya Meghan akan ada di antara mereka. Lokasi ikonik di sekitar Inggris Raya akan diterangi dengan proyeksi, laser, dan tampilan drone sebagai "pusat" perayaan untuk menandai penobatan Yang Mulia dengan cara yang sangat modern.

Pakar kerajaan memperkirakan acara tersebut akan mengalahkan perayaan spektakuler tahun lalu untuk Jubilee Platinum Ratu. Beberapa detail masih dirahasiakan seperti bagaimana Permaisuri Raja dan Ratu akan melakukan perjalanan dari Istana Buckingham ke Westminster Abbey untuk upacara.

Adapun acara akan berlangsung akhir pekan pada 6--8 Mei 2023, yang telah dinyatakan sebagai hari libur untuk menandai Penobatan Raja. Para abdi dalam istana telah merencanakan akhir pekan, dengan restu Raja, untuk menyertakan orang-orang di seluruh negeri bukan hanya mereka yang ingin berduyun-duyun ke ibu kota.


Pesta di Jalanan

Sesuai dengan kecintaan mendiang Ratu terhadap pesta jalanan komunitas, The Big Lunch akan kembali digelar. Istana mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa Permaisuri Raja dan Ratu berharap akhir pekan Penobatan akan memberikan kesempatan untuk menghabiskan waktu dan merayakannya bersama teman, keluarga, dan komunitas di seluruh Inggris Raya, Kerajaan, dan Persemakmuran.

"Yang Mulia berharap untuk menandai kesempatan tersebut dengan publik sepanjang tahun 2023," ungkap pihak Istana.

Pada Sabtu pagi, Permaisuri Raja dan Ratu akan tiba di Westminster Abbey dalam Prosesi Raja setelah melakukan perjalanan setengah mil dari Istana Buckingham. Adapun pejabat istana menolak mengatakan apakah undangan resmi telah dikirim atau menjawab pertanyaan tentang kemungkinan Duke dan Duchess of Sussex datang dari rumah mereka di AS.

Komentator kerajaan Ingrid Seward mengatakan bahwa dia sangat mengharapkan Harry untuk hadir, meskipun baru-baru ini ada kehebohan atas bukunya dan pengungkapan TV tentang perkelahian dengan Pangeran William. Dia berkata, "Saya yakin Harry akan ada di sana. Bagaimana mungkin dia tidak datang ke Penobatan ayahnya setelah menulis seluruh buku tentang pengampunan? Saya tidak begitu yakin tentang Meghan."


Penobatan oleh Uskup Agung

Sementara itu, penobatan Raja Charles III akan dilakukan oleh Uskup Agung Canterbury dan akan mencerminkan peran monarki hari ini dan melihat ke masa depan yang berakar pada tradisi dan arak-arakan yang sudah berlangsung lama. Upacara diatur untuk berlangsung sekitar 90 menit dibandingkan dengan penobatan tiga jam mendiang Ratu.

Westminster Abbey diharapkan menampung sekitar 2 ribu tamu dibandingkan 8 ribu seperti pada 1953. Setelah kebaktian, Raja dan Permaisuri yang baru dinobatkan akan kembali ke Istana dalam parade seremonial yang lebih besar yang dikenal sebagai Prosesi Penobatan.

Diperkirakan akan mencakup ribuan pasukan, band militer, dan anggota Keluarga Kerajaan lainnya. Pakar konstitusional Dr Bob Morris, dari University College London, mengatakan, "Ini akan sangat megah dan mungkin akan melampaui pemakaman Ratu dan Jubilee Platinum dalam hal arak-arakan. Akan ada lebih banyak band dan lebih banyak orang."

"Rangkaian acara akan menjadi pemandangan yang luar biasa. Tapi acara masih belum sebesar peristiwa besar yang rakyat Inggris alami pada1953, yang melibatkan semua pasukan kolonial," kata pihak istana.


Konser Musik

Pihak istana menambahkan bahwa penobatan adalah upacara keagamaan yang khusyuk, serta kesempatan untuk perayaan dan arak-arakan. Pada hari Minggu, konser penobatan akan berlangsung di Windsor Castle di East Lawn.

Mereka yang diprediksi akan tampil termasuk personel Beatles yang masih hidup Paul McCartney dan Ringo Starr, Elton John, Rod Stewart, Cliff Richard dan penampil top lainnya termasuk Ed Sheeran, Eric Clapton dan Sting. Diperkirakan lebih banyak bintang pop ternama kontemporer yang akan diundang termasuk Harry Styles dan Dua Lipa. Bahkan ada spekulasi acara penobatan bisa menyatukan semua anggota Spice Girls kembali.

Penonton akan mencakup sukarelawan dari badan amal Raja dan Permaisuri, ditambah beberapa ribu anggota masyarakat. Sepasang tiket gratis dapat dimenangkan dalam pemungutan suara publik yang dilakukan oleh BBC yang detailnya akan diumumkan.

Paduan suara virtual, yang terdiri dari penyanyi seluruh Persemakmuran juga akan tampil. Sorotan perayaan akan menjadi acara yang berlangsung di lokasi ikonik dengan laser dan bahkan tampilan drone.

"Acara akhir pekan akan menyatukan orang-orang untuk merayakan monarki kita dengan campuran tradisi dan modernitas, budaya dan komunitas yang membuat negara kita hebat," ungkap Sekretaris Kebudayaan Michelle Donelan.

Sumur Pembawa Rezeki di Vihara Gayatri

Cerita Imlek 2023, Sumur di Vihara Gayatri Depok Dipercaya Bawa Rezeki

Liputan6.com 2023-01-22 10:45:08
Kapolres Metro Depok, Kombes Ahmad Fuady melihat lokasi tujuh sumur Vihara Gayatri, Kecamatan Tapos, Kota Depok. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Vihara Gayatri menjadi salah satu lokasi vihara yang banyak dikunjungi masyarakat keturunan Tionghoa untuk melaksanakan sembahyang pada perayaan Imlek 2574. Selain dijadikan tempat sembahyang, vihara yang berada di Kecamatan Tapos, Kota Depok, memiliki tujuh sumur yang dipercaya memiliki keistimewaan.

Pengurus Vihara Gayatri, Parman menerangkan, seperti biasa, para pengunjung datang untuk bersembahyang di beberapa lokasi di vihara. Setelah bersembahyang, para pengunjung akan kembali pulang atau keluar dari lokasi vihara setelah menuntaskan ibadahnya namun ada pula yang menyambangi sumur dahulu.

"Jadi selesai sembahyang langsung pulang, ada juga yang menyempatkan diri ke tujuh sumur," ucap Parman kepada Liputan6.com, Minggu (22/1/2023).

Dia mengatakan, sumur yang dipercaya memiliki keistimewaan berada di sisi kanan tempat persembahyangan vihara.

"Ada tujuh sumur dengan lubang yang berbeda namun lokasi berdekatan," kata dia.

Parman menuturkan, tujuh sumur Vihara Gayatri dipercaya dapat memberikan kemudahan rezeki, kesehatan, jabatan atau kedudukan, jodoh, kemudahan usaha, keselamatan, dan beberapa hal lainnya. Para pengunjung umumnya akan mandi di lokasi tersebut tergantung dari niat dan keinginan.

"Mandi di sana bukan hanya orang Tionghoa, kita semua bisa, semua agama bisa," kata Parman.


Akan didatangi ratusan pengunjung

Parman mengatakan, setiap tahunnya vihara dikunjungi warga beragama Budha dan merayakan Imlek. Pada perayaan Imlek diprediksi jumlah pengunjung akan lebih banyak dari tahun sebelumnya.

"Kemungkinan sekitar ratusan, jadi lebih banyak dari tahun kemarin," ujar Parman.

Dia menjelaskan, peningkatan jumlah pengunjung dikarenakan situasi masyarakat telah normal kembali. Apalagi antusias masyarakat cukup tinggi setelah aturan PPKM telah dihapus dan masyarakat menjalani kehidupan dengan normal.

"Sekarang sudah normal, kalau dua tahun lalu di sini tidak ada pengunjung," tandas Parman.


Jokowi Ucapkan Selamat Tahun Baru Imlek

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan Selamat Tahun Baru Imlek 2023 kepada masyarakat yang merayakannya. Dia berharap, tahun kelinci air ini membawa kebahagian dan kemajuan bagi semua.

"Masa berganti, tahun berlalu, dan tantangan boleh berubah, tetapi satu yang harus selalu hadir yaitu harapan bahwa esok akan lebih bahagia, sejahtera, dan semakin maju. Gong xi fa cai," tulis Jokowi dikutip dari akun Instagram resminya, Minggu (22/1/2023).

Jokowi juga mengunggah gambar animasi yang berisi suasana perayaan Imlek 2023. Isinya mengenai keluarga yang tengah berkumpul dan makan bersama dan mereka memakai topi melambangkan 12 shio. Ada pula barongsai dan kelinci.

Terlihat pula sejumlah anak yang tengah bermain lato-lato dan kucing warna oranye yang memakai kostum barongsai tengah memanjat pohon yang berisi jeruk dan angpao.

Gambar yang diunggah Jokowi tersebut dilengkapi dengan musik khas Imlek.

Astronot Buzz Aldrin Kawin Lagi di Usia 93

Astronot Buzz Aldrin Umumkan Menikah Lagi di Usia 93 Tahun Lewat Twitter

Liputan6.com 2023-01-22 11:30:00
Astronot Buzz Aldrin menikah di usia 93 tahun. (Dok: Twitter Buzz Aldrin)

Astronot Buzz Aldrin menikah dengan Anca Faur di ulang tahunnya yang ke-93 pada Jumat 20 Januari 2023. Ia dikabarkan menikahi pacar lamanya tersebut di Los Angeles.

"Pada hari ulang tahun saya yang ke-93 dan hari saya dihormati oleh Legenda Penerbangan Hidup, saya dengan senang hati mengumumkan bahwa cinta lama saya Dr. Anca Faur dan saya telah menikah," tulis Aldrin di akun Twitter pribadinya, dikutip dari People, Minggu 22 Januari 2023.

"Kami bersatu dalam pernikahan suci pada sebuah upacara pribadi kecil di Los Angeles dan sama bersemangatnya seperti remaja yang kawin lari," sambungnya.

Melengkapi kicauan tersebut, tertera dua foto dari upacara intim pasangan itu, termasuk salah satu pasangan bahagia yang berpose bersama, serta momen yang lebih jujur dari keduanya sedang saling mengobrol. Untuk hari istimewa mereka, Faur mengenakan gaun pengantin berwarna putih berhiaskan berlian imitasi, sedangkan Aldrin mengenakan jas hitam yang ia hiasi dengan berbagai pin.

Pernikahan Buzz Aldrin dengan Faur yang saat ini menjabat sebagai wakil presiden eksekutif Buzz Aldrin Ventures adalah yang keempat kalinya bagi pria antariksa NASA. Dia pertama kali menikah dengan Joan Archer pada 1954, sebelum pernikahan berakhir dengan perceraian pada 1974. Bersama-sama, pasangan tersebut memiliki tiga anak yaitu dua putranya bernama James dan Andrew, ditambah putri Janice.

Aldrin kemudian menikahi istri keduanya Beverly Van Zile pada 1975, meskipun hubungan mereka berakhir hanya dalam waktu tiga tahun. Sepuluh tahun kemudian, Aldrin menemukan cinta lagi dengan istri ketiganya Lois Driggs Cannon, yang dinikahinya selama 24 tahun sebelum mereka bercerai pada 2012.

Aldrin, merupakan orang kedua yang berjalan di bulan setelah Neil Armstrong, ia menjabat sebagai pilot Lunar Module Eagle selama misi Apollo 11 tahun 1969. Aldrin adalah satu-satunya astronot yang masih hidup dari tiga astronot yang ikut serta dalam perjalanan tersebut.


Popularitas Buzz Aldrin

Aldrin merupakan salah satu pilot pada penerbangan luar angkasa Apollo 11 yang legendaris pada tahun 1969. Ia menjadi salah satu dari dua orang pertama yang berjalan di Bulan setelah komandan misi, Neil Armstrong.

Dia satu dari hanya empat orang yang masih hidup yang pernah berjalan di Bulan. Pada 1969, diperkirakan 600 juta orang menyaksikan astronot Neil Armstrong dan Buzz Aldrin menjadi orang pertama yang berjalan di Bulan sebagai bagian dari misi Apollo 11. Tayangan tersebut menyedot penonton televisi terbesar dalam sejarah saat itu.

Hampir dalam semalam, Aldrin jadi salah satu nama paling terkenal di planet ini dan lalu bulan-bulan berikutnya adalah kabur dari penampilan media, kesempatan foto dan pidato setelah makan malam. "Saya tidak terlalu memikirkan apa yang akan terjadi setelah itu," kata Aldrin kepada Los Angeles Times pada 2001. Ia menyambung, "Saya tidak terlalu siap atau nyaman untuk ditampilkan ke mata publik sebanyak itu."


Lelang Foto NASA

Di samping berita pernikahannya, belum lama serangkaian foto asli NASA dari misi Apollo terjual dengan total 1,16 juta krona Denmark (171.831 dolar AS sekitar Rp2,4 miliar) di sebuah lelang yang berlangsung di Kopenhagen pada Rabu 9 Maret 2022.

Mengutip kanal kanal Global Liputan6.com dari CNN, Kamis 10 Maret 2022, sebanyak 74 foto milik pribadi dari misi Apollo 8-17 termasuk yang terkenal yaitu moon walk Buzz Aldrin selama pendaratan Bulan berawak pertama pada Juli 1969, dijual seharga 52.000 krona (7.703 dolar AS atau sekitar Rp109 juta).

Foto Buzz Aldrin bersama setelan astronaut lengkap dan Neil Armstrong, yang mengambil foto tersebut dan tampak sekilas dalam pantulan kaca mata Aldrin, ditampilkan di sampul majalah National Geographic dan Life pada 1969. Potret berwarna pertama dari foto pertama earthrise yang pernah disaksikan manusia, yang diambil selama misi Apollo 8 pada 1968 dijual dengan harga tertinggi 88.400 krona (13.095 dolar AS sekitar Rp186 juta).

Earthrise merupakan foto Bumi dan sebagian permukaan Bulan yang diambil dari orbit Bulan oleh astronot William Anders pada tanggal 24 Desember 1968. Foto-foto asli NASA kuno diterbitkan terbatas untuk studi ilmiah dan publikasi di majalah internasional.


Penerbangan Apollo 11

Sementara itu, astronaut NASA Buzz Aldrin pergi ke Bulan tahun 1969 dengan menaiki Apollo 11. Jaket yang dikenakan Buzz Aldrin saat itu, kini terjual dalam lelang senilai 2,7 juta dolar AS atau sekitar Rp 40 miliar di New York, pada Selasa 27 Juli 2022.

Jaket putih berbendera Amerika Serikat yang terdapat inisial NASA dan nama "E.ALDRIN" yang tersemat, adalah bagian dari koleksi pribadi benda-benda yang diputuskan untuk dijual astronaut berusia 92 tahun itu. "Baju langka ini diburu banyak penawar selama hampir 10 menit sebelum dijual kepada penawar lewat telepon," kata pihak rumah lelang Sotheby's di New York dalam pernyataannya, dikutip dari AFP pada Rabu 28 Juli 2022.

"Setelah mempertimbangkan masak-masak, sekarang waktu yang tepat untuk berbagi barang-barang ini kepada dunia, yang buat sebagian orang yaitu simbol momen bersejarah, namun buat saya adalah kenangan pribadi dari hidup yang didedikasikan untuk sains dan eksplorasi," kata Aldrin, sebagai satu-satunya kru penerbangan Apollo 11 yang masih hidup.

Resep Cepat Kaya Ala Warren Buffet

Mencuri Resep Hemat Ala Miliarder Investasi Warren Buffet Agar Cepat Kaya

Liputan6.com 2023-01-21 17:00:24
Bufett sangat gemar membaca buku. | via: blogs.wsj.com

Sudah rahasia umum jika Warren Buffett dijuluki sebagai salah satu investor paling sukses. Sejak 1964 hingga 2021, perusahaannya Berkshire Hathaway menghasilkan keuntungan tahunan 20,1 persen, mengungguli imbal hasil tahunan S&P 500 sebesar 10,5 persen selama periode yang sama.

Karier investasi Buffett juga menjadikannya salah satu orang terkaya di dunia, dengan kekayaan bersih lebih dari USD 110 miliar atau sekitar Rp 1.658,25 triliun (kurs Rp 15.075 per USD), menurut Forbes. Namun terlepas dari kekayaannya yang sangat besar, Buffett tidak menjalani gaya hidup mewah.

Buffet masih tinggal di rumah yang sama di Omaha yang dia beli kembali pada 1958 seharga USD 31.500. Pada era di mana banyak orang mendapat gaya hidup mewah para influencer, penting untuk diingat bahwa dalam hal membangun kekayaan, pendekatan yang membosankan seringkali adalah yang terbaik.

Melansir Yahoo Finance, berikut adalah tiga pelajaran berharga dari pendekatan Buffett yang terkenal hemat terhadap uang.

- Pelajari kebiasaan menabungTidak mudah untuk menyimpan uang di tengah gejolak ekonomi saat ini. Menurut data dari Federal Reserve Bank of St. Louis, tabungan pribadi orang Amerika anjlok menjadi USD 507,65 miliar pada kuartal III 2022 dari USD 4,85 triliun dari periode yang sama hanya dua tahun sebelumnya. Tabungan sekarang bahkan di bawah tingkat pra-pandemi dan hidup dari gaji ke gaji telah menjadi normal bagi banyak orang.

"Kesalahan terbesar yang dibuat orang dalam hal uang adalah Tidak mempelajari kebiasaan menabung sejak dini. Menabung adalah kebiasaan. Dan kemudian, mencoba menjadi kaya dengan cepat. Sangat mudah untuk menjadi kaya secara perlahan. Tapi tidak mudah menjadi kaya dengan cepat," kata Buffet.

Dengan kata lain, ketimbang mencoba menjadi jutawan dalam semalam, lebih bijaksana untuk membiasakan diri menabung dan membangun secara perlahan tapi pasti.


Lupakan Lambo itu

Jika uang bukan masalah, mobil apa yang akan Anda kendarai? Mercedes, Bentley, atau mungkin kuda jingkrak dari Maranello?

Merek-merek itu acap dikaitkan dengan tingkat kesejahteraan atau kekayaan seseorang. Menariknya, merek-merek itu tidak ada di garasi Buffet. Putrinya mengakui jika Buffet bukan orang yang suka mengoleksi atau membeli mobil, terlebih untuk validasi kekayaan.

"Dia menyimpan mobil sampai saya memberitahu dia bahwa mobil yang dia miliki itu sangat memalukan, dan saatnya membeli mobil baru," kata putrinya dalam sebuah film dokumenter.

Ada banyak alasan mengapa Anda mungkin ingin berpikir dua kali sebelum membeli kendaraan mewah. Yang pertama adalah depresiasi. Mobil mulai kehilangan nilainya begitu Anda mengemudikannya.

Menurut US News, rata-rata penyusutan untuk semua kendaraan selama lima tahun pertama adalah 49,1 persen, sedangkan merek mewah bisa kehilangan lebih banyak dari itu. Depresiasi lima tahun rata-rata untuk Mercedes S-Class adalah 67,1 persen. Untuk BMW Seri 7, ini adalah 72,6 persen.

Selain itu, biaya perawatan mobil mewah bisa lebih mahal, termasuk pajak hingga biaya perbaikan atau pemeliharaan. Namun jika Anda memang merencanakan pembelian kendaraan, tak ada salahnya melakukan investasi untuk mencapai tujuan tersebut.

Harapannya, nilai investasi juga akan bertambah seiring waktu sampai Anda mencapai jumlah yang diinginkan untuk dapat membeli sebuah kendaraan.


Beli kualitas dan nilai

Penghematan Buffett terlihat jelas dalam gaya investasinya. Secara khusus, Buffett adalah pendukung investasi nilai atau value investing.

Di mana investor membeli saham yang diperdagangkan dengan nilai lebih rendah dari nilai intrinsik maupun nilai bukunya.

Rasanya tak perlu dipertanyakan ia dapat pencerahan itu dari mana. Ya, Buffet adalah murid Benjamin Graham, yang dikenal luas sebagai Bapak Value Investing.

"Dulu, Ben Graham mengajari saya bahwa harga adalah apa yang Anda bayar. Nilai adalah apa yang Anda dapatkan," tulis Buffett pada 2008 silam.

Dengan membeli saham perusahaan yang diperdagangkan dengan harga diskon dari nilai intrinsiknya, investor dapat mencapai margin keamanan.

Tapi itu tidak berarti Buffett akan mengambil sembarang saham. Dia juga mencari perusahaan yang memiliki keunggulan kompetitif yang tahan lama.

Melihat portofolio Buffett dapat memberi Anda gambaran tentang seperti apa perusahaan-perusahaan itu. Kepemilikan publik terbesar Berkshire adalah Apple, Bank of America, Chevron, Coca-Cola dan American Express --- perusahaan dengan posisi yang mengakar kuat di industrinya masing-masing.

"Jauh lebih baik membeli perusahaan yang luar biasa dengan harga yang wajar daripada perusahaan yang adil dengan harga yang luar biasa," kata Buffet.

Rusuh di Peru 400 Lebih Turis Terdampar

Kerusuhan di Peru Picu Situs Wisata Machu Picchu Tak Bisa Diakses, 400 Lebih Turis Terdampar

Liputan6.com 2023-01-22 08:53:47
Turis mengantre untuk menandatangani petisi kepada perusahaan kereta api untuk dievakuasi dengan "kereta kemanusiaan" di Machu Picchu, Peru, pada 20 Januari 2023. (AFP)

Situs wisata Machu Picchu tak bisa diakses untuk sementara waktu, imbas dari kerusuhan yang tengah terjadi di Peru.

"Masuknya turis ke Machu Picchu Citadel dan Inca Trail Network telah ditangguhkan hingga pemberitahuan lebih lanjut karena kerusuhan yang sedang berlangsung di Peru," kata pejabat di negara itu, Sabtu 21 Januari 2022 seperti dikutip dari CNN.

Direktorat Kebudayaan Terdesentralisasi dan Direktorat Suaka Sejarah Machu Picchu mengatakan dalam sebuah pernyataan sehari sebelumnya bahwa wisatawan yang memiliki tiket untuk tanggal 21 Januari atau setelahnya dapat mengklaim pengembalian uang hingga batas waktu satu bulan setelah protes berakhir.

Awal pekan ini, protes di Peru berlanjut di seluruh negeri yang menyebabkan sedikitnya 30 orang terluka. Setidaknya dua petugas polisi terluka dan 11 orang ditahan saat protes berubah menjadi kekerasan di selatan Kota Puno pada Jumat 20 Januari.

Sebuah kantor polisi di Puno dibakar. Menteri Dalam Negeri Vicente Romero mengatakan pengunjuk rasa menyerang kantor polisi, gedung pemerintah dan bisnis swasta di seluruh negeri pada hari Jumat.

Peru mengalami beberapa kekerasan politik terburuk dalam beberapa dekade terakhir. Para pengunjuk rasa menginginkan pemilihan baru, pengunduran diri Boluarte, perubahan konstitusi dan pembebasan Castillo, yang saat ini berada dalam penahanan pra-sidang.

Inti dari krisis adalah tuntutan untuk kondisi kehidupan yang lebih baik yang tidak terpenuhi dalam dua dekade sejak pemerintahan demokratis dipulihkan di negara tersebut.


Banyak Turis Terjebak di Maccu Picchu

Menurut situs berita pemerintah peru, Andina, sebagian jalur kereta api Urubamba-Ollantaytambo-Machu Picchu rusak selama protes anti-pemerintah pada Kamis 19 Januari, memaksa layanan kereta dihentikan hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Layanan kereta yang ditangguhkan menyebabkan 417 orang -- termasuk 300 warga negara asing -- terdampar di Distrik Machu Picchu.

Setidaknya 300 dari turis itu adalah orang asing, menurut Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Pariwisata Peru Luis Helguero.

"Orang-orang masih terjebak di Machu Picchu," kata Helguero. "417 turis tidak bisa meninggalkan kota, lebih dari 300 di antaranya adalah orang asing."

Helguero mengatakan pihak berwenang sedang mengevaluasi dan memperbaiki kerusakan sehingga para wisatawan dapat dievakuasi. Beberapa turis telah dievakuasi dengan berjalan kaki, tetapi perjalanan itu, kata Helguero, memakan waktu setidaknya enam hingga tujuh jam.

PeruRail mengatakan hari Kamis bahwa pihaknya menangguhkan layanannya ke dan dari Machu Picchu, di antara tujuan lainnya, karena jalur diblokir dan rusak di berbagai tempat.

"Kami menyesali ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh penumpang kami karena situasi di luar kendali perusahaan karena protes di Cuzco," kata pernyataan itu.


Peru Membara: Ribuan Orang Tuntut Pengunduran Diri Presiden Dina Boluarte

Ribuan pengunjuk rasa masih turun ke jalan-jalan di ibu kota Peru pada Jumat 20 Januari 2022 . Mereka mengumumkan akan terus beraksi untuk menuntut pengunduran diri Presiden Dina Boluarte.

"Boluarte, mundurlah! Mau apa Anda dengan Peru kami?," teriak Jose Luis Ayma Cuentas, yang rela bepergian hingga 20 jam dari Puno selatan untuk sampai ke Lima seperti dikutip dari AP, Sabtu 21 Januari.

"Kami akan tinggal di sini sampai dia (Boluarte) mundur, sampai kongres dibubarkan, sampai ada pemilihan baru, jika tidak, kami tidak akan kemana-mana," imbuhnya.

Banyak pengunjuk rasa dilaporkan datang dari Andes, daerah terpencil yang menjadi asal Pedro Castillo, presiden Peru yang dimakzulkan dan dipenjara bulan lalu.

Selama ini, protes yang diwarnai kerusuhan dilaporkan berpusat di wilayah selatan Peru dan telah menewaskan 55 orang dengan 700 lainnya terluka.

Dan sekarang, para pengunjuk rasa dinilai ingin menjadikan Lima, rumah bagi sekitar sepertiga dari populasi Peru yang berjumlah 34 juta, sebagai titik fokus demonstrasi yang dimulai ketika Boluarte dilantik pada 7 Desember. Protes memicu kekerasan politik terburuk di negara itu dalam lebih dari dua dekade.

Dalam protes yang berlangsung pada Jumat, para demonstran lebih terorganisir dari hari sebelumnya dan mereka mengambil alih jalan-jalan utama di pusat kota Lima sambil mengibarkan bendera dan meneriakkan, "Darah yang tumpah tidak akan pernah terlupakan", "Rakyat jangan menyerah", dan slogan-slogan lainnya.

Sementara itu, polisi dilaporkan lebih agresif dibanding hari sebelumnya. Mereka menembakkan gas air mata secara lebih membabi buta.

Sekelompok pengunjuk rasa yang sedang duduk di alun-alun di depan Mahkamah Agung tanpa menimbulkan gangguan tiba-tiba harus berlarian ketika polisi yang mendekat menembakkan gas air mata, memenuhi area itu dengan asap dan bau menyengat.

"Saya marah, geram," kata Maddai Pardo Quintana. "Mereka ingin kita menghormati mereka, tetapi jika mereka memimpin dengan memberi contoh dan menghormati kita, kita juga pasti akan lebih menghormati mereka."

Pardo berasal dari Provinsi Chanchamayo. Ia juga bersumpah untuk tetap tinggal di ibu kota sampai Boluarte setuju untuk mengundurkan diri.


Dari Castillo Kemudian Meluas

Protes yang berlarut-larut di Peru dimulai pada awal Desember untuk menunjukkan dukungan kepada Castillo yang digulingkan. Tetapi, seiring waktu dan bertambahnya jumlah korban jiwa, aksi bergeser dengan tuntutan yang lebih luas, yakni pembebasan Castillo, pengunduran diri Boluarte, pembubaran kongres, dan percepatan pemilu.

Castillo, yang merupakan mantan guru, adalah seorang pemula dalam politik Peru. Ia naik ke tampuk kekuasaan setelah menang tipis dalam pemilu tahun 2021, yang mengguncang negara itu dan menyibak perpecahan mendalam antara penduduk ibu kota dan pedesaan yang lama terabaikan.

Adapun Castillo digulingkan dan ditahan setelah ia mencoba membubarkan parlemen demi menghindari pemungutan suara untuk memakzulkannya. Pasca peristiwa itu, Boluarte yang menjabat sebagai wakil presiden, menggantikannya.

Imlek 2023, Turis China Padati Bali

Sambut Imlek 2023, Lion Air Terbang Perdana dari Shenzen ke Bali Angkut 212 Turis China

Liputan6.com 2023-01-22 02:00:13
Pesawat Lion Air boeing 737-800 (Roslan RAHMAN/AFP)

Lion Air membuka penerbangan langsung dari Tiongkok ke Indonesia perdana sejak pandemi melanda tepat pada Imlek 2023. Rute pertama itu beroperasi pada Minggu (22/1/2023) dari Bandara Internasional Bao'an Shenzen, Guandong (SZX), menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar di Badung, Bali.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan pesawat akan mengangkut 212 penumpang yang terdiri dari 193 orang dewasa, 17 anak-anak, dan dua balita. Mereka akan diangkut dengan pesawat Boeing 737-900ER yang berkapasitas maksimal 215 kursi kelas ekonomi.

"Rata-rata pesawat berusia muda yang dikirim langsung dari pabrikan pesawat. Pesawat dimaksud memiliki tingkat keamanan dan keselamatan tinggi. Seluruh pesawat telah menjalani perawatan intensif, dalam kondisi terbaik dan laik terbang," kata Danang, dalam rilis tertulis yang diterima Liputan6.com, Sabtu, 21 Januari 2023.

Penerbangan rute Shenzen - Denpasar memakan waktu tempuh 4 jam 55 menit. Pada tahap awal, maskapai itu hanya melayani satu kali penerbangan seminggu dengan detail jadwal Bali - Shenzen setiap Minggu dengan waktu berangkat pada pukul 23.25 WITA dan tiba di Shenzen pada pukul 04.40 waktu setempat.

Sementara, rute Shenzen - Bali dilayani setiap Senin. Waktu keberangkatan pada pukul 05.50 waktu setempat, dan tiba di Bali pada pukul 10.50 WITA.

"Inaugurasi penerbangan Tiongkok -- Indonesia dilaksanakan setelah keputusan pemerintah Tiongkok mencabut pembatasan perjalanan ketat internasional yang diumumkan pada 8 Januari 2023 dan diperkenalkan bersamaan perayaan Tahun Baru Imlek 2023," sambung Danang.


Fitur di Pesawat

Danang menjelaskan penerbangan rute Shenzen - Bali akan disusul dengan pembukaan rute lainnya. Lion Air secara bertahap akan melayani penerbangan dari Beijing, Xian, Jinzhou, Haikou, Kunming, Lanzhou, Nanchang, Nanjing, Ningbo, Shanghai-Hongqiao, Shanghai-Pudong, Zhengzhou dan Guangzhou ke Indonesia, sekaligus meningkatkan frekuensi penerbangan rute Shenzen - Bali.

Shenzen dipilih sebagai titik awal karena merupakan kawasan metropolitan terbesar dan tersibuk di daratan Tiongkok. Kota berjuluk Sillicon Valley-nya Tiongkok itu dibangun dengan infrastruktur yang terus berkembang, nilai investasi tinggi serta membagi dalam Zona Perdagangan Bebas Shenzhen (Shenzhen Free Trade Zone) dan Kawasan Industri Teknologi Tinggi (Shenzhen High-Tech Industrial Park), perguruan tinggi dan pariwisata.

Penerbangan ke Bali, kata Danang, merupakan salah satu upaya mendukung gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) dalam rangka penguatan sistem ekonomi kreatif dan percepatan pengembangan perekonomian nasional. Turis China bisa bepergian ke destinasi wisata lain di Indonesia via Bandara I Gusti Ngurah Rai dengan penerbangan lanjutan, seperti:

1. Danau Toba (Sumatera Utara),

2. Tanjung Kelayang (Kepulauan Bangka Belitung),

3. Candi Borobudur (Jawa Tengah),

4. Kepulauan Seribu (DKI Jakarta),

5. Tanjung Lesung (Banten),

6. Mandalika Lombok (Nusa Tenggara Barat),

7. Pulau Morotai (Maluku Utara),

8. Bromo -- Tengger - Semeru (Jawa Timur),

9. Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur),

10. Likupang Manado (Sulawesi Utara),

11. Raja Ampat Sorong (Papua Barat).


Kejar Wisatawan Berkualitas

Danang menyebut pembukaan rute Shenzhen ke Bali akan semakin memperlancar lalu lintas bisnis dan perdagangan. Pergerakan ekspor dari hasil pertanian perkebunan, perikanan, peternakan dan UMKM, menurut Danang, bisa lebih mudah, cepat dan tepat. Penerbangan dari Shenzen ke Bali pulang pergi itu juga dinilai turut memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Tiongkok.

Kedatangan kembali wisman China melalui penerbangan non-stop Lion Air diharapkan juga berkontribusi dalam pencapaian target kunjungan turis asing berkisar 3,5 juta - 7,4 juta kunjungan, pada 2023. Sebelum pandemi, China merupakan salah satu negara penyumbang kunjungan turis asing terbanyak di Indonesia dengan dua juta kunjungan. Pada 2023, pemerintah menargetkan sekitar 253 ribu turis China datang ke Indonesia dalam setahun.

Meski angkanya tak setinggi sebelum pandemi, Indonesia mengejar wisatawan yang berkualitas dan berkelanjutan dengan berfokus pada wisata alam dan budaya, peningkatan lama tinggal, dan kualitas belanja juga disebut Sandi akan didorong untuk dipatuhi, termasuk oleh agen perjalanan yang menargetkan wisman China.

"Kami kejar (target kunjungan wisman Tiongkok tahun 2023), namun tetap dengan kewaspadaan," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam Weekly Briefing with Sandi Uno, Senin, 2 Januari 2023.

Meningkatnya jumlah penerbangan dari China, kata Sandi, diharapkan bisa dimulai dari tiga titik inbound, yakni Guangzhou, Shanghai, dan Beijing. "Sudah ada beberapa permintaan dari maskapai internasional sambil menunggu kesiapan Garuda Indonesia menyediakan penerbangan direct," sebut Menparekraf.


Kekhawatiran China

Di sisi lain, Presiden China Xi Jinping mengungkapkan kekhawatirannya terkait penyebaran Covid-19 di daerah pedesaan di negaranya selama musim libur Tahun Baru Imlek 2023. Situasi itu berisiko memperburuk krisis kesehatan setelah China mendadak meninggalkan kebijakan nol-Covid pada awal Desember 2022.

Libur Tahun Baru Imlek menandai mobilisasi manusia terbesar di Tiongkok. Para pejabat memprediksi sekitar 1,4 miliar warga akan pulang kampung untuk menemui keluarga mereka dalam beberapa minggu ke depan, yakni sekitar dua pertiga dari sebelum pandemi.

Para ahli telah memeringatkan periode itu bisa menjadi momen penyebaran virus terbesar sejak muncul pertama kali di Wuhan, China tengah, di akhir 2019. Dikutip dari Financial Times, Xi yang berbicara di Balai Besar Rakyat di Beijing, mengatakan dia sekarang 'sangat prihatin dengan daerah pedesaan dan penduduk pedesaan' karena China memasuki 'fase baru' dari respons pandemi.

Pemimpin China itu menuntut upaya yang lebih kuat dari pejabat tingkat rendah untuk meningkatkan sumber daya medis dan lebih mempersiapkan diri untuk mengobati kasus yang parah. Dia juga memerintahkan langkah-langkah kesehatan yang 'lebih ketat' untuk kembali diterapkan di "panti jompo dan fasilitas kesejahteraan" mengingat kerentanan lansia China.

Bagi banyak orang China perkotaan, liburan ini adalah perjalanan pulang pertama mereka dalam tiga tahun, tetapi mereka dibayangi kecemasan penyebaran infeksi ke daerah pedesaan yang kurang terlindungi. Sebelum pidato Xi, pihak berwenang sudah melarang perjalanan dan pertemuan besar.

Gaya Rambut Mohawk Shania Twain di Usia Senja

Potret Shania Twain Berambut Mohawk Bikin Pangling, Tak Takut Bergaya Nyentrik di Usia Senja

Liputan6.com 2023-01-22 13:00:15
Wajah Shania Twain kembali tampil menjadi sampul majalah, kali itu dengan tampilan rambut mohawk. (Dok: Instagram @shaniatwain)

Wajah Shania Twain, (57) kembali tampil di sampul sebuah majalah. Gayanya kali itu terlihat berbeda karena tatanan rambut mohawk yang menjulang tinggi serta korset Agent Provocateur yang serasi dan gaun ONRUSHW23FH avant garde.

Penampilannya kali itu sangat berbeda dari yang biasa ia pakai, yakni busana bermotif totol macan tutul dan beludru. Mengutip The New York Post, Sabtu, 21 Januari 2023, Twain mengaku sangat menyukai dandanannya yang edgy. Dia bahkan bercanda tentang turnya yang akan datang selama wawancaranya.

"Aku menyukainya. Saya sangat siap untuk itu. Saya sangat siap untuk itu," sebut Twain yang merupakan ikon penyanyi country era 1990-an.

"Saya jauh lebih tak kenal takut daripada (sebelumnya). Bertahun-tahun yang lalu, saya akan lebih berhati-hati tentang, 'Apakah ini terlalu berlebihan?' Sekarang saya lebih suka berpetualang dan saya sangat bersemangat tentang apa yang baru dan fashion apa yang dapat saya coba," paparnya lagi.

Twain menyambung, "Ketika Anda dapat mengubah orang yang hidup hanya dengan memakai sesuatu, itu spektakuler."

Tentu saja, hal itu agak berbeda dari penampilan masa lalu pembuat lagu hit itu berkesan, seperti gaun turtleneck putih ikonik Marc Bouwer yang dikenakan Twain ke Grammy 1999, yang baru-baru ini dipinjam Kelsea Ballerini untuk ACM Honors 2022. Kemudian, ansambel cetak macan tutul ikonik yang dikenakan Twain dalam video musiknya pada 1997 untuk "That Don't Impress Me Much".

Twain bahkan diberi penghormatan untuk penampilannya dalam video pada 2020 dalam "Legends Never Die" bersama Orville Peck. Dia juga memberikan sentuhan yang lebih memamerkan kulit pada gaya berbintik dengan gaun Rodarte-nya di People's Choice Awards 2022.

Pelantun "You're Still the One" itu bahkan membawa kembali pakaian aslinya dari "Man! Video musik I Feel Like a Woman" pada 2021. Twain bersiap untuk merilis album barunya, "Queen of Me," pada 3 Februari 2023, dan akan memulai turnya dengan nama yang sama pada bulan April.


Pose Telanjang

Sebelum ini, Twain memutuskan berpose telanjang di usia 57 tahun setelah mengalami menopause. Pose tersebut dilakukan untuk sampul single terbarunya, Waking Up Dreaming.

Menurut penuturannya, pose itu membantu ikut menyembuhkan masalah citra tubuhnya seumur hidup. "Ini cara mengekspresikan kebenaran versi saya. Saya nyaman dengan kulit saya sendiri, dan ini merupakan cara saya berbagi kepercayaan diri itu," ungkap Twain pada People pada Rabu, 21 Desember 2022.

Menurut Twain, segala sesuatu akan terlihat modis jika dipakai dengan percaya diri. "Saya seorang wanita berusia akhir 50-an, dan saya tidak perlu bersembunyi di balik pakaian. Saya bahkan tidak bisa menjelaskan bagaimana senangnya melakukan pemotretan telanjang," tambah dia.

Ia mengaku tak merasa emosional dengan perubahan yang terjadi di dalam tubuhnya. "Saya cuma merasa baik-baik saja," sebut Twain.

Pada gambar sampul, Twain menutupi dadanya yang telanjang dengan lengannya ketika dia berpose dengan topi koboi dan sepasang sepatu bot berujung lancip berwarna-warni. Meski gambar itu mengejutkan sebagian penggemar, penyanyi berkebangsaan Kanada itu tak cuma sekali berbusana menantang selama berkarier di dunia musik.


Pernah Copot Bra

"Sejak awal, sejak video musik pertama, saya telah mencopot bra," ungkap penyanyi yang memutuskan tak memakai bra di video musik "What Made You Say That" yang diluncurkan tahun 1993.

Namun diakuinya, tubuhnya jauh lebih kencang saat itu. Seiring bertambahnya usia, Twain merasa mulai merasakan tekanan yang berbeda. "Nah, payudaramu tidak montok seperti dulu. Kulitmu tidak sekencang dulu. Mungkin kamu harus mulai menutupinya sedikit lagi," beber Twain.

Dengan melapisi diri di balik pakaian, ia mengaku 'keberaniannya tumpul.' Usai memutuskan berpose terbuka, dia pun bersumpah untuk tidak 'mundur' ke dirinya yang tak percaya diri.

"Saya merangkul tubuh saya saat ia berubah, seperti yang seharusnya saya punya dari masa kanak-kanak sampai remaja, sebagaimana seharusnya sewaktu tubuh saya masih kencang di usia 20-an dan 30 tahun, sampai sekarang tubuh saya menopause. Saya tidak akan malu mengenai itu. Saya ingin berani dalam hal itu, dan saya ingin membagikan keberanian itu dalam karya seni," tuturnya.


Sempat Alami Pelecehan

Twain pun menepati janjinya saat ia tampil di karpet merah People's Choice Awards 2022 dengan gaun menerawang dan bermotif macan tutul. Ia mengenakan tudung, rok beludru hitam, lengan semi transparan, dan bagian terbuka di area perutnya yang rata. Pakaiannya itu mengingatkan pada gaya ikonisnya saat tampil di vide musik That Don't Impress Me Much yang dirilis pada 1998.

Ia juga sempat menceritakan masa kecilnya yang tumbuh dalam kondisi kesulitan ekonomi di Ontario. Pemilik album Come on Over punya empat saudara kandung yang tinggal bersama ibu dan ayah tiri, Jerry Twain.

Ternyata, di usia 10 tahun penyanyi asal Kanada ini sudah mengalami pelecehan fisik dan seksual. Melansir Dailymail, Minggu 4 Desember 2022, ia pun membeberkan caranya untuk menghindari itu semua.

"Saya sembunyikan diri dan saya akan meratakan payudara saya. Saya akan memakai bra yang terlalu kecil. Saya juga membuat lebih mudah untuk tidak diperhatikan," ungkapnya. Kejadian ini tidak saja dialami wanita bernama asli Eilleen Regina Edwards di usia dini, tapi hingga dirinya beranjak dewasa.

Ferry Irawan-Venna Melinda Akan Berdamai?

Ferry Irawan dan Venna Melinda Bakal Bertemu, Upaya Damai?

Liputan6.com 2023-01-22 06:04:02
Ferry Irawan resmi ditahan Polda Jatim kasus KDRT. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Tersangka dugaan kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Ferry Irawan bakal bertemu dengan sang istri, Venna Melinda pada minggu depan.

Hal tersebut disampaikan Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto. Dia mengungkapkan, penyidik telah menerima informasi dari pengacara tersangka Ferry Irawan minta untuk difasilitasi bertemu dengan ibu kandung Varrel Bramasta.

"Minggu depan ini akan dilakukan pemeriksaan tambahan terhadap kedua orang tersebut, baik pelapor maupun terlapor (Venna Melinda dan Ferry Irawan)," ujar Kombes Dirmanto di Mapolda Jatim, Sabtu (21/1/2023).

Selain itu, Kombes Dirmanto juga membenarkan, Ditreskrimum Polda Jatim telah menerima penangguhan penahanan terhadap tersangka Ferry Irawan.

"Namun demikian informasi dari penyidik yang kami terima masih akan dilakukan pengkajian kembali terkait surat tersebut," ucap Kombes Dirmanto.

Kombes Dirmanto juga menyampaikan, tim Labfor Polda Jatim sebelumnya telah menerima lima barang bukti darah dari Reskrimum, dua adalah darah pembanding Venna Melinda.

"Kemudian tiga barang bukti darah yang diperiksa dari satu sobekan kain kaos warna cokelat, handuk warna putih dan darah yang ditemukam di lantai," ujarnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan DNA, kata Kombes Dirmanto, hasilnya yaitu ketiga barang bukti darah tersebut seluruhnya identik atau match dengan darah Venna Melinda. "Jadi itu memang darah saudari Venna Melinda," ucapnya.


Venna Melinda Terapi

Venna Melinda, sedikit demi sedikit mulai bangkit dari kesedihannya usai mengalami dugaan KDRT yang dilakukan oleh sang suami, Ferry Irawan. Apalagi, Ferry telah menjadi tersangka dan menjalani hari-harinya di jeruji besi.

Saat ini, Venna Melinda pun mulai menjalani terapi untuk memulihkan mentalnya. Hal itu terlihat dari unggahannya di akun Instagram terverifikasi miliknya, Jumat (20/1/2023).

Tampak Venna Melinda ditemani Roro Fitria, psikolog Chitra Ananda Mulia, untuk melakukan terapi. Venna, dengan serius menuliskan sesuatu di atas kertas, dan juga menggambar.

Tak hanya itu, ibunda Verrell Bramasta, dan Athalla Naufal juga diperiksa seorang dokter tekanan darahnya.