Paling Miskin tapi Bahagia

Yogyakarta Jadi Provinsi Termiskin di Jawa, Tapi Penduduknya Paling Bahagia

Liputan6.com 2023-01-23 11:15:32
Pesepeda berfoto di perempatan Tugu Pal Putih Yogyakarta, Sabtu (26/12/2020). Kini, proses penataan kembali kawasan Tugu Pal Putih Yogyakarta rampung dilakukan, dan area yang menjadi salah sa

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai provinsi termiskin di Pulau Jawa per September 2022, dengan tingkat kemiskinan 11,49 persen atau 463.630 orang penduduk miskin. Upah minimum provinsi atau UMP Yogyakarta juga menjadi yang terkecil kedua di Indonesia.

Fakta itu mengundang rasa penasaran konsultan pemasaran Yuswohady. Ia bingung dengan status Yogyakarta sebagai provinsi termiskin. Pasalnya, Jogja dikenal sebagai kota pendidikan maupun destinasi wisata, sehingga terasa janggal bila perputaran ekonomi di sana terbatas.

Kebetulan, keluarga Yuswohady merupakan orang Jogja tulen. Ia lantas membagikan nilai-nilai yang dianut orang Yogyakarta, yang seolah mengusung kemiskinan sebagai budaya.

"Sy mmg tak dilahirkan di Yogya. Tp bapak sy, morotuwo, simbah, simbah buyut, pak lik, om, bude, semua tulen Yogya. Dan sjk kecil sy dididik dlm tradisi Yogya. Sprti halnya bapak sy, org Yogya itu PRIHATIN-nya minta ampun. Hidup sederhana, ngirit abizzz. Klo belanja seperlunya, tak pernah berlebihan," tulis Yuswohady dalam akun instagram @yuswohady.

Tak hanya untuk dirinya, orang tua Yuswohady pun terus mencontohi keluarga dan anak-anaknya untuk hidup apa adanya hingga akhir hidupnya.

"Sy ingat bapak sy klo mengajari anaknya prihatin selalu menggunakan standar hidup zaman penjajahan Jepang saat beliau kecil yg miskin ampun2. Sjk kecil hingga meninggalnya (2009), bapak sy kurus kering-kerontang. Kenapa? Krn makannya sedikit sekali. Beliau pantang makan ayam, daging, atau telur, krn menurutnya itu terlalu mewah," ungkapnya.

"Org Yogya itu "urip prasojo lan sak madyo", Urip ora neko-neko." Artinya hidup sederhana, tdk berlebihan, sewajarnya, tak byk polah-tingkah. Dgn background kultural macam itu sy mengamini knp Yogya mjd provinsi termiskin," tegas Yuswohady.


Anomali

Yuswohady lantas coba mempelajari penilaian BPS dalam menentukan tingkat kemiskinan, yang dihitung berdasarkan pengeluaran (spending) per kapita per bulan yang berada di bawah garis kemiskinan.

Artinya, semakin banyak pengeluaran, maka satu kelompok akan dianggap semakin kaya. Begitu pun sebaliknya, semakin sedikit pengeluaran maka akan semakin miskin.

"Konteks kultural itu pulalah yg menjawab adanya ANOMALI. Bhw di tengah posisi sbg provinsi PALING MISKIN, Yogya jg termasuk provinsi yg PALING BAHAGIA. Ya, krn prinsip hidup "prasojo lan sak madyo" di atas," kata Yuswo Hady.

Oleh karenanya, ia berpikir orang Yogyakarta tidak perlu malu mendapatkan predikat sebagai provinsi termiskin dari BPS. Tapi sebaliknya, justru bangga karena bisa membuktikan tingkat kebahagiaan tidak perlu dinilai dari angka pengeluaran.

"Kalau demikian kenyataannya, sy berpikir org Yogya tak perlu malu mendapatkan predikat provinsi TERMISKIN dari BPS. Justru sebaliknya: BANGGA. Krn kita punya ukuran n standar sendiri utk mengukur kesejahteraan hidup kita. Tak perlu mengacu pd ukuran yg ditetapkan BPS," tuturnya.

"Krn kita tahu ukuran n standar yg diambil BPS bersumber dari negara kapitalis-liberal-Barat yg dikembangkan oleh ahli2 di Bank Dunia, IMF, OECD, WEF, Harvard, dan sejenisnya," tutup Yuswohady.


Yogyakarta Jadi Provinsi Termiskin di Pulau Jawa

Daerah Istimewa Yogyakarta tercatat menjadi provinsi termiskin di Pulau Jawa per September 2022. Hal itu berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) Yogyakarta. Dalam laporan tersebut, tingkat kemiskinan di Yogyakarta tercatat naik 11,49 persen.

Dikutip dari laman BPS, Senin (23/1/2023), persentase penduduk miskin pada September 2022 sebesar 11,49 persen menurun 0,42 persen poin dibandingkan September 2021, namun naik 0,15 persen poin dibandingkan Maret 2022.

Jumlah penduduk miskin pada September 2022 sebanyak 463,63 ribu orang dan naik 8,9 ribu orang terhadap Maret 2022. Jika dibandingkan September 2021, jumlah penduduk miskin September 2022 turun 10,9 ribu orang.

Kemudian, persentase penduduk miskin perkotaan pada September 2022 sebesar 10,64 persen dan naik 0,08 persen poin dibandingkan Maret 2022. Penduduk miskin perdesaan pada September 2022 sebesar 14,00 persen dan naik 0,35 persen poin dibandingkan Maret 2022.

Tak hanya di desa, jumlah penduduk miskin di perkotaan pada September 2022 sebanyak 321,07 ribu orang, naik sebanyak 5,6 ribu orang dibandingkan Maret 2022. Sementara itu, jumlah penduduk miskin perdesaan pada September 2022 sebanyak 142,57 ribu orang atau mengalami kenaikan 3,3 ribu orang dibandingkan Maret 2022.


Garis Kemiskinan

Maka BPS mencatat Garis Kemiskinan pada September 2022 tercatat sebesar Rp 551.342,00 per kapita per bulan dengan komposisi Garis Kemiskinan Makanan sebesar Rp 398.363,00 (72,25 persen) dan Garis Kemiskinan Bukan Makanan sebesar Rp 152.979,00 (27,75 persen).

Selain itu, pada September 2022, BPS juga mencatat secara rata-rata rumah tangga miskin di D.I. Yogyakarta memiliki 4,20 orang anggota rumah tangga. Apabila ditinjau secara rumah tangga, maka Garis Kemiskinan rumah tangga mencapai Rp 2.315.636,00 per rumah tangga per bulan.

Di sisi lain, pada 2023 UMP Yogyakarta mengalami kenaikan 7,65 persen yakni sebesar Rp 1.981.782 dibanding UMP tahun 2022 sebesar Rp 1.840.915. Namun, UMP tersebut termasuk terkecil kedua setelah Jawa Tengah.

Vaksinasi Booster Kedua Segera Dimulai

HEADLINE: Vaksinasi Booster Kedua Masyarakat Umum Dimulai, Siapa Target dan Sasarannya?

Liputan6.com 2023-01-24 00:00:36
Petugas kesehatan memberikan vaksin booster dosis kedua atau vaksinasi dosis keempat untuk tenaga kesehatan relawan yang bertugas di RSDC, Wisma Atlit, Kemayoran, Jakarta. Rabu (3/8/2022). Pe

Setelah tenaga kesehatan dan lanjut usia (lansia), kali ini masyarakat umum sudah bisa menerima dosis keempat atau booster kedua vaksin COVID-19. Pemerintah lewat Kementerian Kesehatan mengumumkan bahwa masyarakat umum di atas 18 tahun sudah bisa mendapatkan booster kedua hari ini Selasa, 24 Januari 2023.

"Mulai 24 Januari 2023, dapat dimulai pemberian vaksinasi COVID-19 dosis booster ke-2 bagi semua masyarakat umum (18 tahun ke atas)," begitu bunyi Surat Edaran yang diteken Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, Maxi Rein Rondonuwu pada 20 Januari 2023.

Alasan pemerintah mulai mengizinkan masyarakat 18 tahun ke atas bisa divaksin COVID-19 lantaran melihat data serta situasi epidemiologi kasus COVID-19 dan adanya varian baru. Tiga aspek itu dirasa perlu adanya percepatan vaksinasi COVID-19 di tahun 2023 seperti yang tertuang dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/380/2023 Tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Booster Ke-2 Bagi kelompok Masyarakat Umum.

Dimulainya vaksinasi booster kedua juga berdasarkan rekomendasi Komite Ahli Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (IndonesiaTechnical Advisory Group on Immunization/ITAGI).

Bila dilihat dari aturan yang ada, syarat untuk bisa mendapatkan booster kedua vaksin COVID-19 harus berjarak minimal enam bulan dari pemberian booster pertama.

"Pemberian vaksinasi COVID-19 dosis booster ke-2 tersebut diberikan dengan interval 6 (enam) bulan sejak vaksinasi dosis booster ke-1," begitu kata Maxi dalam SE tersebut.

Pelaksanaan booster kedua coba dipermudah Kemenkes. Masyarakat tak perlu dapat undangan atau tiket untuk menerima booster kedua di fasilitas kesehatan maupun pos pelayanan vaksinasi. Syaratnya hanya vaksinasi booster pertama dan booster kedua berjarak enam bulan.

"Masyarakat usia lebih dari 18 tahun sudah dapat vaksin booster kedua tanpa menunggu tiket/undangan. Untuk pencatatan masih dilakukan manual sambil menunggu pcare dan Peduli Lindungi disiapkan," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr Muhammad Syahril dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health-Liputan6.com.


Epidemiolog Sarankan Prioritaskan Kelompok Berisiko Tinggi

Epidemiolog Dicky Budiman menyambut baik pemberian booster kedua bagi masyarakat umum setelah sebelumnya sudah dimulai pada tenaga kesehatan dan lansia. Mengenai pemberian pada masyarakat umum, Dicky menyarankan agar selektif pada kelompok berisiko tinggi.

"Untuk masyarakat umum saat ini menurut saya selektif dulu karena kita harus prioritaskan kelompok yang berisiko tinggi dari sisi kondisi tubuh maupun pekerjaan," kata Dicky lewat pesan suara ke Health-Liputan6.com.

Kelompok prioritas yang dimaksud adalah lanjut usia (lansia), komorbid, immunocompromise, dan mereka yang diketahui antibodinya melemah. Sementara, bila dilihat dari pekerjaan misalnya mereka yang bekerja di bidang pelayanan publik atau garda terdepan pintu masuk seperti pekerja imigrasi dan pelabuhan serta guru itu perlu masuk kelompok berisiko tinggi.

Epidemiolog Masdalina Pane menyatakan serupa, bahwa vaksinasi booster kedua direkomendasikan terutama untuk mereka yang berisiko tinggi. Namun, untuk kelompok tidak berisiko, sebaiknya pemerintah tidak mewajibkan.

"Booster kedua boleh saja disiapkan oleh pemerintah tetapi tidak boleh mandatory (wajib), sifatnya harus recommended saja untuk kelompok berisiko tinggi," kata Masdalina kepada Health Liputan6.com melalui pesan teks, Senin (23/1/2023).

Tindakan selektif juga perlu dilakukan mengingat adanya keterbatasan tenaga kesehatan, vaksinator, dan vaksin COVID-19.

Sementara itu, menurut Dicky, masyarakat umum di luar kelompok berisiko masih bisa menunggu.

"Masyarakat umum, umumnya bukan kelompok rawan sehingga bisa nunggu," lanjut Dicky.

Setelah kelompok berisiko tinggi divaksinasi, pada gilirannya masyarakat umum akan perlu mendapat vaksinasi booster kedua, lanjut Dicky. Namun, kondisinya harus dilihat per wilayah. Misalnya ketika tingkat infeksi suatu wilayah tinggi perlu segera diberikan booster kedua.

"Meskipun vaksinasi booster pada kelompok berisiko tingginya juga belum memadai, tapi kalau sedang meningkat tinggi untuk memberikan proteksi ya masyarakat umum pun diberikan (booster kedua)," ujar Dicky.


Cakupan Booster Pertama Baru 69 Juta, Efektifkah Mulai Booster Kedua?

Bila kita melihat data cakupan booster pertama, hingga Senin, 23 Januari 2023, baru mencapai 69,2 juta penduduk. Artinya, baru 29 persen dari total sasaran vaksinasi COVID-19. Meski cakupan booster kedua masih rendah, menurut Dicky, pemberian booster kedua tak bisa ditunda untuk kelompok berisiko tinggi.

"Cakupan booster pertama ini masih rendah apalagi di kelompok berisiko tinggi, tapi di sisi lain perlindungan lanjutan tidak bisa ditunda karena riset juga menunjukkan, pada kelompok berisiko tinggi mereka rawan terinfeksi," kata Dicky.

Ia juga tidak menampik ketika capaian vaksinasi booster rendah dapat berpengaruh efektivitas vaksin dalam membentuk kekebalan kelompok. Namun, dalam hal ini hanya pada kelompok berisiko tinggi.

"Kalau di kelompok populasi umum dengan data yang saat ini ada, dengan kekebalan atau modal imunitas yang ada tampaknya tidak terlalu mengkhawatirkan," lanjutnya.

Dicky pun terus mengingatkan agar kelompok berisiko tinggi melengkapi vaksinasinya. Termasuk bila belum menerima booster pertama untuk segera mendapatkannya.


Prioritaskan Vaksinasi Dosis 2 dan 3

Sementara itu, Masdalina melihat pemberian booster kedua untuk masyarakat umum di saat ini tidak mendesak. Lantaran kasus COVID-19 Indonesia tengah landai.

Booster akan efektif diberikan dalam kondisi peningkatan kasus, positivity rate dan kematian meningkat.

"Jadi, tidak prioritas untuk dilakukan, malah semestinya ORI (outbreak response immunization) untuk campak yang sekarang mewabah yang harus dilakukan," kata Masdalina.

Secara teori, pemberian vaksin booster tidak boleh sembarangan. Waktu pemberian atau interval sudah diatur sedemikian rupa berdasarkan kajian ilmiah.

Pemberian booster, kata Masdalina, tak boleh diberikan hanya karena ketersediaan vaksin berlebih atau masa kedaluwarsa yang dekat.

"Booster tidak boleh diberikan hanya karena supply vaksin berlebih atau masa expired yang dekat, itu merusak tatanan imunitas alamiah," kata Masdalina.

Ia menyarankan agar pemerintah fokus meningkatkan capaian vaksinasi dosis dua dan tiga yang masih belum mencapai target.

"Jangankan booster pertama, dosis 2 saja kita masih di 64 persen, itu dulu seharusnya yang menjadi prioritas," tegasnya.

Per Senin, 23 Januari 2023 vaksinasi dosis kedua mencapai 175.010.804 orang dari target sasaran 234,6 juta sementara vaksinasi dosis ketiga di angka 69.215.619 orang (29 persen dari target) yang mendapatkannya.

Masdalina juga menilai bahwa kebijakan booster kedua bagi masyarakat umum berlawanan dengan pernyataan pemerintah soal antibodi masyarakat Indonesia yang dibilang tinggi yakni lebih dari 95 persen. Dengan jumlah antibodi rata-rata 5.000 bahkan pernah 7.000-9.000.


Stok Vaksin, Apakah Aman?

Kehadiran program vaksinasi booster kedua bagi masyarakat umum perlu memperhatikan stok vaksin COVID-19. Menurut Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes dokter Siti Nadia Tarmizi masih mencukupi.

Saat ini, vaksin yang tersedia di pusat sebesar 7,2 juta dosis, sedangkan stok di daerah ada 2,1 juta dosis.

"Total stok vaksin kita masih ada 9,3 juta. Yang di pusat 7,2 juta dosis dan daerah 2,1 juta dosis," katanya saat dihubungi Health Liputan6.commelalui pesan singkat pada Senin, 23 Januari 2023.

Secara rinci, jumlah total stok vaksin COVID-19 di pusat sebanyak 7.216.315 dosis dan di daerah sebesar 2.165.055 dosis. Total ketersediaan vaksin COVID-19 yakni 9.3381.370 dosis.

Dari jumlah akumulatif tersebut, Kemenkes juga membeli stok vaksin COVID-19 produksi dalam negeri, yakni IndoVac dan InaVac. Kedua vaksin ini sudah diberikan izin penggunaan sebagai vaksin booster bagi usia 18 tahun ke atas.

Stok vaksin Indovac di pusat sebanyak 4.005.540 dosis, sedangkan stok di daerah ada 523.030 dosis. Untuk stok vaksin InaVac di pusat sebesar 1.171.755 dosis. Stok vaksin InaVac pun masih ada di pusat, yang akan menunggu didistribusikan ke daerah.


Opsi Vaksin Booster Kedua

Vaksin yang digunakan dalam vaksinasi booster kedua adalah yang sudah mendapatkan persetujuan Penggunaan dalam Kondisi Darurat atau Emergency UseAuthorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu, juga memperhatikan stok vaksin yang ada.

Berikut daftar vaksin yang digunakan untuk booster kedua -- termasuk sumber daya manusia sektor kesehatan dan lansia-- :

1. Kombinasi untuk booster pertama Sinovac

2. Kombinasi untuk booster pertama AstraZeneca

3. Kombinasi untuk booster pertama Pfizer

4. Kombinasi untuk booster pertama Moderna

5. Kombinasi untuk booster pertama Janssen (J&J)

6. Kombinasi untuk booster pertama Sinopharm

7. Kombinasi untuk booster pertama CovovaxC


Berbagai Wilayah Bersiap Booster Kedua

DKI Jakarta sebagai pusat pemerintah sudah siap melakukan vaksinasi booster kedua. Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengatakan masyarakat umum termasuk aparatur sipil negara (ASN) sudah bisa mendapatkannya.

"Mulai Selasa 24 Januari hingga Jumat 27 Januari 2023," kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Ngabila Salama mengutip Antara.

Sentra vaksinasi yang dimaksud Ngabila, Balai Kota Jakarta, Kantor Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu di Gedung Mitra Praja Tanjung Priok, dan lima kantor wali kota DKI Jakarta.

Vaksinasi COVID-19 di lokasi di atas diadakan dari pukul 13.00 - 15.00 WIB. Vaksin COVID-19 yang tersedia adalah Pfizer dan Zifivax.

Hal yang sama dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi Bali yang sudah menyiapkan Pfizer dan Indovac untuk booster kedua. Seperti wilayah lain di RI, vaksinasi booster kedua dimulai hari ini, 24 Januari 2023.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bali I Nyoman Gede Anom mengatakan masyarakat Bali dapat melakukan vaksinasi penguat kedua di seluruh fasilitas kesehatan yang ada di kabupaten/kota. Rencananya Dinas Kesehatan Bali bakal buka lagi posko vaksinasi COVID-19.

"Kita sebenarnya sudah mulai bergerak kembali membuka posko vaksinasi, kemarin karena sisa sedikit makanya hanya melayani di puskesmas dan rumah sakit. Nanti kalau padat kita buka posko lagi seperti di kantor DPRD Bali," kata Anom.

Anom juga berharap dengan dengan kebijakan booster kedua yang berlaku bagi usia 18 tahun ke atas, bisa menggenjot vaksinasi COVID-19 pada lansia. Untuk diketahui, Bali baru mencapai 10 persen dari target sasaran lansia yang dapat booster pertama.

"Sekarang lebih mudah, ya, karena sekeluarga akan mengantar. Kalau kemarin-kemarin belum menyasar yang umum jadi lansia tidak ada yang mengantar, sekarang semua boleh vaksin mungkin lebih enak karena bisa mengantar sekaligus vaksin," ucapnya.

Tukang Becak Bobol Rekening Bank

Camilla Bakal Jadi Permaisuri

Camilla Bakal Dinobatkan Jadi Permaisuri Bersama Raja Charles III, Pertama dalam Hampir 1 Abad

Liputan6.com 2023-01-23 11:01:01
Permaisuri Camilla (kiri) mendengarkan saat Raja Inggris Charles III berbicara selama pertemuan Dewan Aksesi di dalam Istana St James di London pada 10 September 2022 untuk menyatakan diri

Permaisuri Camilla akan dimahkotai secara resmi bersama Raja Charles III pada upacara penobatan kerajaan. Pasangan itu akan melakukan perjalanan ke Westminster Abbey di Gold State Coach, dimahkotai bersama, dan akan tampil di balkon Istana Buckingham pada 6 Mei 2023.

Melansir New York Post, Senin (23/1/2023), Camilla Parker Bowles akan jadi permaisuri kerajaan pertama yang dinobatkan dalam hampir satu abad sejak George VI dan Ratu Elizabeth naik tahkta pada 1937. Meski dianggap sebagai "permaisuri," Pangeran Phillip tidak dimahkotai bersama Ratu Elizabeth II pada 1953.

Alih-alih, Phillip mengikuti tradisi dengan berlutut di hadapan istrinya. Penobatan Camilla akan menandai terobosan besar tradisi keluarga Kerajaan Inggris. Camilla, yang awalnya ditolak sebagai Ratu masa depan oleh Ratu Elizabeth II, akan jadi janda cerai pertama yang dinobatkan sebagai permaisuri.

Penobatan Raja Charles III akan menampilkan segudang "penyimpangan tradisional," Istana Buckingham mengumumkan pada Sabtu, 21 Januari 2023. "Selebrasinya akan mencerminkan peran Raja hari ini dan di masa depan, selain juga ada tradisi dan arak-arakan tradisional," kata Istana dalam sebuah pernyataan.

Raja melawan tradisi mengenakan stoking sutra dan celana pendek yang sering dipakai untuk menunggang kuda demi memakai seragam militernya untuk hari besar. Ia juga telah mengumumkan bahwa dirinya tidak akan meminta enam adipati kerajaan untuk berlutut "memberi penghormatan" sebelum menyentuh mahkota dan mencium pipi kanan Raja.

Sebaliknya, hanya putranya Pangeran William yang akan melakukan tradisi tersebut. Tidak akan ada peran Pangeran Harry dalam kebaktian jika ia memilih bergabung dalam perayaan atau dalam beberapa acara pendukung, kata sumber awal bulan ini.


Memperbaiki Hubungan

Seorang staf kerajaan mengatakan pada The Sunday Times, "Belum ada perincian tentang siapa yang akan atau tidak akan berada dalam prosesi atau di balkon." Sebelumnya, hanya anggota keluarga kerajaan yang bekerja yang bergabung dengan mendiang Ratu di balkon untuk Platinum Jubilee pada Juni 2022.

Harry dan istrinya Meghan Markle belum mengonfirmasi apakah mereka akan menghadiri acara tersebut, tapi sumber mengatakan Raja "tidak bersemangat" bertemu putra bungsunya. Memoar Harry, Spare, yang didahului serial Netflix pasangan Sussex, dilaporkan telah memperburuk ikatan mereka dengan keluarga Kerajaan Inggris.

Terlepas dari kritik-kiritknya, Harry telah menyatakan bahwa ia ingin memperbaiki hubungannya dengan keluarganya, tapi mereka adalah orang-orang yang "sama sekali tidak menunjukkan keinginan untuk berdamai."

Sebelumnya, Raja Charles III dinilai punya cara apik merespons dokumenter Netflix menghebohkan Harry dan Meghan. Pasalnya, alih-alih dengan ucapan, Raja Inggris justru dilaporkan menanggapi dengan mengundang pasangan Sussex ke upacara penobatannya pada Mei 2023.

Melansir Mirror, 21 Desember 2022, seorang komentator kerajaan telah mengklaim bahwa "Raja Charles III yang murah hati telah benar-benar mengungguli Harry dan Meghan " dengan tanggapannya terhadap serial dokumenter Netflix Harry dan Meghan.


Undangan untuk Meghan dan Harry

Serial dokumenter, yang tiga episode terakhirnya dirilis pada 15 Desember 2022, menyelidiki beberapa kejadian yang dilaporkan tidak luput dari perhatian Yang Mulia dan putranya Pangeran William, lapor Daily Star. Adegan mengejutkan ini membuat banyak penonton percaya bahwa tidak ada jalan kembali ke kehidupan kerajaan bagi keluarga Sussex.

Namun, laporan Telegraph justru melukiskan gambaran berbeda, dengan publikasi mengklaim bahwa Raja Charles akan mengirimkan undangan pada Harry dan Meghan untuk menghadiri penobatannya pada 6 Mei 2023. Seorang sumber mengatakan pada publikasi, "Semua anggota keluarga akan disambut (pada acara pemahkotaan Raja Charles)."

Sebagai tanggapan, komentator kerajaan Daniela Elser mengatakan, langkah tersebut "membuat keluarga kerajaan terlihat murah hati dan ramah, bersedia jadi orang yang jauh lebih berjiwa ksatria dan mengabaikan omong kosong Netflix."

Ia melanjutkan, "Laporan yang sama menyatakan bahkan setelah episode terakhir ditayangkan, tidak ada keinginan untuk mengubah pesannya yang dipertimbangkan dengan hati-hati setelah serangan yang semakin ganas."


Penampilan Publik

Di tengah kehebohan klaim memoar Pangeran Harry, Raja Charles III telah kembali tampil ke hadapan publik pada Minggu pagi, 8 Januari 2023. Itu adalah kemunculan publik pertamanya setelah libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Raja Charles keluar di Norfolk untuk menghadiri kebaktian di Gereja St. Lawrence di Castle Rising. Raja berusia 74 tahun itu tampak senang menemui warga yang menunggunya di luar. Ia tampak tersenyum lebar dan sempat bercakap-cakap dengan beberapa di antara mereka selepas kebaktian.

Melansir HELLO, 9 Januari 2023, ini juga merupakan penampilan publik pertama Raja sejak skandal buku Harry meluas. Dalam memoar, Duke of Suusex membuat sejumlah klaim mengejutkan tentang ayahnya. Di salah satu bab, ia mengklaim bahwa ia, Pangeran William, dan Ratu Elizabeth II tidak ingin Charles menikahi Camilla yang kini jadi permaisuri.

Harry mengatakan, ia dan William secara khusus meminta ayah mereka untuk tidak menikahi Camilla. Namun, ia juga menambahkan bahwa ia dan kakaknya tidak menentang ayah mereka saat pernikahan itu akhirnya digelar.

Pesan Toleransi Jusuf Hamka

Pesan Toleransi Jusuf Hamka di Tahun Baru Imlek 2023

Liputan6.com 2023-01-23 10:00:55
Pengusaha muslim Jusuf Hamka

Jusuf Hamka, seorang pengusaha muslim keturunan Tionghoa berpesan, ada makna kelembutan dan kesejukan yang terkandung dalam tahun baru Imlek 2023. Makna tersebut diyakini bisa menjadi refleksi dalam menyambut pesta demokrasi 2024.

"Kita tahu tahun politik ini, jangan panas-panas deh, adem-adem, jaga negeri tercinta ini dengan baik, kalau ada pemilihan pemilihan kepala daerah atau calon legislatif itu biasa kita harus membiasakan diri, kita menjadi persaingan bukan menjadi pertandingan, tapi persaingan menjadi pertemanan," pesan Jusuf saat menyambangi Wihara Dharma Bakti, kawasan Petak Sembilan, Jakarta Barat, Minggu (22/1/2023).

Pria yang dikenal sebagai pengusaha ulung ini juga berpesan, ada makna akulturasi dan juga semangat toleransi dalam setiap perayaan tahun baru Imlek. Menurut dia, sebagai kelompok minoritas, perayaan tahun baru keagamaan di Indonesia memiliki ruang yang sama bagi mereka yang merayakan.

"Ini kan suatu kekayaan negeri kita selain ada orang yang merayakan Dipavali (perayaan umat Hindu) ada juga Imlek (perayaan umat Buddha) dan ada orang-orang lain juga merayakan tradisinya, jadi ya saya pikir ini bisa memperkaya budaya kita," kata dia.

Jusuf Hamka mengingatkan, perayaan Imlek tidak terbatas hanya milik orang-orang Tionghoa. Sebab, perayaan Imlek memiliki efek bersayap bagi masyarakat luas.

"Kegiatan Imlek ini khususnya dalam sektor ekonomi. Coba lihat yang dagang lampion, enggak semuanya Tionghoa, pernak-pernik Imlek itu banyak saudara kita Islam, kebetulan saya juga muslim. Jadi Imlek ini bisa menggerakkan roda ekonomi," jelas dia.

Jusuf Hamka mengingatkan, jangan adalagi siapa pun mereka yang masih alergi bahwa Imlek hanya dimiliki orang Tionghoa. Dia mendorong, mereka yang memiliki pengertian sempit untuk berpikir jernih karena sudah bukan lagi era diskriminasi.

"Toleransi sudah harus dimulai, dulu sudah dimulai tapi mungkin terjadi kesalahpahaman dan gesekan, tetapi pemerintahan sekarang sudah baik dan kita harus jaga kesatuan ini, bicara NKRI harga mati tanpa persatuan pasti negara ini akan kocar-kacir," pungkas dia.


Jokowi Ucapkan Selamat Tahun Baru Imlek

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan Selamat Tahun Baru Imlek 2023 kepada masyarakat yang merayakannya. Dia berharap, tahun kelinci air ini membawa kebahagian dan kemajuan bagi semua.

"Masa berganti, tahun berlalu, dan tantangan boleh berubah, tetapi satu yang harus selalu hadir yaitu harapan bahwa esok akan lebih bahagia, sejahtera, dan semakin maju. Gong xi fa cai," tulis Jokowi dikutip dari akun Instagram resminya, Minggu (22/1/2023).

Jokowi juga mengunggah gambar animasi yang berisi suasana perayaan Imlek 2023. Isinya mengenai keluarga yang tengah berkumpul dan makan bersama dan mereka memakai topi melambangkan 12 shio. Ada pula barongsai dan kelinci.

Terlihat pula sejumlah anak yang tengah bermain lato-lato dan kucing warna oranye yang memakai kostum barongsai tengah memanjat pohon yang berisi jeruk dan angpao.

Gambar yang diunggah Jokowi tersebut dilengkapi dengan musik khas Imlek.

Perang Ukraina Picu Kemunculan Bir Unik

Perang Ukraina Picu Kemunculan Bir Hibrida Beras India di Polandia

Liputan6.com 2023-01-23 10:04:02
Ilustrasi Bir (AFP)

Dua orang India telah menjadi yang pertama menjual bir hibrida di Polandia yang menggabungkan serpihan padi India dengan hop Eropa. Perang Ukraina membentuk perjalanan mereka.

Setahun yang lalu, Chandra Mohan, seorang India yang tinggal di Polandia, mendapati dirinya dalam krisis ketika dia dibebani dengan 20.000 kg (44.092 lb) serpihan beras yang tidak ingin diambil oleh klien bisnis.

Serpihan beras, yang dipasok oleh sebuah perusahaan yang berbasis di negara bagian Uttar Pradesh, India utara, sedang diimpor oleh seorang pengusaha lokal untuk membuat sereal.

Perang di Ukraina baru saja dimulai. Empat hari sebelum kapal yang membawa konsinyasi jatuh tempo di pelabuhan di Polandia, klien Mohan menjauh karena nilai tukar berfluktuasi.

Klien ingin Kamar Dagang Indo-Polandia, di mana Chandra Mohan adalah kepala hubungan bisnis, untuk menemukan solusi untuk menggunakan pengiriman yang tidak mampu lagi dia beli.

Mohan membeli serpihan dan bersama dengan teman desainernya Sargheve Sukumaran mendapat ide untuk membuat bir, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (22/1/2023).

"Chandran berkata, 'Saya sedang memikirkan bir yang disebut Malayali,'" kenang Sukumaran.

Kedua pria itu berasal dari negara bagian Kerala, India selatan, yang penduduk aslinya disebut Malayalis setelah bahasa ibu mereka, Malayalam.

"Saya juga tertarik untuk menciptakan produk yang berakar pada sejarah kami - dalam tradisi Kerala dan India - tetapi menarik bagi khalayak global," kata Sukumaran.


Bukan Bir Beras

Kedua pria itu jelas bahwa bir perlu menggunakan serpihan nasi tetapi tidak boleh menjadi "bir beras".

Idenya tidak sepenuhnya baru.

"Sudah ada bir Jepang yang terbuat dari nasi dengan hop Jepang," kata Mohan. Idenya adalah untuk membedakan produk mereka dengan memiliki bir rasa beras dengan hop Eropa.

Mohan dan Sukumaran beralih ke Malayali lain untuk meminta nasihat.

Lijo Phillip telah meluncurkan merek birnya sendiri - Kalikut 1498 - di Polandia sebelum pandemi. Kalikut adalah cara lain untuk mengeja Calicut (sekarang disebut Kozhikode) - sebuah distrik di Kerala.

Dengan bimbingannya, Mohan dan Sukumaran bekerja untuk memproduksi bir mereka sendiri.

"Di Polandia, Anda memiliki banyak bir yang datang dari negara-negara Eropa lainnya, terutama yang baik dari Belgia," kata Sukumaran. Tapi tidak satu pun dari beras bekas ini.

Mohan adalah seorang yang belum pernah mencicipi alkohol sebelumnya, jadi Mr Sukumaran mengambil tugas untuk mencicipi dan menguji produk.

"Kami mencoba beberapa kali dan berhasil pada percobaan ketiga kami dalam mendapatkan keseimbangan yang sempurna," katanya.


Tantangan ke Depan

Tantangannya sekarang adalah memproduksi bir dalam skala besar.

Mereka berdua terlibat dalam pengaturan dengan tempat pembuatan bir yang bersikeras untuk mengambil boiler yang disewakan dengan pesanan minimum. Ini berarti mereka harus membawa restoran untuk menyajikan bir mereka.

Tetapi mereka memutuskan nama untuk minuman itu.

Mohan juga memimpin tim ekspatriat yang membantu orang India yang telah melarikan diri dari Ukraina setelah perang.

"Sebagian besar relawan berasal dari Kerala," katanya. "Dan saya menyadari bahwa menjadi Malayali adalah emosi [yang menghubungkan kami]."

Ini menginspirasi para mitra untuk menamai minuman mereka 'bir Malayali'.

Identitas budaya juga menanamkan desain merek mereka.

Sukumaran merancang label di sekitar tutup kepala yang dikenakan oleh seniman yang menampilkan Kathakali - bentuk tarian tradisional dari Kerala. Dia kemudian menggabungkan ini dengan kecintaan negara terhadap film dengan menggunakan kacamata hitam penerbang dan kumis legenda akting Mohanlal.

Untuk mempertahankan bisnis, keduanya menawarkan layanan pembotolan yang dibuat sesuai pesanan untuk perencana pernikahan. Itu menjadi tenar, terutama di antara imigran India yang menikahi warga negara Polandia.

Sekarang, Malayali Spirits - perusahaan yang didirikan olehnya dan Sukumaran - memiliki kontrak dengan distributor untuk toko kelontong India dan Asia untuk memasok 2.400 liter (5.074 liter) bir setiap dua bulan.

Perusahaan mengklaim telah menjual lebih dari 50.000 botol bir sejauh ini dan berencana untuk meningkatkan produksi segera.

"Kami sekarang memiliki beberapa pertanyaan dari negara-negara Eropa lainnya dan AS," kata Mohan.

Bareng Mega di Pesawat Mewah

Susi Pudjiastuti Pamer Foto Bareng Mega di Pesawat Mewah, Ucap Selamat Ultah dan Sebut Megawati Kakak Guru

Liputan6.com 2023-01-23 16:48:06
Susi Pudjiastuti dan Megawati. (Foto: Dok. Instagram @susipudjiastuti115)

Megawati Soekarnoputri merayakan ulang tahun ke-76 pada Senin (23/1/2023). Sejumlah selebritas dan tokoh publik menyelamati Ketua Umum PDI Perjuangan itu. Salah satunya, Susi Pudjiastuti.

Lewat akun Twitter terverifikasi, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI mengunggah sejumlah foto kenangan bareng Mega. Salah satunya menampilkan Megawati dan Susi Pudjiastuti berada di dalam pesawat pribadi.

Foto lain menampilkan Susi Pudjiastuti yang berbaju hitam plus selendang merangkul Megawati. Sementara Mega tampil selegan berkemeja putih lengan panjang motif floral.

Keduanya tersenyum menghadap kamera. Bersama koleksi foto ini, presenter program Susi Cek Ombak menyelamati Megawati pada hari pertambahan usia. Baginya, Mega adalah kakak sekaligus guru.


Selamat Ulang Tahun

"Selamat ulang tahun yang ke-76 Presiden ke-5, kakak, sahabat, guru, mumu," cuit Susi Pudjiastuti lalu melantun doa untuk putri Bapak Proklamator RI, Soekarno.

"Semoga panjang umur, selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT dan bahagia Salam kangen, Susi, Alvy, dan Armand," imbuhnya seraya menyematkan emotikon hati merah.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Susi Putri Duyung

Setelahnya, Susi Pudjiastuti membagikan momen hangat lain dengan Megawati via tautan berita dari media daring dengan tajuk: Megawati Juluki Menteri Susi Putri Duyung dan Mitraliur.

Koleksi foto yang sama juga dibagikan Susi Pudjiastuti lewat akun Instagram terverifikasi. Sejumlah warganet menyambut hangat potret kenangan dua perempuan tangguh di kancah politik ini.


Baru Kali Ini

"Wow. Baru kali ini liat bu mega tanpa baju partai. Terlihat sbg ssok oma yg mengayomi banget," cetus @alvi**** di kolom komentar. "Dua-duanya, Bu Mega dan Bu Susi, wanita hebat. Kartini modern. Sehat selalu Bu Mega dan Bu Susi," @slam**** menambahkan.

Diberitakan sebelumnya, Krisdayanti menyelamati Megawati lewat akun Instagram terverifikasi hari ini. "Panjang umur Ibu Prof. DR. (HC) Megawati Soekarnoputri," tulis pelantun "Mencintaimu," pada hari yang sama.

Perempuan Tertua Berusia 115 Tahun

Berusia 115 Tahun, Guinness World Records Nobatkan Maria Branyas Morera Sebagai Orang Tertua di Dunia

Liputan6.com 2023-01-23 18:35:02
Guinness World Records mencatat Mara Branyas Morera yang berusia 115 tahun lebih sebagai orang tertua di dunia. (Dok. Guinness World Records)

Guinness World Records menobatkan seorang wanita di Spanyol sebagai orang tertua di dunia. Pada Kamis, Guinness World Records mencatat bahwa Maria Branyas Morera, yang tinggal di Catalonia, berusia 115 tahun dan 321 hari.

Super centenarian ini memiliki akun Twitter yang terus dia perbarui dengan bantuan putrinya. Bio Twitter-nya menggambarkan Morera sebagai sosok yang "tua, sangat tua, tapi bukan idiot."

Lewat unggahan di Twitter-nya Morera mengungkapkan "rahasia" panjang umurnya, yang menurutnya sebagian dapat dikaitkan dengan "keteraturan, ketenangan, hubungan yang baik dengan keluarga dan teman, kontak dengan alam, stabilitas emosi, tidak punya kekhawatiran, tidak punya penyesalan, bergelut dengan hal-hal positif, dan menjauh dari orang-orang yang membawa dampak buruk".

"Saya rasa umur panjang juga terkait dengan keberuntungan. Keberuntungan dan genetik yang baik," ungkapnya.


Tinggal di Panti Jompo

Morera lahir di San Francisco pada 4 Maret 1907. Ia pindah ke Spanyol bersama keluarganya pada usia 8 tahun.

Selama 22 tahun terakhir, Morera tinggal di panti jompo Residncia Santa Mara del Tura.

"Dia dalam kondisi sehat dan terkejut serta bersyukur atas begitu banyak perhatian yang diberikan kepadanya," ungkap perwakilan panti jompo itu.

Morera, yang mendiang suaminya, Joan Moret, adalah seorang dokter memiliki tiga anak, 11 cucu, dan 13 cicit.

Pada tahun 2020, ia menjadi berita utama sebagai penyintas COVID-19 tertua di dunia, tetapi kemudian rekornya digulingkan oleh Lucile Randon.


Menduduki Peringat Pertama Setelah Lucile Randon Meninggal

Morera menjadi orang tertua dan wanita tertua yang masih hidup setelah kematian biarawati Prancis Lucile Randon alias Sister Andr. Randon meninggal pada usia 118 tahun pada Selasa (17/1/2023), dalam tidurnya di panti jompo di Toulon, Prancis.

"Hanya tuhan yang tahu rahasia berumur panjang," kata Randon kepada wartawan suatu waktu seperti dilansir BBC.

Dengan usia 118 tahun, Randon telah melalui dua kali perang dunia dan 27 kali pergantian presiden Prancis. Sebagian besar hidupnya diabdikan untuk Katolik.

Meski buta dan bergantung pada kursi roda, Randon tetap merawat orang lanjut usia lainnya, beberapa bahkan jauh lebih muda dari dirinya.

"Orang-orang bilang bahwa pekerjaan membunuh, bagi saya, pekerjaan membuat saya tetap hidup. Saya terus bekerja sampai saya berusia 108 tahun," ujar Randon dalam wawancaranya dengan AFP.

Randon telah menjadi yang tertua di Eropa selama beberapa waktu. Ia masuk ke Guinness Book of Records pada April tahun lalu sebagai orang tertua di dunia setelah kematian Kane Tanaka, seorang wanita Jepang yang hidup hingga usia 119 tahun.

Machu Picchu Ditutup Tanpa Batas Waktu

Kerusuhan di Peru Berlarut-larut, Machu Picchu Terpaksa Ditutup Tanpa Batas Waktu

Liputan6.com 2023-01-23 15:01:02
Turis menunggu di luar stasiun kereta Machu Picchu setelah layanan kereta api dihentikan karena kerusakan yang diduga disebabkan oleh pengunjuk rasa di Machu Picchu, Peru, Sabtu (21/1/2023).

Kegiatan wisata di Machu Picchu dan Inca Trail Network -paket perjalanan menyusuri jejak masyarakat Inca di masa lalu- terpaksa dihentikan sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan. Hal ini merupakan dampak dari kerusuhan politik di Peru.

Dikutip dari CNN, Senin (23/1/2023), Direktorat Kebudayaan Terdesentralisasi dan Direktorat Suaka Sejarah Machu Picchu mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Jumat, 20 Januari 2023, bahwa wisatawan yang memiliki tiket masuk tertanggal 21 Januari 2023 atau setelahnya dapat mengklaim pengembalian uang hingga satu bulan setelah protes berakhir.

Sementara, menurut situs berita pemerintah Peru, Andina, sebagian jalur kereta api Urubamba - Ollantaytambo - Machu Picchu rusak selama protes anti-pemerintah pada Kamis, 19 Januari 2023. Situasi itu memaksa penghentian layanan kereta hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Layanan kereta yang ditangguhkan menyebabkan 417 orang, termasuk 300 warga negara asing, terdampar di Distrik Machu Picchu. Setidaknya 300 dari turis itu adalah orang asing, menurut Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Pariwisata Peru Luis Helguero.

Helguero mengatakan pihak berwenang sedang mengevaluasi dan memperbaiki kerusakan agar para wisatawan dapat dievakuasi. Beberapa turis telah dievakuasi dengan berjalan kaki, tetapi perjalanan itu, kata Helguero, memakan waktu setidaknya enam hingga tujuh jam.

PeruRail mengatakan pada Kamis pekan lalu bahwa pihaknya menangguhkan layanannya ke dan dari Machu Picchu, di antara tujuan lainnya, karena jalur diblokir dan rusak di berbagai tempat. "Kami menyesali ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh penumpang kami karena situasi di luar kendali perusahaan karena protes di Cuzco," kata pernyataan itu.


Protes Berlanjut

Awal pekan ini, CNN melaporkan protes di Peru berlanjut di seluruh negeri yang menyebabkan sedikitnya 30 orang terluka. Setidaknya dua petugas polisi terluka dan 11 orang ditahan saat protes berubah menjadi kekerasan di selatan kota Puno pada Jumat pekan lalu.

Sebuah kantor polisi di Puno dibakar. Menteri Dalam Negeri Vicente Romero mengatakan pengunjuk rasa menyerang kantor polisi, gedung pemerintah, dan bisnis swasta di seluruh negeri.

Pada Sabtu, 21 Januari 2023, Polisi Nasional Peru menyerbu Universitas Nasional San Marcos untuk membubarkan pengunjuk rasa, kata pihak kepolisian di Twitter. Menurut cuitan tersebut, pihak berwenang diminta oleh perwakilan hukum universitas yang mengatakan orang tak dikenal "telah menggunakan kekerasan" terhadap staf universitas dan mengambil alih kampus universitas, termasuk memblokade pintu kampus.

Sekitar 200--300 politi memasuki kampus dengan bantuan kendaraan lapis baja untuk membubarkan pengunjuk rasa. Menurut kantor berita Andina, pihak berwenang juga menggunakan gas air mata untuk membubarkan pengunjuk rasa yang berjaga di dekat pintu masuk.

Pihak universitas tersebut mengatakan pada hari yang sama bahwa Kepolisian Nasional telah membersihkan pintu universitas, yang diduduki oleh pengunjuk rasa yang 'berpartisipasi dalam unjuk rasa di tingkat nasional'. Menteri Dalam Negeri Peru Vincent Romero Fernandez mencuit bahwa lebih dari 100 pengunjuk rasa ditangkap.


Kekerasan Politik Terburuk

Mengutip kanal Global Liputan6.com, ribuan pengunjuk rasa turun ke jalan-jalan di ibu kota Peru pada Jumat, 20 Januari 2022. Mereka mengumumkan akan terus beraksi untuk menuntut pengunduran diri Presiden Dina Boluarte.

"Boluarte, mundurlah! Mau apa Anda dengan Peru kami?" teriak Jose Luis Ayma Cuentas, yang rela bepergian hingga 20 jam dari Puno selatan untuk sampai ke Lima seperti dikutip dari AP, Sabtu 21 Januari 2023.

"Kami akan tinggal di sini sampai dia (Boluarte) mundur, sampai kongres dibubarkan, sampai ada pemilihan baru, jika tidak, kami tidak akan ke mana-mana," imbuhnya.

Banyak pengunjuk rasa dilaporkan datang dari Andes, daerah terpencil yang menjadi asal Pedro Castillo, Presiden Peru yang dimakzulkan dan dipenjara bulan lalu. Selama ini, protes yang diwarnai kerusuhan dilaporkan berpusat di wilayah selatan Peru dan telah menewaskan 55 orang dengan 700 lainnya terluka.

Sekarang, para pengunjuk rasa dinilai ingin menjadikan Lima, rumah bagi sekitar sepertiga dari populasi Peru yang berjumlah 34 juta, sebagai titik fokus demonstrasi yang dimulai ketika Boluarte dilantik pada 7 Desember 2022. Protes memicu kekerasan politik terburuk di negara itu dalam lebih dari dua dekade.


Rakyat Marah

Dalam protes yang berlangsung pekan lalu, para demonstran lebih terorganisir dari hari sebelumnya dan mereka mengambil alih jalan-jalan utama di pusat kota Lima sambil mengibarkan bendera dan meneriakkan, "Darah yang tumpah tidak akan pernah terlupakan", "Rakyat jangan menyerah", dan slogan-slogan lainnya.

Sementara itu, polisi dilaporkan lebih agresif dibanding hari sebelumnya. Mereka menembakkan gas air mata secara lebih membabi buta. Sekelompok pengunjuk rasa yang sedang duduk di alun-alun di depan Mahkamah Agung tanpa menimbulkan gangguan tiba-tiba harus berlarian ketika polisi yang mendekat menembakkan gas air mata, memenuhi area itu dengan asap dan bau menyengat.

"Saya marah, geram," kata Maddai Pardo Quintana. "Mereka ingin kita menghormati mereka, tetapi jika mereka memimpin dengan memberi contoh dan menghormati kita, kita juga pasti akan lebih menghormati mereka."

Pardo berasal dari Provinsi Chanchamayo. Ia juga bersumpah untuk tetap tinggal di ibu kota sampai Boluarte setuju untuk mengundurkan diri.

Protes yang berlarut-larut di Peru dimulai pada awal Desember untuk menunjukkan dukungan kepada Castillo yang digulingkan. Tetapi, seiring waktu dan bertambahnya jumlah korban jiwa, aksi bergeser dengan tuntutan yang lebih luas, yakni pembebasan Castillo, pengunduran diri Boluarte, pembubaran kongres, dan percepatan pemilu.