"Kehidupan Saya Sekejap Terperosok dalam Nestapa"

Bacakan Pleidoi Kasus Pembunuhan Brigadir J, Ferdy Sambo: Kehidupan Saya Sekejap Terperosok dalam Nestapa

Liputan6.com 2023-01-24 16:56:04
Terdakwa Ferdy Sambo usai menjalani sidang lanjutan pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat di Pengadilan Negeri J

Mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri, Ferdy Sambo membacakan nota pembelaan atau pleidoi dalam sidang kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Dalam nota pembelaannya, Ferdy Sambo menuturkan, kehidupannya berubah dalam sekejap setelah terseret kasus pembunuhan Brigadir J.

"Tak pernah terbayangkan jika sebelumnya kehidupan saya yang begitu terhormat, dalam sekejap terperosok dalam nestapa dan kesulitan yang tidak terperikan," kata Ferdy Sambo di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (24/1/2023).

Ferdy Sambo mengatakan, sudah 165 hari dirinya berada dalam tahanan atas perkara tersebut. Selama dalam tahanan, Fery Sambo mengaku, kehilangan kemerdekaan, termasuk tidak bisa berkumpul dengan keluarga dan kerabat.

"Jauh dari berbagai fasilitas, kehilangan kehangatan keluarga, sahabat dan handaitolan. Semua hakikat kebahagiaan dalam kehidupan manusia yang sebelumnya saya rasakan, sungguh telah sirna berganti menjadi suram, sepi, dan gelap," ucap Ferdy Sambo.

Ferdy Sambo mengaku, menyesal dengan tindakan yang dilakukan hingga akhirnya merenggut nyawa Brigadir J.

"Demikianlah penyesalan kerab tiba belakangan, tertinggal oleh amarah dan murka yang mendahului," tutur Ferdy Sambo.


Ferdy Sambo Dituntut Penjara Seumur Hidup

Diketahui, Ferdy Sambo dituntut hukuman pidana penjara seumur hidup terkait kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Tuntutan terhadap mantan Kadiv Propam Polri itu dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (17/1/2023).

Tuntutan penjara itu berdasarkan dakwaan premier Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Tuntutan dijatuhkan lantaran JPU berkeyakinan Ferdy Sambo telah menyusun rencana pembunuhan Brigadir J dengan rapih. Hal itu berdasarkan keterangan sejumlah saksi selama persidangan.

"Maafkan Anakmu Ini Ibu"

Menangis Bacakan Pleidoi Kasus Pembunuhan Brigadir J, Ricky Rizal: Maafkan Anakmu Ini Ibu

Liputan6.com 2023-01-24 14:58:38
Ricky Rizal menangis sampai terisak-isak, saat meminta maaf kepada tiga putrinya di sidang pleidoi kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Mantan ajudan Ferdy Sambo, Ricky Rizal beberapa kali menangis saat membacakan nota pembelaan atau pleidoi atas kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Satu di antaranya saat menyampaikan permohonan maaf kepada ibunya. Pada momen itu, Ricky Rizal menyampaikan bahwa sang ibu merupakan orang yang paling dia cintai.

"Maafkan anakmu ini ibu, sudah membuat ibu mengalami semua ini. Ibu adalah orang yang sangat saya sayangi di dunia ini. Semoga Allah selalu memberikan kesehatan dan keselamatan dan perlidungan kepada beliau," kata Ricky Rizal sambil menangis di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (24/1/2023).

Ricky Rizal juga mengingat perjuangan ibunya dalam membesarkan dia dan adiknya. Sang ibu, kata Ricky Rizal, mengingatkan agar selalu beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

"Mengorbankan segalanya, demi anak-anaknya. Beliau selalu mengingatkan kepada kami, tempat terbaik bergantung hanya kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Saya percaya bahwa doa ibu selalu mengiringi langkah saya dan menyelematkan saya dari musibah," ucap Ricky Rizal.

Ricky Rizal mengaku, sang ibu tetap sabar dan memberi dukungan saat dirinya menghadapi masalah hukum kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

"Saat ini usia beliau sudah lanjut, harus mengalami cobaan dan yang sangat berat. Namun beliau selalu sabar, selalu ikhlas, Selalu menguatkan dan mengingatkan saya bahwa Allah akan memberikan pertolongan kepada kami," tambah Ricky Rizal.


Dituntut 8 Tahun Penjara

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) menggelar sidang lanjutan kasus pembunuhan berencana Brigadir J dengan agenda tuntutan untuk terdakwa Ricky Rizal. Jaksa Penuntut Umum (JPU) pun menuntut Ricky Rizal dengan hukuman pidana 8 tahun penjara.

"Menuntut supaya Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang memeriksa dan mengadili perkara ini memutuskan, satu menyatakan terdakwa Ricky Rizal Wibowo bersalah melakukan tindak pidana turut serta merampas nyawa orang lain yang direncanakan terlebih dahulu sebagaimana yang diatur dan diancam dalam dakwaan Pasal 340 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP," ujar jaksa di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin 16 Januari 2023.

"Menjatuhkan pidana terhadap rrdengan pidana penjara selama 8 tahun dikurangi masa tahanan sementara," sambungnya.

Kuat Ma'ruf Pernah Ditolong Brigadir J

Mengaku Pernah Ditolong Yosua, Kuat Ma'ruf Bersumpah Tak Terlibat dalam Perencanaan Pembunuhan

Liputan6.com 2023-01-24 15:00:56
Terdakwa Kuat Ma'ruf menjalani sidang lanjutan pemeriksaan saksi kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (7/11/2022). S

Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Kuat Ma'ruf mengungkap bahwa dirinya sempat ditolong oleh Yosua.

Pernyataan ini disampaikan dalam sidang pembacaan nota pembelaan atau pledoi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa, 24 Januari 2023.

"Almarhum Yosua baik kepada saya. Bahkan saat saya dua tahun tidak bekerja dengan Bapak Ferdy Sambo, Almarhum Yosua pernah membantu saya dengan rezekinya karena saat itu anak saya belum bayar sekolah," ujar Kuat dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (24/1/2023).

Kuat menambahkan, kebaikan Yosua membuatnya tak memiliki alasan untuk terlibat dalam pembunuhan berencana. Bahkan, ia bersumpah atas nama Tuhan soal pernyataan tersebut.

"Demi Allah, saya bukan orang sadis, tega, dan tidak punya hati untuk ikut membunuh orang apalagi orang yang saya kenal baik dan pernah menolong saya."

Ia pun mengutip ayat Al-Quran yakni surah Ar-Rahman ayat 9. Ayat ini membahas soal keadilan "Dan tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu."

"Semoga majelis hakim yang terhormat dapat berlaku dengan seadil-adilnya, karena yang saya pahami majelis hakim yang mulia adalah wakil Tuhan di dunia ini dalam memutuskan perkara akan memengaruhi hidup seseorang," ujar mantan sopir Ferdy Sambo itu.


Mengaku Bingung

Sebelumnya, Kuat Ma'ruf mengaku dirinya kebingungan dengan kasus yang sedang ia hadapi.

"Jujur saya bingung harus mulai dari mana, karena saya tidak paham dan tidak mengerti atas dakwaan dari jaksa penuntut umum kepada saya yang dituduh ikut dalam perencanaan pembunuhan almarhum Yosua."

Ia menegaskan bahwa dirinya tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi pada Yosua di tanggal 8 Juli 2022.

"Dimulai dari proses penyidikan, saya seakan-akan dianggap bahkan dituduh mengetahui perencanaan pembunuhan terhadap almarhum Yosua. Baik itu pisau yang dianggap sudah saya siapkan dari Magelang dan bahkan saya dituduh membawa pisau itu ke rumah Duren Tiga."

"Padahal, di dalam persidangan sudah jelas terbukti, saya tidak pernah membawa tas atau pisau yang didukung keterangan dari para saksi dan hasil video rekaman yang ditampilkan."


Sekongkol dengan Ferdy Sambo?

Kuat pun menyampaikan, ia dianggap sekongkol dengan Ferdy Sambo. Namun, berdasarkan hasil persidangan, tidak ada satu pun saksi atau video rekaman dan bukti lainnya yang menyatakan bahwa dirinya bertemu Ferdy Sambo di Saguling.

"Tuduhan berikutnya, saya dituduh melakukan pembunuhan kepada almarhum Yosua karena tindakan saya menutup pintu dan menyalakan lampu yang sudah menjadi rutinitas saya sebagai asisten rumah tangga (ART)."

"Jadi, kapan saya ikut merencanakan pembunuhan kepada almarhum Yosua?"

Hingga kini, Kuat Ma'ruf telah ditahan lebih kurang lima bulan. Dan selama ini pula ia sudah dituduh sebagai orang yang ikut merencanakan pembunuhan Yosua.

"Bahkan yang lebih parah, saya dituduh berselingkuh dengan Ibu Putri (Putri Candrawathi)."


Mengaku Bodoh

Dalam kesempatan tersebut, Kuat bahkan mengaku bahwa dirinya bodoh dan dimanfaatkan oleh penyidik.

"Saya akui saya ini bodoh, saya dengan mudah dimanfaatkan oleh penyidik untuk mengikuti sebagian berita acara pemeriksaan (BAP) dari Richard."

"Saya bingung dan tidak mengerti dengan proses persidangan yang sedang berjalan. Tetapi saya tetap berusaha untuk menjalankan proses persidangan."

Hingga kini, Kuat mengaku tak mengerti kesalahannya apa dan mengapa ia dituduh ikut merencanakan pembunuhan.

Mendengar pernyataan Kuat Ma'ruf, warganet tak serta merta percaya. Beberapa warganet bahkan mempertanyakan mengapa ia tak menolong Yosua.

"Kamu bisa bohong sebohong-bohongnya Kuat, tapi kamu ingat, kamu akan dikejar-kejar kesalahan sampai mati. Enggak apa-apa kamu bahagia di atas pengertian orang lain, nanti kamu akan mendapatkan pengadilan lebih di akhirat," ujar seorang warganet.

"Lah kalau pernah ditolong kenapa saat peristiwa itu enggak berusaha menghalangi?" ujar warganet lainnya.

Viral, Tampil di The Last of Us

PM Swedia Tersandung Skandal Belut

Menangis Kenang Mendiang Eril

Dirayu Rp 1,2 T Untuk Pindah Agensi

Dirayu Rp 1,2 Triliun Buat Pindah Agensi, Tengok Kekayaan Lisa Blackpink

Liputan6.com 2023-01-24 16:35:28
Lisa mengenakan pakaian berlapis dengan bagian luar jaket oversize. Personel Blackpink tersebut juga memegang gelas berisi minuman untuk menghangatkan badannya. (Instagram/@lalalalisa_m)

Nama salah satu member Blackpink, Lisa tengah menjadi sorotan khususnya di antara para penggemar girlband asal Korea Selatan itu.

Mengutip laman Allkpop, Selasa (24/1/2023), media Korea Selatan Munhwa Ilbo yang mengutip informasi sumber orang dalam, mengabarkan bahwa Lisa Blackpink mendapat penawaran sebesar 100 miliar won, atau sekitar Rp 1,2 triliun, untuk pindah agensi.

Laporan itu juga menyebut, akan sulit bagi agensi YG Entertainment untuk mempertankan Blackpink, dengan kontraknya yang berakhir pada bulan Agustus tahun ini. Hal itu dikarena para anggota mendapat tawaran yang jauh lebih tinggi dari agensi lain.

Sumber tersebut juga meyakini bahwa, untuk memperpanjang kontrak Blackpink, perlu merogoh setidaknya 20 miliar won atau Rp 242,3 miliar per anggota.

Dengan besarnya biaya yang harus dikeluarkan YG Entertainment, seberapa besar total kekayaan Lisa Blackpink?

Belum ada pembaruan secara spesifik tentang jumlah kekayaan Lisa Blackpink. Namun, melansir South China Morning Post, Lisa mengantongi kekayaan senilai USD 10 juta atau sekitar Rp. 149,2 miliar.

Kekayaan Lisa Blackpink tak terlepas dari berbagai pencapaian besarnya di industri tarik suara.

Pada tahun 2021, anggota termuda Blackpink itu mendebutkan album single solonya "Lalisa", dengan judul lagu yang memberinya Rekor Dunia Guinness.

Lalisa pun menjadi ideo musik YouTube yang paling banyak ditonton dalam waktu 24 jam setelah dirilis dengan 74 juta penayangan, memecahkan rekor sebelumnya dari video musik Taylor Swift berjudul Me! dengan 65 juta penayangan pada tahun 2019.

Selain itu, Lalisa juga menjadi album artis K-pop yang paling banyak diputar dalam sejarah di platform Spotify.


Mengintip Penghasilan Lisa Blackpink, Nilainya Fantastis

Selain sukses besar dalam musik, Lisa Blackpink juga tampil di sejumlah acara TV salah satunya adalah Real Man 300 dan Youth With You.

Ditambah lagi, Lisa Blackpink juga bekerja dengan merek fashion ternama seperti Celine, Prada, Bulgari dan MAC serta yang ada di negara asalnya, seperti AIS operator ponsel terbesar di Thailand.

Media Korea Selatan memperkirakan, Lisa Blackpink menerima bayaran setidaknya USD 300.000 atau Rp. 4,4 miliar sekali manggung dan USD 600.000 (Rp. 8,9 miliar) per dukungan.

Tak hanya itu, Lisa Blackpink juga dikenal sebagai bintang K-pop yang paling banyak diikuti di Instagram, dilaporkan menghasilkan hingga USD 200.000 atau hampir Rp. 3 miliar per postingan bersponsor.


Intip Harta 4 Anggota Blackpink

Selain Lisa, berapa kira-kira besaran kekayaan seluruh member Blackpink?

Berikut ini rincian harta yang dikantongi para member Blackpink seperti melansir dari laman Cosmopolitanme.com, Selasa (24/1/2023).

1. Jisoo (Kim Jisoo)

Pada tahun 2021, Jisoo menjadi duta merek global Dior Fashion and Beauty. Lebih dari itu, dia juga ikut serta bekerja dengan merek mewah Prancis Cartier dan merek kosmetik Korea Kiss Me.

Penggemarnya mungkin sudah tahu bahwa Jisoo mulai melakukan debut aktingnya dengan peran cameo di serial The Producers dan kemudian mendapatkan peran utamanya di serial JTBC Snowdrop.

Menurut Celebrity Net Worth, kekayaan bersih Jisoo saat ini mencapai USD 20 juta atau sekitar Rp 312,3 miliar.

2. Rose (Roseanne Park)

Sama seperti Jisoo, Rose juga merupakan wajah dari brand Kiss ME. Penyanyi berkelahiran tahun 1997 ini juga merupakan duta global untuk Yves Saint Laurent dan Tiffany & Co.

Menurut Celebrity Net Worth, kekayaan bersih Rose Blackpink saat ini mencapai USD 18 juta atau sekitar Rp 281 miliar.


3. Jennie (Jennie Kim)

Jennie telah bekerja sama dengan beberapa label mewah, seperti Adidas, Hera, Chanel, Samsung, dan Calvin Klein. Bahkan dia juga merilis single "Solo" dan melakukan debut aktingnya di serial HBO The Idol.

Kekayaan bersihnya, menurut Celebrity Net Worth, saat ini mencapai USD 10 juta atau sekitar Rp 156 miliar.

4. Lisa (Lalisa Manoban)

Album solo Lisa yang berjudul "Lalisa" telah memecahkan banyak rekor sejak dirilis. Pada tahun 2021, video musiknya juga menjadi video musik YouTube yang paling banyak ditonton hanya dalam waktu 24 jam dengan 73,6 juta kali.

Member termuda Blackpink ini juga pernah bekerja sama dengan brand-brand populer, seperti MAC, Prada, Celine, dan lainnya. Menurut Celebrity Net Worth, kekayaan bersih Lisa saat ini mencapai USD 10 juta atau sekitar Rp 156 miliar.

Dapat Surat dari Agnez Mo Ngga Ngerti Isinya

Dapat Surat dari Agnez Mo, Bunda Corla: Bahasa Inggris Kau Bandit, Bunda Nggak Ngerti

Liputan6.com 2023-01-24 19:00:00
Bunda Corla. (Foto: Dok. Instagram @corla_2)

Agnez Mo mengirim pesan kepada Bunda Corla melalui fitur direct message Instagram. Pelantun lagu "Matahariku" ini menyampaikan dukungan untuk Corla dengan kalimat sepenuhnya berbahasa Inggris.

Lucunya, wanita berusia 47 tahun ini rupanya tidak mengerti sama sekali pesan yang ditulis oleh Agnez Mo. Dia bahkan sampai tak bisa tidur karena memikirkan apa maksud pesan tersebut.

Lewat fitur Live Instagram, sahabat almarhum Olga Syahputra ini kembali mengirim pesan untuk Agnez. Meski tak paham, dia tetap memuji kemampuan bahasa Inggris sang penyanyi.

"Buat Agnez Mo, terima kasih dengan kata-katanya, memang bunda enggak mengerti apa yang kau bilang itu, bahasa Inggris kau bandit. Bunda enggak ngerti," kata dia pada Selasa (24/1/2023).


Menerjemahkan

Bunda Corla sampai harus meminta bantuan orang lain untuk menerjemahkan pesan dari Agnez Mo.

"Ngeri kali Bahasa Inggris kau, Nak, Bunda enggak ngerti. Makanya bunda minta pendapat sama anak-anak bunda yang mungkin mengerti dalam Bahasa Inggrismu. Bahasa Inggrismu bunda enggak ngerti soalnya terlalu ngeri Bahasa Inggris kau," tuturnya.


Ajak Bertemu

Bunda Corla terus menerus membahas kepiawaian Agnez Mo dalam berbahasa asing. Di akhir pesannya, wanita yang menetap bertahun-tahun di Jerman ini berharap suatu saat bisa bertemu langsung dengan Agnez.

"Pintar sekali kau Agnezku, anak bunda Agnez Monica, bahasa Inggrismu parah. Enggak ngerti Bunda, bandit kau, bandit kau. Pokoknya nanti kalau ada waktu ketemu sama emaknya ya, Neng, anak gue," tutupnya.


Penggalan Pesan dari Agnez

Dalam suratnya, Agnez Mo mengingatkan Bunda Corla membawa terang dan hawa positif untuk lingkungan sekitar. Tak semua orang memberi pengaruh baik.

"Tetaplah lakukan yang terbaik bagimu. Tetaplah membawa pengaruh positif dan menerangi sekitarmu. Itulah yang perlu kamu lakukan," begutu penggalan surat yang ditulis Agnez Mo dalam bahasa Inggris.

Sudah Punya Pacar, Netizen Nekat Melamar

Tiara Andini Dilamar Netizen, Alshad Ahmad Gercep Menghadang dengan Sentilan yang Bikin Mingkem

Liputan6.com 2023-01-24 16:00:00
Keduanya tampil kompak dengan busana berwarna putih saat menjalani pemotretan. Tak sedikit netizen yang memuji pasangan kekasih satu ini melalui kolom komentar di media sosial. (Liputan6.com/

Kisah asmara Tiara Andini dan Alshad Ahmad hingga kini masih berlanjut, menimbulkan tanda-tanda bakal berlanjut ke jenjang yang lebih serius. Pesona Tiara pun kerap membuat segelintir orang mencoba-coba untuk merayunya.

Salah satunya bisa terlihat dalam sebuah celotehan yang dilontarkan seorang netizen kepada Tiara Andini. Secara nekat, netizen cowok tersebut melamar Tiara alias meminta sang penyanyi untuk menjadi istrinya.

Namun urung juga ditanggapi oleh Tiara Andini, Alshad Ahmad yang membaca komentar tersebut langsung gerak cepat menghadang sang netizen dengan pernyataan yang sukses membuat bungkam.

Akun TikTok penggemar Tiara Andini dan Alshad Ahmad, @team_tishad, akhir pekan lalu, menemukan komentar tersebut. Mereka kemudian mengunggah tangkapan layarnya yang langsung menjadi viral di kalangan fans pasangan tersebut.


Lamaran Nyeleneh dari Netizen

"TIARA LU MAU GAK JADI ISTRI GUA," tulis netizen pemilik akun ab*** dalam sebuah komentar di media sosial Tiara.

Menariknya, komentar berupa lamaran nyeleneh tersebut langsung mengundang ribuan like. Dalam unggahan tersebut, sudah ada lebih dari 7,6 ribu tanda suka dari netizen lain.


Tanggapan Alshad Ahmad

Secara menohok, Alshad Ahmad yang menghadang lamaran sang netizen langsung melontarkan pernyataan menohok.

"Minimal harus jadi seperti gua dulu bro," tulis Alshad Ahmad membalas secara langsung komentar tersebut.


Respons Netizen Lain

Netizen lain yang terhibur oleh unggahan tersebut, meresponsnya dengan cara yang tak kalah kocak dan menohok.

"Alshad: minimal bisa lawan macan brow," tulis @peb***.

"Langsung di ulti sama pawangnya," ceplos @Nov***.

"Setidaknya Ab*** sudah berani mengungkapkan isi hatinya walaupun dia tau itu mustahil ," celetuk @BAN***.

Gerindra-PKB Buka Peluang

HEADLINE: Peresmian Sekber Gerindra-PKB, Buka Peluang Parpol Lain Bergabung?

Liputan6.com 2023-01-25 00:00:10
Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berpegangan tangan saat peresmian Sekretariat Bersama (Sekber) di Jalan Jl. Ki Mangunsarkoro

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar baru saja resmikan sekretariat bersama Gerindra-PKB di Menteng Jakarta Pusat pada Senin, 23 Januari 2023.

Prabowo menyebut, peresmian Sekber sebagai bukti bahwa koalisi PKB-Gerindra solid dan optimis menang. Namun meski sudah mendeklarasikan sekber, koalisi Kebangkitan Indonesia Raya ini tetap membuka pintu selebar-lebarnya jika ada partai politik yang ingin bergabung.

"Saya kira iya (peluang) semakin besar. Ada waktunya tapi tentu dengan kesepakatan bersama. Semakin banyak parpol semakin bagus," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (24/1/2023).

Fadli enggan menyebut parpol mana saja yang tengah melakukan pendekatan dengan koalisi, namun ia menyebut semakin banyak parpol maka semakin baik. "Jelas sekarang ini ada dua parpol tapi semakin banyak akan semakin baik," kata dia.

Namun, Fadli menegaskan Gerindra mantap berkoalisi dengan PKB demi mendulang suara di Jawa Timur.

"Tentu karena sama sama partai nasionalis dan PKB lahirnya kan juga dulu dari NU dan sangat kuat di Jawa Timur. Lihat ada kesamaan figur dan kesamaan program-program. Dan juga yang pertama reaching out atau yang pertama (mengajak) kerjasama duluan. Ada Law of attraction," ujarnya.

PKB pun mengaku tak pernah menutup pintu bagi partai yang ingin bergabung di koalisi Gerindra-PKB.

"Kalau partai lainnya (ingin bergabung) kami tidak pernah menutup pintu," kata Juru bicara PKB, Mikhael Benyamin Sinaga kepada Liputan6.com.

Ia mengatakan, hanya ada satu syarat jika partai lain ingin bergabung dengan koalisi Gerindra-PKB, yaitu satu hati dan satu visi.

"Bila mereka ingin menyetir koalisi kami ke arah lain ya jelas kami tolak karena Gerindra dan PKB ini sudah satu pemikiran, kami tidak pernah menuntut macem-macam tapi kalau ada tuntutan dari partai lain kenapa harus kita pikirkan terlalu panjang? Toh Gerindra dan PKB saja sudah cukup untuk presidential treshold," ujarnya.

Mikhael mengatakan, dengan mendirikan sekber ini PKB dan Gerindra juga ingin menunjukkan ke partai lain bahwa Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya ini adalah koalisi paling solid.

"Terbukti partai-partai lain tidak ada langkahnya, contohnya adalah koalisi lain tapi tidak ada langkah yang serius. Sementara Pak Prabowo dan Pak Muhaimin selalu bersama di berbagai kegiatan yang sampai sekarang selalu bersama, yang lain mana? Saya tidak pernah lihat, jadi kami ini yang nyata," kata dia.

Mikhael mengatakan, partainya yakin berkoalisi dengan Gerindra karena Prabowo memiliki komitmen yang kuat. Di mana Prabowo dan Cak Imin sama-sama ingin membangun negara bersama.

"Kalau yang lain sibuknya siapa mau jadi apa. (Bagi kami) masalah ke arah situ ada waktunya, kita ingin memperkuat koalisi dulu, koalisi itu tidak hanya di tataran elit tapi juga sampai ke bawah, di bawah itu Gerindra dan PKB itu satu hati jadi komitmen ini harus dirasakan kader-kader di bawah," kata Mikhael.

Analis politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago menilai dengan dibentuknya Sekber Gerindra-PKB maka partai lain akan sulit bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya ini. Sebab koalisi sudah hampir final mencalonkan capres dan cawapresnya.

"Saat ini partai lain sulit berbagung kalau tidak dikasih ruang untuk cawapres," kata Arifki kepada Liputan6.com.

Menurutnya partai lain bersedia bergabung jika Cak Imin membuka diri memberikan peluang bagi partai lain untuk mengajukan cawapres atau dengan deal politik tertentu.

"Misalnya jika ada partai lain gabung maka akan diberi tiket kursi menteri lebih banyak. Karena PKB sudah menjadi wapres dan Gerindra capres," kata dia.

Namun dengan dibentuknya sekber ini maka akan mempercepat konstelasi politik, di mana koalisi partai lain seperti Koalisi Perubahan yang terdiri dari PKS, Nasdem dan Demokrat masih belum menentukan calon wakil presiden. Sementara Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Golkar, PPP dan PAN belum menentukan capres dan cawapres.

"Ya, kalau udah punya sekber berarti Gerindra-PKB terlihat lebih serius dibandingkan KIB dan Koalisi Perubahan dalam membangun koalisi. Koalisi Perubahan masih sibuk tarik menarik siapa yang bakal menjadi cawapres Anies. Sedangkan KIB masih ragu dan bingung menentukan kandidat dari ketua umum parpol," ujar Arifki.

Sementara Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai dibentuknya sekber ini belum tentu akan menarik partai lain untuk bergabung. Sebab semua partai sudah memiliki koalisinya kecuali PDIP.

"Partai lain akan tentukan sikap last minutes pastinya. Apakah akan terus dengan poros politik yang sudah dibangun atau hijran ke poros lain," kata Adi.

Namun yang jelas, kata Adi, Gerindra dan PKB ingin pamer keseriusan membangun koalisi di tengah gonjang-ganjing insoliditas karena persoalan cawapres. Terutama soal kejelasan Muhaimin Iskandar yang tak kunjung segera diumumkan sebagai pendamping Prabowo untuk maju Pilpres 2024.

"Deklarasi sekber ini ingin mengamputasi spekulasi liar bahwa Gerindra dan PKB solid, kokoh, dan tetap jalan bersama meski nasib cawapres Muhaimin belum menemui titik terang," ujarnya.

Prabowo Masih Pertimbangkan Nama Cawapres

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon memastikan Prabowo akan mempertimbangkan rekomendasi Ijtima Ulama yang mengingginkan Muhaimin Iskandar sebagai cawapres.

"Semua masukan baik dari Ijtima ulama kalangan buruh kalangan petani akan menjadi pertimbangan dan masukan untuk ambil keputusan. Saya kira diantara mereka sudah ada pembicaraan, tapi nanti diputuskan pada waktunya," ujar Fadli.

Fadli menyebut nama-nama cawapres yang beredar akan dipertimbangkan, namun keputusan ada di tangan Prabowo dan Muhaimin.

"Proses masih panjang, ini masih Januari. Kita lihat saja dulu, yang sudah diputuskan saja dalam beberapa jam bisa berubah. Soal nama bisa macam-macam spekulasi tapi entar yang memutuskan koalisi. Tunggu di waktu yang tepat sekarang terlalu awal Belanda masih jauh," tuturnya.

Oleh karena itu, Fadli memastikan deklarasi capres-cawapres tidak akan dalam waktu dekat melainkan mendekati pendaftaran capres di bulan Oktober 2023.

"Nanti kan masih bulan September, seringkali di kita itu keputusannya last minute. Tentu setiap partai politik punya strateginya mana yang harus didahulukan apakah pileg dulu atau pilpres," kata dia.

Juru bicara PKB, Mikhael Benyamin Sinaga juga mengaku Prabowo dan Muhaimin belum memutuskan soal capres dan cawapres yang akan diusung di Pilpres 2024.

"Masih belum waktunya tapi (keputusan capres dan cawapres) itu ada di level teratas," kata dia.

Di mana, kata Mikhael, Prabowo dan Muhaimin akan sering bertemu di sekber untuk membicarakan Pemilu 2024.

"Dengan adanya sekber ini di situ Pak Prabowo dan Pak Muhaimin akan sering rapat dan koordinasi, bahkan setiap minggu, setidaknya elit-elit partai kalau mereka berhalangan. Jadi tidak mungkin saya rasa Pak Prabowo langsung ambil si x misal dan meninggalkan PKB, saya rasa itu tidak mungkin," tandas Mikhael.


Gerindra-PKB Saling Menguntungkan?

Analis politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago menilai Prabowo dan Cak Imin sama-sama memiliki keuntungan jika menjadi sepasang capres dan cawapres.

Selain untuk memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden, Prabowo juga mendapat keuntungan untuk mendapat suara di Jawa Timur yang merupakan titik lemahnya di Pilpres 2019.

"Prabowo kan tidak bisa mencalonkan sendiri, dia juga butuh untuk menarik lumbung Jatim," ujar Arifki.

Sementara Cak Imin juga membutuhkan sosok yang bisa mengerek elektabilitasnya sebagai calon wakil presiden.

"Gus Muhaimin sepertinya harga mati untuk menjadi cawapres dari PKB karena kesempatan ini yang ditunggu-tunggunya selama ini. Jadi koalisi Gerindra-PKB ini saling menguntungkan," kata dia.

Namun, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno justru menilai Prabowo dihadapkan pada situasi sulit. Di mana Prabowo memiliki 'hutang budi' pada Ijtima Ulama yang mendukungnya di Pilpres 2019. Sementara kini Ijtima Ulama merekomendasikan Muhaimin Iskandar untuk berpasangan dengan Prabowo. Selain itu, Prabowo juga membutuhkan PKB untuk menutup kelemahan di Jatim dan dekat dengan konstituen NU.

Tapi diluar itu, Prabowo juga sebenarnya membutuhkan calon wakil presiden yang bisa mendongkrak elektabilitasnya di Pilpres 2024. Sementara elektabilitas Cak Imin sendiri sangat kecil dibanding tokoh-tokoh lain.

"Rumit tentunya," ujar Adi.

Dengan adanya sekber ini, kata Adi, makin memberi nafas panjang bagi kedua partai untuk terus menegoisasikan ulang soal cawapres Prabowo. Apakah tetap Muhaimin Iskandar ataukah ada kemungkinan usung sosok lain.

"Tentu harus atas dasar persetujuan Prowobo-Muhaimin sebagai duet pimpinan koalisi. Tapi yang jelas, ini kesempatan yang kian terbuka bagi PKB untuk terus yakinkan Gerindra untuk segera umumkan Muhaimin sebagai pendamping Prabowo. Apalagi beberapa waktu yang lalu Ijtima ulama merekomendasikan Muhaimin sebagai pasangan Prabowo," ujar Adi.


Diisi Para Profesional

Sekber Gerindra-PKB akan diisi oleh para profesional dalam menunjang pemenangan Gerindra-PKB dalam Pemilu 2024.

"Peresmian Sekber Gerindra-PKB merupakan langkah maju kerja sama politik kedua partai. Nantinya Sekber ini akan dikelola oleh para profesional dalam menunjang raihan kemenangan yang ditargetkan Gerindra-PKB di Pemilu 2024," ujar Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Syaiful Huda.

Huda mengatakan pelibatkan kaum profesional merupakan kesepakatan kedua belah pihak agar Sekber Gerindra-PKB benar-benar bisa berfungsi optimal. Menurutnya Sekber sebagai rumah bersama antara Gerindra dan PKB dalam meraih target-target politik yang telah ditetapkan.

"Para profesional tentu memiliki kualifikasi-kualifikasi yang kita butuhkan dalam menunjang upaya mencapai target politik yang ditetapkan oleh kedua belah pihak," katanya.

Huda menegaskan bahwa kerja sama politik Gerindra dan PKB mempunyai tujuan jelas. Tujuan itu di antaranya memenangkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung Gerindra dan PKB, memastikan keberlanjutan program dari pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin, hingga meminimalkan potensi gesekan anak bangsa dalam Pemilu 2024.

"Tujuan kerja sama politik Gerindra dan PKB yang tertuang dalam piagam kerja sama membutuhkan penerjemahan dalam bentuk langkah konkret di lapangan. Kehadiran para profesional adalah untuk merekomendasi langkah-langkah yang akan diambil oleh pengurus maupun kader Gerindra dan PKB untuk mewujudkan tujuan kerja sama politik tersebut," katanya.

Sekber Gerinda-PKB, lanjut Huda, akan memfasilitasi kegiatan kedua ketua umum partai dalam menyapa masyarakat. Ke depan baik Prabowo maupun Muhaimin Iskandar akan meningkatkan intensitas dialog dengan masyarakat untuk memastikan aspirasi mereka terakomodasi dalam program kerja PKB-Gerindra pasca Pemilu 2024.

"Sekber akan menggelar berbagai forum untuk Pak Bowo maupun Gus Muhaimin agar lebih dekat dengan masyarakat. Harapannya kedua ketum Parpol ini akan kian banyak mendapat masukan tentang apa yang harus dilakukan setelah Pemilu 2024," katanya.

Ketua Komisi X DPR RI ini mengungkapkan nantinya pos-pos profesional yang bekerja di Sekber ini terdiri dari konsultan politik, media, konsultan teknologi informasi, hingga tim back office. Mereka akan bekerja memandu langkah-langkah pemenangan yang akan dilakukan oleh tim struktur partai, simpatisan, hingga relawan di lapangan.

"Dengan demikian kerja-kerja pemenangan bisa terstruktur dan terukur," katanya.