Inggit Garnasih Layak Jadi Pahlawan

Megawati Minta Ridwan Kamil Perjuangkan Inggit Garnasih Jadi Pahlawan Nasional

Liputan6.com 2023-01-28 21:21:59
Puan Maharani, Megawati Soekarnoputri, Presiden Jokowi dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melihat patung Soekarno saat mengunjungi Penjara Banceuy, Bandung, Rabu (1/6). Penjara itu pernah men

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan pesan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Megawati ingin Ridwan Kamil memperjuangkan Inggit Garnasih diangkat sebagai pahlawan nasional.

"Tadi saya sampaikan pesan Ibu Megawati kepada Pak Ridwan Kamil terkait dengan Ibu Inggit, mari kita perjuangkan sebagai pahlawan nasional," kata Hasto dalam sambutan acara Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita) di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (28/1/2023).

Menjawab hal tersebut, Ridwan Kamil menyampaikan kabar terbaru bahwa Inggit Garnasih sudah disetujui sebagai pahlawan nasional oleh pemerintah.

"Barusan saya mendengar kabar bahwa Bu Inggit Garnasih disetujui untuk diusulkan sebagai pahlawan nasional," kata Ridwan.

Masih dalam sambutannya, Ridwan Kamil juga menyampaikan pantun yang berisi ucapan ulang tahun kepada PDIP yang merayakan hari jadi ke-50 pada 10 Januari 2023.

"Saya mau menyampaikan pantun, pantun pertama untuk ulang tahun PDI Perjuangan siap-siap bilang cakep. Makan bihun ke Pangalengan, makan soto babat di Ciwastra. Selamat ulang tahun untuk PDI Perjuangan, mari mewujudkan masyarakat adil sejahtera," kata Ridwan Kamil.

Selain itu, Ridwan Kamil juga menyampaikan capaian Pemerintah Kota Bandung yang tidak melupakan Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno.

"Saya sudah membereskan dan mendedikasikan satu jalan di sebelah Gedung Merdeka menjadi Jalan Ir Soekarno. Yang kedua menjelang Konferensi Asia-Afrika saya juga sudah menyelesaikan revitalisasi penjara Banceuy Bung Karno yang dahulu terbengkalai sekarang sudah sangat representatif. Yang ketiga kami sudah menyelesaikan revitalisasi makam Ki Marhaen di Kota Bandung. Yang keempat kami mendesain patung Bung Karno di negara Aljazair," katanya.


Bangun Klinik dengan Nama Inggit Garnasih

Ke depan, Ridwan Kamil bakal membuat sebuah klinik lansia sebagai bentuk kecintaannya terhadap Bung Karno. Nantinya, klinik itu akan dinamai Inggit Garnasih.

"Klinik lansia atas nama Ibu Inggit Garnasih akan beroperasi, sebagai kecintaan kami terhadap sejarah Bung Karno di Kota Bandung dan terakhir persiapan membangun patung Bung Karno di Kota Bandung. Mudah-mudahan dalam waktu 7 bulan bisa diselesaikan. Itulah rasa cinta kami sebagai anak bangsa kepada bapak bangsa kita Insinyur Soekarno," kata mantan Wali Kota Bandung ini memungkasi.

Ramai-Ramai Buka Pintu untuk Kaesang

6 Parpol Mulai PDIP hingga Demokrat Buka Pintu untuk Kaesang Pangarep Terjun ke Politik

Liputan6.com 2023-01-29 00:00:16
Kaesang Pangarep. (Foto: Dok. Instagram @kaesangp)

Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi belum lama ini cukup membuat publik terkejut lantaran ingin terjun ke dunia politik.

Kaesang rupanya ingin mengikuti jejak sang ayah, Jokowi dan kakaknya Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Hal itu diungkapkan langsung oleh Kaesang kepada sang kakak dan ayahandanya.

"Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ketertarikan di politik," kata Gibran di Solo, Selasa 24 Januari 2023.

Mengetahui hal tersebut, sejumlah partai politik (parpol) turut menanggapi dan menyambut niat baik suami Erina Gudono itu. Salah satunya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari Fraksi PDIP Junimart Girsang mengaku partainya siap mendukung semua pihak yang ingin terjun ke politik untuk membangun bangsa dan negara.

"PDIP mendukung, siapa saja, selama itu membangun bangsa dan negara ini kita dukung," kata Junimat di Jakarta, Rabu 25 Januari 2023.

Tak hanya PDIP yang juga merupakan partai asal Gibran serta Jokowi, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek juga menyambut baik rencana Kaesang Pangarep untuk terjun ke dunia politik.

"Itu adalah hak warga negara untuk masuk politik. Mas Kaesang sudah dewasa dan sudah bisa menentukan pilihan," kata Awiek saat dikonfirmasi.

Kemudian, Partai Gerindra juga siap membuka pintu untuk putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep. Gerindra siap menjadi kendaraan politik Kaesang yang tertarik terjun ke politik.

Berikut sederet partai politik yang menyambut baik niat putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep ingin terjun ke dunia politik dihimpun Liputan6.com:


1. PDIP

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyambut baik rencana Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep terjun ke dunia politik.

Wakil Ketua Komisi II DPR dari Fraksi PDIP Junimart Girsang mengaku partainya siap mendukung semua pihak yang ingin terjun ke politik untuk membangun bangsa dan negara.

"PDIP mendukung, siapa saja, selama itu membangun bangsa dan negara ini kita dukung," kata Junimat di Jakarta, Rabu 25 Januari 2023.

Junimart tidak mempermasalahkan siapapun terjun ke politik, termasuk Kaesang. Ia menyebut semua warga negara memiliki hak sama untuk masuk dunia politik.

"Jadi kalau Kaesang berniat untuk berpolitik kenapa tidak, itu kan hak," jelas Junimart.

Senada, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan pihaknya akan menerima Kaesang Pangarep bila ingin berkarya di politik lewat PDIP, mengikuti jejak Jokowi dan putra sulungnya Gibran Rakabuming.

Apalagi, di PDIP dilarang dalam satu keluarga inti berada dalam partai politik yang berbeda-beda. Karena itu, Hasto menilai akan lebih baik bila Kaesang masuk ke PDIP dimana Presiden Jokowi (Ayah Kaesang) dan Gibran Rakabuming Raka (Kakak kandung Kaesang) adalah kader PDIP.

"Ya sekiranya (Kaesang) mau masuk ke PDI Perjuangan, karena kami ini punya aturan bahwa dalam satu keluarga tidak bisa masuk dalam pilihan partai-partai yang berbeda," kata Hasto kepada wartawan di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (28/1/2023).

Hasto menilai komitmen satu keluarga tidak masuk partai yang berbeda-beda itu sangat penting untuk dibangun.

"Karena itu juga menunjukkan suatu emotional bonding, kesadaran, dan pendidikan politik itu dimulai dari keluarga," tukas Hasto.

Hasto menyebut sangat terbuka bagi Kaesang untuk bergabung dan mengajukan permohonan untuk bergabung ke PDIP. Sebab dalam konteks keanggotaan, PDIP menggunakan stelsel aktif sehingga siapa pun itu, harus mengajukan permohonan kalau mau bergabung ke PDI Perjuangan.

"Mengapa ada stelsel aktif? Karena itu sebagai sebuah momentum bahwa ketika masuk ke partai, mereka harus menyatukan diri, harus merelatifkan kepentingan individunya, dan mengedepankan kepentingan kolektif partai," tegas Hasto.


2. PPP

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek menyambut baik rencana Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep untuk terjun ke dunia politik.

"Itu adalah hak warga negara untuk masuk politik. Mas Kaesang sudah dewasa dan sudah bisa menentukan pilihan," kata Awiek saat dikonfirmasi, Rabu 25 Januari 2023.

Awiek bahkan menyatakan PPP siap dan membuka pintu bagi Kaesang.

"PPP tentu sangat terbuka siapapun tokoh yang ingin bergabung. Dan kalau memang ke politik ya harus gabung ke parpol supaya bisa di mana beliau bisa berkiprah," tutup Awiek.


3. PAN

Rencana putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep untuk terjun ke dunia politik menjadi bahan pembicaraan. Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi menilai masuknya Kaesang ke politik adalah hal wajar dan tak perlu dipermasalahkan.

"Itu ibarat buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Artinya keluarga politisi akan melahirkan anak politisi. Keluarga artis akan melahirkan anak artis. Hal itu sesuatu yang wajar dan lumrah saja," kata Viva saat dikonfirmasi, Rabu 25 Januari 2023.

Viva bahkan menyarankan Kaesang bergabung ke PAN agar tidak bersaingan di partai yang sama dengan kakaknya yaitu Gibran Rakabuming Raka di PDIP.

"Akan sangat baik lagi jika Mas Kaesang menjadi kader PAN saja. Agar jangan 'satu rumah' dengan Mas Gibran supaya nantinya bisa bersaing secara politik," kata dia.

Viva menyebut masuknya Kaesang tidak melanggar Undang-Undang karena Mahkamah Konstitusi (MK) telah membatalkan pelarangan bakal calon kepala daerah memiliki hubungan darah/ perkawinan dengan petahana.

"Sangat baik jika Mas Kaesang masuk dunia politik. Ini representasi dari kaum milineal dan generasi Z. Dan politik di isi oleh anak muda yang memiliki visi, ide dan gagasan yang kontekstual dengan zamannya," tandas dia.


4. Partai Gerindra

Partai Gerindra siap membuka pintu untuk putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep. Gerindra siap menjadi kendaraan politik Kaesang yang tertarik terjun ke politik.

Wakil Ketua Umum Gerindra Budisatrio Djiwandono mengatakan, partainya menyambut baik rencana Kaesang.

"Partai Gerindra menyambut baik rencana putra bungsu Presiden Jokowi untuk terjun ke dunia politik, dan selalu membuka lebar pintunya apabila Mas Kaesang ingin bergabung dan berjuang bersama-sama untuk rakyat Indonesia," kata dalam keterangannya, Jakarta, Rabu 25 Januari 2023.

Gerindra menyambut positif Kaesang yang ingin ke politik. Budi mengajak generasi muda untuk aktif dan peduli di dunia perpolitikan Indonesia.

"Gerindra juga senantiasa mendorong, serta mengajak generasi muda Indonesia untuk dapat peduli dan aktif di dunia politik, terlepas dari apapun latar belakangnya. Partisipasi generasi muda dalam politik menjadi sangatlah penting, terutama dalam menentukan arah dan masa depan bangsa Indonesia ke depan," ujar Budi.

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto memberikan ruang dan kepercayaan kepada anak muda si dunia politik. Untuk mengabdi di tingkat nasional hingga daerah.

"Dalam berbagai kesempatan, Pak Prabowo dan Partai Gerindra juga selalu memberikan ruang dan kepercayaan kepada pemuda untuk mengabdi kepada negara melalui jalur politik, baik di tingkat nasional hingga daerah. Ini semata-mata dilakukan demi mulai terwujudnya regenerasi kepemimpinan, yang suatu saat nanti akan diemban oleh para pemuda hari ini," ucap Budi.

Senada, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Uno menyambut hangat rencana putra bungsu Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep terjun ke politik. Sandiaga bahkan berharap Kaesang mau masuk ke Partainya.

"Saya denger mau masuk Gerindra ya? Saya hanya baca-baca tapi," kata Sandiaga.

Menurut Sandi, masuknya Kaesang harus diapresiasi sebab hal itu membuktikan tidak semua anak muda atau generasi milenial-Z apatis dengan politik.

"Ini yang sebetulnya kita harapkan anak-anak muda karena populasi kita ini mayoritas generasi milenial dan generasi z dan politik ini juga jangan sampai kalangan muda apatis terhadap politik, justru mereka harus mengambil peran," kata Sandi.

Apalagi, kata Sandi, Kaesang sudah dewasa dan mapan dalam dunia usaha. Menurutnya, rencana untuk mengabdi ke masyarakat harus didukung.

"Mas Kaesang kan bisnisnya juga sudah mapan, punya keluarga yang sekarang sangat aktif di politik. Jadi dia sangat mengerti tentang apa yang menjadi tanggung jawab dan apa yang menjadi tugas dari seorang politisi. Ya, tentunya menyambut baik bahwa ini adalah bagian daripada pengabdian," ungkapnya.

Berkaca dari pengalamannya, Sandiaga menyarankan agar Kaesang mengawali langkah politiknya di tingkat Pilkada kemudian baru kancah nasional.

"Saya mengikuti pilkada dan melalui pilkada itu kita belajar banyak hal. Setelah itu baru secara bertahap menuju ke tingkat nasional," pungkas Sandiaga.


5. Partai Golkar

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menanggapi kabar yang beredar soal keinginan Kaesang Pangarep untuk terjun ke dunia politik. Dia menilai hal itu wajar karena Kaesang berada dan tinggal di lingkaran politik.

Hal ini disampaikan Doli saat ditemui usai menghadiri pembukaan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Partai Golkar di Hotel Red Top, Pecenongan, Jakarta Pusat.

"Ya satu, kan orang mau terjun atau tidak ke politik itu kan hak asasi manusia dan apalagi Kaesang itu lingkungannya itu selama ini sudah berada di lingkungan politik," kata Doli.

"Artinya orang tuanya presiden, aktif di parpol terus kemudian juga dua abangnya juga jadi wali kota, jadi wali kota Solo dan wali kota Medan, lingkungan yang selama ini dijalani kaesang itu pasti ada pembicaraan politik jadi wajar aja kemudian dia tertarik," lanjut dia.

Kendati demikian, Doli menyampaikan pilihan partai politik (parpol) yang hendak dituju sepenuhnya menjadi kewenangan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu. Partai Golkar, kata dia siap menerima Kaesang apabila ingin bergabung.

"Ya jangankan Kaesang, kita saja sekarang siapa saja baik pejabat, aktivis apakah pengusaha, mau artis, kemudian mahasiswa, pelajar yang merasa visinya sama dengan Golkar dan mereka juga ingin bergabung dengan Golkar selama niatnya benar dan ikut membantu program-program dan ikut membesarkan partai Golkar, ya kita terima saja," terangnya.

Lebih lanjut, dia berujar jika Kaesang cocok bergabung dengan partai berlambang pohon beringin itu.

"Maksudnya cocok itu gimana? Cocok-cocok aja," jelas Doli.


6. Partai Demokrat

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep dikabarkan bakal terjun ke dunia politik. Partai Demokrat membuka pintu jika Kaesang ingin bergabung dengan partai di bawah kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tersebut.

"Silakan saja (kalau mau gabung), karena itu hak seluruh warga negara Indonesia," kata Ketua Badan Pembina Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi DPP Partai Demokrat Herman Khaeron, saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Dia menilai, keinginan Kaesang untuk terjun ke dunia politik merupakan hak dari individu masing-masing terlepas dari putra Presiden.

"Hak individulah siapa pun ya, dunia politik menjadi hak siapapun warga negara Indonesia," ucapnya.

"Artinya siapapun yang berminat masuk dalam dunia politik ya silakan saja karena hak individu," sambung Herman.

Saat ditanya, apakah niat Kaesang terkesan aji mumpung menjelang Presiden Jokowi lengser sehingga putra-putra diperintah untuk terjun ke politik, Herman hanya menjawab secara diplomatis.

"Ya enggak apa-apa enggak apa-apa, terbuka saja dengan siapa pun," tandas Herman.

Siapkan Yel-Yel 1 Abad NU

Cerita Slank Siapkan Single Yel-Yel 1 Abad NU

Liputan6.com 2023-01-28 08:30:06
Bimbim Slank dalam konferensi pers Harlah 1 Abad NU. Slank mempersiapkan yel-yel 1 Abad NU. (Foto: NU Online)

Grup Band Slank menjadi salah satu pengisi acara dalam acara Resepsi Hari Lahir (Harlah) 1 Abad NU di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, pada 16 Rajab 1444 hijriah atau bertepatan dengan Selasa, 7 Februari 2023.

"Buat Slankers yang mau hadir (ke Resepsi Harlah 1 Abad NU) kalau bisa pakai baju putih, kalau bisa pakai peci," kata Bimbim dalam konferensi pers di lobi gedung Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jumat (27/1/2023).

Bimbim yang hadir memakai peci hitam dan kemeja putih itu mengaku telah menyiapkan kado khusus untuk NU di usia yang sudah mencapai 100 tahun itu.

"Ada kado khusus dari Slank. Kita mau coba bikin single tentang yel-yel 1 abad NU untuk menyemangati ulama bergerak dalam cinta dan damai. Insyaallah," kata Bimbim, dikutip dari NU Online, Sabtu (28/1/2023).

Ia mengaku sangat bahagia dan bangga karena dilibatkan untuk mengisi acara di Resepsi Harlah 1 Abad NU ini. Bimbim mengaku, Slank akan tampil dengan membawakan sekitar 13 lagu.

"Happy banget sih, bangga, dan excited nggak sabar untuk cepat-cepat tampil di 7 Februari," ucap Bimbim.

Selain Slank, akan ada juga penampilan musik orkestra oleh Addie MS dan koreografi 12 ribu Banser karya Denny Malik, Pelantun Shalawat Veve Zulfikar, Zulfikar Basyaiban, Penyanyi Woro Widowati, Pedangdut Rhoma Irama, Penyanyi asal Lebanon Maher Zain, dan Tohpati.


Penjelasan Ketua Umum PBNU Gus Yahya

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) menegaskan, NU harus hadir di tengah masyarakat dengan menggunakan kendaraan berupa seni budaya modern.

Hal itu diungkapkan Gus Yahya karena PBNU akan melibatkan banyak seniman dan musisi dalam acara Resepsi Hari Lahir (Harlah) 1 Abad NU di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, pada Selasa, 7 Februari 2023 mendatang.

Ia mengatakan bahwa pelibatan para musisi dan seniman ini baru pertama kali dilakukan. Gus Yahya mengaku sengaja mendorong tampilan seni modern dalam skala cukup besar pada Peringatan Harlah 1 Abad NU.

"Ini inisiasi bahwa ke depan nilai-nilai Islam Ahlussunnah wal Jamaah dan nilai-nilai NU, harus bisa dihadirkan di tengah masyarakat melalui kendaraan ekspresi seni budaya modern," kata Gus Yahya saat konferensi pers di Lobi Gedung PBNU, Jumat (27/1/2023).

"Ini supaya kita tidak terus menjadi buntut yang mengekor, tapi ke depan mudah-mudahan bisa berkembang seni modern yang membawa nilai-nilai NU," imbuhnya.

Gus Yahya menyebutkan, Resepsi Harlah 1 Abad NU itu akan dimeriahkan oleh penampilan musik orkestra dari Komponis Addie Muljadi Sumaatmadja (MS) serta koreografi ciptaan Denny Malik yang akan ditampilkan oleh 12 ribu pasukan Barisan Ansor Serbaguna (Banser).

"Ini nanti akan menjadi pagelaran yang nonstop (pada Selasa pagi) sampai malam harinya yaitu pada malam Rabu, mulai sekitar 19.30 WIB di Gelora Delta Sidoarjo," ucap Gus Yahya.


Penampilan Artis Lain

Selain musik orkestra oleh Addie MS dan koreografi Banser karya Denny Malik, akan ada juga penampilan musik dari Grup Band Slank, Pelantun Shalawat Veve Zulfikar, Zulfikar Basyaiban, Penyanyi Woro Widowati, Pedangdut Rhoma Irama, Penyanyi asal Lebanon Maher Zain, dan Tohpati.

"Tohpati ini yang menggubah lagu 1 abad NU, syairnya digubah oleh Gus Mus. Lagunya luar biasa indah, menyentuh. Kami beri judul Merawat Jagat Membangun Peradaban," kata Gus Yahya.

Ia mengatakan, para seniman ini akan dilibatkan juga dalam acara Anugerah 1 Abad NU di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, pada 31 Januari 2023 pukul 19.30 WIB.

"(Anugerah 1 Abad NU) acara untuk memberikan anugerah penghargaan kepada tokoh-tokoh yang berjasa selama satu abad perjalanan NU ini," jelas Gus Yahya.

"Acara itu nanti kita akan menampilkan sejumlah seniman yang akan membawakan musik, tarian-tarian," imbuhnya.

Tim Rembulan


Saksikan Video Pilihan Ini:

Ratu Terlama di Eropa

Ratu Denmark Margrethe II Jadi Perempuan Pemimpin Monarki Eropa Terlama

Liputan6.com 2023-01-28 14:00:03
Ratu Margrethe II dari Denmark menghadiri perjamuan gala di Istana Christiansborg. (AFP)

Usai kepergian Ratu Elizabeth II yang meninggal dunia pada 8 September 2022, gelar sebagai pemimpin monarki terlama yang masih berkuasa di Eropa kini dipegang oleh Ratu Margrethe II dari Denmark.

Tidak hanya itu, Ratu Margrethe II juga satu-satunya perempuan yang menjadi pemimpin monarki di Eropa setelah Ratu Elizabeth II wafat.

Margrethe naik takhta ketika ia berusia 31 tahun pada 14 Januari 1972, yakni setelah kematian ayahnya, Frederik IX. Ia pun kemudian menjadi perempuan pertama yang memegang posisi ratu yang memerintah di Denmark.

Akan berusia 83 tahun di 2023, Ratu Margrethe II kini tercatat telah bertakhta selama lebih dari 50 tahun.

Perayaan untuk memperingati 50 tahun bertakhtanya Ratu Margrethe II sayangnya harus ditunda dan digantikan sebagai perayaan kecil saja. Sebab, perayaannya saat itu berdekatan dengan kabar meninggalnya Ratu Elizabeth II.

Acara besar-besaran pun tidak dibuat demi menghormati Elizabeth II yang baru saja wafat. Elizabeth ternyata adalah sepupu ketiga Margrethe, dilansir dari The Brussels Times, Sabtu (27/1/2023).

Margrethe juga memiliki sifat yang mirip dengan Elizabeth. Misalnya, mereka berdua sama-sama menolak turun takhta, meskipun usianya yang sangat muda.

Selain itu, Elizabeth II dan Margrethe II fasih berbahasa Prancis. Kemiripan lainnya adalah, mereka berdua menyaksikan kengerian Perang Dunia II, di mana Denmark diduduki oleh Nazi Jerman.


Popularitas Ratu Margrethe II

Ratu Margrethe II adalah sosok yang populer di Denmark. Bahkan, pada 2018, sebanyak 80 persen masyarakat Denmark mendukung monarki.

Nyatanya, Margrethe seharusnya tidak dijadikan sebagai putri. Ia adalah anak tertua dari tiga putri dan menjadi putri pada 1953 setelah referendum mengubah aturan suksesi yang memungkinkan ia menjadi Ratu. Namun, pada saat itu, sepertiga warga Denmark menentang pemimpin perempuan.

Selain itu, monarki menggelepar ketika ia dimahkotai pada 1972, dan satu dari tiga masyarakat Denmark akan memilih republik daripada monarki. Namun, profesionalisme Margrethe pada akhirnya memenangkan dan menarik hati masyarakat Denmark.

Selama masa pemerintahannya, Ratu Margrethe II berhasil menghindari skandal dan membantu memodernisasi monarki Denmark, dilansir dari The Straits Times. Contohnya, ia mengizinkan dan merestui kedua putranya menikah dengan rakyat jelata.

Sejarawan Lars Hovebakke Sorensen mengatakan kepada AFP, bahwa Ratu Margrethe II berperan besar sebagai pemersatu Denmark di masa-masa perubahan yang menimpa negara tersebut.

"Ia (Ratu Margrethe II) telah berhasil menjadi seorang ratu yang menyatukan bangsa Denmark di masa perubahan besar yakni globalisasi, munculnya negara multikultural, krisis ekonomi pada 1970-an, 1980-an dan lagi pada 2008 hingga 2015, serta pandemi," kata Sorensen.

"Dasar popularitasnya adalah bahwa sang ratu benar-benar non-politis," lanjutnya.


Kenal Lebih Dalam Ratu Margrethe II

Lahir di Kopenhagen, Denmark pada 16 April 1940, Margrethe memiliki nama panjang Margrethe Alexandrine rhildur Ingrid.

Ia mengadopsi nama Margrethe sebagai nama takhtanya sebagai penghormatan dari Margrethe I, yang memimpin Denmark pada 1375 hingga 1412.

Melansir Vanity Fair, Margrethe dijuluki Ashtray Queen atau Ratu Asbak karena ternyata sang ratu adalah perokok berat.

Margrethe juga ternyata orang yang artistik. Selain menjadi ratu, ia adalah seorang pelukis serta desainer kostum dan set di sejumlah teater Eropa.

Dengan kemampuan artistiknya, ia pernah menjadi ilustrator di novel "The Lord of the Rings" oleh J.R.R. Tolkien, edisi bahasa Denmark yang terbit pada 2022.

Talenta Margrethe tidak hanya di bidang seni, tetapi juga di bidang linguistik. Sebab, ia fasih dalam lima bahasa, yakni bahasa Denmark, Swedia, Prancis, Inggris, dan Jerman. Dengan kemampuan berbahasanya, Margrethe II pernah terjun dalam proyek penerjemahan berbagai karya sastra, tetapi di bawah nama samaran.


Pernah Cabut Gelar Kerajaan Cucu-cucunya

Pada akhir September 2022, Ratu Margrethe II mengumumkan perubahan besar pada gelar anak-anak Pangeran Joachim dan keturunan mereka. Ratu memutuskan bahwa Pangeran Nikolai, Pangeran Felix, Pangeran Henrik, dan Putri Athena akan dicabut gelar kerajaannya.

Dalam keterangan pers oleh Kerajaan Denmark, dijelaskan bahwa, "Yang Mulia Ratu ingin menciptakan kerangka kerja bagi keempat cucunya untuk dapat membentuk kehidupan mereka sendiri ke tingkat yang jauh lebih besar tanpa dibatasi, dengan pertimbangan dan tugas khusus yang melibatkan afiliasi formal dengan Royal House of Denmark sebagai institusi."

Empat bangsawan muda itu akan disebut sebagai Count atau Countess of Monpezat. Terlepas dari perubahan drastis, Ratu Margrethe telah mengonfirmasi keempat cucunya akan mempertahankan tempat mereka dalam urutan suksesi.

Pengadilan Kerajaan Denmark juga mengatakan dalam pernyataannya, "Keputusan Ratu sejalan dengan adaptasi serupa yang telah diterapkan rumah kerajaan lain dengan cara yang berbeda dalam beberapa tahun terakhir."

Selebihnya baca di sini...

Biaya Perawatan Seharga Rumah

Sekali Perawatan Wajah Ayu Ting Ting Mencapai Rp 130 Juta: Di Kampung Gue Sudah Dapat Rumah

Liputan6.com 2023-01-29 09:00:02
Ayu Ting Ting Bergaya Pucca Hair [instagram/ayutingting92]

Untuk menunjang penampilan di layar kaca, tentu Ayu Ting Ting harus rutin menjalani perawatan wajah. Seperti baru-baru ini misalnya, ibunda Bilqis Khumairah Razak ini melakukan perawatan di salah satu klinik kecantikan terkenal.

Usai menjalani perawatan wajah, Ayu Ting Ting brgerak ke meja kasir. Dia sendiri terbelalak melihat nominal yang tertera dalam bukti pembayarannya.

Dalam kesempatan itu, pelantun lagu "Sambalado" ini melakukan berbagai jenis perawatan seperti infus level up, infus glow booster, skinbooster dan lainnya. Harganya bikin Ayu terbelalak. Yaitu, Rp 130.150.0000.

"Lihat segini," kata penyanyi dangdut berusia 30 tahun tersebut sambil menunjukkan kwitansinya ke arah kamera.


Wajah Mahal

Setelah melihat nominalnya, Ayu Ting Ting tak langsung membayar. Dia meminta pembayaran disatukan dengan biaya perawatan ayah ibunya yang saat itu belum selesai.

"Berapa ini? Mohon maaf sebelumnya ya ini kan kita masih kerja, buru-buru, masih ada ayah ibu kan di atas?" ujarnya.

"Gila, mahal juga mukaku ini. Oh My God," sambungnya.


Dibayar Orangtua

Ayu Ting Ting sempat digoda para staf karena tidak mau membayar perawatannya secara langsung. Dia pulang terlebih dahulu dan menyerahkan pembayaran kepada ayah dan ibunya yang masih perawatan.

"Terus kalau gue enggak mau bayar, muka gue sudah begini mau lo keluarin lagi? satuin aja bonnya sama ayah ibu, kalau dia enggak mau bayar enggak usah pulang dia," tuturnya.


Respons

Biaya perawatan wajah Ayu Ting Ting pun membuat warganet kaget. Harga yang tertera dinilai bisa digunakan untuk membeli sejumlah barang berharga.

"Di kampung q bisa buat beli rumah itu," tulis salah satu warganet.

"Gilaaaakkkk mahaalll banget cokkk," kata warganet lain.

"Aku aja nabung 130 juta masih ngos ngosan buat beli rumah ya allah kapan dapat duit segepok," tambah yang lainnya.

Kisah Cinta BCL-Ashraf

BCL Cerita Perjalanan Cintanya dengan Ashraf Sinclair Saat Konser di Malaysia, Disaksikan Keluarga Almarhum Suami

Liputan6.com 2023-01-29 07:00:21
Seperti baru-baru ini, BCL tampil nyentrik dan unik dengan mengenakan busana mirip celana jeans. Baju unik tersebut berpotongan dada model off shoulder yang memiliki bentuk seperti bagian pin

Bunga Citra Lestari atau yang akrab disapa BCL menggelar konser di Kulaa Lumpur, Malaysia, Jumat (27/1/2023). Dalam kesempatan ini, keluarga almarhum Ashraf Sinclair hadir menikmati pertunjukan di barisan penonton.

Di tengah konsernya, BCL menyapa keluarga besar almarhum. Dia lalu bercerita tentang isi hatinya saat pertama kali mendapati kenyataan bahwa sang suami telah meninggal dunia, Februari 2020.

"Di sini jug ada Umi dan Daddy, Aisyah, dan my family. Ada aunty-aunty di sini, Ashraf's family is here. Thank you so much," tutur ibunda Noah Sinclair itu di atas panggung.

"Sebelum pandemi terjadi, saya kehilangan the love of my life. Saya merasa itu adalah titik terendah dalam hidup saya. Bukan perkara yang mudah bagi saya bicara di sini, tapi saya hanya ingin membagi memori yang ada," sambungnya.


Nyaris Sempurna

Dia sangat bahagia memiliki seorang Ashraf Sinclair sebagai suaminya. Menurut BCL almarhum suaminya adalah sosok pria yang nyaris sempurna.

"Buat saya, bertemu Ashraf itu bukan hanya bersama seseorang yang amat sangat dekat dengan sempurna, tapi juga bisa bertemu keluarga yang begitu mencintai saya sampai sekarang," paparnya.


Pertemuan Pertama

Penyanyi berusia 39 tahun ini lantas menceritakan pertemuan pertamanya dengan sang suami bertahun-tahun silam. Pertemuan mereka terjadi di Kuala Lumpur.

"Dulu masih muda, masih berapi-api, Bertemu laki-laki ini di Malaysia kok ganteng banget. Ini siapa. Akhirnya saya berkenalan. Kalau enggak salah waktu itu harusnya saya promo album pertama saya di sini," ujarnya.


Lagu

Luapan cintanya terhadap Ashraf Sinclair juga dia tuangkan ke dalam bait demi bait lagu. "Saat itu saya sedang menyiapkan album kedua yang salah satu lagunya adalah ungkapan perasan saya pada awal saya bertemu Ashraf," tutupnya.

Anak Susah Makan, Nagita Punya Tipsnya

Tips Nagita Slavina Jika Anak Susah Makan

Liputan6.com 2023-01-28 16:00:37
Keluarga Nagita Slavina dan Raffi Ahmad/Instagram @raffinagita1717.

Nagita Slavina memiliki dua orang anak yang lucu, yaitu Rafathar Malik Ahmad dan Rayyanza Malik Ahmad. Keduanya tampak bahagia dan sehat.

Wanita yang akrab disapa Gigi itu mengaku ikut bahagia melihat perkembangan kedua buah hatinya. Selain itu Gigi juga mengatakan kalau urusan merawat anak terutama saat memberikan pola makan seimbang adalah sebuah tantangan tersendiri, terlepas kehadiran babysitter yang siap membantunya kapan saja.

"Kalau ngomongin tantangan, aku punya dua anak yang satu berusia tujuh tahun dan satunya masih bayi. Waktu Rafathar masih bayi, makan apa saja bisa masuk. Tapi saat berusia tujuh tahun, dia bisa memilih, sudah punya preverensinya karena sudah tahu rasa dan itu susah jadi banyak maunya," kata kata wanita kelahiran 17 Februari 1988 itu.

Saat hadir di acara Konferensi Pers: Semakin Dekat dengan Generasi Indonesia Emas Melalui #KebaikanIsiPiringku dan Program Kampung Keluarga Berkualitas, di Jakarta, Jumat (27/1), sebagai seorang ibu, Gigi menginginkan agar kedua buah hatinya tumbuh dengan kecukupan gizi seimbang. Maka dari itu, saat pemberian makan, dia memastikan semua nutrisi yang didapatkan si Kecil terpenuhi.

"Aku punya aturan kalau makanan itu harus yang sehat dan sesuai dengan Isi Piringku dengan gizi seimbang. Kalau makan banyak, dijatahin seminggu sekali. Tantangan lain pasti banyak tapi yang penting harus dilakukan konsisten," kata Gigi.

Selain itu, agar anak-anaknya nggak bosan dengan menu yang itu-itu saja serta mendapatkan gizi seimbang sesuai konsep Isi Piringku, istri Raffi Ahmad itu memilih untuk menghidangkan masakan di rumah.

"Makan bareng keluarga di rumah itu lebih kenyang karena bisa mengatur makanan sendiri. Kita juga bisa makan makanan yang seimbang," katanya.

Nah, mulai sekarang, kamu bisa menyajikan masakan lezat bernutrisi setiap hari untuk si Kecil dan keluarga di rumah, dengan porsi sesuai panduan Isi Piringku. Makanan pokok dan sayuran masing-masing 2/3 dari setengah piring serta lauk dan buah masing-masing 1/3 dari setengah piring.

Agar sajian tetap lezat, gunakan bumbu yang memiliki garam beriodium untuk membantu memenuhi 15% kebutuhan iodium harian keluarga dan #BantuTumbuhSesuai.

(*)

Sepatu Rp 7 Juta, Warga Kepo Gaji Walkot Solo

Gibran Rakabuming Pakai Sepatu Seharga Rp7 Juta, Warganet Penasaran Berapa Gaji Wali Kota Solo

Liputan6.com 2023-01-29 11:30:59
Gibran Rakabuming Pakai Sepatu Seharga Rp7 Juta saat pembukaan Solo Safari, Warganet Penasaran Berapa Gaji Wali Kota Solo. foto: Twitter @gibran_tweet

Gibran Rakabuming Raka baru saja meresmikan kawasan taman hiburan dan edukasi satwa Solo Safari di Solo, Jawa Tengah. Wali Kota Solo ini membagikan foto dirinya sedang memberi makan gajah di akun Twitter miliknya, 27 Januari 2023.

Gibran terlihat memberi makan gajah dengan sayuran. Ia memakai kemeja batik warna hijau putih yang digulung hingga siku. Ia melengkapi penampilannya dengan mengenakan celana panjang hitam dan sneakers berwarna senada.

Bila dilihat lebih dekat, ia terlihat memakai sepatu Adidas hitam series Yeezy 350 V2 Oreo Man yang membuatnya bisa melangkah dengan lebih ringan dan leluasa. Sebagian warganet salah focus dengan sepatu yang dikenakan putra sulung Presiden Jokowi (Joko Widodo) itu.

Menurut laman Voila.id, sepatu hitam dengan aksen tali hitam, motif garis putih, dan alas karet yang cukup tinggi itu dibanderol dengan harga sekitar Rp7 juta.

Adidas sendiri adalah sebuah brand sepatu asal Jerman, yang didirikan sejak 1949 oleh Adolf 'Adi' Dassler. Brand sepatu olahraga ini sangat diminati dan popular di banyak negara, termasuk di Indonesia.

Terkait sepatu yang dikenakan Gibran, warganet pun penasaran berapa gaji Wali Kota Solo. Adik Gibran, Kaesang Pangarep pernah mengungkapkan hal tersebut.

Saat diwawancarai presenter Irfan Hakim, Kaesang pernah mengatakan baik Gibran maupun kakak iparnya, Bobby Nasution sebagai wali kota Medan gajinya bisa dibilang tidak banyak.


Peringatan untuk Haters

Tak lama kemudian, Gibran membenarkan perkataan adiknya. Ia bahkan mengaku tak pernah mengambil gaji tersebut dan pilih mementingkan kebutuhan warganya.

"Ya memang kecil, sekitar Rp6 jutaan. Ya kita kan tiap hari banyak bertemu dengan warga, dengan berbagai permasalahannya, mulai dari yang nggak bisa bayar pengobatan rumah sakit, gak bisa ngambil SPP, nggak bisa beli susu, otomatis harus kita intervensi dulu lah," ucap Gibran, mengutip akun instagram @insta_julid, Minggu (29/1/2023).

Beberapa waktu lalu, Gibran Rakabuming telah pulang dari Uni Emirat Arab atau UEA usai bertemu Pangeran UEA, Sheikh Khaled bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan. Tidak dengan tangan kosong, ia membawa uang hibah 15 juta dolar AS atau sekitar 233 miliar rupiah.

Melansir kanal Showbiz Liputan6.com, proses pencairan dana hibah masih berlangsung dan diharapkan beres paling lambat akhir Januari 2023. Putra sulung Jokowi menyadari, akan selalu ada mulut nyinyir yang berkicau meski ia telah bekerja semaksimal mungkin.

Lewat jurnalis, Gibran Rakabuming Raka memperingatkan haters alias para pembenci yang gemar "berdendang" di medsos agar tidak nyinyir melulu. Sesekali, ikutlah berkontribusi nyata."Enggak usah nyinyir, ikut berangkat saja. Ikut berangkat, ikut cari dana," kata bintang film Sesuai Aplikasi, dilansir dari video interviu di kanal YouTube Berita Surakarta, Senin (2/1/2023).


Istri Ikut Jadi Sorotan

Mendarat dari UEA ke Jakarta lalu meneruskan perjalanan ke Solo, suami Selvi Ananda tak mengambil jeda panjang alias langsung ngantor. Wajahnya tampak lelah namun matanya berbinar.

Dalam kesempatan itu, Gibran Rakabuming menerangkan, dana hibah 15 juta dolar AS dari Pemerintah UEA beda dengan dana untuk membangun Islamic Center di Solo. "(Uang) 15 juta dolar AS-nya? Islamic Center beda lagi. (Hibah) 15 juta dolar AS sendiri, (dana) Islamic Center sendiri. Banyak banget, kan?" urai Gibran Rakabuming seraya mengaku selama di UEA, ia bertemu Pangeran, Menteri, hingga pejabat Duta Besar.

Tak hanya Gibran, sang istri yaitu Selvi Ananda juga kerap jadi sorotan. Perhatian publik kian besar setelah istri Gibran Rakabuming Raka ini ikut terjun mendampingi sang suami yang menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Selain kegiatan dinasnya sebagai istri wali kota, paras menawan dan penampilan modis ibu dua anak ini juga acap kali membuat banyak orang kagum. Ia disebut hampir tak pernah gagal memadu padankan busana yang dikenakan saat mendampingi sang suami dinas.


Tas Mewah Selvi

Belum lama ini, Selvi kedapatan menenteng tas mewah dari brand terkemuka. Dalam foto yang beredar di Instagram, istri Gibran Rakabuming Raka itu membawa tas tersebut saat pergi ke dokter. Tas tersebut merupakan produk rumah mode asal Prancis, Hermes.

Akun Instagram Hermes Indonesia mengungkapkan kalau Selvi menenteng tas Hermes birkin 25 berwarna cokelat muda. Dalam foto itu, Selvi terlihat memadukan tasnya dengan mengenakan baju lengan panjang warna cokelat susu dan celana biru dongker. Ibu dua anak itu melengkapi penampilannya dengan memakai masker cokelat muda dan heels berwarna senada.

Meski ukurannya sedang dengan desain simpel, harga tas tersebut ternyata mencapai ratusan juta rupiah. Akun Instagram @hermes,selebriti pada Sabtu, 31 Desember 2021 menuliskan kalau harga tas Selvi seharga 32.500 dolar AS atau setara Rp503 juta alias setengah miliar rupiah.

Warganet yang unggahan itu juga ikut kaget dengan harga tas wanita berusia tahun tersebut. Kata seorang warganet, tas yang digunakan Selvi itu dinilai setara dengan harga satu rumah di pinggir kota saat ini.

Menunggu Kontrak Seumur Hidup

Bunda Corla Cerita Jadi Pegawai McD di Jerman, Kenang Saat Pertama Kali Melamar

Liputan6.com 2023-01-29 19:30:00
Bunda Corla saat menjadi karyawan McDonald's Jakarta (Liputan6.com - M. Altaf Jauhar)

Bunda Corla mengisahkan soal dirinya yang melamar sebagai pekerja di restoran cepat saji McDonald's di Jerman. Diakui pemilik nama Cynthia Corla Pricilia tersebut, banyak persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa bekerja di sana.

Syaratnya meliputi izin tinggal di Jerman, tidak pernah punya masalah dengan polisi setempat, surat keterangan sehat hingga memiliki surat keterangan kelakuan baik. Hal itu diungkap Bunda Corla saat menjajal bekerja di McDonald's kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Minggu (29/1/2023).

"Karena persyaratan kerja di Jerman itu enggak semudah yang kita bayangkan. Kesehatan juga. Kalau ada penyakit, tergantung penyakit apa dulu. Punya surat baik dari polisi, baru kita dikasih tahu kapan di-interview," ungkap Bunda Corla.


Jalani Pelatihan

"Pas interview ditanya-tanya umur berapa, kerja dimana aja, punya pengalaman enggak di McD. Setelah itu baru persyaratan perdata. Seperti izin tinggal, paspor, masih berlaku atau tidak, surat sehat," tambahnya.

Setelah memenuhi persyaratan adiministrasi, kata Bunda Corla, dirinya harus menjalani pelatihan selama seharian tanpa digaji.


Kontrak 6 Bulan Kerja

Di tahap itu, perusahaan akan menilai kinerja Bunda Corla sebelum memberikannya kontrak kerja. "Selama 1 hari, 8 jam. Itu kita enggak digaji, siap kalau enggak diterima. Itu memang masa percobaannya. Kalau kita kerja bagus, kita tinggal menerima kabar kapan kita dipanggil," kenangnya.

Bunda Corla bersyukur, dalam waktu tiga hari, pihak perusahaan tertarik untuk menggunakan tenaganya. Untuk tahap awal, Bunda Corla mendapat kontrak selama 6 bulan bekerja di salah satu McDonalds di Jerman.


Menanti Kontrak Seumur Hidup

"Bunda langsung dipanggil. 'Nyonya Corla kita menerima anda sebagai pegawai McDonald's. Kita akan kasih kontrak kerja selama 6 bulan'. Setelah 6 bulan ternyata mereka senang dengan kerja Bunda, dan dikontrak lagi setahun. Jadi setahun 6 bulan. Nanti selama 2 tahun, setelah 2 tahun baru seumur hidup," urainya. (M. Altaf Jauhar)