"Perselingkuhan Hanya Imajinasi Jaksa"

Kuasa Hukum Kuat Ma'ruf: Perselingkuhan Putri Candrawathi dan Brigadir J Hanya Imajinasi Jaksa Penuntut

Liputan6.com 2023-01-31 11:16:51
Terdakwa Kuat Ma'ruf saat menjalani sidang tuntutan kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigair J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (16/1

Penasihat Hukum Kuat Ma'ruf membantah kliennya mengetahui isu perselingkuhan Putri Candrawathi dengan Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Penasihat hukum menuding jaksa berimajinasi dalam membuat dalil tersebut.

"Dalil Penuntut Umum mengenai adanya perselingkuhan saksi Putri Candrawathi dan korban merupakan imajinasi Penuntut Umum layaknya seperti menyusun sebuah novel," kata Penasihat Hukum di PN Jaksel, Selasa (31/1/2023)

Terdakwa Kuat Ma'ruf kembali menjalani sidang lanjutan kasus dugaan pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J di PN Jaksel hari ini, Selasa (31/1/2023).

Agenda pembacaan duplik atau tanggapan kuasa hukum terdakwa atas replik yang disampaikan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Tim Penasihat Hukum Kuat Ma'ruf menegaskan tidak sependapat dan menolak dalil Penuntut Umum dalam repliknya yang menyatakan bahwa uraian mengenai adanya perselingkuhan antara Putri Candrawathi dan Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J sudah jelas dan lengkap.

"Justru terlihat Penuntut Umum tidak mampu membantah argumentasi Tim Penasihat Hukum yang menolak tegas adanya isu perselingkuhan," ujar Penasihat Hukum Kuat Ma'ruf, Misbach.

Misbach menegaskan tidak ada fakta dan bukti persidangan ataupun petunjuk yang mampu menjelaskan bahwa adanya perselingkuhan tersebut. Khalayak yang menyaksikan persidanganpun menjadi saksi atas hal ini.

"Lalu pertanyaan kami, dari mana Penuntut Umum mengambilnya," ujar Misbach

Misbach mengungkit pernyataan Kuat Ma'ruf yang disampaikan dalam persidangan yang menyatakan. Adapun, pernyaataan 'Ibu harus lapor bapak, jangan sampai ini menjadi duri dalam rumah tangga'.

Misbach mengatakan, pernyataan tidak mengindikasikan Kuat Ma'ruf mengetahui adanya perselingkuhan sebagaimana dalil dari Penuntut Umum.

"Tetapi pernyataan tersebut merupakan reaksi spontan dan natural dari terdakwa yang merasa adanya suatu perbuatan dari pada korban yang telah membuat Putri Candrawathi mengalami kekerasan yang dilakukan oleh korban," ucap dia.

"Hal ini berdasarkan keterangan Putri Candrawathi bahwa korban telah berbuat sadis kepada Putri Candrawathi," Misbach menandaskan.


Jaksa Minta Hakim Tolak Seluruh Pleidoi Kuat Ma'ruf

Atas hal itulah, JPU ingin agar majelis hakim dapat menolak pledoi atau nota pembelaan terdakwa Kuat Ma'ruf. "Menolak seluruh pleidoi dari tim PH terdakwa Kuat Maruf," ujarnya.

"Menjatuhkan putusan sebagaimana diktum tuntutan penuntut umum yang telah dibacakan tanggal 16 Januari 2023," pungkasnya.

Diketahui, Kuat Ma'ruf pada Selasa 24 Januari 2023 telah menjalani persidangan dengan agenda pembacaan pleidoi atau nota pembelaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

Saat membacakan, pleidoi atau nota pembelaan, Kuat Ma'ruf dengan tegas menolak semua dakwaan jaksa penuntut umum (JPU).

"Yang Mulia, jujur saya bingung harus mulai dari mana karena saya tidak paham dan mengerti atas dakwaan dari JPU kepada saya yang dituduh ikut dalam perencanaan pembunuhan terhadap almarhum Yosua. Namun, saya harus tegaskan bahwa saya tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi kepada almarhum Yosua di tanggal 8 Juli 2022," kata Kuat Ma'ruf, Selasa 24 Januari 2023.

Menurut Kuat, sejak proses penyelidikan, dia seakan-akan dianggap dan bahkan dituduh mengetahui perencanaan pembunuhan terhadap almarhum Yosua.

Termasuk, kata dia, soal pisau yang dianggap telah siapkan dari Magelang, Jawa Tengah. Bahkan, dia dituduh membawa pisau tersebut ke Duren Tiga.

Kubu Sambo Sebut Jaksa Menggelikan

Penasihat Hukum Ferdy Sambo Tanggapi Replik JPU: Sangat Menggelikan dan Menyedihkan

Liputan6.com 2023-01-31 13:26:44
Ferdy Sambo terdakwa dugaan pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J bersiap mengikuti sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (31/1/2023). Sambo menjal

Penasihat Hukum Ferdy Sambo menanggapi replik Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang lanjutan kasus dugaan pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J digelar di PN Jaksel hari ini, Selasa (31/1/2023). Menurutnya, replik penuntut umum sama sekali tidak memuat hal-hal yang substantif.

"Bahkan tidak menjawab secara yuridis nota pembelaan dari tim penasihat hukum," kata Penasihat Hukum Ferdy Sambo, Arman Hanis Hanis di PN Jaksel.

Arman Hanis menyatakan, Penuntut Umum secara serampangan menyampaikan tuduhan kosong bahwa tim penasihat hukum tidak profesional, gagal fokus mempertahankan kebohongan terdakwa Ferdy Sambo, memberikan masukan agar menjadi tidak terang perkara, membuat dalil tidak berdasarkan, menjerumuskan terdakwa Ferdy Sambo, dan penuntut umum seakan malah menyerang kedudukan profesi advokat sebagai officium nobile.

"Tanggapan penuntut umum demikian terasa sangat menggelikan sekaligus menyedihkan karena dilandasi argumentasi yang bersifat halusinasi," kata ujar Arman.

Menurut Arman, Penuntut Umum terlihat frustasi karena semua dalil tuntutannya terbantahkan.

"Dan sialnya lagi, di saat bersamaan tidak mempunyai bukti dan dalil yang cukup untuk menutupinya. Yang tersisa hanyalah racauan atau semata-mata demi memenuhi syarat adanya tanggapan atas pleidoi," ujar Arman.

Arman mengatakan, penuntut umum sepatutnya memeriksa dengan baik dan teliti setiap keterangan saksi-saksi, para ahli, dan terdakwa Ferdy Sambo selama persidangan agar dapat secara utuh menilai kesesuaian fakta-fakta persidangan.

Sayangnya, replik penuntut umum malah terus terjebak pada kerangka imajinatif, yang bisa jadi turut menyesatkan proses peradilan, masyarakat, dan menjauhkan peradilan ini dari semangat imparsial dan objektif.

"Rasa frustasi sepertinya turut menyebabkan penuntut umum gagal memahami konsep dan sistem bekerjanya peradilan pidana, yang melibatkan tiga pilar penegak hukum yang setara, yaitu penuntut umum, penasihat hukum, dan majelis hakim," tandas dia.


Perpanjang Masa Penahanan

Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan memperpanjang masa tahanan terdakwa Ferdy Sambo dan empat orang lainnya dalam perkara pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J). Adapun masa penahanan Sambo Cs sebelumnya akan berakhir pada Senin (6/2) mendatang.

"Sudah dimohonkan perpanjangan penahanan untuk 30 hari lagi," ujar pejabat Humas PN Jaksel Djuyamto saat dikonfirmasi, Sabtu (28/1).

Djuyamto pun menegaskan, perihal penahanan Sambo Cs akan terus berlangsung selama proses pemeriksaan di pengadilan masih berlanjut. Dengan demikian, masa penahanan Sambo Cs selama 30 hari ke depan akan terus dapat diperpanjang selama kebutuhan proses pemeriksaan.

Langkah tersebut pun sesuai dengan ketentuan Pasal 26 ayat (1) dan 2 KUHAP yang menyebutkan ketua pengadilan negeri memiliki kewenangan untuk memutuskan penahanan selama 30 hari

"30 hari (penahanan) dihitung sejak tanggal 7 Februari 2023," tegasnya.

Dukung Richard Eliezer Dihukum Ringan

Dukung Richard Eliezer Dihukum Ringan, ICJR Kirim Amicus Curiae ke PN Jaksel

Liputan6.com 2023-01-30 11:35:29
Direktur Eksekutif ICJR, Erasmus Napitupulu menyerahkan amicus curiae (sahabat pengadilan) kepada majelis hakim PN Jaksel yang menangani kasus Brigadir J. ICJR berharap Richard Eliezer alias

Direktur Eksekutif Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) Erasmus Napitupulu menilai, terdakwa Richard Eliezer alias Bharada E seharusnya mendapat hukuman ringan dibandingkan empat terdakwa lainnya dalam kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

"Ketika jaksa dalam peringanannya sudah sampaikan Bharada E adalah sebagai JC, maka berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Saksi dan Korban, harusnya reward-nya adalah putusan ringan di antara pelaku lain," kata Erasmus di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Senin (30/1/2023).

Menurut dia, Bharada E sebagai Justice Collaborator (JC) punya andil besar dalam membongkar skenario bohong yang disusun oleh Ferdy Sambo di kasus Brigadir J.

"Bayangkan kalau tidak ada Bharada E, kasus ini akan sangat susah terbongkar," tutur dia.

Karenanya, ICJR, PILNET, dan ELSAM menyerahkan amicus curiae (sahabat pengadilan) kepada Majelis Hakim PN Jaksel yang menyidangkan perkara terdakwa Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E. Hal ini agar dijadikan pertimbangan majelis hakim dalam memutus perkara.

Erasmus menyinggung terdakwa Richard Eliezer yang telah mendapatkan perlindungan dari LPSK baik dari sisi perlindungan khusus, maupun perlindungan dari secara proses hukum.

"Kami mengirimkannya sebagai bentuk sahabat pengadilan, bentuk dukungan kami kepada pengadilan untuk kemudian pengadilan bisa memberikan putusan yang adil sesuai perundang-undangan, begitu Bharada E ini dianggap sebagai JC maka putusan yang diberikan reward-nya yang diberikan putusan yang paling ringan dari terdakwa lainnya," ujar dia.

Dalam dokumen itu, Erasmus menyebut, Richard Eliezer layak dijadikan sebagai Justice Collaborator. Dia sepakat dengan keputusan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) terkait hal ini.

"Apakah Bharada E dalam tindak pidana yang bisa diberikan JC, jawabannya iya. Banyak kasus-kasus penganiayaan, pembunuhan yang kemudian juga menjadi bagian dari JC begitu, ada beberapa kasus yang bisa diberikan perlindungan," ujar dia.


Pentingnya Peran Justice Collaborator

Dia menerangkan, Richard Eliezer dalam kasus ini berada pada posisi rentan dengan pelaku lain. Contohnya dengan Ferdy Sambo yang memiliki perbedaan 18 jenjang kepangkatan.

"Jadi ada konteks kerentanan ketika Bharada E dalam satu lingkungan perbuatan pidana ini. Sehingga kalau dibilang apakah beliau merupakan pelaku kerja sama yang kita bisa anggap legitimate karena kerentanannya, jawabannya iya," ujar Erasmus.

Dalam dokumen, turut dilampirkan beberapa kasus keberhasilan JC yang kemudian mengungkap kasus yang lebih besar.

"Jadi kepentingan kami ini bukan hanya soal Bharada E, bukan hanya soal kasus ini. Meski kasus ini penting, tapi ini pesan penting untuk masyarakat luas jangan takut untuk memberikan keterangan, untuk membongkar satu kasus kejahatan," ucap dia.

Dia mengatakan, seandainya jaksa dan hakim tidak mendukung sistem Justice Collaborator (JC) maka berpotensi mempersulit penegakan hukum. Apalagi kasus-kasus seperti korupsi, narkotika yang sangat terorganisir dan sulit diungkap.

"JC jadi penting. Jadi itu bagian yang paling penting. Jangan sampai orang bilang apa pentingnya jadi JC, sudah capek-capek di ruang sidang, ungkap kebenaran, tuntutan atau putusan masih berat," ujar dia.

Terharu Disambut Bak Selebriti

Bunda Corla Terharu Disambut Seperti Selebriti di Indonesia: Tiket Konser Sampai Habis, Diminta Foto Sana Sini

Liputan6.com 2023-01-31 11:30:00
Gaya Glamor Bunda Corla saat Konser Tunggal, credit: (@corla_2)

Hampir dua pekan Bunda Corla berada di Indonesia. Selama itu, ia meninggalkan kehidupannya di Jerman sekaligus aktifitas pekerjaannya di dapur restoran cepat saji.

Pengaruh media sosial membuat Bunda Corla disergap popularitas yang membahana. Gemar tampil di Instagram hingga TikTok, Bunda Corla sukses merebut hati pecintanya di Tanah Air.

Tak heran, kepulangan Bunda Corla ke Indonesia memantik daya tarik masyarakat sedemikian luas. Dari beragam kalangan, latar belakang pekerjaan hingga perbedaan usia, mengelu-elukan Bunda Corla bak selebritis.

"Pokoknya Bunda terharu banget (dengan sambutan masyarakat Indonesia)," kata Bunda Corla saat ditemui di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (30/1/2023).


Tiket Konser Ludes

Yang membuat Bunda Corla keheranan, tiket konser yang dijual untuk merayakan kedatangannya ke Indonesia, ludes terjual. Padahal, kata Bunda Corla, ia hanya berniat untuk menghibur penggemarnya dalam konser tersebut.

"Itu semua berjalan dengan lancar, Allah melindungi Bunda di sana, pokoknya tiket sampe kehabisan bahkan ada yang marah enggak dapet tiket," Bunda Corla menjelaskan.


Suasana Ceria

Bunda Corla melihat dari atas panggung jika penonton konsernya datang hanya untuk menyaksikan penampilannya dari dekat.

"Pokoknya di situ suasananya ceria, Mereka bilang aku enggak penting bunda mau ngapain, yang penting gue lihat sosok bunda," kata Bunda Corla.


Terharu

Bunda Corla tak sanggup menahan haru karena ia disambut layaknya selebritis. Banyaknya masyarakat yang meminta berfoto bersama, membuat dirinya diliputi rasa bahagia sekaligus tak percaya.

"Pokoknya bunda terharu banget sampe foto foto sana sini. Alhamdulillah beberapa kesampaian, salamin, fotoin. Tapi ada yang enggak kedapatan (foto bareng), Bunda minta maaf semuanya, anak anak Bunda se-Indonesia," Bunda Corla mengakhiri.

"China Bangkit, Kemenangan Besar Dunia"

Orang Terkaya Dunia Bill Gates Sebut Kebangkitan China Justru Kemenangan Besar Dunia, Kenapa?

Liputan6.com 2023-01-31 07:00:33
Bill Gates. (Ludovic Marin/Pool Photo via AP, File)

Kebangkitan ekonomi China dalam beberapa dekade terakhir telah menandakan "kemenangan besar bagi dunia". Akan tetapi, AS dan China justru saat ini menghadapi lose-lose dalam hubungan keduanya.

Hal itu diungkapkan oleh salah salah satu pendiri Microsoft sekaligus orang terkaya dunia Bill Gates di sebuah forum di Australia pada hari Senin. "Saya pikir AS ke China saat ini semacam mentalitas lose-lose," kata Gates seperti dilansir Forbes, Senin (30/1/2023).

"Jika Anda bertanya kepada politisi AS, 'Hei, apakah Anda ingin ekonomi China menyusut 20 persen atau tumbuh 20 persen?' Saya kawatir mereka akan memilih bahwa 'Ya, mari kita bunuh orang-orang itu,' tidak memahami bahwa untuk ekonomi global, penemuan obat kanker dan solusi perubahan iklim, kita semua bersama-sama. Kita manusia. Kami berinovasi bersama, dan kami harus bersama-sama mengubah ekonomi industri modern dengan cara yang cukup dramatis," ujar miliarder ini lebih lanjut.

Dalam hal ini, Gates pun setuju dengan pendapat mantan Perdana Menteri Australia Kevin Rudd. "Di AS, kami akan menjadi minoritas, di mana orang-orangnya agak hawkish. Saya pikir itu bisa memuaskan diri sendiri dengan cara yang sangat negatif," kata dia.

"Saya cenderung melihat kebangkitan China sebagai kemenangan besar bagi dunia," tambah dia seraya menjawab pertanyaan tentang pandemi Covid-19, energi, Ukraina, dan topik lainnya di acara yang diselenggarakan oleh Lowy Institute.

Hubungan antara AS dan China tengah tegang karena masalah geopolitik, terutama di Taiwan. Selain itu, juga disebabkan ketidaksepakatan perdagangan.

Sulap Padang Pasir Jadi Resor Ski dan Salju Buatan

Arab Saudi Bakal Sulap Padang Pasir Jadi Resor Ski dan Salju Buatan

Liputan6.com 2023-01-31 07:01:26
Trojena, tangkapan layar (sumber: youtube.com/NEOM)

Selama ini Arab Saudi mungkin banyak dikunjungi karena urusan bisnis atau menunaikan ibadah haji dan umrah. Padahal, negara ini memiliki bentang alam yang luar dan mulai membangun sejumlah tempat wisata yang menarik.

Tak mau bergantung lagi pada hasil minyak bumi, Kerajaan Arab Saudi sudah memulai program pembangunan destinasi wisata yang ambisius sekaligus mempermudah akses untuk berwisata. Tak hanya identik dengan gurun pasir yang panas, Arab Saudi berencana membuat megaproyek pusat olahraga musim dingin terbesar dengan dengan nama Trojena, yaitu resor ski senilai 400 miliar pound sterling atau hampir sekitar Rp6 triliun.

Melansir The Sun, 29 Januari 2023, proyek ini rencananya akan dibuka pada 2026,mendatang dan menggabungkan desa ski setinggi 7.874 kaki. Untuk fasilitas olahraga air, kesehatan, hiking, dan bersepeda gunung juga sedang dikerjakan.

Namun, fase terdekat proyek di Neom adalah Sindalah. Proyek ini direncanakan selesai pada 2024 dengan tujuan mengakomodir komunitas pelayaran dan pemilik kapal pesiar dari Mediterania dan sekitarnya. Nantinya, mereka akan bisa meluncur melalui Terusan Suez kemudian turun ke Laut Merah.

Bila proyek ini selesai, maka resor Trojena diyakini akan bisa bersanding dengan tempat-tempat seperti Val d'Isere, Verbier, dan Zermatt sebagai salah satu resor ski top dunia, bila dilihat dari sejumlah gambar perkiraan perwujudan proyek ini nantinya. Proyek ini juga merupakan bagian dari persiapan Trojena yang akan menjadi tuan rumah Asian Winter Games pada 2029 mendatang.

Upaya mewujudkan itu telah dimulai dengan mengubah kawasan tandus menjadi resor futuristik. Proyek ini merupakan bagian dari sejumlah proyek futuristik Neom yang juga akan membangun gedung pencakar langit dan kawasan bebas kendaraan bermotor.

Proyek ini dibangun dengan 100 persen energi terbarukan dan akan menjadi rumah bagi 9 juta orang. Selain itu, The Line bakal memiliki kereta berkecepatan tinggi yang melakukan perjalanan dari ujung ke ujung hanya dalam 20 menit.


Danau Buatan

Proyek ini merupakan gagasan Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman. Trojena akan dibangun di pegunungan Sarawat sekitar 30 mil sebelah timur pantai Laut Merah, daerah yang rata-rata 10 derajat celcius lebih dingin dibandingkan wilayah lainnya. Sedangkan di musim dingin suhunya bisa turun sampai di bawah nol derajat Celsius.

Destinasi ini akan menampung enam distrik pengembangan khusus yang menyatu dengan inovasi arsitektur dan teknik virtual. "Semua ini dibangun untuk menciptakan destinasi wisata yang tiada duanya di dunia," terang pihak NEOM.

Trojena sendiri terletak sekitar 50 km dari pantai Teluk Aqaba di jantung kawasan alam yang meliputi area seluas hampir 60 kilometer persegi. Trojena tidak hanya akan menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, namun juga akan menjadi tempat tinggal dan bekerja yang akan banyak diminati.

Lokasi itu akan dilengkapi dengan danau air tawar buatan, cagar alam serta lereng ski luar ruangan. Daerah tersebut termasuk salah satu dari sedikit daerah di Arab Saudi yang memiliki salju.

Namun banyak pertanyaan muncul apakah akan ada cukup salju alami untuk mendukung kegiatan olahraga musim dingin. Menurut Direktur Pelaksana Neom, Jan Paterson, salju di tempat tersebut adalah salju buatan sampai sekitar 70 persen.


16 Resor Mewah

Sementara itu, dalam rekaman drone yang dirilis pada akhir tahun lalu, konstruksi proyek tersebut terlihat sedang berlangsung. Cuplikan yang diterbitkan oleh operator drone Arab Saudi OT Sky dan majalah arsitektur terkenal Dezeen juga menunjukkan truk dan penggerak tanah yang tak terhitung jumlahnya terlihat bergemuruh di sekitar lokasi pembangunan saat mereka mulai bekerja.

Proyek ini juga mencakup rencana untuk Megacity terapung yang disebut Oxagon di lepas pantai Laut Merah. Destinasi wisata di Laut Merah akan menjadi rumah bagi 16 resor mewah. Six Senses Southern Dunes, St. Regis Red Sea Resort, dan Nujuma, Ritz-Carlton Reserve akan menjadi tiga resor mewah pertama yang akan dibuka di tahun ini. Seluruh pengembangan Laut Merah akan menggunakan energi terbarukan, termasuk semua fasilitas, transportasi, hingga seaplanes.

Selain itu ada sejumlah proyek terbaru lainnya di Arab Saudi. Media Israel, Globes, melaporkan pada Senin (23/1/2023), Arab Saudi berencana untuk membuat Pulau Tiran dan Pulau Sanafir di Laut Merah dapat diakses oleh wisatawan Israel. Riyadh dikabarkan juga berencana membangun jembatan yang menghubungkan pulau-pulau itu dengan Mesir.

Sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada Globes bahwa Arab Saudi akan segera mengizinkan warga Israel mendapatkan visa turis untuk mengunjungi Pulau Tiran dan Sanafir yang akan memiliki hotel dan kasino. Demikian laporan Globes yang dikutip via Al Mayadeen, Kamis (26/1/2023).


Arab Saudi dan Israel

Mengutip kanal Global Liputan6.com, 26 Januari 2023 yang melansir axios, para pejabat Arab Saudi dan Mesir mengatakan bahwa Riyadh memberi Kairo kontrol atas Pulau Tiran dan Pulau Sanafir pada 1950.Kedua pulau itu mengendalikan Selat Tiran, yang merupakan jalur laut strategis ke pelabuhan Aqaba di Yordania dan Eilat di Israel. Eilat sendiri merupakan pusat ekonomi dan perdagangan Israel.

Di bawah perjanjian perdamaian Israel-Mesir 1979, Tiran dan Sanafir harus menjadi zona demiliterisasi dan memiliki pasukan pengamat multinasional yang dipimpin oleh Amerika Serikat (AS). Kehadiran pasukan AS dimaksudkan untuk mengamankan lalu lintas laut Israel di rute perdagangan jika Arab Saudi menguasai wilayah tersebut dari Teluk Eilat.

Terlepas dari protes publik di Mesir, parlemen Mesir pada Juni 2017 dan mahkamah agung negara itu pada Maret 2018 menyetujui kesepakatan untuk mengembalikan kedaulatan Tiran dan Sanafir ke Arab Saudi. Tetapi, kesepakatan itu membutuhkan dukungan dari Israel merujuk pada perjanjian damai 1979.

Israel pada prinsipnya memberikan persetujuannya untuk memindahkan kedaulatan pulau-pulau itu kembali ke Arab Saudi sambil menunggu kesepakatan antara Mesir dan Arab Saudi untuk melanjutkan keberadaan pasukan pengamat multinasional yang berpatroli demi memastikan kebebasan navigasi di selat itu tetap ada tanpa hambatan. Tapi kesepakatan yang ditengahi oleh AS ini kabarnya belum mencapai titik temu.

Santap Hiu Putih Didenda Rp 280 Juta

Food Vlogger China Nekat Santap Hiu Putih Langka, Kini Didenda Hampir Rp280 Juta

Liputan6.com 2023-01-31 14:02:54
Ilustrasi mimpi, ikan hiu. (Photo by David Clode on Unsplash)

Seorang food vlogger asal China yang dikenal dengan nama Jin akhirnya mendapat ganjaran. Ia merekam dirinya sendiri saat memasak dan menyantap daging ikan hiu putih besar untuk kepentingan konten di media sosialnya.

Pada Sabtu, 28 Januari 2023, pejabat di Kota Nanchong mengumumkan bahwa mereka telah menghukum pemakan hiu langka itu dengan denda sebesar 125 ribu yuan atau sekitar Rp277 juta. Menurut laporan Fortune, Jin telah membeli dan memakan hewan liar secara ilegal.

Kontroversi bermula pada Juli 2022 lalu setelah influencer yang populer dengan nama Tizi mengunggah video dirinya memasak dan mengonsumsi hiu putih sepanjang enam kaki. Di dalam unggahan tersebut, perempuan itu menyayat-nyayat daging hiu, kemudian melumurinya dengan bumbu, sebelum memanggangnya di atas bara api.

Ia bahkan sempat memotret dirinya yang berbaring di samping ikan hiu yang sudah mati, untuk menunjukkan seberapa besar ikan yang akan disantapnya. "Mungkin terlihat ganas, tapi dagingnya benar-benar sangat empuk," seru Jin dalam klip tersebut, yang membuat heboh di Douyin, sebutan untuk platform Tiktok di Tiongkok

Jin awalnya mengklaim telah membeli hiu putih besar di toko Nanchong, tetapi sebenarnya dibeli seharga 7.700 yuan (sekitar Rp17 juta) di situs belanja milik Alibaba, Taobao, lapor CBS. Menurut laporan pada pekan lalu, para pejabat dapat mengidentifikasi daging terlarang itu sebagai daging putih besar dengan menguji DNA dari sisa makanannya.

Dengan memakannya, blogger makanan tersebut telah melanggar Undang-Undang Perlindungan Satwa Liar Tiongkok, yang melarang perdagangan komersial spesies satwa liar tertentu. Bersamaan dengan denda yang disebutkan di atas, pihak berwenang juga menangkap dua orang yang terlibat dalam penangkapan dan pengiriman hiu yang dimakan Tizi.


Penurunan Minat

Jin sebelumnya dihujat massal di media sosial sebelum mendapat sanksi setimpal atas perbuatannya. "Sungguh mengherankan bahwa seorang selebritas internet dapat memakan hewan yang dilindungi di depan jutaan orang di siang hari bolong!" komentar seorang warganet yang geram atas perilaku Jin.

Yang lain menulis, "Penjual perhatian yang tidak berbudaya ini akan membungkuk sangat rendah untuk menarik perhatian!"

Terlepas dari popularitasnya di kalangan pecinta makanan di China, konsumsi hiu sebagian besar telah menurun di Tiongkok. Laporan pada 2014 menyatakan bahwa konsumsi sirip hiu - hidangan perjamuan tradisional - anjlok lebih dari 80 persen di hub sirip hiu negara itu. Sementara, 85 persen pelanggan di China yang disurvei mengklaim bahwa mereka tak lagi memakan sirip hiu dalam 10 tahun terakhir, menurut Oceana .

Ini merupakan reaksi dari undang-undang China yang melarang konsumsi sirip hiu dalam jamuan resmi pada 2013. Upaya untuk membatasi santapan sirip tidak terbatas di China. Musim panas lalu Senat AS meloloskan Undang-Undang Penghapusan Penjualan Sirip Hiu, "RUU yang akan melarang pembelian dan penjualan sirip hiu di Amerika Serikat."


Terancam Punah

Menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN), hiu putih besar rentan terhadap kepunahan. Namun, manusia dengan sengaja membunuh mereka sebagai bagian dari program perlindungan pantai di Australia dan Afrika Selatan, meskipun terkadang hiu ditangkap dan dilepaskan hidup-hidup.

Sejumlah peneliti pun mencoba menyelamatkan keberadaan hewan laut di puncak rantai makanan itu dengan menguji teori bahwa hiu menyerang manusia karena mereka mengira manusia sebagai mangsa. Hal penelitian mereka kemudian diterbitkan di Journal of Royal Society Interface pada 26 Oktober 2021.

"Hiu putih sering digambarkan sebagai 'pembunuh yang tidak berakal' dan menyukai daging manusia, namun, hal ini tampaknya tidak terjadi, kami hanya terlihat seperti makanan mereka," kata penulis utama studi, Laura Ryan, seorang ahli saraf dan peneliti pasca doktoral di Macquarie University di Australia, dikutip dari Live Science, Senin, 1 November 2021.

Para peneliti merekam video seekor anjing laut dan manusia di dalam air, meskipun dapat menimbulkan risiko terbesar bagi peselancar manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk dan gerakan manusia terlihat sama seperti anjing laut dari sudut pandang hiu.


Serangan Hiu Putih

Menurut File Serangan Hiu Internasional Universitas Florida, hiu putih besar (Carcharodon carcharias) memiliki lebih banyak kasus kematian manusia daripada spesies hiu lainnya. Diketahui hiu putih besar telah membunuh enam orang pada 2020, meskipun risiko manusia digigit hiu relatif sangat rendah.

Hiu putih besar berburu anjing laut sepanjang sekitar 2,5 meter. Hewan ini mengembangkan gambar pencarian mangsanya dan menggabungkannya dengan informasi sensorik lainnya, seperti penciuman, untuk mengetahui apa yang harus dimakan. Namun, hiu putih tidak memiliki penglihatan warna dan tidak dapat melihat detail halus seperti mata manusia.

Para peneliti memproses video yang mereka rekam untuk mencerminkan bagaimana retina hiu mendeteksi gerakan dan bentuk anjing laut, dan membandingkan gerakan itu dengan manusia yang berenang atau mendayung di atas papan selancar. Mereka menyimpulkan bahwa tidak ada skenario yang berbeda secara visual untuk hiu putih besar remaja yang berenang di bawah.

"Secara khusus, saya pikir perenang mungkin tidak sama seperti peselancar dan anjing laut, karena mereka biasanya tidak mengalami banyak gigitan hiu. Namun, perenang juga sulit dibedakan dari anjing laut." kata Laura Ryan.

Penelitian ini hanya berlaku untuk hiu putih besar, dan hiu lain yang terkadang juga menggigit manusia, seperti hiu banteng dan hiu macan. Tetapi, menurut Laura Ryan, hiu putih besar dewasa menjadi pemburu yang berpengalaman, sehingga mereka membuat lebih sedikit kesalahan daripada hiu putih remaja.

Perpisahan Mengharukan Witan Sulaeman

Jadi Pemain Baru Kelima, Witan Sulaeman Resmi Gabung Persija

Liputan6.com 2023-01-31 11:26:08
Witan Sulaeman resmi gabung dengan Persija untuk main di BRI Liga 1 (twitter/Persija)

Pemain timnas Indonesia yang merantau di luar negeri mulai pulang ke tanah air. Setelah Egy Maualana Vikri yang gabung dengan Dewa United, giliran Witan Sulaeman yang pulang ke indonesia untuk gabung Persija Jakarta.

Seperti dilansir situs resmi klub, Witan Sulaeman resmi sudah didaftarkan Persija Jakarta untuk persaingan di BRI Liga 1 2022/2023.Witan Sulaeman menjadi pemain baru kelima yang didatangkan Persija di pertengahan musim.

Sebelumnya, Persija juga datangkan Birrul Walidain, Dani Maulana, Aji Kusuma dan Rachmat Nicko. Di sisi lain, Persija juga sudah melepas 8 pemain yaitu Braif Fatari, Taufik Hidayat, Otavio Dutra, Rezaldi Hehanusa, Hamra Hehanusa, Ryuji Utomo, Ricky Cawor dan Rangga Widiansyah.

Witan menjadi pemain keempat yang didatangkan Macan Kemayoran untuk mengisi kedalaman skuad asuhan pelatih Thomas Doll. Winger lincah ini akan dikontrak panjang oleh Persija selama 3,5 tahun.

Pemain asal Palu, Sulawesi Tengah ini memulai karier di Diklat Raguna. Dia lalu gabung dengan Timnas U-19 setelah dibawa Indra Sjafri.

Witan terjun ke sepak bola professional pada periode 2019 di mana ia bermain untuk PSIM Yogyakarta di Liga 2.Pada 2020 Witan pindah dari PSIM untuk mencicipi kehidupan sepak bola professional di Eropa, tepatnya di Liga Serbia bersama FK Radnik Surdulica.

Selama di sana dia bermain sebanyak dua kali dan mengantongi 71 menit bermain.


Pindah ke Polandia

Setahun berselang dirinya bergabung ke klub Polandia, Lechia Gdansk, di mana rekan sekompatriot Egy Maulana Vikri juga pernah berseragam Lechia Gdansk. Namun baru setengah musim berjalan dan belum sempat tampil, Witan dipinjamkan ke klub asal Slovakia, FK Senica.

Catatan Witan di FK Senica pun menonjol. Ia tampil membela klubnya sebanyak 12 kali, mencetak empat gol, dan satu assist. Usai dari masa peminjamannya di FK Senica pada 11 Mei 2022, Witan pindah ke klub Slovakia lainnya, yaitu AS Trencin.

Selama di AS Trencin, Witan bermain sebanuak 14 kali, dengan catatan empat gol dalam 458 menit bermain.


Langganan Timnas

Selain mempunyai catatan baik selama berkarir di level klub, Witan pun merupakan langganan Timnas.Witan sudah debut di Timnas sejak usia 15 tahun tujuh bulan saat tampil di Indonesia kelompok umur U-19.

Sampai saat ini Witan sudah mempersembahkan piala AFF U-22 2019, medali perak SEA Games 2019, dan runner up Piala AFF 2020.

Manajemen dan tim pelatih berharap pemain berjulukan Baby Shark dapat menambah daya gedor lini serang Macan Kemayoran agar lebih produktif.


Peringkat

Geram kepada Haters Betrand Peto

Ruben Onsu Layangkan Surat Peringatan Terbuka, Geram Ulah Haters Betrand Peto Makin Menjadi

Liputan6.com 2023-01-31 18:00:00
Saat hadir dalam acara KICKS di Jakarta Pusat, Senin (14/8) Ruben mengaku bahwa ia diminta untuk menggantikan Jupe. Saat itu, pelantun lagu Belah Duren itu mengaku tidak bisa datang lantaran

Ruben Onsu geram dengan banyaknya unggahan di media sosial yang mengejek dan menyudutkan putranya, Betrand Peto.

Bintang film Bus Om Bebek kemudian melayangkan peringatan terbuka terhadap pihak-pihak yang sudah menyebarkan informasi tidak benar tentang putranya.

Menurut Ruben, tingkah akun-akun tersebut sudah sangat keterlaluan dan menjadi-jadi. Melalui akun Instagram terverifikasinya, Ruben memposting surat peringatan terbuka tersebut.

"Ya seperti yang di-posting aja. Karena semakin sengaja dan mereka biasa aja, kayak semakin menjadi jadi," ujar Ruben kepada wartawan di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (31/1/2023).


Ditantang

"Ya sudah, saya enggak usah lawan mereka semua. Saya tantangin sekalian," tambahnya.

Ruben mengatakan, ada beberapa akun yang membuat video tentang Bertrand Peto yang tidak sesuai dengan fakta dan cenderung berisi ujaran kebencian serta fitnah.

"Ada beberapa, kalau menurut saya dibalikin ke manusianya aja, itu ptongan gambar yang diambil, terus menggiring sebuah opini, wah itu udah bahaya," urai suami Sarwendah tersebut.


Somasi

Ruben tidak ingin hal ini terus-menerus terjadi hingga dikhawatirkan berdampak buruk pada putranya di masa depan. Ia mengambil sikap untuk melayangkan somasi secara terbuka.

"Saya sudah konsultasi juga ke kuasa hukum sebelum somasi atau tantangan ini," imbuhnya.


Diurus Pengacara

Dilanjutkan Ruben, dirinya belum mengetahui apakah sudah ada permintaan maaf dari pelaku. Ia juga belum melapor, karena masih ada tahap yang harus dilalui.

"Ada tahapnya. Enggak tau deh tim lawyer gimana. Diurus sama lawyer," pungkas Ruben Onsu. (M. Altaf Jauhar)

NU Terus Netral di Tahun Politik

HEADLINE: Jelang Peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama, Tetap Netral di Tahun Politik?

Liputan6.com 2023-02-01 00:03:06
Logo Harlah Seabad NU. (Dok. PBNU)

Nahdlatul Ulama akan memasuki usia 1 Abad dan puncak peringatannya akan digelar di GOR Delta Sidoarjo pada 7 Februari 2023. Bukan hanya sekedar perayaan, organisasi yang didirikan oleh KH Hasyim Asy'ari pada 31 Januari 1926 itu tentu akan menjadi salah satu sorotan di tahun politik di Pemilu 2024.

Sebagai sebuah organisasi besar, NU memiliki kekuatan menggerakan massa, yang tentu saja berdampak pada suara bagi para calon yang mendekatinya.

Lihat saja, terpilihnya Ma'ruf Amin sebagai Wakil Presiden yang menjabat sebagai Rais Aam PBNU, bisa jadi sebagai gambaran besar bahwa ada keterwakilan NU. Bahkan, hingga hari ini, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, juga tak mau melepas label NU di partainya.

Di luar itu ada nama-nama yang digadang-gadang jadi tokoh di Pemilu 2024, mendekati NU. Sebut saja Menteri BUMN Erick Thohir yang kini menjabat sebagai Ketua Panitia Pengarah (Steering Committee) Peringatan satu abad NU, bahkan sudah menyandang Anggota Kehormatan Banser Ansor NU, diprediksi bisa mendapat dukungan dari para Nahdliyin.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia yang juga akademisi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno memandang wajar jika banyak tokoh mendekati NU, karena organisasi tersebut memang paling berpengaruh bukan hanya soal politik elektoral, tapi juga soal politik kebangsaan.

"Dari segi politik kebangsaan, narasi keagamaan NU itu kan Islam yang moderat, yang tidak menentangkan antara Islam dan Pancasila, tidak mempertentangkan Islam dan demokrasi. Dengan kata lain bahwa paham yang disampaikan, paham yang diamalkan dalam tradisi keagamaan NU adalah Islam moderat. Menghargai pluralisme, toleransi diantara berbagai suku bangsa berbeda-beda, dan itu yang membuat tarikan nafas politiknya selalu memiliki kesamaan narasi besar," jelas dia kepada Liputan6.com, Selasa (31/1/2023).

Dari sisi politik elektoral, NU memang dikenal paling banyak didekati para calon atau kandidat baik itu di tingkatan Pileg, Pilkada, maupun Pilpres. Basisnya pun tersebar di seluruh wilayah Indonesia bahkan sampai ke pelosok.

"Jadi wajar jika banyak partai dan calon berlomba-lomba mendekati NU, menjadi bagian dari NU, atau merasa dekat dengan NU. Itu menjadi penting, padahal NU tidak berpolitik tapi kesan dekat dengan NU menjadi penting," ungkap Adi.

Dia menegaskan, pada prinsipnya NU sebenarnya netral dalam urusan politik elektoral, bahkan secara organisasi pun sama.

Di era kepemimpinan KH Yahya Cholil Staquf pun, NU mencoba menjadi rumah besar bagi semua pihak.

"NU kan mengayomi juga rekan yang di PDIP, mengayomi juga yang ada di Golkar, mengayomi juga yang ada di PPP, di NasDem, Demokrat, jadi begitu. Selama ini kan seakan-akan NU menjadi kendaraan politiknya PKB, karena memang melihat sejarahnya, PKB memang lahir dari rahimnya NU, tapi ada upaya dari Gus Yahya untuk menetralisir supaya NU tidak hanya partisan partai politik tertentu," kata Adi.

Meski demikian, dia menyebut NU akan selalu mendukung calon, dalam hal calon presiden yang tak bertentangan dengan visi dan misi organisasinya.

"Yang dinilai punya tarikan nafas politik kebangsaan yang sama. Kalau ada capres yang dinilai agak ekstrem, dekat dengan kelompok-kelompok radikal, pasti tidak didukung oleh NU karena NU tidak begitu mazhab politiknya. NU itu, ya moderat," jelas Adi.

"Jadi apapun aliran politiknya, apapun agama dan sukunya, apapun partainya, selama menjunjung toleransi dan pluralisme pasti akan didukung oleh NU. Jadi, dukung itu bukan orang tapi pada nilainya," sambungnya.

Senada, Direktur Eksekutif Indonesia Political Power, Ikhwan Arif memandang, semakin besar NU. tantangan sosial dan politik juga berbanding lurus. Karena NU memiliki basis massa yang kuat, sehingga tidak heran akan ada pihak yang berusaha mendekati.

"Memang banyak politisi atau partai politik yang dekat dengan NU karena suatu hal yang lumrah ketika ada kader-kader NU sendiri yang merupakan sumber daya utama NU terjun ke dalam politik praktis. Jadi ada benang merah yang memisahkan antara NU dan keterlibatan politisi dalam upaya mengasosiasikan diri dengan NU," kata dia kepada Liputan6.com, Selasa (31/1/2023).

"Apalagi di tahun politik suatu hal yang wajar terjadi meskipun NU secara terang-terangan netral dan tidak terlibat dalam politik praktis, justru politisi sendiri yang akan mendekatkan diri, palagi politisi itu sendiri bagian dari organ NU," sambungnya.

Arif menegaskan, selama ini NU selalu menunjukkan netralitasnya dalam menghadapi konstelasi pemilu, akan tetapi sulit dihindari ketika darah NU sendiri mengalir di beberapa organisasi politik atau partai politik.

"Sejauh ini kita hanya bisa melihat netralitasnya NU secara kelembagaan meskipun darah NU itu sendiri tersebar luas di beberapa partai politik atau organisasi sosial politik yang mempunyai pengaruh besar dalam konstelasi Pemilu 2024," jelas dia.

Menurutnya, NU harus bisa menempatkan diri dalam menghadapi pemilu di 2024 karena begitu besarnya organisasi NU secara kuantitas bisa saja di mobilisasi secara tersembunyi oleh politisi untuk mendulang suara di kantong-kantong pemilih NU.

"Inilah yang merupakan faktor utama NU selalu menjadi incaran organisasi politik seperti partai politik dalam merebut suara NU namun perolehan suara akan tersebar luas dalam porsi masing-masing kekuatan NU di berbagai daerah. Apabila darah NU-nya kuat akan berdampak besar dalam perolehan suara sebaliknya apabila darah NU nya lemah akan berpengaruh juga dalam perolehan suara," tegas Arif.

Kembali ke Jalur

Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago memandang, saat ini adalah tahun keemasan bagi NU, sehingga wajar jika ada tarik menarik kepentingan untuk mendapatkan efek elektoral.

"NU mempunyai bargaining yang kuat dan luar biasa. Punya kesejarahan yang panjang," jelas dia kepada Liputan6.com, Selasa (31/1/2023).

Meski tak bisa lepas dari politik, kata Pangi, NU harus menunjukan entitasnya sebagai organisasi sosial ketimbang menjadi kendaraan politik elektoral dan kepentingan pragmatisme.

"Saya pikir NU bisa netral. Bisa saja, dalam arti tidak menjadi secara kepengurusan dan lembaga, NU tidak memutuskan mendukung siapapun, bagus sebetulnya," kata dia.

Namun, jika ada kader-kader NU yang secara pribadi mendukung, itu susah juga. Karena itu, diharapkan NU yang rawan dijadikan komoditas politik bisa menolak tawaran dan tidak mau terjebak ke agenda politik pragmatis dan transaksional

"Baiknya NU kembali lagi ke trayek rute lama yakni dengan memperkuat kembali khitah NU 1926. Jadi walaupun NU punya sejarah sebagai organisasi Islam yang Punya DNA Politik namun sesuai dengan anjuran Ketua PBNU Gus Yahya agar NU tidak lagi terlibat agenda politik pragmatis. Apalagi katanya Gus Yahya enggak mau lagi turun ke gelanggang politik pragmatis dan transaksional," pungkasnya.


Berjalan Sebagaimana Mestinya

Ketua PBNU Ahmad Fahrur Rozi atau Gus Fahrur mengatakan, meski 1 Abad NU beririsan dengan tahun politik, dia menegaskan lembaganya tidak akan kemana-mana.

"NU tetap konsen sebagai organisasi sosial keagamaan. Artinya kita menarik garis yang lurus tentang komitmen organisasi ini, supaya tidak tercerai-berai, dukung-mendukung dalam kontestasi pilkada atau pilpres, pileg. Ketua umum PBNU sudah menyatakan NU tak boleh ditarik kemana-mana. NU akan fokus pelayaan masyarakat, jemaah dan kerja sosial," kata dia kepada Liputan6.com, Selasa (31/1/2023).

Gus Fahrur menegaskan, meski banyak warga NU di partai politik, itu bukan berarti bisa menarik secara kelembagannya untuk terjun ke politik elektoral.

"Anak-anak NU itu dipersilahkan (masuk) berbagai partai. Yang penting dia tak menyeret lembaga NU di kampanye, baik itu pileg maupun pilpres. NU enggak boleh dibawa. Kalau ada orang berkiprah di politik, dia harus bawa dirinya sendiri," ungkap dia.

Menurut Gus Fahrur, ini bentuk komitmen PBNU. Bahwa, pihaknya sudah punya garis lurus dan harus dihormati semua pihak.

"Kita berkomitmen untuk tidak membawa NU ke mana-mana. NU harus tetap di relnya, ibarat kereta api tidak boleh dibajak. Sudah punya garis lurus, sudah punya landasan dan gerak. momen-momen politik itu hanya boleh dilakukan person-person," jelas dia.

Dia menegaskan, 1 Abad NU ini adalah momentum untuk melakukan penguatan organisasi, baik ke dalam maupun ke luar. Dan menjadi momentum melakukan konsolidasi.

"Kita harus berbuat untuk negara. Mengawal keberagaman, menjaga perdamaian dunia, dan juga memajukan bangsa. Dan ini termausk penguatan terhadap organisasi kita," jelas Gus Fahrur.

Selain itu, dia menegaskan, akan terus memperkuat basis NU, serta membangun jaringan di daerah.

"Ini dalam rangka untuk memperkuat NU lebih baik lagi," tukasnya.

Hal ini diamini oleh tokoh senior NU KH Masdar Farid Mas'udi menegaskan, PBNU sedari dulu sudah bersikap netral dan tak akan pernah berubah.

"Pada prinsipnya tentang hal itu, NU mengambil netral," jelas dia.

KH Masdar pun mengingatkan, bahwa NU bukanlah partai politik. Karena itu, pihaknya fokus pada keagamaan dan masalah sosial.

"NU bukan organisasi atau partai politik. NU adalah organisasi sosial keagamaan," pungkasnya.


Saling Klaim

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid menyampaikan, PBNU berperan besar tidak hanya bagi bangsa Indonesia melaikan juga bagi lahirnya PKB.

Oleh karena itu ia menilai antara PBNU dan PKB tidak bisa dipisahkan.

"Jangan ingkari sejarah, PBNU lah yang membidani lahirnya PKB. Memisahkan NU dan PKB itu sama dengan melawan sejarah, mustahil," kata Jazilul saat dikonfirmasi Liputan6.com, Selasa (31/2023).

Di usia PBNU yang kian matang, PKB berharap PBNU tetap menjaga komitmen kebangsaan dan PKB akan tetap berkomitmen pada PBNU juga.

"Dan dalam usia satu Abad NU, PKB akan tetap berkomitmen berkhidmah pada NU sampai kapanpun. Sebab itu tanggung jawab sejarah kelahiran PKB," jelas dia.

Terkait netralitas PBNU di Pemilu 2024, lanjut Jazilul, ia justru menduga ada oknum penyusup di PBNU saat ini yang bertujuan mendukung suatu kelompok tertentu, namun ia tidak menyebutkan nama penyusup tersebut.

"Nah, Justru yang perlu diwaspadai saat ini, disinyalir adanya penyusup ditubuh PBNU, yang bermain untuk kepentingan kelompok tertentu," pungkasnya.

Meski demikian, Wakil Ketua PPP Arsul Sani menyatakan peran besar NU bagi bangsa tidak terbantahkan.

"NU ormas Islam terbesar di tanah air telah memberikan sumbangsih yang luar biasa pada bangsa ini bahkan sejak sebelum kita merdeka. Kemudian jika kita bicara peran setelah kemerdekaan, tak seorangpun bisa membantah NU adalah ormas Islam penjaga keutuhan 4 konsensus bernegara ini (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika)," kata Arsul pada Liputan6.com, Selasa (31/1/2023).

PPP menilai PBNU berhasil merekatkan elemen bangsa dan menjaga keberagaman.

"Yang menggambarkan kemajemukan bangsa ini shg bangsa ini tdk terpecah belah lewat ajaran Islam moderat juga peran menjaga bangsa dan negara ini dari ancaman kelompok radikal yang cenderung intoleran," ungkapnya.

Terkait NU yang kerap disandingkan dengan PKB, Arsul menegaskan NU bukan hanya PKB saja, melainkan partai lain yang bernafas NU seperti PPP.

"Dalam konteks politik, kaitan NU itu bukan hanya dengan PKB saja. Bahkan puluhan tahun sebelumnya ketika NU tidak lagi menjalankan perannya secara langsung sebagau parpol, maka NU-lah yang justru berperan dan terkait dengan PPP. NU adalah pendiri dengan saham terbesar di PPP," kata dia.

"Jadi kalau kemudian peran politik NU itu hanya dikaitkan satu partai saja, yakni PKB, maka itu sama saja mengerdilkan kebesaran dan kekuatan NU. Faktanya pun warga NU yang nota bene berjumlah lebih dari 100 juta di negara ini, sedang pemilih PKB tidak sampai 15 juta, itu artinya malah mayoritas warga NU yang punya hak pilih lebih tersebar di berbagai partai termasuk di PPP," sambungnya.

Terkait netralitas NU di tahun politik, PPP berharap bisa menjga jarak dengan parpol atau kekuatan politik tertentu.

"Netralitas NU itu seyogianya dimaknai sbg sikap organisasi yang menjaga jarak yang relatif sama dengan semua kekuatan politik serta memberikan kebebasan dan keleluasaan kepada kaum Nahdhiyin untuk bergabung di kekuatan politik manapun sepanjang kekuatan politik itu bukan kelompok yang jauh dari Islam ahlus sunnah wal jamaah," kata Arsul.

Wakil Ketua MPR itu mengakui NU sangat rawan dipolitisasi, namun ia yakin pimpinan PBNU saat ini mampu menjaga sikap.

"NU memang bisa jadi rawan dipolitisasi. Tapi saya melihat PBNU saat ini dibawah duet Rais Aam KH Miftahul Akhyar dan Ketum PBNU KH Yahya Staquf akan bisa mengelola politisasi NU itu dengan baik," pungkasnya.