Heboh Gaji Kepala Otorita IKN

Kepala Otorita IKN Dapat Gaji Rp172 Juta, Dana Operasional Rp178 Juta

Liputan6.com 2023-02-01 15:50:48
Kementerian PUPR telah memulai pembangunan infrastruktur dasar mendukung Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, di Kalimantan Timur. (Dok Kementerian PU

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meneken Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 13 tahun 2023 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Lainnya Bagi Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN). Aturan ini diteken Jokowi pada 30 Januari 2023.

"Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara diberikan hak keuangan dan fasilitas lainnya," demikian bunyi Pasal 2 sebagaimana dikutip Liputan6.com dari salinan Perpres, Rabu (1/2/2023).

Berdasarkan Perpres, Kepala Otorita IKN mendapatkan hak keuangan dengan total Rp172.718.840. Rinciannya, gaji pokok sebesar Rp5.040.000, tunjangan melekat (tunjangan keluarga dan beras) Rp648.840, tunjangan jabatan Rp13.608.000, dan tunjangan kinerja Rp153.422.000.

Sementara itu, total hak keuangan untuk Wakil Kepala Otorita IKN sebesar Rp155.180.670. Rinciannya, gaji pokok Rp4.899.300, tunjangan melekat (tunjangan keluarga dan beras) Rp634.770, tunjangan jabatan Rp11.566.800, dan tunjangan kinerja sebesar Rp138.079.800.

"Hak keuangan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara dan Wakil Kepala Otorita lbu Kota Nusantara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 diberikan setiap bulan," bunyi Pasal 3.

Selain itu, Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN juga diberikan fasilitas lainnya setingkat menteri dan wakil menteri. Salah satunya, berupa dana operasional dengan nominal berbeda untuk Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN.

Untuk Kepala Otorita IKN, dana operasional yang didapat sebesar Rp178 juta. Sedangkan, Wakil Kepala Otorita IKN mendapat dana operasional Rp145 juta.

"Dana Operasional diberikan dengan ketentuan sebesar 80 persen secara lumpsum dan sebesar 20 persen untukdukungan operasional lainnya," dijelaskan dalam lampiran Perpres.


Aturan Pemberian Hak Keuangan dan Fasilitas

Pemberian hak keuangan dan fasilitas lainnya dihentikan apabila Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN berhenti atau berhentikan dari jabatannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Pemberian hak keuangan dan fasilitas lainnya Kepala OtoritaIbu Kota Nusantara dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara," jelas Pasal 8.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN. Keduanya dilantik di Istana Negara Jakarta, pada Kamis, 10 Maret 2022.

"Hak keuangan Kepala Otorita lbu Kota Nusantara dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara diberikan terhitung sejak tanggal pelantikan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara," bunyi Pasal 6 Perpres.

Belum Siap Punya Anak Perempuan

Pengakuan Raffi Ahmad Belum Siap Punya Anak Perempuan: Takut Dia Dirusak

Liputan6.com 2023-02-01 14:30:00
Raffi Ahmad (Liputan6.com - M. Altaf Jauhar)

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina masih ingin menambah keturunan. Nagita sendiri sempat mengutarakan pada suaminya bahwa dia menginginkan anak perempuan.

Meski selalu mensyukuri apa pun pemberian Tuhan, namun tak dimungkiri bahwa sebenarnya Raffi Ahmad tidak sesiap itu memiliki anak perempuan.

"Kalau anak cewek bukannya enggak mau, tapi enggak siap. Bukan enggak siap sekarang, enggak siap nanti pas gedenya," tutur ayahanda Rayyanza Malik Ahmad di YouTube Curhat Bang Denny Sumargo, Selasa (31/1/2023).

"Dia (Nagita Slavina) selalu bilang pengin punya anak cewek, karena aku tuh pengin dandanin, begini, begitu, cuma gue mikir nanti besarnya gimana. Kepikiran gue," sambungnya.


Kekhawatiran

Raffi Ahmad takut ada hal buruk yang terjadi pada anak gadisnya di masa mendatang. Raffi takut jika suatu saat anak gadisnya tersakiti oleh lingkungan atau bahkan lelaki yang tak bertanggung jawab.

"Takut dia dimainin, takut dia dirusak, dirusaknya yang gue takut. Cewek apalagi di masa dia masih ranum-ranumnya mungkin 17 tahun, 20 tahun, 21 tahun, ya kalau dia dapat cowok yang baik dan bertanggung jawab," kata dia.

"Kalau misalnya dapat pacar, tiba-tiba dirusak sama pacarnya, amit-amit, entar seks bebas, dihamilin, narkoba, itu yang gue takutin," imbuh bintang film 40 Hari Bangkitnya Pocong.


Menghakimi Wanita

Kakak Syahnaz Sadiqah ini juga khawatir dengan kondisi sosial yang lebih suka menghakimi wanita dalam banyak permasalahan.

"Laki-laki sama perempuan punya hak dan kewajiban yang sama, tapi kan ini Indonesia. Laki-laki atau perempuan enggak tau kenapa judgement-nya lebih ke perempuan. Itu yang berbahaya," Raffi Ahmad berpendapat.


Disalahkan

Dia mengambil contoh kasus perselingkuhan. Dalam kasus ini, maka lingkungan sosial cenderung lebih menyalahkan pihak wanita ketimbang laki-laki.

"Tapi kalau ceweknya langsung dibilang murahan, lo p***k banget lo, gitu, double standard," tutupnya.

Nge-host Lagi di Konser Blue

Indra Bekti Bakal Kembali Nge-host Konser Blue 14 Februari 2023 di Jakarta, Pihak Promotor Siapkan Tim Medis

Liputan6.com 2023-01-31 20:20:00
Indra Bekti (Foto: Ist)

Boyband Blue, akan menyapa penggemarnya dan mengajak bermalam romantis pada 14 Februari 2023 mendatang melalui konser yang digelarnya di Pullman Central Park Jakarta. Konser yang bertajuk "Blue Romantic Valentine Live in Jakarta" akan dibuka oleh penyanyi Inggris Gareth Gates.

Serunya, konser boyband asal Inggris ini akan dipandu oleh Indra Bekti. Ini akan menjadi pekerjaan pertama Indra Bekti setelah menjalani operasi.

Tak sekedar ngehost, Indra Bekti juga berencana menyanyikan lagu Indonesia Raya serta melantunkan lagu-lagu Blue bersama penyanyi aslinya.

"Indra Bekti bakal nge-host di konsernya Blue. Dia bakal nyanyi juga. Indra Bekti begitu bahagia bisa kembali bekerja," ungkap David Ananda, Managing Director Color Asia Live, saat jumpa wartawan di Hotel Pullman Central Park Jakarta, Selasa (31/1/2023).


Belum Bisa Memastikan

Sementara itu, Roy, manajer Indra Bekti memaparkan pekerjaan tersebut akan diambil Indra Bekti bila memang kesehatannya memungkinkan.

"Tapi belum bisa memastikan soal kesehatan Bekti. Matanya masih blur, jalannya pelan-pelan. Tapi respons nya Bekti baik. Ini merupakan kick off Bekti tapi enggak bisa full seperti dulu," terangnya di tempat yang sama.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Sediakan Tim Medis

Ditambahkan Roy, Indra Bekti sejak awal memang sudah ribut ingin bekerja kembali. Dan ia menyambut senang bisa nge-host Blue, apalagi ini band favoritnya.

Untuk itu, pihak promotor Blue akan memberikan tempat ternyaman buat Indra Bekti selama ngehost.

"Kita akan menyiapkan kamar yang paling bagus buat Indra Bekti. Dan kita juga siapkan tim medis untuk berjaga-jaga, kita berdoanya semuanya berjalan lancar, Indra juga bisa kembali semangat," timpal David.


Harga Tiket

Untuk harga tiket konser "Blue Romantic Valentine Live in Jakarta" pihak penyelenggara telah menyiapkan tiga kelas dengan masing-masing harga. Untuk Blue Zona (standing festival) dibanderol harga Rp1.150.000.

Sedangkan untuk Gold (free seating) dibanderol Rp1.250.000, dan untuk kelas Diamond VVIP (numbered seating) diharga Rp1.950.000 (include chocolate & drink).

Tiket konser Blue ini sudah bisa dipesan melalui tiket.com dan juga www.bluevalentine2023.com.

Lawan Donald Trump di Pilpres 2024

Eks Gubernur South Carolina Nikki Haley Akan Lawan Donald Trump dalam Pilpres AS 2024?

Liputan6.com 2023-02-01 16:27:02
Presiden AS Donald Trump dan Dubes AS untuk PBB Nikki Haley saat menghadiri pertemuan United Nations Reform di markas besar PBB, 18 September 2017, New York. (TIMOTHY A. CLARY/AFP)

Mantan Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB Nikki Haley (51) dikabarkan akan segera meluncurkan kampanye kepresidenannya untuk bertarung dalam Pilpres AS 2024. Hal tersebut terungkap melalui email berisi undangan yang diterima para pendukungnya pada Rabu (1/2/2023).

Dalam undangan di email tersebut dituliskan bahwa Haley, yang juga merupakan mantan gubernur South Carolina, itu akan menggelar peluncuran pada 15 Februari 2023 di Charleston. Demikian diungkapkan seseorang yang mengetahui rencana tersebut tetapi tidak berwenang untuk berbicara secara terbuka seperti dikutip dari AP.

Berita terkait rencana Haley untuk ikut serta dalam Pilpres AS 2024 pertama kali dilaporkan oleh The Post and Courier.

Haley menjabat sebagai gubernur South Carolina selama enam tahun sebelum menjabat sebagai dubes AS untuk PBB selama dua tahun pada era pemerintahan Donald Trump.

Bila dia terbukti ikut serta dalam Pilpres AS 2024, Haley tercatat akan menjadi penantang pertama yang melawan mantan bosnya. Trump sendiri saat ini menjadi satu-satunya yang mengejar kursi calon presiden Partai Republik untuk Pilpres AS 2024.


Sinyal Menuju Gedung Putih?

Selama pemerintahan Trump, Haley terkadang berseteru dengan pejabat Gedung Putih lainnya sambil memperkuat persona publiknya sendiri. Keputusannya untuk mundur sebagai dubes AS untuk PBB pada tahun 2018 memicu spekulasi bahwa dia akan menantang Trump pada tahun 2020 atau menggantikan Wakil Presiden Mike Pence. Tetapi, Haley tidak melakukan keduanya.

Sebaliknya, Haley kembali ke South Carolina, di mana dia membeli rumah di Pulau Kiawah, bergabung dengan dewan direksi Boeing Co, dan menjadi pembicara dengan bayaran US$ 200.000.

Haley telah menulis dua buku, sebuah langkah yang lazim diambil banyak tokoh dalam perjalanan menuju Gedung Putih.


Tidak Akan Maju Bila Trump Mencalonkan Diri

Pada tahun 2021, Haley mengatakan kepada The Associated Press bahwa dia tidak akan mencalonkan diri jika Trump mencalonkan diri. Namun, di lain sisi, dia mengubah arah, meningkatkan aktivitas melalui komite aksi politik dan nirlaba "Stand for America" miliknya, serta mendukung lusinan kandidat di pemilu paruh waktu 2022.

Akhir tahun lalu, saat berkunjung ke almamaternya, Clemson University, Haley mengatakan bahwa dia akan "berlibur" untuk mempertimbangkan pencalonannya.

Ditanya baru-baru ini mengapa dia sekarang mempertimbangkan untuk mencalonkan diri terlepas dari komentarnya pada tahun 2021, Haley mengatakan kepada Fox News "banyak yang telah berubah". Dia merujuk, di antaranya, ekonomi AS.

Haley menuturkan, dia merasa bisa menjadi bagian dari "perubahan generasi baru", yang dinilai merupakan referensi tidak langsung ke usia lanjut Trump.


Trump: Orang Berubah

Di South Carolina, Trump yang tengah kampanye pada Sabtu lalu mengatakan kepada WIS-TV bahwa Haley meneleponnya beberapa hari sebelumnya untuk meminta pendapatnya. Trump mengingatkan Haley soal pernyataannya untuk tidak melawannya, namun Trump mengaku tidak berusaha menghentikannya.

"Dia bilang dia tidak akan pernah melawan saya karena saya adalah presiden terhebat, tetapi orang mengubah pendapat mereka, dan mereka mengubah apa yang ada di hati mereka," kata Trump. "Jadi saya sampaikan, jika hatimu ingin melakukannya maka kamu harus melakukannya."

Dibui 10 Tahun karena Menari

Pasangan Iran Dibui 10 Tahun Usai Menari di Ruang Publik, Dicap Mengganggu Keamanan Nasional

Liputan6.com 2023-02-01 09:08:06
Ilustrasi Berdansa (Gambar oleh Scott Webb dari Pixabay)

Pengadilan Iran menjatuhkan hukuman penjara masing-masing lebih dari 10 tahun kepada pasangan muda yang menari di salah satu landmark utama Teheran dalam sebuah video yang dinilai sebagai simbol pembangkangan terhadap rezim.

Astiyazh Haghighi dan tunangannya, Amir Mohammad Ahmadi, yang berusia awal 20-an, ditangkap pada awal November 2022 setelah beredar video yang memperlihatkan mereka menari di depan Menara Azadi. Astiyah tidak mengenakan jilbab, bertentangan dengan aturan ketat Iran. Perempuan juga tidak boleh menari di depan umum, apalagi dengan laki-laki.

"Pengadilan revolusioner di Teheran menghukum mereka masing-masing 10 tahun enam bulan penjara, serta memberlakukan larangan menggunakan internet dan meninggalkan Iran," demikian ungkap Kantor Berita Aktivis Hak Asasi Manusia (HRANA) yang berbasis di Amerika Serikat seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (1/2/2023).

Pasangan Astiyah dan Amir, yang dikenal sebagai influencer populer di Instagram, dihukum karena mendorong korupsi dan prostitusi publik serta berkumpul dengan maksud mengganggu keamanan nasional.

Mengutip sumber yang dekat dengan keluarga mereka, HRANA mengatakan bahwa akses terhadap pengacara mereka telah dicabut selama proses pengadilan dan upaya untuk menjamin pembebasan mereka dengan jaminan telah ditolak.

Saat ini Haghighi dilaporkan berada di penjara wanita Qarchak, di luar Teheran, yang kondisinya sering dikutuk oleh para aktivis.


Dianggap Simbol Kebebasan

Video pasangan Astiyah dan Amir dielu-elukan sebagai simbol kebebasan yang dituntut oleh gerakan protes melawan rezim, di mana terdapat adegan Amir mengangkat pasangannya ke udara sementara rambut panjangnya tergerai ke belakang.

Salah satu ikon utama ibu kota Iran, Menara Azadi (Kebebasan) yang futuristik adalah tempat yang sangat sensitif. Menara tersebut dibuka di bawah pemerintahan syah terakhir, Mohammad Reza Pahlavi, pada awal 1970-an.

Saat itu, Menara Azadi dikenal sebagai Menara Shahyad (Untuk Mengenang Shah).

Menara Azadi berganti nama setelah syah digulingkan pada tahun 1979 menyusul pembentukan republik Islam. Arsitek Menara Azadi adalah penganut kepercayaan Bah' yang tidak diakui di Iran saat ini dan sekarang ia tinggal di pengasingan.


Gerakan antirezim

Pihak berwenang Iran telah menindak keras segala bentuk perbedaan pendapat sejak kematian Mahsa Amini pada September 2022. Tewasnya Mahsa Amini yang ditangkap karena diduga melanggar aturan jilbab memicu protes yang berubah menjadi gerakan melawan rezim.

Menurut PBB, setidaknya 14.000 orang telah ditangkap. Mulai dari selebritas terkemuka, jurnalis, pengacara hingga orang biasa yang turun ke jalan.

Supermodel Naomi Campbell Berhijab

Gaya Supermodel Naomi Campbell Berhijab, Bagikan Foto Langka Putrinya Saat Berkunjung ke Masjid

Liputan6.com 2023-02-01 09:30:56
Supermodel Naomi Campbell berhijab saat mengunjungi sebuah masjid di Abu Dhabi, Dubai bersama putrinya. (dok. Instagram @naomi/https://ww

Menghargai kultur tempat yang disambanginya, supermodel Naomi Campbell berhijab saat mengunjungi Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Dubai, baru-baru ini. Di kesempatan itu, perempuan berusia 52 tahun tersebut tampak memakai gaun panjang bermotif macan tutul, rok krem, dan jilbab cokelat yang masih memperlihatkan rambut hitamnya.

Kunjungan ke masjid ini juga jadi momen langka sang model membagikan momen kebersamaan dengan putrinya. Di rangkaian foto yang dibagikan di akun Instagram-nya, Senin, 30 Januari 2023, Campbell berpose sendiri sebelum memperlihatkan beberapa potret manis ia dan putrinya berpegangan tangan di halaman masjid.

Ia mengakhiri unggahan tersebut dengan video manis memperlihatkan mereka berjalan dan menjelajahi masjid bersama. "Kemegahan Masjid Agung Sheikh Zayed @sheikhzayedgrandmosque," tulisnya dalam keterangan foto.

Sejak mengumumkan kelahiran putrinya pada Mei 2021, Campbell hanya membagikan sedikit foto anak tunggalnya itu di media sosial, lapor People, dikutip Rabu, 1 Februari 2023. Sebelum ini, kebersamaan mereka terekam pada awal bulan Januari 2023 ketika keduanya memulai tahun baru di sebuah pesta yang diselenggarakan pendiri PrettyLittleThing, Umar Kamani.

Dalam foto-foto dari pesta tersebut, Campbell terlihat menggendong gadis kecilnya saat mereka memasuki acara yang dimaksud. Sang model terlihat berseri-seri dalam balutan gaun putih dengan jubah panjang, sementara putrinya mengenakan pakaian renda putih serasi dan pita di rambutnya.

Foto lain di galeri Campbell menunjukkan pasangan ibu-anak itu duduk di depan lautan dan melambai ke air, seolah mengucapkan selamat tinggal pada 2022. "Selamat tahun baru, sayang-sayangku! Semoga Tuhan menjagamu dan keluargamu bahagia dan sehat sepanjang tahun," tulisnya sebagai keterangan unggahan saat itu.


Beda Usia 50 Tahun

Naomi Campbell sempat mengutarakan kebahagiaannya menyambut kelahiran buah hati pertamanya di usia 50 tahun. Supermodel ini tampil di sampul majalah Vogue Inggris edisi Maret 2022 bersama putrinya yang berusia sembilan bulan saat itu.

Dalam kesempatan itu, anak angkat Nelson Mandela ini mengungkap keinginan lamanya untuk memiliki anak. "Saya selalu tahu bahwa suatu hari saya akan jadi seorang ibu, dan itu adalah kebahagiaan terbesar yang pernah saya bayangkan. Saya beruntung memilikinya dan saya tahu itu," kata Campbell.

Ia mengaku memiliki sikap baru yang "benar-benar tidak mementingkan diri sendiri" setelah menjadi ibu. Campbell juga tidak memiliki masalah dengan perbedaan usia 50 tahun antara ia dan putrinya.

Ia bahkan mendorong teman-temannya yang lebih tua untuk memiliki anak juga. "Saya menyuruh mereka semua, ayo (punya anak)! Jangan ragu!" tambahnya.

Campbell juga berbagi beberapa detail tentang putrinya. "Ia tidak diadopsi, ia anak saya," kata model itu, menambahkan bahwa tidak banyak orang yang tahu ia akan jadi seorang ibu pada saat itu.


Umumkan Kelahiran Putrinya

Naomi Campbell menyambung, "Saya dapat menghitung jumlah orang yang tahu bahwa saya memilikinya dengan satu tangan. Tapi, ia adalah berkah terbesar yang pernah saya bayangkan. Itu (memiliki anak adalah) hal terbaik yang pernah saya lakukan."

Campbell mengumumkan resmi jadi ibu pada Mei 2021 lalu. Dikutip The Sun, kabar ini menimbulkan teka-teki mengenai kehamilannya. Meski begitu, Campbell mengumumkan kabar gembira ini melalui akun Instagram pribadinya.

Dalam potret yang dibagikan pada 18 Mei 2021, tampak ia menggendong bayinya dan memperlihatkan kaki mungil putrinya di telapak tangan. "A beautiful little blessing has chosen me to be her mother (Sebuah berkat kecil yang indah telah memilihku untuk menjadi ibunya)," tulisnya dalam unggahan tersebut.

"So honoured to have this gentle soul in my life (Sangat terhormat memiliki jiwa yang lembut ini dalam hidup saya)," tambahnya.

"There are no words to describe the lifelong bond that I now share with you my angel. There is no greater love. (Tidak ada kata-kata untuk menggambarkan ikatan seumur hidup yang sekarang saya bagikan denganmu malaikatku. Tidak ada cinta yang lebih besar)," tutup Campbell.


Keinginan Punya Anak

The Sun menulis bahwa Naomi Campbell telah berbicara selama beberapa tahun tentang keinginannya memiliki anak dan pernah berkata "sains" dapat membantunya memiliki bayi di usia berapapun. Beberapa penggemar berspekulasi bahwa Campbell mungkin telah menggunakan ibu pengganti, yang kemudian dibantahnya.

Campbell memang diyakini hanya mengabari beberapa anggota keluarga dan teman terdekat soal ia jadi seorang ibu. Ia menyembunyikan berita itu dari timnya hingga setengah jam sebelum pengumuman kelahiran anaknya.

Menurut teman-temannya, Campbell terinspirasi memiliki anak dalam usia relatif tua dari sesama supermodel dan teman baiknya, Iman, yang memiliki putrinya, Lexi, di usia 45 tahun setelah menikah dengan legenda musik David Bowie. Pandemi COVID-19 juga dikatakan telah memberi Cambpbell waktu berpikir yang berharga.

"Naomi benar-benar melunak dalam setahun terakhir dan berada di tempat yang indah dalam hidup," kata sumber yang dekat dengan model itu.

"Ia telah tinggal di Amerika dengan pacarnya dan sangat bahagia. Hingga akhirnya terasa seperti waktu yang tepat untuk jadi seorang ibu. Lockdownpertama memungkinkannya berhenti dan mencatat hal-hal penting, dan ia memutuskan sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai sebuah keluarga," lanjut sumber itu.

"Ia baru-baru ini memberi tahu timnya bahwa dia tidak lagi ingin bekerja di akhir pekan dan telah memprioritaskan hal-hal dalam hidupnya yang membuatnya bahagia," sebutnya.

"Berat Tinggalkan Jakarta"

Curhat Bunda Corla Sebelum Terbang ke Jerman, Berat Tinggalkan Jakarta karena Indonesia Tanah Kelahiran

Liputan6.com 2023-02-01 11:30:00
Bunda Corla. (Foto: Dok. Instagram @corla_2)

Bunda Corla menyampaikan keluh kesah beberapa jam sebelum terbang ke Jerman. Bertolak ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, ia menyebut hati terasa berat.

Jelang Bunda Corla pulang ke Jerman, ia sudah kangen duluan dengan Indonesia dan penggemar yang mendukung 100 persen sepak terjangnya di jagat maya maupun di panggung.

"Bunda mau ke Jerman lagi. Insyaallah kalau ada waktu Bunda kemari lagi. Pasti kangen banget, banyak banget yang sayang sama Bunda," Bunda Corla membeberkan.

Setelahnya, pelantun "No Comment" mendoakan anak-anaknya se-Indonesia sehat karena ia ingin mudik dalam waktu dekat. Bunda Corla juga berterima kasih kepada sejumlah pihak.


Untuk Anak-anak Bunda

"Anak-anak Bunda se-Nusantara bunda doakan murah rezeki sehat selalu," ungkapnya, kami lansir dari video wawancara di kanal YouTube Intens Investigasi, Selasa (31/1/2023).

"Terima kasih buat yang sayang sama Bunda ketika Bunda konser di mana tempatnya, beberapa kota semua sayang sama Bunda, sampai satu Surabaya, satu Medan. Semua ter-Corla-Corla semua kalangan semua Bunda cintai," Bunda Corla menyambung.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Waktunya Kerja

Dalam kesempatan itu, ia menggarisbawahi bertahun-tahun tinggal di Jerman bukan berarti rasa cinta Tanah Air-nya pudar. Ia balik ke Jerman dengan alasan simpel: Sudah waktunya kembali kerja.

"Sudah waktunya kembali kerja. Berat meninggalkan Indonesia karena Indonesia tanah kelahiran Bunda. Otomatis Bunda sayang dan cinta sama Indonesia," ia menjelaskan.


Untuk Anak Bunda

Unggahan terbaru Bunda Corla pada Rabu (1/2/2023) pagi memperlihatkan aktivitasnya di dalam pesawat. Duduk di kursi first class, ia berterima kasih kepada Ivan Gunawan dan kawan-kawan.

"Terima kasih untuk anak bunda, Ivan Gunawan, Maharani Kemala, Shandy Purnamasari juga anak-anak bunda senusantara. Doakn bunda bisah liburan lagi ya.. miss You all," cuitnya di Instagram.

Sumbangan Lee Seung Gi untuk Pengetahuan

Lee Seung Gi Berdonasi Rp3,64 Miliar, Bakal Digunakan untuk Pengembangan IPTEK Korsel

Liputan6.com 2023-02-01 17:12:12
Lee Seung Gi lahir pada tanggal 13 Januari 1987 di Seoul, Korea Selatan. (FOTO: instagram.com/leeseunggi.official/)

Situs resmi Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) pada Rabu (1/2) menyatakan bahwa Lee Seung Gi berjanji untuk berdonasi.

Disebut bahwa aktor 36 tahun telah berjanji menyumbangkan uang sebesar 300 juta Won atau setara Rp3,64 miliar yang bakal digunakan untuk pengembangan IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi) yang tengah berkembang pesat di Korea Selatan.

Menengok situs Giving KAIST Korea, nama Lee Seung Gi terdaftar di list para pedonasi sebagai 'publik'. Hanya saja di bagian 'tujuan', tidak dijelaskan secara rinci.

Mengutip situs All Kpop pada Rabu, 1 Februari 2023, Lee Seung Gi dijadwalkan menghadiri upacara penyerahan dana pengembangan di KAIST yang diadakan di kampus KAIST pada Jumat, 3 Februari 2023.

Ini untuk yang ketiga kalinya Lee Seung Gi berdonasi usai insiden penyelesaian pembayarannya di dunia musik oleh agensinya, Hook Entertainment.

Total uang yang telah didonasikan Lee Seung Gi adalah 2,85 miliar Won atau setara Rp34.7 miliar.

Melalui SNS pribadinya pada 16 Desember 2022, bintang drama Korea 'Mouse' telah bersumpah untuk menyumbangkan uang yang diterimanya dari Hook.

Lee Seung Gi lahir pada 13 Januari 1987. Selain sebagai aktor, Seung-gi juga dikenal sebagai penyanyi berbakat dan host.

Dia disebut-sebut merupakan generasi ke-19 Pangeran Yangyeong, yang merupakan anak sulung dari Raja Taejong dari Dinasti Joseon.

Lee Seung Gi juga dijuluki Pangeran Ballad lantaran berhasil mencetak lagu-lagu lari seperti Return dan Will You Marry Me.


Lee Seung Gi Donasi Saat Ulang Tahun

Baru 19 hari yang lalu Lee Seung Gi melakukan donasi. Tepat di hari ulang tahun ke-36, pria yang saat ini tampil dengan kepala pelontos berdonasi sebesar 550 juta Won atau Rp6,7 miliar ke Palang Merah Korea.

Donasi sebesar itu bakal digunakan untuk menambah bus donor darah serta mobil yang bisa mendistribusikan makanan ke orang-orang yang membutuhkan di Korea.

"Saya memutuskan untuk mendukung para korban dan para pekerja yang bekerja di lokasi bencana di seluruh negeri seperti kebakaran hutan dan banjir dengan makanan," kata Lee Seung Gi dalam rilis yang dikeluarkan Palang Merah Korea pada Jumat (13/1)


Lee Seung Gi Juga Berdonasi di Fasilitas Kesehatan

Sebelumnya, bintang Vagabond juga menyumbang 2 miliar Won ke Rumah Sakit Anak Universitas Nasional Seoul untuk perbaikan fasilitas medis.

Lee Seung Gi memberi dana perbaikan lingkungan medis dan bersimpati dengan masalah struktural rumah sakit anak yang menyebabkan defisit.

Rumah Sakit Anak Universitas Nasional Seoul akan menggunakan donasi tersebut untuk mensubsidi biaya kamar rumah sakit dan memperbaiki fasilitas lama. Dengan demikian, pasien anak-anak dapat dirawat dengan nyaman.

Selain itu, untuk menghargai donatur, beberapa bangsal yang telah diperbaiki nantinya akan diberi nama 'Bangsal Lee Seung Gi'.


Lee Seung Gi Donasi pada 2019

Di kesempatan lain, tepatnya pada 2019 Lee Seung Gi juga berdonasi untuk biaya pengobatan untuk pasien anak-anak dan juga untuk menambah peralatan tambahan untuk rehabilitasi medis.

Dia terus melakukan berkontribusi dan melakukan kegiatan sosial untuk anak-anak. Seperti berdonasi untuk keselamatan anak-anak dari keluarga kurang mampu yang rentan terpapar COVID-19.

Byar Pet Sinyal Reshuffle Kabinet

HEADLINE: Tak Ada Reshuffle Kabinet di Rabu Pon, Apa yang Ditunggu Jokowi?

Liputan6.com 2023-02-02 00:00:47
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan merombak (reshuffle) kembali jajaran kabinet kerjanya. Lalu siapakah yang diganti dan masih bertahan? (Foto: Liputan6.com/Faizal Fanani)

Rabu Pon merupakan hari istimewa Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mantan Gubernur DKI Jakarta ini dalam beberapa kesempatan melakukan reshuffle kabinet berdasarkan penanggalan Jawa ini. Tak heran jika publik menunggu pengumuman Presiden Jokowi untuk melakukan perombakan kabinet pada Rabu Pon yang jatuh pada 1 Februari 2023.

Jokowi sendiri tak menampik jika akan mengganti beberapa menterinya. Jokowi mengakui, ada kinerja menterinya yang perlu dievaluasi. Untuk itu, Jokowi meminta publik untuk menunggunya mengumumkan perombakan kabinet.

Namun, pada Rabu Pon Jokowi justru terbang ke Bali hingga Kamis, 2 Februari 2023. Disana, Jokowi meresmikan Pasar Seni Sukawati, Kabupaten Gianyar.

Dalam beberapa bulan terakhir, publik berspekulasi Jokowi bakal merombak kabinet imbas dukungan Nasdem ke Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Saat ini, ada tiga menteri dari NasDem yang duduk di kursi kabinet. Ketiganya yakni, Menteri Komunikasi dan Informatikan Johnny G.Plate, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

Spekulasi publik ini diamini oleh Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting Saidiman Ahmad. Menurutnya, Anies Baswdan adalah figur politik oposisi saat ini. Ditambah lagi slogan yang diusung partai koalisi pendukung Anies Baswedan, termasuk Nasdem adalah tentang perubahan.

"Dengan mengusung Anies sebagai presiden, dengan tag line 'perubahan' itu secara implisit beda jalur dengan pemerintah yang menginginkan pembangunan dan pemerintah Jokowi dilanjutkan. Sementara Anies dari sisi kebijakan berbeda jauh," kata Saidiman kepada Liputan6.com di Jakarta.

Secara implisit Nasdem menolak melanjutkan kebijakan pemerintahan sekarang. Sehingga keberadaan menteri-menteri Nasdem di pemerintahan potensial mengganggu soliditas kabinet.

"Selama Nasdem mendukung Anies, maka reshuffle kabinet akan terjadi. Kecuali Nasdem berubah halauan," kata dia.

Saidiman mengatakan, lamanya pengumuman reshuffle kabinet oleh Jokowi bisa jadi menunggu kepastian sikap Nasdem. Sebab saat ini Nasdem justru lebih banyak bertemu dengan partai koalisi pemerintah ketimbang PKS dan Demokrat.

"Posisi Nasdem dengan Koalisi Perubahan kan sebenernya belum jelas, pertemuan dengan tim kecil Koalisi Perubahan tidak dihadiri, tapi justru datang ke Gerindra dan PKB, ketemu Jokowi dan sekarang ke Golkar," ujarnya.

"Pemunduran reshufle ini bisa jadi terkait dengan ini melihat kejelasan posisi," lanjutnya.

Di sisi lain, Nasdem juga perlu lebih memperjelas posisinya di hadapan pemilih. Menurutnya, saat ini keputusan Nasdem mendukung Anies Baswedan membuat pemilih yang pro-Jokowi mulai keluar dari Nasdem.

Hal ini akan merugikan Nasdem karena publik yang puas dengan kinerja Jokowi mencapai 74,2 persen. Tapi di sisi lain, pendukung Anies Baswedan belum sepenuhnya bisa ditarik oleh Nasdem.

"Sejauh ini Nasdem belum signifikan menarik dukungan pendukungan Anies," ujarnya.

Sementara Pengamat Politik Arifki Chaniago meyakini, keputusan Jokowi bukan hal yang mudah.

"Jadi bagi saya keputusan Jokowi mengatakan tunggu saja ini sebabnya adalah Jokowi tidak mudah memutuskan mengganti menteri dari Nasdem," kata Direktrur Eksekutif Aljabar Strategic ini.

Arifki mencatat, Jokowi, Surya Paloh dan Partai NasDem memiliki sejarah panjang selama dua periode kepemimpinannya. Menurut dia, Nasdem menjadi penyeimbang daya tawar politik Jokowi selama menjabat.

"Jokowi bisa mendapat kesempatan jadi presiden secara histori ada jasanya Nasdem, salah satunya tentang keseimbangan politik dalam kontestasi," jelas dia.

Dengan kuatnya pengaruh Nasdem terhadap Jokowi, Arifki melanjutkan, tidak heran mengapa Jokowi terkesan hanya meminta publik menunggu soal reshuffle yang digadang akan menggeser menteri Nasdem.

"Dengan 'didepaknya' Nasdem secara internal bisa mengganggu posisi Jokowi menjalankan pemerintah dalam lobi di tatanan elit mau pun opisisi dan ini saya kira yang membuat Jokowi berat," ujar Arifki.

Selain itu di satu sisi, Nasdem juga tak mau didepak dari kabinet Jokowi. Hal ini ditandai dengan pernyataan Surya Paloh yang masih mengaku masih betah di pemerintahan Jokowi.

"Nasdem mau keduanya. Anies tetap didukung Nasdem, tetapi menteri nggak mau dilepas," kata dia.

Sementara Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno memastikan reshuffle bakal terjadi. Sebab Jokowi tak suka jika Nasdem mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024. Sehingga reshuffle kabinet sebenarnya hanya tinggal menunggu waktu.

"Sebenernya tidak menunggu momentum apapun kalau istana sudah tidak suka, PDIP sudah tidak suka ya tinggal direshuffle. Tidak ada lagi menunggu momentum, tapi persoalannya apakah reshuffle ini hanya karena politik, apakah ada faktor lain. Tapi yang jelas reshuffle tinggal tunggu waktu," kata dia.

Tapi yang jelas, kata Adi, kursi menteri untuk Nasdem bakal dikurangi atau bahkan dihilangkan.

"Kalau (menteri) yang lain tidak terlalu ada gambaran, kalau ada yang direshuffle paling reposisi atau pindah kementerian," ujarnya.

Pertimbangan Jokowi

Sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan pertimbangannya ketika melakukan reshuffle kabinet. Dirinya melihat dari performa menteri dan pertimbangan politik.

"Yang utama memang performa, kinerja bahwa ada sisi politiknya pasti juga ada. Tapi itu bukan yang utama," kata Jokowi.

Namun, kepala negara mengaku bahwa kondisi kinerja kabinetnya baik-baik saja.

"Baik-baik saja. secara umum," ungkap Jokowi.

Jokowi mengakui, memahami ada kinerja menterinya yang perlu dievaluasi. Kata dia, koreksi terhadap bawahan adalah hal biasa.

"Ya kalau secara khusus pasti ada yang performanya, kinerjanya perlu dievaluasi. Biasa kok, ada koreksi dari setiap perjalanan kan biasa," kata dia.

Jokowi juga menepis bahwa pertemuannya dengan Surya Paloh membahas dukungan Nasdem kepada Anies Baswedan. Menurutnya, soal koalisi sampai pengusungan capres dan cawapres adalah urusan partai politik.

"Itu urusannya partai, urusan koalisi, urusan kandidat capres-cawapres itu urusannya partai atau gabungan partai," kata Jokowi.

Dia menegaskan, tak perlu mengaitkan urusan pencapresan dengan pihak Istana. Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, pekerjannya sudah banyak.

"Apa urusannya presiden? Jangan sering dihubung-hubungkan dengan Istana, dikit-dikit dengan Istana. Istana pekerjannya banyak," kata Jokowi.


Nasdem Pasrah

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengaku akan menerima keputusan Jokowi jika menteri dari partainya didepak keluar dari kabinet.

"Lain halnya kalau memang ada kebijakan dari beliau, nah itu gak ada masalah bagi saya. Jadi artinya apapun kebijakan yang terbaik, masalah reshuffle sederhana untuk saya ulangin, sepenuhnya hak prerogatif Presiden," kata Surya Paloh.

Paloh menyebut sebagai partai koalisi pemerintah termasuk dirinya memprioritaskan susasan yang kondusif, yang sejuk dan memprioritaskan kepentingan publik.

"Bagi Nasdem memberikan statement, memberikan dukungan atas kepemimpinan beliau itu bukan sebagai retorika dan kepentingan sesaat, tapi memang ada keikhlasan," kata dia.

Partai NasDem, kata Paloh, apabila ada pihak yang mendorong presiden reshuffle maka hal itu bisa mencerminkan kematangan politik seseorang atau kelompok.

"Jadi kalau ada yang mengatakan reshuffle lah, ini lah, yah kita memang harus bisa pahamin, ini proses dalam pematangan dan kematangan berpolitik di negeri ya itu bagi kita semuanya," ujarnya.

Selain itu, Paloh menyebut, semua hal menjelang tahun politik memang multitafsir termasuk soal reshuffle yang dikaitkan dengan pertemuannya bersama Jokowi beberapa waktu lalu.

"Ya, dalam suasana menjelang Pemilu memang multitafsir bisa terjadi di mana saja, kapan saja, oleh siapa saja, tapi yang jelas bahwasannya pertemuan dengan Bapak Presiden Jokowi itu ada. Dalam waktu yang relatif seperti biasanya, cukup panjang bagi saya untuk waktu seorang Bapak Presiden ya, lebih dari 1 jam 20 menit ya," kata Paloh.

Menurut Paloh, pertemuan dengan Jokowi berjalan lancar dan tak ada pembahasan reshuffle.

"Saya tidak melihat ada perobahan, suasana penerimaan baik dalam apa saja yang saya pahamin dalam memahami komunikasi yang biasanya terjadi," kata dia.

Sementara Ketua DPP Partai Nasdem Effendy Choirie atau Gus Choi menegaskan, usai pertemuan Surya Paloh dan Jokowi, Nasdem tetap konsisten mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

"Soal capres, Nasdem konsisten dukung Anies," kata Gus Choi.

Dia mengungkapkan, pertemuan antara Surya Paloh dengan Presiden Jokowi sangat positif. Keduanya saling memahami dan mengerti.


Menteri Nasdem Tak Diundang Rapat Kabinet

Pada Selasa, 31 Januari 2023, Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas mengenai masalah beras di Istana Negara. Namun Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo justru tidak hadir dalam rapat itu.

Hanya terlihat Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi Waseso, dan Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi.

Selain itu, terlihat sejumlah menteri lain yang merapat ke Istana seperti Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Turut pula hadir Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong. Sementara Menteri LKH Siti Nurbaya Bakar malah tak hadir.

Presiden Jokowi menjelaskan, kemungkinan Syahrul dan Siti tidak hadir karena berada di luar kota.

"Ya mungkin pas keluar kota," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan, dipanggilnya sejumlah menteri itu bukan terkait kabar reshuffle kabinet yang disinyalir hari ini. Kata dia, hanya membahas masalah yang perlu diselesaikan.

"Oh ndak ndak (bukan karena reshuffle kabinet), ya biasa ada masalah-masalah yang harus kita selesaikan," tutup Jokowi.

PDIP sebelumnya menyarankan agar Menteri LHK dan Menteri Pertanian dievaluasi. Kedua menteri itu merupakan kader Partai NasDem.