Heboh Polisi Peras Polisi

Heboh Dugaan Polisi Peras Polisi: Bripka M Diminta Setor Rp100 Juta Urus Kasus Penyerobotan Tanah

Liputan6.com 2023-02-03 10:30:08
(Ilustrasi)

Polda Metro Jaya membenarkan adanya pengakuan dugaan permintaan uang oleh anggota tim penyidik kepada seorang polisi berinisial Bripka M terkait laporan penyerobotan tanah orang tuanya.

"Benar ada pernyataan yang disampaikan oleh yang bersangkutan (Bripka M)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, seperti dilansir Antara.

Sebelumnya, pengakuan Bripka M ini viral di media sosial salah satunya dibagikan akun Instagram @indotoday.

Dalam video tersebut dia menyampaikan diminta uang sebesar Rp100 juta dan sebidang tanah seluas 1.000 meter agar laporannya bisa diselidiki.

"Ane ini sebagai pihak yang dizalimi, pihak pelapor bukan orang yang melakukan pidana. Kecewa, kenapa orang tua ane, hampir satu abad melaporkan penyerobotan tanahnya ke Polda Metro Jaya," ucap Madih dalam video tersebut.

Trunoyudo menjelaskan saat ini Polda Metro Jaya masih mendalami lebih lanjut terkait pengakuan Bripka M tersebut.

"Polda Metro Jaya akan mendalami hal tersebut," ucap dia.


Viral

Sebelumnya beredar video viral di media sosial, Bripka M memakai seragam polisi merasa kecewa karena sebagai anggota kepolisian dia malah dimintai uang.

Uang tersebut untuk mengurus kasus penyerobotan lahan yang dilaporkan oleh orang tuanya.


Anggota Provos Polsek Jatinegara

Bripka M merupakan anggota Provos Polsek Jatinegara.

Dia ingin mengembalikan hak tanah orang tuanya di Girik nomor C 815 dan C 191 dengan luas sekitar 6.000 meter persegi di Jalan Bulak Tinggi Raya, Kecamatan Pondok Melati, Bekasi karena diduga "diserobot" oleh pengembang perumahan di daerah itu.

Pakai Hijab Saat di Abu Dhabi

Jennie BLACKPINK Pakai Kerudung Saat Kunjungi Masjid di Abu Dhabi, Disebut Mau Ikut Kajian

Liputan6.com 2023-02-03 16:15:35
Jennie pun tampil tertutup mengenakan knit hoodie putih dari rag & bone seharga Rp1,5 jutaan. Dipadukan inner tshirt oversize putih. (@jennierubyjane)

Jennie BLACKPINK jadi sorotan usai mengunggah sederet potretnya mengenakan busana tertutup saat menikmati keindahan arsitektur Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Kamis, 2 Februari 2023. Dalam foto yang diunggah di akun Instagram-nya, pelantun lagu SOLOini juga tampak berkerudung.

Kunjungannya ke Masjid Agung Sheikh Zayed dilakukan di sela tur dunia BLACKPINK, Born Pink, di UEA. Wanita berusia 27 itu menganggumi arsitektur megah masjid tersebut, dengan membagikan sejumlah foto bagian dalam masjid.

Secara lengkap, Jennie tampil memakai kardigan lengan panjang berwarna broken white, celana panjang oversized hitam dengan motif merah muda, serta kerudung berwarna serasi yang menutupi rambutnya. Kardigan yang dikenakannya merupakan rilisan barandNew York, Rag & Bone, yang menurut akun Instagram @stylejennieruby, dibanderol seharga 107 dolar AS (sekitar Rp1,5 juta).

Sedangkan, celananya dari Gramicci seharga 170 dolar AS (sekitar Rp2,5 juta). Pada kesempatan ini, Jennie juga mengenakan sneakers monokrom untuk melengkapi tampilannya. Sepatu ini berasal dari rumah mode Prancis, Chanel, dengan harga retail 1.070 dolar AS (sekitar Rp15 juta).

Penampilan Jennie lantas mengundang beragam komentar unik dari para penggemarnya. Sebagian besar memuji penampilannya. Bahkan, tidak sedikit yang menyebut main rapper BLACKPINK ini sebagai 'Ukhti' yang dalam Bahasa Arab berarti saudara perempuan.

"Betapa menghargainya dia, menggunakan hijab di masjid," komentar seorang warganet. Sejumlah pesohor Indonesia juga ikut mengomentari unggahan Jennie. "Masyaallah jennie sistaaaaa our sistaaa!!" komentar Tiara Andini. "Ukhti sudah ikut kajian?" tulis Umay Shahab.


Tidak Hanya Jennie

Tak hanya Jennie BLACKPINK, menghargai kultur tempat yang disambanginya juga dilakukan supermodel Naomi Campbell yang tampil berhijab saat mengunjungi Masjid Agung Sheikh Zayed, baru-baru ini. Di kesempatan itu, perempuan berusia 52 tahun tersebut tampak memakai gaun panjang bermotif macan tutul, rok krem, dan jilbab cokelat yang masih memperlihatkan rambut hitamnya.

Kunjungan ke masjid ini juga jadi momen langka sang model membagikan momen kebersamaan dengan putrinya. Di rangkaian foto yang dibagikan di akun Instagram-nya, Senin, 30 Januari 2023, Campbell berpose sendiri sebelum memperlihatkan beberapa potret manis ia dan putrinya berpegangan tangan di halaman masjid.

Ia mengakhiri unggahan tersebut dengan video manis memperlihatkan mereka berjalan dan menjelajahi masjid bersama. "Kemegahan Masjid Agung Sheikh Zayed @sheikhzayedgrandmosque," tulisnya dalam keterangan foto.

Sejak mengumumkan kelahiran putrinya pada Mei 2021, Campbell hanya membagikan sedikit foto anak tunggalnya itu di media sosial, lapor People, dikutip 1 Februari 2023. Sebelum ini, kebersamaan mereka terekam pada awal bulan Januari 2023 ketika keduanya memulai tahun baru di sebuah pesta yang diselenggarakan pendiri PrettyLittleThing, Umar Kamani.


Arab Saudi

Sementara itu, selain di UEA, BLACKPINK juga sempat tampil di Riyadh, Arab Saudi. Mengutip KBIZoom, 24 Januari 2023, di negara Timur Tengah itu, Jisoo dkk memamerkan penampilan baru mereka yang mengejutkan banyak penggemar.

Salah satunya seputar poni Lisa BLACKPINK. Saat muncul di soundcheck untuk konser BLACKPINK di Riyadh, BLINK, sebutan penggemar BLACKPINK, melongo melihat idola wanita tersebut.

Dari foto yang beredar di lini massa, poni rapper berusia 25 tahun itu tampak acak-acakan, seolah dipotong sendiri oleh Lisa, dengan ujung poni mengatung di atas alisnya. Para penggemar pun melontarkan ketidakpercayaan tampilan poni maknae BLACKPINK ini yang biasanya terlihat sempurna.

Komentar mengenai poni baru Lisa ramai dibahas di Twitter. Salah satu pengguna berkicau, "LISA'S BANGS?" sambil menambahkan emoji setengah meringis. Meski begitu, ada penggemar yang tetap mendukungnya dengan menulis, "Sejujurnya aku lebih suka poni seperti ini daripada poni booming Maafkan aku lili."


Penampilan BLACKPINK

Jika penampilan poni terbaru Lisa BLACKPINK menuai tanda tanya, beda halnya dengan personel lain yang mendapat pujian. Diketahui banyak gaya pakaian yang diganti untuk konser BLACKPINK di Riyadh.

Rose saat itu mengenakan gaun-gaun baru yang memukau. Ia tampak bersinar, bahkan dibandingkan dengan "bidadari" dan penampilannya disebut "unreal."

Sementara, Jennie berubah jadi "putri" dengan penampilannya yang memukau di konser Riyadh. Jennie bahkan muncul di Top 10 hot trend topic di Arab Saudi saat itu. Ia juga mengubah gaya rambutnya jadi elegan dan disambut spanduk bertuliskan "selamat ulang tahun" dari penggemar Arab.

Adapun Jisoo terlihat tidak kalah menawan. Selama penampilan solonya, ia tampil dengan gaun strapless berwarna merah dan hitam. Tampilan itu ditambah stoking jala yang memancarkan pesona "nakal" yang jarang diperlihatkan Jisoo.

Pada saat yang sama, bidikan close-up menunjukkan bahwa kecantikan tingkat atas idola wanita ini masih sememesona biasanya.

Menko Luhut soal Bocah Jenius dari NTT

Menko Luhut Jadikan Nono Bocah Jenius dari NTT Contoh Bangun SDM di Indonesia

Liputan6.com 2023-02-03 12:25:11
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan beberapa menteri lain dalam peresmian penyelenggaraan Sail Teluk Cendrawasih, di Sarinah, Ja

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, menyampaikan kepada investor bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu hal penting. Pengembangan SDM ini menjadi prioritas Presiden Joko Widodo atau Jokowi, selain melakukan hilirisasi industri di Indonesia.

"Bukan sekedar membuat ini, membuat itu, industri SDM adalah kunci. Tadi malam saya Dinner dengan investor-investor apa prioritas pemerintah setelah hilirisasi? saya bilang adalah SDM," kata Luhut dalam peresmian penyelenggaraan Sail Teluk Cendrawasih, di Sarinah, Jakarta, Jumat (3/2/2023).

Pemerintah terus mendorong peningkatan kualitas pendidikan SDM di Indonesia, termasuk di Papua. Dia pun telah bersepakat dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk mendorong pendidikan di Sorong, Papua, dengan membuat program pandai berhitung.

Sebagai informasi, sebelumnya program tersebut sudah dilakukan di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah dan di Kabupaten Humbang Hasundutan di Sumatera Utara. Luhut berharap, kedepannya program itu bisa perluas ke seluruh Indonesia.

"Hari ini Pak Tito pergi ke Sorong. Tapi kemarin siang kita bersepakat bahwa kita mendorong pendidikan di Papua. Pendidikan di Papua itu pembelajaran matematika kita bikin program yang akan semua nanti bermatematika ria. Kita sudah bikin di Humbang Hasundutan dan juga di Morowali dan di mana itu hasilnya sangat hebat," ujarnya.

Misalnya, Nono, bocah berprestasi asal NTT yang harumkan nama Indonesia setelah berhasil meraih juara dalam kompetisi matematika internasional.

Bocah jenius NTT ini mampu mengalahkan 7.000 siswa lain dari berbagai negara di dunia dalam ajang ABG International Mathematics Competition yang diselenggarakan International Abacus Brain Gym. Kata Luhut, Nono merupakan hasil dari program pandai berhitung.

"Kalau anda baca media Nono yang dari NTT, itu adalah produk dari program ini. Jadi, kita mau bilang orang Papua itu jangan hanya ribut ngomong sana ngomong sini tapi do something membuat pintar orang Papua," pungkasnya.


Bocah Jenius Nono dari NTT Juara Matematika Sedunia, Warganet: Lo Seumuran Dia Ngapain?

Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay atau biasa disapa Nono menorehkan prestasi luar biasa atas nama Indonesia, dimana dia berhasil meraih juara dalam kompetisi matematika internasional.

Diketahui, bocah jenius NTT juara matematika ini mampu mengalahkan 7.000 siswa lain dari berbagai negara di dunia dalam ajang bertajuk "Abacus Brain Gym" 2022.

Nono sendiri diketahui adalah siswa kelas 2 di SD Inpres Buaraen 2, Amarasi Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Adapun prestasi Nono ini diungkap secara langsung oleh Gubernur NTT, Viktor Laiskodat, lewat postingannya di Instagram.

"Saya senang dan bangga melihat anak seperti Nono atau Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay, siswa kelas 2 SD Inpres Buraen 2, Amarasi Selatan, yang meraih posisi pertama dalam kompetisi tingkat dunia Abacus Brain Gym tahun 2022 yang diikuti oleh sekitar 7.000 siswa dari seluruh dunia," tulis Viktor, sebagaimana dikutip dari kanal Health Liputan6.com.

"Nono membanggakan NTT juga dunia, yang tentunya tidak terlepas dari peran guru yang sangat penting dalam membangun anak yang cerdas dan mandiri," dia menambahkan.

Prestasi luar biasa ini juga disambut gembira dan bangga oleh warganet, dimana banyak yang mengapresiasi Nono juara matematika internasional. Berikut ini adalah beberapa cuitan warganet di platform Twitter, Kamis (19/1/2023).

"Dia umur 8 th udh jadi juara matematika tingkat dunia, keren," cuit @xxsunflower_hc

"Acara tipi jaman sekarang kualitas nya ngundang ginian cuman demi rating. harusnya kalau mau nyari rating lu undang noh si adek yg kemarin habis juara 1 dunia mapel Matematika. Lu undang ke acara elu!" tulis @Oleaeuropaea26.

"Selamat atas prestasinya," @nurul050876

"Luar biasa....MANTAP. Patutu d beri pneghargaan...," kata @ayahnada8

"Salut! Nono Bocah SD Juara Dunia Lomba Matematika, Kalahkan 7000 Peserta," unggah @Sahabat_Bangsa

"Kenalin Namanya Nono, bocah kelas 2 SD asal Kab. Kupang Nusa Tenggara Timur baru saja menjuarai lomba Matematika tingkat Internasional. Nono membawa harum nama Indonesia usai menjadi Juara 1 Matematika Internasional Abacus World Competition tingkat dunia," twit @_tukangrosok_

"Semoga adik NONO juara 1 matematika segera dipanggil ke Istana krn sdh menunjukkan prestasi dunia unt Indonesia," tulis @Budionotaslim3

"Nono, seorang jenius matematika berusia 8 tahun dari NTT yang berhasil menjadi juara pertama pada kompetisi matematika internasional melawan 7000 kontestan di seluruh dunia. Kalo ozzers umur segitu ngapain?" cuit @ozradiobandung.


Membangun Anak Jadi Manusia Hebat

Viktor pun mengatakan bahwa banyak anak yang lahir dari latar belakang keluarga biasa tapi bisa tumbuh menjadi siswa luar biasa.

"Banyak anak-anak yang terlahir dari latar belakang biasa saja tetapi mereka menjadi luar biasa dan lebih berhasil dibanding anak-anak yang hanya cerdas di lembaga pendidikan saja, karena mereka memiliki daya tahan yang luar biasa," ujarnya.

Dia lalu menambahkan bahwa membangun anak menjadi manusia hebat bukan hanya intelektualnya saja, tapi juga memiliki Adversity Quotient atau daya tahan terhadap tekanan.

"Jadi anak tidak dimanja, tetapi dilatih untuk melalui tekanan yang sesuai dengan tahapan usianya, sehingga pelan-pelan anak menjadi kuat bertahan," katanya.

Bagi Viktor, tekanan pada anak sesuai usia tetap harus ada untuk melatih mental anak agar bisa menghadapi berbagai tekanan dalam kehidupan.

"Tekanan tetap harus ada tetapi tidak membuat anak menjadi stres. Output-nya adalah anak memiliki pain tolerance sehingga ketika dewasa dan berhadapan dengan masalah, tantangan, atau penderitaan, dia tetap tenang dan rasional," kata Viktor.

Viktor berpesan kepada orangtua agar tidak hanya mengajarkan anak soal pengetahuan, tapi juga kasih sayang dan cara menghadapi dan menyelesaikan masalah.

"Jadi sebagai orangtua, isilah anak kita bukan saja dengan pengetahuan, tapi juga dengan afeksi atau kasih sayang serta bertahap melatih anak dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah," ujarnya.

"Sehingga menjadi manusia dengan emosi, moral, dan spirit yang kuat untuk menghadapi berbagai tantangan saat anak besar nanti," Viktor menekankan.

Rafathar Pernah Dititipkan di Panti Asuhan

Raffi Ahmad Ungkap Alasan Pernah Titipkan Rafathar ke Panti Asuhan

Liputan6.com 2023-02-02 20:03:49
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina bersama anak (Instagram/raffinagita1717)

Sebagai seorang ayah, Raffi Ahmad tentu sangat menyayangi anak-anaknya. Tapi di saat tertentu, ia mengaku harus mengambil tindakan tegas terutama pada putra sulungnya, Rafatthar Malik Ahmad.

Raffi bahkan mengungkapkan pernah menitipkan Rafathar ke Panti Asuhan. Raffi Ahmad mengatakan alasan ia membawa Rafathar ke panti asuhan.

Menurut suami dari Nagita Slavina ini, ia terpaksa melakukan itu karena Rafathar membangkan perkataan ibunya, sekaligus ingin mengajarinya cara bersyukur. Hal tersebut dikatakan Raffi saat menjadi bintang tamu di Podcast Denny Sumargo.

"Jadi gue pernah gue bawa Rafathar ke panti asuhan, memang sengaja gue bawa dia ke panti asuhan. Karena wakty itu dia ngelawan terus sama ibunya, gue sampai bingung waktu itu gimana cara ngatasinnya," terang Raffi, dilansir dari kanal YouTube Curhat Bang Denny Sumargo, 31 Januari 2023.

"Terus akhirnya gue telepon temen gue yang punya salah satu panti asuhan, 'izin gue mau kesana, kalau bisa gua mau nginepin Rafathar sehari aja," tambahnya. Sebelum membawa ke Panti Asuhan, Raffi sempat memarahi Rafathar karena membentak ibunya.

Raffi Ahmad menasihati putranya untuk bersyukur karena masih memiliki ibu. "Gue langsung marahin Rafathar gue bilang, 'Rafathar tahu nggak banyak orang yang nggak punya ibu, Rafathar itu punya ibu masa dimarah-marahin sama dibentak dimarah-marahin, itu ibu kamu sendiri," ujar Raffi.

"Banyak anak-anak yang nggak punya ibu yang lebih susah dari Rafathar. Rafathar itu harusnya bersyukur," sambungnya. Lalu Raffi Ahmad meminta pengasuh Rafathar, Lala untuk menyiapkan beberapa baju untuk dibawa Rafathar ke panti asuhan.


Menguji Mental Rafathar

"Papa ni udah marah banget sama Rafathar. Sekarang Rafathar ikut sama papa, Aku suruh Lala bawain baju Rafathar, dia sudah panik tuh dan tanya 'kemana pah'," ujar Raffi lagi..

Sebelum menitipkan ke panti asuhan, Raffi sempat menguji mental Rafathar. Aktor dan presenter ini mengajak Rafathar berkeliling panti asuhan untuk melihat lihat kondisi anak -anak yang tak memiliki orangtua.

"Gue langsung bawa dia ke panti asuhan. Gue sengaja tes mentalnya dulu, nggak langsung dimasukin. Gue sama dia solat dulu, kan banyak tuh anak-anak di sana," jelas Raffi.

Raffi menuturkan putranya sempat bertanya mengenai anak-anak yang ada di panti asuhan. Menurut Raffi, Rafathar terlihat sangat ketakutan.

Saat Raffi Ahmad memberi tahu Rafathar akan dititipkan selama seminggu, putranya menangis. Ia pun menasihati Rafathar untuk bersyukur karena masih memiliki orangtua yang lengkap.

"Habis itu dia bingung kan anak-anak disana, ustadznya kan orang orang baru semua. Dia nggak mau, Gue tetap sama keputusan gua, wah dia nangis kejer. Gue bilang ini demi kebaikan dia dan supaya bersyukur masih punya orangtua," kata Raffi.


Mampu Beradaptasi

Selanjutnya Raffi Ahmad berpamitan kepada Rafathar untuk pulang.Bos Rans Entertainment itu tak langsung pulang tapi menunggu di luar selama satu jam. Selang satu jam, ia menelpon sang ustadz dan mendapat kabar putranya. Menurut ustadz, putranya tak terlihat sedih, justru bisa beradaptasi dengan orang baru.

"Sudah gue nunggu dulu sejam, dia tadinya diem aja. Hampir satu jam kemudian dia udah mulai bergaul, udah mulai main-main, udah happy dia," tutur Raffi Ahmad seraya tertawa.

Raffi pun mengaku tak menyangka Rafathar mampu beradaptasi dengan orang baru." Dia adaptasinya bagus. Ternyata yang gue dapet itu penilaiannya Rafathar itu mirip gue, dia selalu berani attack sama orang yang udah deket banget, sama ibunya pasti, sama Lala juga. Tapi sama gue dia nggak begitu berani, begitu juga sama orang-orang yang baru dia kenal, dia cenderung berusaha untuk lebih akrab dan mengalah," lanjut Raffi.

Selain itu, Raffi juga bercerita pernah marah kepada Rafathar hingga si sulung dikunci di dalam kamar mandi. Itu terjadi lagi-lagi karena Rafathar membangkang kepada Nagita Slavina."Oh jadi kalau Rafathar bikin salah apa lu enggak pernah marah ya?" tanya Densu.


Menghargai Perempuan

"Gue jarang marah. Kecuali gue marah, pernah marah sama Rafathar gue kunci di kamar mandi. Saat dia, apa, bukannya marah, tapi lebih ngebangkang ke ibunya," jawab Raffi Ahmad.

Raffi Ahmad melakukan hal tersebut sebagaimana sang ayah juga melakukan hal yang sama kepadanya dulu saat ia melakukan salah. Rupanya hal itu juga pernah dialami oleh Denny Sumargo."Karena gue dulu digituin sama bokap gue, sama almarhum bokap gue," jelas Raffi."Gue juga dikunci kamar mandi," kata Densu.

Raffi ingin mendidik Rafathar agar jadi laki-laki yang menghargai perempuan, terlebih seorang ibu. Hal itu juga diterapkan mendiang ayahnya kepada Raffi Ahmad.

"Jadi kalau cuma masalah gue misalnya nakal atau apa, bokap gue enggak pernah marahin.Tapi kalau gue ngelawan ke nyokap gue, misalnya (bilang) 'Mama! Dasar Mama!'. Misalnya ada kata-kata yang keras, bukannya kasar, tapi lebih ke keras gitu ya. 'Mama yang gini...' Wah, itu sama bokap gue langsung di... Pernah wak, dicelupin di bak mandi wak. Kepala di bawah gitu, terus jebur.. gitu wak, terus dikunci," terang Raffi.

Respon Camilla soal Memoar Pangeran Harry

Kate Middleton dan Permaisuri Camilla Tanggapi Memoar Pangeran Harry Lewat Busana Merah?

Liputan6.com 2023-02-02 12:05:11
Permaisuri Camilla dan Kate Middleton disebut menyindir Meghan Markle dengan memakai busana merah di dua agenda Kerajaan Inggris yang berbeda. (dok Instagram @theroyalfamily @princeandprin

Setelah perilisan memoar bombastis Pangeran Harry, Spare, para bangsawan Inggris menarik perhatian dengan busana merah mencolok. Pada Senin, 30 Januari 2023, Kate Middleton melangkah keluar dengan blazer Alexander McQueen asimetris merah monokrom dengan celana serasi di sebuah acara untuk kampanye Shaping Us di London, Inggris.

Sementara pada Selasa, 31 Januari 2023, dikutip dari New York Post, Kamis (2/2/2023), Permaisuri Camilla menarik perhatian lewat gaun merah mencolok selama pertemuan resmi pertamanya dengan Angkatan Darat Inggris. Penampilan ini mengingatkan pada gaun merah Meghan Markle yang dikenakan dalam agenda kerajaan terakhirnya sebelum resmi mundur.

"Kita pasti menganggap merah sebagai warna yang menunjukkan kekuatan. Politisi khususnya dikenal memakai dasi atau setelan jas merah dalam upaya menunjukkan kepercayaan diri dan kemampuan mereka," kata komentator bangsawan Amanda Matta pada The Post.

Saat ini, istana sedang menopang citranya setelah pers buruk dari memoar Harry. Matta mengatakan, warna merah bisa dilihat sebagai cara mereka mengantarkan era baru dan mengalihkan pembicaraan. Pangeran William mengenakan dasi merah pada acara Senin, menggambarkan "barisan yang bersatu dan kuat," kata Matta.

Ia menyambung, "Kate dan Camilla mengenakan busana merah minggu ini bukan hanya indikasi cerdas bahwa mereka ingin kita memandang keluarga kerajaan sebagai pihak yang kokoh, tapi juga cara luar biasa dalam menjadikan pekerjaan kerajaan mereka sebagai topik pembicaraan."

Sebagai catatan, merah memang merupakan warna nasional Inggris dan Wales. Ketika Ratu Elizabeth II mengenakan warna merah selama 70 tahun masa pemerintahannya, itu memang disengaja, kata Matta.


Simbol Warna Merah

Matta menyambung, "Bangsawan memakai warna-warna berani untuk alasan yang sama: menyampaikan kekuatan dan kepercayaan diri. Mode kerajaan pada umumnya sangat disengaja, dan warna adalah senjata yang sangat digunakan mendiang Ratu Elizabeth II untuk membuatnya menonjol."

Pada April 2020, saat berusia 93 tahun, ia mengenakan gaun merah dan ungu cerah untuk menerima Medali Layanan Emas Ordo St. John di Istana Buckingham. Kemudian, pada Desember tahun itu, mendiang Ratu keluar di Kastil Windsor dengan topi merah dan jaket serasi untuk memberi penghormatan pada pekerja garis depan yang mempertaruhkan nyawa mereka di masa pandemi COVID-19.

Putri Diana sering mengenakan pakaian merah untuk membuat pernyataan tanpa mengucapkan sepatah kata pun. Ini terutama setelah berpisah dari Pangeran Charles ketika ia secara terbuka mengungkapkan perselingkuhannya pada 1994.

Satu tahun kemudian, dan setelah melangkah keluar dengan "gaun balas dendam" serba hitamnya yang terkenal, Lady Di tampil memesona dengan gaun leher sendok berwarna merah delima rilisan Jacques Azagury saat menghadiri sebuah acara di Museum Peggy Guggenheim, Venesia, Italia.

"Berpakaian berani mengingatkan publik bahwa mereka (bangsawan) tetap tenang, terus berjalan, dan terlihat sangat rapi saat melakukannya," kata Matta.


Ambil Alih Tugas Pangeran Harry

Sebelumnya dilaporkan bahwa Kate Middleton telah mengambil alih tugas kerajaan yang ditinggalkan Pangeran Harry, yakni pelindung Rugby Football Union dan Rugby Football League. Mandat ini diterima Putri Wales dari mendiang Ratu Elizabeth II pada Februari 2022.

Belum lama ini, Kate menyambut tim Liga Sepakbola Rugby Kursi Roda Inggris untuk acara resmi di Hampton Court Palace. Itu diadakan untuk merayakan kesuksesan tim Inggris jadi juara dunia di Final Piala Dunia Liga Rugby pada November 2022.

Sementara, merujuk sebuah laporan baru, perseteruan Meghan dan Kate dikabarkan dimulai karena rebutan busana desainer. Melansir New York Post, 17 Januari 2023, pada 2017, desainer London Erdem Moralioglu dilaporkan menyebabkan keretakan antara dua saudara ipar ini.

Pasalnya, mantan aktris yang saat itu baru bertunangan dengan Pangeran Harry tidak bisa mengakses koleksi mode dari label favoritnya. Alasannya? Kate mengantongi akses VIP ke rangkaian pakaian Moralioglu, yang juga disukai Nicole Kidman, Naomi Watts, dan Claire Foy.


Hirarki Mode

Ada hirarki mode ketika berbicara tentang "penawaran pertama dari desainer" pada anggota keluarga kerajaaan, menurut Telegraph. Label fesyen Moralioglu didirikan pada 2005 dan dengan cepat mengokohkan diri pada desain khas cetakan bunga romantis, serta gaun berpayet yang bersahaja.

Kate telah jadi penggemar lama, terkenal mengenakan busana rancangan desainer itu pada sejumlah acara kerajaan, termasuk potongan gaun midi off-the-shoulderdengan pinggiran berjumbai pada 2018. Rancangan Moralioglu juga melengkapi tampilannya saat hamil Pangeran George dan Putri Charlotte, menonjolkan baby bump dengan gaun bunga yang manis.

Di sisi lain, Meghan Markle juga tercatat sebagai penggemar desain Moralioglu, jauh sebelum bertemu Harry. Ia kedapatan mengenakan busana rancangan si desainer saat terlibat produksi Suits di Kanada.

Meghan tampil dengan gaun dari koleksi Autumn/Winter 2015 Moralioglu saat menghadiri acara Today pada 2016. Ia juga mengenakan kembali busana tersebut untuk makan siang Natal bersama mendiang Ratu pada 2018, menurut Telegraph.

"Erdem Moralioglu adalah salah satu (desainer) favorit mutlak Meghan, tapi bahkan setelah Harry memasang cincin di jarinya, Kate, yang sudah jadi klien, terus mendapat prioritas," lapor surat kabar itu.

Ratusan Pacar Halu Angga Yunanda

Angga Yunanda Diserbu Ratusan Pacar Halu pada Hari Ulang Tahun ke-24 Shenina Cinnamon

Liputan6.com 2023-02-03 09:00:22
Angga Yunanda. (Foto: Dok. Instagram @anggayunandareal16)

Hubungan asmara yang sedang terjalin antara Angga Yunanda dan Shenina Cinnamon kini sedang mesra-mesranya. Pasangan aktor dan aktris tersebut kerap sama-sama memamerkan kemesraan di berbagai kegiatan santai maupun sejumlah acara.

Bahkan bila kita membuka setiap unggahan foto di Instagram mereka masing-masing, Angga Yunanda dan Shenina Cinnamon kerap saling melempar komentar mesra. Entah itu yang bernada romantis maupun yang bergaya candaan.

Pada Rabu (1/2/2023) kemarin, Shenina Cinnamon merayakan ulang tahun yang ke-24 dan mengunggah momen bahagianya itu melalui akun Instagram @shenacinnamon. Tentu saja Angga dengan rasa cinta yang besar terhadap sang kekasih mengucapkan selamat dengan kalimat yang mesra, "Selamatt ulang tahunn sayanggg."

Namun, begitu menelusuri balasan terhadap ucapan dari Angga Yunanda di unggahan Shenina, ratusan netizen cewek menyerbunya. Bahkan, komentar mereka kepada Angga berisi kalimat yang seolah membalas kemesraan sang idola bak "pacar halu".


Ratusan Pacar Halu Angga Menyerbu

Cukup banyak netizen cewek yang seolah merasa berstatus kekasih Angga Yunanda meskipun kalimat mesra sang aktor ditujukan kepada Shenina. Jumlahnya lebih dari 100 orang. Berikut beberapa contohnya.

"thengkyuu sayang," tulis @luv***.

"iya sayang makasiii," kata @cho***.

"ulang taun aku masi lama sayang..," tulis @sil***.

"makasih sayangultahku jg baru beberapa hari yng lalu kok," kata @fau***.


Kalimat Mesra Shenina kepada Angga

Shenina Cinnamon tak menanggapi ratusan "pacar halu" yang menyerbu Angga Yunanda di media sosialnya, aktris Penyalin Cahaya tetap menyampaikan kalimat mesra di unggahan sang kekasih.

Pada hari ulang tahun Shenina Cinnamon, Angga Yunanda melalui akun Instagram @angga mengunggah potretnya rebahan dengan sang kekasih di atas poster bergambar rupa mereka. "Selamat 24," tulis Angga bersama emotikon hati dan kilauan.

"LUCU BGT, terima kasih sayangku," tulis Shenina di kolom komentar dengan nada mesra.


Kemesraan Angga dan Shenina

Pada hari ulang tahunnya yang ke-24, Shenina Cinnamon mendapat kejutan dari Angga Yunanda. Sang aktor menyiapkan kue, dekorasi dan kado, serta mengajak keluarga dan rekan artis untuk hadir dalam pesta ultah kejutan Shenina.

Kedekatan Shenina dan Angga sudah tercium sejak 2021 lalu. Kala itu keduanya mengunggah potret kebersamaan mereka saat merayakan Lebaran. Sebelumnya, Shenina dan Angga pernah beradu akting dalam film Di Bawah Umur (2020).

Dua tahun pacaran, Angga dan Shenina tak terlalu sering mengumbar kemesraan. Namun, akhir-akhir ini keduanya sering menunjukkannya di media sosial melalui foto maupun komentar.

Ikuti Terapi Dapat Ketenangan Batin

Aliando Syarief Dapatkan Ketenangan Batin Saat Ikuti Terapi Melepas Beban Emosi Coach Rheo

Liputan6.com 2023-02-02 19:25:08
Aliando Syarief. (Foto: Dok. Instagram @aliandooo)

Pakar Teknologi Pikiran atau Mind Technology Expert Coach Rheo menggelar terapi melepas beban emosi yang diikuti sejumlah orang, termasuk aktor dan pesinetron Aliando Syarief.

Terapi ini, kata Coach Rheo, merupakan sebuah konsep seni melepas beban emosi bagi orang yang mengalami Post Traumatic Stress Disorder (PTSD).

"Cognitive Numbing, Deep Core Emotion Concept, Stage Of Liberation, semua ilmu ini tidak pernah ada sistematisasinya sebelumnya. Saya adalah orang pertama yang menciptakan konsep orisinalnya di dunia teknologi pikiran," kata Coach Rheo kepada pewarta, Selasa, 31 Januari 2023.

Terapi melepas beban emosi, kata Coach Rheo, sangat efektif dalam mengatasi trauma, phobia, luka batin yang mayoritas bisa dinetralkan secara utuh dalam satu hingga tiga pertemuan saja.


Sesi Melegakan

Aliando Syarief bilang inilah sesi yang melegakan. Reseptor dalam organ-organ indra yang membuatnya memiliki perasaan tenang. Berbeda dengan yang pernah dia alami sebelumnya.

"Rasanya sudah lama aku tidak merasakan perasaan seperti ini," kata Aliando yang mengikuti terapi bersama Coach Rheo.


Obsessive Compulsive Disorder

Coach Rheo meyakini jika ditangani dengan cara tepat, problem mental seperti yang dialami Aliando, dapat diselesaikan dalam waktu relatif singkat.

Seperti banyak diberitakan sebelumnya, bintang sinetron Ganteng-Ganteng Serigala ini diketahui sempat mengalami Obsessive Compulsive Disorder (OCD). Sejenis gangguan mental mengalami kecemasan dalam pikirannya.


Memberi Ketenangan

Menurut Coach Rheo, salah satu core emotion Aliando terkait kemarahan terhadap seseorang diakuinya hilang, dan memberi ketenangan yang sungguh berbeda dari sebelumnya

"Seperti merasakan suhu dinginnya sebuah energi yang berbenturan dengan sebuah gelombang," pesinetron kelahiran, 26 Oktober 1996 tersebut menggambarkan.

Takut Stres Saat Hamil

Fuji Beberkan Alasan Tak Mau Menikah Cepat-Cepat, Takut Stres ketika Hamil

Liputan6.com 2023-02-03 10:40:00
Seperti kebanyakan remaja, Fuji juga menjadikan artis-artis Korea sebagai trendsenter-nya. Fuji sempat mengikuti tren rambut cepak ala artis Korea. Parasnya yang cantik ini disebut mirip deng

Hubungan asmara Fuji dan Thariq Halilintar hingga kini masih tetap berjalan. Keduanya juga baru saja merayakan satu tahun hubungannya bersamaan dengan ulang tahun Thariq Halilintar ke-24 pada Minggu (29/1/2023) lalu.

Alhasil, tentu saja para penggemar Fuji dan Thariq Halilintar yang menjuluki pasangan tersebut dengan sebutan "Thofu", berharap keduanya bisa segera naik ke pelaminan. Namun, tampaknya fans akan menanti cukup lama untuk melihat hal itu.

Pasalnya, dalam sebuah acara bincang-bincang dengan Kepala BKKBN dr. Hasto Wardoyo di kanal YouTube BKKBN Official, Fuji mengaku masih belum siap untuk cepat-cepat menikah dengan Thariq. Adik ipar Vanessa Angel itu pun menguraikan sejumlah alasan secara terperinci.

Tak sekadar finansial, Fuji kini sedang mempertimbangkan kondisi mentalnya yang akan sangat berpengaruh pada saat ia hamil. Bintang film Bukan Cinderella mengaku masih harus membenahi diri agar bisa menjadi seorang ibu yang baik.


Pengalaman Mengurus Keponakan

Rupanya pertimbangan itu terkait dengan pengalaman Fuji selama mengasuh keponakannya yang kini sudah yatim piatu, Gala Sky. Seperti kita tahu, Gala merupakan putra dari kakak Fuji, yaitu mendiang Bibi Andriansyah yang meninggal dunia bersama sang istri, Vanessa Angel, dalam kecelakaan mobil pada 4 November 2021 lalu.

"Kalau untuk kepikiran buat nikah atau hamil sih belum, ya. Dekat-dekat ini belum. Karena aku ada keponakan yang masih kecil yang aku rawat dari bayi sudah sama aku, tidur sama aku," ungkap Fuji, mengutip dari kanal YouTube BKKBN Official, diunggah Selasa (31/1/2023).

"Jadi kalau misalkan untuk anak, sudah sempat merasakan buat merawat. Tapi kalau untuk hamil, masih takut," sambung Fuji.


Pesan Fuji kepada Calon Ibu

Meskipun belum punya pengalaman sebagai seorang ibu, Fuji menyampaikan pesan dari hal-hal yang didapatnya selama mengasuh Gala. Ia pun berpendapat bahwa seorang istri harus siap secara material, mental, sekaligus dukungan dari pasangan agar tak mendapatkan banyak kendala ketika hamil hingga mengurus anak.

"Jangan buru-buru, pikirkan matang-matang, kasihan bayinya nanti. Kalau ibu stres, kan juga memengaruhi," ujar Fuji berpesan.

"Harus hati-hati, harus siap dari segi finansial, mental, pasangannya juga harus benar. Pokoknya jangan asal cinta saja terus langsung menikah gitu. Pokoknya harus siap," sambung Fuji sekaligus menutup perbincangan.


Thariq Aktif Bertanya

Selama perbincangan, Thariq Halilintar tampak aktif bertanya kepada host acara, Kepala BKKBN dr. Hasto Wardoyo, seputar pemenuhan nutrisi bagi pasangan suami istri yang akan menjalani program kehamilan.

Fuji juga sempat berkelakar saat ditanya mengenai jumlah anak yang diinginkannya setelah menikah. Kala itu, ia berkata bahwa di masa depan ingin memiliki 20 orang anak.

Kota Ini Dihuni Banyak Pemuja Setan

Ngeri, Kota di Inggris Ini Dihuni Banyak Pemuja Setan

Liputan6.com 2023-02-02 20:40:33
Kota Bungay, di area Suffolk Timur, Inggris disebut sebagai ibu kota negara bagi para pemuja setan. (Dok: Visit Bungay)

Sebuah kota yang sepi di Inggris bernama Bungay, dijuluki menjadi ibu kota negara bagi para pemuja Setan atau Satanisme.

Dilansir laman Daily Star, Kamis (2/2/2023), 70 dari 8.500 orang yang tinggal di Bungay dan desa-desa terdekat di wilayah Suffolk diidentifikasi sebagai pemuja setan.

Statistik yang mengerikan tersebut membuktikan bahwa hampir satu dari setiap 120 orang di daerah tersebut mengaku sebagai pemuja setan. Temuan ini berdasarkan sensus tahun 2021 ketika menyatakan keyakinan agama mereka. Hasil tersebut masuk kategori sangat tinggi, sekitar 100 kali rata-rata nasional.

Beberapa orang menduga bahwa ada keterkaitan tentang legenda setan lokal yang berupa anjing hitam. Itu dikenal sebagai Black Shuck, yang meneror jemaah Gereja St Mary di kota pada tahun 1577.

Gereja St Mary, yang telah lama tak digunakan sejak tahun 1970-an dan memiliki batu besar yang disebut Batu Druid di kuburannya.

Beberapa legenda lokal menyatakan bahwa Iblis dapat disulap dengan menari sebanyak 12 kali mengelilingi batu.

Martin Evans, dari Friends of St Mary's Church mengatakan, "Saya sama sekali tidak melihat bukti adanya pemuja setan. Saya tidak dapat membayangkan mengapa ada orang yang memasukkannya ke dalam sensus, tetapi kami memiliki banyak pelawak di sekitar sini."


Pilihan Para Kaum Muda

Berita itu muncul hanya beberapa minggu setelah terungkap bahwa kaum muda Inggris memilih setanisme daripada agama tradisional.

Jumlah pemuja setan tertinggi berikutnya di Inggris adalah di daerah Brondesbury di London utara, yang terdiri dari 20 orang, meskipun memiliki populasinya jauh lebih tinggi daripada Bungay.

Berita ini bertepatan dengan sensus terbaru, yang mengklaim bahwa agama mayoritas warga Inggris bukan Kristen. Ini merupakan pertama kalinya sejak pencatatan dimulai.


Bantahan Pejabat Kota

Petugas Dewan Kota Bungay, Rosalind Barnett mengatakan, "Saya telah berbicara dengan beberapa anggota dewan dan tidak satu pun dari mereka percaya bahwa mereka pernah bertemu pemuja setan.

"Jadi angka dalam sensus ini sedikit misteri. Pemujaan setan tidak pernah ada di sekitar kami dan tidak pernah dibahas. Kami tidak tahu apa-apa tentang itu."

"Dewan mungkin membahasnya pada pertemuan kami di bulan Februari melalui korespondensi."

Sementara Walikota Tony Dawes berkata: "Saya sangat terkejut mendengar ini. Sepengetahuan saya, saya tidak pernah menemukan pemuja setan di kota ini."

"Gereja-gereja di kota ini didukung dengan sangat baik. Saya bertanya-tanya apakah orang-orang yang tidak memiliki hal lain yang lebih baik untuk dilakukan selama lockdown memutuskan untuk menyatakan bahwa mereka adalah pemuja setan," ungkapnya.

Usulan Penghapusan Jabatan Gubernur

HEADLINE: Cak Imin Usulkan Penghapusan Jabatan Gubernur, Plus Minusnya?

Liputan6.com 2023-02-04 00:00:30
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar. Foto: Ist/Man

Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengatakan bahwa sebaiknya jabatan gubernur di Indonesia dihapus. Sebab, dia menilai jabatan gubernur dalam sistem pemerintahan tak terlalu fungsional.

Pada paparannya, Cak Imin menyebut bahwa sebaiknya dalam pemilihan langsung hanya ada pemilihan presiden, pemilihan bupati, dan pemilihan wali kota. Selain itu, menurut Cak Imin pemilihan gubernur terlalu melelahkan dalam pelaksanaanya.

"PKB sih mengusulkan pemilihan langsung hanya pilpres dan pilbup, pilkota. Pilgub tidak lagi karena melelahkan, kalau perlu nanti gubernur pun enggak ada suatu hari karena enggak terlalu fungsional di dalam jejaring pemerintahan, banyak sekali evaluasi," kata Cak Imin saat acara Sarasehan Nasional Satu Abad NU, di Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Senin (30/1/2023).

"Kompetisi yang tiada henti, kelihatannya damai tetapi kompetisinya tidak pernah berhenti 24 jam. Ini sistem yang melelahkan," sambungnya.

Saat dikonfirmasi, Cak Imin menjelaskan bahwa fungsi gubernur minim yakni hanya sebagai sarana penyambung antara pusat dan daerah, fungsi gubernur. Sehingga, pada tahap pertama pemilihan kepala daerah (pilkada) dia ingin pemilihan gubernur ditiadakan.

"Fungsi gubernur hanya sebagai sarana penyambung pusat dan daerah, itu tahap pertama, jadi Pilkada tidak ada (pemilihan) gubernur, jadi hanya (pemilihan kepala daerah) kabupaten/kota. Tahap kedua, ya ditiadakan institusi atau jabatan gubernur, jadi tidak ada lagi," jelas Cak Imin.

Terlebih, lanjut Cak Imin, fungsi gubernur di pemerintahan tidak efektif. Sementara itu, anggaran yang diperlukan juga relatif besar.

"Iya itu nanti tapi karena pada dasarnya fungsi itu terlampau tidak efektif, anggarannya besar tapi tidak langsung tidak mempercepat," ungkap dia.

Lebih lanjut, Cak Imin mengaku usulan terkait penghapusan jabatan gubernur itu tengah didiskusikan partainya dengan para ahli. Dia memastikan PKB akan memperjuangkan gagasan untuk menghapus jabatan gubernur di pemilihan langsung.

"Iya kita lagi mematangkan ini dengan para ahli ya. Tapi kita yakin itu akan kita perjuangkan," ucap dia.

Pernyataan Cak Imin mengundang reaksi dari berbagai pihak. Salah satunya Pakar Hukum Tata Negara Universitas Andalas, Feri Amsari. Ia menilai usulan Cak Imin bersebrangan dengan konstitusi.

"Saya pikir ini hanya isu yang membuat gaduh di tahun politik. Ini tidak tepat, tidak berdasarkan konstitusi. Menurut saya ini betul-betul orang-orang yang tidak memahami UUD. Asal bicara saja," kata Feri kepada Liputan6.com, Jumat (3/2/2023).

Direktur Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Universitas Andalas itu mengatakan, penghapusan jabatan gubernur lebih banyak sisi negatifnya daripada positifnya.

"Konstitusi bilang konsep bertingkatnya pemerintahan dari pusat ke daerah adalah pemerintah pusat, gubernur, bupati dan walikota. Konsep ini sudah dipakai, jangankan dari Indonesia merdeka, sudah dipakai dari zaman Belanda. Dan banyak negara yang juga betul-betul fokus ke model jenjang seperti itu, jenjang pemerintahan seperti itu."

"Jadi menurut saya ini tidak ada kemanfaatannya. Mungkin permasalahannya beda yang dilihat. Saya lihat ada yang bicara masalah keefektifitas penyelenggaraan pemerintahan dimana terlalu banyak perbedaan soal kewenangan."

"Jadi yang salah itu soal proses wewenangnya. Yang harus diperbaiki tata kelola pemerintahannya, bukan menghilangkan jabatannya," tegas Feri.


Tidak Relevan

Peneliti Riset Politik di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof Siti Zuhro, menilai, penghapusan jabatan gubernur tidak relevan dan urgent. Apalagi Indonesia sedang menyongsong Pemilu 2024.

"Kalau mau ngomong revisi UU pemerintah daerah ya nantilah setelah Pemilu 2024. Segera setelah pelantikan Presiden dan Wapres baru, legislatif baru, silakan 2025 awal itu melakukan revisi UU Pemerintah Daerah," kata Siti kepada Liputan6.com, Jumat (3/2/2023).

Wanita lulusan Curtin University tersebut menegaskan, jabatan gubernur tertera jelas di konstitusi. Jadi kalau mau menghapusnya, maka tak hanya revisi UU Pemerintah Daerah saja, tapi juga konstitusi.

"Jadi menurut saya mengemukakan apapun itu apalagi yang ketatanegaraan kita, tolong dilihat substansinya, dilihat filosofi, teks konteksnya, gitu ya. Teks itu artinya konstitusinya seperti apa, konteksnya apa, lalu kajian akademiknya, naskah akdemiknya yang menyampaikan, katakan latar belakang masalah dan sebagainya. Mengapa harus di-eliminate atau delete. Tidak sekedar cuma cuap-cuap. Harus disampaikan secara sempurna, itu baru serius."

Siti Zuhro mengakui, atas nama demokrasi, semua orang berhak menyampaikan pendapatnya. Tapi, ia menyarankan dalam menyampaikan sesuatu yang berkaitan dengan konstitusi, maka argumennya harus jelas dan kuat.

"Ketika kita menyongsong pemilu 2024, fokuslah ke sana. Jangan ditimpuki macam-macam lagi, pemilu serentak sudah luar biasa kompleksnya. Mampu enggak Indonesia melakukan tiga pemilu yang berbeda di tahun yang sama? Kualitasnya akan bagus atau gimana? Dulu juga pernah usul Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dibubarkan. Tanyakan lagi keseriusannya, ini kan parpol bukan LSM," ucap dia.

Ketua DPP PDIP, Achmad Baidowi, mengaku tidak sepakat dengan usulan Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang ingin jabatan gubernur di Indonesia dihapus.

Pria yang kerap disapa Awiek itu menyebut Gubernur jabatan penting sebagai jembatan dari pemerintah pusat ke daerah.

"Justru gubernur itu perwakilan dari pemerintah pusat ke daerah, apakah provinsinya juga harus dihapus? Adanya gubernur itu untuk memperpendek rentang kendali kekuasaan Jakarta sehingga semuanya tidak harus ke Jakarta," kata Awiek pada Liputan6.com, Jumat (3/3/2023).

Awiek mencontohkan apabila tidak ada gubernur, maka walikota dan bupati di seluruh Indonesia harus melapor langsung ke presiden. Hal itu menurutnya akan sangat menghabiskan waktu kerja presiden.

"Bayangkan 500 sekian kabupaten kota semua datang ke Jakarta. Nanti presiden tiap hari hanya menemukan Bupati dong kerjaannya. Presiden hanya menemui bupati, walikota bergiliran tiap hari. Makanya semangat pembentukan provinsi itu sebagai perpanjangan tangan pusat ke regional," ungkapnya.

Menurut Awiek, dengan adanya jabatan Gubernur, maka pelayanan akan lebih cepat dan terjangkau ke daerah. "Sehingga Rentang kendali kekuasaan dan Rentang kendali pelayanan publik bisa terjangkau lebih cepat," pungkasnya.

Berbeda dengan Awiek, Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira menyatakan, tak sepakat dengan penghapusan jabatan Gubernur, namun ia sepakat bila Pilkada atau Pilgub ditinjau ulang.

"Cak Imin tidak mengusulkan penghapusan Jabatan Gubernur, tetapi Pilkada Gubernur. Kalau itu saya sependapat," kata dia.

Menurut Andreas, Gubernur adalah kepanjangan tangan pemerintah pusat, yang menghubungkan pusat dan daerah, dan melakukan fungsi koordinasi antar pemkab dan Pemkot, sehingga menurutnya Gubernur sebagai penghubung pusat bisa ditunjuk oleh presiden langsung.

"Menurut saya agar lebih efektif Gubernur ditunjuk oleh presiden dan menjadi pembantu presiden dalam koordinasi pemerintahan wilayah. Sehingga apabila menteri adalah pembantu presiden yang memimpin kabinet, Gubernur adalah pembantu presiden yang memimpin dan mengkoordinasi pemerintahan wilayah," pungkasnya.


Jokowi: Penghapusan Jabatan Gubernur Perlu Kajian Mendalam

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menilai usulan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin soal penghapusan jabatan gubernur, perlu kajian yang mendalam. Kendati begitu, dia menyebut usulan tersebut merupakan bentuk dari demokrasi.

"Semua memerlukan kajian yang mendalam. Jangan kita, kalau usulan itu ini negara demokrasi boleh-boleh saja namanya usulan," jelas Jokowi kepada wartawan di Pasar Baturiti Kabupaten Tabanan Provinsi Bali, Kamis (2/2/2023).

Namun, dia menekankan usulan itu harus dikalkulasi dengan matang apakah akan efisien apabila diterapkan. Salah satunya, dengan mempertimbangkan apakah nantinya rentang kontrol pemerintah pusat ke daerah menjadi terlalu jauh.

"Tapi perlu semua kajian, perlu perhitungan, perlu kalkulasi apakah bisa menjadi lebih efisien atau rentang kontrolnya terlalu jauh dari pusat langsung, misalnya ke bupati/walikota terlalu jauh span of control-nya harus dihitung. Semua harus dihitung," jelasnya.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menanggapi isu terkait peniadaan jabatan setara gubernur. Gibran menuturkan, pihaknya juga mendapatkan arahan dari gubernur.

"Ya krusial banget, kami selalu dapat arahan dari gubernur," ujar Gibran seperti dikutip dari Antara.).

Gibran menuturkan, gubernur juga menjadi jembatan koordinasi antarwilayah, termasuk ketika ada masalah antarwilayah yang dapat diselesaikan oleh gubernur.

"(Kalau) Koordinasi antarwilayah enggak jalan, (maka) dijembatani pak gubernur, diselesaikan pak gubernur. Sulit kalau enggak ada, gubernur harus ada," ujar dia.


Gubernur Dihapus Bisa Sebabkan Timpang dan Bentrok Sana-sini

Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi terkait usulan penghapusan jabatan gubernur. Ia mencontohkan peran gubernur dalam suatu provinsi itu ibarat sebuah perusahaan.

"Ibarat dalam sebuah perusahaan, presiden itu direktur utama, direktur adalah menteri, manajer adalah gubernur dan bupati/wali kota adalah para kepala divisi. Jika peran manajer dihapus, apa yang akan terjadi? Setiap divisi akan bentrok, karena tidak ada peran manajer dalam memanage antar divisi," papar dia.

Menurut Teddy, dari sekian banyak bupati atau wali kota, itu tidak mungkin secara teknis langsung dimanage oleh presiden melalui menterinya.

Karena, kata dia, tugas presiden dan menteri tidak hanya itu. Hal tersebut akan menjadi timpang dan bisa banyak tabrakan sana-sini. Oleh karena itu, perlu adanya Gubernur yang memanage setiap Provinsi.

"Tentu saja hal ini tidak hanya berlaku di negara atau perusahaan, juga termasuk dalam organisasi seperti Partai Politik, tidak mungkin Ketua umum Partai Pollitik langsung memanage DPC-DPC diseluruh Indonesia karena menghapus seluruh DPW di seluruh Indonesia. Bisa berantakan," terang dia.

"Jadi apakah Jabatan Gubernur masih diperlukan? Jawabannya adalah, tentu para para negarawan, para pimpinan dan para ahli tatanegara kita dahulu tidak membuat hal ini dengan dengan cara asal-asalan," jelas Teddy.


Respons Para Gubernur

Dua gubernur di Indonesia menanggapi usulan peniadaan jabatan kepala daerah setingkat gubernur yang dikemukakan Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

"Usulan itu yang paling bijak adalah oleh rakyat sendiri. Jadi kalau mau melakukan perubahan, tanyalah kepada rakyat," ucap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Suara dari rakyat, terang dia, bisa memberikan jawaban bukan hanya peniadaan jabatan gubernur, tetapi eksistensi bupati, wali kota, dan presiden partai politik.

Sesuai aturan yang berlaku bahwa pemilihan kepala daerah sudah diatur dalam Undang-undang No.22/2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

"Jadi pertanyaannya, kalau mau ada perubahan-perubahan silakan. Karena negara ini dibangun oleh kesepakatan, kesepakatan tertinggi datang dari aspirasi rakyat. Itu jawaban saya," terang dia.

Mantan Wali Kota Bandung ini menjelaskan bahwa salah satu bentuk pertanyaan kepada rakyat bisa melalui referendum.

"Bentuknya bisa referendum. Referendum itu bertanya kepada rakyat kan? Tapi kalau rakyat memutuskan ya, dibikin kesepakatan baru," katanya.

Namun, katanya, kalau rakyat tetap membutuhkan seorang gubernur karena merasakan manfaat yang luar biasa harus dihormati. "Jadi kesimpulannya tetap tanyalah kepada rakyat," papar Ridwan Kamil.

Sementara Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meminta agar wartawan bertanya kembali kepada yang mewacanakan penghapusan jabatan kepala daerah setingkat gubernur.

"Kau tanya sama dialah. Kalau gubernur dihapus nantikan enggak ada kerjaan lagi gubernur 38 provinsi. Nanti siapa yang kasih kerjaan gubernur-gubernur itu," terang Edy.