Bromo Bisa Meletus Tiba-Tiba

Bisa Meletus Tiba-Tiba, Jangan Dekati Gunung Bromo Radius 1 KM

Liputan6.com 2023-02-05 15:10:58
Sejumlah orang mencoba menangkap sajen yang dilemparkan ke kawah dalam ritual Yadnya Kasada di Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (18/7/2019). Ritual yang selalu berlangsung pada sa

Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) meminta seluruh kelompok masyarakat mewaspadai terjadinya letusan freatik (semburan abu, batu dan air di radius tertentu) yang bersifat tiba-tiba di Gunung Bromo, Provinsi Jawa Timur.

Aktivitas vulkanik itu terjadi tanpa didahului oleh gejala yang jelas. Untuk itu masyarakat di sekitar Gunung Bromo diimbau tidak memasuki area kawah dalam radius 1 km dari kawah aktif.

Menurut Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Muhammad Wafid, imbauan itu berlaku juga bagi pengujung, wisatawan dan pendaki.

"Berdasarkan hasil evaluasi secara menyeluruh maka tingkat aktivitas Gunung Bromo pada tanggal 4 Februari 2023 pukul 08.00 WIB masih pada Level II atau Waspada dengan rekomendasi yang disesuaikan dengan potensi ancaman bahaya terkini," ujar Wafid dalam keterangan tertulisnya, ditulis Bandung, Minggu, 5 Februari 2023.

Wafid mengatakan tingkat aktivitas Gunung Bromo dapat dievaluasi kembali jika terdapat perubahan aktivitas secara visual dan instrumental yang signifikan.

Aktivitas vulkanik Kawah Gunung Bromo, Probolinggo hingga tanggal 4 Februari 2023 Pukul 08.00 WIB, berupa teramatinya sinar api dari dalam kawah berdasarkan pengamatan visual pada tanggal 3 Februari 2023 pukul 21.14 WIB.

Bau belerang tercium kuat dari bibir kawah dan terdengar suara gemuruh. Asap kawah dalam 1 minggu terakhir teramati berwarna putih tipis hingga tebal dengan ketingian 50-900 meter dari puncak.

"Vegetasi (tetumbuhan sekitar) pada dinding kaldera sebelah timur berwarna kuning dan mengering akibat paparan asap kawah Gunung Bromo," kata Wafid.

Wafid memaparkan pengamatan kegempaan menunjukkan masih terekamnya tremor (getaran) menerus dengan amplitudo 0.5 -- 1 mm (dominan 0.5 mm) yang disertai pula terekamnya gempa vulkanik dalam dan gempa vulkanik dangkal.

Wafid bilang itu menunjukkan adanya proses fluktuasi (tidak stabil) tekanan di dalam tubuh Gunung Bromo yang disertai oleh aliran fluida (zat gas dan cair) ke permukaan.


Erupsi Freatik atau Magmatik

Potensi bahaya yang bisa ditimbulkan akibat meningkatnya aktivitas kawah Gunung Bromo adalah terjadinya erupsi freatik ataupun magmatik.

"Erupsi itu dengan sebaran material erupsi berupa abu dan lontaran batu (pijar) yang dapat mencapai radius 1 km dari pusat kawah, serta keluarnya gas-gas berbahaya bagi kehidupan," tegas Wafid.

Wafid merekomendasikan pemerintah setempat, badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Bromo di Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Kementerian ESDM.

Gunung Api Bromo merupakan gunung api kerucut cinder yang berada dalam kaldera Tengger dengan ketinggian mencapai 2.329 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Secara administratif gunung api ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

"Karakter erupsi Gunung Bromo berupa erupsi eksplosif dan efusif dari kawah pusat. Erupsi tersebut mengeluarkan abu, pasir, lapilli, dan terkadang melontarkan lava pijar dan bom vulkanik," tukas Wafid.

Erupsi terakhir terjadi pada bulan Juli 2019 berupa erupsi freatik yang tanpa didahului oleh peningkatan kegempaan yang signifikan.

Aktivitas kawah Gunung Bromo dipantau secara visual dan instrumental dari Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Bromo yang berada di Dusun Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.


Saksikan Video Pilihan Ini:

Prabowo, Anies dan AHY di Konser Dewa 19

Momen Seru Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan AHY Saat Nonton Konser Dewa 19

Liputan6.com 2023-02-05 12:29:19
Para penonton konser Dewa 19 menyalakan flash

Konser Dewa 19 yang bertajuk Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses digelar di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Sabtu 4 Februari 2023 malam. Puluhan ribu orang datang ke JIS menikmati lagu-lagu yang dibawakan grup band papan atas tersebut.

Di antara mereka yang hadir, adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dalam pertunjukan konser itu, Prabowo nonton bersama Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon, dan juga ibu kandung Ahmad Dhani. Mereka duduk di deretan kursi VIP.

"Luar biasa, hampir semua lagu saya nantikan," ujar Prabowo Subianto, seperti dilansir Antara, Minggu (5/2/2023).

Sementara Anies Baswedan yang mengenakan kaos hitam bertuliskan Baladewa Jaksel ini duduk disamping AHY di deretan kursi stadion. Keduanya tampak larut dengan lagu-lagu yang dibawakan oleh grup band yang digawangi Ahmad Dhani ini.

Bahkan AHY turut bernyanyi bersama saat lagu berjudul risalah hati didendangkan. AHY dan Anies pun tersenyum dan mengacungkan jempol.

Selain Prabowo, Anies Baswedan, dan AHY, ada sederet tokoh lainnya yang juga hadir dalam acara tersebut. Mereka adalah Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Ada pula mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, serta eks Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon.


Lebih dari 30 Lagu

Konser menjadi lebih istimewa lantaran Ahmad Dhani cs menyuguhkan empat vokalis dan lima drummer Dewa 19. Hampir seluruh personel yang melewati sepak terjang Dewa hadir menghibur penggemarnya.

Pagelaran yang dihadiri lebih dari 60 ribu pengunjung ini dimulai pukul 17.00 WIB dan rampung pada sekitar pukul 00.00 WIB.

Kejutan di Konser Dewa 19

Elvy Sukaesih Jadi Kejutan di Konser Dewa 19, Duet bareng Mulan Jameela Hingga Kecup Ahmad Dhani

Liputan6.com 2023-02-05 08:00:00
Elvy Sukaesih Jadi Kejutan, Duet Bareng Mulan Jameela Di Konser Dewa 19 Hingga Beri Kecupan Manis untuk Ahmad Dhani. (instagram.com/elvy_sukaesih)

Dewa 19 sukses menggelar konser bertajuk Pesta Rakyat 30 Years of Careers Dewa 19. Konser itu digelar Sabtu (4/2/2023) di Jakarta International Stadium, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Sepanjang konser, Dewa 19 benar-benar menyajikan penampilan terbaik mereka. Terbukti dengan upaya Ahmad Dhani membawa 4 vokalis dan 5 drummer di konser tersebut.

Dewa 19 menyanyikan lebih dari tiga puluh karya terbaik mereka sepanjang kurang lebih 3 jam. Yang menarik, kehadiran Ratu Dangdut, Elvy Sukaesih di tengah lagu "Sedang Ingin Bercinta" yang dibawakan Ahmad Dhani.

"Elvy Sukaesih!" seru Ahmad Dhani dari panggung bersama dengan hadirnya Elvy Sukaesih.


Part Dangdut

Kehadiran Elvy Sukaesih membuat seluruh penonton bersorak. Elvy Sukaesih menyanyikan part lagu "Sedang Ingin Bercinta" versi dangdut, dengan cengkok khasnya.

"Mau dengar Elvi Sukaesih nyanyi bareng Dewa 19 lagi? Oke habis ini ya kita dengar Umi Elvi nyanyi lagi," kata Ahmad Dhani.


Duet

Ya, Elvy Sukaesih kemudian duet bareng Mulan Jameela, menyanyikan lagu "Bimbang." Usai menyanyikan lagu itu, Mulan Jameela mengaku bahwa dirinya bangga dengan sang suami, Ahmad Dhani, atas terselenggaranya konser megah di JIS.

"Aku mau cium suami aku, karena aku bangga banget sama dia malam hari ini," kata Mulan Jameela usai menyanyikan tembang "Bimbang."


Kecup Pipi Ahmad Dhani

Mulan Jameela juga mengajak Elvy Sukaesih untuk ikut mengecup pipi Ahmad Dhani. Pentolan Dewa 19 itu pun kemudian mendapat dua kecupan manis di pipinya.

"Umi boleh cium sebelahnya, enggak apa-apa anggap saja kayak anak sendiri," pinta Mulan Jameela.

Perempuan Perenggut Keperjakaan Pangeran Harry

Sosok Perempuan yang Renggut Keperjakaan Pangeran Harry Buka Suara

Liputan6.com 2023-02-05 11:32:15
Pangeran Harry. (Harry: The Interview di ITV1 dan ITVX pada 8 Januari 2023. PA via AP)

Pangeran Harry buka-bukaan soal hilang keperjakaan di sebuah lapangan di belakang pub yang sibuk saat berusia 17 tahun, dalam buku memoar Spare. Sejumlah nama perempuan dituding sebagai sosok yang dimaksud hingga Sasha Walpole mengaku sebagai perempuan yang dimaksud.

Dikutip dari The Sun, Minggu (5//2/2023), perempuan yang kini berusia 40 tahun itu menceritakan kisah kencan singkatnya dengan Harry pada musim panas Juli 2001. Ia yang berprofesi sebagai operator ekskavator itu mengaku sebelum berhubungan seks, ia dan Harry menenggak banyak minuman keras, yakni sepuluh teguk tequilla, Baileys, dan sambuca.

"Saya adalah perempuan yang mengambil keperjakaan Harry. Itu benar-benar kilat antara dua teman. Hubungan seks itu penuh gairah dan pecikan karena kami semestiya tidak melakukannya," tuturnya.

"Satu hal dengan cepat mengarah ke yang lain. Kami berakhir di lantai."

Ia menerangkan bahwa hubungan seks itu terjadi di padang rumput di belakang lapangan parkir Vine Tree Inn di Norton, Wiltshire, pada Juli 2001. Saat itu, menurut Walpole, Harry baru berusia 16 tahun, setahun lebih muda daripada pengakuannya di dalam buku autobiografinya.

Harry berkenalan dengan Sasha pertama kali saat ia bekerja sebagai gadis istal di Highgrove, rumah peristirahatan Raja Charles. Keduanya juga sempat menikmati pertandingan polo bersama-sama. Sebelum hubungan seks pertama Harry terjadi, Sasha sedang merayakan ulang tahunnya yang ke-19 di pub itu.

Setelah minum-minum di pub, Sasha Walpole mengaku ia dan Harry memutuskan berjalan ke luar dan memanjat pagar menerobos lapangan. Ia mengaku mereka berdua cukup mabuk saat itu.

"Saya memberi Harry sebatang rokok. Saya menyalakan rokok saya dan kemudian miliknya. Kami menghabiskan rokok kami --- Marlboro Lights --- dan itu terjadi begitu saja. Dia mulai menciumku," tutur Walpole.


Sekitar 5 Menit

Walpole yang kini sudah menikah dan menjadi ibu dari dua anak itu mengatakan Harry saat itu bersembunyi di kotak telepon merah. Harry mengenakan celana boxer, sedangkan Sasha mengenakan celana panjang hitam dari New Look yang dipadukan dengan atasan hitam pas badan dan sepatu bot kulit hitam.

Walpole juga mengenakan ikat pinggang lebar warna-warni dengan pola di bagian belakang. Mereka tidak berbincang sedikit pun saat kabur dari pengawasan para pengawal Harry.

"Sangat menyenangkan bahwa itu terjadi. Sangat menyenangkan bahwa itu terjadi seperti itu. Kami pergi selama 15 menit tetapi hubungan seks itu sekitar lima menit," kata Walpole seraya menyebut Harry bersembunyi di kotak telepon merah sebelum dijemput oleh pengawalnya menggundakan mobil Ford Fiesta biru.

Setelah kejadian itu, Walpole mengaku langsung kembali ke pub. Ia juga meninggalkan ikat pinggangnya di lapangan. Saat ditanya perasaannya soal hubungan seks sesaat itu, ia menjawab, "Itu bukan Pangeran Harry bagiku. Itu adalah Harry, temanku --- dan sesuatu yang sedikit di luar kendali. Kebetulan dia adalah seorang pangeran."

"Setelah itu, saya memegang pantatnya dan menamparnya. Itu dengan satu tangan. Dia memiliki pantat yang bagus - tapi dia masih muda."


Alasan Buka-bukaan

Sasha sepakat untuk buka suara setelah terkejut dengan sederet pengakuan Harry di dalam bukunya yang kini sudah terjual sekitar 3,2 juta kopi di seluruh dunia itu. Pangeran itu dikabarkan dibayar di muka 17 juta pound sterling.

"Tidak ada yang memeringatkanku soal malam itu akan dimasukkan dalam buku, dan Harry atau orang-orangnya, bisa mencariku untuk mengatakannya kepadaku bila mereka memang berniat melakukannya," ucap Sasha.

"Aku menjalani kehidupan yang damai. Aku tidak mengundang ini (spekulasi)."

Ia kembali mengingat yang terjadi di pub malam itu. Menurut Sasha, Harry baru saja mengunjungi Thorpe Park di Surrey bersama teman-temannya pada siang hari. Sementara, ia sendiri baru menyelesaikan pekerjaannya di pabrik sepatu setelah kontraknya dengan Highrove berakhir.

Saat malam, ia curhat pada Harry soal kekecewaannya berpisah dari pacar pertamanya. Belakangan, si mantan datang ke pub bersama pacar barunya. "Harry adalah seorang teman dan dia tahu aku patah hati dan kesal. Ketika pacar baru itu muncul, dia (Harry) tahu bagaimana perasaanku."

"Dia tidak memberiku pelukan, alih-alih dia membawakanku minuman. Dia membawakan beberapa gelar minuman, dan berkata, 'Ayo, hidupkan suasana'," tutur Walpole.


Tudingan pada Perempuan Berbeda

Sebelumnya, nama Suzannah Harvey dituding sebagai perempuan yang berhubungan seks pertama dengan Harry. Mantan model dan CEO Bandara Costworld di Inggris itu berusia enam tahun lebih tua dari Harry. Ia dilaporkan menolak menanggapi pertanyaan wartawan tentang biografi yang secara resmi diluncurkan pada Selasa, 10 Januari 2023.

Harvey sempat diwawancarai Daily Mail pada 2002. Ia mengenang pertemuannya yang panas dengan Harry yang saat itu masih remaja. Mereka saat itu menghadiri Perburuan Bola Natal Beaufort dan Harry dikabarkan telah mengincar Harvey.

Harvey disebutkan menggoda dan melontarkan pujian pada Harry yang akhirnya membawanya keluar ke lapangan berlumpur. "Itu sangat menyenangkan, tetapi ketika kami mulai berciuman, aku mulai khawatir pengawalnya akan mencarinya. Aku tak ingin dia terkena masalah," tutur Harvey dalam wawancara tersebut.

Menurut Harvey, Harry saat itu adalah anak yang liar hingga Pangeran William putus asa menyetop tingkahnya. "Di luar ruangan dia memperlakukanku seperti pria dewasa. Dia mencengkeram pinggangku dan menarikku ke arahnya. Rasanya tangannya melingkari seluruh pinggangku," sambung Harvey.

Dalam memoarnya, Duke menyebut kesalahannya saat berhubungan seks itu adalah karena "membiarkannya terjadi di lapangan, tepat di belakang pub yang sangat sibuk". "Aku menungganginya dengan cepat, setelah itu dia memukul pantatku dan menyuruhku pergi," tulisnya tanpa basa-basi tentang topik seks dalam bukunya.

"Tidak diragukan lagi seseorang telah melihat kita," ia menambahkan.

Misteri Jenderal yang Dikirim ke Myanmar

Misteri Sosok Jenderal yang Akan Jokowi Kirim ke Myanmar

Liputan6.com 2023-02-04 12:22:04
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Menko Polhukam Luhut Panjaitan (kedua kanan) saat berada di atas kapal perang KRI Imam Bonjol 383 di perairan Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (23/6). (Foto:

Kementerian Luar Negeri RI mengungkap bahwa pihaknya belum mendapatkan informasi lengkap terkait wacana Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin mengirim jenderal ke Myanmar. Rencana itu dicetuskan Jokowi untuk membantu situasi di Myanmar.

Namun, isu itu tidak dijadikan sorotan di pertemuan para menteri luar negeri ASEAN pada 3-4 Februari 2023 yang baru selesai digelar di Jakarta.

Pejabat tinggi Kemlu RI berkata masih belum tahu siapa nama jenderal tersebut, atau apakah jenderal yang akan dikirim adalah purnawirawan atau bukan. Staf Khusus Menlu RI, Ngurah Swajaya, berjanji akan mengungkap nama jenderal tersebut apabila sudah ada informasi lengkap.

"Terkait nama, saya jujur saja belum ini lagi ... when the time comes you will know," ujar Ngurah Swajaya saat konferensi pers di Sekretariat ASEAN, Sabtu (4/2/2023).

Ketika ditanya apakah jenderal itu akan bertugas terpisah dengan Office of the Special Envoy, Ngurah Swajaya menjelaskan bahwa kantor utusan khusus tersebut akan tetap memiliki wewenang utama.

"Semua akan berada di kantor Office of the Special Envoy," tegasnya.

Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Sidharto Suryodipuro turut membantah bahwa ASEAN tidak kompak. ASEAN ia sebut "united" terkait cara menyelesaikan masalah-masalah di Myanmar, serta mendukung kantor utusan khusus yang dikoordinasikan oleh Indonesia.

Sebelumnya, Menlu Retno Marsudi juga menyampaikan bahwa para menlu ASEAN menegaskan komitmen mereka untuk bersama-sama menerapkan Five-Point of Consensus (5PC).

"Pada isu Myanmar, menteri-menteri luar ASEAN menegaskan pendekatan bersatu dalam mengimplementasi 5PC," ucap Menlu RI Retno Marsudi.


AS Puji Kebijakan ASEAN di Myanmar

Pejabat tinggi Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat memberikan pujian kepada usaha ASEAN dalam membantu situasi di Myanmar. Five-Point Consensus (Konsensus Lima Poin) yang selama ini belum efektif juga diberikan pujian oleh AS.

Pihak AS pun mengaku siap membantu ASEAN, terutama Indonesia selaku Ketua ASEAN 2023, untuk mencari solusi atas isu Myanmar yang hingga kini negara itu masih dikuasai militer.

"Kami berkomunikasi terus-menerus dengan para kolega kami di ASEAN tentang pendekatan kolektif mereka pada krisis ini. Kami secara tegas mendukung Five-Point Consensus, dan kami sangat menanti untuk bekerja dengan Indonesia sebagai ketua di ASEAN tahun ini," ujar Konselor Kemlu AS Derek Chollet dalam media briefing melalui telepon, Rabu (2/1).

Lebih lanjut, Chollet turut mengapresiasi langkah ASEAN yang tidak melibatkan Myanmar dalam level politik dalam ASEAN 2023. AS berkata langkah itu juga patut dipuji.

"Saya pikir ASEAN pantas mendapat banyak pujian karena mengutamakan pendirian yang sangat prinsipil dan kuat untuk memastikan bahwa Myanmar tidak diwakili pada level politik di pertemuan level senior. Saya tahu itu bukan konsensus yang mudah untuk dipegang, tetapi ASEAN terus memegangnya, dan saya percaya ASEAN pantas dipuji karena melakukan hal tersebut," lanjut Chollet.

Hal lain yang disorot Chollet adalah hubungan AS-ASEAN yang semakin mesra dalam dua tahun terakhir. AS juga disebut siap bekerja dengan ASEAN untuk menyediakan bantuan kemanusiaan dan mencari jalan keluar di krisis Myanmar.

Chollet juga mengingatkan bahwa AS telah memberikan sanksi berat ke junta militer Myanmar, sehingga berdampak ke ekonomi, serta menyulitkan junta militer mendapat senjata.

"Kami pikir sangat penting untuk mencoba memastikan bahwa junta memiliki cara yang lebih sedikit untuk mendapatkan persenjataan, meraih untung, atau meraih legitimasi," tegas Chollet.


Tak Ingin Disandera Isu Myanmar

Sebelumnya dilaporkan, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyorot isu Myanmar usai acara peresmian dimulainya Indonesia sebagai ketua ASEAN 2023. Hingga kini, situasi politik di Myanmar masih dikendalikan junta militer yang tidak demokratis.

Menlu Retno berkata ASEAN akan terus mengandalkan Five-Point of Consensus atau 5 Poin Konsensus (yang disepakati para pemimpin negara ASEAN, termasuk junta Myanmar, pada 2021) untuk membantu Myanmar, meski junta militer tidak mematuhinya. Menlu juga berkata hanya Myanmar yang bisa membantu diri mereka sendiri.

"Jadi kita ingin implementasi Five-Point of Consensus ini menjadi platform utama, mekanisme utama dari ASEAN untuk berkontribusi, untuk membantu Myanmar keluar dari krisis politiknya. Tetapi sekali lagi, yang dapat menolong Myanmar adalah bangsa Myanmar sendiri," ujar Menlu Retno Marsudi di Jakarta, Minggu (29/1).

Lebih lanjut, Menlu Retno berkata ASEAN siap membantu sebagai keluarga, akan tetapi ASEAN hanya akan membantu lewat Five-Point of Consensus, walau belum ada kemajuan.

"Sejarah Myanmar sangat kompleks. Tapi kita sebagai keluarga kita siap bantu. Dan kita selalu sampaikan message ke junta militer bahwa implementasi Five-Point of Consensus adalah pendekatan ASEAN. Satu-satunya pendekatan ASEAN untuk membantu Myanmar. Unfortunately, sampai saat ini belum ada kemajuan signifikan," ujar Menlu Retno.

Myanmar tetap diundang di acara ASEAN 2023, namun Menlu Retno berkata kehadiran mereka bersifat non-political level.

Ketika ditanya apakah isu Myanmar akan menjadi prioritas di keketuaan ASEAN 2023, Menlu Retno menegaskan tidak ingin isu negara itu menyandera agenda ASEAN tahun ini. Fokus tahun ini adalah membangun komunitas ASEAN.

"Tentunya kewajiban kita adalah juga membantu Myanmar keluar dari krisis politiknya, tetapi kita tidak ingin isu Myanmar kemudian meng-hostage semua proses yang sedang berjalan di ASEAN. Kita ingin pastikan proses ini berjalan terus," kata Menlu Retno.


Indonesia Harap Indikator Keberhasilan Tak Hanya Isu Myanmar

Kemlu RI berharap indikator keberhasilan Indonesia sebagai ketua ASEAN tidak hanya diukur dari isu Myanmar saja.

"Tentunya harus sedari awal dipahami oleh masyarakat ASEAN pada umumnya, kita tidak mau setahun berjalan keketuaan kita, indikator pelaksanaan kita hanya pada isu Myanmar," ujar Teuku Faizasyah, Jubir Kementerian Luar Negeri usai acara PPTM, Rabu (11/1).

Sebagai latar belakang, tema keketuaan Indonesia adalah ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.

"Dari dua frase tersebut, menjadi arah kerja yang kita lakukan, memastikan ASEAN tetap memiliki peranannya sebagai ASEAN Matters apakah dalam isu ekonomi, tadi disebutkan juga masalah politik dan lainnya," ujar Fauzasyah lagi.

Faizasyah juga mengatakan bahwa Epicentrum of Growth berarti kemajuan ekonomi ASEAN harus terus dijaga dan para negara ASEAN berkontribusi bagi semua kemajuan di kawasan.

"Tadi Bu Menlu juga merujuk kepada berbagai indikator ekonomi anyg tetap menempatkan sebagai satu satunya pusat pertumbuhan ekonomi dunia," sambungnya lagi.

Merasa Dicintai Fans Indonesia

Sehun EXO Cerita Momen Paling Memorable dengan Fans Indonesia: Aku Merasa Sangat Dicintai

Liputan6.com 2023-02-05 14:00:28
Sehun EXO. (SM Entertainment via Soompi)

Sehun EXO sudah berulang kali datang ke Indonesia. Dia juga sempat menggelar fanmeeting di salah satu mal di Jakarta Barat pada November 2022. Acara ini dibuat oleh salah satu brand skincare dan dibuka untuk umum.

Sayangnya, acara tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Jumlah fans yang datang membeludak hingga beresiko membahayakan keselamatan para pengunjung.

Hal ini ternyata menjadi salah satu momen tak terlupakan bagi magnae EXO tersebut. Di satu sisi dia merasa sangat khawatir, tapi di sisi lain dia juga tersentuh.

"Saat itu Banyak banget yang datang ke mal itu sampai-sampai cukup membahayakan buat penggemar. Aku khawatir dan hanya muncul sebentar, tapi itu sangat memorable karena aku merasa sangat dicintai oleh penggemar," kata Sehun dalam konferensi pers di Beach City International Stadium, Jakarta Utara, Sabtu (4/2/2023).


Arti fans

Dalam kesempatan yang sama, Chanyeol juga mengungkap arti fans, yang disebut dengan EXO-L. Seiring berjalannya waktu, EXO-L semakin menempati posisi spesial di hati anggota EXO.

"Sudah 11 tahun kami debut dan aku sangat bersyukur. Dulu, kehadiran EXO-L rasanya seperti teman, tapi sekarang aku merasa bahwa EXO-L adalah bagian dari keluarga," ujar Chanyeol.


Fancon

Sementara itu, dalam fancon bertajuk "EXO-SC Back to Back in Jakarta", yang dilangsungkan Sabtu (4/2/2023) malam, Sehun dan Chanyeol juga mengungkap perasaan mereka selama di Jakarta. Keduanya betah berada di Indonesia.

"Senang sekali hari ini bisa datang dengan Chanyeol untuk kalian semua. Kemarin sambil makan kami ngobrol, sebenarnya di sini enak banget," ujar Sehun di atas panggung.


Kebahagiaan

Ke depannya, Chanyeol ingin membuat lebih banyak lagi kenangan indah bersama para fans di Indonesia.

"Aku senang sekali bersama kalian. Ke depannya semoga semakin banyak kesempatan untuk bersenang-senang. Aku mencintai kalian," sambung Chanyeol.

iPhone Jadul Dilelang Rp 754 Juta

6 Fakta Unik iPhone Generasi Pertama yang Dilelang Seharga Rp 754 Juta

Liputan6.com 2023-02-04 14:51:18
Steve Jobs memperkenalkan iPhone generasi pertama di panggung Macworld Conference & Expo, San Francisco pada 2007. Dok: uk.businessinsider.com

Steve Jobs meluncurkan iPhone generasi pertama pada 9 Januari 2007, dan menyebutnya dengan nama sederhanya, yakni iPhone.

Saat itu, ponsel pertama milik Apple ini diungkap ke publik dalam konferensi Macworld dan digadang-gadang menjadi perangkat mobile paling revolusioner.

Hal tersebut Steve Jobs buktikan dengan mampu mengalahkan merek terkenal, seperti Blackberry, Nokia, dan Palm.

Dengan semakin canggihnya ponsel saat ini, wajar bilamana iPhone generasi pertama menjadi produk lawas dan wajib dikoleksi bagi Apple fanboy.

Karena tidak diproduksi dan semakin sulit ditemukan, kolektor gadget lawas pun giat memburu iPhone generasi pertama ini di berbagai acara lelang.

Nah, sebuah iPhone generasi pertama yang masih di dalam boks dan plastiknya ini muncul di rumah lelang LCG Auctions.

Dimiliki oleh Karen Green, lelang iPhone generasi pertama ini ditaksir bakal tembus angka USD 50.000 atau Rp 754 jutaan.

Memasuki usia ke-16 tahun, berikut ini adalah fakta unik tentang iPhone generasi pertama yang patut kamu ketahui.

Steve Jobs kala itu menyebutkan iPhone pertama ini menjalankan sistem operasi OS X ketika diumumkan, tetapi informasi lebih lanjut terungkap.

Diketahui, ponsel pertama milik Apple ini ternyata menggunakan sistem operasi mobile yang diberi nama iPhone OS.

Apple tetap mempertahankan nama ini hingga iOS 3.0 diperkenalkan. iPhone OS sendiri mendukung banyak teknologi yang disempurnakan di OS X.

Beberapa diantaranya, seperti Networking, Power Management, Display Postscript yang benar-benar membuat iPhone menjadi komputer saku.


2. 16 Aplikasi Pertama di iPhone

iPhone generasi pertama hanya memiliki 16 aplikasi yang sudah terinstal di dalamnya, seperti Text, Calendar, Photos, Camera, YouTube, Stocks, Maps, Weather, Clock, Calculator, Notes, Settings, Phone, Mail, Safari, dan iPod.

Pengguna iPhone baru menemukan App Store di software versi 2, yang disertai dengan peranti lunak development kit.

iPhone generasi pertama ini sudah mendukung jaringan 2G, dimana kala itu perusahaan seperti Nokia dan Blackberry sudah memiliki smartphone dengan keyboard QWERTY dengan jaringan 3G.

Meski begitu, iPhone sudah mendukung akses internet cepat dengan mengandalkan Wi-Fi 2.4GHz.

Keterbatasan teknologi kamera 2MP di iPhone generasi pertama adalah hanya dapat mengambil foto, tetapi tidak bisa mereka video.

Tak hanya itu, Apple juga baru memperkenalkan kamera selfie ke deretan ponselnya ketika meluncurkan iPhone 4.


5. Tidak Ada Slot microSD

Apple mengawali tren dimana ponsel bikinannya tidak menyediakan slot microSD, tetapi menawarkan sejumlah opsi kapasitas memori mulai dar 4GB.

Sebelum meluncurkan iPhone, Apple lebih dikenal sebagai perusahaan dengan produk mac dan iPod.

Akan tetapi, iPhone generasi pertama ini merubah sebuahnya, Sejak peluncuran smartphone tersebut, Apple mulai meraup untung dengan menjual iPhone ketimbang produk Mac.

Seluruh Penghasilan Diserahkan ke Ortu

Giorgino Abraham Serahkan Semua Uang Penghasilannya ke Orangtua, Pilih Dijatah Bulanan Rp 20 Juta

Liputan6.com 2023-02-04 19:30:00
Adegan sinetron Love Story The Series tayang setiap sore di SCTV pukul 15.30 WIB (Dok Sinemart)

Bintang sinetron Giorgino Abraham ternyata masih disuplai orangtuanya uang. Namun, bukan berarti dirinya diberikan uang jajan. Melainkan, Giorgino mempercayakan orang tuanya untuk mengatur keuangan.

Hasil dari bermain sinetron seluruhnya diserahkan Giorgino Abraham ke orang tua untuk disimpan. Hal ini dilakukannya dengan sengaja, dan minta bantuan orang tuanya supaya tidak boros.

"Hasil dari semuanya aku kasih ke orang tua. Aku minta tolong ke orang tua untuk menjaga demi kebaikanku, biar nggak boros," ujar Giorgino Abraham, kepada wartawan di kawasan Jakarta Selatan, baru-baru ini.


Boros

Layaknya anak muda kebanyakan, Giorgino Abraham yang kini berusia 28 tahun mengakui sering berbelanja dan hidup boros. Hal ini pernah terjadi saat dirinya mengelola keuangannya sendiri.


Uang Bulanan

Aktor kelahiran Belanda itu bahkan masih mendapatkan uang bulanan dari orang tuanya. Uang bulanan Giorgino Abraham itu tidak lebih dari Rp 20 juta.

"Saat ini jatah bulananku angkanya di bawah itu (Rp 20 juta), dan aku tetap menikmati," ujar Giorgino Abraham.


Bisnis

Giorgino mengaku hasil dari pekerjaannya di lokasi syuting di tabung dan disimpan orang tuanya sebagai bekal jika kelak tidak lagi bekerja sebagai aktor. Giorgino Abraham bahkan mulai memikirkan bisnis.

"Aku nggak pernah tahu rezeki main film dan sinetron ini sampai mana," pungkas Giorgino Abraham.

Reyogchestra Populerkan Reog di Eropa

Profil Reyogchestra yang Bawa Kesenian Tradisional Ponorogo Populer di Eropa

Liputan6.com 2023-02-05 17:30:02
Profil Reyogchestra yang bawa kesenian tradisional Ponorogo populer di Eropa. (Dok: Instagram @reyogchestra)

Kesenian Reog Ponorogo sempat diklaim oleh Malaysia sebagai warisan budayanya, meski jelas itu kesenian asli dari Indonesia. Tak ingin kecolongan, sejumlah seniman daerah makin giat membuat pertunjukan reog sebagai wujud nyata pelestarian kesenian.

Salah satu yang aktif mempromosikan kesenian Reog di era modern adalah Reyogchestra. Reyogchestra menyatakan diri sebagai wadah seniman Reog Ponorogo, khususnya pemain iringan musik dalam kesenian Reog Ponorogo.

Mereka memanfaatkan peran media sosial, seperti Youtube, TikTok, dan Instagram @reyogchestra untuk mempopulerkan kesenian yang kerap disangkutpautkan dengan mistis itu. Di bagian informasi tentang Reyogchestra, mereka menyebut akun tersebut sebagai media dokumentasi musik etnik kontemporer yang ditampilkan baik di dalam maupung di luar negeri.

Pada perayaan 17 Agustus 2020 lalu, tepatnya saat HUT Kemerdekaan ke-77 RI, Reogchestra mengunggah momen pertunjukan mereka di halaman Istana Negara. Potret dan video aksi mereka juga diunggah di laman Instagram. Beberapa lagu khas yang digunakan saat Reog Ponorogo beraksi, seperti gending Jawa dan Lagon Turi-Tur,i diunggah untuk memperkaya informasi seputar Reog Ponorogo.

Begitu juga saat Reog Ponorogo dipopulerkan hingga ke Eropa. Dalam sebuah unggahan, mereka memperlihatkan ekspresi para penonton di Frankfurt, Jerman, saat Reog Ponorogo tampil di pusat kota, tepatnya di Frankfurt am Main, Rmer.

"Suatu kebanggaan. Reyog Ponorogo aset budaya bangsa Indonesia, kini sudah banyak diminati untuk dipelajari di Uni Eropa khususnya Jerman. semoga generasi muda mau belajar guna menjaga dan melestarikannya. Pertama dalam sejarah Reyog Ponorogo getarkan Jerman!" tulis akun resmi @reyogchestra di TikTok dikutip Minggu (5/2/2023).

Sebelumnya, Reyogchestra mengunggah video saat Reog Ponorogo pentas di Australia, mereka tampil di Panggung Budaya Nastional Multicultural Festival (NMF) 2019 Canberra, Australia.


Edukasi Hal Mistis

Bukan hanya mengunggah video penampilan saat pentas, akun itu juga mengedukasi publik soal kesenian tersebut. Akun Reyogchestra menjelaskan salah satu rahasia di balik penampilan kesenian Reog Ponorogo.

Mengutip dari laman Merdeka, Topeng Dhadhak Merak jadi ciri khas di setiap penampilan kesenian Reog Ponorogo. Dhadhak Merak dikenal lantaran ukuran dan bobotnya yang besar tapi dapat diangkat oleh penari hanya dengan menggigitnya. Berat topeng tersebut berkisar antara 40-50 kilogram.

Banyak yang mengira kalau atraksi Dhadhak Merak mengandung unsur mistik dan penari dalam kondisi orang kesurupan. Padahal, tidak demikian. Reyogchestra memastikan bahwa atraksi dalam Reog Ponorogo tidak ada adegan kesurupan. Para penari Dhadhak Merak telah terlatih dan kuat secara fisik mengangkat topeng tersebut.

Rahasia lainnya adalah desain Topeng Dhadhak Merak yang terdiri dari dua bagian. Pada bagian kepala yang diwujudkan kepala singa (barong), sementara bagian atas berupa bulu merak, keduanya dibuat saling menyeimbangkan. Bagian kepala cenderang berat ke depan, sedangkan bagian "rengkek" merak di desain melengkung ke belakang.


Pendaftaran ke UNESCO

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengajak seluruh masyarakat untuk turut mendukung Reog Ponorogo menjadi Warisan Budaya Tak Benda di UNESCO. Menurut Muhadjir, Malaysia juga berencana melakukan hal yang sama ke UNESCO.

"Maka dari itu, kita harus lebih dulu, karena ini kan sudah menjadi budaya dan warisan kita," terangnya, dikutip dari laman kemenkopmk, Rabu, 6 April 2022. Muhadjir mengatakan belum mengecek lebih jauh soal klaim Malaysia atas Reog Ponorogo.

Muhadjir menyatakan mengklaim suatu budaya sebetulnya tidak salah dan masing-masing negara boleh mengajukan. Meski begitu, ia menegaskan bahwa kesenian reog memiliki bukti sejarah dan tradisi yang sudah mengakar di Indonesia, khususnya di wilayah Ponorogo, Jawa Timur.

Ia menyebut Kantor Staf Presiden (KSP) akan mengawal proses pengajuan kesenian Reog Ponorogo ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) milik Indonesia. Deputi II KSP, Abetnego Tarigan memastikan, pengajuan kesenian Reog Ponorogo sebagai WBTB yang lahir dan berkembang di Indonesia merupakan langkah prioritas pemerintah.


Monumen Reog Raksasa

Mengutip kanal Surabaya Liputan6.com, 13 Desember 2022, Pemerintah Kabupaten Ponorogo berencana membangun monumen reog raksasa setinggi 126 meter, lebih tinggi dari Garuda Wisnu Kencana (GWS) yang ada di Bali. Proyek ambisius tersebut dianggarkan menyedot dana hingga Rp84 miliar lebih.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menjelaskan detailed engineering design (DED) proyek tahun jamak ini akan digarap akademisi dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Desainnya sudah setahun dipersiapkan. "Yang mendesain ITS yang mengerjakan DED-nya juga ITS. Sudah direncanakan," kata Sugiri, Selasa, 13 Desember 2022.

Pembiayaan monumen itu merupakan urunan dari APBD Ponorogo, pihak swasta, dan Pemprov Jatim. Saat ini, sudah dilakukan proses lelang dan menurut Sugiri, ada tiga peserta yang lolos dalam prakualifikasi. Dalam perjalanannya, hanya dua yang melakukan memasukkan penawaran.

Menurut hasil evaluasi yang telah dilakukan Pokja, kata Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Pemkab Ponorogo Budi Darnawan, hanya PT Widia Satria dari Surabaya yang sudah memenuhi aspek kualifikasi, administrasi, teknis serta kelengkapan lainnya. Sementara, PT. Sinar Cerah Sempurna gugur dalam persyaratan teknis.

Selanjutnya, pPihaknya bakal menerbitkan surat penunjukan penyedia barang dan jasa (SPPBJ) dan diteruskan dengan penandatanganan kontrak antara pemenang tender dan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga sebagai pihak pertama. "Jadi kontrak mulai 2022 hingga Desember 2024, (proyek) tahun jamak. Anggaran pagu Rp84 miliar, nilai HPS Rp76 miliar dan untuk nilai penawaran Rp73 miliar," sebut Budi.