Tragedi Turki, Ribuan Nyawa Melayang

Turki Diguncang Gempa Hari Ini, Jumlah Korban Tewas Terbaru: 1.900 Orang

Liputan6.com 2023-02-06 21:14:07
Orang-orang mencari korban selamat melalui puing-puing bangunan setelah gempa berkekuatan magnitudo 7,8 di Diyarbakir, pada 6 Februari 2023. Setidaknya 284 orang tewas di Turki dan lebih dari

Turki diguncang gempa hari ini dan korban tewas meningkat menjadi 1.121 orang, menurut badan bencana negara itu.

Ini membuat jumlah keseluruhan korban jiwa akibat gempa bumi di Turki dan Suriah menjadi lebih dari 1.900, karena angka terbaru dari Suriah diperkirakan mencapai 783 orang.

Jumlah korban akibat gempa Turki diperkirakan akan terus meningkat saat tim penyelamat mencari korban selamat, dikutip dari BBC, Senin (6/2/2023).

Turki merupakan satu dari negara di dunia yang rawan terhadap gempa bumi. Penyebab gempa Turki ternyata disebabkan oleh aktivitas Anatolian Plate (Lempeng Anatolia).

Lantas, apa itu Lempeng Anatolia?

Dikutip dari laman Eurasiatectonics, Lempeng Anatolia terletak di Turki dan merupakan bagian dari sistem aktivitas tektonik yang kompleks dan relatif aktif di wilayah tersebut, terutama dengan lempeng sekitarnya.

Lempeng tersebut berbagi batas dengan Lempeng Eurasia, Lempeng Afrika, Lempeng Arab, dan Lempeng Laut Aegean.

Wilayah ini juga terkenal dengan Sesar Anatolia Utara atau North-Anatolian Transform Fault, yaitu patahan transformasi benua yang mencolok dari timur-barat yang terletak di Turki utara.

Kemudian, ini menghasilkan aktivitas gempa yang terus-menerus di sepanjang patahan tersebut. Wilayah ini juga dapat dibagi lagi menjadi tiga wilayah tektonik yang lebih kecil:


WNI di Turki

Berdasarkan laporan dari Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu RI) sejauh ini ada tiga WNI terluka, namun sudah dilarikan ke rumah sakit.

KBRI Ankara mengatakan, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah berkomunikasi dengan Gubernur Kahramanmaras. Ia menyampaikan pesan duka kepada masyarakat terdampak, menginfokan bahwa telah mengerahkan tim SAR dari seluruh Turki.

Mendagri Suleyman Soylu juga menyampaikan bahwa prioritas saat ini adalah penyelamatan korban yang terjebak di reruntuhan dan bantuan darurat masyarakat terdampak.

Mengingat kerusakan yang sangat subtansial, diperkirakan jumlah korban jiwa akan terus bertambah.

KBRI Ankara akan terus berkoordinasi dengan otoritas lokal, Satgas Perlindungan WNI serta masyarakat Indonesia di wilayah terdampak.

Menurut data dari KBRI Ankara, sejauh ini terdapat sekitar 6.500 WNI yang terdata tinggal di seluruh Turki.

Dari jumlah tersebut terdapat sekitar 500 orang tinggal di area gempa dan sekitarnya. Sebagian besar berstatus pelajar dan mahasiswa. Sebagian lainnya adalah WNI yang menikah dengan warga setempat serta pekerja di organisasi internasional.

Untuk memberikan informasi atau mencari kabar, Anda bisa menghubungi hotline KBRI Ankara +90 532 135 22 98.


Tips Saat Gempa

Ketika Gempa:

- Jika Anda berada dalam bangunan: lindungi badan dan kepala Anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja, cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan guncangan, lari ke luar apabila masih dapat dilakukan.

- Jika berada di luar bangunan atau area terbuka: Menghindar dari bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung, tiang listrik, pohon. Perhatikan tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah.

- Jika Anda sedang mengendarai mobil: keluar, turun dan menjauh dari mobil hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran.

- Jika Anda tinggal atau berada di pantai: jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami.

- Jika Anda tinggal di daerah pegunungan: apabila terjadi gempabumi hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran.


Setelah Gempa

- Jika Anda berada di dalam bangunan, keluar dari bangunan tersebut dengan tertib. Jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakan tangga biasa. Periksa apa ada yang terluka, lakukan P3K, telepon atau mintalah pertolongan apabila terjadi luka parah pada Anda atau sekitar Anda.

- Periksa lingkungan sekitar Anda. Apabila terjadi kebakaran, apabila terjadi kebocoran gas, apabila terjadi hubungan arus pendek listrik. Periksa aliran dan pipa air, periksa apabila ada hal-hal yang membahayakan.

- Jangan memasuki bangunan yang sudah terkena gempa karena kemungkinan masih terdapat reruntuhan.

- Jangan berjalan di daerah sekitar gempa, kemungkinan terjadi bahaya susulan masih ada.

- Dengarkan informasi mengenai gempa bumi dari radio (apabila terjadi gempa susulan). Jangan mudah terpancing oleh isu atau berita yang tidak jelas sumbernya.

- Mengisi angket yang diberikan oleh instansi terkait untuk mengetahui seberapa besar kerusakan yang terjadi.

- Jangan panik dan jangan lupa selalu berdoa.

Erdogan Umumkan 7 Hari Masa Berkabung

Gempa Turki 6 Februari 2023: Korban Tewas Melampaui 3.800 Orang, Presiden Erdogan Umumkan 7 Hari Masa Berkabung Nasional

Liputan6.com 2023-02-07 06:28:54
Orang-orang berkumpul di sekitar bangunan yang runtuh di Pazarcik, di provinsi Kahramanmaras, Turki selatan, Senin dini hari, 6 Februari 2023. Gempa berkekuatan magnitudo 7,8 telah menyebabka

Turki menetapkan masa berkabung nasional selama tujuh hari pasca gempa Turki 6 Februari 2023 yang bermagnitudo 7,8. Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan.

"Karena gempa yang terjadi di negara kita pada 6 Februari, masa berkabung nasional diumumkan selama tujuh hari. Bendera kita akan dikibarkan setengah tiang hingga matahari terbenam pada Minggu, 12 Februari, di seluruh bagian negara kita dan perwakilan di luar negeri," kata Presiden Erdogan via Twitter.

Dikutip dari CNN,Wakil Presiden Turki Fuat Oktay menyebutkan bahwa korban tewas akibat gempa di Turki saat ini mencapai 2.379 orang.

Sementara itu, kantor berita Suriah SANA seperti dilansir CNN melaporkan bahwa korban tewas di wilayah yang dikontrol pemerintah mencapai 711 orang dan kelompok White Helmets menyebutkan kematian di wilayah yang dikuasai oposisi berjumlah 740 orang. Dengan demikian menjadikan total korban jiwa saat ini melampaui 3.800 orang

Adapun lebih 14.000 orang di Turki dan lebih dari 3.500 orang di Suriah dilaporkan terluka.

Layanan darurat Turki menambahkan bahwa sejauh ini lebih dari 7.300 orang telah diselamatkan.


Uni Eropa Kerahkan Tim Pencarian dan Penyelamatan

Juru bicara Komisi Eropa mengatakan, pihaknya telah mengerahkan lebih dari 10 tim pencarian dan penyelamatan dari Uni Eropa (UE) pasca gempa yang melanda Turki dan terasa hingga Suriah, Israel, Lebanon, Mesir, Irak, Georgia, dan Cyprus.

"Kepresidenan Swedia di Uni Eropa telah mengaktifkan Tanggapan Krisis Politik Terpadu (IPCR) untuk mengoordinasikan langkah-langkah dukungan UE dalam merespons gempa di Turki dan Suriah," ungkap Dewan UE.

Pengaturan IPCR memperkuat kemampuan UE untuk mengambil keputusan cepat ketika menghadapi krisis lintas sektoral besar yang membutuhkan tanggapan di tingkat UE.

Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Israel, Rusia, dan China adalah beberapa negara lain yang telah menawarkan bantuan. Seruan telah muncul bagi masyarakat internasional untuk melonggarkan beberapa pembatasan politik terhadap bantuan yang memasuki Suriah barat laut, kantong terakhir yang dikuasai pemberontak di negara itu sekaligus merupakan salah satu daerah yang paling parah terkena gempa.

Gempa utama terjadi pada Senin pagi sekitar pukul 04.17 waktu setempat, saat kebanyakan orang masih tidur. Itu tercatat sebagai salah satu gempa paling kuat di kawasan, setidaknya dalam satu abad terakhir.

Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) mengatakan, gempa besar kedua bermagnitudo 7,7 dan berpusat di 67km di timur laut Provinsi Kahramanmaras, Turki, pada kedalaman 2km.

Ada lebih dari 100 gempa susulan yang lebih kecil yang dicatat oleh seismolog.


Bantuan AS

Duta Besar AS untuk Turki Jeff Flake mengonfirmasi Washington akan mengirimkan dua unit pencarian dan penyelamatan ke Turki .

"Akan ada dua tim dari AS. Satu dari Fairfax County dan satu lagi dari Los Angeles, masing-masing sekitar 70 personel dengan anjing pencari serta paramedis," kata Flake.

Flake mengatakan bahwa Turki akan membutuhkan bantuan dengan bangunan yang hancur. Dia mengatakan bahwa yang terakhir dia tahu adalah 28 bangunan runtuh atau rusak sebagian.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken juga dilaporkan telah berbicara dengan mitranya Menlu Mevlut Cavusoglu pada Senin.

"Menlu Blinken dan Menteri Luar Negeri Cavusoglu membahas cara-cara terbaik yang dapat dilakukan AS dan mitra kami untuk membantu. Menlu Blinken mengonfirmasi respons bantuan awal kami sudah berlangsung dan berjanji untuk melakukan semua yang kami bisa dalam koordinasi dengan Turki untuk membantu para korban gempa di Turki dan Suriah," ungkap Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS Ned Price seperti dikutip dari CNN.

Sementara itu, Flake menyarankan agar warga AS mengarahkan sumbangan melalui Palang Merah, organisasi nirlaba, dan kelompok gereja jika mereka ingin membantu korban terdampak gempa di Suriah.

Kondisi 500 WNI di Sekitar Lokasi Gempa

Ada 500 WNI di Sekitar Lokasi Gempa Turki 6 Februari 2023, Begini Kondisinya

Liputan6.com 2023-02-06 20:28:58
Orang-orang mencari korban selamat melalui puing-puing bangunan setelah gempa berkekuatan magnitudo 7,8 di Diyarbakir, pada 6 Februari 2023. Setidaknya 284 orang tewas di Turki dan lebih dari

KBRI Ankara mengatakan hingga Senin 6 Februari siang waktu Turki, korban gempa bumi tercatat di 19 lokasi lindu. Data yang diperoleh sebanyak 912 orang meninggal dunia dan 5.385 orang luka berat.

"Sejauh ini dari sekitar 500 WNI di sekitar lokasi, 3 orang terluka dan sudah ditangani di rumah sakit terdekat," jelas KBRI Ankara dalam pernyataan tertulisnya yang diterima Senin (6/2/2023).

Menurut data yang diperoleh dari KBRI Ankara, berikut ini sebaran WNI terdampak gempa Turki 6 Februari 2023:

Bantuan untuk WNI Terdampak

Menurut KBRI Ankara, dibutuhkan keperluan darurat untuk para WNI di lokasi terdampak gempa Turki. Di antaranya:

Gempa Besar Kedua

Siang waktu Turki, pukul 13.24, juga dilaporkan terjadi gempa susulan terbaru di daerah Elbistan, Kahramanmaras dengan kekuatan 7,6 (jarak 45 km dari lokasi pusat gempa sebelumnya) -- sejumlah media menyebut kekuatannya 7,5. Kendati demikian, menurut KBRI Ankara, belum diperoleh informasi mengenai tingkat kerusakannya.

Sebelumnya, KBRI Ankara menyatakan telah berkoordinasi dengan otoritas lokal di daerah tersebut, Satgas Perlindungan WNI dan PPI di sekitar lokasi.

"KBRI terus mengaktifkan hotline perlindungan WNI di +90 532 135 22 98. KBRI juga membuka link khusus permintaan bantuan bagi seluruh WNI di sekitar lokasi yang terdampak gempa."


Kondisi 3 WNI Korban Luka Gempa Turki yang Dirawat di RS

KBRI Ankara mengatakan tidak ada Warga Negara Indonesia (WNI) korban meninggal gempa Turki, yang mengguncang Senin 6 Februari 2023.

"Sejauh ini tidak ada WNI yang menjadi korban meninggal dunia," tutur pihak KBRI Ankara melalui pernyataan tertulisnya.

Kendati demikian, sejumlah WNI di Kahramanmaras harus meninggalkan apartemen karena mengalami kerusakan bangunan parah akibat gempa Turki tersebut. "KBRI Ankara sedang mengupayakan rumah penampungan sementara sambil menunggu penanganan dari otoritas setempat."

"Tiga orang WNI mengalami luka, 1 orang di Kahramanmaras dan 2 orang Hatay, dan saat ini sudah dirujuk ke rumah sakit terdekat," jelas pihak KBRI Ankara.

Sementara itu, kondisi WNI korban luka gempa Turki dilaporkan stabil.

"Kondisinya Baik dan Insyaallah tertangani," ujar Duta Besar (Dubes) RI untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal, dalam pesan singkat kepada Liputan6.com.

Kendati demikian, sambung Dubes Iqbal, "Kita akan lihat kondisi apa kondisi rumahnya memungkinkan buat pulang."

Menurut data yang dibagikan oleh KBRI Ankara, 1 dari 3 orang WNI dilaporkan patah tulang (sudah berobat di RS).

Sebelumnya, KBRI Ankara telah menyatakan berkoordinasi dengan otoritas lokal di daerah tersebut, Satgas Perlindungan WNI dan PPI di sekitar lokasi.


6.500 WNI Terdata Tinggal di Seluruh Penjuru Turki

KBRI Ankara mengatakan, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah berkomunikasi dengan Gubernur Kahramanmaras. Ia menyampaikan pesan duka kepada masyarakat terdampak, menginfokan bahwa telah mengerahkan tim SAR dari seluruh Turki.

Mendagri Suleyman Soylu juga menyampaikan bahwa prioritas saat ini adalah penyelamatan korban yang terjebak di reruntuhan dan bantuan darurat masyarakat terdampak.

Mengingat kerusakan yang sangat subtansial, diperkirakan jumlah korban jiwa akan terus bertambah.

KBRI Ankara akan terus berkoordinasi dengan otoritas lokal, Satgas Perlindungan WNI serta masyarakat Indonesia di wilayah terdampak.

Menurut data dari KBRI Ankara, sejauh ini terdapat sekitar 6.500 WNI yang terdata tinggal di seluruh Turki.

Dari jumlah tersebut terdapat sekitar 500 orang tinggal di area gempa dan sekitarnya. Sebagian besar berstatus pelajar dan mahasiswa. Sebagian lainnya adalah WNI yang menikah dengan warga setempat serta pekerja di organisasi internasional.

Untuk memberikan informasi atau mencari kabar, Anda bisa menghubungi hotline KBRI Ankara +90 532 135 22 98.


Penyebab Gempa Turki yang Sudah Renggut 1.600 Nyawa: Lempeng Anatolia

Hingga Senin siang waktu setempat, jumlah korban dilaporkan sudah mencapai 1.600 orang akibat gempa berkekuatan 7,4 ini (versi USGS 7,8). Situs Roya Newsmenyebut angka tersebut adalah gabungan 912 korban di Turki dan sekitar 700 orang di Suriah.

Sebelumnya dilaporkan, pusat gempa itu berada dekat kota Gaziantep yang lokasinya berada di sebelah utara ibu kota Suriah, Aleppo.

Lokasi Turki sebetulnya memang rawan gempa. Penyebabnya adalah Anatolian Plate (Lempeng Anatolia) yang berada di area Turki.

Menurut laporan Al Jazeera, Turki umumnya berada di atas Lempeng Anatolia, serta berada di daerah patahan-patahan besar: Patahan Anatolia dan Patahan Eurasia di sebelah utara Turki, kemudian Patahan Anatolia Timur yang bersandingan dengan Patahan Arabia di tenggara Turki.

Lokasi geologis tersebut membuat Turki menjadi salah satu zona gempa bumi paling aktif di dunia.

Pada 1999, ada pula gempa besar yang merenggut nyawa 17 ribu orang, termasuk lebih dari 1.000 orang di Istanbul.

Gempa bumi pada Senin ini merupakan yang terbesar di Turki sejak gempa di Provinsi Erzincan pada 1939. Ada 30 ribu orang meninggal pada gempa tersebut.

Situs USGS menyebut informasi awal menunjukkan bahwa gempa terjadi di tiga persimpangan Lempeng Anatolia, Arabia, dan Afrika.

Hingga kini, pemerintah Turki masih terus mencari korban yang tertimbun bangunan. Ada kemungkinan jumlah korban terus bertambah.

1 Abad NU, Jamaah Padati Makam Gus Dur

Harlah 1 Abad NU, Ribuan Jamaah Padati Makam KH Hasyim Asy'ari dan Gus Dur

Liputan6.com 2023-02-07 05:30:13
Sekjend Suluh Kebangsaan Alissa Wahid ketika ziarah ke makam Gus Dur di Jombang, Jawa Timur, Rabu (20/2). Kegiatan ini dalam rangkaian Jelajah Kebangsaan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Ribuan peziarah dari berbagai daerah di Indonesia memadati lokasi makam pendiri NU KH Hasyim Asy'ari di Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menjelang 1 Abad NU.

Pengurus Pesantren Tebuireng Kabupaten Jombang Teuku Azwani mengemukakan rombongan peziarah yang akan ikut peringatan 1 Abad NU banyak yang singgah untuk ziarah ke makam di Pesantren Tebuireng.

"Ini tadi ada dari rombongan PWNU DKI. Ada 30 bus. Sebelum menghadiri acara di Sidoarjo besok pagi, mereka berziarah ke TBI dulu, ke pendiri NU," katanya saat dikonfirmasi, Senin, dikutip Antara.

Selain dari PWNU DKI, rombongan peziarah dari berbagai daerah di Indonesia lainnya juga banyak yang ke makam di Pesantren Tebuireng, Jombang.

"Yang banyak mulai H-3 perayaan 1 Abad NU dari PCNU atau PWNU yang datang," kata dia.

Di makam itu, selain ada makam pendiri organisasi NU yakni K.H. Hasyim Asy'ari, juga ada makam Presiden keempat, KH Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur, cucu dari KH Hasyim Asy'ari, kemudian KH Wahid Hasyim, ayah dari Gus Dur, lalu ada makam KH Sholahudin Wahid atau yang akrab disapa Gus Sholah, adik dari Gus Dur, dan sejumlah makam anggota keluarga.

Ia mengatakan, menjelang 1 Abad NU, untuk jadwal makam buka tetap seperti biasanya yakni jam 08.00 WIB sampai dengan jam 15.00 WIB serta jam 20.00 WIB hingga jam 02.00 WIB. Di luar jam tersebut, masih tutup sehingga pintu pagar menuju area makam pun juga ditutup hingga jam untuk buka selesai.


Cerita Nahdliyin

Uul, salah satu peziarah asal Malang, mengatakan ia dengan keluarga memang berniat ziarah di makam Pesantren Tebuireng, Jombang ini untuk kirim doa.

"Alhamdulillah, niatan untuk ziarah bisa terlaksana. Rencana mau ke acara perayaan 1 abad NU, jadi sebelum kesana mau ziarah dulu," kata yang datang dengan rombongan tersebut.

Kegiatan Resepsi Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) akan digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur pada, Selasa, 7 Februari 2023.

Pada peringatan Satu Abad NU mendatang, dijadwalkan hadir Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara, para menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan lembaga negara, duta besar negara sahabat, 300 ulama internasional, pengurus PBNU, hingga pimpinan organisasi keagamaan.

Terdapat sejumlah titik yang dipakai dalam pelaksanaan kegiatan itu, di antaranya panggung parkir timur stadion, panggung luar serta di dalam gedung.

Beberapa agenda juga digelar mulai dini hari seperti Lailatul Qiroah yang dilanjutkan Manaqib Syech Abdul Qadir Jaelani, lalu Qiyamul Lail (Rhatib Al-Attas dan Asmaul Husna), Istighatsah kubro, serta Shalat Subuh berjamaah.

Berikutnya di panggung luar gedung pada pagi harinya diawali salawatan yang dipimpin Al Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf. Ada juga istighatsah kubro, pembacaan puisi.

Sementara itu, saat puncak resepsi akan disampaikan amanat oleh Presiden Joko Widodo, lalu dilanjutkan pembacaan rekomendasi Muktamar Fiqih Peradaban oleh Ketua Umum PBNU kepada Presiden dan beberapa agenda lainnya.


Saksikan Video Pilihan Ini:

Beyonce Cetak Sejarah

Daftar Pemenang Grammy Awards 2023: Beyonce Cetak Sejarah, Lizzo Raih Record of the Year

Liputan6.com 2023-02-06 13:40:10
Adele dalam Grammy Awards 2023. (AP Photo/Jae C. Hong)

Perhelatan tahunan Grammy Awards 2023 akhirnya rampung digelar. Acaranya dihelat di Crypto.com Arena, Los Angeles, pada Senin (6/2/2023) pagi waktu Indonesia, dan dibawakan oleh host Trevor Noah.

Grammy Awards 2023 juga dimeriahkan penampilan sejumlah artis papan atas dunia. Mulai dari Harry Styles, Sam Smith, Missy Elliot, Queen Latifah, dan masih banyak lagi.

Ada sejumlah catatan menarik dalam perhelatan tahun ini. Salah satunya adalah Beyonce yang kini sah menjadi pemilik koleksi piala Grammys terbanyak, mencapai 32 buah. Dilansir dari BBC, Queen B menggeser posisi konduktor Inggris- Hungaria, George Solti, yang memegang rekor ini selama lebih dari dua dekade dengan 31 piala.

Siapa saja selain Beyonce yang membawa pulang piala berbentuk gramofon ini? Berikut daftar sebagian pemenang Grammy Awards 2023:


Daftar Pemenang Grammy Awards 2023 (1)

Record of the Year: "About D*mn Time" --- Lizzo

Album of the Year: Harry's House --- Harry Styles

Song of the Year: "Just Like That" --- Bonnie Raitt

Best New Artist: Samara Joy

Best Pop Vocal Album:Harry's House --- Harry Styles

Best Pop Solo Performance: "Easy on Me" --- Adele

Best Pop Duo/Group Performance: "Unholy" --- Sam Smith dan Kim Petras

Best Traditional Pop Vocal Album:Higher --- Michael Bubl


Daftar Pemenang Grammy Awards 2023 (2)

Best Dance/Electronic Dance Recording:"Break My Soul" --- Beyonc

Best Dance/Electronic Music Album:Renaissance --- Beyonc

Best Alternative Music Album: Wet Leg --- Wet Leg

Best R&B Performance:"HRS & HRS" --- Muni Long

Best Progressive R&B Album:Gemini Rights --- Steve Lacy

Best Traditional R&B Performance: "Plastic Off the Sofa" --- Beyonc

Best R&B Song:"Cuff It" --- Beyonce

Best R&B Album:Black Radio III --- Robert Glasper


Daftar Pemenang Grammy Awards 2023 (3)

Best Rap Performance:"The Heart Part 5" --- Kendrick Lamar

Best Rap Album:Mr. Morale & the Big Steppers --- Kendrick Lamar

Best Melodic Rap Performance:"Wait For U" --- Future feat. Drake and Tems

Best Rap Song:"The Heart Part 5" --- Kendrick Lamar

Best Country Song:"'Til You Can't" --- Cody Johnson

Best Country Solo Performance:"Live Forever" --- Willie Nelson

Best Country Duo/Group Performance:"Never Wanted to Be That Girl" --- Carly Pearce dan Ashley McBryde

Best Country Album:A Beautiful Time --- Willie Nelson


Daftar Pemenang Grammy Awards 2023 (4)

Best Rock Performance: "Broken Horses" --- Brandi Carlile

Best Rock Song:"Broken Horses" - Brandi Carlile

Best Rock Album:Patient Number 9 - Ozzy Osbourne

Best Metal Performance:"Degradation Rules" - Ozzy Osbourne Featuring Tony Iommi

Best Jazz Vocal Album:Linger Awhile --- Samara Joy

Best Global Music Album:Sakura --- Masa Takumi

Best Music Video:"All Too Well: The Short Film" --- Taylor Swift

Best Song Written for Visual Media: "We Don't Talk About Bruno" (Film Encanto)

Best Compilation Soundtrack For Visual Media:Encanto

Harry Styles Menang Album Of The Year

Heboh Harry Styles Menang Album Of The Year Grammy Awards 2023, Adele dan Beyonce Minggir Dulu

Liputan6.com 2023-02-06 12:54:02
Harry Styles menang kategori Album of the Year di ajang Grammy Awards 2023. (Foto: Dok. AP Photo/Chris Pizzello)

Harry Styles membuat kejutan besar dengan membawa pulang piala kategori bergengsi Album Terbaik alias Album of the Year pada malam puncak Grammy Awards 2023 yang dihelat di Los Angeles, AS, Senin (6/2/2023) pagi waktu Indonesia.

Bersaing memperebutkan piala Grammy, album Harry's House menyingkirkan para pesaing berat di antaranya, Adele (30), Beyonce (Renaissance), dan Coldplay (Music of the Spheres). Naik ke atas panggung, Harry Styles mengekspresikan kebanggaannya.

"Saya sangat, sangat terinspirasi oleh setiap artis di kategori (Album of The Year) ini. Di waktu senggang, saya mendengar semua album dalam kategori ini ketika sendirian," kata Harry Styles, dikabarkan Billboard, siang ini.

Dalam pidato kemenangannya, sang personel One Direction menilai tak ada istilah terbaik dalam bermusik. Semua yang dinominasikan adalah album yang dikerjakan dengan cinta dan hati. Semuanya bagus.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Tak Ada Istillah Terbaik

"Malam ini, sangat penting mengingat bahwa tidak ada yang terbaik. Ini sangat baik, ini tidak sering terjadi pada orang-orang seperti saya. Ini sangat mengesankan," pelantun "As It Was" menyambung.

"Saya rasa tidak ada di antara kita (para musisi) yang berada di studio untuk membuat rekaman agar mendapat salah satu dari penghargaan ini," imbuh Harry Styles yang tak dapat menyembunyikan kebahagiaannya.


2 Grammy Buat Harry

Dalam catatan Billboard, Harry's House sendiri sukses secara komersial. Album ini bertakhta di puncak tangga lagu Billboard Hot 200. Sementara single "As It Was" menjadi jawara Billboard Hot 100 selama 15 pekan.

Harry's House menjadi pencapaian terbaik Harry Styles sejauh ini sebagai solis pria. Pasalnya, selain menang Album Of The Year, ia diganjar Best Pop Vocal Album alias Album Pop Terbaik.


9 Pesaing Berat

Entertainment Weekly, pada Senin (6/2/2023) mewartakan, Harry's House bersaing ketat di kategori Album Tahun Ini. Selain Beyonce, Adele, dan Coldplay, ia melawan 6 musisi papan atas lainnya.

Mereka yakni, ABBA (Voyage), Bad Bunny (Un Verano Sin Ti), Mary J. Blige (Good Morning Gorgeous -deluxe), Brandi Carlile (In These Silent Days), Kendrick Lamar (Mr. Morale & the Big Steppers), dan Lizzo (Special).

Kakak Tiri Tuntut Kasus Pencemaran

Meghan Markle Dituntut Kakak Tirinya dalam Kasus Dugaan Pencemaran Nama Baik

Liputan6.com 2023-02-06 12:03:29
Meghan Markle dan Pangeran Harry. (AP Photo/Peter Dejong, File)

Setelah memenangkan gugatan pengadilan terhadap media Inggris The Mail on Sunday dan Mail Online pada Desember 2021, Meghan Markle kembali terbelit kasus hukum. Kali ini, Duchess of Sussex dituntut kakak tirinya, Samantha Markle, dalam kasus dugaan pencemaran nama baik.

Melansir New York Post, Senin (6/2/2023), Samantha mengajukan dokumen pengadilan pada Jumat, 4 Februari 2023. Ia menuduh Meghan membuat "pernyataan palsu dan jahat" selama wawancara dengan Oprah Winfrey pada Maret 2021, lapor Mirror.

Selain Meghan, laporan itu juga menyeret Pangeran Harry. Samantha ingin keduanya dipanggil di hari yang sama, tapi dalam wawancara terpisah di depan kamera. Ia ingin Meghan membuat 38 pengakuan terpisah selama deposisi, lapor outlet itu.

Samantha tidak hanya ingin Meghan mengakui bahwa ia berbohong tentang hubungan dan pengasuhan mereka untuk menjual cerita pribadinya. Ia juga juga ingin ibu dua anak itu menarik kembali tuduhan terhadap keluarga Kerajaan Inggris dengan mengklaim "Ratu Elizabeth bukanlah seorang rasis" dan "Raja Charles bukan rasis."

Dalam dokumen tersebut, Samantha, yang memiliki ayah yang sama dengan Meghan, menuduhnya menyembunyikan bukti dan menghalangi "penemuan fakta." Thomas Markle, yang merupakan ayah dua perempuan itu, diharapkan bersaksi, selain mantan pembantu kerajaan Jason Knauf, putri Samantha Ashleigh Hale, dan pakar keamanan online Christopher Bouzy.

Samantha dan Meghan Markle telah berselisih selama bertahun-tahun sebelum wawancara terkenal Oprah pada 2021. Meghan telah berulang kali menuduh kakak tiri dan ayahnya menjual cerita ke tabloid Inggris.


Nilai Gugatan Hukum

Samantha mengajukan gugatan senilai 75 ribu dolar AS (sekitar Rp1,1 miliar) setelah Meghan Markle memberi tahu Oprah Winfrey bahwa ia tumbuh sebagai anak tunggal dan diduga berbohong tentang terakhir kali saudara perempuan itu bertemu. "Kebohongan" tersebut membuat Samantha mengalami "penghinaan dan kebencian," sebutnya.

Ia terus melancarkan kritik terhadap saudara tirinya dan iparnya, Pangeran Harry, saat pasangan itu merilis film dokumenter dan memoar. Bulan lalu, ia menuduh Pangeran Harry "terbelakang secara emosional."

Menurut dokumen, seorang mediator telah ditunjuk dalam upaya menghindari persidangan, tapi Meghan sedang mencoba membuang kasus yang ia sebut "tidak pantas." Pengacaranya berpendapat bahwa pengaduan tersebut "tidak memiliki tempat di pengadilan ini atau yang lain."

Pihaknya meminta juri memisahkan arti hubungan "dekat." "Ia meminta pengadilan memutuskan apakah ia dan Meghan pernah 'dekat,' berapa kali keduanya 'berpapasan' sebagai orang dewasa dan apakah perasaan Meghan bahwa ia 'tumbuh sebagai anak tunggal' adalah 'benar' atau salah,'" kata pengacara Meghan.


Tuduhan pada Istana Buckingham

Sebelum ini, sutradara film dokumenter Netflix Harry & Meghan, Liz Garbus menuding Istana Buckhingham telah "mendiskreditkan" proyeknya. Ia mengklaim bahwa pejabat istana telah berbohong perihal mereka tidak dihubungi lebih awal sebelum perilisan serial tersebut.

"Istana Buckingham mengatakan kami tidak menghubungi mereka untuk menanggapi soal itu meski kami melakukannya. Mereka melakukannya untuk mendiskreditkan kami, dan dengan mendiskreditkan kami, mereka dapat mendiskreditkan konten serial itu," ujarnya pada Vanity Fair, dikutip dari NZ Herald, 27 Januari 2023.

Perang kata-kata antara pembuat dokumenter itu dan istana pecah seiring perilisan serial Harry & Meghan pada Desember 2022. Mereka saling klaim soal apakah diberikan hak jawab untuk banyak klaim pasangan Sussex yang menghebohkan.

Pada awal pembukaan serial dokumenter, pihak produser menyatakan bahwa istana menolak berkomentar atas isi konten tersebut. Editor kerajaan The Daily Mail, Rebecca English, mencuit tidak lama setelah pemutaran perdana serial untuk mengonfirmasi pernyataan sumber istananya bahwa baik rumah tangga Raja Charles maupun Pangeran William tidak didekati untuk memberi tanggapan.

"Bertentangan dengan klaim pembuatserial dokumenterNetflix, saya mengetahui, baik Buckingham maupun Istana Kensington atau anggota keluarga kerajaan mana pun, tidak didekati untuk mengomentari konten serial tersebut," tulis English. "Saya tidak mengharapkan komentar apa pun dari rumah tangga kerajaan."


Jawab Kritik

Editor kerajaan Sunday Times, Roya Nikkah, juga mencuit, "Sumber mengatakan tidak ada email (ke Istana Buckingham dan Istana Kensington) yang menyertakan informasi substansial tentang serial tersebut terkait hak yang memadai untuk membalas."

Variety kemudian mengonfirmasi bahwa pihak ketiga yang dimaksud adalah Story Syndicate, perusahaan produksi yang ikut didirikan Garbus. Perusahaan itu juga ikut memproduseri serial Harry & Meghan bersama Archewell Productions.

Dalam wawancara dengan Vanity Fair, Garbus menanggapi kritik bahwa Duke dan Duchess of Sussex hanya mengulang masalah lama. "Orang-orang sangat senang membaca segala sesuatu tentang Harry dan Meghan ketika ada orang lain yang menulis tentang mereka," katanya.

"Tapi ketika Harry dan Meghan ingin menceritakan kisah mereka dengan kata-kata mereka sendiri, itu tiba-tiba jadi masalah," tuturnya. "Orang tidak dipaksa untuk menonton film dokumenter. Itu tidak akan diperlukan di sekolah. Itu adalah pilihan apakah Anda akan menontonnya atau tidak."

"Ada lebih banyak film dokumenter dan buku yang ditulis tentang Harry dan Meghan daripada yang diproduksi sendiri oleh Harry dan Meghan. Jadi, menurut saya ini adalah jenis reaksi sangat mengejutkan yang tidak sesuai dengan selera publik untuk membaca hal-hal tentang mereka dari orang lain," tandasnya.

Kado Valentine's untuk Kate Middleton

Apa Kado Valentine's Day Pangeran William untuk Kate Middleton?

Liputan6.com 2023-02-06 16:01:00
Kate Middleton dan Pangeran William. (Foto: AP Photo/Kin Cheung)

Memilih hadiah Valentine's Day yang sempurna untuk pujaan hati dapat menjadi hal yang sulit. Dalam tradisinya, perayaan hari kasih sayang ini telah identik dengan pemberian bunga mawar sebagai tanda cinta.

Namun, Kate Middleton yakin dirinya tidak akan menerima apa pun dari suaminya Pangeran William pada Hari Valentine 2023. Hal ini disampaikan Putri Wales saat memulai proyek bersejarahnya, Shaping Us.

Dikutip dari People, Senin (6/2/2023), Kate mengunjungi Pasar Leeds Kirkgate di Leeds, Inggris pada Selasa, 31 Januari 2023. Ia bertandang ke kota itu untuk mempromosikan peluncuran kampanye Shaping Us, yang meningkatkan kesadaran akan pentingnya lima tahun pertama kehidupan seorang anak.

Inisiatif ini merupakan bagian dari Royal Foundation Center for Early Childhood yang diluncurkan Kate pada Juni 2021. Ia berhenti di sebuah kios bunga di Pasar Kirkgate, tempat penjual bunga Neil Ashcroft berbicara dengannya tentang bisnisnya dan memberinya bunga hyacinth.

Jelang Hari Valentine, Ashcroft berkata, "Tidak diragukan lagi William akan membelikanmu beberapa mawar merah." Tapi, menurut penjual bunga, Kate menjawab, "Saya kira dia (William) tidak akan melakukannya."

Pria yang telah menjual bunga di pasar yang ramai selama 32 tahun tersebut mengatakan dia berharap bisa menjual bunga untuk Kate. "Saya menawarinya diskon. Saya bilang saya akan memberinya kartu dan menghapus PPN," katanya.

Pangeran William dan Kate Middleton menikah pada April 2011. Kate sebelumnya mengungkapkan bahwa suaminya mengirim bunga dan kartu ketika mereka berpisah karena penempatan William sebagai pilot helikopter Angkatan Udara Kerajaan untuk Hari Valentine pertama mereka sebagai pengantin baru.


Valentine Pertama sebagai Suami Istri

Dikutip dari Hello Magazine, pada 2012, William dan Kate harus menghabiskan Hari Valentine pertama mereka sebagai pasangan suami istri secara terpisah. William ditempatkan ke Kepulauan Falkland selama enam minggu dalam perannya sebagai pilot pencarian dan penyelamatan RAF saat itu.

Itu berarti William melewatkan liburan tahunan bersama istrinya selama 10 bulan. Tapi, William memastikan tetap memberi hadiah pada Kate, seperti yang diungkapkan ketika ia keluar untuk pertemuan di Liverpool.

Ketika seorang bocah laki-laki memberi tahu Kate bahwa dia menyesal William tidak bisa bersamanya di Hari Valentine, Kate mengatakan padanya, "Apakah kamu tahu di mana dia, Janson? Dia ada di Falklands, tapi dia mengirimiku kartu pagi ini."

Ibu Jaqson juga mengungkap pada saat itu bahwa Kate mengatakan, ia menerima buket bunga dari suaminya bersama kartu tersebut. William dan Kate, yang merupakan orangtua dari Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis, akan merayakan ulang tahun pernikahan mereka yang ke-12 pada April 2023.


Sejarah Valentine

Hari Valentine sendiri merupakan perayaan kasih sayang yang diperingati setiap tahun pada 14 Februari. Dikutip dari Brides, Senin (6/2/2023), menurut Allen Carden, seorang profesor sejarah di Fresno Pacific University di California, Hari Valentine telah ada sejak Kekaisaran Romawi, yang tentunya cukup lama bagi umat manusia untuk menyempurnakannya.

"Saya jadi orang pertama yang mengakui bahwa sulit untuk memisahkan fakta dari legenda," jelas Carden.

Mengulik sejarah Valentine berarti kembali ke abad ketiga, periode 200 hingga 300 M, ketika Kekaisaran Romawi menguasai dunia. Pada masa ini, ada dua orang suci bernama Valentine yang beraksi heroik yang menjadikan mereka martir dalam agama Kristen.

Mereka berdua dipenggal orang Romawi akibat melakukan pernikahan ilegal, sekaligus memberitakan agama Kristen sebelum dilegalkan. Nama "Hari Valentine" mungkin berasal dari salah satu atau keduanya.

Tanggal 14 Februari merujuk pada hari raya Romawi yang diadakan setiap tahun untuk menghormati Juno, dewi pernikahan. Perayaan tersebut termasuk pesta untuk merayakan kesehatan dan kesuburan, baik karena musim semi telah tiba dan bangsa Romawi menginginkan tanaman mereka tumbuh maupun karena kesuburan manusia.


Kisah Masa Lalu

"Legenda mengatakan bahwa para pemuda menulis nama seorang perempuan muda yang akan mereka bawa ke festival, dan entah apa lagi," kata Carden.

Setelah Romawi kehilangan kekuasaan dan Kekristenan mengambil alih, tanggal 14 Februari, yang sekarang disebut Hari Valentine, dirayakan. Pada Abad Pertengahan, orang percaya ini adalah tanggal burung memilih pasangannya.

"Itu agak dibuat-buat, tapi itu adalah bagian dari intrik," tambah Carden. Sementara, orang Inggris percaya bahwa jika Anda bertemu atau bermimpi tentang seseorang pada hari ini, mereka bisa menjadi cinta sejati Anda. Tradisi Hari Valentine lainnya berkembang seiring waktu.

"Pada tahun 1600-an, di Inggris dan bagian lain Eropa Barat, ada kebiasaan mengirim pesan romantis kepada orang yang dicintai," kata Carden. "Akhir tahun 1800-an, sesuatu yang baru dikembangkan di mana Anda dapat mengirim seseorang ucapan selamat Valentine yang lucu. Beberapa dari pesan ini menyinggung dan tidak sopan, sehingga sistem pos bahkan berhenti mengirimkannya."

Pada akhir 1800-an, hari tersebut juga dikomersialkan, dengan bisnis percetakan dan penjualan pesan-pesan Valentine yang telah ditulis sebelumnya. Kala itu, orang-orang mulai memberikan permen dan bunga kepada orang tersayang atau pergi berlibur romantis dengan pasangannya.

"Sudah seperti ini hampir sepanjang abad ke-20," ungkap Carden. "Itu benar-benar tidak banyak berubah sejak itu."

Trending Bahas Nikah Beda Agama

Awkarin Trending Bahas Nikah Beda Agama, Warganet Beri Komentar Menohok

Liputan6.com 2023-02-06 13:00:09
[Instagram @narinkovilda]

Influencer Awkarin saat ini menjadi perbincangan heboh di antara warganet media sosial. Hal itu setelah ia mengunggah sebuah unggahan di Instagram yang membahas mengenai pernikahan beda agama atau beda keyakinan.

Namun, yang membuat masyarakat heboh saat ini adalah karena Awkarin berani membahas mengenai hal tersebut yang mana bukan keahliannya. Banyak warganet yang menyebutkan bahwa pernyataannya tersebut menyesatkan karena tidak ada dasar yang jelas terutama membahas mengenai sebuah agama.

Dalam unggahan yang berjudul 'Bisakah kita menjalin hubungan beda agama?' tersebut, bagi sebagian orang menganggap bahwa Awkarin mendukung adanya pernikahan beda agama. Selain itu, Awkarin juga mengatakan bahwa sudah ada banyak contoh pernikahan beda agama yang berlangsung baik-baik saja.

"Di banyak contoh pun, perkawinan campuran antara muslim dan non muslim berlangsung baik-baik saja tanpa keributan dalam rumah tangga mereka," tulisnya dikutip Senin (6/2/2023).

Adapun salah satu yang membuat warganet semakin heboh ketika Awkarin menyebutkan bahwa ada mazhab besar Islam yang mengizinkan pernikahan berbeda agama tersebut. Karena hal tersebut, banyak warganet yang meminta fakta dan pertanggungjawaban atas tulisannya tersebut.

"Padahal, juga terdapat mazhab besar Islam yang mengizinkannya dengan syarat tertentu," tulis unggahan tersebut.

Salah satu warganet pun meminta bukti atas mazhab besar yang Awkarin maksudkan karena ia berpendapat jika membawa pembahasan mazhab maka harus dituliskan dengan jelas.

"Coba tulis awkarin, mazhab besar Islam yang mengizinkan dengan syarat tertentu itu siapa? Siapa orangnya? Kalau bisa tuliskan juga kitab nya yah. Kamu kalau bawa2 mazhab harus jelas yah, jangan separoh2. Ditunggu jawabannya. Soalnya saya juga belum tau ni," tulis salah satu netizen.

"Woahh bahaya ini bawa2 mazhab tp tdk dicantumkan sama halnya? Asbu gak seeeh intinya yah mba rin kalo dalam Alquran sdh blg tidak yah tidak mau cinta sekali atau syg skali, tp klo sdh yg namanya tdk seiman mending tinggalkan. Hidup kita ini sbgai seorg Muslim hrs berdasarkan Alquran dan hadis2 Rasulullah bukan perasaan manusianya," ujar pengguna akun lainnya.

"Jangan melucu mba karin? Kamu bukan ahli Agama," cetus warganet lain.


Ditanggapi Influencer Lainnya

Salah satu Influencer TikTok, Husain Basyaiban yang dikenal sebagai konten kreator yang aktif memberikan ilmu agama di media sosialnya pun turut angkat bicara. Ia mengatakan jika apa yang Awkarin sampaikan tidak hanya mempertanyakan saja, tetapi juga memberikan penjelasannya.

"Ngomongin tentang hubungan beda agama tapi dia gak cuman mempertanyakan tapi memberikan penjelasan seakan-akan dia adalah orang yang pakar di bidangnya," kata Husain.

Hal yang ingin Husain bahas adalah bagaimana Awkarin yang tiba-tiba membahas mengenai keagamaan, namun ia tidak mempunyai kemampuan akan hal tersebut. Singkatnya, Awkarin tidak mempunyai kapasitas untuk membahas hal tersebut yang semestinya dibahas oleh ahli agama.

Pembahasan Awkarin bahkan merupakan pembahasan yang memerlukan hukum yang jelas sehingga tidak semua orang bisa membahasnya. Karena pembahasan tersebut memerlukan kajian khusus keilmuwan yang panjang.

"Kebayang ada orang yang gak belajar agama tiba-tiba ngomongin sesuatu yang harusnya itu melewati kajian khusus keilmuan yang panjang tiba-tiba ngomong ujug-ujug berapa banyak orang-orang yang tersesat gara-gara statement yang dikeluarkan," ujar Husain.

Husain juga mengatakan jika ingin bertanya boleh saja bertanya, namun tidak perlu sekaligus memberikan pendapatnya yang memang bukan bidangnya atau di luar batas kemampuannya.

"Kalau ingin nanya ya nanya tanpa harus mengeluarkan statement seakan-akan Anda itu pakar dibidangnya," kata Husain.

Lulusan SMA Termuda di Dunia Berusia 9 Tahun

Bocah 9 Tahun Jadi Salah Satu Lulusan SMA Termuda di Dunia, Ingin Jadi Ahli Astrofisika

Liputan6.com 2023-02-06 16:05:19
Doc: WGAL TV

Seorang bocah laki-laki berusia sembilan tahun dari Pennsylvania yang menyukai sains dan pemrograman komputer telah menjadi salah satu lulusan sekolah menengah termuda. Tak hanya itu, dia juga sudah mulai mengumpulkan beberapa kredit untuk gelar sarjananya.

Menurut laporan WGAL TV, David Balogun baru-baru ini menerima gelar diploma dari Reach cyber charter school -- yang berbasis di ibukota negara bagiannya Harrisburg -- setelah mengambil kelas jarak jauh dari rumahnya di pinggiran Philadelphia Bensalem.

Pencapaian tersebut membuat David menjadi salah satu anak termuda yang diketahui pernah lulus SMA. Demikian menurut daftar yang disusun oleh situs sejarah dan budaya: Oldest.org.

Satu-satunya orang dalam daftar itu yang lebih muda dari David adalah Michael Kearney, yang masih memegang rekor dunia Guinness untuk lulusan sekolah menengah termuda ketika dia berusia enam tahun pada tahun 1990 sebelum akhirnya memperoleh gelar master pada usia 14 dan 18 dan memenangkan lebih dari 1 juta dolar AS di gameshow.

Bagaimanapun, David akan masuk lebih tinggi dalam daftar itu daripada jurnalis pemenang hadiah Pulitzer Ronan Farrow, yang berusia 11 tahun ketika dia menyelesaikan sekolah menengah.

David memberi tahu WGAL bahwa dia sudah tahu ke mana dia ingin mendedikasikan kehidupan profesionalnya begitu dia menyelesaikan pendidikannya.

"Saya ingin menjadi ahli astrofisika, dan saya ingin mempelajari lubang hitam dan supernova," katanya kepada stasiun tv tersebut.


Tantangan membesarkan anak yang cerdas

Kedua orang tua David memiliki gelar akademik yang tinggi, tetapi mereka mengatakan kepada WGAL bahwa membesarkan anak dengan kecerdasan yang luar biasa itu menantang.

"Saya harus out of the box," kata ibu David, Ronya. "Bermain perang bantal saat tidak seharusnya, melempar bola ke dalam rumah. Dia berusia sembilan tahun dengan otak yang memiliki kapasitas untuk memahami dan memahami banyak konsep di luar usianya dan terkadang di luar pemahaman saya."

David memberi tahu WGAL bahwa beberapa guru favoritnya membantunya tetap terlibat dalam studinya dan mendorongnya untuk terus maju.

"Mereka tidak membuatku kecewa," katanya. "Mereka ... mendukung saya dengan mengatakan, 'David dapat melakukan ini. Dia bisa melakukan itu'."

Seorang instruktur turut berkata kepada WGAL: "Kami bangga bahwa kami [mampu] menyesuaikan instruksinya."

Guru David juga mengatakan bahwa mereka belajar dari murid mereka yang luar biasa cerdas, yang orang-orang terkasihnya menggambarkan dia sebagai ahli pemrograman komputer dan sains.

Guru sainsnya, Cody Derr, berkomentar: "David adalah anak yang inspiratif, pasti orang yang mengubah cara berpikir Anda tentang mengajar."


Tengah mencari perguruan tinggi

Sebagai anggota masyarakat dengan kecerdasan tinggi, Mensa, David telah menyelesaikan satu semester di perguruan tinggi komunitas daerah Bucks sejak lulus dari Reach charter.

Sementara itu, dia dan keluarganya telah melakukan penelitian ke perguruan tinggi dan universitas lain untuk mencoba menemukan yang paling cocok untuk anak laki-laki yang -- selain akademisinya sangat bagus -- jugamengejar sabuk hitam seni bela diri, menikmati olahraga lain, dan bermain piano.

"Apakah saya akan memasukkan anak saya yang berusia sembilan tahun ke Harvard sementara saya tinggal di [Pennsylvania]?" Ayah David, Henry, mengatakan tentang pencarian perguruan tinggi keluarga. "TIDAK."


Hengky Sanjaya, Peraih Medali WorldSkills yang Punya Segudang Prestasi

Menjadi mahasiswa yang berhasil meraih prestasi yang gemilang baik secara akademik maupun non akademik tentu menjadi dambaan setiap individu.

Di universitas, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), menjelaskan bahwa nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) akhir seorang mahasiswa yang tinggi dan memenuhi persyaratan kampus, akan memperoleh 3 tingkatan predikat cum laude atau predikat dengan pujian, yakni cum laude, magna cum laude dan summa cum laude.

Sementara predikat tertinggi dari cum laude adalah summa cum laude yang akan disandang para mahasiswa dengan nilai IPK akhir di atas 3,99 atau atau sempurna yakni 4,00.

Pemegang predikat summa cum laude mempunyai nilai yang sempurna pada setiap mata kuliah, lulus tepat waktu serta tidak pernah gagal dalam mata kuliah. Tidak heran jika predikat summa cum laude menjadi dambaan bagi setiap mahasiswa.

Salah satu mahasiswa berprestasi penyandang predikat summa cum laude adalah Hengky Sanjaya yang merupakan peraih medali perak dalam ajang WorldSkills Competition yang diselenggarakan di Kazan Rusia pada Agustus 2019.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh WorldSkills ini diketahui diadakan setiap dua tahun sekali, dan pada penyelenggaraan WorldSkills ke-45 di Kazan kemarin diikuti oleh 1.354 profesional muda dari 63 negara dan wilayah.

Terdapat 56 keterampilan di berbagai industri yang dilombakan, namun secara garis besar keterampilan yang dikompetisikan dalam WorldSkills Competition meliputi Construction and Building Technology, Creative Arts and Fashion, Information and Communication Technology, Manufacturing and Engineering Technology, Social and Personal Services dan Transportation and Logistics.


Prestasi lainnya

Dalam kemenangannya di ajang Worldskills Competition Kazan 2019 ini, Hengky sempat mendapat kesempatan undangan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, di Istana Merdeka tanggal 14 Agustus 2019.

Tak hanya itu saja, dia juga meraih berbagai prestasi tingkat nasional dan internasional yang lain, di antaranya Lomba Kompetisi Siswa Nasional tahun 2017, meraih medali emas di ASEAN Skills Competition (ASC) Thailand 2018 dan WorldSkills Asia Abu Dhabi 2018.

Pria kelahiran Pontianak, Kalimantan Barat ini mengaku bahwa ia berlatih dengan keras setiap harinya selama 8 bulan ketika akan berangkat untuk bertanding ke ajang Worldskills Competition Kazan 2019.

"Awalnya sempat down dan terkejut lantaran yang ia latih selama ini ternyata ada yang tidak boleh digunakan dan ada hal baru yang belum pernah dicoba. Tapi saya terus mencari solusi hingga akhirnya berhasil menyabet medali perak dalam ajang tersebut," kata Hengky, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/2/2023).

Ancaman Cuaca Ekstrem

HEADLINE: Potensi Cuaca Ekstrem 6-12 Februari 2023 Akibat Bibit Siklon Tropis, Mitigasinya?

Liputan6.com 2023-02-07 00:00:01
Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi kemunculan tiga bibit siklon tropis di sekitar wilayah Indonesia. Bibit siklon tropis ini mengakibatkan cuaca ekstrem di beberapa wilayah Indonesia.

Hingga dapat menimbulkan banyak kerugian, baik secara materil dan imateril. Selain itu, cuaca ekstrem dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologi.

Untuk menghadapi cuaca ekstrem ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah untuk melakukan mitigasi bencana. Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan koordinasi mitigasi bencana ini dilakukan sejak Oktober 2022 lalu.

"Cuaca ekstrem tidak hanya minggu ini, tapi sudah terjadi sejak Oktober lalu. Koordinasi untuk mitigasi ini merupakan rangkaian kesiapsiagaan yang kami lakukan sejak awal musim hujan," kata Abdul kepada Liputan6.com di Jakarta.

Abdul mengatakan, hingga saat ini BNPB masih melakukan kajian bersama BMKG apakah perlu menggunakan modifikasi cuaca untuk mencegah banjir dan tanah longsor pada saat cuaca ekstrem ini. Misalnya saja di Manado, kata Abdul, saat ini BNPB telah meminta kajian dari BMKG perlu atau tidak dilakukan modifikasi cuaca sampai akhir musim hujan.

"Kita masih menunggu, kalau nanti diperlukan di Manado, karena kita khawatirkan longsor dan banjir baru akan surut lalu hujan lagi, nah itu kita standby," kata Abdul.

Sementara untuk wilayah Sulawesi Selatan, Bali, NTT, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jabodetabek, kata Abdul, pihaknya sudah bersiap.

"Tapi ini kita lakukan jika ada kajian atau laporan dari BMKG yang benar-benar mengkhawatirkan," kata dia.

Misalnya, kata Abdul, seperti yang terjadi pada saat Natal dan Tahun Baru di mana ada potensi hujan ekstrem pada 27-30 Desember 2022 sehingga BNPB langsung melakukan modifikasi cuaca.

"Hasilnya tidak ada kejadian banjir yang signifikan," ujarnya.

Untuk cuaca ekstrem akibat siklon tropis ini, kata Abdul, BNPB juga masih menunggu hasil kajian dari BMKG apakah memerlukan morifikasi cuaca atau tidak.

"Kita akan lihat dari BMKG yang benar-benar perlu intervensi segera. Tapi jika akan terjadi hujan lebat tanpa ada ekstimasi ekstrem yang berpotensi bencana maka kita tidak akan turun. Tapi kalau memang ada perkiraan BMKG yang sangat berpotensi banjir, banjir bandang dan tanah longsor, kita akan intervensi," ujarnya.

Selain itu, BNPB juga mengimbau agar masyarakat membiasakan diri untuk inisiatif menyelamatkan diri jika ada potensi bencana. Terutama warga yang berada di sekitar aliran sungai, tebing curam yang memiliki vegetasi yang tidak cukup kuat.

"Perhatikan durasi hujan. Kalau misal hujan lebat, terjadi lebih dari 1 jam berturut-turut artinya debit air di hulu sudah besar maka warga yang berada di aliran sungai atau tebing yang curam ada potensi banjir atau tanah longsor segera evakuasi mandiri. Jangan tunggu diminta kades, lurah, dan babinsa," kata Abdul.

Hujan lebat yang dimaksud Abdul, kata dia, adalah hujan yang menganggu jarak pandang hingga 100 meter.

"Misal di komplek, tetangga kita jaraknya 100 meter dari rumah kita waktu hujan siang hari kita lihat jendela rumahnya tidak keihatan. Lalu kalau malam disenter kalau kita tidak bisa lihat rumah tetangga maka hujannya sudah cukup deras," kata dia.

Sementara BMKG juga mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk siap-siaga dan waspada menghadapi cuaca ekstrem akibat kemunculan tiga bibit siklon tropis ini dengan memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan.

Selain itu, melakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan pemotongan lereng atau penebangan pohon yang tidak terkontrol serta melakukan program penghijauan secara lebih masif.

"Melakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon yang rapuh serta menguatkan tegakan/tiang agar tidak roboh tertiup angin kencang. Khusus yang berada di wilayah lereng pegunungan dan bukit waspadai tanah longsor, dan yang berada di daerah aliran sungai waspada banjir bandang," ujar Deputi Meteorologi BMKG Guswanto.

Sementara Pakar Kebencanaan UPN Veteran Yogyakarta Eko Teguh Paripurno mengatakan mitigasi bencana bukan hanya urusan pemerintah pusat dan daerah, tetapi semua pihak. Pemerintah dan pemerintah daerah, kata dia, harus membuat kebijakan pembangunan yang mengarusutamakan mitigasi.

Selain itu, lembaga usaha juga perlu menerapkan upaya produksi yang tidak menimbulkan risiko bencana.

"Seperti kita ketahui industri sawit, ekspoitasi sumberdaya mineral dan batubara, serta pengelolaan hutan yang tidak selayaknya, menjadi salah satu penyebab buruknya kualitas daerah aliran sungai," kata Eko kepada Liputan6.com.

Oleh karenanya, warga di kawasan berpotensi terdampak perlu bersiap siaga beradaptasi atau mensiasati kondisi tersebut.

"Kita bisa melihat, cek kembali apakah ada kerentanan tinggi yang ada di sekitar kita, sehingga risikonya tinggi. Melihat kembali apakah kita berada di kawasan rawan banjir dan longsor. Dan kita siapkan untuk itu," ujar dia.

Caranya, kata Eko, dengan memantau kehadiran bahaya, meningkatkan kemampuan sistem peringatan dan sisteminasi informasi, meningkatkan kapasitas dalam merespon dan menentukan jalur evakusi.

Eko juga mengingatkan bahwa potensi banjir dan longsor sebenarnya bukan hanya disebabkan oleh cuaca ekstrem tetapi juga tergantung dari kualitas daerah aliran sungai tempat hujan tersebut potensi diturunkan.

"Semakin buruk kualitas DAS, maka potensi bencananya semakin kuat. Banjir dan longsor, bukan cuma urusan cuaca, tapi juga karena kualitas pengelolaan lahan yang ada, tidak memperhatikan kapasitas lahan," kata Eko.

Wilayah Berstatus Siaga dan Waspada

BMKG mengungkap wilayah dengan potensi siaga dampak hujan lebat pada 6-7 Februari 2023 yaitu Banten, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Maluku.

Khusus Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), berdasarkan prakiraan berbasis dampak, wilayah dengan potensi waspada dan siaga dampak hujan lebat periode tanggal 6 - 7 Februari 2023 perlu diwaspadai di sebagian wilayah. Yang berstatus siaga yaitu di wilayah Sumba Barat, Sumba Timur, Manggarai, Manggarai Barat, Sumba Barat Daya,

Semenetara berstatus waspada di wilayah Sumba Tengah, Ende, Nagekeo, Manggarai Timur, Kota Kupang, Sabu Raijua, Timor Tengah Selatan, Belu, Kupang, Timor Tengah Utara, , Alor, Rote Ndao, Malaka, Flores Timur, dan Sumba Timur.

Sedangkan, kondisi cuaca periode sepekan 6- 12 Februari 2023 perlu diwaspadai potensi hujan sedang-lebat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

"Kemunculan tiga bibit siklon ini juga berpotensi mengakibatkan gelombang tinggi di sejumlah wilayah perairan Indonesia pada 6 - 12 Februari 2023 dengan tinggi gelombang bervariasi mulai dari 1,25 - 6 meter," ujarnya.


3 Bibit Siklon Tropis

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi kemunculan tiga bibit siklon tropis di sekitar wilayah Indonesia.

Pertama Bibit Siklon Tropis 94S yang terpantau berada di Samudra Hindia sebelah barat daya Bengkulu, dengam kecepatan angin maksimum 30 knot, dan tekanan udara minimum 1000.2 mb.

"Sistem ini bergerak ke arah timur tenggara dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori sedang," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu 5 Februari 2023.

Kedua Bibit Siklon Tropis 95S yang terpantau berada di Samudra Hindia sebelah Selatan Banten dengan kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1004.2 mb. Sistem ini bergerak ke arah Barat dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan berada dalam kategori Rendah.

Dan ketiga, Bibit Siklon Tropis 97S yang terpantau berada di Samudra Hindia Selatan NTB dengan kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1002.8 mb. Sistem ini bergerak ke arah tenggara dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan berada dalam kategori Rendah.

"Kemunculan tiga bibit siklon tropis ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis," ungkap Dwikorita.

Dwikorita menyebut, kondisi atmosfer menunjukkan beberapa fenomena yang mendukung pembentukan awan hujan yang lebih intensif dalam beberapa waktu ke depan diantaranya kondisi aktifnya Madden Jullian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuator dan gelombang Kelvin di beberapa wilayah Indonesia.

Selain itu, Monsoon Asia yang masih aktif serta bibit siklon tropis, pusat tekanan rendah dan sirkulasi siklonik yang membentuk daerah belokan, pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) dapat meningkatkan aktifitas konvektif dan dapat memaksimalkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan.


Fenomena Bulan Purnama

Selain munculnya 3 siklon tropis. fenomena lain yang juga perlu diwaspadai adalah Bulan Purnama pada tanggal 5 Februari yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi mengakibatkan terjadinya banjir pesisir (rob).

Kondisi ini secara umum dapat menganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir. Seperti aktivitas bongkar muat pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

Menurut BNPB, beberapa daerah yang berpotensi terjadi banjir rob adalah Jakarta, Semarang, Kudus, Pati, dan Brebes.

"Di sekitar wilayah Pantura pasti ada, karena secara umum ini daerah yang penurunan muka tanahnya sangat signifikan," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari.

Rob, kata Abdul, jika tidak terjadi penurunan muka tanah sebenarnya tidak akan menyebabkan banjir. Sebab rob adalah fenomena alam biasa.

"Tapi kalau daerah pesisirnya subsiden karena pengambilan air tanahnya seperti Semarang, DKI, Karawang akan berpengaruh signifikan," kata dia.

Untuk mengatasi masalah menahun ini, kata Abdul, maka perbaikan ekosistem yang harus dilakukan. Misalnya, perbaikan ekosistem di kawasan pesisir, revitalisasi mangrove, tambak-tambak yang sudah tidak produktif kembali ditanami mangrove dan harus distop pengambilan air tanah di situ," tandas Abdul.