Berburu Makanan demi Bertahan Hidup

Jasad Korban Gempa Turki Bergelimpangan di Jalanan, Para Penyintas Berburu Makanan

Liputan6.com 2023-02-08 11:30:08
Orang-orang mencari korban selamat melalui puing-puing bangunan setelah gempa berkekuatan magnitudo 7,8 di Diyarbakir, pada 6 Februari 2023. Setidaknya 284 orang tewas di Turki dan lebih dari

Jasad korban tewas gempa Turki pada Senin 6 Februari 2023 ditinggalkan di jalan, saat perburuan korban selamat terus berlanjut.

Lebih dari 6.000 orang diketahui tewas di Turki dan Suriah utara, yang juga hancur akibat gempa tersebut.

PBB memperingatkan bahwa ribuan anak mungkin termasuk di antara yang tewas.

Di Kota Antakya, mengutip laporan BBC,Rabu (8/2/2023), beberapa korban gempa Turki yang tewas bergelimpangan, terbaring di trotoar selama berjam-jam saat petugas penyelamat dan ambulans berjuang mengatasi skala bencana.

Sementara itu, mereka yang kehilangan anggota keluarga menyisir puing-puing mencari orang yang mereka cintai. Sekelompok pria menggunakan palu godam dan alat lainnya menemukan jenazah pria dan gadis muda yang terjebak. Mereka memanggil penyelamat resmi untuk menggunakan alat-alat listrik untuk membantu, tetapi mereka mengatakan mereka harus berkonsentrasi pada yang hidup.

Orang-orang itu terus menggali sampai jasad-jasad itu bisa dikeluarkan.

Di sisi lain, ada kemarahan yang tumbuh karena tidak ada cukup bantuan. Seorang wanita mengatakan kepada BBC bahwa penyelamat datang dan mengambil gambar bangunan milik keluarga pacarnya di mana mereka yakin 11 orang terjebak, tetapi mereka tidak juga terlihat.

Dia mengatakan mereka mendengar suara-suara selama berjam-jam, tapi kemudian ada keheningan.

Lebih jauh ke utara di Kahramanmaras, dekat pusat gempa kedua, ada penundaan bantuan yang datang karena jalan pegunungan macet oleh mereka yang mencoba pergi.

Deretan bangunan telah runtuh menjadi tumpukan puing yang coba diatasi oleh tim penyelamat, sementara angin yang sangat dingin meniupkan asap dan debu dari puing-puing ke mata mereka. Tantangan untuk menyelamatkan para korban gempa Turki.


Para Penyintas Berburu Makanan

Para penyintas yang sekarang hidup di jalanan harus berburu makanan dan membakar perabotan yang mereka temukan agar tetap hangat. Suhu diperkirakan turun di bawah titik beku akhir pekan ini.

Situasi serupa terjadi di kota pelabuhan Iskenderun, Turki di mana kini para tunawisma berlindung di ruang terbuka jauh dari bangunan.

Seorang wanita yang berbicara dengan BBC sedang berlindung dengan anak dan cucunya, termasuk seorang anak berusia enam tahun yang menderita epilepsi. Petugas bantuan telah membawakan mereka selimut dan mereka telah diberi roti, tetapi belum ada dukungan lain sejauh ini.

"Saya sangat terpukul," kata seorang dokter di rumah sakit setempat kepada Reuters. "Saya melihat tubuh di dalam, di mana-mana. Meskipun saya terbiasa melihat tubuh karena keahlian saya, itu juga sangat sulit bagi saya."

Pelabuhan di Iskenderun telah ditutup hingga pemberitahuan lebih lanjut karena terjadi kebakaran besar, yang berarti kapal pengangkut barang yang menuju zona bencana gempa sedang dialihkan.

Kobaran api diperkirakan terjadi ketika sebuah kontainer pengiriman berisi minyak terbalik akibat gempa bumi dan kemudian api menyebar ke muatan di sekitarnya.

Layanan darurat mengalami kesulitan mendapatkan akses ke lokasi karena kerusakan akibat gempa dan kontainer lainnya sekarang memblokir pintu masuk. Upaya untuk menggunakan kapal pemadam kebakaran untuk mengatasi kobaran api telah gagal.


Kesulitan di Suriah Utara

Ada juga laporan kesulitan mendapatkan bantuan ke Suriah utara, terutama di daerah yang dikuasai oposisi. Kontrol di sana terbagi antara pemerintah dan kelompok oposisi lainnya. Mereka tetap terlibat dalam konflik sebagai akibat dari perang saudara yang sedang berlangsung.

Bahkan sebelum gempa bumi, situasi di sebagian besar wilayah itu sangat kritis, dengan cuaca yang sangat dingin, infrastruktur yang runtuh, dan wabah kolera yang menyebabkan kesengsaraan bagi banyak orang yang tinggal di sana. Lebih dari empat juta orang, terutama perempuan dan anak-anak mengandalkan bantuan.

Wilayah barat laut khususnya telah menjadi salah satu tempat tersulit untuk dijangkau, dengan hanya satu penyeberangan kecil di perbatasan Turki yang tersedia untuk mengangkut sumber daya ke wilayah yang dikuasai oposisi.

PBB mengatakan pada hari Selasa bahwa untuk sementara menghentikan aliran bantuan ke Suriah karena kerusakan pada rute tersebut, tanpa tahu kapan akan dimulai kembali.

Utusan Suriah untuk PBB mengatakan bahwa dukungan apa pun harus datang dari dalam negeri dan tidak melintasi perbatasan dengan Turki, membuat mereka yang berada di daerah yang dikuasai oposisi khawatir bahwa dukungan itu mungkin ditahan karena alasan politik.

Adegan kehancuran telah diselingi dengan momen singkat harapan. Seorang bayi yang lahir di bawah reruntuhan dekat Kota Afrin telah diselamatkan setelah ditemukan dengan ari-ari masih menempel pada ibunya, yang meninggal setelah melahirkan.


Turki Umumkan Status Darurat 3 Bulan

Gempa berkekuatan magnitudo 7,8 terjadi Senin 6 Februari 2023 pada pukul 04:17 (01:17 GMT) di dekat Kota Gaziantep. Getaran selanjutnya hampir sama besarnya, dengan pusat gempa di Distrik Elbistan di provinsi Kahramanmaras.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah mengumumkan keadaan darurat tiga bulan di 10 provinsi yang paling parah terkena dampak gempa.

Dia mengatakan langkah-langkah itu akan memungkinkan pekerja bantuan dan bantuan keuangan masuk ke daerah yang terkena dampak, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Sekitar 70 negara sejauh ini terdata mengirimkan bantuan ke Turki, tetapi ada kemarahan yang meningkat di beberapa tempat karena bantuan tidak datang dengan cepat.

WNI Asal Bali Jadi Korban Gempa

1 WNI Asal Bali Ditemukan Meninggal di Reruntuhan Bangunan Akibat Gempa Turki 6 Februari 2023

Liputan6.com 2023-02-08 15:42:58
Petugas penyelamat dan keluarga mencari di antara reruntuhan bangunan setelah gempa bumi berkekuatan 7,8 skala Richter mengguncang bagian tenggara negara itu, Kahramanmaras, Turki, Selasa (7/

Satu orang Warga Negara Indonesia (WNI) asal Bali ditemukan tewas di bawah reruntuhan bangunan akibat gempa Turki dan Suriah berkekuatan megnitudo 7,8 pada Senin 6 Februari 2023. Ia ditemukan tewas karena tertimbun reruntuhan bersama dengan anak dan suaminya.

"1 WNI atas nama Nia Marlinda asal Bali dan seorang anak berusia 1 tahun serta suami warga negara Turki di Kahraman Maras ditemukan meninggal dunia karena tertimbun reruntuhan," ungkap Dubes Indonesia untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal dalam pernyataan yang dikirimkan KBRI Ankara, Rabu (8/2/2023).

Kolonel Amir selaku Atase Pertahanan RI KBRI Ankara, yang memimpin Tim Evakuasi ke Kahramanmaras telah memastikan pemulasaran jenazah dan KBRI pun telah mengomunikasikan hal tersebut kepada pihak keluarganya.

"Almarhumah dan keluarga akan dimakamkan hari ini di Kahramanmaras," tulis pernyataan KBRI Ankara.

Gempa yang melanda Turki dan Suriah telah menewaskan 8.704 jiwa, hingga Rabu 8 Februari sore. Kematian yang terjadi di Suriah mencapai 2.470 sementara angka kematian yang dilaporkan di Turki sebanyak 6.234.

Baca update terbaru: 2 WNI dinyatakan meninggalakibat gempa Turki


Evakuasi oleh KBRI Ankara

Pihak KBRI Ankara juga telah melakukan perjalanan ke lokasi gempa secara langsung pada Selasa (7/2) pukul 21.30 waktu setempat. Mereka menempuh perjalanan darat sekitar 17 jam, dengan kondisi cuaca badai salju yang mencapai suhu sekitar 4 hingga -7 derajat Celcius.

"Alhamdulillah, sesuai perintah Presiden melalui Menlu RI, team KBRI sudah tiba di lokasi gempa untuk menyerahkan bantuan kemanusiaan dan mengevakuasi WNI yang terdampak ke Ankara. Saya sudah minta WNI yang dievakuasi untuk mengabari keluarga di Indonesia agar mereka tenang", ujar Dubes RI untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal.

Tim KBRI Ankara terdiri dari Tim Konsuler Perlindungan WNI, Tim Atase Pertahanan dan Perwakilan BIN di Luar Negeri (Perbinlu) sudah melakukan evakuasi dari empat titik paling terdampak gempa.

Jumlah korban yang dievakuasi sebanyak 123 orang dari target semula 104 orang. Angka ini termasuk dua warga negara Malaysia, satu warga negara Myanmar dan sisanya merupakan warga negara Indonesia.


Korban Gempa Terpaksa Menjarah di Kota Kahramanmaras

Salah seorang warga negara Indonesia (WNI) di wilayah tersebut, Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Kahramanmaras, Hammam menceritakan bagaimana kondisi terkini warga Indonesia khususnya para pelajar di bawah naungan kelompok tersebut di sana.

"Kabar terkini, banyak apartemen di Kahramanmarasyang roboh dan sudah ada beberapa tenda darurat dari pemerintah di sekitar pusat kota," ujar Hammans saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (7/2/2023).

Untuk kabar mahasiswa Indonesia di Kahramanmaras, "Insyaallah aman, ada satu orang yang luka ringan."

Hammans menuturkan, sejauh ini pihak KBRI di Turki telah memberikan bantuan setelah gempa Turki 6 Februari 2023 berupa dana, "tapi kita belum bisa menggunakan dana bantuan itu, karena toko-toko di Kahramanmaras masih pada tutup," ucapnya.

"Kita cuma mengandalkan makanan yang ada saja," jelasnya lagi.

Menurut penuturan Hammans, "kemarin sempat ada orang Turki yang menjarah toko-toko yang tidak buka, kita juga terpaksa ikut karena kekurangan makanan."

Bayi Kembar 'Ajaib' Dikepung Puing-Puing

Gempa Turki: Bayi Kembar 'Ajaib' Bertahan Hidup 40 Jam di Bawah Puing Bangunan Runtuh

Liputan6.com 2023-02-08 10:42:57
Orang-orang mencari korban selamat melalui puing-puing bangunan setelah gempa berkekuatan magnitudo 7,8 di Diyarbakir, pada 6 Februari 2023. Setidaknya 284 orang tewas di Turki dan lebih dari

Gempa Turki6 Februari 2023 berguncang dengan dahsyat, banyak bangunan runtuh juga di Suriah selain di negara pusat lindu.

Bocah kembar menjadi salah satu korban yang tertimpa puing bangunan roboh akibat gempa Turki. Kendati demikian mereka selamat bertahan hidup melewati masa melelahkan selama 40 jam, di bawah reruntuhan bangunan yang runtuh di Gaziantep, Turki. Mereka dalam kondisi hidup saat diselamatkan oleh polisi pada Selasa, 7 Februari.

Menurut Anadolu Agency (AA) yang dikutip Rabu (8/2/2023), beredar rekaman yang dirilis oleh Kepolisian Turki menunjukkan kedua anak itu dibawa keluar dari reruntuhan sebuah bangunan.

"Anak kembar itu diselamatkan sekitar 40 jam setelah reruntuhan bangunan yang runtuh di Gaziantep," kata polisi, menambahkan bahwa keduanya adalah "kembar ajaib".

Korban tewas akibat gempa berkekuatan magnitudo 7,8 dan banyak gempa susulan mendekati 6.000 di Turki pada Rabu pagi, menurut media pemerintah Anadolu Agency.

Korban Gempa Turki Bikin Video di Bawah Reruntuhan, Minta Tolong Lewat Media Sosial

Sementara itu, sejumlah korban gempa Turki yang masih terperangkap di antara reruntuhan dilaporkan memanfaatkan media sosial untuk meminta pertolongan dengan menunjukkan lokasi mereka kepada tim penyelamat.

Firat Yayla, YouTuberyang dikenal sebagai Charmquell, adalah salah satunya.

Dikutip dari Al Jazeera, Firat Yayla mengunggah sebuah video di Instagram Stories pada Selasa 7 Februari pagi. Melalui video itu ia mengatakan, dirinya terjebak di bawah reruntuhan di Distrik Antakya, Provinsi Hatay.

Ia memohon kepada para followers-nya untuk membantu menyelamatkannya.

"Teman-teman, kita terjebak di bawah reruntuhan akibat gempa," katanya dalam video tersebut.

"Ibu! Apakah kamu baik-baik saja? Ibu! Katakan padaku kau bersembunyi di suatu tempat. Tolong bantu!," tambahnya sebelum mengakhiri video dengan memberi tahu alamat rumahnya.

Ia kemudian melakukan update di Instagram-nya dengan mengatakan dia telah diselamatkan, tetapi ibunya masih berada di bawah reruntuhan.


Minta Bantuan Lewat Video

Seorang remaja laki-laki lainnya juga melakukan langkah serupa. Dalam video yang menunjukkan dirinya terjebak di antara puing-puing di Distrik Iskenderun di Hatay, pria itu turut membagikan alamatnya dan mengatakan, "Jika Anda mencintai Tuhan Anda, tolong datang dan selamatkan kami."

Video itu pun dibagikan secara luas di Twitter.

Hatay adalah salah satu provinsi Turki yang paling parah terdampak gempa.

Pasca gempa, bandaranya rusak dan ditutup. Ini kemudian mempersulit tim bantuan dan penyelamat untuk mencapai kota yang sudah luluh lantak tersebut.


Korban Tewas Akibat Gempa Turki dan Suriah 6 Februari 2023 Mencapai 7.826 Jiwa

Korban tewas akibat gempa Turki magnitudo 7,8 yang terjadi pada Senin (6/2/2023) mencapai 7.826 jiwa. Angka tersebut merupakan gabungan dari 5.894 kematian yang terjadi di Turki dan 1.932 kematian yang dilaporkan di Suriah. Demikian dikutip dari The Guardian, Rabu (8/2).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebelumnya telah memperkirakan bahwa angka kematian akibat korban gempa Turki dan Suriah bisa melampaui 20.000 jiwa.

"Ada potensi terus terjadi keruntuhan lebih lanjut sehingga kami sering melihat peningkatan delapan kali lipat dari jumlah awal," ungkap petugas darurat senior WHO untuk Eropa Catherine Smallwood.

Melihat skala kehancuran yang terjadi sejak gempa utama hingga gempa susulan, otoritas Turki telah mengumumkan keadaan darurat di 10 provinsi.

Upaya pencarian dan penyelamatan para korban gempa saat ini dilaporkan terhambat oleh beberapa situasi, termasuk cuaca dingin.

Di Suriah utara, negara yang sudah menderita akibat perang saudara, tim sukarelawan mengatakan mereka kekurangan bahan bakar dan sejumlah perbekalan paling dasar yang diperlukan untuk mengevakuasi korban yang masih terperangkap di reruntuhan.


Seorang Bayi Baru Lahir Berhasil Diselamatkan

Sementara itu, seorang bayi perempuan yang baru lahir berhasil diselamatkan dari reruntuhan di sebuah rumah di Suriah utara pasca gempa Turki 6 Februari 2023. Bayi yang masih terikat dengan tali pusar ibunya yang sudah meninggal itu ditemukan oleh salah seorang kerabatnya, Khalil al-Suwadi.

Bayi itu adalah satu-satunya yang selamat ketika gempa bermagnitudo 7,8 meratakan bangunan yang dihuni keluarganya di Kota Jindayris yang dikuasai pemberontak.

"Kami mendengar suara saat sedang menggali," kata Suwadi kepada AFP, Selasa (7/2), seperti dikutip dari The Guardian.

"Kami membersihkan debu dan menemukan bayi dengan tali pusar (utuh), jadi kami memotongnya dan sepupu saya membawanya ke rumah sakit."

Bayi perempuan tersebut saat ini menerima perawatan di rumah saki anak di Kota Afrin. Dokter anak Hani Maarouf mengatakan kepada AFP bahwa kondisi bayi tersebut stabil tetapi terdapat memar, luka robek, dan hipotermia.

Suwadi menuturkan bahwa keluarga bayi tersebut tinggal di gedung apartemen lima lantai.

Tim SAR Indonesia Dikirim ke Turki

Berangkat Sore Ini, Basarnas Kirim 47 Personel Bantu Pencarian Korban Gempa Turki

Liputan6.com 2023-02-08 13:51:27
Seorang pria berlari di sepanjang jalan yang dipenuhi puing-puing, di Hatay, sehari setelah gempa berkekuatan 7,8 magnitudo melanda Turki, Selasa (7/2/2023). Tim penyelamat di Turki dan Su

Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) menerjunkan 47 personel untuk membantu pencarian korban gempa magnitudo 7,8 di Turki.

Direktur Kesiapsiagaan Basarnas Agus Haryono mengatakan bantuan personel pencarian dan pertolongan, merespons permintaan pemerintah negara Turki.

"Kita akan kirimkan satu tim SAR gabungan 47 orang terdiri dari tim Basarnas, TNI-Polri, Kementerian Kesehatan. Kita akan memberikan bantuan pencarian dan penyelamatan korban yang diperkirakan masih tertimpa bangunan atau gedung runtuh," ujar Agus.

Personel tersebut, kata Agus, akan diberangkatkan sore hari ini di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, dengan pesawat TNI AU.

Mereka yang diberangkatkan telah memenuhi kualifikasi medium class dari INSARAG (International SAR Advisory Group), badan di bawah PBB yang menangani masalah gempa.

"Kita sudah di ases sama tim INSARAG, kemampuan kita baik dari sisi manajemen, search and rescue, sarana dan prasarana, peralatannya medisnya dan sebagainya. Semuanya sudah dinilai oleh mereka dan sudah dinyatakan memenuhi persyaratan, sehingga kita sudah bisa diperbantukan untuk membantu saudara kita," kata Agus.


Kirim Peralatan

Personel dan peralatan para personel pencarian dan pertolongan yang dikirimkan dari Indonesia dikhususkan untuk bangunan runtuh, guna mencari dan menyelamatkan korban dari reruntuhan bangunan.

"Alat pencari seperti life detector untuk mendeteksi panas tubuh. Kita juga membawa anjing pelacak dari Direktorat Polisi Satwa Mabes Polri, dua ekor K9," ujar Agus.

Selain itu tim SAR Indonesia juga peralatan bridging dan cutting guna memotong beton, memotong besi, dan menjebol tembok, untuk membuat akses bagi korban gempa tertimpa reruntuhan akibat gempa

Tak kalah pentingnya yakni alat pendeteksi getaran untuk memantau gempa susulan. Agus mengatakan beroperasi di reruntuhan merupakan salah satu tugas yang berbahaya. Jika terjadi gempa susulan, safety officer akan segera menarik tim menuju tempat aman.

Tugas pencarian dan pertolongan Basarnas nantinya akan dikoordinir dari titik sekretariat INSARAG yang berada di Turki, bersama dengan tim SAR dari negara-negara lainnya.

Sumber: Antara

Miss Belgia Terjebak Gempa

Jadi Korban Gempa Turki, Miss Belgia Menangis Minta Bantuan

Liputan6.com 2023-02-08 09:30:53
Miss Belgia Zeynep Demirel menangis minta bantuan setelah jadi korban gempa Turki. (dok. tangkapan layar video Instagram @zeynepseverdemirel/

Adalah Zeynep Demirel, Miss Belgia 2009 yang membagikan video emosional setelah gempa dahsyat mengguncang Turki dan Suriah pada Senin pagi, 6 Februari 2023. Sambil menangis, istri mantan penjaga gawang Turki Volkan Demirel ini meminta bantuan penanganan bencana.

Dalam sebuah unggahan Instagramnya, baru-baru ini ia berkata, "Hatay (kota terdampak gempa di Turki) berada dalam situasi bencana. Rumah sakit hancur. Tidak ada cukup bantuan. Tolong bantu saya," seperti dirangkum dari Daily Star, Rabu (8/2/2023).

Beruntung bagi Zeynep, suaminya Volkan, yang kini jadi manajer klub Turki Hatayspor, berhasil lolos dari insiden tersebut. Ia juga bersuara di media sosial untuk mendorong orang di seluruh dunia untuk mendukung para korban gempa.

"Tolong, saya ingin Anda mengirimkan semua sumber daya yang Anda miliki," kata Volken dalam video memilukan lainnya di media sosial. "Bagi pemerhati lingkungan, bukan hanya Hatay dan Antakya. Tolong, saya meminta pada Anda. Tolong, tolong, demi kasih Tuhan, orang-orang sekarat di sini."

Kiper Turki Eyup Turkaslan juga diyakini berada di antara sejumlah besar orang yang saat ini terjebak di bawah reruntuhan akibat gempa. Sementara kiper Yeni Malatyaspor belum ditemukan, istrinya dilaporkan telah diselamatkan.

Klubnya merilis pernyataan sebagai tanggapan atas gempa Turki, menyebut, "Kami berharap belas kasihan Tuhan atas warga kami yang kehilangan nyawa dalam gempa bumi yang terjadi di Kahramanmaras dan terasa di kota kami, dan kami berharap pemulihan yang cepat bagi warga kami yang terluka."


Penyelamatan Bayi Perempuan

Saat artikel ini ditulis, dikutip dari CNN, korban tewas akibat gempa dahsyat yang melanda Turki dan Suriah telah meningkat jadi setidaknya 7.726 jiwa. Dalam pembaruan Selasa, 7 Februari 2023, Wakil Presiden Turki Fuat Oktay mengatakan bahwa setidaknya 5.894 orang tewas dan 34.810 terluka di Turki.

Di Suriah, dilaporkan setidaknya 1.832 korban tewas dan 3.849 cedera. Kini, 16.139 personel sedang bekerja dalam upaya pencarian dan penyelamatan, dengan tim internasional tambahan akan menyusul, kata Oktay.

Di antara lusinan upaya penyelamatan yang dilakukan nonstop sejak Senin, seorang bayi perempuan telah diselamatkan dari puing-puing rumahnya di Suriah utara. Tali pusarnya masih melekat pada ibunya saat ditemukan, kata seorang kerabat pada Agence France-Presse. Ibunya diyakini meninggal setelah melahirkan.

"Kami mendengar suara saat kami sedang menggali," kata sepupu Khalil al-Suwadi pada AFP. "Kami membersihkan debu dan menemukan bayi dengan tali pusar (utuh), jadi kami memotongnya dan sepupu saya membawanya ke rumah sakit."


Kelebihan Beban

Bayi perempuan itu sekarang tengah dirawat di rumah sakit anak-anak di kota Afrin. Dokter anak Hani Maarouf mengatakan pada AFP bahwa kondisinya stabil, tapi tiba di rumah sakit dengan memar, laserasi, dan hipotermia.

Bayi itu satu-satunya yang selamat dari keluarga terdekatnya, menurut Suwadi. Mereka tinggal di gedung apartemen lima lantai yang rata dengan tanah akibat gempa.

Rumah sakit di Suriah dilaporkan "benar-benar kelebihan beban," perwakilan UNICEF di Aleppo, Angela Kearney, mengatakan pada Christina Macfarlane dari CNN. Kearney menyebut, rumah sakit penuh dengan pasien trauma, patah tulang, dan laserasi.

Beberapa orang juga pergi ke rumah sakit untuk mencari pertolongan atas trauma mental yang mereka alami saat gempa terjadi. Sementara rumah sakit masih berfungsi, tugasnya sangat berat, kata Kearney.

Menggambarkan pemandangan di Aleppo ketika gempa terjadi pada Senin, 6 Februari 2023, Kearney mengatakan anak-anak yang mengalami trauma perang "bingung." "(Mereka) tidak tahu apa yang sedang terjadi," katanya.


Meninggalkan Rumah dengan Piyama

Kearney mengatakan bahwa pada Senin pagi ketika UNICEF mulai bekerja di daerah tersebut, ada tujuh sekolah di kota Aleppo yang digunakan sebagai tempat berlindung. Pada Selasa pagi, 7 Februari 2023 jumlahnya bertambah jadi 67 sekolah, dan saat ini hampir 200 sekolah.

"Di semua sekolah yang rusak sebagian, ada keluarga di sana yang meninggalkan apartemen mereka, meninggalkan rumah mereka hanya dengan piyama," kata Kearny, menambahkan bahwa sementara bantuan mulai masuk ke daerah yang terdampak gempa, masih ada kebutuhan untuk selimut, makanan, air bersih, perawatan kesehatan, dan perawatan gizi.

Kearny mengatakan, kebutuhan air, sanitasi, dan nutrisi adalah yang paling mendesak. "Bantuan mulai masuk, tapi kebutuhan sekarang, sangat, sangat banyak," ucapnya. Kearney mengatakan, pemerintah Suriah juga berada di Aleppo dengan pihak berwenang memberikan bantuan, namun kebutuhannya memang jauh lebih besar.

Setidaknya 5.775 bangunan runtuh setelah gempa berkekuatan magnitudo 7,8 melanda 10 provinsi di Turki pada Senin, menurut Orhan Tatar, direktur umum Badan Penanggulangan Bencana dan Darurat Turki (AFAD). Tatar menyebut, total ada 60.217 personel yang membantu operasi penyelamatan di 10 provinsi di Turki.

Batal Tampil Gara-Gara Hujan

Rhoma Irama Minta Maaf Batal Tampil di Resepsi 1 Abad NU, Peralatan Manggung Basah Akibat Hujan

Liputan6.com 2023-02-08 15:22:32
Rhoma Irama

Acara puncak peringatan harlah NU ke-100 atau Resepsi 1 Abad NU yang digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarja, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023), seharusnya turut menampilkan Raja Dangdut Rhoma Irama yang malam itu siap tampil bersama Soneta Group.

Sayang, cuaca kala itu terbilang buruk. Hujan deras berlangsung lama hingga akhirnya, Rhoma Irama dan Soneta Group terpaksa batal tampil ke atas panggung. Salah satu penyebabnya lantaran instrumen musik mereka kebasahan.

Tak jadi tampil di momen bersejarah organisasi Nahdlatul Ulama yang sudah berdiri selama 100 tahun, Rhoma Irama pun menyampaikan permintaan maaf sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang sudah menantikan penampilannya.

"Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.Berikut pernyataan resmi serta permohonan maaf terkait batalnya penampilan saya dan #SONETA Group pada Resepsi 1 Abad @nahdlatululama.#RhomaIrama #SONETA #1AbadNU," tulis Rhoma Irama pada keterangan video klarifikasinya di akun Instagram @rhoma_official, diunggah Rabu (8/2/2023).


Permintaan Maaf Rhoma Irama

Dalam videonya, Rhoma Irama berdiri didampingi Soneta Group dan pedangdut Cici Faramida yang juga bersama mereka. Sang Raja Dangdut minta maaf kepada para pengunjung acara Resepsi 1 Abad NU.

"Assalamualaikum Warahmatulllahi Wabarakatuh. Saya beserta Soneta Group juga Cici Faramida, mohon maaf yang sebesar-besarnya, kepada seluruh pengunjung di acara Milad NU yang ke-100 tahun, 1 abad," ujar Rhoma Irama dalam video tersebut.


Alasan dan Doa untuk NU

Setelah itu, Rhoma Irama menyampaikan secara spesifik mengenai alasan dirinya dan Soneta Group tak bisa naik ke atas panggung. Namun begitu, doa kepada NU tetap disampaikan oleh pedangdut yang juga akrab disapa Bang Haji ini.

"Karena masalah teknis, hujan yang tidak kunjung berhenti, sehingga peralatan kami semua basah dan teknisi mengatakan, tidak bisa digunakan," ujar Rhoma Irama menjelaskan.

"Semoga 100 tahun NU ini menjadi pionir untuk bisa memperkuat ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah wathaniyah Islam," tutupnya.


Artis Lainnya

Selain Rhoma Irama, kabarnya penyanyi Swedia berdarah Lebanon, Maher Zain, juga tak bisa naik ke atas panggung. Melansir berbagai sumber, hanya Slank satu-satunya tamu besar yang berhasil tampil di tengah cuaca buruk itu.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya, mengatakan bahwa NU baru kali pertama membuat acara secara sengaja mendorong penampilan seni modern dengan skala cukup besar.

Ini dimaksudkan sebagai inisiasi bahwa ke depan nilai-nilai Islam ahlussunnah wal jamaah dan nilai-nilai NU harus bisa dihadirkan di tengah masyarakat melalui ekspresi-ekspresi seni budaya modern.

Manchester City Langgar 100 Aturan

Diduga Langgar 100 Aturan, 7 Sanksi Mengerikan Ancam Manchester City

Liputan6.com 2023-02-08 09:00:45
Manchester City berhasil membungkam Arsenal dengan skor 1-0 pada laga putaran keempat Piala FA di Stadion Etihad, Sabtu (28/1/2023) dini hari WIB. Gol tunggal kemenangan City dicetak Natha

Manchester city sedang terancam tujuh sanksi berat menyusul adanya 100 pelanggaran yang dilakukan dari 2009 sampai 2018. Pelanggaran ini terkait Financial Fair Play yang diterapkan di Liga Inggris.

Salah satu ancaman paling mengerikan yaitu Man City terancam dicoret dari Liga Inggris. Premier League sudah membentuk komisi untuk menyelidiki dugaan pelanggaran-pelanggaran yang sudah dilakukan Man City selama 9 musim.

Selama 4 tahun penyelidikan, Premier League menemukan Man City sudah langgar aturan terkait laporan keuangan yang akurat. Manchester City diduga tak memberikan data yang benar.

Laporan keuangan Manchester City yang dianggap tidak benar mencakup pendapatan klub, pendapatan sponsor, biaya operasional, gaji pemain dan manajer pada periode 2009 sampai 2018.

Yang memberatkan, Manchester City juga dituduh tidak mau kerjasama dan membantu investigasi.

"Putusan dari komisi, sesuai dengan aturan Premier League W.83 akan bersifat rahasia dan diperdengarkan secara privat," bunyi pernyataan.

"Sesuai aturan premier league W.82.2, sanksi final komisi akan diumumkan lewat situs premier league."


Sanksi Mengerikan

Man City sudah menjadi kekuatan tersendiri di Liga Inggris. Mereka berhasil menang 4 kali juara Liga Inggris di lima musim terakhir.

Meski begitu, klub kini menghadapi situasi yang tak menentu terkait laporan keuangan. Komisi bisa memberikan berbagai sanksi untuk klub yang melanggar.

Ada 7 sanksi mengerikan yang mengancam City. Sanksi tersebut yaitu diusir dari Liga Inggris, pencopotan gelar sebelumnya, pengurangan poin, larangan transfer, pembatasan pengeluaran, denda dan membayar kompensasi ke klub lain.


Bukan yang Pertama

Di 2020, UEFA sudah pernah menuduh Man City melakukan pelanggaran serius di financial Fair Play mulai 2012 sampai 2016. Namun pengadilan olahraga menganulir sanksi dua tahun larangan main di Eropa.

Guardiola pada 2020 lalu sempat meyakini dengan sikap klub. Dia tak pernah ragu dengan apa yang dilakukan Man City.

"Saya percaya 100 persen sejak hari pertama ada di klub ini. Maka itu, saya bela klub dari tuduhan-tuduhan itu," kata Guardiola.


Pernyataan Man City

Sejak dibeli Sheikh Mansour pada tahun 2008, City memang begitu dominan di Inggris. Mereka memenangi enam gelar juara Premier League, enam trofi Piala Liga dan dua Piala FA serta tiga Community Shields.

City sendiri langsung merespons dakwaan ini. Mereka siap mengikuti proses yang berlaku dan yakin tidak melakukan pelanggaran.

"Manchester City FC terkejut dengan pengumuman dugaan pelanggaran peraturan Premier League ini, terutama terkait keterlibatan yang luas dan sejumlah besar materi terperinci yang disediakan oleh EPL," demikian pernyataan di situs resmi Man City.

"Klub menyambut kehadiran Komisi Independen untuk meninjau masalah ini, untuk mempertimbangkan secara adil seluruh bukti tak terbantahkan yang ada untuk mendukung posisi klub. Karena itu kami berharap perkara ini dihentikan untuk selamanya.


Peringkat

Mau Kawin Lagi, Calon Suami Pilot

Dewi Perssik Dilamar Pilot, Tunjukkan Cincin yang Melingkar di Jarinya

Liputan6.com 2023-02-08 17:00:00
[Instagram/dewiperssik9]

Kebahagiaan tengah menyelimuti pedangdut Dewi Perssik. Betapa tidak, Dewi Perssik dilamar seorang pilot sekaligus pengusaha yang diketahui bernama Rully.

Wanita yang akrab disapa Depe itu tak menyangka, Rully mengutarakan keinginan meminangnya di momen tasyakuran ayahnya.

"Kemarin (Rully) datang, ada ultah di rumahku. Awalnya tasyakuran papi aku, Yasinan dari Maghrib sampai Isya. Ketika dia melamar aku di depan mami aku pun itu dadakan. Jadi semua serba dadakan," ujar Dewi Perssik di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (7/3/2023).

Dewi Perssik mengapresiasi sikap gentle Rully yang datang dan mantap mengutarakan keinginan untuk meminangnya. Sebuah cincin pun dipersembahkan Rully sebagai bentuk keseriusannya melamar Dewi.


Dihargai Sebagai Perempuan

"Dengan dia sudah melamarku memberikan cincin di depan orang banyak terus bilang 'mau enggak nikah dengan aku?'. Aku bilang aku dilamar ya berarti tandanya wajar aku dihargai sebagai perempuan. Bukan diajak pacaran tapi dia langsung melamar, mintanya sama mama," kata Dewi.

Dewi pun tak segan memamerkan cincin yang melingkar di jari, pemberian dari Rully. Ia mengaku tak ingin menutupi jika memang ada pria yang datang ke rumah dan melamar dirinya.


Belum Bahas Pernikahan

"Aku pakai nih (perlihatkan cincin). Aku bukan tipe cewek yang nutup-nutupin karena memang kemarin ada cowok yang datang ke rumah dia ngelamar aku ya its oke," imbuh wanita yang akrab disapa Depe itu.

Meski begitu, Dewi Perssik belum bisa memastikan saat disinggung kapan akan melangsung pernikahan. Sementara ini, Dewi mengaku masih dalam tahap penjajakan dan saling mengenal satu sama lain, seperti yang dianjurkan ibunya.


Menjalani

"Kalau Mami aku bilang ya jalani dulu, saling mengenal satu sama lain, kan Dewi baru saja bercerai. Terus kata mommy aku adaptasi dulu, dilihat seperti apa. Intinya aku enggak mau buru-buru menilai dia baik. Dilihat apakah dia laki-laki serius untuk saya," akunya.

Dewi mengaku sangat selektif memilih pasangan yang akan menjadi pendamping hidupnya. Apalagi sudah beberapa kali ia merasakan kegagalan membina rumah tangga. Ia tidak ingin pernikahannya nanti akan bernasib sama. (M. Altaf Jauhar)

Tragedi Susi Air di Papua

HEADLINE: Pesawat Susi Air Dibakar di Nduga Papua dan Penyanderaan KKB, Penanganannya?

Liputan6.com 2023-02-09 00:05:52
Pesawat Pilatus Porter Susi Air (dok: Susi Air)

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) kembali berulah di Papua pada Selasa 7 Februari 2023. Mereka membakar maskapai Susi Air usai mendarat di Bandara Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.

Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Operasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) pimpinan Bridgen Egianus Kogoya mengklaim bertanggung jawab membakar pesawat Pilatus Porter PC 6/PK-BVY.

Juru bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom menyebut, kelompoknya menyandera pilot pesawat yang bernama Philips Max Marthin, warga negara Selandia Baru.

"Penumpang aman, pilot yang kami sandera," klaim dia saat dikutip Rabu (8/2/2023).

Namun, menurut Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, memastikan pilot Maskapai Susi Air tak disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Menurut Yudo, sang pilot menyelamatkan diri usai pesawat dibakar di Bandara Paro, Nduga, Papua Pegunungan.

"Enggak ada penyanderaan, enggak ada penyanderaan, dia kan ini menyelamatkan diri," ujar Yudo saat rapat pimpinan TNI-Polri di Hotel Sultan, Rabu (8/2/2023).

Yudo menuturkan, Distrik Paro, Nduga, Papua yang menjadi lokasi pembakaran pesawat Susi Air merupakan daerah yang aman.

"Nah kalau yang di Distrik Paro ini sebenarnya itu selama ini aman-aman saja daerah situ, sehingga kemarin mungkin Susi Air melaksanakan penerbangan di situ, dirasa aman, ternyata ada gangguan keamanan seperti itu," kata dia.

Meski aman, Yudo menyebut daerah tersebut dilarang untuk dilakukan penerbangan. Pasalnya, pasukan gabungan TNI-Polri yang ditempatkan di sana hanya sedikit.

"Sebenarnya dari awal sudah kita larang waktu itu untuk melaksanakan terbang, ternyata mereka memaksakan, ternyata daerah situ banyak rawannya, karena memang aparat TNI-Polri di situ sangat kecil, sehingga sedikit daerahnya dirasa aman," kata Yudo.

Menurut Yudo, lapangan terbang di Distrik Paro memang tak pernah dijadikan landasan terbang.

"Ya ini bandara yang sepi lah, istilahnya enggak pernah kita gunakan untuk laksana penerbangan di daerah situ. Saya enggak tahu di situ rutenya Susi Air yang dipiloti oleh yang dari Selandia Baru itu, ya, dan mungkin itu sudah rute penerbangan mereka," kata dia.

Yudo menuturkan, sang pilot hingga kini belum ditemukan, namun sudah terdeteksi keberadaannya.

"Belum, tapi sudah terdeteksi," ujar Yudo di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Yudo tak bisa menjelaskan posisi tepatnya sang pilot. Namun menurut Yudo, keberadaan sang pilot diketahui dari sinyal GPS.

"Lintang bujurnya kan susah, kan dia masih memunculkan sinyal," kata dia.

Sementara terkait penumpang, Yudo menyebut sudah ditemukan dan dievakuasi. Menurut Yudo, para penumpang sempat diselmatkan oleh warga sekitar. "(Dievakuasi) dari Distrik Paro ke Timika. Dia kan diancam, akhirnya diselamatkanlah oleh mungkin salah satu masyarakat di situ," kata Yudo.

Senada, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut seluruh penumpang maskapai Susi Air sudah berhasil diamankan dan dievakuasi.

"Untuk penumpang saat ini semuanya sudah bisa diamankan sudah dievakuasi," ujar Listyo di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Tak hanya para penumpang Susi Air, Listyo menyebut 15 pekerja yang membangun Puskesmas di sana juga berhasol dievakuasi.

"Sudah berhasil dievakuasi," kata Listyo.

Sementara sang pilot, Listyo menyebut hingga kini masih dalam proses pencarian.

"Serahkan kepada kami, kami akan ambil langkah-langkah penyelamatan pilot dari Susi Air yang hingga kini masih dalam pencarian," kata dia.

Komandan Satgas Damai Cartenz Kombes Faizal Rahmadani, Rabu (8/2/2023) mengatakan, saat ini tiga regu sudah disiapkan untuk diturunkan ke Paro, Kabupaten Nduga dalam operasi pembebasan 16 orang yang disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya.

"Proses sudah berjalan dan saat ini saya sedang memberikan brifing, " kata Kombes Faizal yang mengaku saat ini sudah berada di Timika.

Diakui, Egianus Kogoya bersama kelompoknya termonitor sudah sekitar enam bulan berada di Paro. KKB pimpinan Egianus Kogoya, Selasa (7/2/2023) dilaporkan membakar pesawat milik Susi Air yang dipiloti Philip Merthens berkebangsaan Selandia Baru.

Bandara Ditutup

Usai pembakaran pesawat Susi Air, Kemenhub langsung menutup sementara Lapangan Terbang (Lapter) Distrik Paro di Kabupaten Nduga Papua.

"Lapter Paro masih ditutup sementara, mengingat posisi pesawat yang rusak berada di tengah-tengah lapangan terbang sehingga tidak memungkinkan operasional penerbangan ke atau dari Paro," ucap Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (8/2/2023).

"Hingga saat ini, belum diketahui pasti keberadaan pilot dan penumpang pesawat," kata Adita.

Menyikapi kejadian tersebut, lanjut dia, Ditjen Perhubungan Udara melakukan langkah-langkah imbauan untuk lebih meningkatkan keamanan.

Pertama, ia mengatakan penyelenggara bandar udara agar selalu berkoordinasi dengan pihak keamanan setempat dan lebih waspada dengan memeriksa seperti izin masuk terhadap orang sebelum masuk ke daerah keamanan terbatas bandar udara.

"Kedua, penyelenggara angkutan udara agar melakukan pemeriksaan yang lebih intensif terhadap penumpang dengan memeriksa 'boarding pass' dan mencocokkan identitas diri serta memeriksa barang-barang bawaan guna keamanan penerbangan," ujar Adita.

Ketiga, seluruh lapangan terbang yang berada di Kabupaten Nduga yang selama ini dikelola oleh pemda agar selektif dan selalu berkoordinasi dengan pihak keamanan dalam hal pemberian izin terbang.

Pemilik Susi Air, Susi Pudjiastuti memohon doa untuk keselamatan awak pesawat Susi Air yang dibakar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Nduga, Papua.

"Mohon doakan dan dukungannya. Dengan segala kerendahan hati dan atas nama kemanusiaan. Kami mohon keselamatan pilot & penumpang PK BVY," ujar Susi seperti dikutip dari akun @susipudjiastuti, Rabu (8/2/2023).

Harapan itu terus dipupuk Susi. Ia berharap agar pilot dan penumpang bisa dijemput dalam kondisi sehat walafiat.

"Mohon dukungan & doa semoga pilot kami di Nduga Paro diberikan lindungan Alloh SWT, bisa kami jemput selamat." sambungnya.


Perlu Evaluasi Menyeluruh

Pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi mengatakan, objek vital di Papua memang rentan, dan aksi ini bukan kali pertama, sehingga ini perlu dievaluasi.

"Bandara ini ada yang dikelola Kemenhub, ada yang dikelola Pemda. Ini harus sama standar keamanannya, prosedurnya, baik yang menyangkut keamanan area bandara maupun aspek keamanan penerbangan itu sendiri," kata dia kepada Liputan6.com, Rabu (8/2/2023).

Menurut dia, dengan kasus Susi Air ini sulit untuk memetakan apakah pelakunya diantara penumpang atau menyusup dari luar bandara sehingga dengan mudah melakukan aksi pembakaran.

"Terkait aksinya sendiri, menurut saya prioritasnya keselamatan dan mengupayakan pembebasan sandera ino sesegera mungkin. Operasinya harus digelar khusus. Ini penting untuk menunjukkan keseriuan pemerintah, baik melindungi warga negara sendiri, juga menunjukkan kepada dunia internasional bahwa kita sungguh-sungguh memerhatikan keselamatan warga negara asing," jelas Khairul.

Dia pun menegaskan, kejadian ini juga menegaskan pemerintah perlu memperbaiki pendekatannya. Apakah menerapkan kombinasi pendekatan lunak dan keras, atau ada cara lain.

"Kalau saya sepakat TNI-Polri fokus pada pendekatan keras. Karena mereka memukul kan sebenarnya. Penegak keamanan, kedaulatan dan hukum, sehingga pendekatan lunak tidak dibebankan speenuhnya kepada TNI-Polri. Ada kolaborasi keterlibatan kementerian, lemabaga lain untuk fokus pada upaya pendekatan kesejahteraan atau lunak," kata Khairul.

"Bagaimana pun kasus semacam ini kan bentuk teror. teror itu sendiri kan salah satu sarana penyampaian pesan, baik terkait eksistensi terkait dengan tujuan dari kelompok yang melakukan teror ith sendiri, sehingga ini perlu perbaikan pendekatan," jelas Khairul.

Senada, Direktur Amnesty Internasional Indonesia Usman Hamid pun mendesak agar sandera segera dibebaskan.

"Kami mengecam keras serangan terhadap warga dan obyek sipil di Papua. Kami mendesak agar pilot dan sejumlah orang lainnya yang disandera segera dibebaskan dalam keadaan selamat," kata Usman dalam siaran tertulis Amnesty Internasional Indonesia.

Dia meminta pihak yang berkonflik untuk menghormati hukum hak asasi manusia dan kemanusiaan internasional. Dia pun berharap pemerintah mengutakan jalan nonkekerasan demi menyelamatkan warga sipil.

Menurut dia, pembakaran pesawat dan penyanderaan ini merupakan bukti berulangnya kekerasan di Papua. Warga sipil pun kembali menjadi korbannya. Oleh karena itu, Amnesty Internasional Indonesia meminta pemerintah meninjau ulang pendekatan keamanan di wilayah tersebut.

"Insiden pembakaran pesawat dan penyanderaan ini sekali lagi menjadi bukti berulangnya kekerasan di wilayah Papua, dan warga sipil kembali menjadi korbannya. Kami menyerukan adanya peninjauan ulang atas pendekatan keamanan yang selama ini dipilih oleh negara," ujar Usman.

Dia mengingatkan soal kewajiban negara wajib untuk menjamin keselamatan setiap orang dari segala bentuk kekerasan, termasuk negara asing. Negara juga wajib mengusut dan menegakkan keadilan serta akuntabilitas.

"Negara terikat kewajiban internasional hak asasi manusia untuk menjamin keselamatan setiap orang, termasuk warga negara asing, dari segala bentuk kekerasan. Jika terjadi kekerasan, maka negara wajib untuk mengusut dan memastikan tegaknya keadilan dan akuntabilitas, bukan terus melanggengkan pendekatan lama yang selama puluhan tahun ini menimbulkan banyak korban," tutur Usman.


Lebih Tegas

Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono meminta TNI-Polri lebih tegas pada Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) yang menyandera pilot maskapai Susi Air.

"Pemerintah melalui TNI-Polri harus bersikap tegas walaupun terukur, perbuatan kejam dan brutal ini tidak dapat ditolerir lagi," kata Dave saat dikonfirmasi, Rabu (8/2/2023).

Dia mengingatkan tindakan TPNPB-OPM itu telah menginjak hak asasi manusia (HAM). "Kita memiliki aturan hukum yang jelas. Perbuatan mereka bukan hanya melawan hukum, akan tetapi menginjak-nginjak hak asasi para korban, masyarakat umum," ucapnya.

Selain itu, Politikus Golkar ifu menyebut KKB telah merusak pembangunan kesejahteraan Indonesia. Khususnya, warga Papua yang tengah membangun tanah kelahirannya.

"Dan merusak pembangunan kesejahteraan rakyat Indonesia secara umum dan warga papua khususnya," kata dia.

Sementara itu, Anggota Komisi I Bobby Rizaldi juga menyatakan mengecam keras tindakan KKB tersebut.

"Mengecam, mengutuk keras tindakan KKB itu. Sekaligus meminta pemerintah mengevaluasi protokol keamanan bandara yang seharusnya merupakan obyek dengan pengamanan penuh," kata dia.

Bobby meminta TNI meninjau kembali tim yang diterjunkan di Papua dengan yang benar-benar siap tempur.

"Juga dipertimbangkan untuk review ulang tim taktis di lapangan, walopun aksi polisionil, tapi spt nya diperlukan tim yg memiliki kemampuan tempur karena yang dihadapi adalah kriminal yang memiliki arsenal persenjataan militer," kata dia.

Menurut Bobby, saat ini saat tepat untuk meluncurkan kekutan penuh untuk hadapi KKB. "Dengan kejadian terakhir, aksi polisionil tanpa kemampuan militer penuh, sulit untuk menumpas KKB ini," pungkasnya.