60 Jam Bertahan di Reruntuhan

Gempa Turki: Bocah 9 Tahun Selamat Tanpa Cedera Setelah 60 Jam Terperangkap Reruntuhan Bangunan

Liputan6.com 2023-02-09 11:28:42
Wanita dari Turki memeriksa bangunan mereka yang hancur, di Kahramanmaras, Turki selatan, Rabu, 8 Februari 2023. Dengan harapan menemukan korban selamat memudar, tim penyelamat yang membentan

Di tengah kesedihan akibat gempa besar berkekuatan magnitudo 7,8 yang melanda Turki pada Senin, 6 Februari 2023 hadir keajaiban-keajaiban yang tidak terbayangkan sebelumnya. Momen-momen ketika tim penyelamat selamatkan korban yang terperangkap dalam reruntungan bangunan memberikan harapan.

Hal ini juga saat seorang anak perempuan (9) diselamatkan tanpa cedera dari reruntuhan gempa Turki.

Dikutip dari Mirror, Kamis (9/2/2023), senyuman kecil di wajahnya yang bingung, kaus kaki dan sweter merah jambu yang dikenakan oleh seorang gadis berusia sembilan tahun saat dibawa tanpa cedera dari puing-puing rumahnya setelah 60 jam terperangkap reruntuhan bangunan.

Diselamatkan oleh tim penyelamat dengan bahu membahu, tangan mungil anak perempuan tersebut melingkari leher masing-masing tim penyelamat. Mereka bertepuk tangan pada keajaiban di tangannya saat dia menuruni gundukan bangunan yang runtuh, tersenyum heran, kelegaan atas keberhasilan penyelamatan yang langka saat mereka menatap dengan tak percaya dan mengacak-acak rambutnya.

Saudara laki-lakinya yang berusia 13 tahun dan sang ayah juga diselamatkan tanpa cedera. Namun, sang ibu belum ditemukan. Tim penyelamat dari Inggris Atiqur Rahman dari Stoke-On-Trent bekerja untuk Global Relief Trust mengabadikan adegan tersebut.

"Sekarang 64/65 jam sejak gempa, kemungkinan orang keluar hidup-hidup sangat rendah. Namun, Anda memiliki kasus-kasus luar biasa ini di mana karena fondasinya bertumpuk satu sama lain, bangunan-bangunan runtuh lapis demi lapis, orang-orang berhasil masuk ke dalam celah," ujar dia dikutip dari Mirror.


Cerita Tim Penyelamat di Turki

Rahman menceritakan ada suara berisik dari keluarga tersebut di bawah reruntuhan, dan beberapa kerabat berdiri di luar karena mereka tahu keluarga itu ada di sana. "Saat dibawa mereka sadar dan bergerak, jelas trauma, tapi secara fisik mereka tidak terluka. Salah satu tim membawa mereka keluar dan gadis itu menanggapinya," ujar dia.

Rahman mengatakan, pihaknya kewalahan ketika ada satu kasus kabar baik. "Seorang pria telah melakukan shift 28 jam, dan dia berkata, kami telah mengeluarkan tujuh hidup, tetapi 100 mayat. Jadi dengan peluang seperti itu setiap orang merayakan setiap orang yang hidup," kata dia.

Ia menambahkan, setiap kasus membutuhkan waktu dua hingga empat jam, bahkan lima jam untuk meraih orang-orang yang masih hidup.

Atiqur melihat sangat sedikit upaya penyelamatan yang dilihatnya menyenangkan. Gadis itu dan saudara laki-lakinya serta sang ayah adalah momen harapan yang langka. Ini karena sekitar 11.000 jiwa meninggal dunia sejak gempa Turki dan Suriah yang terjadi pada Senin, 6 Februari 2023.


Upaya Selamatkan Seorang Ibu yang Terjepit di Bawah Kolam Besar

Salah satu kasus pertama yang dia bantu setelah gempa pertama adalah seorang ibu berusia akhir 30 puluhan yang tangganya terjepit di bawah kolam besar di dalam bangunan yang runtuh. Atiqur sulit menggambarkan apa yang terjadi. Ia masih belum mengolahnya. "Suaminya memanggil kami. Awalnya kami mengira itu kayu dan mengira kami bisa memotongnya, tetapi kami menyadari ada bobot yang jauh lebih berat dari yang kami perkirakan," ujar dia.

Mereka mencoba menggunakan apa pun yang bisa. "Kami mencoba menggunakan dongkrak mobil hanya untuk menariknya keluar. Suaminya mengatakan potongan tangan, Anda bisa merasakan getaran. Saya mengatakan, tidak ada ambulan, jika tangan Anda terpotong, ada kemungkinan besar pendarahan sampai mati," tutur dia.

Ia menceritakan ketika sedang diskusi apa yang harus dilakukan terjadi gempa besar dan harus segera keluar dari gedung itu. "Demi keselamatan kami, sendiri, sang anak di luar. Wanita itu sadar. Dia tertinggal. Kami tidak tahu apa yang terjadi. Begitu gempa terjadi, tidak ada cara untuk masuk kembali, gedung lain di sebelahnya miring dan barang-barang berjatuhan ke dalam gedung ini, sofa, kursi, lemari es jatuh menimpa kami," ujar dia.


Buat Keputusan Cepat

"Kami harus membuat keputusan itu. Kami memiliki keputusan sepersekian detik untuk mundur, dan dia berteriak mengatakan jangan pergi, jangan pergi,"

"Dia harus pergi, anak-anak keluar di jalanan. Kami mengatakan kami akan kembali tetapi jelas dia ketakutan. Itu berputar di kepala Anda, bagaimana jika kita mencoba dongkrak mobil lebih cepat,"

"Kemudian kami dipanggil untuk hal lain, satu demi satu, tujuannya adalah untuk mencoba dan menyelamatkan nyawa sebanyak mungkin,"

Pria itu menunggu sembilan jam sampai tim penyelamat datang dan menarik putranya berusia tujuh tahun dari puing-puing mereka. Pada saat mereka tiba di sana sudah terlambat. Dia dan paman bocah itu hanya bisa menggendong tubuh kecil itu dan membawa bocah itu ke kamar mayat sementara. Kemudian berdoa.

Cappadocia Tetap Dibuka

Turki Masih Rawan Gempa, Cappadocia dan Sejumlah Kawasan Wisata Tetap Dibuka

Liputan6.com 2023-02-09 09:02:09
Sejumlah balon udara panas yang membawa wisatawan terbang di atas Nevsehir di wilayah Cappadocia, Turki (5/9). (AFP Photo/Yasin Akgul)

Gempa dengan magnitudo 7,8 mengguncang Turki selatan dan Suriah utara pada 6 Februari 2023. Tak hanya banyak menelan korban jiwa, gempa juga berimbas pada rusaknya sejumlah tempat wisata di Turki. Beberapa bangunan bersejarah dilaporkan roboh.

Melansir National News, 7 Februari 2023, setidaknya ada 10 wilayah Turki yang terdampak cukup besar. Wilayah tersebut adalah Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay, Kahramanmara, Kilis, Malatya, Osmaniye, dan Sanliurfa.

Kastil Gaziantep kuno, salah satu landmark Gaziantep, dilaporkan mengalami kerusakan parah. Pasar dan jajaran workshop tembaga tradisional yang bersejarah di sana juga ikut rusak.

Sejumlah foto dan video yang tersebar memperlihatkan dinding di sebagian bangunan benteng ambruk. "Beberapa benteng di bagian timur, selatan, dan tenggara Kastil Gaziantep yang bersejarah di distrik Sahinbey tengah hancur akibat gempa," tulis kantor berita Turki, Anadolu.

Kastil yang juga dikenal dengan nama Benteng Gaziantep ini merupakan bangunan bersejarah yang berada di tenggara Turki. Mengutip The Guardian, kastil ini diyakini berasal dari Kekaisaran Het. Namun, bagian utama kastil diprediksi dibangun oleh orang-orang Romawi kuno pada abad ke-2 dan ke-3.

Sementara di Malatya, Masjid Yeni Camii juga ikut hancur akibat gempa. Masjid bersejarah ini dibangun di lokasi masjid HacYusuf yang diterjang gempa pada 3 Maret 1894. Sedangkan kawasan tenggara Turki yang terkenal dengan wisata kulinernya, melansir Travel and Tour World, 7 Februari 2023, tampak tak begitu terdampak meski masih ada kemungkinan bakal terjadi gempa susulan.


Situs Warisan Dunia

Destinasi liburan populer semacam Cappadocia dan pantai Aegean juga kemungkinan besar tidak terpengaruh gempa. Namun belum ada informasi apakah jumlah wisatawan menurun atau masih tetap seperti biasa.

Di Cappadocia juga ada kota bawah tanah terbesar di dunia, membentang ratusan kilometer dan diyakini dulunya menghubungkan hingga ratusan desa. Cara terbaik untuk menikmati wisata alam di Cappadocia adalah dengan menaiki balon udara dan menikmati pemandangan dari ketinggian yang sangat diminati para wisatawan.

Gempa Turki juga tidak merusak salah satu situs sejarah yakni Masjid Biru Hagia Sophia yang awalnya gereja yang dibangun pada 537 masehi. Meskipun gempa terasa di Istanbul, tidak ada laporan awal kerusakan Masjid Hagia Sophia. Hagia Sophia adalah monumen bersejarah utama dan Situs Warisan Dunia UNESCO yang terletak di Istanbul, Turki.

Untuk penerbangan internasional, sampai saat ini tidak banyak terpengaruh gempa. Maskapai penerbangan Uni Emirat Arab (UEA) menyebut gempa tidak memengaruhi agenda penerbangan ke Turki. Maskapai Emirates juga mengonfirmasi bahwa penerbangan maskapai utama Dubai ke Turki tidak terpengaruh akibat gempa.

Meski begitu, mengutip Simple Flying, Rabu (8/2/2023), semua bandara di Turki Selatan dan Suriah Utara kemungkinan merasakan gempa, dan tiga bandara khususnya, telah berhenti beroperasi. Bandara pertama yang ditutup adalah Bandara Adana Sakirpasa (ADA) Turki. Bandara di Provinsi Adana, Turki selatan ini mengalami beberapa kerusakan pada terminalnya, seperti bangunan lain di daerah tersebut.


Kerusakan di Bandara

Di dekat Provinsi Hatay, Bandara Hatay (HTY) telah ditutup karena landasan pacu yang rusak. Bandara Turki selatan itu mengalami kerusakan besar saat retakan besar terbentuk di tengah landasan pacu, menyebabkan aspal melesat ke atas seperti pegunungan kecil. Otoritas setempat memilih untuk menghentikan semua layanan penerbangan dari dan ke bandara.

Penutupan bandara lainnya adalah di dekat Bandara Internasional Gaziantep Ouzeli (GZT). GZT hanya mengalami kerusakan ringan, tanpa kerusakan di landasan pacu. Meski begitu, otoritas lokal telah menutup bandara untuk semua layanan penerbangan sipil.

Hanya pesawat yang membawa perbekalan bantuan dan yang melakukan operasi evakuasi medis yang dapat beroperasi di lapangan udara. Bandara tetap waspada karena pusat gempa berada sekitar 30 mil (48,2 km) jauhnya.

Penutupan bandara Turki ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan keamanan untuk semua pelancong. Pihak berwenang setempat telah membuat keputusan ini berdasarkan kerusakan bandara saat ini dan potensi kerusakan tambahan yang masih dapat terjadi.


Mengikuti Panduan

Gempa bumi awal memiliki konsekuensi yang menghancurkan, namun gempa bumi dan gempa susulan berikutnya juga menghancurkan. Lebih banyak laporan tentang kehancuran muncul dalam beberapa jam dan hari mendatang.

Dikutip dari Washington Post, korban tewas akibat gempa dilaporkan hampir 11.000 orang di Turki dan Suriah pada Rabu sore. Saat upaya penyelamatan berlanjut di negara tersebut, para pelancong yang berencana untuk mengunjungi Turki mungkin bingung tentang apa yang harus dilakukan.

Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris memperbarui panduannya untuk pelancong Inggris, menyarankan wisatawan untuk "menghindari sekitar" dari insiden tersebut, yang terjadi di kota Gaziantep. Pihaknya juga menyarankan para pelancong di Turki untuk mengikuti panduan dari otoritas terkait.

"Ada beberapa gempa susulan yang kuat. Anda harus menghindari area sekitar dan mengikuti saran dari otoritas setempa" bunyi saran FCO. Sebanyak 10 provinsi di Turki yang paling terdampak oleh gempa, meliputi Adana Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay, Kahramanmaras, Kilis, Malatya, Osmaniye, dan Sanliurfa.

Presiden Ukraina Bertemu Raja Charles III

Bertemu Raja Inggris Charles III, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Ucapkan Terima Kasih

Liputan6.com 2023-02-09 12:09:02
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bertemu dengan Raja Inggris Charles III di Istana Buckingham, Rabu (8/2/2023). (Dok. Instagram/zelenskiy_official)

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berkesempatan bertemu dengan Raja Charles III dalam kunjungannya ke Inggris pada Rabu (8/2/2023).

Sebelumnya, Zelensky sempat menyinggung karier Raja Charles III di Angkatan Udara dalam pidato dramatisnya di parlemen Inggris yang bertujuan untuk mendapatkan bantuan jet tempur bagi Ukraina.

Zelensky mengenakan seragam militer hijau khaki khasnya saat berkunjung ke Istana Buckingham pada Rabu sore, di mana dia disambut Raja Charles III dengan senyum lebar dan jabat tangan. Keduanya bertemu di Ruang 1844.

Ini merupakan kunjungan perdana Zelensky di Inggris sejak invasi Rusia ke negaranya dimulai pada 24 Februari 2022. Zelensky mengatakan, pertemuan dengan Raja Charles III adalah 'momen yang benar-benar istimewa'.

"Hari ini saya akan mendapat kehormatan untuk diterima oleh Yang Mulia Raja. Ini akan menjadi momen yang sangat spesial bagi saya, bagi negara kita. Terutama karena saya akan menyampaikan terima kasih kepadanya dari seluruh rakyat Ukraina atas dukungan Yang Mulia kepada mereka ketika dia masih menjadi Pangeran Wales," ujar Zelensky dalam pidatonya di Westminster Hall pada Rabu seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (9/2).

"Saya juga berniat untuk memberitahunya sesuatu yang menurut saya sangat, sangat, sangat penting, tidak hanya untuk masa depan Ukraina tetapi juga untuk masa depan Eropa. Di Inggris, raja adalah seorang pilot angkatan udara dan di Ukraina saat ini, setiap pilot angkatan udara adalah seorang raja."

Zelensky mengakhiri pidatonya dengan mengatakan, "Semoga Tuhan memberkati Inggris Raya dan panjang umur raja."


Komentar Charles Terkait Ukraina

Pada Mei 2022, Charles, yang saat itu masih bergelar Pangeran Wales, berbicara tentang 'situasi mengerikan' di Ukraina selama perjalanannya ke Romania untuk bertemu dengan para pengungsi yang melarikan diri dari perang di tanah air mereka.

Berbicara melalui seorang penerjemah, Charles memberi tahu sekelompok keluarga Ukraina, "Saya bersimpati atas Ukraina, situasi yang mengerikan. Tetaplah berdoa."

Pada Maret 2022, Charles mengatakan nilai-nilai demokrasi diserang di Ukraina dengan 'cara yang paling tidak masuk akal'.

"Sikap yang kami ambil di sini, kami bersolidaritas dengan semua orang yang menentang agresi brutal," kata terkait invasi Rusia ke Ukraina.

Di masa lalu, Charles pernah blak-blakan tentang Presiden Rusia Vladimir Putin dan aneksasi Semenanjung Krimea.

Saat berkunjung ke Kanada pada tahun 2014, Charles memicu badai diplomatik usai membandingkan Putin dengan Hitler. Saat itu, Charles berbicara dengan sukarelawan museum Kanada, Marianne Ferguson, yang menceritakan bagaimana keluarga Yahudi-nya melarikan diri dari pendudukan Nazi di Danzig pada awal Perang Dunia II.

Dan Pangeran Charles menyamakan peristiwa itu dengan dengan aneksasi Krimea oleh Rusia.

Putin, mencap komentar Charles 'tidak dapat diterima'. Dia juga mengatakan, pernyataan semacam itu 'tidak seharusnya keluar dari keluarga kerajaan'.


Ke Inggris untuk Minta Bantuan

Kunjungan Zelensky ke Inggris bertujuan meminta bantuan yang lebih banyak bagi negaranya dalam persiapan menghadapi babak baru serangan Rusia yang diperkirakan akan terjadi dalam waktu dekat.

Setelah mendapatkan komitmen bantuan tank, kini Zelensky mengincar jet tempur, amunisi, dan rudal jarak jauh.

"Tanpa itu, akan ada stagnasi yang tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik," kata Zelensky, yang menyebut bahwa kunjungannya ke Inggris sangat bermanfaat.

Inggris sejauh ini telah mengirimkan bantuan senilai lebih dari US$ 2,5 miliar ke Ukraina dalam bentuk senjata dan peralatan.

Rahasia Tetap Fit dari Jokowi

Makan Durian Bareng Para Pemred, Jokowi Beberkan Rahasia Sehatnya

Liputan6.com 2023-02-09 07:45:01
Presiden Jokowi makan durian bareng sejumlah pemred di Medan, Sumatera Utara. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana menikmati durian bersama sejumlah pemimpin redaksi (pemred) media nasional dan media lokal Sumatra Utara. Momen tersebut terjadi di Si Bolang Durian, Kota Medan, Sumatra Utara pada Rabu, 8 Februari 2023 malam.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 20.35 WIB dengan mengenakan kaus lengan panjang berwarna cokelat. Kedatangan Jokowi bersama Ibu Iriana disambut antusiasme warga yang juga berada di rumah makan durian tersebut.

Jokowi tampak langsung menghampiri dan menyapa satu persatu para pemimpin redaksi yang hadir di sana. Dalam suasana santai tersebut, Jokowi terlihat berbaur dan duduk bersama pemred yang hadir sambil menikmati buah durian.

Kepala Negara juga tampak bersenda gurau dan berfoto bersama dengan mereka.

"Malam ini kami bersyukur sekali bisa makan durian bareng Pak Presiden Jokowi di Bolang," ucap Pemred SWA Kemal Gani.

Selain makan durian, Jokowi juga berbincang mengenai banyak hal dengan para pemred media nasional dan lokal. Salah satunya, yang berkaitan dengan media di Indonesia.

"Bagaimana media bisa tumbuh dengan berkelanjutan, media-media bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas, bertanggung jawab, dan berkode etik jurnalistik," jelas Kemal.

Sementara itu, Pemred Kumparan Arifin Asydhad mengungkapkan bahwa pada kesempatan tersebut, Jokowi lah yang memilih langsung durian yang enak untuk dimakan bersamanya. Dia mengakui, bahwa durian pilihan Jokowi memiliki rasa yang enak.

"Dari tiga yang diambil untuk kita, satu yang paling enak, yang dipilih oleh Pak Jokowi, Pak Jokowi ternyata tahu durian dia," ujarnya .


Jokowi Beberkan Rahasia Sehat

Cerita lainnya datang dari Rianto Aghly, Pemred Harian Sumut24 dan Sumut.co. Dia mengungkapkan bahwa Jokowi membeberkan rahasia sehatnya yakni dengan meminum jamu temulawak.

"Pak Jokowi agak lucu saya tanya tadi, Pak Jokowi kok sehat sekali apasih resepnya? 'Jamu temulawak', nah itu lah resepnya jamu temulawak," ungkapnya.

"Itu disampaikan sama Pak Jokowi, pesan kepada kita semua bahwa jamu temulawak tradisional itu alami, berkhasiat bagi beliau," sambung Rianto.

Dalam kesempatan ini, Jokowi didampingiMenteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi, dan Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Putin Terlibat Penembakan Malaysia Airlines MH17?

Tim Investigasi: Presiden Rusia Vladimir Putin Terindikasi Kuat Terlibat Penembakan Malaysia Airlines MH17

Liputan6.com 2023-02-09 09:16:34
Puing-puing MH17 yang direkonstruksi sempat dipamerkan di Gilze-Rijen, Belanda (AP Photo/Peter Dejong, File)

Ada "indikasi kuat" bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin secara pribadi menyetujui keputusan untuk memberikan kelompok separatis DPR (Donetsk People's Republic) di Ukraina, rudal yang menembak jatuh pesawat Malaysia Airlines MH17 pada 17 Juli 2014. Hal tersebut diungkapkan Tim Investigasi Gabungan dari Kejaksaan Umum Belanda pada Rabu (8/2/2023).

Meskipun demikian, tim investigasi menekankan bahwa bukti lengkap dan konklusif yang tinggi tidak terpenuhi dan terlepas dari itu, sebagai kepala negara, Putin memiliki kekebalan dari penuntutan.

Tim investigasi gabungan menuturkan telah membagikan temuan terbarunya ini kepada keluarga 298 korban MH17.

Rusia telah berulang kali membantah bertanggung jawab atas serangan terhadap Malaysia Airlines MH17. Namun, pejabat Rusia serta media pemerintah dinilai telah memberikan penjelasan yang sering bertentangan atas tragedi tersebut.

Pesawat Malaysia Airlines MH17 sedang dalam perjalanan dari Amsterdam ke Kuala Lumpur ketika ditembak rudal dari wilayah yang dikuasai oleh pemberontak pro-Rusia di Ukraina timur. Terdapat 298 orang dalam penerbangan tersebut dan seluruhnya tewas.

Tim investigasi gabungan sebelumnya telah menyimpulkan bahwa MH17 jatuh akibat rudal Buk Rusia, yang ditembakkan dari peluncur milik brigade rudal antipesawat ke-53 Rusia. Kemudian pengadilan Belanda pada November lalu memvonis bersalah dua warga Rusia dan seorang separatis Ukraina atas pembunuhan massal melalui keterlibatan mereka dalam tragedi Malaysia Airlines MH17.


Tim Investigasi: Permintaan Separatis Disetujui Putin

Dalam temuan terbaru mereka, tim investigasi gabungan menegaskan dugaan bahwa para pemimpin DPR "berhubungan dekat" dengan penasihat Kremlin dan dinas intelijen Rusia.

"Setelah separatis meminta senjata antipesawat dengan jangkauan yang lebih tinggi, permintaan mereka pada paruh kedua Juni 2014 dibahas di Administrasi Kepresidenan Rusia di Moskow. Itu adalah badan negara yang mendukung presiden. Setelah itu, permintaan sistem pertahanan udara yang lebih berat diajukan kepada menteri pertahanan dan presiden," jelas tim investigasi di pengadilan Belanda pada Rabu.

Tim investigasi gabungan mengklaim bahwa permintaan separatis tersebut disetujui.

"Dalam percakapan telepon yang direkam, pejabat pemerintah Rusia mengatakan bahwa keputusan tentang dukungan militer berada di tangan presiden," kata tim investigasi gabungan. "Keputusan itu diundur seminggu karena yang mengambil keputusan hanya satu (...) orang yang tengah berada di pertemuan tingkat tinggi di Prancis. Presiden Putin saat itu, pada 5 dan 6 Juni 2014, berada di Prancis untuk memperingati D-Day," sebut tim investigasi gabungan.

"Ada informasi konkret bahwa permintaan dari separatis disampaikan kepada presiden dan keputusan positif diambil. Tidak diketahui apakah permintaan secara eksplisit menyebutkan sistem Buk. Tak lama kemudian, sistem pertahanan udara berat dikirimkan, termasuk Buk yang kemudian menembak jatuh MH17."

Meski demikian, tim investigasi gabungan menggaris bawahi bahwa tidak ada bukti yang cukup kuat untuk memulai penuntutan baru.

"Karena saat ini belum dapat ditentukan siapa operator Buk-TELAR dan informasi konkret lainnya tentang hal ini masih kurang, belum dapat ditentukan mengapa mereka menembakkan roket Buk ke MH17, apa misi mereka, dan informasi apa yang mereka miliki pada saat menembak," sebut tim investigasi gabugan.

Perempuan Terkaya Sedunia

7 Wanita Terkaya Sedunia di Awal 2023, Ada Janda Miliarder

Liputan6.com 2023-02-08 19:40:00
Pemilik L'Oreal adalah wanita terkaya di dunia. Dok: Instagram @lorealparis

Wanita terkaya di dunia ternyata bukanlah seorang ratu atau putri. Sosok pebisnis lah yang berada di pucuknya.

Menyambut tahun 2023, nama pemilik perusahaan kecantikan L'Oreal masih memegang mahkota sebagai wanita terkaya.

Francoise Bettencourt Meyers dan keluarganya memiliki kekayaan sebesar US$ 80,9 miliar (Rp 1.222 triliun). Ia merupakan orang terkaya nomor 12 di dunia, lebih kaya dari Jack Ma dan Mark Zuckerberg.

Angka itu berdasarkan perhitungan Real Time Billionaires dari Forbes, Rabu (8/2/2023).

Meyers berasal dari Prancis. Ia merupakan cucu dari pendiri L'Oreal, yaitu Eugne Paul Louis Schueller. L'Oreal eksis di berbagai negara dunia sebagai produk kecantikan berkualitas dengan harga terjangkau berbagai kalangan.

Keluarga Meyers merupakan pemegang saham terbesar di L'Oreal, totalnya 33 persen. Meyers menjadi penerus L'Oreal pada tahun 2017 ketika ibunya, Liliane Bettencourt meninggal dunia.

Para wanita-wanita terkaya lainnya juga umumnya mendapatkan kekayaan dari warisan hingga harta perceraian.

Berikut ini daftar tujuh wanita terkaya di dunia pada awal 2023:


1. Francoise Bettencourt Meyers

Kekayaan: US$ 80,9 miliar (Rp 1.222 triliun)

Negara: Prancis

Menurut profilnya di Forbes, Francoise juga menjabat di dewan direksi L'Oreal sejak tahun 1996.

Ia pun merupakan chairwoman dari perusahaan holding yang menjadi pemegang saham terbesar L'Oreal, yakni Tethys. Francoise mengurus perusahaan itu bersama suaminya, Jean-Pierre Meyers, yang menjabat sebagai CEO.

Pada 2019, keluarga Meyers memberikan kontribusi untuk renovasi Katedral Notre Dame yang terbakar di Paris.

Berdasarkan situs resminya, L'Oreal kini hadir di 150 negara di seluruh dunia dan memiliki 88 ribu pegawai.


2. Julia Koch

Kekayaan:US$ 58,8 miliar (Rp 887,2 triliun)

Negara: Amerika Serikat

Wanita berikutnya di daftar terkaya adalah Juliah Koch dan keluarga. Julia yang berusia 60 tahun ini merupakan janda dari miliarder David Koch.

Kekayaan Julia berasal dari Koch Industries yang merupakan konglomerasi di berbagai sektor, seperti makanan, pakaian, tambang, hingga bahan pakaian.

Menurut situs David Koch Foundation, saat ini Julia duduk di dewan direksi Koch Industries, Memorial Sloan Kettering Cancer Center (MSK), dan Metropolitan Museum of Art.

Julia memang disebut penggemar seni. Sebelumnya, ia merupakan anggota dewan direksi School of American Ballet.


3. Alice Walton

Kekayaan: US$58,4 miliar (Rp 880,9 triliun)

Negara: Amerika Serikat

Alice Walton merupakan salah satu dari pewaris tempat belanja Walmart. Selain itu, ia juga merupakan penggemar kesenian. Alice merupakan Chairman dari Crystal Bridges Museum Of American Art.

Kedua kakaknya, Jim dan Rob Walton, juga masuk daftar orang-orang terkaya di dunia. Alice berada di posisi orang terkaya nomor 22 dunia.

Alice tercatat aktif di politik dan merupakan pendukung Hillary Clinton.


4. Jacqueline Mars

Kekayaan: US$ 39 miliar (Rp 588,5 triliun)

Negara: Amerika Serikat

Jacqueline Mars merupakan pemilik dari sepertiga Mars, perusahaan pembuat makanan kecil. Perusahaan itu juga pembuat Whiskas dan Royal Canin.

Perusahaan itu didirikan oleh Franklin Clarence Mars, kemudian dilanjutkan oleh anak laki-lakinya yang bernama Forrest. Kemudian Jacqueline juga menjadi anggota direksi perusahaan selama hampir 20 tahun. Ia pensiun pada 2016.

Putrai dari Jacqueline, Stephen Badger, kini menjabat sebagai direksi di Mars.


5. Miriam Adelson

Kekayaan: US$ 35,8 miliar (Rp 540,4 triliun)

Negara: Amerika Serikat

Miriam Adelson adalah janda dari Sheldon Adelson yang merupakan raja judi di AS. Mendiang Adelson dulunya adalah pemilik Las Vegas Sands Corporation.

Forbes menyebut Miriam kini memiliki lebih dari setengah saham dari Las Vegas Sands. Miriam memiliki gelar sebagai seorang dokter.

Miriam dikenal dekat dengan Israel. Pada 2021, The Jerusalem Post melaporkan wanita itu mendapat gelar kehormatan dari Ariel University.

Pasangan Adelson juga dikenal dekat politik. Sheldon merupakan pendukung dari mantan Presiden Donald Trump, sementara Miriam pernah meraih Medal of Freedom dari Trump.


6. Gina Rinehart

Kekayaan: US$ 29,6 miliar (Rp 446,9 triliun)

Negara: Australia

Gina Rinehart merupakan orang terkaya di Australia. Wanita berusia 68 tahun ini memiliki kekayaan dari industri pertambangan, Hancock Prospecting. Aset terbesarnya adalah proyek tambang Roy Hill.

Ia merupakan putri dari Lang Hancock yang merupakan penjelajah tambang. Rinehart berhasil membangkitkan perusahaan ayahnya yang kesulitan. Selain tambang, Rinehart aktif di sektor peternakan.

Pada awal 2023 ini, media-media Australia menyebut bahwa Rinehart membagikan saham kepada 41 anak buahnya. Masing-masing mendapatkan 100 ribu dolar Australia.


7. MacKenzie Scott

Kekayaan: US$ 27,5 miliar (Rp 415,3 triliun)

Negara: Amerika Serikat

Nama MacKenzie Scott sempat menjadi sorotan dunia karena ia dulunya istri dari Jeff Bezos, salah satu orang terkaya di dunia.

MacKenzie dan Jeff bercerai setelah Jeff dilaporkan memiliki hubungan dengan wanita lain. Namun, MacKenzie mendapatkan banyak saham dari Amazon, sebab wanita itu juga terlibat di perusahaan itu sejak awal.

Meski mendapatkan kekayaan yang fantastis berkat perceraiannya, MacKenzie dilaporkan kerap menyumbangkan uangnya. Kini, ia masih berada di posisi 51 orang terkaya di dunia.

US$ 1: Rp 15.105

Kim Jong Un Pamer Rudal

Gandeng Anak Istri, Kim Jong Un Pamer Rudal Korea Utara

Liputan6.com 2023-02-09 15:30:03
Kim Jong Un mengunjungi barak militer negara itu bersama istrinya Ri Sol Ju dan putrinya Ju Ae dalam rangka memperingati 75 tahun berdirinya Tentara Rakyat Korea. (Dok. KCNA)

Korea Utara memamerkan hampir selusin rudal balistik antarbenua (ICBM) canggih dalam parade militer pada Rabu (8/2/2023) malam. Media setempat menyebutnya sebagai bukti kemampuan serangan nuklir terbesar negara itu.

Rudal diarak melalui alun-alun Kim Il Sung di Pyongyang, sementara Kim Jong Un menghadiri parade bersama istrinya Ri Sol Ju dan putrinya Ju Ae. Demikian dikutip dari CNN, Kamis (9/2/2023).

Parade militer Korea Utara, yang menandai peringatan berdirinya Tentara Rakyat Korea, terjadi kurang dari dua bulan setelah Kim Jong Un menyerukan peningkatan eksponensial persenjataan nuklir negaranya untuk merespons ancaman dari Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS).

Tahun lalu, Korea Utara menguji lebih banyak rudal dibanding kapanpun dalam sejarah, termasuk ICBM yang secara teori dapat menyerang daratan AS.


Hwasong-17

Analis menilai bahwa salah satu yang dipamerkan oleh Korea Utara pada Rabu malam adalah ICBM Hwasong-17.

"Sepertinya ada 10-12 ICBM Hwasong-17 yang muncul. Secara akumulatif ada lebih banyak peluncur ICBM yang belum pernah kita lihat sebelumnya di parade Korea Utara kali ini," ungkap pakar kebijakan nuklir di Carnegie Endowment for International Peace Ankit Panda.

Sebelum parade berlangsung, gambar satelit komersial dari Maxar Technologies menunjukkan setidaknya 17 yang diyakini sebagai peluncur rudal balistik tengah bersiap.

Selain ICBM, media pemerintah Korea Utara mengatakan parade tersebut juga menampilkan rudal taktis dan rudal jelajah jarak jauh.


Parade Militer Sebagai Sinyal Bagi Musuh

Rezim Kim Jong Un memanfaatkan parade militer untuk menopang dukungan domestik bagi program militernya sambil mengirimkan sinyal ke AS, Korea Selatan, dan musuh lainnya bahwa ia siap untuk menyerang balik atas setiap serangan.

Parade pada Rabu malam berlangsung setelah jamuan makan mewah pada malam sebelumnya, yang juga dihadiri Kim Jong Un bersama istri dan putrinya. Kemunculan Ju Ae menyiratkan kemungkinan bahwa sosoknya dipersiapkan sebagai penerus kepemimpinan Korea Utara.

"Di negara di mana keluarga Kim Jong Un dan militer semuanya kuat, kehadiran gadis itu (Ju Ae) di acara penting mengirimkan sinyal yang jelas", kata profesor di Ewha University di Seoul, Leif-Eric Easley.

"Dengan secara mencolok menyertakan istri dan putrinya, Kim Jong Un ingin para pengamat di dalam dan luar negeri melihat dinasti keluarganya dan militer Korea Utara sebagai hubungan yang tidak dapat ditarik kembali," imbuhnya.

Harun Masiku Takkan Ditangkap?

Novel Baswedan: Selama Firli Jadi Pimpinan KPK, Harun Masiku Takkan Ditangkap

Liputan6.com 2023-02-09 15:22:13
Penyidik KPK Novel Baswedan usai menggunjungi gedung KPK, Jakarta, Rabu (11/4). Novel Baswedan selesai menjalani perawatan di rumah sakit Singapura yang kedua hingga kini kasus penyiraman air

Eks Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, kembali buka suara terkait buronan KPK Harun Masiku yang masih belum ditangkap. Harun sudah lebih dari dua tahun lebih belum ditangkap.

Diketahui, Harun Masiku terbelit kasus suap pengurusan pergantian antarwaktu anggota DPR RI terhadap mantan Komisioner KPK, Wahyu Setiawan. Saat itu, Harun berstatus Caleg PDIP di Pemilu 2019.

'Saya yakin, selama Firli menjadi Pimpinan KPK, DPO atas nama Harun Masiku tidak akan ditangkap," tulis Novel dalam Twitter resminya, seperti dikutip merdeka.com, Kamis (9/2).

"Hal ini sudah pernah saya sampaikan sejak sekitar setahun lalu, dan sampai sekarang masih benar," sambungnya.

Dalam Twitternya, apabila KPK benar-benar mencari Novel. Maka kader PDIP ini dapat ditangkap.

"Kalau memang dicari benar-benar, mestinya bisa ditangkap. Benar enggak @OnalAjah ?," ujarnya.

Mantan penyidik KPK, Novel Baswedan membeberkan sejumlah faktor kenapa Harun tak kunjung tertangkap.

"Terkait dengan buronan Harun Masiku, ada yang bertanya kenapa ketika kami di KPK tidak ditangkap, dan sekarang kami mengkritik Firli Dkk," kata Novel dikutip dari akun Twitternya, Senin (23/5).

"Walaupun sebenarnya semua sudah terungkap di media selama ini. Tapi bagus juga bila digambarkan agar jelas," tambah Novel.


3 Faktor

Novel menjelaskan, setidaknya ada 3 faktor penting yang menjadi masalah dalam upaya penangkapan Harun Masiku oleh KPK.

Dia mengatakan, pertama pada saat tim KPK melakukan OTT terhadap kasus tersebut, tim diintimidasi oleh oknum tertentu.

"Firli dan kawan-kawan diam saja," kata Novel.

Kemudian kedua, lanjut Novel, tim yang melakukan penangkapan tersebut dilarang untuk melakukan penyidikan. Kuat dugaan, kata Novel, mereka dianggap tidak bisa dikendalikan.

"Sekarang orang-orang tersebut telah sukses disingkirkan oleh Firli Dkk," tegas Novel lagi.


KPK Tidak Cari Harun Masiku

Menurut dia, kasus Harun Masiku diduga melibatkan petinggi partai tertentu. "Pencarian terhadap Harun Masiku saya yakin tidak dilakukan kecuali hanya sekadarnya saja. Apakah ada kaitannya? Hanya Firli Dkk yang tahu," tulis Novel.

Ketiga, kata Novel, Tim yang berhasil melakukan OTT justru 'diberi sanksi'. Anggota Polri dikembalikan walaupun tidak berhasil. Dari kejaksaan dikembalikan dan beberapa pegawai pengaduan masyarakat (Dumas) dipindah tugaskan oleh Firli dan kawan-kawan.

"Beberapa lainnya disingkirkan dengan proses TWK," ujar Novel.

Sumber: Nur Habibie/Merdeka.com

Resmi Jadi Kader Partai Politik

Verrell Bramasta Resmi Gabung PAN, Bakal Nyaleg di Dapil Jabar

Liputan6.com 2023-02-09 15:20:07
Aktor berusia 26 tahun menghabiskan liburan akhir tahun di Negeri Sakura. Liburan yang harusnya menyenangkan malah berujung apes karena kecopetan. Verrell menceritakan kronologi hilangnya tas

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto menyatakan aktor Verrell Bramasta telah resmi menjadi kader PAN.

"Sudah daftar. Saya udah terima pemberkasan beliau sudah daftar di KPPN, di komite pemenangan pemilu, kebetulan saya ketuanya," kata Yandri kepada di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (9/2/2023).

Putra dari artis Venna Melinda itu menurut Yandri akan maju Pileg di dalil Jawa Barat pada Pemilu 2024 mendatang. Namun, Yandri enggan membeberkan Verrel akan maju di dapil Jabar berapa.

"Bakal nyaleg Insyaallah di Jawa Barat. Jabar berapanya masih rahasia," tutur Yandri.

Sementara itu, Waketum Perempuan Amanat Nasional (Puan) Putri Zulkifli Hasan mengatakan ketertarikan Verrel untuk bergabung dengan PAN sudah berlangsung sejak 6 bulan lalu.

"Makanya kita sering discuss ternyata Verrel itu juga punya interest keinginan untuk masuk ke politik," kata Putri di DPP PAN, Jakarta Selatan, Kamis (9/2/2023).


Gaet Pemilih Muda

Sejak saat itu, Verrel intens berdiskusi dan menyatakan ketertrikannya terjun di dunia politik. Putri pun menilai adanya figur publik muda yang terjun ke dunia apolitik merupakan suatu hal baik bagi perpolitikan di Indonesia

"Generasi millenial ini ingin gimana caranya bisa ikut membangun, mengabdi untuk bangsa Indonesia. Apalagi saya dan Verrel paham nanti 2024 itu generasi milenial hampir 50 atau 60 persen, populasi, jadi jumlah yang sangat tidak sedikit," kata Putri.

Indonesia Makin Korup?

HEADLINE: Peringkat Indeks Korupsi Indonesia 2022 Melorot 4 Poin, Faktor Penyebabnya?

Liputan6.com 2023-02-10 00:02:40
Sejumlah karya komik dan ilustrasi antikorupsi digelar dalam pameran bertajuk AKU KPK ( Aksi Komik Untuk KPK) di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (23/8). Pameran tersebut didukung oleh Persatuan Kar

Posisi Indonesia dalam Indeks Persepsi Korupsi (IPK) merosot empat poin pada 2022. Dalam indeks disebutkan Indonesia berada pada angka 34, turun dari sebelumnya 38. Selain itu, posisi Indonesia juga berada di posisi 110 dari 180 negara yang disurvei.

Transparency International Indonesia (TII) menyebut, rilis IPK Indonesia 2022 itu mengacu pada delapan sumber data dan penilaian ahli untuk mengukur korupsi sektor publik pada 180 negara dan teritori.

Menurut Sekretaris Jenderal Transparency International Indonesia (TII) Danang Widoyoko, faktor yang mempengaruhi skor tersebut karena tren hasil dari kebijakan beberapa tahun sebelumnya. Terutama peran pemerintah terkait revisi Undang-Undang KPK.

"Jadi kalo melihatnya tren ini sebenarnya yang kita saksikan terutama Presiden Jokowi merevisi Undang Undang KPK kemudian model cara merevisi UU KPK dengan proses yang cepat, tanpa partisipasi yang cukup. Itu jadi model pembahasan UU yang lain, Omnibus kan mengikuti model itu ya, tertutup. Itu salah satunya," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Kamis (9/2/2023).

Dia menyebut akibat revisi UU KPK tersebut, ada dua dampak yang ditimbulkan. Pertama pelemahan KPK dan dilanjutkan tes wawasan kebangsaan yang menyingkirkan sejumlah staf terbaik KPK. Dan dampak kedua, mengurangi partisipasi publik yang kemudian membuat pengawasan terhadap pemerintah itu melemah. "Itu dari sisi pengawasan dan penegakan hukum," ujar dia.

Strategi pemerintah dalam memberantas korupsi dari penindakan menjadi pencegahan dinilainya kurang tepat. Sebab belum ada hasil yang dirasakan masyarakat terkait dengan tindakan pencegahan tersebut.

"Jadi misalnya mengubah dari penindakan ke pencegahan. Ini kan kira-kira kalau saya berpikir positif itu yang dimaksudkan dengan revisi UU KPK. Tetapi dari pencegahan, kita tidak melihat perubahan yang cukup tampak dan kelihatan," ujar dia.

'Dalam pelayanan publik, bisnis, barangkali Presiden berharap serta meyakini bahwasanya UU Cipta Kerja bakal berdampak besar dalam pelayanan publik. Tetapi itu kan tidak otomatis. Pemerintah sudah merevisi banyak undang-undang, puluhan, dalam cipta kerja tetapi ternyata raportnya masih memburuk. Artinya penindakannya dikurangi, tapi pencegahannya tidak jalan," Danang menambahkan.

Untuk itu, pemerintah harus dapat melihat dan mengidentifikasi problem mana yang membuat Pemberantasan korupsi itu tidak jalan.

"Kita masih mengalami kasus kasus korupsi dalam ekspor dan impor, itu kan masih kaitannya ke impor beras, harga naik, itu sebenarnya terkait praktik korupsi dalam perdagangan. Harga kedelai naik turun, ada masalah perdagangan. Dan itu masih belum terselesaikan sampai sekarang," kata dia.

Menurut Danang, ada dua komponen yang menjadi penyebab Indonesia terus berada di urutan bawah. Kedua itu ialah di sektor korupsi politik dan di sektor korupsi peradilan.

"Korupsi peradilan ya kita tahu, hakim MA aja ditangkap, terus kasus Indosurya itu kan dilihat orang, tidak ada keadilan. Terus kalau politik kaitannya sebetulnya ada dua hal pertama praktik pembelian suara, dan kedua pendanaan politik. Kalau pembelian suara kan lagi nggak ada Pilkada, jadi orang menganggap sama seperti dulu. Tetapi yang tidak kita lihat ini soal pendanaan politik, bagaimana memastikan parpol ini transparan dan akuntabel dalam pendanaan, bagaimana parpol itu diaudit laporannya dan publikasi, kan begitu," terang dia.

Yang tak kalah penting penyebab merosotnya indeks ini ialah merebaknya konflik kepentingan antara eksekutif, legislatif dan pebisnis. Hal ini harus menjadi perhatian agar IPK Indonesia dapat kembali meroket di antara negara negara dunia.

"Konflik kepentingan, ya mohon maaf ya, semakin menjadi jadi. Misalnya Menko Marves membuat peraturan yang dia juga punya perusahaan di sektor mineral. Ya bukan enggak suka sama Pak Luhut, tapi kan kita tidak bisa melepas Pak Luhut itu pendiri Toba Bara. Jadi konflik kepentingan kalau tidak diatur dengan tegas, itu akan merusak ya, jadi sorotan," ujar dia.

Danang mengungkapkan dampak dari turunnya IPK Indonesia. Menurutnya, Citra Indonesia di mata dunia akan menurun setelah dianggap sebagai negara yang berhasil memberantas korupsi.

"Dampaknya pertama, kita kan kemarin G20. Di dunia internasional ini dipandang betul . Tapi kan ini malah turun dengan IPK sekarang. Selama ini dunia internasional memandang KPK ini, Indonesia dianggap berhasil memberantas korupsi. Malah KPK kalau diperhatikan, yang studi banding itu banyak dari KPK-KPK negara lain. Dibanding negara lain, kita dianggap berhasil. Dari sisi itu Indonesia menurun Citranya dalam hal pemberantasan korupsi," dia menjelaskan.

Kemudian, yang kedua akan memberikan dampak terhadap investasi di Indonesia. Hal ini berkebalikan dengan keinginan pemerintah untuk menarik investor sebanyak banyaknya ke Tanah Air.

"Ini kan kontradiktif, Presiden mau welcome investasi tetapi ternyata ada masalah dalam risiko berbisnis di Indonesia. Ini pandangan investor kan masalahnya. Makanya ini menjadi catatan bagi presiden. Pasti ada yang salah, saya kurang tahu persis di mana detail detailnya. Saya kira tugas presiden dan pembantunya untuk memastikan bahwa Kebijakannya itu diimplementasikan dengan baik di lapangan,' ujar dia.

Karena itu, dia mendorong agar strategi pemberantasan korupsi dikembalikan ke relnya. Jika revisi UU KPK dimaksudkan untuk mengurangi penindakan dan mengajak pencegahan, harusnya langkah itu dilakukan dengan baik.

"Masalahnya barangkali bagaimana mengundang investasi, tapi bagaimana investasi ketika di Indonesia itu dijamin hak-haknya menyangkut pelayanan yang lain, soal kepastian hukumnya, pelayanan publik yang soal perpajakan, pelayanan publik sehari hari bagi karyawannya, itu kan yang dilihat," dia menandaskan.

Sedangkan Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah menilai pemerintah tidak serius dalam memberantas korupsi. Hal itu terlihat dari pernyataan sejumlah pejabat tinggi negara dan juga dari kebijakan yang dikeluarkan.

"Kalau dari lihat dari cerminannya dari menurunnya indikasinya itu saya melihat pemerintah itu kurang sungguh-sungguh ya, dalam arti banyak kebijakan-kebijakan yang tidak mengarah pada bagaimana penguatan preventif itu. Karena kan penekannya pada preventif, bukan pada kuratif. Nah kalau kita melihat pada pernyataan-pernyataan Pak Luhut mengenai tidak OTT semua kan mengindikasikan memang itu cerminan pemerintah yang tidak sungguh-sungguh," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Kamis (9/2/2023).

"Jadi ada pemerintah yang cenderung 'membiarkan', efeknya korupsi yang tinggi di berbagai daerah, Menteri dan lembaga, kemudian dari sinilah IPK yang dirilis oleh lembaga itu menjadi mengalami kondisi yang menurun," dia menambahkan.

Selain itu, Ia melihat KPK sebagai ujung tombak pemberantasan korupsi ini dalam posisi yang lemah setelah disahkannya UU KPK yang baru. Karena KPK saat ini telah masuk dalam rumpun eksekutif. Dengan demikian KPK menjadi lembaga penegak hukum sekaligus bagian dari lembaga pemerintahan.

"Jadi kalu eksekutif itu sesama eksekutif dia nggak bisa. Misalnya jeruk makan jeruk. Ada rasa kesungkanan kecuali kalau udah terpaksa sekali kepepet misalnya, harus (lakukan penangkapan) gitu ya, tapi yang menjadi problem ketika dia melangkah pun pada akhirnya dia gamang, mundur teratur dan tidak sampai tuntas. Itu yang terjadi seperti itu. Nah ini bersumber dari mana, ya itu tadi sifat eksekutif berada di bawah kebijakan presiden, kepala negara dan kepala pemerintahan," Trubus menerangkan.

Dan terakhir, lembaga-lembaga yang getol menyuarakan suara tentang korupsi juga kecenderungan masuk angin. Intonasinya sudah melemah dan tidak segarang dulu.

"Saya juga memahami posisinya seperti ya anjing menggonggong kafilah berlalu. Artinya kritikan dari lembaga itu seperti dicuekin, enggak dianggap. Di tataran elite akhirnya yang terjadi adalah bahwa korupsi itu sebagai tumbuhnya pembangunan. Jadi kemajuan suatu bangsa, ya korupsi bagian dari olinya pembangunan. Mereka akhirnya berasumsi seperti itu, dan itu menjadi pembenaran adagium di berbagai negara yang indeks persepsi korupsinya menurun," kata dia.

Trubus menilai penurunan IPK Indonesia ini sebagai cerminan strategi Jokowi yang tidak efektif dan juga jalan di tempat. Hal itu disebabkan political will penyelenggara negara yang minim dalam pemberantasan korupsi.

"IPK Indonesia nggak mengalami kemjaun signifikan,karena kemudian banyak yang RUU seharusnya disahkan sampai sekarang (belum). Misalnya RUU perampasan aset, (dibahas) sejak 2012. Mengenai memiskinkan (koruptor) tidak berjalan. Kalau memang pidana mati tidak ada, harusnya adanya hukuman pemiskinan itu, yang dilakukan melalui perampasan aset. Tapi karena instrumennya sendiri tidak ada, jadi seperti macan ompong," ujar dia.


Salah Penegak Hukum?

Sementara itu, Anggota Komisi III DPR Arsul Sani menyatakan ada kemungkinan penilaian IPK turun lantaran pernyataan Menko Marves Luhut Panjaitan agar tidak ada lagi operasi tangkap tangan (OTT).

"Apakah misalnya ucapan jangan ada lagi OTT OTT ini bagian dari yang dinilai. Apalagi saat diucapkan saat penilaian berlangsung," kata Arsul di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (9/2/2023).

Arsul menyayangkan IPK Indonesia turun. Dia meminta semua pihak memberi perhatian penurunan tersebut.

"Ada yang disedihkan kita bersedih kita kaget sebagaimana yang disebutkan Deputi Pencegahan (KPK) juga kaget, ketika kita mendapati indeks persepsi mengalami penurunan yang cukup tajam. 2021 Indonesia memperoleh skor 38 dan pada tahun 2022 Indonesia skornya turun menjadi 34. Dari peringkat 96 pada 2021 turun 14 peringkat jadi 110 dari 180 negara," kata Arsul.

Menurut politikus PPP ini, turunnya IPK bukan semata salah penegak hukum melainkan pemerintahan dalam hal ini eksekutif. "Jangan setiap IPK turun jangan hanya KPK disebut tidak kerja berantas korupsi, harus fair. Padahal persoalaann di luar penegak hukum," kata Arsul.

Berdasarkan laporan yang ia baca, turunnya IPK justru disumbang dari tidak efisiennya kinerja pemerintah, bukan penegak hukum atau KPK.

"Saya berharap Pak Ketua KPK ini harus dijelaskan kepada publik, bahwa penurunan IPK ini juga terkait rumpun kekuasaan penyelenggara secara keseluruhan, terutama eksekutif. Kita bicara salah satu yang turun ini adalah berbicara efisiensi pemerintah dan efisiensi bisnis bukan tentang penegakan hukum," pungkasnya.

Sementara Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP/Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengaku tidak terkejut dengan menurunnya IPK Indonesia ini. Karena temuan itu sudah sesuai dengan situasi yang dialami bangsa Indonesia.

"Sangat disayangkan Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia kembali turun di 2022, tapi kami tidak terkejut. Karena menurunnya IPK ini memang mencerminkan situasi terkini Indonesia. Banyak kebijakan yang tidak menunjukkan komitmen pemerintah dalam penegakan hukum yang berkeadilan dan komitmen dalam pemberantasan korupsi. Delapan tahun terakhir ini, memang Indonesia cenderung stagnan, berjalan di tempat," kata dia kepada wartawan, Kamis (9/2/2023).

Dia mengungkapkan, berbicara mengenai komitmen penegakan hukum dan pemberantasan korupsi, pemerintahan saat ini mesti belajar banyak dari era SBY. IPK Indonesia dalam 10 tahun naik 14 poin, dari 20 ke 34. Sedangkan di era sekarang, selama 8 tahun, kenaikannya sangat minim. Bahkan, kini malah anjlok dan berada di posisi yang sama ketika awal pemerintahan Jokowi.

"Bisa dikatakan, seakan-akan, 8 tahun pemerintahan saat ini tidak berbuat apa-apa untuk perbaikan Indonesia di bidang pemberantasan korupsi dan penegakan hukum. Mandek," kata dia.

Karena itulah, Herzaky menegaskan, Demokrat yakin bersama Koalisi Perubahan dengan Anies Baswedan sebagai capres 2024, akan bisa memperbaiki dan meningkatkan IPK Indonesia jika dipercaya kembali memimpin Indonesia di 2024-2029. Demokrat telah memiliki pengalaman melakukan perubahan struktural dan sistemik sehingga IPK Indonesia bisa naik drastis selama 10 tahun pemerintahan Bapak SBY pada tahun 2004-2014.

"Jejak rekam ini ditambah visi yang serupa dari Ketum AHY dan Demokrat, kami yakini merupakan modal dasar yang amat penting dalam meningkatkan IPK Indonesia di tahun 2024-2029," ucap dia.

Untuk pemerintahan saat ini, Ia menyarankan agar dipastikan terlebih dulu komitmennya dalam pemberantasan korupsi. Dari pemimpin tertinggi, hingga di level bawah. Lalu, tunjukkan dalam kebijakan dan pelaksanaan kebijakannya di lapangan.

"Jangan sibuk berkata manis di media massa, tetapi minim dalam realisasi atau sekedar lip services belaka. Gunakan waktu tersisa hingga Oktober 2024 dengan sebaik mungkin," Herzaky menandaskan.


Pemanis Pidato

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Kurnia Ramadhana menilai gembar-gembor narasi penguatan pemberantasan korupsi yang digaungkan oleh Presiden Joko Widodo tak pernah terbukti. Alih-alih membaik, nasib pemberantasan korupsi justru kian mundur belakangan waktu terakhir.

"Indeks Persepsi Korupsi tahun 2022 yang baru saja dilansir oleh Transparency International Indonesia (TII), menunjukan skor Indonesia anjlok empat poin yaitu dari 38 menjadi 34. Tak cukup itu, peringkat Indonesia pun terjun bebas, dari 96 menjadi 110. Merujuk pada temuan TII, tak salah jika kemudian disimpulkan bahwa Indonesia layak dan pantas dikategorikan sebagai negara korup," kata dia kepada wartawan, Kamis ((9/2/2023).

Salah satu diantara sekian banyak variabel yang disorot oleh TII dalam paparan IPK adalah maraknya korupsi politik di Indonesia. Analisa tersebut tentu benar jika dikaitkan dengan realita saat ini.

"Bisa dibayangkan, berdasarkan data Komisi Pemberantasan Korupsi sejak 2004 sampai 2022, pelaku yang berasal dari lingkup politik, baik anggota legislatif maupun kepala daerah, menempati posisi puncak dengan total 521 orang. Ini menandakan, program pencegahan maupun penindakan yang diusung pemangku kepentingan gagal total," kata dia.

Kurnia menjelaskan Indonesia Corruption Watch mencoba mengurai sejumlah persoalan korupsi politik yang mengakibatkan IPK Indonesia terpuruk. Pertama, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang selama ini gencar memberantas korupsi politik justru dilemahkan oleh Presiden Joko Widodo melalui perubahan Undang-Undang (UU) KPK. Tidak cukup itu, Presiden juga membiarkan figur-figur bermasalah memimpin lembaga antirasuah.

"Sekalipun ada yang ditindak, misal, Juliari P Batubara dan Edhy Prabowo, namun penuntasan perkara itu masih menemui jalan buntu. Sehingga wajar saja jika responden yang terlibat dalam pengumpulan data untuk penilaian IPK menaruh rasa pesimis terhadap pembenahan sektor politik," ujar dia.

Kedua, sikap pemerintah melalui menteri-menteri di dalam Kabinet Indonesia Maju cenderung permisif terhadap kejahatan korupsi. Sebagai contoh, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut B Pandjaitan, sempat berulang kali mengomentari mengenai Operasi Tangkap Tangan dengan kalimat destruktif. Momen lain diperlihatkan oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, yang mana beberapa waktu lalu, dalam kutipan sejumlah pemberitaan, meminta kepada aparat penegak hukum untuk tidak menindak kepala daerah, melainkan fokus pada pendampingan.

"Pernyataan-pernyataan semacam ini tentu menunjukan sikap yang berseberangan dengan harapan atas perbaikan pemberantasan korupsi," tegas Kurnia.

Ketiga, regulasi yang sejatinya merupakan produk politik antara Presiden dan DPR tidak kunjung mendukung penguatan pemberantasan korupsi. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir saja undang-undang yang diundangkan tak lebih dari sekadar upaya untuk semakin mendegradasi upaya pemberantasan korupsi.

"Mulai dari KUHP, UU Pemasyarakatan, UU Cipta Kerja, UU Mahkamah Konstitusi (MK), dan UU Minerba. Segala yang diucapkan oleh pembentuk UU berkaitan dengan pemberantasan korupsi terbukti hanya ilusi, tanpa ada langkah konkret. Begitu pula Presiden, janji politik saat kampanye tahun 2014 maupun 2019 dilupakan begitu saja seiring dengan menguatnya lingkaran kepentingan politik," terang dia.

Keempat, pemerintah dan DPR terbilang gagal menciptakan kepastian hukum untuk menjamin gelaran pesta demokrasi mengedepankan nilai-nilai integritas. Sebagaimana diketahui, pada dasarnya UU Pemilu dan UU Pilkada masih memperbolehkan mantan narapidana korupsi mencalonkan diri sebagai kepala daerah maupun anggota legislatif.

"Sekalipun sudah ada putusan MK yang melarangnya dengan skema pembatasan waktu jeda lima tahun, namun dapat dilihat bahwa sikap pemerintah dan DPR sebenarnya masih menginginkan mereka dapat kembali berkompetisi. Sebab, perubahan ketentuan itu bukan berasal dari pembentuk UU, melainkan karena putusan MK. Situasi terkini, terbukti pembentuk UU juga tidak merevisi UU Pemilu untuk klausula calon anggota DPD RI yang mana masih memperbolehkan mantan terpidana korupsi mendaftarkan diri. Hal ini tentu bertolak belakang dengan narasi pemerintah yang kerap kali menjadikan isu pemberantasan korupsi sebagai pijakan utama," ungkapnya.

Ke depan, jelang tahun politik, permasalahan mengenai praktik korupsi dan sikap koruptif sejumlah pihak juga tak kunjung dituntaskan oleh pemerintah. Misalnya, potensi maraknya politik uang mendekati masa kampanye dan pemungutan suara.

"Problematika yang tampak dalam UU Pemilu seperti pembatasan subjek hukum pelaku politik uang juga tidak diperluas oleh pembentuk regulasi. Selain itu, penegakan integritas pemilu melalui penyelenggara pemilu yang independen justru dinodai pemerintah karena proses seleksinya bermasalah. Hal lain lagi menyangkut pendanaan partai politik yang disinyalir turut menerima aliran dari peristiwa kejahatan, sebagaimana diungkapkan oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan beberapa waktu lalu," ujar Kurnia.

Satu isu mencolok yang juga diuraikan oleh TII adalah pembiaran pemerintah terhadap situasi konflik kepentingan. Permasalahan ini kian tampak dalam beberapa kesempatan, satu diantaranya saat Presiden membiarkan anggota kabinetnya maju sebagai kontestan politik tanpa harus mengundurkan diri terlebih dahulu. Ada potensi konflik kepentingan di sana, terutama pemisahan pekerjaan sebagai menteri dengan kepentingan politik untuk meraup suara masyarakat.

"Bukan tidak mungkin praktik penyalahgunaan kewenangan semakin marak terjadi dan faktanya Presiden membiarkannya. Apabila kita mengamini bahwa konflik kepentingan merupakan pintu masuk korupsi, perkara ini seharusnya ditanggapi dengan serius. Apalagi klaim yang kerap diutarakan pemerintah dalam memberantas korupsi adalah hendak lebih fokus pada aspek pencegahan," kata dia.

Pada bagian lain, partisipasi masyarakat dalam berbagai proses penyelenggaraan pemerintahan kian dipersempit. Padahal, sejumlah regulasi mewajibkan pemerintah untuk menempatkan masukan masyarakat sebagai pertimbangan utama sebelum melahirkan suatu kebijakan. Bahkan, MK menghasilkan gagasan meaningful participation yang ditujukan kepada pembentuk UU. Sayangnya, bukan diakomodir, partisipasi itu malah dijawab dengan kriminalisasi dan intimidasi dalam bentuk beragam oleh kelompok tertentu.

"Kondisi carut marut pemberantasan korupsi ini timpang dan paradoks dengan ucapan Presiden saat menghadiri peringatan Hari Antikorupsi Dunia tahun 2022 lalu. Kala itu, Presiden mengatakan korupsi adalah pangkal dari berbagai tantangan dan masalah pembangunan: dari urusan penciptaan lapangan kerja, mutu pekerjaan, pelayanan masyarakat, hingga harga kebutuhan pokok," ucap Kurnia.

"Mencermati IPK Indonesia, dapat disimpulkan bahwa untaian kalimat Presiden terkait pemberantasan korupsi hanya sekadar pemanis pidato semata. Rezim Presiden Joko Widodo juga akan dicatat sebagai pemerintahan paling buruk pasca reformasi dalam konteks pemberantasan korupsi. Selain itu, jelang pergantian kekuasaan tahun 2024, Presiden juga gagal mewariskan kebijakan antikorupsi yang baik," dia menandaskan.


Jadi Masukan Pemerintah

Corruption Perception Index (CPI) atau Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia pada 2022 turun empat poin menjadi 34 dari sebelumnya 38. Dengan raihan tersebut, Indonesia berada di posisi 110 dari 180 negara yang disurvei.

Skor IPK mulai dari 0 hingga 100. 0 artinya sangat korup sementara 100 sangat bersih. Pada 2021, skor IPK Indonesia adalah 38 dengan peringkat 96.

Enam+02:04VIDEO: Johnny Plate Akan Diperiksa KejagungRI Diduga Nikmati Hasil Korupsi BTS 4G di Kemenkominfo "Corruption Perception Index Indonesia pada 2022 berada pada skor 34 dari skala 100 dan berada di peringkat 110 dari 180 negara yang disurvei. Skor ini turun empat poin dari tahun 2021 dan merupakan penurunan paling drastis sejak 1995," ujar Deputi Transparency International Indonesia (TII) Wawan Suyatmiko dalam keterangan pers, Selasa (31/1/2023)

TII merilis IPK Indonesia 2022 mengacu pada delapan sumber data dan penilaian ahli untuk mengukur korupsi sektor publik pada 180 negara dan teritori.

Di Asia Tenggara, Singapura menjadi negara yang dinilai paling tidak korup dengan skor 83, diikuti Malaysia dengan skor 47, Timor Leste 42, Vietnam 42, Thailand 36, Indonesia 34, Filipina 33, Laos 31, Kamboja 24, dan Myanmar 23.

Sedangkan di tingkat global, Denmark menduduki peringkat pertama dengan IPK 90, diikuti Finlandia dan Selandia Baru dengan skor 87, Norwegia 84, Singapura dan Swedia 83, serta Swiss 82. Sementara posisi terendah ada Somalia dengan skor 12, Suriah dan Sudan Selatan 13, serta Venezuela 14.

"Dalam indeks kami tampak negara dengan demokrasi yang baik rata-rata skor IPK 70 dibandingkan negara yang cenderung otoriter maka tingkat korupsinya rata-rata 26," kata Wawan.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi angkat bicara terkait anjloknta Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia pada 2022. Jokowi menekankan hal ini akan menjadi koreksi dan evaluasi agar kedepannya IPK Indonesia semakin baik.

"Iya itu akan menjadi koreksi dan evaluasi kita bersama," ujar Jokowi singkat kepada wartawan saat mengunjungi Pasar Baturiti Kabupaten Tabanan Provinsi Bali, Kamis (2/2/2023).

Jokowi optimistis, merosotnya IPK tidak berpengaruh pada iklim investasi di Indonesia.

"Ya ini akan sudah kita rapatkan dua kali dan akan menjadi koreksi dari pemerintah untuk memperbaiki (IPK). Bahwa itu akan mempengaruhi investasi di Indonesia, saya rasa tidak," kata Jokowi di Istana Negara Jakarta, Selasa (7/2/2023).

Keyakinan Jokowi didasarkan pada perhitungan keuntungan yang dapat diperoleh investor. Dia menyebut, hal terpenting diperhatikan investor adalah Internal Rate Return atau IRR.

"Investor yang dihitung kan untungnya gede atau nggak gede. IRRnya berapa, biasanya seperti itu," jelas kepala negara.

Namun begitu, Jokowi tidak menampik jika ada sedikit dampak dari hasil IPK di Indonesia yang merosot. "Tapi bahwa itu sedikit mempengaruhi, iya," dia menutup.

Jokowi Indeks persepsi korupsi yang diterbitkan beberapa hari lalu menjadi masukan bagi pemerintah dan juga bagi aparat penegak hukum untuk memperbaiki diri.

Sementara Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan Pemerintah tetap berkomitmen memberantas korupsi meski Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia Tahun 2022 menunjukkan penurunan sebanyak 4 poin.

"Memang biasa itu, kadang turun, naik; tapi yang jelas Pemerintah berkomitmen untuk memberantas korupsi," kata Ma'ruf Amin di Istana Kepresidenan Yogyakarta, Sabtu (4/2/2023).

Enam+02:04VIDEO: Johnny Plate Akan Diperiksa KejagungRI Diduga Nikmati Hasil Korupsi BTS 4G di Kemenkominfo Ma'ruf Amin menambahkan Pemerintah akan mengkaji penyebab penurunan indeks tersebut.

"Kami tentu akan teliti ya penurun persepsi korupsi, kami akan kita teliti, ya. KPK sendiri menggunakan tiga pendekatan, yaitu pendidikan, kemudian juga pencegahan, dan penindakan. Ini secara simultan dilakukan; karena itu, kalau terjadi penurunan itu di mana?" katanya.

Pemerintah juga melakukan berbagai upaya pencegahan melalui pelayanan publik, katanya, seperti mendirikan Mal Pelayanan Publik (MPP) guna melayani masyarakat secara cepat.

"Melalui pelayanan yang digital, tanpa bertemu langsung, sehingga cepat, mudah, dan tidak ada celah melakukan pungli. Kemudian, kami juga membuat semacam zona integritas di birokrasi, kemudian wilayah bebas korupsi. Jadi, itu semua dalam rangka meminimalkan korupsi," jelasnya.

Menurut dia, Pemerintah akan melakukan pembahasan untuk mengetahui komponen utama yang menurunkan IPK Indonesia Tahun 2022.

"(Paling turun) Di sisi mana? Jadi, kami bertekad untuk meminimalkan korupsi bagaimana. Kami berharap penindakan lebih kecil karena sudah (diperbaiki) hulunya. Hulu itu dari pendidikan dan pencegahan yang lebih taat," ujar Wapres Ma'ruf Amin.