Nduga Papua Pegunungan Memanas

Situasi Nduga Papua Pegunungan Memanas, TNI-Polri Evakuasi 25 Warga Distrik Paro ke Kenyam

Liputan6.com 2023-02-10 17:10:30
TNI-Polri mengevakuasi 25 warga dari Distrik Paro ke Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, pada hari ini, Jumat (10/2/2023). (Istimewa)

Tim gabungan TNI dan Polri mengevakuasi 25 warga dari Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, pada hari ini, Jumat (10/2/2023). Puluhan warga itu dievakuasi ke Distrik Kenyam, Ibu Kota Kabupaten Nduga.

"Total warga yang berhasil dievakuasi berjumlah 25 orang," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo dalam keterangan resminya, Jakarta, Jumat (10/2/2023).

Dia merinci, 11 orang di antaranya adalah anak-anak.

"Dengan keterangan, 12 orang (8 dewasa, 4 anak-anak) dengan menggunakan Bell Polisi sementara 13 orang (6 dewasa, 7 anak-anak) dengan menggunakan Bell milik TNI AD," tutur Ignatius.

Evakuasi ini merupakan yang kedua pasca penyelamatan terhadap 15 pekerja puskesmas yang sempat disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Sementara, warga yang dievakuasi hari ini merupakan korban intimidasi dari KKB pimpinan Egianus Kogoya.

Ignatius menuturkan, evakuasi tersebut senjalan dengan pencarian Pilot Susi Air yang diduga menjadi korban sandera KKB.

"Kami meminta dukungan serta doa masyarakat agar warga maupun Pilot dapat berhasil dievakuasi dengan selamat oleh Tim Gabungan TNI-Polri," kata Ignatius.


Teror KKB Papua

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa menjelaskan tujuan untuk melakukan evakuasi adalah untuk melindungi dan menyelamatkan warga.

"Tujuannya hanya satu, untuk membantu penyelamatan nyawa manusia, aspek kemanusiaan, yang mana ini dalam waktu beberapa hari lalu dari peristiwa terbakar hari Selasa sampai sekarang hari Ini hari Jumat," tutur Saleh.

"Kita sudah melaksanakan operasi kemanusiaan yaitu menolong saudara kita yang melaksanakan eksodus dari Paro ke Kenyam," tambah dia

Saleh menggambarkan kondisi di Paro usai insiden pembakaran terhadap Pesawat Susi Air, para KKB pimpinan Egianus Kogoya turut menebar teror di wilayah tersebut.

"Mungkin informasi tentang pesawat terbakar sudah sama sama kita ketahui, tindak lanjut dari peristiwa tersebut berkembanglah isu isu yang beredar bahwa ada 15 orang yang akan diancam oleh kelompok egianus Kogoya ini," tuturnya.

Buka Suara Soal Status BCL

Ariel NOAH Buka Suara soal Kabar Hubungannya dengan BCL dan juga Marchella FP

Liputan6.com 2023-02-10 11:00:22
Ariel NOAH (Foto: Instagram/@arielnoah)

Ariel NOAH sudah lama menyandang status jomlo setelah putus hubungan dengan Sophia Latjuba. Ariel sempat dikabarkan berpacaran dengan Bunga Citra Lestari. Malah, yang terbaru dirinya dikabarkan punya hubungan khusus dengan wanita bernama Marchella FP.

Saat dikonfirmasi, Ariel secara tidak langsung membantah kabar soal dirinya yang saat ini punya hubungan dengan wanita-wanita di atas. Dirinya mengaku sedang menikmati kesendiriannya.

Apalagi, saat ini mantan kekasih Luna Maya itu mengaku sedang disibukkan dengan pekerjaan terbarunya yang membutuhkan konsentrasi.


Konsentrasi

"Nggak lah. Saat ini masih konsentrasi sama project kerjaan ke depan banyak banget," kata Ariel NOAH saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (9/2/2023).


Status Duda

Saat ditanya soal kabar kedekatannya dengan beberapa wanita, Ariel mengaku belum berniat mengganti status. Lagi-lagi dirinya mengatasnamakan pekerjaan yang sedang dijalankan.

"Nggak tahu (kapan menikah), gue masih santai soal kerjaan kok," ucap pelantun tembang "Menghapus Jejakmu" tersebut.


Berteman

Nama Ariel Noah belakangan memang santer dikabarkan memiliki hubungan dengan seorang penulis bernama Marchella FP. Saat ditanyakan kembali, Ariel mengungkap bahwa dirinya hanya berteman.

"Berteman kok. Teman lama, teman lama. Sekarang lagi ada yang dikerjain, cuma masih rahasia apa. Yang pasti buku," pungkas Ariel.

Kapok Bisnis Sepak Bola

Atta Halilintar Kecewa Liga 2 Dihentikan, Kapok Bisnis di Sepak Bola Indonesia

Liputan6.com 2023-02-10 15:00:00
Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)

Atta Halilintar menjadi salah satu seleb yang berniat ingin memajukan dunia sepak bola Indonesia. Karenanya, suami Aurel Hermansyah tersebut rela menginvestasikan uangnya untuk membeli klub sepak bola dan futsal.

Atta Halilintar diketahui memiliki klub sepak bola Bekasi FC, yang semula bernama PS Pati. Namun, di tengah upaya klub Atta meraih tiket masuk ke liga 1, tiba-tiba PSSI mengambil keputusan yang mengejutkan banyak pihak.

Organisasi sepak bola tertinggi di negeri ini memutuskan menghentikan turnamen Liga 2, yang diikuti oleh klub Bekasi FC milik Atta Halilintar. Terkait hal tersebut, Atta hanya bisa pasrah.

"Ya mau gimana," keluh Atta Halilintar kepada wartawan, di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (9/2/2023).


Lumayan Kapok

Meski tak meluapkan perasaannya secara gamblang, Atta menyayangkan keputusan PSSI menyetop jalannya turnamen Liga 2. Apalagi tak sedikit dana yang sudah dikeluarkan Atta, untuk operasional klub sepakbolanya itu.

"Lumayan kapok (investasi di bola)," aku Atta.


Berharap Terus Berjalan

Atta berharap, para petinggi di PSSI kembali mengkaji keputusannya menghentikan Liga 2. Dia ingin Liga 2 kembali berjalan, sehingga para pemain di klubnya dapat kembali berlaga di lapangan hijau.

"Ya semoga cepat berjalan lagi Liga 2," ujar Atta.


Menentang Penghentian Liga 2

Atta termasuk yang cukup vokal menentang kebijakan penghentian kompetisi Liga 2. Bahkan di akun media sosialnya, Atta turut menyuarakan agar Liga 2 dan Liga 3 dilanjutkan, serta mendukung pembenahan dalam tubuh PSSI lewat suara yang diberikan kepada salah satu calon Ketua Umum, Erick Thohir.

"Selama ini kan tidak jelas mau dibawa ke mana, bagaimana bisnisnya. Belum lagi kepastian soal kompetisi yang bisa sewaktu-waktu berhenti," tandas Atta Halilintar beberapa waktu lalu. (M. Altaf Jauhar)

Orang Terkaya Inggris Siap Beli MU

Orang Terkaya Inggris Siap Kalahkan Investor Qatar untuk Beli MU

Liputan6.com 2023-02-10 12:00:56
Ketertarikan miliarder kaya raya asal Inggris, Sir Jim Ratcliffe terhadap MU tampaknya juga harus mendapat persaingan. Perusahaan Amerikas Serikat, Apollo dikabarkan juga memiliki ketertarika

Sir Jim Ratcliffe telah meningkatkan usahanya untuk membeli Manchester United. Orang terkaya di Inggris itu dikabarkan bakal menggandeng dua bank yakni Goldman Sachs dan JPMorgan untuk mengalahkan investor Qatar.

Sir Jim Ratcliffe mengonfirmasi pada Januari 2023 bahwa dia bermaksud untuk mencoba dan merebut kendali di Old Trafford dari keluarga Glazer, yang mengumumkan pada November bahwa klub tersebut akan dijual.

Ratcliffe adalah pihak pertama yang mengumumkan minatnya pada MU, tetapi laporan awal pekan ini mengklaim dia akan menghadapi persaingan dari sekelompok investor Qatar.

Tawaran resmi untuk United akan diajukan karena Avram dan Joel Glazer ingin segera menjual dan mengakhiri hampir 18 tahun kepemilikan.

Ratcliffe pun menyusun rencana untuk memuluskan hasratnya memiliki MU. Dia mengambil jalan pintas saat menawarkan kerja sama dengan Goldman Sachs dan JPMorgan.

Menurut laporan Bloomberg, kedua jasa keungan itu akan melakukan studi kelayakan atas tawaran Ratcliffe untuk mengambil alih Setan Merah.

Laporan itu menambahkan Goldman Sachs dan JPMorgan akan bersedia mendukung tawaran pengambilalihan dengan obligasi dan pinjaman yang akan membuat kedua bank menutupi nilai utang United yang ada - mencapai sekitar $800 juta (658 juta).

The Glazers awalnya menetapkan label harga antara 6 miliar dan 8 miliar untuk Setan Merah, tetapi jumlah sekitar 4 miliar hingga 4,5 miliar tampak lebih realistis.

Klub ini memiliki nilai sekitar 3 miliar di New York Stock Exchange, jadi tawaran hingga 4,5 miliar sudah cukup untuk menutup pengambilalihan penuh dari keluarga kaya raya Amerika itu.

Ratcliffe, yang merupakan penggemar United sejak kecil, dan pemegang tiket musiman di Stamford Bridge sebelumnya telah gagal dalam upaya terakhirnya untuk membeli Chelsea dari Roman Abramovich tahun lalu. Chelsea pada akhirnya jatuh ke tangan Todd Boehly.


Sudah Punya Klub

Sebenarnya, Pemilik INEOS itu sudah memiliki beberapa usaha di bidang olahraga dan memiliki klub Prancis Nice. Namun, dia berbicara beberapa waktu lalu tentang keinginannya untuk memiliki klub papan atas.

Pada bulan Januari, juru bicara Ratcliffe mengonfirmasi kepada The Times, "Kami telah secara resmi memasukkan diri kami ke dalam proses mengenai tawaran pengambilalihan untuk United," ucapnya.

Setan Merah telah dimiliki oleh keluarga Glazer sejak 2005, ketika mereka menyelesaikan pembelian dengan leverage yang kontroversial.

Fans semakin marah pada pemilik klub dalam beberapa tahun terakhir karena hasil yang buruk, pembayaran dividen yang tidak populer dan skandal Liga Super Eropa.

Ratcliffe sebelumnya berbicara sangat tinggi tentang Glazers, tetapi tidak dapat disangkal dia akan menjadi pemilik yang jauh lebih populer di mata setia Setan Merah jika berhasil membeli klub tersebut.


Investor Qatar

Sebelumnya, Investor asal Qatar dikabarkan juga siap menggelontorkan dana untuk membeli Setan Merah. Dilansir Daily mereka siap membelanjakan lebih dari 6 miliar (Rp109 triliun) hanya untuk membeli klub tersebut.

Bukan cuma itu, investor Qatar juga tidak keberatan untuk menghabiskan 2 miliar (Rp37 triliun) untuk memperbaiki atau membangun kembali Old Trafford, sebelum bersaing dengan klub elite Eropa di bursa transfer.

Investor Qatar ini akan mulai mengajukan penawaran dalam beberapa hari ke depan. Penguasa Man United Glazers bersaudara disebutkan membuka tenggat negosiasi hingga pertengahan Februari.

Menurut laporan yang sama, para investor dari Timur Tengah itu 'percaya diri untuk mengalahkan para pesaing,' karena mereka berusaha untuk membeli klub yang disebut 'permata mahkota' sepak bola.

"Ada dana signifikan yang tersedia. Orang-orang ini serius. Mereka ingin memastikan bahwa United berada di tempat yang seharusnya dan mereka yakin penawaran mereka akan menjadi yang terkuat," kata seorang sumber Daily Mail.

"Mereka ingin memperkuat skuad untuk menempatkan mereka kembali di puncak tetapi mereka juga ingin menjadikan pembelian ini untuk kebaikan masyarakat.

"Mereka juga ingin membangun keberhasilan Piala Dunia. Mereka menyadari bahwa Manchester United adalah klub sepak bola terbesar di dunia, permata mahkota, dan ada tekad kuat untuk membelinya dan membawanya ke tempat yang seharusnya." ucap sumber tersebut.


Keluarga Besar PSG?

Namun perkara pembelian saham ini tak akan berjalan mudah. Man United setidaknya harus mendapat persetujuan dari Liga Premier sebelum transaksi dilakukan.

Apalagi, ada dugaan bahwa para investor ini masih satu keluarga dengan Qatar Sports Investments (QSI).

Peraturannya, UEFA melarang satu entitas punya dua klub yang bermain di kompetisi yang sama, PSG dan United mungkin akan bertemu di Liga Champions atau kompetisi antarklub Eropa lain.


Persaingan Timur Tengah

Ambisi menguasai Man United dari investor Qatar ini disebut ada kaitannya dengan sang tetangga Manchester United. Saat ini The Citizens lebih dominan karena didukung investor asal Abu Dhabi.

Jika investor Qatar masuk ke United, maka persaingan antarklub akan makin ketat. Sebab, bakal ada adu gengsi antara negara Timur Tengah di lapangan Premier League.

Saat ini, sudah ada dua klub Premier League yang dimiliki investor asal Timur Tengah. Manchester City berada di bawah kendali pemilik asal Uni Emirat Arab. Lalu, ada Newcastle United yang mendapat investor dari Arab Saudi.

Gempa Turki Sudah Diprediksi 3 Hari Sebelumnya

Frank Hoogerbeets Klaim Sudah Prediksi Gempa Turki 3 Hari Sebelum Kejadian, Siapa Dia?

Liputan6.com 2023-02-10 12:41:32
Frank Hoogerbeets (Foto: Facebook Frank Hoogerbeets).

Frank Hoogerbeets jadi sorotan di jagad Twitter, setelah cuitan yang mengklaim sudah prediksi Gempa Turki (3 hari sebelumnya) viral.

Frank Hoogerbeets memberikan keterangan memprediksi gempa bumi berkekuatan dahsyat. Mulai dari magnitudo 6 hingga ke atas, sama seperti gempa Turki yang sampai magnitudo 7,8.

Lantas, siapa Frank Hoogerbeets?

Dikutip dari laman opoyi.com, Jumat (10/2/2023), Frank Hoogerbeets diketahui bekerja untuk Survei Geometri Tata Surya (SSGEOS).

SSGEOS adalah lembaga penelitian yang memantau geometri benda langit dalam kaitannya dengan aktivitas seismik.

Hoogerbeets mengklaim bahwa ia meramalkan gempa berkekuatan 7,5 akan terjadi di wilayah Turki Selatan-Tengah, Yordania, Suriah, dan Lebanon pada Februari 2023. Ramalannya memang menjadi kenyataan.

Namun, beberapa orang di Twitter menjulukinya sebagai ilmuwan semu dan mempertanyakan prediksi sebelumnya.

Hoogerbeets me-retweet sebuah postingan dari agen penelitiannya SSGEOS tak lama setelah gempa tersebut.

Gempa kedua berkekuatan magnitudo 7,6 kemudian melanda Turki sekitar tiga jam setelah tweet tersebut.

"Cepat atau lambat akan ada M 7.5 #gempa bumi di wilayah ini (Turki Selatan-Tengah, Yordania, Suriah, Lebanon)," twitnya pada 3 Februari 2023.

"Hati saya bersama semua orang yang terkena dampak gempa bumi besar di Turki Tengah. Seperti yang saya nyatakan sebelumnya, cepat atau lambat ini akan terjadi di wilayah tersebut dan akan mirip dengan tahun 115 dan 526. Gempa bumi ini selalu didahului oleh geometri planet yang kritis, seperti yang kita alami pada 4-5 Februari," ujar Hoogerbeets mengungkapkan kekecewaannya saat prediksi itu menjadi kenyataan.

Dia juga me-retweet postingan SSGEOS yang memperkirakan gempa besar lainnya hanya beberapa jam sebelum gempa berkekuatan magnitudo 7,6 melanda Turki selatan.

Gempa bumi pertama, dengan kekuatan 7,8, terjadi saat orang-orang sedang tidur dan merupakan salah satu gempa terkuat yang melanda daerah tersebut setidaknya dalam satu abad.

Gempa ini terasa hingga Kairo dan Siprus. Menurut data awal dari Pusat Seismologi Mediterania Eropa, gempa kedua yang signifikan, berkekuatan 7,7 dan terjadi pada kedalaman 1,2 mil, terletak 42 mil timur laut Kahramanmara, Turki (EMSC). Ada lebih dari seratus gempa susulan kecil.


Update Korban Gempa Turki: 20 Ribu Lebih Tewas hingga Cuaca Dingin Saat Penyelamatan

Lebih dari 20.000 orang sekarang dilaporkan telah meninggal dunia dalam insiden gempa Turki, Senin 6 Desember.

Tak hanya Turki, jumlah korban juga termasuk di Suriah. Tim penyelamat masih mencari korban selamat dari puing-puing, tetapi harapan memudar, setelah hampir 100 jam sejak gempa terjadi.

Kondisi dingin mengancam nyawa ribuan orang yang selamat yang kini tanpa tempat berlindung, air dan makanan.

Presiden Turki menyebut ini adalah insiden gempa besar abad ini, dikutip dariBBC, Jumat (10/2/2023).

Upaya dan bantuan internasional terus mengalir. Pada Kamis 9 Februari, Bank Dunia menjanjikan US$ 1,78 miliar bantuan ke Turki termasuk pembiayaan segera untuk membangun kembali infrastruktur dasar dan untuk mendukung mereka yang terkena dampak gempa bumi.

Namun upaya 100.000 atau lebih personel penyelamat di lapangan terhambat oleh sejumlah rintangan logistik termasuk kekurangan kendaraan dan jalan yang rusak.

Sekjen PBB Antonio Guterres memperingatkan bencana itu masih "jelas di depan mata kita". Terutama di Suriah, medan perang saudara yang berkepanjangan dan telah menghancurkan negara itu.

Pada Kamis 9 Februari, bantuan kemanusiaan PBB pertama melintasi perbatasan ke barat laut Suriah melalui penyeberangan Bab al-Hawa di Idlib.


Bantuan ke Suriah Pakai Cara Penyeberangan

Penyeberangan adalah satu-satunya cara agar bantuan PBB dapat mencapai wilayah tersebut tanpa melalui wilayah yang dikendalikan oleh pasukan pemerintah Suriah.

Guterres berjanji, bantuan dalam jumlah lebih banyak sedang dalam perjalanan dan dia mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengizinkan pengiriman pasokan melalui lebih dari satu penyeberangan perbatasan.

"Ini adalah momen persatuan, bukan momen untuk mempolitisasi atau memecah belah tetapi yang jelas kita butuh dukungan masif," katanya.

Munira Mohammad, seorang ibu dari empat anak yang melarikan diri dari Aleppo setelah gempa, mengatakan kepada Reuters bahwa mereka sangat membutuhkan pemanas dan lebih banyak persediaan makanan.

"Tadi malam kami tidak bisa tidur karena sangat dingin. Sangat buruk."

Kelompok penyelamat White Helmets mengatakan, satu-satunya konvoi PBB yang mencapai wilayah itu tidak membawa peralatan khusus untuk membebaskan korban gempa Turki yang terperangkap di bawah reruntuhan.


Ribuan Orang Ingin Adopsi Bayi Perempuan Korban Gempa Turki 6 Februari 2023

Sementara itu, dibuan orang menawarkan diri untuk mengadopsi bayi perempuan yang berhasil diselamatkan dari reruntuhan di Kota Jindayris, Suriah barat laut, pasca gempa Turki 6 Februari 2023.

Saat diselamatkan, bayi Aya -yang berarti keajaiban dalam bahasa Arab- masih terhubung dengan tali pusar. Ibu, ayah, dan keempat saudara kandungnya meninggal akibat gempa.

Aya sekarang di rumah sakit.

"Dia tiba pada Senin (6/2) dalam keadaan yang sangat buruk, terdapat benjolan, memar, dia kedinginan dan hampir tidak bernapas," kata Hani Marouf, dokter anak yang merawatnya, seperti dikutip dari BBC, Kamis (10/2/2023).

Namun, Aya sekarang dalam kondisi stabil.

Video penyelamatan Aya viral di media sosial. Rekaman menunjukkan seorang pria berlari dari puing-puing, menggendong bayi yang tertutup debu.

Diperkirakan ada ribuan orang di media sosial yang meminta detail untuk mengadopsi Aya.

"Saya ingin mengadopsi dia dan memberinya kehidupan yang layak," kata seseorang.

Seorang penyiar TV Kuwait berkata, "Saya siap merawat dan mengadopsi anak ini... jika prosedur hukum mengizinkan saya."

Manajer rumah sakit tempat Aya dirawat, Khalid Attiah, mengatakan bahwa dia telah menerima puluhan telepon dari orang-orang di seluruh dunia yang ingin mengadopsi bayi perempuan tersebut.

Khalid merespons permintaan itu dengan mengatakan, "Saya tidak akan mengizinkan siapa pun untuk mengadopsinya sekarang. Sampai keluarga jauhnya kembali, saya memperlakukannya seperti keluarga saya sendiri."

Untuk saat ini, Aya disusui oleh istri Khalid. Pasangan suami istri itu juga memiliki seorang bayi, yang usianya empat bulan lebih tua dibanding Aya.

Selengkapnya...

Bill Gates Punya Pacar Baru

Sosok Paula Hurd, Perempuan yang Dikabarkan Jadi Kekasih Baru Bill Gates

Liputan6.com 2023-02-10 11:02:00
Bill Gates dan Paula Hurd menyaksikan pertandingan final tunggal putra antara Novak Djokovic dari Serbia dan Stefanos Tsitsipas dari Yunani pada hari keempat belas turnamen tenis Australia

Menyusul perceraiannya dengan Melinda French Gates pada Agustus 2021, Bill Gates dikabarkan berkencan dengan Paula Hurd, dilansir Daily Mail, Kamis, 9 Februari 2023. Berita jalinan asmara salah satu pendiri Microsoft ini datang hampir dua tahun setelah Bill Gates dan mantan istrinya mengumumkan perceraian mereka setelah 27 tahun menikah.

"Mereka tidak dapat dipisahkan," kata seorang teman dari Bill Gates dan Paula Hurd kepada Daily Mail. "Mereka telah bersama selama setahun dan dia selalu digambarkan sebagai 'perempuan misterius', tetapi bukan misteri bagi kerabat mereka bahwa mereka berada dalam hubungan romantis.'"

Dikutip dari People, seorang sumber memberi tahu People bahwa hubungan Bill Gates dan Paula Hurd "dikenal luas". Namun, Hurd belum bertemu dengan anak-anak Gates.

Baru-baru ini, Gates dan Hurd terlihat menonton Final Tunggal Putra bersama di Australia Terbuka pada Januari 2023. Mereka juga pernah terlihat di beberapa acara olahraga bersama sebelumnya. Pasangan itu terlihat duduk bersebelahan pada September 2022 di Laver Cup di O2 Arena di London.

Sebelumnya, Gates dan Paula tertangkap kamera di BNP Paribas Open di Indian Wells, California pada Oktober 2021, tetapi mereka tidak duduk bersama saat itu. Lantas, siapa sosok Paula Hurd yang disebut kekasih Bill Gates?

Ia adalah janda mantan CEO Oracle Mark Hurd. Paula Hurd menikah dengan Mark Hurd, CEO perusahaan perangkat lunak Oracle dan mantan bos Hewlett-Packard, selama hampir 30 tahun, hingga kematian Mark pada Oktober 2019. Keduanya dikaruniai dua anak perempuan, yakni Kathryn dan Kelly.


Tentang Hurd

Hurd lulus dari University of Texas di Austin dengan gelar sarjana dalam administrasi bisnis pada 1984, menurut biografinya di Baylor University. Setelah kuliah, Hurd memulai karier selama puluhan tahun dalam penjualan dan manajemen aliansi di perusahaan perangkat lunak NCR (National Cash Register).

Korporasi ini adalah penyedia perangkat lunak, perangkat keras, dan layanan perusahaan terkemuka untuk bank dan pengecer. Sekarang, Paula bekerja sebagai pengembang dan penyelenggara berbagai pengalaman acara "berkesan" untuk acara pribadi, perusahaan, dan amal, menurut bio LinkedIn-nya.

Hurd dan mendiang suaminya berkontribusi pada berbagai hal dan memimpin banyak kampanye penggalangan dana selama bertahun-tahun. Sebagai donor lama untuk almamater mendiang suaminya, Baylor University, dia membantu Give Light Campaign mencapai angka 1 miliar dolar AS dengan donasi tujuh juta dolar AS pada 2021 dan sekolah akan segera membuka pusat penyambutan yang dinamai pasangan tersebut.

Kampanye penggalangan dana dijelaskan di situs web Baylor sebagai upaya untuk "melanjutkan kegiatan yang menyediakan 'lingkungan pendidikan Kristen yang jelas;' menciptakan pengalaman pendidikan sarjana transformasional; meningkatkan dampak dan visibilitas penelitian dan beasiswa Baylor; dan mendorong program seni dan atletik yang diakui secara nasional, sesuai dengan pilar dasar Baylor."


Buka Hati

Berita hubungan itu muncul hanya beberapa hari setelah Gates ditanyai saat wawancara apakah dia berharap menemukan cinta lagi. "Tentu, saya bukan robot," kata miliarder itu saat wawancara dengan BBC.

Sejak perceraian mereka, Gates dan mantan istrinya tetap berkomitmen pada pekerjaan mereka dengan The Gates Foundation, yang mereka dirikan pada 2000. "Saya pikir kami memiliki hubungan kerja yang produktif, dan saya pikir itu akan berlanjut," kata French Gates selama wawancara tahun lalu, menggambarkan hubungan mereka sebagai "bersahabat." "Tentu saja, saya berharap dia baik-baik saja," tambahnya.

Perpisahan Bill dan Melinda pada Oktober 2022 mengejutkan banyak orang. Melinda menyebutnya "sangat menyakitkan, dengan cara yang tak terhitung banyaknya." "Aku punya beberapa alasan aku tidak bisa bertahan dalam pernikahan itu lagi," katanya Fortune magazine. "Tetapi hal yang aneh tentang COVID adalah memberi saya privasi untuk melakukan apa yang perlu saya lakukan."

"Perhatian utama saya, tentu saja, berusaha melindungi anak-anak saya melalui itu," tambahnya.

Dalam unggahan blog akhir tahun tahunannya di Desember, Gates merenungkan telah mencapai "beberapa titik rendah pribadi selama beberapa tahun terakhir," yang termasuk "akhir dari pernikahan." Tahun lalu, Melinda French Gates, yang berbicara tentang "pasti" terbuka untuk berkencan lagi, memicu rumor asmara dengan Jon Du Pre, mantan reporter yang bekerja sebagai koresponden Fox News di era 90-an dan awal 2000-an. Meski French Gates maupun Du Pre tidak berbicara secara terbuka tentang percintaan mereka, anak bungsu miliarder itu mengikuti mantan reporter di Instagram.


Perpisahan Mahal

Sementara, Bill Gates dan Melinda French Gates mulai berkencan pada 1987, setelah bertemu di pameran dagang di New York. Pada 1994, French menikah dengan Gates dalam sebuah upacara pribadi yang diadakan di Lanai, Hawaii.

Mereka memiliki tiga anak, yakni Jennifer, Rory, dan Phoebe Gates. Keluarga itu tinggal di sebuah rumah besar yang menghadap ke Danau Washington di Medina, Washington. Keluarga ini juga memiliki tempat tinggal tepi laut di Del Mar, California.

Pada Mei 2021, French Gates dan suaminya mengumumkan dalam pernyataan bersama di media sosial keputusan mereka untuk bercerai, mengakhiri 27 tahun pernikahan, dan 34 tahun sebagai pasangan. Menurut The Wall Street Journal, French Gates telah bertemu dengan pengacara perceraian setidaknya sejak Oktober 2019 setelah urusan bisnis suaminya dengan terpidana pelaku kejahatan seks Jeffrey Epstein dipublikasikan, dan telah memperingatkan suaminya tentang hubungan dengannya sejak 2013.

Meskipun pasangan itu tidak memiliki perjanjian pranikah, French Gates (yang mengajukan) tidak meminta dukungan pasangan, suaminya mentransfer saham senilai lebih dari 2 miliar dolar AS. Perceraian itu diselesaikan pada 2 Agustus 2021.

Pilu, Anak Gajah Lelah Mencari Induknya

Viral Anak Gajah di Kabupaten Pelalawan Lelah Mencari Induknya

Liputan6.com 2023-02-10 13:00:12
Anak gajah terpisah dari induknya di Kabupaten Pelalawan lunglai karena kelelahan. (Liputan6.com/Istimewa)

Seekor anak gajah di Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, terpisah dari induknya. Video anak gajah sendirian mencari kawanannya itu viral di media sosial.

Dalam video itu, anak gajah terlihat kelelahan di tengah semak belukar. Kondisinya lunglai lalu merebah sehingga tertidur di rerumputan.

Kepala Bidang I Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Andre Hansen Siregar menjelaskan, anak gajah itu terpisah dari kawanannya karena interaksi negatif dengan manusia.

Pengusiran yang dilakukan oleh masyarakat ketika gajah masuk perkebunan membuat anak gajah itu terpisah dari induknya. Anak gajah itu tidak bisa menyusul kawanan sehingga saat ini hidup sendirian.

"BBKSDA Riau bekerjasama dengan perusahaan terus memantau anak gajah secara intens," kata Hansen, Kamis siang, 9 Februari 2023.

Selain itu, petugas juga menyisir hutan untuk mencari kawanan gajah. Petugas berharap kawanan itu kembali ke perlintasan sehingga menemukan anak gajah yang terpisah itu.

"BBKSDA Riau tengah berusaha menyatukan anak gajah dengan kawanannya," jelas Hansen.

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Diberikan Infus

Sebelumnya, tim mitigasi BBKSDA Riau mencoba membius anak gajah itu untuk dilakukan observasi dan treatment. Petugas berhasil membius dan melakukan pemeriksaan medis.

"Kondisi anak gajah baik, kondisi tubuh agak kurus dan ditemukan luka atau trauma lainnya," ujar Hansen.

Petugas melihat nafsu makan dan minum anak gajah masih bagus. Anak gajah melahap buah dan pohon pisang yang disediakan petugas.

"Petugas juga memberikan infus mengantisipasi dehidrasi serta vitamin penambah daya dahan tubuh, juga diambil sampel darah untuk mengetahui kondisi umum," terang Hansen.

Foto Pria Lamongan di Bungkus Rokok Tanpa Izin

Kisah Pria Asal Lamongan Fotonya Terpampang di Bungkus Rokok Tanpa Izin, Lapor Polisi Tidak Direspons

Liputan6.com 2023-02-10 11:30:49
Pria asal Brondong Lamongan, Edy Santoso (45), fotonya terpampang di bungkus rokok. (merdeka.com)

Pria asal Brondong Lamongan, Edy Santoso (45) terkaget-kaget melihat foto dirinya bersama sang anak akan terpajang di bungkus sebuah rokok dengan bertuliskan "PERINGATAN MEROKOK DEKAT ANAK BERBAHAYA BAGI MEREKA".

Edy menyatakan foto tersebut adalah dirinya saat dirinya di sebuah warung tetangganya. Pada saat itu lah, dirinya disamperin empat sales rokok pada 2001 lalu.

"Kata mereka saat itu, untuk kenang-kenangan saja," ujarnya, ditulis Jumat (10/2/2023).

Edy mengaku tak curiga sedikitpun pada empat sales rokok yang terdiri dari dua pria dan dua wanita tersebut. Bahkan selesai diminta foto, Edy pun tak dapat apa-apa bahkan mau minta rokok saja tidak dikasih malah disuruh untuk membeli.

"Saat itu saya sedang jalan gendong anak saya di samping warung milik Kismawati, yang berlokasi di samping kantor Rukun Nelayan Brondong. Kemudian dihampiri empat orang sales rokok Gudang Garam. Dua putra dua putri. Lalu meminta foto," tutur Edy.

Dia kaget saat pada 2014 tiba-tiba fotonya muncul dan terpampang di berbagai bungkus rokok. Karena cukup jadi 'artis' dadakan, dirinya pun sempat menjadi bahan candaan dari teman dan tetangganya. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang menanyakan honor dari foto tersebut.

"Padahal saat itu ngomongnya hanya dibuat kenangan-kenangan saja tapi sekarang kok dimuat di bungkus rokok. Apalagi mereka tidak izin terlebih dahulu kepada saya kalau foto itu mau dipasang di bungkus rokok," jelasnya.


Punya Bukti Otentik

Edy menyatakan, anaknya saat ini sudah dewasa. Jika dalam foto sang anak masih berumur sembilan bulan, anak bernama Edy Firlana itu kini sudah berusia 22 tahun. Edy Firlana sendiri merupakan anak pertama dari tiga bersaudara.

Untuk meyakinkan jika foto dalam bungkus rokok adalah dirinya, Edy pun mempunyai beberapa bukti di antaranya gelang milik anaknya dan pernyataan warga yang mengakui jika foto tersebut merupakan Edy.

Edy Santoso juga menunjukkan bukti-bukti di antaranya foto dirinya semasa berusia saat pemotretan. Termasuk ciri benjolan pada tangan yang identik dengan yang ada di foto.

"Banyak bukti yang sudah kita bawa, kalau laki-laki yang bernama Dadang Mulyadi dari Jawa Barat ngaku sebagai saya itu tidak betul," pungkasnya.


Lapor Polisi Tidak Ada Respons

Dia mengaku pernah melaporkan kasus ini hingga ke Mabes Polri dengan laporan penipuan, yakni menggunakan fotonya tanpa izin dan digunakan untuk iklan komersil di bungkus rokok.

"Kasus ini kemudian saya laporkan ke polisi sampai ke Mabes Polri karena saya anggap ini adalah penipuan, sebab telah memakai foto saya untuk iklan di bungkus tanpa izin kepada saya terlebih dahulu," jelas Edy.

Selama melaporkan kasus penipuan itu ke polisi, Edy mengaku tak pernah diperiksa atau dimintai keterangan. Bahkan hingga tahun 2020, Edy justru mendapat Surat Perintah Penghentian Penyidikan atau SP3 tanpa mengetahui alasannya yang jelas. Edy sendiri sangat berharap agar kasus ini bisa selesai sehingga dirinya tidak dirugikan.

Reporter : Erwin Yohanes

Ribuan Korban Gempa Jayapura Mengungsi

Update Gempa Jayapura: Jumlah Pengungsi Bertambah Jadi 2.136, Berikut Rinciannya

Liputan6.com 2023-02-10 14:07:00
Orang-orang berdiri pada atap toko yang runtuh di pelabuhan setelah gempa magnitudo 5,1 di Jayapura, Provinsi Papua, Indonesia, 9 Februari 2023. Korban meninggal dalam gempa Jayapura adalah R

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Papua menyebutkan ada sebanyak 1.955 warga Kota Jayapura yang mengungsi usai gempa M 5,4. Apalagi gempa susulan masih terus terjadi pada Kamis malam hingga Jumat pagi (10/2/2023).

Kepala BPBD Kota Jayapura Asep Khalid, Jumat menyebutkan, warga terutama yang bermukim di kawasan Distrik Jayapura Utara banyak yang memilih tidur di tenda atau di luar rumah guna menghindari dampak gempa susulan.

"Memang benar Kamis (9/2/2023) malam masyarakat banyak yang memilih mengungsi dan tidur di tenda yang mereka dirikan sendiri secara darurat atau tenda bantuan akibat gempa susulan," katanya.

Asep menyatakan jumlah pengungsi akan bertambah karena rata-rata warga mereka mengungsi di malam hari.

"Nanti malam sekitar pukul 19.00 WIT, Forkopimda Kota Jayapura akan mengupdate perkembangan dampak gempa berkekuatan 5,4 magnitudo," kata Asep Khalid.


Rincian Lokasi Pengungsian dan Kerusakan

Sementara itu, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (10/2/2023) mengatakan, pengungsi korban gempa Jayapura bertambah jadi 2.136 jiwa dan lokasinya tersebar di 15 titik.

Adapun rinciannya sebagai berikut:

Sementara data kerugian material sebagai berikut:

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura dan BPBD Provinsi Papua bersama unsur Forkopimda terus melakukan pendataan, monitoring, dan memberikan dukungan dasar penanganan darurat bagi para penyintas. Saat ini pihak Pemerintah Kota Jayapura juga tengah memproses status tanggap darurat.

Saat ini beberapa hal yang menjadi kebutuhan mendesak meliputi genset listrik, tenda, kasur lipat, makanan siap saji, selimut, tikar, dan air mineral.

Sebelumnya gempa berkekuatan M 5,4 mengguncang Jayapura pada Kamis (9/2/2023), mengakibatkan empat warga meninggal akibat kafe yang berlokasi di ruko Pasifik Permai roboh ke laut. Sejumlah bangunan mengalami kerusakan dan pendataan masih terus berlangsung. BMKG Wilayah V Jayapura hingga pukul 12.55 WIT mencatat 1.152 kali gempa dengan 160 gempa yang dirasakan masyarakat.

Vaksin COVID-19 Booster Berbayar?

HEADLINE: Wacana Vaksin COVID-19 Booster Berbayar di Masa Endemi, Perlukah?

Liputan6.com 2023-02-11 00:00:36
Botol vaksin COVID-19 dosis ketiga (booster) terlhat di atas meja di RPTRA Rusun Benhil, Jakarta, Rabu (6/7/2022). Selain itu, vaksin booster juga jadi syarat bagi masyarakat yang ingin melak

Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Budi Gunadi Sadikin, belum lama ini menyatakan bahwa ada kemungkinan vaksin COVID-19 booster yang saat ini gratis menjadi berbayar di masa endemi. Biayanya di kisaran Rp100 ribu.

"Vaksinasi untuk booster kita siapkan, harga vaksin ini sebetulnya di bawah Rp100 ribu. Itu belum pakai ongkos," kata Budi.

Pernyataan di atas disampaikan Budi usai membahas strategi vaksinasi COVID-19 usai pencabutan status pandemi COVID-19 bersama Komisi IX DPR RI pada Rabu, 8 Februari 2023. Salah satunya, membahas rencana vaksinasi booster berbayar.

Budi menyebut, bagi masyarakat dengan perekonomian menengah ke atas, harga Rp100 ribu untuk vaksin COVID-19 per dosis masih masuk akal. Nanti, secara berkala, masyarakat bisa mengakses untuk divaksinasi di apotek maupun rumah sakit.

"Tiap enam bulan sekali Rp100 ribu menurut saya sih suatu angka yang masih make sense," kata Budi.

Sementara itu, bagi masyarakat yang kurang mampu bakal bisa mendapatkan vaksin COVID-19 booster gratis. Hal ini berlaku bagi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

Pernyataan Menkes menimbulkan respons beragam di masyarakat. Ada yang ragu bakal banyak yang divaksin bila nantinya berbayar.

"Vaksin booster berbayar.... yang free aja waarga masih ada yang ga mau vaksin.... Ini berbayar pula....," cuit salah satu pengguna Twitter @afdhalwi****.

Masih Dalam Kajian

Menambahkan pernyataan Budi, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi, menyatakan bahwa persoalan vaksin COVID-19 berbayar masih dalam kajian dan sifatnya pilihan.

Kebijakan ini paling cepat akan diterapkan setelah masa transisi pandemi ke endemi berakhir. Diperkirakan tahun ini adalah tahun di mana Indonesia akan bergeser dari pandemi menjadi endemi.

"Ini (vaksin COVID-19 berbayar) kemungkinan untuk booster ketiga," kata Nadia saat dikonfirmasi Health Liputan6.com melalui pesan singkat pada Jumat, 10 Februari 2023.

Perihal booster yang diulang setiap 6 bulan sekali di masa endemi, Nadia menekankan, hal itu belum menjadi keputusan final.

Pertimbangan skema penyuntikan, apakah harus diulang kembali tiap 6 bulan atau setahun sekali seperti vaksin influenza, akan dibahas lebih lanjut.

"(Untuk mekanisme penyuntikannya) tunggu kajian," kata Nadia.


Vaksin COVID-19 Lokal untuk Masa Endemi

Soal vaksin COVID-19 berbayar di masa endemi, Nadia mengungkap pertimbangan pemasaran produk vaksin COVID-19 nantinya tergantung dari pemegang lisensi industri farmasi yang bersangkutan.

Dalam pemasaran produk vaksin COVID-19 di Indonesia yang menjadi catatan

penting adalah produk tersebut harus memeroleh izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI. Pada vaksin COVID-19, BPOM mengeluarkan Izin Penggunaan Darurat (Emergency Use Authorization/EUA).

"Ini akan pilihan ya, artinya pemegang lisensi tetap bisa memasarkan produknya selama sudah ada izin edar dari BPOM," terang Nadia.

Saat ini, pemerintah masih menggelar vaksinasi COVID-19 gratis. Vaksin COVID-19 yang digunakan diutamakan produksi dalam negeri yakni IndoVac dan InaVac.

"Pemerintah juga memastikan ketersediaan stok vaksin dengan mengutamakan vaksin dalam negeri dan menambah indikasi penggunaan vaksin produksi dalam negeri untuk anak, remaja, dan booster heterolog," kata Nadia dalam keterangan resmi pada Jumat, 10 Februari 2023.

Harga Vaksin Dalam Negeri

Mengenai harga vaksin COVID-19 dalam negeri, Direktur Utama PT Bio Farma, Honesti Basyir meyakini harga vaksin COVID-19 tidak akan melebihi Rp150 ribu bila vaksin tersebut akan dipasarkan ke masyarakat.

Walau begitu, Pemerintah pasti mempertimbangkan lebih lanjut keputusan harga vaksin Indovac yang dikembangkan Bio Farma bersama Baylor College of Medicine.

"Sekali lagi sih, harganya vaksin berbayar enggak akan mungkin lebih dari Rp150 ribu," katanya kepada Health Liputan6.com saat ditemui usai acara HUT Holding BUMN Farmasi di The Tribrata Darmawangsa Jakarta, ditulis Jumat (10/2/2023).

Saat ini, harga vaksin Indovac yang dibeli pemerintah di bawah seratus ribu rupiah.

"Kalau kisaran harga kan sekarang Pemerintah beli di kami itu Rp95 ribu. Yang penting, kalau seandainya nanti kami diizinkan dijual ke masyarakat, tentunya nanti ada harga yang bisa kita hitung lagi ya, karena pasti beda harganya," terang Honesti.


Mekanisme Pembayaran Vaksin COVID-19 Booster Saat Endemi

Menanggapi rencana Menkes soal vaksinasi COVID-19 berbayar di masa endemi, Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara, Prof Tjandra Yoga Aditama secara tersirat menyatakan kurang setuju.

Menurut Prof Tjandra, COVID-19 adalah penyakit yang pernah menjadi pandemi luar biasa. Oleh sebab itu, akan lebih baik kalau negara melindungi warganya terhadap penyakit ini. Sehingga bukan soal harga Rp100 ribu, malah diharapkan diberikan secara cuma-cuma.

"Walaupun nanti sudah bukan pandemi, jadi tetap diberikan vaksinasi secara cuma-cuma. Paling tidak beberapa tahun ke depan dan lalu dievaluasi lagi dan lagi," kata Tjandra Yoga saat dihubungi Health Liputan6.com melalui pesan singkat pada Jumat, 10 Februari 2023.

Lalu, epidemiolog Masdalina Pane mengatakan selama masa wabah, berbagai infrastruktur baik vaksin hingga alat kesehatan (alkes) harus terjangkau olah masyarakat.

"Selama kondisi wabah, baik itu epidemi, pandemi maupun endemi, maka pemerintah harus menyiapkan infrastruktur vaksin, masker, oksigen, obat dan alkes dengan terjangkau," kata Masdalina lewat pesan teks.

Pendapat dari epidemiolog Dicky Budiman juga perlu menjadi perhatian para pemangku negara. Menurut Dicky, alih-alih mempersiapkan pembayaran mandiri, lebih baik negara-negara di dunia terutama negara maju dan sebagian negara berkembang, sudah menyiapkan mekanisme penyediaan vaksin booster dengan pembiayaan universal health coverage.

"Jadi, sebenarnya enggak beli (vaksin). Masyarakat mendapatkan haknya karena dia melakukan kewajiban membayar premi dari asuransinya kalau di Indonesia BPJS Kesehatan. Ini termasuk untuk masyarakat yang kaya atau menengah," ujar Dicky.

Sedangkan, untuk masyarakat kurang mampu, maka tergolong dalam penerima bantuan iuran atau PBI, artinya dibantu oleh negara, tambahnya.

Bagi masyarakat yang ingin membeli vaksin dari fasilitas kesehatan swasta maka boleh saja, tapi peran pemerintah tidak hilang.

"Sebagaimana jenis-jenis vaksin yang sifatnya menjadi masalah kesehatan masyarakat, itu (vaksin booster) harus difasilitasi oleh pemerintah."

"Mekanismenya kalau begitu sebenarnya tidak terlalu memberatkan pemerintah karena kan kalau di BPJS ada sistem subsidi silang, yang kaya bantu yang miskin. Seharusnya itu yang dikembangkan," kata Dicky.

Selain perkara vaksinasi booster untuk meningkatkan antibodi hadapi SARS-CoV-2 di masa endemi, Prof Tjandra menyinggung soal pembiayaan pada pasien-pasien yang mengalami long COVID yang harusnya ditanggung negara.

"Sekarang sedang banyak dibicarkan tentang long COVID, yang baiknya juga ditanggung oleh pemerintah pembiayaannya," katanya.


Meragukan Vaksinasi Tiap Enam Bulan Sekali

Baik Prof Tjandra, Masdalina dan Dicky, ketiganya sama-sama mempertanyakan perihal pernyataan vaksin booster COVID-19 di masa endemi setiap enam bulan sekali.

Hal yang harus juga diingat yang belum sepenuhnya banyak orang tahu, kata Prof Tjandra, adalah apakah vaksinasinya akan diulang setiap enam bulan sekali atau sama seperti vaksinasi influenza yang setahun sekali.

"Kalau toh harus diulang, kita juga belum tahu sampai berapa lama (berapa tahun ke depan atau seumur hidup atau bagaimana) dan apakah vaksinnya akan sama atau berubah sesuai varian yang ada," kata Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI Jakarta ini.

Sementara itu, Masdalina menyorot soal vaksin booster pertama yang kini belum mencapai target. Apalagi nanti bila setiap enam bulan.

"Ngapainvaksin terus tiap enam bulan? Seperti tidak ada kerjaan saja, padahal 70 persen dosis 2 sampai sekarang enggak nyampe-nyampe," kata Masdalina.

Imunitas Bisa Bertahan 12 Bulan

Senada dengan dua pakar di atas, Dicky tidak melihat esensi vaksinasi COVID-19 booster setiap enam bulan sekali. Terlebih, riset terakhir soal hybrid immunitymenunjukkan, imunitas yang terbentuk pada orang yang sudah divaksinasi lengkap dapat bertahan 12 bulan.

"Misalnya orang divaksinasi tiga kali, kemudian terinfeksi oleh subvarian Omicron, hybrid immunity yang terbentuk itu bertahan 12 bulan rata-rata."

"Jadi urgensi atau dasar enam bulan menjadi enggak esensial. Ditambah lagi jika itu menyangkut kelompok muda atau yang risikonya kecil. Nah ini kenapa saya tidak melihat urgensi (booster) per enam bulan," pungkas Dicky.

Jika memang butuh booster, tidak perlu enam bulan sekali. Lebih baik, saat sudah waktunya kita masuk endemi, vaksinasi COVID-19 booster hanya untuk kelompok berisiko tinggi seperti pada lansia maupun orang dengan mobilitas tinggi dengan pemberian seperti influenza setahun sekali.

"Saat ini masih terlalu dini untuk mengatakan semua harus booster enam bulan sekali, kecenderungannya tampaknya tidak seperti itu."


Vaksin COVID-19 Gratis Sampai Kapan?

Saat ini, pemerintah tetap menggelar vaksinasi COVID-19 dosis satu, dua serta booster pertama dan kedua secara gratis alias cuma-cuma.

Budi mengatakan bahwa dalam Undang-Undang terkait Wabah sudah dibahas bahwa selama kondisi pandemi negara wajib membayar keperluan vaksin masyarakat.

"Memang di Undang-Undang Wabah itu ditulis, selama ini masih di-declare darurat, negara masih bayar," kata Budi.

Saat ini, status kedaruratan kesehatan COVID-19 masih berlaku secara nasional dan global.

"Keppres (Keputusan Presiden) terkait Pandemi itu masih berlaku dan itu menginduk ke Keppresnya WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) yang namanya Public Health Emergency of International Concern (PHEIC)."

Mengingat pandemi berlaku secara global, maka tidak memungkinkan sebuah negara memutuskan sendiri soal kedaruratan tersebut.

"Karena ini pandemi global, kalau kita putusin sendiri kan lucu, harusnya putusinnya dengan mereka (WHO)."

Meski begitu, beberapa negara seperti Jepang dan Amerika Serikat, bakal mendeklarasikan status kedaruratan pandemi berakhir pada Mei tahun ini. Negara-negara tersebut termasuk Jepang dan Amerika Serikat.

Melihat hal tersebut, Budi pun melakukan konsultasi dengan WHO. Hasil diskusi tersebut menyatakan bahwa keputusan mengenai kedaruratan adalah wewenang masing-masing negara.

"Ini diplomatis. Pertama, keputusan mengenai kedaruratan adalah wewenang masing-masing negara. Nomor dua, dia kasih pesan seakan-akan begini 'Tapi kalau jalan sendiri kan lucu juga' orang bisa ketawa tiba-tiba Indonesia jadi satu-satunya negara yang bilang 'kita endemi' yang lain enggak, itu kan lucu juga," kata Budi.

Berdasarkan diskusi dengan WHO, organisasi tersebut mengatakan ada beberapa faktor ilmiah yang mendasarinya pencabutan status kedaruratan kesehatan.

"WHO menyarankan, yang menjadi konsideran ilmiahnya adalah hospitalisasi, ICU, dan kematian. Masalahnya tidak semua negara memasukkan data hospitalisasi, ICU, dan kematian. Di region-nya kita hanya Bangladesh yang memasukkan data itu."

WHO pun meminta Indonesia untuk memasukkan data-data terkait angka hospitalisasi, ICU dan kematian akibat COVID-19. Mendengar permintaan itu, Kemenkes akan ikut memasukkan data-data yang diinginkan WHO.

"Dan kita akan komunikasi intens dengan WHO agar pada saat nanti kita mendeklarasikan, maka ini jadi enggak aneh dan mereka sudah tahu. Dan tidak kelihatan kita nyelonong sendiri."

"Saya juga minta teman-teman segera buka komunikasi dengan Amerika dan Jepang untuk melihat perkembangan mereka, timeline-nya mereka, dan skedulnya mereka seperti apa. Jadi kalau pun kita mendeklarasikan, maka kita akan sama protapnya (prosedur tetap) dengan negara-negara maju dan dengan sepengetahuan WHO."