Uang Rp 200 Juta Raib Usai Pembunuhan

Uang Rp 200 Juta di Rekening Brigadir J Hilang Usai Dibunuh Ferdy Sambo, Pengacara Lapor Polisi

Liputan6.com 2023-02-16 07:34:10
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ferdy Sambo memberikan isyarat saat mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (13/12/

Penasihat Hukum, Almarum Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak kembali melaporkan kasus dugaan pencurian dengan kekerasan dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) ke Polres Metro Jakarta Selatan. Laporan ini dibuat lantaran uang Rp 200 juta dan barang-barang milik mendiang Brigadir J hilang usah pembunuhan yang dilakukan Ferdy Sambo.

Laporan teregister dengan nomor LP/B/525/II/2023/SPKT/POLRES METRO JAKSEL/ POLDA METRO JAYA Tanggal 15 Februari 2023.

Laporan itu, kata dia, didasari dari fakta-fakta selama persidangan. Adapun, dugaan pencurian terkait raibnya uang di rekening milik Brigadir J sejumlah Rp 200 juta.

"Uang almarhum hilang Rp 200 juta pasca dia dikubur tanggal 10 Juli 2022 11 Juli 2022 dan dalam tanda kutip masih mentransfer uang Rp 200 juta yaitu tidak mungkin almarhum Yosua melakukan itu," ujar Kamaruddin di Jakarta, Rabu, (15/2/2023).

Selain uang, Kamaruddin mengatakan ada pula jam tangan, dua unit telepon genggam, laptop dan dua buku rekening dari bank BNI, BCA dan BNI serta pin emas.

"Sampai sore ini belum ditemukan atau dikembalikan," ujar dia.

Kamaruddin menerangkan, korban dalam hal ini adalah ahli waris dari Brigadir Yosua yaitu Samuel Hutabarat, Rosti Simanjuntak, Yuni, Maharesa Rizky dan Devi. Sementara itu, terlapornya masih dalam lidik.

"Maka yang berhak atas semua barang-barang almarhum pasca dibantai atau dibunuh adalah ahli warisnya yang lima orang. Tetapi para pelaku ini bukan ahli waris. Jadi dia tidak berhak mengambil barang-barang atas almarhum," ujar dia.

Kamaruddin menerangkan, pihaknya pernah menagih kepada mereka yang diduga mengetahui barang-barang almarhum.

Namun, selama hampir delapan bulan belum juga ada itikad baik untuk mengembalikan kepada klienya yakni Samuel Hutabarat, Rosti Simanjuntak maupun Yuni Hutabarat. Sehingga, ia memilih untuk mengadukan persoalan ini ke kepolisian.

"Kita ingatkan perbuatannya melalui laporan polisi. Supaya mereka nanti tersadar karena ini ancamannya 20 tahun tindak pidana pencucian uang," ucap dia.


2 Laporan Polisi

Kamaruddin mengaku membuat dua laporan polisi sekaligus. Satu laporan polisi model B tentang tindak pidana kejahatan pencurian dengan kekerasan juncto tindak pidana pencucian uang. Sedangkan, satu lagi laporan polisi model C.

"Model C ini untuk mengganti atau pengurusan segala barang-barang milik almarhum untuk mengurus hak-haknya. Entah itu mengurus Taspen, Asabri, dan hak-hak lainnya," ujar dia.

Sementara itu, Rosti Simanjutak berharap laporan segera ditindaklanjuti dan barang-barang milik Brigadir J segera bisa dikembalikan kepada hak waris.

"Seharusnya kalau itu barang milik anakku harus dikembalikan pada ahli warisnya, karena setelah anak itu meninggalkan orangtua, dibunuh secara sadis jadi yang berhak saya sebagai ibu almarhum dan saudara dan ayahnya. Sebagai ahli waris yang sah," ujar Rosti.

Dalam laporan tersebut, terlapor dipersangkakan melanggar Pasal 362 dan atau 365 KUHP junto Pasal 3, 4, 5 Undang-Undang RI No 8 Tahun 2010.

Balas Dendam Usai Divonis Mati

Diminta Berhati-Hati Jika Ferdy Sambo Melawan, Polri Mengaku Tak Khawatir

Liputan6.com 2023-02-16 10:32:50
Terdakwa kasus dugaan pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ferdy Sambo mengikuti sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (31/1/2023). Pembunuhan te

Terdakwa Ferdy Sambo telah divonis hukuman mati oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengaku Korps Bhayangkara tidak khawatir jika Ferdy Sambo akan melakukan perlawanan balik. Dia meyakini, Polri hanya berkomitmen untuk menjalankan hukum dengan adil dan transparan.

"Langkah antisipasi secara umum tidak ada, yang jelas dari komitmen bapak Kapolri dari awal proses pengungkapan kasus ini harus diungkap terang benderang dan diungkap setransparan mungkin dengan proses secara ilmiah," kata Dedi di Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Soal vonis mati terhadap matan anggota perwira tinggi Polri tersebut, menurut Dedi, Korps Bhayangkara tidak akan ikut campur. Dia memastikan, Polri menghormati semua proses hukum yang sudah berjalan hingga hari ini.

"Komitmen bapak Kapolri dari awal sudah kami buktikan dan sampai vonis hari ini pun Polri betul menghormati apa yang diputuskan oleh hakim di pengadilan," jelas Dedi.

Soal masih adanya anak buah Sambo di tubuh Polri, Dedi menegaskan kepatuhan anggota hanya pada institusi dan bukan perseorangan. Hal itu harus dijalankan sesuai dengan aturan yang benar dan bukan karena takut terhadap atasan.

"Bapak Kapolr tidak lagi harus mengingatkan dua kali, setiap anggota yang terbukti melakukan kesalahan, pelanggaran apapun harus diproses sesuai aturan berlaku. Ini komitmen karenanya polri harus benar profesional dalam menjalankan tugas," Dedi menandasi.

Sebelumnya, Sugeng selaku pengamat kepolisian mewanti akan ada gerakan bila Sambo divonis mati. Hal itu disampaikan Sugeng melalui keterangan pers kepada awak media dua pekan sebelum vonis dibacakan.

"Kalau dia mendapatkan ancaman hukuman mati, perlawanannya akan mengeras," kata Sugeng.


Kejagung Pantau Perlawanan Ferdy Sambo

Kejaksaan Agung masih mempelajari putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terhadap terdakwa Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Kuat Maruf dan Ricky Rizal Wibowo yang telah dibacakan pada Senin (13/2) dan Selasa (14/2).

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Ketut Sumedana, menyebut Kejagung belum menentukan sikap terkait putusan tersebut, namun jika perkara tersebut berlanjut ke tahap selanjutnya, pihaknya siap untuk menghadapinya.

"Terhadap vonis majelis hakim tersebut, Kejaksaan Agung masih akan mempelajari seluruh putusan yang dibacakan pada Senin (13/2) dan Selasa (14/2) untuk menentukan langkah selanjutnya, dan melihat perkembangan upaya hukum yang dilakukan oleh terdakwa beserta penasehat hukumnya," kata Ketut.

Terkait perbedaan dalam ancaman pidana (strafmaat) hukuman antara majelis hakim dan jaksa penuntut umum (JPU), menurut Ketut hal itu sudah biasa terjadi. Namun, beratnya vonis yang dijatuhkan majelis hakim kepada para terdakwa menunjukkan JPU berhasil meyakinkan hakim dalam membuktikan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J yang dilakukan para terdakwa.

Kejagung berpendapat, bahwa seluruh fakta hukum dan pertimbangan hukum yang disampaikan dalam surat tuntutan penuntut umum telah diakomodasi dalam vonis majelis hakim di perkara tersebut.

Ketut pun menyampaikan apresiasi kepada Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang mengadili perkara Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Kaut Maruf dan Ricky Rizal Wibowo.

Hakim menjatuhkan vonis pidana mati kepada Ferdy Sambo, pidana 20 tahun penjara kepada Putri Candrawathi, pidana 15 tahun kepada Kuat Maruf dan pidana 13 tahun kepada Ricky Rizal.

"Penuntut Umum telah berhasil meyakinkan majelis hakim dalam membuktikan Pasal 340 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP yaitu pasal primer pembunuhan berencana sebagaimana surat dakwaan penuntut umum," katanya.

Richard Eliezer dan Pengacara Nangis Bareng

Richard Eliezer dan Pengacara Nangis Haru atas Vonis 1,5 Tahun, Perjuangan Panjang Dapat Putusan Bagus

Liputan6.com 2023-02-16 10:00:00
Richard Eliezer dan pengacaranya, Ronny Talapessy, SH, MH. (Foto: Dok. Instagram @ronnytalapessy)

Jalan panjang Richard Eliezer mencari keadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terkait kasus Ferdy Sambo akhirnya berbuah manis. Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso menerbitkan vonis 1 tahun 6 bulan untuknya.

Sang pengacara, Ronny Talapessy, S.H., M.H., dan Richard Eliezer menangis terharu atas vonis hakim yang dinilai mempertimbangkan posisi Bharada E sebagai justice collaborator.

"Ya, hasil vonis hari ini memuaskan buat kami penasihat hukum, keluarga, dan saya pikir masyarakat luas juga puas terhadap keputusan Majelis Hakim hari ini," kata Ronny Talapessy kepada awak media.

Ronny Talapessy menyebut vonis 1,5 tahun penjara mewakili rasa keadilan bagi keluarga Bharada E, keluarga Brigadir J, dan masyarakat Indonesia yang sejak awal mengawal kasus ini.


Mengapresiasi Hakim

"Kami menghargai dan sangat mengapresiasi bahwa hakim bisa memberikan keputusan yang seadil-adilnya, mewakili rasa keadilan Richard Eliezer, keluarga, korban juga, dan masyarakat luas," ia mengulas.

Ronny Talapessy kemudian menjelaskan mengapa ikut mewek setelah vonis 1,5 tahun diumumkan. Ia mengenang betapa panjang jalan yang ditempuh untuk mencari cahaya keadilan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Keputusan Yang Bagus

"Kita (menangis) sedih karena proses itu cukup panjang, perjuangan kita dan pada hari ini kita mendapat keputusan yang sangat bagus," urai Ronny Talapessy kami lansir dari video interviu di kanal YouTube Intens Investigasi, Rabu (15/2/2023).

Mewakili Richard Eliezer dan keluarga, ia berterima kasih untuk doa dan semangat yang dikirim masyarakat Indonesia selama ini. Richard Eliezer mengaku puas atas vonis hakim.


1 Tahun 6 Bulan

"Satu tahun 6 bulan ini adalah hal yang... kami puas terhadap keputusan tersebut. Kami apresiasi (vonis ini)," pungkas Ronny Talapessy. Diberitakan sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum menuntut Richard Eliezer 12 tahun penjara atas pembunuhan Brigadir J.

Kala itu publik syok karena tuntutan jaksa terhadap Richard Eliezer lebih berat jika dibandingkan dengan Putri Candrawathi (PC) yang "hanya" 8 tahun penjara. Tak disangka, hakim punya perspektif lain dalam menimbang perkara. Kini, PC divonis 20 tahun penjara.

Anak Prabowo Bikin Baju untuk Iriana Jokowi

Anak Prabowo Bikin Baju untuk Iriana Jokowi, Dititipkan Ke Gibran Rakabuming Saat Nyekar Makam Pak Harto

Liputan6.com 2023-02-16 13:00:00
Iriana Jokowi saat mendampingi Presiden Jokowi. (Foto: Dok. Instagram terverifikasi @jokowi)

Momen langka terjadi ketika anak Prabowo Subianto, yakni desainer Didit Hediprasetyo menemui Gibran Rakabuming di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/2/2023).

Didit Hediprasetyo tampil kasual dengan kemeja putih lengan panjang dan celana jin biru. Ia membawa paper bag hitam yang ternyata berisi baju untuk Iriana Jokowi dan Selvi Ananda.

"Enggak. Cuma mau silaturahmi saja. Enggak, kebetulan lagi nyekar mau puasa, jadi mampir ke Mas Gibran," kata Didit Hediprasetyo kami lansir dari video wawancara di kanal YouTube Berita Surakarta, kemarin.

Didit Hediprasetyo terbang ke Solo dalam rangka nyekar ke makam mantan Presiden Soeharto di Astana Giribangun, Karanganyar. "Tadi nyekar di Giribangun, ya," ia menambahkan.


Baju Buat Ibu Negara

Setelah melepas Didit Hediprasetyo, Gibran Rakabuming menjelaskan perkara baju untuk Ibu Negara dan istri tercinta, Selvi Ananda. Rupanya, sudah lama Iriana Jokowi pengin baju rancangan Didit Hediprasetyo.

"Mas Didit itu janjian mau bikinkan baju untuk istri saya sama ibu. Baju resmi," cetus bintang film Sesuai Aplikasi. "Soalnya terutama ibu, itu sudah pengin lama banget dibikinkan (baju oleh) Mas Didit. Satu-satu. Istri saya satu, ibu satu," Gibran Rakabuming menyambung.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Rahasia, Dong!

Selentingan di kalangan jurnalis menyebut, Didit Hediprasetyo datang tak hanya buat silaturahmi dan titip baju buat Ibu Negara. Konon, ia membawa pesan khusus dari Prabowo Subianto untuk Gibran Rakabuming.

"Rahasia dong. Tahun politik nih, rahasia terus," selorohnya seraya menyebut pertemuan dengan Didit Hediprasetyo adalah urusan anak muda. Ini soal kolaborasi dalam waktu dekat.


Urusannya Anak Muda

Gibran Rakabuming mengakui, Didit Hediprasetyo membawa pesan khusus dari Prabowo untuknya. Namun lagi-lagi, ia enggan membeberkan pesan Sang Menteri Pertahanan RI.

"Ini urusannya anak muda. Kolaborasi apa, nanti sajalah. Kalau ada (pesan khusus) masa saya sampaikan ke kalian. Ya pasti ada (pesan dari Pak Prabowo)," Gibran Rakabuming mengakhiri.

Bisnis Parfum Uniseks

Nicholas Saputra Luncurkan Lini Parfum, Unik Tak Membatasi Gender

Liputan6.com 2023-02-16 13:05:00
(Adrian Putra/Fimela)

Setelah sukses di dunia hiburan, ternyata aktor Nicholas Saputra diam-diam tertarik merambah ke dunia bisnis personal care. Pemeran Rangga di film Ada Apa Dengan Cinta itu meluncurkan lini parfum yang dinamai Unke Naru.

Nico, sapaan akrabnya, dilibatkan sejak awal dalam pembuatan parfum. Untuk merealisasikan lini parfumnya, Nicholas menggandeng yang seorang master parfum dari Prancis, Benyamin Foatelli.

"Kenapa harus ada dua For You dan For Me, itu sudah dari awal," demikian bunyi dari tayangan fitur Insta Story unggahan di Instagram resminya @unkenaru, dikutip Kamis, (16/2/2023)

Disebutkan bahwa parfum tersebut juga tidak dibatasi gender, dua-duanya uniseks dan memiliki karakter masing-masing yang membedakan satu sama lain tapi juga seperti sebuah kesatuan. Unke Naru tidak menerapkan konsep gender karena memang parfum itu sejatinya tidak harus terikat dengan gender tertentu.

Konsepnya juga terbilang manis dengan penamaan "For You" dan "For Me" lantaran ada kalanya kita memakai parfum tertentu itu untuk orang lain, baik untuk memikat atau untuk meninggalkan kesan. Aroma sendiri dikatakan sangat lekat dengan emosi dan juga memori.

Peluncuran Unke Naru juga terbilang unik menggabungkan sisi estetik dan imersif dengan ilalang. Pengunjung diajak untuk mengetahui interpretasi masing-masing aroma parfum melalui kaca mata VR.

"For You" digambarkan sebagai deburan ombak laut biru menenangkan dan ditemani aroma musk yang nyaman. Sementara "For Me" menyuguhkan visual padang ilalang dengan aroma woody yang hangat tapi ada sedikit rasa manisnya.


Detail Aroma dan Harga

Berdasarkan laman marketplace yang sudah menjual parfum tersebut, di keterangan produk disebutkan bahwa For Me akan lebih terkesan bold daripada For You, yang mendeskripsikan sisi animalic. Wanginya sangat lembut dengan sedikit aroma woody, sentuhan floral dan fruity di kulit juga terkesan hangat sensual serta membuat nyaman.

Harga untuk parfum tersebut terbilang di Tokopedia sepasang dibanderol Rp1 juta, sehingga per parfum seharga Rp500 ribu untuk ukuran masing-masing 100 ml. Unke Naru sudah menyematkan tautan untuk membeli produk tersebut melalui marketplace Tokopedia.

Dengan memberi catatan parfum For You terdiri atas nuansa fig, pearm milky dengan aroma coconut tree leaves, clover, water jasmine dan dasarnya amberwood, orcanox serta white musk.

Sedangkan For Me mengombinasikan apple blossom, cinnamon flower, styrax, gum dengan paduan wangi bunga rose, cedarwood, sambac, dan jasmine. Dasar parfum mengambil aroma white musk, sandalwood, cashmere wood.


Karakter di Film Selanjutnya

Mengutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, baru-baru ini Nicholas juga berbagi cerita soal karakter Rhun yang diperankannya dalam film berjudul unik, Kau, Rabu dan Perkara2 Sepintas Lalu. Film pendek ini diproduseri Mira Lesmana dan digarap oleh sutradara Riri Riza.

Tentunya ini bukan kerja sama pertama Riri Riza dan Nicholas Saputra. Sebelumnya, mereka berkolaborasi lewat beberapa film seperti 3 Hari Untuk Selamanya, Gie, dan Ada Apa Dengan Cinta 2. Aktor kelahiran Jakarta, 24 Februari 1984, ini menyebut punya pertimbangan khusus sewaktu menerima tawaran peran Rhun yang menantang.

"Setiap kali dapat tawaran peran, saya harus tahu dulu karakter seperti apa yang diberikan kepada saya. Begitu pula untuk film Kau, Rabu dan Perkara2 Sepintas Lalu," ungkap Nicholas Saputra.

Aktor peraih dua Piala Citra ini berdiskusi dengan Riri Riza mengenai Rhun dan apa yang dialami maupun dirasakannya. Dengan begitu, Nicholas punya gambaran detail untuk berempati pada sosok Rhun untuk memainkannya.


Nicholas di Sayap-Sayap Patah

Masyarakat sempat lama tidak menyaksikan akting Nicholas Saputra di layar lebar. Pria 38 tahun itu kembali ke layar lebar belum lama ini dengan adu aktingnya bersama Ariel Tatum dalam film Sayap Sayap Patah yang telah tayang di bioskop.

Film garapan Rudi Soerdjawo ini menampilkan Nicholas Saputra dan Ariel Tatum sebagai pasangan suami istri yang berjuang melawan keadaan yang menegangkan. Nicholas Saputra memerankan Aji dan Ariel Tatum memerankan Nani. Dalam film ini Aji sebagai polisi yang bertugas di Densus 88 Antiteror.

Film ini diambil dari kejadian nyata kerusuhan di Mako Brimob pada tahun 2018 silam. Dikisahkan mereka berdua menjalin rumah tangga yang harmonis. lalu Nani yang diperankan oleh Ariel Tatum sedang hamil.

Lantaran sedang hamil tua, mengingat tugas Aji sebagai polisi yang ketika itu selalu berhadapan dengan teroris, Nani mesti tinggal bersama ibunya di Jakarta untuk menjaga bayi yang dikandungnya supaya tidak keguguran.

Sewaktu-waktu Aji dipindahtugaskan ke Jakarta. Sampai akhirnya bisa kembali dekat dengan istrinya yang sedang mengalami gangguan pada kehamilannya.

Alasan Bulan Madu ke Eropa

Alasan Erina Gudono Pilih Bulan Madu dengan Kaesang Pangarep ke Eropa

Liputan6.com 2023-02-16 10:02:00
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Foto: Dok. Instagram @erinagudono)

Erina Gudono dan Kaesang Pangarep resmi menikah pada 10 Desember 2022 di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Setelah menggelar pesta yang dihadiri ribuan orang, termasuk sejumlah tamu asing, keduanya bertolak ke Eropa untuk bulan madu.

Momen manis Erina Gudono dan Kaesang Pangarep saat bulan madu lalu dibagikan melalui akun Instagram pribadi masing-masing. Pada salah satu unggahan terbaru, Erina mengungkapkan alasannya memilih Eropa sebagai destinasi bersama suami.

Keterangan yang cukup panjang Erina disertakan dalam potret yang menampilkan dirinya merangkul Kaesang. Kedua terlihat berbalut busana serba tebal untuk menghalau cuaca dingin dengan Menara Eiffel jadi latar belakang potret mereka.

"Karena bingung caption apa aku mau sesekali cerita.. Waktu umur 17 aku bercita-cita pengen mengunjungi semua benua dengan effort dan biaya sendiri sebelum aku 25 tahun.. pas itu belum tau caranya tapi aku percaya aku bisa," tulis Erina dalam unggahan pada 14 Februari 2023.

Puteri Indonesia DI Yogyakarta 2022 ini mengaku bertekad kuliah dengan baik, menabung uang dari lomba-lomba lokal sampai bisa ikut lomba ke luar negeri. Ia juga giat mencari sponsor hingga dapat beasiswa course ke luar negeri agar tidak membebani orangtua.

"Susah bagi aku tapi terbayar seneng melaluinya karena aku bisa. Di umur 25, semua lebih dari ekspektasiku walau blm semua target aku penuhi, tapi aku bersyukur bisa belajar di banyak tempat di dunia dan jadi cerita selama masa muda," lanjut istri Kaesang Pangarep ini.


Penuh Kebahagiaan

Meski begitu, Erina masih terpikir mimpinya untuk bisa pergi ke Eropa, mengingat ketika ada kesempatan tetapi sulit mencari waktu. "Makanya waktu nikah aku seneng banget Mas Kaesang bareng setuju meluangkan waktu buat wujudin salah satu kepengenan jaman duluku yg belum kesampaian buat ke Eropa," tambahnya,

Erina melanjutkan, "Kali ini aku bisa berdua, ngga sendiri lagi. Bukan cuma jalan-jalan tapi juga malah nemu banyak motivasi untuk belajar banyak hal lagi. Banyak hal kadang ngga sesuai sama yg kita rencanakan, tapi percaya lah dan selalu berprasangka baik bahwa rencana Allah lebih baik dari segala-galanya."

Unggahan itu untu memperingati dua bulan pernikahan Erina dengan Kaesang yang tepatnya jatuh pada 10 Februari 2023. Pesan manis ia sampaikan melalui deretan potret ketika mereka bulan madu di Prancis.

"Selamat dua bulan pernikahan Cintaku. Terimakasih udah jadi pasangan, pemimpin, dan juga sahabat hidupku. Jalan jalan yang cuma berdua ini jadi yang pertama kali buat kita, makasih udah mewujudkan semua yang aku pingin...Foto foto makan jalan kaki jauh pun dilakukan sama suamiku ini yang bucin, jangan kapok ya Sayang," tulisnya.


Bulan Madu ke Swiss

Pada awal Januari 2023, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menikmati bulan madu di sejumlah negara di Eropa. Salah satunya adalah Swiss. Negara di Eropa ini termasuk destinasi wisata favorit di dunia karena punya alam yang indah.

Baik Erina maupun Kaesang tidak mengunggah perjalanan bulan madu mereka di akun media sosial masing-masing. Namun, momen bulan madu keduanya dibagikan oleh pemandu wisata atau tour guide asal Indonesia bernama Rachel yang tinggal di Swiss.

Akun Twitter @shallhar atau Bu Samidi membagikan foto Kaesang dan Erina yang sedang berada di sebuah tempat makan berlatar pegunungan salju Swiss. Mereka juga sempat menghabiskan waktu bermain ski.

"Suatu kehormatan besar mazzeh @kaesangp bisa mendampingi kalian bulan madu di negara paling cantik sedunia no debat!!" cuit akun tersebut pada Jumat, 6 Januari 2023.

Rachel merupakan perempuan asal Solo. Mereka semakin akrab karena merasa dari satu kota yang sama. Kaesang bahkan sampai diminta untuk menandatangani jersey Persis Solo milik Rachel. Pemandu wisata itu juga menceritakan pengalamannya selama menemani pengantin baru itu di Swiss. Kaesang dan tour guide justru berbincang menggunakan Bahasa Jawa yang membuat Erina sebagai orang Yogyakarta kebingungan.

"Sepanjang perjalanan, kita ngobrol dalam bahasa Jawa, bahkan dialekSoloyang sebagian besar mbak Erina ga tau," tulis Rachel di Instagram Storynya.


Tanpa Kawalan Paspampres

Kedekatan Kaesang-Erina dengan pemandu tur tersebut membuatnya sampai bercerita mengenai orangtuanya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan kakak-kakaknya, Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu. Cerita Kaesang itu membuat tour guide itu hampir lupa bahwa yang sedang bersamanya adalah anak dari orang nomor satu di Indonesia.

"Sepanjang perjalanan pula kita ga pernah engga ketawa-ketawa. Banyak cerita-cerita lucu tentang Bapak, Ibu, mas Gibran dan mbak Ayang yang ternyata ya receh aja kayak keseharian kita-kita ini. Kadang kayak ga percaya bahwa bapak dan ibu yang dimaksud ini Pak Jokowi dan Ibu Iriana," tulis Rachel.

Bukan hanya ke Swiss, Kaesang dan Erina juga berkeliling Eropa seperti Prancis dan Italia. Di negara tertentu, keduanya masih dikawal. Namun begitu tiba di Swiss, mereka menikmati waktu berkualitas tanpa dijaga oleh Paspampres. Hal tersebut karena Swiss dianggap negara yang aman.

"Selama di Swiss aku macak Paspampres karena sudah cukup galak. Swiss menurut bapak-bapak ini khan aman dan nyaman, jadi tanpa pengawalan mereka pun oke-oke saja. Ya kalo Paris dan Milan, harus ada, wong kotanya serem gitu," tulis tour guide tersebut.

Lulus Sekolah Penerbangan Jadi Penjual Pisang

Lulusan Sekolah Penerbangan Jualan Pisang Goreng, Kini Viral dan Dirayu Jadi Model

Liputan6.com 2023-02-16 07:02:32
Penjual Pisang Goreng yang Viral di TikTok Dapat Tawaran Jadi Model. (TikTok:@bananadibs/https://www.tiktok.com/@bananadibs/video/7194283224967761178/Geiska Vatikan Isdy)

Adalah Adib Aidil, seorang penjual pisang goreng keju di Kajang, Selangor, Malaysia yang belakangan viral di TikTok. Dia menjadi tren ketika mengunggah video TikTok dan berkata 'Biasa, biasa maksudnya?' ketika melayani seorang pembeli.

Melansir Mstar pada Selasa, 14 Februari 2023, Adib mengaku sebagai jebolan salah satu sekolah penerbangan di Malaysia. Namun, dia memilih berbisnis pisang goreng hingga bisa mempekerjakan sejumlah karyawan.

Sebelum viral, gerainya biasa menghabiskan 30 kilogram pisang goreng dalam sehari. Tetapi setelah viral, dagangnya ludes dengan cepat. Kini Banana Dibs miliknya bisa menjual 70 kilogram pisang goreng setiap hari dan ludes dalam waktu dua jam.

Video Adib yang sedang melayani pelanggan tak sengaja menjadi viral setelah diunggah di TikTok Live. Banyak warganet menjadikannya sebagai meme karena dianggap lucu.

Adib pun menceritakan hal itu kepada temannya, Ezzul Ezdihar. Saat itu, kata Adib, dia sedang melayani seorang pelanggan. Pelanggan tersebut menutupi menu yang ada di bagian depan kedai pisang gorengnya saat hendak memesan sehingga Adib mencoba menunjukkan dengan memiringkan kepala ke kanan.

Video tersebut kemudian menjadi viral karena banyak di-stich dengan warga TikTok yang menganggapnya lucu untuk ditiru. "Kamu lihat video ku di stitch banyak orang? Aku diledek," ujarnya kepada Ezzul. "Tapi aku terima saja."

Videonya dengan Ezzul kemudian mendapat perhatian dari warganet karena mereka dinilai mirip. "Adib oke dimiripkan, karena TikTok juga kami berdua menjadi teman. Selain itu, Ezzul memiliki aura positif," jelasnya.


Tawaran Jadi Model

Setelah bisnis pisang gorengnya viral, sosok Adib makin dikenal dan mencuri perhatian. Terlebih, parasnya cukup rupawan. Ia pun mendapat penawaran lain. "Berkat viral semua orang kenal dengan Adib. Karena viral, Adib juga mendapatkan beberapa tawaran pekerjaan menjadi model dan masuk agensi," jelasnya dalam video wawancara dengan Mstar.

Pria 24 tahun itu memilih untuk fokus mengembangkan bisnis pisang gorengnya. Namun, Adib masih belum melupakan cita-citanya menjadi pilot dan masih berharap bisa terwujud.

"Masih ada, seperti yang sudah saya sebut bahwa itu adalah cita-cita dari kecil. Kalau ada rezeki, aku akan pergi (untuk menjadi pilot)," katanya.

Jika waktunya untuk menjadi seorang pilot tiba, ia memastikan bahwa usaha Banana Dibs ini masih akan terus berjalan dengan staf yang sudah ia rekrut. Adib menyebut tidak akan menelantarkan stafnya saat ini karena dia mengerti bahwa para staf pasti memiliki harapan akan masa depan ketika mereka bekerja.


Lemah Lembut

Calon pilot itu juga menanggapi tudingan sebagian warganet bahwa dirinya adalah lelaki 'lembek'. Adib menyangkal dengan menyatakan bahwa dia bukan pria "lembek" tetapi gaya bicaranya memang lemah lembut, terlebih ketika berbicara dengan orang yang lebih tua atau pelanggan.

"Saya seperti itu kalau berbicara dengan orang tua atau orang yang tidak saya kenal. Saya tidak lembek, hanya lemah lembut," ujarnya. "Tapi, kalau dengan teman sebaya mungkin cara berbicaranya akan berbeda."

Meski saat ini dia dan bisnisnya sedang viral, Adib percaya bahwa hal tersebut hanya akan bersifat sementara saja. Dia menyebut bahwa momen viralnya saat ini karena warganet yang banyak meniru dan melakukan stitchpada videonya.

Adib tetap berusaha untuk menaikkan penjualan dengan melakilan siaran langsung di TikTok agar bisnisnya tetap bisa bertahan. Saat ini, Banana Dibs memiliki 12 menu, di antaranya adalah cokelat, cokelat keju, cokelat sereal, stroberi, nutella, dan karamel.


Membuat Pisang Goreng

Melansir dari Gita Project, menurut data statistik menunjukkan bahwa pada tahun 2014 di antara buah-buahan tropis, pisang adalah yang paling banyak di dunia. Selain itu, pisang merupakan buah yang mudah diolah, pisang goreng sebenarnya bisa diolah dengan beragam resep tanpa meninggalkan tekstur dan rasanya yang khas. Pisang mengandung zat yang baik untuk tubuh. Rasa pisang yang lembut, memiliki banyak kandungan zat yang baik untuk tubuh. Mulai dari karbohidrat, vitamin C, Vitamin B6, serat, dan banyak manfaat lainnya bagi tubuh.

Pisang Goreng Kriuk

Bahan:

6 buah pisang kepok

Bahan adonan:

2 sdm terigu

2 sdm tepung beras

2 sdm tepung maizena

2 sdm gula pasir

1/4 sdt garam

1 sdt baking powder

1 sdm margarin

60 ml air

Langkah Pembuatan:

1. Campurkan bahan adonan, kecuali margarin dan air. Kemudian, aduk rata.

2. Tambahkan margarin. Aduk rata. Lalu, tambahkan air. Aduk rata. Sisihkan.

3. Kupas pisang dan belah membentuk kipas.

4. Panaskan minyak goreng.

5. Celupkan pisang ke dalam adonan, lalu goreng sampai kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan, dan sajikan hangat.

Pisang Goreng Kalahkan Churros

Pisang Goreng Jadi Makanan Penutup Terbaik di Dunia, Churros dan Bomboloni Kalah

Liputan6.com 2023-02-16 15:16:51
 

Indonesia memiliki beragam kuliner tradisional. Setiap daerah memiliki ciri khasnya sendiri.

Salah satu contoh makanan asli Indonesia adalah rendang. Makanan ini bahkan pernah mendapat pengakuan dunia, menyabet predikat sebagai makanan terenak di dunia.

Selain rendang, sejumlah makanan dari Indonesia pun pernah juga mendapat pengakuan dunia, beberapa di antaranya nasi goreng dan gado-gado.

Kali ini, giliran pisang goreng yang mendapat posisi teratas dalam daftar makanan penutup yang digoreng paling enak di dunia.

Taste Atlas, website berisi panduan wisata seluruh dunia yang sering membagikan daftar makanan atau tempat wisata terbaik di berbagai negara, memberikan penilaiannya terhadap 10 makanan penutup yang digoreng dan paling enak di dunia. Hasilnya, pisang goreng berada di posisi teratas.

Dilansir laman resmi Taste Atlas, Kamis (16/2/2023), berikut ini daftar 10 makanan penutup tersebut, di mana pisang goreng menempati posisi teratas:

Pisang goreng merupakan jajanan sehari-hari yang umum disantap di seluruh Indonesia. Jajanan ini biasanya datang dalam berbagai versi, di mana potongan pisang akan dilapisi adonan tepung sebelum digoreng sampai berwarna keemasan.

Selain banyak jenis lainnya, pisang goreng juga muncul dengan nama yang berbeda seperti godoh biu di Bali atau gedhang goreng di Jawa.

Jajanan ini secara tradisional dijual di warung pinggir jalan dan gerobak. Selain itu, ada beragam cara dalam menikmati pisang goreng di Indonesia. Sementara masyarakat di Jawa akan menyantapnya sebagai hidangan pendamping minum kopi dan teh, masyarakat Manado biasanya menikmatinya didampingi dengan sambal ikan roa.


2. Quarkbllchen

Quarkbllchen adalah camilan tradisional Jerman yang biasanya dibuat dengan menggabungkan quark, tepung, telur, gula, gula vanila, dan baking powder.

Quark sendiri merupakan salah satu bentuk olahan susu yang lebih sehat dibanding yoghurt. Susu, mentega cair, kayu manis, kulit lemon, dan tepung jagung atau kentang juga terkadang ditambahkan ke dalam adonannya.

Campuran quark dibentuk menjadi bola-bola kecil yang digoreng hingga berwarna cokelat keemasan di bagian luar dan lembut serta mengembang di bagian dalam.

Setelah selesai, bola-bola akan biasanya dilapisi gula bubuk atau gula pasir atau campuran gula kayu manis. Diperkirakan berasal dari Bavaria, suguhan manis ini umumnya dinikmati sebagai camilan sore bersama secangkir teh atau kopi.


3. Pastelitos Criollos

Kue asal Argentina yang renyah ini biasanya berbentuk bintang, sedangkan bagian tengahnya diisi dengan quince atau pengawet ubi jalar (dulce). Hidangan ini biasanya digoreng dan kemudian ditaburi gula. Opsi lainnya, kue ini juga dapat diisi dengan dulce de leche dan atasnya dengan taburan warna-warni.

Pastelitos secara tradisional dinikmati pada 25 Mei, ketika memperingati Revolusi Mei dan pembentukan pemerintah Argentina pertama yang merdeka.


4. Fouskakia

Fouskakia adalah donat Yunani tradisional yang juga banyak dikenal sebagai loukoumades. Hidangan ini banyak disiapkan di pulau Skopelos dan Alonnisos, di Laut Aegea barat laut. Nama khusus ini berasal dari kata Yunani foska, yang berarti gelembung , mengacu pada bentuk bulat kecil dari adonan goreng halus yang menyerupai gelembung.

Donat ini biasanya dibuat dengan adonan tepung, air, dan ragi sederhana, dan setelah digoreng dengan minyak, donat biasanya dimakan saat masih hangat. Sementara Fouskakia biasanya dinikmati dengan taburan madu di atasnya dan ditaburi kayu manis atau kacang, meski bisa juga ditemani dengan sendok es krim di sampingnya.


5. Krapfen

Krapfen adalah donat gaya Eropa pertama yang muncul, yang kemudian diikuti oleh donat serupa di negara lain. Kue-kue ini secara tradisional disiapkan dengan adonan beragi yang digoreng hingga keemasan dan renyah di bagian luar, sementara bagian dalamnya tetap lembut dan ringan.

Meskipun krapfen dapat dibuat polos, krapfen paling sering diisi atau diberi selai, dan custard vanila atau cokelat. Sedangkan bagian atasnya biasanya ditaburi gula bubuk atau ditaburi cokelat.

Asal kata krapfen berasal dari abad ke-9, dan resep dalam bahasa Jerman dapat ditemukan sejak abad ke-14.


6. Picarone

Picarone adalah makanan ala Peruvian street food, suguhan lezat gorengan yang juga sering disebut sebagai donat Peru. Adonan dibentuk menjadi cincin dan digoreng dengan minyak panas, lalu picarone ditaburi gula tebu manis.

Diyakini bahwa hidangan ini pertama kali disiapkan selama Kerajaan Spanyol di Lima dan mereka mungkin didasarkan pada buuelos Spanyol. Resepnya pun diadaptasi oleh penduduk setempat yang menambahkan ubi dan labu ke dalam adonan.


7. Bomboloni

Donat goreng Italia yang dikenal sebagai bomboloni adalah salah satu penganan tradisional pada musim Karnaval, tetapi saat ini hidangan ini dapat disiapkan sepanjang tahun. Meskipun bomboloni dikatakan berasal dari Tuscan, namun biasanya dijual sebagai makanan ringan di banyak toko roti dan kedai kopi.

Penyajian bomboloni pun beragam. Di Tuscany dan wilayah utara Italia, bombolini hanya dilapisi gula. Sementara di Lazio, bomboloni berisikan krim halus di dalamnya.


8. Bola de Berlim

Bolas de Berlim adalah donat Portugis yang dibelah menjadi dua, lalu diisi dengan custard berbahan dasar telur yang manis dan lembut. Lembut di bagian luar dan kental serta lembut di bagian dalam, donat ini biasanya ditaburi dengan gula pasir sebelum diisi dengan custard.

Di pantai Portugis, banyak penjual yang menawarkan bola-bola lezat ini dan penduduk setempat suka mengonsumsinya sambil berjemur. Meski bolas de Berlim biasanya diisi dengan custard, donat ini juga bisa dipesan sem creme, yang artinya tanpa isian krim.


9. Churros

Churros merupakan hidangan penutup dari adonan ragi yang digoreng dan ditaburi gula.

Jajanan iniawalnya ditemukan oleh para penggembala Spanyol yang dapat dengan mudah memasaknya di atas wajan di atas api terbuka.

Jajanan ini identik dengan taburan gula kayu manis. Hidangan ini paling sering dimakan di Spanyol dan Amerika Latin sebagai salah satu menu sarapan, ditemani dengan secangkir kopi kental atau secangkir cokelat panas kental.


10. Vdolky

Donat asal Ceko yang lembut dan empuk ini dibuat dengan adonan beragi yang terkadang diberikan kulit lemon. Biasanya berbentuk bulat dan memiliki lekukan kecil di atasnya, yang digunakan untuk menampung topping yang lezat. Meski bisa dipanggang di oven, vdolky biasanya digoreng dengan minyak hingga berwarna cokelat keemasan.

Secara tradisional, donat ini dinikmati hangat-hangat, disiram selai dan atasnya dilengkapi dengan krim kocok atau keju cottage yang dihancurkan.

Taksi Terbang, Berapa Tarifnya?

Taksi Terbang Bakal Beroperasi di Dubai Mulai 2026, Berapa Tarifnya?

Liputan6.com 2023-02-15 18:35:00
Sebuah drone yang akan dioperasikan sebagai taksi terbang dalam uji coba di Dubai, Senin (25/9). Mobil ini disebut bisa terbang dengan kecepatan 100 km/jam dan dengan kapasitas baterainya saa

Dubai berencana meluncurkan taksi terbang di kota futuristik di Semenanjung Arab itu pada tahun 2026. Ini merupakan bagian dari rencana ambisius untuk mencapai target netral karbon pada 2050.

Dilansir DW Indonesia, Rabu (15/2/2023), sejak 2017 Dubai merintis upaya untuk mengoperasikan taksi terbang di kota yang sudah punya gedung tertinggi di dunia proyek-proyek futuristik lainya. Beberapa perusahaan sedang berlomba mewujudkan rencana itu dengan pesawat bertenaga listrik.

Penguasa Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum pada Minggu 12 Februari mengumumkan peluncuran proyek taksi terbang itu di Twitter. Dalam video promosinya, terlihat taksi terbang elektrik dengan enam rotor buatan Joby Aviation dari Santa Cruz, California.

Masuknya Joby Aviation, yang sebelumnya bersaing ketat dengan EHang 184 dan XPeng X2 buatan China dan Volocopter listrik buatan Jerman, memang tidak diumumkan secaera resmi. Namun, pesawat Joby itu ditampilkan di anjungan World Government Summit yang dimulai hari Senin (13/02).

"Kami senang dengan kesempatan ini dan secara aktif menjajaki kemungkinannya," kata Oliver Walker-Jones, juru bicara Joby Aviation.

Ahmed Bahrozyan, pejabat di Otoritas Jalan dan Transportasi Uni Emirat Arab RTA, mengatakan kepada stasiun radio milik negara, Dubai, bahwa semua ini baru memasuki "tahap awal" sampai pada peluncurannya.

"Kami belum menandatangani (kontrak) dengan mitra mana pun," katanya.


Pembangunan Landasan

Dubai merencanakan pembangunan empat "vertiport" di Bandara Internasional Dubai, pusat kota, kawasan pulau buatan Palm Jumeirah dan kawasan Dubai Marina. Titik-titik tersebut akan mencakup dua landasan peluncuran dan empat titik pengisian taksi terbang.

"Kami percaya itu adalah area yang menarik dengan pusat bisnis dan pusat wisata yang dapat menghasilkan banyak permintaan," kata Bahrozyan.


Tarif Taksi Terbang

Bahrozyan juga menambahkan bahwa tarif taksi terbang "akan berada dalam kisaran layanan limusin di Dubai, mungkin sedikit lebih tinggi." Otoritas transportasi RTA menggambarkan tarif layanan limusin "setidaknya 30% lebih tinggi dari tarif taksi" di kota. Saat ini taksi di Dubai memiliki tarif minimum sekitar $3,25 (Rp 49.000) dan mengenakan biaya $0,50 (Rp 7.500) per kilometer.

Taksi terbang yang akan dioperasilan akan memiliki pilot dengan empat kursi untuk penumpang di dalamnya, jadi bukan pesawat yang terbang mandiri. Namun, Bahrozyan mengatakan, tes akan dilanjutkan juga dengan taksi terbang mandiri.

Prototipe Joby dapat terbang lebih dari 240 kilometer sebelum membutuhkan pengisian. Pesawatnya bisa lepas landas dan mendarat secara vertikal, sementara rotornya miring ke depan saat terbang. Taksi terbang ini bisa mencapai kecepatan maksimum 320 km/jam.

Saham Joby Avation Inc., yang terdaftar di New York Stock Exchange, berada di $4,20 per saham sebelum perdagangan Senin 13 Februari. Pemegang saham utamanya termasuk Intel Corp., sementara Delta Air Lines yang berbasis di Atlanta juga turut berinvestasi.


Target Nol Karbon

Video yang diposting oleh Sheikh Mohammed di Twitter juga menyertakan logo perusahaan Skyports Infrastructure yang berbasis di London, yang juga menyebut proyek dukungannya sebagai "vertiports". Perusahaan sudah menguji model "vertiport" di luar Parisdan bekerja sama dengan Joby. Namun, Skyports belum memberi tanggapan tentang proyek di Dubai.

Pengoperasian taksi terbang juga diharapkan bisa mengurangi kemacetan lalu lintas harian di Dubai yang semakin memburuk, dengan melonjaknya populasi menjadi lebih dari 3,5 juta orang.

Pada jam-jam sibuk, di jalan-jalan utama Dubai selalu terjadi kemacetan. Lebih dari 1,8 juta kendaraan yang terdaftar di Dubai melintasi jalan-jalan utama, belum termasuk kendaraan yang datang dari negara-negara tetangga yang turut memadati jalan.

Uni Emirat Arab juga berharap pengoperasian kendaraan listrik bisa membantu mempercepat pencapaian target ambisiusnya untuk menjadi "netral karbon" sampai 2050. Tahun ini, Uni Emirat Arab akan menjadi tuan rumah konferensi iklim PBB COP28 yang akan berlangsung menjelang akhir tahun.

Menanti Gebrakan Erick Thohir di PSSI

HEADLINE: Erick Thohir Jadi Ketua Umum Baru PSSI, Menanti Gebrakan Benahi Sepak Bola Indonesia

Liputan6.com 2023-02-17 00:01:21
Ketua Umum PSSI Terpilih Erick Thohir (tengah) menyampaikan keterangan kepada wartawan di sela Kongres Luar Biasa PSSI di Jakarta, Kamis (16/2/2023). Erick Thohir terpilih sebagai Ketua Um

Erick Thohir mendapat tugas baru sebagai penyelamat sepak bola Indonesia. Dia mendapat mandat usai terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 menggantikan Mochamad Iriawan.

Menteri BUMN tersebut mengantongi 64 suara pada pemilihan melalui Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023). Erick mengungguli pesaing terdekat La Nyalla Mattalitti yang mendapat 22 suara.

Dua kandidat lain yakni Doni Setiabudi dan Arif Putra Wicaksono tidak mendapat suara, dengan Fary Djemi Francis mundur H-1 sebelum KLB PSSI 2023.

Sederet tantangan sudah menunggu Erick Thohir lewat tanggung jawab ini. Sudah jadi rahasia publik banyaknya masalah yang menggerogoti sepak bola Indonesia. Kehadiran mafia, kompetisi yang amburadul, wasit tak kompeten, suporter, dan rendahnya kualitas tim nasional hanyalah beberapa di antaranya.

Rentetan problema itu berbuntut pada nihilnya prestasi. Jangankan dunia, Indonesia yang menjadi negara dengan populasi terbanyak keempat di muka bumi belum pernah jadi juara Asia Tenggara.

"Kita harapkan, dengan ketua yang baru, nanti terjadi reformasi total. Ini harapan dari kita," kata Presiden RI Joko Widodo di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

"Sehingga persepakbolaan kita menjadi hidup, paling tidak ASEAN step pertama bisa kita pegang, dan Asia step yang kedua bisa kita pegang. Harapan pemerintah itu saja," tuturnya.

Ironisnya, pintu bagi Erick Thohir untuk menjadi Ketua Umum PSSI juga terbuka karena salah satu masalah sepak bola nasional. Kerusuhan suporter meledak mengakibatkan Tragedi Kanjuruhan di Malang pada Oktober 2022 dan menewaskan ratusan orang.

Investigasi besar-besaran dilakukan, termasuk dengan terbentuknya Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang merekomendasikan turunnya seluruh petinggi PSSI sebagai bentuk tanggung jawab moral.

Saran TGIPF tidak bersifat mengikat karena bisa dianggap sebagai intervensi pihak luar terhadap kepengurusan federasi. Jika demikian, Indonesia berpeluang kembali mendapat sanksi FIFA seperti beberapa tahun lalu. Namun, Mochamad Iriawan akhirnya menuruti rekomendasi TGIPF dan mempercepat digelarnya KLB yang semestinya digelar November 2023.


Semangat Perubahan

Sejak mencalonkan diri untuk mengisi kursi ketua umum PSSI, Erick Thohir sudah difavoritkan meraih kemenangan. Salah satu alasan adalah sepak terjangnya di dunia olahraga dan profesional.

Erick dikenal sangat mencintai olahraga terutama bola basket dan sepak bola. Pria 52 tahun itu pernah menjadi ketua umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) pada tahun 2004 sampai 2006.

Suami Elizabeth Tjandra itu juga merupakan anggota Central Board Federasi Bola Basket Dunia (FIBA). Erick sudah dua periode menjadi anggota central board FIBA. Periode pertama pada 2015 sampai 2019 dan kemudian berlanjut dari 2019 hingga 2023.

Erick Thohir memiliki jasa besar sehingga Indonesia terpilih sebagai salah satu tuan rumah Piala Dunia Bola Basket 2023 bersama Jepang dan Filipina. Sebagai tuan rumah, Indonesia juga mampu membangun venue baru Indonesia Arena yang menjadi stadion indoor terbesar di tanah air.

Di bola basket, Erick Thohir dikenal sebagai pemilik klub Satria Muda yang menjadi langganan juara di liga basket nasional baik Kobatama, NBL hingga IBL. Erick Thohir juga sempat memiliki saham klub NBA Philadelphia 76ers.

Sedangkan pada jagat sepak bola, Erick Thohir akan terus dikenang sebagai orang Indonesia pertama yang mampu membeli klub raksasa Eropa yakni Inter Milan. Pada tanggal 15 Oktober 2013, melalui International Sport Capital, Erick secara resmi menjadi pemegang saham mayoritas dengan memiliki saham klub sebesar 70 persen.

Erick Thohir kemudin dipercaya menjadi presiden Inter Milan. Adik Garibaldi Thohir itu menjadi pemilik Inter sampai tahun 2016 sebelum melepas kepemilikan mayoritasnya di klub tersebut kepada perusahaan China, Suning Holdings Group Co. Dua tahun kemudian, jabatan presiden klub diserahkan Erick kepada Steven Zhang.

Tak cuma Inter Milan, Erick Thohir tercatat sempat memiliki klub sepak bola Liga Amerika Serikat DC United dan klub Liga Inggris Oxford United. Di Liga Indonesia, Erick Thohir pernah terlibat di Persija Jakarta, Persib Bandung dan Persis Solo.

Selain kiprahnya tersebut, Erick juga dianggap sebagai wajah baru yang belum terkontaminasi pengurus lama PSSI yang dianggap bobrok. Dia sudah membuktikan kemampuan pada jabatannya sekarang dengan melakukan transformasi Badan Usaha Milik Negara.

Sejak menjadi Menteri BUMN, Erick berhasil merampingkan jumlah BUMN dari 108 menjadi 41. Selain itu, laba BUMN juga terus meningkat dari Rp 125 triliun pada 2021 menjadi sekitar Rp 200 triliun pada 2022.


Banjir Dukungan

Dukungan terhadap Erick Thohir untuk menjadi ketua umum PSSI terlihat saat dirinya mendaftarkan diri, pertengahan bulan lalu. Menyambangi kantor PSSI ketika itu, dia didampingi sejumlah pendukung, yang terdiri atas voters serta figur publik, seperti Kaesang Pangarep, Raffi Ahmad, Atta Halilintar, serta Baim Wong.

Menurut laporan, terdapat setidaknya 60 voters yang sudah menunjukkan kecondongannya terhadap pencalonan Erick. Sejumlah pihak memang menilai mantan Presiden Inter Milan itu punya kapabilitas untuk menduduki kursi tertinggi federasi, sekaligus membenahi dan mengangkat prestasi sepak bola Tanah Air.

Pasca pendaftarannya di kantor PSSI, Erick Thohir ditanyai soal rencana melakukan reformasi serta menghentikan pergerakan mafia bola.

Menteri berusia 52 tahun itu sempat melempar balik pertanyaan kepada awak media, sebelum akhirnya menegaskan misinya untuk menumpas tangan-tangan kotor yang berkecimpung di sepak bola Indonesia.

"Gas terus, jadi bongkar-bongkar untuk perbaikan masa depan sepak bola Indonesia, kita harus pastikan ke depan jangan ada tangan-tangan kotor di sepak bola Indonesia karena kita harus perbaiki ini," ujar Erick di GBK Arena, Jakarta, Minggu (15/1/2023).

Erick memang mengaku merasa terpanggil untuk membenahi carut-marut yang terjadi di kancah sepak bola dalam Negeri. Ia berambisi menerobos keterbatasan dengan mendaftarkan diri sebagao bakal ketua umum PSSI.

"Sebagai anak bangsa, saya terpanggil untuk mengubah keadaan, membuat yang bengkok menjadi lurus. Yang dibutuhkan PSSI untuk maju hari ini adalah nyali untuk menerobos keterbatasan, dan berani menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan industri sepakbola nasional," tuturnya.

"Hari ini, untuk maju, PSSI hanya butuh satu hal yaitu nyali," tegas Erick.

Raffi Ahmad percaya kehadiran Erick Thohir bisa mengubah sepak bola Indonesia. Merasa belum lama berkecimpung di kancah sepak bola Indonesia, pemilik RANS Nusantara FC itu mengharapkan yang terbaik bagi masa depan kompetisi dalam negeri, termasuk Liga 2 dan Liga 3 tang saat ini dihentikan.

"Saya di sini datang untuk mendukung Pak Erick karena saya, Atta, Kaesang, Baim Wong, kami semua percaya bahwa Pak Erick adalah sosok yang memiliki nyali untuk bisa membawa perubahan untuk sepak bola kita," ujar Raffi.

"Saya juga kan orang baru ya di sepak bola. Saya intinya menginginkan yang terbaik saja untuk ke depannya."

"Kita tidak usah lihat ke belakang lagi karena waktu tidak mungkin berjalan mundur. Yang kita pikirkan itu untuk ke depannya, untuk teman-teman di Liga 2, teman-teman di Liga 3, dan semua kesatuan sepak bola Indonesia," tandas dia.


Niat Ubah Statuta

Erick Thohir pun sudah menunjukkan niat membawa perubahan. Salah satunya adalah usulan mengubah Statuta PSSI mengenai representasi perempuan dalam manajemen sepak bola.

Sekadar informasi, statuta saat ini hanya mensyaratkan minimal satu perempuan dalam jajaran anggota komite eksekutif (exco) PSSI. Padahal menurut Erick, aturan di kancah olahraga internasional menyarankan terdapat sekurang-kurangnya 30 persen perempuan dalam susunan kepengurusan.

"Insyaallah itu akan menjadi salah satu dorongan perubahan statuta yang kita harapkan," tutur Erick Thohir setelah dinyatakan terpilih sebagai Ketua Umum PSSI baru.

"Contoh saja, kalau tadi lihat, salah satu (syarat) pemilihan exco, minimal satu perempuan. Perturan dunia internasional olahraga itu (sekurang-kurangnya) 30 persen perempuan. Artinya apa? Ada yang harus kita perbaiki, bukan salah dan benar."

"Aturan kan dibuat oleh manusia juga, tetapi ketika terjadi perubahan, ya kita sebagai manusia harus beradaptasi. Itu salah satu contoh yang saya akan usulkan, bahwa keterwakilan perempuan di manajemen sepak bola paling tidak 20-25 persen, bukan hanya satu," imbuhnya.

Lebih lanjut, Erick juga mengusulkan adanya wasit perempuan untuk memimpin jalannya pertandingan sepak bola di dalam negeri. Menteri berusia 52 tahun tersebut meyakini, keberadaan pemimpin perempuan bakal memberi perubahan signifikan bagi kancah sepak bola Tanah Air.

"Wasit, kenapa tidak kita coba wasit perempuan juga? (Padahal), ada polisi perempuan, ada TNI perempuan, kenapa wasit tidak bisa?" tutur Erick.

"Karena saya yakin, dari pengalaman saya di tempat lain, ketika saya dorong jumlah kepemimpinan perempuan, itu perubahannya sangat signifikan."


Jabatan Rangkap

Dengan menjadi ketua umum PSSI, Erick Thohir jadi menteri kesekian yang merangkap jabatan presiden petinggi federasi olahraga Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan juga memegang posisi sebagai Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia. Luhut terpilih sebagai Ketua Umum PB PASI 2021-2025 secara aklamasi dalam kongres PB PASI, pada 25 Januari 2020.

Menteri Bidang Perekomonian Airlangga Hartarto merupakan Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI). Airlangga Hartarto dilantik menjadi Ketua Umum PB WI untuk kedua kalinya saat pelantikan pengurus PB WI periode 2022-2026 di Badan Pengembangan SDM Industri di Jakarta Selatan, pada 22 Maret 2022.

Saat itu, Airlangga Hartarto meminta atlet wushu untuk bisa bisa terus mempertahankan tradisi medali emas baik itu di ajang SEA Games maupun Asian Games.

Sementara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kembali memimpin Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) pada 31 Maret 2022. Menpora Zainudin Amali turut hadir dalam pelantikan tersebut. Menpora menyampaikan harapannya usai Prabowo kembali menjadi orang nomor satu di pencak silat Indonesia.


Susunan Pengurus PSSI Periode 2023-2027

Dalam menjalankan tugasnya sebagai pimpinan PSSI, Erick Thohir bakal dibantu dua wakil ketua umum dan 12 anggota komite eksekutif atau exco. Mereka akan bertugas selama 4 tahun (2023-2027).

Berikut ini adalah susunan kepengurusan PSSI periode 2023-2027

Ketua Umum PSSI:

Erick Thohir

Wakil Ketua Umum:

Exco PSSI: