Tak Ada Pelecehan, PC Sakit Hati

Motif Pelecehan Tidak Terbukti, Hakim: Ada Hal Lain yang Buat Putri Sakit Hati

Liputan6.com 2023-02-13 13:30:26
Tersangka kasus pembunuhan berencana Putri Candrawathi yang merupakan istri Ferdy Sambo saat menghadiri sidang perdana terkait pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J di Pengadila

Majelis Hakim menyampaikan kesimpulan soal dugaan motif pelecehan seksual terhadap istri mantan Kadiv Propam Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, di balik pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J tidak terbukti.

Ketua Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso mengatakan, ada hal lain yang membuat Putri Candrawathi sakit hati.

"Ada perbuatan dari korban Yosua yang membuat Putri Candrawathi sakit hati, sehingga Putri Candrawathi membuat pesan atas perintah yang seolah-olah korban Yosua telah melakukan pelecehan seksual atau perkosaan atau lebih dari itu kepadanya," kata Wahyu di PN Jaksel, Senin (13/2/2023).

Wahyu beberkan kejanggalan terkait cerita pelecehan seksual maupun kekerasan yang dialami Putri Candrawathi di Magelang.

Dijelaskan, terdakwa bersama Putri Candrawathi merayakan hari jadi pernikahan mereka pada 7 Juli dini hari. Saat itu, terdakwa bersama Putri Candrawathi menyuapi makanan ke pada para ajudan termasuk korban dan Asisten Rumah Tangga (ART).

"Pada tanggal 4 Juli 2022 menerima teks whatsApp dari Putri Candrawathi yang kirimkan foto korban sedang setrika baju anak-anak terdakwa saat sebelum kembali masuk ke asrama Taruna Nusantara, Magelang. Dan di tulis 'mau digaji berapa abang mu yang baik ini, yang sangat perhatian pada anak-anak saya'. Maharesa Rizky menerangkan bahwa Putri Candrawathi sangat terkesan baik dengan sikap almarhum Yosua," ujar Wahyu.


Motif Layak Dikesampingkan

Wahyu menerangkan, Putri Candrawathi seharusnya sedari awal menyadari bahwa selama persidangan berlangsung tidak diperoleh fakta yang ungkapkan telah tejadi penganiayaan, kekerasan seksual, atau perbuatan pidana lain yang dilakukan korban terhadap Putri Candrawathi.

Wahyu pun menilai motif pelecehan seksual layak dikesampingkan.

"Majelis tidak memperoleh keyakinan yang cukup bahwa korban Nofriansyah Yosua Hutabarat telah melakukan pelecehan seksual atau perkosaan atau perbuatan lebih dari itu kepada Putri Candrawathi sehingga adanya alasan demikian patut dikesampingkan," ujar dia.

Lega, Berpeluang Jadi Brimob Lagi

Napas Lega Richard Eliezer, Divonis Ringan dan Berpeluang Kembali Jadi Brimob

Liputan6.com 2023-02-19 11:11:31
Richard Eliezer saat memasuki ruang sidang di Pengadilan Negri Jakarta Selatan, Selasa (18/10/2022). Bharada E menjalani sidang pembacaan dakwaan terkait kasus pembunuhan berencana Brigadir N

Kejujuran Richard Eliezer alias Bharada E mengungkap skenario jahat Ferdy Sambo yang menutupi pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J terbayarkan. Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan memvonisnya 1 tahun 6 bulan, lebih ringan dari tuntutan Jaksa selama 12 tahun penjara.

"Mengadili menjatuhkan pidana kepada terdakwa Richard Eliezer Pudilang Lumiu dengan pidana penjara selama satu tahun dan enam bulan," ucap Ketua Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso saat membacakan vonis, Rabu 15 Februari 2023.

Padahal, dengan Pasal 340 juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP yang sama; Ferdy Sambo divonis hukuman mati; Putri Candrawathi, 20 tahun penjara; Kuat Maruf, 15 tahun penjara; dan Ricky Rizal alias Bripka RR, 13 tahun penjara.

Semua didapat Bharada E atas buah manis kejujurannya dengan dikabulkannya status Bharada E sebagai justice collaborator (JC) dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

"Sehingga layak terdakwa ditetapkan sebagai saksi pelaku yang bekerja sama, justice collaborator (JC) serta berhak mendapatkan penghargaan sebagaimana ditentukan Pasal 10 a UU Nomor 31 Tahun 2014 tentang perubahan UU Nomor 13 tahun 2006," kata Hakim Anggota, Alimin Ribut Sujono.

Bharada E kini bisa tersenyum dan bernapas lega setelah vonis ringan tersebut nyatanya telah berkekuatan hukum tetap atau inkracht. Setelah Jaksa memutuskan tidak mengajukan banding atas vonis 1 tahun 6 bulan kepadanya.

"Jadi bahan pertimbangan juga bagi Kejagung untuk tidak menyatakan banding, sehingga putusan ini saya dengar penasihat hukum dari pada Richard Eliezer kami tidak menyatakan banding, dan kami tidak banding, inkrachtlah putusan ini sehingga mempunyai kekuatan hukum tetap," ujar Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) Fadil Zumhana melalui press rilisnya di Jakarta, Kamis 16 Februari 2023.

Fadil menilai perkataan 'maaf' merupakan hal terpenting dalam proses suatu keputusan bagi majelis hakim. "Di mana itu terlihat dari ekspresi menangis, bersyukur diputus hakim seperti itu," ujar dia.

Atas dasar tersebut pula, Fadil mengatakan, jaksa tidak akan mengajukan banding terhadap vonis dijatuhkan terhadap Bharada E. Jaksa menghormati semua putusan diberikan majelis hakim. "Jadi kami dalam hal ini tidak melakukan upaya hukum banding," tegas dia.


Sempat Pasrah Dituntut 12 Tahun

Padahal, Richard Eliezer alias Bharada E sempat terlihat pasrah ketika membaca nota pembelaan atau pleidoi, atas tuntutan 12 tahun Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam perkara dugaan pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

"Saya beri judul, 'Apakah Harga Kejujuran Harus Dibayar 12 Tahun Penjara?'," kata Bharada E saat sidang di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Rabu (25/1).

Dalam pembelaannya, Bharada E menyampaikan akan tetap berpegang teguh pada kejujurannya. Baginya, kejujuran akan membawanya pada keadilan dan kebenaran.

"Apakah saya harus bersikap pasrah terhadap arti keadilan atas kejujuran? Saya akan tetap berkeyakinan, bahwa kepatuhan, kejujuran adalah segala-galanya dan keadilan nyata bagi mereka yang mencarinya," katanya.

Dengan itu, Bharada E berharap majelis hakim dapat memberikan putusan yang adil dalam perkara ini. Dengan memasrahkan diri kepada Tuhan atas apapun keputusan yang ditetapkan oleh majelis hakim.

"Bahwa sekalipun demikian, apabila Yang Mulia Ketua dan anggota majelis hakim sebagai wakil Tuhan ternyata berpendapat lain, maka saya hanya dapat memohon kiranya memberikan putusan terhadap diri saya yang seadil-adilnya," ujarnya.

"Kalaulah karena pengabdian saya sebagai ajudan menjadikan saya seorang terdakwa, kini saya serahkan masa depan saya pada putusan majelis hakim. Selebihnya saya hanya dapat berserah pada kehendak Tuhan," tambah Bharada E.


Tinggal Jalani Eksekusi dan Bebas

Sementara saat ini, Kapuspenkum Kejaksaan Agung (Kejagung) RI, Ketut Sumedana menyampaikan pihaknya tengah menyiapkan persyaratan administrasi untuk proses eksekusi Richard Eliezer alias Bharada E.

"Ya kita tunggu dulu (masih proses administratif), eksekusi biasa tinggal keluar surat eksekusi," kata Ketut saat dihubungi, Jumat (17/2).

Ketut menjelaskan, surat eksekusi nantinya akan dikeluarkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan untuk selanjutnya ditindaklanjuti oleh jaksa eksekutor, sebagaimana vonis 1 tahun 6 bulan.

"Nanti (Surat) kita yang keluarkan dari Kejari. Oh iya, lewat jaksa eksekutor ya," tuturnya

Apabila semua proses administrasi telah selesai, lanjut Ketut, Bharada E akan segera dijebloskan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) sesuai dari surat yang nanti dikeluarkan Kejari Jakarta Selatan.

"Iya administratif saja ya. Entar kita tempatkan ke lembaga pemasyarakatan mana untuk dituju," kata dia.

Apabila telah menempati lapas untuk menjalani masa hukuman, Bharada E akan diprediksi bebas sekitar Februari 2024. Hal itu mengacu pada surat dakwaan No.Reg.Perkara : PDM- 243 /JKTSL/10/2022, sejak dilakukan penangkapan pada 4 Agustus 2022.

Prediksi itu ada kemungkinan bisa lebih cepat apabila Mantan Ajudan Ferdy Sambo tersebut nantinya mendapatkan remisi atau pengurangan masa hukuman seperti hari raya atau momen-momen lainnya.


Ada Peluang Kembali Jadi Brimob

Bahkan, Bharada E seharusnya bisa kembali bernafas lega setelah Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan ada peluang bagianya untuk kembali menjadi anggota Brimob Polri. Pernyataan tersebut disampaikan Kapolri tanggapi harapan untuk kembali menjadi anggota Brimob Polri setelah masa penahanannya selesai.

"Peluang itu ada," kata Sigit kepada wartawan di Jakarta Selatan, Kamis (16/2).

Namun sebelum kembali berdinas, Sigit mengatakan, Bharada E harus menjalani sidang Komisi Kode Etik terlebih dahulu, mengingat Bharada E terlibat dalam perkara pembunuhan berencana terhadap Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat.

"Kita juga melihat apa yang menjadi harapan masyarakat, harapan orangtua, itu menjadi pertimbangan kami dalam waktu dekat," kata dia.

Sigit mengatakan apa yang menjadi pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan akan menjadi catatan bagi institusi Polri.

"Apabila memang yang bersangkutan sudah menyatakan menerima (putusan hakim), itu semua menjadi bagian yang tentunya akan dijadikan pertimbangan bagi Komisi Kode Etik, bagi institusi untuk bisa memutuskan suatu keputusan yang adil bagi semua pihak," tandasnya.

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, Ibunda Richard Elizer Pudihang Lumiu, Rieneke Pudihang, mengharapkan putranya tetap melanjutkan cita-citanya menjadi anggota polisi, kembali ke kesatuan Korps Brimob setelah semua proses pidana selesai dijalankannya.

"Kalau harapan menjadi anggota Polri, anggota Brimob," kata Rieneke di Jakarta, Rabu 15 Februari 2023.

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

Cryptocurrency Perjudian Gila

Miliarder Charlie Munger soal Kripto: Cryptocurrency Perjudian Gila dan Bodoh

Liputan6.com 2023-02-18 18:00:33
Charlie Munger. PHOTO: NATI HARNIK/AP

Berbeda dari beberapa investor lain, miliarder berusia hampir seabad Charlie Munger bukanlah penggemar cryptocurrency.

Wakil ketua Bershire Hathaway sekaligus direktur perusahaan penerbitan Daily Journal Corporation ketika rapat pemegang saham itu mengatakan bahwa bentuk mata uang virtual "tidak berharga".

"Terkadang saya menyebutnya crypto 'crappo', terkadang saya menyebutnya 'crypto s---.' Sangat konyol bahwa ada orang yang akan membeli barang ini," tutur dia seperti dilansir CNCB, Jumat (17/2/2023).

"Ini benar-benar gila, perjudian bodoh," tambahnya.

Pendukung cryptocurrency berpendapat bahwa aset digital menawarkan privasi, keamanan, kecepatan transaksi yang lebih baik, dan biaya yang lebih rendah daripada lembaga keuangan tradisional. Akan tetapi, investor saham dengan kekayaan bersih USD 2,3 miliar satu ini memilih tidak membelinya.

Dia mengatakan, "Saya pikir orang-orang yang menentang posisi saya adalah orang-orang bodoh, jadi menurut saya tidak ada argumen yang rasional terhadap posisi saya."

Akhirnya argumen Munger tersebut muncul di tengah banyaknya masalah bagi investor kripto selama setahun terakhir.

Seperti yang diketahui, pasar crypto kehilangan sekitar USD 2 triliun tahun lalu. Bitcoin, salah satu cryptocurrency paling populer, kehilangan lebih dari 60 persen nilainya pada 2022.

Adapun ledakan FTX , platform perdagangan crypto yang sekarang bangkrut yang pernah bernilai USD 32 miliar, telah mengguncang kepercayaan investor karena industri merasakan riaknya. Hal itu menimbulkan dampak bangkrutnya perusahaan.

"Banyak orang Amerika menyadari bahwa cryptocurrency hanyalah mania spekulatif dan industri ini penuh dengan penjahat," ucap reporter utama Bankrate James Royal. Memang, hanya 8 persen orang Amerika yang memiliki pandangan positif tentang cryptocurrency pada November, menurut CNBC All-America Economic Survey.


Kontra Soal Crypto

Sementara itu, pada Rabu waktu setempat, Munger mengatakan dia tidak bangga dengan negaranya "karena mengizinkan omong kosong ini".

Dia sebelumnya mendesak pemerintah AS untuk melarang cryptocurrency. Namun, mungkin sebagian orang berhasil meraih keinginannya karena industri crypto mengalami peningkatan tindakan keras peraturan.

Peningkatan pengawasan terhadap perusahaan perdagangan crypto dan penasihat investasi adalah salah satu prioritas utama Komisi Sekuritas dan Bursa AS tahun ini.

Pemeriksaan SEC akan fokus pada "penawaran, penjualan, rekomendasi atau saran mengenai perdagangan kripto atau aset terkait kripto," kata laporan itu.

Badan tersebut memilih untuk memperluas aturan federal yang jika disahkan menjadi undang-undang dapat meminta pertukaran crypto untuk menahan aset mereka dengan bank yang disewa federal atau negara bagian untuk bertindak sebagai penjaga mata uang virtual pelanggan.

Proposal tersebut menempatkan perusahaan crypto dalam skenario "tidak menguntungkan", tulis komisaris SEC Mark Uyeda dalam sebuah pernyataan.

Regulator AS telah memperingatkan bank bahwa berurusan dengan crypto membuat mereka menghadapi berbagai risiko, termasuk penipuan dan penipuan.

"Dengan kata lain, seorang penasihat dapat menyimpan aset crypto di bank, tetapi bank diperingatkan oleh regulator mereka untuk tidak menyimpan aset crypto," tulis Uyeda.

Sudah Putus Tapi Masih Baikan

Sudah Putus, Thariq Halilintar Masih Berhubungan Baik dengan Keluarga Fuji: Harus Menjaga Silaturahmi

Liputan6.com 2023-02-19 10:33:00
Thoriq Halilintar dan Fuji. (Foto: Dok. Instagram @thariqhalilintar)

Selalu tampak harmonis, Fuji dan Thariq Halilintar tiba-tiba menghebohkan publik dengan kabar yang tidak menyenangkan. Seperti diketahui, hubungan asmara keduanya kini telah berakhir.

Kendati telah putus, tampaknya tak ada api permusuhan di antara kedua pihak. Itu terlihat dari Thariq yang masih menghadiri acara syukuran di rumah baru Haji Faisal, ayah Fuji di kawasan Jakarta Barat.

Menurut Thariq, kandasnya hubungan tak dapat dijadikan alasan untuk berhenti berbuat baik, seperti menjaga ikatan silaturahmi dengan keluarga sang mantan.

"Harus dong, harus menjaga silaturahmi, kan kita masih menjaga hubungan baik," kata adik Atta Halilintar dikutip dari kanal YouTube Intens Investigasi, Minggu (19/2/2023).


Bertemu Fuji

Tentunya dalam kesempatan ini, Thariq juga bertemu dengan sang mantan pacar. "Iya sempat ketemu, ketemu. Komunikasi," ujarnya.

Thariq Hailintar juga tak datang dengan membawa tangan kosong. Dia membawa sebuah barang elektronik yang dinilai dibutuhkan di rumah baru Haji Faisal.

"Tadi bawa AC, belum banyak AC-nya jadi pas, supaya enggak panas," ujar pria berusia 24 tahun tersebut.


Alasan Putus

Saat dicecar oleh awak media mengenai alasan putus dengan Fuji, Thariq Halilintar enggan menjawab. Dengan sopan, dia mengakhiri sesi wawancara singkatnya bersama para wartawan.

"Makasih ya, makasih ya," katanya sambil tersenyum lalu menutup pintu mobil hingga kemudian berlalu pergi.


Pengumuman Putus

Sebelumnya, Thariq Halilintar mengumumkan kabar putus melalui akun Instagram pribadinya. Thariq Halilintar putus cinta tepat di hari ulang tahunnya yang ke-24 pada 29 Januari 2023.

"Hubungan kami sayangnya selesai tepat di hari ulang tahunku kemarin. Ya Tuhanku, aku mau berterima kasih, sangat menghargai semua yang kita lalui bersama," ujarnya, Jumat (17/2/2023).

Rahasia Tetap Bugar Sampai Usia 80

Joe Biden Masih Bugar di Usia 80 Tahun, Dokter Kepresidenan Ungkap Rahasianya

Liputan6.com 2023-02-18 19:00:51
Presiden AS Joe Biden memberikan reaksi atas penembakan SD di Texas. Penembakan itu adalah yang terburuk dalam sejarah Texas. Dok: VOA Indonesia

Presiden Amerika Serikat Joe Biden memiliki kondisi yang sehat dan prima di usia 80.

Dokter Kepresidenan Gedung Putih, Kevin O'Connor menyampaikan hal itu setelah kandidat presiden dari Partai Republik, Nikki Haley mengatakan, politisi berusia di atas 75 tahun seharusnya memiliki untuk mengikuti, Biden perlu tes kognitif mental.

"Presiden Biden kini berusia 80 tahun. Ia sehat dan bersemangat juga mampu menjalankan tugas kepresidenan dengan sukses," tulisnya dalam surat yang diterbitkan oleh Gedung Putih pada wartawan, dikutip BBC, Sabtu (18/2/2023).

Ia menambahkan bahwa presiden juga masih fit untuk bertugas, dan sepenuhnya akan melaksanakan semua tanggung jawabnya tanpa pengecualian.

Meski Biden sempat mengalami COVID-19 pada Juli lalu, dokter menyebut bahwa ia tidak memiliki gejala long COVID-19. Kondisinya bisa dikatakan tidak memburuk sejak November 2021.

Tes kesehatan dengan hasil yang baik tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa pertanyaan seputar usia dan sindiran yang memojokkan bahwa dia tidak kompeten secara fisik akan terus-menerus diajukan.


Kesehatan Tubuh Biden

Dokter menunjukkan bahwa Biden tidak minum atau merokok dan berolahraga lima kali seminggu.

Joe Biden menjalani pemeriksaan fisik keduanya sebagai presiden di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed, lebih dari setahun setelah pemeriksaan fisik pertamanya yang dilakukan pada 19 November 2021, sehari sebelum lang tahunnya yang ke-79.

O'Connor mengatakan pemeriksaan neurologis memperkuat fakta bahwa Biden tidak memiliki penyakit yang berhubungan dengan gangguan saraf otak kecil atau pusat lainnya, seperti stroke, parkinson atau sklerosis lateral.

Sebagian besar masyarakat berpendapat bahwa kondisi mental Biden masih baik walau usianya sudah tua, sementara sekitar setengah dari responden mengatakan dia fidak dapat memenuhi tuntutan fisik sebagai presiden.

Meski banyak yang mempertanyakan kesiapan fisiknya, O'Connor mengatakan, apabila Biden mencalonkan dirinya kembali di 2024, maka kesehatan fisik dan mental akan menjadi salah satu prioritas utamanya.

"Biden mengatakan dia mungkin akan menjabat lagi di periode kedua. Namun kesehatan fisik dan mentalnya pasti akan menjadi perhatian utama para pemilih jika dia mencalonkan diri lagi," tuturnya.


Rekam Jejak Kesehatan Biden

Menurut ringkasan kesehatannya pada November 2021, Biden memiliki riwayat medis masa lalu yang signifikan untuk fibrilasi atrium non-katup (gangguan irama jantung), refluks gastroesofagus, alergi musiman, dan neuropati perifer sensorik ringan pada kakinya.

Biden terus mengalami gejala gastroesophageal reflux, terutama harus lebih sering berdeham karena kekenyangan setelah makan, kata laporan itu. O'Connor mengatakan refluks adalah sumber batuk Biden.

Meski begitu, O'Connor mencatat, dalam setahun terakhir Biden mengalami infeksi saluran pernapasan atas sejak mengalami COVID-19 musim panas lalu. Namun dia mengatakan kadar oksigen Biden tidak pernah turun di bawah 97%.

"Pada 2021, dia dievaluasi oleh O'Connor, yang menulis bahwa presiden tetap sehat, kuat, pria berusia 78 tahun, yang mampu menjalankan tugas kepresidenan dengan sukses."

(Tiara Laninda)

Lagu Saya Jangan Dibikin Koplo

Rhoma Irama Tak Mau Lagunya Dibuat Koplo: Membuat Koplo Itu Hak Asasi, tapi Jangan Karya Saya Dikoploin karena Jadi Rusak

Liputan6.com 2023-02-19 07:00:20
Penyanyi dangdut Rhoma Irama tampil pada acara HUT ke-28 Indosiar di Studio 6 EMTEK City, Jakarta, Rabu (11/1/2023). Rhoma Irama membawakan lagu berjudul "Butter" dari BTS dan duet bareng

Kreativitas musisi-musisi Indonesia memang seakan tak ada batas. Terlebih untuk musik koplo yang belakangan seakan sudah menjadi langganan untuk digunakan di sound-sound TikTok dan sebagainya.

Beragam lagu mulai dari lagu-lagu mellow, lagu barat, DJ, bahkan lagu kartun pun banyak yang digubah menjadi koplo. Namun di tengah maraknya fenomena koplo ini, Raja Dangdut yaitu Rhoma Irama, sempat memberikan larangan keras terkait karyanya.

Rhoma Irama melarang lagu-lagunya dijadikan koplo oleh siapapun.

"Jangan koplokan lagu-lagu karya Rhoma Irama, saya pernah bikin (statement) itu. Membuat koplo itu hak asasi anda. Tapi, jangan karya saya dikoploin, karena jadi rusak," kata Rhoma Irama saat berbincang dengan Alvin Adam, yang kemudian diunggah ulang di Instagram pada @lambegosiip, Sabtu (18/2/2023).


Harmoni

Alasannya, Rhoma Irama menilai bahwa dengan mengubah sebuah lagu menjadi koplo, akan berpengaruh pada esensi dari lagu tersebut. Apalagi, setiap karya yang sudah ia buat memuat pesan-pesan yang tentunya harmonis dengan nada, lirik, dan aransemennya.

"Lagu itu kan ada lirik, ada melodi, ada beat, ada aransemen. Semua ini harmoni, harus kawin, sehingga musik itu bisa didengar sesuai dengan pesan-pesan lagu itu," jelasnya.


Jadi Rusak

Oleh karenanya, jika sebuah lagu yang katakanlah memuat pesan dakwah di dalamnya, diubah menjadi koplo, maka isi pesan tersebut dikhawtirkan justru tidak tersampaikan. Oleh karenanya, sekali lagi ia menegaskan untuk tidak membuat karya-karyanya menjadi koplo.

"Misalnya, lagu dakwah dikoploin, lagu melow dikoploin. Kan sense of musicnya jadi rusak. Silahkan berkoplo-koplo ria, tapi jangan koplokan karya Rhoma Irama, itu aja pesan saya," tegasnya.


Sepakat

Di kolom komentar, banyak yang juga sepakat dengan pernyatan Rhoma Irama. Tidak semua lagu bisa dan cocok dijadikan koplo.

"Lagu Oma irama emng bnyak dakwahnya... Makanya dia gak mau dikoploin Krn emng gak tempatnya... ," tulis @putriinteriordesign.

"Setuju pak haji ....saya suka musik dangdut...tapi emang paling sebel kl lagu orang di koploin...apalgi kl lagu pop...lagu barat paling benci denger nya di koploin," timpal @nengsuliawati.

Surat Selama Perceraian Laku Rp 2,5 M

Surat Puteri Diana Selama Perceraiannya dengan Pangeran Charles Terjual Rp2,5 Miliar dalam Lelang

Liputan6.com 2023-02-18 17:30:00
Surat Putri Diana terjual Rp2,5 miliar melalui lelang. (Dok: AP Photo/Lay's Auctioneers Instagram)

Lay's Auctioneers pada Kamis, 16 Februari 2023, mengumumkan koleksi surat mendiang Putri Diana telah laku terjual. Surat Princess of Wales kepada teman-temannya selama perceraiannya dengan Pangeran Charles saat itu, terjual di lelang seharga 169.663 dolar AS atau setara Rp2,5 miliar.

Sebanyak 32 lembar kertas, ditulis dengan alat tulis Istana Kensington dan sandi kerajaan Diana. Surat itu dijual secara lembaran dalam lelang berjudul "Diana, Korespondensi Pribadi Seorang Putri".

Diana mengirim surat kepada Susie dan Tarek Kassem dari tahun 1994 hingga 1997, tiga tahun terakhir hidupnya. Berita lelang diumumkan awal bulan ini, di mana isinya digambarkan sebagai "menakjubkan" dan "rahasia."

"Susie & Tarek Kassem, sebagai teman dekat Diana, Putri Wales, telah menghargai surat-surat ini selama lebih dari 25 tahun. Surat-surat itu mencerminkan hubungan khusus dan penuh kasih yang mereka miliki dengan wanita paling unik yang pernah mereka kenal," kata Lay's dalam sebuah pernyataan, dikutip dari People, Sabtu (18/2/2023).

Pihak pelelangan menambahkan, "Kini, di tahun 2023, kepemilikan dokumen-dokumen pedih ini merupakan tanggung jawab yang tidak ingin diwariskan Kassem kepada anak atau cucu mereka. Mereka telah memutuskan untuk menjual surat-surat tersebut dan menggunakan hasil penjualan untuk mendukung beberapa badan amal yang dekat dengan Diana."

Badan amal penerima tidak disebutkan dalam pernyataan itu, dan rumah lelang Inggris mengatakan keluarga Kassem menyimpan beberapa "surat yang lebih pribadi dan rahasia" dari Diana. Surat-surat itu memberikan gambaran sekilas tentang bagaimana perasaan sang putri saat perpisahannya dari Pangeran Charles saat itu semakin kokoh.


Berisi Curhatan Diana

Setelah 11 tahun menikah, Charles dan Diana berpisah pada Desember 1992, dengan perceraian resmi pada Agustus 1996. Satu tahun kemudian, dia meninggal dalam kecelakaan mobil di Paris di usia 37 tahun.

Di Lot 418, yang dijual seharga 27.643 dolar AS, Diana berterima kasih kepada Susie karena telah mengirimkan bunganya. "Awal yang indah untuk minggu ini"

Diana ikut mengungkapkan kecurigaannya bahwa telepon Istana Kensington miliknya disadap. "Karena saya tidak memiliki ponsel, sulit untuk membicarakan barang-barang pribadi. Karena dialog saya di sini terus-menerus direkam dan diteruskan," tulisnya dalam catatan tertanggal 20 Mei 1996.

"Jika saya tahu setahun yang lalu apa yang saya alami melalui perceraian ini, saya tidak akan pernah setuju, itu putus asa dan jelek," tambahnya.

Beberapa bulan kemudian, dalam sepucuk surat tertanggal 17 Desember 1996, Diana berterima kasih kepada Susie dan memberi sebuah isyarat yang sangat diapresiasi. "Saya berharap tahun 1997 akan menjadi tahun yang lebih mudah bagi kita semua," tambahnya.


Lelang Gaun

Sebelumnya, banyak benda-benda peninggalan Putri Diana yang juga terjual di pelelangan. Salah satunya gaun beludru sutra berwarna ungu terong milik Putri Diana dikonfirmasi terjual seharga 604,8 ribu dolar AS (sekitar Rp9 miliar) oleh Sotheby's, rumah lelang barang mewah berbasis di New York, Amerika Serikat (AS).

Potongan mode itu telah jadi salah satu busana paling ikonis sang putri, kendati tidak setenar "gaun balas dendamnya." Melansir CNN, Sabtu, 28 Januari 2023, mendiang bangsawan mengenakan gaun itu untuk potret resmi kerajaan pada 1991 dan pemotretan Vanity Fair pada 1997, tepat sebelum kematian tragisnya.

Didesain couturier Victor Edelstein, gaun strapless ini mempunyai potongan rok berbentuk tulip. Gaun itu terakhir dijual seharga 24.150 dolar AS pada 1997, sekitar 25 tahun lalu, selama lelang amal Christie yang menampilkan 79 gaun sumbangan Diana.

Penjualan secara kolektif mencapai 3,25 juta dolar AS, dengan pendapatan dari keuntungan diberikan pada organisasi AIDS dan kanker, termasuk Rumah Sakit Royal Marsden, di mana Diana pernah menjabat sebagai presiden selama delapan tahun.


Gaun Ungu Tua

Dalam ulasan Vanity Fair, yang difoto Mario Testino, majalah tersebut berfokus pada pelelangan, menyebut keputusan Diana menjual gaun-gaun itu sebagai "simbol kuat dari perubahan hidup" setelah bercerai dari Pangeran Charles. Tapi, Princess of Wales tidak banyak berkomentar tentang keputusannya menjual pakaian tersebut.

Ibu dari Pangeran Harry dan Pangeran William ini mengatakan bahwa "melepaskan gaun-gaun indah ini" adalah "kunci yang pas." Ia berkata, "Namun, saya sangat senang bahwa orang lain sekarang dapat berbagi kegembiraan yang saya miliki saat memakainya."

Gaun ungu tua Putri Diana merupakan bagian dari koleksi Autumn 1989 Edelstein, meski ia merancang tampilan khusus untuk sang putri selama lebih dari satu dekade, menurut Sotheby's. Itu ditampilkan dalam lukisan Douglas Hardinge Anderson pada 1991, serta boneka Franklin Mint pada 1998.

Edelstein juga berada di belakang "Travolta Dress" midnight blue Diana, yakni gaun beludru panjang yang terkenal saat ia menari dengan aktor tersebut di Gedung Putih. Gaun itu telah dijual seharga 264 ribu pound sterling pada 2019 untuk sebuah badan amal setelah gagal dilelang.

Nonton Pertandingan Bola Bareng Putrinya

Kim Jong Un dan Putrinya Tampil Bersama Saksikan Pertandingan Sepak Bola

Liputan6.com 2023-02-18 19:40:03
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan putrinya Kim Ju-ae saat menyaksikan pertandingan sepak bola antara staf Kabinet dan Kementerian Pertahanan Nasional, di Korea Utara pada 17 Februari 20

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan putrinya menyaksikan sebuah acara olahraga yang dihadiri oleh pejabat pemerintah pada Jumat (17 Februari). Ini merupakan pertama kalinya gadis itu terlihat di acara non-militer.

Anak perempuan Kim, sering digambarkan oleh media pemerintah sebagai "anak kesayangan" Kim atau "anak yang dihormati" telah terlihat bersama ayahnya di acara-acara militer termasuk pada awal bulan ini.

Dilansir Channel News Asia, Sabtu (18/2), masih sedikit informasi yang diketahui tentang gadis itu bahkan namanya juga belum disebutkan secara resmi di media pemerintah. Namun, pejabat intelijen Korea Selatan percaya dia adalah putri yang diidentifikasi sebagai Ju Ae oleh mantan pemain bola basket Amerika Dennis Rodman, yang menghabiskan waktu bersama keluarga Kim pada tahun 2013.

Kim Yo Jong, saudara perempuan kuat dari pemimpin Korea Utara, juga terlihat di acara tersebut, duduk di barisan belakang dalam sebuah foto yang dirilis oleh KCNA.

"Para hadirin membuat resolusi tegas ... untuk menjadikan tahun ini sebagai tahun perubahan besar bagi jalur pembangunan republik," kata Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) pada acara tersebut.

Acara tersebut berlangsung untuk merayakan hari libur besar yang disebut Hari Bintang Cemerlang di Korea Utara.


Kerap Tampil Bersama

Dalam peluncuran rudal yang diarak melalui alun-alun Kim Il Sung di Pyongyang, Kim Jong Un menghadiri parade bersama istrinya Ri Sol Ju dan putrinya. Ketika itu, Korea Utara memamerkan hampir selusin rudal balistik antarbenua (ICBM) canggih dalam parade militer pada Rabu (8/2/2023) malam.

Sementara dalam kesempatan lainnya, Kim Jong Un mengunjungi barak militer juga bersama istrinya Ri Sol Ju dan putrinya Ju Ae dalam rangka memperingati 75 tahun berdirinya Tentara Rakyat Korea.

Cetak Sejarah Saat Ultah ke-60

Rayakan HUT Ke-60, Donasi Rp 152 Miliar Michael Jordan Cetak Sejarah

Liputan6.com 2023-02-18 21:00:20
Legenda NBA, Michael Jordan. (AP Photo/Charles Rex Arbogast)

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun yang ke-60 tahun, miliarder Michael Jordan menyumbangkan USD 10 juta atau sekitar Rp 152 miliar hartanya untuk salah satu organisasi nirlaba Yayasan Make-A-Wish.

Donasi tersebut menandai sumbangan terbesar yang pernah diberikan oleh seorang donatur individu kepada organisasi tersebut dalam sejarah 43 tahunnya.

"Selama 34 tahun terakhir, merupakan suatu kehormatan untuk bermitra dengan Make-A-Wish dan membantu menghadirkan senyum dan kebahagiaan bagi begitu banyak anak," kata Jordan dalam siaran pers seperti dilansir Enterpreneur, Jumat (17/2/2023).

"Menyaksikan kekuatan dan ketangguhan mereka selama masa sulit dalam hidup mereka benar-benar menjadi inspirasi. Saya tidak bisa memikirkan hadiah ulang tahun yang lebih baik daripada melihat orang lain bergabung dengan saya dalam mendukung Make-A-Wish sehingga setiap anak dapat mengalami keajaiban. agar keinginan mereka menjadi kenyataan," tambah dia.

Sebelumnya, Jordan telah lama terlibat dengan organisasi tersebut selama bertahun-tahun. Menurut Make-A-Wish, dia adalah salah satu pemberi harapan selebriti yang paling banyak diminta sepanjang masa.

Pada 2008, Jordan bahkan dinobatkan sebagai "Chief Wish Ambassador" sebagai hasil dari semua kontribusinya kepada organisasi tersebut selama bertahun-tahun.


Cetak Sejarah

"Michael menggunakan hari ulang tahunnya sebagai kesempatan untuk membuat sejarah untuk Make-A-Wish berbicara tentang kualitas karakternya dan dedikasinya yang setia untuk membuat hidup lebih baik bagi anak-anak dengan penyakit kritis," kata CEO dan Presiden Make-A-Wish America Leslie Motter dalam sebuah pernyataan.

Dia menambahkan, "Kami berharap publik akan terinspirasi untuk mengikuti jejaknya dengan membantu mewujudkan keinginan."

Meskipun Jordan mengumpulkan kekayaan selama kariernya di NBA, sebagian besar pendapatannya berasal dari kepemilikan saham di waralaba Charlotte Hornets NBA dan loyalitas yang menguntungkan dari produk Nike Jordan.

Itu diperkirakan mencapai USD 60 juta per tahun. Kini kekayaan bersih Jordan diperkirakan terkumpul hingga USD 2,2 miliar.


Miliarder Yoghurt Ini Sumbangkan Rp 15 Miliar Hartanya Buat Korban Gempa Turki

Gempa Turki dan Suriah menjadi salah satu bencana paling dahsyat di awal tahun ini. Banyaknya korban hingga bangunan runtuh mengundang empati dan simpati masyarakat dari negara lain untuk berdonasi. Salah satunya bantuan datang dari miliarder pendiri yogurt Chobani Hamdi Ulukaya.

Diketahui jumlah korban tewas mendekati angka 12.000 pada Rabu kemarin. Guncangan gempa bumi yang berkekuatan 7,8 dan 7,5 skala richter di sana menyebabkan bangunan runtuh hingga memakan korban. Karenanya, negara lain banyak yang menyalurkan bantuan untuk korban gempa Turki.

Dilansir dari Fortune, Jumat (10/2/2023), salah satunya bantuan datang dari miliarder yang berbasis di Amerika Serikat sekaligus imigran Turki Hamdi Ulukaya.

Dia berjanji untuk menyalurkan bantuan di minggu ini dengan sumbangan sebesar USD 1 juta atau sekitar Rp 15 miliar.

Ulukaya meminta orang lain bergabung dengannya dalam penyaluran donasi untuk operasi penyelamatan dan pemulihan yang sedang berlangsung.

Dia menulis dalam tweet bahwa akan memberikan sumbangan hingga USD 1 juta melalui Dana Filantropi Turki. Ambang batas itu telah terpenuhi, kata seorang juru bicara Chobani, sehingga total donasinya menjadi USD 2 juta.

Dana yang diperkuat Ulukaya berbasis di New York dan bertujuan untuk mengumpulkan total sumbangan sebesar USD 10 juta, menurut situs web resmi mereka. Mereka telah mengumpulkan hingga USD 4,2 juta sejauh ini.


Dukung Korban Bencana

Ketika bencana melanda pada Senin waktu setempat, Ulukaya mendesak "organisasi, institusi dan orang-orang di dunia" untuk memberikan dukungan bagi korban bencana.

Namun, ini bukanlah aksi pertama Ulukaya dalam bidang bantuan dan sosial. Pada Januari, di tengah banyaknya PHK, dia mengatakan perusahaan harus mempertimbangkan untuk mempekerjakan migran karena bisa menjadi " tenaga kerja yang paling setia dan termotivasi".

Selain itu, dia juga mendirikan Kemitraan Tenda untuk Pengungsi pada 2016, sebuah organisasi nirlaba yang berupaya mendorong perusahaan besar untuk mempekerjakan pengungsi.

Calon Pemilik Baru MU

Siapa Sir Jim Ratcliffe? Sosok Miliarder yang Ingin Beli Manchester United

Liputan6.com 2023-02-19 12:05:12
Dilansir dari Manchester Evening, Ratcliffe merupakan pemilik klub Liga Prancis, OGC Nice sebelum kabar tentang keinginnanya membeli klub yang berjuluk Setan Merah tersebut mencuat. (AFP/V

Salah satu orang terkaya di Inggris, Sir Jim Ratcliffe telah membangun bisnis multi-miliar pound. Kini, ia ingin membeli Manchester United.

Pendiri Ineos tersebut secara resmi bergabung dalam proses untuk membeli klub tersebut pada Januari 2023, menyusul konfirmasi dari pemilik keluarga Glazer pada November 2023 bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk menjual tim tersebut.

Manchester United yang merupakan juara Inggris 20 kali, saat ini berada di urutan ketiga di Liga Premier di bawah manajer baru Erik ten Hag.

Lantas siapa Sir Jim Ratcliffe?

Terlahir sebagai putra seorang tukang kayu di Failsworth, di Greater Manchester, Sir Jim adalah penggemar United sejak kecil, dikutip dari BBC, Minggu (19/2/2023).

Dikenal karena sikap negosiasinya yang keras, ia pernah dipanggil Dr No oleh serikat pekerja.

Dengan membeli dan memutar bisnis-bisnisnya, Sir Jim telah membangun kekayaanny sendiri. Meskipun perkiraan jumlah kekayaannya berbeda-beda dari berbagai sumber

Forbes mencatat US$ 15 miliar. Sedangkan The Sunday Times Rich List, menjadikannya sebagai orang terkaya ke-27 di Inggris dengan mencatat kekakayaannya sebanyak 6 miliar Pound Sterling.

Dari 194 situs di 29 negara, Ineos menghasilkan penjualan sekitar 50 miliar Pound Sterling dan mempekerjakan lebih dari 26.000 orang.

Bisnis yang ia jalankan dari segala hal, mulai dari pengemasan perlengkapan mandi, obat-obatan dan makanan, hingga ponsel dan furnitur.

Sir Jim selalu terlibat dengan bahan kimia dan industri.


Lulus Tahun 1974

Setelah lulus dengan gelar teknik kimia dari University of Birmingham pada tahun 1974, dia menghabiskan beberapa tahun di perusahaan minyak BP dan Esso sebelum bergabung dengan produsen kain dan bahan kimia Courtaulds.

Kemudian, pada tahun 1989, dia membuat langkah perubahan karir ke dunia ekuitas swasta saat bergabung dengan Advent International.

Dia dan sesama pengusaha John Hollowood membeli divisi bahan kimia BP di Hythe dekat Southampton seharga 40 juta Pound Sterling pada tahun 1992.

Pada tahun 1994, nilainya mencapai 100 juta Pound Sterling saat diperdagangkan di Bursa Efek London.

Bisnis tersebut, yang disebut Inspec, kemudian mengakuisisi bisnis bahan kimia khusus BP di Antwerpen, Belgia.

Ineos sejak itu tumbuh menjadi pembangkit tenaga kimia, berkembang melalui akuisisi atau dengan berinvestasi di bidang kontroversial seperti fracking.


Sudah Punya Klub

Sebenarnya, Pemilik INEOS itu sudah memiliki beberapa usaha di bidang olahraga dan memiliki klub Prancis Nice. Namun, dia berbicara beberapa waktu lalu tentang keinginannya untuk memiliki klub papan atas.

Pada bulan Januari, juru bicara Ratcliffe mengonfirmasi kepada The Times, "Kami telah secara resmi memasukkan diri kami ke dalam proses mengenai tawaran pengambilalihan untuk United," ucapnya.

Setan Merah telah dimiliki oleh keluarga Glazer sejak 2005, ketika mereka menyelesaikan pembelian dengan leverage yang kontroversial.

Fans semakin marah pada pemilik klub dalam beberapa tahun terakhir karena hasil yang buruk, pembayaran dividen yang tidak populer dan skandal Liga Super Eropa.

Ratcliffe sebelumnya berbicara sangat tinggi tentang Glazers, tetapi tidak dapat disangkal dia akan menjadi pemilik yang jauh lebih populer di mata setia Setan Merah jika berhasil membeli klub tersebut.


Investor Qatar

Sebelumnya, Investor asal Qatar dikabarkan juga siap menggelontorkan dana untuk membeli Setan Merah. Dilansir Daily mereka siap membelanjakan lebih dari 6 miliar (Rp109 triliun) hanya untuk membeli klub tersebut.

Bukan cuma itu, investor Qatar juga tidak keberatan untuk menghabiskan 2 miliar (Rp37 triliun) untuk memperbaiki atau membangun kembali Old Trafford, sebelum bersaing dengan klub elite Eropa di bursa transfer.

Investor Qatar ini akan mulai mengajukan penawaran dalam beberapa hari ke depan. Penguasa Man United Glazers bersaudara disebutkan membuka tenggat negosiasi hingga pertengahan Februari.

Menurut laporan yang sama, para investor dari Timur Tengah itu 'percaya diri untuk mengalahkan para pesaing,' karena mereka berusaha untuk membeli klub yang disebut 'permata mahkota' sepak bola.

"Ada dana signifikan yang tersedia. Orang-orang ini serius. Mereka ingin memastikan bahwa United berada di tempat yang seharusnya dan mereka yakin penawaran mereka akan menjadi yang terkuat," kata seorang sumber Daily Mail.

"Mereka ingin memperkuat skuad untuk menempatkan mereka kembali di puncak tetapi mereka juga ingin menjadikan pembelian ini untuk kebaikan masyarakat.

"Mereka juga ingin membangun keberhasilan Piala Dunia. Mereka menyadari bahwa Manchester United adalah klub sepak bola terbesar di dunia, permata mahkota, dan ada tekad kuat untuk membelinya dan membawanya ke tempat yang seharusnya." ucap sumber tersebut.