Cinta Richard Eliezer pada Kepolisian

Ibu Richard Eliezer: Icad Itu Memang Cinta Polisi, 3 Kali Ikut Seleksi

Liputan6.com 2023-02-20 15:16:19
Richard Eliezer Pernah Jadi Pecinta Alam dan Ikut Kompetisi Panjat Tebing. foto: Instagram @r.lumiu

Richard Eliezer ingin kembali menjadi bagian dari Polri. Hal ini terlihat secara tersirat dalam nota pembelaannya (pleidoi) yang dibacakan pada persidangan kasus pembunuhan Brigadir J.

Di dalam pleidoinya, Richard Eliezer menunjukkan begitu bangga menjadi anggota Brimob Polri.

Baginya, menjadi anggota Brimob Polri adalah sebuah impian yang berhasil diraih dengan perjuangan yang tak mudah.

Menurut sang ibu, Rynecke Alma Pudihang, Richard tak kenal menyerah meski berkali-kali gagal menjadi polisi. Dia bahkan sampai empat kali mengikuti tes, hingga akhirnya dinyatakan lulus dengan peringkat satu di Polda Sulawesi Utara.

Hal inilah yang membuat sang ibunda yakin Bharada Etidak trauma menjadi anggota Polri meski sempat terjerumus dalam pusaran kasus pembunuhan Brigadir J yang didalangi atasannya sendiri, Ferdy Sambo, hingga membuat dirinya menjadi pesakitan.

"Enggak (trauma jadi polisi). Icad itu memang cinta polisi, dia memang cinta polisi karena dari awal kan dia cita-citanya itu dia berjuang mati-matian sampai tiga kali, empat kali dengan Angkatan Laut. Tiga kali di kepolisian dia ikut tes, ketiga dia lolos," kata Rynecke usai menyaksikan sidang vonis Richard melalui saluran televisi, Rabu (15/2/2023).

"Jadi enggak mungkin, dia enggak cinta apa yang sudah dia raih luar biasa dengan perjuangan yang luar biasa menjadi seorang anggota Brimob sampai peringkat satu itu luar biasa," sambungnya.


Jenguk Richard Eliezer

Ibu dari Richard Eliezer optimis anaknya bisa kembali menjalankan tugas sebagai anggota polisi.

Rynecke Alma Pudihang menyampaikan rasa optimistisnya apabbila Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E sudah menjalani hukuman pidana 1 tahun dan 6 bulan penjara atas kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yusua Hutabarat alias Brigadir J.

Usai mendengar vonis dari hakim, sang ibunda tak kuasa menahan tangisnya. Ia bersyukur putranya mendapat hukuman yang cukup ringan.

"Sampai akhirnya Icad bisa dapat putusan yang sangat memuaskan, terima kasih. Terima kasih atas semua dukungan dan doa dari keluarga yang ada di Manado, teman-teman semuanya begitu banyak orang di Manado sana yang mendukung Icad, terima kasih," ungkap Rynecke Alma Pudihang sambil tersedu.

Sang justice collaborator ini juga sempat menangis saat mendengar hukuman yang diberikan. Sang ayah juga menyaksikannya, "Ia sampai menahan tangis, sampai akhirnya dia minta pertolongan, dan berdoa kepada Tuhan sebab ini adalah kejujuran dan kepatuhan yang selama ini ia jalani."

Sang ibunda ingin sekali berada di dekat sang anak saat Richard Eliezer mendapatkan vonis 1 tahun 6 bulan penjara. Dan ia ingin melakukan ini.

"Saya kan peluk dia, saya akan peluk dia saya tak akan lepaskan dia. Terima kasih dek, terima kasih Tuhan, mama tahu adek melakukan semua ini karena kebenaran. Terima kasih dek kebenaran pasti akan menang, itu yang kita pegang," lanjutnya.


Jenguk Richard Eliezer

Setelah mendapatkan vonis hukuman, ibunda Richard Eliezer berencana untuk bertemu dengan putranya secara langsung. Sayangnya, tak disebutkan kapan tepatnya akan datang.

Di sisi lain, ibunda Richard Eliezer mengucapkan terima kasih banyak kepada keluarga mendiang Brigadir J, yang telah memaafkan putranya.

"Kepada Ibu Rosti, dan Bapak Samuel, orangtua dari almarhum Yosua, dan juga keluarga besar almarhum Yosua, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada keluarga yang telah menerima permintaan maaf Icad, dan sudah memberikan maaf kepada Icad," sambungnya.


Ikut Merasakan

Sebagai seorang ibu, Rynecke Alma Pudihang juga begitu sedih bila kehilangan anak seperti Rosti. Ia pun mendoakan keluarga mendiang Brigadir J.

"Terima kasih banyak untuk Ibu Rosti, saya merasakan apa yang dirasakan Ibu Rosti. Kita semua sebagai ibu dan hanya Tuhan yang akan memberikan kekuatan kepada Ibu Rosti dan Bapak Samuel, juga anak-anak, dan keluarga besar. Terima kasih banyak juga sudah mendukung Icad selama ini, sudah mendoakan Icad, memberikan support, dan memberikan maaf kepada Icad. Tuhan berkati kita semua," bebernya.

Divonis Ringan, Dapat Remisi Lagi!

Bukan Cuma Divonis Ringan, Richard Eliezer Juga Dapat Tambahan Remisi karena Jadi Justice Collaborator

Liputan6.com 2023-02-20 11:35:18
Richard Eliezer saat memasuki ruang sidang di Pengadilan Negri Jakarta Selatan, Selasa (18/10/2022). Bharada E menjalani sidang pembacaan dakwaan terkait kasus pembunuhan berencana Brigadir N

Bukan hanya mendapat vonis ringan dari majelis hakim, Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E juga bakal mendapat remisi tambahan dari Ditjen Pass karena telah menjadi justice collaborator (JC).

"Berdasarkan regulasi yang berlaku, Pemasyarakatan sudah siap tentang remisi tambahan bagi justice collaborator, termasuk kemungkinan pengajuan rekomendasi dari Ketua LPSK untuk terpidana Eliezer dalam kasus FS (Ferdy Sambo)," kata Kabag Humas dan Protokol Ditjen Pas Rika Apriyati dalam keterangannya, Senin (20/2/2023).

Rika menyebut, terkait remisi tambahan bagi JC tertuang dalam pasal 35 a ayat 1, 2, 3, dan 4 serta pasal 37 Permenkumhan Nomor 7 Tahun 2022 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga (CMK), Cuti Menjelang Bebas (CMB), Pembebasan Bersyarat (PB), dan Cuti Bersyarat (CB) bagi seluruh warga binaan pemasyarakatan (WBP).

"Dalam pasal 37, pelaksanaan remisi tambahan diberikan pada saat diberikannya remisi umum," kata dia.

Atas dasar itu, Rika memastikan pihak Ditjen Pas Kemenkumham siap memberikan remisi tambahan bagi Bharada E.

Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E divonis 1 tahun 6 bulan tahun penjara atas kasus pembunuhan Brigadir J alias Nofriyansah Yoshua Hutabarat.

"Menjatuhkan pidana 1 tahun 6 bulan," kata Hakim Ketua dalam persidangan di PN Jaksel, Rabu (15/2/2023).

Dalam kasus ini, Richard Eliezer alias Bharada E dinyatakan terbukti bersalah turut serta melakukan pembunuhan berencana. Bharada E disebut melanggar Pasal 340 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

"Terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana turut serta melakukan pembunuhan berencana. Mengadili menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Richard Eliezer Pudihang Lumui dengan pidana penjara selama 1 tahun dan enam bulan," kata hakim.

Vonis ini jauh lebih ringan dari tuntutan jaksa. Salah satu hal yang meringankan ialah permohonan maaf Richard Eliezer kepada keluarga korban Brigadir J telah diterima. Hal ini disampaikan oleh Hakim Anggota, Alimin Ribut Sujono.

"Hal meringankan, keluarga korban Nofriansyah Yosua Hutabarat telah memaafkan perbuatan terdakwa," kata Alimin.

Selain itu, hal meringankan lainnya yang menjadi pertimbangan majelis hakim menjatuhkan hukuman ialah Richard Eliezer merupakan saksi pelaku yang bekerja sama atau justice collaborator.

Kemudian, terdakwa bersikap sopan di persidangan. Berikutnya, terdakwa belum pernah dihukum. Selanjutnya, terdakwa masih muda dan diharapkan mampu memperbaiki perbuatan di kemudian hari.

"Terdakwa menyesali perbuatan dan berjanji tidak ada menggulangi lagi," ujar Alimin.

Sementara itu, hal-hal yang memberatkan yakni berkaitan dengan hubungan pertemanan antara korban dan terdakwa.

"Hubungan yang akrab dengan korban tidak dihargai terdakwa, sehingga akhirnya korban Yosua meninggal dunia," ujar hakim.


Hakim Kabulkan Justice Collaborator Richard Eliezer, Dianggap Berani dan Sudah Bertobat

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mengabulkan permohonan Justice Collaborator (JC) Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E dalam kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Hakim Anggota, Alimin Ribut Sujono nyatakan, Bharada E dinyatakan layak menerima reward atas tindakan mengungkap kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J secara terang-benderang.

"Kejujuran keberanian dan keteguhan terdakwa dengan risiko telah menyampaikan kejadian sesungguhnya sehingga layak terdakwa ditetapkan sebagai saksi dan pelaku yang telah bekerjasama atau JC serta berhak mendapatkan penghargaaan," kata Alimin di PN Jakarta Selatan, Rabu (15/2/2023).

Alimin menerangkan, fakta persidangan telah menunjukkan terdakwa Richard Eliezer Pudihang Lumiu telah membuat terang hilangnya nyawa Yosua dengan keterangan yang jujur konsisten logis serta berkesesuaian dengan alat bukti tersisa lain yang ada.

"Sehingga sangat membantu perkara aquo terungkap meskipun untuk itu menempatkan terdakwa dalam posisi dan situasi yang sangat membahayakan jiwanya melihat terdakwa praktis berjalan sendirian," kata Alimin.

Alimin menerangkan, terdakwa telah mengetahui perbuatannya sangat jahat menyadari, menyesal dan meminta maaf pada keluarga korban Yosua.

"Selanjutnya berbalik 180 derajat melangkah maju memperbaiki kesalahan meskipun harus melewati jalan terjal berisiko demi kebenaran. Hal itu telah terdakwa Richard tunjukan sebagai bentuk pertobatan," kata dia.

Dalam pertimbangan JC, majelis hakim turut mempertimbangkan amicus curae atau sahabat pengadilan terhadap perkara terdakwa Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E dari berbagai pihak antar lain Institute for Criminal Justice Reform (ICJR), Ikatan Fakultas Hukum Universitas Trisaksti, Farida law office.

Pada pokoknya menyatakan kejujuran dan keberanian merupakan kunci keadilan bagi semua oleh karenanya mohon agar kejujuran terdakwa Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E mendapat penghargaan sebagaimana mestinya.

Rumah Singgah Soekarno Dirobohkan

Rumah Singgah Soekarno Dirobohkan, Kemenkumham Dorong Langkah Hukum

Liputan6.com 2023-02-20 13:34:58
Duduk, Ibu amsi (kiri) dan Inggit Garnasih (kanan). Berdiri, dari kanan: Bung Karno, Asmarahadi, Ratna Djuami (Omi). Paling kanan, sahabat Bung Karno di Ende bersama istrinya (berdiri nyender

Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mendorong adanya upaya hukum terkait perobohan Rumah Singgah Soekarno yang beralamat di Jalan Ahmad Yani Nomor 12 Kota Padang, Sumatera Barat.

"Jika ini merupakan perbuatan melanggar hukum, ya harus diproses sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Kepala BPHN Widodo Ekatjahjana melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (20/2/2023) dilansir Antara.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPHN terkait perobohan Rumah Singgah Bung Karno yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Wali Kota Padang pada saat itu dengan nama Rumah Ema Idham. Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Wali Kota Madya Kepala Daerah Tingkat II Padang Nomor 03 Tahun 1998 tentang Penetapan Bangunan Cagar Budaya dan Kawasan Bersejarah di Kota Madya Padang.

Sayangnya, lanjut Widodo, rumah singgah cagar budaya tersebut kini telah rata dengan tanah akibat kurangnya kesadaran dan kepatuhan hukum masyarakat tentang perlindungan cagar budaya. BPHN menyayangkan dan mengaku prihatin Rumah Singgah Bung Karno tersebut dihancurkan.

Ia mengatakan apabila tidak ada tindakan hukum, maka hal ini akan jadi preseden buruk bagi perlindungan cagar budaya lainnya yang telah ditetapkan pemerintah.

"BPHN sangat mendukung langkah-langkah yang dilakukan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Bapak Nadiem Makarim," kata dia.

Dia mengakui kesadaran dan kepatuhan hukum masyarakat masih menjadi pekerjaan besar, termasuk kesadaran untuk turut menjaga dan melindungi keberadaan cagar budaya.

Widodo berharap semua pihak mengambil langkah-langkah hukum secara tegas, seperti yang dilakukan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Pemerintah kota, dan aparat penegak hukum setempat harus segera mengambil langkah-langkah hukum sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Putus dari Tariq Dijodohkan dengan El Rumi

Fuji Langsung Dijodohkan dengan El Rumi Meski Baru Putus dengan Thariq Halilintar

Liputan6.com 2023-02-20 13:02:00
Fuji. (Foto: Dok. Instagram @fuji_an)

Tampaknya Fuji tak bisa lepas dari perjodohan netizen. Sekedar mengingatkan, dahulu hubungan Fuji dengan Thariq Halilintar juga tak lepas dari campur tangan warganet.

Belum ada sebulan putus cinta dengan Thariq, Fuji kini sudah kembali dijodoh-jodohkan. Kali ini adik almarhum Bibi Andriansyah itu dijodohkan dengan putra Ahmad Dhani, El Rumi.

Fuji dan El Rumi kebetulan sama-sama tampil dalam acara Media Clash 2.0 Beach Games yang dilangsungkan di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada Minggu (19/2/2023). Keduanya berada dalam tim yang sama.

Dalam kesempatan itu, ada momen di mana Fuji dan El Rumi berdiri berdampingan untuk dipasangkan medali. Ada juga saat di mana El meminta Fuji mendekat untuk melakukan selebrasi bersama timnya.


Perjodohan

Tak disangka interaksi sederhana ini memancing perhatian cukup besar hingga akhirnya keduanya dijodohkan karena sama-sama berstatus jomlo.

"Gue ikut kapal Elrumi Fuji," kata salah satu warganet di TikTok.

"Gakpapa lah Fuji sama El," kata warganet yang lain.

"Sama el ak stuju sih.. Kluarganya penyayang n ga ad aturan soal jodoh," warganet lain menimpali.


Haji Faisal Menyayangkan

Sementara itu, kandasnya hubungan Fuji dan Thariq ternyata juga disayangkan oleh pihak keluarga. Haji Faisal mengaku tidak menyangka hubungan dua sejoli itu akan berakhir saat keduanya tak punya masalah besar.

"Menyayangkan saya terjadinya ini, karena persoalannya tidak ada, kalau ada persoalan seandainya yang terlanjur (besar) oke saya paham, tapi ini enggak ada masalah," tutur Haji Faisal dikutip dari YouTube Cumicumi, Senin (20/2/2023).


Menerima

Meski demikian Haji Faisal tetap menerima dengan legawa keputusan Fuji dan Thariq Halilintar terhadap hubungan mereka.

"Kalau soal jodoh kita serahkan kepada Yang Maha Kuasa, sebagai orangtua tentu saya harap yang terbaik, yang sesuai dengan dia. Bagi saya selaku keluarga pihak perempuan tidak mempermasalahkan banget itu," tutupnya.

Dosen UII Menghilangkan Diri?

Polri: Dosen UII Tak Hilang, tapi Menghilangkan Diri

Liputan6.com 2023-02-20 11:54:09
Direskrimum, Kombes Pol Krishna Murti saat memberikan keterangan pers di Polda Metro Jaya, Jakrta, Sabtu, (30/1). Ia menyatakan bahwa Jessica ditetapkan sebagai tersangka kasus kopi beracun.

Polisi Republik Indonesia (Polri) ikut serta dalam upaya pencarian Dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP), yang dilaporkan hilang usai mengunjungi University of South-Eastern Norway (USN), Norwegia, untuk tugas kampus.

Kadiv Hubinter Polri Irjen Pol Krishna Murti mengatakan, "Ahmad Munasir diduga dengan sengaja menghilangkan diri."

"Yang bersangkutan tidak hilang. Tapi menghilangkan diri," kata Krishna kepada Liputan6.com, Senin (20/2).

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa keberadaan Ahmad Munasir sudah terdeteksi di mana yang bersangkutan mengubah rute kepulangan tanpa pemberitahuan.

"Sudah terdeteksi, yang bersangkutan tidak hilang. Tapi mengubah rute tanpa memberitahu siapa pun," kata Krishna.

Meski begitu, Krishna tidak menjelaskan lebih jauh mengapa yang bersangkutan mengubah rute.


Terdeteksi di Boston

Rektor UII Fathul Wahid dalam keterangannya pada Minggu (19/2/2023) malam menyebutkan, berdasarkan informasi Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) yang telah disampaikan kepada pihak keluarga, Ahmad Munasir terdeteksi masuk Amerika Serikat (AS) melalui Bandara Boston pada 13 Februari 2023.

Temuan tersebut didasarkan pada data United States Customs and Border Protection (US CBP).

"UII dan keluarga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Kemlu RI dan semua jajaran di KBRI Oslo, KBRI Ankara, KJRI Istanbul, KJRI New York, PP Muhammadiyah, dan pihak lain yang tidak dapat kami sebut satu per satu, atas bantuan yang diberikan dalam upaya pelacakan AMRP," kata Fathul.

Namun demikian, Fathul menuturkan lokasi keberadaan Ahmad Munasir di Boston tidak diketahui secara pasti.

Menurut Fathul, UII belum mengetahui misi atau alasan mengapa Ahmad Munasir menuju Boston sekembalinya dari Oslo melalui Istanbul dan tidak langsung ke Indonesia.

"Sampai saat ini, AMRP belum bisa dihubungi," ucap Fathul.

Ia berharap Ahmad Munasir segera menghubungi UII Yogyakarta serta keluarga untuk mengabarkan lokasi serta keadaannya.

"UII juga berharap setelah misi di Boston selesai, AMRP dapat kembali ke Indonesia dalam keadaan sehat dan baik. Jika dibutuhkan bantuan pendampingan atau penjemputan, UII akan berkoordinasi dengan Kemlu RI dan/atau KJRI New York," kata Fathul.


Fakta-Fakta

Berikut fakta-fakta soal dosen UII yang hilang di luar negeri:

Indonesia Negara Terindah di Dunia

Wajib Bangga, Indonesia Dinobatkan Jadi Negara Paling Indah di Dunia

Liputan6.com 2023-02-20 14:33:11
Bukit Sylvia di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). (Liputan6.com/Asnida Riani)

Indonesia dinobatkan menjadi negara paling indah di dunia berdasarkan survei dari laman Money.uk.

Penilaian ini berdasarkan keindahan alam dari setiap wilayah yang berbeda, seperti terumbu karang di lautan hingga pesona gunung berapinya.

"Sementara keindahan pada akhirnya bersifat subyektif, jelas bahwa negara-negara ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada pengunjung, apakah Anda lebih suka berpetualang di pegunungan atau bersantai di tepi pantai," kata editor perjalanan Sal Haqqi.

Satu hal yang membanggakan adalah bahwa Indonesia mendapat penilaian tertinggi atas keindahan alamnya.

Dilansir dari laman Money, Senin (20/2/2023), berikut adalah tiga negara dengan nilai tertinggi dalam penilaian sebagai negara terindah di dunia.

Indonesia mendapat nilai 7.77 dari 10. Dengan lebih dari 17 ribu pulau dan lebih dari 50 ribu km garis pantai, Indonesia menawarkan banyak pilihan destinasi wisata yang beragam.

Indonesia juga memiliki beberapa tempat wisata alam paling populer di Indonesia termasuk hutan tropis di Sumatera dan Kalimantan (termasuk suaka orangutan) dan sejumlah situs warisan dunia UNESCO seperti Taman Nasional Komodo.


2. Selandia Baru

Selandia Baru mendapat nilai 7.27 dari 10.

Selandia Baru juga menawarkan berbagai keindahan alam yang beragam termasuk perbukitan, pegunungan termasuk Southern Alps dan sejumlah gunung berapi aktif.

Negara ini juga memiliki jumlah gletser yang tinggi, dengan lebih dari 5.000 gletser per 100.000 kilometer persegi dan panjang garis pantai lebih dari 15.000 kilometer persegi.

Dengan lanskap yang sangat beragam, ribuan orang berduyun-duyun ke Selandia Baru untuk merasakan sendiri keajaiban alamnya.

Faktanya, banyak film dan acara TV telah memilihnya sebagai lokasi syuting misalnya, The Lord of the Rings.


3. Kolombia

Kolombia mendapai nilai 7.6 dari 10.

Kolombia berada di urutan ketiga dan seperti Indonesia serta Selandia Baru, Kolombia memiliki garis pantai yang panjang di sepanjang pantai Karibia.

Namun, Kolombia juga memiliki lanskap yang sangat bervariasi, dari pegunungan Andes hingga hutan hujan Amazon.


Daftar 50 Negara Terindah di Dunia

Gurun Pasir Jadi Padang Bunga Lavender

Fenomena Gurun Pasir di Arab Saudi Berubah Jadi Padang Bunga Lavender

Liputan6.com 2023-02-20 13:01:58
Ilustrasi bunga lavender tumbuh di gurun pasir di Arab Saudi. (dok. pexels/Natalie Bond)

Hujan musim dingin yang lebih lebat dari biasanya telah membuat gurun pasir di bagian utara Arab Saudi berubah jadi padang bunga lavender. Fenomena ini dilaporkan telah menarik para wisatawan dari seluruh Jazirah Arab.

Salah satunya, menurut AFP, dikutip dari France24, Senin (20/2/2023), adalah Muhammad al-Mutairi. Ia dilaporkan rela berkendara hampir enam jam dari kampung halamannya di wilayah tengah Arab Saudi untuk melihat panorama langka tersebut.

"Tidak ada yang menyangka pemandangan ini terjadi di Arab Saudi," kata pensiunan guru berusia 50 tahun itu pada AFP saat ia mengamati lautan bunga lavender yang membentang sejauh mata memandang di gurun pasir di sekitar Rafha, dekat perbatasan Irak.

"Aroma dan pemandangannya menyegarkan jiwa," sambungnya. Hujan musim dingin membawa banjir yang mematikan ke bagian barat Arab Saudi, akhir tahun lalu, tapi di wilayah utara, peristiwa tersebut membawa kehidupan ke padang pasir.

Nasser al-Karaani melakukan perjalanan 770 kilometer dari ibu kota Riyadh untuk melihat bunga berwarna-warni sebelum layu. "Pemandangan ini berlangsung pada 15 hingga 20 hari dalam setahun, dan kami datang ke sini khusus untuk menikmatinya," kata pengusaha Saudi berusia 55 tahun itu.

Ia menurunkan tenda dan mendirikannya dengan sekelompok teman sebelum berkumpul di sekitar api unggun untuk minum teh panas. "Suasana ini membuat saya merasa nyaman," kata Karaani yang mengenakan jaket tebal di atas gaun thobe tradisionalnya.

Di seberang padang pasir, para pengunjung mendirikan tenda dan memasak makanan di atas api terbuka. Penduduk di daerah itu menjauhkan unta untuk mencegah mereka memakan bunga yang telah menarik perhatian para wisatawan.


Fenomena Langka Sebelumnya

Hamza al-Mutairi yang sedang berkemah bersama teman-temannya, mengatakan ia merasa "disegarkan" oleh pemandangan padang bunga lavender. "Ini memberi seseorang motivasi baru untuk hidup," kata pria berusia 56 tahun itu.

Di dekatnya, Abdul Rahman al-Marri, mengatakan bahwa ia telah berkendara jauh-jauh dari negara asalnya Qatar untuk melihat sekilas bunga itu. "Pemandangan itu sepadan dengan perjalanan lebih dari 12 jam, katanya. "Seolah-olah Anda berada di surga."

Sebelum ini, potret pegunungan tandus berubah menghijau di Kota Makkah sudah lebih dulu menarik perhatian, awal tahun 2023. Saat itu, dilaporkan bahwa kawasan yang dikenal bertanah kering tersebut berubah jadi hijau penuh rumput setelah diguyur hujan lebat.

Menurut laporan Arabia Weather, 7 Januari 2023, dikutip dari mStar, 9 Januari 2023, tangkapan satelit Terra yang dikeluarkan Badan Antariksa Amerika (NASA) mengabadikan pemandangan hijau di beberapa wilayah di Arab Saudi. Vegetasi hijau terlihat muncul di daerah kering yang didominasi gurun, seperti kota Makkah, Jeddah, dan Madinah.


Curah Hujan Tinggi

Curah hujan tercatat tinggi di Arab Saudi sejak Desember 2022. Curah hujan ini terjadi dengan kecepatan yang sama dan hampir terus menerus dalam jangka waktu yang sangat lama dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Akibat curah hujan yang melimpah, terutama di wilayah barat Arab Saudi, beberapa daerah jadi tertutup tanaman hijau secara tidak biasa. Foto-foto pegunungan gersang berubah jadi penuh rumput di kota Makkah pun dibagikan akun Twitter @theholymosques, bulan lalu.

Di tengah fenomena tersebut, banyak warganet yang mengaku takut dengan pemandangan hijau di kawasan Arab Saudi. Mereka mengaitkannya dengan tanda-tanda kiamat, seperti yang pernah diungkap Nabi Muhammad SAW ribuan tahun silam.

Diketahui bahwa sebelum hujan lebat melanda wilayah tersebut, terjadi kekeringan di berbagai wilayah Arab Saudi, sehingga Raja mengeluarkan dekrit yang menginstruksikan masjid-masjid di seluruh wilayah kerajaan mengadakan salat istisqa pada November 2022. Salat itu bertujuan memohon hujan diturunkan oleh Allah SWT.


Bukan Kali Pertama

Tidak lama kemudian, hujan turun selama hampir dua minggu, mengguyur kota-kota di Arab Saudi, termasuk Makkah dan Madinah yang biasanya hanya hujan 2--3 hari setiap tahun. Pasokan air hujan yang melimpah ini membuat lanskap dan lembah dua kota suci ini jadi hijau.

Fenomena lahan tandus berubah jadi hijau tersebut tentu bukan kali pertama tercatat di dunia. Dari tahun ke tahun, kejadian ini sudah dilaporkan sejumlah negara, termasuk tetangga Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA).

Awal tahun lalu, gurun Dubai dan daerah di Emirat Utara dilaporkan berubah jadi hijau secara alami, menurut Gulf News. Hujan yang turun dikatakan menghidupkan kembali semak-semak dan rerumputan di sekitar kawasan Hatta.

Efek menguntungkan dari cuaca musim dingin yang sejuk ini terlihat sepenuhnya karena tanaman gurun terlihat lebih subur, lebih hijau, dan udara lebih bersih setelah hujan, lapor publikasi itu lagi. Ini terutama tercatat di Pegunungan Khor Fakkan, setelah berminggu-minggu hujan.

Stasiun Cibatu Pernah Dikunjungi Charlie Chaplin

Seputar Stasiun Cibatu Garut yang Pernah Dikunjungi Charlie Chaplin

Liputan6.com 2023-02-20 08:01:00
Inilah muka Stasiun Legendaris Cibatu, Garut yang konon pernah disinggahi beberapa tokoh dunia terkenal di masanya (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Stasiun Cibatu di Garut, Jawa Barat mencuri atensi karena disebut pernah dikunjungi komedian legendaris Charlie Chaplin puluhan tahun silam. Stasiun yang terletak pada ketinggian daratan 612 meter ini didirikan pada 1889.

Dikutip dari Heritage KAI, Minggu (19/2/2023), tak jauh dari Stasiun Cibatu terdapat sebuah bangunan dipo lokomotif kecil yang kini berstatus sub dipo. Stasiun ini hadir usai diresmikannya jalur kereta api yang menghubungkan Stasiun Cicalengka dengan Cilacap oleh Staatsspoorwegen, maskapai kereta api milik Pemerintah Belanda.

Pada 1926, dibuka jalur baru yang menghubungkan Cibatu dengan Cikajang. Jalur kereta api Cibatu-Cikajang tercatat sebagai relasi jalur yang melewati rute jalur tertinggi di pulau Jawa (+ 1200 m), namun sejak 1983 jalur kereta api Cibatu-Cikajang sudah tidak beroperasi lagi.

Tidak jauh dari stasiun, dibangun pula dipo lokomotif sebagai tempat perbaikan dan pemeliharaan lokomotif uap. Dipo lokomotif ini berfungsi sebagai dipo lokomotif cadangan jika ada lokomotif yang harus diganti dalam perjalanan karena kerusakan atau jika ada lokomotif dengan rangkaian yang membutuhkan tenaga tambahan (traksi ganda).

Pada 1983, seiring ditutupnya jalur Cibatu-Garut-Cikajang, dipo lokomotif Cibatu tidak lagi beroperasi sebagai salah satu dipo utama. Saat ini, dipo lokomotif Cibatu hanya berstatus sebagai sub dipo.

Semasa beroperasi, lintas Cibatu-Garut dengan panjang 19 kilometer membutuhkan waktu tempuh sekitar 50 menit, setiap empat kilometer terdapat stasiun sebagai pemberhentian. Pada 1926 tercatat enam kali perjalanan kereta api Cibatu-Garut, begitu pula arah sebaliknya.


Primadona

Sebagai penarik kereta digunakan lokomotif "Si Gombar", legenda lokomotif Garut yang sangat perkasa menghela rangkaian kereta api. Pada era kolonial Belanda, Stasiun Cibatu adalah stasiun primadona karena menjadi tempat pemberhentian wisatawan Eropa yang ingin berlibur ke daerah Garut.

Dalam buku Seabad Grand Hotel Preanger 1897--1997 yang ditulis oleh Haryoto Kunto, antara 1935--1940 setiap hari di stasiun Cibatu diparkir selusin taksi dan limousine milik hotel-hotel di Garut, seperti Hotel Papandayan, Villa Dolce, Hotel Belvedere, Hotel Van Hengel, Hotel Bagendit, Villa Pautine, dan Hotel Grand Ngamplang.

Kala itu, daerah Garut dengan kondisi alamnya yang indah adalah daerah favorit wisatawan yang berasal dari Eropa. Komedian legendaris Charlie Chaplin pada 1927 pernah menjejakkan kakinya di stasiun ini.

Saat itu Charlie Chaplin bersama aktris Mary Pickford sedang dalam perjalanan liburan ke Garut. Kedatangan kedua Charlie Chaplin ke Indonesia dikabarkan koran Het Niews van den Dag voor Nederland Indie yang terbit pada 29 Maret 1932. Sebuah telegram dari Singapura menginfokan Chaplin akan tiba disana pada Minggu malam.


Kedatangan Charlie Chaplin

Melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Chaplin akan meninggalkan Batavia pada hari Senin melanjutkan perjalanannya ke Garut. Pada 30 Maret 1932 Chaplin tiba di Garut. Meski hanya satu malam menginap di sebuah hotel di Garut, Chaplin mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan memunculkan banyak ide untuk film komedinya.

Diduga kedatangan Chaplin ke Garut menggunakan kereta api. Hal ini dikuatkan dengan sebuah potret Chaplin pada majalah Moesen 15 Januari 1995 dengan keterangan Charlie Chaplin op het perron van station Garoet, 1932.

Potret tersebut adalah koleksi Ernst Drissen yang diketehui pernah menetap di Garut. Selepas dari Garut, Chapling melanjutkan perjalanannya menyambangi Pulau Dewata.

Selain Chaplin, tokoh lain yang tercatat menjejakkan kaki di Stasiun Cibatu adalah Georges Clemenceau. Ia adalah pendiri koran La Justice (1880), L'Aurore (1897), dan L'Homme Libre (1913), sekaligus penulis politik terkemuka. Clemenceau menjadi Perdana Menteri Perancis dalam dua periode, yakni 1906--1909 dan 1917--1920.

Setelah kemerdekaan Indonesia, pada 1946, Presiden Republik Indonesia saat itu Sukarno, juga sempat berkunjung ke Stasiun Cibatu.


Pesona Garut

Kunjungan ini dalam rangkaian perjalanan menggunakan kereta api luar biasa melalui jalur selatan. Sepanjang perjalanan tersebut, rakyat di kota-kota kecil meminta Sukarno untuk turun di setiap stasiun, termasuk stasiun Cibatu, dan berpidato.

Seorang pelancong Eropa, H.M. Tomlinson mengisahkan perjalanannya ke Garut menggunakan kereta api dari Batavia. Berangkat dari Stasiun Kemayoran menuju Stasiun Cibatu dilanjutkan dengan kereta api tujuan Stasiun Garut.

Pada saat itu kereta api menjadi transportasi primadona, mengingat perjalanan kereta mengahadirkan pengalaman yang mengasyikkan. Para pelancong akan disuguhi pemandangan pegunungan dan lembah, serta pengalaman tidak terlupakan ketika melintasi jembatan serta terowongan yang tinggi dan panjang.

Sesampainya di Garut, pada pagi hari Tomlison melanjutkan perjalanan mengunjungi Gunung Cikuray, melewati sebuah desa kecil yang lestari. Dari atas Gunung Cikuray terbentang pemandangan hijau lembah Garut, sebuah pemandangan yang mungkin tidak pernah ditemui baik di Eropa maupun Amerika. Tomlison pun menyebut keindahan panorama di Garut sebagai sebuah Taman Surga.

Siapa Masuk Radar Cawapres 2024?

HEADLINE: Bursa Bakal Cawapres 2024 Kian Ramai, Siapa Saja Masuk Radar?

Liputan6.com 2023-02-21 00:00:56
Menteri BUMN Erick Thohir menikmati makan bersama dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (dok: @erickthohir)

Mendekati gelaran Pilpres 2024, sejumlah nama bakal calon wakil presiden (Cawapres) mulai bermunculan dan menjadi buah bibir masyarakat dalam menentukan calon orang nomor dua di Indonesia selanjutnya. Nama-nama itu terdiri dari Menteri, Kepala Daerah hingga Ketua Umum Partai Politik (Parpol).

Beberapa nama digadang-gadang bakal menjadi Cawapres 2024. Mereka adalah Erick Thohir, Ridwan Kamil, Sandiaga Uno hingga Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Kendati belum menjadi Cawapres definitif, nama-nama tersebut sepertinya sudah mendapat atensi besar dari publik. Lantas, Siapa di antara nama-nama itu yang punya peluang maju?

Hasil survei Cawapres 2024 teranyar dari Survei and Polling Indonesia (SPIN) menunjukkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menempati posisi teratas dengan hasil 17,2 persen. Di posisi kedua ditempati Erick Thohir dengan presentase 17,1 persen diikuti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan hasil 13,4 persen.

"Ridwan Kamil dan Erick Thohir bersaing ketat (di posisi Cawapres), keduanya hanya terpaut 0,1 persen," kata Direktur eksekutif Survey and Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara dalam rilis surveinya, dikutip pada Senin (20/2/2023).

Diketahui, Survei ini dilakukan pada tanggal 3-13 Februari 2023 dengan total jumlah responden 1.230. Sebaran sampel tersebar di 34 provinsi, dengan teknik sampel menggunakan multistage random sampling pada tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sebesar 2,8 persen.

Sementara berdasarkan survei Populi Center, elektabilitas Ridwan Kamil juga masih teratas, Ridwan Kamil mendapat presentase sebesar 22,4 persen disusul Sandiaga Uno 16,8 persen dan Andika Perkasa dengan 9,9 persen suara responden.

Survei ini dilakukan pada 25 Januari hingga 2 Februari 2023. Total sampel dihimpun adalah sebanyak 1.200 responden yang dipilih secara acak atau multistage random sampling.

Di sisi lain, dalam hasil survei terakhir Poltracking Indonesia menunjukkan Erick Thohir berada di posisi teratas mengungguli Ridwan Kamil, disusul Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Menteri BUMN Erick Thohir meraih elektabilitas tertinggi dengan 15,1 persen, di bawah Erick menyusul nama-nama seperti Ridwan Kamil 14,0 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 11,7 persen dan Sandiaga Salahuddin Uno 9,2 persen.

Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin mengatakan bahwa banyak sosok potensial yang namanya mencuat di sejumlah survei dan berpeluang masuk bursa calon wakil presiden (cawapres) 2024.

Ujang menyebut nama-nama seperti Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno.

Lalu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masuk bursa cawapres 2024.

"Apakah nama-nama itu bisa apa tidak ya tergantung dari ada atau tidak partai pengusungnya karena kita ini wilayah capres-cawapres itu kan ada pada partai politik atau gabungan koalisi partai politik," kata Ujang kepada Liputan6.com, Senin (20/2/2023).

Belakangan nama Sandiaga Uno, Erick Thohir dan Ridwan Kamil menjadi tiga nama terkuat dalam beberapa survei terpercaya yang masuk dalam bursa cawapres 2024. Terkait hal tersebut, Ujang menilai Erick punya kans paling besar.

"Saya melihatnya ada Erick Thohir, Sandiaga, dan Ridwan Kamil punya potensi, tapi yang paling punya kans besar untuk bisa punya peluang menjadi cawapres itu adalah Erick Thohir," jelas Ujang.

Ujang menyatakan bahwa Erick Thohir sudah punya akses hampir ke semua elemen seperti Nahdlatul Ulama (NU), Barisan Ansor Serbaguna (Banser), hingga Kementerian. Hal itu, kata Ujang menjadi modal bagi Erick untuk bersaing dengan Ridwan Kamil maupun dengan Sandiaga Uno.

Sementara itu, Ujang menilai Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno sebagai kuda hitam cawapres 2024. Keduanya disebut terkendala maju sebagai cawapres karena tidak adanya partai politik (parpol) yang mau mengusung.

"Kalau kuda hitam ada dua ya, Sandiaga dan Ridwan Kamil. Tapi yang potensial Erick Thohir, sudah masuk kemana-mana potensinya serius untuk menjadi cawapres," terangnya.

Terlebih Erick Thohir baru-baru ini juga menjabat sebagai Ketum PSSI. Jabatan baru ini, dianggap dapat mendorong Erick diusung parpol sebagai cawapres 2024.

Namun, kata Ujang, sebagai Ketum PSSI Erick harus bisa memperbaiki tata kelola dan manajemen organisasi di tubuh PSSI. Sehingga dapat menjadi sebuah industri yang berprestasi.

"Namanya sepak bola tidak bisa dipisahkan dari politik juga karena sepak bola di republik ini sangat besar, sangat banyak dan saya rasa sebagai ketua PSSI bisa menjadi batu loncatan menjadi cawapres begitu," kata dia.

Adapun sosok Sandiaga sendiri, Ujang menilai posisinya sulit jika ingin maju sebagai cawapres di Pemilu 2024. Selain itu, manuver Sandiaga untuk beralih dari Gerindra ke PPP dinilai gagal. Terlebih PPP juga dekat dengan Erick Thohir.

"Jadi saya melihatnya maju kena, mundur kena sulit lah Sandiaga Uno menjadi capres-cawapres baik dia ada di Gerindra maupun ketika gabung dengan PPP. Momentum Sandiaga agak berat di 2024 nanti," jelas dia.

Terakhir, sosok Ridwan Kamil (RK). Ujang melihat potensi RK maju sebagai cawapres di 2024 melalui Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) juga kecil. Menurut Ujang meskipun sudah menjadi kader, Partai Golkar tetap bakal mengusung kader yang lebih senior bukan Ridwan Kamil.

"Kalau menjadi cawapres-capres di Golkar ya tokoh-tokoh Golkar akan marah, kalau banyak yang senior atau banyak yang lebih hebat gitu," ujarnya.

Ujang membeberkan bahwa Ridwan Kamil ingin mengamankan tiket untuk maju di pemilihan gubernur (Pilgub) 2024. Informasi ini, kata Ujang telah terkonfirmasi langsung oleh internal Partai Golkar.

"Iya saya sih melihatnya masih sebagai Pilgub lagi yang kedua kalinya, dia sih ingin jadi cawapres tapi kan partai tidak ada yang mendukung termasuk Golkar juga tidak mendukung. Jadi saya sih melihatnya dia akan maju sebagai gubernur lagi," Ujang menandasi.


Erick Thohir Layak Diperhitungkan

Peneliti Senior Populi Center, Usep S Ahyar menjelaskan bahwa dinamika bursa Calon Wakil Presiden (Cawapres) 2024 masih sangat dinamis dan naik-turun. Hal itu sebagaimana mengacu pada hasil survei-survei terakhir yang menunjukkan masih adanya pergeseran atau perubahan nama di posisi teratas dalam survei bursa Cawapres.

"Sampai saat ini, khususnya di Pemilu atau Pilpres 2024 belum ada sosok Cawapres yang mendominasi jika dilihat dari hasil berbagai survei Cawapres 2024, karena posisinya masih naik-turun," kata Usep kepada Liputan6.com Senin (20/2/2023).

Namun, kata Usep, jika berbicara sosok perindividu Cawapres sendiri, Sejauh ini terdapat nama-nama potensial yang mungkin memiliki peluang untuk maju sebagai Cawapres. Di antaranya seperti Ridwan Kamil, Sandiaga Uno hingga Erick Thohir yang banyak disebut-sebut di Lembaga Survei.

"Misalnya, Ridwan Kamil bisa saja menjadi sosok potensial untuk menambah suara, jika dia dipasangkan dengan tokoh yang menguasai wilayah Jawa Timur, sehingga suara Ridwan Kamil bisa jadi pelengkap di Jawa Barat-nya sendiri," ujarnya.

Selain Ridwan Kamil, Usep juga mengatakan sosok lain yang berpeluang maju sebagai Cawapres yaitu Erick Thohir. Dia perbandangan Erick merupakan salah satu Menteri yang kinerjanya dinilai cukup baik, sehingga layak diperhitungkan.

"Pak Erick ini memang diperhitungkan, Mengingat dia adalah Menteri, lalu kemudian berlatarbelakang profesional. Dia juga banyak mengetuai event-event penting salah satunya Asia Games 2018. Sehingga hal ini dapat menjadi modal sosial yang baik," Imbuhnya.

Lebih lanjut, Usep menilai Potensi keterusungan menteri andalan Presiden Jokowi ini semakin meningkat pasca-terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2024.

"Saya kira wadah seperti (Ketum PSSI) ini bisa menjadi modal apabila dapat dimanfaatkannya dengan baik. Dengan kata lain hal itu dapat menjadi panggung politik untuk semakin memperkokoh popularitasnya," pungkasnya.

Di sisi lain, sosok bakal Cawapres yang turut diperhitungkan adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Belakangan, namanya juga sempat disebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai sosok Capres-Cawapres potensial pada saat Puncak Harlah PPP beberapa hari lalu.

Ketua Umum Partai Demokrat itu memang kerap disebut dalam bursa Cawapres 2024. Menurut hasil survei sejumlah lembaga menunjukkan elektabilitas AHY sebagai sosok Cawapres terbilang mumpuni dan bisa bersaing di papan atas.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno menilai bahwa AHY merupakan sosok yang favorit dijagokan, populer dan memiliki elektabilitas yang mumpuni.

"AHY bersama Ridwan Kamil, Sandiaga Uno dan Khofifah jadi empat nama yang dalam beberapa survei yang kita lakukan sepanjang 2 tahun belakangan ini selalu memenuhi spotlight bahwa mereka cukup kuat dalam posisi Cawapres," kata Adi kepada Liputan6.com Senin (20/2/2023).

Adi perpandangan, nama AHY sendiri di berbagai survei sepertinya juga sudah melekat sebagai bakal Cawapes dari Anies Baswedan. Hal ini dikarenakan AHY dianggap sebagai replika ataupun wajah dari oposisi pemerintah saat ini. Sehingga, akan masuk akal apabila dipasangkan dengan Anies.

"Jadi kalau kita melihat Anies adalah replika politik posisi oposisi maka sosok politik yang dianggap pantas berpasangan dengan Anies tentu dari kalangan oposisi. Di situlah kemudian jawabannya AHY," ujarnya.

Adapun terkait peluang dipasangkan dengan Capres lain, Adi menilai sosok AHY hanya akan cocok dan kuat ketika bersama Anies, tidak dengan Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto.

"AHY tidak cocok dan tidak kuat apabila dipasangkan dengan Prabowo, Puan, maupun Ganjar Pranowo. Kenapa? karena dua kubu yang berbeda. AHY oposisi sedangkan Ganjar, Prabowo, Puan dan seterusnya adalah kubu pemerintah jadi disitu saja sebenarnya," Pungkasnya.


Bursa Capres: Prabowo, Ganjar dan Anies Masih 3 Besar

Adapun terkait bursa Calon Presiden (Capres) 2024. Berdasarkan hasil survei beberapa lembaga, nama-nama beken seperti Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan masih menguasi deretan 3 besar nama-nama bakal Capres 2024.

Lembaga Survey and Polling Indonesia (SPIN) mengungkap Prabowo Subianto unggul untuk menjadi tokoh yang dipilih rakyat menjadi Presiden di Pemilu 2024.

"Elektabilitas Prabowo masih bertahan sebagai calon presiden paling utama pilihan publik dengan perolehan persentase 33,0 persen," kata Direktur eksekutif Survey and Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara dalam rilis surveinya.

Di urutan kedua ada nama Ganjar Pranowo yang terpaut cukup tipis di atas Anies Baswedan, yakni 20,6 persen dan 20,0 persen.

"Selisih antara Prabowo dengan Ganjar dan Anies cukup meyakinkan berada di 12,4 persen sementara Ganjar dan Anies hanya terpaut 0,6 persen saja," ujar dia.

Sementara itu, hasil survei Populi Center dalam simulasi empat tokoh capres, terdapat hasil berbeda untuk masing-masing sosok yang menempati urutan teratas.

"Pada simulasi empat tokoh pertama, Ganjar Pranowo mendapat suara tertinggi dengan total 32,2 persen, disusul oleh Prabowo Subianto 28,4 persen, kemudian Anies Baswedan 17,6 persen dan Ridwan Kamil 15,6 persen. Sementara itu, 9,4 persen responden mengaku belum bisa memutuskan pilihan dan 0,8 persen responden menolak untuk menjawab," ujar Peneliti dari Populo Center Nurul Fatin.

Di sisi lain, Hasil survei yang dilakukan Indometer menunjukkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengalami tren kenaikan. Namun, tiga nama tokoh yang digadang-gadang maju dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sama-sama di kisaran 20 persen.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indometer Leonard SB mengatakan, temuan survei yang dilakukan Indometer menunjukkan Ganjar Pranowo kokoh pada peringkat pertama dengan elektabilitas mencapai 25,1 persen.

Kemudian disusul Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan perolehan elektabilitas 21,5 persen. Selanjutnya Anies Baswedan sebesar 20,2 persen

Leonard mengatakan, elektabilitas tiga nama tokoh itu sama-sama di kisaran 20 persen. Tren kenaikan dialami Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Sedangkan elektabilitas Prabowo cenderung stabil dan belum menunjukkan tanda-tanda kenaikan signifikan. Ia prediksi, jika tren kenaikan elektabilitas berlanjut, Anies Baswedan berpotensi geser Prabowo dan berhadapan dengan Ganjar Pranowo.

"Meskipun kuat, tetapi publik masih menunggu deklarasi koalisi Gerindra-PKB untuk mengusung Prabowo," tutur dia.